efektivitas menggunakan microsoft excel untuk menuliskan /memasukkan data 9. ... masuk ke dalam...

Download EFEKTIVITAS MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL   untuk menuliskan /memasukkan data 9. ... masuk ke dalam pengaturan Excel , ... mengatur format tampilan data angka yang tersimpan dengan cara :

Post on 06-Feb-2018

213 views

Category:

Documents

1 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • EFEKTIVITAS MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL 2007 DALAM MANAJEMEN PERKANTORAN

    Muhammad Syahril dan Beni Andika

    ABSTRAK Microsoft Excel 2007 adalah salah satu program aplikasi spreadsheet canggih yang populer dan terbaru serta banyak digunakan untuk membantu menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mempresentasikan data.Microsoft Excel 2007 memiliki perbedaan tampilan antar muka dari versi sebelumnya yaitu Microsoft Excel 2003.Microsoft Excel 2007 juga memiliki fungsi-fungsi yang lain seperti untuk mengatur format tanggal, waktu dan teks serta untuk memformat data statistik. Excel 2007 otomatis memformat data angka sesuai dengan format angka yang diketikkan. Kata Kunci: excel, spreadsheet A. PENDAHULUAN

    Microsoft Excel 2007 adalah salah satu program aplikasi spreadsheet canggih yang populer

    dan terbaru serta banyak digunakan untuk membantu menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mempresentasikan data.

    Microsoft Excel 2007 memiliki perbedaan tampilan antar muka dari versi sebelumnya Jika sebelumnya diperlihatkan tampilan antar muka pada Excel 2007 yang hampir sama dengan interface Excel 2003, berikut ini ditampilkan antar muka Excel 2007. Terdapat beberapa perubahan, terutama pada tampilan menu perintah yang tersusun sesuai dengan kategori masing-masing fungsi.

    Cells

    Range

    Office Assistant

    Judul Kolom

    Judul Baris

    Toolbar

    Formula Bar

    Task pane

    Gambar 1 Interface Excel 2007 yang hampir sama dengan interface Excel 2003

    Jurnal SAINTIKOM

    Vol. 6/ No. 1/ Januari 2009

    301

  • Muhammad Syahril dan Beni Andika: Efektivitas Menggunakan

    Jurnal SAINTIKOM Vol. 6/ No. 1/ Januari 2009

    302

    Keterangan Gambar:

    1. Microsoft Office Button

    Tombol menu yang berisi beberapa perintah pull down, seperti : New, Open, Save, Save As, Print, Close dan lain sebagainya.

    2. Quick Access Toolbar

    Merupakan toolbar yang berisi tombol-tombol perintah secara cepat. Tombol-tombol ini dapat ditambahkan maupun dihilangkan sesuai dengan keinginan kita

    3. Tittle Bar

    Berisi nama file yang sedang dibuka diikuti dengan nama aplikasinya. 4. Tab Ribbon

    Semacam toolbar yang berisi beberapa grup, dimana masing-masing grup terdiri dari berbagai perintah yang sudah diklasifikasikan sesuai fungsinya masing-masing.

    5. Group Berisi beberapa perintah yang sudah diklasifikasikan sesuai dengan fungsinya. Perintah-

    No Keterangan 1 Microsoft Office Button 2 Formula Bar 3 Quick Access Tolbar 4 Tittle Bar 5 Tab Ribbom 6 Cell Name Box 7 Cell 8 Group 9 Navigasi 10 Tap Spreadsheet 11 View Mode 12 Zoom Slider

    1 7

    6

    2 3

    5 8

    4

    10

    9 12 11

    Gambar 2 Interface Excel 2007 yang berbeda pada tampilan menu

  • Muhammad Syahril dan Beni Andika: Efektivitas Menggunakan

    Jurnal SAINTIKOM Vol. 6/ No. 1/ Januari 2009

    303

    perintah tersebut ditandai dengan gambar (ikon). 6. Cell Name Box

    Kotak yang digunakan untuk menuliskan nama sel atau menampilkan nama sel 7. Formula Bar

    Papan yang digunakan untuk menuliskan atau menampilkan formula yang terdapat di dalam sel.

    8. Cell Digunakan untuk menuliskan /memasukkan data

    9. Navigasi Digunakan untuk melakukan navigasi antar spreadsheet.

    10. Tab Spreadsheet Digunakan untuk melakukan navigasi antar spreadsheet.

    11. View Mode Digunakan untuk mengatur mode tampilan

    12. Zoom Slider Digunakan untuk memperbesar atau memperkecil suatu tampilan lembar kerja.

    B. MENGATUR RUANG KERJA EXCEL

    Sebelum anda memulai bekerja menggunakan Excel, anda dapat melakukan pengaturan lingkungan Excel secara mandiri itupun jika diperlukan. Untuk masuk ke dalam pengaturan Excel , caranya sebagai berikut.

    - Klik tombol Microsoft Office Button - Akan muncul kotak dialog menu, pilih Excel Options.

    Gambar 3 Memilih tombol Microsoft Office Button

    Gambar 4 Interface Excel 2007 yang berbeda pada tampilan menu

    New, untuk membuka lembar kerja (spreadsheet) baru.

  • Muhammad Syahril dan Beni Andika: Efektivitas Menggunakan

    Jurnal SAINTIKOM Vol. 6/ No. 1/ Januari 2009

    304

    Open, untuk membuka spreadsheet yang telah tersimpan sebelumnya Save, untuk menyimpan spreadsheet yang aktif Save as, untuk memberi nama baru pada spreadsheet sekaligus dapat menyimpannya

    ke dalam format penyimpanan yang lain Print, digunakan untuk mencetak spreadsheet yang sedang aktif. Prepare, untuk melakukan beberapa pengaturan permulaan sebelum membuat

    spreadsheet. Close, untuk menutup spreadsheet yang sedang aktif. Excel Options, untuk melakukan pengaturan lingkungan Excel Exit Excel, keluar dari Excel. Recent Documents, berisi daftar-daftar dokumen yang terakhir kali

    digunakan/disunting 1. Memindahkan Penunjuk Sel

    Memindahkan penunjuk sel ke posisi tertentu dapat dilakukan dengan meng-klik alamat sel yang diinginkan atau dengan menggunakan keyboard. Penunjuk sel juga dapat dipindahkan dengan menggunakan perintah GO TO (F5)

    2. Memasukkan Data Kelembaran Kerja

    Ada berbagai jenis data yang dapat dimasukkan ke dalam lembar kerja, yaitu teks, nilai, tanggal dan jam. Nilai adalah data yaitu berupa angka atau rumus. Setiap data yang diawali oleh karakter berikut ini adalah nilai : 0,1, 29 atau +, -, =, $, # dan @. Data yang diawali dengan karakter huruf atau lambang-lambang yang tidak tercantum diatas akan diperlakukan sebagai teks.

    3. Memperbaiki Kesalahan.

    Untuk memperbaiki kesalahan pengetikan pada lembaran kerja Excel dapat dilakukan dengan menekan tombol F2 pada posisi sel yang diinginkan.

    4. Range

    Range adalah satu grup sel yang bersebelahan. Range diberi nama menurut alamat sel di ujung kiri atas sampai dengan ujung kanan bawah. Untuk memproses suatu range terlebih dahulu harus menyorot range tersebut.

    5. Kumpulan Data Kumpulan data atau dalam istilah Excel disebut Data Series adalah sejumlah data yang memiliki kesamaan, seperti nama-nama bulan, nama-nama hari, tahun dan lain-lain. Anda dapat memasukkan aneka kumpulan data mulai dari teks, angka, sampai waktu secara otomatis dengan memanfaatkan fasilitas AutoFill yang terdapat di dalam Excel.

    6. Menyisip Kolom, Baris, Sel

    Pada suatu saat mungkin diperlukan untuk menyisipkan sel, baris atau kolom baru pada lembar kerja. Terutama apabila Anda ingin menyisipkan data baru yang terlewatkan atau tidak terketikkan pada suatu sel, baris atau kolom. a. Menyisip Kolom

    Untuk menyisip kolom, klik judul kolom yang akan disisip kemudian klik menu Insert, Columns.

    b. Menyisip Baris Seperti pada saat menyisip kolom, klik judul baris, kemudian klik menu Insert, Row.

  • Muhammad Syahril dan Beni Andika: Efektivitas Menggunakan

    Jurnal SAINTIKOM Vol. 6/ No. 1/ Januari 2009

    305

    c. Menyisip Sel Untuk menyisipkan sel atau range maka pilih sel atau range tempat sel yang baru akan disisip, klik kanan, pilih insert. Shift Cells Right : Menyisip sel yang baru dan memindahkan sel yang aktif disebelah

    kanan sel. Shift Cells Dows : Menyisip sel yang baru dan memindahkan sel yang aktif disebelah

    bawah sel. Entire Row : Menyisip baris. Entire Column : Menyisip kolom.

    7. Menghapus Kolom, Baris, Sel

    Untuk menghapus baris atau kolom, klik judul baris atau kolomnya, kemudian klik kanan, Delete. Untuk menghapus sel, pilih sel atau range yang akan dihapus kemudian klik kanan, Delete. Pada kotak dialog tentukan pilihan penghapusan.

    8. Memindahkan Data

    Memindahkan data berarti menghapus data pada tempatnya dan meletakkannya di tempat lain, memindahkan data dapat dilakukan dengan menggunakan : Memindahkan data melalui clipboard. Memindahkan data dengan menggunakan mouse.

    9. Menyalin Rumus Dengan Alamat Absolut

    Menyalin dengan menggunakan rumus alamat absolut yaitu menyalin alamat yang selalu menunjuk ke sel yang sama, kemanapun rumus tersebut disalin. Untuk mengabsolutkan suatu sel dapat dilakukan dengan menekan tombol F4.

    10. Menyalin Atau Memindahkan Data Ke Lembar Kerja Lain

    Pada suatu kebutuhan kita memerlukan untuk memindahkan atau menyalin data dari satu lembar kerja ke lembar kerja yang lain, hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan tombol Alt dan Ctrl.

    11. Menyisip dan Mengganti Lembaran Kerja

    Excel memberikan fasilitas istimewa yang memungkinkan bekerja dalam lembar kerja 3D (tiga Dimensi). Misalnya mengetikkan data pada lembar kerja pertama (Sheet1) kemudian akan mengolahnya pada lembar kerja kedua (Sheet2) dan dapat juga mengganti nama lembaran kerja tersebut sesuai dengan yang diinginkan atau memindahkan susunan lembaran kerja sesuai dengan kebutuhan.

    12. Menggunakan Rumus

    Operator hitung yang digunakan pada rumus, diantaranya : + (Plus) : Penjumlahan. - (Minus) : Pengurangan. * (Multiply) : Perkalian. / (Divide) : Pembagian. ^ (Exponentiate) : Perpangkatan.

    13. Derajat Urutan (hirarki) operator hitung sebagai berikut :

    Pertama : ( ) Kedua : ^

  • Muhammad Syahril dan Beni Andika: Efektivitas Menggunakan

    Jurnal SAINTIKOM Vol. 6/ No. 1/ Januari 2009

    306

    Ketiga : * atau / Keempat : + atau

    14. Mengatur Format Tampilan Angka

    Excel 2007 otomatis memformat data angka sesuai dengan format angka yang diketikkan dan jika diperlukan dapat juga mengatur format tampilan data angka yang tersimpan dengan cara : klik kanan format cells

    Gambar 2.1 Kotak Dialog Pengaturan angka pada kotak dialog Format Cell

    General : Menghilangkan pengaruh format angka yang ada pada suatu cells. Number : Format desimal. Currency : Format mata uang. Accounting : Format perataan un

Recommended

View more >