buku pedoman tugas akhir elektro-undana 2010

Upload: enjho-bacok

Post on 12-Jul-2015

147 views

Category:

Documents


6 download

TRANSCRIPT

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    1/63

    BUKU PEDOMANPELAKSANAAN TUGAS AKHIRJURUSAN TEKNIK ELEKTRO

    FAKULTAS SAINS DAN TEKNIKUNIVERSITAS NUSA CENDANAKUPANG2008

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    2/63

    DAFTARISI

    Halaman SampulDaftar lsi

    Halamaniii

    BABI PENDAHULUAN

    BAB II PROSEDUR PELAKSANAAN TUGAS AKHIR2.1 Prosedur Tugas Akhir2.2 Prosedur Pelaksanaan Tugas Akhir

    23

    2.3 Prosedur Perubahan! Pergantian Judul dan Pergantian Pembimbing 4

    BAB III ATURAN PELAKSANAAN TUGAS AKHIR3.1 Latar Belakang 53.2 Tujuan Pelaksanaan Tugas Akhir 53.3 Definisi -Definisi 53.4 Persyaratan Mahasiswa Peserta Tugas Akhir 63.5 Pembimbing Tugas Akhir 73.6 Surat Keputusan Pelaksanaan Tugas Akhir 93.7 Proses Bimbingan 103.8 Seminar Tugas Akhir 103.9 Perubahan Judul, Penggantian Judul dan! atau Pembimbing

    Tugas Akhir3.10 Sidang Tugas Akhir3.11 Tim Penguji Tugas Akhir3.12 Penilaian Tugas Akhir3.13 Laporan Tugas Akhir3.14 Publikasi dan HKl

    111215161814

    11

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    3/63

    BAB IV STRUKTUR, lSI DAN FORMAT PROPOSAL TUGAS AKHIR4.1 Struktur lsi Proposal 204.2 Format Kertas dan Sampul 224.3 Format Halaman Judul4.4 Format Tata Tulis Proposal

    2223

    BAB V STRUKTUR DAN FORMAT BUKU TUGAS AKHIRI SKRIPSI5.1 Struktur lsi Buku Tugas Akhir5.2 Format Buku Tugas Akhirl Skripsi5.3 Format Penulisan Buku Tugas Akhirl Skripsi5.4 Pedoman Lain

    24293133

    BAB VI FORMAT DAN TATA TULIS JURNAL6.1 lsi Jumal6.2 Kaidah Umum Penulisan Jumal6.3 Tata Tulis Jumal

    414243

    Daftar Pustaka 45

    Lampiran:Lampiran A Sampul ProposalLampiran B Sampul Buku Tugas Akhirl SkripsiLampiran C Halaman Peruntukanl PersembahanLampiran D Abstrak Bahasa IndonesiaLampiran E Abstrak Bahasa InggrisLampiran F Halaman Pengantarl Ucapan Terima KasihLampiran G Daftar lsiLampiran H Daftar LampiranLampiran I Daftar GambarLampiran J Daftar TabelLampiran K Daftar Singkatan dan SimbolLampiran L Daftar PustakaLampiran M GambarLampiran N TabelLampiran 0Jumal

    464748495051525455565758596061

    111

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    4/63

    BABIPENDAHULUAN

    Tugas Akhir yang yang bemilai 6 SKS, merupakan mata kuliah yang secaralangsung mendukung aktivitas penelitian di Jurusan Teknik Elektro. Oleh karenanyapengelolaan dan pengawasan mata kuliah ini perlu dilaksanakan secara seksama.Buku ini berisi hal-hal sebagai berikut:(a) Prosedur Pelaksanaan Tugas Akhir di Jurusan Teknik Elektro FST Undana.

    Berisi pokok-pokok prosedur yang harus ditempuh oleh mahasiswa yang sedangmelaksanakan Tugas Akhir.

    (b) Aturan pelaksanaan Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro FST Undana.Berisi aturan lengkap peraturan pelaksanaan Tugas Akhir, meliputi permasalahanProses Administrasi, Proses Pematangan Proposal Tugas Akhir, Proses Bimbingandan Pengawasan, Pengawakan Dosen Pembimbing dan Penguji, Tata Tertib Sidangdan Penilaian, dan lain sebagainya.

    (c) Strukutur, Format dan lsi Proposal Tugas Akhir.Berisi pedoman dan contoh penulisan proposal Tugas Akhir yang dibakukan diJurusan Teknik Elektro FST Undana.

    (d) Struktur, Format dan lsi Buku Tugas Akhir.Berisi pedoman dan contoh penulisan buku Tugas Akhir yang dibakukan di JurusanTeknik elektro FST Undana.

    (e) Format Penulisan Jumal Tugas Akhir.Berisi pedoman dan contoh penulisan jumal Tugas Akhir yang dibakukan di JurusanTeknik elektro FST Undana.

    Tujuan pembakuan Aturan Pelaksanaan Tugas Akhir ini adalah agar pelaksanaan TugasAkhir di lingkungan Jurusan Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknik Undana dapatberjalan secara lebih baik, sehingga menghasilkan proses dan hasil-hasil penelitian yanglebih bermutu. Untuk itu perlulah kiranya buku aturan ini dipahami dan dilaksanakan olehsegenap civitas akademika Jurusan Teknik Elektro Undana.

    1

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    5/63

    BABIIPROSEDUR PELAKSANAAN TUGAS AKHIR

    Prosedur Pelaksanaan Tugas Akhir merupakan penjelasan secara terstruktur hal-hal yangharus ditempuh oleh seorang mahasiswa yang melaksanakan Tugas Akhir di JurusanTeknik Elektro Fakultas Sains dan Teknik Undana.Langkah-langkah yang dalam penyelesaian Tugas Akhir :1. Mahasiswa mengambil SKS Tugas Akhir dan mengikuti seminar-seminar KP IIII,

    seminar Proposal Penelitian atau Hasil Penelitian dengan bukti Kartu Seminar yangjumlah minimalnya adalah 20 kali.

    2. Mahasiswa memasukan judul proposal dengan jumlah judulnya tidak dibatasi denganformat berupa proposal singkat atau proposal yang lengkap seperti pada Bab IV.Format proposal singkat terdiri dari Judul, latar belakang, rumusan permasalahan,batasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, referensi. Apabilapermasalahannya berhubungan dengan design atau simulasi perlu digambarkandiagram proses yang akan dikembangkan.

    3. Mahasiswa memasukan proposal yang belum dijilid kepada jurusan sebanyak 3rangkap, sekaligus dengan filenya (softcopy).

    4. Jurusan akan mengundang setiap dosen pada masing-masing bidang minat untukmembahas judul proposal yang diajukan mahasiswa.

    5. Rap at masing-masing bidang minat/konsentarasi akan dibuka oleh jurusan danselanjutnya akan difasilitasi oleh koordinator untuk menentukan layak/tidaknya judulproposal yang diajukan mahasiswa. Hasil rapat yang akan diserahkan oleh koordinatorkepada jurusan antara lain: diterima/ditolaknya judul proposal mahasiswa, penentuankomposisi calon pembimbing dan penguji. Apabila terjadi penolakan judul proposalmaka harus disertai dengan alasan penolakan.

    6. Berdasarkan hasil rapat penentuan judul, maka jurusan akan mempertimbangkan danmengumumkan hasil rapat tersebut disertai pembuatan surat tugas pembimbingan.Selanjutnya berdasarkan usullsaran Koordinator maka jurusan akanmempertimbangkan dan menentukan anggota penguji.

    7. Mahasiswa diwajibkan melaksanakan bimbingan penyusunan proposal Tugas Akhirkepada pembimbing I dan II yang telah ditetapkan dengan menggunakan kartukonsultasi (format kartu konsultasi terdapat pada Bab IV, Buku panduan AkademikJurusan Teknik Elektro). Diharapkan frekuensi pembimbingan lebih intensif.

    2

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    6/63

    8. Setelah proposal tugas akhir lengkap dan disetujui kedua pembimbing, maka proposaltersebut dijilid sebanyak rangkap 3 dan dimasukan kepada jurusan untuk selanjutnyaakan dilaksanakan seminar proposal tugas akhir.

    9. ladwal seminar proposal tugas akhir, Seminar Tugas Akhir dan Sidang Tugas Akhirakan diatur oleh jurusan.

    10. Hasil keputusan seminar proposal Tugas Akhir yaitu diterima/ditolaknya Proposalyang dipertanggungjawabkan mahasiswa. Apabila terjadi perubahan judul danpermasalahan maka mahasiswa harus mengulang dari Langkah 2. lika hanya berupaperbaikan penulisan maka konsultasi perbaikan langsung ke Pembimbing I dan IIselanjutnya dilakukan penelitian.

    11. Proses penelitian dilakukan berdasarkan rencana pada proposal penelitian. Prosespenyusunan buku tugas akhir dikonsultasikan dengan pembimbing. Format buku tugasakhir terdapat pada Bab V.

    12. Setelah buku Tugas Akhimya disetujui oleh kedua pembimbing (minimal konsultasi 6kali untuk masing-masing pembimbing), maka mahasiswa mendaftar pada lurusanuntuk Seminar Tugas Akhir. Apabila pada seminar tugas akhir ada perubahan judulatau mahasiswa tidak bisa mempertanggungj awabkan tulisannya secara baik dankesalahan total pada hasil penelitian maka mahasiswa melakukan konsultasi intensifkepada pembimbing dan selanjutnya akan dilakukan seminar ulang tugas akhimya.13. Mahasiswa melakukan perbaikan dan konsultasi pada Pembimbing atas usul dan saranperbaikan pada saat seminar tugas akhir.

    14. Setelah perbaikan dilakukan dan pembimbing menyetujui untuk dilaksanakannyaSidang Tugas akhir, maka mahasiswa mendaftar pada lurusan untuk diatur jadwalpelaksanaan Sidang Tugas Akhir. Mahasiswa wajib mentaati semua persyaratan dalambuku Pedoman Akademik lurusan Teknik Elektro periode 2005 - 210 (edisi revisi2007) dan aturan dalam Buku Pedoman Pelaksanaan Tugas Akhir.

    15. Hasil Sidang Tugas Akhir akan diumumkan setelah sidang berakhir. Hasilnya akandiserahkan langsung oleh Ketua Penguji kepada lurusan. Apabila hasil sidangmahasiswa diwajibkan untuk memperbaiki Buku Tugas Akhimya, maka dilakukanperbaikan dan konsultasi dengan pembimbing I dan II.

    16. Pengumpulan Buku Tugas akhir dan Tulisan lumal (format dan struktumya terdapatpada bab VI). Buku tugas akhir dan Tulisan lumal disertai dengan CD softcopy-nyadalam format PDF. lumlah Buku Tugas Akhir minimal 6 buah dan lumal3 buah.

    Untuk lebihjelas tentang prosedur tugas akhir dapat dilihat pada diagram berikut ini.

    3

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    7/63

    Pengambilan SKSTA dan Seminar Penentuanjadwal danPelaksanaan Seminar

    Proposal TAMasukan JudulTugas Akhir ke

    Jurusan

    Rapat penentuan juduldipimpin jurusan dankoordinator bidang

    NPelaksanaan Penelitiandan Pembimbingan

    TA

    Pendaftaran SeminarTugas akhir pada

    Jurusan

    Penentuan komposisicalon Pembimbing Penentuan Jadwal danPelaksanaan Seminar

    Tugas Akhir

    Penyerahan hasil rapatke Jurusan PendaftaranSidan TA

    Pengumuman hasil rapatdan penugasan

    pembimbingan dan penguji

    PerbaikanBukuTA

    NMahasiswa melakukankonsultasi penyusunanProposal TA padaPembimbing I dan II

    4

    PengumpulanBuku TAdanTulisan Jumal

    PendaftaranSeminar ProposalTA pada Jurusan

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    8/63

    BAB IIIATURANPELAKSANAANTUGASAKHIR

    3.1 Latar Belakang

    Tugas Akhir/ Skripsi merupakan salah satu program yang memiliki arti penting dalamkeseluruhan program pendidikan tinggi setingkat Strata Satu (S 1). Oleh karena itu, untukmenjamin terlaksananya Tugas Akhir dengan baik, diperlukan suatu aturan yang mengaturpelaksanaan Tugas Akhir tersebut.

    3.2 Tujuan Pelaksanaan Tugas Akhir

    Tugas Akhir dilaksanakan dengan tujuan agar mahasiswa dapat memecahkan masalahberdasarkan metoda ilmiah dan dapat menuangkannya dalam suatu karya tulis ilmiah yangdapat dipertanggungj awabkan.

    3.3 Definisi-Definisi

    a. Tugas Akhir adalah suatu kegiatan pembuatan karya ilmiah yang berdasarkanpenelitian, perancangan, studi lapangan, studi banding, implementasi perangkat kerasatau perangkat lunak yang berkaitan dengan teknik elektro.

    b. Topik Tugas Akhir adalah Topik yang dapat dikerjakan pada suatu Tugas Akhir:Perancangan dan analisa implementasi hardware/ software, Pemodelan dan analisaatas simulasi suatu konsep, studi analisis, sintesis konsep baru dari konsep-konseplama.

    c. Seminar Proposal Tugas Akhir adalah suatu kegiatan yang diselenggarakan olehJurusan untuk mempersiapkan Tugas Akhir. Dalam seminar proposal Tugas Akhir,mahasiswa wajib membuat proposal Tugas Akhir dan melaksanakan seminar proposalTugas Akhir sebagai syarat mendapatkan Surat Keputusan Pelaksanaan Tugas Akhir.

    d. Seminar Hasll Tugas Akhir adalah suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh Jurusanuntuk melihat progres pelaksanaan Tugas Akhir dan Sidang Tugas Akhir.

    e. Sidang Tugas Akhir adalah ujian Tugas Akhir yang dilakukan oleh tim penguji TugasAkhir dalam bentuk ujian lisan.

    f. Pembimbing Tugas Akhir adalah dosen atau praktisi yang diberi wewenang dan5

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    9/63

    ditetapkan oleh Dekan atas usul Ketua Jurusan sebagai pembimbing mahasiswa dalammenyelesaikan Tugas Akhir.

    g. Pemeriksa judul proposal adalah dosen berkompetenldosen masing-masing bidangminat yang diundang untuk menentukan kelayakan topik/ judul yang diangkat olehmahasiswa.

    h. Koordinator adalah seorang dosen yang ditetapkan berdasarkan kesepakatan rapatjurusan dan bertugas untuk menjadi fasilitator pada rapat-rapat dosen untuk masing-masing bidang minat yang berkaitan dengan kurikulum, kerja praktek, tugas akhir.

    i. Tim Penguji Tugas Akhir adalah tim dosen yang bertugas dan bertanggung jawabmenguji mahasiswa peserta Sidang Tugas Akhir.

    3.4 Persyaratan Mahasiswa Peserta Tugas AkhirSyarat Pengambilan Mata Kuliah Tugas Akhir

    1. Mahasiswa aktif yang terdaftar secara sah.2. Telah mengikuti dan lulus mata kuliah Metode Penelitian.3. Telah lulus Tahun Ketiga atau lulus minimum 125 SKS, dengan IPK >= 2.0.4. Sedang atau telah melaksanakan kerja praktek II.

    3.5. Koordinator1. Sebagai fasilitator dalam rapat-rap at penentuan judul proposal Tugas akhir yang

    diajukan mahasiswa.2. Menyimpulkan hasil rap at antara lain : persetujuan judul proposal dan calon

    pembimbing untuk diserahkan kepada Jurusan.3. Melakukan konsultasi kepada jurusan apabila terjadi deadlockltidak mencapai

    kesepakatan dalam rapat penentuan judul proposal tugas akhir.4. Memberikan usullsaran dalam penentuan anggota penguji.

    3.6 Pembimbing Tugas Akhir

    A. Susunan Pembimbing1. Pembimbing Tugas Akhir adalah dosen atau praktisi yang diberi wewenang untuk

    membimbing mahasiswa dalam melaksanakan Tugas Akhir.2. Pembimbing Tugas Akhir ditetapkan oleh Dekan melalui S.K. atas usulan Ketua

    6

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    10/63

    Jurusan melalui hasil rapat masing-masing bidang minat setelah rapat penentuanjudulitopik yang diajukan mahasiswa.

    3. Pembimbing Tugas Akhir terdiri dan Pembimbing I dan Pembimbing II.4. Kombinasi Pembimbing I dan Pembimbing II diatur dengan ketentuan sebagai

    berikut:Tabel3.1 Kombinasi Pembimbing Tugas Akhir

    NO PEMBIMBING I PEMBIMBING II1 Dosen TE FST Undana Dosen TE FST Undana2 Dosen TE FST Undana Dosen non TE FST Undana3 Dosen TE FST Undana Praktisi

    5. Pembimbing I harus merupakan dosen tetap Jurusan Teknik Elektro FST Undana.6. Jumlah bimbingan maksimum pada saat yang sarna ditentukan oleh Ketua Jurusan

    berdasarkan usulan hasil rapat dosen bidang minat yang dipimp in oleh koordinatorbidang minat.

    7. Jurusan berkewajiban untuk membina dosen dalam proses pembimbingan, denganmelakukan hal-hal berikut:a. Menilai kinerja dosen pembimbing, melalui angket penilaian yang dilakukan

    oleh dosen penguji atau metoda penilaian lainnya.b. Mendorong dosen untuk mengeluarkan topik/ judul dan abstraksi Tugas Akhir.

    B. Kriteria Pembimbing1. Memiliki Bidang Keahlian Utama yang berkaitan dengan topik Tugas Akhir yang

    akan dibimbing.2. Pembimbing Tugas Akhir harus sesuai SK.062 Pasal 31 yaitu: Pembimbing I harus

    mempunyai Jabatan Fungsional minimal Lektor dan atau sudah bergelar Magister(S2), dan Doktor (S3).

    3. Kecuali dengan pertimbangan khusus, dibolehkan Pembimbing Tugas Akhir tidakmemenuhi kriteria (2) tapi harus dengan rekomendasi Ketua Jurusan dan ditetapkanoleh Dekan.

    4. Anggota pembimbing dapat ditarik dari PTS atau Instansi lain.

    c. Kewajiban Pembimbing I1. Membimbing dan mengarahkan mahasiswa peserta Tugas Akhir secara teratur dan

    7

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    11/63

    bertanggung jawab, dengan konsultasi bimbingan minimal sebanyak 6 kali dengandurasi waktu minimal selama 30 menit.

    2. Memonitor pelaksanaan Tugas Akhir dan melaporkan ke Jurusan tiap akhir bulan.3. Mengevaluasi penulisan laporan Tugas Akhir mahasiswa sebelum diajukan ke

    sidang Tugas Akhir.4. Hadir pada seminar dan sidang Tugas Akhir.5. Berkoordinasi dengan Pembimbing II.

    D. Kewajiban Pembimbing II1. Membantu pembimbing I dalam pelaksanaan bimbingan Tugas Akhir secara teratur

    dan bertanggung jawab, dengan konsultasi bimbingan minimal sebanyak 6 kalidengan durasi waktu minimal selama 30 menit.

    2. Mengevaluasi penulisan laporan Tugas Akhir mahasiswa sebelum diajukan kesidang Tugas Akhir.

    3. Hadir pada saat seminar dan sidang Tugas Akhir.4. Berkoordinasi dengan Pembimbing 1.

    E. Hak Pembimbing1. Melaporkan kepada Ketua Jurusan untuk mencabut S.K. pelaksanaan Tugas Akhirjika mahasiswa yang dibimbing tidak aktifl mangkir selama 1 bulan atau lebih.

    2. Mengubah batasan masalah atau ruang lingkup Tugas Akhir jika diperlukan,dengan mengikuti prosedur perubahanjudul.

    3. Memutuskan kelayakan Tugas Akhir untuk diajukan pada Sidang Tugas Akhir.4. Mengusulkan perubahan jadwal sidang Tugas Akhir sebelum jadwal sidang

    ditetapkan.5. Mendapatkan honorarium sesuai aturan Undana.6. Mendapatkan hak cipta bersama dengan mahasiswa dan institusi.

    F. Penilaian Kinerja Pembimbing1. Penilaian kinerja pembimbing dilakukan dengan maksud untuk melakukan pembinaan dan

    perbaikanmutu bimbingan Tugas Akhir.2. Penilaian kinerja dilakukan oleh Ketua Jurusan dengan masukan dari mahasiswa terkait,

    dosen penguji dan dosen lain yang terkait dengan topik Tugas Akhir.

    8

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    12/63

    3. Parameter yang dapat dimasukkan dalam penilaian kinerja pembimbing adalah: jumlahbimbingan, lama konsultasi bimbingan rata-rata, nilai seminar Tugas Akhir, nilai ujianTugas Akhir, ketepatan waktu bimbingan sesuai target Jurusan, kualitas bimbingan,kehadiran dalam sidang dan faktor lain yang terkait.

    4. Nilai kinerja Pembimbing menjadi masukan bagi Ketua Jurusan untuk menentukanjumlahbimbingan dannilai kinerja individu.

    3.7 Surat Keputusan Pelaksanaan Tugas Akhir

    1. Surat Keputusan Pelaksanaan Tugas Akhir diberikan kepada mahasiswa pelaksanaTugas Akhir oleh Ketua Jurusan.2. Surat Keputusan Pelaksanaan Tugas Akhir dibuat berdasarkan berita acara ujianproposal Tugas Akhir dari Tim Penguji setelah satu atau lebih mahasiswa melakukanseminar proposal Tugas Akhir.

    3. Masa berlaku surat keputusan pelaksanaan Tugas Akhir adalah 1 (satu) semester (enambulan) terhitung sejak dikeluarkannya surat pengesahan tersebut oleh Ketua Jurusan.Apabila selama waktu tersebut temyata mahasiswa tidak menyelesaikan Tugas Akhiryang telah ditetapkan, maka mahasiswa dapat memperpanjangnya setelah memberikanlaporan alasan keterlambatan pelaksanaan Tugas Akhir.

    4. SK Pelaksanaan Tugas Akhir dapat dicabut jika:a. Atas permintaan mahasiswa untuk pergantian pembimbing, dengan prosedur

    tertentu.b. Atas permintaan pembimbing karena mahasiswa mangkir lebih dari 1 (satu)

    bulan.c. Pelaksanaan Tugas Akhir sudah berlangsung lebih dari 1 (satu) tahun, dan

    dilakukan atas permintaan mahasiswa atau pembimbing Tugas Akhir denganalasan yang tepat dan dapat dipertanggungjawabkan.

    d. Pelaksanaan Tugas Akhir sudah berlangsung lebih dari 1,5 (satu setengah) tahun,dan dilakukan Ketua Jurusan setelah berkonsultasi dengan pembimbing.

    3.8 Proses Bimbingan

    1. Secara berkala diadakan pertemuan-pertemuan konsultasi antara mahasiswa denganPembimbing. Setiap kali dilakukan acara konsultasi, Pembimbing membubuhkan

    9

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    13/63

    catatan singkat kegiatan dan paraf pada Kartu Konsultasi Tugas Akhir. Penulisancatatan dan paraf tidak boleh dilakukan sekaligus pada akhir bimbingan.

    2. Untuk keperluan monitoring bimbingan oleh lurusan, setiap kali melakukan bimbingandosen wajib mengisi form bimbingan atau isian pada kartu monitoring Tugas Akhirdan melaporkan perkembangan hasil bimbingan 1 (satu) bulan sekali kepada Ketualurusan.

    3. lumlah minimal konsultasi adalah enam kali untuk Pembimbing I dan Pembimbing IIserta melaksanakan seminar Tugas Akhir selama pelaksanaan Tugas Akhir.

    3.9 Seminar Tugas Akhir

    1. Seminar Tugas Akhir merupakan kegiatan wajib yang harus dilaksanakan pesertaTugas Akhir, sebagai salah satu syarat untuk dapat mendaftar Sidang Tugas Akhir.

    2. Seminar Tugas Akhir dilaksanakan setelah seminar proposal dan sebelum sidangTugas Akhir.

    3. Pelaksanaan Seminar Tugas Akhir diatur dengan ketentuan sebagai berikut:a. Sifat Seminar Tugas Akhir adalah terbuka.b. Waktu pelaksanaan seminar Tugas Akhir diatur oleh lurusan setelah adanya

    persetujuan dari tim pembimbing tugas akhir.c. Seminar Tugas Akhir dilaksanakan bila pelaksanaan Tugas Akhir telah mencapai

    minimal 80% dan disetujui oleh Pembimbing I dan II.d. Seminar Tugas Akhir wajib dihadiri oleh:

    1. Pembimbing I dan Pembimbing II, sekaligus sebagai ketua seminar TugasAkhir adalah Pembimbing 1 .

    11. Minimal 5 orang mahasiswa4. Pelaksanaan Seminar Tugas Akhir dicantumkan dalam suatu Berita Acara Seminar dan

    dilaporkan ke lurusan, sebagai salah satu syarat pengajuan sidang Tugas Akhir.5. Hasil seminar Tugas Akhir menjadi salah satu referensi bagi Pembimbing dalam

    menilai kesiapan mahasiswa untuk sidang Tugas Akhir.

    3.10 Perubahan Judul, Penggantian Judul dan/ atau Pembimbing Tugas Akhir

    1. Oleh karena keterbatasan atau alasan tertentu, maka mahasiwa atau peserta TugasAkhir dapat mengubah atau mengganti judul dan/ atau pembimbing Tugas Akhir atas

    10

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    14/63

    persetujuan Pembimbing dengan mengikuti peraturan yang berlaku.2. Perubahan Judul Tugas Akhir

    a. Adalah perubahan bahasan Tugas Akhir karena penyesuaian terhadap perubahanbatasan masalah atau ruang lingkup permasalahan yang mana dianggap perlu,akan tetapi tidak mengubah rumusan masalah Tugas Akhir.

    b. Perubahan judul Tugas Akhir harus disetujui oleh Pembimbing 1 .c. Apabila akan dilaksanakan perubahan judul maka harus diketahui oleh Ketua

    Jurusan.3. Pergantian Judul Tugas Akhir

    a. Adalah perubahan bahasan Tugas Akhir karena penggantian rumusan masalahdan batasan masalah Tugas Akhir.

    b. Apabila terjadi pergantian judul maka mahasiswa harus mengajukan proposalbaru, dan melakukan seminar proposal Tugas Akhir pada semester berj alan.

    c. Apabila Pembimbing Tugas Akhir baru bukan Pembimbing sebelumnya, makamahasiswa wajib mengajukan permohonan ke Jurusan tentang pencabutan SKTugas Akhirl Pembimbing sebelumnya.

    4. Perubahan Pembimbing Tugas Akhira. Perubahan pembimbing dapat dilakukanjika:

    1. Pembimbing lama berhalangan tetap dalam menjalankan tugasnya.11. Terjadi pergantianjudul.iii. Pembimbing dinilai tidak memiliki kompetensi di bidang yang bersangkutan

    oleh Ketua Jurusan atas pertimbangan hasil rapat tiap bidang minat.b. Jika pembimbing lama tidak menyetujui perubahan pembimbing, maka usul

    pencabutan SK Tugas Akhir dapat disetujui oleh Ketua Jurusan apabila terbuktibahwa pemrakarsa judul baru bukan pembimbing lama yang akan diganti.

    c. Mahasiswa yang berganti pembimbing harus mengajukan pencabutan SK lama,dan mengajukan proposal Tugas Akhir baru.

    s . Penghentian proses pembimbingan Tugas Akhira. Pembimbing I berhak untuk menolak melanjutkan pembimbingan Tugas Akhir

    dan mencari mahasiswa lain dengan judul yang sarna, jika mahasiswa tidak hadiratau mangkir selama 1 bulan.

    b. Penghentian proses pembimbingan ini dilakukan dengan meminta pencabutan SKpelaksanaan Tugas Akhir dan dapat dis etuj ui oleh Ketua Jurusan setelah 2

    11

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    15/63

    mmggu pemberitahuan secara tertulis disampaikan kepada mahasiswa ataumelalui surat pemberitahuan terbuka.

    6. Mahasiswa yang melakukan perubahan judul, pergantian judul dan! atau penggantianpembimbing tanpa melalui prosedur yang benar dikenakan sanksi penundaanpenetapan SK Pelaksanaan Tugas Akhir selama 2 bulan, setelah mengikuti proseduryang benar. Jika SK telah diterbitkan, maka SK dicabut dan prosedur harus diikuti, dansanksi penundaan tetap berlaku.

    3.11 Sidang Tugas Akhir

    1. Pengajuan Permohonan Sidang Tugas Akhira. Permohonan Sidang Tugas Akhir dilakukan oleh mahasiswa atas persetujuan darisemua pembimbing, dengan sepengetahuan wali akademik dan Jurusan untukpemeriksaan kelulusan mata kuliahltranskrip sementara.

    b. Jadwal sidang Tugas Akhir diusulkan oleh pembimbing I kepada Ketua Jurusan,dengan memberikan beberapa altematif waktu secara prioritas.

    c. Mahasiswa yang menyalahi prosedur pengajuan Sidang Tugas Akhir dikenakansanksi untuk tidak mengikuti sidang pada periode sidang tersebut.

    d. Persyaratan untuk permohonan Sidang Tugas Akhir :1. Pembimbing telah menyatakan bahwa Tugas Akhir mahasiswa yang

    bersangkutan telah selesai dan layak untuk diajukan ke Sidang Tugas Akhir.11. Lulus semua matakuliah kecuali Tugas Akhir, dengan jumlah SKS lulus

    minimal 140 dan IPK>= 2.0, dengan mengikuti aturan kurikulum yangdilaksanakan oleh mahasiswa bersangkutan.

    111. Menyerahkan draft akhir beserta undangan sidang kepada seluruh anggota timpenguji yang telah ditunjuk maksimal 1 minggu dan minimal 3 hari sebelumpelaksanaan sidang atau sesuai dengan kesepakatan mahasiswa dengananggota tim penguji.

    IV. Memenuhi persyaratan administrasi dan persyaratan lain sesuai ketentuanadministrasi Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro.

    2. Pelaksanaan Sidang Tugas Akhira. Sidang Tugas Akhir bersifat tertutup, dan mengenakan seragam sesuai dengan

    ketentuan Jurusan Teknik Elektro FST Undana.

    12

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    16/63

    b. Pelaksanaan Sidang Tugas Akhir tidak diperkenankan untuk didokumentasikanmelalui kamera video.

    c. Sidang Tugas Akhir diatur dengan tata cara sebagai berikut :i. Peserta Sidang Tugas Akhir wajib membawa kartu mahasiswa.11. Peserta Sidang Tugas Akhir berpakaian rapi dengan ketentuan sebagai

    berikut: Putra: Kemeja putih lengan panjang, berdasi, celana panjang wama

    gelap, dan mengenakanjas almamater Undana Putri: Kemeja putih lengan panjang, berdasi, dan rok wama gelap, dan

    mengenakan j as almamater Undana111. Hadir selambat-lambatnya 15 menit sebelum sidang dimulai, dan memeriksa

    kebersihan dan kerapian ruangan sidang serta peralatan yang diperlukan padasaat sidang dilaksanakan.

    IV. Mahasiswa yang terlambat hadir untuk mengikuti Sidang Tugas Akhirdengan alasan yang tidak masuk akal dan tanpa ada pemberitahuansebelumnya, dinyatakan tidak lulus Sidang Tugas Akhir.

    v. Sidang Tugas Akhir dapat dilaksanakan lebih awal dari jadwal bilaMahasiswa, Pembimbing dan Penguji telah hadir semuanya dan melakukankesepakatan.

    vi. Sidang Tugas Akhir dilaksanakan dalam waktu maksimum 90 menit,termasuk untuk presentasi, tanya jawab, rapat tim penguji untukmenentukan kelulusan Sidang Tugas Akhir serta peragaan(demonstrasi) jika diperlukan.

    vii. Bahan presentasi bisa berupa transparansi atau file slide.viii. Sidang Tugas Akhir dinyatakan sah jika dihadiri oleh Pembimbing

    dan Penguji. Dalam hal ketidakhadiran Pembimbing atau Penguji,maka: Jika Pembimbing atau Penguji tidak hadir, sidang tidak dapat

    dilaksanakan dan dijadwalkan ulang atas persetujuan Ketua Jurusan. Jika Pembimbing atau Penguji terlambat hadir lebih dari 30 menit maka

    sidang dapat dilaksanakan jika penguji dan pembimbing menyetujui.atas pengetahuan Ketua Jurusan.

    IX. Sidang Tugas Akhir dip imp in oleh Ketua Sidang, yang Juga

    13

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    17/63

    bertugas untuk membuka, menutup dan membacakan hasil keputusansidang Tugas Akhir.

    3. Penilaian dan Kelulusan Sidang Tugas Akhira. Penilaian sidang Tugas Akhir dilaksanakan oleh Pembimbing dan

    Penguji.b. Hasil Keputusan sidang Tugas Akhir dituliskan dalam form Berita Acara

    hasil sidang Tugas Akhir.c. Proses penilaian sidang Tugas Akhir wajib dilakukan dengan

    musyawarah antara Pembimbing dan Penguji dan pada prinsipnyamerupakan gabungan dari nilai Pembimbing dan nilai dari Penguji .

    d. Apabila tidak terjadi mufakat dalam musyawarah penilaian sidang TugasAkhir maka penilaian dilakukan dengan menghitung rata-rata dari NilaiPembimbing dan Nilai Penguji dengan porsi penilaian antara lain:Pembimbing I (40 %), Pembimbing II (30 %) dan Penguji (30%).

    e. Pembimbing dan Penguji memberikan penilaian atas pertanyaan sendiri danhasil tanya jawab dalam sidang.

    f. Mahasiswa wajib mematuhi semua keputusan hasil sidang Tugas Akhir. HasilKeputusan Sidang Tugas Akhir ada beberapa kemungkinan yaitu :a. Mahasiswa dinyatakan Tidak Lulus.b. Mahasiwa dinyatakan Lulus tanpa revisi buku Tugas Akhir.c. Mahasiswa dinyatakan Lulus dengan syarat wajib melakukan revist

    buku Tugas Akhir atau hal lainnya yang berkaitan dengan Tugas Akhirdalam waktu yang ditentukan dalam keputusan sidang Tugas Akhirtersebut.

    g. Batas waktu Revisi dan catatan mengenai hal-hal yang wajib dilakukan dalamrevisi dituliskan dalam form lembar Revisi dan menjadi satu kesatuan berita acarahasil sidang Tugas Akhir.

    h. Apabila dari hasil sidang Tugas Akhir menyatakan Tugas Akhir tidak lulus, makamahasiswa hams mengulang proses Tugas Akhir dari awal.

    1. Hasil keputusan Tugas akhir hams diumumkan setelah sidang dilakukan danselanjutnya dilaporkan kepada jurusan. Apabila mahasiswa LULUS dengan syaratREVISI, maka dinyatakan dalam berita acara sehingga pihak Jurusan dapatmengontrol proses perbaikan Buku Tugas Akhir. Jika mahasiswa tidak melakukan

    14

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    18/63

    perbaikan sesuai yang diminta maka pembimbing dan penguji melaporkan kepadaJurusan sehingga tidak diberikan Rekomendasi/transkrip/ surat lainnya sebagaisyarat untuk mengikuti Judisium di Fakultas dalam proses wisuda.

    3.12 Tim Penguji Tugas AkhirA. Susunan Tim Penguji Tugas Akhir

    1. Ketua Jurusan menetapkan Tim Penguji berdasarkan hasil rapat masing-masing bidang min at yang terdiri dari:a. Pembimbing I merangkap Ketua Sidang & Anggotab. Pembimbing II merangkap anggota, dan

    2. Jurusan menetapkan seorang Penguji merangkap anggota berdasarkanusullsaran Koordinator bidang min at setelah rapat penentuan judulproposal. Syarat-syarat umum seorang penguji:a. Dosen Tetap Jurusan Teknik Elektro.b. Memiliki keahlian utama sesuai dengan judul.c. Memiliki keahlian minor/ peminatan sesuai dengan judul.

    B. Kewajiban Tim Penguji Tugas Akhir1. Kewajiban umum Tim Penguji Tugas akhir adalah:a. Hadir 5 menit sebelum pelaksanan sidang.b. Memeriksa persyaratan administrasi kelengkapan sidang Tugas Akhir.c. Menguji mahasiswa peserta sidang.d. Memverifikasi hasil pelaksanaan Tugas Akhir.e. Menanyakan hal-hal yang berkenaan dengan pelaksanaan Tugas Akhir.f. Menguji materi Tugas Akhir.g. Memberikan nilai pelaksanaan Tugas Akhir, berdasarkan hasil sidang Tugas

    Akhir.h. Memutuskan hasil sidang Tugas Akhir.

    2. Hak umum Tim Penguji Tugas akhir adalah :a. Memberikan Penilaian terhadap hasil sidang mahasiswa tanpa dipengaruhi

    oleh pihak lain.b. Menolak untuk menguji mahasiswa yang terlambat menyerahkan buku

    laporan Tugas Akhir.

    15

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    19/63

    c. Meminta perbaikan materi dan buku laporanjika terdapat kekurangan.3. Kewajiban dan hak Ketua Sidang.

    a. Membuka dan menutup sidang.b. Menunda sidangjika persyaratan sidang tidak terpenuhi.c. Memimpin jalannya sidang dan mengambil tindakan yang diperlukan agar

    sidang dapat terlaksana dengan baik.d. Meminta pengunjung sidang untuk bertanya kepada peserta sidang.e. Meminta pendapat anggota Tim Penguji mengenai pelaksanaan Tugas Akhir.f. Bermusyawarah dengan anggota Tim Penguji mengenai nilai hasil

    pelaksanaan Tugas Akhir.g. Mengisi Berita Acara Sidang dan menghitung nilai rata-rata dari anggota tim

    penguji, jika tidak tercapainya musyawarah untuk mufakat.h. Membaca putusan sidang.

    4. Kewajiban Pembimbing berkaitan dengan Revisi dan Keputusan SidangTugas Akhir:a. Bertanggungjawab atas pemantauan revisil perbaikan (jika ada).b. Pembimbing wajib membantu mahasiswa untuk menjalankan semua

    keputusan Sidang Tugas Akhir.

    3.13 Penilaian Tugas Akhir

    1. Komponen PenilaianNilai Tim Penguji Sidang Tugas Akhir mencakup aspek-aspek penilaian sebagaiberikut

    16

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    20/63

    Tabel3.2 Aspek dan Bobot Penilaian Sidang Tugas AkhirNo Aspek Penilaian BobotNilai1 lsi dan Materi: 30

    a. Sistematika Penulisanb. lsi (Masalah yang diajukan, relevansi, arti bagi

    pengembangan ilmu dan kegunaan praktis)c. Kemampuan menyimpulkan masalah.

    2 Metodologi: 20Penggunaan literatur, pengalaman praktis selama penelitianintegrasi data empirik dan teoritik, kemandirian, kreativitas,orisinilitas pandangan, cara kerja, obyektivitas dan etika ilmiah

    3 Bahasa: 10Tata tulis naskah4 Pertanggungj awaban 40a. Pemaparan Makalah :

    Persiapan Penampilan Sistematika Kejelasan materi yang disajikan Ketepatan waktu

    b. Penguasaan Materi pokok Penguasaan pokok bahasan Penguasaan teori dasar dan penunjang Penguasaan isi tulisan

    Jumlah Nilai Penguji 100

    2. Nilai Akhira. Penilaian Tugas Akhir dari Pembimbing dan penguji diberikan dalam bentuk

    angka antara 0 sid 100. Mahasiswa dinyatakan lulus Tugas Akhir jika mencapainilai akhir lebih besar atau sama dengan 60.

    b. Rangkuman komponen penilaian dalam angka dikonversikan ke nilai huruf A, B,C, D, danE.

    Tabel 3.3 lndeks Nilai Akhir Tugas AkhirO:::;NA< 50 = E TIDAKLULUS50:::;NA< 60 = D TIDAKLULUS60:::;NA< 70 = C LULUS (cukup)70:::;NA< 80 = B LULUS (Memuaskan)80 :::;NA:::;100 = A LULUS (sangat memuaskan)

    17

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    21/63

    3.14 Laporan Tugas AkhirLaporan Tugas Akhir ditulis dalam format yang ditentukan seperti pada

    Bab V buku panduan ini.

    3.15 Publikasi dan HKI1. Mahasiswa diwajibkan menulis sebuah jumal yang merupakan rangkuman hasil Tugas

    Akhir. Penulis I pada jumal tersebut adalah mahasiswa Tugas Akhir, sedangkanpenulis II dan II I adalah pembimbing I dan pembimbing II.

    2. Jumal hasil rangkuman Tugas Akhir harus dilampiri pengesahan dari pembimbing.3. Bila sebuah jumal merupakan rangkuman dari beberapa Tugas Akhir maka Penulis I

    pada jumal tersebut adalah pembimbing yang melakukan proses perangkumantersebut.

    4. Bila salah satu hasil dari Tugas Akhir atau kumpulan dari beberapa Tugas Akhirtersebut adalah sebuah penemuan yang didaftarkan HK I (Hak Kekayaan Intelektual)-nya maka pemilik HKI tersebut adalaha. Mahasiswa : 35 %,b. Pembimbing I :25%,c. Pembimbing II : 20%, dand. T eknik Elektro :20%.

    18

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    22/63

    BABIVSTRUKTUR, lSI DAN FORMAT PROPOSAL TUGAS AKHIR

    Proposal adalah suatu dokumen tertulis yang memberikan deskripsi tentang suatupekerjaan beserta aspek-aspeknya yang diajukan untuk mendapat penilaian danpersetujuan. Karena sifat-sifat tersebut, maka beberapa hal berikut perlu diperhatikandalam penulisan proposal : Proposal harus jelas menggambarkan pekerjaan yang akan dilakukan dan keluaran-

    keluaran yang dijanjikan. lsi proposal harus bisa dimengerti oleh pihak yang berkepentingan Adanya jadwall batas waktu pengerjaan dan biaya yang dibutuhkan dalam

    mengerjakan pekerjaan yang dijanjikan dalam proposal

    4.1 Proposal Tugas AkhirTugas akhir sebagai salah satu mata kuliah dalam proses penyelesaian program

    studi merupakan suatu pekerjaan yang komprehensif yang merupakan penerapanberdasarkan pada mata kuliah-mata kuliah yang sudah dipelajari pada tingkat sebelumnya.Selain berdasarkan mata kuliah sebelumnya, pengerjaan Tugas Akhir juga diperkaya dandisesuaikan dengan perkembangan ilmu dan teknologi yang ada.

    Tugas Akhir merupakan suatu pekerjaan yang lengkap yang meliputi perencanaan,pelaksanaan, sampai dengan evaluasi hasil akhir yang didapat. Untuk itu, dalam prosesperencanaan perlu dibuat suatu proposal yang menggambarkan hal-hal yang akandikerjakan dalam proses Tugas Akhir. Proposal Tugas Akhir merupakan gambaranpekerjaan Tugas Akhir yang nantinya akan di SK-kan dan diimplementasikan! dikerjakan.Sedangkan secara administratif, fungsi dari proposal Tugas Akhir adalah : Dasar suatu SK pengerjaan Tugas Akhir bisa dikeluarkan. Dasar untuk menentukan Pembimbing I, Pembimbing II dan Penguji.

    4.2 Struktur lsi ProposalUntuk dapat memberikan informasi yang cukup sesuai dengan sifat suatu proposal,

    maka suatu proposal perlu berisi hal-hal yang memberikan informasi sesuai dengan yang

    19

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    23/63

    dibutuhkan dan disampaikan dalam struktur yang berurut dan logis sehingga mudah dibacadan dimengerti oleh pihak yang berkepentingan.Struktur isi proposal adalah sebagai berikut:

    HALAMAN JUDULHALAMAN PENGESAHAN/ PERSETUJUANDAFTARISIBABI PENDAHULUAN

    Latar Belakang Masalah Rumusan Masalah Batasan Masalah Tujuan &Manfaat Hipotesa (Optional)

    BAB II DASAR TEORIBAB III METODOLOGI PENELITIAN Tempat dan Waktu Penelitian

    Bahan/alat Penelitian/instrumen penelitian Metode penelitian (sesuai dengan jenis penelitian) Jenis dan sumber Data Analisa Data Pemodelan Sistem (optional)

    REFERENSI(LAMPIRAN)

    Catatan: Hubungan antar tiap bagian proposal harus jelas dan sistematis.

    JUDUL Spesifik dan tidak terlalu umum. Menunjukkan pekerjaan yang dilakukan. Tidak mengandung hal-hal yang tidak relevan dengan pekerjaan yang dilakukan.PENGESAHAN Berisi persetujuan proposal oleh Pembimbing I dan Pembimbing II serta KetuaJurusan.

    I. LATAR BELAKANG MASALAH Berisi hal-hall masalah yang menjadi alasan dikemukakanjudul tersebut.II. RUMUSAN MASALAH Menjabarkan permasalahan-permasalahan yang harus diselesaikan dalam mencapai

    tujuan. Setiap masalah dalam rumusan masalah akan mempunyai jawaban, baik di model

    sistem, lampiran, analisa, maupun kesimpulan.

    20

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    24/63

    III. BATASAN MASALAH Menyatakan hal-hal yang dibatasi dalam pengerj aan Tugas Akhir, sehingga pembaca

    dapat memahami sampai sebatas mana pekerj aan dilakukan. Batasan masalah merupakan penyempitan masalah dari sesuatu hal yang mempunyaiaspek cukup banyak dikurangi aspeknya menjadi lebih sedikit.

    IV. TUJUAN &MANFAAT Menyatakan hal-hal yang ingin dicapai dalam Tugas Akhir tersebut. Tujuan harus sesuai dengan judul. Setiap tujuan yang dikemukakan nantinya akan terdapat jawabannya di kesimpulan. Manfaat menyatakan kegunaan praktis dari hasil penelitian yang dilakukan.

    V. HIPOTESA (OPTIONAL) Menyatakan prediksi hasil yang ingin dicapai. Biasanya ada di dalam Tugas Akhir yang bersifat evaluasi, bukan implementasi/

    aplikasi maupun perancangan.DASAR TEORI Teori penunjang/ dasar yang menjelaskan hal-hal yang berhubungan denganjudul. Tidak perlu terlalu banyak/ detil, tetapi cukup memberikan dasar bagi pembaca

    proposal untuk memahami istilah-istilah/ terminologi dan maksud serta materi yangtertuang dalam proposal.

    METODOLOGI PENELITIAN3.1 Tempat dan Waktu Penelitian

    Menyatakan tempat dan lamanya waktu berlangsungnya penelitian. Untukjadwal pelaksanaan dibuat dalam time schedule (bar chart) antara lain:./ Berisi jadwal pelaksanaan pengerj aan Tugas Akhir berdasarkan lamanya waktu

    penelitian yang telah ditentukan ../ Perlu ditetapkan bar chart perminggu untuk menentukan pencapaian pekerj aan../ ladwal pelaksanaan akan menjadi acuan dalam mengevaluasi tahap-tahap

    pekerjaan seperti yang tertuang dalam time schedule yang sudah ditetapkan.3.2 Bahan/alat Penelitian/instrumen penelitian

    Menyatakan instrumen penelitian yang digunakan baik berupa alat, bahan,software/hardware, dll.3.3 Metode penelitian (sesuai dengan jenis penelitian)

    .:. Menyatakan cara pendekatan atau metode dalam menyelesaikan pekerjaan di dalamTugas Akhir.

    .:. Apakah pekerj aan dilakukan dengan pendekatan: studi teoritis/ Studi literatur,pengukuran empirik, analisa statistik, simulasi, perancangan, implementasi?

    .:. Populasi dan sampel hanya digunakan pada Tugas Akhir yang yang menggunakanpendekatan analisa statistik dan harus dilakukan dengan metode statistik yangtepat.

    .:. Cara pengambilan data juga bisa dijelaskan pada bagian ini disesuaikan denganjenis penelitian mahasiswa.

    21

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    25/63

    3.4 Jenis dan sumber Data (Data primerlsekunder). Jika penelitian bersifat simulasi makadatanya adalah data primer (data yang diolah sendiri oleh penulis). Apabila penelitianlapangan maka data yang diperoleh adalah data yang sudah diolah instansi terkait/datasekunder.

    3.5 Analisa Data.:. Menggunakan persamaan-persamaan yang akan digunakan dalam pembahasan .:. Parameter-parameter yang akan digunakan dalam penelitian.

    3.6 Pemodelan Sistem (optional).:. Blok-blok sistem yang akan disimulasikanl diimplementasikan .:. Parameter-parameter sistem .:. Blok! flow chart subsistem.:. Flow chart proses pekerj aan.

    REFERENSI Berisi sumber-sumber yang dirujuk dalam menuliskan proposal Tugas Akhir. Penulisan sumber referensi mengikuti aturan yang berlaku. Sumber referensi disusun urut berdasar abjad.

    4.3 Format Kertas dan SampulProposal ditulis di kertas A4 (210 x 297 mm) standar HVS putih 80 gr/m ' pada satu

    muka halaman (tidak bolak-balik) dan dijilid utuh dengan menggunakan sampul kertasbuffalo (paperback! soft cover) wama biru tua.4.4 Format Halaman Judul

    Jenis dan ukuran hurufpada halamanjudul adalah sebagai berikut : Kata "Proposal TA": Jenis huruf (font): Times New Roman, Ukuran huruf: ukuran

    (font) 12, cetak tebal (bold).Diketik rapat tengah dalam Text Box ukuran 3cm x 0,8cm, posisi pojok kanan atas.

    Lambang UNDANA: ukuran tinggi 3,5 em (lebar proposional), diberikanjarak sejauhenam spasi dari batas atas.

    Judul: Jenis huruf (font): Huruf Besar, Times New Roman, Ukuran huruf: ukuran(font) 14, cetak tebal (bold), diberikan jarak sejauh enam spasi dari LambangUNDANA.

    Kata "oleh": ukuran 12, cetak tebal, diberikanjarak sejauh enam spasi dari Judul. Nama mahasiswa: ukuran 14, cetak tebal. NIM: ukuran 12, cetak tebal. Nomor NIM: ukuran 14, cetak tebal.

    22

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    26/63

    Tulisan "Jurusan Teknik Elektro", "Fakultas Sains dan Teknik" "UniversitasNusa Cendana", "Kupang" dan tahun penyelesaian : ukuran 14, cetak tebal, posisidi bagian bawah halaman.

    Contoh format penulisan sampul proposal Tugas Akhir dapat dilihat pada Lampiran A

    4.5 Format Tata Tulis ProposalFormat kertas, tata tulis daftar isi, daftar gambar, daftar tabel, daftar singkatan!

    simbol, isi, gambar, tabel, lampiran Proposal Tugas Akhir mengikuti format tata tulis bukuTugas Akhir yang ditulis pada Bab V buku pedoman ini.

    23

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    27/63

    BABVSTRUKTUR DAN FORMAT BUKU TUGAS AKHIRI SKRIPSI

    Buku Tugas Akhirl Skripsi adalah dokumen final laporan pekerjaan Tugas Akhiryang sudah dikerjakan oleh mahasiswa. Buku tersebut menjelaskan mulai dari latarbelakang pekerjaan, tujuan dari pekerjaan, hal-hal yang dikerjakan, sampai dengan hasilpekerjaan yang sudah dilakukan dan penarikan kesimpulan atas hasil pekerjaan tersebut.Buku Tugas Akhir merupakan dokumen resmi sehingga harus ditulis dalam bahasa yangbaku.

    Untuk keteraturan penulisan buku Tugas Akhir tersebut, maka dalam bagian inidiberikan petunjuk-petunjuk penulisan buku Tugas Akhir, sehingga dapat dijadikanpanduan untuk mempermudah dalam penyusunan buku itu sendiri. Hal-hal yang dibahasdalam bagian ini adalah sebagai berikut:1. Struktur lsi2. Format Buku Tugas Akhir3. Format Penulisan

    5.1. Struktur lsi Buku Tugas AkhirBuku laporan Tugas Akhir mempunyai struktur isi sebagai berikut :

    Sampul LuarSampul DalamHalaman PengesahanHalaman Berita Acara Sidang Tugas AkhirHalaman Peruntukanl PersembahanAbstrak dalam Bahasa IndonesiaAbstrak dalam Bahasa InggrisHalaman PengantarHalaman Ucapan Terima KasihDaftar lsiDaftar LampiranDaftar GambarDaftar TabelDaftar SingkatanDaftar SimbolDaftar IstilahBab I : PendahuluanBab II : Dasar TeoriBab III : Metodologi PenelitianBab IV : Hasil dan PembahasanBab V : Kesimpulan dan SaranDaftar PustakaLampiran

    24

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    28/63

    Catatan: Tambahan-tambahan dapat disisipkan pada sub bab-sub bab, disesuakandenganjenis penelitian yang dilakukan mahasiswa.

    HALAMAN SAMPUL Berisi: Logo Undana, Judul Tugas Akhir, Tulisan: "SKRIPSI", "Diajukan Untuk

    Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Teknik pada FakultasSains dan Teknik Universitas Nusa Cendana", Nama Penulis, NIM, Tulisan:"mRUSAN TEKNIK ELEKTRO", "FAKULTAS SAINS DAN TEKNIK","UNIVERSITAS NUSA CENDANA", "KUPANG", dan tahun penyelesaian.

    PENGESAHAN Berisi persetujuan buku Tugas Akhir oleh anggota tim penguji Tugas Akhir

    mahasiswa, dengan mengetahui Ketua Jurusan dan Dekan.

    BERITA ACARA Berita Acara Pelaksanaan Ujian Skripsi (tanpa no halaman) dan Daftar Rekapitulasi

    Ujian Skripsi (tanpa no halaman), dilampirkan.

    HALAMANPERUNTUKAN Halaman peruntukan (dedication) bukan halaman yang diharuskan. Jika ada, pada

    halaman tersebut dituliskan untuk siapa Tugas Akhirl Skripsi tersebut didedikasikan.

    ABSTRAK Terdiri dari 500 - 800 kata. Memberikan deskripsi singkat mengenai latar belakangmasalah, pekerj aan yang dilakukan dan kesimpulan singkat hasil pekerj aan yangdilakukan. Tulisan pada isi dari abtrak menggunakan spasi satu.

    Lembar abstrak diakhiri dengan daftar kata kunci (keywords).

    ABSTRACT Merupakan terjemahan bahasa inggris dari ABSTRAK

    HALAMANPENGANTAR Cara menulis Kata Pengantar beraneka ragam, tetapi semuanya hendaknya

    menggunakan kalimat yang baku. Menyampaikan hal-hal yang dianggap penting dan bisa membantu di dalam

    mengarahkan pembaca di dalam memahami isi buku Tugas Akhir. Kata pengantar juga bisa berisi ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang berperan

    dalam penyusunan buku Tugas Akhir.

    HALAMAN UCAP AN TERIMA KASIH Halaman ucapan terima kasih merupakan halaman opsional (boleh ada boleh tidak). Jika ucapan terima kasih cukup panjang, maka sebaiknya dibuatkan halaman tersendiri. Jika ucapan terima kasih cukup pendek, maka ucapan terima kasih bisa disatukan padahalaman kata pengantar.

    25

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    29/63

    Ucapan terima kasih agar dibuat tidak berlebihan dan dibatasi hanya yang"scientifically related".

    DAFTARISI Daftar isi berisi urutan penulisan bab-bab dalam buku. Halaman ini memuat nomor Bab, nomor anak bab, judul bab, judul anak bab, dan

    nomor halaman tempatjudul bab danjudul anak bab dimuat. Penulisan anak bab dalam daftar isi sebaiknya tidak melebihi 2 tingkat ke bawah dari

    bab utama (anak dari anak-bab). Nomor bab ditulis dengan angka romawi, sedangkan nomor anak bab ditulis dengan

    angka arab. Kedua-duanya tanpa diakhiri dengan titik. Judul bab ditulis dengan hurufbesar, sedangkan judul anak bab dan anak dari anak bab

    ditulis dengan huruf kecil kecuali huruf pertama dari setiap kata yang ditulis denganhuruf kapital. Judul bab dan anak bab tidak diakhiri dengan titik, sebab judul bukanlahsebuah kalimat.

    DAFTAR GAMBAR Berisi daftar semua gambar atau ilustrasi yang ada di badan Tugas Akhir (tidak

    termasuk lampiran). Nomor gambar ditulis dengan dua angka Arab yang dipisahkan oleh sebuah titik.

    Angka pertama menunjukkan nomor bab temp at gambar tersebut terdapat, sedangkanangka kedua menunjukkan nomor urut gambar dalam bab.

    Judul atau nama gambar ditulis dengan huruf kecil, kecuali huruf pertama kata pertamayang ditulis dengan huruf kapital. Baris-baris judul gambar dipisahkan dengan satuspasi.

    Nama gambar yang berbeda digunkana untuk nomor gambar berbeda.

    DAFTAR TABEL Berisi daftar semua tabel yang ada di badan Tugas Akhir (tidak termasuk lampiran). Penulisan nomor dan judul tabel sarna dengan penulisan nomor dan judul gambar

    gambar Dihindarkan penamaan tabel yang sarna untuk tabel yang berbeda.

    DAFTAR SINGKATAN Berisi daftar singkatan -singkatan yang sering muncul dan! atau dianggap pentingdalam badan Tugas Akhir (tidak perlu semua).

    DAFTAR SIMBOL Berisi daftar simbol-simbol yang sering muncul dan! atau dianggap penting dalam

    badan Tugas Akhir (tidak perlu semua).

    DAFTAR ISTILAH Berisi daftar istilah-istilah tertentu yang spesifik dan belum begitu umum yang sering

    muncul dan! atau dianggap penting atau yang dianggap bisa sering menimbulkanpotensi pengertian yang kurang tepat.

    26

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    30/63

    DAFTAR LAMPlRAN Berisi daftar semua judullampiran yang disertakan di dalam buku Tugas Akhir.

    BAB I PENDAHULUANBagian pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut:Latar Belakang Masalah Berisi hal-hall masalah yang menjadi alasan pemilihanjudul penelitian.Rumusan Masalah Menjabarkan permasalahan-permasalahan yang harus diselesaikan dalam mencapai

    tujuan. Setiap masalah dalam rumusan masalah akan mempunyai j awaban, baik di model

    sistem, lampiran, analisa, maupun kesimpulan.

    Batasan Masalah Menyatakan hal-hal yang dibatasi dalam pengerjaan Tugas Akhir, sehingga pembacadapat memahami sampai sebatas mana pekerjaan dilakukan.

    Batasan masalah merupakan penyempitan masalah dari sesuatu hal yang mempunyaiaspek cukup banyak dikurangi aspeknya menjadi lebih sedikit.

    Tujuan & Manfaat Menyatakan hal-hal yang ingin dicapai dalam Tugas Akhir tersebut. Tujuan harus sesuai dengan judul. Setiap tujuan yang dikemukakan nantinya akan terdapat jawabannya di kesimpulan. Manfaat menyatakan kegunaan praktis dari hasil penelitian yang dilakukan.

    Sistematika Penulisan Menyatakan bagaimana struktur buku dibuat. Menjelaskan apa isi tiap bagian! bab yang ditulis.

    BAB II DASAR TEORI Judul bab sebaiknya mencerminkan substansi isi, bukan eksplisit ditulis sebagai:

    DASAR TEOR!. Teori penunjangl dasar yang menjelaskan hal-hal yang berhubungan denganjudul. Tidak perlu terlalu banyak/ detil, tetapi cukup memberikan dasar bagi pembaca buku

    Tugas Akhirl Skripsi untuk memahami istilah-istilahl terminologi dan maksud sertamateri yang tertuang di dalamnya.

    BAB III METODOLOGI PENELITIAN Sarna dengan Proposal Tugas Akhir.

    BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN Keluaran menyatakan output yang didapat, misalnya grafik dari hasil simulasi,

    spesifikasi alat yang dibuat, nilai parameter yang sudah diukur atau disimulasikan, danlain sebagainya.

    27

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    31/63

    Dari hasil keluaran tersebut dianalisa dan diinterpretasikan hasil yang didapat tersebut,sehinga pembaca dapat memahami arti kuantitatif dan kualitatif dari hasil keluaranyang didapat.

    BAB V KESIMPULAN DAN SARAN Bagian kesimpulan dan saran dipisahkan (5.1 dan 5.2). Kesimpulan berisi hal-hal yang bisa disimpulkan dari hasil dan analisa yang dilakukan

    pada bab IV. Kesimpulan menjawab apa yang sudah dinyatakan dalam rumusan masalah dan tujuan. Saran berisi hal-hal yang mungkin dilakukan untuk pengembangan penelitian baik

    sebagai kelanjutan! pengembangan penelitian ataupun sebagai pembanding terhadaphasil yang sudah didapat.

    DAFTAR PUSTAKA Daftar pustaka bukanlah bab tersendiri, oleh karena itu tidak diberi nomor bab. Berisi sumber-sumber yang dirujuk dalam menuliskan! menyusun Tugas Akhir. Referensi yang dituliskan adalah referensi yang memang benar-benar dirujuk dalam

    buku. Penulisan sumber referensi mengikuti aturan yang berlaku seperti pada sub bab 5.4.

    LAMPI RAN Berisi Hal-hal yang dirasa perlu dan penting untuk dilampirkan dalam rangka

    mendukung di dalam membaca dan memahami isi buku Tugas Akhir, misalnya: Suratketerangan penelitian, Data pendukung, listing program, spesifikasi standar, spesifikasialat, teori pendukung yang membahas suatu topik khusus tertentu, dan lain sebagainya. Listing program yang dibuat tidak wajib dilampirkan di dalam buku Tugas Akhir,misalnya dengan pertimbangan hak cipta, keamanan, dan lain sebagainya.

    5.2. Format Buku Tugas Akhirl SkripsiA. Bentuk, Ukuran dan Warna

    1. Laporan Tugas Akhir ditulis di kertas A4 (210 x 297 mm) standar HVS putih 80gr/nr' pada satu muka halaman (tidak bolak-balik).

    2. Laporan Tugas Akhir dijilid dalam bentuk buku. Buku laporan Tugas Akhir diberisampul keras (hard cover) wama biru tua dengan tulisan berwama hitam, ujung-ujung sampul dijepit denganjepitan wama perak.

    3. Pada punggung sampul dicantumkan informasi sebagai berikut:Nama Judul Skripsi Tahun Terbit INIM .

    4. lumlah maksimal halaman bagian utama Tugas Akhir (dari Bab I sampai DaftarPustaka) sebanyak 50 halaman.

    5. Antar bab diberi halaman kosong berbentuk kertas pemisah kosong, biladimungkinkan yang berlogo Undana.

    28

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    32/63

    B. BahasaNaskah Tugas Akhirl Skripsi tidak boleh mengandung kesalahan, ataupun

    perbaikan kesalahan. Bahasa yang digunakan dalam buku Tugas Akhir menggunakanbahasa Indonesia seeara keseluruhan, keeuali untuk abstrak. Buku Tugas Akhir harusdilengkapi dengan abstrak yang menggunakan bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

    Bahasa Indonesia yang digunakan dalam naskah Tugas Akhir harus bahasaIndonesia dengan tingkat keresmian yang tinggi dengan menaati kaidah tata bahasaberpedoman pada Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan,Pedoman Umum Pembentukan Istilah, Kamus Besar Bahasa Indonesia, dan kamus-kamus bidang khusus yang diterbitkan oleh Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa,Jurusan Pendidikan Nasional.

    Kalimat harus utuh dan lengkap. Pergunakanlah tanda-baea seperlunya danseeukupnya agar dapat dibedakan anak kalimat dari kalimat induknya, kalimat keterangandari kalimat yang diterangkan, dan sebagainya. Kata ganti orang, terutama kata ganti orangpertama (saya dan kami) , tidak digunakan, keeuali dalam kalimat kutipan. Susunlahkalimat sedemikian rupa sehingga kalimat tersebut tidak perlu memakai kata ganti orang.Suatu kata dapat dipisahkan menurut ketentuan tata bahasa. Kata terakhir pada dasarhalaman tidak boleh dipotong. Pemisahan kata asing harus mengikuti eara yangditunjukkan dalam kamus bahasa asing tersebut.

    5.3. Format Penulisan Buku Tugas Akhirl SkripsiA. Format Tulisan Sampul

    Jenis dan Ukuran huruf pada sampul adalah sebagai berikut: Jenis hurufTimes New Roman. Lambang UNDANA: ukuran tinggi 3,5 em, lebar proposional, bagian atas rapat

    dengan batas atas kertas (3 em dari tepi atas kertas). Judul: Jenis huruf (font): Kapital, Ukuran huruf (font): 14 pts, eetak tebal (bold),

    diberikanjarak sejauh tiga spasi dari Lambang UNDANA. Kata "SKRIPSI": Jenis huruf (font): Kapital, Ukuran huruf (font) : 12 pts, eetak tebal

    (bold), diberikanjarak sejauh enam spasi dari Judul.

    29

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    33/63

    Kalimat di bawah SKRIPSI, "Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat GunaMemperoleh Gelar Sarjana Teknik pada Fakultas Sains dan Teknik UniversitasNusa Cendana" ukuran 12 pts, eetak tebal (bold).

    Kata "oleh:": ukuran 12 pts, eetak tebal, diberikanjarak sejauh enam spasi dari kalimatterakhir " pada Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana".

    Nama mahasiswa :ukuran 14 pts, eetak tebal (bold). NIM: ukuran 14 pts, eetak tebal (bold). Tulisan: "JURUSAN TEKNIK ELEKTRO", "FAKULTAS SAINS DAN

    TEKNIK", "UNIVERSITAS NUSA CENDANA", "KUPANG", dan tahunpenyelesaian: lenis huruf (font): Kapital, ukuran 14 pts, eetak tebal (bold), posisi dibagian bawah halaman.

    B. Tata TulisTata tulis dimaksudkan adalah format-format/ aturan-aturan penulisan yang

    menjadi aeuan dalam menulisakan buku Tugas Akhir yang berhubungan denganbagaimana menuliskan dan menata tulisan dalam buku. Aturan -aturan berikut digunakansebagai aeuan dalam penulisan di buku Tugas Akhir. Untuk aturan -aturan yang belumtereantum di sini disesuaikan dengan kaidah-kaidah umum yang berlaku dalam tata tulisBahasa Indonesia.Aturan-aturan yang digunakan adalah sebagai berikut :1. Batas atas: 3 em, Batas kiri: 3,5 em, batas bawah: 2,5 em, batas kanan: 2,5 em.2. larakheader: 1,5 em,jarakFooter: 1,5 em3. Naskah Tugas Akhir dibuat dengan bantuan komputer menggunakan peneetak (printer)

    dengan tinta berwama hitam (bukan dot matrix) Khusus untuk peneetakan gambar-gambar berwama, pada naskah asli dapat dieetak berwama.

    4. Huruf yang digunakan adalah Times New Roman. Keeuali judul bab yang berukuran14 pts, semua bagian ditulis dalam ukuran font 12 pts.

    5. ludul dan anak judul ditulis dalam huruf tebal (bold). ludul ditulis dengan hurufcapital.

    6. Istilah asing ditulis dalam eetak miring (italic).7. Pernyataan yang dianggap penting dapat ditulis tebal (bold).8. Antar baris tulisan diberi jarak 1,5 (satu setengah) spasi.

    30

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    34/63

    9. Penyimpangan dari jarak satu setengah spasi tersebut (menjadi satu spasi) dilakukanpada isi abstrak bahasa indonesia dan bahasa inggris, notasi blok yang masuk kedalam, catatan kaki, judul keterangan dan isi diagram, tabel, gambar, dan daftarpustaka.

    10. Antar judul bab dan awal badan tulisan diberijarak 3 spasi11. Antar judul anak bab dengan awal badan tulisan diberi j arak 2 spasi.12. Huruf pertama sesudah tanda-baca koma (,), titik-koma (;), titik-ganda (:) dan titik (.)

    dicetak dengan menyisihkan suatu spasi (ruangan antara dua huruf) di belakang tanda-baca tersebut.

    13. Penomoran bab menggunakan angka Romawi besar dan anak bab disajikanmenggunakan struktur angka arab bertitik. Contoh: (2.1, 3.5, ...). Penomoran anak babmaksima14 angka. Contoh: (2.2.3.1, ...).

    14. Awal paragraf diberi j arak satu setengah spasi dari kalimat terakhir.15. Persamaan matematika dinomori dengan angka Arab dalam kurung pada sisi-kanan

    (rata kanan) kolom. Penomoran persamaan diawali dengan nomor bab dilanjutkandengan tanda titik baru nomor urut dalam dalam bab tersebut Contoh: (2.1) artinyarumus ke-l dalam bab 2.

    16. Penulisan simbol matematika di dalam paragraf isi tulisan hendaknya tidakmenggunakan equation editor, tetapi menggunakan insert symbol.

    17. Nomor urut dan judul tabel ditulis di bagian atas tabel yang dijelaskan dengan namatabel. Penomoran sarna dengan penomoran persamaan dengan menyebutkan nomorbab-nya dulu. Contoh: Tabe13.1 Hasil Pengukuran, Tabe13.2(a) .....

    18. Nomor urut dan judul gambar ditulis di bawah gambar yang dijelaskan dengannama gambar. Penomoran sarna dengan penomoran persamaan dengan menyebutkannomor bab-nya dulu. Contoh: Gambar 2.1 Struktur Jaringan CDMA, Gambar 2.2(a) ....

    19. Judul gambar danjudul tabel ditulis dalam format Sentence Case.20. Antara judul gambar dengan gambar dan antara judul tabel dengan tabel diberikan

    jarak sejauh satu spasi. Sedangkan antara badan tulisan dengan judul tabel dan antarajudul gambar dengan badan tulisan selanjutnya diberijarak dua spasi.

    31

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    35/63

    5.4. Pedoman LainA. Penomoran Halaman

    Halaman-halaman abstrak dan bagian awal (dari halaman abstrak sampai daftaristilah) Tugas Akhir diberi nomor yang terpisah dari nomor halaman tubuh utama TugasAkhir. Halaman-halaman bagian awal diberi nomor dengan angka Romawi kecil: i, ii, iii,iv, ... , ... x, xi, ... untuk membedakan dari nomor halaman tubuh utama Tugas Akhir yangberupa angka Arab. Halaman tubuh utama Tugas Akhir diberi angka Arab 1, 2, 3,Nomor halaman dituliskan di kanan bawah halaman, 1,5 em di atas tepi bawah kertas.

    B. Penulisan Daftar PustakaAda beberapa cara untuk menuliskan daftar pustaka, tetapi cara yang diusulkan

    untuk dijadikan format adalah cara yang diuraikan seperti di bawah ini. Daftar pustakaberisi semua pustaka yang digunakan mahasiswa dalam menyiapkan dan menyelesaikanTugas Akhirnya. Semua pustaka yang tercantum pada daftar pustaka harus benar-benardirujuk dalam penulisan Tugas Akhir.Daftar pustaka meliputi: Pustaka berupa Buku dan Text Book Pustaka berupa jurnal ilmiah Pustaka dari internet Pustaka berupa kutipan dari majalah

    Daftar pustaka ditulis dengan spasi satu dan disusun berdasarkan urutan abjadnama pengarang pustaka-pustaka yang dirujuk. Contohnya : Rahardjo B., 2007, TeknologiInformasi, Elexmedia, Jakarta.

    Penulisan unsur-unsur keterangan pustaka mengikuti kaidah dengan urutan: (1)nama pengarang utama ditulis dengan urutan nama keluarga, nama awal dan nama tengah,tanpa gelar akademik, sedangkan penulis kedua dan seterusnya ditulis seperti biasa yaitunama kecil disusul dengan nama keluarga (2) tahun penerbitan, (3) Judul ditulis denganhuruf miring (italic), (4) temp at penerbitan, (5) nama penerbit, dan menggunakan tandakoma "," sebagai pemisah antar-unsur keterangan pustaka tersebut.

    Pernyataan dalam pembahasan yang merujuk kepada pustaka diberi keteranganperujukan dengan menggunakan format (Nama belakang penulis, tahun). Bisa jugaditambahkan dengan halaman berapa. Contoh : (Rahardjo, 2007, hal. 23).

    32

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    36/63

    C. Gambar dan TabelPada buku pedoman ini istilah gambar mencakup gambar, ilustrasi, grafik,

    diagram, denah, peta, bagan, monogram, diagram alir, dan potret.Gambar hams dibuat pada kertas yang dipakai untuk naskah Tugas Akhir. Gambar aslidibuat dengan printer atau pencetak gambar sejenis yang berkualitas. Huruf, angka dantanda baca lain yang dipakai pada gambar hams jelas terbaca. Gambar yang tidak dapatditerima sebagai bagian dari naskah Tugas Akhir adalah gambar yang dibuat pada kertaslain yang ditempel pada kertas naskah.

    D. Cara Meletakkan GambarGaris batas empat persegi panjang gambar diletakkan sedemikian rupa sehingga

    garis batas tersebut tidak melampaui batas kertas yang boleh dicetak. Gambar diletakkansimetrik terhadap atas kertas yang boleh dicetak. Sisi terpanjang dari garis batas gambardapat diletakkan sejajar lebar kertas atau sejajar panjang kertas. Untuk hal yang disebutterakhir, gambar sebaiknya dibuat pada halaman tersendiri tanpa teks naskah untukmemudahkan pembaca.

    Gambar dengan sisi terpanjang sejajar lebar kertas boleh diletakkan di tengahhalaman diantara baris-baris kalimat teks. Dalam hal ini garis batas atas gambar hamsterletak dua spasi di bawah garis kalimat sebelumnya. Teks setelah gambar hams terletakdua spasi dibawah garis terakhir gambar. Judul gambar hams sarna dengan judul gambaryang tercantum pada halaman daftar gambar.

    Gambar yang memerlukan halaman yang lebih lebar dari halaman naskah dapatditerima. Gambar yang memerlukan satu lipatan untuk mencapai ukuran halaman naskahdapat dimasukkan ke dalam teks batang tubuh Tugas Akhir. Gambar yang lebih besar dariitu sebaiknya dimasukkan dalam lampiran.

    E. PotretPotret hitam putih dan potret wama yang dicetak pada kertas mengkilat dapat

    diterima. Potret ditempatkan pada kertas naskah dengan lem yang tidak mudah terlepas.Potret dianggap gambar, karen a itu diberi nomor dan judul seperti halnya gambar. Potretdapat pula dipindai (di "scan").

    33

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    37/63

    F. Sumber GambarGambar yang dikutip dari sumber lain dijelaskan dengan mencantumkan nama

    penulis dan tahun atau nomor urut pustaka di daftar pustaka belakang atau di bawah judul.

    G. TabelTabel dibuat pada kertas naskah. Huruf dan angka tabel harus dicetak (tidak ditulis

    tangan). Kolom-kolom tabel disusun sedemikian rupa sehingga tabel mudah dibaca. Jaraksuatu angka dengan angka di bawah atau angka di atasnya satu spasi. Hal penting adalahagar tabel mudah dibaca.

    Tabel diletakkan pada halaman naskah sedemikian rupa sehingga garis batas tidakmelampaui batas kertas yang boleh dicetak dan tabel terletak simetrik di dalamnya.Kolom tabel dapat diletakkan sejajar dengan lebar kertas atau sejajar dengan panjangkertas. Dalam hal terakhir ini sebaiknya seluruh halaman diisi dengan tabel tanpa teksnaskah.

    Tabel boleh diletakkan di tengah halaman di antara baris-baris kalimat teks tubuhutama Tugas Akhir. Dalam hal ini garis batas bawah tabel harus terletak dua spasi di ataskalimat teratas di bawah tabel.

    Di atas garis batas atas tabel dituliskan nomor dan judul tabel. Jika judul tabelterdiri dari dua baris atau lebih, baris-baris tersebut dipisahkan dengan satu spasi.

    Baris pertama judul tabel harus terletak dua spasi di bawah garis terakhir teks,sedangkan baris terakhir judul harus terletak satu spasi di atas garis batas atas tabel.Tabel yang memerlukan kertas yang lebih besar dari halaman naskah dapat diterima. Akantetapi sebaiknya hanya tabel yang jika dilipat satu kali sudah mencapai ukuran halamannaskah saja yang dimasukkan dalam teks tubuh utama. Tabel yang lebih besar diletakkanpada lampiran.

    H. Tabel Data SekunderPada data sekunder berbentuk tabel dan berasal dari satu sumber dicantumkan

    nama penulis dan tahun nomor urut pustaka dalam daftar pustaka di belakang atau dibawah judul tabel.

    Tabel yang memuat data yang dikutip dari beberapa sumber, tiap kumpulan datadari satu sumber diberi cetak atas (superscrip), dan superscrip tersebut dijelaskan pada

    34

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    38/63

    catatan kaki di bawah tabel. Sumber tersebut dapat pula dituliskan pada satu kolom khususpada tabel; dalam hal ini tidak diperlukan superscrip (Lampiran N).

    I. LambangLambang variabel digunakan untuk memudahkan penulisan variabel tersebut dalam

    rumus dan dalam pemyataan aljabar lainnya. Semua huruf dalam abjad Latin dan abjadYunani; baik hurufkapital maupun hurufkecil, dapat digunakan sebagai lambang variabel.Lambang dapat terdiri atas satu atau dua huruf. Lambang dapat diberi cetak bawah(subscrip) atau cetak atas (superscrip) atau keduanya.

    Subscrip dapat berupa huruf atau angka atau keduanya, demikian juga superscrip.Beberapa lambang ditulis dengan cetak miring.

    Awal kalimat tidak dibenarkan dimulai dengan lambang variabel. Jadi susunlahkalimat sedemikian rupa sehingga tidak perlu diawali dengan sebuah lambang variabel.

    J. Satuan dan SingkatanSatuan yang digunakan dalam Tugas Akhir adalah satuan S.l. Singkatan satuan

    yang digunakan adalah seperti yang dianjurkan oleh S.l. Singkatan satuan ditulis denganhuruf kecil tanpa titik dibelakangnya atau dengan lambang. Singkatan satuan tidakdituliskan dengan huruf dicetak miring (italic). Singkatan satuan dapat terdiri atas satu,dua atau sebanyak-banyaknya empat huruflatin

    Singkatan satuan dapat dibubuhi huruf awal atau lambang seperti !l (mikro), m(mili), c (centi), d (desi), h (hekto), k (kilo), atau M (mega).

    Satuan sebagai kata benda ditulis lengkap. Demikian juga satuan yang terdapatpada awal kalimat ditulis lengkap.

    K. Angka

    Yang dimaksud dengan angka disini adalah angka Arab. Angka digunakan untukmenyatakana. Besar tentu ukuran (misalnya, 174 ern), massa (81,0 kg), suhu (250 C), persentase

    (95,7%), dan lain lain;b. Nomor halaman;c. Tanggal (17 Agustus 2008);

    35

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    39/63

    d. Waktu (pukul10.45 WITA);e. Bilangan dalam perhitungan aljabar dan dalam rumus, termasuk bilangan pecahan;f. Lain -lain.

    Tanda desimal dinyatakan dengan koma, misalnya 22,5 (dua puluh dua setengah).Tanda ribuan dinyatakan dengan titik, misalnya 1.000.000 (satu juta).

    Bilangan dalam kalimat yang lebih kecil dari sepuluh dapat ditulis dengan kata-kata, misalnya enam perguruan tinggi; tetapi lebih besar dari sepuluh digunakan angka,misalnya 17 buah mangga.

    Besar tak tentu dan bilangan yang digunakan untuk menyatakan besar secara umumditulis dengan kata-kata, misalnya sepuluh tahun yang lalu, usia empat puluh tahun,setengahjam mendatang, lima kali sehari, beberapa ratus sentimeter dan lain-lain.

    Awal sebuah kalimat tidak boleh dimulai dengan sebuah angka. Jika awal kalimatmemerlukan bilangan atau angka, tulislah bilangan tersebut dengan kata-kata; atau ubahlahsusunan kalimat sedemikian rupa sehingga bilangan tadi tidak lagi terletak pada awalkalimat.

    Hindari penggunaan angka romawi untuk menyatakan bilangan karena tidak dapatsegera dimengerti dengan mudah.

    L. Penulisan Rumus dan Perhitungan NumerikSebuah rumus diletakkan simetrik dalam batas kertas yang boleh dicetak. Rumus

    yang panjang ditulis dalam dua baris atau lebih. Pemotongan rumus panjang dilakukanpada tanda operasi aritmetik, yaitu tanda tambah, tanda kurung, tanda kali dan tanda bagi(bukan garis miring). Tanda operasi aritmetik tersebut didahului dan diikuti olehsedikitnya satu rongak (ruang antara dua kata).

    Pangkat ditulis setengah spasi diatas lambang variabel. Hindarkan pemakaian tandaakar (~ ) dan pakailah pangkat pecahan ( dsb"). Penulisan bilangan pecahan sebaiknyatidak dilakukan dengan menggunakan garis miring ( X sebaiknya ditulis t). Pakailahtanda kurung dalam pasangan-pasangan secukupnya untuk menunjukkan hierarki operasiaritmetik dengan jelas. Hierarki tanda kurung dalam buku pedoman ini ditentukan sebagaiberikut:[{( )}]

    36

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    40/63

    Setiap rumus diberi nomor angka Arab yang dituliskan diantara dua tanda kurung. Nomorrumus terdiri dari dua angka yang dipisahkan oleh sebuah tanda titik. Angka pertamamenunjukkan bab tempat rumus tersebut terletak. Angka kedua menunjukkan nomor urutrumus tersebut dalam bab.Substitusi variabel dengan harganya untuk operasi aritmetik dituliskan seperti padapenulisan rumus. Dalam hal ini, hindarkan pemakaian titik sebagai titik kali.

    M. KutipanRumus, kalimat, paragraf atau inti pengertian yang dikutip dari salah satu makalah

    atau buku dalam daftar pustaka ditunjukkan dengan menuliskan (Nama Belakang, tahun).

    N. LampiranLampiran dapat terdiri atas beberapa buah. Lampiran dapat memuat keterangan

    tambahan, penurunan rumus, contoh perhitungan, data mentah, penelitian dan sebagainya,yang kalau dimasukkan ke dalam tubuh Tugas Akhir akan mengganggu kelancaranpengutaraan Tugas Akhir. Setiap lampiran diberi nomor yang berupa huruf kapital abjadLatin A, B, C, ... dan seterusnya, serta urutan anak lampiran dituliskan dengan angkaArab. Nomor anak lampiran tersebut menunjukkan nomor urut dalam lampiran. Lampirandidahului oleh satu halaman yang hanya memuat kata LAMPlRAN di tengah halaman.Halaman ini tidak diberi nomor. Lampiran dapat berupa tabel, gambar, dan sebagainyayang dianggap tidak merupakan bagian tubuh utama Tugas Akhir.

    37

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    41/63

    BABVIFORMAT DAN TAT A TULIS JURNAL

    Jumal adalah bentuk tulisan ilmiah yang dikemas secara singkat, di dalam hal inidisarikan dari isi Tugas Akhir, yang siap dipublikasikan ke dalam majalah! jumal ilmiah.

    Tujuan dari penulisan jumal ini untuk melatih dan memberikan stimulan bagipenulis Tugas Akhir untuk dapat mempublikasikan karya ilmiah yang sudah dibuat kedalam bentuk standar penulisan jumal.

    6.1. lsi JurnalJumal yang dibuat adalah ringkasan dari Tugas Akhir yang dikerjakan. lsi jumal

    diusahakan selengkap mungkin, akan tetapi hams bisa termuat dalam jumlah halamanyang terbatas. lsi utama jumal adalah menampilkan hasil penelitian beserta metode-metodeyang digunakan.Agar dapat memberikan informasi yang mencukupi bagi pembaca jumal, maka strukturdari jumal dibuat sebagai berikut: Judul. Nama, lembaga dan e-mail penulis. Abstrak dalam Bahasa Indonesia. Abstrak dalam Bahasa Inggris. Pendahuluan. Pembahasan penelitian. Kesimpulan dan Saran. Daftar pustaka. Dapat dilengkapi lampiran-lampiranjika diperlukan.

    6.2. Kaidah UrnurnPenulisan JurnalBeberapa kaidah umum yang berlaku dalam penulisan jumal adalah sebagai

    berikut: Jumal wajib dibuat dalam Bahasa Indonesia dengan kekecualian pada abstrak yang

    dibuat dalam 2 bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Jumal dibuat menggunakan program pemroses kata (word processing) dengan hasil

    akhir dokumen berformat .doc. Judul jurnal sarna denganjudul Tugas Akhir yang dibuat.

    38

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    42/63

    Nama penulis ditulis tanpa gelar, dengan penulis utama adalah mahasiswa yang ditulispada urutan pertama, pembimbing I pada urutan kedua, dan pembimbing II pada urutanketiga, serta dilengkapi dengan lembaga afiliasi dan alamat e-mail.

    Abstrak tidak lebih dari 200 kata dan kata kunei paling banyak 6 kata. Penulisan abstrak dan kata kunei harus disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa

    Inggris. Kata kunei berupa istilah-istilah pokok yang mewakili masalah yang diteliti atau dasar

    pemikiran, menggunakan tanda koma untuk pemisah antar-kata kunei. Kata kuneiditulis di bawah abstrak dengan dipisahkan 1 spasi dari bagian paling bawah abstrak.

    Pendahuluan hendaknya mengandung latar belakang, tujuan, identifikasi masalah danmetoda penelitian,dipaparkan seeara alineal (tersirat di dalam alinea, tidak dalambentuk rineian eksplisit).

    Pembahasan penelitian berisikan konsep/ teori pendukung, model penelitian, datahasil penelitian, dan analisis.

    Keeuali Bab Pendahuluan dan Bab Kesimpulan dan Saran, penulisan judul-judul babditulis eksplisit menyesuaikan isinya, tidak hanya dinyatakan implisit sebagai "DasarTeori", "Sistem", dan sebagainya.

    Kesimpulan dan saran. Kesimpulan merupakan hasil dari penelitian yang telahdilakukan penulis. Tidak berbentuk tabel atau gambar. Saran berisi pengembanganpenelitian selanjutnya.

    Daftar pustaka hanya berisi referensi yang diaeu dalam karya tulis yangbersangkutan.

    6.3. Tata Tulis Jurnal1. Naskahjumal ditulis pada ukuran kertas A4 (21 em x 29.7 em) dengan total halaman

    maksimum 7 halaman.2. Semua margin atas, margin bawah, margin kiri, dan margin kanan 25 mm, sedangkan

    header danfooter 15 mm.3. Judul, identitas penulis, abstrak dan kata kunei dibuat dalam layout satu kolom. Bagian

    utama naskah disajikan dalam layout dua kolom, dengan lebar setiap kolom 75 mm,danjarak antar-kolom 10 mm.

    4. Huruf menggunakan font Times New Roman. Keeuali judul yang berukuran 12 pts,semua bagian ditulis dalam ukuran 10 pts.

    39

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    43/63

    5. Judul dan Anak Judul ditulis dalam huruf tebal (bold)6. Istilah asing ditulis dalam cetak miring (italic).7. Pernyataan yang dianggap penting dapat ditulis tebal (bold).8. Naskah ditulis dalam spasi satu. Tambahkan satu spasi untuk setiap antar item, yaitu:

    antara judul dengan penulis, antara penulis dengan abstrak, antara abstrak dengan katakunci, antara anak-bab dengan isi, antara gambar dengan isi, antara tabel dengan isi,antara persamaan matematika dengan isi.

    9. Penomoran Bab dan Anak Bab disajikan menggunakan struktur angka arab bertitik.10. Kecuali untuk abstrak, awal paragraf isi tulisan ditulis menjorok ke dalam (first line

    indent) sejauh 7,5 mm.11. Persamaan matematika dinomori dengan angka Arab dalam kurung pada sisi-kanan

    (rata kanan) kolom.12. Penulisan simbol matematika di dalam paragraf isi tulisan hendaknya tidak

    menggunakan equation editor, tetapi menggunakan insert symbol.13. Nomor urut dan judul tabel ditulis di bagian atas tabel yang dijelaskan dengan nama

    tabel. Contoh: Tabel1. Hasil Pengukuran, Tabel2(a) .....14. Nomor urut dan judul gambar ditulis di bawah gambar yang dijelaskan dengan

    nama gambar. Contoh: Gambar 1. Struktur Jaringan CDMA, Gambar 2(a) ....15. Persamaan matematis, tabel dan gambar yang tidak memungkinkan ditulis dalam 1

    kolom, penulisan dapat melintas 2 kolom, ditulis di bagian bawah halaman (diatasfooter) dan diberi nomor urut yang sesuai.

    16. Judul gambar dan judul tabel ditulis dalam format judul (Title Case).17. Antara judul gambar dengan gambar dan antara judul tabel dengan tabel diberikanjarak sejauh setengah spasi.

    18. Daftar pustaka disusun berdasarkan urutan abjad nama pengarang pustaka-pustakayang dirujuk dan diberi nomor urut angka arab dalam kurung siku "[ ...]".

    19. Penulisan unsur-unsur keterangan pustaka mengikuti kaidah dengan urutan: (1) namapengarang ditulis dengan urutan nama akhir, nama awal dan nama tengah, tanpa gelarakademik, (2) tahun penerbitan, (3) Judul, (4) temp at penerbitan, (5) nama penerbit,dan menggunakan tanda koma "," sebagai pemisah antar-unsur keterangan pustakatersebut.

    40

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    44/63

    20. Semua rujukan yang tercantum pada daftar pustaka harus dirujuk dalam pembahasan,sehingga daftar pustaka hanya memuat pustaka yang dirujuk pada karya tulis yangbersangkutan.

    21. Pemyataan dalam pembahasan yang merujuk kepada pustaka diberi keteranganperujukan dengan menggunakan nomor pustaka sesuai yang tercantum pada daftarpustaka dan ditulis dalam kurung siku dan jika perlu disertai dengan nomor halaman,seperti [1:p..], [2:p..,5:p ..].

    22. Nomor halaman ditulis menggunakan angka arab (1,2, ...) secara urut pada bagiankanan bawah halaman.

    41

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    45/63

    DAFTAR PUSTAKA

    [1] Departemen Teknik Elektro, ITB, 2004, Pedoman Format Penulisan Tugas Akhir.[2] Departemen Teknik Elektro, STT Telkom, 2007, Buku Pedoman Tugas Akhir 2007.[3] Graziano. Anthony M, Michael L. Raulin, 2006, Research Methods: A Process ofInquiry (with WebsiteAccess) 6th Edition, Mc Graw-Hill.[4] McBurney. Donald H, Theresa L. White, 2003, Research Methods (with InfoTrac),

    Mc Graw-Hill.[5] ---, IEEE Full Publication Paper format, http://www.ieee.org diakses tanggal 13

    Pebruari 2008[6] ---, Statistika, http://id.wikipedia.org/wiki/Statistika, diakses tanggal12 Pebruari 2008[7] Keputusan Rektor Undana No. 62/KL/2003 Tentang Norma dan Tolok Ukur

    Penyelenggaraan Pendidikan di Universitas Nusa Cendana, Kupang.

    42

    http://www.ieee.org/http://id.wikipedia.org/wiki/Statistika,http://id.wikipedia.org/wiki/Statistika,http://www.ieee.org/
  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    46/63

    LampiranASampul Proposal

    Proposal TA

    PERENCANAAN JARINGAN LISTRIK KUP ANG - BAUN

    Oleh:Anton Antonius

    NIM:0523002345

    Jurusan Teknik ElektroFakultas Sains dan TeknikUniversitas Nusa Cendana

    Kupang2008

    43

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    47/63

    Lampiran BSampul Buku Tugas Akhirl Skripsi

    PERENCANAAN JARINGAN LISTRIK KUPANG - BAUN

    SKRIPSIDiajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Teknik

    pada Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana

    Oleh:Anton AntoniusNIM.0523002345

    JURUSAN TEKNIK ELEKTROFAKULTAS SAINS DAN TEKNIKUNIVERSITAS NUSA CENDANA

    KUPANG2008

    44

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    48/63

    Lampiran CHalaman Peruntukan! Persembahan

    Dipersembahkan kepada Papa, Mama, Kakak, Adik

    45

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    49/63

    Lampiran DAbstrak Bahasa Indonesia

    ABSTRAK

    PERENCANAAN JARINGAN LISTRIK KUPANG - BAUNAnton Antonius, Antonius Senior*, Ambrosia Wali **

    lsi Abstrak ----------------------ditulis dengan spasi satu ---------------------------------------------

    Paragraph kedua-----------------------------------------------------------------------------------------

    Paragraph ke tiga----------------------------------------------------------------------------------------

    Kata Kunci: Kriptografi, MD5

    * Pembimbing I** Pembimbing II

    46

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    50/63

    Lampiran EAbstrak Bahasa Inggris

    ABSTRACTAntonius Anton, Antonius Senior*, Ambrosia Wali **

    Abstract text in single line spacing --------------------------------------------------------------------

    Second Para graph ----------------------------------------------------------------------------------------

    Third Paragraph------------------------------------------------------------------------------------------

    ----end of text.

    Keywords: Cryptography, MD5

    * Advisor I** Advisor II

    47

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    51/63

    Lampiran FHalaman Pengantar/ Ucapan Terima Kasih

    KATA PENGANTARI UCAPAN TERIMA KASIH

    Penulis sangat berterima kasih pada ------------------------------------------------------------------

    Penulis juga berterima kasih atas saran, kritik dan nasehat dari ----------------------------------

    Terima kasih juga disampaikan kepada Yayasan Supersemar atas bantuan beasiswap e n d i d i k a n - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

    Dan seterusnya

    Kupang, Agustus 2008Penulis

    Antonius Anton

    48

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    52/63

    Lampiran GDaftar lsi

    DAFTARISI

    HalamanAbstrak iAbstract iiKata Pengantar iiiDaftar lsi ivDaftar Lampiran vDaftar Gambar dan Ilustrasi viDaftar Tabel viiDaftar Singkatan dan Lambang viii

    BABI PENDAHULUAN1.1 Latar Belakang 11.2 Tujuan dan Kegunaan 21.3 Permasalahan 31.4 Metodologi 51.5 Sistematika Penulisan 5

    BAB II DASAR TEORI2.1 GPRS (General Packet Radio Service)2.2 Protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol)2.3 12ME (Java 2 Micro Edition)

    2.3.1 Network MIDlet2.4 Kriptografi14

    2.4.1 MD5 (Message Digest 5)2.4.2 SHA1 (Secure Hash Algorithm 1)2.4.3 RC4 (Ron's Code 4)

    78

    1112

    141923

    BAB III METOLOGI PENELITIAN3.1 Waktu dan Tempat Penelitian 26

    49

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    53/63

    Lampiran GDaftar lsi

    3.2 Bahan!Alat Penelitian 2730.3 Perancangan Sistem

    BAB IV HASIL DAN BAHASAN4.1 Pengujian 354.2 Analisa Panjang Data Output 384.3 Analisa Penggunaan Memory 384.4 Analisa Waktu Proses 394.5 Analisa Distribusi Frekuensi dan Variansi 414.6 Analisa Avalanche Effect 434.7 Analisa Brute Force Attack 454.8 Perbandingan Algoritma Hash Function 45

    BAB V KESIMPULAN DAN SARAN5.1 Kesimpulan 475.2 Saran 48

    Daftar Pustaka 49

    Lampiran:Lampiran A Antarmuka AplikasiLampiran B Antarmuka AnalisaLampiran C Data Hasil Percobaan

    505152

    50

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    54/63

    Lampiran HDaftar Lampiran

    DAFTAR LAMPI RAN

    Lampiran A PERSAMAAN KARAKTERISTIK 67Lampiran B ANALISIS PERAMBATAN GELOMBANG 68

    1. Pendahuluan 682. Perambatan gelombang pada permukaan bumi 693. Perambatan gelombang pada air 70

    Lampiran C GAMBARPETA 711. Peta Kota Kupang 712. Peta Kota Soe 723. Peta Kota Kefa 73

    51

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    55/63

    Lampiran IDaftar Gambar

    DAFTAR GAMBAR

    HalamanGambar 2.1 Diagram arus - teganganGambar 2.2 Kurva BER - SINGambar 5.1 Hubungan antara laju data danjarak padajaringan LAN

    202530

    52

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    56/63

    Lampiran JDaftar Tabel

    DAFTAR TABEL

    HalamanTabel 2.1 Kode status HTTP response dan deskripsiTabe14.1 Distribusi kemunculan karakter rata-rataTabe14.2 Perbandingan algoritma hash function

    104145

    53

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    57/63

    Lampiran KDaftar Singkatan dan Simbol

    SINGKATANACMADSLDPLL

    LAMBANG

    ABA

    DAFTAR SINGKATAN DAN SIMBOL

    : Association for Computing Machinery: Asymmetric Digital Subscriber Line: Dual Phase-Locked Loop

    : Konstanta pada hubungan troughput j arak: Variabel frekuensi temormalisasi: Panjang gelombang

    54

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    58/63

    Lampiran LDaftar Pustaka

    DAFTAR PUSTAKA

    Hayt W. H, 2003, Engineering Circuit Analysis. McGraw-Hill.Kurniawan Y., 2004, Kriptografi: Keamanan Internet dan Jaringan Komunikasi,

    Bandung: Penerbit Informatika.Shengli Y., Jason P. Jue, 2002, Shared Protection Routing Algorithm for OpticalNetworks, Optical Networks Magazine, Vol. 3 Issue. 3, May/June.Zhou D, S., 2000, Survivability in Optical Networks, IEEE Network Magazine, Vol. 14

    No.6, 16-23.Mukherjee B., 2000, WDM Optical Communication Networks: Progress and Challenges,

    IEEE Journal on Selected Areas in Communications, Vol. 18, No. 10, 1810-1824.Ho. Pin-Han, H. Mouftah, 2002, Allocation of Protection Domains in Dynamic WDMMesh Networks, Proceedings of the 10th IEEE International Conference on

    Network Protocols.Frenc B., 1991, Protocol Specification, dalam SDL With Applications, Bab 2. Dieter.Hogrefe Editor, Carl Hanser Verlag & Prentice Hall. 72-115.

    Kristanto A., 2007, Analisa Kinerja Cryptography SHS (Secure Hash Standard) padaDSS (Digital Signature Standard), Kupang: Tugas Akhir Undana.Gates B., Microsoft Windows and The Universe, http://www.microsofi.com. diakses

    tanggal12 Maret 2007 puku112:03 WITA.---, Departemen Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung, http://www.ee.itb.ac.id.diakses tanggalll Juni 2008 pukul13.00 WITA.

    Catatan:Daftar ini tidak disusun menurut abjad, hanya untuk menunjukkan cara penulisan buku dantext book (1 dan 2), majalah (3 dan 4), Jurnal (5), Prosiding (6), buku yang tiap babnyaditulis oleh penulis yang berlainan disertai editor (7), Tugas Akhir/ Skripsi (8), kutipaninternet (9 dan 10)

    55

    http://www.microsofi.com./http://www.ee.itb.ac.id./http://www.ee.itb.ac.id./http://www.microsofi.com./
  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    59/63

    L a m p i r a n MG a m b a rl L e x t - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

    t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x tt e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t .

    -4 -

    0:: - 6 I----+-------+c, -----+--~-+---W :~ :~~ &r~.~ -8 ~_J t?~0

    ~-101----~---~---~-~--+---

    -12

    G a m b a r 4 . 2 H u b u n g a n a n t a r a B E R d a n E b l N o y a n g d i u k u r p a d a p e n g i r i m a n i n f o r m a s it a n p a p e n g k o d e a n d a n p e n g k o d e a n m e n g g u n a k a n V i t e r b i 1 1 2

    T e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x tt e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t

    - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - t e x t

    56

  • 5/12/2018 Buku Pedoman Tugas Akhir ELEKTRO-UNDANA 2010

    60/63

    L a m p i r a n NT a b e lT e x t - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

    t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x tt e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t .

    T a b e l 5 . 2 K o n d i s i t r a f i k t e l e k o m u n i k a s i K u p a n g t a h u n 2 0 0 8B u l a n T r a f i k s u a r a " T r a f i k d a t a " T r a f i k d i t o l a k "

    ( E r l a n g ) ( E r l a n g ) ( E r l a n g )J u n i 22 12 3J u l i 13 13 7

    A g u s t u s 3 0 12 8a . P T . T E L K O M K A N D A T E L K u p a n gb . H a s i l p e r h i t u n g a n d e n g a n m e n g g u n a k a n t a b e l e r l a n g B.

    H a l a m a n 4 0

    T e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x tt e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t t e x t

    - - - - - - - - - - - - - -