j 010488389

10
August 2005 Pembiayaan Program Imunisasi > Penentuan biaya Contoh-contoh perhitungan biaya modal Judul Halaman 1. Bagaimana menghitung biaya kendaraan 2 2. Perhitungan biaya kendaraan: Contoh 3 3. Perhitungan biaya kendaraan: Tabel 4 4. Bagaimana menghitung biaya rantai dingin 5 5. Perhitungan biaya rantai dingin: Contoh 6 6. Perhitungan biaya rantai dingin: Tabel 7 7. Bagaimana menghitung biaya ruang gedung 9 Kunjungi website kami untuk melihat perubahannya: http://aim-e-learning.stanford.edu/ Hak Cipta © 2003-2005, Program for Appropriate Technology for Health (PATH). All rights reserved. Terminologi yang digunakan: Dokumen ini boleh dikaji, disarikan, diproduksi ulang dan diterjemahkan, baik sebagian ataupun seluruhnya, akan tetapi tidak untuk diperjual-belikan dan tidak untuk tujuan komersial.

Upload: ida-bagus-arsana

Post on 24-Nov-2015

5 views

Category:

Documents


1 download

TRANSCRIPT

  • August 2005

    Pembiayaan Program Imunisasi > Penentuan biaya

    Contoh-contoh perhitungan biaya modalJudul Halaman1. Bagaimana menghitung biaya kendaraan 22. Perhitungan biaya kendaraan: Contoh 33. Perhitungan biaya kendaraan: Tabel 44. Bagaimana menghitung biaya rantai dingin 55. Perhitungan biaya rantai dingin: Contoh 66. Perhitungan biaya rantai dingin: Tabel 77. Bagaimana menghitung biaya ruang gedung 9

    Kunjungi website kami untuk melihat perubahannya: http://aim-e-learning.stanford.edu/

    Hak Cipta 2003-2005, Program for Appropriate Technology for Health (PATH). All rights reserved.Terminologi yang digunakan: Dokumen ini boleh dikaji, disarikan, diproduksi ulang dan diterjemahkan, baiksebagian ataupun seluruhnya, akan tetapi tidak untuk diperjual-belikan dan tidak untuk tujuan komersial.

  • Bagaimana menghitung biaya kendaraan

    1. PendekatanMetoda ini menggunakan harga kendaraan sebenarnya dan membaginya denganperkiraan waktu bergunanya untuk mendapatkan perkiraan biaya rata-rata tahunan(atau angka anualisasi).

    2. Langkah-langkah:Langkah 1: Kumpulkan informasi mengenai total armada kendaraan yang digunakanuntuk program imunisasi menurut jenis kendaraan: mobil, kendaraan lapangan,motor, sepeda, perahu.

    Langkah 2: Dengan menggunakan laporan pengeluaran, tagihan atau kwitansipembelian kendaraan, atau lembar informasi produk UNICEF-WHO, berikan hargapembelian yang benar pada tiap jenis kendaraan. Apabila harga pembelian modeltertentu tidak diketahui, pakai harga rata-rata untuk kategori kendaraan tersebut.

    Langkah 3: Melalui wawancara dengan pengemudi, tentukan jumlah tahun bergunauntuk tiap kategori kendaraan. Jika informasi tidak tersedia, secara umum gunakan 5tahun untuk kendaraan, tergantung pada keadaan tiap negara (keadaan jalan,penggunaan). Kurangi dari angka untuk kendaraan dengan jumlah tiap jeniskendaraan yang lebih tua dari tahun berguna mereka. Catat bahwa pengurangan inihanya mengeluarkan dari perhitungan anda kendaraan yang seharusnya digantitetapi belum. Tidak berarti bahwa kendaraan ini tidak dipakai atau tidak dapat dijual,dan tidak berarti anda tidak membayar biaya pengoperasiannya (diperhitungkan dibagian lain).Langkah 4: Hitung total biaya modal tahunan kendaraan, dengan rumus berikut:

    Rata-rata biaya modal tahunan kendaraan menurut jenis = [harga satuankendaraan / jumlah tahun berguna ] x total jumlah kendaraan jenis tersebut yangdigunakan untuk imunisasi.

    Hati-hati! Dengan metoda ini, diasumsikan bahwa semua kendaraan adalahspesifik-program (digunakan 100% untuk layanan jasa imunisasi). Hanya jikasejumlah besar kendaraan digunakan bersama, gunakan persentase waktu yangdipakai untuk kebutuhan imunisasi dan dimasukkan ke dalam perhitungan (lihatcontoh Tabel di bawah).

    Tip! Biaya pemeliharaan kendaraan yang berulang dapat diperkirakan sebagaiproporsi biaya modal tahunan (sekitar 5%).

    Tunjukkan pada saya sebuah contoh

    Pembiayaan Program Imunisasi > Penentuan biayaContoh-contoh perhitungan biaya modal

    Advanced Immunization Management http://aim-e-learning.stanford.edu/ Halaman 2

  • Kembali ke: Kendaraan.

    Perhitungan biaya kendaraan: ContohDalam 4 tahun belakangan, program imunisasi anda telah membeli: 2 kendaraan lapangan (four-wheel drive) pada tingkat nasional, dan 1 untuk tiap

    wilayah (seluruhnya terdapat 8 wilayah). Harganya $25.000 untuk tiap mobil. 18 mobil, 2 untuk tiap wilayah dan 2 untuk tingkat nasional. Walaupun mereka

    berbeda modelnya, rata-rata sebuah mobil berharga $15.000. 100 motor; 20 di antaranya pada tingkat regional dan sisanya telah diberikan pada

    layanan tingkat kecamatan. Motor-motor ini digunakan untuk layanan outreach, tetapikarena imunisasi terintegrasi dengan jasa layanan kesehatan lainnya, diperkirakanbahwa hanya digunakan untuk imunisasi 50% dari waktu penggunaannya di tingkatkecamatan. Motor murah karena harganya hanya $800 tiap buahnya.

    Hampir semua wilayah kecamatan jalannya buruk, dan motor diperkirakan berumur 4tahun sebelum harus diganti. Kendaraan four-wheel drive biasanya berumur rata-rata 8tahun. Anda tidak pasti berapa lama umur mobil, jadi anda perkirakan selama 5 tahun.Biaya:

    Langkah 5: Biaya modal rata-rata tahunan kendaraan menurut jenisnya = [hargasatuan dari kendaraan / jumlah tahun berguna ] x total jumlah kendaraan jenis tersebutyang digunakan untuk imunisasi.

    a. Biaya modal tahunan rata-rata:

    Mobil 4-wheel drive = 25.000 / 8 x 10

    = $31.250

    b. Biaya modal tahunan rata-rata:

    mobil = 1500 / 5 x 18

    = $54.000

    c. Biaya modal tahunan rata-rata:

    motor = (800 / 4 x 20) + (800 / 4 x80 x 50%)= $12.000

    Total biaya modal tahunan rata-rata semua jeniskendaraan

    = four-wheel drive + mobil +motor

    = 31.250 + 54.000 + 10.000

    Pembiayaan Program Imunisasi > Penentuan biayaContoh-contoh perhitungan biaya modal

    Advanced Immunization Management http://aim-e-learning.stanford.edu/ Halaman 3

  • = $97.250

    Bagaimana saya mempresentasikan ini dalam tabel?

    Kembali ke: Kendaraan.

    Perhitungan biaya kendaraan: TabelPerhitungan Biaya Kendaraan

    A B C D AxB/CxD

    Kendaraan TotalKuantitas

    Rata-ratanilai(termasukpengiriman)

    Tahunberguna/Umurkendaraan

    % Waktuyangdigunakanuntukprogramimunisasi

    BiayaKeuanganTahunan

    TingkatNasional

    4WD 2 $25.000 8 100 $6.250

    Mobil 2 $15.000 5 100 $6.000

    Motor

    Sepeda

    Lainnya(tentukan)Tingkatregional

    4WD 8 $25.000 8 100 $25.000

    Mobil 18 $15.000 5 100 $48.000

    Motor 20 $800 4 50 $4000

    Sepeda

    Lainnya(sebutkan)Tingkatkecamatan(termasuk

    Pembiayaan Program Imunisasi > Penentuan biayaContoh-contoh perhitungan biaya modal

    Advanced Immunization Management http://aim-e-learning.stanford.edu/ Halaman 4

  • outreach)4WD

    Mobil

    Motor 80 $800 4 50 $8.000

    Sepeda

    Lainnya(sebutkan)

    TOTAL $97.250

    Dengan demikian, biaya modal tahunan rata-rata kendaraan dalam program andaadalah $97.250.Kembali ke: Kendaraan.

    Bagaimana menghitung biaya rantai dingin

    1. PendekatanMetoda ini menggunakan harga pembelian aktual peralatan rantai dingin danmembaginya dengan waktu bergunanya untuk mendapatkan perkiraan biaya rata-rata tahunan (atau angka anualisasi).

    2. Langkah-langkah:Langkah 1: Persiapkan daftar terperinci dari semua peralatan rantai dingin di negaraanda, menurut jenis peralatan (freezer, lemari pendingin, kotak pendingin, kotakpembawa vaksin, dst.).Langkah 2: Dengan menggunakan laporan pengeluaran, tagihan dan kwitansipembelian peralatan rantai dingin, atau menggunakan lembar informasi produkUNICEF-WHO, masukkan harga pembelian yang benar untuk tiap jenis peralatan.Bila harga pembelian model tertentu tidak diketahui, gunakan harga rata-rata untukkategori peralatan tersebut.

    Di mana saya mendapatkan informasi ini?

    WHO dan UNICEF mengeluarkan serangkaian lembar informasi produk secarareguler yang mendaftarkan semua spesifikasi dan harga peralatan rantai dingin.

    Langkah 3: Melalui wawancara dengan staf logistik dan perbaikan rantai dingin,tentukan jumlah tahun berguna untuk tiap kategori peralatan rantai dingin. Jikainformasi ini tidak tersedia, biasanya gunakan 5-10 tahun tergantung keadaan negaratertentu.

    Pembiayaan Program Imunisasi > Penentuan biayaContoh-contoh perhitungan biaya modal

    Advanced Immunization Management http://aim-e-learning.stanford.edu/ Halaman 5

  • Langkah 4: Hitung total biaya modal kendaraan, menurut rumus berikut:

    Rata-rata biaya modal tahunan peralatan rantai dingin menurut jenisnya =[harga satuan dari peralatan rantai dingin / jumlah tahun berguna ] x total jumlahperalatan rantai dingin jenis tersebut yang digunakan untuk imunisasiLangkah 5: Ulangi langkah 4 untuk tiap jenis peralatan dalam program anda.Kemudian tambahkan semua sub total untuk menentukan biaya keseluruhan biayamodal tahunan untuk peralatan rantai dingin.

    Tip! Biaya pemeliharaan rantai dingin yang berulang dapat diperkirakan sebagai

    proporsi biaya modal tahunan rata-rata (sekitar 5%). Gunakan jumlah tahun berguna yang sama untuk jenis peralatan yang sama di

    seluruh analisis.

    Tunjukkan saya sebuah contoh

    Kembali ke: Peralatan Rantai Dingin.

    Perhitungan biaya rantai dingin: ContohSelama 6 tahun terakhir, program imunisasi anda telah membeli: 50 lemari pendingin. 4 ditempatkan di tingkat nasional dan 46 buah sisanya

    didistribusi ke tingkat regional (12) dan tingkat kecamatan (34). Harganya $1.500 tiapbuahnya. Manajer rantai dingin memperkirakan lemari pendingin dapat dipakaisampai 10 tahun pada tingkat nasional, 8 tahun untuk tingkat regional, tetapi hanya 5tahun di tingkat kecamatan.

    12 freezer, satu untuk tiap wilayah. Walaupun model barangnya berbeda, harga rata-ratanya sebesar $1.800. Dari pengalaman yang lalu, kemungkinan freezer akanmemiliki jumlah tahun berguna selama 15 tahun.

    200 kotak pembawa vaksin, yang semua digunakan pada tingkat kecamatan.Harganya $100 tiap buahnya, dan memiliki umur 10 tahun.

    Biaya:

    Biaya modal tahunan rata-rata peralatan rantai dingin menurut jenisnya = [hargasatuan peralatan rantai dingin / jumlah tahun berguna ] x total jumlah peralatan rantaidingin jenis tersebut yang digunakan untuk imunisasi

    Langkah 4:a. Biaya modal tahunan rata-rata:

    lemari pendingin = (1.500 / 10 x 4) + (1.500 / 8x 12) + (1.500 / 5 x 34)

    Pembiayaan Program Imunisasi > Penentuan biayaContoh-contoh perhitungan biaya modal

    Advanced Immunization Management http://aim-e-learning.stanford.edu/ Halaman 6

  • = $13.050

    b. Biaya modal tahunan rata-rata:

    freezer = 1.800 / 15 x 12

    = $1.440

    c. Biaya modal tahunan rata-rata:

    kotak pembawa vaksin = 100 / 10 x 200

    = $2.000

    Langkah 5: Total biaya = Biaya modal tahunan rata-rata (lemari pendingin +freezer + kotak pembawavaksin)= 13.050 + 1.440 + 2.000

    = $16.490

    Dengan demikian, biaya modal tahunan rata-rata peralatan rata-rata program anda$16.490Bagaimana saya mempresentasikan ini dalam sebuah tabel?

    Kembali ke: Peralatan Rantai Dingin.

    Perhitungan biaya rantai dingin: TabelPerhitungan Biaya Rantai Dingin

    A B C D AxB/CxD

    PeralatanRantaiDingin

    TotalKuantitas

    Nilai rata-rata(baru)

    Tahunberguna

    % Waktudigunakanuntukprogramimunisasi

    BiayaKeuanganTahunan

    TingkatNasional

    Ruangpendingin

    Lemaripendingin

    12 $1.500 10 100% $600

    Pembiayaan Program Imunisasi > Penentuan biayaContoh-contoh perhitungan biaya modal

    Advanced Immunization Management http://aim-e-learning.stanford.edu/ Halaman 7

  • Freezer

    Kotak dingin

    Kotakpembawavaksin

    Tingkatregional

    Ruangpendingin

    Lemaripendingin

    12 $1.500 8 100% $2.250

    Freezer 12 $1.800 15 $1.440

    Kotak dingin

    Kotakpembawavaksin

    Tingkatkecamatan(termasukoutreach)Ruangpendingin

    Lemaripendingin

    34 $1.500 5 100% $10.200

    Freezer

    Kotakpembawavaksin

    200 $100 10 $2.000

    Kotak dingin

    TOTAL $16.490

    Dengan demikian, harga modal tahunan rata-rata dari peralatan rantai dingin dalamprogram anda adalah $16.490Kembali: Peralatan Rantai Dingin.

    Pembiayaan Program Imunisasi > Penentuan biayaContoh-contoh perhitungan biaya modal

    Advanced Immunization Management http://aim-e-learning.stanford.edu/ Halaman 8

  • Bagaimana menghitung biaya ruang gedung

    1. PendekatanPerhitungan nilai ruang gedung berdasarkan perkiraan berapa biaya pembangunangedung baru dan sejenis.

    2. Langkah-langkah:Langkah 1: Kumpulkan informasi mengenai jumlah fasilitas kesehatan tetap dalamnegara menurut karegori (rumah sakit propinsi, puskesmas kecamatan, apotik, dantempat layanan kesehatan tetap lainnya).Langkah 2: Kumpulkan perkiraan biaya konstruksi untuk tiap jenis fasilitas kesehatan.Langkah 3: Biaya perabotan dasar dan peralatan rumah harus disertakan. Biasanyatambahkan 10% dari total biaya konstruksi untuk biaya perabot dan peralatan rumah.

    Langkah 4: Total biaya konstruksi untuk tiap fasilitas kesehatan, termasuk biayaperabot dan peralatan rumah, harus dianualisasi. Sebagai patokan, rata-rata jumlahtahun berguna untuk bagunan adalah 15-30 tahun.

    Langkah 5: Untuk membagi bagian biaya bangunan untuk imunisasi, alokasi waktupersonil untuk imunisasi dapat dipakai sebagai perkiraan kasar (lihat metodaperkiraan biaya personil berulang). Contohnya, jika 50% dari staf dari fasilitaskesehatan yang mewakili, menggunakan 20% dari waktu mereka untuk imunisasi,maka 10% dari nilai gedung diperuntukkan bagi imunisasi.

    Langkah 6: Hitung total biaya modal tahunan gedung, dengan rumus sebagai berikut:

    Biaya gedung (jumlah semua jenis) = total jumlah gedung x [biaya konstruksi /tahun berguna] x % ruang yang digunakan untuk imunisasi (diperkirakan melaluipersentase waktu staf).Tip! Jumlah tahun berguna dari gedung harus ditentukan berdasarkan keadaan lokal.

    Jika informasi tidak tersedia, gunakan 15 sampai 20 tahun untuk fasilitaskesehatan standar dan 20 sampai 30 tahun untuk rumah sakit besar.

    Bila keadaan biaya konstruksi atau biaya pembelian gedung tidak tersedia,pendekatan kasar dari biaya modal tahunan gedung dapat diperoleh dari tingkatlokal penyewaan gedung yang sama untuk satu tahun. Dalam kasus ini biayagedung akan terlihat seperti biaya berulang dan bukan seperti biaya modal tetapiharus dipertimbangkan sebagai biaya modal.

    Kembali ke: Ruang Gedung.

    Pembiayaan Program Imunisasi > Penentuan biayaContoh-contoh perhitungan biaya modal

    Advanced Immunization Management http://aim-e-learning.stanford.edu/ Halaman 9

  • Pembiayaan Program Imunisasi > Penentuan biayaContoh-contoh perhitungan biaya modal

    Advanced Immunization Management http://aim-e-learning.stanford.edu/ Halaman 10

    Contoh-contoh perhitungan biaya modalBagaimana menghitung biaya kendaraanPerhitungan biaya kendaraan: ContohPerhitungan biaya kendaraan: TabelBagaimana menghitung biaya rantai dinginPerhitungan biaya rantai dingin: ContohPerhitungan biaya rantai dingin: TabelBagaimana menghitung biaya ruang gedung