ciri-ciri hewan vertebrata pada coordata

Click here to load reader

Post on 12-Jul-2015

242 views

Category:

Science

8 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Kelompok 10

Kelompok 10CHOORDATAYUDHITIA ANDINI SITI DAHLIA. SFUTRI FORMAN.N

1Ciri-ciri hewan vertebrataMemiliki Notokord : kerangka berbentuk batangan keras tetapi lentur. Notokord terletak di antara saluran pencernaan dan tali saraf, memanjang sepanjang tubuh membentuk sumbu kerangka.Tali saraf tunggal : , berlubang terletak dorsal terhadap notokord, dan memiliki ujung anterior yang membesar berupa otak.Ekor yang memanjang ke arah posterior terhadap anus.celah faring.Rangkaian tulang kecil (vertebra) yang memanjang pada bagian dorsal dari kepala hingga ekor. Rangkaian vertebra yang disebut tulang punggung ini membentuk sumbu kerangka menggantikan notokord. Tulang punggung berfungsi sebagai penyokong tubuh serta melindungi tali saraf.

PISCESVertebrata Poikilotermik ( Berdarah dingin )Berdasarkan bahan penyusun rangkanya dibagi 2 golongan : 1. Ikan berangka tulang rawan (Chondrichthyes) Contoh: ikan hiu, ikan pari, ikan cucut.2. Ikan berangka tulang sejati ( Osteichthyes)Contoh: ikan mas, bandeng, kakap, tongkol.

Ciri-ciri umum piscesHidup di air Mempunyai sisik yang berlendirMempunyai sirip yang bergerakBernafas melalui insang berkembang biak secara bertelur

Unit-unit yang mencakup semua vertebrata yang biasa disebut sebagai ikan adalah sebagai berikut :Subkelas Pteraspidomorphi (ikan tak berahang primitif)Kelas ThelodontiKelas Anaspida(tidak berstatus) Cephalaspidomorphi (ikan tak berahang primitif) (tidak berstatus) Hyperoartia Petromyzontidae (lamprey)Kelas GaleaspidaKelas PituriaspidaKelas OsteostraciInfrafilum Gnathostomata (vertebrata bermulut besar) Kelas Placodermi (ikan berperisai, punah)Kelas Chondrichthyes (ikan bertulang rawan: hiu, pari)Kelas Acanthodii (hiu berduri, punah)Superkelas Osteichthyes (ikan bertulang sejati: mencakup hampir semua ikan penting masa kini) Kelas Actinopterygii (ikan bersirip kipas)Kelas Sarcopterygii (ikan sirip berdaging/ikan bersirip cuping) Subkelas Coelacanthimorpha (coelacanth)Subkelas Dipnoi (ikan paru)

Saluran pencernaan pada ikan dimulai dari rongga mulut (cavum oris).Dari rongga mulut makanan masuk ke esophagus melalui faring yang terdapat di daerah sekitar insang. Esofagus berbentuk kerucut, pendek, terdapat di belakang insang, dan bila tidak dilalui makanan lumennya menyempit. Dari kerongkongan makanan di dorong masuk ke lambung.Dari lambung, makanan masuk ke usus yang berupa pipa panjang berkelok-kelok dan sama besarnya. Usus bermuara pada anus.

Kandungan Ikan kaya akan manfaat karena merupakan sumber protein bagi tubuh. Selain itu ternyata ikan juga mengandung berbagai zat yang sangat Bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan zat gizi yang terdapat pada ikan segar dan manfaatnya antara lain:Omega 3, untuk proses perkembangan otak pada janin dan penting untuk perkembangan fungsi syaraf dan penglihatan bayi.Mengandung serat protein yang pendek sehingga mudah di cernaKaya akan asam amino seperti taurin untuk merangsang pertumbuhan sel otak balita.Vitamin A dalam minyak hati ikan untuk mencegah kebutaan pada anakVitamin D dalam daging dan minyak hati ikan untuk pertumbuhan dan kekuatan tulangVitamin B6 untuk membantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syarafVitamin B12 untuk pembentukan sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan melindungi jantung juga kerusakan syarafZat besi yang mudah di serap oleh tubuhYodium untuk mencegah terjadinya penyakit gondok dan hambatan pertumbuhan anakSelenium untuk membantu metabolisme tubuh dan sebagian anti oksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebasSeng yang membantu kerja enzim dan hormonFluor yang berperan dalam meguatkan dan menyehatkan gigi anak.

Kandungan ikan kaya akan manfaat akan lebih optimal , jika dalam bentuk daging ikan segar sehingga kandungan gizi dalam ikan tetap untuk mendapatkan kandungan ikan yang kaya akan manfaat.Beberapa spesies tuna dapat mempertahankan suhu tubuhnya, sehingga tidak dapat selalu dianggap poikilotermik. Ikan hiu putih raksasa (Great White Shark) adalah satu-satunya ikan yang benar-benar endotermik (berdarah panas).

AVESCiri-ciri umum avesMemiliki buluSayapBisa terbangPemakan biji-bijian, serangga, buah-buahanBurung Gereja Burung Beo

Jenis-jenis merpati hutan (Columba sp.), uncal (Macropygia sp.), delimukan (Chalcopaps sp. dan Gallicolumba sp. ), pergam (Ducula sp.), dan walik (Ptilinopus sp.) merupakan keluarga merpati yang memiliki ketergantungan sangat tinggi dengan habitat hutan. Yang kini terancam punah karena habitatnya terusik kegiatan manusia. . Fosil tertua burung ditemukan di Jerman dan dikenal sebagai Archaeopteryx. Jenis-jenis burung begitu bervariasi, mulai dari burung kolibri yang kecil mungil hingga burung unta, yang lebih tinggi dari orang. Diperkirakan terdapat sekitar 8.800 10.200 spesies burung di seluruh dunia; sekitar 1.500 jenis di antaranya ditemukan di Indonesia.