Doa Doa Dari Al Quran (1)

Download Doa Doa Dari Al Quran (1)

Post on 23-Dec-2015

28 views

Category:

Documents

7 download

TRANSCRIPT

Doa-doa mujarrob dari Al-Quran

Audhubil Laahi minasy syaitloonir rijiim

Bismillaahir rochmaanir rochiim

Assalaamualaikum w.w.

Doa-doa Mujarrob dari Al-QuranBerdoa dari al-Quran berarti kita mengikuti doa-doa yang sudah tested dari para Nabi dan para Muqorrobiin, para Muttaqiin radhiyal Laahu anhum. Bacalah seluruhnya, sesudah sholat badiyah magrib - sedikitnya disuatu malam Jumat - sembari menunggu adhan Sholat Isya, dimana selesai adhan sholat Isya lakukan sholat qobliyah Isya 2 rakaat, sedangkan sholat Isya nya sendiri dan badiyahnya (2 rakaat) sebaiknya ditakhirkan, dapat dikerjakan menjelang tidur, tentu saja sebelum kantuk datang.

Cara memakai diktat ini: Untuk transliterasi lafadh doa bacalah transliterasi dikolom sebelah kiri. Kolom tengah adalah ayat dimana doa yang dimaksud dikolom sebelah kiri tercantum di dalamnya. Kolom catatan berisi catatan-catatan yang oleh penghimpun dirasakan perlu sebagai keterangan latar belakang doa itu diajarkan oleh Allah SWT melalui para Nabiyul Laah. Transliteration hanya dituliskan untuk kalimat doa, kecuali bila ayat yang tercantum, perlu dibaca seluruhnya sebgai kesaksian kita (attestement) akan keagungan Allah SWT. Garis bawah adalah tanda dimana doa itu dimulai bila kalimat dari doa berada ditengah-tengah suatu ayat dan berakhir pada akhir ayat. Bila hanya sebagian ayat yang merupakan doa, maka garis bawah dicantumkan ditempat doa itu dibaca. Sehingga cara membaca doanya akan lebih mudah melalui transliterationnya pada kolom sebelah kiri.Nomor ayat ayat didasarkan pada Quran terjemah dari referensi dibawah ini. Sangat mungkin beberapa nomor ayat berbeda dengan referensi anda, tidak perlu dikhawatirkan, perbedaan satu atau dua nomor saya temui bila saya crosscheck dengan Quran terjemah dari Departemen Agama. Bila anda menemui perbedaan nomor ayat, maka lihat saja bunyi ayatnya yang ditulis dengan huruf Arab dikolom tengah.Bagi yang mendapatkan kutipan (copy) kumpulan doa ini, sebagai infaq mohon untuk bisa menginfaqkan berapa saja semampunya kepada siapa saja yang menurut anda membutuhkannya. Khusus bagi anggauta KML-Plus mail list, bila berkenan mohon infaqnya disampaikan ke Account MTML/KML-Plus yang tertera pada footnote dari sharing dalam KML-Plus mail list.

Bila himpunan doa ini dirasakan sebagai wahana untuk menambah keimanan mohon untuk bisa didoakan supaya pencipta quran search dan penghimpun, Sri Fatimah Kadarisman Tarmizi, dapat diampuni dosanya dan diberikan khusnul khotimah.

Bila ada saran, tambahan atau pertanyaan, silahkan tulis email kepada penghimpun melalui email:

Globebrain2002@yahoo.comBila ada kebaikan-kebaikan yang timbul dari penghimpunan ini, maka kebaikan-kebaikan tersebut adalah karena Rochmaan dan Rochiim Allah SWT, sedangkan bila ada kekurangan-kekurangannya itu adalah kekurangan dari saya sebagai hamba Allah yang tiada daya kecuali dengan pertolongan Allah SWT.

Wa Allahu alamu bissawwaab.Wa bil Laahil hidayah wa t taufiq,

Wassalamualaikum w.w.

Sri Fatimah Kadarisman Tarmizi

Pengajian KML-PLUS,

sebagai penghimpun

Referensi:Untuk tarjamah: Quran Suci, Teks Arab, Terjemah dan Tafsir Bahasa Indonesia oleh H.M. Bachrun

Untuk lafad dalam bahasa Arab: http://www.muslim.org/english-quran/search/index.htmTansliteration kemungkinan sekali tidak standard karena saya tidak punya buku pegangan untu transliteration Indonesia.Pembuka Doa:

1. Syahadat, 2. Istighfaar (Astaghfirul Laah hal adhiim, wa atuubu ilaih) 3X

3. Al-fathihah dan shalawat4. Membaca dhikir Subhanallaah 33x, Alhamdulil Laah 33x, dan Allahu Akbar 33x, dilanjutkan dengan bacaan Allaahu akbar kabiiroo wal hamdu lil laahi kathiiroo, wa subhanal laahu bukrota w wa ashiila, amma badu5. Bacaan Fathihah dengan niat hadiah khusus untuk Rasul SAW

6. Bacaan Fatihah dengan niat hadiah pada para tabiin, muqorrobiin, para guru-guru kita muslimin, muslimat, mukminin, mukminaat yang masih ada dan sudah tiada.7. Bacaan Fathihah dengan niat hadiah untuk kedua orang tua (bila sudah menikah dari kedua belah fihak), nenek dan kakek kita, para ancestors kita

8. Bacaan Fatihah khusus untuk hadiah bagi mereka yang secara khusus kita doakan

a. Note: jumlah bacaan fathihah sebanyak yang kita inginkan tidak dibatasi hanya 5 kali saja seperti yang tertera disini

Kemudian masuk kedalam doa-doa dari Al-Quran, karena adab membaca ayat Al-Quran dimulai dengan taudh maka sebelum berdoa dari Al-Quran seperti tertera selanjutnya bacalah taudh (Audhu bil Laah hi minasy syaithonir roojiim) terlebih dahulu dan kemudian disusul dengan basmal Laah (Bismil Laahi r rochmaani r rochiim).Doa-doa dari Al-Quran:

Transliteration dan tarjamahnya Lafad QuranCatatan

10:57 ya ayyuhan naasu qod jaaa atkum mauidhotu m mir robbikum wa syifaa ul lima fii shuduur; wa huda w wa rochma tullil mukminiin.

Wahai manusia, sesungguhnya telah dating kepadamu peringatan dari Tuhan kamu dan obat bagi apa yang ada didalam hati; dan petunjuk dan rahmat bagi kaum mukmin (kaum yang beriman)Berdoa dengan doa-doa dari Al-Quran mendapat keuntungan berlipat ganda, Insya Allah doa diijabah, juga jiwa raga menjadi sehat karena Al-Quran adalah obat, sekaligus mendapat syafaat dibukakan petunjuk Allah SWT dan mendapat naungan rahmat Allah SWT.

41:30. Innal ladhiinaa qooluu robbunaa l Laah tsumma s taqoomuu tanazzalu alaiihimul malaaikatu allaa takhoofuu wa laa tahzanuu wa absyiruu bil jannatii l latii kuntum tuuaduun.Sesungguhnya orang-orang yang berkata: Tuhan kami ialah Allah, lalu mereka terus-menerus tak henti-hentinya pada jalan yang benar, para malaikat akan turun kepada mereka, ucapnya: jangan takut dan jangan berduka-cita, dan terimalah kabar baik tentang sorga yang dijanjikan kepada kamu semua Alangkah nimatnya bila hati kita dipenuhi dengan acknowledgment bahwa Tuhan kita adalah Allah lalu memenuhi komitment mengerjakan suruhan Nya dan meninggalkan larangan Nya.Kamu disini adalah orang-orang yang digambarkan diatas.

Ayat ini dijadikan pembukaan untuk menggembirakan kita bahwa bila kita memenuhi komitment diatas Allah SWT menjanjikan sorga (duniawi dan ukhrowi). Sorga didunia tidak selalu berarti melimpahnya harta tetapi juga melimpahnya taqwa dan kesabaran sehingga tidak ada lagi rasa takut maupun duka cita.

39:53

Katkanlah:Hai hamba-hamba Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rachmat Allah. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.Salah satu Qori Masjidil Haram, yang dikasihi Allah Abdurahman As Sudaisy suaranya bergetar dan kemudian menangis membaca ayat ini, saya rasa beliau tidak dapat menahan keharuannya akan kasih dan saying Allah SWT yang Maha Pengampun dan Maha Penyayang.

10:9

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berbuat baik, Tuhan mereka akan memimpin mereka dengan iman mereka; sungai-sungai mengalir di bawah mereka di jannatun naiim

Iman bila dijaga dan dipelihara dengan amal dan doa, Insya Allah akan dipermudah jalannya oleh Allah SWT.

Seperti firman Allah: Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa tatkala ia berdoa kepadaku, maka berimanlah supaya menemukan jalan yang benar (2:186).

10:10

Doa mereka disana ialah: maha-suci Engkau ya Allah! Dan penghormatan mereka disana ialah: Damai! Dan seruan mereka yang paling akhir ialah: Segala puji kepunyaan Allah, Tuhan sarwa sekalian alam.Keywords dari kehidupan Islami yang menuju surgawi adalah: Mengaungkan Allah SWT, damai , dan bersyukur tiada hentinya

40:7. Al ladhiina yakhmiluunal arsya wa man khaulahuu yusabbihuuna bi hamdi robbihim wa yuk minuuna bihii wa yastaghfiruuna lil ladhiina aamanuu. Rabbanaa wa sita kulla syaii r rochmatan wa ilman f faghfir lil ladhiina taabuu wa t tabuu sabiilaka wa qihim adhabal jahiim.Mereka yang memikul Arsy (Allah SWT) dan mereka yang ada diseklilingnya memahasucikan (Allah SWT) dengan memuji Tuhan mereka dan beriman kepadaNya dan meomohonkan perlindungan bagi orang-orang beriman (dengan doa berikut): Tuhan kami, Engkau merangkumsegala sesuatu dengan rachmat dan ilmu, maka berilah perlindungan kepada orang yang bertobat (kepada Engkau) dan mengikuti jalan Engkau, dan selamatkanlah mereka dari siksa neraka.Dalam suatu khadis, malaikat yang menyangga arsy Allah SWT jumlahnya 75000, baru setiap hari. Dan sejumlah malaikat itulah setiap hari memohonkan perlindungan bagi mereka yang beriman, Maha Suci Allh SWT yang telah mengabarkan doa yang dibaca oleh para malaikat yang menjaga arsy Allah SWT kepada pengikut Muhammad SAW yang bertobat melalui ayat ini.

40:8 . Robbanaa wa adkhilhum jannaati adnin ni l latii wa ad tahum wa man sholaha min aabaaaihim wa azwaaihim wa dhurriyyatihim. Innaka anta l aziizul khakiim.Tuhan kami, masukkanlah mereka dalam sorga yang kekal, yang Engkau janjikan kepada mereka dan kepada orang shalih diantara ayah-ayah dan pasanga-pasangan (ibu dan istri) mereka dan keturunan mereka. Sesungguhnya Engkau adalah yang Maha perkasa, Yang Maha bijaksana.Masih kelanjutan ucapan doa para malaikat penjaga Arsy bagi orang yang beriman dan bertobat.

40:9. Wa qihimus sayyiaat; wa man taqis sayyiaati yamaidhin faqod rochimtahuu.; wa dhaalika huwa l fauzul adhiim.Dan jagalah mereka dari keburukan (dunia dan akhirat), dan barang siapa Engkau jaga dari keburukan pada hari itu, maka sesungguhnya ia telah Engkau kasih-sayangi. Dan itulah keberhasilan yang besar.Kelanjutan ucapan doa para malaikat penjaga Arsy bagi orang yang beriman dan bertobat.

10:107 Wa iy yamsaska l laahu bi dlurrinf falaa kaasyifa lahuu illaa huwa; wa iy yuridka bi khoirin f falaa rooodda li fadlihii; yushiibu bihii may yasyaaa min ibaadihii; wa huwa l ghofuurur rochiim.

Dan jika Allah menimpakan bencana kepada Engkau, maka tak seorangpun dapat menghilangkannya kecuali Dia (Allah); Dan jika Ia menghendaki kebaikan pada Engkau, maka tak seorangpun dapat menolak anugerah Nya. Ia memberikan itu kepada siapa yang Ia kehendaki diantara hamba-hambaNya. Dan Ia adalh yang Maha-pengampun, yang Maha-pengasih.Ayat ini baik dibaca sebagai pernyataan kekecilan kita dihadapan Allah SWT, kalau Allah menimpakan bencana hanya Dia yang bisa menghentikan, dan juga bila Allh menghendaki kemurahan untuk kita, maka tidak ada yang bisa menghalanginya.

2: 255. Allahu laa ilaha illa huwa l khoyyul koyyuum, laa ta khidhus sinata wa laa naum; lahuu maa fis samaawaati wa maa fil ardli; man dhal ladhii yasyfau indahuu illaa bi idhniih; yalamu maa bayna aidiihim wa maa kholfahum; wa laa yukhithuuna bi syaiin min ilmihii illaa bi maa syaaa a; wasia qursiyyuhu s samaawaati wal ardl; wa laa yauduhu khifthuhumaa wa huwa l aliyyul adhiim.Allah- tak ada Tuhan selain Dia, Yang hidup, yang berwujud sendiri, yang sekalian makhluk ada karenaNya. Dia tak terkena kantuk, dan tak pula tidur. Apa saja yang ada dilangit dan apa saja yang ada di bumi adalah milikNya. Siapakah yang dapat memberi syafaat dihadapanNya kecuali dengan izinNya? Dia (Allah) mengetahui apa yang mereka hadapi dan apa yang ada dibelakang mereka. Dan mereka (yang ingkar itu) tak sedikitpun menguasai ilmu Allah, apa yang ia kehendaki (dilimpahkan kepada mereka dengan izin Nya). IlmuNya terbentang luas dilangit dan dibumi, dan pemeliharaan kedua (langit dan bumi) itu tak sedikitpun melelahkan Dia. Dan Dia itu yang Maha-luhur, yang Maha-agung.Ayat ini disebut AYAT KURSI. Banyak para ulama sepuh mengatakan doa ini untukmenolak bala. Kalau virus meyebabkan bala dan bahaya, mestinya sebelum kena infeksi virus doa ini dapat sebagai penangkal supaya mereka dijauhkan dari kita.Wa Allahu alam bis sawwaab.

Personal note: Waktu saya naik haji saya membeli sebuah buku kecil di Madinah (saying sekali bukunya hilang, karena pindah rumah) disitu digambarkan seorang yang mempunyai kebun kurma digoda suatu makhluk beberapa kali datang dan tidak bisa diusir, kemudian makhluk tadi mengatakan kamu mau mengusir saya? Bacalah ayat kursi. Waktu dibacakan ayat kursi ini, betul makhluk tersebut tidak datang lagi.Note: saya tidak tahu, apakah itu refleksi cara pengajaran disana, tapi membaca ayat-ayatNya yang menggambarkan kebesaran Allah SWT, insya Allah kita langsung mendapat syafaat dari bacaan tsb.

2:126 Robbi j al hadhaa baladan aamina w war zuk ahlahuu mina th thamarooti man aamana minhum bil Laahi wal yaumi l aakhir.

Tuhanku, jadikanlah kota ini aman; dan berilah rezeki kepada warganya berupa buah-buahan, diantara mereka yang beriman kepada Allah dan hari akhir.Doa Nabi Ibrahim untuk keamanan dan kesejahteraan kota Makkah.

Karena Nabi Ibrahim AS dinyatakan oleh Allah SWT sebagai contoh kebaikan, maka bila kita ingin kota kita aman berdoalah sebagai Nabi Ibrahim berdoa.

2:127 Robbanaa taqobbal minnaa innaka anat s samiul aliim.

Tuhan kami, kabulkanlah (doa) dari kami; sesungguhnya Engkau itu yang Maha-mendengar, yang Maha-mengetahuiIni adalah doa Nabi Ibrahim dan Ismail AS pada waktu keduanya memperbaiki Kaabah..

Transliteration hanya dibuat untuk phrases doanya saja.

2:128. Rabbanaa wa j alnaa muslimaini laka wa min dhurriyaatinaa ummatam muslimatallaka, wa ariina manaa wa tub alainaa; innaka anta t tawwaabu r rochiim.

Tuhan kami, dan jadikanlah kami berdua, orang yang tunduk kepada Engkau dan (jadikanlah) dari keturunan kami, umat yang tunduk kepadaMu, dan tunjukkanlah kami cara-carakami berbakti dan terimalah tobat kami; sesungguhnya Engkau itu yang berulang-ulang Kemurahannya, yang Maha-pengasih.Waktu ibu ayah kami masih ada, doa ini dibaca oleh ayah dan ibu waktu kami sungkem pada beliau dikala hari raya atau dikala kami pamitan kepada beliau. Jadi saya juga meniru beliau beliau, Insya Allah keturunan kami menjadi orang beriman dan kami semua dituntun oleh Allh SWT dalam pengabdian kami kepada Sang Pencipta, karena jin dan manusia diciptakan untuk beribadah kepada Allah SWT

2:201 Rabbanaa aatinaa fid dunyaa khasanah wa fil akhiiroti khasanah wa qinaa adhaaban naar.

Ya Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan diadunia dan di akhirat,; dan selamtkanlah kami dari siksa neraka.sedangkan yang berdoa untuk dunia dan akhirat mereka inlah yang memperoleh bagian dari apa yang mereka usahakan. Dan Allah Maha-cepat dalam menghitung (2:202)Ayat ini sambungan dari ayat sebelumnya yang menyatakan bahwa orang yang hanya berdoa untuk dunia saja akan diberi kebaikan dunia saja tetapi tidak mendapat bagian dari yang merka usahakan di akhirat nanti.

2:250 Rabanaa afrigh alayna sobron wa thabbit aqdaamanaa wan shurnaa alal kaumil kaafiriin.

Tuhan kami, luangkanlah kesabaran kepada kami, dan tolonglah kami mengalahkan kaum kafir.Ini adalah doa Nabi Dawud waktu menghadapi tentara Thalut (David and Goliath).

Kerapkali golongan kecil mengalahkan golonganbesar dengan izin Allah SWT. Dan Allah itu menyertai orang yang sabar (2:249)

2:286 Laa yukallifu l Laahu nafsan illa wusaha, lahaa maktasabat wa alaiha maktasabat; Rabanaa wa laa tahmil alayna isran kamaa khamaltahu ala l ladhiina ming qoblinaa; rabbanaa wa laa tuhammilnaa maa laa thooqota lanaa biih; wafuannaa, war khamnaa, anta maulanaa wan shurnaa alal kaumil kaafiriin.

Allah tak membebani seseorang kecuali menurut kadar kemampuannya. Seseorang (akan) memperoleh pahala (dari kebaikan) yang ia lakukan dan mendapat siksaan (dari kejahatan) yang ia lakukan. Tuhan kami, janganlah Engkau menyiksa kami bila kami lupa atau berbuat kesalahan. Tuhan kami , janganlah Engkau pikulkan beban kepada kami seperti telah Engkau pikulkan kepada kaum sebelum kami. Tuhan kami, janganlah Engaka bebankan (kesusahan) kepada kami yang kami tak kuat memikul itu. Dan ampunilah kami! Dan berilah kami perlindungan.Dan rakhmatilah kami. Engkau adalah pelindung kami, maka tolonglah kami mengalahkan kaum kafirPAY FOR PERFORMANCE, begitulah ajaran manajemen dari Al-Quran:

Seseorang (akan) memperoleh pahala (dari kebaikan) yang ia lakukan dan mendapat siksaan (dari kejahatan) yang ia lakukan.Keadaan kita harus dimohonkan.

3:7. Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa bada idh hadaitanaa wa hab lanaa mil ladungka rokhmah; innakaa anta l wahhaab.

Tuhan kami jangalah Engkau selewengkan hati kami sesudah kami Engkau beri petunjuk, dan berilah kami rakhmat dari sisMu; sesungguhnya Engkau Maha-pemberi.Ini adalah doa untuk senantiasa kita commit pada ajaran Islam, petunjuk dari Allah SWT, tidak ragu-ragu meninggalkan larangan dan mengerjakan apa titah Allah SWT.

3:8 Robbanaa innaka jaamiun naasi li yaumi l laa roybafiihi. Innal laaha laa yukhmiful ibaad.Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengumpulkan manusia pada hari (Pengadilan) yang tak ada keraguan didalamnya. Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji.Dari footnote quran reference: disini berkaitan dengan isyarat berkumpulnya tentara musuh dan janji Allah akan menangnya kaum mukmin.

3:15 Robbanaa innanaa aamannaa faghfirlanaa, dhunubanaa, wa qinaa adhabaan naar.

Tuhan kami, kami sungguh-sungguh beriman, maka ampunilah kami dan selamatkanlah kami dari siksa neraka.Berkaitan dg ayat sebelumnya (2:14), mereka yg mengucapkan doa ini adalah orang-orang yg menjaga diri dai kejahatan. Mereka ini akan memperoleh nikmat dari sisi Allah, di surga yg mengalir sungai-sungai yg jernih airnya, dst

3:52. Robbanaa aamannaa bimaa anzalta wa t tabana r rasuulaa faktubnaa maa sy syaahidiin.

Tuhan kami kami beriman kepada apa yang Engkau wahyukan, dan kami mengikuti rasulMu, maka masukkanlah kami bersama orang-orang yang yakin, yang menyaksikan (bahwa iman hanyalah kepada Allah SWT).Doa ini diucapkan oleh para murid Nabi Isa AS (al khawaariyyuun) pada waktu kebanyakan orang pada masa itu menjadi kafir.

3:146 Robbanaa ghfirlanaa dhunubanaa wa israafanaa fii amrinaa wa thabbit aqdamanaa wa nshurnaa alal qaumil kaafiriin.

Tuhan kami, lindungilah kami dari dosa dan berlebih-lebihan kami dalam urusan kami, dan kuatkanlah kaki kami, dan bantulah kami mengalahkan kaum kafir.Berkaitan dengan ayat sebelumnya (2:145) yang menyatakan orang-orang yang berperang bersama Nabi-nabi mereka tetap beriman dan tidak gentar Doa ini diucapkan oleh orang beriman yang berperang supaya tindakan-tindakannya tidak keterlaluan. Analoginya untuk kita adalah, manakala berperang dalam urusan dunia kita memohon untuk tetap pada aturan Allah SWT. Dalam keadaan tidak berperang secara fisik, maka kaum kafiir ini bisa ditujukan para syetan yang selalu menggoda kita.

3:190. Alladhiinaa yadhkuruunaa l Laaha qiyaama w wa quuuda w wa alaa junuubihim wa yatafakkaruunaa fil kholqi s samaawaati wal ardi: Robbanaa ma kholakta hadhaa bathilla, subhanaaka faqinaa adhaban naar.

Orang-orang yang berdhikir (mengingat) pada Allah SWT dikala berdiri, dikala duduk, dan dikala berbaring, dan (sambil) memikirkan terciptanya langit dan bumi, (mereka berucap): Tuhan kami, semua ini Engkau ciptakan dengan tidak sia sia (semua ada gunanya). Maha-suci Engkau. Selamtkanlah kami dari siksa neraka.

Kalimah Allah SWT yang menggambarkan kebesaran Allah SWT sering dimasukkan dalam doa-doa dengan maksud mengingatkan diri sendiri supaya kita masuk dalam golongan yang didiskripsi dalam ayat tersebut. Disini dinyatakan oleh Allah SWT bahwa orang yang senantiasa berdhikir (ingat akan Allah SWT) baik dalam keadaan berdiri, duduk (sedang bekerja) maupun berbaringdan memikirkan tentang tercipatanya langit dan bumi, maka hari-harinya diwarnai permohonan supaya ditetapkan imannya, diampuni dosanya, dilindungi dari berbuat dosa, dan mohon bila diambil nyawanya, hendaknya diambil dalam keadaan beriman.

3:191 Robbanaa man tudhila n naaro faqod akhzaitahu, wa maa lidhoolimiina min anshaar.

Tuhan kami, barang siapa Engkau masukkan ke neraka, ia pasti hina. Dan bagi kaum lalim, mereka tak akan mempunyai penolong.Doa ini menyatakan kekecilan kita didepan Allah SWT, tanpa karunia Allah SWT, manusia tidak berdaya, membuat dosa dan masuk neraka.

3:192 Robbanaa innanaa samina munadiya y yunaadi lil imaani an aaminuu birobbikum faamannaa; Robbanaa faghfirlanaa dhunubanaa wa kaffir annaa sayyiatinaa wa tafawwanaa maal abraar.

Tuhan kami, sesungguhnya kami telah mendengar (seruan) seorang PenyeruMu yang menyeru kepada iman, (serunya): Berimanlah kepada Tuhan kamu, maka dari itu (alhamdulil Laah) kami beriman. Ya Tuhan kami,lindungilah kami dari dosa, dan hapuslah keburukan kami, dan ambillah nyawa kami bersama-sama orang yang tulus.

Sambungan doa sebelumnya Doa orang-orang yang beriman yang memperhatikan terciptanya langit dan bumi, dan yang kagum bahwa tidak ada ciptaan Allah SWT yang sia-sia.

3:193 Robbanaa wa aatinaa maa wa adtanaa alaa rusulika wa laatuhrijnaa yaumal qiyaamati; innaka laa tukhliful miiad.

Tuhan kami, berikanlah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami melalui Utusan Mu , dan janganlah Engkau hinakan kami pada hari kiyamat,. Sesungguhnya Engkau tak pernah ingkar janji.Sambungan doa pada 3:192.

4:75 Robbanaa akhrijnaa min haadhihil qoryati dh dhoolimi ahluhaa; wa j al lanaa mil ladungka wa liyyaa; wa j al lanaa mil ladungka nashiiroo.

Tuhan kami, keluarkanlah kami dari kota ini yang penduduknya dhalim, dan berilah kami dari sisi Mu kawan, dan berilah kami dari sisi Mu seorang penolong.Doa ini khusus bila kita mendapat tekanan yang sedemikian kerasnya sehingga harus memilih berhijrah. Tidak lain memohon datangnya pertolongan yang berasal dari Allah SWT, siapapun mereka.Bila keadaan sudah seperti itu, seharusnya kelompok orang beriman menyusun barisan untuk memeperbaiki keadaan, dengan opsi paling akhir bila tidak ada pilihan lain adalah perang bila keadaan menuntut demikian (naudhubil Laah min dhaalik).

5:83 Robbanaa aamannaa faktubnaa maa sy syaahidiin.

Tuhan kami, kami beriman, maka tulislah kami bersama mereka yang menjadi saksi (bahwa tiada tuhan selain Allah)Pada waktu seseorang diberikan hidayah oleh Allah SWT dan mendapat petunjuk untuk mengimani yang disampaikan oleh para Utusan, mereka necucurkan air mata karena rasa keterharuan dan syukur mereka.

7:23 Robbanaa dholamnaa anfusanaa, wa il lam taghfir lanaa wa tarchamnaa lanakuunanna minal khoosiriin

Tuhan kami, kami telah berbuat aniaya terhadap diri kami; dan jika Engkau tak mengampuni kami, dan tak mengasihi kami, niscaya kami menjadi golongan orang yang rugi.Allah tidak pernah memerintahkan berbuat keji, dimana keadaan ini ditegaskan dengan perintah Allah SWT pada Rasul Nya untuk menegaskan bahwa Allah menyuruh berbuat adil, dan menegakkan wajah setiap sholat, dan berdoa kepada Allah SWT dengan ikhlas dan patuh kepada Allah SWT, begitulah Allah kehendaki sejak manusia diciptakan sampai dipanggilnya bila saatnya tiba.Ini adalah doa Nabi Adam waktu dia sadar bahwa iblis telah berhasil mempengaruhinya untuk mengerjakan larangan Allah SWT. Itulah saat Allah SWT berfirman bahwa manusia akan hidup dibumi dan mati di bumi dan juga dibangkitkan dari kuburnya (5:25). Hati-hatilah terhadap bisikan syetan. (lihat kolom tengah disebelah kiri)

7:47 Robbanaa laa tajalnaa maa l qaumi dh dhoolimiin.

Tuhan kami, janganlah Engkau menempatkan kami bersama-sama orang lalim.Ini adalah doa para ahli surga waktu ditampakkan pada mereka pa yang terjadi pada manusia yang ada di neraka.

Untuk kita doa ini adalah permohonan kita supaya dijauhkan terafiliasinya kita dengan orang-orang yang lalim.

7:89 Wa sia robbunaa kullu syaiin ilman, alal Laahi tawakkalnaa, robbanaa f takh bainanaa wa bainaa kauminaa bil haq, wa anta khoirul faatikhiin.Tuhan kami meliputi sesuatu dengan ilmuNya. Kami bertawakkal kepada Allah. Tuhan kami, berilah keputusan (mana) yang benar antara kami dan kaum kami. Sesungguhnya Engkau adalah Sebaik-baik Pemberi-keputusan.Ini adalah attestement dari Nabi Syuaib pada waktu kaumnya memprotes ajaran yang disampaikannya. Nabi Syuaib menyatakan bahwa dia membuat kebohongan bila menerima tawaran kaumnya. Nabi Syuaib memohon pada Allah SWT untuk memeperlihatkan kebenaran untuk kaumnya. Bagi kita dua ini baik untuk mereka yang sedang mengajak suatu group untuk menambah keimannan anggauta-anggatanya.

7:121Amannaa birobbil aalaamiin.Kami beriman kepada Tuhan Semesta Alam

7:125 Innaa ilaa robbinaa mungqoolibuunSesungguhnya kepada Tuhanlah kami kembali.

Pernyataan iman dari para ahli sihir Firaun setelah melihat kehebatan kemampuan Nabi Musa yang dituntun oleh Allah SWT.Doa para ahli sihir waktu diancan oleh Firaun akan dipotong tangan dan kakinya bersilang secara timbal balik dan akan disalib

7:126 Robbanaa afrigh alaina sobron wa tawaffanaa muslimiin.

Tuhan kami, tuangkanlah kesabaran kepada kami, dan matikanlah kami sebagai orang muslim.Lanjutan doa para ahli sihir yang telah beriman memohon kesabaran pada Allah menghadapi ancaman dari Firaun yang menyatakan akan menyalib semua pengikut Nabi Musa. Juga Musa berkata kepada kaumnya untuk meminta pertolongan hanya kepada Allah, karena kesudahan yang baik itu baik bagi orang yang bertakwa (7:103-156)

7:151 Robbi gh firlii wa li akhii wa adkhilnaa fii rokhmatika; wa anta arkhamu r rookhimiin.

Tuhanku, ampunilah aku dan saudaraku (para muslimin, muslimat, mukminin, mukminat, yang masih hidup dan yang sudah tiada), dan masukkanlah kami kedalam rakhmat Mu; dan Engkau adalah sebaik-baik Dhat yang pengasih.Doa Nabi Musa, mohon ampun juga bagi saudaranya, Nabi Harun.

Untuk kita, ini adalah doa istighfaar, sedangkan kata li akhii dapat saja disebutkan atau tidak disebutkan atau diganti li kulli muslimiin wal muslimaat, mukminiin wa mukminaat, alakhyaai minhum wal amwaat

7:155 -156

7:155

Robbi lau syita ahlaktahum min qoblu wa iyyaa ya a tuhlikunaa bimaa faala s sufahaa minnaa; in hiya illaa fitnatuka; tudlillu bihaa man tasyaa u wa tahdii man tasyaa u; anta waliyyunaa faghfirlanaa wa r chamnaa, wa antaa khoiru l ghoofiriin.

Tuhanku, jika Engkau kehendaki, niscaya Engkau binasakan mereka sebelum ini, demikian pula aku. Apakah Engkau akan membinasakan kami karena perbuatan orang-orang bodoh dikalangan kami? Sesungguhnya ini tiada lain adalah cobaan dari Mu. Engkau sesatkan dengan ini (serba berhala ini) siapa yang Engkau kehendaki dan Engkau pimpin siapa yang Engkau kehendaki. Engkau adalah pelindung kami, maka ampunilah kami, dan kasih sayangilah kami, dan Engkau adalah Maha-pengampun.

Doa Nabi Musa waktu sudah reda kemarahannya karena kaumnya menyembah anak sapi.

Doa ini diucapkan Nabi Musa dikala bersama-sama tujuh puluh ketua-ketua suku bani Israil, mereka merasakan gempa bumi.

Untuk kita doa ini juga relevan di masa serba berhala (semua yang lebih penting dari Allah SWT adalah berhala tuhan tuhanan)

7:156 Waktub lanaa fii hadhihi d dunyaa khasanah wa fil aakhiroti, inna hudnaa ilaika.

Dan tetapkanlah untuk kami kebaikan didunia dan akhirat, karena sesungguhnya kami kembali kepada Mu.

Ia (Allah) berfirman: Siksaanku akan Aku timpakan kepada siapa yang Aku kehendaki, dan kasih-sayangku meliputi segala sesuatu. Ini Aku tetapkan untuk orang yang bertaqwa dan membayar zakat, dan orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami.Kelanjutan doa Nabi Musa.

Doa ini baik untuk mengiring usaha keras kita, seperti juga waktu Nabi Musa bersama-sama tujuh puluh pria untuk jangka waktu yang ditentukan (7:155) naik ke gunung Tursina

11:47 Robbi innii audhubika an asalaka maa laisa bihii ilmun; wa illaa taghfirlii wa tarkhamniii aku m mina l khosiriin.

Tuhanku, aku berlindung kepadaMu agar aku tak bermohon kepada Engkau sesuatu yang aku tidak mempunyai pengetahuan. Jika Engkau tak mengampuni aku dan berbelas kasih padaku, maka aku termasuk orang-orang yang merugi.Doa Nabi Nuh untuk dihindarkan meminta sesuatu yang beliau tidak mempunyai pengetahuan (memintakan maaf bagi puteranya yang tidak termasuk orang beriman).

Bagi kita doa ini penting untuk kita dihindarkan dari meminta sesuatu yang kita tidak mengerti yang sebetulnya adalah godaan godaan syeitan saja

12:33 Robbi s sijnu akhabbu ilayya mimaa yaduunaniii ilaihi, wa illaa tashrif annii kaida hunna ashbu ilaihinna wa aku m minal jaahiliin.

Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada aku menurut ajakan mereka kepada itu (mengerjakan kenistaan). Dan jika tipu daya mereka tak Engkau elakkan dariku, niscaya aku akan tergiur kepada mereka, dan aku menjadi golongan orang yang bodohDoa Nabi Yusuf, waktu dituduh dia berbuat tidak senonoh.

Pada ayat selanjutnya (12:34-35) Allah menerima doa Nabi Yusuf dan menyingkirkan tipudaya mereka darinya.

Untuk kita penjara dapat diperluas sebagai keadaan yang menyendiri lebih baik dari pada menuruti kehendak orang lain yang akan memperdayakan kita atau mengajak pada dosa/kejahatan.

14:35 Robbi j al haadhaa l balada aamina w wajnubnii wa baniyya an nabudu l ashnaam.Tuhanku,jadikanlah kota ini (Makkah tul mukaromah) aman, dan jauhkanlah aku dan putera-puteraku dari menyembah berhala.Doa Nabi Ibrahim AS, untuk menjadikan kota Mekah kota yang damai dan untuk memelihara dia dan puteranya, Ismail, tidak menyembah berhala.

Pada masa sekarang yang serba mudah tergelincir untuk serba berhala (misalnya mengagungkan pekerjaan lebih dari keagungan Allah SWT), maka doa ini penting

14:38 Robbanaa innaka talamu maa nukhfii wa maa nulin; wa maa yakhfaa alal laahi min syaiin fii l ardli wa laa fi s samaaa

Tuhan kami, sesungguhnya Engkau tahu apa apa yang kami sembunyikan dan apa yang kami dapat berterus terang. Dan bagi Allah tak ada sesuatu yang tersembunyi, baik di bumi, maupun dilangitDoa Nabi Ibrahim AS setelah menempatkan Ismail di perbukitan didekat Kaabah. Intinya sebetulnya dalam hati Nabi Ibrahim AS berkecamuk berbagai perasaan, dan Allah Maha-tau apa yang tersembunyi.

Untuk kita doa ini juga relevan apalagio bagi mereka yang mengadapi office politics.

14:40 Robbi j al muqiima sh sholaati wa min dhurriyyatii; Robbanaa wa taqobbal duaa.Tuhanku, jadikanlah aku orang yang menegakkan sholat, demikian pula anak keturunanku, Tuhan kami, kabulkanlah doa kamiKelanjutan dari doa Nabi Ibrahim AS didekat Kaabah.

Pelajaran untuk kita: Nabi Ibrahim AS saja masih berdoa untuk dapat rajin sholat, apalagi kita! Doa ini menurut pemikiran saya menjadi wajib bila kita tidak ingin sholat kita bolong-bolong

14:41 Robbanaa gh firlii wa liwaalidayya wa lil mukminiina yauma yaquumu l hisab

Tuhan kami, ampunilah aku, dan orang-tuaku, dan kaum mukminin, pada hari terjadinya hisabKelanjutan doa Nabi Ibrahim didekat Kaabah.

Personal Notes: Kalau saja saya sudah mempelajari doa-doa dari AL-Quran, saya akan kumpulkan doa-doa para Nabi-nabi dan saya amalkan di depan Multazam dan dikala berada dekat dengan Maqom Ibrohim

17: 24; Robbi r khamhumaa kamaa robbayaanii shoghiroo

Rendahkan dirimu terhadap mereka dengan penuh kesayangan, dan berdoalah: Tuhanku, sayangilah mereka (orang tuaku) sebagaimana mereka memeliharaku menyayangiku sewaktu aku kecilKemudian dalam ayat selanjutnya (17:25) Allah SWT menyatakan mengetahui siapa yang berhati tulus pada kedua orang tua. Bila terlanjur mohon ampun pada Allah, sebab Allah Maha-pengampun pada orang yang kembali (dalam kebaikan jalan yang benar)Lanjutan dari ayat sebelumnya (17:23) dimana kita diperintahkan oleh Allah SWT agar kita tidak menyekutukan Nya dan berbuat baik pada kedua orang tua. Jangan berkata Cih (meninggikan suara pada mereka).

17:80 Robbi ad khilnii mudkhola shidqi w wa akhrijnii mukhroja shidqii w wa j al l lii mi l ladungka sutloonan nashiiro.Tuhanku masukkanlah aku ketempat masuk yang benar dan keluarkanlah aku ditempat keluar yang benar, dan berilah aku dari sisi Engkau kekuasaan untuk menolongDoa Nabi Muhammad SAW pada waktu hijrah, masuk ke kota Madinah.Doa ini untuk kita relevan untuk keselamatan waktu harus melakukan perubahan.

18: 10 Robbanaa aatinaa mi l ladungka rokhmah, wa hayyi lanaa min amrinaa rosyada.

Tuhan kami, berilah kemurahan kepada kami dari Engkau sendiri, dan berilah jalan yang benar kepada kami dalam perkara kami.Doa Ashabul Kahfi, para orang muda yang terpaksa harus menyelamatkan diri berlindung didalam gua dari penguasa yang lalim.

Untuk kita, doa ini sangat baik untuk memohon dibebaskan dari kesulitan.

18:14 Robbunaa robbu s samaawaati wa ardli lan nad uwaa min duunihii ilaaha l laqod qulnaaa idha syatlotlo.

Tuhan kami adalah Tuhannya langit dan bumi, kami tak menyeru kepada tuhan selain Dia, karena jika demikian (menuhankan yang lainnya) maka kami mengucapkan (sesuatu ) yang mengerikan.Kelanjutan doa Ashabul Kahfi waktu mereka berdiri dan siap untuk memasuki gua. Dengan doa ini kekuatan hati mereka tambah diteguhkan oleh Allah SWT, karena keteguhan mereka dalam bersaksi bahwa Tuhan mereka adalah Tuhannya langit dan bumi.

18:24. Robbii li aqroba min hadha rosyadaa.

Tuhanku akan memimpin aku pada jalan yang lebih pada kebenaran dari pada ini.Doa sebagai sambungan peringatan supaya jangan mengatakan, iya aku akan kerjakan besok (18:23), tapi katakana jika Allah SWT menghendaki ( ay yasyaa Allah). Kemudian kita diperingatkan supaya mengingat Allah SWT dikala lupa akan sesuatu dan dituntun untuk mengucapkan doa ini.

20:50 Robbunaa l ladiii atloo kullaa syaiin kholqohuu thumma hadaa.

Tuhan kami ialah Dhat yang memberi segala sesuatu sesuai terciptanya, lalu memberi petunjuk (kepadanya)Doa ini adalah jawaban dari Nabi Musa AS menjawab pertanyaan Firaun:Siapakah Tuhan kamu ya Musa?.

Untuk kita doa ini baik sebagai penguat keimanan kita, sebagai attestement. Semoga kita termasuk orang yang diberi petunjuk sebagai ciptaanNya.

20:98 Innamaa ilaahukumu l Laahu l ladhii laa ilaaha illa huwa, wasia kulla syaiin ilmaa.

Tuhan kamu Allah saja, yang tak ada tuhan selain Dia. Ilmu (-Nya) meliputi segala sesuatu.Ayat ini baik diucapkan sebagai sambungan attestement kita (diatas) untuk mengucapkan bahwa tidak ada tuhan selain Dia (Allah). Ini adalah arahan dari Nabi Musa untuk kaumnya yang mulai mengikuti Samiri (yang membuat patung anak sapi sebagai sesmbahan).

20:114 Robbi zidnii ilmaaTuhanku, berilah aku tambahan ilmuMaha-luhur Allah, Raja yang haq!

Ayat ini memerintahkan kita untuk berdoa minta tambahan ilmu terutama yang berkaitan dengan mengambil pelajaran dari Al-Quran.

21:4 Robbi yalamu l qaula fi s samaaa i wal ardli; wa huwa sami ul aliim.Tuhanku, mengetahui (tiap-tiap) percakapan di langit dan di bumiDoa ini baik sekali diucapkan sebagai pengakuan tidak ada yang tidak terdengar oleh Allah SWT, manakala ada sesuatu ganjalan di hati tentang ketidak untungan kita.

21:89 Robbi laa tadharnii farad w wa anta khoirul waa rithiinTuhanku, jangan biarkan aku sendirian; dan Engkau adalah sebaik-baik Dhat yang mewaris (memberikan peninggalan).Doa nabi Zakaria, supaya senantiasa dalam pemeliharaan Allah SWT.

21:112 Robbi kh kum bil haq; wa Robbunaa r rokhmaanu l mustaanu alaa ma tashifun

Tuhanku, adililah dengan benar, dan Tuhan kami adalah yang Maha-pemurah, yang dimohon pertolongan Nya terhadap apa yang kamu sifatkan (kepada Nya)Doa Nabi SAW, dikala diuji menghadapi tantangan kaum Quraisy yang ingkar.Untuk kita doa ini diperlukan bila kita menghadapi challenge dari sesuatu yang batil.

23:29 Robbii anzilnii munzala m mubaroka w wa anta khoirul munziliin

Tuhanku tempatkanlah (daratkanlah) aku di tempat yang diberkahi, dan Engkau adalah sebaik-baik Dhat dalam memberikan penempatan.Doa Nabi Nuh waktu kapal sudah akan berlabuh, untuk dilabuhkan ditempat yang diberkati.

Untuk kita doa ini baik untuk mendoakan tempat kita tinggal (berlabuh) sebagai tempat yang diberkati.

23: 92 Aalimi l ghoybi was y syahadah fa taaalaa ammaa yusyrikuun

(Allah) yang Maha Tau akan barang yang tak kelihatan dan yang kelihatan; Maha luhur Dia diatas apa yang mereka sekutukan 9dengan Dia).Bacaan sebagai penagkal kemusyrikan

23:94 Robbi falaa tajalnii fi l qaumadl dloolimiin.

Tuhanku, janganlah Engka masukkan aku kedalam golongan orang yang lalim.Doa Nabi SAW.Sedangkan Nabi yang maksum saja mendoa supaya tidak termasuk orang lalim, apalagi kita yang tidak.

23:97 Robbi audhubika min hamazaati sy syayaatliin

Tuhanku, aku mohon perlindungan Mu dari bisikan jahat syeiton.Lanjutan bacaan supaya dilindungi dari bisikan jahat syetan, yang akan menjadikan kita musyrik.

23:98 wa audhubika Robbi ay yakhdhuruun.Dan aku mohon perlindungan Mu agar mereka tak datang kepadaku.Kelengkapan doa diatas, supaya tidak menyesal karena mudah saja diseret oleh syetan.

Doa dari ayat 23:97 dan 98, biasanya dibaca langsung beruntun.

23:116 fataala l Laahu l malikul haq, laa ilaaha illa huwa, Robbul arsyil kariim.

Maha-luhur Allah Raja yang Haq! Tak ada tuhan selain Dia; Tuhan Singgasana yang Agung.Pujian kepada Dhat Allah SWT,membiasakan diri untuk mengucapkan ayat-ayat yang memuji Allah SWT, untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, menambah marifat akan Allah SWT.

23:118 Robbi ghfir wa r kham wa anta khoiru r rookhimiin

Tuhanku, ampunilah dan sayangilah; dan Engkau adalah sebaik-baik Dhat yang Maha-penyayang.Doa Nabi Muhamad saw.

Doa untuk memohon kasih saying Allah SWT.

25:65 Robbanaa shrif annaa adhaaba jahannam; inna adhaabahaa kaana ghoroomaa.

Tuhan kami, hindarkanlah kami dari siksa neraka, karena siksa neraka itu sangat meyakitkan dan kekalKelanjutan dari ayat sebelumnya (25:64), yang mengucapkan doa ini adalah orang-orang yang pada malam hari bersujud dan shalat.

25:74 Robbanaa hablanaa min azwajiinaa wa dhurriyaatinaa qurrota ayunin, waj alnaa lil muttaqiina imaamaa

Tuhan kami, jadikanlah pasangan kami dan keturunan kami sebagai cahaya mata yang menyejukkan, dan jadikanlah kami sebagaia pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa

Doa ini baik sekali dibaca kapan saja kita ada kekhawatiran akan keadaan pasangn kita maupun anak kita. Bagi mereka yang mengucapkan doa ini akan diganjar dg tempat-temapt yang tinggi karean kesabarannya, dan ditemapt tsb mereka akan disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat. Mereka menetap disana. Baik sekali tempat tinggal dan temapt peristirahatan itu (25:75-76)

Pelajaran yang didapat dari ayat surat Al-Furqon ini (25:74-76) adalah bahwa doa itu (bagi orang lain, maupun bagi kita/keluarga sendiri) akan kembali kepada yang mengucapkan sebagai hadiah dari Allah SWT yang menjadikan doa tsb sebagai syafaat di hari akhir.

26:83 Robbi hablii khukma w wal khiqnii bi sh sholihiin.

Tuhanku, berikanlah aku kebijaksanaan, dan persatukanlah aku dengan orang=orang yang sholih.Doa Nabi Ibrahim AS, dikala memohon untuk diberi hikmah untuk menyampaikan risalahnya.

26:84 waj al lii lisaana shidqin fil aakhiriinDan jadikanlah aku buah tutur yang baik dikalangan generasi mendatang.Kelanjutan doa Nabi Ibrahim

26: 87 Wa laa tukhzinii yauma yubathuunDan janganlah aku dihinakan pada hari tatkala mereka dibangkitkanKelanjutan doa Nabi Ibrahim

26:88 Yauma laa yanfau maalu w wa banuun.Yaitu hari tatkala harta dan anak tak berguna sedikitpunKelanjutan doa Nabi Ibrahim

26:89 Illaa man itaa l Looha biqolbin saliim.Kecuali orang yang menghadap Allah (bisa berarti sholat) dengan hati yang sehat.Kelanjutan doa Nabi Ibrahim

26:169 Robbi naj-jinii wa ahlii mimmaa yalamuun.

Tuhanku, selamatkanlah aku dan para pengikutku (kumpulanku) dari apa yang mereka lakukan.Doa Nabi Lut.

27: 19 Robbi auzighnii an askuro nimataka llatii anamta alayya wa alaa wa lidayya wa an amala sholihan tardhoohu wa adkhilnii bi rokhmatika fi ibaadika s sholihiin.

Tuhanku, berilah aku kurnia agar aku mensyukuri nikmat Mu yang Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada orang tuaku, dan agar aku berbuat yang Engkau ridloi, dan masukkanlah aku, dengan rakhmat Engkau, dikalangan hamba Engkau yang sholih..Doa Nabi Sulaiman dikala melintasi lembah Naml

28:16 Robbi innii dholamtu nafsii faghfirlii.

Tuhanku, sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri, maka ampunilah daku.Doa Nabi Musa AS setelah sadar bahwa dia telah meninju seseorang (orang Mesir) yang memusuhi pengikutnya, yang menyebabkan orang itu mati.

28:21 Robbi naj jinii mina l qaumi dh dhoolimiin.

Tuhanku, selamatkanlah aku dari kaum yang dholim.Doa Nabi Musa AS, pada waktu dia harus keluar dari kota, karena akan ada yang membunuhnya.

Untuk kita doa ini adalah permohonan supaya terhindar dari kekejaman suatu kaum/kelompok.

28;24 Robbi innii anzalta ilayya min khoirin faqiir.Tuhanku , sesungguhnya aku sangat membutuhkan barang baik apa saja (antaranya ..) yang Engkau turunkan kepadakuDoa Nabi Musa AS sewaktu berteduh sesudah bekerja keras. Ternyata doanya terkabul, dia mendapatkan istri yang sholih (28:25-27)

29:30 Robbi n shurnii ala l qaumi l mufsidiin.

Tuhanku, tolonglah aku mengalahkan kaum yang berbuat kejahatan.Doa nabi Lut AS

37:100 Robbi hablii mina sh sholihiin

Tuhanku berilah bagiku orang yang menjalankan perbuatan baik. Doa Nabi Ibrahim A.S.

46:13 -14 Innal ladhiina qoluu: Robbunaa l Laah thumma s taqoomuu falaa khaufun alaihim wa laa hum yakhzanuun. Ulaaaika ashabu l jannatii khoolidiina fihaa. Jazaa am bimaa kaanuu yalamuun.

Sesungguhnya mereka yang mengatakan bahwa Tuhan kami adalah Allah dan kemudian mereka terus menerus berada dijalan yang benar, maka ketakutan tak akan menimpa mereka. Mereka adalh para penghuni sorga; mereka abadi disana; (betul-betul) suatu ganjaran karena apa yang mereka lakukan.Ayat ini sama bunyinya dengan ayat 40:30,

Janji Allah SWT tidak pernah tidak terjadi.

46:15 Robbi auzighnii an asykuro nimataka l latii anamta alayya wa alaa wa lidayya wa an amala shoolihan tardloohu wa ashlihlii fii dhurriyatii; innii tubtu ilaika wa innii minal muslimii.Tuhanku, berilah aku rasa syukur akan nikmat yang Engkau telah berikan padaku dan pada orang tuaku. Dan (berilah karunia) untuk aku beramal sholih yang Engkau ridloi; dan berikanlah kebaikan kepadaku dalam hal. Sesungguhnya aku bertobat pada Mud dan sesungguhnya aku adalah golongan orang yang berserah diri. Doa bagi kedua orangtua bila seseorang mencapai usia dewasa dan mencapai usia 40 tahun , sebagai realisasi kebaikan kepada orang tua, terutama Ibu yang telah mengandungnya dengan susah payah dan melahirkan dia dengan susah payah, dari dikandung samapi disapih selama tiga puluh bulan.

Bila sudah mencapai usia 40 tahun dan belum pernah mengamalkan doa ini, segera saja amalkan!

71:28 Robbi gh firlii wa liwalidayya wa liman dakhola baitiya mukmina w wa lil mukminiina wal mukminaati. Wala tazidi dh dhoolimiinaa illa tabaaro.

Tuhanku, ampunilah aku dan dua orang-tuaku, dan orang yang masuk ke rumahku sebagai orang yang beriman, dan (ampunilah) kaum mukminin dan mukminat. Dan janganlah Engkau menambah apapun kepada kaum lalim selain kehancuran.Doa Nabi Nuh AS.

Bagi kita doa ini baik sekali diucapkan supaya kita dan tamu-tamu kita yang beriman mukminin dan mukminat.

Juga secara khusus dipanjatkan bila dirumah ada perhelatan pengajian atau acara keluarga.

5:114 Allaahumma Robbanaa anzil alainaa maaaidata m mina s samaaa I takuunu lanaa iida l li awwalinaa wa aakhirinaa wa aayata m minka; wa r zuqnaa wa anta khoiru r rooziqiin.Wahai Allah Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit, yang ini akan menjadi kegembiraan yang senantiasa berulang bagi kami, baik bagi yang pertama dari kami maupun yang terakhir dari kami, dan (pula) menjadi tanda bukti dari Engkau, dan berilah kami rizki, dan Engkau adalah Pemberi-rizki yang paling baik.Doa Nabi Isa AS (dalam the Last Supper).

Doa ini kita mohonkan supaya kita yang bersilaturachiim ataupun ber network semuanya mendapatkan rizki yang baik (hidangan dari langit), yang di ridloi oleh Allah SWT. Jangan perkumpulan menjadi ajang kehancuran iman.

Personal Note: Saya berfikir ada baiknya bagi host perhelatan perkawinan untuk membaca doa ini, supaya tidak kehabisan makanan . (-:

66:11 Robbi b nil ii indaka baita nf fil jannah wa naj jinni minal firauna wa amalihi, wa naj jinni minal qaumidh dholimin.Tuhanku bangunlah untukku rumah disisi Engkau di syorga, dan selamatkanlah aku dari Firaun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang lalim.Allah memberikan perumpamaan orang yang beriman, a.l istri Fir aun., yang bermohon supaya dijauhkan dari kelakuan Firaun.Untuk kita, kata min Firauna kita bisa ganti dengan apa saja yang sedang menganggu kita.

59:10 Robbanaa ghfirlanaa wa li ikhwaaninaa l ladhiina sabaquunaa bil imaani wa laa tajal fii quluubinaa ghilla l lil ladhiinaa aamanuu, Robbanaa innaka rouufu r rochiim.

Tuhan kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah mendahului kami dalam iman, dan janganlah membuat hati kami dendam kepada orang-orang yang beriman. Tuhan kami, sesungguhnya Engkau adalah yang Maha-penyantun, Maha-pengasih.Doa kaum muhajiriin.

Untuk kita sekarang ini, disamping mendoakan sauadar-saudara kita kaum muslimin mukminin yang telah mendahului kita, doa ini juga baik untuk memohon membersihkan hati kita dari ganjelan yang ada pada kawan-kawan kita sesame yang beriman.

60:4 Robbanaa alaika tawakkalnaa, wa ilainaa anabnaa, wa ilaikal mashiir.

Tuhan kami, kepada Engkau kami betawakkal, dan kepada Engkau kami kembali, dan kepada Engkaulah tempat tujuan terakhirDoa Nabi Ibrahim AS, yang bagi kita menjadi teladan yang baik, yang secara tegas menyatakan bahwa beliau melepaslan diri dari apa yang disembah (selain Allah SWT) oleh kaumnya .

60:5 Robbanaa Laa tajalna fitnata l lil ladhiina kafaruu wa ghfirlanaa robbanaa, innaka anta l aziizu l khakiim.

Tuhan kami, janganlah kami dijadikan ujian (sasaran) bagi orang-orang kafir, dan berilah kami pengampunan, wahai Tuhan kami. Sesungguhnya Engkau Maha-perkasa, Maha-bijaksana.Manakala kekuatan oarng kafir melebihi kita, maka doa ini menghindarkan kita menjadi sasaran mereka.

44: 7, 8, 12

44:7 (Allaahu) Robbi s samawaati wal ardli wa maa baynahumaa; ing kuntum mukminiin.

Allah, Tuhannya langit dan bumi dan apa yang diantaranya, (seyogyanya) kamu yakin akan ituAllaahu

Personal note: Untuk saya, membaca ayat-ayat yang mengagungkan Allah SWT diantara doa-doa memberikan rasa yang lebih nyaman dibandingkan hanya terus menerus melantunkan doa-doa saja.

44:8 Laaa ilaha illaa huwa yuhyii wa yumiitu, robbukum wa robbu aabaaaikummu l awwaliin.

Tidak ada tuhan melainkan Dia. Dia yang menghidupkan dan mematikan. Tuhankamu semua dan Tuhan bapak-bapak kamu yang terdahulu.

Lanjutan ayat tsb diatas.

44: 12 Robbanaa aksyif annaa l adhaaba, innaa mukminuun.

Tuhan kami, hilangkanlah siksaan dari kami, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang beriman

Doa untuk bala kekeringan yang panjang pada zaman Nabi SAW sebagai hukuman bagi kaum Quraisy.

66:8 Robbanaa atmim lanaa nuuronaa, waghfirlanaa, innaka alaa kulli syaiing qodiir.

Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami, dan berilah perlindungan kepada kami; sesungguhnya Engkau adalah yang berkuasa atas segala sesuatu.Ayat ini memerintahkan pada orang yang beriman untuk bertobat, dengan tobat yang sungguh-sungguh (taubatan nashuukha). Orang-orang beriman yang bertobat ini akan disempurnakan Allah SWT cahayanya di hari akhir.

Doa ini relevan untuk kita, untuk memohon kita diberi aurora yang positif, yang bisa mempengaruhi orang lain menempuh jalan yang benar dan lebih baik, karena mau bertobat dengan sungguh-sungguh.

Pada ayat sebelumnya (66:6) Allah SWT berseru kepada orang yang beriman untuk menyelamatkan diri dan keluarganya dari Neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, karena durhaka kepada Allah SWT.

11:56

Sesungguhnya aku bertawakkal kepada Allah SWT, Tuhanku (dan Tuhanmu) . Tiada suatu makhluk hidup, melainkan Dialah yang memegang rambutnya (jambulnya). Sesungguhnya bertuhankan Engkau adalah pada jalan yang benar.Doa Nabi Hud, disaat kaumnya merencanakan sesuatu untuk mengalahkan orang yang beriman.

Untuk kita doa ini merupakan pengakuan bahwa hanya bertuhankan Allah SWT lah yang benar, semoga doa tersebut menjadi syafaat bagi kita dihari akhir.

Robbanaa aatinaa fi d dunyaa khasanataw wa fil aakhiroti khasanataw wa qinaa adhaa ban naar.Doa penutup

SHALAWATBacan Shalawat u Nabi Muhammad SAW

37:180 Subhaana robbika robbi l izzati amma yashifuun.Maha suci Tuhanmu, Tuhan yang Maha-perkasa, jauh dari apa yang kamu lukiskanAyat 37:180-182 merupakan doa penutup sesudah shalawat pada Rasul SAW, sebelum membaca kembali Al Fathihah.

37:181 Wa salaamun ala l mursaliinDan damai bagi apara Utusan Allah SWT

37:182 Wal khamdulil Laahi robbil aalamiin.Dan segala puji kepunyaan Allah, Tuhan sarwa sekalian alam.

PENUTUP: AL FATHIHAH

Shodaqol Laahul adhiim, Maha-benar Allah dengan firman Nya.

Al Quran:Anjuran untuk mempercepat bila berbuat kebaikan, jangan ditunda-tunda.Terburu-burulah pergi kepada kebaikan dan jadilah orang yang terdepan dalam mencapai itu (23:61)Tolaklah keburukan dengan apa yang paling baik (23:96)

Surat-surat Al Quran:

1. Al fathihah

2. Al Baqoroh

3. Ali Imran

4. An Nisa

5. Al Maaidah

6. Al Anam

7. Al Araf8. Al Anfal

9. Al Baraah

10. Yunus

11. Hud

12. Yusuf

13. Ar Raad

14. Ibrahim

15. Al Hijr

16. An Nahl

17. Al-Israa

18. Al Kahfi

19. Maryam

20. Tha Ha

21. Al Anbiyaa

22. Al Hajj

23. Al Mukminun

24. An Nuur

25. Al Furqoon

26. Asy Syuaraa

27. An Naml

28. Al Qashas

29. Al Ankabuut

30. Ar Rum

31. Luqman

32. As Sajdah

33. Al Ahzaab

34. As Sabaa

35. Al Fathir

36. Ya sin

37. As Shaffat38. Shad

39. Az Zumar

40. Al-Muminun41. Ha Mim

42. Al-Syura

43. Zukhruf

44. Al-Dukhan

45. Al-Jatsiyah

46. Al-Ahkaf47. Muhammad48. Al-Fath49. Al-Hujurat50. Qaf 51. Al-Dhariyat52. Al-Thur53. Al-Najm54. Al Qamar55. Al-Rahman56. Al-Waqiah57. Al-Hadid58. Al-Mujadilah59. Al-Hasyr60. Al-Muntahanah

61. Al-haff62. Al-Jumuah63. Al-Munafiqun64. Al-Taghabun65. Al-Thalaq66. Al-Tahrim67. Al-Mulk68. Al-Qalam69. Al-Haqqah70. Al-Maarij71. Nuh72. Al-jinn73. Al-Muzzammil74. Al-Muddatstsir75. Al-Qiyamah

76. Al-Insan77. Al-Mursalat78. Al-Naba79. Al-Naziat80. Abasa81. Al-Takwir82. Al-Infithar83. Al-Tathfif84. Al-Insyiqaq85. Al-Buruj86. Al-Thariq87. Al-Ala88. Al-Ghasyiyah89. Al-Fajr90. Al-Balad

91. Al-Syams92. Al-Lail93. Al-Dluha94. Al-Insyirah95. Al-Thin96. Al-Alaq97. Al-Qadr

98. Al-Bayyinah

99. Al-Zilzal

100. Al-Adiyat

101. Al-Qariah

102. Al-Takatsur

103. Al-Ashr

104. Al-Humazah

105. Al-Fil

106. Al-Quraisy

107. Al-Maun

108. Al-Kautsar

109. Al-Kafirun

110. Al-Nashr

111. Al-Lahab

112. Al-Ikhlas

113. Al-Falaq

114. Al-Nas

Doa-doa dari Al-Quran; catatan dari Sri Tarmizi, halaman 1 dari 17