bab 1 blog - · pdf filemenuju halaman pengisisan posting. dihalaman ini (gambar 6) kita...

Click here to load reader

Post on 03-May-2019

213 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

1

BAB I MEMBUAT BLOG

Membuat web saat ini merupakan suatu trend yang tidak bisa dihindari. Sama halnya dengan blog yaitu suatu web yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya dan menjadi trend yang cukup lama. Dikarenakan fungsinya yang sangat spesifik yaitu menjadi semacam buku harian bagi para pengguna internet. Sehingga blog adalah web spesifik yang sering digunakan untuk berbagai kebutuhan setiap harinya. Ada yang digunakan untuk media promosi, hobby, informasi atau hanya sekedar media tulis pribadi. Cara pembuatannya tidak terlalu sulit yang diperlukan adalah anda mempunyai email sebagai syarat pendaftaran. Dengan menggunakan internet buka alamat ini : www.blogger.com merupakan alamat awal untuk mendaftar maupun untuk mengedit blog yang sudah jadi. Halaman blog akan muncul pertama seperti Gambar 1.

1. Pendaftaran Blog Untuk mendaftar pertama klik pada bagian create your blog nowtertera terdapat 3 langkah untuk membuat sebuah blog yaitu :

1. Membuat account 2. Memberi nama blog 3. Memilih template

Gambar 1 Halaman Muka Blog

Untuk langkah pertama (Gambar 2) membuat accaount di blog menggunakan email yang kita punyai dan otomatis akan mempunyai google account. Isikan email dengan benar beserta dengan password email yang kita punyai kemudian ketikkan nomor yang tertera di gambar kemudian klik next.

2

Gambar 2 Membuat Account

Kemudian masuk kedalam langkah kedua memberi nama web (harus tanpa spasi) dan memberi judul blog misalnya judulnya adalah This My Blog dan nama webnya adalah kakashi-bayoe maka akan terbentuk alamat blog baru dengan alamat web : kakashi-bayoe.blogspot.com. Form pemberian nama dan judul dapat dilihat pada Gambar 3

Gambar 3 Memberi Nama dan Judul

3

Kemudian pada langkah ketiga yaitu memilih template yang diinginkan, yang diperlukan adalam menchek point pada template yang sudah tertera pada pilihan template (Gambar 4).

Gambar 4 Memilih Template

Setelah pemilihan template selesai maka sudah selesai pula blog yang dibuat dengan adanya pemberitahuan dari pihak blog dengan blog sudah terbentuk (Gambar 5).

Gambar 5 Blog yang Sukses Terbentuk

4

Untuk memulai posting (menulis kolom komentar) klik start posting maka kita akan menuju halaman pengisisan posting. Dihalaman ini (Gambar 6) kita isikan judul posting yang kita inginkan dan komentar dari posting yang kita buat.

Gambar 6 Mengisi Posting Blog

Gambar 7 Sukses Memposting

Kemudian klik publish untuk mengupload tulisan kita ke server blog. Jika muncul halaman seperti pada Gambar 7 maka tandanya kita sudah berhasil menulis satu posting.

5

Maka selanjutnya blog kita akan mempunyai satu posting dan dapat kita tambahkan posting berikutnya pada saat pengeditan blog.

Gambar 8 Tampilan Home Blog

Tampilan blog yang sudah jadi akan menjadi seperti gambar 8 dan untuk pengeditan melalui tampilan ini dengan klik pada costumize.

2. Mengedit Blog Mempunyai blog tentu saja tidak berarti tanpa bisa kita mengeditnya. Sebab kegunaan blog itu sendiri sebagai buku harian sehingga bila diperlukan diedit setiap hari. Untuk mengedit jika dari awal adalah sama dengan pada saat pendaftaran yaitu masuk ke www.blogger.com dan pada kolom login untuk usernamenya diisi alamat email lengkap dan password email tersebut di kolom password, kemudian klik login.

6

Gambar 9 Pengeditan pada Blog

Pada halaman pengeditan ini yaitu pada Add and Arrange Page Elements kita dapat dengan mudah mengedit tampilan yang kita inginkan. Kita dapat melakukan drag untuk memindah tampilan yang kurang sesuai dengan keinginan kita. Kita bisa mengedit satu-persatu keomentar maupun judul dari posting yang sudah ada. Kita juga bisa menambah elemen baru pada blog kita misalnya menambah gambar atau link dan sebagainya. Untuk melihat hasil editan kita klik pada preview.

Gambar 10 Penambahan Elemen

7

Untuk menambahkan elemen baru klik pada bagian Add a page element. Kemudian akan muncul tampilan seperti pada Gambar 10. Sebagai contoh kita akan menambahkan link dan gambar pada halaman web. Untuk penambahan link klik add to blog pada kolom link sehingga akan muncul tampilan seperti Gambar 11.

Isikan pada title judul dari link misalnya LINKKU Isikan pada kolom number of links show in list angka jika ingin membatasi link yang ditampilkan dalam web, jika tidak dibatasi kosongi saja. Pilih sorting jika ingin mengurutkan Link yang dibuat. Isikan pada new site URL nama situs yang di tuju misalnya www.google.com kemudian isikan new site name untuk memberi nama situs yang sekaligus akan ditampilkan dalam halaman blog. Klik add link untuk menambahkan link satu persatu samapai terserah berapa link yang ingin kita tulis pada blog.

Gambar 11 Penambahan Elemen Link Kemudian untuk penambahan elemen baru berupa pemberian gambar klik add to blog pada bagian picture sehingga muncul tampilan seperti pada Gambar 12.

8

Gambar 12 Penambahan elemen gambar

Pada bagian title kita tuliskan Judul dari Gambar yang ditampilkan contohnya Gambar dan pada caption berupa keterangan dari gambar yang kita tampilkan misalnya ini gambar anime Selain penambahan elemen baru berupa gambar dan link masih banyak penambahan yang lain silahkan saja di coba sendiri untuk menambah cantik tampilan blog kita. Kemudian jika ingin menambahkan posting pada halaman home (Gambar 8) klik pada bagian New Post dan kita akan melihat tampilan yang sama dengan waktu kita menulis posting pertama (Gambar 6) Pada bagian ini kita juga bisa menambahkan gambar dari posting ynag kita buat. Misalnya sewaktu kita posting masalah komputer dapat ditambahkan gambar komputer pada postingan kita. Setelah selesai pengeditan tentu saja kita ingin melihat hasil editan kita. Kita klik pada bagian preview atau merefresh halaman home yang sudah dibuat. Maka blog yang sudah kita update akan muncul seperti terlihat pada Gambar 13. Ternyata memang tidak terlalu susah untuk membangun blog sendiri kita bisa berkreasi dengannya dan dapat pula menjadi media yang tepat dengan bisnis ataupun hobby yang kita tekuni.

9

Gambar 13 Blog yang sudah diupdate