jambi independent edisi 22 juni 2009

25

Upload: jambi-independent

Post on 28-Mar-2016

343 views

Category:

Documents


23 download

DESCRIPTION

ePaper Jambi Independent edisi 22 Juni 2009

TRANSCRIPT

Page 1: Jambi Independent edisi 22 Juni 2009

Hari Ini Diumumkan, Persentase Kelulusan Meningkat

JAMBI - Hasil Ujian Nasi-onal (UN) tingkat SMP sed-erajat diumumkan serentak di Provinsi Jambi hari ini (22/6). Seperti tingkat SMA, Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Provinsi Jambi mengklaim ha-sil UN SMP sederajat di Jambi tahun ini lebih baik dibanding tahun lalu. Persentase kelulusan siswa tahun ini juga meningkat. Bahkan nilai rata-rata siswa pun bertambah.

Data yang diperoleh Jambi Independent dari Diknas Provinsi kemarin menunjukkan, tahun ini

tercatat 43,293 peserta UN SMP sederajat. Dari jumlah tersebut, yang tidak lulus 1.314 orang.

Menurut Kabid Dikmenti Di-nas Pendidikan Provinsi Jambi Ramli Samosir, UN tahun ini menunjukkan hasil cukup baik. Walaupun masih ada yang tidak lulus, jumlahnya sedikit diband-ing tahun lalu.

Dia merinci, jumlah siswa SMP yang mengikuti UN tahun ini sebanyak 31.871 siswa. Yang lulus sebanyak 31.085 siswa atau 97,53 persen. Sisanya, 786 siswa atau 2,46 persen, tidak lulus. Angka itu meningkat 0,5 persen dari tahun 2008. Tahun lalu, persentase kelulusan siswa SMP 97,04 persen, dan yang tidak lulus sebanyak 2,95 persen.

Hidup di daerah perbatasan sering lebih susah. Warga yang tinggal di

Desa Entikong, Kabupaten Sang-gau, Kalimantan Barat, yang ber-

batasan dengan Sarawak (Malaysia Timur), misalnya. Meski susah,

tak ada pilihan bagi mereka selain harus menjalaninya.

ZULHAM MUBARAK, Sanggau

EntIkong punya jalur darat yang men-ghubungkan Indonesia-Malaysia-Brunei Darussalam. Untuk mencapai daerah itu dari Pontianak (ibu kota Kalimantan Barat), jarak yang harus ditempuh 314 kilometer. Jika lewat jalur darat, butuh waktu 8-9 jam. Itu pun, sepanjang perjalanan, jauh dari rasa nyaman karena kondisi jalan yang aspalnya 80 persen rusak parah. Bahkan ada jalan

siang lalu (18/6). Tiba sekitar pukul 11.00 WIB, Jawa Pos

dan rombongan disambut Markus Sopyan, Kepala Desa Entikong. Kami lantas diajak berkeliling. Tampak deretan warung-wa-rung kakilima yang penataannya terkesan kumuh. Ketika lebih dekat mampir ke warung itu, beberapa produk makanan dan minuman didominasi produk Malaysia. “Di sini produk-produk dari Malaysia kita sebut produk SDN BDH. Kami suka karena lebih murah, juga gampang mendapatkan,” ujar pria paruh baya itu.

Ketua Persatuan Pemuda Perbatasan En-tikong Raden Nurdin mengatakan, warga di Entikong sangat bergantung kepada Malaysia. Dia menambahkan, sebagian besar kebutu-han pokok warga Entikong, terutama gula, makanan kaleng, dan kemasan, berasal dari negeri jiran itu. “Karena itu, kami lebih suka damai saja dengan Malaysia,” ujarnya.

Nurdin mengakui, tinggal di perbatasan sering menemui kesulitan alias susah.

baca Lidah hal 2

SEnin, 22 jUni 2009

Ke Desa Entikong, Daerah Perbatasan Indonesia-Malaysia yang Penuh Derita

Lidah Ingin Minyak Goreng Lokal, tapi Hanya Lihat di TV

EcERAn Rp. 3.500,-

ZULHAM MUBARAK

PULAnG BERDAGAnG: Seorang warga Malaysia berjalan pulang dari arah Entikong, Kalimantan Barat.

sekitar 30 kilometer yang sama sekali belum diaspal.

Itulah yang dirasakan Jawa Pos (induk

Jambi Independent) ketika mengikuti rombongan tim sosialisasi tahap Pemilihan Presiden (Pilpres) oleh Depkominfo Kamis

kasus pritaPrita Yakin Bebas

jAKARTA - Prita Mulyasari terlihat tenang menghadapi kasus hukumnya menjelang putusan sela dalam sidang keempat di Pengadilan Negeri (PN) Tangerang, Kamis nanti (25/6). Terdakwa kasus pencemaran nama baik terhadap RS Omni International, Serpong, Tangerang, yang dikenai Pasal 310, 311, dan Pasal 27 ayat 3 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang In-formasi dan Transaksi Elektronik (ITE) itu me-nyatakan keyakinannya hakim akan membebas-kannya. “Saya sangat yakin itu,” tegas ibu dua anak itu saat pengajian Forsil di rumah anggota DPRD Banten kemarin (21/6). Prita hadir di forum itu mengenakan baju ko-tak-kotak dengan celana hitam plus jilbab warna hijau.

Menurut Prita, dirinya merasa tidak mencemarkan nama baik RS Omni sebagaimana yang dituduhkan. “Saya hanya mengeluhkan tentang pelayanan yang diberikan. Lagi pula saya mengirim e-mail hanya kepada beberapa teman karena curahan kekecewaan saya terhadap pelayanan rumah sakit,” tuturnya.

baca Prita hal 3

kasus antasariHP Rani Kuatkan

Motif AsmarajAKARTA - Hasil penyadapan Komisi Pember-

antasan Korupsi (KPK) terhadap handphone (HP) Rani Juliani memudahkan penyidik Polda Metro Jaya dalam membuka motif pembunuhan Nasrudin Zulkarnain. “Penyidi-kan sangat terbantu dengan rekaman itu,” ujar seorang perwira yang ikut menangani kasus tersebut kemarin (21/6).

Rekaman i tu juga membuat berkas An-tasari Azhar yang di-duga sebagai otak pem-bunuhan bakal selesai lebih cepat. Selain itu, isi HP Rani juga semakin menguatkan dugaan awal bahwa motif utama pembunuhan Nasrudin adalah motif cinta segitiga antara Antasari, Rani Juliani, dan Nasrudin Zulkarnain.

KPK melakukan tapping sejak 16 Januari 2009 hingga 12 Maret 2009.

Wisma BII TerbakarSURABAYA - Suasana Minggu pagi yang cerah di

pusat kota kemarin digegerkan kebakaran hebat yang menimpa Wisma BII di Jalan Pemuda. Tujuh dari 17 lantai gedung perkantoran tersebut terkena jilatan api. Tak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Asap mulai tampak mengepul sekitar pukul 05.30 dari lantai 11. Kondisi gedung yang dikelola PT Sinarmas Teladan tersebut saat itu memang sepi aktivitas, karena

libur Minggu. Hanya delapan petugas keamanan PT Sinarmas yang piket jaga. Mereka adalah Sugijono, Don Bosco, Abdillah, Sriyanto, Sungkono, Sumar-diono, Jujuk, dan Soyo. “Saya kaget begitu melihat heat detector (di dalam pos satpam, red) tampak ada panas yang berasal dari lantai 11,” kata Sugijono, salah seorang satpam yang pagi itu bertugas jaga.

5 jam lebih

diamukapi

Asap mem-bubung di

Wisma Bank international

indonesia (Bii) yang dilalap

si jago merah kemarin (21/6).

HEnDRA EKA/jPnn

1.314 Siswa SMP tak Lulus Un

Cagub Makin gencarGalang Dukungan Tokoh Masyarakat dan Partai Politik

fAHRUL RoZi, Jambi

MELIHAt banyak peluang, para peminat kursi gubernur Jambi semakin gencar meny-osialisasikan diri. Bila sebelumnya pertemuan dengan masyarakat cukup sekali sepekan, kini bisa dikatakan tiada hari tanpa penggalangan dukungan.

Hasan Basri Agus, misalnya. Sabtu (20/6), bupati Sarolangun itu menerima pernyataan dukungan dari Forum Kepala Desa Se-Ke-camatan Sekernan, Muarojambi. Dukungan itu disampaikan di kediaman pribadi HBA di kawasan Kenali Besar, Kotabaru.

Sebelum itu, Jumat (19/6), HBA dikabar-kan melobi Sekjen DPP PKS Anis Matta dan Ketua DPW PKS Provinsi Jambi Henri Masyhur. Pertemuan juga digelar di kedia-man pribadinya.

Malamnya, HBA menemui sekitar 13 tokoh Kerinci yang bermukim di Jakarta dan Kota Jambi. “HBA pantas memimpin Jambi ke depan,” ungkap seorang tokoh yang hadir, Syafril Alamsjah.

Hasan Basri Agus

Zulfikar Achmad

Hazrin nurdin

Rani juliani

baca Wisma hal 2

baca 1.314 Siswa hal 2

baca cagub hal 2

baca HP hal 2

Prita Mulyasari

Page 2: Jambi Independent edisi 22 Juni 2009

senin, 22 juni 2009 Jambi Independent

Dua hari setelah curi dengar itu selesai dilakukan, Nasrudin ditembak dan tewas. Apa saja pembicaraan Rani? Penyidik itu menjelaskan, Rani sangat sering dihubungi oleh Nasrudin. “Sehari bisa belasan kali. Record-nya itu ada dalam print-out peny-adapan,” jelasnya.

Apakah Rani pernah dihubungi Antasari? Dalam print-out itu, nomor HP pribadi Antasari yakni 0812105xxx memang pernah tercatat. Tapi posisinya pasif, yakni dihubungi Rani. “Kalau menghubungi jelas tidak mungkin. Memerintahkan anak buahnya menyadap, dia sendiri menelepon. Kalaupun menghubungi, pasti dengan nomor lain. Ada banyak nomor yang belum teridentifikasi dalam rekaman itu,” katanya.

Selama ini Antasari selalu berdalih bahwa Nasrudin melakukan teror terhadap diri dan keluarganya. Karena alasan itu, Antasari pernah meminta bantuan tim Mabes Polri untuk mengikuti Rani dan Nasrudin ke mana pun mereka pergi. Tim itu diketuai Kombes

Chairul Anwar dan dibubarkan kira-kira sepekan sebelum Nasrudin dieksekusi oleh Edo dan Heri Santosa cs.

Mabes Polri mengakui tim Kombes Chairul Anwar itu. Namun tim itu sudah dibubarkan dan tidak terkait dengan pembunuhan itu. Antasari juga berdalih Nasrudin menghalangi penyidikan kasus korupsi. Karena itu perintah penyadapan bisa keluar. Penyidik Polda Metro Jaya juga semakin yakin motif pembunuhan berbau asmara setelah Rani dibawa ke Hotel Gran Mahakam, 10 Juni lalu.

Saat itu, dengan memakai jilbab putih, Rani melakukan rekonstruksi pertemuannya dengan Antasari Azhar, November 2008 itu. “Dia hapal semuanya,” kata Direkrimum Polda Metro Jaya Kombes Muhammad Iriawan, Jumat (19/06) lalu. Rani menjelaskan pada penyidik detail pertemuan itu. Tidak ada orang lain, hanya ada Antasari, sebelum akhirnya Nasrudin datang menyusul. “Mereka juga tidak membahas masalah perpanjangan kartu anggota golf,” katanya.

Motif asmara itu akan lebih gamblang diungkap di pengadilan nanti. Hari ini (Senin, 22/6) penyidik Polda Metro Jaya akan datang ke Kejaksaan Agung untuk berkoordinasi dengan jaksa yang sudah disiapkan. “Kita akan menyerahkan berkas dalam beberapa hari ke depan, ya kalau bisa Senin atau Selasa. Setelah di kejaksaan, tentu prosesnya akan dimulai dari sana,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya AKBP Chrysnandha Dwi Laksana kemarin.

Perwira murah senyum itu tidak bersedia menjelaskan soal motif pasti pembunuhan yang dilakukan Antasari. “Anda bisa mengikuti prosesnya di pengadilan nanti. Yang jelas, penyidik bekerja semaksimal mungkin untuk merampungkan berkas,” ujar Chrysnandha.

Secara terpisah, Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta Sanusi Pane menilai polisi harus secepatnya menuntaskan kasus terse-but. “Kalau ditunda-tunda, akan menimbulkan ketidakpercayaan publik,” ujarnya.(jpnn)

Karena telah dipidanakan, Prita mengaku akan menggugat balik RS Omni. “Saya sudah menyetujui rencana gugatan balik, baik secara pidana dan perdata, kepada RS Omni,” katanya. Tapi terkait prosesnya, dia menyerahkan kepada kuasa hukumnya.

Bahkan, lanjut Prita, dia kini juga tengah mencari tahu dan berkonsultasi dengan ahli farmasi atau dokter terkait berbagai obat yang diberikan RS Omni kepada dirinya. “Saya kan tidak tahu obat apa saja yang diberikan kepada saya. Ini akan jadi catatan utama dalam mengajukan gugatan balik kepada RS Omni,” terangnya. Prita juga menyatakan akan

melaporkan dugaan malapraktik dokter yang merawatnya. Sebelumnya, Syamsu Anwar, salah satu kuasa hukum Prita, mengatakan kepastian gugatan balik kepada RS Omni dilakukan setelah perkara pidana Prita selesai digelar di PN Tangerang. “Tunggu saja tidak lama lagi,” ujarnya.

Selain menggugat balik secara perdata dan pidana, Syamsu juga mengatakan telah melaporkan RS Omni kepada Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDKI). Yang dilaporkan ke MKDKI adalah tindakan RS Omni hanya memberikan satu hari catatan rekam medis milik Prita pada 12

Agustus 2008. Padahal, Prita dirawat di RS Omni selama enam hari selama 7-12 Agustus 2008. “Tapi kenapa yang diberikan hanya satu hari?” katanya.

Padahal, menurut UU Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan dan UU Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, pasien berhak menerima rekam medis setiap dokter melakukan pemeriksaan. “Dokter juga wajib memberikan rekam medis saat memberikan obat. Tapi itu tidak pernah dilakukan RS Omni hingga membuat Prita kecewa dan menulis keluhannya yang berdampak kasus hukum seperti ini,” tandasnya.(jpnn)

Tak mau kalah, Bupati Bungo Zulfikar Achmad (ZA) juga menunjukkan aktivitas politik penting untuk menggalang du-kungan. Kali ini ia mendapatkan pernyataan dukungan dari Forum Jambi Beradat.

Dukungan itu disampaikan ketika pada Sabtu (20/6) ZA mengukuhkan forum tersebut di Hotel Semagi, Muarabungo. Hadir di antaranya guru besar IAIN STS Jambi Prof Dr Hasbi Umar dan Prof Dr Suhar.

Sementara itu, Hazrin Nurdin (HN), satu-satunya peminat kursi gubernur dari kalangan nonpemerintahan, juga terus mengintensifkan sosialisasi. Sabtu (20/6), dia mengumpulkan tokoh-tokoh Minangkabau yang tergabung ke dalam Himpunan Masyarakat Minang (HMM). Acara dihelat di kediaman prib-adinya di Telanaipura.

Hadir di antaranya Ketua HMM Jambi Aslim Kusuma Sutan Si-pado Basa, Syafri Sofyan, Arman Syafaat, Anas Muktar, dan Tamar Tarewe. Pada kesempatan itu, HN menyerahkan bantuan satu unit mobil ambulans untuk HMM.

Lobi di Tingkat Parpol

Selain silaturahmi dengan masyarakat umum, para tokoh politik tentu saja tak lepas dari garapan para pengincar kursi BH 1. Pertemuan HBA dengan Sekjen PKS Anis Matta dan Ketua DPW PKS Henri Masyhur disebut-sebut sebagai peman-tapan pengusungan HBA pada Pilgub 2010 nanti.

Benarkah sudah ada deal politik antara PKS dan HBA? “Kita baru mencocokkan visi-misi dan platform saja,” jawab Henri Masyhur saat ditanya soal hasil pertemuan tersebut.

HBA juga dikabarkan masuk daftar cagub yang dilirik Partai Demokrat. Itu sebabnya dia antusias mendukung capres Demokrat SBY-Boediono.

Namun Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi As’ad Syam belum mau mengakui itu. “Saya belum tahu persis perkem-bangannya,” elak dia.

Ketua Tim Sembilan, salah satu sayap tim pemenangan HBA, Helmi Ghazali, mengatakan bahwa HBA memang santer disebut-sebut dirangkul PKS dan Demokrat. “Namun kami terus mencari dukungan sebanyak-banyak untuk HBA,” katanya.

Terbaca kecenderungan, kata pengamat politik IAIN STS Jambi, As’ad Isma, HBA dekat dengan PKS, Demokrat, plus PKB. Itu terjadi sejak HN bermi-nat masuk bursa cagub dari PAN, partai pendukung HBA untuk menjadi bupati Sarolangun.

Sejak HN masuk bursa, PAN kini sedang berkutat dengan tarik-menarik kepentingan. Adik kandung Gubernur Zulkifli Nur-din itu kini bersaing ketat dengan Bupati Tanjab Timur Abdullah Hich yang juga ingin diusung PAN untuk merebut kursi gu-bernur Jambi.

Sampai kemarin, PAN memang belum menyatakan arahan du-kungannya ke salah satu calon. Ketua DPW PAN Provinsi Jambi Zulkifli Nurdin hanya menyebut-kan bahwa semua calon gubernur berpeluang diusung PAN.

“Namun kita menunggu hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI),” katanya. Dalam tradisi di PAN, siapa pun calon yang mendapat peringkat tertinggi dalam survei—yang akan di-lakukan sampai tiga kali—bakal diusung.

Di Golkar, pembicaraan kini mengarah ke Madjid Mu’az

(MM) sejak HN disebut-sebut berpeluang kuat diusung PAN. Namun cagub dari partai itu akan ditentukan oleh ketua ba-runya yang bakal dipilih dalam beberapa bulan ke depan.

“Perebutan kursi ketua DPD Golkar bisa jadi pertarungan antara Madjid Mu’az dan Hazrin Nurdin. Keduanya sama-sama orang Golkar,” kata pengamat politik dari IAIN, As’ad Isma. Ketua DPD Golkar Provinsi Jambi saat ini, Zoerman Manap, akan mengakhiri masa jabatan-nya pada Agustus nanti.

Sementara PDIP, yang terkesan adem ayem, diprediksi bakal mengusung Bupati Tanjab Barat Safrial MS. “Biasanya begitu, PDIP cenderung pilih satu kader terbaik. Sejauh ini peluang besar di PDIP baru untuk Safrial,” ujar As’ad Isma.

Safrial sendiri masih belum mau membicarakan Pilgub. “Saya fokus ke Pilpres dulu,” ujar pendukung setia Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri itu ketika ditemui di Kualatungkal, beberapa hari lalu.(roz/oni)

Begitu juga siswa MTs. Dari 10.829 peserta UN, yang lulus sebanyak 10.412 orang atau sekitar 96,14 persen, dan tidak lulus 417 orang atau 3,85 persen. Persentase kelulusan itu me-ningkat 1,94 persen dari 94,20 persen pada 2008. “Walaupun peningkatan tidak signifikan, menunjukkan adanya kema-juan,” kata Ramli.

Sementara itu, peserta UN dari SMP terbuka sebanyak 593 orang, yang lulus sebanyak 482 (81,28 persen), dan tidak lulus 111 peserta (3,03 persen). Angka itu mengalami penurunan 2,74 persen dari 84,02 persen pada 2008.

Ramli Samosir mengatakan, daftar kolektif hasil UN itu sudah diserahkan kepada mas-ing-masing sekolah melalui dinas pendidikan kabupaten dan kota. Penyerahan daftar kolektif dilakukan di Dinas Pendidikan Nasional Provinsi mulai dari

pukul 19:00 sampai pukul 23:00 WIB malam tadi.

Cara penyerahan, dinas pendi-dikan kabupaten dan kota meng-utus utusan menjemput hasil UN tersebut ke Dinas Pendidikan Provinsi Jambi. “Sampai hari ini (kemarin) seluruh kabupaten dan kota sudah menerima, kecu-ali Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh,” kata Ramli.

Menurut Ramli, dia sudah berkali-kali menghubungi Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh, namun sampai kemarin belum ada petu-gas yang datang menjemput hasil UN itu. Mungkin jarak yang ter-lalu jauh atau ada alasan apa, kita belum tahu pasti,” ujarnya.

Rencananya Dinas Pendidikan Provinsi akan mengirimkan hasil UN itu melalui jasa travel siang kemarin dan kemungkinan akan sampai di Kerinci pada Minggu malam. Dengan begitu hari ini semua hasil UN sudah bisa

diumumkan serentak di seluruh sekolah di kabupaten dan kota dalam Provinsi Jambi.

Soal teknis pengumunan dis-erahkan kepada dinas pendidikan kabupaten dan kota serta kebi-jakan sekolah masing-masing. Untuk menghindari adanya aksi corat-coret seragam sekolah, diharapkan seluruh kepala seko-lah mencegah siswa memakai seragam sekolah.

Ujian Paket B Dilaksanakan 1 Juli

Sebanyak 1.314 siswa SMP sederajat yang tidak lulus UN hari ini tidak perlu berkecil hati. Sebagai solusi, mereka bisa mengikuti ujian Paket B. Menu-rut jadwal yang ditetapkan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, ujian Paket B akan dilaksanakan pada 1-3 Juli mendatang. Ujian akan digabung dengan peserta ujian Paket B reguler yang berjumlah 161 orang.

Menurut Ramli Samosir, mata pelajaran yang akan diujikan pada ujian Paket B adalah Pendi-dikan Pancasila dan Kewargaan Negara (PPKN), Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Kasi Kesetaraan Dinas Pen-didikan Kota Jambi Tabii men-gatakan, di Kota Jambi, ujian Paket B akan dilaksanakan di kecamatan masing-masing. Tem-pat ujian ditentukan oleh dinas pendidikan kecamatan.

Sementara itu, peserta Paket B regular di Kota Jambi berjumlah 346 peserta. Jika jumlah peserta yang tidak lulus UN mendaftar sebagai peserta ujian Paket B, jumlah yang mengikuti ujian bertambah. “Biasanya yang tidak lulus UN SMP akan mendaftar sebagai peserta Paket B,” kata Tabii.(wra)

Bersama teman-temannya, Sugijono berusaha masuk ke lantai 11. Tapi pintu ruangan terkunci. Dalam sekejap, asap hitam mulai keluar dari sela-sela pintu dan jendela lantai 11. Para satpam pun mengontak koman-dan mereka, Slamet, serta PMK. Lantaran kesulitan menembus lantai 11, para satpam pun kesu-litan menjinakkan api yang terus membesar. Di lantai 11 terdapat kantor PT Jaya Niaga Shipping dan PT DAS Cargo.

Tak berapa lama, dinding kaca lantai 11 pecah tak kuat menahan

panasnya api yang menyala. Ke-bakaran itu langsung menyedot perhatian orang-orang yang sedang berolahraga pagi dan para pengendara yang melintas di sekitar Jalan Pemuda.

Menariknya, sekelompok ibu yang sedang senam aerobik di halaman Balai Pemuda tidak terpengaruh dengan terjadinya kebakaran hebat di Wisma BII. “Sing kebakaran yo kebakaran, sing senam yo senam (Yang kebakaran biar kebakaran, yang senam biar senam, red),” cel-etuk seorang ibu sambil terus

senam. Kepala Dinas Kebakaran

Surabaya Nusri Faroch yang keb-etulan sedang bersepeda keliling kota, juga langsung menuju ke tempat kejadian perkara (TKP). Dia bahkan langsung memimpin upaya PMK memadamkan api yang terus menjalar ke lantai-lantai di atasnya.

Sebanyak 16 unit PMK dari berbagai instansi berdatangan ke lokasi kejadian. Namun para petugas tidak bisa berbuat banyak karena kesulitan mencapai ke titik api di lantai 11.(jpnn)

Hal itu terjadi karena minimnya infrastruktur dan fasilitas umum yang dibangun pemerintah Indo-nesia. “Kami bosan dengan janji pemerintah yang katanya akan memajukan daerah di perbatasan, tapi sampai sekarang omong kosong,” kata pria 35 tahun itu. “Padahal setiap presiden sudah pernah ke sini,” lanjutnya.

Ketika harus menggunakan tabung gas, Nurdin sampai rin-du supaya bisa menggunakan produk Pertamina yang warna biru. “Selama belasan tahun kami pakai tabung gas Petronas 14 kilogram bersubsidi,” paparnya. Tabung itu dijual dengan harga 27 ringgit atau sekitar Rp 84 ribu. “Bahkan rasa minyak goreng asal Jakarta yang ada di iklan-iklan televisi itu juga belum pernah sampai di lidah anak saya,” terang dia.

Untuk bisa mendapatkan si-aran televisi Indonesia, warga Entikong harus rela merogoh kocek lebih dalam. Mereka harus membeli parabola dan receiver yang berharga Rp 2 juta-Rp 3 juta. Sedangkan untuk bisa menangkap siaran televisi Malaysia, warga cukup hanya membeli antena TV standar. Dengan tiang pancang setinggi 5-6 meter, siaran TV Malaysia tertangkap dengan gambar san-gat jelas.

Susahnya hidup di daerah perbatasan juga dirasakan Taufik Ardiwibowo. Pria 29 tahun asal Jember itu sudah lima tahun tinggal di Entikong. Bahkan dia menikah dengan warga setempat. Taufik menceritakan, setiap dua hari dirinya menyeberang ke Tebedu. Dia bersama istrinya rutin berbelanja di sebuah mini-market yang berjarak hanya 2

kilometer dari perbatasan Ma-laysia. Di swalayan bernama Sin Guan Tai itu dia biasa membeli kebutuhan sehari-hari. “Ada juga keluarga istri yang tinggal di wilayah Malaysia. Kebanyakan warga sini punya saudara di Tebedu. Jadi kami biasa wira-wiri,” terang dia dengan logat Jawa kental.

Pemerintah memang menetap-kan aturan khusus bagi warga perbatasan Malaysia. Mereka diperbolehkan bertransaksi dan membeli barang asal Malaysia tanpa bea cukai dengan syarat memiliki Kartu Pas Lintas Ba-tas (PLB). Namun tiap kepala keluarga hanya bisa membelan-jakan maksimal 600 ringgit atau sekitar Rp 1,8 juta setiap bulan. Menurut Taufik, nilai itu sangat kecil karena tidak mungkin ke-butuhan istri dan dua anaknya bisa dipenuhi dengan aturan itu. “Uang 600 ringgit itu hanya bisa dapat sembako. Kalau anak kami butuh susu, kami menjadi repot,” ujarnya.

Padahal, barang Indonesia sulit didapat. Untuk bisa mendapatkan makanan bermerek lokal, paling tidak warga harus menempuh perjalanan sekitar 50 kilometer ke ibu kota Kabupaten Sanggau. Jarak itu bisa ditempuh dengan perjalanan dua jam. “Itu pun dengan harga cukup mahal jika dibandingkan dengan barang sama di Jawa, misalnya susu bisa naik 20 persenlah dari harga normal,” terang Taufik.

Mantan TKI itu lantas mem-buka dompet dan menunjukkan kepada Jawa Pos. Di dalamnya ada tiga jenis mata uang, yaitu rupiah, ringgit, dan mata uang Brunei. Itu dilakukan untuk memudahkan jika sewaktu-

waktu ada warga Malaysia yang melintas batas dan menjajakan kebutuhan pokok di bawah tan-gan. Pelintas perbatasan, baik dari Indonesia ke Malaysia mau-pun sebaliknya lewat Entikong, umumnya diperiksa cukup ketat, misalnya di pos Tebedu. Namun pemeriksaan yang ketat itu di-manfaatkan para calo Indonesia. Mereka memasang tarif rata-rata 50 ringgit atau sekitar Rp 150 ribu. “Banyak calo yang kenal dekat dengan petugas. Jadi mer-eka bisa melobi dan main mata agar WNI lolos pemeriksaan,” ujar Munadi, seorang warga Pontianak, yang kerap melintas batas ke Kuching.

Setelah melewati pos Tebedu, pemandangan sangat indah lang-sung menyambut. Di sisi kanan jalan raya terdapat sebuah taman dengan fasilitas air mancur dan jaringan Wifi gratis.

Menurut Camat Entikong Ig-natius Irianto, aktivitas warga perbatasan melintas ke Tebedu dan wilayah-wilayah Malaysia lain memunculkan problem tersendiri. Tak sedikit warga yang merasa lebih nyaman dengan negeri jiran itu. Dia mengakui bahwa ada ratusan warga En-tikong yang dalam dua dekade terakhir hijrah menjadi warga negara Malaysia. Itu semua karena minimnya infrastruktur dan keterbelakangan ekonomi di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia. “Semua akibat faktor ekonomi,” keluh Irianto.

Kebanyakan WNI yang ber-pindah menjadi warga negara Malaysia berasal dari Suruh Tembawang, salah satu desa di wiayah Entikong. Suruh Tem-bawang adalah desa yang sangat terpencil di perbatasan RI-Ma-

laysia. Desa itu berjarak sekitar 64 kilometer dari Entikong, ibu kota kecamatan.

Irianto juga mengkhawatirkan nasib pegawai negeri sipil (PNS) yang bertugas di perbatasan. Karena sulitnya akses, tak jarang mereka hidup serbasusah. Untuk mengambil gaji bulanan saja, mereka harus mengeluarkan dana sedikitnya Rp 1 juta untuk menyewa perahu motor.

Jika ingin lebih mudah, mereka harus menyeberangi sungai ke wilayah Malaysia dan berjalan melintasi hutan sehari penuh untuk bisa masuk kembali ke wilayah Indonesia via Tebedu-Entikong “Apa yang terjadi jika ada di antara mereka bergaji kurang dari Rp 1 juta? Anda coba bantu saya menjawab,” katanya.

Ada lima sekolah dasar (SD) dan satu sekolah menengah pertama (SMP) di Suruh Tem-bawang. Namun terbatasnya infrastruktur membuat tidak semua warga usia sekolah yang bisa sekolah. Sedangkan untuk kesehatan, terdapat satu pos kesehatan desa di Dusun Suruh Tembawang.

Seorang warga Entikong, M Husin, mengatakan, problem lain yang menyulitkan adalah ket-ersediaan air dan listrik. Listrik di desanya kerap padam karena terbatasnya pasokan. Layanan air bersih juga terbatas karena pipa yang dibangun secara swadaya sering rusak. “Kami mandi dan cuci dengan air hujan karena pipa sedang rusak. Jadi harap maklum,” ujar seorang warga yang ditemui di rumahnya.(*)

Pembunuh Rafi Ditangkap di Pekanbaru

Cagub Makin Gencar ------------------------------------------------------------------- dari hal 1

1.314 Siswa SMP Tak Lulus UN ------------------------------------------------------ dari hal 1

Lidah Ingin Minyak Goreng Lokal, tapi Hanya Lihat di TV ------------------ dari hal 1

SeTeLaH hampir sebulan melakukan penge-jaran, polisi akhirnya berhasil mengungkap pembunuh Rafdianto alias Rafi (25), penjaga kantor PT Agroline, yang ditemukan terbunuh di kantornya, 25 Mei lalu. Tersangka yang diketa-hui bernama Joni itu ditangkap tim Buru Sergap (Buser) Poltabes Jambi di Pekanbaru, Provinsi Riau, kemarin (21/6) sore.

Joni digerebek anggota di sebuah rumah di Kota Pekanbaru sekitar pukul 17.00 WIB. Be-lum diketahui pasti apa hubungan dan motif dia menghabisi Rafi. Sampai malam tadi belum ada penjelasan resmi mengenai tersangka dari pihak Poltabes Jambi.

Kasat Reskrim Poltabes Jambi Kompol Bambang Hermanto yang menghubungi Jambi Independent malam tadi hanya mengatakan pelaku pembunuhan di Kampoeng Radja (Rafi) sudah ditangkap oleh anggotanya di Pekanbaru. Namun ditanya lebih jauh soal pelaku, dia mengaku belum menerima laporan secara rinci.

Kanit Jatanras Poltabes Jambi AKP Joko Sudary-anto saat dihubungi mengatakan, nama panggilan tersangka adalah Joni. Namun lengkapnya dia juga mengaku belum tahu. “Anggota masih di sana (Pekanbaru, red),” katanya.

Sementara itu, anggota Buser Poltabes Jambi yang berada di Pekanbaru saat dihubungi malam tadi juga tidak memberikan keterangan rinci. Mereka hanya mengatakan tersangka ditangkap pukul 17.00 WIB. “Nanti ya, sekarang tersangka masih BAP (diperiksa),” katanya. Menurut dia, anggota yang lain juga masih melakukan pengembangan

penyidikan dan mencari barang bukti. Seperti diketahui, Rafdianto tewas dengan tubuh

penuh luka dan bermandi darah. Di tubuhnya tampak sejumlah lubang bekas tusukan benda tajam. Dua di antaranya di dada kiri dan dua di perut. Sementara di leher pemuda berusia 25 ta-hun itu tampak lubang menganga bekas gorokan. Sebelumnya, polisi menduga pelaku mengenal Rafdianto.

Mayat pemuda yang biasa disapa Rafi itu pertama kali ditemukan oleh Hasim (28), pegawai Bagian Administrasi PT Agroline, dan rekannya sekitar pukul 09.00. Seperti hari kerja biasanya, pagi itu Hasim tiba untuk bekerja sekitar pukul 08.00.

Dari olah tempat kejadian perkara (TKP), polisi menduga pemuda perantau dari Sumatera Barat itu mengenal pelaku. Saat Rafi ditemukan, televisi di ruang sebelah kamar Rafi masih menyala.

Ditemukan pula sisa roti yang tak habis dimakan dan rokok Class Mild. Di asbak juga ada puntung rokok lainnya. “Mungkin pelaku dan korban sempat nonton dulu,” kata salah seorang polisi yang kemarin ikut mengorek-ngorek informasi di TKP.

Nah, lanjut petugas itu, setelah lama menonton televisi dan mengobrol, baru pelaku menghabisi Rafi. Setelah itu pelaku diduga mencoba kabur lewat pintu belakang di lantai 1.

Karena terkunci, pelaku naik lagi ke lantai 2 dan keluar lewat pintu depan. Dugaan itu terbaca dari dari beberapa tetes darah dari arah kamar sampai ke lantai 1.(rib)

HP Rani Kuatkan Motif asmara ------------------------- dari hal 1

Prita Yakin Bebas -------------------------------------------- dari hal 1

Wisma BII Terbakar ---------------------------------------- dari hal 1

Semakin kuat dalam BekarjaMeskipun pekerjaannya adalah ibu rumah tangga, kesibukan harian ibu lima anak ini tentu tak kalah dari kesibukan seorang pekerja kantor. Namun, yang mengherankan, sejak dari dulu wanita berusia 57 tahun yang punya nama Djusmanidar ini tak pernah sarapan pagi dengan nasi. “Di waktu pagi saya hanya minum segelas kopi. Makan nasi hanya pada siang dan malam hari,” ujar nenek lima orang cucu ini. Kuatkah ia? Ternyata kuat. Bahkan hingga umurnya yang sudah mendekati kepala enam itu, penduduk Dusun Baru, Kecamatan Sungai Penuh, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi, ini belum punya penyakit yang berarti. Namun, untuk mencegah agar penyakit makin menjauh darinya, sejak

sebulan sebelum wawancara ini berlang sung ia rutin meminum Zena-600 dua kali sehari, pagi dan malam hari. Jadi, kalau dulu di pagi hari ia hanya menenggak segelas kopi, sejak sebulan sebelumnya menu minumannya sudah ditambah dengan segelas sari bubuk kacang hijau yang sudah dicampur dengan bubuk kedela i i tu . Hasi lnya? Ternyata, dengan kombinasi kopi dan Zena-600 tersebut, “Perut terasa semakin kenyang sehingga saya merasa lebih kuat dalam bekerja,” ungkapnya, saat ditemui di rumahnya pertengahan Mei 2009 yang lalu. Pada sebagian wanita, usia di atas empat puluh lima apalagi sudah mencapai lima puluh telah menjadi periode yang mengkhawatirkan. Karena, tanda-

tanda mereka akan memasuki menopause sudah mulai terlihat. Menurut istilah kedokteran, masa ini disebut perimeno pause. Berkaitan de ngan ini, sebuah peru sahaan distribusi kede lai bubuk instan pernah melakukan kerja sama dengan Fakultas Kedok teran Universitas Indone sia meneliti pengaruh pemberian susu kede lai terhadap kasus peri menopause, yang dila kukan dari bulan Novem ber 2007 hingga Maret 2008. Setiap peserta selama delapan minggu mengon sumsi kedelai bubuk secara rutin setiap hari 60 gram atau setara

dengan 143 kkal/hari. Selama menjalani penelitian, asupan maka nan peserta dijaga. Artinya, mereka

tak boleh memakan makanan atau memi num minuman yang menambah atau me ngurangi kadar koleste rol dalam waktu cepat. Dar i 19 perempuan yang diteliti, sebelum mengonsumsi kedelai bubuk itu gejala perime nopause mereka terdiri atas: minor 16 orang, ringan dua orang, dan sedang satu orang. Tetapi seusai penelitian, semuanya men jad i

minor. Yang lebih menggembirakan, dari pemeriksaan laboratorium

diperoleh data: terjadi penurunan kadar kolesterol total dari 198,68 ke 186,16 mg/dl, serta penurunan kolesterol LDL dari 134,32 ke 122,68 mg/dl. Secara uji statistik, kedua penurunan ini jelas signifikan. Dengan demikian, secara umum semua peser ta menunjukkan perbaikan klinis perimenopause setelah mengonsumsi kedelai bubuk. Nah, pada ZENA-600, bukan hanya kedelai yang terkandung, melainkan juga kacang hijau. Tentu saja manfaatnya menjadi ganda karena saling melengkapi. Meski demikian, menjalankan pola hidup yang sehat tetap lebih penting untuk dilakukan. Zena-600 sudah laku di seluruh wilayah pemasarannya. Ini tak lepas dari manfaatnya yang nyata dan produknya yang diolah

higienis. Selain itu, formulanya merupakan penyempurnaan dari formula-formula kedelai bubuk yang selama ini banyak beredar di pasaran. Dan ini amat ditunjang oleh mulai sadarnya masyarakat untuk beralih ke bahan nabati alami dalam memelihara kesehatan. Tetapi, produk ini bukanlah obat melainkan makanan kesehatan untuk memelihara kondisi tubuh. Dan untuk konsultasi kunjungi segera [email protected] atau telepon (021) 70288540 hubungi distributor Prov. Jambi : 08128361642. Subdist Kerinci : 081366360140, Subdist Bangko : 08127350234, Subdist Batanghari : 081274175178, Sub dist Tebo : 085274776210.

Djusmanidar

Page 3: Jambi Independent edisi 22 Juni 2009

BERLAKU

19 - 22 JUNI 09

Informasi Dunia Hiburan TerkiniJambi Independent SENIN, 22 JUNI 2009

Berani Pasang Tarif TinggiPENYANYI pendatang baru

Elisa harus membayar mahalteman duetnya, Saipul Jamil.Hanya untuk satu lagu ber-judul Hasrat, mantan suamiDewi Perssik itu dibayar sedi-kitnya Rp 150 juta.

Elisa, penyanyi blasteranBelanda-Indonesia yangpernah merilis album CintaAbadi (2004) itu, tidak mena-war lagi. “Karena awalnya

saya ngefans sama dia, dansaya lihat di dangdut hanyadia (penyanyi dangdut pria)yang muncul saat ini. Akurasa pantas ya dibayar segi-tu ,” ucapnya saat syut ingklip video di Cilandak.

Sementara itu, Ipul -sapaanSaipul Jamil- mengatakanmenerima permintaan duetElisa bukan karena bayaran.Ipul merasa lagunya bagus

dan genre musiknya pop,bukan dangdut seperti yangselama ini dirinya nyanyi-kan.

Dia merasa harus menerimaitu sebagai tantangan. BagiIpul , menerima tantanganbaru dan mengerjakan den-gan sungguh-sungguh meru-pakan salah satu cara agarawet bertahan di bidang hi-buran. “Saya berharap den-

gan berbaur di berbagai gen-re, penggemar saya bertam-bah. Saya sadari, penggemaradalah segalanya buat sa -ya,” ucapnya.

Ipul menambahkan, bukansekadar karena bayaran di-rinya mencoba hal baru. Priayang sudah tiga kali merilisalbum bersama vokal grupGaul i tu mengungkapkanjuga memperoleh pelajaran

berharga.Yaitu, ketika bermain film

layar lebar bersama Kiki Fat-mala belum lama ini. “Itulahakibatnya kalau sekadar ka-rena bayaran.

Memang bayarannya ma-hal, tapi adegannya nggakbagus . Banyak gosip ten-tang saya, itu bukan rencanadari perjalanan karir saya,”ujar dia. (jpnn)

Page 4: Jambi Independent edisi 22 Juni 2009

Jambi Independentsenin, 22 juni 2009

n AdvertoriAl

Pemkab Berikan Beasiswa kepada Guru

Gaji Ke-13 di Sarolangun Segera Dicairkan

HBA Minta Pns netral dalam PemilusArolAnGun – Bupati Sa-

rolangun Hasan Basri Agus (HBA) meminta segenap jajaran pegawai negeri sipil (PNS) di Sarolangun bersikap netral dalam Pilpres yang akan digelar bulan depan.

“PNS harus bersikap netral se-lama kampanye Pilpres,” ungkap HBA. Meski diminta agar bersikap netral, dia juga mengimbau supaya warga Sarolangun memberikan hak pilih mereka pada hari-H pen-contrengan.

Memberikan suara, menurut dia, merupakan hak setiap warga ne-gara. “Saya mengimbau agar ma-syarakat Sarolangun nanti meng-gunakan hak pilih mereka. Kalau kita

tidak menggunakan hak pilih, berarti kita tidak termasuk warga negara yang baik,” urainya.

Masih kata dia, dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Pil-pres di Sarolangun, Pemkab akan memberikan dukungan penuh kepada KPUD selaku pelaksana. Dukungan antara lain dengan memberikan bantuan untuk trans-portasi selama kegiatan Pilpres berlangsung.

“Pemkab sangat mendukung KPUD. Untuk keperluan trans-portasi akan kita bantu. Pokoknya kita akan mendukung sepenuhnya,” pungkas mantan sekda Kota Jambi itu.(lis)

sArolAnGun – Ini kabar gem-b i r a b ag i s e gen ap p ega w a i neger i s ip i l (PNS) dan calon pegawa i (capeg) yang ada di lingkup Pemkab Sarolangun. Pas-alnya, gaji ke-13 yang sejak lama dinanti, dalam waktu dekat segera direalisasikan.

Kepastian pembayaran tersebut, diungkapkan Sekda Sarolangun, Ir M Basyari, usai melakukan peninjau-an ke lokasi penambangan emas tanpa izin (PETI) di Kecamatan Li-mun dan Cermin Nan Gedang

(CNG), Jumat (19/6) lalu.“Gaji ke-13 untuk PNS dan capeg

di Sarolangun segera akan kita bayar,” beber Sekda. Sekda men-gatakan, p e m b a y a r a n g a j i ke-13 tersebut diupayakan bisa disalurkan minggu depan. Hanya saja, kata dia, pembayaran gaji ke-13 tersebut hanya diberikan bagi PNS dan capeg.

Sementara pegawai honorer tidak mendapatkan jatah. “Pembayaran gaj i ke-13 hanya ber laku un-tuk PNS dan capeg. Sedan-

gkan pegawai honorer t idak mendapatkan gaji ke-13,” ungkap Basyari.

Saat ini pihaknya tinggal meny-elesaikan persoalan administrasi terkait pembayaran gaji tersebut. Jika semua sudah rampung, gaji ke-13 langsung akan dicairkan ke-pada PNS dan capeg bersangkutan. “Insya Allah minggu depan sudah selesai semua. Jadi gaji ke-13 bisa langsung kita bayar secepatnya,” pungkas Basyari.

Sekadar diketahui, kebijakan

pencairan gaj i ke-13 tersebut merupakan program pemerintah pusat dalam rangka membantu meringankan beban perekonomian keluarga para P N S d i T a n a h A i r , termasuk PNS di Kabupaten Sarolangun. M e l a l u i a d a n y a k e b i j a k a n p e m b a y a r a n g a j i ke-13 yang dibayar sebesar se-bulan gaji tersebut, d i h a r a p k a n d a p a t m e m b a n t u beban per-ekonomian mereka, terutama menjelang tahun ajaran baru sekolah.(lis)

sArolAnGun – Dalam rangka meningkatkan kompetens i guru g u n a m e n i n g k a t k a n k u a l i -tas SDM, tahun in i Pemk a b Sarolangun memberikan kesempa-tan menem p u h pendidikan S-2 bagi guru di Bumi Sepucuk Adat Serumpun Pseko.

Diharapkan mereka dapat men-transfer ilmu yang mereka miliki kepada anak didik yang tersebar di berbagai daerah di Sarolangun dalam rangka membangun SDM yang anda l . Tahun ini sebanyak 27 guru pendidikan agama Islam diber i kesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang S-2.

Pemkab juga memberikan kesem-patan belajar bagi lima guru mata pe-lajaran khusus di pondok pesantren untuk menimba ilmu di pondok pas-entren terkenal di Pulau Jawa.

Demikian diungkapkan Kad is P e n d i d i k a n S a r o l a n g u n H e -fn i Zen, pekan la lu . Menurut d ia , b iaya yang d ike luarkan tidak sedikit. Itu bentuk keseriusan Pemkab Sarolangun di bawah

kepemimpinan d u e t H a s a n B a s r i A g u s ( H B A ) -C e k E n d r a d a lam mening-katkan SDM di Sarolangun.

“Kemudian lima orang untuk guru mata pelajaran khusus di ponpes juga dibe r i k a n k e s e m p a t a n menimba i lmu di Pulau Jawa,” katanya.

Masih kata dia, tahun ini se-banyak 360 guru SD juga men-dapat beasiswa dari Pemkab Sarolangun guna melanjutkan pendidikan ke jenjang S-1.

Kebijakan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan profesionalitas guru di Sa-rolangun. Di samping itu, salah satu persyaratan seorang guru agar bisa diangkat menjadi ke-pala sekolah harus memenuhi standar kualifikasi dan standar kompetensi.

“Sesuai Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah, untuk bisa di-angkat menjadi kepala sekolah, harus memenuhi standar kuali-

fikasi dan standar kompetensi,” tutur Hefni.

Keser i usan Pemkab da lam m e n i n g k a t k a n S D M d i S a -ro langun juga d iaku i Sekda S a r o l a n g u n I r M B a s y a r i . Menurut dia, selama i n i p i h a k -nya berkomitmen meningkatkan SDM melalui perbaikan di sektor pendidikan.

“Pemkab Sarolangun berdedi-kasi untuk meningkatkan SDM, yaitu dengan memperha t i kan b idang pend id i kan dan kes-e h a t a n . K o m i t m e n i t u k a m i t e r a p k a n d e n g a n m e n j a l i n ker ja sama dengan berbagai pihak,” ungkap Sekda. (lis)

Hasan Basri Agus

dok/jAMBi indePendent

Aliran Sesat Muncul di MeranginDepag Hentikan Kegiatanuntuk Sementara

novAdiAnsyAH,Bangko

SejAk beberapa pekan tera­khir, warga Merangin cukup di­hebohkan dengan kabar hadirnya aliran sesat Tariqat Naqsabandi­yah di Desa Air Batu, Kecamatan Renah Pamenang.

Kakandepag Merangin, H Umar Yusuf menegaskan, fakta yang di­dapat di lapangan, jelas sudah jika aliran tersebut menyimpang dari ajaran Islam.

“Di antara ajaran Tariqat Naqsabandiyah yang jelas me­nyimpang, dalam mengucapkan salam terhadap guru Tariqat Naqsabandiyah, disebut Rasu­lullah. Sedangkan para jamaahnya disebut Sahabat Rasulullah,” ujar Umar, Minggu (21/6).

Lanjutnya, aliran Tariqat Naqsabandiyah ini mengatakan naik haji tidak perlu datang ke Kota Mekah, tapi cukup dengan datang ke suatu tempat di Ke­camatan Batang Asai Kabu­paten Sarolangun. “Persoalan ini telah kita koordinasikan dengan

Pemkab Merangin, MUI, Polres, dan Kejari guna disikapi lebih lanjut,” katanya.

Rencananya pertemuan antara aliran Tariqat Naqsabandiyah, dengan Pemkab Merangin akan digelar Selasa (23/6), di ruang Aula Depag Merangin.

Lanjutnya, setidaknya ada 22 butir ajaran aliran Tariqat Naq­sabandiyah yang bertentangan dengan ajaran Islam. “Untuk saat ini, guna menghindari hal­hal yang tidak dinginkan, untuk sementara kegiatan tersebut kita hentikan, sebelum ada keputusan MUI,” tandasnya.

Kajari Bangko, Syafruddin Djamain SH, melalui Kasi Intel Nopriyandi SH juga mengakui adanya aliran sesat di Desa Air Batu ini. Nopriyandi men­gatakan ajaran aliran sesat ini juga mengajarkan agar jamaahnya memberikan sejumlah uang atau benda berharga lainnya kepada guru mereka dengan nama Ali Wardana yang hanya sesekali datang ke desa itu. “Ini jelas aliran sesat, jika memang ali­ran Tariqat Naqsabandiyah yang dilakukan sesuai dengan laporan yang kita terima, baik dari Polres Merangin, maupun dari Depag Merangin,” tambah Nopriandi.

Sementara itu, Sekretaris Desa

(Sekdes) Air Batu, Majuri yang mengaku sudah sejak 1995 mengikuti aliran ini , menyang­kal jika Tariqat Naqsabandiyah disebut aliran sesat.

“Tariqat Naqsabandiyah ini bukan aliran, namun kelompok pengajian. Dan pengajian ini hanya bersifat memperbanyak amal dengan zikir menyebut nama Allah. Apa yang ditudingkan sama sekali tidak benar,” ung­kap Majuri, ketika didatangi di kediamannya.

Katanya, pengajian ini tetap menjalankan ajaran Islam secara benar, dengan percaya kepada Allah SWT dan percaya jika ra­sul utusan Allah SWT. “Tidak

ada dalam pengajian naik haji ke Batang Asai, dan memanggil guru ngaji kami dengan sebutan Rosul. Itu fitnah,” jelasnya.

Pihaknya siap memberikan ket­erangan terkait pengajian Tariqat Naqsabandiyah jika dipanggil Kandepag Merangin maupun MUI. Jelasnya, pengajian ini masuk ke desa 1995 lalu, dibawa almarhum Kyai Syukur. Ada pu­luhan warga desa yang ikut dalam pengajian tersebut.

“Saat ini pengajian ini dipimpin Ali Wardana, cucu Kyai Syukur. Dan siapa yang resah dengan pen­gajian ini, saya lihat tidak ada yang resah. Aktivitas kita tetap berjalan kok,” katanya.(*)

BeAsisWA : Para kepala sekolah (kepsek) di kabupaten Merangin, tampak serius dalam

kegiatan yang digelar oleh Pemkab Merangin, baru-baru ini.

Majuri, ketika ditemui di kediamannya. diri-nya membantah jika tariqat naqsabandiyah dikatakan aliran sesat.

novAdiAnsyAH/jAMBi indePendent

PENGAJIAN

Page 5: Jambi Independent edisi 22 Juni 2009

Jambi Independent SENIN, 22 JUNI 2009

Pasir Kuarsa TidakTermasuk Galian C

LUKMAN HAKIM,Muarabulian

Pimpinan Instansi Segera DipanggilTerkait PerizinanPerusahaandi Batanghari

BADAN Pelayanan Terpadu SatuPintu (BPTSP) Batanghari da-lam pekan ini bakal memanggilsejumlah pimpinan satuan ker-ja perangkat daerah (SKPD). Pe-manggi lan ber tu juan untukmelakukan rapat koordinas imenyikapi teknis perizinan se-jumlah perusahaan yang beropera-

si di Batanghari.Menurut Kepala BPTSP Batang-

hari Erwan, menurut data yang ada,masih ada perusahaan yang dinilaibelum menyelesaikan prosedurdan tertib administrasi sebagaim-ana diatur Permendagri Nomor 24Tahun 2006 tentang pedomanpenyelenggaraan pelayanan satupintu sebagai penyelenggara pros-es permohonan perizinan hinggapenyelesaian perizinan.

Persoalan penerbitan izin, kataErwan, tidak terlepas dari pembi-naan dan pengawasan serta reko-mendasi dari para tim teknis (SK-PD) yang ditunjuk berdasarkan SKbupati. “Makanya kita harus du-duk bersama dulu, selanjutnya

langkah apa yang akan kita laku-kan tergantung hasil koordinasiitu, dengan catatan tidak keluardari aturan Permendagri itu,”ujar Erwan di ruang kerjanya,baru-baru ini.

Bila setelah rapat koordinasidigelar pihak perusahaan masihbersikap apatis, Pemkab akanmengambil langkah sesuai ha-sil koordinasi dengan tim tek-nis. Untuk diketahui, menurutKabid Perizinan dan WirausahaBPTSP Batanghari Zanzibar,masih terdapat beberapa peru-sahaan besar yang hingga kinibelum merampungkan periz-inan, baik izin operasi, izin peng-gunaan jalan, izin lulus amdal

(analisis mengenai dampak li-ngkungan), dan perizinan lainnya.Zanzibar belum dapat merincijumlah keseluruhan karena sedangberdinas di Kalimantan.

Dia hanya menyebutkan dua pe-rusahaan, yakni PT Deli MudaPerkasa (DMP) dan PT Inti BaraNusa (IBN). Dijelaskan, PT DMPyang bergerak pada usaha ko-moditi sawit hingga kini belummengajukan seluruh perizinanmereka ke BPTSP seperti izinpabrik, izin usaha, maupun izinpenggunaan jalan.

“Seluruh perizinannya belumpernah diajukan,” jelas Zanzibarvia ponsel kemarin (21/6).

Sebelumnya, Kepala BPTSP Er-

wan mengatakan, izin pernah hen-dak diurus, namun belum juga di-lakukan. “Sampai sekarang belumada. Janjinya mau diurus, tapi be-lum juga,” jelasnya.

PT Inti Bara Nusa (IBN) baru me-miliki izin operasi. Sedangkan izinpenggunaan jalan hingga kini be-lum dirampungkan oleh perusa-haan yang bergerak di sektorpertambangan di Desa JanggaAur, Kecamatan Batin XXIV,tersebut. “PT IBN sudah pernahmengajukan izin IPJ, tetapi darihasil verifikasi kita, dinyata-kan belum memenuhi syarat .Karena itu kita minta mereka me-menuhi persyaratan tersebut,”kata Erwan.(*)

PPNS Masih MinimMUAROJAMBI – DPRD Muaro-

jambi menilai, hingga kini peny-idik pegawai negeri sipil (PPNS)masih sangat minim. Padahal,menurut para wakil rakyat, PPNSsangat dibutuhkan di beberapadinas dan instansi di Muarojambi.

Wakil Ketua DPRD MuarojambiUsman Chalik mengatakan, peranPPNS sangat dibutuhkan. Namundari hasil pantaunnya, saat iniPPNS sangat minim. “Kita bisalihat, di kantor Satpol PP, Dinas Per-hubungan, PPNS sangat minim. Pada-hal peranan PPNS di dua instansi itusangat dibutuhkan,” katanya.

Di Dinas Satpol PP, Usman men-gatakan, PPNS dibutuhkan untukmelakukan investigasi bagi PNSdan oknum-oknum yang melang-gar perda. Begitu juga di DinasPerhubungan, peran PPNS tidakkalah penting. Menurut dia, PPNSharus ada di dinas maupun instan-si dan jumlahnya mencukupi.“Kita minta supaya bupati me-mikirkan,” kata Usman.

Menanggapi masukan dari Dew-an, Bupati Muarojambi Burha-nuddin Mahir menyambut baik.Dia mengakui bahwa saat ini me-mang PPNS masih sedikit. Untuk

itu dia berjanji akan menambahpersonel PPNS. “Dengan syarat,DPRD harus menyetujui anggaranPPNS,” katanya, baru-baru ini.

Sementara Kepala Dinas Perta-nian Muarojambi Junaidi menga-takan, PPNS di dinas tertentu san-gat dibutuhkan. Dia mengakui, diDinas Pertanian, PPNS dibutuh-kan untuk mengawasi penyaluranpupuk bersubsidi. “Selama ini kitakan tidak memiliki itu. Mudah-mudahan ke depan PPNS di DinasPertanian ada, sehingga persoalanpupuk bersubsidi dapat diawasidengan baik,” katanya.(fes)

Rp 20 Juta untuk Qariah Terbaik

Ruang Terbuka HijauBelum Maksimal

MUAROJAMBI – PeraturanDaerah (Perda) tentang Galian Cbakal segera direvisi. Permintaanitu disampaikan langsung olehBupati Muarojambi Burhanuddin

Mahir kepada Bagian Hukum Set-da Muarojambi baru-baru ini. Ala-san Burhanuddin, perda tersebutturut mengatur potensi pasir kuar-sa yang notabene tidak termasuk

galian C. “Pasir kuarsa itu tidakboleh disamakan dengan galian C.Itu berbeda. Makanya harus segeradirevisi,” katanya.

Dijelaskan, jika pasir kuarsatetap dimasukkan dalam PerdaGalian C, akan t imbul keru-gian, sebab tarif galian pasirkuarsa berbeda dari galian C.Galian C hanya dihargai 3.000per ton, sementara pasir kuarsa

10.000 per ton. “Di sini letak per-bedaannya. Kalau tidak segerakita revisi, tentu kita akan rugi,”tegasnya.

Bupati sendiri meminta BagianHukum Setda Muarojambi seg-era melakukan revisi. Selanjut-nya dia meminta diajukan keDPRD untuk dibahas. KabagHukum Setda Muarojambi Erli-na mengatakan akan segera

merevisi perda tersebut. Dia ber-janji akan secepatnya mengajukanperda tersebut ke DPRD Muaro-jambi.

Untuk diketahui, potensi pasirkuarsa di Muarojambi cukup besar.Dari delapan kecamatan, potensipasir terdapat di lima kecamatan.Meski demikian, sejauh ini yangbaru dikelola di satu kecamatan,yakni Kecamatan Sekernan.(fes)

Segera DilakukanMediasi

KUALATUNGKAL – Belum ada kesepaka-tan terkait tuntutan karyawan kepada pihak PTSumatera Timber Utama Damai (STUD) soalperumahan karyawan. Persoalan timbul kare-na karyawan tidak boleh menggunakan fasili-tas perusahaan selama dirumahkan.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Trans-migrasi Tanjab Barat Noor Budi S mengatakan,rapat yang dilakukan belum membuahkanhasil dan tidak ada kesepakatan. “Kedua belahpihak belum ada satu kata dan mereka masih terusmelakukan ke jenjang berikutnya,” jelas Noor.

Dia mengatakan, dalam rapat tersebut, kar-yawan setuju bila mereka harus dirumahkanoleh perusahaan. Namun mereka tidak setujubila hak untuk menempati rumah-rumah dinasdan fasilitas yang ada di dalam lingkup peru-sahaan ditiadakan.

Hingga kini mereka masih terus memperjua-ngkan hal tersebut. “Pihak karyawan masihterus meminta agar bisa menempati tempattinggal selama proses perumahan. Tapi pihakperusahaan masih ngotot tidak akan memberi-kan fasilitas perumahan selama proses meru-mahkan karyawan dilakukan,” jelasnya.

Menurut Noor, karena belum terpacai katasepakat, masalah itu dilanjutkan ke mediasi.“Kita masih mencari waktu yang tepat untukmelakukan mediasi untuk menyelesaikanmasalah tersebut,” jelasnya lagi.

Yanto dari Humas PT Sumtera Timber UtamaDamai mengatakan, pihaknya belum menyetu-jui tuntutan karyawan untuk menempatirumah dan menggunakan fasilitas perusa-haan selama proses perumahan karyawan ber-langsung. “Kita akan lanjutkan hal tersebut ketahap mediasi dan kita akan cari waktu yangtepat,” katanya kemarin (21/6).(can)

MUARABULIAN - Qariah ter-baik Batanghari yang dinyatakanlolos mewakili Indonesia padaMTQ tingkat internasional di Kua-lalumpur, Malaysia, September2009, bernasib mujur. Dia menda-patkan bonus apresiasi sebesar Rp 20juta dari Bupati Batanghari SyahirsahSY atas prestasi juara satu tingkat na-sional yang diraih pada Seleksi Tila-watil Quran (STQ) tingkat nasion-

al di Asrama Haji Pondok Gede,Jakarta, belum lama ini.

Apresiasi dari Pemkab itu disam-but sukacita oleh gadis yang ber-domisili di Desa Terusan Sebe-rang, Kecamatan Marosebo Ilir, itu.Menurutnya, bonus yang diberi-kan akan dijadikan sebagai tabun-gan untuk biaya kuliah.

“Alhamdulillah, bonus ini dap-at membantu biaya kuliah saya

nanti,” ujarnya dengan penuhsukacita di sela syukuran atas ke-berhasilannya di pendapa Rumah Di-nas Bupati Batanghari, baru-baru ini.

Syahirsah juga terlihat terse-nyum bangga atas keberhasilanputri Batanghari itu. Sama halnyaketika penyambutan kafilah Ba-tanghari usai didaulat sebagai jua-ra umum MTQ Provinsi Jambibaru-baru ini.(aki)

KUALKUALKUALKUALKUALAAAAATUNGKTUNGKTUNGKTUNGKTUNGKALALALALAL

Volume EksporMeningkat

PENINGKATAN terjadi pada realisasi ek-spor aneka produksi di Tanjab Barat sejak limatahun terakhir. Total nilai ekspor 2008 sajamencapai USD 232.613.841, atau mencapai68,530 persen. Sedangkan volumenya menca-pai USD 243.997.489 atau 2,3 persen. Pada2007, nilainya hanya USD 138.025.046 atau12,16 persen, sedangkan volume sebesar USD

238,504.849.Bupati Tanjungjabu-

ng Barat, H Safrial MS,mengatakan bahwaproduk penyumbangnilai ekspor tersebaradalah hasil perikanandan perkebunan. Ke-naikan nilai ekspor li-ma tahun terakhir ter-sebut mengindikasi-kan permintaan inter-national untuk produkperikanan dan perke-bunan cukup tinggi. Ini

menandakan tetap ada ruang bagi Tanjabbaruntuk memenuhinya pada tahun 2009 ini.

Mantan dosen Unja ini menjelaskan walau-pun dilanda krisis globaL kegiatan ekspor dariKabupaten Tanjungjabung Barat terus men-ingkat. Karena itu pemkab melalui Dinas Peri-dustrian, Perdagangan dan Promosi Daerahterus berupaya memberikan informasi mau-pun peluang-peluang ekspor kepada para ek-sportir untuk dapat melakukan diversifikasibaik produk maupun tujuan ekspor.

“Kalau dulu, jalurnya hanya Padang-Jakar-ta, sekarang telah dapat melakukan secara lang-sung ekspor ke negara tujuan. Bahkan kitadapat menjadi perantara untuk ekspor komod-iti kabupaten lainnya di Provinsi Jambi seper-ti casivera, dan pinang,” ujar Safrial.

Untuk peningkatan eskpor ini, lanjutnya,pemkab telah memberikan kemudahan-ke-mudahan yang berkaitan dengan kegiatan ek-spor maupun impor. Termasuk , kemudahanpenunjang peningkatan produksi dengan tu-juan ekspor. Apalagi Tanjabbar merupakanpintu gerbang eskpor Provinsi Jambi untukWilayah Timur yang paling padat.

“Hendaknya peluang-peluang yang ada di-manfaatkan. Semua instansi terkait saya mintauntuk berupaya maksimal meningkatkan nilai ek-spor. Tidak hanya bahan mentah atau setengah jadi,diusahakan barang jadi,” katanya.(can)

MUARASABAK-Pelaksanaantata ruang terbuka hijau (RTH) diTanjab Timur belum maksimal.Buktinya, masih ada kantor dan ru-mah warga yang belum memilikiRTH bahkan terkesan tidak terawat.

Sekda Tanjab Timur Eddy Kadirmenginstruksikan kepada seluruhcamat, kades, dan lurah untukmengimpletasikan RTH seluas 10persen dari luas lahan perkantoran,rumah berupa halaman, taman tempatparkir, serta tempat lainnya.

“Ini sangat berfungsi bagi ekolo-gi, sosial ekonomi, dan evaluasiserta bagi keindahan daerah kita,”tegas Eddy.

Sesuai UU Nomor 26 Tahun 2007tentang Penataan Ruang dan Per-mendagri Nomor 01 Tahun 2007tentang Ruang Terbuka Hijau diKawasan Perkotaan, jelas Sekda,Tanjab Timur telah membuattaman di depan Masjid Nuraddaro-jad Muarasabak dan percontohandi halaman kantor Kelurahan Ta-lang Babat.

“Ini semoga menjadi motivasibagi masyarakat kita agar maumenata halamannya,” jelas Eddy.

Terpisah, Kepala Dinas Perko-taan dan Pertamanan NasrulEffendi mengungkapkan,saat ini Pemkab terus me-lakukan penataan ruang

perkotaan dengan membentukbeberapa taman sesuai Permenda-gri Nomor 01 Tahun 2007. Selaintaman yang berada di seputarMasjid Nuruddarojad, juga adataman di sekeliling kompleks Kan-tor Bupati yang juga memiliki kolamserta taman di GOR Paduka Berhala.

Menurut Nasrul, di lokasi tamanGOR Paduka Berhala, pihaknyasedikit terkendala soal perawatantaman, karena masih ada beberapaternak warga yang berkeliaran di loka-si tersebut.

“Itu yang menjadi sedikit kenda-la. Tapi kita telah mengerahkanpersonel untuk setiap hari memer-hatikan dan melakukan perawatanterhadap lokasi taman,” kata Nas-rul yang saat dikomfrimasi kemar-in berada di Jakarta.

Lantas bagaimana dengan tamaninteraktif yang ada di permukimanwarga di ibu kota Tanjab Timur? Nar-sul mengaku belum tersedia. Namunprogram pembuatan taman interaktifakan diajukan pembentukannya padaAPBD Perubahan nanti.

“Kita punya rencana, tapi ini maukita ajukan dulu,” katanya.

Pembentukan taman interaktif,kata Nasrul, tidak terlepas daridukungan masyarakat yang mauberperan aktif memelihara danmenjaga taman tersebut.(usr)

Safrial MSD

OK

/JA

MB

I IN

DE

PE

ND

EN

T

GALIAN C Aktivitasgalian C dipinggir SungaiBatanghari.Sementara itu,PemkabMuarojambisegeramerevisi perdatentang pasirkuarsa yangdigolongkandalam galianC.

Page 6: Jambi Independent edisi 22 Juni 2009

FRANCISCUS,Muarojambi

Bupati SentilPara KadisSoal PejabatJarang Ngantor

BUPATI Muarojambi H Burhan-nudin Mahir, mengaku kalau diaselama ini sering menerima lapo-ran soal kepala dinas di lingkupMuarojambi yangjarang ada di kantor.Hal ini dikatakan Bu-pati di hadapan parakepala dinas yanghadir dalam men-yampaikan pendap-at akhir saran-saranstrategis fraksi-fraksidi DPRD Muarojam-bi, terhadap LaporanK e t e r a n g a nP e r t a n g g u -ngjawaban (LKPj)Bupati belum lamaini.

“Selama ini saya sering meneri-ma laporan bahwa ada kepala di-nas yang jarang berada di kantorketika jam kerja. Laporan itu sayaterima baik melalui SMS atau punsecara langsung. Salah satunyaKepala Rumah Sakit Umum Mua-rojambi yang sering jarang ada dikantor,” sebut bupati sambil melir-ik ke arah kepala rumah sakit.

Lebih lanjut Bupati mengata-kan, begitu mendapat laporan diatidak langsung memberi tindakanpada bawahannya. “Walau punsaya telah menerima laporan sela-ma ini, saya belum memberi tinda-

kan. Mereka masih saya beri kesem-patan,” kata bupati di hadapanpara wakil rakyat.

Tak hanya kepala dinas, bupatijuga menyayangkan para camatyang tak hadir ketika dia meng-hadiri suatu acara. “Camat jugasaya sering melihat mereka takhadir ketika saya menghadiriacara di wilayahnya. Dan itujuga akan saya beri teguran,”ujar Bapati.

Selain kepala rumah sakit, bupatijuga menyayang-kan sikap bawah-annya yang lain.Salah satunya dinasPU yang mengurusinfrastrutur diM u a r o j a m b i .“Kadang-kadangsaya melakukansidak pengerjaanproyek pembangu-nan jalan. Tapi, ka-disnya tidak ada,masak harus sayasendiri yang turunke lapangan untuk

mengecek proyek-proyek itu!”kata bupati.

Tidak berhenti di situ, bupatijuga menyentil Dinas PariwisataMuarojambi yang dinilai kiner-janya kurang bagus. “SeharusnyaDinas Pariwisata itu mendahulu-kan pembangunan jalan di antaracandi Muarojambi. Jika sudah jadi,kita bisa menyewakan sepeda un-tuk warga yang berkunjung kecandi. Tapi, ini malah kanal dandanau yang dibangun duluan,”ujar bupati, sembari menatap kearah Kepala Dinas Pariwisata,Taufik.(*)

Burhannudin Mahir

Page 7: Jambi Independent edisi 22 Juni 2009

SENIN, 22 JUNI 2009 Jambi Independent

Logistik FormulirBelum Siap

JAMBI - Meski surat suara sudah didistribusi-kan ke KPUD kabupaten/kota, sejumlah logis-tik yang pengadaannya dilakukan KPUDProvinsi Jambi belum bisa diterima. Itu karenalogistik masih dalam tahap pengadaan. “Se-karang masih pengadaan,” ujar Koordinator Pok-ja Logistik KPUD Provinsi Jambi Fahmi SY.

Sesuai target, logistik paling lambat akan tibadi KPUD kabupaten/kota pada 1 Juli. Apakahwaktunya tidak terlalu mepet? Fahmi mene-gaskan tidak masalah. Itu karena masih adasekitar tujuh hari untuk menyusun dan men-distribusikan ke panitia pemilihan kecamatan(PPS). “Yang vital surat suara sudah siap. Ituhanya formulir dan administrasi,” ujarnya.

Dia meminta KPUD kabupaten/kota mulaimenyiapkan logistik lain yang sudah diterimadan bisa dipak berdasarkan TPS. Ketika lo-gistik formulir dan perlengkapan administra-si tiba, tinggal ditambahkan. “Surat suaraharus segera disortir dan dilipat. Jika kurang,bisa segera komplain dan diganti,” tegasnya.

Terpisah, KPUD Kota Jambi mulai melaku-kan penyortiran dan pelipatan surat suara padaSabtu (20/6) dengan mendapatkan penga-walan dari kepolisian, Panwas, dan Satpol PP.

Ada yang berbeda pada pelipatan surat suarakali ini. Jika sebelumnya menggunakan tenagamasyarakat, kali KPUD menggunakan stafsaja. Mengenai target waktu pelipatan,Ferry mengatakan, kumungkinan empatsampai l ima hari . “Sekarang masih ber-langsung,” pungkasnya.(nid)

Deklarasi DukunganSBY–Boediono SepiBANGKO – Pernyataan sikap DPD Partai

Keadilan Sejahtera (PKS) Merangin dalammendukung capres-cawapres SBY–Boedionosepi. Pernyataan sikap di dalam ruang serba-guna Hotel Suslinda, Bangko, kemarin (21/6),hanya dihadiri kader PKS. Tak heran, kegiatanitu kurang menyita perhatian warga.

Ketua DPW PKS Provinsi Jambi Henri Ma-syhur didampingi Ketua DPD PKS MeranginRustam Efendi menyatakan, yang terpentingdari deklarasi adalah sosialisasi di lapangan.“Tidak ada gunanya kita menggelar deklarasibesar dengan menyita banyak perhatian warga,namun sosialisasi tidak berjalan,” ujar Henri.

Menurut dia, target suara dalam mendukungSBY–Boediono tidak terlalu muluk. Yangjelas, suara yang akan didapat PKS untukmendukung SBY–Boedino pada Pilpres mi-nimal tidak di bawah hasil suara pada pemilulegislatif yang didulang PKS. “Kita cukupoptimis mampu meraih itu,” katanya.

Pola sosialisasi yang akan dijalankan dalammemberikan dukungan adalah mengintensif-kan pola lama dengan cara door to door.

Rustam menyatakan bahwa kebulatan tekadPKS mendukung SBY–Boediono akan segeradisosialisaikan di empat wilayah Merangin.Masing-masing titik dipasang satu pimpinan,yaitu dapil I dipimpin Aditya Sanjaya, dapil IIdipimpin Lilik Gunawan, dapil III dipimpinRamsah, serta dapil IV dipimpin Zulfikar. “Kalau target kita sama dengan DPW minimal7.400 suara sesuai jumlah hasil pemilu le-gislatif,” tandasnya.(ctr)

PILPRESPILPRESPILPRESPILPRESPILPRES

Warga Lapas Latihan MencontrengJAMBI - Warga binaan Lembaga

Pemasyarakatan (Lapas) Jambimengikuti sosialisasi dan simulasipencontrengan surat suara yang di-gelar KPUD Kota Jambi di aula La-pas Jambi, Sabtu (20/6). Mereka ter-lihat antusias mengikuti sosialisasi.Pada pemilu legislatif lalu tidak adasosialisasi yang diberikan KPUD.

Hendric (46), misalnya, merasapuas dengan sosialisasi itu. Dia bisamengetahui bentuk sura t suarayang akan dipilih pada Pilpres.“Kalau pemilu legislatif tidak ada so-

tisipasi pemilih mencapai 100 per-sen. “Itu berarti TPS di Lapas me-rupakan satu-satunya TPS yangpartisipasi pemilihnya mencapai100 persen. Itu contoh baik bagimasyarakat,” ungkap Ratna di-sambut aplaus.

Koordinator Pokja SosialisasiAgus Fiadi dalam sosialisasi memin-ta warga binaan mencontreng pada ko-lom atau nama maupun foto salah satucapres-cawapres yang akan dipilih.“Cukup satu kali contreng. Lebih darisatu kali, tidak sah,” tegasnya. (nid)

Kampanye Rapat Umum Masih Sepijatah kampanye,” ujar anggotaKPUD dua periode itu.

Namun demikian, KPUD tetapmenunggu. Termasuk kemung-kinan penyelenggaraan kam-panye rapat umum di kabupaten/kota. “Yang jelas baru Pak Wiran-to,” imbunya.

Dalam kesempatan itu, Azhar jugamengingatkan KPUD kabupaten/kota untuk membereskan administra-si kampanye terkait dana awal danrekening kampanye. “Berdasarkanevaluasi, baru lima kabupaten yanglengkap secara prosedur,” ujarnya.

Karena itu, dia meminta semua la-

poran ini bisa diselesaikan sebelum jad-wal kampanye rapat umum berakhir.

Terpisah, wakil sekretaris tim kam-panye pasangan Mega-Prabowo, EdiPurwanto, belum bisa memastikanapakah akan ada jadwal rapat umumdi Jambi atau tidak. Namun merekatetap mengusahakan untuk menda-tangkan salah satunya. “Kalau BuMega sudah sering ke Jambi, meskikegiatan konsolidasi partai. Mi-nimal Pak Prabowo,” ujarnya.

Saat ini mereka masih fokus peng-galangan suara melalui pertemuandengan tokoh masyarakat. “Atributjuga mulai kita sebar,” jelasnya. (nid)

JAMBI – Capres-cawapres se-pertinya belum berminat meman-faatkan jatah kampanye rapat umumdi Provinsi Jambi. Dari sebelas harijatah kampanye rapat umum, barucawapres Wiranto yang menyempat-kan hadir di daerah dengan jumlahmata pilih lebih dari 2 juta ini. Sisa-nya belum pasti.

Koordinator Pokja KampanyeKPUD Provinsi Jambi Azhar Muliamengaku belum menerima pem-beritahuan dari tim kampanye yangakan menggelar kampanye rapatumum. “Sepertinya dalam semingguke depan tidak ada yang mengambil

sialisasi,” ujarnya.Dia mengatakan, pencontrengan

pada Pilpres lebih mudah dibanding-kan pada pemilu legislatif. Itu kare-na hanya ada satu kertas suara yangakan dicontreng dan hanya ada tigacalon. “Waktu pileg sempat bi-ngung. Tapi untungnya bisa dapat-kan informasi dari TV,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, Ketua KPUDKota Jambi Ratna Dewi berharapwarga binaan Lapas bisa memberi-kan contoh untuk memberikan hakpilih pada Pilpres. Pada pileg lalu par-

ASRIADI,Kota Jambi

Sum BerpeluangGantikan ZN

Bersaing denganKader PAN Lain

PARTAI Amanat Nasional (PAN)dikabarkan tengah mempersiapkankader terbaik guna menggantikanposisi Zulkifli Nurdin (ZN) dari ke-tua DPW PAN Provinsi Jambi. Itu set-elah beberapa kali ZN menyatakankeseriusannya akan meletakkan ja-batan sebagai ketua DPW.

Ada sejumlah nama yang dikabar-kan muncul di internal partai yang iden-tik dengan Amin Rais itu. Sebut saja SumIndra yang kini menjabat wakil walikota Jambi sekaligus ketua DPC PANKota Jambi. Sum dianggap layakmenggantikan posisi pamannya itu.Apalagi lagi syarat dan kriteria peng-ganti ZN sudah terpenuhi.

Nama Abdullah Hich yang kinimenjabat bupati Tanjab Timur seka-ligus wakil ketua DPW PAN Provin-si Jambi juga disebut-sebut figuryang cocok menggantikan ZN.

Apalagi Hich digadang-gadangakan dipersiapkan ZN maju pada

Pilgub 2010. Nama lain yang mun-cul adalah Burhanuddin Mahir yangkini menjabat bupati Muarojambisekaligus wakil ketua DPW PANProvinsi Jambi. Mantan ketua DPRDBatanghari itu juga dinilai mumpuniuntuk memimpin PAN ke depan.

Nama wakil bupati Muarojambiyang kini ditunjuk sebagai pelaksa-na tugas harian DPW PAN ProvinsiJambi Muchtar Muiz pun disebut-sebut juga bakal bersaing mem-perebutkan orang nomor satu PAN.Apalagi Muchtar Muiz dipercayamenggantikan Azrin Oesman se-bagai pelaksana harian DPW.

Nama Hasan Ismail dan KhairulNaim M Anik pun termasuk bebera-pa nama yang dipersiapkan untukmenggantikan posisi ZN.

Khairul Naim sendiri saat ini men-jadi wakil ketua DPRD Provinsi Jam-bi sekaligus sebagai sekretaris DPWPAN Provinsi Jambi. Khairul Naim

dinilai layak karena berhasil men-dampingi ZN dalam membesarkanPAN di Provinsi Jambi.

Begitu juga nama H Hasan Ismailyang kini menjabat wakil ketuabidang politik pertahanan dankeamanan DPW PAN Provinsi Jam-bi. Mantan ketua DPC PAN TanjabTimur itu dinilai pantas memimpinPAN karena dianggap tegas dalambersikap dan mengambil keputusan.

Salah seorang pengurus DPW PANProvinsi Jambi menilai, sejumlahnama tersebut dianggap mampu danmemenuhi syarat karena kiprahdan andilnya dalam membesar-kan PAN. Apalagi mereka semuaadalah kader potensial yang dimili-ki PAN. “Semua kader mempunyaipeluang,” ujar Bambang, seorangwakil sekretaris DPW PAN Pro-vinsi Jambi. Hal yang sama dika-takan sejumlah kader DPW PANProvinsi Jambi . (*)

Nama-nama Kader PAN Pengganti ZN1.Sum Indra

2.Abdullah Hich

3.Burhanuddin Mahir

Hasan Ismail . 4

Muhctar Muiz .5

Khairul Naim M Anik . 6

Page 8: Jambi Independent edisi 22 Juni 2009

Jambi Independent SENIN, 22 JUNI 2009

Bangunan Reklame Terbakar ------------------------------- dari hal 8

Tersangka Korupsi di Disnakerdukcapil Diincar ------------------------------------- dari hal 8

“Kalau disebabkan arus pen-dek, kenapa api mulai mem-bakar dari bawah rumahnya,”katanya. Selain bangunan yangdilalap si jago merah, dua unitmesin las, las karbit dan las lis-trik, juga ikut terbakar. Tidakhanya itu mesin kompresor, ba-

han-bahan baliho, perkakasbekerja yang manual dan lis-trik, seng plat serta barbagaimerek yang telah siap juga ikutludes terbakar. “Kerugian darikebakaran ini diperkirakanlebih dari Rp 500 juta,” ungkapM Hatta. Kapolsek Sungai Pe-

nuh AKP Evi Setia Nugraha mem-benarkan kebakaran tersebut.Menurutnya kebakaran terjadisekitar pukul 2.30 Wib. Tidakada korban jiwa dalam peristi-wa ini, karena bangunan itu tidakditempati. Petugas masih menye-lidiki penyebab kebakaran. (*)

Roby mengatakan, saat inidirinya dan anggota terus me-lakukan penyelidikan kasustersebut serta mengumpulkanbukti yang bisa membuat pe-tunjuk siapa pelakunya. “Kita

akan terus turunkan anggota dilapangan untuk bisa mengusutkasus tersebut,” ujarnya.

Korban perampokan, kataRoby, masih dirawat di RumahSakit Asia Medika Jambi sete-

lah sebelumnya sempat dirawatdi Rumah Sakit KH Daud MaarifKualatungkal. Akibat peram-pokan itu, selain korban me-ngalami luka di lehar akibat ter-tembak peluru, uang di dalam

tas sebesar Rp 60 juta juga raib.Dua pelaku yang memakaisepeda motor Yamaha Vixiontanpa pelat nomor berhasil meng-gasak uang perusahaan yangdibawa Roby Susanto.(can)

Setelah hasil audit diterima,pihaknya segera mengeluarkansurat perintah dimulainya pe-nyidikan. “Setelah hasil auditkita terima, akan kita buat suratperintah penyidikan,” terangFauzan.

Dan ketika surat perintah pe-nyidikan telah dikeluarkanKejari, pihaknya segera mela-kukan pemeriksaan terhadap

saksi yang diduga terkait kasusitu. “Sebelum ditetapkan ter-sangka, kita akan melakukanpemanggilan saksi terlebihdulu,” katanya.

Untuk diketahui, tim penyi-dik Kejari Jambi sebelumnyasudah memintai keteranganbeberapa saksi dari PPK, yaituMasturo, yang pada saat itumerupakan pimpinan proyek

(pimpro) dan kini menjabat ke-pala Dinas Tenaga Kerja. Jugamantan pimpro PPPK Dra HjSumiati yang kini menjabat se-bagai sekretaris PemberdayaanPerempuan Kota Jambi sertamantan Kepala Dinas TenagaKerja Joko Imam Santoso selakupengguna anggaran saat itu.

Saksi lain, mantan Kepala Di-nas Disnakerdukcapil Syofyan

Wairata, yang pada saat itumerupakan kuasa anggaran.Kini Syofyan menjabat staf ahliwali kota. Lalu Hardono, benda-hara pengeluaran saat itu, danbendahara penerima anggaranIndra Saputra. Kemudian SriMardiani, pejabat verifikasisurat perintah mencairkan(SPM) atau surat perintah per-jalanan dinas (SP2D).(lyn)

Pelaku Curanmor TewasMenabrak Pagar,Dua Jam SetelahMencuri

BANGKO – Nahas yang dia-lami seorang pelaku pencurimotor (curanmor). Belum sem-pat menikmati barang hasil cu-riannya, Pria Tanpa Indentitas(PTI) yang diduga kuat sebagaipelaku curanmor, di Desa Tan-jung Dalam, Lembah Masurai,Merangin di temukan wargasudah tak bernyawa di tiku-ngan tajam, kawasan Desa Ran-tau Panjang, Kecamatan MuaraSiau, Minggu, (21/6), sekitarpukul 01.00 WIB.

Diduga pelaku tewas, karenamotor hasil curian yang dikemudi-kannya dengan kecepatan tinggi,pada malam itu menghantampagar rumah warga di sekitar loka-si. Saat ditemukan warga, kondisijenazah korban mengalami lukamemar di sekujur tubuh.

Informasi yang diterima Jam-bi Independent dari KapolresMerangin AKBP Hudit Wahyu-di melalui Kapolsek Muara SiauIptu Nazarudin, pria tersebutditemukan warga sudah takberyawa di Kawasan Desa RantauPanjang. Diketahui salah seor-ang warga Desa Tanjung Da-lam kehilangan motor SupraFit Warna hitam, yang sedangdi parkir di depan rumahnya

sekitar pukul 23. 00 WIB“Sekitar pukul 01.00 WIB,

kita mendapat telepon dari war-ga Rantau Panjang, jika adakorban lakalantas tewas. AparatPolsek Muara Siau pun lang-sung menuju TKP. Nah, sete-lah kita sampai di TKP, barulahkita mengetahui jika pria tan-pa identitas tersebut, pelakuCuranmar di Desa TanjungDalam,” terang kapolsek.

Ini diperkuat, dari sepedamotor yang di temukan di TKP,merupakan motor milik seo-rang warga Desa Tanjung Dalamyang melapor telah kehilanganmotor beberapa jam sebelumperistiwa laka tunggal terjadi ,”ungkap Kapolsek.

Mengetahui korban sudahtidak bernyawa, malam itu jugajenazah pria tersebut langsungdibawa Polsek Muara Siau, keRSD Abunjani Bangko guna divisum. “Sedangkan motor BBhasil curian pelaku, sudah kita

amankan di Mapolres Mera-ngin,” tegasnya.

Nazarudin menjelaskan, saatditemukan pelaku curanmortersebut, mengenakan celanajeans biru, dan baju kemejawarna coklat. “Hasil TKP kita,sama sekali tidak ditemukanindentitas pelaku, baik berupaKTP maupun kartu pengenallainnya,” tukasnya.

Sementara itu, petugas kamarmayat RSUD Kolonel Abun-djani Bangko Zakaria membe-narkan, jika mayat korban tan-pa identitas tersebut hasil kiri-man aparat Polsek Muara Siau.“Korban diperkirakan berumur20 tahun, dengan ciri badankurus, rambut dicat warna pi-rang. Jika tiga hari jenazah pe-laku curanmor ini, tidak diam-bil pihak keluarga, maka je-nazah ini akan kami kebu-mikan, dengan terlebih dahu-lu meminta surat keteranganpolisi ,” kata Zakaria. (ctr)

Perampok Sales Belum Tertangkap ------------------------------------------------------ dari hal 8

Hudit Wahyudi

Page 9: Jambi Independent edisi 22 Juni 2009

www.jambi-independent.co.id [email protected] n ECERAN: Rp. 3.500,-

Jambi Independentsenin, 22 juni 2009

societyn ADVeRTORiAL

PT Pertamina uBeP Gelar jalan santai

PT PeRTAMinA Unit Bisnis EP (UBEP) Jambi, kemarin (21/6) sekitar pukul 06.00 WIB, mengadakan jalan santai keluarga besar PT Pertamina UBEP Jambi dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Field manager PT Pertamina UBEP Jambi M Ruwahyono melepas peserta yang diikuti keluarga besar PT Pertamina UBEP Jambi di lapangan tenis kompleks PT Pertamina UBEP Jambi Kenali Asam Atas. Hadir perwakilan BLH Jambi, lurah Kenali Asam Bawah dan Atas, yakni Sujianto dan Erwin, serta ketua panitia Budi Artono. (lan)M Ruwahyono menyampaikan sambutan.

M Ruwahyono berfoto bersama undangan usai acara pem-bukaan. M Ruwahyono melepas peserta jalan santai.

fOTO-fOTO:ROLAnDA hAsiBuAn/jAMBi inDePenDenT

Zulfikar Achmad menyalami seluruh pengurus forum jambi Beradat. Para pendukung yang tergabung dalam barisan forum jambi Beradat. suasana pengukuhan pengurus oleh Zulfikar Achmad.

usman hasan yang hadir bersama undangan lainnya. Kiri, Prof suhar, Zulfikar Achmad, dan Prof hasbi umar.Yudi Prawira selaku panitia forum jambi Beradat saat menyampai-kan sambutan.

Zulfikar Achmad dapat Dukungan dari forum jambi Beradat

unTuK sekian kali, Bupati Bungo Zul­fikar Achmad mendapat dukungan untuk maju dalam Pilgub 2010 mendatang. Du­kungan tersebut berasal dari Forum Jambi Beradat (FJB) se­Provinsi Jambi. Acara tersebut langsung dikukuhkan oleh Zulfikar

Achmad Sabtu (20/6) bertempat di Semagi Hotel, Bungo. Hadir guru besar IAIN STS Jambi Prof Dr Hasbi Umar dan Prof Dr Suhar serta Sekda Bungo Usman Hasan. Dalam sambutannya, ZA menyatakan den­gan tegas bahwa dirinya siap dicalonkan

dan mencalonkan diri sebagai gubernur Jambi periode 2010­2015. “Saya siap men­calonkan diri menjadi gubernur Jambi, dan saya mengharapkan dukungan seluruh masyarakat Jambi terhadap pencalonan saya ini,” ungkapnya. (dwy) Zulfikar Achmad

fOTO-fOTO:Dwi s/jAMBi inDePenDenT

Perampok SalesBelum Tertangkap

baca Perampok hal 7

KUALATUNGKAL - Hingga kemarin (21/6) Polsek Betara yang di-back-up Polres Tanjab Barat masih memburu perampok sales PT Capela Patria Jaya, Roby Susanto. Korban yang terkena peluru yang ditembakkan pelaku saat ini masih dirawat intensif di Rumah Sakit Asia Medika di Jambi.

Seperti diketahui, Roby Susanto bersama seorang temannya, Dedy, Sabtu (20/6) sekitar pukul 18.00 WIB, pulang dari Kualatungkal, Tanjab Barat, menuju Kota Jambi. Insiden perampokan terjadi saat mobil BH 8340 LL yang dikendarai Dedy ber-henti di depan SPBU Muntialo di Desa Serdang Jaya, Kecamatan Betara, Tanjab Barat.

Sales perusahaan yang bergerak di bidang spare part dan oil itu bermaksud membeli rokok di warung dekat SPBU tersebut. “Kita terus bekerja keras untuk bisa menemukan pelaku yang sangat berani melakukan perampokan dengan meng-gunakan senjata api,” kata Kapolres Tanjab Barat AKBP Dul Alim melalui Kapolsek Betara Iptu Roby kemarin (21/6). n

Bangunan Reklame Terbakar

DiPARKusMi, Sungaipenuh

Kerugian Capai Rp 500 Juta

KeBAKARAN kembali terjadi di Kabu-paten Kerinci. Kali ini sijago merah melalap habis bangunan reklame Mersi di Jalan Jen-dral Sudirman tepatnya di depan Puskesmas Sungaipenuh. Insiden ini terjadi kemarin (21/6) sekitar pukul 3.00 Wib.

M Hatta (55) pemilik usaha reklame Mersi menuturkan, kebakaran yang terjadi tiba-tiba itu, saat dia sedang berada di rumahnya

yang hanya berjarak 100 meter dari reklame tempat ia bekerja. Tiba-tiba saja sekitar pukul 3.00 Wib anggota Polsek Sungaipenuh datang ke rumahnya dan memberitahu bahwa bangunan reklamenya terbakar.

Menurutnya, saat dia berada di lokasi ke-bakaran, api baru membakar bagian bawah sebelah samping bangunan. Api menjalar dengan cepat sehingga melalap habis ban-gunan dan isi reklame. Petugas pemadam ke-bakaran yang segera tiba ke lokasi kemudian menjinakkan api, namun tetap saja bangunan dan semua isinya tidak ada yang bisa dise-lamatkan, “semua habis terbakar,” katanya. M Hatta mengatakan, penyebab kebakaran belum dapat dipastikan, karena menurutnya ada yang janggal dari kebakaran. n

baca Bangunan hal 7Belum TerTangkap Roby susanto, korban perampokan saat dirawat di Rs Kh Daud Maarif, Kualatuingkal.

Tersangka Korupsi di Disnakerdukcapil DiincarKejari Tunggu Hasil Audit BPKP

JAMBI – Kasus dugaan tindak pidana korupsi di Dinas Sosial, Tenaga Kerja, Kependudu-kan, dan Catatan Sipil (dis-nakerdukcapil) Kota Jambi segera naik ke penyidikan. I tu ar t inya penyidik akan segera menetapkan tersangka

setelah memanggil beberapa saksi.

Kepala Kejari Jambi Bam-bang Riyawan SH melalui Pth Kasi Intel Kejari Jambi Fau-zan SH mengatakan, “Kami h a nya t i ngga l menunggu hasil audit BPKP,” katanya kemarin (21/6).

Fauzan mengatakan, Selasa (23/6) mendatang, hasil audit itu rencananya akan diserah-

kan pihak BPKP kepadanya. “Jika tidak ada halangan, lusa (selasa, red) kami akan terima laporan resmi dari hasil audit BPKP itu,” ungkapnya.

Ia juga menegaskan, pihak ke-jaksaan sangat serius menangani kasus tersebut. “Jika mereka tidak antarkan hasil itu kepada kita, kita yang akan menjemput ke BPKP,” tegasnya. n

baca Tersangka hal 7

Page 10: Jambi Independent edisi 22 Juni 2009

Jambi Independent senin, 22 JUni 2009

SOCIETY

n AdvertoriAl

JAMBi-Meski secara nasional varian baru Mitsubishi, Pajero Sport baru saja dilaunching, Kamis (18/6) di Jakarta pekan lalu, namun mobil multifungsi ini begitu diminati oleh pasar Jambi. Hal ini terungkap saat relaunching Pajero Sport di showroom Mitsubishi Jambi, PT Kerinci Permata Motors. “Hingga kemarin sudah ada 10 unit Pajero Sport yang diindent oleh pelanggan Mitsubishi,” ungkap Burhanuding Cheng, Manager PT KPM.

Mobil yang membidik segmen menengah keatas ini dibandrol dengan harga Rp 370 juta -450 juta per unit. Mobil ini bisa digunakan disegala medan seperti offroad, pas-senger, atau pun untuk menyalurkan hobi olahraga balap.

Pada kesempatan tersebut, tam-pak puluhan undangan yang tertarik untuk mencoba mengendarai mobil Pajero Sport. Pihak Mitsubishi pun telah menyediakan beberapa unit kendaraan untuk test drive.

Pajero nama kendaraan yang langsung mengingatkan kita pada ajang reli terganas di dunia, Dakar Rally. Pajero pun sukses men-gantarkan tim Mitsubishi meraih 12 kali kemenangan dengan 7 kali kemenangan berturut-turut di Dakar Rally, sehingga pantas jika Pajero disebut sebagai Sang Legendaris mobil terhebat dan terganas sepan-jang Dakar Rally digelar. Ketang-guhan Pajero dilaboratorium alam Dakar Rally inilah yang menjadi salah satu dasar pengembangan Pajero Sport yang akan segera diluncurkan di Indonesia.

Pajero Sport dikonsepkan sebagai kendaraan All Round Premium Sport Utility Vehicle (SUV), dengan performa yang tangguh disegala medan dan nyaman untuk aktivitas didalam kota. Ketangguhan gen-erasi Pajero yang telah terbukti kualitasnya akan melekat di Pajero Sport yang memiliki high speed performance serta kenyamanan maksimal.

Pajero Sport hadir dengan 3 var-ian: Pajero Sport Exceed A/T 4X4, Pajero Sport Exceed A/T 4X2, Pajero Sport GLX M/T 4X4. Tampi-lan luar Pajero Sport yang didukung oleh tampilan depan yang atraktif, fender yang berotot dan lekuk bodi yang dinamis serta fitur-fitur yang mewah memberikan kebanggaan

tersendiri bagi pemiliknya. Ruang interior dengan pengaturan ruang kabin yang luas dan fungsional, dengan 7 seaters yang lega dan nya-man penumpang akan merasakan kenyamanan dan pengalaman yang berbeda dari sebuah family SUV modern dan stylish.

Dapur pacu yang mengunakan mesin tangguh 2.5 liter 16 valve In-tercooler Turbocharge DOHC Com-mon Rail DI-D (4D56) yang meng-gunakan sistem injeksi langsung Common Rail untuk tenaga lebih besar dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Sistem suspensi double-independent wishbone dengan coil spring dan stablizer mampu meredam goncangan pada roda, sehingga memberikan kenya-manan berkendara disegala medan. Keamanan penumpang, ditopang dengan Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) body yang efektif menyerap dan menghilangkan energi benturan. Melengkapi keselamatan penumpang Pajero Sport dilengkapi dengan Dual Front SRS Air Bags untuk penge-mudi dan penumpang di bagian depan yang berfungsi memberi-kan jaminan keselamatan terbaik. Kenyamanan Pajero Sport juga semakin lengkap dengan Audio Switch Controls, dengan Vol-ume, track selection, dan sound mode controls berada dikemudi untuk kemudahan akses, yang memungkinkan pengemudi lel-uas mengatur audio tanpa harus melepas stir.

Bagaimana sosok dan performa Pajero Sport sesungguhnya? kembalinya Sang Legendaris ini akan menjadi ajang pembuktian produk kendaraan berkualitas merk Mitsubishi yang konsisten dalam merevitalisasi brand image pas-senger car Mitsubishi di Indonesia. Tentunya Pajero Sport tidak hanya menyandang nama besar ”Pajero” namun juga DNA Pajero Dakar Rally akan ditemukan di dalamnya. Buk-tikan ketangguhannya. (*)

EKONOMI NASIONAL

DPD Perbarindo Jambi Gelar POR ke-4BerteMPAt di GOR Kotabaru, Jambi, DPD Perbarindo Jambi melaksanakan POR (Pekan Olah Raga) ke 4, mulai tanggal 20-21 Juni 2009. POR diikuti oleh tujuh BPR (Bank Perkreditan Rakyat)

yang ada di Jambi, dengan 3 jenis pertandingan yakni bola voli, ten-nis meja, dan bulu tangkis.

Acara dibuka langsung oleh Ketua DPD Perbarindo Jambi, P Manik Hasurungan. Dalam sambutannya beliau mengatakan kegiatan tahunan ini bertujuan un-tuk merangkul dan meningkatkan kerjasama yang baik antar sesa-ma intern pegawai BPR. “Supaya kita saling kenal sehingga dapat meningkatkan dan menumbuh-kan rasa persaudaraan diantara sesame insan BPR dilingkungan DPD Perbarindo Jambi,” imbuh P Manik Hasurungan, disambut tepuk tangan hadirin. (*)

diMinAti:suasana launch-ing dan tes drive Pajero sport.

Kendaraan terbaru dari Mitsubi-shi ini diminati pasar Jambi,

dibuktikan dengan 10 unit pemesanan.

Fo

to

-Fo

to

: YU

sn

Ain

i M n

Ar

is/JA

MB

i ind

eP

en

de

nt

Peserta Por ke 4 dPd Perbarindo Jambi. Pertandingan bola voli.

P Hasurungan Manik (kiri) saat membuka acara.

Foto-Foto: YUsnAini M nAris/JAMBi indePendent

Bank Masih Doyan SBI Daya Beli Konsumen Rendah, Harga Sulit Naik

JAKARTA - Pengusaha berjanji tidak akan seenaknya menaikkan harga meskipun ongkos produksi meningkat akibat kenaikan harga BBM nonsubsidi. Dunia usaha akan memperhatikan daya beli konsumen.

“Kalau beban perusahaan sudah berat, walaupun menjadi pilihan yang sulit, akan menjadi konsekue-nsi logis akhirnya harga yang dihasilkan akan ikut naik.

Namun, pengusaha juga tidak akan seenaknya saja menaikkan harga tersebut, karena tetap akan men-gacu pada daya beli konsumen,” kata Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Erwin Aksa kemarin (19/6).

Erwin mengatakan, daya beli masyarakat menjadi perhatian utama pengusaha. Sebab, di tengah krisis, daya beli masyarakat sudah sangat terpukul. Untuk itu, sebelum menaikkan harga, pengusaha akan mengidentifikasi biaya-biaya yang tidak penting. “Sehingga cash flow perusahaan tetap kuat,” kata Erwin.

Deputi Menko Perekonomian Bidang Industri dan Perdagangan Edy Putra Irawady mengatakan, industri berat seperti baja dan semen akan terkena imbas paling besar dari kenaikan BBM non sub-sidi. Untuk industri makanan dan minuman, ter-kena dampak tidak langsung dari bertambahnya konsumsi listrik.

Edy mengatakan, pemerintah belum memberi insentif khusus bagi industri yang terkena dampak. Ini karena kondisi secara umum masih cukup bagus. “Kalau kenaikan dari USD 65-70 itu masih tidak masalah,” kata Edy. (jpnn)

Untung Sedikit,Minim Risiko

SURABAYA - Sektor riil dianggap masih berisiko tinggi oleh kalangan per-bankan di Jawa Timur. Karena itu, bank-bank yang berkantor pusat di Surabaya lebih suka menempatkan dananya di Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dibanding menyalurkan ke pengusaha dalam bentuk kredit.

Kecenderungan perbankan di Jawa Timur untuk enggan mengambil risiko penyaluran kredit itu terlihat dari data Bank Indonesia (BI) Surabaya yang dirilis kemarin (19/6). Dana yang disimpan bank umum yang berkan-tor pusat Surabaya di SBI pada April mencapai Rp 8,29 triliun. Jumlah itu naik cukup besar dibanding posisi satu bulan sebelumnya atau Maret 2009 yang baru mencapai Rp 5,7 triliun. Po-sisi dana SBI April 2009 itu juga lebih tinggi dibanding periode sama 2008 senilai Rp 8,18 triliun.

Wakil Ketua Perhimpunan Perbankan Nasional (Perbanas) Jatim Pujiono Santoso mengatakan, menumpuknya kembali dana di SBI itu disebabkan beberapa bank masih menahan diri untuk ekspansi kredit. ‘‘Sebenarnya bank juga tidak begitu suka menyimpan uang di SBI, selain bunganya lebih rendah dari bunga kredit, persentase

bunga tersebut juga semakin menurun karena BI rate (suku bunga acuan) juga makin rendah. Tetapi ada beberapa hal yang menyebabkan hal itu terjadi,” terangnya Kamis (18/6).

Salah satunya adalah bank kesulitan menyalurkan kreditnya, karena banyak pelaku usaha yang menunda ekspansinya. ‘‘Selain itu, bank juga masih fokus koor-dinasi internal untuk menyusun strategi sebelum mengoptimalkan kinerja pada semester kedua nanti,” jelasnya.

Penempatan dana di SBI, lanjutnya, menjadi pilihan terakhir bank karena memang risiko pasar tinggi. Dari Statistik Perbankan Indonesia (SPI) yang diterbitkan BI, tren penempa-tan SBI perbankan secara nasional juga cenderung naik dalam dua bulan terakhir. Pada April 2009, tercatat SBI yang ditempatkan sebesar Rp 211,152 triliun, naik daripada posisi dana SBI pada Maret 2009 yang sebesar Rp 208,1 triliun. Sebelumnya, pada Februari, jumlah dana di SBI perbankan nasional sebesar Rp 216,5 triliun dan di Januari tercatat Rp 208,5 triliun.

Secara terpisah, Dirut Bank Jatim Moeljanto mengungkapkan pihaknya akan menekan penempatan dana di SBI menjadi Rp 3 triliun sampai Rp 4 triliun di akhir tahun nanti.”Kami opti-mis mampu menekan itu karena harus mencapai pertumbuhan kredit sekitar 24 persen. (jpnn)

Liburan dengan IM3 BlackBerry, Cuma Rp 4.200/hariSaat musim liburan seperti se-

karang, sebagian dari kita ada yang bepergian ke luar kota bahkan ke luar negeri, mungkin memakan biaya yang cukup banyak. Sebagai alternatif memberikan warna ter-sendiri bagi liburan kita IM3 mem-berikan promo terbaru dengan IM3 BlackBerry-nya, bertajuk liburan on line dengan iM3 BlackBerry (BB). iM3 BlackBerry sepuasnya Cuma rp 4.200an per hari.

Promo ini memungkinkan pelang-gan IM3 yang menggunakan BB dapat mendaftar mingguan dengan hanya membayar Rp 30.000 per minggu atau senilai dengan Rp 4.200 per hari kamu bisa online sepuasnya. Berlaku sampai 31 Juli 2009.

Caranya Gampang :Cukup ketik Bis1ProMo, kirim

ke 889, atau tekan *123*6*1*2*2# lalu oK. Dari BlackBerry kamu. Kemudian tunggu sampai paket BlackBerry aktif ditandai dengan logo GPRS/EDGE/3G. disarankan untuk hard reset BlackBerry dengan Cara melepas bateray kemudian hidupkan kembali.

Mekanisme aktivasi account e-mail di BlackBerry.

Lakukan aktifasi account di Black-Berry web client :

· Klik www. indosat.blackberry. com, pilih menu create new ac-count.

· Kemudian akan muncuk halaman Term dan Condition, tandai kotak I Have read and understand the legal terms adn condition dan klik I Agree.

· Masukkan Pin dan iMei Black-Berry dan klik continue. Cara men-getahui PIN dan IMEI pada handset BB anda, masuk ke Menu Option, kemudian menu status.

· Masukkan Username dan Pass-word yang dikehendaki lalu tekan Next.

· Masukkan e-mail account yang in-gin di synchronize dengan BlackBer-ry. Masukkan username untuk email pada: @indosat. blackberry. com (optional) kemudian klik Next.

· E-mail anda sudah ter-registrasi. Untuk menambahkan e-mail lain klik Set Up Account

· Masukkan alamat e-mail anda

dan password kemudian klik Next. Untuk memasukkan e-mail yang lain lagi lakukan dengan cara yang sama.

Mekanisme Aktivasi Akun Indosat BlackBerry.

Apabila Handset Anda sudah per-nah dipakai dengan BlackBerry Op-erator lain, lakukan cara berikut :

1. release Pin:Ke Customer Service operator

yang digunakan sebelunya dan minta release PIN.

2. Wipe Handheld:Caranya:Pilih menu Option, lalu

Security Option, pilih General Set-ting, tekan tombol Menu lalu pilih Wipe Handheld.

Yang sudah menggunakan

BlackBerry saat ini di Jambi sudah ada komunitas pengguna Indosat BlackBerry, yaitu Indosat BlckBerry Community. Silahkan gabung di www.jambiblacberry.com. untukk Info lebih lanjut klik www. indosat. com.

doly (0856 6434 xxxx)Kalo kartu IM3 saya hilang apak-

ah bisa diganti dengan nomor yang sama ?

Jawab :Bisa, selagi nomornya masih

aktif, silahkan datang ke Galery Indosat di JL. Sumantri Brojone-goro Sipin.

dina (0857 6405 xxxx)Aku mau pindah paket dari IM3 ke

Mentari, apakah dikenakan biaya ? trus, apa bonus SMS IM3 sama dengan Mentari ?

Jawab :Pindah Paket pertama Gratis,

selanjutnya Rp. 3.000/pindah pa-ket. Bonus SMS IM3 tidak Sama dengan Mentari.

0857.5886.4444Mohonmencantumkan

namaAnda(tarifnormal)

SMS INTERAKTIF : SMS Pertanyaan ke :

Pajero sport diminati Pasar Jambi

Page 11: Jambi Independent edisi 22 Juni 2009

Jambi IndependentSENIN, 22 JUNI 2009

[email protected] nnnnn ECERAN: Rp. 3.500,-

SIUPP: No.169/SK/Menpen/SIUPP/A, tanggal 26 April 1986Alamat Redaksi/Sirkulasi/Iklan:

Graha Pena Jambi Jl. Jenderal Sudirman No 100 ThehokKota Jambi

Telp Redaksi 0741 35272, Faks 0741 35267;Iklan/Pemasaran 0741 23330, 35265, Fax 0741 23740

Perwakilan Jakarta: Graha Pena Jakarta,

Perintis: H Syamsul Watir (alm), General Manager: Ali Fauzi, Wakil General Manager/Pemimpin Perusahaan: Dulpiah, Pemimpin Redaksi: Joni Rizal, Redaktur Pelaksana: M. Surtan, Paisal Khumar, KoordinatorLiputan: Paisal Khumar, Redaktur: Asriadi, Darmanto Zebua, Joni Rizal, M. Surtan, Paisal Khumar, Staf Redaksi: Alpadli Monas, Fachrul Rozi, Jumeidi, Risza SB, Surya Elviza, Deddy Rachmawan,Finarman, Siti Masnidar,Yusnaini Copy Editor: MH. Abid, Fotografer: Aldino, Rolanda Hasibuan, Eddy Junaedy, Event Organizer: Fitrilidia, Sekretaris Redaksi: Eniwati, Grafis/Ilustrator: Djatmiko, Wartawan di Daerah: Chandra Purnomo(Tanjab Barat), Musrip Hulaimi (Tanjab Timur), Franciscus (Muarojambi), Lukman Hakim (Batanghari), Bangun Santoso (Tebo), Dwi Setyowati (Bungo), Nova Diansyah (Merangin), Herma Yulis (Sarolangun), Sepriyono(Kerinci), Wartawan Jambi Independent di luar negeri lewat Jawa Pos News Network (JPNN): Ramadhan Pohan (Washington DC), Dany Suyanto (Hongkong), Nurani Susilo (London). Bagian Pracetak: SafarudinAris, Ishak, Adam Surata, Asep Syaefudin . Bagian Iklan: Illah Rohilah (Kabag), Munawir (Wakil Kabag), Etika Utama (Desain), A Ridwan, Wita. Bagian Pemasaran: , Prawoto (Kabag), Tareju, Sarjono, Setiadi . Sirkulasi:Hamsir, Aris. Bagian Keuangan: Novita KS (Accounting), Megawati (Kasir), Liza Elvistia, Bagian Umum & Personalia: Soleh Rofiki (Kabag), Rusanna Watir, Edi Erlani, WahyuHarga Langganan: Rp 87.500,- per bulan (dalam kota), Harga Eceran: Rp 3.500,- (Luar kota tambah ongkos kirim). Tarif Iklan Umum/Display Hitam Putih: Rp 30.000,- per mm kolom, Iklan Full Colour: Rp 40.000,-per mm kolom, Iklan Full Colour Halaman 1: Rp 92.000,- per mm kolom, Iklan Baris: Rp. 9.000 per baris. Nomor Rekening PT Jambi Independent Press; BNI Cabang Jambi No: 0069879445, BCA Cabang Jambi:119.1327000, Danamon Cabang Jambi: 008251019, BII Cabang Jambi : 3564.Penerbit: PT Jambi Independent Press, Komisaris Utama: HM Alwi Hamu, Komisaris : Ny Hj Miarni S Watir, Ny Hj Sri Nurbani Retno Watir, Dwi Nurmawan, Direktur Utama: H Suparno Wonokromo, Direktur: Ali Fauzi.Percetakan: PT Jambi Press Intermedia. Isi di luar tanggung jawab percetakan.

ppppp Wartawan Jambi Independent dilarang menerima uang maupun barang dari sumber berita ppppp Wartawan Jambi Independent dibekali ID card/surat tugas yang selalu dikenakan saat bertugas

Harian Pagi Jambi Independent

Pengasuh: Rosefina

" Orang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya melebihi orangyang merebut kota "

SURYA ELVIZA, Kota Jambi

Kembali Bersemangat dengan Kaki Barukan kesempatan mengukur kaki-nya demi mendapatkan kaki baru.

“Saya sangat senang dan ber-syukur sekali. Ini sangat mem-bantu masyarakat, terutamaorang yang kurang mampu, un-tuk mendapatkan impian mere-ka. Selain itu, meski kita memi-liki keterbatasan, membuat kitasemakin bersemangat dalam

menatap hidup,” ujarnya.Hal sama diungkapkan Mulis

yang tinggal di kawasan Perum-nas Kotabaru. Mulis yang me-ngalami kecelakaan kerja se-tahun lalu hingga harus merela-kan kakinya diamputasi, akhir-nya bisa bernapas lega. Diamendapatkan kaki baru se-hingga tidak perlu menggu-

nakan tongkat lagi seperti yangbiasa digunakan sehari-hari.“Kita sangat bersyukur, mes-kipun tidak mirip dengan aslinya,kita sangat senang dan sangatmembantu kita. Kita berharap pro-gram seperti ini bisa terus berlang-sung sehingga benar-benarmembantu orang yang membu-tuhkan,” bebernya senang. (viz)

tu dengan kaki gratis yangdiberikan Yayasan Sadhu Vas-wani Centre Jakarta dan YayasanBuddha Amithaba Kota Jambi.

Sabtu (20/6) pukul 08.00WIB, satu per satu tunadaksadidampingi keluarga merekamemadati lantai 5 yayasan diJalan Halim Perdanakusuma,Kelurahan Sungaiasam, Ke-camatan Pasar, itu. Mereka tidakhanya berasal dari Kota Jambi,tapi juga berbagai kabupaten diProvinsi Jambi. Satu per satumereka dipanggil untuk ke-mudian menggunakan kakipalsu yang telah dipesan dandiukur pada Maret 2009 lalu.

Tidak hanya kaki, ada beber-apa tangan palsu yang jugadipesan untuk mereka yangmendaftar.

Di satu ruangan khusus, tidakkurang 10 menit, mereka bisalangsung menggunakan kakipalsu tersebut. Pemasangannyatidak terlalu sulit.

Menurut Jamaludin, ahli orto-pedi dari Yayasan Sadhu Vas-wani Centre, penggunaan kakipalsu tidak sulit. Tunadaksabisa membuka dan memasangsendiri kaki tersebut sesuai ke-butuhan mereka. “Awalnyamereka akan merasa tidak ter-lalu nyaman karena ada gan-jalan di bagian kaki. Merekaharus selalu berlatih berjalantanpa menggunakan alt bantu

sama sekali. Itu akan membuatmereka terbiasa menggunakankaki tersebut dan rasa tidak nya-man tersebut lambat-laun akanberkurang. Selain itu, juga adabeberapa perawatan yang harusmereka lakukan, terutama bagikaki palsu yang menggunakanbesi. Harus terus dibersihkandan diberi minyak biar tidakberkarat,” jelasnya di sela pe-masangan kaki.

Mendapatkan kaki baru danbisa berjalan lagi tentu anu-gerah tidak ternilai yang dirasa-kan para tunadaksa. Merekabahkan dengan semangat lang-sung berlatih berjalan setelahmendapatkan kaki baru. Se-nyum dan tawa renyah tidak hi-lang dari wajah mereka. Hal yangsama dirasakan keluarga yangmendampingi mereka. Apalagikaki palsu itu didapatkan secaragratis.

“Kalau dijual, biasanya satukaki palsu harganya Rp 1 juta,”ujarnya.

Kebahagiaan juga terlihatjelas di mata seorang tunadak-sa dari Kerinci. Wanita beram-but panjang itu mengaku sejakkecil menjadi tunadaksa. Diadijanjikan mendapatkan ban-tuan kaki palsu itu melalui Di-nas Sosial setempat. Tapi hara-pan tersebut tidak kunjung da-tang hingga akhirnya YayasanSadhu dan Amithaba memberi-

Pemberian KakiPalsu di YayasaAmithaba

JAMBI - Sekitar 60 tunadak-sa terlihat semringah saat men-dapatkan kaki baru mereka diYayasan Buddha Amithaba,Sabtu (20/6). Wajah bahagiadan senyum tawa tak lepas dariwajah mereka. Betapa tidak,mereka yang biasanya memili-ki keterbatasan saat berjalan

atau melakukan pekerjaan,kini sangat

terban-

Jamaludin, Ahli Ortopedi Pembuat Kaki Palsu

Sering Terima Sujud Terima Kasih dari TunadaksaMenjadi satu dari dua ahli

ortopedi yang juga ahli mem-buat kaki palsu, tentu memberi-

kan kebahagiaan tersendiri.Itulah yang dirasakan Jamalu-

din yang selalu berkelilingIndonesia memberikan kaki

palsu kepada setiap orang yangmembutuhkan. Berbagai

macam reaksi dari tunadaksaditerimanya dengan hati ikhlas

dan bahagia.

DI ruangan kecil berukuran sekitar4x3 meter, Jamaludin bersama satutemannya terlihat sibuk mema-sangkan kaki palsu kepada setiaptunadaksa yang datang ke Ya-yasan Buddha Amithaba, sabtu(20/6). Dengan sangat telaten danhati-hati , dia memilih dan me-masangkan kak i yang pas un-tuk pas ien . Per tama, J a m a l u -d d i n m e n g e c e k k e r t a s d a nn o mor antrean pasien, baru ke-mudian memilih deretan kaki pal-su yang berada di ruangan terse-but. Kaki palsu kemudian dipasang-kan pada kaki pasien.

Ada beberapa tahap yang dilaku-kannya. Pertama, memasangkankaos kaki berwarna putih. Laludi lapis i kaos kaki panjang ber-warna cokelat yang lebih tebal.Setelah dicocokkan, kaki palsudipasangkan.

Pada beberapa pasien, ternyata adayang tidak cocok. Kaki palsu punharus dibakar dan dihaluskan ataudipotong. Dengan sangat telaten,Jamaludin kembali memasangkankaki palsu tersebut.

Di sela memasangkan kaki, diamemberikan petunjuk dan penjela-

san saat membuka, memasang, danmerawat kaki palsu tersebut. “Se-mua tergantung pasien. Jika mere-ka ingin melepas kaki palsu terse-but, mereka bisa melepaskannya.Bisa dipasang lagi j ika merekamenginginkan sesuai kebutuhan,”jelasnya.

Jamaludin mengatakan, dirinyabelajar membuat kaki palsu sejaksetahun lalu. Waktu itu, ada te-naga ahli khusus dari India yangmelatihnya membuat kaki palsu.Hingga saat ini, di Yayasan SadhuVaswani yang merupakan tempatpembuatan kaki palsu, hanya adabeberapa tenaga ahli yang bisamembuat kaki palsu. “Pembuatansebenarnya tidak sulit. Kita buat dari

fiber. Tetapi memang harus d i -pelajari sebaik mungkin sehing-ga bisa pas digunakan pada pa-sien. Apalagi ukuran kaki setiappasien berbeda. Kaki yang patahberada di bawah lutut, di atas lu-tu t , a tau kaki untuk para pe-nyandang fo l io , semua d ibuatdengan cara berbeda,” jelasnya.

Pria berkumis itu mengatakan,dalam sehari, dia bisa membuat se-puluh kaki palsu. Jika dihitung, satukaki palsu bisa dibuat dalam waktusejam. “Tidak terlalu lama, apalagisemua alat dan bahannya sudah terse-

dia di yayasan. Kita tinggal buat se-suai ukuran kaki,” bebernya.

Jamaludin mengisahkan dirinyayang berkeliling Indonesia gunamemberikan kaki palsu. Meski harussering berpisah dari keluarga, demimisi sosial, Jamaludin merasa sangatbahagia. Dia merasakan kepuasantersendiri saat melihat wajah-wajahbahagia para tunadaksa yang me-meroleh kaki palsu. “Saya sangatsenang dan bahagia melihat mere-ka bahagia . Bahkan ada yangsampai sujud-sujud di depan sayasambil mengucapkan terima ka-s ih . Ada juga yang membawaspanduk. Rasanya sangat paus sekalimeski harus keliling Indonesia,”ujarnya semringah. (*)

IKUT BAHAGIA: Jamaludin saatmemasangkan kaki palsu.

BERJALANKEMBALI

Salah seorangtunadaksasedangmenggunakankaki palsu diYayasanBuddhaAmithaba,Sabtu (20/6).

ALDINO/JAMBI INDEPENDENT

ALDINO/JAMBI INDEPENDENT

Page 12: Jambi Independent edisi 22 Juni 2009

JAMBI-PALEMBANG SETIAP JAM KERJA

JAMBI-BENGKULU 09.00 & 20.00

JAMBI-PADANG 08.00 & 20.00

JAMBI-BANGKO 10.00 & 17.00

JAMBI-PEKANBARU 10.00 & 20.00

JAMBI-TEMBILAHAN 10.00 & 18.00

JAMBI-BUNGO 10.00 & 16.00

JAMBI-LAMPUNG 20.00

BERANGKAT DENGAN MOBIL KIJANG KAPSULMENERIMA JASA TITIPAN (PAKET/BARANG) UNTUK SEMUA JURUSAN

PO. RATU INTANJl. Prof. M Yamin (depan Hotel Harisman)Telp: (741) 20784, 27876 HP: 81174378

PO. TOPJl. HOS Cokroaminoto No. 3 Simpang Kawat

Telp. 40653,43160

JAMBI-PALEMBANG 07.00, 08.00, 09.00,11.00, 12.00, 14.00,16.00, 18.00, 20.00,EXTRA

JAMBI-PEKANBARU 10.00, 20.00JAMBI-DUMAI 10.00, 20.00JAMBI-LAMPUNG 12.00, 20.00JAMBI-MA BUNGO 07.00, 09.00, 11.00

17.00, 20.00, EXTRAJAMBI-PADANG 10.00, 16.00, 20.00

MA. BUNGO-PEKAN BARU 10.00 dan 20.00

MA. BUNGO-PALEMBANG 09.00, 12.0015.00, 20.00

JAMBI-SAROLANGUN 07.00, 09.00, 11.00,13.00, 15.00, 17.00,EXTRA

JAMBI-BANGKO 07.00, 09.00, 11.00,13.00, 15.00, 17.00,EXTRA

JAMBI-BENGKULU 10.00 dan 20.00

Jambi Independent SENIN, 22 JUNI 2009

PO. TRANSTARJl. Mayor A. Marzuki (Simpang Kawat)

Jambi Telp. (741) 41888 - 438

JAMBI - PALEMBANG 07.00 S/D 20.00TIAP JAM

JAMBI - LAMPUNG 17.00, 20.00

JAMBI - PEKANBARU 09.00, 15.00 & 20.00

Sinar Sentosa KukuhkanKomitmen Ciptakan IklimTertib Berlalu LintasGelar Safety RidingKe-12 di SMK

dent Senior High School. “Kegiatan iniakan terus berkelanjutan,” tegas Taufik.

Staf TSD PD Sinar Sentosa yang men-jadi pemateri, M Nazri Oktora, menye-butkan bahwa kegiatan diisi pemberi-an materi mengenai safety riding, mu-lai dari cara prepared yang baik sebe-lum berkendara, sosialisasi peng-gunaan riding gear, poin-poin pentingsaat berkendara, teknik berkendara, danlain sebagainya.

Honda, dalam hal ini PD Sinar Sen-tosa, juga menyertakan Honda ridingtrainer (HRT). Yang dimaksud HTR ad-alah alat simulasi berkendara yangaman bagi pengendara. Dengan HRT,pengguna dapat belajar mengenai caraberkendara yang aman, belajar mem-prediksi keadaan yang memiliki poten-si berbahaya, dan belajar penggunaankopling bagi yang belum bisa mengen-darai sepeda motor berkopling. Selan-jutnya, kegiatan Safety Riding Educa-tion for Student High School di SMKSembilan Lurah II ditutup pembagianhadiah berupa helm dan sarung tangankepada para peserta.

Usai kegiatan, pihak Honda melaluiTaufik Alamsyah berharap kegiatanyang dilakukan Honda dapat memberi-kan pengetahuan kepada se luruhsiswa mengenai safety riding.(amu)

Sakura KaraokeAbadi Suite GelarPromo “Happy Hours”Tersedia DiscountRoom Hingga 30%

JAMBI - Beragam cara orang untukmenikmati hiburan guna menjauhkandiri dari stres karena tekanan sertabeban kerja yang menumpuk aki-bat akt ivi tas sehari–hari . Mulaidari belanja, berenang, berkebun,hingga makan. Salah satu tren un-tuk melepas lelah saat ini adalahdengan menyanyi. Konon, bernya-nyi bisa membuat awet muda, kare-na berteriak mengeluarkan suaradapat melepaskan tekanan dar idalam dada.

Dengan beragam tujuan untuk mem-berikan fasilitas dan layanan terbaik,Sakura Karaoke Abadi Suite Hotel& Tower menggelar paket promohappy hours yang dapat dinikmatisejak pukul 15:00 sampai 20:00dengan diskon room sebesar 30 persendan diskon food-beverage sebesar 20persen (semua item).

Demikian dikatakan seorang darimanajemen Sakura Karaoke kemar-in (21/6). Promo ditujukan bagi se-mua lapisan masyarakat yang ingin

merasakan kenikmatan eksklusifSakura Karaoke Abadi Suite Hotel &Tower.

Menurut dia, salah satu cara melepas-kan penat kerja bisa dengan berkaraokebaik sendiri maupun bersama teman-teman, ke luarga, atau orang spesial. Halitu akan mengembalikan kecerian dansemangat hidup. Satu pilihan yang te-pat jika mendatangi Sakura Karaoke diAbadi Suite Hotel & Tower.

Dia menyebutkan, berbagai diskondigelar pada promo “Happy Hours”Sakura Karaoke-Abadi Suite Hotel &Tower. Mulai dari discount room sebe-sar 30 persen hingga diskon food-bev-erage sebesar 20 persen. “Jika tidak maurepot, tersedia paket Grandis atau Ca-dillac, harga sudah termasuk lumpiadan 1 kerat bir hitam.”

Untuk itu, kata dia, tunggu apa lagi,mari lepaskan penat dan stres yang adadi kepala sambil bernyanyi bersama diSakura Karaoke, Abadi Suite Hotel &Tower. Dia menyebutkan, info detailpromo lain yang ada di Sakura Karaoke,silakan menghubungi nomor telepon0741–7555 800 atau kunjungi websitewww.abadihotel.co.id. (amu)

Sampo Clear HadirkanManfaat Baru

Sabun LifebuoyTampil Lebih Elegan

JAMBI - PT Unilever kembalimeluncurkan produk baru sampoantiketombe Clear dengan manfaatbaru. Clear baru memberikan efek leb-ih lembut dan bersinar pada rambut.

Produk baru itu dibuat dalam tigakemasan, yakni 180 ml, 90 ml, dan6 ml (saset). “Produk baru ini diberinama Clear Soft and Shiny,” ujarAwing, key account representativePT Unilever, yang dijumpai usai

kegiatan gebrak toko di berbagairesident sebagai tanda diluncur-kan produk baru tersebut.

Clear Soft and Shiny lebih lem-but empat kali dari sampo biasa.“Mengilaukan rambut, menutrisi,dan membuat rambut indah terasalembut dan bersinar. Sampo itu puntetap antiketombe,” ujar Yeni, su-pervisor sales, menambahkan.

Yeni mengatakan, produk yangsudah tersedia di pelbagai toko itumembidik pengguna usia 18-35tahun dari berbagai kelas sosial.Unilever juga me-relaunching

sabun Lifebuoy dengan bentuksabun yang lebih elegan dan war-na baru. Ada empat warna, yakniputih, biru laut, merah, dan hijau.Warna putih dikenal dengan mildcare untuk keseimbangan antaraperlindungan dari kuman dan per-awatan yang lembut.

Lifebouy merah atau total protectmemberi perlindungan yang tahanlama dari kuman. Biru muda atauactive fresh juga memberi perlin-dungan dari kuman. SelanjutnyaLifebuoy warna hijau atau naturepure ekstra daun sirih. “Empat war-

na sabun Lifebuoy memberikanmanfaat berbeda, namun tetapmengedepankan perlindunganterhadap kuman,” tegas Yeni.

Kegiatan serbu toko kemarin ber-jalan sukses. “Hampir di setiaptoko, semua produk Lifebuoytersedia,” ujarnya.(ynn)

YUSNAINI M NARIS/JAMBI INDEPENDENT

VARIAN BARUUnilever luncurkan varian baru shampoo clearsoft and shiny dan sabun lifebuoy dengan ben-tuk lebih elegan dan manfaat baru.

JAMBI - PD Sinar Sentosa, main deal-er sepeda motor Honda di Jambi, bukansekadar mengukuhkan diri sebagaisalah satu penyalur sepeda motormerek Honda yang sukses, tapi jugasemakin menunjukkan komitmennyaterhadap keselamatan berkendara danpenurunan angka kecelakaan ken-daraan bermotor di Provinsi Jambi. Halitu dibuktikan dengan dijadikannyaSMK Sembilan Lurah II sebagai tem-pat ke-12 gelaran Safety Riding Edu-cation for Student Senior High School.

Taufik Alamsyah, service managerPD Sinar Sentosa, sebelum kegiatanmenuturkan, kegiatan itu sebagai ben-tuk tanggung jawab moral Honda se-laku produsen sepeda motor terbesar diIndonesia. Tanggung jawab dengancara mendidik dan menyosialisasikanpenggunaan sepeda motor yang amandan nyaman kepada seluruh lapisanmasyarakat pengguna sepeda motor,khususnya di Jambi.

Dari keterangan Taufik, diketahuibahwa SMK Sembilan Lurah II meru-pakan sekolah ke-12 yang dikunjun-gi tim Safety Riding Education for Stu-

Page 13: Jambi Independent edisi 22 Juni 2009

senin, 22 juni 2009 Jambi Independent

Page 14: Jambi Independent edisi 22 Juni 2009

SENIN, 22 JUNI 2009Jambi Independent

June 22, 2009

SMA/K Unggul Sakti bth Gr PKN, B. Ing,B. Ind, Kesenian, Mtk, Kimia, Geo, Akun,Eko, OR. Lmrn ke Jl. P. Antasari No. 18Tl. Banjar, Jambi.

JI0914 | 17-22/06

Jika anda llsn SMU/sederajat inginberkarir di dunia anak, ikuti pendidikansingkat calon guru TK/Playgroup. Ph.0741-7163636.

JI0914 | 17-16/07

Dicari Konsultan dan Asisten Kesehatanseluruh kabupaten dan kota Jambi. SMSidentitas ke 085266195445.

JI0914 | 17-17/07

Supermarket Department Store bthwanita, brpnglmn krj dbidang: 1. Administrasi, 2. Security, 3. Marketing Manager,4. Operasional SDM, 5. Supervisor, 6.Sekretaris. Lmrn dikirm ke PO BOX 302Jambi.

JI0914 | 09-08/07

PG TK SD Karyamandiri Jl. Prabu Siliwangi Rt. 23 Jambi Timur membutuhkan Guru berpengalaman. Hp. 085266383616.

JI0914 | 09-08/07

Dibthkn lulusan SMK Tata Boga u resto,wanita. Hp. 081366142142.

JI0914 | 20-25/06

Peluang kerja Spanyol & Amerika utkpabrik pengalengan ikan & bengkel kpl.Gaji 1800 USD s/d 2000 USD, umurmax. 40 th, proses cepat bisa potong gaji. Hub. PT. BBM, 021-42874490/08561439919 Ibu Sundari/Bpk Hardy. Bth spon-sor.

JI0914 | 02-01/07

Perusahaan Kosmetik Nasionalmmbthkan Beauty Advisor/Beauticent,wnt max 23 th, min SMU, tgi min 158cm,bersedia ditempatkan di luar kota. Suratlamran di krm ke PT. Dosniroha Jl.Hayam Wuruk No. 14 Jmb Up. Bpk.Solehuddin Hp. 085266094444.

JI0914 | 22-00/06

ADMINISTRASIDibutuhkan 1. Adm Sales (Adm), 2.Salesman (SR), 3. BA (SPG). Syrt: minSMA, max. 25 th, sopan, rapi, bersemangat, siap ditempatkan di luar kota.Lmrn krm ke PT. Bintang Suryasindo Jl.Kopral UD Syaring Desa SrikayanganRt. 12 Rw. 02 Kel. Tl. Bakung Jambi.Ph. 571642.

JI0914 | 13-26/06

AGEN PENGHEMAT BBMDicari Agen Penghemat BBM (Bensin,Solar) s/d 15%. Hub. Santo, 085263856024.

JI0914 | 05-25/06

CR DESAIN INTERIORCr desain interior, bs gbr 3 dimensi. Krmlmrn ke Lr. Abadi No. 66 Jelutung. Hp.08176583137.

JI0914 | 13-26/06

MARKETING LEADERDbthkn Marketing Leader min D3 Mar-keting, pria/wnt min SMA, krm lmrn kePT. Adira Quantum Multi Finance, Jl.Sultan Agung No. 19/49 Ex. BioskopMurni.

JI0914 | 22-05/07

MEKANIKDicari Mekanik mtr berpengalaman. Lmrnantar lsg ke SUN Motor. 7552018.

JI0914 | 19-24/06

SALESDbthkn sgr 1. Sales mkt 2. Sales Countrsyrt: min SMU, FC KK, pny mtr sndr,lmrn ditjkn ke visicom, Ph. 7554581.

JI0914 | 22-29/06

SURVEYORDibthkan sgr Surveyor (CI) & Marketing(SA). Berminat hub. 0741-7551166 atauantar lngsng lmrn ke PT. Interyasa IINo. 102 Thehok Jambi.

JI0914 | 17-22/06

TUKANG BUBUT & TUKANG LASDicari Tukang Bubut & Tukang Las

GROSIR PRODUK FASHION. Menyediakan produk fashion terbaru utk dijualkembali : pakaian dan lainnya, hargagrosir. Hp. 0811744136.

JI0914 | 17-29/06

Dicari Agen Bj muslim anak “KEKE” utkwilayah Jambi & Kab. disc. sampai 35%.Hp. 08127402398.

JI0914 | 18-31/06

Dibuka kursus teknisi & jaringan komputer. Terpercaya di jbi. Dtg ke AlgoritmaComputer. Hp. 081366968888.

JI0914 | 20-25/06

Dijual cucian mbl lngkp dgn isinya(hidrolite), tinggal melanjutkan (over-tangan). Srt-srt lngkp (msh hdp) lt. 8,25tbk. Pmnt hub. 0741-7002598.

JI0914 | 11-30/06

BIRO JASABiro jasa SIM, STNK, BPKB, KIR, Mutasiluar daerah Jl. Yunus Sanis No. 35.081366466343.

JI0914 | 17-30/06

M-KIOSBisnis pulsa elektrik modal 50 rb bisajual AS, Simpati, XL, IM3, Mentari, Flexi,Three, Esia, Ceria, dll. Hub. 085266060708/085266252525 atau langsung sajake Dream Cell Simpang DB 4 dpn KedaiKopi Espreso Kota Baru.

JI0914 | 31-30/06

PULSA M-KIOSJualan pulsa modal 100 rb bgi mau jadiagen/sales bisa! 1 kartu isi ke semuaoperator, trx cepat, mudah, terpercaya.Hub. Paradise Accs, 0741-7554349/08127488889/085266634999.

JI0914 | 17-23/06

RENTALAGUS RENTAL. Harian, Mingguan,Bulanan. Kjg Krista, Panther, Taft Hi-Line, Fotuner, L-200. Ph. 34014/08127481527.

JI0914 | 14-14/07

WIJAYA RENTAL. Taft Hi-Line, L-200 DC4x4, Kijang Kapsul, Panther Kapsul,Rocky. Harian, Mingguan, Bulanan. Ph.445008/08127406668.

JI0914 | 15-15/07

SAFIR RENTAL. Menyewakan Harian,Blnn. Kjg Kapsul, Innova, L-200, DCRanger. Hp. 0811740955/0741-63722/7079055.

JI0914 | 08-07/07

FAJAR RENTAL. Kijang Kapsul, Innova.Harian/Bulanan. Ph. 0741-570519/085266075725.

JI0914 | 05-05/07

ICHA RENTAL. Murah Kijang Krista, 300rb + sopir. Harian, MIngguan. Hp. 081366987757.

JI0914 | 19-29/06

AMEL RENTAL. Sewakan Kijang LGX,Krista. Harian/Bulanan. Ph. 570502/65551/7006839/0816398939.

JI0914 | 05-05/07

DION RENTAL. Mywkn Kijang LGX,Innova. Harian, blnan. 0741-7048421/081366556045.

JI0914 | 26-25/06

R U M A HDijual cpt RUMAH di Villa Kenali PermaiBlok M5 No. 8 Lt. 150/Lb 78, lok strategis.Peminat hub. 08127217902/081379490631.

JI0914 | 17-30/06

Djl RUMAH lok. Perumahan Citra Lt.175 M, Lb. 120 M. Hub. Pussandoyo,0741-7070899.

JI0914 | 18-31/06

Dijual RUMAH lok. Griya Aur Duri IndahBlok D No. 364 type 36. Ph. 7140071,hrg 65 juta.

JI0914 | 00-00/00

Dijual RUMAH Lt. 304 M2, Lb. 132 M2,Km 4, PLN, PAM, Telpon. Lok. Broni.Hp. 081312158888.

JI0914 | 16-20/07

Jual RUMAH di V Karya Mandiri 2 tkt, 4kt, 2 km, garasi, lt 150 M, hrg 176 jt. Hp.081274204187/081919011252.

JI0914 | 16-29/06

Dijual RUMAH type 36 Perum DurenIndah Blok R 11 + 1 km dari KampusIAIN Mendalo. Hp. 081366610048/0741-703081. Hrg 17 jt, tanpa perantara.

JI0914 | 21-27/06

Jual RUMAH 70/200 M2 dikembangkanLb/Lt 100/200 M2 Jl. Darmawangsa

DAIHATSUTAHUN 1988

TAFT 4x2 GTS 88 BH, PS, AC orgl, mlsRp. 43 jt. 085266470072. NO SMS.

JI0914 | 18-23/06

TAHUN 1995Daihatsu TAFT ROCKY 95 hitam, VR,ban 30 BR, body klg full systm, mls.Hp. 081213568111.

JI0914 | 18-27/06

TAHUN 2004Dijual Daihatsu XENIA Mi th 2004. Hp.085266577965.

JI0914 | 17-22/06

H O N D ATAHUN 1994

Jual Honda CIELO 94 silver, bagus siappakai. Hp. 081274613666.

JI0914 | 20-25/06

TAHUN 2005Jl CRV 2.4 th 05. AVANZA G th 07. JAZZV-TEC th 06. JAZZ i-DSI th 06. JAZZ i-DSI th 04. TERRANO SPIRIT th 04.KIJANG LGX th 02. KIJANG LSX die-sel th 97. GENIO th 95. COLT 120 pickup th 07. Hp. 08127481871/081366299200.

JI0914 | 19-24/06

TAHUN 2007Honda NEW CRV 2.0 matic 2007,hitam. Hp. 08127413034.

JI0914 | 20-25/06

TAHUN 2008Dijual ALL NEW CIVIC th 08 hitam,BH, seperti baru. Hp. 08192497777.

JI0914 | 17-22/06

HYUNDAITAHUN 1995/1996

Djl mrh Hyundai ELNT th 95/96 ungumtlk, mls, orsnl, al. Jl. TP. Sriwijaya pgrdrum. 081366927366.

JI0914 | 18-23/06

TAHUN 1996Djl cpt Hyundai ELENTRA 1.6 plat B th96 bru AC, tape, 38 jt ng. 08192541592.

JI0914 | 20-24/06

I S U Z UTAHUN 2008

Jual PANTHER LS turbo th 08 BH, htm,mls. Hp. 0811747364.

JI0914 | 19-24/06

MITSUBISHITAHUN 1997

Over kredit PS 120 th 97 harga bisa

7000277.JI0914 | 21-22/06

Disewakan RUMAH 5 kt, fas lngkp,cocok u/ kantor/usaha. Lok. Pal MerahLama. Hp. 081366786747.

JI0914 | 16-29/06

Diktrkn RUMAH 3 kt, 2 km, garasi, PLN1200, isi lkp. Lr. Depati Ujung, MayangPuskes. Hp. 0811747910.

JI0914 | 21-26/06

KAPLINGAN TANAHMurah terjangkau kaplingan tanah dpnUnja + 800 M, 130 rb/bln. Hp. 08127340316/582265.

JI0914 | 29-29/06

BIBIT SAWITDijual Bibit Sawit Marihat sertifikat, umur15 bln, jmlh 65.000 batang. Hub. Bpk.Hendra, 081366143880.

JI0914 | 18-23/06

DICARI TANAHDicari Tanah untuk bangun bagi ruko lok.Jelutung, Sipin, Sumantri B, LingkarSelatan, dll.Dijual Ruko Model minimalis full kramik.Lok. strategis. Hub. CV. Agung Karya.Hp. 081274141318.

JI0914 | 19-19/07

Toyota LC PRADO 4x4 th 05/04,Excelent, cash/credit, Hp. 08175110888.

JI0914 | 21-26/06

KREDIT VIA BCA FINANCEInformasi kredit mobil bekas via BCAFinance, Hub. Welly 0741-7121329,0811741329, Zolan 0741-7110700,085266461682.

JI0914 | 22-07/07

KIJANG LGX ‘02 silver, mulus, ok. Hub.Mercyano 228 Mob, Telp. 081274898099,0741-7002598, 8,5% 1 Th.

JI0914 | 22-07/07

INNOVA V ‘04, silver, BH, mls, ok. Hub.Mercyano 228 Mob, Telp. 081274898099,0741-7002598, 8,5% 1 Th.

JI0914 | 22-07/07

KARIMUN ‘00, BI Rumet, BH, mls. Hub.Mercyano 228 Mob, Telp. 081274898099,0741-7002598, 8,5% 1 Th.

JI0914 | 22-07/07

VIOS ‘03, silver, kndsi mulus, ok. Hub.Cendra Motor, Telp. 081539814294,Bunga 8,5% 1 Th.

JI0914 | 22-07/07

HONDA CIVIC VTiS ‘01, htm solid, plek18 crm. Hub. Teratai Mob, Telp. 081366597777, 0741-7073777, 8,5% 1 Th.

JI0914 | 22-07/07

HONDA CIVIC VTi ‘01, silver, mulus,ok, 118 Jt net. Hub. Cendra Motor, Telp.081539814294, Bunga 8,5% 1 Th.

JI0914 | 22-07/07

JAZZ/T ‘07, BH, Silver Stone, Hub.Pahlawan Mobilindo, Telp. 081274229992,08192581800, 8,5% 1 Th.

JI0914 | 22-07/07

GRAND VITARA JLX ‘07, hitam, BH Hub.Pahlawan Mobilindo, Telp. 081274229992,08192581800, 8,5% 1 Th.

JI0914 | 22-07/07

AVANZA G ‘07, silver, kondisi ok Hub.Pahlawan Mobilindo, Telp. 081274229992,08192581800, 8,5% 1 Th.

JI0914 | 22-07/07

KREDIT VIA SIMASINNOVA-G hitam th 05 M/T bunga 6,9%.Hp. 081366345555/081366901122.

JI0914 | 20-27/06

INNOVA-G sampanye th 06 A/T bunga6,9%. Hp. 081366345555/081366901122.

JI0914 | 20-27/06

AVANZA-G VVTi hitam th 08 bunga 6,9%.Hp. 081366345555/08136690 1122.

JI0914 | 20-27/06

AVANZA-G VVTi hitam th 07 bunga 6,9%.Hp. 081366345555/081366901122.

JI0914 | 20-27/06

CRV M/T silverstone th 04 bunga 6,9%.Hp. 081366345555/081366901122.

JI0914 | 20-27/06

JAZZ V-TEC hitam th 06 A/T bunga 6,9%.Hp. 081366345555/081366901122.

JI0914 | 20-27/06

RENTAL DUMP TRUCKDirentalkan Dump Truck PS chanter 125thn 08, 10 unit. Hp. 081274848600.

JI0913 | 20-21/07

BELI MOBIL BUNGA RINGANXenia DP 16 jt. Krdt 5 th disc 8 jt.Granmax MB DP 12 jt. PU Terios 22.Nila . 0812740 63978.

JI0913 | 04-03/07

BUTUH MOBIL?READY! Xenia, Luxio, Granmax, Disc 8Jt, DP 12 Jt-an. Fitri 081366166072/7093833.

JI0913 | 21-04/07

DIJUAL MOTORDijual cpt Honda Karisma th 04 jarang dipakai. Hp. 081274999911/085266083989.

JI0913 | 21-26/06

nego. Ph. 0741-9704366.JI0914 | 17-24/06

TAHUN 2001Dijual Mitsubishi KUDA SUPER EXCEEDdiesel th 2001 AC double, power win-dow, 80 jt nego. Hp. 081367741835.

JI0914 | 19-24/06

S U Z U K IDijual BALENO silver, BH, pjk br, AC,tape lkp, mls, hrg 70 jt. Hp. 085266740459.

JI0914 | 19-02/07

TAHUN 1992Djl cpt KATANA Alexander Corsica th 92mrh, BH, AC, tape standar, 30 jt ng.085266376967.

JI0914 | 20-25/06

TAHUN 1994Jl KATANA 94 plat B, w. biru metalik,harga nego. Ph. 0741-7101117.

JI0914 | 17-26/06

TAHUN 1995KATANA GX 95 AC, CDi, PS, VR, CD,htm met, B sgt mlus. Hp. 081366465746.

JI0914 | 17-22/06

TAHUN 2002Dijual BALENO 2002 w. biru metalik,kondisi mulus, TP. Hp. 081366353888/7172221.

JI0914 | 17-22/06

Dijual Suzuki BALENO 02 kng metalik,kond. ok. Hp. 081274073217.

JI0914 | 19-24/06

TAHUN 2005Dijual KARIMUN GX 05 hitam, plat BHasli. Hp. 085839349336.

JI0914 | 11-22/06

TAHUN 2006Jual cepat APV 06 silver, mls, BH, tgnpertama. Hp. 085266066220.

JI0914 | 10-23/06

Dijual ESCUDO 1.6 wrn hitm th 06 Kmmsh rendah asli BH, 137 jt. Hp. 081366834359.

JI0914 | 20-25/06

TOYOTAPaket Truck. DUMP TRUCK, ToyotaDYNA, Hp. 081366648828/0741-7048098.

JI0914 | 21-30/06

TAHUN 1992STARLET Kpsl th 92 BH, AC, PW, DVD,Pwr, pjk br, 48 jt. Hp. 085266269949.

JI0914 | 19-24/06

TAHUN 1994Jl KIJANG th 94 hijau BH asli mls ACdouble. Cash/kredit. Ph. 7078899.

JI0914 | 17-22/06

TAHUN 1995Jl KIJANG GRAND 95 short abu met &KIJANG PU 94 BH. Hp. 08127305 330.

JI0914 | 17-22/06

Jual KIJANG super th 95 full press, 6speed, w. abu2, hrg nego. NO SMS. Hp.085266544444.

JI0914 | 17-22/06

TAHUN 2002Dijual KIJANG LGX th 02 akhir silver,bensin 1.8. Hp. 085764280088.

JI0914 | 17-22/06

TAHUN 2003Dijual LGX 1.8 wrn silver th 03, plat BH,an. sendiri, irisinil. Hp. 08127838775.

JI0914 | 18-23/06

Dijual KIJANG LGX 1.8 EFi 03 mrh mtlM/T pjk pjg (04-10) tgn I, hrg 138 jt/ng.081267699996.

JI0914 | 18-23/06

TAHUN 2004Dijual AVANZA 04 tipe G merah, pajak 1th, BH, mulus. Hp. 0811747364.

JI0914 | 19-24/06

Kijang LGX, solar th 04, silver, mulus,cash/credit, Ph. 7107772.

JI0914 | 21-26/06

Jl AVANZA G 04 akhir, htm, full ass. Ph.445408/7008396.

JI0914 | 20. 22/06

TAHUN 2005Jl INNOVA G tahun 05/06/09 hitam,mulus, cash/credit, Ph. 7078899.

JI0914 | 21-26/06

JAVA RENTAL. LGX, Xenia, Innova.Harian, Mingguan, Bulanan. (0741) 085266749975/081366680440.

JI0914 | 24-24/06

MP RENTAL. Kijang LGX, Kuda. Mulai200 rb/hr. Ph. 0741-7142806/081366969866.

JI0914 | 26-26/06

SH RENTAL. Avanza, Kjg, LGX, Innova.Hran, Mgguan, Blnan. 581706/085266116128.

JI0914 | 04-03/07

FAMILY RENTAL. Jl. H. Adam Malik Rt.3 No. 13. Hub. Yandra Ktr 7094410/085266922890.

JI0914 | 24-24/06

AMANAH RENT CAR. Mnywkn Luxio,Kjg, CRV, Innova, Taft GT, L200, Prado,Xenia. Hrian, Mggn, Blnn. Hp. 081366271400/081366863677/7134155.

JI0914 | 02-03/07

PANJI RENT CAR. Avanza, Innova,LGX. Harian, Bulanan. Hp. 081366383337/7142213.

JI0914 | 17-30/06

CERIA AUTO. Menyewakan jam-jaman,harian, Mingguan, Bulanan armadaInnova, LGX, Xenia, Panther, APV. Hp.08127870210/7048555/085266435778.

JI0914 | 22-22/06

SERVICESERVICE PANGGILAN. AC, Kulkas,Freezer, Show case, M. Cuci, dll. JasaTeknik. Hp. 081319160180/081393243370.

JI0914 | 19-24/06

MAJU JAYA SERVICE. Mnrm pemasangan per baikan pemeliharaan AC baru/AC bekas, Kulkas, msn cuci, dll. Hp.081366356788/0741-7012343/081366000515.

JI0914 | 00-00/00

MENTARI JAYA. TERIMA AC SECOND.Service AC panggilan/pemasangan AC/pemeliharaan/cuci AC. Ph. 0741-7006537/75512356.

JI0914 | 22-22/06

SOFTWARE PULSADijual Software Pulsa Elektrik. Di instalsiap utk transaksi, Hp. 081919111234.

JI0914 | 21-04/07

Lingkar Selatan dpn Toserba SMS(Yayasan Dewa Agung) No. C-16, hrg150 jt (nego). Hp. 08127409840.

JI0914 | 26 -26/06

Dijual RUMAH Lt. 363 M3 lb 140 M hrgnego Lr. Png Sebatang Thehok. Hp.081366549697.

JI0914 | 14-03/07

Dijual RUMAH lt. 437 M2, PAM, listrik,Telp. Jl. Syamsudin Uban Gang ArwanaNo. 14 Rt. 02 Rw 01. Hp. 08127870210.

JI0914 | 17-22/06

Dijual RUMAH di Perum Pesona MayangBlok H No. 5 type 36 jadi 90 lt 2 sdh dicor hrg 160 jt. Ph. 0741-7140071.

JI0914 | 00-00/00

Jual RUMAH Komp. BTN S. Sawang,Arizona. H 200 jt ng. Hp. 081274092002.

JI0914 | 20-25/06

Jual cpt RUMAH T 36 sdh renovasi,Prmhn Garuda 3. Hp. 081274380684.

JI0914 | 20-25/06

Dijual cpt RUMAH di Jl. Purnama blkgLr. Coca Cola Lt. + 5 tbk harga nego.Hp. 081367778527/081366577307.

JI0914 | 18-23/06

Dijual RUMAH di Puri Mayang Lt. 102M2, Lb. 100 M2, taman car port, hrg 375jt, 3 km tdr. Hp. 081929278066.

JI0914 | 17-26/06

Dijual RUMAH di Perumahan TanjungPermata Blok K/515 mnt k bandara. Hp.081366943737.

JI0914 | 18. 20. 22. 24. 26. 28. 30. 01. 03. 05. 07. 09. 11. 13/07

R U K ODijual RUKO 2 lt sdh jadi lok. Ir. H.Juanda spg WKS Mayang. Hp. 081366778199/08197531900/0741-552724.

JI0914 | 04-03/07

T A N A HDjl TANAH & RUMAH tinggal lt. 10.0666M2, SHM, listrik, Telp, L. tnh 1.324 M Jl.Raya Lingkar Selatan I Pal Merah KotaJambi (dkt Perum PSUT). Hp. 081398315357.

JI0914 | 01-30/06

Dijual TANAH 16 tbk lok Kel Eka Jaya.Ph. 0741-7133065.

JI0914 | 20-25/06

Dijual 1. TANAH 25.140 M2 DesaMendalo Lima Dusun Kec. Sungai PenuhKerinci. 2. TANAH 3,07 Ha depanPerumahan Aston Villa Mendalo Jambi.Harga nego. Ph. 0741-7002050.

JI0914 | 18-23/06

Jl TANAH + 500 H lok. Musi Banyuasin,cck u/ perkebunan sawit. Hp. 081366700033. TP.

JI0914 | 21-24/06

Jual TANAH 10 tbk di 16 miring dan 12tbk/Transito. 085266563706.

JI0914 | 19-01/07

Dijual TANAH + 5.500 M2 dknali asambwah. Lok. persis blkg SUN Motor L dpn72 M, pjg 93 M, l blkg 53 M. Hp. 081366854838/085839349336.

JI0914 | 10. 12. 15. 17. 19. 22. 24. 26. 29. 01. 03. 05/07

DISEWAKANDisewakan KAMAR untk kos-kosan P/W, alamat Jl. Batam Lr. Tukang JahitRt 15/Rw 03 No. 31. Hp. 085266217789.

JI0914 | 20-03/07

Disewakan RUMAH L 150 M2, 3 kt, Telp,lis 2200 W, Jl. Barau-barau I No. 40blkg SPBU Tl. Banjar. Hery, 081276752778.

JI0914 | 18-23/06

Disewakan RUKO dpn psr buah. Hp.0811748199/SMS.

JI0914 | 20-25/06

Disewakan RUKO 3 lt 2 kmr, Jl. GajahMada. Ph. 7552018.

JI0914 | 20-25/06

Disewakan RUMAH di Pasar Baru. Ruko3 tkt, di Terminal Rawasari. Ph. 27992/

berpengalaman, max 35 th, Ph. 570054.JI0914 | 22-27/06

WAITERResto Pempek Selamat yg hdr dibrbgikota, dicr sgr dibag Waiter/ss, Deliv-ery. Syrt: penampilan menarik, min SMA/sdrjt, wanita/pria, usia 18-25 th & usia22-27 th, khusus Delivery diutmknmengetahui daerah Jbi, mmpnyai SIMC. Krm lmrn segera plg lmbt tgl 24 Juni2009 ke Pempek Selamat terdekatThehok, Sipin, Tlg Banjar.

JI0914 | 19-24/06

BRI Terbitkan Obligasi Rp 2 TriliunJAKARTA - PT Bank Rakyat

Indonesia (BRI) Tbk berenca-na menerbitkan obligasi senilaiRp 2 triliun pada semester duatahun ini untuk menambahmodal dan meningkatkan pen-yaluran kredit. Saat ini BRI se-dang memperispakn beaty con-test penjamin emisi.

“Kita sedang menunggu real-isasi laporan kinerja terbaru disemester I tahun ini,” ujar Ke-pala Divisi Perencanaan dan

Strategis Bank BRI, Irianto,dalam press gathering di AnyerBanten akhir pekan lalu. Sebab,BRI tidak mungkin menggu-nakan laporan per akhir Desember2008 yang sudah diaudit (audit-ed) karena sudah ada realisasikinerja di semester I 2009.

Menurut dia , d ibutuhkanwaktu sekitar 1,5-2 bulan untukmengaudit laporan keuangansemester I 2009, sehingga di-perkirakan obligasi tersebut

baru bisa diterbitkan Juli men-datang. “Jangka waktu obliga-si itu, hingga saat ini belum adakeputusan apakah akan berjan-gka waktu lima tahun atau 10tahun,” ungkapnya.

Bank BRI sebenarnya sudahmerencanakan penerbitan ob-ligasi pada beberapa semestersebelumnya, namun karenakondisi ekonomi yang kurangmendukung, rencana itu tidakmungkin dilaksanakan. “Mes-ki demikian kinerja perbankansecara umum akan tumbuhpositif. Pada april lalu aset per-bankan nasional tumbuh 19,39

persen, kredit tumbuh 22,21persen dan laba tumbuh 32,12persen,” tuturnya.

Sementara itu Kepala DeskInvestor Relationship BankBRI Haru Koesmahargiyo me-ngatakan, BRI sampai denganMaret 2009 masih menunjuk-kan kinerja yang baik, denganpertumbuhan sebagian indika-tor utama berada di atas rata-rata perbankan nasional. “AsetBRI tumbuh 24,78 persen, danapihak ketiga (DPK) tumbuh27,23 persen,kredit tumbuh39,51 persen dan laba tumbuh22,02 persen,” terangnya.

Aset Bank BRI saat ini men-capai Rp 250,14 triliun, out-standing kredit Rp165,23 tril-iun, DPK Rp203,11 triliun, lababersih sebesar Rp1,72 triliun.Sementara itu Rasio kecuku-

pan modal (CAR) mencapai14,91 persen, kredit berma-salah (NPL) 3,24 persen, danrasio penyaluran kredit (LDR)81,35 persen. “Overall kitamasih menjadi bank yangkuat,” ungkapnya.

Kepala Desk Investor Rela-tion Bank BRI, Haru Koesma-hargiyo mengakui bahwa li-kuiditas perbankan nasionalsaat ini masih ketat. Hal itu dis-ebabkan oleh berbagai halyaitu sebagai dampak dari kri-sis finansial global dan minim-nya transaksi antar bank akibatkrisis kepercayaan. “Krisis glo-bal telah memicu krisis likuid-itas di bank-bank,” tambahnya.

Namun demikian, dia mene-gaskan bahwa Bank BRI akanterus mendukung penurunansuku bunga pinjaman. (jpnn)

Pusat Tolak SubsidiFery Ujung-Kamal

JAKARTA - Menteri Perhu-bungan Jusman Syafii Djamalmenegaskan bahwa pemerin-tah pusat tidak akan memberi-kan subsidi tarif tiket untuk kapalfery di jalur penyebaranganUjung-Kamal. Sebab, subsidiseperti itu hanya diberian kepa-da jalur penyebarang perintis.

“Sifat subsidi itu biasanyahanya untuk angkutan perin-tis, sedangkan Ujung-Kamal itukan lintasan komersial,” ujarMenhub akhir pekan lalu. Denganalas an seperti itu, dia berkilah bah-wa tidak mungkin subsisi tarif di-lakukan menggunakan anggaranpemerintah pusat. Menurutnya,subsidi lebih memungkinkandiberikan oleh PemerintahProvinsi Jawa Timur.

Operator kapal fery di lin-tasan penyebarangan Ujung-Kamal memang sedang meng-hadapi dilemma. Tarif melinta-si jembatan Suramadu (Sura-baya-Madura) lebih murah 50persen dibanding naik apal fery.Jusman menegaskan, bahwaPemprov Jatim?saat ini juga se-dang mencari solusi mengenaidampak pengangguran di jalurtersebut. “Saya yakin akan ke-temu solusinya,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Menhubmembantah penerapan tarif tolSuramadu yang lebih rendahdari tarif kapal fery Ujung-Ka-mal bertujuan untuk memati-kan rute penyeberangan terse-but. Menurutnya, pemerintahtidak pernah memiliki tujuanseperti itu. “Besaran tarif Sura-madu berdasarkan total cost.Jadi, kalau dihitung, sebenarn-ya tarifnya itu sama,” kata dia.

Dia menegaskan bahwa penen-tuan nasib angkutan penyeberan-gan Ujung-Kamal bisa lebih di-percepat dari rencana tiga bulanevaluasi jika memang itu yang di-inginkan Gabungan PengusahaAngkutan Sungai dan Penye-berangan (Gapasdap). “Dulumereka juga yang ikut mengusul-kan waktu tiga bulan itu. Tapi,bila mereka minta agar dipercepat,itu juga boleh. Yang penting ce-pat dan tepat sasaran,” tukasnya.

Sebelumnya, Sekjen Gapas-dap Luthfie Syarif memintaagar pemerintah memperce-pat penentuan nasib angku-tan penyeberangan Ujung-Ka-mal. (jpnn)

Page 15: Jambi Independent edisi 22 Juni 2009

senin, 22 juni 2009 Jambi Independent

- Cobra super (usa) Tl 054515281, MPB dan MPP Venis Pria secara cepat, alami, per manen selamanya- peninggi badan super (Tr. 022514301), Menambah tinggi Hormon Pertumbuhan tulang sehingga menambah tinggi postur tubuh 5 - 10 cm.- faT loss/easyslim (Tr ri 862704011486), Kapsul penghancur lemak, langsingkan perut, paha dan seluruh tubuh, 100% natural dan aman.- penggemuk badan (Tr ri 024516871), Tablet spesial penggemuk badan, penambah nafsu makan badan anda lebih gemuk dan ma cho.- Hai mHa JiansHen/ Tr. ri 953476411, Mencegah ejakulasi dini, menyehatkan ginjal, lemah syahwat, impotent dan menambah stamina.- proComil spray from german Spesial spray tahan lama, berulang-ulang.- breasT Cream / Tb. vaCum (Tr. 1007 490091), Cream payudara bikin payudara be sar, kencang, montok dan berisi.

kHusus unTuk memperbesar, panJang dan permanen

vacum hansap

anTar ke alamaT graTis (dalam koTa)

“simson” simpang kawatJl. Hos Cokroaminoto 42 sp. kawat

(samp. Terminal lama) Telp. 669652 Jambi

PUSAT PENGOBATAN TRADISIONAL

HindustanSPESIALIS SyAwAT DAN mATA TANPA

OPERASI UNTUk UmUm

Bapak Tabib G S PunjabiHp: 0812 7858 099

Praktek setiap hari hari pukul 08.00 wib sampai 21.00 wib Hari Libur Tetap Buka

JL. Hos Cokroaminoto No 32 Psr keluarga + 100 meter dari Tugu Juang Siping ke arah Simpang kawat Jambi. Izin Depkes 735/1993

Ramuan kami diracik oleh pakar Tabib langsung dari Gunung Himalaya Hidustan Menyembuhkan:Syawat - Lemah Syawat -Cepat Keluar - Impoten -Tidah Punya Keturunan - Perbesar Zakar - Ambieyen -Asma -Asam Urat - Kencing ManisMata - Memerah - Katarak - Rabun Jauh - Rabun Dekat - Slinder - Min Plus - Berlemak - Berair - Mudah PerihRamuan kami tiada duanya, pertama dan paling mujarap di Indonesia. Sudah ribuan pasien berhasil disembuhkan. Bagi anda yang mempunyai keluhan soal syawat dan mata segera konsultasikan kepada kami. Percayalah tidak ada penyakit yang tidak bisa disembuhkan jika Anda mau berobat.Keharmonisan rumah tangga yang paling penting dalam hidup.

Ramuan kami alami tanpa efek samping, cukup satu kali berobat dijamin sembuh untuk selamanya, kami bisa berikan garansi untuk itu.

Kami Metode yang tepat bagi anda dan mem-punyai sertifikat dari India spesialis mengobati penyaKit Lemah Syahwat, Impoten, Cepat KeLuar , Sperma encer, memperbesar jaka (btg), tidak mempunyai keturunan, Kencing manis, Sakit pinggang, kurang gairah dalam hubungan suami istri, juga tersedia ramuan ambein khusus pria dan wanita tanpa ope-rasi dan menghilangkan bau badan pria dan wanita. Juga tersedia ramuan untuk memper-besar payudara

Ramuan ini alami, tanpa efek samping, jangan tunda lagi konsultasikan diri anda segera, kami dapat memberikan

kartu garansiJam Praktek : 08.00 s/d 20.00 WIB . praktek setiap hari, hari

libur tetap buka.

Hp. 081274377000

NOMOR : 8.422/N.5.3/PAKEM/II/2002

alamat :Jln. Prof. Dr Sumantri Brojonegoro No. 58 Simpang Pulai (Samping Apotik Beradat)

NB : Spesialis mata tanpa oper-asi dan kami juga me-nyediakan ramuan untuk penyakit mata min-plus, mata merah, rabun jauh/dekat, katarak, mata berku-nang-kunang akibat diabetes baik pria maupun wanita muda/tua, yang berkaca

PusAT PenGOBATAn

TRaDIsIOnaL InDIa

Page 16: Jambi Independent edisi 22 Juni 2009

Bisul Berulang, WaspadaiPenyakit Sistemik

JOHAN I.H. AMUIS ,Kota Jambi

ANDA pernah mengalami bi-sul? Penyakit ini memang han-ya merupakan foliker kecilpada kulit, namun rasa nyeriyang diakibatkan sering mem-buat orang tidak tahan.

Hal itu yang dirasakan NoviDiah (30). Ibu tiga anak terse-but pernah menderita bisul dipantatnya. Malah itu terjadisaat dia akan melahirkan anakkeduanya. “Jadi benar-benarmenderita,” ujarnya.

Rasa sakit, kata Novi, baruhilang ketika bisul pecah danmengeluarkan nanah. “Kalausudah pecah, dipencet, baruagak ringan,” ungkapnya.

Menurut dr Ida Yuliati MH-Kes, bisul adalah radang padadaerah folikel rambut kulit dansekitarnya. Penyebab terseringadalah bakteri—biasanya sta-phylococcus aureus. Karenaitu, bisul dapat juga diartikansebagai infeksi lokal pada ku-lit dalam. “Awalnya hanya fo-likel rambut yang terinfeksi.Tetapi karena adanya gese-kan, iritasi, dan kurang bersih-nya perawatan tubuh, infeksitersebut dapat menyebar ke jar-ingan sekitarnya dan menjadibisul,” ujar Ida.

Bisul biasanya berawal daribenjolan merah dan lunak di

daerah kulit, yang lama-ke-lamaan akan menjadi lebihkeras. Kemudian di tengah ben-jolan tersebut akan terbentukpuncak berwarna putih yangakan

memecah. Namun ada kalan-ya bisul harus mendapatkanproses pembedahan minor, un-tuk mengeluarkan cairan yangdisebut nanah.

“Cairan nanah yang ada da-lam bisul pada dasarnya meru-pakan sel darah putih. Nanahterbentuk dari mekanisme per-tahanan tubuh untuk melawanbakteri yang menginfeksi daer-ah kulit yang terjadi bisul,”jelas Ida.

Ida menyebutkan, bisul jugadapat disebabkan tersumbat-nya kelenjar minyak, yang ke-mudian terinfeksi. Bisul seper-ti itu dinamakan akne kista, bi-asanya terjadi di kulit wajahpara remaja. Ada juga bisulyang disebut hidradenitis sup-purativa yang disebabkanradang lokal kelenjar keringat.

Biasanya bisul yang timbullebih dari satu buah, lokasinyadi daerah ketiak atau pangkalpaha. Ada lagi bisul yang dise-but kista pilonidal, biasanyaterjadi di lipatan bokong. “A-walnya hanya berupa infeksi difolikel rambut, kemudian dita-mbah dengan iritasi dari tekan-an karena duduk terlalu lama,”jelas kepala RSUD A Manaf

Kota Jambi tersebut.Adapun tempat yang paling

sering terjadi bisul adalah didaerah tubuh yang banyak ter-jadi gesekan, misalnya ketiakdan bokong.

Bagaimana jika bisul terjadiberulang-ulang? Ida mengata-kan, jika terjadi berulang-ul-

ang, harus dicari penyebabdasarnya. “Sebaiknya diperik-sakan ke dokter,” kata Ida.

Ada kalanya bisul dilatarbela-kangi penyakit tertentu, seper-ti kencing manis, penyakit gin-jal berat, dan penyakit beratlainnya. “Jadi perlu pemerik-saan Khusus,” sebutnya.(*)

Kompres dengan Air HangatBAGI yang pernah mengala-

mi bisul, tentu tahu rasanya sa-kit sekali. Penanganan yangbaik akan membantu meringa-nkan rasa nyeri tersebut.

Menurut dr Ida Yuliati MH-Kes, untuk pengendal ianawal, yang dapat dilakukanbila sudah terlihat akan ter-jadi bisul, adalah segera ko-mpres dengan air hangat. “Fu-

ngsinya meningkatkan sirku-lasi darah ke tempat tersebut,”kata Ida.

Pengobatan dengan carapemberian krim atau salep an-tibiotik. Namun pemberiankrim atau salep tersebut harusdengan resep dokter, agar se-suai dengan penyebab bisul.

Namun bila tidak ada peruba-han ke arah perbaikan, untuk

bisul yang ada puncak putih-nya, sebaiknya dikeluarkannanahnya melalui cara biasa,seperti dipencet.

Tetapi untuk bisul yang pa-dat, sakit, dan tidak bermata,sebaiknya jangan dipijat kare-na tidak akan ada nanah yangdapat dikeluarkan. Bisa jadibisul tersebut memerlukan op-erasi bedah minor.

Selain itu, jika bisul yang tum-buh dalam jumlah banyak, seh-ingga menyebabkan deman,harus ditambah obat antibi-otik.

Untuk pencegahan, yang tidakkalah penting adalah selalumenjaga kebersihan kulit tu-buh, sehingga bisa meminimal-isasi terjadinya infeksi yangbisa menyebabkan bisul.(amu)

SENIN, 22 JUNI 2009Jambi Independent

ROLANDA HASIBUAN /JAMBI INDEPENDENT

BISUL Seorang pria sedang menderita karena bisul di hidung-nya. Bisul merupakan bagian dari mekanisme pertah-

Page 17: Jambi Independent edisi 22 Juni 2009

Jambi IndependentA . D . V . E . R . T . O . R . I . A . LsEnIn, 22 junI 2009

www.jambi-independent.co.id [email protected] n ECERAN: Rp. 3.500,-

suchrady.

HBA berfoto bersama tim advokasi.

Hasan Basri Agus Mantapkan sosialisasi jelang Pilgub 2010

BuPATI Sarolangun Hasan Basri Agus (HBA) yang saat ini santer bakal mencalonkan diri dalam Pilgub 2010 mendatang, terus memantapkan diri dengan kegiatan sosialisasi yang

dikemas silaturahmi serta pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat kabupaten di Provinsi Jambi.

Sebelumnya, HBA pada Rabu (17/6) melakukan ziarah ke makam orangtua

angkat, KH Sibawaihi, yang juga tokoh ulama atau cendekiawan Muslim terke­muka di Provinsi Jambi. Almarhum KH Sibawaihi adalah pemimpin Ponpes Haqqul Yakin Muarapanco, Kecamatan

Sungaimanau, Merangin. Hadir mantan Sekda Merangin Arfandi Ibnu Hajar dan KH Buya Satar, pemimpin Ponpes Syekh Maulana Qori Titian Teras.

Selain itu, Kamis (18/6), HBA meneri­

ma seorang tokoh pemuda yang cukup disegani masyarakat Tanjab Timur, Mat Cendol. Jumat (19/6), HBA menerima tamu kehormatan yang juga tokoh politik nasional, Sekjen DPP PKS Anis Matta dan Ketua DPW PKS Provinsi Jambi Henri Masyhur beserta pengurus teras PKS lainnya. Pada hari yang sama, HBA (yang berarti juga “Harapan Baru Anda”) bersilaturahmi ke kediaman H Busro.

“HBA adalah sosok pemimpin yang telah lama ditunggu–tunggu kiprahnya untuk memimpin Jambi. Beliau memiliki kharisma dan kemampuan yang telah teruji,” ungkap H Busro.

Malam harinya HBA menghadiri unda­ngan dari tokoh masyarakat Kerinci di Jakarta dan Kota Jambi. Dalam perte­muan tersebut, 13 tokoh masyarakat ber­kumpul untuk melakukan doa kebulatan tekad guna memenangkan HBA sebagai gubernur Jambi. “Kami siap mendukung dan memenangkan HBA menjadi guber­nur Jambi,” ungkap Akmal Ahmad, Ketua Masyarakat Peduli Kerinci di Jakarta.

“Sosok HBA memang pantas memimpin Jambi ke depan. Beliau memiliki wajah seperti SBY,” ungkap tokoh masyarakat

Kerinci lainnya, Sjafril Alamsyah. Dalam acara tersebut, hadir H Adnan Yusuf, H Munir, H Bakri Wahab, H Junaldi Samin, H Tutin Yaqub, H Adnan Rusli, M Yunus, dan tokoh Kerinci lainnya.

Sementara, Sabtu (20/6), HBA kembali menerima tamu di kediaman pribadinya. Kehadiran tamu tersebut hanya untuk menyampaikan dukungan kepada HBA untuk menjadi gubernur Jambi. Salah satunya dari forum kepala desa se­Ke­camatan Sekernan.

Ketua Forum Kepala Desa se­Keca­matan Sekernan, Alamsyah, menyam­paikan dukungan. Hadir 13 kades, yakni kades Sekernan, Pematang Pulai, Bukit Baling, Suko Awin Jaya, Ranto Majo, Tunas Baru, Kadotan, Tantan, Pulau Kayu Aro, Tanjung Lanjut, Barembang, dan Kerangan.

Siang harinya, tim pemenangan HBA melakukan konsolidasi guna membahas program–program yang akan segera dilaksanakan untuk memuluskan jalan menuju BH 1. Konsolidasi tersebut meru­pakan gabungan dari tim sekretariat, tim advokasi, tim pemenangan, tim media center dan tim keluarga. (roz)Akmal Ahmad H Munir sjafril Alamsyah H Bakri Wahab

HBA bersama Anis Matta HBA berfoto bersama Mat Cendol. HBA bersama Akmal Ahmad.

suasana pertemuan dengan tim sukses HBA for Gubernur. HBA berfoto bersama dengan Anis Matta dan pengurus DPW PKs Provinsi jambi.

HBA bersalaman dengan Toni, putra H Busro. HBA bertemu dengan H Busro di kediamannya. HBA didampingi Buya satar dan Arfandi Ibnu Hajar melakukan tahlilan.

suasana silaturahmi HBA dan Anis Matta serta pengurus DPW PKs Provinsi jambi. HBA berfoto bersama dengan tokoh masyarakat Kerinci. HBA berfoto bersama dengan para kades se-Kecamatan sekernan.

HBA berziarah ke makam orangtua angkat yang juga pemimpin Ponpes Haqqul Yakin Muaropanco, sungai Manau, KH sibawaihi.

suasana acara doa kebulatan tekad tokoh masyarakat Kerinci di Kota jambi. suasana kunjungan para kades se-Kecamatan sekernan.

fOTO-fOTO:IsTIMEWA/jAMBI InDEPEnDEnT

Page 18: Jambi Independent edisi 22 Juni 2009

Siswa SMK Enggan Ikut Paket C

M Rifai setelah Ditetapkan Jadi Tersangka

Tetap Kerja, Keluarga Tutup DiriApa kabar Badan Per-

pustakaan Wilayah Jambi sejak M Rifai, kepala

lembaga itu, ditetapkan sebagai tersangka atas

kasus dugaan SPPD fik-tif? Apalagi rekan-rekan M

Rifai sudah ditahan atas kasus itu oleh Kejaksaan

Tinggi Jambi. Lantas bagaimana pengaruh

kasus tersebut terhadap keluarga M Rifai?

Alpadli Monas, Kota Jambi

GEdunG Perpustakaan Wilayah Jambi, yang kini ber-ganti nama menjadi Perpustakaan

Dari muda sampai tua. Pintu perpustakaan itu terbuka lebar untuk siapa pun.

Berbeda dari pintu sebuah rumah sederhana yang berada di dalam kompleks perpustakaan. Persis di sebelah kiri gedung, pin-tu rumah bercat putih itu dikunci rapat. Itulah rumah dinas M Rifai, kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi.

Rumah dinas yang terletak di sebelah kantin itu baru dibuka ketika Jambi Independent men-getuknya berkali-kali. Yang membuka seorang wanita beru-sia sekitar 60 tahun.

“Bapak tidak ada di rumah. Istrinya lagi kerja,” ungkap wanita tua berkacamata itu. Dia membuka pintu.

Wanita tua itu memanggil se-seorang. n

baca Tetap hal 18

TETAP AKTIF: M Rifai (kanan), saat menghadiri persidangan atas kasus dugaan SPPD fiktif, beberapa waktu lalu.

ALDIno/JAMBI InDEPEnDEnT

Jambi Independent SEnIn, 22 JunI 2009

teras

Kerja Lebih CerdasHAMDAnI, guru bimbingan konseling (BK)

SMAN 2 Kota Jambi, adalah peserta Guru Idola Jambi Independent tahun ini. Selain mendengar curhat dari setiap siswa yang bermasalah, pria ramah itu juga aktif sebagai pembina kesenian. Program kesenian yang menjadi binaanya meliputi seni musik dan

seni parodi. Siswa binaan­

ya ada yang ber­hasil jadi juara 3 Yamaha Fantas­tic Tingkat Kota Jambi. Selain itu, Hamdani berhasil membawa siswa didiknya ikut Fes­tival Band Pelajar di GOR H Agus Salim Padang, Sumatera Barat. Pada festival itu, SMAN 2 berhasil memboyong tropi juara 2. Semen­tara drummer­

nya dinobatkan menjadi drummer terbaik dalam festival se­Sumatera itu.

Suami Dra Sar i N ings ih Har is tu t i , seka l igus ayah dar i Ary Valent ino, Rian Akbar, dan Rini Ramadhan i tu merupakan contoh guru masa depan. Dia memiliki rutinitas yang tak biasa. Usai bertugas, Hamdani aktif di Tana­man Centra Bonsai Kota Jambi seb­agai Humas. n

Selasa,844 Peserta Ikuti Ujian

Wira Hadi, Kota Jambi

SISwa yang tidak lulus ujian nasional (UN) SMA sederajat, Selasa (23/7), akan mengikuti ujian kesetaraan atau ujian Paket C. Peserta yang sudah tercatat se-banyak 844 orang. Menariknya, siswa SMK yang juga tak lulus UN malah eng-

Ragukan Ijazah Paket Cgan mengikuti program Paket C.Untuk diketahui, dari jumlah peserta

yang mengikuti ujian Paket C, 291 di antaranya siswa SMA sederajat yang tak lulus UN. “Tidak ada yang mendaftar untuk jurusan bahasa,” ungkap Kasi Ke-setaraan Dinas Pendidikan Kota Jambi Tabii kemarin (21/6).

Pada UN 2009 ini, di Kota Jambi sekitar 354 orang dinyatakan tidak lulus. Sedan-gkan yang ikut ujian Paket C hanya 219 orang. Itu artinya masih banyak siswa yang tak mendaftarkan diri mengikuti ujian Paket C. n

SEjuMlah siswa SMK yang tidak lulus UN tahun ini menyatakan sikap enggan ikut ujian Paket C. Alasannya, ijazah Paket C disa-makan dengan ijazah SMA.

A n t o n , s i s w a SMKN 3 Kota Jam-bi yang tak lulus UN tahun ini, mengatakan tidak berminat ikut ujian Paket C.

Alasannya hampir sama dengan siswa SMK lain, soal ijazah. Selain itu, jurusan yang diujikan

adalah jurusan yang ada di SMA, yakni IPA

dan IPS. Sedangkan siswa SMK punya keahlian dan jurusan yang tidak bisa disa-

makan dengan SMA.“Percuma saja sekolah di SMK,

praktik, dan lainnya, kalau akh-

irnya harus ikut ujian paket yang nantinya jadi jurusan IPA atau IPS,” ungkap Anton diamini rekan-rekannya, beberapa hari lalu.

Di sekolah, mereka sudah di-minta untuk mendaftarkan diri sebagai peserta ujian Paket C. Namun banyak yang tak bermi-nat. “Lagi mikir-mikir dulu,” ungkap siswa SMK lainnya yang terlihat lesu. n

baca Siswa hal 18 baca Ragukan hal 18

Pemkot Butuh 1.000 CPnSKOTa jaMBI – Meski sudah ada

sinyal penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS), formasi CPNS Kota Jambi belum diketahui. Kebutuhan pegawai di Kota diperkirakan sebanyak 1.000 orang.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Jambi M Ichsan mengatakan, jumlah itu mencakup tenaga kes-ehatan, guru, dan formasi umum lainnya. Hanya saja, lanjutnya, pengajuan usulan belum tentu dipenuhi semua. “Biasanya yang disetujui berkisar 300 orang, seperti pengajuan tahun 2008,” jelas M Ichsan, beberapa hari lalu.

Ditambahkan, jumlah yang bakal

di ter ima pihak BKN kurang dari pengajuan. “Maunya kita, peneri-maan sesuai seperti usulan yang kita ajukan, karena memang sebanyak

itu kebutuhan pegawai di kota,” tuturnya.

Mengenai jadwal penerimaan, kepala BKD Kota Jambi itu

belum bisa memastikan. Berkas pengajuan saat ini sedang diproses.

“S aa t i ni kita sedang menunggu jawaban dari

Badan Kepegawaian Nasional. Hingga kini belum tahu berapa jumlah yang disetujui,” katanya.

“Jadwal penerimaan juga belum kita terima, tapi usulan dari Kota Jambi sudah diproses di BKN.” (ira) baca Kerja hal 18

37 FinalisPeragakan Batik jambi

KOTa jaMBI – Sekitar 37 finalis model catwalk dan duta Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Minggu kemarin, memeragakan busana batik khas daerah Jambi. Acara yang digelar di lantai 3 WTC Batanghari itu dihadiri istri Wali Kota Jambi

Roro Endah. Acara berlang-sung meriah.

“Jambi merupakan dae-rah yang memiliki sentra kerajinan batik. Batik Jambi termasuk sepuluh besar batik terbaik tingkat nasional,” ungkap Roro Endah saat membuka acara grandfinal

obsesi menuju bintang model catwalk 2009 dan duta PHRI 2009 kemarin (21/6). Acara itu sekaligus peluncuran busana batik terbaru Yutan Galeri. n

baca 37 Finalis hal 18

BATIK JAMBI: Peserta saat memperagakan batik Jambi. Acara ini didukung bebagai pihak. Tujuan-nya cukup mulia, membudayakan batik di tengah masyarakat Jambi.

dan Arsip Daerah Provinsi Jambi, terletak Jalan Raden Kolopaking No 65, Telanaipura. Gedung ber-cat putih itu, siang Jumat (19/6),

terlihat ramai.Pengunjung tampak hilir-mu-

dik memasuki gedung itu, baik sendiri maupun berkelompok.

Page 19: Jambi Independent edisi 22 Juni 2009

SENIN, 22 JUNI 2009 Jambi Independent

Siswa SMK Enggan Ikut Paket C ----------------------- dari hal 17

37 Finalis Peragakan Batik Jambi ---------------------------------------------------dari hal 17

Kerja Lebih Cerdas----------------------------------------------------------------------dari hal 17

Tetap Kerja, Keluarga Tutup Diri dari ----------------------- hal 17

Ragukan Ijazah Paket C ---------------------------------------------------------------dari hal 17

Masuki Pensiun, Kepsek Tak Dipakai

Tidak lulus UN membuatsiswa SMK itu kehilangan se-mangat.

Ditanya soal rencana ke de-pan, mereka tidak menjawab.Namun mereka masih berharapdari protes atas hasil UN yangmereka anggap ada kesalahandalam penilaian oleh pihak ter-kait. “Kami masih menunggukabar dari Dinas Pendidikan,”kata mereka hampir bersamaan.

Jika ternyata hasil UN itu be-nar dan mereka memang tidak

lulus tahun ini, adakah keingi-nan untuk ikut ujian Paket C?“Kalau ujian Paket C yang di-laksanakan itu ada ujian khususuntuk siswa SMK, kami akanikut dengan senang hati,” un-gkap Anton.

Kadis Kesetaraan Dinas Pen-didikan Kota Jambi Tabii men-gatakan, ujian Paket C tahun inidilaksanakan dua gelombang.Gelombang pertama, semuapeserta, termasuk SMK, akanmengikuti ujian kesetaraan

setara dengan siswa SMA. Ar-tinya, mereka yang mengikutiujian Paket C dari SMK akanmendapatkan ijazah yang samadengan lulusan SMA.

Namun pada ujian gelom-bang kedua, direncanakan akandibedakan bagi siswa yang be-rasal dari SMK. “Nanti kita akanbuat ujian Paket C khusus un-tuk mereka yang berasal dariSMK. Ujian akan disesuaikan

dengan jurusan masing-mas-ing,” tegas Tabii.

Ujian Paket C gelombangkedua akan dilaksanakan padaNovember 2009. Walaupunmasih d i rencanakan akanmembuka ujian khusus un-tuk Paket C SMK, Tabii ber-janj i akan mengusahakandan akan memenuhi keingi-nan siswa SMK yang yang ti-dak lulus UN itu. (wra)

Kegiatan tersebut bertujuanmenyaring bakat dan minat gen-erasi muda Kota Jambi, khu-susnya dalam bidang seni danpariwisata serta perhotelan.

Selain itu, untuk mempro-mosikan batik Jambi kepadaseluruh lapisan masyarakat.

Peserta mengenakan pakaian

batik hasil karya Yutan Galeri.Batik yang mereka kenakan di-padu kain lain sehingga tam-pak lebih modern dengan mo-tif-motif tradisional Jambi.

Busana batik yang merekaperagakan terdiri atas busa-na muslim khas Melayu dandress yang dipadukan den-

gan kain batik Jambi. Ke-banyakan di bagian lengan,kerah, dan punggung terbuatdari batik.

Motif yang melekat pada ba-tik yang diperagakan oleh paramodel adalah motif yang diam-bil dari bentuk tumbuh-tumbu-han dan batang kayu. Juga mo-

tif bunga dan bentuk lain yangmerupakan khas daerah Jambi.

Dari segi warna, motif yangdiperagakan kebanyakan ge-lap seper t i h i tam dancokelat. Warna cerah merahdan keemasan juga dominanpada motif batik hasil karyaYutan Galeri. (wra)

Selain itu, aktif pula sebagaipenulis buku. Karyanya yangterbaru adalah buku biografiHM Kamil yang diluncurkanpada 6 Mei 2009 lalu di AbadiSuite. H Kamil merupakanseorang tokoh kenamaanJambi yang ditulisnya bersa-ma Sofyan, rekannya.

Launching buku tokoh Jam-bi itu dihadiri Sekjen Departe-men Hukum dan HAM RI Ab-dul Bari Azed SH MH, mantanWakil Gubernur Hasip Kalimu-din Syam, dan mantan bupatise-Provinsi Jambi. “Sayasenang sekali dengan kedatan-gan Pak Bari Azed,” ungkap

ayah tiga anak tersebut.Hamdani berharap, selain

berprofesi sebagai guru, paraguru juga harus mampu me-miliki aktivitas lain yangmenunjang profesi serta bisamenghasilkan uang sepertimengarang buku, berbisnis,dan usaha sampingan lain.

Selain bisa menambah peng-hasilan, juga bisa mengangkatderajat sosial guru.

“Saya ingin memberikan in-spirasi bagi yang lain bahwakita harus bekerja lebih cer-das bukan bekerja lebihkeras,” ujar mantan pemainband itu.(kin)

KOTA JAMBI – Ada per-kembangan terbaru dari eva-luasi kinerja kepala sekolah(kepsek) se-Kota Jambi. Wa-l i Kota bambang Priyantomenyatakan tidak memakaiorang-orang yang akan me-masuki masa pensiun.

Itu diungkapkan langsungoleh Wali Kota baru-baru ini.Menurut dia, seseorang bisadiangkat menjadi kepsekdengan kriteria yang diten-

tukan, antara la in pernahmenjadi waki l kepala se -kolah.

Untuk diketahui , h inggakini sudah ada beberapasekolah yang dievaluas i .Sumber Jambi Independentmengatakan, hasil evaluasikepala sekolah segera dike-tahui hasilnya.

“Dalam waktu dekat akanada pergantian dan pelanti-kan kepala sekolah ,” un-

gkap sumber itu.Bagi para kepala sekolah

yang sudah memasuki usia pen-siun atau sudah menghampiriusia pensiun, tidak akan di-angkat kembali untuk men-duduki jabatan sebagai kepalasekolah. Itu dilakukan untukregenerasi kepemimpinan disekolah.

Bambang menje laskan,kriteria penilaian lain yangdipakai adalah lulus serti-

fikasi.“Dalam penilaian, banyak

calon kepala sekolah yangsudah layak untuk memim-pin sekolah,” ungkapnya.

Kepala sekolah yang sudahmemasuki usia pensiun akandiberikan posisi sebagai penil-ik atau pengawas sekolah.“Mereka yang masuk usiapensiun dan hampir pensiunakan menjadi penilik seko-lah,” tegasnya.(ira)

Kepalanya menghadap kedalam rumah. Tak berapa lama,muncul seorang gadis berparasmanis. Masih muda, wajahnyaseperti keturunan Arab.

Rifah, begitu dia menyebutnamanya. Anak M Rifai terse-but seketika curiga ketika me-lihat Jambi Independent yangberniat mencari ayahnya. Sece-patnya Rifah menyebut ayah-nya sedang ke luar daerah.

“Bapak lagi ke Jakarta, lagitugas. Mama lagi kerja,” un-gkap Rifah, buru-buru menut-up pintu. Ditunggu-tunggu,pintu itu tak terbuka lagi.

Penasaran, Jambi Indepen-dent menanti di sebelah rumahdinas M Rifai. Sebuah kantin,yang siang itu diisi beberapapegawai perpustakaan. Sekitarsejam menunggu, tak juga adareaksi. Pintu rumah mungil itutetap terkunci. Penghuninya

tak keluar rumah.Di dalam perpustakaan, Ram-

li (51), sekretaris Perpustakaandan Arsip Daerah Provinsi Jam-bi, tampak sibuk menandatan-gani surat di meja kerjanya, dilantai 3, persis dekat ruang Ke-pala Perpustakaan M Rifai.

Dari Ramli didapat informasibahwa Rifai memang sedangberada di Jakarta. Rifai sedangmengikuti rapat soal dana de-kon dari pusat. “Mungkin Senin(22/6) dia pulang,” ungkap le-laki kurus itu dengan santun.

Menurut Ramli, sejak di-tetapkan sebagai tersangka,Rifai tetap sering masuk kan-tor. Bahkan kasus itu sama seka-li tak berpengaruh pada kiner-ja Rifai.

“Bapak (Rifai, red) masuk ter-us, tidak pernah tidak masuk,kecuali kalau ada tugas luar,”ungkap bawahan Rifai yang

murah senyum itu.Lantas adakah pengaruhnya

pada kinerja staf di perpusta-kaan? Ramli lagi-lagi menye-but tak ada sama sekali. Semuaberjalan sepeti biasa.

Dari pantauan Jambi Indepen-dent, aktivitas di Kantor Per-pustakaan dan Arsip DaerahJambi itu memang tampak sep-erti biasa. Pengunjung tampakhening membaca buku. Petu-gas tampak duduk seriusmenunggu di meja dekat pintumasuk.

Ruang per ruang layanan ma-sih diisi oleh pengunjung. Mu-lai dari ruang baca layanan de-wasa, ruang baca referensi sam-pai ruang baca anak-anak, Ju-mat siang itu masih diisi beber-apa pengunjung. Tak ada yangberubah dari kantor yang penuhilmu namun kurang pasokandana itu.(*)

Sementara, hari ini, panitiaujian mulai menyiapkan ruan-gan dan memasang nomor uji-an. Ujian yang akan berlan-sung selama empat hari, Selasahingga Jumat, itu akan diawasiDispendik serta pengawas si-lang.

Ujian dimulai pada pukul13.00 WIB sampai selesai.Dalam sa tu har i , ada duamata pelajaran yang akandiujikan. Jadwal ujian un-tuk SMA jurusan IPA padapertama adalah PKN dan Ba-hasa Inggris.

Har i kedua, Biologi danKimia. Hari ketiga, BahasaIndonesia dan Fisika. Hariterakhir, Jumat, mata pelaja-ran yang akan diujikan ad-alah Matematika.

Sedangkan untuk jurusanIPS, pada hari pertama akandigelar ujian PKN, dilanjutkanBahasa Inggris. Pada hari ked-ua, Sosiologi dan Geografi, dan

hari ketiga Bahasa Indonesiadan Ekonomi. Sementara hariterakhir adalah Matematika.

Tabii menambahkan, bagipeserta yang akan mengiku-ti ujian Paket C, mulai hariini, Senin (22/6), sudah bisadatang ke sekolah yang di-tentukan guna meninjau ru-ang kelas yang akan digu-nakan sebagai tempat ujian.

Pengumuman kelu lusanujian Paket C akan dilaku-kan sebulan setelah pelak-sanaan ujian.

“Pengumuman kelulusanakan d iumumkan 30 har isetelah ujian selesai. Diper-kiraan pada 26 Juli menda-tang,” kata Tabii.

Lantas bagaimana soal ba-nyaknya orang yang mera-gukan ijazah Paket C? Soalitu, Tabii mengatakan, ija-zah Paket C tak perlu dipert-anyakan.

Ijazah sudah disetarakan

dengan ijazah UN formal se-suai Peraturan Menteri Pen-didikan Nasional RI Nomor3 Tahun 2008 tentang Stan-dar Proses Kesetaraan Pro-gram Paket A, B, dan C.

Selain itu, UU Nomor 20Tahun 2003 tentang Pendid-ikan Nasional menyebutkan,ijazah ujian paket disetara-kan dengan ujian formal.

Oleh karena i tu , merekayang mengikuti ujian PaketC juga bisa mendaftar di per-guruan tinggi negeri manapun di seluruh Indonesia .“Tidak ada pembedaan,” tan-dasnya.

Terpisah, beberapa siswaSMK yang tak lulus menya-takan tak akan ikut ujian Pa-ket C yang bakal dilaksana-kan mulai Selasa (23/6).

Alasannya, ijazah Paket Cdisamakan dengan i jazahlulusan SMA, bukanSMK.(*)

Page 20: Jambi Independent edisi 22 Juni 2009

Jambi Independent SENIN, 22 JUNI 2009

Oleh :

Kompetensi dan Personality Guru IdealTre…t, Tre…t, Tre…t, bunyi lon-

ceng sekolah. Berbunyi untukmengingatkan semua komponensekolah untuk bergegas menuju

tempat tugas masing-masing.Guru yang ideal terlebih dahulumempersiapkan diri, apa yangakan disajikan dan bagaimana cara

menyajikan serta apa yang harusdikembangkan sesuai kompeten-si dasar dan indikator yang akandiajarkan.

Men jad i seo rang penga ja rseka l igus pend id ik yang d i -h a r a p k a n o l e h m a s y a r a k a tharus memil ik i s ikap dan et i -k a y a n g b i s a d i t i r u d a n d i -te ladan i kapan saja, apa sajadan dimana saja dia berada.

Kompetensi dan personal i tyguru ideal harus d imula i dar ic i r i -c i r i menta l sehat secaraumum. Per tama, gu ru harusdapat menyesuaikan diri dalamkeadaan bagaimana pun sulit-nya, karena guru harus siap un-tuk melayani masyarakat se-suai dengan kondisi dan situasiyang dihadapi.

Kedua, harus dapat memperolehkepuasan diri hasil perjuangannyasendiri. Apapun hasil yang dicapaiseorang guru, idealnya harus men-syukuri apa yang dapat dikerja-kan, bukan apa yang dihasilkanpada saat sekarang karena hasilkerja seorang guru bisa dirasakanoleh peserta didik setelah 20 tahunyang akan datang.

Ketiga, merasa lebih senangmemberi dari pada menerima. Guruadalah suatu individu yang pu-nya kepribadian lebih dari yanglain, karena dimana guru bera-da otomatis menjadi moderator,fasilitator, dan dinamisator ter-hadap apa dan siapa yang di-hadapi.

Keempat, relatif bebas dari rasategang dan menegangkan, sebabseorang guru ideal adalah sosokyang dapat bertindak lurus danmenyenangkan terhadap oranglain, dan dapat menjadi mediator,dan stabilisator bagi masyarakatumum.

Kelima, m e m p u n y a i s i k a ps u k a m e n o l o n g o r a n g l a i n .Pada pr insipnya guru i tu ha-rus tulus dan ikhlas memberi-kan perto longan kepada sia-pa pun yang membutuhkan-nya tanpa mengharapkan ba-las jasa. Keenam, dapat men-

gambil pelajaran dari kekecewaandan kegagalan. Dalam melaksa-nakan suatu keg ia tan , padaumumnya leb ih banyak d i te -mui kegaga lan dar ipada ke-berhasilan. Hal ini disebabkanapa yang akan dicapai selalum e r u p a k a n s e s u a t u y a n gbaru dan selalu diperbaharui olehperkembangan.

Untuk itu tidak perlu kegagalandihindari, akan tetapi kegagalanadalah keberhasi lan yang ter-t u n d a . S e b a b s e m a k i n b a -n y a k k i t a g a g a l b e r a r t i s e -mak in dekat dengan keber -hasilan pastinya.

Ketujuh, dapat menemukan pe-nyelesaian yang konstruktif darikeadaan yang saling berlawa-nan. Antara guru dengan pe-serta didik selalu ada sesuatuyang saling berlawanan, misal-nya guru ingin maju lebih cepat,sementara siswa ingin santaidalam belajar padahal masihbanyak materi yang belum tun-tas. Dalam kondisi seperti ini guruharus mampu mencari solusi yangbaik bagi semua.

Kedelapan, dapat mengembang-kan rasa kasih sayang yangsebesar-besarnya. Hal ini di-sebabkan keinginan guru selalumengharapkan siswanya lebihpintar dan lebih maju dari dirinya

sendiri tanpa batas.Penjelasan tentang cir i men-

ta l sehat , ada lah sa lah satutahapan kegiatan yang harusdimi l ik i dan d iaktual isasikanseorang guru yang ideal. Se-te lah itu juga harus memiliki danmengaktualisasikan syarat guruyang baik.

Pertama, cakap secara intele-ktual dan mengusai apa yang di-ajarkan dan punya kemampuanuntuk menganal isanya. Guruharus mampu berpenampi lanmenarik dan mempunya i ga-ya berpik i r maju, d is ip l in da-lam melaksanakan tugasnyaset iap har i , karena guru bu-kan sekedar pengajar melainkanjuga pendidik.

Guru harus mampu mundur se-langkah untuk maju beberapalangkah, ar t inya sete lah ke-g i a t a n y a n g d i l a k u k a n d i -anal isa sendir i sehingga me-ngetahui dimana kekuatan yangdilakukan, apa kelemahannya, danbagaimana solusi yang akan di-laksanakan.

Kedua, sabar terhadap orangyang baru belajar. Seorang guruharus menerima apa adanya siswayang mau belajar, harus meng-h i langkan rasa congkak dansok tahu. Guru harus memakaiprinsip rendah hati yang dimulaidari bawah dan konsisten me-nuju ke atas, walaupun dalamprosesnya banyak kendala yangdihadapai.

Ketiga, cakap dalam menyiapkanpekerjaan tanpa memaksakansecara mekanist is. Dalam halin i seorang guru ideal harusmempersiapkan administrasimenga ja r dengan ba ik , me-lengkap i a la t ban tu denganbaik , mempersiapkan metodayang cocok, sehingga dalamproses pembelajaran terjadi suatuhubungan dengan siswa yang har-monis tanpa ada paksaan atau te-kanan.

Keempat, punya pengetahuanyang baik tentang manusia per-orangan atau perkelompok. Dalam

hal ini guru ideal harus mempunyaipola pandang “positif thinking” ter-hadap siapa pun, karena segalasesuatu yang jelek ada baiknya.Kelima, menge tahu i k l i ennyayang paling menyukainya. Se-cara umum kl ien guru adalahsemua s iswa dan orang tua-nya, dalam hal in i guru idealharus bisa membaca apakahk l i e n n y a i t u p u a s a d e n g a nker janya a tau t idak , apakahguru i dea l i t u sudah sesua idengan apa yang menjadi tun-tutan mereka atau tidak.

Sehingga guru ideal bisa meng-evaluasi kalau kurang senangdimana letak kekurangannya,sehingga kedepan bisa men-jadi guru sesuai dengan hara-p a n k l i e n n y a i t u . K e e n a m ,p u n y a v i s i d a n p a n d a n g a nk e d e p a n . Dalam hal ini guruideal harus mengutamakan ke-berhasilan anak didiknya yangmenjadi terdepan.

Setelah melewati ciri mental se-hat dan syarat guru yang baik,seorang guru tidak harus mam-pu untuk mengembangkan po-tensi siswa yang mencakup ke-pada potensi spiritual. Namundalam hal ini guru harus mampumenghadapkan Tuhan dalamkegiatan apapun dengan melaku-kan baca doa sebelum dan se-sudah belajar tentunya.

Kemudian, seorang guru ha-rus mengembangkan potensip e r a s a a n y a n g m e n c a k u ppengendalian emosi, menger-ti tentang perasaan orang lain,s e n a n g b e k e r j a s a m a , m e-nunda kepuasan sesaat danharus berkepribadian stabil. Se-lain itu juga harus mengembang-kan potensi social sepet i se-nang berkomunikas i kepadasemua lapisan dan senang bekerjasama.

Selanjutnya harus mampu me-ngenbangkan potensi Jasmaniseperti sehat, dan tahan terhadapcuaca serta mampu bekerja keras.Setelah itu harus mematuhi kodeetik guru pastinya. (kin)

Dosen Belum S2 Bisa Ikut SertifikasiWajib Mengajar12 SKS Persemester

dek di 4C lantaran belum ber-kualifikasi S2. Mereka inilahyang rencananya ditampungdengan adanya PP baru. Ken-dati demikian, peraturan baruitu tidak berlangsung sela-manya. Masa transisi peratu-ran itu hanya berlaku limatahun. “Terhitung sejak PPini terbit (2009, Red) hing-ga 2013. Sebab, pada 2014se m u a d o s e n h a r u s b e r -kualifikasi S2,” terangnya.

Haris menjelaskan, meskiperaturan itu sudah keluardan memberi peluang bagidosen yang belum S2 untukikut sertifikasi, namun realisa-sinya belum bisa tahun ini.Sebab, kuo t a s e r t i f i k a s i2 0 0 9 s u d a h d i t e n t u k a nd a n h a n y a m e n s y a r a t k a nbagi dosen yang sudah S2.“Artinya mereka yang be-lum S2 t ap i ingin ikut ser-tifikasi baru bisa tahun depan.Karena yang kuota 2009 sudahkami kirim,” terangnya.

Dalam PP itu juga disebutkan,masa transisi agar semua dosen

harus berkualifikasi S2 dan lu-lus sertifikasi adalah 10 tahun.Artinya, pada 2019 mendatangsemua dosen diseluruh negeriini harus sudah bersertifikatpendidik. Jika pada 2019 se-orang dosen belum juga S2 danlulus sertifikasi, maka ada be-berapa konsekuensi.

Pertama, dosen yang ber-sangkutan bisa dipindahkanke bagian non akademik. Mi-salnya, dipindah ke bagianadmnistrasi. “Status PNS-nyatetap dan tidak dipecat, hanyadipindah ke non akademik,”ujarnya. Kedua, jabatan fung-sionalnya bisa dicabut. Prak-tis, kata Haris, dosen yang ber-sangkutan tidak mendapat tun-jangan fungsional yang me-lekat pada gaji.

Lebih lanjut Haris menjelas-kan, bagi dosen yang sudah lu-lus sertifikasi akan mendapattunjangan profesi dengan be-berapa syarat. Yaitu, mengajar12 SKS per semester yang me-liputi tri dharma pendidikan.Yakni, pendidikan, penelitian,

dan pengabdian masyarakat.Artinya, kata Haris, 12 SKSyang disyaratkan itu tak ha-nya dalam bentuk pengaja-ran, tapi juga penelitian danpengabdian. “Mereka harusmengajar di perguruan ting-gi tempat mereka bertugas. 12SKS itu tidak terhitung jikamereka mengajar di luar,” jelas-nya.

Sementara itu, bagi guru besardiberi beban 9 SKS. Jika merekatidak memenuhi syarat itu,maka mereka tidak akan men-dapat tunjangan profesi, tun-jangan gubes, maupun tunja-ngan kehormatan. “Kalau me-reka aktif diluar juga tidak akandapat,” ujarnya.

Untuk pimpinan perguruantinggi seperti rektor hingga pe-jabat jurusan juga tetap di-bebani mengajar 3 SKS per se-mester. “Bedanya kalau pimpi-nan universitas hanya dibebanitugas mengajar saja. Tidaktermasuk penelitian maupunpengabdian masyarakat ,”ungkapnya. (jpnn)

JAKARTA - Terbitnya PP 37tahun 2009 t en tang dosen ,tak hanya membawa angins e g a r t e r k a i t p e n c a i r a nt u n j a n g a n p r o f e s i . N a -m u n , p r o d u k h u k u m i t uj u g a m e n g a t u r s e j u m l a haturan baru dalam pelaksa-naan sertifikasi dosen. Salahsatunya, dosen yang belumbergelar S2 bisa ikut programsertifikasi. Syaratnya, berusia60 tahun dan memiliki masakerja 20 tahun.

Ketua tim sertifikasi dosenUnesa Prof Haris Supratno men-jelaskan, dengan adanya PPtersebut, peserta sertifikasi dos-en tak harus berkualifikasi S2.“Kalau dulu kan harus S2. Pada-hal, saat ini masih banyak do-sen yang belum S2, tapi masamengajarnya sudah lama,” te-rangnya.

Saat ini, kata Haris, banyakdosen yang golongannya man-

P.Simamora,SPdWakil Kepala SMPN 7 Kota Jambi

P.Simamora

n ADVERTORIAL

Page 21: Jambi Independent edisi 22 Juni 2009

senin , 22 juni 2009 Jambi Independent

Page 22: Jambi Independent edisi 22 Juni 2009

Jangan PanikPENGEN lulus masuk ke Perguruan Tinggi

Negri? Banyak hal yang harus dipersiapkan so-bat. Nah, biar sobat bsia lulus denganmulusnya…ikuti dech tips dari Biy berikut ini :

1. Tentukan Pilihan. Sobat harus udah tau maumemilih universitas mana, dan jurusannya apa.Pokoknya jangan sampai salah jurusan dechsobat…gawaaats….

2. Ikuti Try Out. Try out enggak hanya diiku-ti untuk ujian nasional, tapi juga tersedia un-tuk ujian masuk perguruan tinggi. Nah, kunc-inya emang harus rajin belajar sobat.

3. Jangan Panik. Saat ujian akan berlangsung,sobat enggak boleh panic. Harus tetap santai tetapimasti dalam menghadapi berbagai soal yang meng-hantam jiwa dan raga sobat hohoho…. (viz)

Biaya Lebih MurahSETELAH melewati ujian

nasional dan dinyatakan lulussebagai siswa SMA, masih adabeberapa jenjang pendidikanlagi yang harus mereka hada-pi. Perguruan

tinggi merupa-kan salah satupilihan pendidi-kan yang bisadipilih selainpendidikan keter-ampilan yangsudah cukup ban-yak tersedia di In-donesia. Alang-kah baiknya jikamereka bisa diter-ima diperguruanTinggi Negri. Inikarna mengingat biaya PTN lebih murahjika dibandingkan dengan swasta. Jadi, parsiswa memang harus terus berjuang danbelajar agar bisa berhasil mendapatkantempat duduk dan terdaftar sebagai salasatu siswa di PTN tersebut. (viz)

Dra. Siti AminahKepsek MTS Alhidayah

HARUS NGINCERPTN NECH…

HAMPA

Pantang Menyerah…SOBAT lagi sibuk mempersiapkan untuk

masuk PTN? Pastinya banyak banget persia-pannya. Udah selesai mempersipakan ujianuntuk kelulusan SMA, sekarang harus mem-persiapkan kelulusan untuk masuk pergu-ruan tinggi negri. Yang pastinya seumurhidup kita emang harus terus belajar en be-lajar terus dech sobat.

Satu hal yang perlu sobat ketajhui adalah

jangan sampai salah jurusan. Maksudn-ya bukan jurusan Mandalo, simpang ka-wat en rawasari yow…Memilih jurusandengan background pendidikan yangenggak sobat kuasai sama sekali. So, ten-tukan pilihan yang terbaik (38,6 persen). JAn-gan lupa pilih PTN yang berkualitas (36 per-sen). Ini agar nantinya kita juga bisa lulusmenjadi manusia-manusia yang berkua-

litas dan menjadi kebanggaan orang tua.Yang terpenting kita udah berusaha, jangan

ampe meneyrah di pertengahan jalan (25,4persen). So,kalau akhirnya sobat enggak ma-suk or enggak lulus PTN, sobat bisa terusberkarya en meraih mimpi dengan masuk per-guruan swasta. Meskipun mengeluarkan danayang agak mahal, tapi yang terpenting kitabisa tetap terus belajar en belajar. (viz)

BIY

Robb…………………..Aku alpa dalam gelapmuAku lalaiHawa nafsu ada dalam kemenangan

Robb………………..Illahi Robbi………..Beri ampunanmuPada kebohongganku

Robbiku…………….Kini aku bosanDengan kekosongankuHari-hariku ada dosaAda munafik.

Robb…………..Ampuni aku ya robbiAku ingin kembali,Kembali kejalanmuMenuju RidhomuIllahirobbi.

SENIN, 22 JUNI 2009

THINK IT

FUN TAK TIK

PROFILUSIA JENIS KELAMIN

JUMLAH RESPONDEN

PENDIDIKAN

COWOK 20 %

CEWEK 80 %

100 Siswa dan Mahasiswa

Perguruan Tinggi di Jambi

S1 30 %

SMA 70 %

13-15

tahun

(11,90 %)

16-18

tahun

(79,77 %)

19-21

tahun

(8,33 %)

PUNYA KISAH?

Siswa SMA/SMK dan MA serta mahasiswa juga dapatberbagi kisah gaul dan pengalaman menarik, unik danberharga lewat tulisan di Bianglala! Tulisan kamu harussesuai tema minggu depan:

Korban IklanModel Tas

Ungkapkan Rasa Meski Tak JadianKetemu Teman LamaKu Tunggu Jomblo mu

Panjang tulisan tidak lebih dari 1 halaman kuarto dike-tik dengan spasi 1,5. Tulisan harus diterima Bianglalapaling lambat pada 30 Agustus 2008 di Lantai II GrahaPena Jambi (Kantor Jambi Independent) Jalan Jender-al Sudirman No. 100, Tehhok, atau kirim melalui [email protected]. Sertakan foto (dilarangpakai pas foto) sertai, biodata lengkap dengan alamatsekolah atau kampus dan alamat rumah.

The Crew

Minul-Palcomtech

Opi-SMA Unggul Sakti

Melda-SMAN 8

Riko-Stephen

WINDA-SMAN 6

Diana-Poltekkes

Dini-PGRI 2

Riski-SMAN 9

Qori-SMAN 2

Cholida -MAN Model

Minul-SMAN 8 Cholida -Man Model

[email protected]

lakuin yah… Juga ama 92,1persen sobatBiy yang udah tamat SMA. Ini karena lep-as dari SMA kita bisa masuk ke Universitasyang udah lama kita incer. Ngelepasin se-ragam, nggak pake ngantuk-ngantuk up-acara di hari senen, jam kuliah bisa diatursendiri, dan dianggap udah dewasa. Hal itusemua udah barang tentu ada di khayalankita kalo udah jadi civitas academia uni-versity kelak.

Tapi oooppp… tunggu dulu Sob, sebelumkita berpikran yang muluk-muluk kayakgitu, ada satu hal kecil yang penting untukkita pikirin sekarang-sekarang ini. Ya itutadi, UMB itu. Ujian keramat bagi kita un-tuk mewujudkan impian di kuliah kelak.Ada banyak hal yang mesti kita persiapkanuntuk ngadepinnya. BELAJAR. Yak! Pent-ing tuh… udah lama libur dari sekolah jan-gan bikin kita lupa buat belajar dunk…belajar itu adalah kebutuhan sepanjangmasa sob… dan jangan lupa nyari-nyariinfo tentang PTN yang mau dijajal. Cari taumau masuk jurusan apa, maunya ambuljenjang pendidikan apa, maunya kampusyang kayak gimana. Tapi jangan banyakmaunya dulu, harus disesuaian ama ke-mampuan kita juga. Terutama kemampuanotak dan financial. “Iya nech, mana harusngambil bimbel lagi untuk tes masukPTN….belajar teyyyusss,”curhat Qori dariSMAN 2 kota Jambi ini.

Seperti yang dilakukan ama 47,5 persensobat Biy yang selalu mencari berbagaiinformasi tentang semua PTN yang ada.Selain itu juga harus rajin belajar 33 pers-en). Pokoknya melakukan semua persiapan(19,5 persen). “Yang penting bisa ngelan-jutin pendidikan aku dech. Yang penting us-aha dulu masuk PTN, kalau gak lulus baru dechmasuk swasta. Yang penting usaha dulugithue,,,..,”ujar Sinta yang lagi sibuk me-nyiapkan ujian untuk masuk PTN ini. (viz)

Belajar Lagi Nyok!!!milihnya UGM ama UIN… he-hehe, kanapa mesti nyiapin duaPTN? Ya iyalah… kalo aku yah,UGM tuh pilihan pertama, soal-nya siapa juga coba yang gakmau masuk salahuniversitas yangmasuk dalam 400univ terbaik se-dunia ini. Sedan-gkan UIN tuh buatin case kalo-kaloaku nggak tembus UGM…

Karena sekolah impian itu ter-masuk favorit, mau nggak mau

JUNI adalah bulan yang penuhcobaan. Gimana nggak, di bu-lan ini kita ditentuin lulus atonggaknya, selain tu juga di bu-lan ini juga kita nyari PTN manayang bakal disambangi n dija-diin langkah lanjutan pendidi-kan kita…

Umumnya pendaftaran PTNdah dimulai dari Mei, tapi un-tuk jalur SENAMPTN varu di-buka bulan Juni ini. Maka dariitu, sedari sekarang-sekarangini aku udah ngincer nih maumasuk mana aja. Kalo aku sih

aku mesti belajar ekstra nih…dari sekarang udah mualaibuka-buka buku lagi, ngebia-sain otak buat belajar lagi.Soalanya habis uN kemarin

praktis jarangbanget belajarlagi, hehehe…

Gak itu ajapersiapannya,persiapan men-tal juga penting.

Aku nggak lupa berdo’a danminta restu orang uta juga. Se-lain itu juga makin rajin nyari-

nyari info soal PTN-PTN yangdiincer itu. Kan semakin bany-ak info semakin banyak tahucelahnya gitu…

Buat temen-temen juga jan-gan berenti nyari sekolahyang bagus buat lanjutin pen-didikan kita yah… siapa tahukita ketemu di UGM… hehe-he, moga aja. Ami i innn…(CHOLIDAH)

AYAMAN MODEL JAMBI

����������

Pilih Yang Terbaikdan Berkualitas

BAGI sobat Biy yang udah lulus SMAnech, ini saat yang paling penting dunk.Secarra gitu di bulan inilah kita bakal ujianlagih… Hiks… ujiaaan mulu yah… ka-ciaann… tapi, it’s okey dunk… karenaujian yang bakalan diikutin dibulan iniadalah ujian yang sangat penting. Yangberpengaruh pada masa depan kita, yaituUMB (Ujian Masuk Bersama) ato ada jugayang ikut SENAMPTN (Seleksi nasionalMasuk PTN) ato ada juga yang nimbrung-nya ke USM (Ujian Seleksi Masuk) buatyang udah nentuin banget bakal masukmana.

Berburu PTN jelas lagi giat-giatnya di-

TASBIHCINTAKU

Aku bersujud padamuManakalah cinta menyentuhkuAda bayanganmu hadir dalamdzikirku

Manis……………Tahukah kau dalam tasbihkuKu minta padanya agar kaulah be-

lahankuManis mari mendekat padaku

Mari sayang……..Kita bersatu dalam keagungancinta Illahirobbi.

ALUNAN ADZANNazib…………………Kau melangkah dengan cintakehadapannya

Nazib…………….Kalimah allah yang merduMengalun syahdu dibibirmuMembuat akuTersentak dari selimut hina

Nazib……………Alunan adzanmuMenjadikan akuTersentak,terenyuk,malu,dan menggetar.

Nazib………………..Kau sadarkan aku dari dosa shubuhYang selalu tertundaKau bangunkan cintaku padanyaDengan alunan adzan yang terindahDari bibirmu……………..

SUCY DARAMITAUNIVERSITA JAMBI

Sobat lebih suka ngincerPTN,(bagi yang maukuliah]?Iya 92,1%Enggak 7,9%

Kenapa?Lebih murah 40,4%Lebih berkualitas 22%Pilihan orang tua 37,6%

Yang kamu lakukan?Cari berbagai informasisemua PTN 47,5%Rajin belajar buatSENAMPTN 33%Lakukan berbagaipersiapan 19,5%

Reaksi orang disekitarmu?Biasa aja 27%Kasih nasehat 37,8%Support banget 35,2%

Kalau enggak kenapa?Enggak ada biaya 22%Langsung nyariswasta aja 40,2%Belum memilih 37,8%

Menurut kamu tentang seseorangyang lagi ngincer PTN?Tentukan pilihan yang terbaik 38,6%Pilih PTN yang berkualitas yow 36%OAntang menyerah…terusberusaha ya 25,4%

Page 23: Jambi Independent edisi 22 Juni 2009

Jambi Independentsenin , 22 juni 2009

Page 24: Jambi Independent edisi 22 Juni 2009

Jambi Independent All SportSENIN, 22 JUNI 2009

Mosas Loloske Putaran Regional

PIALA SURAPIALA SURAPIALA SURAPIALA SURAPIALA SURATINTINTINTINTIN

JAMBI – Pupus sudah hara-pan Persisko KabupatenMerangin berlaga di putaranregional Liga Remaja U-182009 mendatang. Kekalahantipis 0-1 (0-0) dari Mosas padapartai semifinal di Stadion TriLomba Juang, kemarin petang,membuat Laskar Ujung Tan-jung muda (julukan Persisko)itu harus angkat koper.

Libero andalan Mosas YudiPriyono menjadi biang keg-agalan Persisko kali ini. Dialahyang mencetak satu-satunyagol di laga kemarin untuk Mo-sas. Gol Yudi ini berawal daritendangan bebas Edo di luarkotak 16, mengarah tepat kegawang Persisko. Memang,kiper Persisko Husni dapat

mengantisipasi bola yang dile-sakan Edo itu.

Namun tangkapannya kurangsempurna. Akibatnya bolayang ditangkap lepas dankembali liar. Melihat itu, Yudiyang tanpa kawalan pemainPersisko langsung menyambarhingga membuat jala gawangPersisko bergetar hebat.

Tertinggal satu kosong, Per-sisko langsung mempeketatserangannya. Beberapa pelu-ang emas pun berhasil merekaciptakan. Namun peluangtersebut selalu gagal mem-buahkan hasil.

Kalau tidak kandas dibarisanpemain belakang dan di-tangkap kiper Mosas Juwiyan-to, bolanya keluar lapangan.

Begitulah seterusnya.Sampai peluit panjang ter-

dengar, Persisko tetap gagalmenyamakan skor. Alhasil, Su-laiman dkk harus pulang den-gan kepala tertunduk. Sebagi-an besar pemain bersedih. Mak-lum, tiket final di depan matamereka sirna begitu saja.

“Kami sebenarnya bisa me-menangi laga ini. Tapi, ternya-ta Mosas lebih baik dari kami,”kata pelatih Persisko Yusranusai pertandingan. “Kelemah-an anak-anak adalah penyele-saian akhir yang kurang sem-purna. Padahal, stamina lawansudah kedodoran dan sebe-narnya bisa banyak mencipta-kan gol,” tambahnya.

Yusran menambahkan fisik

pemainnya masih lebih baikdaripada Mosas. Begitu puladengan taktik permainan.“Tapi, tidak dimanfaatkan den-gan baik,” ujarnya.

Meski kurang memuaskanhasilnya, Yusran mengakutidak kecewa. Sebab, seluruhpemain telah bermain optimaldan gigih berjuang.

“Mereka ini masih dalam pros-es pematangan. Jadi, kekalah-an sangatlah wajar. Apalagidalam permainan tak lepas darikeberuntungan, kebetulanpertandingan ini Mosas yangberuntung,” bebernya.

Meski memenangi pertandin-gan kemarin, pelatih MosasUdin Siregar juga mengakuitimnya masih banyak kelema-

han. Dia menyatakan gol Yuditersebut karena blunder kiperPersisko.

“Kalau tangkapannya sem-

purna, mungkin pertandinganharus tambah waktu. Bisa-bisadituntaskan lewat adu penalti,”tuturnya.

Kelemahan yang mendasarkemarin adalah stamina pe-main. Akibatnya permainan

menjadi tak fokus.“Selain itu penyelesaian akhir

yang masih kurang sempurna.Pokoknya, kelemahan-ke-lemahan yang ada ini harussudah tuntas sebelum putaranregional,” pungkasnya.(dar)

LOLOS Dua pemain Mosas sedang berusaha meraih bola yang dikuasai pemain Persisko ke-marin di Stadion Tri Lomba Juang.

Matador Tak Terkalahkan

2 Spanyol v Afsel 0

SPANYOL kembali men-gukir rekor. Kemenangan 2-0atas Afrika Selatan (Afsel) diStadion Free State, Bloemfon-tein, kemarin dini hari bermak-na spesial bagi Spanyol. Berkatkemenangan itu, Matador ? ju-lukan Spanyol ? menyamai re-kor Brazil yang tak terkalahkandalam 35 laga berturut-turut.Carles Puyol dkk juga mence-tak rekor baru dengan menang15 kali beruntun.Prestasi itu melewatipencapaian Prancis,Brazil, dan Australia.

Dua gol kemenan-gan Spanyol dicetakDavid Villa padamenit ke-52 danFernando Llorente(72’). Tambahan tigapoin itu tidak hanya meman-tapkan posisi Matador di pun-cak klasemen akhir grup A den-gan nilai sempurna sembilandari tiga laga. Gawang juaraEropa itu pun tetap cleansheetalias tidak kebobolan.

Untuk sementara, Spanyoljuga menjadi tim palingproduktif di antara tujuh kon-testan Piala Konfederasi 2009.Mereka memasukkan delapan goldari tiga laga dan tanpa kebobolan.Pada babak semifinal, Matadormenunggu runner-up grup B yangbaru diketahui dini hari tadi.

Duel Spanyol kontra Afselberlangsung di tengah cuaca 11derahat celcius. Di awal laga,Matador sempat kerepotan me-nembus ketatnya bentengBafana Bafana yang dikoman-doi Aaron Mokoena. Kolabo-

rasi dua gelandang Cesc Fabre-gas dan Xavi Hernandez takmampu memberikan peluangbagus bagi duet striker SpanyolFernando Torres-David Villa.

Hingga turun minum, BafanaBafana mampu menahan Mat-ador 0-0. Dua kartu kuning di-jatuhkan wasit Pablo Pozo dariCile kepada pemain Afsel Mac-Beth Sibaya dan Raul Albiol(Spanyol).

Enam menit babakkedua berlangsung, wa-sit memberikan hadiahpenalti kepada Spanyolsetelah Mokoena men-jatuhkan Fabregas di ko-tak penalti. Kiper AfselItumeleng Khunetampil bagus denganmenggagalkan tendan-

gan penalti Villa. Khune sekalilagi menyelamatkan gawangketika menangkap bola mun-tah tendangan Villa yang dis-ambut Puyol.

Namun, Villa membayar ke-salahan dengan mencetak golpada menit ke-52. Itu gol keti-ga Villa di Piala Konfederasi2009. Dua gol lainnya disum-bangkan penyerang Valenciaitu saat Spanyol mengalahkanSelandia Baru dan Iraq. Span-yol menggandakan kemenan-gan lewat gol FernandoLlorente pada menit ke-72.

“Satu ujian dilewati. Kamimenunggu lawan dari runner-up grup B,” ujar Xavi, gelan-dang Spanyol, seusai laga. Bagipemain Barcelona itu, siapap-un lawan di semifinal jelas bu-kan tim yang lemah. (jpnn)

UNGGUL:David Villa meluapkan kegembiraan usai menjebolgawang Afrika Selatan.

Page 25: Jambi Independent edisi 22 Juni 2009

www.jambi-independent.co.id [email protected] n ECERAN: Rp. 3.500,-

Hazrin Nurdin menyapa tokoh HMM dengan ramah. Suasana penyerahan bantuan satu unit mobil ambulans.Hazrin Nurdin didampingi Sum Indra dan disaksikan tokoh HMM memotong pita mobil ambulans.

foto-foto:RolaNda HaSIbuaN/jaMbI INdepeNdeNt

SeNIN, 22 juNI 2009 Jambi Independenta . d . V . e . R . t . o . R . I . a . l

Ratusan undangan dari HMM jambi yang hadir.

Hazrin Nurdin terima tali Kasih dari Himpunan Masyarakat Minang

budi Setiadi

HaZRIN Nurdin bersama istri, Ade Mirawati, kembali mendapat simpati warga Kota Jambi. Kali ini rasa simpati itu datang dari masyarakat Jambi asal Minang, yakni Himpunan Masyarakat Minang (HMM) Jambi. Sambutan hangat ditunjukkan ratusan tokoh dan keluarga besar HMM yang hadir di rumah Hazrin Nurdin, Sabtu (20/6).

Hadir Ketua HMM Jambi Aslim Kusuma Sutan Sipado Basa , Syafri Sofyan, Risnal Mawardi, Arman Syafaat, Anas Muktar, Tamar Tarewe, Dasril Gani, dan

Amri Ramli. Sebagai tanda erat­nya silaturahmi, Aslim Kusuma memberikan tanda tali kasih kepada Hazrin Nurdin didampingi Ade Mirawati.

Hazrin Nurdin pada sambutan­nya mengatakan, saat diskusi dengan tokoh HMM terungkap keinginan membeli mobil ambu­lans sebagai sarana pelayanan kesehatan seluruh keluarga besar HMM di Provinsi Jambi.

“Tujuan untuk silaturahmi de­ngan masyarakat Jambi asal Minang dan pembelian ambulans adalah swadaya bersama. Saya

berharap ambulans ini dapat membantu anggota HMM dan masyarakat luas yang membutuh­kan,” ungkap Hazrin Nurdin.

Sementara, menurut Aslim Kusuma, Hazrin Nurdin adalah putra kelahiran Muarasabak yang mempunyai pertalian darah Minangkabau, yakni keturunan bangsa dari Kalbu 12 keturunan Putri Selaras Pinang Masak dari Pagaruyung dengan bersuami­kan Ahmad Barus (Dt Paduko Berhalo). “Jadi Hazrin Nurdin juga keturunan Kalbu 12,” jelas­nya. (lan) Hazrin Nurdin dan ade Mirawati.

Hazrin Nurdin

didampingi ade Mirawati

menerima tanda tali

kasih dari HMM yang

disemat-kan aslim Kusuma.

Hazrin Nurdin dan Sum Indra bersama tokoh HMM jambi. Hazrin Nurdin dan ade Mirawati bersama tokoh HMM jambi.

Wali Kota buka pelatihan aparat WalI Kota Jambi dr HR Bambang

Priyanto, Jumat (19/6) sekitar pukul 09.00 WIB, membuka pelatihan apa­rat dalam perencanaan penataan ruang tahun 2009 yang diadakan Dinas Tata Ruang dan Perumahan Kota Jambi.

Hadir Kepala Dinas Tata Ruang dan

Perumahan Kota Jambi Rahman Lani, Kepala BKPMD Provinsi Jambi Sahut Hilser Sihite, Kabag Humas Subhi ber­sama staf, yakni Yasir, Hidayat, Mulyadi, dan peserta pelatihan.

Bambang Priyanto pada amanatnya mengharapkan peserta mengikuti pelati­han dengan sebaik­baiknya. “Penataan

kota yang baik dan terencana akan menciptakan keindahan Kota Jambi. Untuk mewujudkan itu, saya mengimbau warga Kota Jambi ikut serta menjaga kebersihan dan keindahan,” ujarnya. Bambang Pr iyanto se lan ju tnya menyematkan tanda peserta secara simbolis. (lan)

Kanan, Rahman lani, bambang priyanto, dan Saut Hilser Sihite.

bambang priyantobambang priyanto didampingi Rahman lani memasang tanda peserta secara simbolis.

bambang priyanto membuka pelatihan. para peserta pelatihan yang hadir. foto-foto:RolaNda HaSIbuaN/jaMbI INdepeNdeNt

pemkab Merangin dan Koako berkomitmenberantas Korupsi

Nalim

peMKab Merangin bekerja sama de­ngan Koalisi Antikorupsi (Koako) meng­gelar penandatangan pakta integeritas satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan para kontraktor di Merangin. Acara tersebut bertujuan untuk pemberan­tasan korupsi. “Kita tidak main­main untuk memberantas korupsi, dan kita tidak memandang bulu siapa saja harus dihukum jika terbukti,” ungkap Bupati Merangin Nalim di Ruang Pola Setda Merangin kemarin (21/6).

Acara yang difasilitasi Inspektorat

Merangin itu menghadirkan pemateri Joko Prihardono dari BPKP, Kapolda Jambi yang diwakili Kapolres Merangin AKBP Hudit Wahyudi, dan Kejari Bangko Syafrudin Djamain.

Sementara itu, Ketua Koako Merangin Ampera mengatakan, Koako terbentuk atas komitmen tiga LSM di Merangin dalam pemberantasan korupsi. Ketiga LSM tersebut adalah LSM Gesid pim­pinan Djoko Wahyono, LSM Matras pim­pinan Damsir Karim, dan LSM Korupsi pimpinan Ampera.(ctr)

joko prihardono Hasan basri Harun ampera

Nalim saat menyampaikan kata sambutan.

Kiri, Suhaimi Surah, Hendri dunan, damsir Karim, serta djoko Wahyono. para pejabat SKpd Merangin yang hadir.

foto-foto:NoVadIaNSyaH/jaMbI INdepeNdeNt