buletin edisi52 2009

24
edisi 52 november 2009 Diutus untuk bersaksi

Upload: sunjaya-rito

Post on 13-Jan-2015

2.099 views

Category:

Spiritual


8 download

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

Page 1: Buletin Edisi52 2009

edisi 52 novem

ber 2009

Diutus untuk bersaksi

Page 2: Buletin Edisi52 2009

Penasehat : Januar Sugiarto; Penanggung Jawab : M Bambang Soewono;Pemimpin Redaksi : Sri Rasiti, Staf Redaksi : Agung Minarso, Petrus Tadu, InaAstuty; Distribusi : Agus Huwae, William Maitimu; Percetakan : Unibox - Jakarta.Alamat: Jl. Garuda No. 31 M, Jakarta 10610, Telp. (021) 4216711; Fax (021)4211853; Email : [email protected]; Facebook: Yayasan Marturia IndonesiaWebsite : www.yamari.org

SALAM Sejahtera!Adalah satu kebahagiaan bagi kami saatBERITA YAMARI ini berada di tangan Anda.Kerinduan untuk menjadikan BERITAYAMARI semakin baik, belum terwujud.Tetapi, manakala kerinduan ini masih adamaka tinggal tunggu waktu bagi BERITAYAMARI untuk tampil semakin cantik danmenarik.

Betapa pun demikian, kami berusahamenyajikan sesuatu yang aktual dalamsetiap rubrik kami. Misalnya laporanmengenai musibah gempa di SumateraBarat yang dilaporkan Jojo Raharjo,seorang jurnalis Kristiani. Dari musibahitu kita belajar mengetahui. Berdasarkanlaporan itu kita belajar tentang apasebenarnya rencana Allah bagi umatNya.Sekaligus mengetuk nurani kita untuk

menyatakan kasih kepada sesamamanusia, bukan sekedar omong doang .

Andy F Noya, seorang presenterkondang pemandu acara “Kick Andy” disalah satu stasiun TV swasta, Ternyatamasih sempat menuliskan kesaksiannyauntuk mengagungkan nama Tuhan.

Saat ini kita sudah memilikipemerintahan baru di bawah komandoPresiden Susilo Bambang Yudhoyono, danWakil Presiden Boediono. Sebagai bagiandari bangsa ini , kita harus ikutberkontribusi, agar tugas mereka berhasildemi Bangsa dan Negara.

Selanjutnya, selamat membaca danTuhan Yesus memberkati! ***

Keterangan gambar cover:Anak anak Desa Elok Kolong, KalimantanBarat berpose sebelum ibadah sekolahminggu

Surat Redaksi

POKOK DOA1. Mengucap syukur atas penyertaan Tuhan yang

telah memimpin dan memberkati pelayananYAMARI sampai saat ini.

2. Bersyukur kepada Tuhan untuk tim PI YAMARIyang telah melayani ke Sambas-KalimantanBarat , Sumba Timur dan Sumba Tengah dibulan September dan bulan Oktober 2009.Doakan untuk follow up kepada mereka yangbaru percaya kepada Tuhan Yesus.

3. Doakan acara HUT ke 15 MHM pada 4Desember 2009 mulai pkl. 18.00 wib dalambentuk ibadah syukur MHM Christmas Dinnerdengan thema: “Everlasting Love”, pembicara:Pdt. Andreas Abdianto, bertempat diRestaurant Sentral – Tomang, Jakarta.

4. Bersyukur kepada Tuhan pada bulanSeptember 2009, YAMARI telah mendapatmobil baru, Isuzu Panther Smart berwarnahitam, nomor polisi B-1273-BFR, untukoperasional dan Pekabaran Injil.

5. Doakan seluruh Badan Pengurus LengkapYAMARI dan staf pelaksana di bawah pimpinanBapak Ev Bambang Soewono.

6. Doakan kebutuhan dana operasional YAMARIuntuk bulan Nopember & Desember 2009berjumlah Rp. 77.990.000.00

7. Doakan kegiatan Persekutuan Doa Marturia-YAMARI setiap hari Jumat siang di kantorYAMARI, kiranya di berkati Tuhan.

8. Doakan rencana kegiatan kebersamaan:Seminar & KKR Rev. Reinhard Bonnke tanggal18-19 Desember 2009 di Stadion Bung Karno,Senayan – Jakarta.

9. Doakan pemerintahan yang baru RI di bawahpimpinan Presiden Susilo Bambang Yudoyonodan Wakil Presiden Budiono beserta paraMeteri Kabinet Indonesia Bersatu II, AnggotaMPR, DPD, DPR & DPRD dan jajaran TNI &POLRI, agar mereka dapat menjalankan tugaskenegaraan dengan rasa takut dan hormatkepada Tuhan, serta dapat merealisasikankomitmen amereka untuk mensejahterakanseuruh rakyat, dan tetap mempertahankanNegara Kesatuan Republik Indonesia yangberasaskan PANCASILA dan UUD 1945.***

Page 3: Buletin Edisi52 2009

VISI : “Diutus untuk bersaksi dan menuai jiwa-jiwadengan Kasih Tuhan”.

DASAR PELAYANAN“Ia menghendaki supaya jangan ada orangyang binasa, melainkan supaya semua orangberbalik dan bertobat (2 Petrus 3:9)”.

MISI

1. Memberitakan bahwa semua orang telahberbuat dosa dan telah kehilangan kemu-liaan Allah. Akibat dosa adalah maut (kema-tian kekal di neraka) dan hanya ada satu ja-lan keluar dari hukuman kekal, yaitu per-caya dan menerima Yesus Kristus sebagaiTuhan dan Juru Selamat (Roma 3:23;6:23; Yohanes 14:6).

2. Menyadarkan kepada semua orang terha-dap bahaya okultisme, perjudian, pergaulanbebas dan narkoba. Tubuh ini adalah BaitAllah yang harus dijaga dan dipelihara deng-an baik untuk memuliakan Allah (Roma12:1-2; 1 Korintus 6:19-20).

3. Memperlengkapi orang percaya dalam me-layani dan menghadapi tantangan kehidu-pan ini dengan berserah dan bersandarpada Tuhan melalui Mission Trip ke desa,Pemutaran Film Rohani, Kursus AlkitabTe r t u l i s . Pe rs e ku t u a n D o a YA M A R I .Melayani orang sakit dan lain sebagainya.(Efesus 2:8-10; Petrus 1:3-11;Matius 25:35-36).

4. Menggerakkan umat percaya dan paraHamba Tuhan untuk masuk dalam kesatuandan persatuan Tubuh Kristus tanpa me-mandang denominasi gereja (Yohanes17:20-23; 15:12)

5. Membantu pemerintah dalam bidangpembinaan mental dan spiritual, agar peran

serta masyarakat dalam membangun negeritercinta Indonesia semakin nyata. (Yeremia29:7: 2 Tawarih 4:14; 1 Timotius 2:1-2).

10 BIDANG PELAYANAN YAMARI1. Pelayanan PI Daerah.2. Pelayanan Kursus Alkitab Tertulis.3. Pelayanan Konsultasi Rohani & Doa.4. Pelayanan Media Komunikasi &

Informasi.5. Pelayanan Pengutusan Tenaga Misi.6. Pelayanan PD YAMARI.7. Marturia Hospital Ministry.8. Pelayanan Film Rohani.9. Pelayanan Sound System.10. Pelayanan Komunitas Masyarakat.

PELAKSANAAN KEGIATANDalam melaksanakan tugas pelayanan tersebut,YAMARI bekerjasama dengan semua gereja,Yayasan Kristen maupun per-orangan yangterbeban untuk pelayanan Pekabaran Injil danPembinaan Rohani.

BIAYA OPERASIONALBiaya operasional diperoleh berdasarkan imanmelalui persembahan kasih dari anak-anakTuhan yang terbeban mendukung pelayananYAMARI.

REKENING BANK1. Bank Internasional Indonesia (BII)

Cabang Garuda JakartaNo. AC: 2.120.39.210.4a.n. YAMARI

2. Bank Central Asia (BCA)Cabang Bungur JakartaNo. AC : 391.120.7654a.n Michael Bambang Soewonoatau Jusup Gunawan.

Page 4: Buletin Edisi52 2009

Oleh: Dr Suhento Liauw

Segambardengan

AllahBENTUKNYA? Banyak orang bertanya,“sebelum menciptakan manusia, apakahAllah tahu bahwa nanti manusia akanmenentangNya?” Jawabannya, “tentuAllah tahu!” Lalu mereka akanmelanjutkan pertanyaan mereka, “kalaubegitu, mengapakah Allah maumenciptakan manusia?” Dan belumsempat kita menjawab biasanyapertanyaan demi pertanyaan akan merekalontarkan seperti peluru senjata otomatis.

Kalimat “kita menjadikan manusiamenurut gambar dan rupa k i ta”menunjukkan bahwa Sang Penciptamemang telah merencanakanmenciptakan Adam yang berbeda dengansemua makhluk lain. Makhluk lain tidaksegambar dan serupa Al lah, melainkanhanya Adam. Allah menghendaki agarketika makhluk lain mel ihat Adam,mereka melihat Sang Penc ipta. T ujuanpenciptaan telah diungkapkan denganjelas, yaitu “supaya mereka berkuasa atasikan-ikan di laut dan burung-burung diudara dan atas ternak dan atas seluruhbumi dan atas segala binatang melata

yang merayap di bumi.”Allah berencana menciptakan makhluk

yang mewakiliNya menguasai semuaciptaanNya yang lain. la menciptakanmakhluk yang segambar dan serupadengan diriNya, sehingga ketika makhluklain melihat Adam, mereka sepertinyamelihat Sang Pencipta itu sendiri. Sepertipetani membuat boneka, agar ketikaburung pipit melihat boneka yangbergerak-gerak ia mengira sang petani ituyang sedang menjaga sawahnya.Sebagian theolog tidak beranimenafsirkan kesegambaran dankeserupaan manusia dengan Allah adalahdalam hal bentuk, karena Yohanes 4:24menyatakan bahwa Allah itu Roh.

Tetapi, kata besalmenu (gambar kita)dan kidmatenu (rupa kita) itu sesungguhnyamenunjuk kepada bentuk. Pada Kej 9:6dikeluarkan larangan membunuh manusiadengan alasan, manusia diciptakansegambar dengan Allah. Dapat dimengertibahwa penyerangan terhadap manusiayang adalah gambar Allah dapat dil ihatsebagai penyerangan terhadap Allah

pengajaran>>

Page 5: Buletin Edisi52 2009

sendiri. Ketika seseorang merobek-robek foto seseorang, mem ang dapatdilihat sebagai bentuk penyeranganterhadap orang itu.

Segambar dan serupa dalam roh? Lalumengapakah ketika manusia telah mati,ketika rohnya telah meninggalkantubuhnya, masih perlu dihormati?Apakah makna dibalik penguburan orangsecara terhomat? Tuhan menghendakiagar orang yang telah mati, dikuburkanke dalam tanah dengan normal. Denganhormat karena diciptakan sesuai gambarAllah, ke dalam tanah karena bahan bakutubuh tersebut terbuat dari tanah. Bapa-bapa beriman di Perjanjian Lama telahtercatat menguburkan orang-orangmereka secara terhormat ke dalam tanah.

Kata besalmenu dan kidmatenu adalahkata yang biasa dipakai untuk menunjukpada rupa seseorang. Set, anak Adampengganti Habel dikatakan adalahseorang laki-laki menurut gambar danrupa Adam, kata yang dipakai adalah persissama dengan kata untuk menjelaskanbahwa Adam yang diciptakan sesuaidengan gambar dan rupa Allah.

Dengan Kehendak BebasAdam bukan hanya diciptakan sesuaidengan gambar dan rupa Allah, bahkandalam pasal 2 dirinci bahwa Adam terbuatdari debu tanah dan dihembusi nafas.Selanjutnya dikatakan bahwa Adamditempatkan di taman Eden dan diberitugas. Adam adalah satu-satunya makhlukyang bisa bertugas karena ia satu-satunyayang diberi kemampuan untuk berpikir.Kalau tidak, ia tidak mungkin bisamengurus taman Eden danmengendalikan semua makhluk ciptaanyang lain. la bisa berpikir dengan sangatcerdas, namun pikirannya belum terisipengetahuan. Sama seperti seorang bayiyang memiliki kemampuan berpikir, namunbelum ada pengetahuan di d a l a motaknya. Demikianlah Adam sesaat selesaidiciptakan. Bedanya hanyalah kemampuanberpikir bayi bertumbuh gradual

sedangkan kemampuan berpikir Adamlangsung pada tahap sempurna. Jadi, otakAdam itu seperti prosesor komputer yangsangat canggih, namun belum ada programterisi di dalam memorinya.

Sela in pikiran, Adam juga d i ber ikehendak bebas karena hanya makhluk yangberpikiran dan berkehendak bebaslah yangbisa bekerja. Tidak ada satu makhluk pundi atas muka bumi yang bisa diberi tugasselain manusia. Karena diberi kemampuanberpikir dan kehendak bebas, maka Adamharus mempertanggungjawabkan pikirandan kehendak bebas yang diberikankepadanya. Dengan kemampuan berpikirdan kehendak bebas, bahkan perasaan, iabisa berpikir, memutuskan untuk melakukansesuatu yang berkenan kepada Allah atausebaliknya tidak berk enan kepada Allah,bahkan menentang Allah. Adam adalahpribadi (person) yang bisa berpikir,memuluskan sesuatu, bertindak, bisatersinggung, marah dan mengasihi.

M e n g a p a A l l a h m e m u t u s k a nm e n c i p t a k a n m a k h l u k y a n g b i s amenentangNya? Jawabannya, Allah inginmenikmati s i k a p p o s i t i f dari makhlukciptaanNya. Allah ingin dicintai sebagaimana lamencintai. Itulah sebabnya la menciptakanmakhluk yang bisa mencintai, makhluk yangberpikiran dan berperasaan. Allah tidak maudicintai robot yang tidak berperasaan. Danjuga tidak mau dicintai oleh yang tidak adapilihan selain mencintai, atau semacam cintayang terpaksa. la menginginkan cinta darimakhluk yang bisa memilih, yaitu yangberkehendak bebas. Jika makhluk itu bisamenyintai dan membenci, dan juga bisamemilih, lantas ia memilih mencintai, maka dis itulah nikmatnya dicintai. Dicintai ataspemilihan subyek yang mencintai, bukan ataspengaturan obyek yang dicintai.

Dan efek samping dari bisa mencintai ialahb i s a membenci . Singkatnya, Al lahmenciptakan makhluk yang seperti diriNya.Tentu manusia tidak memiliki kemampuanseperti diriNya melainkan memiliki sekedarkemampuan untuk mengendalikan makhluk-makhuk lain. (Bersambung)

pengajaran>>

Page 6: Buletin Edisi52 2009

3Berita Yamari edisi 52 tahun 2009

Lexi kecil sungguh tak beruntung. Darikeluarganya yang berantakan, sekolahamburadul, diusir dari kontrakan

rumah, beberapa kali ganti ibu tiri, diasuhneneknya yang tak berpenghasilan. Lengkapsudah penderitaan Lexi. Masa remaja yangsarat dengan kepahitan, remaja yang lahirtahun 1976 dan bernama lengkap indahLexi Chandra Bowana ini tak pernahbermimpi tentang masa depannya.

Ibunya tinggal di Jawa Timur bersamadengan kakaknya. Kakak sulungnya ikutpendeta di Medan, dan Lexi serta Bondanadik tinggal bersama nenek, ayah dan ibutirinya di Jakarta. Ketika ayahnya berceraidan menikah lagi, Lexi dan neneknyadikontrakkan rumah kecil. Tapi karenamenunggak pembayaran, maka merekadiusir. Dengan membawa tas berisi pakaianLexi dan neneknya berdiri di pinggir jalan,tak tahu kemana harus pergi. Tetapi Lexiyang memang rajin beribadah di GPIA TirzaPondok Labu, gereja kecil di selatan Jakartabertemu dengan Rio, ketua pemuda gerejayang sebaya. Rio menawari Lexi danneneknya untuk tinggal di rumahnya.“ Tapi mamaku keras dan disiplin dalammendidik anak-anaknya, terutama dalam

Lexi Gitaris Voice “of Praise”

Bagai Rajawali

beribadah dan bekerja “, kata Rio waktuitu kepadanya.

Kepepet tak ada pilihan, Lexi menerimatawaran Rio. Mama Rio seorang wartawanVoice of America, tapi juga seorang HambaTuhan. Di keluarga itulah Lexi digemblengdikawah chandradimuka.Untuk mendapatkan uang, ketika Bu Rastiti(begitu nama ibunya Rio) mengirim beritake Washington, tengah malampun, Lexiharus bangun untuk mempersiapkanperalatan teknis, rekaman, dan lainnya.“ Yang sampai kini tak dapat saya lupakan,jam 12 malam saya disuruh beli coca cola,dan tidak boleh pulang sebelum dapat,akhirnya dapat tapi jengkel juga”, kisah Lexikepada Beby yang mewawancarainya.

Lexi sering berlatih bersama Rio dirumah itu. “Saya jadi makin mendalamipermainan saya sebagai pemain gitar”, ujarLexi yang pertama bermain gitar diajarayahnya. Jadilah Lexi yang semula minder,dan tidak percaya diri karena tak ada tempatmengadu, menjadi seorang pemuda yanggigih berjuang untuk hidup.“ Dulu pekerjaan apa saja saya jalani. Jadikuli, kernet angkot, kerja di restoran,komplit deh “, katanya tanpa melepas

Lexi Chandra Bowana bersama Istri dan putri semata wayangnya

Profesi>>

Page 7: Buletin Edisi52 2009

profesi>>

4 Berita Yamari edisi 52 tahun 2009

senyumnya sehingga matanya yang sipitsemakin sipit.

Hidup MelayaniTinggal bersama Rio yang aktivitasnyahanya kuliah dan gereja, Lexi giat melayani.Dari guru sekolah Minggu, pemuda, danpemain musik. Dia menemukan tempatmengadu yang pas. Ketika dia sedangmengepel gereja, diapun ber doa, “ Tuhan,saya ingin bermain musik di luar negeri, danditonton orang banyak “. Doa seorangpengepel gereja yang mustahil bagimanusia, tak mustahil bagi Tuhan. Bakatnyasebagai pemain bass gitar makin terasah,ketika dia melayani di GBI Sunter selamalima tahun dari tahun 1993 dan mulaimendapat penghasi lan tetap yangmemadai. Bersama keempat temannyamereka membentuk sebuah band bernamaVoice Of Praise (VOP). Band ini seringbermain di hotel berbintang, seperti antaralain Ritz Calton.“Penghasilannya lumayan,senang juga bertemu banyak artis, turisasing yang punya selera musik tinggi danrelasi semakin luas, dukanya sering pulangmalam, jam kerja nggak jelas, latihan rutinsehingga jarang bertemu keluarga “,katanya kepada Beby.

Ayah Vanya, putrinya semata wayangitu memaparkan, visi dan misi bandnya, VOPadalah menyembah dalam pujian. Sepertiketika membawakan lagu sekuler yangbertemakan memuja seorang kekasihpun,maka di saat melantunkan lagu tersebut,yang terbayang, adalah Sang KekasihAgung, Yesus Kristus. Wow ! Uniknya adajuga pemainnya yang bukan kristiani.

“Tapi puji Tuhan saat ini vokalisnya yangsemula belum kenal Yesus, sudah mulaimengenal jalan selamat ketika kamimelawat ke Cina”, kata Lexi.Ke China ? Ya. Inilah impian yang didoakanLexi menjadi nyata. VOP diundang untukmengikuti Beijing International CristianFellowship, di Beijing. Bersama tujuh puluhnegara, VOP terlibat dalam kesaksian danpujian, selama dua bulan. Lexi merasabahwa talenta dan bakat yang dimilikinyaberasal dari Tuhan. Siapa sangka bekastukang pel gereja bisa bermain bersamapenyanyi Joy Tobing dan Titi DJ ? Bahkansalah satu anggota bandnya pernah untukmengaransemen untuk Bebi Romeo dalamlagu “Bunga Terakhir”.

GodaanJalan yang ditempuh Lexi di khasanah musikterutama rohani, masih terentang panjang.Usianya yang masih muda rentan untuktergelincir dalam pencobaan. Bagaimanatidak. Hidup dalam dunia hiburan dari satuhotel ke hotel yang lain. Dunia glamour, aliasdugem memang banyak menawarkanhiburan ala dunia gelap. Lexi sadar bahwadia harus tegar berpegang pada FirmanTuhan untuk selalu menjaga kekudusan.Coba simak salah satu pengalamannya,ketika di China tahun lalu.

Pulang bermain band, Lexi mau pulangke apartemen Sekitar jam 12 malam, ketikaLexi berada dalam lift, bertemu denganempat perempuan asing yang aduhai dalamkeadaan mabok. Perempuan itu menyapaLexi dengan rayuan mautnya. Maksudnya,tentu saja “ngajak ngamar “. Sangat mudahbagi Lexi yang jauh dari keluarga untuksegera menyambut hangat rayuan mautitu. Tetapi Lexi berpendapat, “meski jauhdari keluarga, dan glamour, saya bertahanuntuk tidak mengikuti kedagingan saya”.

Hubungannya dengan Tuhan cukupdekat, istri dan anaknya selalu berdoaberkepanjangan tanpa bosan. Inilah yangmemagarinya dari jerat tipu daya iblis. DanLexi seperti rajawali yang terbang tinggimenantang masa depan.( SR /Beby )

Penampilan Lexi ketika sedang bermain musik

Page 8: Buletin Edisi52 2009

Kami sampai ke daerah tujuan. Walauharus penuh perjuangan �sik, karenamedannya yang berat. Jalannya tak

beraspal, dan dipenuhi lumpur. Akibatnya,motor ojek yang kami sewa sampaiterpelanting. Tetapi, puji Tuhan, kami tidakmengalami luka berarti.

Desa Wajo, Jungkat, Aruk (perbatasanIndonesia-Malaysia), Biawak (Malaysia),Beruang, Sapak Hilir, Elok Kolong, Sungai Oreh,Sungai Daun, Mejo, Sungai Nou, dan DesaPlanjau, merupakan 13 desa yang kamisambangi.

Di 13 desa itu perdukunan, santet, penyembahberhala dan pemberian sesajen kepada arwahatau dewa masih merupakan warna sehari-hari.

Tentang Gereja, sangat memprihatinkan. AdaGereja yang jadi kandang kambing. Lalu, kabarPemimpin Gereja setempat yang tidak hidupsesuai �rman Tuhan. Kabarnya, ada tokohGereja yang kerjanya memproduksi minumankeras. Mengapa sebagian Gereja setempatselalu kosong melompong di setiap kebaktian?Kalau pun ada jemaatnya, maka jumlahnyasangat sedikit. Padahal di ke-13 desa itu relatifmerupakan kantong umat Krist iani diKalimantan Barat.

“Gedung Gereja DijadikanKandang Kambing”

Masalahnya cukup kompleks. Contoh,umat Protestannya banyak, namun tidakada Gereja mau pun Hamba Tuhan yangmenanganinya.

Sebenarnya cukup banyak umat Kristiani(Katolik dan Protestan) yang rindu dilayani.Kalau pun akhirnya menjadi animisme, makaitu pun relatif hanya sekadar pelarian untukmengisi kekosongan rohani.

Yang tidak kalah memprihatinkan adalahtidak sedikit anak Kristiani yang sama sekalitidak mengetahui apa itu Alkitab. Itu karenamereka tidak pernah melihatnya, dan tidakpernah mendapat pelajaran tentang Alkitab.

Hampir semua jemaat usia 60-an tahun di13 desa itu kini hidup dalam kuasa gelap? Tidaklagi mengenal Yesus, walau di KTP mereka masihterdaftar sebagai umat Kristen.

Putus asa? Tidak! Kami malah makinbersemangat untuk meny ebarkan �rman Tuhan.Jerih payah tim akhirn ya terbalas setelah T uhanmenggerakan hati 100 masyarakat setempatuntuk menyatakan iman perca ya mereka kepadaTuhan Yesus Kristus.

Selama melayani, kami di dampingi tigahamba Tuhan Gereja Sidang Pentakosta diIndonesia (GSPdI), yakni Pdt Zulkarnain Sarif,Pdm Purwanto Darmono, dan Pdm Robert. Disamping bantuan dari Sdri Ev Iva Tasya dariGSPdI Desa Wajok Hulu, Kecamatan Siantan,dan Sdr Jonathan Sihombing dari PI GSPdIJungkat, Pdm Purwanto Darmono dari Pos PIDesa Aruk, serta Pdm Robert Joko Susilo dariPos PI Planjau.

Dalam pesawat pulang ke Jakarta, sayaberdoa, minta agar Tuhan Yesus mau melawatmasyarakat di 13 desa itu. Dan agar kami dapatkembali berbuat yang lebih baik. Amin! *** (pt)

penginjilan>>

Dengan semangat pelayanan yang menggebu-gebu, pada tanggal 11 September 2009, saya,Ev . Simon Petrus Tadu dan Pdt. Tambus Sihombing, berangkat dari Jakarta ke Kabupaten

Sambas Kalimatan Barat, menumpang pesawat terbang. Yakni, untuk melayani masyarakat di13 desa yang kabarnya sangat membutuhkan pelayanan iman.

5Berita Yamari edisi 52 tahun 2009

Gereja yang dijadikan kandang kambing

Page 9: Buletin Edisi52 2009

6 Berita Yamari edisi 52 tahun 2009

Di kedua daerah wisata itu, agamaKristen nyaris ditentangkehadirannya. Tidak sedikit

bangunan Gereja yang dirusak, dan dilarangmenjalankan fungsinya. Bukan hanya itu,bahkan ada orang sampai rela sibukmerusak salib-salib yang menghiasi kuburankaum Kristiani. Itulah sebabnya, kami selalumelakukan pelayanan secara hati-hati.

Di Bali ada seorang ibu yang terpaksaharus keluar dari desanya demi belajartentang Kristus. Puji syukur, dia kemudiankembali mengabarkan Injil setelah dibaptis.Yang mengenaskan, ada 25 warga yangterpaksa keluar dari desanya karena diusirwarga penentang Kekristenan mereka.

Mereka telah sekitar 3 tahun terakhirmenjadi umat Kristiani. Akibat diusir, merekaterpaksa menetap di sekitar gunungNirmala, dan menjadi petani atau pekebun

Pelayanan di Lombok dan Bali

“Mari Doakan Mereka yangTeraniaya di Sana”

untuk memenuhi kebutuhan hidup masing-masing.

Permusuhan itu tidak berhenti sampaidi situ. Jalan akses ke gunung Nirmala punkemudian ditutup paksa oleh parapenentang. Jadi, untuk menjual hasil panen,mereka terpaksa harus membuat jalan-jalandarurat.

Kondisi ke-25 warga itu ternyata tidakmenarik perhatian aparat desa sekitar. Sikaptidak mengijinkan berdirinya Gereja diwilayah mereka masih tetap berlaku. Tidakada kompromi; pokoknya dilarang, habis!Walau ada satu-dua aparat desa yangbersikap baik.

Puji Tuhan, ternyata tidak semua wargamenentang Kekristenan.Terbukti banyakdari mereka, baik di Bali mau pun diLombok, yang justru tertarik untukmengenal Kristus secara lebih dalam. Dantidak sedikit juga yang telah dibaptis, walaukemudian menghadapi tantangan hidupyang lumayan berat

Selesaikah tugas kami, Tim YAMARI dikedua pulau wisata itu? Tidak, karena masihbanyak yang harus di lakukan untukmenolong banyak umat Kristiani yang amattertekan akibat Kekristenan mereka. Banyakyang masih harus dilakukan agar izinpendirian Gereja tidak lagi dihambatberbagai pihak di sana. Dan kami yakin,Tuhan mendengar semua harapan kami ini.Amin!! ***

PERJALANAN Tim Yamari di seputar Lombok dan Bali menghadapi kenyataanbahwa tidak sedikit masyarakat di kedua wilayah turis internasional tersebut

yang membutuhkan Injil. Berikut ini kami sajikan sepotong kisah perjalanan TimYAMARI sejak tanggal 19 sampai 31 Agustus 2009 lalu di Pulau Lombok, NusaTenggara Barat. Di kedua pulau yang nota bene disebut, “Seribu Masjid”, dan“Pulau Dewata” atau “Pulau Bali” itu, Tim YAMARI relatif berhasil menembus

pedusunan terpencil yang jarang disentuh Injil.

penginjilan>>

Foto Bersama Warga dalam Penginjilan di Lombok

Page 10: Buletin Edisi52 2009

7Berita Yamari edisi 52 tahun 2009

Perjalanan Tim PI YAMARI kali ini kePulau Sumba, Nusa Tenggara Timur.Sebagaimana halnya banyak

perjalanan lainnya, juga mendatangkan sukacita besar. Banyak orang sakit yangdisembuhkan atas nama Bapa sorgawi danYesus Kristus. Seperti yang dialami seorangBapak beragama Maraphu (agama setempat)di desa Lajanji-Wulawaejelu, Sumba, yangsudah sekian lama tidak dapat bangkit daritempat t idur akibat penyakit yangdideritanya, setelah didoakan Tim YAMARI,secara ajaib mampu bangkit, kemudian dapatikut menghadiri acara kebaktian pemutaran�lm.

Lalu, seorang Bapak lainnya yangmenderita bisul-bisul di sekujur tubuhnya,setelah didoakan Tim YAMARI, esoknyabisulnya sudah mulai mengering.

Suka cita lainnya ialah hasil kunjunganTim YAMARI ke beberapa rumah Unang(pembicara adat Sumba) yang masihberagama Maraphu. Berkat campur tanganTuhan, mereka akhirnya mau didoakan dalamnama Tuhan Yesus, dan tinggal selangkahlagi untuk menjadikan mereka Anak Tuhan.

Bukan cuma itu, ada ratusan oranglainnya yang telah bersedia menerima Yesussebagai Juruselamat setelah mendapatsiraman rohani dan menyaksikan berbagaikeajaiban karya Tuhan melalui pemutaran

�lm oleh Tim YAMARI.Di tengah suka cita itu muncul kerinduan

lain untuk kembali memberitakan Injil dipedesaan tersebut, dan sekal igusmembangun gereja serta menempatkanseorang Hamba Tuhan di sana. Masih banyakjiwa yang siap dituai di wilayah terpencil itu.

Pelayanan penuh sukacita yangdilaksanakan pada tanggal 8 sampai 22Oktober 2009 itu berhasil mendatangi warga8 desa di Kabupaten Sumba Timur, yakni diDesa Ranu, Makaminggit , Palangai ,Walakare, Laijanji, Kakaha, Panda danKambaniru.

Dalam kegiatan itu t im berhasi lmenghimpun sekitar 1.550 orang dalambeberapa acara, dan 19 orang di antaranyatelah menyatakan diri menjadi pengikut YesusKristus. Sementara 58 orang lainnya bersediadidoakan secara Kristiani.

Dalam pelayanan itu Tim YAMARI, EvAgung Minarso dan Ev Deddy Dantjie dari PINusantara, Jakarta, mendapat dukunganpengurus Gereja di Sumba, khususnyaPengurus Gereja Kemah Injil Indonesia(GKII).

Demikianlah sepotong laporan perjalanankami ke Sumba, NTT, dan mohon dukungandoa bagi mereka yang telah menerima Kristusdi sana. Kami juga membutuhkan dukunganlainnya dari Anda semua yang peduliterhadap pelayan bagi jiwa-jiwa yang belumtertuai di sana.

Masyarakat ke-8 desa itu mambutuhkanpengadaan sarana air bersih. Menempatkanseorang Hamba Tuhan sebagai pelayan tetap.Lalu, membina kerohanian mereka,khususnya tentang okultisme danperdukunan, karena hal-hal tersebut sangatmenguasai kehidupan masyarakat di sana.Dan yang tidak kalah penting, ialahmembangun sebuah gereja, sertamenyebarluaskan Alkitab. Ev Agung

“Mujizat Kesembuhan diPulau Sumba”

Pemutaran �lm di Sumba

penginjilan>>

Page 11: Buletin Edisi52 2009

KERINDUAN untuk meremajakan mobiloperasional YAMARI demi pelayananPekabaran Injil ke desa-desa akhirnya terwujudberkat perjuangan pengurus sejak bulan Juni,dan berakhir September 2009 lalu.

Dana terkumpul dari 51 donatur(pengurus,staf & mitra) berjumlah Rp147.650.000, 00 ditambah dana hasil menjualmobil yang lama, maka terbelilah sebuah mobilbaru, ISUZU PANTHER SMART, warna hitam,bernomor polisi, B-1273-BFR berharga khusus.Harganya, termasuk tambahan AC doubleblower, asuransi, anti karat dan perlengkapanlainnya, sebesar Rp.199.622.000.00.

Khusus mobil yang baru di beli Yamari itumemang di perlukan untuk mengganti mobillama tersebut. Mobil inilah yang menemani Ev.Agung Minarso sebagai sopir, meski profesisebenarnya adalah Hamba Tuhan dan Penginjil.

Kami, seluruh staf dan pengurus Yamari DKIJakarta khususnya menyampaikan terima kasihsebesar besarnya terhadap semua pihak yangmendukung terwujudnya harapan kami tersebut.Tuhan Yesus memberkati. ***

Proyek Mobil Yamariinfo>>

Page 12: Buletin Edisi52 2009

Makanan tubuh yang baik bukan hanyamakanan yang memenuhi gizi, tetapijuga makanan yang berkenan di hadapan

Tuhan dan disajikan secara baik di mejamakan. Ketika Allah menciptakan Adam danHawa, la memberikan petunjuk yang pastimengenai apa yang harus mereka makan.Seribu tahun kemudian, setelah air bah padazaman Nuh, terjadi perusakan menyeluruhpada semua tanaman, yang menuntun Allahuntuk mengizinkan hewan sebagai makanan.Allah mengatakan, “segala yang bergerak, yanghidup, akan menjadi makananmu. Aku telahmemberikan semuanya itu kepadamu sepertijuga tumbuh-tumbuhan hijau” ( Kejadian 9:3).

Makanan Sehat bagi TubuhMakanan Sehat bagi Tubuh

Namun demikian, banyak hal diatur,diantaranya ialah: Daging itu harus dikeringkandari darah. (Kejadian 9:4). Hanya hewan yang“halal” yang harus digunakan sebagai makanan(Kejadian 7:2; Imamat 11:1-28). Janganmembunuh binatang kalau memang tidakperlu. (Kejadian 9:5). Tentang halal, kitamemang punya alasan, yaitu, “bukan makananyang masuk ke tubuh kita yangmengharamkan, tetapi perkataan yang keluardari mulut kita yang dapat mengharamkan”.

VegetarianLepas dari masalah halal atau tidak, adapendapat bahwa manusia lebih baik hidupsecara vegetarian. Ilmu pengetahuan

“Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yangberbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji;

itulah akan menjadi makananmu “ (Kejadian 1:29). Makanan Adam yangterdiri dari buah-buahan, kacang-kacangan dan gandum telah disesuaikandengan menyertakan seluruh tanaman setelah ia diusir dari Taman Eden.

tumbuhan di padang akan menjadi makananmu” (Kejadian 3:18).

kesehatan>>

8 Berita Yamari edisi 52 tahun 2009

Page 13: Buletin Edisi52 2009

Mengatakan bahwa manusia memiliki organ-organ tubuh yang khusus dengan fungsi danproses yang bekerja menurut hukum-hukumalam tertentu. Hukum alam ini, jika dituruti,akan membuat tubuh menjadi sehat danbekerja dalam tingkat yang normal.

Menyimpang dari hukum alam ini bisamemberikan pengaruh yang merusak tubuhmanusia. Karena menurut ilmu pengetahuan,manusia diciptakan untuk menjadi vegetarian.Ada perbedaan antara herbivora (binatangpemakan tanaman) dan karnivora (binatangpemakan daging), misalnya:

MULUT. Mulut manusia terbuka kecil,sedangkan binatang pemakan dagingmempunyai mulut yang terbuka lebar sehinggasegumpal besar daging bisa masuk ke dalammulut.

SUSUNAN GIGI. Manusia mempunyai gigiseri yang memotong tajam dengan gigigeraham yang datar atau rata digunakan untukmengunyah makanan sama seperti hewanherbivora (pemakan tanaman). Sedangkanpemakan daging (karnivora) mempunyai gigitaring yang panjang, kuat dan tajam untukmerebut dan merobek-robek daging.

GERAKAN RAHANG. Gerakan rahangpemakan daging searah buka dan tutup saja.Sementara binatang pemakan tanamanmempunyai tiga gerakan rahang yang berbeda,vertikal atau ke atas dan ke bawah ke samping,atau ke sisi-sisi, ke depan dan ke belakangseperti manusia.

USUS. Pemakan daging memiliki perutyang sederhana, usus kecil yang pendek, danusus besar yang sangat pendek, lurus dan licin.Di pihak lain, pemakan tanaman mempunyaikapasitas perut yang lebih besar denganbagian-bagiannya yang seringkali rumit.Misalnya perut ternak piaraan seperti sapi yangberlipat-lipat ganda. Usus kecilnya sangatpanjang dan usus besarnya pa njang dan licin.

Usus manusia tidak berbentuk seperti parapemakan daging.JALUR KERINGAT. Pemakan tanamanberkeringat melalui kulit sama seperti manusia.Sedangkan hewan pemakan daging berkeringatmelalui mulut. Ludah manusia mengandungenzim ptilin , sama seperti hewan pemakantanaman, yang digunakan untuk mencernatepung, tajin.

Manusia meminum air dengan mengisapatau menyedot seperti pemakan tanaman.Sedangkan semua hewan pemakan dagingmenghirup dengan lidah mereka. Garamempedu manusia seperti hewan pemakantanaman, bukan seperti pemakan daging.

Mencegah PenyakitKarena manusia dirancang bukan untukmemakan daging, tidak heran bila banyakpenyakit menakutkan timbul akibat memakandaging, termasuk didalamnya kanker, penyakitjantung kardiovakular dan cerebrovaskular .

Ilmu pengetahuan membuktikan bahwamakanan vegetarian bisa mencegah penyakitpenyakit seperti serangan jantung, stroke,darah tinggi, dan sebagainya. Pada tahun 1961,majalah “ Journal of American MedicalAssociation ” menyatakan: “Makananvegetarian bisa mencegah 97% daripenyumbatan urat nadi jantung.”

“Kurangi lemak sampai 30% dari totalkalori”. Lalu, “tingkatkan makanan berseratsampai 20-30 gram perhari, dengan bataspaling banyak 35 gram”. Pada intinya, makanlebih banyak buah, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan.

Itulah pentingnya berdoa sebelum dansesudah makan agar makanan dikuduskandalam nama Yesus, sehingga setiap makananyang masuk dalam tubuh kita dikontrol dan dilindungi dengan darah Yesus. *** Ymr/ sumber

9Berita Yamari edisi 52 tahun 2009

kesehatan>>

Page 14: Buletin Edisi52 2009

S ore i tu, roda Boeing 737-900berlambang singa mengguncanglandasan Bandara Internasional

Minangkabau. “Butuh waktu 30 menit daribandara ke kota,” kata Dasril Darwis, sopirtaksi yang mengantar saya dan dua rekanseperjalanan ke penginapan.

Hampir dua pekan pasca gempa bumi7,9 Skala Richter yang menewaskan 1.117orang. Di tengah melambungnya tarif hoteldi kota berpenduduk 800 ribu orang, kamibersyukur mendapat kamar di Penginapan“Immanuel” di Jalan Hayam Wuruk.

Dasril Darwis adalah sopir sekaligusguide yang baik, terutama bagi orang yangbaru kali pertama menapakkan kaki di ranahMinang seperti saya. Beberapa bangunanyang remuk akibat gempa di tunjuknyaseperti showroom “Capel la”, dealerMistubishi yang ambruk menindih 17 Xeniadi dalamnya.

Ada showroom serupa yang masih tegar,seperti Auto 2000 Padang. “Kalau Auto2000 itu hancur, lunaslah hutang saya,”selorohnya, terkekeh. Rupanya, mobil yang

Foto:dok

“Ranah Minang, BasamoKito Bantu”

Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dansegala anggota itu, sekali pun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula

Kristus... karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turutmenderita... I Kor 12:12, 26

kami tumpangi masih dalam masaangsuran.

Evakuasi korban di Hotel Ambacang yangmenelan banyak korban pun menjadiprimadona berita televisi pasca gempa.

Bangunan Cagar Budaya sisa kolonialyang remuk antara lain beberapa gedungdi kawasan Batang Arau, Pasar Mudi, PasarMalintang, dan Pasar Gadang. GedungPerpustakaan dan Arsip Nasional Sumbarjuga dilaporkan dalam kondisi ambruk.Bangunan lain yang juga menyimpanberbagai koleksi sejarah, yakni MuseumAdityawarman, mengalami rusak ringanbagian belakang. Sedangkan Taman BudayaSumbar rusak di bagian luar

Korban gempa Sumatera kinimembutuhkan bantuan lebih dari sekadarsembako. Kebanyakan dari mereka masihbingung memikirkan dana untukmembangun rumah yang rusak.

Solidaritas antar manusia untuk salingmenolong sesama yang tertimpa petakadatang dari dalam dan luar negeri. PoskoPGI Wilayah Sumbar dan GMKI Padang ikutmenyalurkan bantuan.

Christian Batscheider, seorang polisiberpangkat “tiga perak” dari Wiggensbach,Jerman, mengajukan cuti dua pekan untukdemi membantu korban gempa Sumbar.

Slogan, “Padang Kota Tercinta, Kujagadan Kubela”, masih tegar berdir i disepanjang jalan arteri, namun butuh waktutak sebentar bagi masyarakat Minang untukkembali bangkit. “Basamo Kito Bantu”, untukbersama-sama menyemangati tanah yangindah itu. Termasuk kepedulian dariumat Kristiani khususnya.***Jojo Raharjo

dinamika>>

Berita Yamari edisi 52 tahun 200910

Foto penulis di Hotel Ambacang setelah pasca gempa

Page 15: Buletin Edisi52 2009

Memang, kasih setia Tuhan tiada

taranya: Selama 21 tahun Tuhan telah

memberkati PD Marturia sehingga jumlah

anggotanya semakin bertambah, dan

persekutuan pun tetap berlangsung sampai

hari ini.

“THE PRAYER” menjadi tema Firman

Tuhan yang disampaikan oleh Pdt Ronny

Mandang. Kisah Para Rasul 4 : 21 – 31

menjadi dasar pelaya nan Firman Tuhan.

Sang Pendeta mengajak jemaat untuk

senantiasa berdoa di dalam segala hal,

terlebih lagi di dalam pelayanan.

Sementara Ev M Bambang Soewono,

selaku Ketua Umum Yamari, dalam kata

sambutannya, mengajak seluruh jemaat

untuk mensyukuri berkat dan anugerah

Tuhan selama ini. Sekaligus berharap agar

melalui PD Marturia semakin banyak jiwadimenangkan kepada Tuhan, serta banyakpersoalan mau pun pergumulan akanmendapatkan jalan keluar dari Tuhan.

Kue Ulang Tahun berhias lilin angka 21dinyalakan Ibu Nelsy Tampubolon, mewakiliPondok Sentosa, Ibu Uki Saswita mewakiliYamari, dan Ibu Yuni mewakili PT KurniaJaya. Lalu, lilin pun ditiup disambut tepuktangan suka cita hadirin. Dan acara punbertambah meriah ketika seluruh jemaatbersama-sama menyanyikan lagu ‘ HappyBirthday’ .

Ibadah akhirnya ditutup dengan DoaBerkat oleh Ev M Bambang Soewono, dandilanjutkan dengan acara makan siangbersama. Puji Tuhan, dan semoga PDMaturia semakin berperan aktif di dalamberbagai sektor pelayanan. Amin! ***

“Happy Birthday”PD MARTURIA

JUMAT 28 Agustus 2009, ketika jarum jam menunjuk ke angka 12Ibadah Syukur HUT Ke-21 Persekutuan Doa (PD) Marturia dimulai.Selaku MC, Ibu Auke Situmeang mengajak jemaat untuk menaikkan

pujian, ‘SETIAMU TUHAN”.

11Berita Yamari edisi 52 tahun 2009

Pdt. Ronny Mandang Peniupan lilin HUT PD Marturia

dinamika>>

Page 16: Buletin Edisi52 2009

mitra>>

PADA hari Senin, 7 September 2009, pukul18:00-22:00 Wib, bertempat di HotelShangrila (ruang Ball Room), Jalan JenderalSudirman, Jakarta, telah diadakan acarapersiapan KKR dan Seminar Rev ReinhardBonnke dari Jerman yang akan datang keIndonesia pada tanggal 18 sampai 19Desember 2009. Yakni, acara yang akandilangsungkan di Stadion Gelora Bung KarnoSenayan, Jakarta.

Acara ini akan dimeriahkan oleh paramusisi Indonesia dan artis muda asalInggris. Sedangkan thema yang diusungberbunyi , “YOUTH FUTURE Of THENATION”.

Hadir dalam acara pertemuan tersebut

antaranya para gembala sidang,pimpinan lembaga dari berbagaidenominasi, di antaranya dari anggotaPGI, PGLII, PGPI dan aras Nasionallainnya. Yamari juga terlibat dalamkepanitiaan tersebut.

Acara pertemuan tersebutterselenggara berkat kerja sama antaraJaringan Doa Nasional (JDN) denganYayasan Surya Dharma-Jakarta. Yaknidiawali penayangan video klip berisipemaparan tentang Visi dan Misi YayasanSurya Dharma dengan berbagaikegiatannya, khususnya aksi sosial dalammenyikapi situasi bangsa yang terjadi diIndonesia. Termasuk membahas sikapmenghadapi gempa bumi diberbagaitempat, situasi politik di Indonesia,berbagai teror, serta pertanyaan tentang,apakah yang akan dibuat selain aksisosial memberikan bantuan Sembako,bantuan para medis, sumbangan kakipalsu dan komputer.

Forum berkesimpulan bahwaberbagai petaka yang terjadi di Indonesiaakhir-akhir ini harus disikapi denganberagam kegiatan rohani yang diharapkanakan membawa dampak pertobatan danpemulihan bagi bangsa Indonesia.

Selain itu, forum juga berharap agarpertemuan tersebut akan menggugah paraundangan untuk mau bersinergimemberikan konstribusi baik sebagaipanitia, usher, conseler, protokoler atautindakan lainnya, yang berhulumensukseskan acara tersebut. Padapokoknya mengajak partisipasi semua pihakuntuk membantu lewat doa, daya dan dana,sehingga acara tersebut dapat berjalandengan baik, dan mendatangkan kemuliaanbagi nama Tuhan Yesus .** am

Pelayanan Kebersamaan

“YOUTH FUTURE of THE NATION”

Berita Yamari edisi 52 tahun 200912

Page 17: Buletin Edisi52 2009

Bersatu Membangun TembokYerusalem

Dan patut bagi kita, umat Kristianikhususnya, untuk bersyukur karenadalam pemilihan Presiden, Wakil

Presiden dan para Wakil Rakyat periode initidak terjadi gejolak sosial yang berarti.

Sekarang, setelah terbentuknyapemerintahan yang baru, sebagai WargaNegara yang baik, kita seharusnya mampudan wajib memberikan kontribusi untuk ikutmembangun negeri tercinta ini. Apalaginegeri tercinta ini masih utuh, dan eksismeski banyak yang mencoba mengguncangstabilitas nasional, baik dari dalam mau punluar.

Coba saja kita tengok Nehemia danEzra ketika membangun tembok dan kotaYerusalem yang sudah luluh lantak, semuarakyat dari berbagai lapisan mendukungberdirinya tembok dan kota Yerusalem,meski pun mereka sendiri berstatus, “wargabuangan”. Kalau begitu, alangkah naifnyakalau kita sebagai bangsa Indonesia,khususnya umat Kristiani, hanya menjadipenonton dan asyik dengan urusannyasendiri. Adalah tanggung jawab kita sebagaibagian dari bangsa ini untuk turutmemikirkan tentang apa yang seharusnyakita lakukan untuk negeri ini.

Yang terpenting dan yang terbaik kitalakukan ialah, melakukan hal terbaik disetiap tugas yang menjadi tanggung jawabmasing-masing. Kalau menjadi pejabat,janganlah korupsi, kalau menjadi sopirjangan melanggar rambu lalu lintas, kalaumenjadi pendeta, taburlah �rman Tuhandengan benar. Itulah sebagian kecilperbuatan yang seharusnya bisa kitalakukan. Yesus sendiri sebagai warga masyarakatjuga melakukan tugasnya dengan baik.

Hai anakku, takutilah TUHAN dan raja; jangan melawan terhadapkedua-duanya ( Amsal 24:21)

Salah satunya dengan taat dalam halmembayar pajak. Yakni, mewujudkankewajibannya sebagai Warga Negara yangbertanggung jawab. Walau untuk itu harusmelakukan mujizat yang ajaib, yaitumengeluarkan uang dari mulut ikan. “Berikanlah kepada kaisar apa yang wajibkamu berikan kepada kaisar dan kepadaAllah apa yang wajib kamu berikan kepadaAllah” (Mat 22:21). “ Itulah kata bijak Yesussehubungan dengan tanggung jawabnyasebagai Warga. Nah, kalau Yesus saja sudah mematuhiaturan dunia yang berlaku kala itu, makaseharusnya kita juga patut mengikutilangkahNya itu. Sebuah contoh jelas bahwasebagai seorang Kristiani yang baik danbenar, kita harus taat kepada hukum danperaturan yang berlaku. Bukan justrumelanggarnya demi kepentingan pribadiatau kelompok sendiri.

Sesingkatnya, lakukanlah hal terbaikbagi Bangsa, Negara dan Pemerintah ini.Yakni, bentuk kontribusi kita sebagai anakbangsa, dan sebagai bagian dari umatKristiani negeri ini! ***(Sri Rastiti)

renungan>>

13Berita Yamari edisi 52 tahun 2009

Foto penulis dengan latar belakang TembokRatapan

Page 18: Buletin Edisi52 2009

Diikuti oleh 65 peserta yang datang dari Jakarta,Bandung, Rangkas Bitung, Semarang, Solo,Magelang, Surabaya, Malang dan Batam.

Selain pembicara dari MHM sendiri sepertiPdt Andreas Abdianto (Singapura), Ev MBambang Soewono (Jakarta), Ev Trifena InaAstuty (Jakarta), Ir Angga Laskarus (Jakarta),dan Ev Nathanael Suhartono (Semarang), jugadilayani oleh Pdt Gideon Rusli dari GBI JoharSalatiga, Jateng. Ibadah pembukaan dilayani EvIna Astuty dan ibadah penutup dilayani Ev MBambang S oewono.

Acara pembinaan yang berlangsung selama3 hari 2 malam terasa sangat padat karena ada3 Ceramah, 2 Workshop , 2 Sharing Beban dan 2Raker.

CERAMAH :- Oleh : Pdt Andreas Abdianto berthema,

Transformasi Dalam Keselamatan”- Oleh: Pdt Gideon Rusli berthema,

“Transformasi Dalam Karakter Hidup”- Oleh: Ev M Bambang Soewono berthema,

“Transformasi Dalam Etos Kerja”

Workshop :- Oleh: Pdt Gideon Rusli: “Tehnik

Pelayanan Marturia Hospital Ministry

Yayasan Marturia Indonesia

Peserta Pembinaan Nasional I Pengurus Marturia Hospital Ministry(MHM) tanggal 9-11 Juli 2009 di Villa Taman Eden 2 Kaliurang,

Yogyakarta.

Memimpin Kelompok Sel.- Oleh: Pdt Andreas Abdianto: “Tata Pelayanan MHM”

Sharing Beban :- Oleh Ev M Dike Mokodaser (Samarinda): “Kepemimpinan dan Management”- Oleh Pdm Tjondro Yuwono (Batam) : “Pelayanan MHM”

Raker :1. Setiap Koordinator MHM men

sharingkan beban masing-masing.2. Pdt Andreas Abdianto : “Rencana Jangka Pendek - Jangka Panjang”

Puji Tuhan, acara y ang cukup padat di atas tetapdiikuti dengan penuh antusias oleh peserta. Padamalam ‘ Dedication Service’ , para pesertaberkomitmen untuk melayani Tuhan melaluiwadah MHM dengan lebih sungguh dan lebihbaik lagi. Bahkan pada akhirnya pengurus MHMmemutuskan, ‘Pembinaan Nasional’ semacamini akan diselenggarakan 2 tahun sekalibergantian dengan Retreat Nasional MHM.***(in)

varia MHM>>

Berita Yamari edisi 52 tahun 200914

Page 19: Buletin Edisi52 2009

varia MHM>>

15Berita Yamari edisi 52 tahun 2009

Salah satu kegiatan menyongsongdan merayakan HUT ke 15Marturia Hospital Ministry (MHM)

– Yayasan Marturia Indonesia(YAMARI), mulai tanggal 2 – 12November 2009, Tim MHM – Yamarimengadakan Mission Trip ke berbagaikota di pulau Jawa.Tim yang terdiri atasPdt Andreas Abdianto, Ev M BambangSoewono, Ev Agung Minarso, Ev TrifenaIna Astuty dan Ibu Christiana SriNarjatun berangkat dari Jakartamenuju Lembang, Bandung untukmengikuti Rapat Panitia RetreatNasional V MHM tahun 2010 kemudianke Tasikmalaya, berjumpa denganBapak Riandy Andrean dan Istri ,Koordinator MHM. Dari Tasikmalayakami menuju Gombong mendoakanArnoldus anak kedua dari Bapak dan IbuKristian yang akan berobat ke Jepang.Selanjutnya tim menuju, Yogyakarta,kami bertemu Bapak dan Ibu BudiHartono, setelah berbincang-bincangsejenak tentang pelayanan MHM diYogyakarta, tim melanjutkan perjalananke Solo. Karena lelah, langsung check

Mission Trip

MHM - YAMARIin. Dari Solo, tim menuju Magetan,berjumpa dengan Sdr Tanto Tamziryang berbagi beban pelayanan. DiMadiun, sudah di tunggu oleh dr Andydan dr Yanti, mereka dengan hangatmenyambut kami bahkan membantumencarikan penginapan. Esok harinyatim melanjutkan perjalanan keSurabaya. Kamis, 5 November 2009, perayaanHUT ke 15 MHM-Yamari diselenggarakan di Restauran DoubleHappiness. Pdt Gideon Ruslimenyampaikan Firman Tuhan dengantema “ Sukacita Pelayanan dalamPenderitaan”. Keesokan harinya tim ditemani Bapak dan Ibu Rudi Yantonomenuju Malang. Malamnya di lanjutkandengan Persekutuan MHM di Dank Cafe.Tidak banyak yang hadir namun hadirinsangat di kuatkan oleh kesaksian dariIbu Retno Hendarto. Dari Malang kamikembali ke Surabaya dan melanjutkanperjalanan ke Madura, Solo, Yogyakartadan Semarang. Perayaan HUT ke 15 MHM Semarangdi hadiri ± 50 orang. Firman Tuhandisampaikan oleh Pdt Simamora dan dimeriahkan oleh Paduan Suara Devina.Tim kembali ke Jakarta dan singgah diPekalongan mengunjungi Bapak danIbu Yuwono, setelah berdoa bersama,makan siang, kami melanjutkanperjalanan ke Jakarta. Sungguh luarbiasa pimpinan danpemeliharaan Tuhan Yesus Kristusselama perjalanan Mission Trip kali ini.Segala puji syukur dan hormat kaminaikkan kehadiratNya, Amin. ( EvTrifena Ina Astuty)

Paduan suara Devina yang ikut memeriahkanHUT

MHM Semarang

Page 20: Buletin Edisi52 2009

Tadi sore saya mendapat kabar darirumah sakit tempat kakak saya berobat.Menurut dokter, jalan terbaik untukmenghambat penyebaran kanker payudarayang menyerang kakak saya adalah denganmemotong kedua payudaranya. Selain butuhpersetujuan saya, juga butuh biaya untukproses operasi.

Soal persetujuan, relatif mudah. Sayasudah menyiapkan mental menghadapikondisi terburuk itu. Sejak awal doktermenjelaskan tentang risiko kehilanganpayudara. Risiko itu sudah saya pahami.

ANDY F NOYA

Oleh : Andy Noya

“Selalu IndahPada Waktunya”

Malam itu saya gelisah. Tidak bisa tidur. Pikiran saya bekerjaekstra keras. Dari mana saya bisa mendapatkan uang

sebanyak itu?Kakak saya juga sudah mempersiapkandiri menghadapi kondisi itu.

Namun, yang membuat saya tidak bisatidur adalah soal biaya yang sangat besar.Gaji saya sebagai redaktur surat kabar tidakakan mampu menutupi biaya sebesar itu.

Sudah beberapa tahun ini kakak sayahidup tanpa suami. Berjuang membesarkankelima anaknya seorang diri. Dengan segalakemampuan, saya membantu agar kakakdapat bertahan menghadapi kehidupan yangberat. Selain uang, saya juga mendukungnyasecara moril. Singkatnya, saya berperansebagai pengganti ayah dari anak-anaknya.

Dalam situasi itu kakak saya divonismenderita kanker stadium empat. Selamaini kakak saya mencoba menyembunyikanpenyakit tersebut. Mungkin juga dia berusahamelawan ketakutannya denganmengabaikan gejala-gejala kanker yangsudah dirasakannya selama ini. Kalaumemikirkan hal tersebut, saya menyesalinya.Seandainya kakak saya beranimengungkapkan kecurigaannya pada tanda-tanda kanker payudara, mungkin menjadilain.

Tapi, nasi sudah menjadi bubur. Padasaat saya akhirnya memaksa diamemeriksakan diri ke dokter, kanker ganasdi payudaranya kondisinya tidak tertolonglagi. Saya menyesali kakak saya yang“menyembunyikan” penyakitnya. Tetapi,setelah kakak saya tiada,saya bisamemakluminya. Saya paham mengapakakak saya menghindar pemeriksaan dokter.Selain dia sendiri tidak siap menghadapikenyataan, kakak saya juga tidak inginmenyusahkan saya yang selama ini sudahbanyak membantunya.

kesaksian>>

Berita Yamari edisi 52 tahun 200916

Foto

:Ist

imew

a

Page 21: Buletin Edisi52 2009

Namun, ketika keadaan yang terburukterjadi, saya harus siap menghadapinya.Yang saya pikirkan adalah, mencari uanguntuk biaya operasi. Otak saya benar-benarbuntu. Sampai jam tiga pagi saya tidak jugamenemukan jalan keluar. Dari manamendapatkan uang sebanyak itu!?

Dalam keputusasaan, terngiang ucapankakak saya saat dokter menganjurkanoperasi. “Sudahlah, tidak usah dioperasi. Toh,tidak ada jaminan saya akan terus hidup,”ujarnya. Tetapi, di balik ucapan itu, saya tahukakak saya lebih merisaukan beban biayayang harus saya pikul. Dia tahu saya tidakakan mampu menanggungnya.

Pagi itu,saya lalu berlutut dan berdoa.Di tengah kesunyian, saya mendengar jelasdoa yang saya panjatkan. “Tuhan, sebagaimanusia, akal pikiranku sudah tidak mampumemecahkan masalah ini. Karena itu, padapagi hari ini, aku berserah dan memohonKepada-Mu. Kiranya Tuhan, Engkaumembuka jalan agar saya bisa menemukanjalan keluar dari persoalan ini.” Setelah, itusaya terlelap dalam kelelahan fisik danmental.

Paginya, setelah mandi, sarapan, danmenuju kantor, otak saya kembali mencaripemecahan soal biaya operasi. Dari manasaya mendapatkan uang? Adakah Tuhanmendengarkan doa saya? Pikiranbercabang. Di satu sisi yakin,Tuhan akanmembuka jalan. Di Lain sisi iman saya tidakcukup kuat, sehingga masih saja gundah.

Handphone saya berdering. Di ujungtelepon terdengar suara sahabat saya,seorang public relations. Dengan memohondia meminta kesediaan saya menjadipembicara dalam sebuah workshop disebuah bank Pemerintah. Dia terpaksamenelepon saya karena “keadaan darurat”.Pembicara yang seharusnya tampil,mendadak berhalangan. Dia memohon, sayadapat menggantikannya.

Karena Sabtu saya libur, sayamenyanggupinya. Singkatnya, semualancar. Acara worskshop sukses. Sahabatberterima kasih. Apalagi, katanya, parapeserta puas. Pihak bank bahkan minta, agarsaya jadi pembicara lagi untuk acara-acarayang lain.

Teman saya memberi saya amplopberisi honor sebagai pembicara. Sungguhtak terpikirkan sebelumnya soal honor ini.Saya hanya berniat menolong . Tapisahabat saya memohon, agar saya maumenerimanya.

Malamnya, saya baru berani membukaamplop itu. Betapa terkejutnya, jumlahnyasama persis dengan biaya operasi kakaksaya! Tidak kurang dan tidak lebih.

Mata saya berkaca-kaca. Tuhan, Engkaumemang luar biasa. Engkau Maha Besar.Dengan cara-Mu Engkau menyelesaikanpersoalanku.

Esoknya cek tersebut saya serahkanlangsung ke rumah sakit. Setelah operasi,saya ceritakan kejadian tersebut kepadakakak saya. Dia hanya bisa menangis danmemuji kebesaran Tuhan. Tidak cukupsampai di situ. Tuhan rupanya masih inginmenunjukkan kembali kebesaran-Nya. Tanpasepengetahuan saya, Surya Paloh, pemilikharian Media Indonesia tempat saya bekerja,datang menengok kakak saya di rumah sakit.

Saya baru tahu kehadiran Surya Palohdari cerita kakak saya esok harinya.Malamitu, Surya Paloh memutuskan, semua biayaperawatan akan ditanggungnya. Tuhan MahaBesar. Amiin! ***

17Berita Yamari edisi 52 tahun 2009

Foto

:Ist

imew

a

kesaksian>>

Page 22: Buletin Edisi52 2009

DiasuhEv M Bambang Soewono

Info: Pelayanan Konseling Pribadi via email:[email protected] atau 081905591731

Nama : Ratna, di JakartaTentang: Usaha agar KeluargaBertobat

Pertanyaan:APA yang harus saya lakukan agarsemua keluarga saya mau bertobatmenerima Yesus. Karena sayasudah berusaha tiap Minggu untukmengajak mereka beribadah secaraKristiani, namun belum berhasil!Terima kasih!

Jawab :Shalom! Kerinduan untukmemperkenalkan Tuhan YesusKristus sebagai Juruselamat kepadaseluruh anggota keluarga adalahsuatu yang mulia. Karena itu jugamenjadi kehendak Tuhan, yaituTuhan tidak menghendaki seorangpun binasa, melainkan agar semuaorang berbalik dan bertobat (2 Petrus3:9)

Menjadi saksi di tengah keluargatidak semudah membalik tangan.Karena itu, perlu perjuangan yangtidak pernah henti, dengan langkahantara lain mendoakan satu persatudengan menyebutkan namanya dihadapan Tuhan, bersikap ramah danbaik kepada mereka sebagai

kesaksian hidup yang nyata sertamenjadi terang dan garam ditengah keluarga.

Dengan melibatkan Tuhan dalamsegala upaya yang Anda lakukan,pada saatnya Anda akan melihatcampur tangan Tuhan dalammelawat dan memberkati keluargaAnda.

Nama : Mei, di JakartaTentang: Putusi Pacar atau JalanTerus!?

Pertanyaan:Saya (20th) dan pacar saya sebutsaja namanya x (22th), sudahberpacaran selama setahun enambulan.

Semula semuanya berjalanlancar. Kami sudah pernah putuswaktu usia pacaran kami baru 6bulan, itu karena saya sudah tidaktahan dengan sikapnya. Alasansaya karena ia orangnya terlalucuek, dan karena ia sering memaksasaya untuk melakukan hal yangtidak benar. Seperti melakukanpetting. Saya merasa tidak mampuuntuk menolak karena saya terlalusayang dengannya. Saya memutuskan untukmengakhiri hubungan kami tapi satubulan kemudian saya inginmenyambung hubungan kembalitapi ia memberi persyaratan bahwasaya mau melakukan petting dansaya menyanggupinya.

Setelah berjalan kira-kira 6bulan, ia mengajak saya untukberhubungan intim, dan saya tidakbisa menolaknya. Saya menyesalsekarang saya sudah tidak perawanlagi. Dan sekedar infomasi, selamakami pacaran itu, saya belum

konsultasi>>

Berita Yamari edisi 52 tahun 200918

Page 23: Buletin Edisi52 2009

pernah di ajak ke rumahnya ataudikenalkan sama keluarganya. Tapikira-kira dua bulan yang lalu tiba-tibaia mengajak saya makan bersamadengan keluarga dan saudaranya.Senang juga, saya pikir mungkin iamemang sudah mau mengajak untuklebih serius lagi dengan saya.Tetapi, belakangan ini hubungankami mulai renggang. Saya tidak tahukenapa, sepertinya ia mulaimenghindar dari saya. Selama ini kami sering bertengkarkarena masalah petting itu, tapiakhirnya selalu saya yang mengalah.Sekarang saya bingung, di satu sisisaya ingin memutuskan hubungan ini.Setiap kali saya teringat bahwa iaadalah orang yang merenggutkeperawanan saya, saya jadi jijik danbenci sekali dengannya. Selama inisaya bertahan hanya karena alasanitu. Saya sekarang sudah merasatidak berharga lagi. Apa yang harussaya lakukan. Tetap bertahan ataumemutuskan hubungan ini.Terimakasih. GBU.

Jawab :Saya mengerti perasaan anda yangberkaitan dengan pacar anda. Dalamusia yang sudah cukup dewasa,memang anda punya hak untuk bisamemutuskan segala hal dalam hidup.Tapi, ternyata semua keputusan yanganda ambil, termasuk mengizinkanpacar mengambil keperawanan anda,menjadi bumerang bagi anda.Sekarang anda menjadi bingung danmenyesal serta merasa diri tidakberharga.

Sebagai anak Tuhan, selalu adajalan keluar. Tuhan Yesus bersabda :“Marilah kepadaKu, semua yang letih

konsultasi>>lesu dan berbeban berat, Aku akanmemberi kelegaan kepadamu” (Mat.11:28).

Saran saya, datanglah kepadaTuhan Yesus dengan penuhpenyesalan dan memohonkemurahanNya untuk mengampuniserta memulihkan hati – pikiran – jiwadan roh mu.

Firman Tuhan dengan tegas dankeras melarang anak-anaknyamelakukan perbuatan amoral,perzinahan dan percabulan. Hal itumenunjukkan kehidupan yang najisdan berdosa di hadapan Tuhan.Karena itu, anda harus tegas terhadapdiri sendiri, jangan mau menurutikeinginan pacar untuk melakukanperbuatan tersebut. Kalau pacar andabetul-betul mengasihi anda, ia tidakakan memaksa untuk melakukan yangbelum waktunya. Kalau ia tetapmemaksa, ia tidak mengasihi andadengan sesungguhnya karena ia lebihhanya mementingkan keinginannyasendiri.

Sebagai penutup, saya inginmemberikan ayat firman Tuhan untukdirenungkan : “Jauhkanlah dirimu daripercabulan! Setiap dosa lain yangdilakukan manusia, terjadi di luardirinya. Tetapi orang yang melakukanpercabulan berdosa terhadap dirinyasendiri. Atau tidak tahukah kamubahwa tubuhmu adalah bait RohKudus yang diam di dalam kamu, RohKudus yang kamu peroleh dari Allah, -dan bahwa kamu bukan milik kamusendiri? Sebab kamu telah dibeli danharganya telah lunas dibayar; Karenaitu muliakanlah Allah dengantubuhmu!” (1 Kor. 6:18-20). Tuhan Yesus mengasihi anda selaluSalam, Pengasuh. ***

19Berita Yamari edisi 52 tahun 2009

Page 24: Buletin Edisi52 2009