buku pedoman stmik bumigora mataram 2010

60
Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011 Logo Tut Wuri Handayani TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI DHARMA PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN DHARMA PENELITIAN DHARMA PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Upload: billi-nata-wijaya

Post on 21-Nov-2015

356 views

Category:

Documents


34 download

DESCRIPTION

Buku Pedoman

TRANSCRIPT

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    Logo Tut Wuri Handayani

    TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI

    DHARMA PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN

    DHARMA PENELITIAN

    DHARMA PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    LAMBANG STMIK BUMIGORA MATARAM

    Lambang STMIK BUMIGORA MATARAM seperti yang tertera diatas mempunyai arti sebagai berikut :

    1. Warna Dasar Biru mempunyai arti kesungguhan tekad dalam mencapai cita cita

    2. CPU (Central Processing Unit / Satuan Pusat Pengelola)) berbentuk otak manusia yang dihubungkan dengan keyboard melambangkan penguasaan terhadap ilmu dan teknologi sekaligus profesionalitas.

    3. Topi sarjana melambangkan keluaran (Output) yang berkemampuan tinggi dan siap pakai untuk mengaplikasikan kemampuannya di lapangan serta siap mengabdi kepada kepentingan Bangsa dan Negara.

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    STRUKTUR ORGANISASI STMIK Bumigora Mataram

    Yayasan

    Ketua SMTMIK BumigoraDyah Susilowati, M.Kom

    Wakil Ketua 1Helna Wardana, M.Kom.

    Wakil Ketua IIIr. Bambang Krismono T, M.Kom.

    Kajur Teknik InformatikaHeroe Santoso, M.Kom

    Kajur Manajemen InformatikaDian Syafitri, MDigMMedia

    Kep. Laboratorium & Peng. SIMPTRaisul Azhar, M.T.

    Kepala BP3MDadang Priyanto, M.Kom.

    Kepala PerpustakaanRR. Eny Kusumawardhani, S.E.

    Kepala Lab. BahasaM. Nur, S.Pd., M.Hum.

    Ketua Pusat Studi Wanita

    Kepala Keuangan & AdumMartinah, S.E.

    Kepala Rumah TanggaSahrun

    Kepala KeamananEldinKepala Pusat Peng. Karis & Kerjasama

    Badan Penjaminan MutuAgus Pribadi, S.T., M.Sc.

    PUSTIKI. Putu Hariyadi, S.Kom

    Kepala Bagian AkademikErny Hariyati, SE.

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    SENAT PERGURUAN TINGGI STMIK Bumigora Mataram

    Ketua STMIK Bumigora Dyah Susilowati, MKom

    Ketua Jurusan Manajemen Informatika

    Dian Syafitri, MDigMMedia

    Ketua Jurusan Teknik Informatika

    Heroe Santoso, M.Kom

    Wakil Ketua I Bid. Akademik & Kemahasiswaan

    Helna Wardhana, MKom

    Wakil Ketua II Bid. Keuangan & Kerjasama

    Ir. Bambang Krismono T., MKom

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    KEPALA BAGIAN / UNIT

    Sekretaris Jurusan MI & TI Primastuti D., S.Kom

    Kabag. Laboratorium Komputer Raisul Azhar, M.T.

    Kabag. Perpustakaan RR. Eny Kusuwardhani, S.E.

    Kepala Badan Penjaminan Mutu Agus Pribadi, S.T., M.Sc.

    Kabag BP3M Dadang Priyanto, M.Kom.

    Kabag Adum & Keuangan Martinah, S.E.

    Kepala PUSTIK I Putu Hariyadi, S.Kom.CCNA

    Kepala BAAK Erny Hariati, S.E.

    Koord. Kemahasiswaan Nanang Firmansah, S.T.

    Kepala Lab. Bahasa Muhammad Nur, SPd., M.Hum.

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    BAB 1 PROFIL STMIK BUMIGORA MATARAM

    Komputer adalah produk teknologi untuk membantu menyelesaikan proses dengan tingkat kecepatan, keakuratan, dan kecermatan tinggi. Teknologi informasi sebagai teknologi yang memanfaatkan komputer dalam segala bentuk sehingga meningkatkan kegiatan (aktifitas) dari suatu kegiatan disegala bidang. Ilmu komputer merupakan kebutuhan yang mendesak untuk segera dipelajari dan dikembangkan.Salah satu wujud realisasinya adalah melalui pendidikan formal.

    Tantangan tersebut segera dijawab dengan didirikanya Yayasan Pendidikan Eksekutip Komputer Akte Notaris Nomor : 39 tanggal 26 September 1987 dihadapan Notaris Abdullah, SH. di Mataram, diikuti dengan berdirinya Perguruan Tinggi Komputer dengan nama Sekolah Tinggi Teknologi Komputer Bumigora (STTK Bumigora).

    Gagasan untuk mendirikan Perguruan Tinggi tersebut sesungguhnya telah dirintis sejak tahun 1987, namun karena ada kebijaksanaan baru mengenai Pendidikan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) oleh Dirjen Dikti No. 2834/D/T/1987, tanggal 26 September 1987 dan Nomor : 086a/D/T 88, tanggal 16 Januari 1988, rencana tersebut tertunda dan baru dapat diwujudkan dalam tahun akademik 1989/1990 atas dasar :

    Surat Petunjuk dari Kopertis Wilayah VIII, Nomor : 117/Kop.8/N/1989 tanggal 11 Mei 1989 perihal Pendirian PTS Baru

    Rekomendasi Gubernur Kepala daerah Tingkat I Propinsi NTB Nomor : 421.4/873/008 tanggal 15 Juni 1989

    Rekomendasi Bupati Kepala Daerah Tingkat II Lombok Barat Nomor : 425.12/563 tanggal 26 Juni 1989.

    Keberadaan lembaga pendidikan STMIK Bumigora tersebut kemudian semakin dimantapkan lagi dengan dikeluarkannya surat keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan melalui Koordinatir Perguruan tinggi swasta (KOPERTIS) Wilayah VIII yang memberi status terdaftar untuk jenjang studi Strata 0 (S0) program studi Diploma tiga (D3) Manajemen Informatika, berdasar surat keputusan nomor 0390/O/1991 tertanggal 22 Juni 1991 sekaligus merubah nama Sekolah Tinggi Teknologi Komputer (STTK) menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bumigora Mataram. Beberapa waktu kemudian, yaitu tanggal 8 Januari 1992 dengan

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    surat keputusan nomor 026/O/1992, program diploma tiga (D3) Teknik Informatika mendapat status Terdaftar.

    Memperhatikan sistem pengelolaan kedua program studi tersebut dinilai cukup baik, STMIK Bumigora diperkenankan pula untuk menyelenggarakan jenjang studi Strata Satu (S1) program studi Teknik Informatika dengan status Terdaftar berdasarkan surat keputusan nomor 608/DIKTI/EP/1993 tertanggal 23 Nopember 1993. Serta menunjuk surat dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi nomor 699/D4.II/1998 perihal penyelenggaraan Program D2 dan D1, sejak tahun Akademik 1998/1999 STMIK Bumigora Mataram membuka jenjang pendidikan D1 dan D2 Manajemen Informatika Komputer dengan status Terdaftar.

    Sebagai perguruan tinggi yang taat pada peraturan pemerintah dan undang-undang tentang pendidikan tinggi, STMIK Bumigora secara tertib melaporkan laporan EPSBED (Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri) ke Direktorat Pendidikan Tinggi, serta melakukan perpanjangan program studi sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. STMIK Bumigora juga sangat memperhatikan standar kualitas perguruan tinggi yang telah ditetapkan DIKTI dengan mengajukan akreditasi bagi program studi S1 Teknik Informatika, D3 Teknik Informatika, dan D3 Manajemen Informatika. Program Studi S1 Teknik Informatika telah terakreditasi dengan nilai C dengan nomor SK 015/BAN-PT/Ak-X/S1/VII/2007 tertanggal 10 Juli 2007. Program Studi D3 Teknik Informatika dan D3 Manajemen Informatika telah terakreditasi dengan nilai C dengan nomor SK 024/BAN-PT/Ak-VIII/Dpl-III/I/2009 tertanggal 10 Januari 2009.

    Pada bulan November 2009, STMIK Bumigora memperoleh sertifikat internasional ISO 9001:2008 untuk Pengelolaan Akademik dari Badan Sertifikasi Internasional UKAS-URS yang berpusat di London Inggris. Ke depan STMIK Bumigora bertekad untuk meningkatkan Akreditasi agar mutu penyelenggaraan pendididkan dan mutu lulusan dapat lebih diakui oleh masyarakat. Badan Penjaminan Mutu adalah pihak yang diberi wewenang melakukan monitor dan evaluasi yang berkesinambungan terhadap kualitas layanan dan pengelolaan STMIK Bumigora.

    Sebagai perguruan tinggi yang ternama di Kopertis Wilayah VIII (Bali, NTB, dan NTT), STMIK Bumigora telah dipercaya untuk menerima hibah dari berbagai sumber yaitu : Hibah TPSDP ADB Loan pada tahun 2001 dengan jumlah dana yang dikelola sebesar 7,5 milyar rupiah dari Asian Development Bank , Hibah Kompetisi Peningkatan Mutu Pendidikan (PHK-PMP) dari DIKTI pada tahun 2006 untuk penguatan Laboratorium Multimedia dan Laboratorium Jairngan Komputer, Hibah Kompetisi PHK TIK K3 dari DIKTI pada tahun 2007 untuk membangun jaringan STMIK Bumigora dan INHERENT (Indonesian Higher Education Network), dan Hibah MS-IPTEKS pada tahun 2010 untuk penguatan pengelolaan sumber daya IPTEKS perguruan tinggi. STMIK Bumigora terlibat aktif di dalam berbagai program pemerintah seperti sebagai provider (pelaksanan) Program Diploma III Teknik Komputer dan Jaringan (PJJ D3TKJ) yang berada dibawah SEAMOLEC serta telah memperoleh status sebagai Local Academy untuk Java Education Network Indonesia (JENI) dan Cisco Computer Network Administrator (CCNA). Disamping itu STMIK Bumigora berperan aktif dalam merancang e-Government NTB, melalui Asosiasi Masyarakat Telematika NTB yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah NTB.

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    VISI, MISI DAN TUJUAN STMIK BUMIGORA MATARAM VISI STMIK Bumigora Mataram adalah menjadi perguruan tinggi unggulan yang bertaraf internasional dalam bidang teknologi informasi

    STMIK Bumigora merupakan sekolah tinggi komputer yang memiliki mimpi di masa depan mampu berkompetisi dengan perguruan tinggi lain baik lulusan, sumber daya dan manajemennya. Selain itu di masa mendatang STMIK Bumigora akan

    menjadi perguruan tinggi yang bertaraf internasional, khusunya di bidang teknologi informasi. Disamping itu, STMIK Bumigora menjadi salah satu perguruan tinggi yang berperan aktif dalam menjalin hubungan dengan perguruan tinggi lain dalam rangka mengurangi disparitas keilmuan dan sumber daya.

    Misi STMIK Bumigora Mataram adalah

    1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang unggul untuk menghasilkan lulusan yang

    berkualitas dalam iptek dan imtaq serta berjiwa enterpreneurship.

    2. Mengembangkan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang

    berkualitas khususnya di bidang teknologi informasi yang dapat mendukung

    pembangunan nasional.

    3. Mengembangkan manajemen perguruan tinggi yang bermutu dalam menumbuhkan

    suasana akademis yang kondusif.

    Tujuan STMIK Bumigora Mataram adalah :

    1. Terciptanya lulusan yang berkualitas, kreatif dan inovatif terhadap perkembangan

    teknologi informasi, berwawasan global, bermoral tinggi serta mampu mengembangkan

    dan mengamalkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat luas dalam

    segala aspek kehidupan.

    2. Meningkatnya penelitian yang inovatif dan kreatif untuk dapat menguasai dan

    mengembangkan iptek yang dapat mendukung pembangunan nasional.

    3. Terselenggaranya kegiatan pengabdian pada masyarakat khususnya pada penerapan

    teknologi informasi untuk mendukung pembangunan nasional.

    4. Terwujudnya manajemen perguruan tinggi yang bermutu untuk menciptakan lingkungan

    yang harmonis dan kondusif yang mengutamakan kebersamaan.

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    BAB 2 PENERIMAAN DAN REGISTRASI MAHASISWA

    PPEENNDDAAFFTTAARRAANN DDAANN PPEENNEERRIIMMAAAANN MMAAHHAASSIISSWWAA BBAARRUU Pendidikan di STMIK Bumigora terbuka bagi setiap warga negara Republik Indonesia yang telah lulus dari SLTA atau yang sederajat. Khusus untuk calon mahasiswa warga negara asing harus memproses Surat Ijin Belajar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan C.q. Dirjen Pendidikan Tinggi.

    PPEENNDDAAFFTTAARRAANN CCAALLOONN MMAAHHAASSIISSWWAA BBAARRUU Pendaftaran mahasiswa baru dilakukan pada setiap awal semester ganjil pada tahun akademik yang bersangkutan, bertempat di STMIK Bumigora Mataram dengan waktu pendaftaran ditetapkan oleh panitia. KKEETTEENNTTUUAANN PPEENNDDAAFFTTAARRAANN DDAANN UUJJIIAANN SSAARRIINNGGAANN MMAASSUUKK 1. Setiap calon mahasiswa yang mendaftar harus mengisi formulir pendaftaran dengan

    membayar biaya pendaftaran yang telah ditentukan. Formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap dengan : a. Dua lembar fotocopy STTB SMU yang telah dilegalisir. b. Dua lembar fotocopy Nilai EBTANAS (DANEM) atau Surat Tanda Kelulusan (STK) yang

    telah dilegalisir untuk lulus mulai tahun 2003. c. Tiga lembar pasfoto hitam putih ukuran 3x4 Semua berkas dimasukkan dalam map berwarna sesuai dengan yang telah ditentukan oleh panitia.

    2. Setelah formulir diisi dan dilengkapi dengan persyaratan yang diminta, calon mahasiswa mengembalikan ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB).

    3. Ujian Saringan Masuk diadakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh PPMB. 4. Ujian Saringan Masuk meliputi Tes Logika, matematika dan Bahasa Inggris. 5. Hasil tes diumumkan satu atau dua hari setelah ujian saringan. 6. Tempat Pendaftaran :

    Kampus Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bumigora Mataram

    Jalan Ismail Marzuki Mataram Telp. (0370) 634498 Fax. (0370) 638369

    E-mail : [email protected]

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    CCAALLOONN MMAAHHAASSIISSWWAA YYAANNGG TTEELLAAHH DDIINNYYAATTAAKKAANN DDIITTEERRIIMMAA Calon mahasiswa yang diterima di STMIK Bumigora melakukan daftar ulang atau registrasi

    sebagai mahasiswa baru kepada PPMB dengan menyelesaikan segala persyaratan administrasi dan pembayaran, antara lain pembayaran Sumbangan dana pendidikan, sumbangan penyelenggaraan pendidikan (SPP), SKS, LAB. Komputer, Jaket almamater,Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), dan dana Kemahasiswaan. Orientasi Pengenalan Program Studi (OPPS). Pelaksanaan OPPS ditentukan oleh PPMB dan diberitahukan lebih lanjut kepada mahasiswa baru.

    MMAAHHAASSIISSWWAA Yang dimaksud dengan mahasiswa adalah mereka yang pada semester /tahun akademik sebelumnya masih terdaftar sebagai mahasiswa di lingkungan STMIK Bumigora. Pada setiap awal semester, semua mahasiswa diwajibkan melakukan registrasi ulang di bagian Akademik. Untuk melakukan registrasi ini, mahasiswa harus membayar SPP dan SKS. Pembayaran dilakukan pada Bank yang telah ditunjuk dan kemudian bukti setoran Bank ditukar ke bagian keuangan untuk mendapatkan surat keterangan yang dapat digunakan sebagai bukti lunas / pembayaran sesuai dengan jenis pembayaran yang dilakukan dan untuk pengurusan lebih lanjut kebagian yang diperlukan. MMAAHHAASSIISSWWAA PPIINNDDAAHHAANN Perpindahan mahasiswa di STMIK Bumigora dapat dikelompokkan menjadi 2 kelompok, yaitu: 1. Perpindahan antar jurusan/program studi di lingkungan STMIK Bumigora. 2. Perpindahan dari luar lingkungan STMIK Bumigora ke STMIK Bumigora atau sebaliknya. PPEERRPPIINNDDAAHHAANN AANNTTAARR JJUURRUUSSAANN DDII LLIINNGGKKUUNNGGAANN SSTTMMIIKK BBUUMMIIGGOORRAA Perpindahan mahasiswa antar jurusan / program studi pada dasarnya dimungkinkan, dengan persyaratan sebagai berikut : 1. Mahasiswa yang berkeinginan pindah jurusan/ program studi harus mempunyai alasan yang

    kuat dan disetujui oleh Ketua Jurusan dan atau Wakil Ketua I. 2. Mengajukan Surat Permohonan kepada Ketua dan tembusan kepada Wakil Ketua I / Ketua

    Jurusan yang ditinggalkan maupun yang dituju. 3. Kesempatan untuk pindah jurusan / program studi pada jenjang yang sama atau jenjang

    yang lebih rendah diperkenankan hanya 1 (satu) kali saja setelah tahun pertama dan batas waktu pendidikan tidak berubah karena proses pindah tersebut. Lama studi di jurusan / program studi yang ditinggalkan diperhitungkan pada jurusan / program studi yang dituju serta dikenakan penyesuaian penyusunan kurikulum dan biaya seperlunya.

    PPEERRPPIINNDDAAHHAANN DDAARRII LLUUAARR LLIINNGGKKUUNNGGAANN SSTTMMIIKK BBUUMMIIGGOORRAA KKEE SSTTMMIIKK BBUUMMIIGGOORRAA AATTAAUU SSEEBBAALLIIKKNNYYAA Persyaratan :

    1. Selama memungkinkan, STMIK Bumigora menerima mahasiswa pindahan dari luar Perguruan Tinggi lainnya baik PTN maupun PTS

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    2. Calon pindahan yang berpendidikan non sks terlebih dahulu memiliki konversi atau persetaraan dengan sks yang disyahkan Wakil Ketua I.

    3. Pengajuan persetujuan pindah kepada Ketua STMIK Buimigora tidak boleh melewati batas tanggal 31 September pada tahun ajaran yang bersangkutan.

    4. Semua mahasiswa pindahan sebelum diterima menjadi mahasiswa STMIK Bumigora Mataram harus menyelesaikan administrasi keuangan.

    5. Persyaratan akademik yang harus dipenuhi oleh calon pindahan adalah : IPK >=2.00 (dua koma nol nol)

    6. Yang bersangkutan tidak terancam DO atau dikeluarkan pada Perguruan Tinggi asal. 7. Berkas persyaratan mahasiswa pindahan harus dilengkapi dengan berkas sebagai

    berikut : a. Surat Keterangan Pindah dari Perguruan Tinggi (PT) asal rangkap dua, apabila yang

    bersangkutan belum lulus di PT asal tersebut. b. Fotocopy transkrip, ijazah terakhir (Ijazah tingkat Sarjana Muda/ Sarjana) yang telah

    dilegalisir oleh Perguruan Tinggi asal rangkap dua. c. Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) asli dari PT asal. d. Surat Permohonan Mahasiswa Pindahan kepada Ketua STMIK Cq. Ketua Jurusan,

    dua rangkap e. Fotocopy KTP dua rangkap. f. Fotocopy Akte Kelahiran atau Surat Keterangan Lahir lainnya dua rangkap. g. Surat ijin dari pimpinan instansi/ perusahaan bila mahasiswa yang bersangkutan

    telah bekerja. h. Pasfoto ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar. i. Fotocopy ijazah SMU yang telah dilegalisir sebanyak 2 rangkap. j. Foto copy NEM / NUAN yang telah dilegalisir sebanyak dua rangkap.

    BBIIAAYYAA PPEENNDDIIDDIIKKAANN Biaya pendidikan mencakup : a. Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) yang besarnya tiap tahun akademik bisa

    tidak sama, sesuai dengan petunjuk dari pimpinan perguruan tinggi atau kebijaksanaan lain. b. Biaya pengambilan mata kuliah per sks. c. Biaya Praktikum Komputer di Laboratorium Komputasi per semester (jika

    mengambil/menempuh mata kuliah praktikum) d. Uang Jaket Almamater e. Uang Skripsi / Tugas Akhir dan Wisuda f. Uang Sumbangan Dana Pengembangan pendidikan (DPP) yang diberikan pada saat

    diterima sebagai mahasiswa baru. Besarnya biaya pendidikan dapat berubah dari tahun ke tahun sesuai dengan keputusan Ketua STMIK Bumigora. Ketentuan perubahan tersebut cenderung direalisasikan (berlaku efektif) bagi mahasiswa baru, kecuali hal-hal tertentu (dengan pertimbangan khusus) akan diberlakukan pada seluruh mahasiswa ( semua angkatan).

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    Mahasiswa yang Cuti Akademik wajib membayar Uang Cuti Kuliah 20 % dari SPP. Mahasiswa yang tidak aktif atau tidak mengajukan cuti akademik (tanpa keterangan) dan tidak membayar uang cuti kuliah dikenakan pembayaran sebesar SPP penuh. Bagi mahasiswa jurusan Manajemen Informatika jenjang D1 atau D2 yang belum menyelesaikan studi dalam jangka waktu yang ditetapkan (D1 selama dua semester dan D2 selama empat semester) maka dikenakan biaya SKS untuk matakuliah yang diambil. Bagi calon mahasiswa baru atau mahasiswa pindahan yang telah melakukan pendaftaran ulang kemudian ingin membatalkannya, uangnya tidak dapat dikembalikan kecuali lolos seleksi UMPTN dan dikenekan biaya administrasi sebesar 25% dari biaya yang telah dibayarkan.

    CCAARRAA PPEEMMBBAAYYAARRAANN Pembayaran dilakukan pada Bank yang telah ditunjuk oleh lembaga. Mahasiswa yang akan melakukan pembayaran terlebih dahulu meminta blangko setoran ke bagian keuangan kemudian mahasiswa melakukan pembayaran ke Bank. Bukti setoran dari bank kemudian ditukar ke bagian keuangan dengan surat keterangan yang nantinya digunakan sebagi bukti pembayaran.

    JJEENNIISS DDAANN WWAAKKTTUU PPEEMMBBAAYYAARRAANN

    NO

    JENIS PEMBAYARAN

    WAKTU PEMBAYARAN BATAS AKHIR PEMBAYARAN

    TEMPAT PEMBAYARAN

    A SPP

    setiap awal semester pada

    waktu yang telah ditentukan

    dan jumlah pembayaran

    disesuaikan berdasarkan

    angkatan

    1 (satu) minggu

    sebelum pengumpulan

    KRS , kecuali

    mahasiswa baru diatur

    dalam ketentuan

    khusus.

    Pengambilan

    blanko di bagian

    keuangan

    Pembayaran di

    bank sesuai

    dengan blanko

    yang diisi oleh

    bagian keuangan

    Bukti setoran Bank

    ditukar ke bagian

    keuangan dengan

    surat keterangan

    pembayaran

    B LABORATORIUM dilakukan pada awal

    semester atau setelah

    mengisi KRS

    ditentukan Lab.

    C SKS

    setiap awal semester pada

    waktu yang telah ditentukan

    dan jumlah pembayaran

    disesuaikan berdasarkan

    angkatan

    1 (satu) minggu

    sebelum pengumpulan

    KRS, kecuali

    mahasiswa baru

    sebelum mid semester

    D

    KARTU MHS, PERPUSTAKAAN, LAB, & DANA KEMAHASISWAAN

    sesuai dengan ketentuan

    (Pada saat daftar ulang

    mahasiswa baru)

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    NO

    JENIS PEMBAYARAN

    WAKTU PEMBAYARAN BATAS AKHIR PEMBAYARAN

    TEMPAT PEMBAYARAN

    E

    SKRIPSI , TUGAS AKHIR, TUGAS PROYEK

    setelah pengajuan dosen

    pembimbing

    1 (satu) minggu setelah

    pengajuan dosen

    pembimbing disetujui

    ketua jurusan

    F CUTI AKADEMIK sebelum mid semester 1 (satu) minggu

    sebelum mid semester

    berlangsung

    G WISUDA

    disesuaikan dengan waktu

    pelaksanaan 1 (satu) bulan

    sebelum wisuda dan jumlah

    disesuaikan dengan biaya-

    biaya pada waktu

    pelaksanaan wisuda

    1 (satu) minggu

    sebelum pelaksanaan

    wisuda

    H

    PERMINTAAN LEGALISIR, SURAT KETERANGAN DAN SEJENISNYA

    dikenakan biaya administrasi

    sesuai dengan ketentuan

    Kuliah umum tentang Web 3.0

    yang disampaikan oleh Prof. Dr. I Wayan Simri Wicaksana, S.Si., M.Eng., dosen tamu dari Universitas Gunadarma Jakarta.

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    BAB 3 SARANA DAN PRASARANA

    Kampus milik sendiri diatas tanah seluas 5600 m2 yang terdiri dari 3 buah gedung utama. Didalam kampus terdapat fasilitas-fasilitas yang meliputi :

    Ruang Kelas STMIK Bumigora mempunyai 8 ruang kelas, dengan luas total 560 m2 dan dapat menampung 420 orang . Setiap ruang kelas dilengkapi dengan kursi kuliah yang nyaman, AC atau kipas angin, dan LCD proyektor.

    Perpustakaan Perpustakaan STMIK Bumigora merupakan perpustakaan perguruan tinggi terlengkap dan terbaik di NTB. Menyediakan 4000an judul buku dan sejumlah jurnal. Perpustakaan menyediakan pula beberapa unit computer untuk melihat katalog online.

    Laboratorium Komputer 1 Laboratorium Komputer 1 memiliki 40 unit computer dengan spesifikasi Pentium 4. Dilengkapi dengan koneksi jaringan dan LCD proyektor, serta software yang lengkap untuk mendukung perkuliahan.

    Laboratorium Komputer 2 Laboratorium Komputer 2 menyediakan 22 unit computer dengan spesifikasi Pentium 4. Seluruh computer terkoneksi dengan jaringan dan dilengkapi LCD proyektor.

    Laboratorium Jaringan Laboratorium jaringan STMIK Bumigora adalah yang terlengkap di NTB. Dengan luas 35 m2, Laboratorium ini memiliki 10 unit computer, 2 buah mounting rack, sejumlah router, switch, dan hub, wireless dan hotspot, serta perangkat pendukung lainnya.

    Laboratorium Multimedia Laboratorium Multimedia memiliki 14 unit computer multimedia build up. Luas ruang 45 m2. Dilengkapi pula dengan peralatan Video Editing seperti Camcorder 3CCD, handycam, kamera, tripod, lampu, accu, dan rewinder.

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    Laboratorium Bahasa Laboratorium Bahasa dilengkapi dengan 20 perangkat peralatan bahasa, speaker, dan LCD monitor.

    Laboratorium Internet Laboratorium Internet memiliki 5 unit computer yang digunakan untuk training dan ujian sertifikasi CCNA, JENI, dan KKPI.

    Training Center Training Center merupakan tempat yang disediakan untuk pelaksanaan Training baik internal maupun eksternal. Terdiri dari 20 unit computer Pentium 4 yang terkoneksi ke jaringan intranet dan internet.

    Aula Aula STMIK Bumigora memiliki luas 240 m2 dan dapat menampung 200 orang untuk even seminar. Aula juga dipergunakan untuk perkuliahan.

    Internet Connection STMIK Bumigora merupakan perguruan tinggi swasta di NTB yang menyediakan fasilitas hotspot dan WiFi, sehingga Mahasiswa STMIK Bumigora dapat dengan mudah mengakses internet di lingkungan kampus.

    Video Conference Dengan peralatan video conference, STMIK Bumigora secara berkala mengadakan kuliah, seminar atau meeting jarak jauh dengan perguruan tinggi lain seperti ITS, UGM, dan Universitas Gunadarma, serta DIKTI.

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    TENAGA PENGAJAR STMIK Bumigora Mataram mempunyai

    beberapa dosen tetap lulusan berbagai

    disiplin ilmu yang sebagaian besar adalah

    lulusan informatika dan teknologi informasi

    dari berbagai perguruan tinggi favorit baik

    dalam maupun luar negeri.

    NO NAMA FIELD STUDI ALUMNI 1. Prof. Dr. Rohani Jahja W., M.Sc Teknik Elektro USA

    2. Dr.Ir. Anthony Anggrawan, M.Kom Sistem Informasi Universiti Utara Malaysia

    3. Dyah Susilowati, S.Kom, M.Kom Teknik Informatika STIBI Jakarta

    4. Helna Wardhana, S.Kom, M.Kom Ilmu Informatika UGM Yogyakarta

    5. Ir. Bambang Krismono T., M.Kom Teknik Informatika ITS Surabaya

    6. Raisul Azhar, S.T, M.T Teknologi Informasi UGM Yogyakarta

    7. Dian Syafitri, S.Kom, MDigMMedia Digital Multimedia UOW Australia

    8. Dadang Priyanto, S.Kom, M.Kom Ilmu Informatika UGM Yogyakarta

    9. Agus Pribadi, S.T, M.Sc GIS IPB Bogor

    10. Ahmat Adil, S.Kom, M.Sc GIS IPB Bogor

    11. Heroe Santoso, S.Kom, M.Kom Ilmu Informatika UGM Yogyakarta

    12. Drs. M. Tajudin, M.Si Sistem Informasi Univ. Brawijaya

    13. Bermansyah, S.Kom Teknik Informatika Univ. Budi Luhur

    14. Suryati,S.Kom Teknik Informatika STMIK Bumigora

    15. Muhamad Nur, S.Pd., M.Hum. Bahasa Inggris Univ. Udayana

    16. Khasnur Hidjah, S.Kom Teknik Informatika UGM Yogyakarta

    17. Nanang Firmansah, S.T. Teknik Informatika UAD Yogyakarta

    18. I Putu Hariadi, S.Kom., CCNA. Teknik Informatika STT Atlas Nusantara

    19. Nurhidayati, S.Kom., M.T. Teknik Informatika ITB Bandung

    20. Irwan Ardiansyah, S.Kom Teknik Informatika STMIK Bumigora

    21. Husain, S.Kom Teknik Informatika STMIK Bumigora

    22. Andres Faisal, S.Kom Teknik Informatika STMIK Bumigora

    23. Primastuti Dewi, S.Kom Teknik Informatika AKPRIND Yogya

    24. Katarina, S.Kom Teknik Informatika Univ. Bina Nusantara

    25. I Gusti Ayu Dasriani, S.Kom Teknik Informatika STMIK Bumigora

    26. Ni Ketut Wiwin, S.E, M.AKA Akuntansi Univ Brawijaya Malang

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    STMIK Bumigora juga diperkuat oleh sumber daya dosen tidak tetap atau dosen luar biasa yang handal yang berasal dari perguruan tinggi dan instansi yang memiliki kaitan dengan teknologi informasi: NO NAMA FIELD STUDI Institusi

    1. Dr. Retantyo Wardoyo, M.T. Teknik Informatika UGM Yogyakarta

    2. Dr. Zainal Hasibuan Sistem Informasi Universitas Indonesia

    3. Dr. Suhubdi, M.Pt. Peternakan UNRAM

    4. Ir. Edy Fernandez, M.P. Statistik UNRAM

    5. Ir. Nur Ahmad Yani, M.M. Manajemen LSM

    6. Drs. Turaihan Azhuri Agama Islam -

    7. Drs. Imam Gazali Pancasila -

    8. Zainuddin Abdussamad, S.S. Bahasa Inggris ABA Bumigora Mataram

    9. Abdul Muhid, S.S. Bahasa Inggris ABA Bumigora Mataram

    10. Yoyok Antoni, S.E., M.Si. Sistem Informasi Praktiksi

    11. Abdul Manan, S.Kom., M.Eng. Teknik Informatika PDE Pemda Kota Mataram

    12. M. Ridwan Amin, S.Kom. Teknik Informatika UNRAM

    13. Sumirah, S.Kom. Teknik Informatika SMK 1 Gunung Sari

    14. Mamika Ujianita R, M.Si. Matematika UNRAM

    15. Drs. I Ketut Sukarma, M.Si. Matematika IKIP Mataram

    16. Drs. Usup Bahasa Indonesia -

    17. Rini Arsianti, S.Kom. Teknik Informatika Pemda Kota Mataram

    18. Intan Rahmawati, S.Kom Akuntansi -

    19. Irwansyah, ST. Informatika -

    20. Iqbal, P.Si. Psikologi -

    21. Ikhwan, MM. Manajemen -

    22. R. Ronald Ommy Y, S.T. Teknik Informatika Kominfo

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    BAB 4 SISTEM PENDIDIKAN

    PROGRAM PENDIDIKAN Program pendidikan yang diselenggarakan oleh

    STMIK Bumigora terdiri dari :

    1. Jurusan Teknik Informatika :

    - Jenjang Strata satu (S1) regular

    - Jenjang Strata satu (S1) non regular (Ekstention)

    - Jenjang Diploma Tiga (D3)

    2. Jurusan Manajemen Informatika

    - Jenjang Diploma Tiga (D3)

    - Jenjang Diploma Satu (D1)

    A. JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA 1. JENJANG STRATA SATU (Status Terakreditasi)

    REGULER Jenjang strata S-1 STMIK Bumigora mataram adalah program yang dirancang agar para

    lulusanya nanti memiliki kemampuan atau kompetensi untuk memformulakan masalah yang

    berkaitan dengan informatika, kemampuan teknis mengaplikasikan konsep atau teori dalam disain

    dan analisa sistem, memilih dan menggunakan teknik pemrograman dan perangkat lunak aplikasi

    yang sesuai. Program studi S1Teknik Informatika memiliki kurikulum berbasis kompetensi yang

    akan menghasilkan lulusan yang memiliki salah satu dari 3 kompetensi berikut , yaitu kompetensi

    Rekayasa Perangkat Lunak, Jaringan Komputer, dan Multimedia. Program studi ini memiliki

    agihan beban studi 150 SKS, Lulusan dari program ini nantinya dapat menyandang gelar Sarjana

    Komputer dengan lama studi 4 sampai dengan 7 tahun.

    NON REGULER (EKSTENSI) Jenjang strata S-1 STMIK Bumigora mataram adalah program yang dirancang khusus bagi yang

    sudah bekerja atau mahasiswa yang sudah 2 tahun tidak mengikuti kuliah. Lulusanya diharapkan

    memiliki kemampuan atau kompetensi untuk memformulakan masalah yang berkaitan dengan

    informatika, memiliki kemampuan teknis mengaplikasikan konsep atau teori dalam disain dan

    analisa sistem, memilih dan menggunakan teknik pemrograman dan perangkat lunak aplikasi

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    yang sesuai. Program studi ini memiliki agihan beban studi 144 SKS. Lulusan dari program ini

    nantinya dapat menyandang gelar Sarjana Komputer dengan lama studi 4 tahun.

    2. JENJANG DIPLOMA TIGA (Status Terakreditasi) Jenjang D3 Teknik informatika STMIK Bumigora Mataram adalah program yang diharapkan dapat

    Menghasilkan SDM yang profesional di bidang Teknik Informatika yang difokuskan pada Teknik

    Pemrograman, dan Networking. Program ini memiliki agihan beban studi 112 SKS. lama studi

    yang ditawarkan pada jenjang ini adalah 3 tahun, dan lulusan dari jenjang ini dapat memperoleh

    sebutan Profesional Ahli Madya (AMd).

    B. JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA 1. JENJANG DIPLOMA TIGA (Status Terakreditasi) Jenjang D3 manajemen informatika diharapkan menghasilkan lulusan yang dapat membangun

    perangkat lunak pengolahan data dan system informasi untuk aplikasi manajemen dan bisnis

    sesuai kaidah rekayasa perangkat lunak. Jenjang ini mempunyai agihan beban studi sebesar 114

    SKS. Lama studi jenjang ini adalah 3 tahun, dan lulusannya berhak untuk menyandang gelar

    Profesional Ahli Madya (AMd)

    Suasana perkuliahan di STMIK Bumigora Mataram

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    KURIKULUM Berikut ini adalah perincian matakuliah untuk masing-masing Program Studi

    PPRROOGGRRAAMM SSTTUUDDII TTEEKKNNIIKK IINNFFOORRMMAATTIIKKAA

    JJEENNJJAANNGG SSTTRRAATTAA SSAATTUU ((SS11)) TTEEKKNNIIKK IINNFFOORRMMAATTIIKKAA

    SEMESTER NO KD. MK MATA KULIAH SKS

    I

    1 TSPK21001 Pend. Agama (Islam/Nasrani/Budha/Hindu) 2 2 TSPK21105 Bahasa Inggris I 2 3 TSKK41101 Kalkulus 4 4 TSKK31107 Fisika 3 5 TSKK31108 Logika Informatika 3 6 TSKK31109 Algoritma 3 7 TSKK31113 Pengantar Teknologi Informasi 3

    Jumlah 20

    SEMESTER NO KD. MK MATA KULIAH SKS

    II

    1 TSPK22102 Pendidikan Pancasila 2 2 TSPK22206 Bahasa Inggris 2 2 3 TSKK32102 Matematika Diskrit 3 4 TSKK32106 Statistik 3 5 TSKK32210 Analisa Algoritma 3 6 TSKK22214 Pengantar Sistem Digital 2 7 TSKK12215 Praktek Pengantar Sistem Digital 1 8 TSKK22316 Organisasi & Arsitektur Komputer 2 9 TSKK12317 Praktek Organisasi & Arsitektur Komputer 1

    Jumlah 19

    SEMESTER NO KD. MK MATA KULIAH SKS

    III

    1 TSPK23203 Kewarganegaraan 2 2 TSPK23204 Bahasa Indonesia 2 3 TSKK33103 Aljabar Linier 3 4 TSKK43311 Struktur Data 4 5 TSKK23418 Sistem Operasi 2 6 TSKK13419 Praktikum Sistem Operasi 1 7 TSKB33101 Sistem Informasi 3 8 TSKB13208 Pemrograman I (Pemrograman Terstruktur) 1 9 TSKB23209 Praktikum Pemrograman I 2

    Jumlah 19

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    SEMESTER NO KD. MK MATA KULIAH SKS

    IV

    1 TSKK34204 Pemrograman Linier 3 2 TSKK34205 Metode Numerik 3 3 TSKK34520 Komunikasi Data dan Jaringan Komputer 3 4 TSKB34202 Analisa & Desain Sistem Informasi 3 5 TSKB14410 Pemrograman II (Pemrograman Visual) 1 6 TSKB24411 Praktikum Pemrograman II 2 7 TSKB34215 Sistem Basisdata 3 8 TSKB24121 Grafika Komputer 2 9 TSKB14122 Praktek Grafika Komputer 1

    Jumlah 21

    SEMESTER NO KD. MK MATA KULIAH SKS

    V

    1 TSKK35212 Sistem Berkas 3

    2 TSKB25512 Pemrograman III (Pemrograman Berorientasi Objek) 2

    3 TSKB15513 Praktikum Pemrograman III 1 4 TSKB15316 Perancangan Basisdata 1 5 TSKB25317 Praktikum Perancangan Basisdata 2 6 TSKB25618 Jaringan Komputer 1 2 7 TSKB15619 Praktek Jaringan Komputer 1 1 8 TSKB25425 Teknologi Multimedia 2 9 TSKB25131 Perilaku Organisasi 2

    10 TSBB25101 Kecakapan antarpersonal 2 18

    Mata kuliah pilihan 11 TSKB35335 Sistem Informasi Manajemen (RPL) 3 12 TSKB25339 Sistem Informasi Akuntansi (RPL) 2 13 TSKB15340 Praktek Sistem Informasi Akuntansi (RPL) 1 14 TSKB25445 Datawarehouse (JK) 2 15 TSKB15446 Praktek Datawarehouse (JK) 1 16 TSKB25447 Teknik Data Mining (RPL) 2 17 TSKB25370 Sistem Pakar (RPL) 2 18 TSKB15371 Praktek Sistem Pakar (RPL) 1

    Jumlah 14

    SEMESTER NO KD. MK MATA KULIAH SKS

    VI 1 TSKK36121 Interaksi Manusia dengan Komputer 3 2 TSKB16203 Computer Aided Software Engineering (CASE) 1

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    SEMESTER NO KD. MK MATA KULIAH SKS

    3 TSKB26204 Praktikum Computer Aided Software Engineering (CASE) 2

    4 TSKB36305 Rekayasa Perangkat Lunak 3 5 TSKB26223 Pengolahan Citra 2 6 TSKB16224 Praktikum pengolahan Citra 1 7 TSKB26330 Teknik Riset Operasi 2 8 TSPB26201 Etika Profesi 2 9 TSKB26320 Riset Teknologi Informasi 2 18

    Mata kuliah pilihan 10 TSKB36434 Teknik Pengujian Sistem (RPL) 3 11 TSKB26448 Sistem Terdistribusi (JK/RPL) 2 12 TSKB16449 Praktek Sistem Terdistribusi (JK/RPL) 1 13 TSKB26750 Jaringan Komputer 2 (JK) 2 14 TSKB16751 Praktek Jaringan Komputer 2 (JK) 1 15 TSKB26356 Pengenalan Pola (M) 2 16 TSKB16357 Praktikum Pengenalan Pola (M) 1 17 TSKB16260 Perancangan Antar muka (M) 1 18 TSKB26261 Praktikum Perancangan Antar muka (M) 2 19 TSKB15564 Multimedia Authoring Tools 1 (M) 1 20 TSKB25565 Praktek Multimedia Authoring Tools 1 (M) 2

    Jumlah 18

    SEMESTER NO KD. MK MATA KULIAH SKS

    VII

    1 TSKB27406 Implementasi & Perawatan Perangkat Lunak 2

    2 TSKB17407 Praktek Implementasi & Perawatan Perangkat Lunak 1

    3 TSKB37614 Teori Bahas dan Otomata 3 4 TSKB17226 Desain Web 1 5 TSKB17227 Praktek Desain Web 1 6 TSKB27328 Pemodelan dan Simulasi 2 7 TSKB17329 Praktek Pemodelan dan Simulasi 1 8 TSBB27102 Komputer dan Masyarakat 2 9 TSPB37302 Kuliah Kerja Profesi / Magang 3

    10 TSKB27432 Seminar Skripsi 2 13

    Mata kuliah pilihan 11 TSKB27436 Sistem Informasi Geografis (RPL/M) 2 12 TSKB17437 Praktek Sistem Informasi Geografis (RPL/M) 1 13 TSKB37742 Teknik Kompilasi (RPL) 3

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    SEMESTER NO KD. MK MATA KULIAH SKS 14 TSKB17743 Proyek Pengembangan Perangkat Lunak (RPL) 1

    15 TSKB27744 Praktek Proyek Pengembangan Perangkat Lunak (RPL) 2

    16 TSKB27852 Jaringan Komputer 3 (JK) 2 17 TSKB17853 Praktek Jaringan Komputer 3 (JK) 1 18 TSKB16666 Multimedia Authoring Tools 2 (M) 1 19 TSKB26667 Praktek Multimedia Authoring Tools 2 (M) 2 20 TSKB17362 Pemrograman Web (M/JK/RPL) 1 21 TSKB27363 Praktikum Pemrograman Web (M/JK/RPL) 2

    Jumlah 18

    SEMESTER NO KD. MK MATA KULIAH SKS

    VIII

    1 TSPB38203 Kewirausahaan 3 2 TSKB28533 Skripsi 4 7

    Mata kuliah pilihan 3 TSKB38338 Sistem Pendukung Keputusan (RPL) 3 4 TSKB28341 Sistem Informasi Produksi (RPL) 2 5 TSKB18954 Proyek Jaringan Komputer (JK) 1 6 TSKB28955 Praktek Proyek Jaringan Komputer (JK) 2 7 TSKB17658 Animasi 3 Dimensi (M) 1 8 TSKB27659 Praktek Animasi 3 Dimensi (M) 2 9 TSKB18768 Multimedia Periklanan (M) 1

    10 TSKB18769 Praktek Multimedia Periklanan (M) 1 Jumlah 13

    JJEENNJJAANNGG DDIIPPLLOOMMAA TTIIGGAA ((DD33)) TTEEKKNNIIKK IINNFFOORRMMAATTIIKKAA

    SEMESTER NO KD. MK MATA KULIAH SKS

    I

    1 TDPK21005 Pendidikan Agama 2 2 TDPK21001 Bahasa Inggris I 2 3 TDKK41009 Kalkulus 4 4 TDKK31102 Logika Informatika 3 5 TDKK31101 Logika Algoritma 3 6 TDPK21004 Pendidikan Pancasila 2 7 TDKK31013 Pengantar Teknologi Informasi 3 8 TDKK21016 Pengantar Internet 2

    Jumlah 21

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    SEMESTER NO KD. MK MATA KULIAH SKS

    II

    1 TDKK42018 Organisasi Komputer 4 2 TDPK22002 Bahasa Inggris II 2 3 TDKK22010 Matematika Diskrit 2 4 TDKK32014 Statistik 3 5 TDPK22006 Kewarganegaraan 2 6 TDPK22003 Bahasa Indonesia 2 7 TDKK32103 Pemrograman Terstruktur 3 8 TDKK32017 Pengantar Sistem Digital 3

    Jumlah 21

    SEMESTER NO KD. MK MATA KULIAH SKS

    III

    1 TDKK23011 Aljabar Linier 2 2 TDKK33104 Struktur Data 3 3 TDKK33301 Sistem Operasi 3 4 TDKK33203 Sistem Basis Data 3 5 TDBB23007 Kecakapan Antar Personal 2 6 TDKK33302 Komunikasi Data 3 7 TDKB33105 Pemrograman Visua I 3

    Jumlah 19

    SEMESTER NO KD. MK MATA KULIAH SKS

    IV

    1 TDKK34202 Perancangan Basisdata 3 2 TDKK24012 Metode Numerik 2 3 TDKK44303 Jaringan Komputer I 4 4 TDKK44201 Analisa & Desain Sistem Informasi 4 5 TDKB34106 Pemrograman Visual II 2 6 TDPB24008 Etika Profesi 2 7 TDKK24401 Teknologi Multimedia 2

    Jumlah 19

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    SEMESTER NO KD. MK MATA KULIAH SKS

    V

    1 TDKK35107 Interaksi Manusia dan Komputer 3 2 TDKB52019 Riset Teknologi Informasi 2 3 TDKK35109 Pemrograman Web 3 4 TDKK45304 Jaringan Komputer 2 4 5 TDKK35108 Pemrograman Berbasis Client Server 3 6 TDBB35020 Kuliah Kerja Profesi / Magang 3

    Jumlah 18

    SEMESTER NO KD. MK MATA KULIAH SKS VI 1 TDKK26015 Kewirausahaan 2 2 TDKK46305 Proyek Instalasi Jaringan 4 3 TDPB66021 Tugas Akhir 6 Jumlah 12

    PPRROOGGRRAAMM SSTTUUDDII MMAANNAAJJEEMMEENN IINNFFOORRMMAATTIIKKAA

    JJEENNJJAANNGG DDIIPPLLOOMMAA TTIIGGAA ((DD33)) MMAANNAAJJEEMMEENN IINNFFOORRMMAATTIIKKAA

    SEMESTER NO KD. MK MATA KULIAH SKS

    I

    1 MDKK31101 Logika Algorithma 3 2 MDKK31501 Dasar Manajemen dan Bisnis 3 3 MDPK21003 Pendidikan Pancasila 2 4 MDPK21001 Bahasa Inggris 1 2 5 MDKK21008 Aljabar Vektor & Matriks 2 6 MDKK21201 Sistem Informasi 2 7 MDKK31009 Pengantar Teknologi Informasi 3 8 MDPK21004 Pendidikan Agama 2

    Jumlah 19

    SEMESTER NO KD. MK MATA KULIAH SKS

    II

    1 MDPK22005 Kewarganegaraan 2 2 MDPK22002 Bahasa Inggris 2 2 3 MDKK32102 Pemrograman Terstruktur 3 4 MDKK32010 Statistik 3 5 MDKK32302 Sistem Informasi Manajemen 3 6 MDKK42502 Dasar Akuntansi 3

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    SEMESTER NO KD. MK MATA KULIAH SKS 7 MDKB32013 Paket Program Aplikasi 3 8 MDPK22017 Bahasa Indonesia 2

    Jumlah 21

    SEMESTER NO KD. MK MATA KULIAH SKS

    III

    1 MDBB23006 Kecakapan Antar Personal 2 2 MDKK33103 Struktur Data 3 3 MDKB43104 Pemrograman Visual I 4 4 MDKK43203 Analisa & Desain Sistem Informasi 4 5 MDKB43204 Perancangan Basis Data 4 6 MDKB33301 Sistem Operasi 3 7 MDKK23012 Pengantar Internet 2

    Jumlah 22

    SEMESTER NO KD. MK MATA KULIAH SKS

    IV

    1 MDKB44503 Sistem Informasi Akuntansi 3 2 MDKB34206 Aplikasi Basis Data 3 3 MDKB24205 Computer Aided Software Engineering 2 4 MDKB44105 Pemrograman Visual II 4 5 MDBB34015 Kuliah Kerja Profesi 3 6 MDPB24007 Etika Profesi 2

    Jumlah 17

    SEMESTER NO KD. MK MATA KULIAH SKS

    V

    1 MDKB25014 Metode Penulisan Karya Ilmiah 2 2 MDKB35017 Pemrograman Web I 3 3 MDKB35106 Pemrograman Client Server 3 4 MDKK35302 Pengantar Jaringan Komputer 3 5 MDKK35401 Pengantar Multimedia 3 6 MDKB35207 Pemrograman Basis Data 3

    Jumlah 17

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    SEMESTER NO KD. MK MATA KULIAH SKS

    VI

    1 MDKK26011 Kewirausahaan 2 2 MDKB36108 Pemrograman Web II 3 3 MDPB66016 Tugas Akhir 6 4 MDKB36208 Proyek Sistem Informasi 3

    Jumlah 14

    PPEERRSSIIAAPPAANN PPEERRKKUULLIIAAHHAANN Satu bulan Sebelum perkuliahan dimulai dilakukan rapat pembagian mata kuliah yang dipimpin

    oleh Wakil Ketua I (Waka I), Rapat pembagian matakuliah bertujuan untuk mengevaluasi

    perkuliahan yang telah berlangsung pada semester yang telah berjalan dan mempersiapkan

    proses belajar mengajar selama satu semester yang akan berlangsung.

    Jurusan mempersiapkan jadwal perkuliahan dengan koordinasi Waka I dan bagian akademik.

    Untuk berikutnya didistribusikan ke dosen dan di umumkan ke mahasiswa.

    KKaalleennddeerr AAkkaaddeemmiikk Kegiatan perkuliahan dalam satu tahun dibagi menjadi dua semester yaitu semester Ganjil dan

    semester Genap. Kegiatan perkuliahan dalam satu tahun akademik telah disusun dalam kalender

    akademik, penyusunan kalender akademik dilakukan oleh Waka I atas koordinasi dengan bagian

    keuangan, bagian akademik dan jurusan.

    KKAALLEENNDDEERR AAKKAADDEEMMIIKK TTAA 22001100//22001111

    SEMESTER GANJIL Penetapan pengajar Mata Kuliah 14-26 Juni 2010

    Penetapan Jadual Kuliah 19-24 Juli 2010

    OPPS ( Orientasi Pengenalan Program Studi ) 16-18 September 2010

    Kuliah Perdana Maba 20 September 2010

    Pertemuan dengan Orang Tua Maba 25 September 2010

    Pengurusan KRS Maba 20-25 September 2010

    Pembayaran SPP Semester Ganjil 28 Juni 6 Agustus 2010

    Pengembalian Slip Pembayaran SPP 28 Juli-7 Agustus 2010

    Pembayaran SKS dan LAB 26 Juli- 21 Agustus 2010

    Pengurusan KRS dan Pendaftaran LAB 26 Juli 8 September 2010

    Pelaksanaan Perkuliahan (Kelas & LAB) 20 Sept 6 Nopember 2010

    Perubahan KRS 20 25 September 2010

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    SEMESTER GANJIL Pembayaran SKS dan LAB Perubahan 20-25 September 2010

    Pelaksanaan Ujian Mid Semester 8 20 Nopember 2010

    Pelaksanaan Kuliah setelah Mid 22 Nopember 8 Januari 2011

    Pelaksanaan Ujian Akhir Semester 10 22 Januari 2011

    Pengambilan KHS 1 12 Februari 2011

    Batas Akhir Pengambilan blanko KAS 24 Januari 3 Februari 2011

    Pembayaran KAS 24 Januari 2 Februari 2011

    Batas Akhir Pengembalian blanko KAS 3 Februari 2011

    Rekap Peserta KAS 4 Februari 2011

    Rapat Pembagian Mata Kuliah KAS dan Jadual KAS 5 Februari 2011

    Perkuliahan KAS 7 26 Februari 2011

    Pengambilan KHS KAS 7 Maret 2011

    Batas akhir Pengumpulan Persyaratan Yudisium 5 Maret 2011

    Yudisium Semester Ganjil 12 Maret 2011

    SEMESTER GENAP Rapat Pembagian Mata Kuliah 17 29 Januari 2011

    Penetapan Jadwal Kuliah 31 Januari 5 Februari 2011

    Pembayaran SPP Semester Genap 3 Januari 18 Februari 2011

    Pembayaran SKS 7 Februari 4 Maret 2011

    Pengurusan KRS 7 Februari 4 Maret 2011

    Pelaksanaan Perkuliahan sebelum Mid 14 Maret 30 April 2011

    Perubahan KRS 14 19 Maret 2011

    Pembayaran SKS dan Lab Perubahan 14 19 Maret 2011

    Pelaksanaan Ujian Mid Semester 2 14 Mei 2011

    Pelaksanaan Perkuliahan sesudah Mid 16 Mei 2 Juli 2011

    Pelaksanaan Ujian Akhir Semester 4 16 Juli 2011

    Pengambilan KHS 25 30 Juli 2011

    Pengambilan Blanko KAS 18 27 Juli 2011

    Pembayaran KAS 18 27 Juli 2011

    Batas Akhir Pengembalian Blanko KAS 28 Juli 2011

    Rekap Peserta KAS 29 Juli 2011

    Rapat Pembagian Mata Kuliah KAS dan Jadual KAS 30 Juli 2011

    Perkuliahan KAS 1 20Agustus 2011

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    SEMESTER GENAP Pengambilan KHS KAS 5 September 2011

    Batas akhir Pengumpulan Persyaratan Yudisium 1 Oktober 2011

    Yudisium Semester Genap 8 Oktober 2011

    Wisuda Tahun Akademik 2009/2010 22 Oktober 2011 CATATAN : Jadwal bisa berubah sewaktu waktu apabila diperlukan. Kalender akademik dapat berubah sesuai dengan kondisi waktu penyelenggaraan.

    Ditingkat jurusan disusun pula kalender jurusan yang isinya adalah kegiatan jurusan selama satu

    semester, kegiatan jurusan terdiri dari: Jadwal Pelaksanaan Seminar I, Pelaksanaan ujian Tugas

    akhir atau Seminar II, dan jadwal yudisium mahasiswa. Penyusunan kalender jurusan ini

    dilakukan oleh ketua jurusan.

    PPeennyyeelleennggggaarraaaann PPeerrkkuulliiaahhaann ddiilluuaarr KKuurriikkuulluumm Diluar jadwal normal kurikulum seperti yang tercantum di dalam susunan matakuliah, telah

    dilaksanakan perkuliahan semester pendek bagi mahasiswa dengan tujuan untuk mempercepat

    kelulusan mahasiswa. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan pada libur panjang semester genap

    dengan beban maksimal sebanyak 3 Mata Kuliah bagi mahasiswa yang mengulang matakuliah

    yang bukan karena TB (Tidak boleh ikut ujian karena kehadiran < 70%).

    SSAATTUUAANN KKRREEDDIITT SSEEMMEESSTTEERR ((SSKKSS)) Bobot satuan mata kuliah dinyatakan dalan satuan kredit Semester atau SKS merupakan beban

    studi mahasiswa dan beban penyelenggaran program lembaga atas dasar satuan waktu semester,

    dimana satu (1) sks setara dengan 50 menit waktu perkuliahan perminggu, dan satu semester 16

    kali tatap muka termasuk didalamnya 2 kali tatap muka sebagai kegiatan evaluasi. Penyelenggara

    Pendidikan dalam satu semester terdiri dari kegiatan kuliah, praktikum, kerja lapangan dan

    bentuk kegiatan lain disertai dengan nilai keberhasilan.

    TTuujjuuaann SSiisstteemm KKrreeddiitt SSeemmeesstteerr Penerapan Sistem Kredit Semester dalam Penyelenggaraan pendidikan di Sekolah Tinggi

    Manajemen Informatika dan Komputer Bumigora Mataram bertujuan untuk :

    Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat menyelesaikan studinya dalam waktu yang sesingkat singkatnya.

    Memberikan kesempatan kepada Mahasiswa dalam batas-batas tertentu untuk memilih kegiatan pendidikan sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan masing-masing.

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melatih diri dalam mengorganisasi kegiatan seefesien dan seefektif mungkin.

    Memudahkan penyesuaian kurikulum dengan perkembangan teknologi serta kebutuhan masyarakat.

    Memungkinkan dan memudahkan pengalihan kredit antar jurusan atau antar program studi dalam lingkungan STMIK BUMIGORA Mataram dan antara STMIK BUMIGORA dengan

    perguruan tinggi lainnya.

    BBeebbaann SSttuuddii Peraturan beban studi sebagai berikut :

    1. Rata-rata beban studi mahasiswa kemampuan normal setara dengan minimum 18 SKS

    persemester.

    2. Berdasarkan kemampuan individu seorang mahasiswa yang diukur melalui nilai aktif

    semester (NARS) atu Indeks Prestasi Semester ( IPS) yang diperoleh pada semester

    sebelumnya. Beban studi semester berikutnya ditentukan dengan perhitungan sebagai

    berikut :

    NARS (IPK) pada semester sebelumnya

    Beban studi yang boleh diambil pada semester berikutnya

    > 3.5 24 SKS

    > 3 22 SKS

    > 2.5 20 SKS

    >= 2 18 SKS

    > 1.75 16 SKS

    > 1.5 14 SKS

    < 1.5 12 SKS

    3. Beban studi ditentukan bersama-sama dengan atas persetujuan Dosen wali.

    4. Khusus untuk D1 MI beban SKS diberlakukan melalui Sistem Paket.

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    EEVVAALLUUAASSII SSTTUUDDII DDAANN PPEENNIILLAAIIAANN

    EEVVAALLUUAASSII KKEEBBEERRHHAASSIILLAANN SSTTUUDDII

    EELLEEMMEENN PPEENNIILLAAIIAANN Penilaian terhadap kemampuan Mahasiswa diadakan secara aktif melalui : quis, tugas,

    diskusi, seminar, latihan-latihan, pekerjaan rumah, tes kecil, seminar komputer, praktikum,

    ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Hasil penilaian dinyatakan dengan nilai

    angka dan nilai huruf.

    BBOOBBOOTT NNIILLAAII 1. Bobot nilai tiap mata kuliah adalah sebagai berikut : 50 % Ujian Akhir Semester (UAS) ,

    30 % Ujian Tengah Semester (UTS) & 20 % Harian (yang mencakup Tugas & Quiz)

    2. Evaluasi hasil melaksanakan Tugas Khusus, Kerja Praktek dan Tugas Akhir diatur

    tersendiri.

    EEVVAALLUUAASSII HHAASSIILL SSTTUUDDII 1. Pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) diatur

    dalam kalender akademik.

    2. Evaluasi hasil studi untuk menentukan nilai akhir hanya dilaksanakan satu kali dalam

    tiap semester dan tidak diadakan evaluasi ulang.

    IINNDDEEKKSS PPRREESSTTAASSII SSEEMMEESSTTEERR ((IIPPSS)) // NNAARRSS Keberhasilan studi mahasiswa dinyatakan melalui perhitungan Indeks Prestasi Semester

    (IPS /NARS) yang dihitung pada tiap akhir semester dengan rumus :

    Dimana :

    N = Nilai total hasil evaluasi semester

    K = Bobot SKS mata Kuliah yang dievaluasi.

    SSIISSTTEEMM PPEENNIILLAAIIAANN Sistem penilaian yang dipakai Sekolah Tinggi Manajemen Informatika menggunakan batasan

    baku yang dibagi ke dalam lima golongan nilai :

    N. K NARS = N

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    GOL NILAI dlm Angka NILAI

    dlm Huruf BOBOT NILAI KATEGORI KETERANGAN

    1 90 - 100 A 4 Sempurna Lulus 2 80 - 89 B+ 3,5 Baik Lulus 3 70 - 79 B 3 Baik Lulus 4 60 - 69 C+ 2,5 Baik Lulus 5 50 - 59 C 2 Cukup Lulus 6 30 - 49 D 1 Kurang Tidak Lulus 7 0 - 29 E 0 Kurang Gagal

    IINNDDEEKKSS PPRREESSTTAASSII KKUUMMUULLAATTIIFF ((IIPPKK)) Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dihitung di akhir masa studi dengan rumus:

    Dimana :

    Ni = Nilai Numerik akhir hasil

    evaluasi masing-masing Mata

    Kuliah dalam 1 program.

    Ki = Bobot SKS mata Kuliah.

    n = Jumlah mata kuliah di dalam

    satu program studi

    PPRREEDDIIKKAATT KKEELLUULLUUSSAANN Kepada lulusan STMIK Bumigora Mataram diberikan predikat kelulusan yang terdiri dari 3

    tingkatan :

    IPK Predikat 2,00 - 2,75 Memuaskan

    2,76 - 3,50 Sangat Memuaskan

    3,51 - 4,00 Dengan Pujian Predikat kelulusan Dengan Pujian ditetapkan dengan memperhatikan masa studi, maksimal

    n tahun (masa studi minimum) + 1 tahun.

    n Ni x Ki

    i=1 IPK = n

    Ki i=1

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    BAB 5 PERATURAN AKADEMIK

    Peraturan akademik yang berlaku di STMIK Bumigora Mataram berlaku sama untuk semua

    program, kecuali dalam hal peraturan kelulusan tiap jenjang pendidikan.

    PERKULIAHAN

    Seorang Mahasiswa berhak mengikuti kegiatan perkuliahan bila yang bersangkutan telah

    memenuhi persyaratan sebagai berikut:

    1. Telah melaksanakan daftar ulang dengan terlebih dahulu melunasi biaya administrasi

    perkuliahan.

    2. Telah mengisi KRS yang sudah disyahkan oleh ketua jurusan dan dosen wali

    (lihat prosedur pengurusan KRS)

    3. Terdaftar dalam presensi setelah melaksanakan perwalian.

    4. Setiap mengikuti perkuliahan wajib mengisi daftar presensi untuk dirinya sendiri.

    5. Mahasiswa yang telah melakukan pengisian presensi untuk mahasiswa lain dapat

    dikenakan sangsi akademis.

    6. Mahasiswa wajib mengikuti jalanya kuliah dengan tertib sopan serta ikut bertanggung

    jawab atas kelancaran jalannya perkuliahan yang diikuti.

    PERWALIAN

    Setiap mahasiswa STMIK Bumigora Mataram mendapat bimbingan dari seorang wali akademis,

    pembimbingan dilakukan oleh dosen perwalian akademis (PA) mulai dari semester satu sampai

    dengan mahasiswa tersebut lulus. Dosen wali memiliki kewajiban untuk memonitor prestasi

    belajar mahasiswa dan memberikan bimbingan kepada mahasiswa perwaliannya, bila mahasiswa

    membutuhkan.

    Setiap mahasiswa wajib melakukan perwalian untuk menyususn rencana kartu studi (KRS)

    sebelum mengikuti perkuliahan dengan tujuan mendapatkan prestasi studi semaksimal mungkin

    dengan mengindahkan peraturan akademis yang berlaku. Untuk itu mahasiswa dibantu oleh

    Dosen wali yang telah ditetapkan.

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    PRAKTIKUM

    Praktikum adalah suatu kegiatan akademik (kurikuler) yang harus dilakukan oleh mahasiswa yang

    bersifat pelaksanaan praktis di laboratorium. Praktikum mendukung beberapa matakuliah dan

    merupakan bagian dari kurikulum STMIK Bumigora Mataram. Mahasiswa wajib mengikuti

    praktikum dan dengan seksama melaksanakan seluruh program praktek/praktikum sesuai dengan

    jadwal yang telah ditentukan.

    Seorang Mahasiswa berhak mengikuti kegiatan praktikum di laboratorium baik terjadwal maupun

    bebas bila yang bersangkutan telah memenuhi persyaratan sebagai berikut:

    1. Telah melaksanakan daftar ulang dengan terlebih dahulu melunasi biaya administrasi

    perkuliahan khususnya pembayaran laboratorium.

    2. Telah mengisi KRS yang sudah disyahkan oleh ketua jurusan dan dosen wali

    (lihat prosedur pengurusan KRS)

    3. Telah melakukan pendaftaran praktikum untuk semester yang bersangkutan

    4. Memiliki kartu praktikum yang diupdate setiap semesternya.

    Pelaksanaan praktikum akan dievaluasi dengan nilai yang diperoleh diperhitungkan dalam

    penentuan nilai akhir semester. Kehadiran melaksanakan praktikum minimal 70 % dari total acara

    praktikum. Kerusakan sarana praktek/praktikum menjadi tanggungjawab praktikan itu sendiri dan

    diwajibkan untuk mengganti.

    Pihak Yang Terlibat Di Dalam Praktikum Penyelenggaraan kegiatan praktikum di STMIK Bumigora Mataram melibatkan pihak-pihak

    sebagai berikut :

    - Praktikan, yaitu mahasiswa yang mengambil matakuliah praktikum

    - Asisten Laboratorium, bertugas melakukan pengawasan dan asistensi kepada praktikan pada

    saat pelaksanaan praktikum di laboratorium serta melakukan tugas-tugas lainnya yang

    berkaitan denangan persiapan praktikum.

    - Koordinator praktikum, yaitu staf pengajar (dosen/asisten dosen) yang diberi tugas oleh kepala

    laboratorium untuk melakukan pengawasan pelaksanaan praktikum dan bertanggungjawab

    terhadap pelaksanaan praktikum secara global.

    - Teknisi, yaitu petugas teknis di laboratorium yang diberi tugas oleh kepala laboratorium untuk

    menyediakan peralatan mendukung pelaksanaan praktikum, agar dapat berlangsung dengan

    baik.

    - Petugas administrasi laboratorium, yaitu petugas administrasi yang diberi tugas oleh kepala

    laboratorium dalam hal ini untuk mendukung keperluan administrasi laboratorium.

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    Tata Tertib Praktikum Praktikan tidak boleh terlambat lebih dari 15 menit sesuai dengan jadwal yang telah

    ditetapkan.

    Praktikan mengisi absensi yang telah disediakan dengan menunjukkan kartu praktikum. Selama praktikum dilarang merokok, makan atau jalan-jalan diruang praktikum. Praktikan dilarang keluar tanpa ijin instruktur atau dosen atau asisten. Praktikan wajib menjaga ketenangan suasana dan kebersihan ruang praktikum. Selesai praktikum praktikan wajib mematikan computer, mengembalikan atau

    mengatur kursi dan peralatan praktikum lainnya pada posisi aslinya.

    Selama ujian praktikum, praktikan dilarang membawa flash disk, cd, atau disket ke meja ujian kecuali atas izin dosen atau asisten pengawas ujian.

    Praktikum Bebas. Selain praktikum resmi mata kuliah dengan SKS tinggi Mahasiswa diberikan waktu untuk praktikum ekstra atau praktikum bebas untuk tujuan lebih

    meningkatkan kemampuan akademik mahasiswa dibidang penggunaan Komputer.

    Dengan harapan kemantapan praktis dapat merangsang imajinasi kreasio dalam

    pengem,bangan sofware dan hadware Komputer.

    AKSES PERPUSTAKAAN

    Pemakai Pemakai Perpustakaan adalah :

    Anggota Yayasan Pendidikan Eksekutip Mataram. Dewan pembina / Penasehat Dosen / Asisten Dosen Pimpinan & staff Mahasiswa

    Syarat Anggota Perpustakaan Yang menjadi anggota perpustakaan adalah mahasiswa/mahasisw STMIK Bumigora,

    pegawai dan dosen di Lingkungan STMIK dan ABA Bumigora Mataram.

    Membuat dan Mengisi kartu anggota perpustakaan dengan menuliskan : Nama : Tempat tgl Lahir : Nim : Program study/Jurusan : Alamat :

    Menyerahkan fas Foto ukuran 2x3 sebanyak 3 Lembar Membayar Uang administrasi untuk anggota baru sebesar Rp.5000.-

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    Kartu Anggota Berlaku selama 1 Tahun Biaya untuk perpanjangan kartu anggota sebesar Rp.3000.-.

    Tata Tertib Perpustakaan Setiap anggota perpustakaan diperkenankan untuk meminjam buku maximal 2

    ( dua ) eksemplar dengan batas waktu peminjaman 1( Satu ) minggu dengan dua kali

    perpanjangan.

    Bagi Mahasiswa/i yang terlambat mrengembalikan buku dikenakan denda sebesar Rp. 500,/hari untuk setiap buku.

    Setiap kali meminjam atau mengembalikan buku anggota harus dapat menunjukan kartu anggota dan tidak dibenarkan meminjam / memakai kartu anggota yang lain.

    Semua buku perpustakan yang dipinjam harus sudah dikembalikan satu minggu sebelum ujian semester berlangsung, untuk mengecek keberadaan buku perpustakaan.

    Pengunjung perpustakaan tidak diperkenankan merokok, makan dan minum diperpustakaan.

    Untuk pria baju harus di,maksukan. Tidak diperkenankan memakai sandal, kaos oblong dan jaket didalam perpustakaan. Setiap pengunjung perpustakaan harus mengisi buku pengunjung dan menempatkan

    barang-barang berupa tas dan jaket ke dalam locker,dan barang berharga lainnya harus

    dibawa sendiri karena pihak perpustakaan tidak akan bertanggung jawab atas

    kehilangan barang tersebut.

    Koleksi Koleksi buku perpustakaan terdiri dari buku-buku Ilmu Komputer , dengan dua macam tulisan. :

    - Berbahasa Inggris adalah koleksi referensi yang hanya bisa dibaca diruang baca

    perpustakaan. Bila diperlukan Koleks referensi bahasa inggris bisa difoto copy petugas

    dengan biaya pengganti.

    - Berbahasa Indonesia adalah Koleksi referensi umum dengan jumlah buku perjudul 3 buku,

    bisa dipinjam bebas dengan waktu pinjam paling lama 3 hari, jika lebih dari batas tiga hari

    peminjam dikenakan denda pembayaran.

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    Jam Pelayanan SENIN S/D KAMIS PAGI 08.15 - 11.00 WITA

    SIANG 13.15 - 19.00 WITA

    JUMAT PAGI 08.15 - 11.00 WITA

    SIANG 14.15 - 18.00 WITA

    SABTU PAGI 09.45 - 12.00 WITA

    KULIAH KERJA PRAKTEK (KKP) / MAGANG

    Pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Praktek (KKP) / magang diselenggarakan berdasar pada

    kurikulum dan kegiatan akademik yang telah direncanakan mahasiswa. Perencanaan dengan

    memperhatikan kepatutan (syarat-syarat dan kondisi). Mahasiswa melaksanakan kegiatan KKP /

    magang sesuai dengan kegiatan akademisnya dan memiliki pendamping / pembimbing. Jumlah

    SKS untuk mata kuliah KKP / magang adalah 3 SKS.

    Syarat dan kondisi 1. Calon peserta adalah berstatus mahasiswa aktif.

    2. Merencanakan kegiatan akademis KKP / magang secara administrasi akademis (salah

    satunya adalah memrogramkan pada KRS).

    3. Mahasiswa calon peserta dapat mengikuti KKP / magang jika telah menyelesaikan atau

    menempuh mata kuliah dasar umum (MKPK) dan mata kuliah dasar keahlian /

    ketrampilan (MKK).

    4. Memiliki IPK minimal pada saat merencanakan kegiatan KKP / magang adalah 2.0.

    5. Telah mengikuti dan lulus mata kuliah Komunikasi Antarpersonal atau mata kuliah Etika

    Profesi.

    Tata cara persiapan a. Mahasiswa memilih tempat yang dapat digunakan sebagai tempat KKP / magang.

    Tempat KKP / magang dapat diperoleh berdasar informasi dari pihak kampus (Unit

    Kerjasama dan Pengembangan Karier), atau berdasarkan tempat yang telah

    direncanakan dan diminati.

    b. Mahasiswa yang telah merencanakan kegiatan KKP / magang melapor ke Jurusan dan

    Administrasi umum.

    c. Setelah mendapatkan informasi kesempatan untuk melaksanaakan kegiatan KKP /

    magang, mahasiswa calon peserta ke bagian Administrasi Umum untuk mendapatkan

    surat Pengantar guna ke tujuan KKP / magang. Pada tahap ini, hasil yang diharapkan

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    adalah informasi pelaksanaan kegiatan KKP / magang dan surat jawaban penerimaan

    dari tempat tujuan KKP / magang. Surat jawaban penerimaan akan dipergunakan

    sebagai dasar pelaksanaan kegiatan KKP / magang dan wajib dilaporkan.

    d. Mahasiswa calon yang telah positif memperoleh tempat KKP / magang melapor ke

    Jurusan guna memperoleh pendamping / pembimbing. Pendamping / pembimbing

    ditentukan oleh pihak manajemen bidang Akademik, dengan terdapatnya surat

    penugasan.

    e. Sebelum berangkat ke tempat KKP / magang, mahasiswa peserta diwajibkan mengikuti

    pembekalan yang khusus diselenggarakan sebagai persiapan. (Materi dapat berupa

    pembekalan diri, pengetahuan profil kampus maupun program dan atmosfer).

    f. Mahasiswa peserta KKP / magang diwajibkan melapor kepada bagian Akademik dan

    Jurusan selambatnya 2 minggu sebelum berangkat serta selambatnya 1 minggu

    sebelum berangkat kepada pendamping / pembimbing.

    g. Khusus bagi mahasiswa peserta yang masa kegiatan KKP / magang melampaui masa

    pengurusan kegiatan kuliah semester selanjutnya diwajibkan melaporkan status dan

    keberadaannya ke bagian Administras Akademik.

    Pelaksanaan kegiatan 1. Pada waktu yang telah ditentukan (berdasar surat penerimaan / kesediaan dari tempat

    KKP / magang), mahasiswa peserta diharuskan memulai kegiatan di tempat KKP /

    magang dengan mengajak serta Pendamping / Pembimbing. Pendamping /

    Pembimbing dapat dihadirkan ke tempat kegiatan KKP / magang selambatnya 1 minggu

    setelah kegiatan dimulai.

    2. Mahasiswa peserta diharuskan mengikuti kegiatan KKP / magang selama waktu

    kegiatan tersebut dilangsungkan (minimal 30 hari) dan selayaknya sumber daya

    manusia di tempat kegiatan KKP / magang. Pihak pengelola sebagai tempat KKP /

    magang dapat memberikan Job sesuai dengan ketersediaan dan berdasar pada bidang

    penguasaan akademis (Informatika / kurikulum) serta dapat berdasar atas kemempuan

    tambahan yang dimiliki oleh mahasiswa peserta.

    3. Kunjungan Pendamping / Pembimbing ke tempat KKP / magang dilakukan ditengah

    saat kegiatan tersebut dilakukan oleh mahasiswa.

    4. Mahasiswa yang telah menyelesaikan kegiatan KKP / magang diwajibkan segera

    melapor ke Pendamping / pembimbing, bagian Akademik dan Jurusan seambatnya 1

    minggu setelah tiba kembali dari tempat KKP / magang.

    5. Peserta KKP / magang wajib mengenakan pakaian khusus (putih-hitam, berjas

    almamater), yang dilengkapi dengan identitas khusus.

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    6. Peserta KKP / magang wajib membuat laporan hasil kegiatan. Isi laporan menyesuaikan

    dengan Job / pekerjaan yang dilakukan oleh peserta selama kagiatan KKP / magang

    berlangsung.

    Setelah pelaksanaan kegiatan KKP / magang 1. Kegiatan KKP / Magang harus dilaporkan dengan struktur laporan sebagai berikut:

    - Bab I : Pendahuluan

    - Bab II : Profil Tempat Magang

    - Bab III : Diskripsi Tugas

    - Bab IV : Paparan Tugas

    - Bab V : Simpulan dan Saran

    - Lampiran

    2. Laporan yang dibuat harus mendapat persetujuan dari pimpinan (atau pejabat yang

    mewakili / pendamping local) tempat kegiatan KKP / magang dilaksanakan. Laporan

    tersebut juga harus mendapat endorsement dari Pendamping / Pembimbing dari

    kampus serta diketahui oleh ketua Jurusan.

    3. Pengujian dan penilaian kegiatan KKP / magang diperoleh dari pendamping lokal dan

    atau Pendamping / Pembimbing yang berasal dari kampus, malalui kegiatan pengujian

    dan atau wawancara. Penilaian didasarkan atas kinerja pada saat KKP / magang

    berlangsung, dari pembimbing local dan penilaian akademis oleh pendamping /

    pembimbing.

    4. Hasil akhir (laporan beserta nilai) yang telah diperoleh peserta wajib dilaporkan ke pihak

    akademik (sesuai petugas recording masing-masing), agar dapat dimasukkan kedalam

    rekaman penilaian. Rangkuman rekaman nilai (KHS) peserta KKP / magang dapat

    diperoleh setelah seluruh proses terselesaikan.

    Penyelesaian 1. Laporan yang telah diselesaikan dibuat menjadi 4 eksemplar, masing-masing 1 untuk

    mahasiswa, 1 untuk pendamping / pembimbing, 1 diserahkan ke tempat KKP / magang

    dilakukan dan 1 untuk perpustakaan.

    2. Mahasiswa yang telah menyelesaikan kegiatan KKP / magang perlu melaporkan

    kegiatannya ke Unit Pengembangan Karier dan Kerjasama (melaporkan ragam kegiatan

    di tempat KKP / magang, hasil kegiatan dan peluang kedepan).

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    TUGAS AKHIR & SKRIPSI

    MMaakkssuudd && TTuujjuuaann Yang dimaksud dengan Tugas Proyek , Tugas Akhir dan Skripsi ialah suatu tulisan ilmiah yang

    didasarkan atas penelitian/ perencanaan / studi kalayakan / studi literatur / studi perbandingan

    yang dilakukan oleh mahasiswa. Tugas Akhir merupakan tulisan ilmiah yang dilaksanakan oleh

    mahasiswa jurusan oleh mahasiswa D3 Teknik Informatika & D3 Manajemen Informatika dan

    Skripsi oleh mahasiswa S1 Teknik Informatika.

    Tujuan utama penyusunan Tugas Akhir dan Skripsi ialah melatih mahasiswa dalam hal

    pemecahan persoalan berdasarkan pengetahuan teknologi komputer atau informatika.

    SSyyaarraatt DDaann KKoonnddiissii MMaahhaassiisswwaa Syarat untuk dapat mengambil Tugas Akhir dan Skripsi :

    1. Jumlah SKS yang telah ditempuh dari total SKS adalah :

    Program Studi Jenjang Jenis Penulisan Jumlah SKS yg telah ditempuh IPK

    Minimal

    Teknik Informatika S1 Skripsi 75%

    2.00

    D3 Tugas Akhir 70%

    Manajemen Informatika D3 Tugas akhir 70%

    2. Tidak ada mata kuliah yang mendapat nilai E.

    3. Telah atau sedang menempuh mata Kuliah Kerja Praktek (KKP).

    4. Syarat 1 sampai dengan 3 dibuktikan dengan petikan nilai atau KRS.

    5. Terdaftar sebagai mahasiswa pada tahun yang bersangkutan, ditegaskan oleh surat

    keterangan lunas SPP dan KRS.

    SSyyaarraatt DDaann KKoonnddiissii DDoosseenn PPeemmbbiimmbbiinngg Syarat untuk dapat mengambil Tugas Proyek , Tugas Akhir dan Skripsi :

    No Jabatan Akademik Pendidikan Skripsi Thesis Disertasi

    1 Asisten Ahli S1/DIV B - - S2/SpI M B - S3/SpII M M B

    2 Lektor S1/DIV M - - S2/SpI M M - S3/SpII M M B

    3 Lektor Kepala S1/DIV M - - S2/SpI M M B S3/SpII M M M

    4 Guru Besar S1/DIV S2/Sp I S3/Sp II M M M

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    1. Pembimbing skripsi disyaratkan bersesuaian dengan acuan diatas;

    2. Jika persyaratan utama tidak dapat dipenuhi, maka :

    a. Telah memiliki jenjang kepangkatan minimal asisten ahli dengan jenjang

    pendidikan S2, atau

    b. Telah memiliki jenjang kepangkatan lektor dengan jenjang pendidikan S1,

    c. Telah menjadi dosen tetap di STMIK Bumigora Mataram minimal 1 semester;

    PPeennggaajjuuaann TTooppiikk 1. Mahasiswa mengajukan topik Skripsi atau Tugas Akhir ke Jurusan. Topik terdiri dari Judul,

    identitas mahasiswa, latar belakang, permasalahan, solusi yang ditawarkan, serta tujuan

    dan manfaat.

    2. Topik akan diperiksa oleh Jurusan, baik kebaruan Judul dan Kandungan Isi. Jika disetujui

    maka Ketua Jurusan akan memberi paraf pada Topik.

    3. Segmentasi topik yang dapat diusulkan disesuaikan dengan kompetensi yang diambil

    mahasiswa diantaranya :

    No Program Studi Kompetensi Topik

    1 S1TI

    Rekayasa

    Perangkat

    Lunak

    1. Sistem Manajemen Basis Data

    2. Sistem Informasi

    3. Interaksi Manusia dan Komputer

    4. Kecerdasan Buatan

    Jaringan

    Komputer

    1. Jaringan Komputer

    2. Aplikasi Jaringan Komputer

    Multimedia

    1. Grafika Komputer

    2. Pengolahan Citra Digital

    3. Produk Multimedia

    4. Aplikasi Multimedia

    2 D3TI

    1. Sistem Manajemen Basis Data

    2. Sistem Informasi

    3. Pengolahan Data

    4. Aplikasi Jaringan Komputer

    5. Jaringan Komputer

    3 D3MI

    1. Sistem Manajemen Basis Data

    2. Sistem Informasi

    3. Aplikasi Untuk Manajemen dan Bisnis

    4. Pengolahan Data

    5. Sistem Informasi Akuntansi

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    JJuudduull 1. Judul Tugas Akhir dan Skripsi ditentukan sendiri oleh mahasiswa dengan bimbingan

    dosen wali atau dosen pembimbing.

    2. Judul diajukan kepada Ketua Jurusan dengan menggunakan format yang telah ditentukan

    oleh STMIK Bumigora Mataram.

    3. Pengajuan judul dilakukan dua kali dalam satu semester.

    4. Judul yang diajukan akan diseleksi secara tertutup oleh Jurusan beserta staf pengajar,

    untuk menentukan kwalitas Tugas Akhir / Skripsi dan mengeluarkan Berita Acara

    Penentuan Topik yang berisi ketentuan diterima atau tidaknya Judul yang diajukan.

    5. Usulan Judul yang belum memperoleh persetujuan akan dikembalikan dengan

    kemungkinan untuk diperbaiki atau mengganti permasalahan yang akan diangkat ,

    kemudian diajukan kembali pada periode berikutnya.

    PPeemmbbiimmbbiinnggaann Mahasiswa yang judulnya telah diterima dapat segera menentukan Dosen Pembimbing

    yang diinginkan dengan terlebih dahulu meminta kesediaan Dosen yang bersangkutan. Beberapa

    hal yang harus dilakukan untuk memperoleh dosen pembimbing adalah sebagai berikut:

    1. Mahasiswa membuat Surat Permohonan Dosen Pembimbing dan Surat Rekomendasi

    Dosen Pembimbing, yang ditandatangani oleh calon Mahasiswa yang bersangkutan,

    Dosen Pembimbing, dan Ketua Jurusan.

    2. Membayar biaya Skripsi atau Tugas Akhir melalui Bagian Keuangan. Setelah melakukan

    pembayaran mahasiswa akan memperoleh Surat Keterangan Lunas/Bukti Lunas.

    3. Menyerahkan Surat Permohonan Dosen Pembimbing ke bagian Admistrasi Umum untuk

    memperoleh Surat Penunjukan Dosen Pembimbing, dengan melampirkan:

    a. Surat Rekomendasi Dosen Pembimbing

    b. Foto copy Kartu Rencana Studi

    c. Topik yang telah di-ACC oleh Ketua Jurusan

    d. Bukti Lunas pembayaran Skripsi atau Tugas Akhir

    e. Foto copy Slip Pembayaran Skripsi atau Tugas Akhir (dari Bank)

    4. Surat Penunjukan Dosen Pembimbing diserahkan ke Jurusan untuk memperoleh Kartu

    Konsultasi Skripsi atau Tugas Akhir.

    5. Surat Penunjukan Dosen Pembimbing diserahkan pula ke Dosen Pembimbing. Kemudian

    Dosen Pembimbing memberi paraf. pada Kartu Konsultasi.

    6. Pembimbingan dilakukan minimal 6 kali dalam 1 semester.

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    SSeemmiinnaarr II 1. Mahasiswa yang Judul Tugas Akhir dan Skripsinya yang diterima , dapat segera

    menyusun proposal Tugas Akhir dan Skripsi yang terdiri dari Bab 1, Bab 2 dan Bab 3.

    2. Syarat administrative yang harus dikumpulkan untuk maju seminar 1 adalah :

    a. Fotocopy KRS terbaru.

    b. Fotocopy Kartu Konsultasi

    c. Fotocopy Petikan Nilai terbaru.

    d. Daftar hadir seminar I atau seminar I Tugas Akhir / Skripsi.

    e. Dokumen Skripsi atau Tugas Akhir yang telah disahkan oleh Dosen Pembimbing

    dan Ketua Jurusan.

    3. Pelaksanaan seminar I dihadiri oleh para penguji dan mahasiswa yang berminat.

    4. Mahasiswa mempresentasikan proposal dihadapan peserta seminar.

    5. SeminarI diadakan pada setiap semester sesuai dengan jadwal yang dikeluarkan oleh

    ketua Jurusan.

    6. Hasil seminar I akan dituangkan dalam Berita Acara Seminar I.

    SSeemmiinnaarr 22 1. Telah menyelesaikan penulisan seluruh Bab dan produk dari Skripsi/Tugas Akhir telah

    selesai diujicobakan.

    2. Dokumen Skripsi atau Tugas AKhri telah disahkan oleh Dosen Pembimbing dan Ketua

    Jurusan pada Lembar Pengesahan Dosen Pembimbing.

    3. Memenuhi persyaratan akademik :

    a. IPK > 2.00

    b. Tidak ada mata kuliah yang mendapat nilai E.

    c. SKS yang telah dicapai minimal 80% dari total SKS.

    d. Banyak mata kuliah yang mendapat nilai D maksimal 2 mata kuliah dibuktikan

    dengan petikan nilai terbaru.

    4. Mengumpulkan syarat adminstratif sebagai berikut :

    a. Mengumpulkan dokumen Skripsi atau tugas akhir yang telah diujikan di Seminar I

    dan telah direvisi dengan persetujuan Dosen Penguji.

    b. Fotocopy Berita Acara Seminar I

    c. Fotocopy KRS terbaru.

    d. Kartu Konsultasi (Asli)

    e. Fotocopy Petikan Nilai terbaru.

    f. Daftar hadir seminar I atau seminar II Tugas Akhir / Skripsi.

    g. Surat Keterangan Penelitian dari Instansi tempat meneliti (Asli)

    h. Fotocopy Ijazah SMA

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    i. Foto Hitam Putih 4 x 6 sebanyak 4 lembar

    j. Foto Berwarna 3 x 4 sebanyak 2 lembar

    k. Dokumen lengkap Skripsi atau Tugas Akhir yang telah disahkan oleh Dosen

    Pembimbing dan Ketua Jurusan.

    CUTI KULIAH

    Mahasiswa yang mendapat halangan hingga tidak memungkinkan ikut kegiatan kuliah, dapat

    mengajukan cuti kuliah paling lambat 1 (satu) minggu sebelum mid semester berlangsung. Cuti

    kuliah dijalankan setiap semester (cuti kuliah paling lama satu tahun atau dua kali berturut turut)

    dan setelahnya harus aktif kembali.

    Waktu cuti kuliah tidak diperhitungkan dalam menentukan tenggang waktu studi mahasiswa yang

    bersangkutan.

    Persyaratan permohonan cuti :

    1. Permohonan harus diajukan secara tertulis kepada Ketua Jurusan dengan tembusan

    kepada Wakil Ketua I.

    2. Surat jawaban Permohonan Cuti harus diambil sendiri oleh si pemohon di Bagian

    Administrasi Umum 10 hari setelah tanggal surat permohonan cutinya.

    3. Membayar uang cuti 20 % dari SPP

    4. Setelah permohonan cuti dijawab, maka mahasiswa yang bersangkutan terdaftar

    sebagai mahasiswa di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Bumigora

    Mataram.

    5. Karena pelanggaran yang dilakukan seorang mahasiswa, maka mahasiswa

    bersangkutan dapat cuti kuliah (contoh pelanggaran adalah terlambat melaksanakan

    registrasi ulang awal semester).

    6. Jika mahasiswa tidak mengajukan cuti dan juga tidak melakukan registrasi ulang

    sampai batas waktu yang ditentukan, berarti dianggap mengundurkan diri sebagai

    mahasiswa STMIK Bumigora Mataram.

    7. Mahasiswa yang tidak mengajukan cuti maka untuk mengajukan aktif kembali pada

    semester berikutnya dikenakan biaya SPP penuh.

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    AKTIF KEMBALI

    1. Mahasiswa membuat surat permohonan aktif kembali dan diserahkan ke bagian

    administrasi dan umum.

    2. Mahasiswa mengambil slip pengambilan SPP ke bagian keuangan dan membayar SPP

    pada bank yang telah ditentukan.

    3. Mahasiswa mengambil bukti lunas pembayaran SPP pada bagian keuangan dengan

    menunjukkan bukti pembayaran SPP.

    4. Mahasiswa membuat surat permohonan aktif kembali di bagian administrasi dan umum

    dengan menunjukkan bukti lunas pembayaran SPP.

    UJIAN

    Agar mahasiswa dapat mengikuti ujian (tengah semester dan akhir semester), maka setiap

    mahasiswa wajib memenuhi persyaratan-persyaratan baik administrasi keuangan maupun

    akademik sebagai berikut :

    1. Persyaratan keuangan :

    Telah melunasi kewajiban pembayaran keuangan seperti yang telah ditetapkan.

    2. Persyaratan administrasi akademik:

    a. Jumlah presentasi kehadiran dari suatu mata kuliah yang diikuti lebih dari 70%.

    b. Tidak melanggar peraturan ujian yang diatur secara tersendiri dan sebelumnya

    telah diumumkan kepada mahasiswa.

    3. Apabila seorang mahasiswa terbukti tidak memenuhi persyaratan tersebut diatas atau

    dengan sengaja melanggarnya, yang bersangkutan dapat dikenakan sanksi tidak

    diperbolehkan ikut ujian dan untuk mata kulaih tertentu atau untuk seluruh mata kuliah

    yang sedang berlangsung dikenakan sanksi memperoleh nilai E. Mata kuliah yang

    sudah diambil dapat dibatalkan dengan ketentuan sebagai berikut :

    a. Dibatalkan pada saat jadwal perbaikan KRS diadakan, nilai bobot sks mata

    kuliah yang dimaksud dibebaskan dari pembayaran SKS

    b. Mata Kuliah yang telah dibatalkan, dinyatakan belum pernah diambil.

    KULIAH ANTAR SEMESTER (KAS) / SEMESTER PENDEK

    Kegiatan kuliah semester pendek / kuliah antar semester (KAS) merupakan program kegiatan

    akademis yang berupa kegiatan perkuliahan sebagaimana kegiatan kuliah reguler tanpa

    mengurangi kualitas. Kegiatan KAS diselenggarakan untuk membantu mahasiswa mempercepat

    penyelesaian studi. Kuliah semeseter pendek ini diselenggarakan pada saat liburan akhir

    semester.

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    Syarat dan kondisi 1. Calon peserta adalah berstatus mahasiswa aktif.

    2. Calon peserta telah memrogramkan kegiatan KAS melalui pengisian kartu rencana

    studi untuk program KAS (KRS-KAS) secara resmi dan legal.

    3. Mata kuliah yang dapat dimasukkan dalam program KAS adalah yang sudah pernah

    ditempuh, dibuktikan dengan menyertakan KHS / petikan nilai terakhir.

    4. Nilai terendah mata kuliah yang dapat disertakan pada program KAS adalah nilai

    apapun yang diperoleh bukan karena TB.

    5. Kegiatan tatap muka KAS sebanyak 9 12 kali pertemuan, termasuk ujian.

    6. Jumlah mata kuliah maksimal yang dapat diambil pada kegiatan KAS adalah 3 Mata

    Kuliah.

    7. Jumlah peserta terendah diselenggarakan KAS adalah 5 mahasiswa. (Catatan dalam :

    Jika kurang dari 5 mahasiswa, pembiayaan tetap dihitung untuk beban 5 mahasiswa).

    Persiapan

    1. Informasi penyelenggaraan program KAS diumumkan oleh bagian administrasi

    akademik bersamaan dengan pelaksanaan ujian akhir semester.

    2. Mahasiswa memulai perencanaan untuk turut serta dalam KAS dengan melaporkan diri

    / mencatatkan diri sebagai calon peserta pada bagian administrasi akademik melalui

    pengisian blangko (mahasiswa dapat mengusulkan lebih dari 3 mata kuliah dengan

    memberikan urutan prioritas) yang telah disediakan.

    3. Penentuan mata kuliah yang dapat diselenggarakan berdasar pada ketentuan

    penyelenggaraan, maka pihak administrasi akademik berwenang menetapkan mata

    kuliah yang terselenggara (dari hasil rekapitulasi) berdasar skala prioritas.

    4. Mahasiswa mengisi KRS-KAS berdasar pengumuman (dari bagian administrasi

    akademik) mata kuliah yang dapat terselenggara.

    5. KRS-KAS yang telah ditetapkan oleh mahasiswa harus disahkan oleh Ketua Jurusan.

    6. Pembiayaan penyelenggaraan operasional KAS dibebankan secara kolektif kepada

    mahasiswa.

    7. KRS-KAS yang telah disahkan harus didistribusikan oleh mahasiswa sendiri sesuai

    dengan ketentuan yang telah ditetapkan, 1 lembar untuk mahasiswa, 1 diserahkan ke

    bagian administrasi akademik dan 1 lembar diserahkan kepada dosen PA (dosen wali).

    Kegiatan ini selambat-lambatnya dilaksanakan 1 hari sebelum perkuliahan dimulai.

    Mahasiswa diwajibkan merawat dan menjaga KRS yang menjadi arsip pribadi.

    Kerusakan, kehilangan dan segala kejadian yang mengakibatkan tidak dimilikinya arsip

    KRS-KAS mahasiswa, menjadi tanggung jawab dan resiko sepenuhnya oleh

    mahasiswa bersangkutan.

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    Pelaksanaan kegiatan 1. Mahasiswa mengikuti kegiatan KAS sesuai dengan mata kuliah yang diprogramkan

    serta berdasar pada jadual kegiatan kuliah yang telah dipublikasikan oleh bagian

    administrasi akademik.

    2. Mahasiswa disyaratkan mengisi daftar hadir tiap kali datang di kegiatan perkuliahan

    yang bersesuaian.

    3. Kegiatan ujian tengah semester maupun ujian akhir semester diatur tersendiri dan

    secara khusus.

    4. Penilaian dari suatu hasil studi tiap mata kuliah didasarkan pada ketekunan dalam

    mengikuti perkuliahan (minimal kehadiran 70% diluar ujian), aktifitas perkuliahan

    (evaluasi harian, tugas, praktek) dan ujian ataupun project. Komposisi penilaian

    menyesuaikan dengan bobot masing-masing aktifitas pembelajaran.

    5. Ragam kegiatan belajar menyesuaiakan kebutuhan pembelajaran maupun

    perancangan pembelajaran sebagaimana pada silabus.

    6. Hasil akhir mengikuti KAS akan dipresentasikan pada KHS-KAS yang juga dibagikan

    kepada mahasiswa, dan diwajibkan kepadanya untuk menyimpan. Kerusakan,

    kehilangan menjadi tanggung jawab mahasiswa.

    7. Nilai tertinggi yang dapat diperoleh pada program ini adalah B+, sedangkan nilai yang

    dicantumkan pada daftar nilai adalah nilai yang terbaik.

    TATA TERTIB

    Setiap mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Bumigora Mataram,

    wajib mentaati peraturan-peraturan yang berlaku.

    Konsep Kebijakan

    Bahwa mahasiswa, staf administrasi (karyawan) dan staf akademik (dosen) Perguruan Tinggi

    serta Yayasan berada dalam suatu wawasan Almamater dimana mereka berada dalam

    suatu keluarga besar. Dengan demikian masalah dan persoalan yang mugkin terjadi hendaklah

    diselesaikan dengan azas tersebut.

    Peraturan Umum

    a. Menjunjung tinggi martabat almamater baik di dalam maupun diluar kampus STMIK

    Bumigora Mataram .

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    b. Bersikap sopan terhadap pimpinan, Dosen Asisten, karyawan dan diharuskan

    menggunakan sebutan Bapak, Ibu serta menempatkan diri dengan baik dalam suasana

    kekeluargaan almamatar.

    c. Berpakaian sopan dan bersepatu didalam mengikuti segala kegiatan kurikuler / extra

    kurikuler.

    d. Dilarang merokok selam mengikuti perkuliahan, ujian , ceramah dan kegiatan kurikuler

    lainya.

    e. Dlarang mengambil les pada Dosen STMIK Bumigora mataram yang memberi mata

    kuliah yang bersangkutan.

    f. Dilarang menempel poster / pengumuman tanpa ijin ketua.

    g. Dilarang mengendarai kendaraan di dalam kampus ditempat yang tidak disediakanuntuk

    maksud tersebut.Kendaraan harus ditempatkan secara teratur ditempat yang telah

    disediakan

    h. Menjaga dan memelihara gedung / halaman serta alat-alat perlengkapan lain dari

    STMIK. Bila terjadi kerusakan atau kehilangan barang / alat milik STMIK supaya segera

    melapor kepada pimpinan.

    i. Seorang mahasiswa yang karena kelalaian kesalahan sendiri menyebakan kerusakan

    atau kehilangan terhadap barang / alat milik STMIK diharuskan mengganti.

    j. Mematuhi peraturan-peraturan & ketentuan lain yang ditentukan oleh STMIK Bumigora

    Mataram.

    Aturan Umum Penyelenggaraan Pendidikan

    A. Pendaftaran Ulang. Pada tiap-tiap tahun kuliah baru, mahasiswa yang ingin tetap menjadi mahasiswa

    Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bumigora

    Mataram wajib untuk melakukan pandaftaran ulang sebagai mahasiswa.

    Telah menyelesaikan administrasi keuangan semester tahun akademik yang lalu dan persyaratan administrasi lainnya yang mungkin timbul.

    Para mahasiswa yang sampai tanggal yang ditentukan belum mendaftar ulang, dinyatakan tidak aktif dan tenggang waktu yang hilang dimasukkan dalam

    perhitungan masa studi.

    Mahasiswa yang selama empat semester berturut-turut tidak melakukan daftar ulang, dinyatakan mengundurkan diri dan dinyatakan gagal studi.

    Wajib daftar ulang juga diberitahukan bagi mahasiswa yang hanya tinggal menyelesaikan tugas akhir atau perpanjangan

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    B. Perkuliahan Mahasiswa STMIK Bumigora mataram diwajibkan hadir / asistensi di praktikum,

    sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

    Mahasiswa yang terlambat hadir kuliah / asistensi tidak diperkenankan memasuki ruang kuliah / Praktikum tanpa seijin Dosen / Asisten yang bersangkutan.

    Mahasiswa wajib mengerjakan tugas akademis yang diberikan dosen pengajar.

    C. Ujian Selama ujian jika terjadi kecurangan ataupun kerjasama antara mahasiswa yang

    satu dengan yang lainnya , maka mahasiswa yang kerja sama atau curang

    tersebut dianggap gagal ujian mata kuliah yag bersangkutan.

    Waktu ujian mahasiswa wajib membawa kartu mahasiswa , menandatangani daftar hadir, peralatan-peralatan yang diperlukan dalam ujian.

    Pengawas ujian berwenang mengatur atau memindahkan tempat duduk peserta ujian sebelum ujian berlangsung demi ketertiban & kemurnian hasil ujian.

    SANKSI AKADEMIS

    Gagal Studi Yang dimaksud gagal studi adalah mahasiswa yang sampai batas waktu menyelesaikan program

    studi yang diambil dan mahasiswa yang dimaksud akan dikeluarkan dari sekolah Tinggi

    Manajemen Informatika dan komputaer Bumigora Mataram, Kegagalan studi dapat disebabkan

    oleh karena:

    1. Jika selama 4 semester berturut-turut tidak aktif dan tidak mengajukan cuti.

    2. Sampai batas akhir studi (10 semester) belum dapat menyelesaikan studinya.

    3. Indeks prestasi komulatif kurang dari 2,00.

    PERINGATAN

    Berdasarkan hasil studi yang diperoleh mahasiswa dapat memperoleh peringatan dan

    dimasukkan dalam status percobaan dengan ketentuan sebagai berikut:

    1. Peringatan I apabila NRAT lebih kecil atau kurang dari 1,5 dan dua semester berturut-

    turut tanpa keterangan.

    2. Peringatan II apabila dalam 2 (dua) semester berturut-turut memperoleh NART < 1,5

    dan tiga semester berturut-turut tanpa keterangan.

    3. Dispensasi akademik

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    - Pada semester berikutnya dimana masih diperbolehkan melanjutkan studinya

    setelah memperoleh peringatan II mahasiswa yang dimaksud dalam status

    dispensasi (memperoleh dispensasi akademis)

    - Dispensasi akademis hanya diberikan satu kali dan berlaku sepanjang

    penyelesaian keseluruhan program studi

    - Dispensasi akademis diberikan atau permohonan yang diajukan oleh

    mahasiswa yang diketahui oleh Dosen Wali atau Wakil Ketua I setelah

    berkonsultasi dengan Ketua

    - Mahasiswa yang setelah memperoleh dispensasi persyaratan akan

    dinyatakan gagal studi dan dikeluarkan dari STMIK Bumigora Mataram

    4. Mahasiswa yang melakukan pelanggaran baik bersifat administrasi maupun akademis

    dapat dikenakan sanksi berupa skorsing

  • Buku Pedoman STMIK Bumigora Mataram Tahun Akademik 2010-2011

    BAB 6 BUM