desain bts mobile tower (p t telkomsel tbk) · kampus its sukolilo, surabaya 60111, telp/fax...

15
Desain BTS Mobile Tower (PT Telkomsel Tbk) Zainal Abidin Jurusan Desain Produk Industri, FTSP ITS Kampus ITS Sukolilo, Surabaya 60111, Telp/Fax (031)5931147 ABSTRAK Proyek desain produk desain KFC mobile catering adalah evaluasi dari KFC mobile catering yang telah ada. KFC mobile catering yang ada adalah sebuah mobil unit khusus yang digunakan oleh perusahaan waralaba PT. Fastfood Indonesia, dengan merk dagang Kentucky Fried Chicken (KFC) sebagai sarana survey pasar, sarana berdagang dan media promosi di Indonesia. KFC mobile catering adalah faktor penunjang khusus dalam perkembangan bisnis perusahaan. Dimana dari sejumlah besar pembangunan restoran KFC sekarang ini pada awalnya telah dilakukan survey oleh KFC mobile catering pada tahun-tahun sebelumnya. Kgiatan dilakukan secara berkala dalam kurun waktu tertentu, kemudian peninjauan khusus oleh para penilik apakah dari data yang telah diberikan oleh KFC mobile catering dapat dibangun restoran KFC di daerah tersebut. Tujuan KFC mobile adalah melakukan survey pasar, sebagai sarana berdagang dan media promosi pada daerah - daerah di Indonesia. Yang kemudian hasil pekerjaan tersebut akan diserahkan kepada pihak PT.Fastfood Indonesia secara online melalui media transfer cass untuk uang, dan melalui media fax untuk data penjualan dan logistic. Maka maksud dari men-Desain Kentucky Fried Chicken Mobile Catering seperti tujuan tersebut di atas adalah mempermudah kinerja promosi, survey pasar dan sarana berdagang dari KFC mobile catering yang telah ada. Seperti yang disebutkan di atas, Desain Kentucky Fried Chicken Mobile Catering berupa 2 mobil khusus (1 mobil dapur dan 1 mobil logistic), dan 2 tenda ( tempat sarana memasak dan berjualan ) yang dipindah-pindah. Tenda dapat dibangun oleh 6 orang dan dapat memuat pembeli maximal 32 orang. Kemudian sarana dagang hanya dapat ditempatkan dan didirikan pada daerah yang rata dan keras. Tenda dapat digunakan didirikan dan dipak dengan mudah, serta sebagi media promosi yang lebih baik. Kata kunci Mobile, Praktis, Clean dan Simple. ABSTRACT Project design product design mobile catering KFC is the evaluation of mobile KFC existing catering. KFC mobile catering there is a special unit of the car used by the franchise company PT. Fastfood Indonesia, with the trademark of Kentucky Fried Chicken (KFC) as a means of market surveys, trade facilities and media promotion in Indonesia. KFC is a mobile catering specifically supporting factors in the development of corporate business. Where development of a large number of KFC restaurants in the first place now has a survey conducted by KFC mobile catering in previous years. Kgiatan done regularly within a certain time, then a special review by the inspector whether the data has been provided by KFC to be built mobile catering KFC restaurants in the area. KFC goal is to make a survey mobile market, as a means of trade and promotion of regional media - areas in Indonesia. Which then results of the work

Upload: dinhtram

Post on 05-Mar-2019

231 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Desain BTS Mobile Tower (PT Telkomsel Tbk)Zainal AbidinJurusan Desain Produk Industri, FTSP ITSKampus ITS Sukolilo, Surabaya 60111, Telp/Fax (031)5931147

ABSTRAKProyek desain produk desain KFC mobile catering adalah evaluasi dari KFC

mobile catering yang telah ada. KFC mobile catering yang ada adalah sebuahmobil unit khusus yang digunakan oleh perusahaan waralaba PT. FastfoodIndonesia, dengan merk dagang Kentucky Fried Chicken (KFC) sebagai saranasurvey pasar, sarana berdagang dan media promosi di Indonesia. KFC mobilecatering adalah faktor penunjang khusus dalam perkembangan bisnisperusahaan. Dimana dari sejumlah besar pembangunan restoran KFCsekarang ini pada awalnya telah dilakukan survey oleh KFC mobile cateringpada tahun-tahun sebelumnya. Kgiatan dilakukan secara berkala dalam kurunwaktu tertentu, kemudian peninjauan khusus oleh para penilik apakah dari datayang telah diberikan oleh KFC mobile catering dapat dibangun restoran KFC didaerah tersebut.

Tujuan KFC mobile adalah melakukan survey pasar, sebagai saranaberdagang dan media promosi pada daerah - daerah di Indonesia. Yangkemudian hasil pekerjaan tersebut akan diserahkan kepada pihak PT.FastfoodIndonesia secara online melalui media transfer cass untuk uang, dan melaluimedia fax untuk data penjualan dan logistic. Maka maksud dari men-DesainKentucky Fried Chicken Mobile Catering seperti tujuan tersebut di atas adalahmempermudah kinerja promosi, survey pasar dan sarana berdagang dari KFCmobile catering yang telah ada.

Seperti yang disebutkan di atas, Desain Kentucky Fried Chicken MobileCatering berupa 2 mobil khusus (1 mobil dapur dan 1 mobil logistic), dan 2tenda ( tempat sarana memasak dan berjualan ) yang dipindah-pindah. Tendadapat dibangun oleh 6 orang dan dapat memuat pembeli maximal 32 orang.Kemudian sarana dagang hanya dapat ditempatkan dan didirikan pada daerahyang rata dan keras. Tenda dapat digunakan didirikan dan dipak denganmudah, serta sebagi media promosi yang lebih baik.

Kata kunciMobile, Praktis, Clean dan Simple.

ABSTRACTProject design product design mobile catering KFC is the evaluation of mobile

KFC existing catering. KFC mobile catering there is a special unit of the carused by the franchise company PT. Fastfood Indonesia, with the trademark ofKentucky Fried Chicken (KFC) as a means of market surveys, trade facilitiesand media promotion in Indonesia. KFC is a mobile catering specificallysupporting factors in the development of corporate business. Wheredevelopment of a large number of KFC restaurants in the first place now has asurvey conducted by KFC mobile catering in previous years. Kgiatan doneregularly within a certain time, then a special review by the inspector whetherthe data has been provided by KFC to be built mobile catering KFC restaurantsin the area.KFC goal is to make a survey mobile market, as a means of trade andpromotion of regional media - areas in Indonesia. Which then results of the work

will be submitted to the Indonesian PT.Fastfood online through the media cassfor money transfer, fax and through the media for sales and logistics data. Sothe purpose of design to Kentucky Fried Chicken Mobile Catering as the aboveobjectives is to facilitate the performance of promotion, market surveys andtrade facilities from mobile KFC existing catering.As mentioned above, Kentucky Fried Chicken Design Mobile Catering a specialcar 2 (car 1 car 1 kitchen and logistics), and 2 tent (which means cooking andselling) are removable. Tents can be built by 6 people and can hold 32 peoplemaximum buyers. Then the means of trade can only be placed and establishedat the regional level and hard. Tents can be erected and packed with easy, andAs with the media a better campaign.

KEYWORDMobile, Practical, Clean and Simple.

PENDAHULUANLatar Belakang

Dunia bisnis Indonesia yang pada saat ini masih negara berkembang makananFast Food masih berkembang pesat. Salah satunya adalah KFC ( Kentucky FriedChicken ) yang sudah berdiri tahun 1979 sebagi perusahaan public dan diawali olehperusahaan waralaba PT. Galael Pratama.

Keberhasilan restoran QSR (Quick Service Restaurant) pertama ini kemudiandiikuti dengan pembukaan restoran KFC di kota-kota besar lainnya di Indonesia. KFCtelah menjadi brand hidangan cepat saji yang paling dominan, dan dikenal luassebagai jaringan restoran cepat saji di negeri ini. Pada saat ini Perseroan memiliki 237restoran, termasuk 2 unit mobil catering, di lebih dari 50 kota besar di Indonesia,memperkerjakan sekitar 9.280 karyawan dengan total penjualan lebih dari Rp1,028triliun pada akhir 2005 . Perseroan adalah perusahaan publik yang terdaftar sebagaiemiten di Bursa Efek Jakarta dengan kepemilikan saham mayoritas sebesar 79,2%oleh PT. Gelael Pratama (43,6%) dan PT. Megah Eraraharja (35,6%), dan sisa sahamlainnya sebesar 20,8% oleh Publik (20%), dan Koperasi (0,8%). PT. Gelael Pratamaadalah Kelompok Usaha Gelael sebagai pendiri KFC di Indonesia, sementara PT.Megah Eraraharja adalah anak perusahaan Kelompok Salim yang bergabung denganPerseroan sebagai pemegang saham mayoritas pada tahun 1990.

Keberhasilan KFC saat ini adalah adalah kerja keras yang telah bertahun tahuntelah mengembangkan banyak hal dalam berbagai bidang, mulai dari kualitas,pelayanan, produk, metode pemasaran hingga desain. Studi ini mengungkapkanbahwa KFC secara konsisten berada pada posisi tertinggi dan paling menonjol dalambenak konsumen untuk ‘Top of Mind Awareness’ dibandingkan dengan merek utamalainnya. Selain itu, Perseroan juga melakukan studi Customer Experience Monitoring(CEM) untuk mengetahui bagaimana pengalaman konsumen terhadap pelayanan danfasilitas KFC, dan studi CHAMPSCHECK untuk menilai kualitas pelayanan danfasilitas yang tersedia di KFC. Perseroan menerima penghargaan KADIN Award 2005di bidang Pariwisata untuk kategori restoran.

Untuk memonitor posisi pasar dan kinerja Perseroan secara keseluruhan,sebuah survei yang disebut dengan Brand Image Tracking Study (BITS) rutindiadakan sejak tahun 1998. Salah satu dalam mengadakan survey pasar pada suatudaerah tertentu yang akan menentukan apakah dalam lingkup daerah tersebut layakdidirikan restoran KFC yaitu dengan menggunakan mobile catering.

KFC mobile catering ini akan mendirikan stand makanan KFC selama beberapabulan dalam suatu daerah dan melakukan penjualan produk-produk KFC. Dalamkurun waktu beberapa bulan ini diadakan test pasar terhadap masyarakat sekitar

bagaimana tanggapan dan minat daerah tersebut terhadap produk KFC. Survey inidilakukan secara berkala dalam satu daerah dan daerah yang lain.

Jangkauan kawasan KFC Mobile mulai dari tahun 1991 sampai tahun 2009 dandaerah yang akan menjadi proses kelanjutan dalam proyek KFC Mobile dalambeberapa tahun mendatang.

Gambar 1.1Peta kawasan yang telah dilalui

KFC Mobile Catering

Dan perluasan selanjutnya adalah menuju ke daerah Indonesia timur sampaiseluruh Indonesia dapat didirikan restoran KFC. Tidak hanya di kota-kota besarsesuai ketepatan waktu dan ekonomi yang terjadi saat sekarang dan yang akanmendatang.

Tujuan Mempermudah proses suvey pasar oleh KFC Mobile Catering. Mempercepat proses pengiriman data dan pendataan dalam proses

administrasi managemen KFC. Untuk mengifisienkan kinerja di area kitchen dengan pemakaian furniture dan

konfigurasi yang tepat. Menjadikan KFC Mobile Catering lebih fleksibel dalam pembangunan dan

pembongkaran. Menjaga image Kentucky Fried Chicken. Mempertahankan standart kerja cooking Chicken Kentucky Fried Chicken. Memberikan kenyaman bagi para pelanggan dalam kondisi 2 musim

Indonesia. Memberikan media promosi yang tepat dengan managemen Kentucky Fried

Chicken.Masalah

Yang menjadi permasalahan pada produk eksisting yaitu, proses survey pasarbelum maksimal, dan masih dapat dikembangkan lagi, seperti: :

Proses pencatatan dan pelaporan terhadap survey pasar yang memakanwaktu banyak dan mengganggu standart kerja supervisor, yang ada di KFCMobile Catering memegang kerja 3 orang pekerjaan sekaligus.

Penataan / konfigurasi dan pemakaian furniture pendukung yang tidak tepatbagian kitchen, sehingga terlihat lebih kotor dan tidak higienis.

Penerapan desain dalam area dinning dan kitchen, seperti pemakaian bahanseadanya dan ketidakteraturan bentuk, pemakaian lighting yang tidakmemberikan pendekatan visual brand KFC terhadap costumer1.

KFC Mobile Catering saat ini belum bisa menerapan standartrisasipengolahan ayam pada STAR FSTM Chicken Product berpotensiberkembangnya bacteri Satinoelera2.

1 Journal of Design, Educational Approaches to Designing for Visual Brand Recognition

Pelanggan merasa area dinning yang panas yang tidak melebihi 24o C3, haldapat memberikan pengalaman emosi negatif dan rasa penyesalan yangberpengaruh negatif pada loyalitas pelanggan4.

Pemakaian Media Promosi di KFC Mobile Catering seperti spanduk dipakaisebagai penutup tenda, pemakaian media promosi musik yang tidak merdudidengar dapat memberikan pencitraan negatif costumer yang dapatmerespon efek kebencian5 terhadap KFC.

Pemilihan sistem pendingin kurang mendukung memiliki menyebabkan suhuarea melebihi 30O C, yang menyebabkan Aktivitas mental dan dayatanggap mulai menurun dan cenderung untuk membuat kesalahan dalampekerjaan, timbul kelelahan fisik.

f. Kurangnya pemanfaatan (media informasi, promosi, jual dll) dalam BTS untukkepentingan operator telekomunikasi dalam pemasaran prooduk.

g. Kurang ramah lingkungan, karena terlihat sebagai sesuatu yang menakutkan.

PEMBAHASANStudi Analisa Pasar

Pelayanan Mobile catering ini mendatangi keramaian dan tempat umum produkdan pelayanannya yang aktif mendatangi masyarakat di daerah – daerah yang belumberdiri KFC Restourant. Dengan fungsi utama sebagai mobile catering, mobile unit inimemiliki target pasar, yaitu sebagai berikut :

Gender : Pria dan wanitaSemua umurKeluarga, remaja, dewasaPekerjaan : pelajar, pegawai negri/swasta,pedagangPenghasilan : Rp 500.000,- ke atasKelas sosial : menengah bawah, menengah, menengah ke atas

Target khusus untuk para remaja yang menyukai musik indie.

Segmentasi PasarSelain fungsi utamanya sebagai mobile catering bisa difungsikan sebagai

media promosi. Dalam fungsinya sebagai sarana media promosi, nantinya mobilecatering ini akan menggunakan jenis promosi indirect promotion, yaitu jenis kegiatanpromosi secara tidak langsung ke konsumen dan biasanya dengan menggunakanmedia lain, contohnya brochure, poster, penambahan promo music pada daerahDinning Area dengan penambahan beberapa elemen estetis untuk digunakan sebagaimedia promosi yang tepat. Dan opsi yang digunakan adalah sticker wrap advertising,yaitu menempelkan stiker ke badan kendaraan.

2 BAB II Jenis – Jenis Bakteri dan Pertumbuhannya3 Bambang Suhardi, Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi Industri, Jilid 2. 20084 Journal of Design, Emotion by Design : Consumer Perspective5 International Journal of Design, Design & Emotion

Gambar 4.2.2.1Contoh sticker wrap advertising

Studi Analisa CostumerKFC membidik costumer adalah keluarga, dan dapat terdiri dari orang tua dan

satu anak-anak dan remaja . Dimana KFC memberi konsep dalam restourant merekatempat bermain bagi anak-anak saat orang tua menikmati makanan.Dari beberapaprogram KFC adalah Chaki.

GambarAktifitas para pelanggan

Dari beberapa pengunjung, managemen KFC Mobile Catering menargetkanpangsa pasar mereka dalam beberapa kelompok . Yaitu kelompok keluarga : terdiridari ayah, ibu, dan satu anak. Remaja : terdiri dari kelompok para remaja dan parapasangan. Dewasa : terdiri dari para pekerja datang secara individu atauberkelompok.

Serta setelah dilakukan pengamatan dan wawancara pada KFC MobileCatering saat beroperasi di Bojonegoro dapat dianalisa pembagian waktu saatberkunjung di KFC tersebut. Adalah pada tabel di bawah ini :

Target Market

Ragam menu

Range harga

GambaranPengunjung

Keluarga, Remaja, Dewasa,

Super Panas Jumbo

Paket Combo 1 sampai 8

Paket Chaki

Mulai Rp. 15.000

Lebih banyak datang beramai-ramaidengan memesan paket nasi, ayam,dan minum

Tabel 4.2.3.1Target Pasar KFC

Gambar

Penambahan mesin es cream

Pada gambar di atas merupakan cooking area tampak atas, di dalam area danproduk dari KFC maka ada penambahan produk baru dan penambahan space icecream. Karena target pasar pada anak muda ( remaja ) yang banyak menyukai icecream sehingga pada KFC Mobile Catering memberi tambahan space dan produk icecream yang telah dilingkari pada gambar di atas.

Dan juga untuk market remaja yang mengangkat music indie dapatditambahkan dalam area Dinning, dalam mempromosikan album kompilasi KFCseperti band indie di bawah ini yang dipromosikan dalam produk paket Goceng.

GambarBand-band yang masuk KFC

Desain penambahan atribut music dan televisi pada area Dinning

GambarPenempatan atribut audio visual

Studi Analisa AktivitasAnalisa ini bertujuan untuk mengetahui aktifitas apa saja yang harus berdekatandan yang tidak perlu berdekatan yang kemudian digunakan sebagai acuanpenempatan peralatan-peralatan dapur. Berikut analisanya :

Tabel 1

Analisa kedekatan Aktifitas

Area yang sering digunakan dalam pengolahan bahanArea perlintasanArea logistik

Gambar 2, Pembagian zona aktivitas dalam kitchen

Pada analisa konfigurasi area kitchen dengan pengaturan konfigurasi dalampengelompokan sesuai dengan kebutuhan, maka akan mempermudah dalammengakses perlatan dan bahan yang dibutuhkan. Dengan penjelasan untuk zonapetugas pada warna merah merupakan area yang sering digunakan dalampengolahan bahan dan membutuhkan space yang cukup untuk zona perlintasandalam intereksi antar petugas.

Analisa Konfigurasi DinningUntuk mendapatkan penempatan interior kursi , media promosi, dan sirkulasidibutuhkan penempatan yang tepat . Dan analisanya berikut :

Gambar 4.14.2.1Area Sirkulasi

Gambar 4.14.2.2Arus sirkulasi Dinning

Analisa Pemasangan Iklan Tenda dan dinningPemasangan iklan pada tenda dan dinning untuk media promosi pada KFC MobileCatering digunakan pada saat promo event – event tertentu seperti sesi lebaran,natal, imlekdan yang lain.

Gambar 4.14.3.1Media promosi pada tenda

Pemakaian media promo pada area Dinning untuk memberikan stimulus pada parakonsumen saat akan meninggalkan KFCMobile Catering. Jadi penempatan mediapromosi di tempatkan di area pintu keluar. Adalah sebagai berikut :

GambarGambAr pemakaian media promosi di Area Dinning

Instalasi AirDebit air yang digunakan menggunakan sumber dari PDAM6 dengan

penggunaan debit air 8 liter per kapita, dan estimated sewage flow rate 75,7 liter /employer7Dari Survey di KFC mobile Catering di Bojonegoro didapat data di bawah ini

BULAN TANGGAL TRANSAKSI COSTUMERMARET 1 265 350

2 132 1593 175 2094 169 2085 126 1436 233 3037 259 307DST

TabelTabel costumer dan tansaksi bulan Maret 20098

Rata – rata 239,85 kedatangan costumer dalam sehari jadi memerlukan1918,8 liter air disini memerlukan debit air yang tinggi dan antisipasi ketersediaan airdengan memakai tandon dan water pump untuk di ambil dari saluran PDAM.

GambarWater tank

6 Survey dan wawancara dengan KFC mobile di Bojonegoro, 2009.7 Water Suply for restaurant (without toilet), Mechanical and Electrical Equipment forbuilding.8 Survey KFC mobile Catering maret 2009

Analisa Pemakaian Warna dan stripingAnalisa ini digunakan untuk memilih warna yang akan digunakan dalam KFC MobileCatering. Warna yang akan dipaki adalah warna-warna yang diper bolehkan olehfederasi KFC, dengan aturan sebagai berikut:- KFC brand will be followed by a 65,000 square foot logo in the Area 51 dessert- That can be seen from space - code-named the "Face from Space".- And consisting of 14,000 white, 6,000 red, 12,000 eggshell, 28,000 black and 5,000beige tiles.

GambarLogo KFC

Kesimpulan :Warna yang akan dipaki dalam KFC Mobile Catering adalah warna dari logo KFC.

GambarStriping KFC

Pada analisa striping KFC Mobile Catering menggunakan warna – warna yangada pada produk KFC dan sesuai dengan aturannya.

Desain striping yang saat ini :

GambarDesain striping

Desain warna yang sesuai dengan warna pada produk KFC. Garis yang tegasmelambangkan fastfood sehingga memiliki garis tegas.

GambarPengplikasian pada KFC mobile catering

Studi Analisa Fungsi Sebagai BTS tambahan sementara pada saat over load traffic. (missal : sebelum

/ sesudah hari raya, hari kemerdekaan dsb). Sebagai BTS sementara pengganti BTS yang mengalami perbaikan karena

trouble conection atau rusak akibat bencana alam. Sebagai BTS sementara penguat kapasitas dan jangkauan pada daerah public

facility (missal : bandara, pasar, terminal, station KA, tempat hiburan, tempatwisata dsb).

Sebagai surveyor coverage daerah yang belum terdapat BTS fixed untuk jaringantelekomunikasi.

Konsep DesainBerdasarkan hasil studi dan analisa maka didapatkan kriteria produk perancanganBTS mobile tower, seperti halnya pada image board konsep desain. Konsep desainsebagai ciri pembeda dari produk yang didesain, yang sesuai dengan atribut yangsudah ditentukan. Konsep ”Easy Going (moveable) ” yang maksudnya bahwa BTSmobile ini mudah dioperasikan dan ditempatkan dimanapun sesuai dengan tempatyang membutuhkan coverage komunikasi.

Sketsa Desain AkhirDari hasil perumusan konsep, kemudian dilakukan pengembangan ide awal

untuk mencapai bentuk dasar yang akan diaplikasikan dalam desain mobil unit dapurumum lapangan. Berikut adalah beberapa pengembangan ide awal berupa sketsadesain.

Gambar 5.2.1Dinning Area

Gambar 5.2.2Kitchen Area

Gambar 5.2.3Konfigurasi Kitchen Area

Gambar 5.2.4Grafis pada kontainer

Gambar 5.2.5Cooking Area

Gambar 5.2.6Dinning Area

Gambar 5.2.7Interior Dinning Area

Gambar 5.2.8Ekterior Dinning Area

DAFTAR RUJUKAN

Panero, Julius AIA, ASID. dan ZELNIK, Martin, AIA, ASID. 2003. Dimensi Manusia

dan Ruang Interior. Erlangga. Cetakan ke 1, Jakarta.

Suresh Chandra, Arvind Kumar M, 2003, ROLL OVER OF HEAVY COMMERCIAL

VIHICLES, Linköping Universitet.

PT. Fastfood Indonesia, Kentucky Fried Chicken STAR 2000 Modul Costumer

Service. Trd/03/2005.

PT. Fastfood Indonesia, Kentucky Fried Chicken STAR 2000 Modul Star FSTM,

Juni 2003.

PT. Fastfood Indonesia, Kentucky Fried Chicken STAR 2000 Modul Chicken

Product, Maret 2005.

PT. Fastfood Indonesia, Kentucky Fried Chicken STAR 2000 Modul Food Service,

Mei 2004.

PT. Fastfood Indonesia, Kentucky Fried Chicken STAR 2000 Modul Suply Base,

Maret 2005.

Dedy Prihantono, 2009 , Produksi tenda, http://indonetwork.or.id/lentera_production,

22 Februari 2009

Tokoaneka, 2009, Spesifikasi Produk Tenda, http://www.tokotenda.com/spesifikasi-

produk.html, 22 Februari 2009

2007. “Satpas SIM-KB Colombo Setelah Kehadiran SIM Keliling dan SIM Corner”.

Jawa Pos. 25 Desember

Riski Amelia, 2008, DESAIN SISTEM DAPUR UMUM LAPANGAN untuk BANTUAN

BENCANA ALAM, Surabaya, Indonesia.

Company Profile KFC Indonesia,http://www.kfcindonesia.com/indeks.php

Bambang Suhardi, Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi Industri, Jilid 2. 2008

Journal of Design, Educational Approaches to Designing for Visual Brand Recognition

Journal of Design, Emotion by Design : Consumer Perspective

International Journal of Design, Design & Emotion