apakabar april 2014

60
Email : [email protected] Website : www.apakabarmagz.com it’s all about us EDISI 23 APRIL 2014 Rp 25.000,- Jika Anda jalan-jalan ke kota minyak, tak lengkap bila tak menikmati kuliner yang ada disana. Cobalah Anda menuju ke kawasan komplek ruko bandar blok L yang terletak di jalan Jendral Sudirman.Disana terdapat sebuah cafe dengan tempat yang nyaman untuk dikunjungi dengan sanak keluarga. must READ The FIRST Job COVER STORY ERY FARLIANT THE ADVERTISE MAN LIDWINA GALIH PUSPA RATNA LIFE is A COLORFUL ADVENTURE TRAVELING Pesona Kota BINTANG

Upload: apakabar-magazine

Post on 24-Mar-2016

242 views

Category:

Documents


10 download

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

Page 1: Apakabar april 2014

email : [email protected] Website : www.apakabarmagz.com

it’s all about us

ed

isi 23 A

PR

IL 2014 Rp

25.000,-

Jika Anda jalan-jalan ke kota minyak, tak lengkap bila tak menikmati kuliner yang ada disana. Cobalah Anda menuju ke kawasan komplek ruko bandar blok L yang terletak di jalan Jendral Sudirman.Disana terdapat sebuah cafe dengan tempat yang nyaman untuk dikunjungi dengan sanak keluarga.

mustread

The FIRST Job

COVER STORY ERY FARLIANT

THE ADVERTISE MAN

LIDWINA GALIH PUSPA RATNALIFE is A COLORFUL

ADVENTURETRAVELING

Pesona Kota BINTANG

Page 2: Apakabar april 2014
Page 3: Apakabar april 2014
Page 4: Apakabar april 2014

CONTENTkuliner

EDISI 23 april 2014

gadget hangoutmovietravelcoverfood & drinks profil info coming soon info info

Instan Mood

BoosterDouble Dipps Coffe

Ery FarliantBesar

Karena Pesaing Utama

RomantismeKota

Bintang ‘The Raid’ Versi Hollywood & Kembalinya si burung ‘Blu’ yang kocak di Amazon

Idaman Fotograper

HTC Technical Translation

@3-Ultrapixel

BahasHobbySampai

Investasi

penerbit mediaCV. Citra publik Nusantara

pimpinan umumadhi abdhian

ADVERTORIAL EDITOR aspian Nur

manajer akuntingido Tobing

manajer pemasaranananto Ginanjar

reporter Septian HidayantoNurul “Dedo” Hilal Fauzan ramadhan

aulia Ummaandi Wahyudi

ADMINISTRASIastrid Selfana Gumay

tataletak & desainTeguh

Suhhudt

CV. Citra Publik NusaNtaraJl. Juanda 8, No. 5 ruko lt. 2

tel. 0541 7022111 fax. 766807NPWP 03.186.760.9-722.000

No rek. Giro Mandiri 148 0011036673

www.apakabarmagz.comemail : [email protected]

redaksi & iklaN Gedung dojang taekwondo

komp. Polder air Hitamtel. 0541 7022111 fax. 766807

Hotline iklan 0823 5413 0445 (ananto)berlangganan 0541 7022111

EditorialWHATS IS YOUR FIRST JOB? Pertanyaan sederhana

yang sering dilontarkan bagi mereka yang fresh graduate. Baik dari SMA mau-pun kuliah. Mau kerja apa? Menyesuaikan disiplin ilmu? Ambil “jatah” dari ortu? Ikut ajakan teman? Atau ikut trend pekerjaan saat ini? Semua tergantung Anda. Hanya saja, wajib disimak, pekerjaan pertama bisa berarti khusus bagi sebagian orang. Terutama yang terlanjur terbiasa hidup seadanya (bukan orang kaya). Pilihan pekerjaan adalah juga menetukan nasib perekonomian keluarganya. Jadi, tak sekadar melepas status pengangguran semata. Tapi bagi mereka yang beruntung dikarunia materi lebih dari cukup, pekerjaan bukanlah hal terpent-ing. Mapannya orang tua membuat mereka rata-rata tak terlalu khawatir soal masa depan. Tapi, itu sebagian lho. Edisi ini kami bahas pertanyaan itu. Dan tak lupa ulasan trend pekerjaan saat ini dan bagaimana cara menentukan pilihan akan pekerjaan itu. Semoga menjadi inspirasi bagi Anda.

Kami menemui beberapa pribadi mengagumkan bulan ini. Mulai dari pengisi rubric inspiraSHE Lidwina Galih Puspa Ratna, pengusaha advertising yang juga cover kami, Ery Farliant, sampai figur Yulidar Gani.

Untuk kesekian kalinya, kami akan membagi cerita hidup dan harapan mereka yang pasti sangat inspiratif.

Oke, silahkan menyimak lembar-demi lembarnya. Semoga seperti sebelumnya, Anda akan terin-

spirasi dengan ulasan khas kami di edisi kali ini.Sampai Jumpa Bulan depan..

pimpinan umumadhi abdhian

Page 5: Apakabar april 2014
Page 6: Apakabar april 2014

Instan Mood Booster

Kota Tepian kembali kedatangan pemain baru di dunia kulin-er. Sebuah franchise

yang mulai berdiri pada tahun 2008

dan berpusat di Ja-karta. Double Dipps

Coffee, demikian nama warung kopi

kelas premium tersebut. Berlokasi

di lantai satu Mal Samarinda Square

Jalan M Yamin.

APAKABAR pun mendapat kes-empatan untuk santai sore sambil menikmati beragam menu andalan Double Dipps Coffe. Desain ruan-gan modern, dan cozy merupakan kesan pertama begitu APAKABAR memasuki kafe tersebut. Terdiri dari dua ruangan, indoor dan out-door.

Minuman segar dan hangat den-gan bermacam nama berbaris rapi di daftar menu. APAKABAR kali ini ingin merasakan Blackforest Rum, Avocado Coffe, dan Dark Choco Rum yang memang di rekomendasikan oleh Barista mereka. Tak salah me-mang, rasa coklat pada blackfor-est rum begitu pas tak berlebihan

dan enak!. Berhasil membuat mood lebih bersemangat.

“Minuman ice blend merupakan produk andalan selain produk ola-han kopi lainnya yang tak kalah nikmat untuk dicoba. Seperti Af-fogato, atau mungkin jus segar ada Tropical Sunrise dan Balinese Ex-otic,” ucap Irwan Darwis yang mer-upakan store manager dari Double Dipps Coffee Samarinda.

Untuk menu makanan pun cu-kup beragam. Dari mulai masakan khas Negara Barat hingga Asia. Makanan ringan hingga makanan berat siap memanjakan perut anda. Kali ini APAKABAR siap mencicipi tiga buah menu. Yaitu Carbonara

kabarKULINER

DoUBlE DIPPS CoFFE

6 apakabar April 2014

Page 7: Apakabar april 2014

Pasta, Chicken Karage with Fries, dan Chicken Chilli Fried Calamary.

Chicken Karage with Fries, dan Chicken Chilli Fried Calamary siap menjadi makanan pembuka atau jika anda hanya ingin menikmati ma-kanan ringan saja. Jika ingin mera-sakan sensasi kuliner yang unik bisa mencoba Carbonara Pasta. Memiliki aroma khas membuat anda akan pe-nasaran untuk menyantapnya hingga

suapan terakhir. “Untuk menu makanan lainnya

juga cukup banyak. Ada Nasi Goreng Seafood, Laksa Singapore. Mau yang lebih ringan ada Lumpia Ayam, Dipps Sampler, dan masih banyak yang lain silahkan datang ke Double Dipps dan rasakan sendiri kenikmatannya,” kata Irwan.

Bagi anda yang ingin santai se-jenak sambil menikmati rasa kuliner

yang asik, atau sambil menikati sa-jian musik akustik yang biasa beraksi pada malam kamis dan malam Sab-tu, anda bisa mengunjungi Double Dipps dari mulai pukul 10.00 pagi hingga larut malam. “Kami siap me-layani hingga pengunjung terakhir,” jelas Irwan.

april 2014 apakabar 7

Page 8: Apakabar april 2014

Ya, Zeus Cafe & Lounge. Berdiri se-jak 2 tahun yang lalu, cafe ini menjadi salah satu tempat yang ramai dikun-jungi. Selain tempatnya yang nyaman, dsini juga terdapat menu-menu utama yang terkenal dengan semi chinesse food-nya.

Menu pertama tersaji ialah Ayam Ratu yang merupakan salah satu menu

terlaris disini. Ayam yang diolah den-gan bumbu khas Zeus Cafe menjadikan menu ini tambah beda, apalagi dita-mbah sambalnya yang pedas manis membuat rasanya semakin lezat. Ayam ratu ini sendiri tersedia digoreng untuk rasanya yang lebih renyah atau diba-kar untuk aroma barbeque-nya yang lebih terasa. Spesialnya lagi, menu khas makasar ini dimasak langsung oleh koki yang didatangkan khusus dari Makasar juga.

Berikutnya ada Dim Dum, menu ini beraneka ragam jenisnya, seperti hakao, bakpao, siomay, lumpia, kuoti, onde tausa, kaki ayam dan udang per-ahu. Disajikan dengan panas membuat Anda ketagihan bila mencicipinya.

Selanjutnya lagi ada Sapo Tahu Seafood, menu berkuah kental satu ini memiliki penyajian yang berbeda. Paduan tahu jepang, jamur dan sayur-

sayuran di dalamnya menjadikan menu ini sangat spesial. “Menu ini sep-erti ditumis tapi ada sedikit kuahnya yang kental gitu. Menu ini juga selagi proses dimasak, mangkuknya juga su-dah dibakar duluan. Jadi setelah menu ini selesai dimasak, lalu di masukkan ke mangkuk yang dibakar itu tadi, jadi penyajian panas sekali,” ucap Yunus se-laku manager Cafe Zeus.

Selain menu makanan yang meng-gugah selera, minuman Avocado Cafe

Zeus Cafe & Lounge

Tak Hanya NyamaN, Tapi Juga

nikmaTJika Anda jalan-jalan ke kota minyak, tak lengkap bila tak menikmati kuliner yang ada

disana. Cobalah Anda menuju ke kawasan komplek ruko ban-

dar blok l yang terletak di jalan Jendral Sudirman.Disana terda-pat sebuah cafe dengan tempat yang nyaman untuk dikunjungi

dengan sanak keluarga. disini juga sangat menyegarkan. Apal-agi Lime Smoothies, minuman dengan paduan biji selasih, orange dan sirup grenadine membuat minuman ini men-jadi salah satu unggulan di cafe ini.

Harga menu-menu di cafe ini juga tergolong murah, untuk makanannya sendiri berkisar Rp 16.000,- hingga Rp 34.000,-. Dan untuk minuman-nya berkisar Rp 16.000,- hingga Rp 21.000,-.

Tak hanya hidangannya yang lezat, fasilitas ditempat ini juga sangat ban-yak. Disini tersedia tempat-tempat yang bisa menyesuaikan kebutuhan Anda. Seperti ruang meeting, acara ulang tahun bahkan tak sedikit yang menjadikan cafe zeus ini sebagai tem-pat wedding. “kalau untuk wedding kami tutup semua dibawah,karena tempat dibawah ini sendiri bisa me-

nampung 600 orang. Jadi untuk tamu reguler kami handle di lantai atas yang masih cukup menampung 200 orang,” papar Yunus.

Untuk Anda yang ingin paket wed-ding di cafe zeus ini, hanya dengan merogoh kocek 28 juta rupiah sudah tersedia dekorasi dan menu makanan dan minuman untuk 300 package. Na-mun jika Anda ingin merayakan ulang tahun dan acara lainnya hanya dengan Rp 80.000,-/package.

Cafe yang buka mulai jam 9 pagi hingga 11 malam ini menyajikan live music seminggu 3 kali pada malam se-lasa, malam kamis dan malam minggu. “tiap bulan musiknya ganti-ganti, tidak mesti akustik terkadang juga elektone. Karena kami lebih sajikan tempat yang nyaman untuk santai bersama kelu-arga,” tutur Yunus. (tian)

8 apakabar April 2014

Page 9: Apakabar april 2014

Ya, Zeus Cafe & Lounge. Berdiri se-jak 2 tahun yang lalu, cafe ini menjadi salah satu tempat yang ramai dikun-jungi. Selain tempatnya yang nyaman, dsini juga terdapat menu-menu utama yang terkenal dengan semi chinesse food-nya.

Menu pertama tersaji ialah Ayam Ratu yang merupakan salah satu menu

terlaris disini. Ayam yang diolah den-gan bumbu khas Zeus Cafe menjadikan menu ini tambah beda, apalagi dita-mbah sambalnya yang pedas manis membuat rasanya semakin lezat. Ayam ratu ini sendiri tersedia digoreng untuk rasanya yang lebih renyah atau diba-kar untuk aroma barbeque-nya yang lebih terasa. Spesialnya lagi, menu khas makasar ini dimasak langsung oleh koki yang didatangkan khusus dari Makasar juga.

Berikutnya ada Dim Dum, menu ini beraneka ragam jenisnya, seperti hakao, bakpao, siomay, lumpia, kuoti, onde tausa, kaki ayam dan udang per-ahu. Disajikan dengan panas membuat Anda ketagihan bila mencicipinya.

Selanjutnya lagi ada Sapo Tahu Seafood, menu berkuah kental satu ini memiliki penyajian yang berbeda. Paduan tahu jepang, jamur dan sayur-

sayuran di dalamnya menjadikan menu ini sangat spesial. “Menu ini sep-erti ditumis tapi ada sedikit kuahnya yang kental gitu. Menu ini juga selagi proses dimasak, mangkuknya juga su-dah dibakar duluan. Jadi setelah menu ini selesai dimasak, lalu di masukkan ke mangkuk yang dibakar itu tadi, jadi penyajian panas sekali,” ucap Yunus se-laku manager Cafe Zeus.

Selain menu makanan yang meng-gugah selera, minuman Avocado Cafe

Zeus Cafe & Lounge

Tak Hanya NyamaN, Tapi Juga

nikmaTJika Anda jalan-jalan ke kota minyak, tak lengkap bila tak menikmati kuliner yang ada

disana. Cobalah Anda menuju ke kawasan komplek ruko ban-

dar blok l yang terletak di jalan Jendral Sudirman.Disana terda-pat sebuah cafe dengan tempat yang nyaman untuk dikunjungi

dengan sanak keluarga. disini juga sangat menyegarkan. Apal-agi Lime Smoothies, minuman dengan paduan biji selasih, orange dan sirup grenadine membuat minuman ini men-jadi salah satu unggulan di cafe ini.

Harga menu-menu di cafe ini juga tergolong murah, untuk makanannya sendiri berkisar Rp 16.000,- hingga Rp 34.000,-. Dan untuk minuman-nya berkisar Rp 16.000,- hingga Rp 21.000,-.

Tak hanya hidangannya yang lezat, fasilitas ditempat ini juga sangat ban-yak. Disini tersedia tempat-tempat yang bisa menyesuaikan kebutuhan Anda. Seperti ruang meeting, acara ulang tahun bahkan tak sedikit yang menjadikan cafe zeus ini sebagai tem-pat wedding. “kalau untuk wedding kami tutup semua dibawah,karena tempat dibawah ini sendiri bisa me-

nampung 600 orang. Jadi untuk tamu reguler kami handle di lantai atas yang masih cukup menampung 200 orang,” papar Yunus.

Untuk Anda yang ingin paket wed-ding di cafe zeus ini, hanya dengan merogoh kocek 28 juta rupiah sudah tersedia dekorasi dan menu makanan dan minuman untuk 300 package. Na-mun jika Anda ingin merayakan ulang tahun dan acara lainnya hanya dengan Rp 80.000,-/package.

Cafe yang buka mulai jam 9 pagi hingga 11 malam ini menyajikan live music seminggu 3 kali pada malam se-lasa, malam kamis dan malam minggu. “tiap bulan musiknya ganti-ganti, tidak mesti akustik terkadang juga elektone. Karena kami lebih sajikan tempat yang nyaman untuk santai bersama kelu-arga,” tutur Yunus. (tian)

april 2014 apakabar 9

Page 10: Apakabar april 2014

Reservation:Jl. KH Khalid No. 1 Samarinda 75111

Telp. 0541 747689, +6241 747689Fax. 0541 747690

Family Rp 700.000Superior Rp 435.000Deluxe Rp 530.000Grand Deluxe Rp 625.000Jr. Suite Rp 720.000Suite Rp 820.000Extra Bed Rp 100.000

Check out time at 02.00 pmExtra charges will be imposed for stay after check out time

10 apakabar April 2014

Page 11: Apakabar april 2014

april 2014 apakabar 11

Page 12: Apakabar april 2014

Proses belajar yang panjang dan melelahkan sudah se-

lesai. Sekolah sudah, kuliah sudah. Selanjutnya, apa ren-

cana Anda? Pernah terpikir bagaimana masa depan Anda 5 tahun kedepan? Atau 10 ta-hun kedepan dan seterusnya? Yakinkah Anda bahwa jurusan

yang Anda pilih saat sekolah dan kuliah adalah jalur pili-han tepat pekerjaan Anda?

Hidup memang penuh dengan aneka pilihan. Tetapi menentukan atau memilih karir bukan keputu-san main-main. Memilih karir tidak sama denganmemilih barang yang ingin Anda beli. Memilih karir ada-lah salah satu keputusan yang pal-ing penting dalam kehidupan Anda. Karena rutinitas Anda selanjutnya bergantung akan pilihan tadi. Rutini-tas yang bakal melekat dalam hidup Anda sampai lama. Memang selalu ada celah dan kesempatan lain jika Anda tak berhasil di awal karir. Tapi, tetap saja Anda harus teliti, cermat, dan konsisten. Jangan sampai keter-paksaan dan salah memilih bidang karir akan membuat Anda menyesal berkepanjangan.

Saat memilih karir Anda perlu mempertimbangkan beberapa aspek agar menemukan bidang yang tepat.

Selalu ada proses awal mengkaji kekuatan dan kelemahan

diri sendiri. Apa kelebihan

dankekurangan yang dimiliki?, Apa yang ingin dikerjakan, dan pekerjaan apa yang ingin dihindari? dalam ling-kungan seperti sekarang apa betul Andaingin bekerja? Tingkat ekonomi seperti apa yang ingin saya capai?”, dan sebagainya. Beragam pertan-yaan senada selalu bakal melintas dikepala Anda. Biasanya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tadi dengan tenang, pada akhirnya Anda akan bisa menemukan karir yang diinginkan.

Tunggu.. apa hobimu? Bagaimana Anda melakukan rutinitas hobi itu? Apakah ia masuk dalam gaya hidup Anda?. Seperti apa Anda menilai diri Anda? Dinamis, lincah, tertutup, suka tantangan, kreatif, atau apa?. Biasanya, menentukan karir sesuai hobi, tingkat keberhasilannya lebih terbuka. Misalnya, jika Anda suka dunia otomotif, usaha perbengkelan, perdagangan suku cadang atau bah-kan membuka diler, adalah pilihan paling efektif.

Tak bisa dipungkiri, Sampai saat ini uang masih menjadi pertimbangan dominan dalam memilih karir.

Uang adalah tolok ukur di tingkat mana anda ingin hidup, berapa peng-hasilan yang anda inginkan. Hal ini akan membantu anda dalam menen-tukan pilihan karir. Paling tidak kalau anda ingin kaya raya anda tidak bisa memilih profesi yang idealis seperti ilmuwan atau guru sekolah dasar. Mungkin pilihan menjadi pengusaha atau bidang pertambangan bisa anda pertimbangkan.

Nah, bagaimana jika pengaruh trend, mengusik ‘cita-cita’ awal Anda?. Misalnya cita-cita standar Anda di-

masa kecil misalnya; arsitek-tur, jadi goyah akibat

trend dunia usaha sekarang lebih menjanjikan jika berkaitan erat dengan teknolo-gi. Sebenarnya bukan sesuatu

wHaTis

yourfirsTJob?

12 apakabar April 2014

Page 13: Apakabar april 2014

yang harus dihindari. Berkarir ber-dasarkan trend adalah salah satu proses yang selalu ada. Bahkan den-gan ajaib selalu berkembang lewat dukungan teknologi yg begitu pesat.

Dengan mudah, trend dan perkem-bangan usaha dari berbagai media informasi seperti majalah, surat kabar dan internet kapanpun bisa diakses. Mencari informasi soal karir? Ikuti informasi peluang kerja, trend usaha dan ekonomi dari media tersebut. Bisa juga anda baca ter-bitan khusus untuk bidang-bidang yang lebih spesifik dari asosiasi atau lembaga yang sesuai. Kemudian buat kliping tentang lapangan kerja dan jenis pekerjaan yang anda inginkan. Pikirkan mana yang sekiranya sesuai dengan bidang dan kelebihan anda, tujuan hidup anda. Kaji peluangnya di masa mendatang, mana yang pros-peknya cerah dan mana yang tidak.

Jika ditahap ini Anda masih bin-gung, bicarakan dan diskusikan den-gan orang yang kompeten di bidang-nya. Konsultasikan minat, bakat dan cita-cita Anda dengan yang sudah ahli. Atau minimal telah berhasil da-lam karirnya. Anda juga bisa mendis-kusikan masalah ini dengan keluar-ga, teman, atau mungkin dosen anda bagi mahasiswa fresh graduate. Pal-ing tidak mereka bisa memberikan saran dan nasehat, kira-kira bidang apa yang sesuai.

Bagi yang kurang pede, bisa share diforum diskusi di internet.

Sampai disini, jika Anda cukup percaya diri, jangan malu untuk mendatangi perusahaan dimana anda ingin sekali menjadi kary-awannya. Usahakan mendapat kenalan dengan orang bekerja di bidang atau posisinya yang anda in-ginkan. Dengan demikian anda bisa mendapatkan informasi jika ada pe-

luang yang ditawarkan. Kalau anda masih kuliah, usahakan untuk bisa kerja praktek di perusahaan terse-but. Bisa juga anda kerja magang di perusahaan tersebut.

Selanjutnya, Konsisten. Konsis-tensi memang diperlukan jika anda ingin sukses dalam karir. Jika anda ingin menjadi penulis, maka pelajari dan tekuni terus bidang tersebut. Be-gitu juga jika anda ingin jadi musisi atau pilot. Ingat, konsistensi akan memudahkan anda dalam meraih apa yang anda cita-citakan. Jangan pernah sekalipun menyerah apalagi putus asa. Sekali anda menyerah,

keberuntungan akan semakin sulit anda jangkau.

Nah, bagaimana jika konsisten sudah diterapkan tetapi Anda jus-tru tidak berhasil menurut ukuran Anda pada pilihan karir awal itu?. Meski anda konsisten dengan karir yang anda pilih, tidak menutup ke-mungkinan jika suatu waktu anda beralih karir. Karena tidak ada se-orangpun yang dapat

meramalkan masa depan. Dalam perjalanan karir anda mungkin saja anda akan menghadapi ber-bagai kendala yang menyebabkan anda ingin ‘banting setir’. Misalnya karena kondisi ekonomi, peruba-han visi dan pandangan pribadi, atau mungkin karena anda tidak mendapat kepuasan dari karir yang anda pilih. Jika anda meng-hadapi situasi demikian tentu pin-dah karir bukanlah hal yang dila-rang. Tetapi tentu saja anda harus siap menghadapi resiko dengan keputusan anda. So, selamat me-mulai karir. (tim)

april 2014 apakabar 13

Page 14: Apakabar april 2014

SUDAH JAUH-JAUH HARI persaingan global khususnya di kawasan Asia Tenggara digaungkan di Indonesia. Dengan harapan seluruh lapisan

masyarakat dapat mempersiapkan diri untuk bertarung di dunia usaha. Ber-bagai kampus-kampus di Indonesia pun tersengat untuk merancang strategi untuk meningkatkan kualitas lulusannya. Salah satu yang sedang giat-giat-nya meningkatkan kualitasnya adalah Politeknik Negeri Samarinda (Polnes).

IjAzAH Saja TIdAK CuKup!

DIREKTUR POLNES IBAYASID

14 apakabar April 2014

Page 15: Apakabar april 2014

KAMPUS yang beralamatkan di Jalan dr. Cipto Mangunkusumo, Samarinda Seberang ini kini terdiri dari 10 jurusan. Direktur Polnes, Ibayasid mengatakan banyak yang harus dipersiapkan untuk dapat menghasilkan lulusan yang da-pat bersaing di dunia kerja. “Peningkatan kualitas pengajar dan fasilitas belajar mengajar itu yang paling utama. Selain itu kampus harus banyak menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Kita tidak dapat bekerja sendiri. Perlu kerja sama berbagai pihak seperti pemerintah, ka-langan bisnis, atau pun industri, baik dalam negeri hingga luar negeri,” papar Ibayasid yang sudah menjadi Direktur Polnes sejak tiga tahun lalu.

Salah satu contohnya adalah kerjasa-ma Polnes dengan South East Asia Minis-try of Education Organisation (SEAMEO). “Salah satu manfaatnya kita bisa sharing bagaimana kurikulum pendidikan yang diajarkan di luar negeri. Kalau memang potensinya bagus bisa nantinya kan dit-erapkan di Polnes,” jelas Ibayasid.

Mencetak lulusan terampil akan per-cuma jika tak di imbangi dengan lapan-gan kerja yang tersedia.. Ibayasid men-gatakan itu lah salah satu fungsi Polnes menjalin hubungan dengan banyak pihak. “Kami menjalin hubungan dengan Pertamina, Kaltim Prima Coal, PKT Bon-tang, Pebankan, dan berbagai perusa-haan besar lainnya. Polnes mewajibkan mahasiswanya untuk melakukan prak-tek kerja lapangan, jadi mahasiswa kami harus merasakan bagaimana suasana

kerja dibebagai perusahaan tadi. Lama waktunya ada yang tiga bulan hingga enam bulan tergantung jurusan. Meski singkat tapi paling tidak mahasiswa sudah memiliki gambaran bagaimana dunia kerja mereka ke depannya nanti. Tak sedikit mahasiswa yang memang berprestasi langsung ditawari bekerja diperusahaan tersebut meski mereka belum resmi lulus,” kata Ibayasid yang dosen jurusan Teknik Sipil ini.

Memiliki skill dan ijazah saja dirasa be-lum cukup untuk bekal lulusannya bersa-ing. Polnes pun memberikan materi soft skill hingga Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) kepada mahasiswanya. “Per-cuma punya skill jika mental dan seman-gat kerjanya lemah. Kita mempersiapkan mahasiswa agar siap bekerja meski se-dang dalam tekanan. Selain itu juga agar mereka memperhatikan sopan santun mereka saat bekerja,” tegas Ibayasid.

Bekal tambahan diberikan Polnes agar mahasiswanya tak hanya ber-pikir untuk menjadi pegawai negeri atau karyawan perusahaan saja. “Bi-asanya sebelum kelulusan kami se-diakan tiga hari untuk pembekalan kewirausahaan. Pembicaranya tentu dari narasumber yang sudah berpen-galaman di dunia usaha. Siapa tau ada mahasiswa yang punya talenta untuk terjun di dunia bisnis. Namun, selanjutnya setelah lulus keberhasi-lan ada ditangan mereka sendiri. Ter-gantung niat dan semangat mereka,” pungkas Ibayasid. (ozan)

Biasanya sebelum kelulusan kami sediakan pembekalan kewirausa-

haan. Selanjutnya setelah lulus keberhasilan ada di-

tangan mereka sendiri. Tergantung niat & semangat mereka

IBAYASID

nikmati juga kemudahan membaca majalah apakabar di gadget kesayangan anda

www.apakabarmagz.com

april 2014 apakabar 15

Page 16: Apakabar april 2014

SUKSES tak hanya bisa didapat jika menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS), pegawai bank atau pun kary-awan perusahaan. Ada banyak jalan. Ada banyak cara. Semua tergantung anda. Menjadi se-orang pengusaha salah satu pilihannya.

Apalagi kini persaingan di dunia kerja semakin ketat. Se-mentara lapangan kerja yang tersedia sangat terbatas. Su-dah saatnya kita sendiri yang menciptakan lapangan kerja. Seorang pengusaha yang juga merupakan salah seorang ang-gota dari komunitas Tangan di Atas Samarinda mencoba un-tuk berbagi pengalaman. Zainal Afandi namanya. Berani memu-lai usaha memang merupakan saat tersulit. “Langkah pertama adalah cari teman-teman yang memiliki visi dan misi yang jelas kedepannya. Memiliki keinginan besar untuk sukses. Itu langkah pertama dan yang paling pent-ing,” jelas Zainal Afandi.

Bukan uang atau pun pen-galaman yang menjadi modal awal. Zainal mengatakan uang dan pengalaman akan datang setelah kita action. “Dari pen-galaman yang akan kita dapat, nantinya baru lah akan mem-

bentuk mental kita. Seberapa kuat nantinya kita menghadapi tekanan. Jadi, seminar menjadi pengusaha atau seminar mo-tivasi yang selama ini sering digelar memang perlu. Tapi itu hanya menambah wawasan dan jaringan kita saja. Ilmu yang sesungguhnya baru akan kita dapat jika kita action dan menghadapi berbagai masalah yang ada,” papar pria kelahiran 4 Januari 1979 ini.

Zainal menambahkan ac-tion memang penting. Namun jangan lupakan pula mem-buat konsep usaha. “Apa yang akan kita jual. Mencari apa keunikan produk kita, kelebi-han, kekurangan, target pasar, hingga melakukan survei ter-hadap produk yang sejenis dengan kita,” jelas Zainal yang juga merupakan pemilik dari Aulia Taylor di Jalan Kadrie Oening, Samarinda.

Untuk meminimalisir resiko bangkrut pengusaha pemula ada baiknya jangan langsung jauh melangkah. “Ada prosesnya. Kalau bisa mulai lah dengan modal sedikit mungkin. Gunakan sumber daya yang ada saja dulu. Agar jika nantinya harus bang-krut tidak menyisakan banyak masalah,” ucap Zainal. (ozan)

ACTIOn dulu, SelanjutnyauAng Mengikuti

Page 17: Apakabar april 2014

Perjuangan menyelesaikan skripsi ber-hasil dilalui. Prosesi upacara wisuda pun sudah dijalani. Gelar sarjana sudah me-lekat dibelakang nama. Mencetak pas foto, menyiapkan berkas lamaran pekerjaan dan menyelipkan ijazah sarjana di dalam sebuah amplop atau pun map. Tak bosan membolak-balik lembaran surat kabar mencari informasi lamaran pekerjaan.

Dunia perbankan salah satu yang ban-yak menyediakan peluang. Berhubungan dengan dunia ekonomi. Tapi nyatanya tak menutup peluang bagi bidang ilmu lain-nya untuk bergabung didalamnya. Teddy Purwoko, PemimpinBidang Operasional Bank Negara Indonesia (BNI) wilayah Sa-marinda yang membawahi bagian Human Resource Development (HRD) mencoba berbagi kenapa perbankan kini semakin diminati pencari kerja.

“Ada banyak alasan. Diantaranya, bek-erja di bank memiliki prestise tersendiri, ada jenjang karir, cita-cita sejak kecil, hingga hanya ingin coba-coba. Nantinya bakal keliatan mana yang serius setelah wawancara. Tahapan seleksi ada bebera-pa seperti, administrasi hingga psikotest. Psikotest merupakan tahap terpenting dimana pelamar akan disesuaikan posisi apa yang tepat untuk dia. Jadi belum ten-tu dia melamarnya untuk jadi teller nanti harus jadi teller. Bisa jadi dia lebih cocok diposisi costumer service,”papar Teddy yang sudah dua tahun bertugas di BNI Samarinda ini.

Teddy pun mengungkapkan alasan mengapa bank kini banyak diisi oleh orang-orang tak hanya di bidang ilmu ekonomi saja. “Saat ini perkembangan

teknologi informasi untuk perbankan sangat pesat. Untuk itu bank juga harus memiliki orang-orang yang ahli dibidang teknologi informasi. Lalu untuk wilayah Kalimantan Timur banyak perusahaan pertambangan atau perkebunan yang mengajukan kredit misalnya. Otomatis kami juga perlu orang yang kompeten di bidang pertambangan atau perkebunan untuk melakukan analisa. Lalu antara bank dengan nasabah atau pihak peru-sahaan pasti ada surat-surat yang harus disah kan sesuai aturan yang ada. Jadi bank juga harus merekrut orang yang mengerti tentang hukum,” jelasnya.

Untuk saat BNI juga coba untuk “jem-put bola”. Yaitu terlibat dalam job fair yang digelar oleh kampus-kampus yang ada di Kota Tepian. “Kami juga siap mem-berikan beasiswa bagi mahasiswa. Ten-tunya dengan syarat tertentu. Nantinya setelah mereka lulus bisa diprioritaskan langsung bekerja di BNI,” ucap Teddy.

Untuk perekrutan sumber daya manu-sia (SDM) BNI lebih berdasarkan dengan kebutuhan. Tidak asal melakukan pen-erimaan. “Kami memiliki bagian khusus yang melakukan perhitungan. Apakah kantor cabang tersebut sudah harus ditambah SDM nya. Disesuaikan dengan beban kerja. Misalnya transaksi yang dilakukan kantor cabang tersebut set-iap harinya. Jika jumlah transaksi sudah berlebihan sementara SDM kurang, oto-matis harus segera dilakukan perekru-tan agar pelayanan terhadap nasabah tetap maksimal,” kata Teddy sekaligus mengakhir perbincangan dengan APA KABAR. (ozan)

juruSan apa Saja BiSa.

ASAl MAu!

Dunia per-bankan salah satu yang banyak menye-diakan peluang. Berhubungan dengan dunia ekonomi. Tapi nyatanya tak menutup peluang bagi bidang ilmu lainnya untuk bergabung didalamnya.

april 2014 apakabar 17

Page 18: Apakabar april 2014

APA PEKERJAAN FAvORIT DI KALTIM? jawabannya bisa beragam. Tetapi jika mengacu pada pendapatan, pertambangan menjadi lahan paling menggiurkan bagi para pencari kerja. Dengan spesifikasi tambang batubara dan migas plus janji pendapatan ting-gi, kaltim menjadi lebih “sexy” dimata pencari kerja pertambangan ataupun lulusan jurusan pertambangan dari se-luruh negeri. Tak heran pada lini terten-tu, SDM pertambangan di kaltim justru dikuasai oleh pendatang. Setidaknya, begitulah gambaran yang didapatkan Apakabar lewat Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Timur. Setelah itu ada Sek-tor jasa, & Perbankan yang berturut-turut menjadi sector yang paling dicari oleh pencari kerja.

Melalui data yang didapat oleh tim APAKABAR melalui ibu Ir. Sulistri Kawiyani M.Ed , Pencari kerja di sektor pertambangan masih menjadi favorit Jumlah keseluruhan perusahaan yang bergabung di kegiatan Job Market Fair ada 122 Perusahaan, 626 Jabatan, 5408 Lowongan, 6137 lamaran kerja.

Sayangnya, meski jumlah pencari kerja di kaltim cenderung meningkat, kondisi itu tidak diimbangi dengan kemampuan yang dibutuhkan oleh in-

stansi atau perusahaan. Apalagi men-ingkatnya jumlah itu salah satunya diakibatkan oleh semakin derasnya arus pendatang. “Padahal dalam men-cari kerja, jangan hanya mengandalkan latar belakang pendidikan saja. tapi juga keahlian. Termasuk lulusan SMK. Meski mereka tergolong lebih siap dari lulusan SMA, tambahan keahlian tetap saja dibutuhkan demi memantapkan syarat kriteria perusahaan,” ungkap Ibu Sulistri, Kepala Bidang Pengembangan Tenaga Kerja Disnakertarns. Meski di-akuinya kesempatan lulusan SMK untuk langsung diterima kerja lebih terbuka. “Mereka sudah punya basic. Jadi ting-gal menyesuaikan saja,” tambahnya.

Lebih detil, ia menyebut dua hal dasar yang harus dikuasai oleh para pelamar kerja modern. Yaitu menguasai bahasa inggris dan mampu mengoperasikan computer dengan baik. “Itu kenyataan-

nya. Apalagi di pertambangan. Istilah asing dan penggunaan perangkat com-puter adalah hal yang wajib. Saya kira hamper disemua bidang yang butuh konsentrasi baik, membutuhkan 2 un-sur tadi,” Jelasnya lagi.

Lebih jauh Wanita berhijab ini men-guraikan, 2009 silam, jumlah pengang-guran kaltim diproyeksi 139.830 orang dari proyeksi angkatan kerja 1.426.282 orang. Kenyataannya, angka pengang-guran mencapai 158.224 orang dari jumlah angkatan kerja 1.460.996 orang. Berdasarkan data BPS itu, proyeksi ketenagakerjaan di Kaltim dari 2009-2013 akan terus mengalami peningkatan. Pada 2009 tingkat pen-gangguran diproyeksi 9,8 persen dan pada 2013 diproyeksi akan menyentuh 12,46 persen.

“Dinas ini sudah berusaha untuk me-nekan angka pengangguran dengan memaksilkan eksistensi Balai latihan kerja (BLK) ,” tuturnya. Sekadar dike-tahui, di Kaltim saat ini sudah berdiri lima BLK di lima kota/kabupaten. Yakni, di Samarinda dengan kapasitas 600 orang, di Balikpapan 300 orang, dan Tarakan 300 orang. Ada juga di Nunu-kan dengan 300 orang dan Bontang 480 orang.

Ia menambahkan, kondisi pengang-guran di kota/kabupaten berdasarkan persentase dengan jumlah angkatan kerja, yang paling banyak ada di Bon-tang. Di kota ini, angkatan kerja ada 55.111 orang, dengan jumlah pen-gangguran 8.078 orang (14,66 persen) dan Kutai Timur dengan angkatan kerja 83.387 orang jumlah pengang-guran ada 2.169 orang (14,59 persen). Program un ggulan BLK itu sendiri ada-lah pelatihan-pelatihan sesuai dengan bidang keahlian yang dipilih dengan waktu 320 jam. Selama ini sudah diikuti sekira 2000 orang dan dari jumlah itu, 90% sudah diserap oleh perusahaan. “Sebenarnya Selain memanfaatkan BLK, ada juga program efektif lainnya yang kami kerjakan. Yaitu Kios 3in1; Pelatihan, Penempatan dan Sertifikasi. Tujuannya juga sama, meningkatkan kualitas pencari kerja lokal,” demikian tutup Sulistri. (dedo)

WAjIB Kuasai

BAHASA InggRIS

& KOMpuTER

Ir. SUlISTRI KAwIYANI, M. ed

Page 19: Apakabar april 2014

ZTE NUBIA X6

For Selfie Freaks!

TREN SELFIE membuat pro-dusen ponsel kian memperkuat kamera depan. Tak tanggung-tanggung, ponsel Android terbaru dari ZTE punya kamera depan res-olusi 13 megapixel!

Adalah ZTE Nubia X6 yang baru saja diumumkan di China. Den-gan kamera depan resolusi tinggi, tentu ponsel ini pasti memuaskan pecinta selfie. Kamera belakang-nya beresolusi sama dibekali lensa f/2.0 dan optical image sta-bilisation (OIS).

Nubia ZTE bermain di kelas high end, dibekali spesifikasi tinggi : Prosesor quad core Qual-comm Snapdragon 801 clock speed 2,5GHz serta RAM 3GB menjanjikan performanya gahar. Storage internal 32GB/64GB, dual SIM, slot microSD sampai 128GB, baterai 4250mAh, serta layar 6,44 inch yang menjadi-kan X6 masuk kategori phablet. Resolusi layarnya full HD 1920 x 1080 pixel dengan 344ppi . (net)

idaman FotograperINI DIA ponsel yang dagadang bakal sejajar dengan keperkasaan

seri Galaxy Samsung dan Iphone, HTC One (M8). yang dilancurkan 25 Maret lalu, di New York.

layar berukuran 5 inchi dengan 440 ppi. M8 dibenamkan prosesor Snapdragon 801. HTC One (M8) dilengkap slot microSD card dengan 128 GB. Yang menarik adalah bagaimana body dari ponsel ini sangat mengkilat. "Kami menyemir metalnya dengan sentuhan cermin dan menyikatnya agar teksturnya elegan," kata AvP HTC, Jonah Becker.

HTC nampaknya serius mempersiapkan peluncuran All New HTC One. lewat teaser video ke-3 untuk mengedukasi pengguna. Diberi judul "HTC Technical Translation @3 - Ultrapixel", diceritakan men-genai kemampuan HTC One baru nanti yang dapat bekerja da-lam cahaya yang rendah serta dengan sensitivitas yang lebih bagus 300% dari ponsel lain-nya. Software kamera HTC juga ditingkatkan, bagi pengguna kamera serius, kendali manual dimungkinkan, yang mana Anda akan dapat mengubah banyak setting layaknya kamera saku canggih, antara lain WB (White Balance), Exposure compensa-tion, shutter speed, dan ISO. boleh dibilang bagi pencinta fotograpi, inilah ponsel yang wajib disandingkan dengan kamera DSLR. (net)

Microsoft te-lah resmi mer-ilis aplikasi MS Office untuk pengguna iPAD. Aplikasi MS Office ini menawarkan pengala-man serupa dengan PC dan jauh lebih baik bila dibandingkan dengan MS Office versi iPhone yang sudah ter-lebih dahulu hadir.

Microsoft memberikan gratis Office ini. Sehingga pengguna dapat melihat dokumen Word-Excel atau melakukan presentasi PowerPoint dengan bebas. Ketika pengguna tablet Apple ini ingin

mengedit atau beker-ja dengan aplikasi Of-

fice, maka diharuskan membayar uang berlangganan USD 13 untuk sebulan atau USD 130 selama setahun.

Microsoft juga menyediakan ap-likasi Office 365. Sehingga peng-guna bisa melakukan pekerjaannya dimanapun asal terhubung internet. Apple tidak keberatan dengan ke-hadiran Microsoft Office di iPad, ken-dati sebelumnya Apple juga mempu-nyai aplikasi sejenis di iWork yang mempunyai fungsi sejenis. (net)

Microsoft Officemasuk ipad HARGA

USD 485 -

Rp 5 jt-an

kabar M

OV

iE

april 2014 apakabar 19

Page 20: Apakabar april 2014

gagal? Caleg itu STRESBukan gAngguAn jIWA

Beralamatkan di Jl. Kakap No. 23 Samarinda, Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Atma Husada Mahakam yang dibangun pada diatas tanah seluas 20.157 m2 pada 1933 silam oleh Kesultanan Kutai masa itu, menjadi sering muncul di media cetak seir-ing pelaksanaan pemilihan legisla-tive yang dilaksanakan bulan ini. Kondisi stress para caleg yang gagal dikhawatirkan sampai pada tingkat harus dirawat, menjadi penyebabnya. Apalagi berdasarkan pengalaman sebelumnya, adalah caleg pemula-lah yang rentan mendapat perawatan disini. RSJD AHM tidak hanya merawat orang dengan gangguan kejiwaan saja, tetapi juga gangguan psikologis lainnya seperti gangguan tidur, keter-gantungan merokok dan narkoba, fi-sioterapi, dan lain sebagainya.

“Sebenarnya tak ada perbedaan-nya. Kami siap menerima siapa saja yang membutuhkan bantuan mengembalikan keadaan psikolo-gis mereka ataupun keluarga mer-eka, kami tidak membeda-bedakan pasien entah itu dari kalangan be-rada ataupun kalangan menengah kebawah,” ungkap Zulkifli Sekertaris Humas RSJD AHM.

Lebih rinci ia menerangkan, RSJD ini dilengkapi total 250 tempat ti-dur yang tersebar disetiap kamar inap. Kelas I dan II memiliki kapasi-tas max. 20 pasien dengan minimal 2 tempat tidur perkamar, sedangkan kelas III dan bangsal maksimal 45 pasien dengan minimal 4 tempat tidur perkamar.

Terkait perawatan bagi caleg, ke-cendrungannya adalah stress. Hanya saja tingkatannya berbeda. Ada yang berat, ada yang ringan. Biasanya dikarenakan sudah mengeluarkan biaya yang banyak, dan ambisi yang

akhirnya kandas. Hanya saja tak se-mua dari mereka mau dirawat di ru-mah sakit. Kadang ada yang hanya menyimpannya saja sendiri. Tetapi bagi yang tau pentingnya kembali stabil pasca stress dsan juga atas arahan keluarga, perawatan di RSJD adalah opsi terbaik.

“Tingkat stres mereka berbeda-beda. Tetapi layanan yang kami berikan tidak berbeda. Semua tingkatan itu terlayani sama. Dari pengalaman, jarang ada caleg yang harus dirawat karena mengalami gangguan jiwa parah akibat gagal jadi legislatif. Yang ada ya itu tadi. Ka rena stress” tambahnya.

Karena kondisi mereka yang ‘is-timewa’, banyak orang beranggapan bahwa biaya perawatan mereka juga punya harga istimewa. “Tarif sebe-narnya tetap saja disusaikan dengan jenis ruangan yang digunakan pasien. Tidak dibedakan, karena ya itu tadi perawatannya juga disesuaikan den-gan kadar stress atau gangguan jiwa yang di idap,” jelas Zulkifli lagi.

Gangguan Jiwa Bukan orang GilaSisi menariknya, sejak dipimpin

Direktur Dr. Hj. Padilah Mante Runa, M. Si, Mei 2012 lalu RSJD ini Nampak lebih bersolek. Selain fisik bangunan yang lebih terkonsep menarik, Konsep menajeman dan layanan lebih diperbaiki. Pandan-gan bahwa jika berobat ke RSJD ini harus menanggung malu, diubah. Pasien ataupun keluarga pasien diberi keterangan terkait kondisi perawatan mereka yang mengidap gangguan jiwa dan sebagainya. Pengobatannya adalah proses yang wajar. “Kami selalu mener-apkan dan menjelasakan pada masyarakat luas agar merubah stigma negatif terhadap pengidap gangguan kejiwaan. Sebaiknya tidak lagi menyebut orang yang mengalami gangguan kejiwaan itu dengan sebutan ‘orang gila’. Kar-ena memnag terdapat perbedaan sebenarnya. Selain itu, kita harus menjaga perasaan orang dan kelu-arga mereka,” urainya. (nata)

Gagal di Pileg, Caleg stres? RsJd AHM samarinda, siap merawatnya.

20 apakabar April 2014

Page 21: Apakabar april 2014

BANYAK JAlAN MENUJU RoMA, itulah kalimat yang sering terlintas ketika ingin mencapai sesuatu. Seperti juga menjadi seorang pengusaha sukses. Jalan untuk menjadi pengu-saha sukses yang penghasilan tinggi tentu tidak

mudah dan membutuhkan perjuangan. Diperlukan keyakinan dan kekuatan berpikir kuat, dan tentu saja stabilitas semangat. Terkadang jalan menuju

sukses terbuka dari celah yang tak terduga. Dari rival utama contohnya.

BESAR Karena pESAIng utama

ERY FARlIANT

COVER STORY

Page 22: Apakabar april 2014

Tahapan demi tahapan harus ditempuh lewat proses jatuh bangun. Selalu ada cerita tersendiri bagaimana proses meraih kesuksesan itu. Seperti yang dialami profil muda kali ini, Ery Farliant, owner dari Lineza : salah satu perusahaan advertis-ing terbesar di Samarinda.

Setelah lulus kuliah di Universi-tas Tarumanegara Jakarta, Ery bek-erja di manajemen Duta Pertiwi Mangga Dua Mal Jakarta selama 2 tahun di bagian pengelolaan ge-dung. Posisinya saat itu tergolong rendah yakni staf informasi. Tugas-nya antara lain, memberitahukan jika ada anak hilang. Berdedikasi dan loyal, dalam 2 tahun Ia naik jabatan hingga terakhir dibagian Leasing and Commercial, yaitu pe-nyewaan space iklan yang di kom-ersilkan media iklan di mal itu.

Merasa belum maksimal, pria kelahiran Samarinda 4 Maret 1983 silam ini memutuskan kembali ke Samarinda. Ia mencoba peruntun-gan membantu usaha ayahnya di-bidang pertambangan dan equip-ment. “Naik turun bisnis pertam-bangan dan kondisinya sekarang yang kurang stabil, membuat saya harus mencari celah lain sebagai usaha. Pilihannya waktu itu digi-tal printing,” kenang Ery.

Dengan pinjaman modal dari ayahnya, ia memulai usahanya dengan 1 mesin digital printing plus 10 roll bahan dasar ceta-kanya dari sang ibu. Ery mem-beranikan diri membuka usaha itu sendirian dirumahnya. “Wak-tu itu saya single fighter dari de-sain, produksi hingga finishing saya tangani sendiri. Tidak tera-sa 2 tahun seperti itu. Dulu 10 roll itu 3 bulan baru habis, kar-ena masih baru dan banyak yang belum percaya dengan kinerja saya. Sekarang Alhamdulillah 10 roll itu bisa habis dalam sehari,” kenangnya lagi.

Proses persaingan juga ia alami, pernah dicibir karena kualitasnya masih kalah dengan

lawan usaha lain, ia pantang mun-dur. Perlahan proses perbaikan kualitas ia jalani. Mulai penamba-han mesin hingga merekrut SDM professional.

“Waktu itu perusahaan printing baru ada 5 di samarinda, sayangnya karena kurang pengalaman, Lineza itu nomor 5 paling jelek dan ket-inggalan. Saat itu harga jual masih tinggi persainganpun ketat. Hingga di 2009 baru mulai banyak bermun-culan pemain lainnya,” papar Ery.

Anak dari Entje Jainal Abidin dan Hj. Pauluie Christina ini pun semakin semangat mengmbang-kan usahanya. Ia sadar, pergaulan yang luas juga membantu pe-masaran usahanya. Banyak ogan-isasi masyarakat dan kepemudaan ia dekati bahkan diantaranya ia putuskan untuk bergabung. Salah satunya agara sinkron dan mem-bantu bisnis yang Ia kembangkan.

Langkah berani sebagai media partner material promo Persi-sam Putra Samarinda (sekarang Pusam) pernah ia ambil. Kala itu persisam baru promosi kek kasta tinggi turnamen bola nasional, In-donesian Super League (ISL).

“Terkadang income itu tidak bisa dinilai dengan uang, pada saat kita dipercaya oleh publik figur, itu sudah tidak bisa dinilai dengan uang, saat itu uang nomor sekian buat saya. Salah satunya, ya saat menjadi mitra Persisam,” jelas Ery.

Bagi Ery hal yang paling pent-ing dalam hidupnya ialah loyali-tas dan komitmen ia juga punya

pandangan menraik soal dunia layanan advertising. Menurut-nya, Advertising itu 80% seni si-sanya improvisasi. “Saya berani kehilangan uang ratusan juta demi loyalitas dan komitmen. Itu jangan sampai lepas. Saya lebih memilih menggratiskan pengguna jasa saya asal dia puas, daripada dibayar tapi konsumen kecewa dengan layanan tim saya. Sebenarnya, Itu tipikal seorang advertising. Uang itu poin kesekian, uang itu adalah bonus. Kepuasan dan kualitas dari jerih payah itu lebih utama,” papar Ery.

Positifnya, Ery selalu men-coba menularkan karyawannya tentang kedisiplinan dalam se-gala hal. Disiplin yang dilandasi komitmen dan loyalitas. Ter-masuk kepercayaan terhadap konsumen walaupun dalam situasi tertentu orang itu malah mengecewakannya. “Bagi saya sebenarnya mereka layak dapat kesempatan kedua, hal itu yang sering saya tanamkan ke mer-eka. Saya adalah tipe orang yang tidak pernah pecat karyawan, meskipun yang keluar sendiri banyak. Tapi hal yang pasti saya tidak pernah pecat mereka walaupun berbuat salah apapun. Boleh ditanya mantan-mantan karyawan saya. Mungkin itulah yang membuat mereka respect dengan saya, meski tak lagi satu tim, mereka tetap menghormati saya,” kata Ery.

Semakin lama berkecimpung diusaha ini, Ery jadi paham, peran serta reklame-reklame middle low sangat memban-tunya. Justru ia makin berkem-bang dari situ. Kepercayaan dari rekan kerja reklame yang sifat-nya jasa dan broker diakuinya sangat membantu. Tak heran hubungan pertemanan itu ia jaga dengan baik.

Punya modal kemampuan cukup, Ia pun mulai mengem-bangkan sayap usahanya. Gerai

Untuk jadi besar harus mengadopsi dan belajar dari banyak hal. Wa-wasan dan pergaulan harus lebih diperluas. “Tak hanya kalangan pengusaha, teman saya juga banyak yang dari preman dan pengamen. Punya ban-yak teman itu asik, kita tidak tahu rejeki itu datang dari-mana. Line-za besar kan juga karena reklame-re-klame kecil,” papar Ery.

Saya kan gila bola, menjadi bagian perkembangan persisam,

bangga rasanya. Apalagi begitu melihat bis persisam melintas

ada logo usaha dan desain saya disitu, sungguh kepuasan tersendiri buat saya

22 apakabar April 2014

Page 23: Apakabar april 2014

cabang ia bangun di Tenggarong dan Samarinda Seberang. “Alhamdulil-lah sekarang saya punya 2 cabang, Insya Allah tahun ini mau buka cabang antara di Sangatta atau Tanjung Selor, bahkan kalau bisa dua-duanya,” jelas Ery.

Menariknya terkait cabang usahanya ini, tak pernah ia targetkan sebe-lumnya. “Niatnya waktu itu bantu teman yang tiba-tiba usahanya merugi tanpa membebani kas yang ada. Saya ajak dia untuk buka usaha cabang Lineza, saya berikan modalnya dan dia yang mengelola manajemen. Jadi kita sharing,” jelas Ery.

Seperti pengusaha lain, Ery punya momen yang begitu membuatnya termotivasi untuk lebih sukses lagi. “Dulu saya pernah diremehkan oleh salah satu pemilik usaha digital printing juga, usa-hanya besar waktu itu. Langsung face to face. Waktu itu kami adalah mitra, saya juga banyak di support kerjaan olehnya. Itu awal sekali saya mu-lai usaha ini. Dia bilang, ‘Lineza itu tidak ada apa-apanya, tidak akan besar’ di depan semua orang bahkan karyawannya saat itu. Tahu diri masih pem-ula, ucapannya saya telan saja,” tutur Ery.

Dari situ ia sadar bah-wa selain membuktikan dirinya bisa berbuat lebih, ia juga tahu usah-anya punya masa depan yang cerah jika terkelola dengan baik. “Sampai ka-panpun dan dimanapun saya harus lebih baik dari dia. Jika dia punya satu, saya harus punya dua dan seterusnya. Dia bisa kalibrasi warna, saya harus bisa leb-ih detail lagi. Saya sempat merasa sakit hati sekali,merasa terhina, sedih, bahwa orang yang saya hor-mati sebagai seorang tokoh digital karena jam terbangnya yang tinggi di, justru meremehkan saya sep-

erti itu,” tambahnya lagi. Meski begitu, Ery tidak merasa dendam, ia justru bersyukur bisa head to head dengan yang terbaik. Bahkan bisa menjadi tolok ukur kemampuannya. Ke-sabarannya berbuah man-is, sang pesaing utama itu justru meberikannya pelajaran terbaik ; men-jaga kualitas. Baik output maupun layanan. “Sampai sekarang saya terus beru-paya update teknologi dan trend diusaha ini, saya harus terus berani men-coba sesuatu yang baru. . Belajarlah dari musuhmu, karena dialah sebenarnya guru terbaikmu,” ujar Ery.

“Sekarang saya malah re-spect dengan orang itu. Ka-dang saya mencari tahu ke-beradaannya. Sebenarnya, dia adalah salah satu orang yang sangat berjasa bagi saya, saya akan berterima kasih sekali jika nanti bisa bertemu dia lagi,” kata Ery.

Ery juga sadar, terkadang manusia akan keluar dari batas ke-mampuannya saat jatuh, karena ada alasan untuk membuktikan pada dunia bahwa Ia mampu. “Mungkin dulu saya merasa tersakiti, sekarang saya merasa bersyukur. Pada 2010 lalu saya mendengar usahanya tutup. Saya adalah orang yang pertama kali sedih waktu itu, karena saya kehil-

angan parameter kualitas. Jujur dulu mereka adalah kiblat usaha saya,” pa-par Ery.

Ery punya sosok penting yang juga mempengaruhi usahanya. Kholil. “Di-mata saya dia seorang pengusaha yang sangat idealis kebanyakan pe-mikiran-pemikirannya sangat kontro-versi namun tepat. Saya mulai kenal politik juga dari situ,” ucapnya.

Ery dan Kholil bekerja sama di ko-perasi mitra pariwara, sempat men-gadakan acara jalan-jalan bersama anak yatim.“Saat melihat mereka bermain, berenang, tertawa. Meli-hat raut wajah mereka yang begitu bahagia. Itu sangat berkesan sekali buat saya, dari apa yang kita hasil-kan untuk mereka. Itu nilainya luar biasa sekali dan itu tidak bisa dini-lai dengan uang,” jelasnya. Dari situ, saban Jumat Ery rutin menyumbang untuk panti asuhan termasuk jasa pendistribusi sedekah, DPU.

Ada satu keinginan Ery yang be-lum kesampaian. Ia ingin menyatu-kan dalam satu wadah atau asosiasi bagi para pengusaha reklame agar bisa membuat standarisasi harga dan tidak merugikan para pemain reklame-reklame kecil. “Dulu pernah terbentuk, sayang karena perbedaan pandangan, pecah menjadi dualisme. Jujur sekarang saya masih menunggu satu figur yang siap mengkoordinir semua dari keduanya dan saya siap mensupportnya,” harap Ery. (tian)

Musuh Adalah ‘guru’“Sampai ka-

panpun dan di-manapun saya harus lebih baik dari dia. Jika dia punya satu, saya harus punya dua dan seterusnya. Dia bisa kalibrasi warna, saya harus bisa lebih detail lagi. Saya sempat merasa sakit hati sekali,merasa terhina, sedih, bahwa orang yang saya hor-mati sebagai seorang tokoh digital karena jam terbangnya yang tinggi di, justru mere-mehkan saya seperti itu,”

april 2014 apakabar 23

Page 24: Apakabar april 2014

goal Visi Masa depan

YUlIDAR GANI, SE, MH

24 apakabar April 2014

Page 25: Apakabar april 2014

Buku dan berkas-berkas bertumpuk di mejanya. Dering

telepon yang sesekali berbunyi,bahkan terka-

dang anak buahnya yang keluar masuk

untuk menemuinya.Tampak betapa sibuknya

kegiatan yang Ia jalani sehari-hari. Di sela ke-

padatannya itu, Ia men-coba menyempatkan diri

bertemu dengan Tim APAKABAR. “Silahkan

duduk, maaf sedikit be-rantakan,” ucap Yulidar Gani selaku owner dan General Manager (GM)

dari Hotel Mirama di Ba-likpapan ini.

Berawal dari usaha Expor-impor kayu milik orang tua yang dijalankan oleh sang kakak.Se-bagian dari hasil tersebut pun di investasikan untuk membangun sebuah Hotel. Ya, Hotel Mirama yang berdiri pada 1977 ini du-lunya hanya memiliki 44 kamar. Kini seiring perkembangannya menjadi Hotel berbintang 3 den-gan 109 kamar didalamnya.

Pernah belajar di H.R.A Hotel Course di Singapura pada 1977 hingga 1979 membuatnya se-makin siap untuk memimpin ho-tel Mirama.

Yulidar Gani sendiri meng-han-dle sejak 1980 hingga saat ini, ya, 34 tahun menjabat GM tentu tak diragukan lagi dalam kepemimpi-

nannya di perhotelan. “Pada 1980 lalu hotel di Balikpapan masih di bawah 10 jadi hotel ini merupa-kan peluang yang bagus kede-pannya,” Ucap pria kelahiran Sa-marinda 29 Juli 1959 ini.

Mengawali tentu tak mudah baginya, apalagi dengan segala keterbatasannya saat itu. Na-mun dengan niat dan semangat yang tinggi Ia pun membangun perlahan-lahan Hotel Mirama itu. “saya membangun dengan segala keterbatasan, tapi seir-ing berjalannya waktu saya mencoba memperbaiki satu persatu fasilitas yang ada,” ucap Yulidar.

Tidak menutup kemungkinan nantinya Hotel yang Ia bangun ini akan “beranak pinak” di kota lain. “Kalau di Samarinda saya melihat p r o s p e k n y a sangat ba-gus untuk m e n g e m -bangkan ho-tel, karena disana tidak s e b a n y a k B a l i k p a p a n . M e s k i p u n sekarang mu-lai banyak, tapi masih ada peluang lah untuk disana. Kal-tim sendiri perkembangannya begitu pesat dan Hotel lah sa-rana yang menunjang dalam pariwisata,” jelas Yulidar.

Di tengah kesibukannya seba-gai GM yang begitu padat, Yulidar juga selalu menyempatkan untuk

berolahraga tenis dan berenang.“Dalam hidup saya yang pent-

ing itu melakukan yang terbaik dan tentunya menghasilkan goal-goal yang memang merupakan visi kita kedepan, membuat peru-sahaan terus bertumbuh dan da-pat juga memberikan kontribusi yang terbaik bagi perkembangan perhotelan dan pariwisata di Kal-tim,” ujar anak dari Gani Sumimoto dan Siti Hartati ini.

Demi mencapai keinginannya yang terbaik untuk Kaltim, Yuli-dar sendiri kini menjabat seba-gai wakil ketua Perhimpunan Hotel di Kalimantan Timur dan menjadi ketua untuk wilayah Balikpapan. Yulidar juga men-jadi anggota dewan kadin di Balikpapan. (tian)

“Dalam hidup saya yang penting itu melakukan

yang terbaik dan tentunya menghasilkan goal-goal

yang memang merupakan visi kita kedepan, membuat perusahaan terus bertum-buh dan dapat juga mem-

berikan kontribusi yang terbaik bagi perkembangan perhotelan dan pariwisata

di Kaltim,”

april 2014 apakabar 25

Page 26: Apakabar april 2014

Lidwina Galih Puspa RatnaInSpIRA

SHEPUBlIC RElATIoN HoTEl ASToN BAlIKPAPAN

life is a colorfuladventureParasnya cantik, menatapnya tak mungkin bosan. Punya pribadi sederhana, santai, simple dan menyenangkan saat diajak bicara. Kala obrolan berjalan, tak henti senyuman man-isnya menebar. Tak heran siapapun pasti betah berlama-lama dengannya. Mungkin karena sejak berstatus pelajar, ia sudah berhadapan dengan banyak karakter orang. Ya, lidwina Galih Puspa Ratna, sudah mandiri sejak dibangku SMA.

DISAAT pelajar lain menghabis-kan waktunya dengan belajar dan setumpuk tugas dari sekolah, dara yang akrab disapa Nonie ini malah menyempatkan membagi masa SMA-nya bermain dengan gelas-gelas dan meramu minuman café. Ya, Ia men-jadi Barista. “Ayah dulu sering berkata pada saya untuk harus bisa menjadi wanita karir nantinya, harus mandiri

nantinya, secukup-cukupnya keluarga kamu harus mengenal dunia peker-jaan,” ucap dara kelahiran Yogyakarta 15 April 1988 ini.

Sembari menjadi barista di sebuah cafe di Jogja, Ia juga merang-kap sebagai Event Organizer (EO), Apalagi, di Jogja, semasa SMA-nya lalu gelaran even-even pentas seni (pensi) begitu sering dilaksanakan.

Ia selalu bersemangat jika diperca-ya sebagai pelaksana pensi. Entah mengapa ia enjoy dengan side job yang sebenarnya banyak menyita perhatian dan tenaga itu. Mungkin karena ia juga sangat suka music. Apalagi dengan menjadi EO ia bisa dekat dengan deretan artis idola remaja saat itu. Merasa bidang itu cukup membawa keuntungan

teks & foto SEPTIAN

26 apakabar April 2014

Page 27: Apakabar april 2014

tolok ukur hampir semua aktifitas karir. Kebetulan, waktu itu ia memeilih jurusan jurnalistik. Jakarta menurutnya barom-eter terbaik untuk pengembangan ilmu jurnalistik dengan magang disalah satu perusahaan penerbitan media yang bertebaran di seantero Jakarta. “Waktu itu saya daftar di majalah Femina, Femina itu punya banyak anak perusaan media. Ada Seventeen, Majalah Gadis dan majalah-majalah cewek lain-nya. Waktu itu saya diterima magang menjadi feature re-porter di majalah seventeen dan ma-jalah gadis selama 2 bulan,” kenangnya lagi.

Dasar beruntung dan memang dinilai punya potensi, pasca magang ia direkrut untuk menjadi tenaga permanen. Sayangnya dengan segudang kesibukan, disitu ia hanya ber-tahan 7 bulan. “Asik sih, Cuma sangat menggangu skripsi

saya yang belum kelar-kelar. Tugas selalu numpuk. Meski berat saya pu-tuskan keluar,” jelasnya.

Tak lama kemudian Ia pun balik kembali ke Jogja untuk lebih fokus pada skripsinya, tapi tipikal “tidak bisa diam”nya mulai kumat. Bosan hanya menjalani rutinitas kuliah, Ia melamar kerja menjadi customer service di sebuah shopping mal

di Jogja. Bisa ditebak, Selalu ex-cited dalam bekerja membuatnya diangkat dari Marketing menjadi Public Relation (PR) hanya dalam hitungan bulan. “Perusahaannya sangat mendukung progres kuliah saya. Saya lebih diberi kelonggaran agar bisa menyelesaikan skripsi,” tambahnya. Skripsi selesai, rasa penasaran kembali menuntunnya mencoba peruntungan di tempat lain; bidanbg perhotelan. Bidang yang akhirnya ia geluti hingga kini. “Saya penasaran dengan dunia per-hotelan. Dari banyak informasi, ka-tanya menarik dan punya tantangan tersendiri. Saya akhirnya bergabung disebuah Hotel bintang 4. Biasanya di hotel untuk PR harus sudah ada pengalaman dulu, atau paling tidak menjadi customer sevice dulu. Tapi saya langsung mencoba melamar menjadi PR Hotel dan diterima. Dis-itu saya bekerja selama satu tahun,” papar Nonie.

Rasa penasarannya yang tinggi akhirnya membawanya ke babak baru karirnya. Nonie memutuskan merantau ke Kota Minyak pada No-vember 2013 lalu. “Ketika mencari pekerjaan di Balikpapan kan paling tidak mencari hotel yang di tengah kota dan harus pegang brand. Kar-ena kan semakin nambah umur kan pasti harapannya harus lebih tinggi, akhirnya saya diterima jadi PR di Hotel Aston Balikpapan” tuturnya.

Mungkin karena sudah jodoh, ia langsung nyetel dengan suasana kerja ditempat barunya itu. Bahkan hamper semua kemampuan dan pengalamannya, bisa dia terapkan dan menjadi acuan dalam melak-sanakan tugas-tugasnya sebagai PR.

“Ini pekerjaan saya banget, saya suka berinteraksi dengan banyak orang, saya suka mengenal orang baru, bahkan ketika pertama kali kenal sama orang saya udah men-ganggapnya seperti keluarga,” ujar dara yang memiliki hobi travelling ini. (tian)

dan kepuasan buatnya. Lepas SMA, saat Nonie melanjutkan kuliahnya di universitas Atmaja-ya, Ia juga menjadi EO di sebuah komunitas musik jazz. “Waktu itu saya dibawah manaje-men Idang Rasyidi jazz. Disitu ada Glenn fredly dan Tompi,” kenangnya. Hanya saja, komitmen itu membawa kon-sekuensi menyita wak-tu kuliahnya.

“Sering ikut tur ke be-berapa kota, kuliah jadi ketetran. Tidak lama saya putuskan balik lagi menjadi barista di sebuah cafe,” ucap anak dari Yohanes Siswanto Ari (Alm.) dan Marina Susiana M.

Dari situ sudah terli-hat jika Nonie merupa-kan dara yang tergolong sangat aktif dengan segala kesibukannya. Mulai beban kuliah dan tugasnya, plus kerja sambilannya. Tapi, meski punya jadwal padat, bu-kan rasa lelah yang ia takutkan. Ia justru takut melewatkan waktu den-gan sia-sia. “Hidup akan habis karena waktu, bu-kan karena kesibukan kuliah, pekerjaan dan sebagainya. Prinsip saya, saya harus bisa meman-faatkan waktu sebaik mungkin dan mengisinya dengan banyak pengal-aman. Karena, dengan begitu hidup pasti lebih colorful,” tuturnya.

Cerita tak berhenti disitu, Nonie yang lincah dengan segudang ke-inginan, mencoba peruntungan den-gan tantangan lebih besar. Ia me-mutuskan magang kuliah di Jakarta. Penyebabnya satu, Jakarta adalah

april 2014 apakabar 27

Page 28: Apakabar april 2014

ASTON BALIKPAPAN HOTEL & RESIDENCE

MENAMBAH 39 KAMAR BARU

tingkat okupansi aston balikpapan Hotel & residence terus mengalami peningkatan, diprediksi rata-rata tingkat okupansi di atas 90 persen. berkaca dari hal tersebut, awal Maret lalu aston balikpapan Hotel & residence me-launching 39 kamar baru, melengkapi 150 kamar yang sudah ada. “Peningkatan tersebut terjadi karena kami juga selalu meningkatkan servis dan maintenance,” kata khairul anam, director of sales aston balikpapan Hotel & residence.

Penambahan 39 kamar baru tersebut terdiri dari 4 superior, 4 deluxe, 27 Grand executive, dan 4 royal suite. dengan bertambahnya kamar tersebut, secara total hotel ini memiliki 189 kamar dan 5 ruang meeting dengan berbagai ukuran. 39 kamar tersebut beberapa sudah mulai dapat dihuni per 1 Maret 2014 ini.

“dengan beroperasinya kamar baru tersebut, tentu semakin menguatkan penetrasi

aston balikpapan Hotel & residence di pasar perhotelan,” kata arul. “adapun harga yang ditawarkan untuk kamar baru tersebut mulai dari rp 808.000,-Nett per malam untuk tipe kamar superior” lanjutnya.

lebih lanjut arul, begitu sapaannya mengatakan, penambahan kamar baru ini sekaligus untuk merespon tingginya permintaan pasar terhadap kebutuhan akomodasi dan konvensi di kota balikpapan. “selama ini aston balikpapan Hotel & residence selalu terpilih menjadi lokasi penyelenggaraan berbagai event berskala internasional dan nasional,” katanya.

aston balikpapan Hotel & residence menambah jumlah kamar dan ditargetkan kamar baru tersebut tingkat huniannya akan sama seperti yang sudah ada yakni menjadi terfavorit di kota balikpapan. Presentase untuk tingkat hunian pada tahun 2014 ini sudah mencapai angka 81%. aston

balikpapan optimistis dengan penambahan 39 kamar tersebut, jumlah tamu bisa tetap tinggi dan persentase tingkat hunian kamar hotel bisa terus naik hingga mencapai 87% seperti yang sudah terjadi pada tahun sebelumnya.

arul menambahkan, dalam penambahan kamar baru tersebut, memang terdapat perbedaan dengan kamar yang lama. untuk kamar yang baru terdapat penambahan tipe kamar, yaitu Grand executive. “bedanya jelas dari layout, furniture yang ada dalam kamar. karena kamar baru ini dirancang khusus dengan nuansa moderen. dengan target tamu berkunjung dari kalangan mostly corporate,” imbuh arul. semua kamar dilengkapi dengan mini kitchen karena konsepnya yang berupa condotel.

bangunan baru tersebut setinggi 20 lantai dengan 2 tower, yaitu aston tower dan Malibu tower. 39 kamar baru ada di

Page 29: Apakabar april 2014

Aston Balikpapan Hotel & Residence

Grand Sudirman Balikpapan

Jl. Jendral Sudirman No 7 Balikpapan Kalimantan Timur

Telephone. 0542-733999 | Fax. 0542-734997

Email : [email protected] | Website: www.AstonBalikpapan.com

Facebook : Aston Balikpapan Hotel & Residence | Twitter : @AstonBalikpapan | Instagram : astonbalikpapan

Malibu tower dan memiliki kualitas bangunan dan interior dengan bahan bahan terbaik. Pertambahan kamar tersebut untuk merespon tingginya permintaan kebutuhan akomodasi dan konvensi di kota balikpapan. sebagai mana diketahui aston balikpapan Hotel & residence saat ini dikenal sebagai condotel pertama di balikpapan. untuk lama tinggal, lanjut arul, tamu di aston balikpapan Hotel & residence banyak didominasi oleh tamu dari luar kota yang transit dan lainnya adalah tamu long stay.

april 2014 apakabar 29

Page 30: Apakabar april 2014

Atlet, pelatih, dan ofisial teknik yang mengikuti program Desentralisasi Mandiri garapan KONI Kaltim, kini bisa bernapas lega. Dana insentif yang dinanti telah dicairkan KONI Kaltim. Untuk pengurusan, bisa

dilakukan mulai Senin (7/4).

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum KONI Kaltim Zuhdi Yahya, (6/4). Katanya, insentif yang dibayarkan untuk tiga bulan atau triwulan pertama 2014. Untuk atlet, per bulan menerima sebesar Rp.

3 juta. Sementara pelatih, mendapatkan Rp. 3,5 juta. Untuk ofisial teknik memperoleh Rp. 3,25 juta.

“Jadi setiap atlet, pelatih, dan ofisial teknik memperoleh tiga bulan sekaligus,” kata Zuhdi Yahya.

Menurutnya dana tersebut akan dimasukkan ke rekening pengprov cabor di mana atlet, pelatih, dan ofisial teknik bernaung. Selanjutnya, pengprov cabor yang akan memberikan kepada atlet.

“Mekanismenya demikian. Jadi, para atlet, pelatih dan ofisial teknik yang terdaftar mengikuti Desentralisasi Mandiri, berhak mendapatkan insentif tersebut,” lanjut Zuhdi Yahya.

“Jadi, silakan pengurus peng-prov cabor yang bersangkutan, untuk mengurus pencairan di KONI Kaltim. Demi akuntabilitas, sejumlah persyaratan administrasi wajib dipenuhi,” tambahnya. (KP/net)

KALTIM BERSIAP MENUJU PON XIX/2016 DI JAWA BARATMARI KITA PERTAHANKAN 5 BESAR

kONI kaltim Cairkan Insentif atlet dan pelatihUntuk Triwulan Pertama, Dimasukkan ke Rekening Cabor

Mengenai waktu penyeleksian sendiri, rencananya Asprov PSSI Kaltim bakal menggelar pada pertengahan Mei mendatang.

Namum, soal mekanisme pelaksanaan, pihaknya akan bekerja sama dengan PSSI tingkat kota dan kabupaten.

“Kami menginginkan atlet yang terbaik. Untuk itu, atlet sendiri dari masing-masing daerah hanya diambil dua orang saja,“ jelas Achmad Suparno, sekretaris Asprov PSSI Kaltim, (15/4).

Sementara itu Kepala Bidang Olahraga Dispora Kaltim Ego Arifin membenarkan, bahwa dalam mekanisme penyeleksian para atlet akan

melibatkan PSSI Kaltim. Namun Ego mengharapkan, penyeleksian ini bisa dilaksanakan dengan s e l e k t i f . L a n t a r a n , demi membentuk atlet berkualitas.

Adapun dari pihak SKOI sendiri, sebetulnya

perekrutan itu bukan hanya untuk cabang olahraga (cabor) sepak bola saja. Pasalnya, dari 20 cabor yang tersedia di SKOI, rencananya bakal ada penambahan cabor lain, yaitu sebanyak 14 cabor, termasuk di antaranya sepak bola.

“Ya, salah satunya cabor sepak bola. Rencananya dalam waktu dekat, pemberitahuan kepada para pengurus, yang ada di daerah akan segera dilaksanakan. Tapi, khusus untuk sepak bola, sudah ditangani oleh PSSI. Jadi, tinggal menunggu langkah selanjutnya,” jelas Agus Tianur, kepala UPTD SKOI Kaltim. (KP/net)

SKOI kerja sama dengan PSSI Kaltim

Sekolah khuSuS olahragawan InternaSIonal (SkoI) kaltIm SIap jalIn kerja Sama dengan aSoSIaSI perSatuan Sepak Bola Seluruh IndoneSIa (aSprov pSSI) kaltIm dalam hal perekrutan peSepak Bola untuk SkoI.

ego Arifin

Page 31: Apakabar april 2014

Berdasarakan usulan dari tuan rumah KONI samarinda saat menggelar rapat dengan Panitia Besar Pekan Olahraga Provinsi (PB Porprov) V 2014 Kaltim di rumah jabatan (Rumjab) Wali Kota Samarinda, Rabu (23/4), sebanyak 38 cabang olahraga (Cabor) yang bakal di pertandingkan pada Porprov ,September mendatang.

Sebelumnya, cabor yang terlibat dalam gelaran multievent ini hanya 36 cabor. Namun, berdasarkan hasil rapat kerja lanjutan KONI samarinda, ternyata 2 cabor tambahan mendapat lampu hijau, yaitu menembak, dan muay thai.

Diakui pihak KONI Samarinda yang diwakili sekretaris Darmin Balpas, berdasarkan keputusan rapat dengan PB Porprov, saat ini disepakati ada 38 cabor yang ikut serta. Dengan catatan, lanjut Darmin, jika ada orang –orang dalam hal ini memiliki kompetisi untuk penambahan cabor kembali, maka kemungkinan jumlah sampai 41 cabor. Namun, Darmin masih menyimpan rahasia cabor apa saja yang bakal digandeng.

Terkait alasan pengajuan 38 cabor, lantaran dana yang digelontorkan dari Pemerintah Kota Samarinda, sendiri hanya Rp. 24 miliar yang diterima KONI Samarinda. “Sebetulnya, kami lebih menuntut masalah anggaran ke Pemkot Rp 53 miliar, tapi yang dicairkan hanya Rp 24 miliar, itu untuk 36 cabor. Sekarang, kalau ada tambahan 2 cabor, kami harus mencari anggran dari mana,” paparnya.

Sementara itu, dari 38 cabor yang terlibat, Samarinda bakal menyanggupi 215 emas, dengan target juara umum. Meskipun demikian, dari KONI Samarinda masih bersi kukuh menginginkan anggaran yang dicanangkan itu, dapat terpenuhi. “kalau Samarinda mengingkan juara umum, kami juga meminta, anggaran harus terpenuhi,”tegas Darmin usai pertemuan dengan PB Porprov.

Sedangkan PB Porprov yang diwakili Sekretaris Makmun Andi Nuhung menyikapi berbeda, bahwa penambahan 5 cabor dari 38 cabor itu, kemungkinan tidak besar akan terlaksana. Pasal, dana yang

dimiliki dari PB sendiri, diakuinya terbatas. “Tambahan 5 cabor itu kan usulan dari

provinsi. Tapi, dari PB tidak bisa ditambahkan lagi. Alasannya, untuk penambahan itu, kita dapat dana dari mana?apalagi serperti, itu memerlukan dana besar. Kami hanya diberi total dana Rp 40 miliar, rinciannya Rp 10 miliar dari Pemprov Kaltim dan Rp 30 miliar dari Pemkot Samarinda. Sekarang , memaksa harus ada penambahan cabor, tentu akan menjadi sulit. Karena anggarannya terbatas, “ tutur Makmun yang juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Samarinda. (KP/net)

Usul 38 CaborHasil Rapat KONI Samarinda dan PB Porprov V 2014 Kaltim

KALTIM BERSIAP MENUJU PON XIX/2016 DI JAWA BARATMARI KITA PERTAHANKAN 5 BESAR

Berdasarakan usulan dari tuan rumah KONI samarinda saat

menggelar rapat dengan Panitia Besar Pekan Olahraga Provinsi

(PB Porprov) V 2014 Kaltim di rumah jabatan (rumjab) Wali Kota Samarinda, rabu (23/4), sebanyak 38 cabang olahraga (Cabor) yang bakal di pertand-

ingkan pada Porprov ,September mendatang.

april 2014 apakabar 31

Page 32: Apakabar april 2014

RUTE & JAM PENERBANGAN

GARUDA INDONESIA (Setiap Hari)

Rute No. Flight Departure Arrival

BPN-CGK GA 511 07.05 08.05 GA 513 09.40 10.40 GA 515 10.50 11.50 GA 517 12.45 13.45 GA 519 15.35 16.35 GA 521 17.25 18.25 GA 527 18.25 19.25 GA 523 19.25 20.25 GA 525 21.15 22.15 BPN-SUB GA 351 10.05 10.35 GA 353 19.05 19.35 BPN-UPG GA 663 19.55 21.05 BPN-JOG GA 664 14.40 15.35 BPN-SIN GA 848 11.35 13.50 *Sen, Rab, Jum, Ming

SILKAIR* Rute No. Flight Departure Arrival

BPN-SIN MI133 11.10 19.15 (*Senin) MI137 17.00 19.15 (*Rabu) MI133 11.00 13.25 (*Rabu) MI137 17.00 19.15 (*Rabu) MI137 17.00 19.15 (*Sabtu) MI133 11.00 19.17

LION AIR (Setiap Hari) Rute No. Flight Departure Arrival

BPN-CGK JT763 06.00 07.10 JT673 07.45 08.55

JT761 09.45 10.55 JT753 11.35 12.45 JT751 13.10 14.20 JT765 16.35 17.45 JT757 19.10 20.20 JT767 20.00 21.10 BPN-SUB JT367 06.50 07.20 JT361 09.15 09.45 JT263 10.30 11.00 JT363 13.35 14.05 JT261 14.50 15.20 JT365 17.55 18.25 JT369 20.55 21.25 BPP-TRK JT674 11.10 12.15 JT756 15.40 16.45 JT768 18.30 19.35 BPN-UPG JT679 11.00 12.10 JT675 14.40 15.50 JT663 20.55 21.35 BPN-JOG JT667 06.00 06.45 JT677 18.30 19.15 BPN-MDC JT730 21.10 22.45 BPN-SRG JT665 16.15 16.55

SRIWIJAYA AIR (Setiap Hari)

Rute No. Flight Departure Arrival

BPN-CGK 12.50 BPN-SUB 08.55 18.35 BPN-JOG 08.55 BPN-PLU 12.40 BPN-TRK 09.45 14.20 17.20 BPN-BRU 18.15 BPN-BJM 18.40 BPN-UPG 15.20

32 apakabar April 2014

Page 33: Apakabar april 2014

CITILINK (Setiap Hari)

Rute No. Flight Departure Arrival

BPN-SUB QG 621 10.35 11.05 QG 623 15.40 16.10 QG 625 17.25 17.55 QG 627 19.35 20.05 QG 629 20.25 20.55 BPN-CGK QG 861 14.50 15.55 QG 863 20.35 21.40 (Sen, Kam, Jum, Sab, Ming)

AIR ASIA* Rute No. Flight Departure Arrival

BPN-K LUM AK1331 17.10 19.50 (Rab, Jum,Ming) (*Jumat) AK1330 17.10 19.50 (*Minggu) AK1330 17.10 19.50 BPN-UPG Setiap Hari Q28330 13.10 14.35

TRIGANA AIR** Rute No. Flight Departure Arrival

BPN-BDJ TGN762 09.55 10.40 BPN-PKN TGN762 09.55 12.50 BPN-SRG TGN762 09.40 11.50 BPN-BEJ TGN763 16.00 16.45 BPN-KTG** TGN762 09.40 14.45 TGN163 09.40 14.45

MASwing Rute No. Flight Departure Arrival

BPN-Kinabalu 11.35 13.45 *Selasa, Jumat dan Minggu

MERPATI

Rute No. Flight Departure Arrival

BPN-UPG MZ562 16.25 17.25

Hevilift Aviation Indonesia (Charter)

Bpn-Samarinda Bpn-Nunukan Bpn-Sangata Bpn-Tanjung Redep Bpn-Melak Bpn-Sangkulirang Bpn-Tarakan Bpn-Muara Teweh

PELITA AIR SERVIS (Charter)

Bpn-Kota Baru-Bpn Bpn-West Seno-Bpn Bpn-Muara Teweh-Bpn Bpn-Mtr-Bpn Bpn-Tj Bara-Bpn Bpn-Bontang-Bpn Bpn-Tj Santan-Bpp Bpn-Sorong-Bpn Bpn-Atk-Bpn Bpn-Halim P-Bpn

INDONESIA AIR (Charter) Bpn-Handil II Bpn-Banjarmasin Bpn-Samarinda Bapn-Kota Baru Bpn-Melak Bpn-Pulau Laut (Kota Baru)

Bpn-Tarakan Bpn-Muara Teweh

BPN : Blikpapan UPG : Makassar JOG : Jogjakarta CGK : Jakarta SUB : Surabaya Ket : **Penerbangan hanya untuk hari Senin, Rabu, Kamis, Sabtu & Minggu

april 2014 apakabar 33

Page 34: Apakabar april 2014

parlEMENTARIADPRD PROVINSI KALTIM

www.dprd-kaltimprov.go.id

PU Fraksi Golkar

Logistik pemilu Harus disertai sosialisasi

Fraksi golkar melalui juru bicaranya yang diwakili oleh Josef dalam pemandangan

umum fraksi DprD kaltim terkait 3 raperda, pada rapat paripurna ke – 8 yang pimpin oleh wakil ketua DprD kaltim yahya anja digedung utama DprD kaltim, selasa 25 februari, menyampaikan harapan agar logistik pemilu dapat mendistribusikan baik ke 8.040 Tempat pemungutan suara (Tps) se-kalimantan Timur termasuk sosialisasi pelaksanaan pemilu yang baik.

“fraksi partai golkar memantau masyarakat di pedesaan dan dipinggiran kota masih belum begitu memahami cara pemberian suara pada pemilu legislatif ini,” kata Josef.

fraksi ini berharap ada upaya mengurangi angka golput dan kerusakan suara. “perlu ada sosialisasi tata cara pemberian suara dan contoh surat suara yang akan digunakan. bila perlu contoh surat suara calon legislatif DprD kabupaten/kota, provinsi, Dpr-ri dan DpD dipublikasikan melalui baliho yang besar dan dipasang pada setiap kantor kelurahan dan desa atau pasar serta pusat keramaian lain sehingga masyarakat luas mengetahuinya,” kata Jubir golkar ini.

pandangan umum fraksi tersebut yaitu raperda

tentang perubahan peraturan Daerah provinsi kalimantan Timur nomor 9 Tahun 2012 tentang perseroan Terbatas penjamin kredit Daerah provinsi kalimantan Timur, raperda tentang perubahan peraturan Daerah provinsi kalimantan Timur nomor 11 Tahun 2009 tentang perseroan Terbatas migas mandiri pratama kalimantan Timur dan raperda tentang peraturan Daerah provinsi kalimantan Timur nomor 05 Tahun 2005 tentang perusahaan Daerah melati bhakti satya provinsi kalimantan Timur.

Lia Sanyoto

Perlu ada sosialisasi tata cara Pemberian suara dan contoh surat suara yang akan digunakan.

34 apakabar April 2014

Page 35: Apakabar april 2014

parlEMENTARIADPRD PROVINSI KALTIM

www.dprd-kaltimprov.go.id

Fraksi pan Cermati pertumbuhan perekonomian kaltim

Melalui juru bicara fraksinya, Siti

Qomariah, fraksi PaN focus pada perbaikan

perekonomian daerah.

Hal itu berdasarkan pencermatan pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur yang sempat terpuruk diangka 1,59 persen di Tahun 2013 disertai dengan tingkat inflasi yang mencapai 9,65 persen. Fraksi PAN berharap Pemerintah Provinsi benar-benar menjadikan hal tersebut sebagai perhatian penting pembangunan ekonomi Kaltim kedepan.

“Ketergantungan pertumbuhan ekonomi terhadap permintaan sektor Migas dan Pertambangan harus ditekan dengan mulai mengembangkan lokomotif perekonomin lain seperti pengembangan sektor parawisata,

sektor pertanian perkebunan, sektor perikanan, dan sektor –sektor potensial lainnya,” kata Siti Qomariah saat penyampaian PU Fraksinya pada rapat paripurna ke-8. Ia menambahkan, turun naiknya harga migas dan batubara dipasar internasional adalah indikator bahwa gejolak ekonomi global belum mereda. Kebijakan perekonomian Kaltim yang masih tergantung pada �Single Prime Commodity” membuat pertumbuhan ekonomi kaltim sangat rentan. “Fraksi PAN berpandangan bahwa transformasi pada sektor perekonomian di kalimantan Timur adalah hal yang mendesak dan tidak dapat ditawar lagi. Kaltim kedepan harus mampu menciptakan kekuatan lokomotif perekonomian yang lebih berimbang antar wilayah dan antar penduduk dalam rangka menciptakan �Standar Of Living� masyarakat Kaltim sebagai tujuan hakiki pembangunan,” paparnya.

Dalam kesempatan ini pula, Fraksi ini menyampaikan pandangan terhadap permasalahan nasib dari rekan-rekan tenaga kerja honorer, khususnya kategori II atau non kategori yang belum memiliki kejelasan dalam pengangkatan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Maraknya protes ketidakpuasan diberbagai daerah terhadap hasil tes CPNS beberapa waktu silam, harapannya menjadi perhatian bagi pemerintah. “Pemerintah diharapkan untuk pro aktif dalam memberikan solusinya, dengan terbitnya UU nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengatur formasi kepegawaian, maka Fraksi PAN berharap permasalahan tenaga kerja honorer yang ada diberbagai daerah diKalimantan Timur dapat segera dituntaskan melalui peran aktif Pemerintah,” kata Qamay, sapaan akrabnya.

Lia Sanyoto

april 2014 apakabar 35

Page 36: Apakabar april 2014

parlEMENTARIADPRD PROVINSI KALTIM

www.dprd-kaltimprov.go.id

D ewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur kembali menggelar sidang Paripurna pada hari

selasa 25/02 di ruang utama kantor DPRD kaltim, di dalam kesempatan sidang tersebut teragenda penyampaian pandangan umum (PU) terhadap tiga rancangan peraturan daerah (raperda) yaitu perubahan jaminan kredit daerah (jamkrida) no 9 tahun 2012, perubahan tentang perseroan terbatas (PT) Migas Mandiri Pratama no 11 tahun 2009 dan perubahan perusahaan daerah Melati Bhakti Setya (MBS) nomor 5 tahun 2004.

Fraksi Partai Keadilan Sejahterayang (PKS) diketuai Zainal Haq itu menyambut perubahan tiga raperda tersebut. Diwakili Liliyanti Ilyas, Fraksi PKS menyampaikan pandangan umumnya. “Fraksi PKS setuju dilakukan perubahan peraturan daerah nomer 9 tahun 2012 tentang perseroan terbatas penjaminan kredit daerah kaltim, khususnya pasal yang mengatur soal modal dasar dari semula Rp500 miliar menjadi Rp200 miliar, bagi PKS Jamkrida ini harus segera beroperasi karena sangat penting perannya dalam pengembangan koperasi dan usaha mikro menengah (UMKM), fraksi PKS juga setuju dilakukan nya perubahan nomer 11

tahun 2009 tentang perseroan terbatas migas mandiri pratama Kalimantan timur, “ paparnya. Ia melanjutkan khusus pada ketentuan yang mengatur soal pembagian laba pengguna laba bersih, cadangan tujuan dan pengurangan lain yang wajar dalam perusda. Fraksi PKS juga menyetujui dilakukannya perubahan peraturan daerah nomer 5 tahun 2004 tentang perusahaan daerah MBS, khusus ketentuan penambahan modal dalam bentuk aset dan penambahan bidang usaha sehingga menjadi pariwisata, transportasi, infrastruktur, property, pertanian dalam arti luas, dan jasa umum lainnya. “Namun semua persetujuan tersebut harus dengan syarat dan harus memperhatikan rekomendasi panitia khusus (pansus) DPRD Kalimantan timur yang di sampaikan pada rapat paripurna DPRD kaltim ke -5 tanggal 11 Februari yang lalu, “ tambahnya.

Sementara fraksi Patriot Bintang Demokrasi (PBD) yang di ketuai Andi Harun, menyampaikan PU-nya lewat Syarif A;mahdali. “Pada dasarnya fraksi PBD sangat menyetujui perubahan tiga raperda tersebut, Perseroan terbatas Jamkrida dirasa sangat membantu pengembangan usaha mikro kecil dan menengah, karena selama ini koperasi dan usaha kecil mengalami hambatan

usaha karena sulitnya mangajukan kredit ke perbankan,” kata Syarif.

Menurutnya, Kehadiran jamkrida dirasa tepat membantu usaha kecil menengah dan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat kaltim. fraksi ini juga menyetujui Perubahan terhadap raperda tentang perda no 11 tahun 2009 tentang PT. Migas Mandiri Pratama, karena perubahan ini dapat menghalangi atau menghilangkan praktek KKN di kalangan pengelola PT.MMP.

“Terakhir fraksi PBD ingin mengajukan pertanyaan kepada pemerintah provinsi terhadap perusda MBS, apakah perusda ini masih layak mendapat penyertaan modal, adakah keuntungan signifikan yang diterima semenjak perusda ini terbentuk?. Menurut catatan tujuh perusda yang dimiliki pemprov kaltim, sesuai laporan MBS adalah salah satu dari empat perusda kaltim yang senantiasa merugi. Kami mengharapkan pemprov kaltim dapat mengkaji ulang terhadap perusahan yang senantiasa merugi, “ terangnya mengakhiri.

Andi Wahyudi

FraKSi pKS Setujui peruBahan raperdaFraksi PBD Minta Perusda Merugi Dikaji

36 apakabar April 2014

Page 37: Apakabar april 2014

parlEMENTARIADPRD PROVINSI KALTIM

www.dprd-kaltimprov.go.id

Salah satunya bahkan terpenting, menunggu keluarnya amanat Presiden RI menyikapi Rancangan Undang Undang (RUU) 22 DOB –salah satunya Sebatik— yang telah disampaikan DPR pada 27 Desember tahun lalu.

Demikian disampaikan Direktur Penataan Daerah Otsus dan DPOP Dirjen Otda Kemendagri Teguh Setyabudi ketika berdialog dengan sejumlah Anggota DPRD Kaltim dari Komisi I di Kemendagri.

“Menurut aturan, dua bulan setelah penyampaian RUU oleh DPR, presiden harus menjawab. Mari kita tunggu bersama satu dua hari ini apakah akan ada Ampres soal DOB Sebatik,” kata Teguh di hadapan Ketua Komisi I Hermanto Kewot dan sejumlah koleganya yakni Gunawarman, Arsyad Thalib, Suwandi, Josef dan Yepta Berto.

Soal DOB Sebatik memang menjadi atensi Komisi I. Menurut Kewot, isu soal pemekearan Sebatik sebenarnya sudah lama mencuat. Bahkan lebih dulu dari pemekaran Kabupaten Mahulu, dan Provinsi Kaltara yang sudah diresmikan. “Warga bertanya-tanya, apa sih kendalanya. Kami di Komisi I dikejar terus, seolah-olah kami tak serius,” kata Kewot.

Senada, Arsyad Thalib menimpali, sejumlah pejabat pemerintah pusat mengisyaratkan Sebatik harus jadi DOB. “Menteri, dirjen, DPR semua oke. Semua setuju ketika mereka datang ke Sebatik. Cuma malaikat saja yang belum ketahuan suaranya. Tapi mengapa pemekaran Sebatik terhambat?” kata politikus asal Dapil utara Kaltim ini.

Sebagaimana Thalib, Yepta Berto yang juga wakil rakyat dari utara Kaltim menyatakan, pemekaran Sebatik harus diprioritaskan karena posisinya yang sangat strategis. “Tak perlu dibahas lagi, kita semua setuju itu. Jadi kalau pejabat di pusat tak

memprioritaskan, giliran kita yang harus bertanya, kemana kepedulian orang pusat,” katanya.

Yepta juga mencecar kepada Teguh, mana sebenarnya titik lemah rencana DOB Sebatik mengingat semua elemen masyarakat di daerah ini telah setuju.

Sementara Suwandi menyatakan, pemerintah pusat harus melihat betapa ketergantungan warga Sebatik kepada Malaysia harus segera dipangkas. Saat ini, kata Suwandi, setiap hari sedikitnya 1.000 warga Sebatik keluar-masuk ke Tawau, baik untuk bekerja maupun mencari kebutuhan pokok.

Selain soal Sebatik, para anggota DPRD juga menyinggung soal DOB Paser Selatan dan Berau Pesisir Selatan yang rencana pemekarannya sudah lebih disampaikan oleh DPR bersama 63 daerah lain di Indonesia. Suwandi sempat mengutarakan, khusus Kabupaten Paser, wacana pemekaran kabupaten baru yakni Paser Tengah terus dimantapkan. Kini Tim dari UGM tengah mengkaji kemungkinan memekarkan Kecamatan Longikis menjadi 3 kecamatan dan Longkali menjadi 2,

sehingga memenuhi syarat administratif dan kewilayahan menjadi kabupaten baru.

Menanggapi semua pernyataan, Teguh menggarisbawahi, Kemendagri bukanlah lembaga yang menentukan lahir-tidaknya DOB baru. Pemekaran sebuah daerah ditentukan banyak kementerian, termasuk Kementerian Keuangan, Menkumham, Bappenas dan para pakar. Tak Ketinggalan DPR dan DPD yang sangat menentukan.

Soal DOB Sebatik, ia setuju diprioritaskan. Ia malah berharap Ampres soal RUU 22 DOB segera turun, dilanjutkan pembahasan secara simultan dengan RUU 65 DOB yang sudah lebih dulu mencuat –di dalamnya termasuk DOB Paser Selatan dan Berau Pesisir Selatan. Apalagi ada rencana 6 Maret sudah keluar keputusan apakah RUU tersebut disetujui atau tidak.

Teguh juga menggarisbawahi, meski sudah masuk dalam RUU DOB, hal itu tidak menjamin sebuah daerah disetujui menjadi kabupaten/kota baru. “Sekali lagi itu tergantung dinamika politik. Bukan diputuskan oleh Mendagri,” kata Teguh.

humas

dOB seBatIk Tunggu ampres

meski sudah diparipurnakan di dPrd kaltim, pembentukan

daerah otonomi baru (dob) sebatik masih harus memenuhi sejumlah

tahapan.

april 2014 apakabar 37

Page 38: Apakabar april 2014

parlEMENTARIADPRD PROVINSI KALTIM

www.dprd-kaltimprov.go.id

pegawai setwan terima

sosialisasi BpJs

Badan Penyeleng-gara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Kota

Samarinda melakukan sosialisasi program jaminan kesehatan

nasional pada seluruh pegawai di Sekretariat

dPrd Kaltim, Selasa 26 Maret. Secara nasional

program sudah ber-jalan sejak awal 2014

ini.

sekretaris DprD kaltim fachruddin Djaprie mengatakan pertemuan ini berdasarkan surat edaran bpJs terkait sosialisasi program kesehatan nasional pada pegawai kawasan DprD.

“Tidak semua orang mengetahui secara betul terhadap program

kesehatan nasional ini Jadi, dinilai perlu untuk menggelar pertemuan dengan pihak terkait yakni bpJs yang sebelumnya telah melayangkan surat ke setwan,” tutur fachruddin.

fachruddin menuturkan bahwa setiap pegawai dinilai penting untuk dapat memahami betul program ini pasalnya, asuransi kesehatan yang dulunya bernama askes kini berubah menjadi bpJs dengan beragam keunggulannya.

“Jangan sampai bingung ketika hendak berobat karena biasa menggunakan askes kini telah berubah, sebab ketidakpahaman akan membuat peserta askes merasa enggan menggunakannya ketika hendak berobat padahal itu adalah hak mereka,” kata fachruddin.

kepala Cabang bpJs samarinda Endang Diarty menjelaskan undang-undang bpJs semua perusahaan dan pemberi kerja lain diwajibkan menjamin kesehatan karyawan dan anggota keluarganya melalui bpJs kesehatan.

selain itu, pemberi kerja wajib menjamin empat program lainnya melalui bpJs ketenagakerjaan. perusahaan yang saat ini telah menyediakan jaminan melalui perusahaan asuransi swasta atau menyediakan sendiri jaminan/layanan kesehatan juga wajib ikut. Hanya saja, kewajiban itu bertahap sampai tahun 2019.

Jika dulu askes hanya menanggung dua orang anak dan ayah, ibu maka di bpJs bisa lebih dari itu. yakni bisa

memberikan jaminan anak hingga tiga orang bahkan lebih dengan terlebih dahulu melengkapi beberapa persyaratan dan ketentuan yang

berlaku.“khusus bagi pns, bpJs hanya

menanggung 5 anggota keluarga inti saja, yang terdiri dari ayah, ibu, dan maksimal 3 anak kandung yang sah. sementara, bagi keluarga pns yang terdiri dari lebih dari lima anggota, wajib didaftarkan ke bpJs dengan menggunakan iuran tambahan,” kata Endang.

peserta askes tidak perlu khawatir karena kartu askes masih bisa ditunjukkan ketika berobat. Tetapi disarankan bisa melakukan pelaporan adminsitrasi dan melengkapi persyaratan terbaru.

“Jangan khawatir untuk tidak dilayani dibeberapa rumah sakit yang telah berkerjasama dengan bpJs. kalau dalam perjalananya ada peserta yang merasa tidak dilayani atau ada hal-hal yang kurang baik bisa langsung melaporkannya ke kantor bpJs terdekat,” pungkas Endang.

Akbar Pamungkas

38 apakabar April 2014

Page 39: Apakabar april 2014

parlEMENTARIADPRD PROVINSI KALTIM

www.dprd-kaltimprov.go.id

T ren perkebunan sawit dan tetap eksisnya eksploitasi pertambangan ten tuny a be rdampak bag i

perlindungan hutan di kota-kota besar Kaltim. Dikhawatirkan bila tidak diimbangi pengawasan ketat pemerintah tak menutup kemungkinan beberapa tahun ke depan, kondisi udara di Kaltim bisa menjadi seperti di Riau pada beberapa waktu lalu yang hanya tersisa 5% oksigen untuk enam juta rakyat Riau. Tanda-tanda menuju kesitu sudah mulai terlihat. Contoh nnyata di samarinda. Entah mengapa meski di area pemukiman padat di kota, pengusaha tambang batu-bara dengan leluasa bisa beroperasi. Akibatnya, selain mengakibatkan banjir bercampur yg semakin luas, korban jiwa juga mulai berjatuhan.

Dari sisi pengolahana Sawit, Anggota DPRD Kaltim punya pandangan tersendiri. “Menurut saya, hal tersebut bukan merupakan kesalahan dari ladang sawit itu sendiri. Karena apabila kita melihat penanaman sawit, hasilnya sangatlah cantik melihat hamparan pohon sawit yang berwarna hijau. Namun yang salah adalah apabila pembababatan hutan untuk menanam sawit di babat habis dengan membakar pohon-pohon yang akan disingkirkan,” urai Safuad.

Safuad berpendapat, apabila pengelolaan untuk pembabatan sawit tersebut tidak

dibakar, melainkan dapat difungsikan untuk berbagai macam kebutuhan, maka semua akan menjadi simbiosis mutualisme semua pihak. “Contohnya saja kayu yang kecil dapat dimanfaatkan untuk pembuatan kertas dan yang besar untuk pembuatan pondasi bangunan,” ucap Safuad.

Berbagai manfaat yang ada menurut Safuad, harus terus dievaluasi hingga kondisi yang sebelumnya dapat merusak alam hingga merusak estetika kota dapat diperbaiki kembali. Namun apabila tidak dapat dimanfaatkan kembali, barulah menggunakan cara yang dapat dikoordinasikan dengan pemerintah setempat agar tetap menjaga wilayah hutan Kaltim.

Di sisi lain, Safuad menyatakan berbagai faktor yang tidak mendukung untuk pelestarian alam ialah, pemerintah seenaknya memberikan izin namun tidak diimbangi dengan pengawasan yang maksimal. “Seharusnya tidak dibiarkan begitu saja setelah pemberian izin usaha, faktor terpenting untuk perusahaan yang menggunakan sumber daya alam di Kaltim adalah pengawasan dari pemerintah. Pengawasan dan koordinasi yang baik dengan pihak swasta akan menghasilkan hasil yang baik pula,” urainya.

Aulia Umma

perketat pengawasan

perlindungan Hutan

Minimnya program perlindungan anak di kota-kota besar Kaltim tergambar dengan masih maraknya eksploitasi anak di jalan raya, baik pada siang maupun malam hari.

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Masitah mengaku sangat prihatin terhadap lemahnya pengawasan perlindungan pemerintah kepada anak-anak yang masih berkeliaran di jalan itu.

“Padahal sudah ada Undang-Undang Perlindungan Anak. Namun kenyataanya di lapangan pemerintah masih melakukan pembiaran terhadap anak-anak yang dieksploitasi oleh oknum tertentu. Baik terselubung jualan koran, asongan ataupun mengamen di pinggir jalan raya,” urai Masitah.

Meski Komisi IV telah melakukan pertemuan dengan Dinas Sosial, tetap saja kesan membiarkan terus berlangsung. Alasan Dinsos saat itu, anak-anak tersebut bekerja di luar jam sekolah, dan orang tua mereka mengikhlaskan anak-anaknya berkeliaran di pinggir jalan dengan tujuan membantu perekonomian keluarga mereka.

“Menurut saya, hal tersebut tidak sepantasnya dibiarkan oleh pemerintah.Keselamatan anak-anak jadi taruhannya. Saya sangat tidak mengharapkan ke depan tak ada lagi proses yang membahayakan keselamatan anak-anak tersebut demi masa depan mereka di jalanan,” ulasnya.

Ia menilai, masalah ini harus diimbangi dengan kepedulian semua elemen masyarakat. Baik pemerintah, orang tua, maupun agen surat kabar yang seharusnya memiliki peraturan ketat untuk tidak mengizinkan korannya dijual oleh anak-anak di bawah umur.

“Pemerintah merupakan penggerak dan panutan rakyat. Diharapkan peran aktif pemerintah untuk mengaplikasikan dan benar-benar menerapkan Undang-Undang Perlindungan Anak dengan tindakan nyata. Jangan sampai anak-anak di bawah umur dengan alasan ekonomi bebas dieksploitasi,” ucap Masitah miris.

Aulia Umma

perlindungan anak Masih Minim

april 2014 apakabar 39

Page 40: Apakabar april 2014

parlEMENTARIADPRD PROVINSI KALTIM

www.dprd-kaltimprov.go.id

Pembangunan yang telah dilakukan selama ini secara umum mampu meningkatkan kualitas hidup dan

kesejahteraan masyarakat. Namun demikian pembangunan tersebut juga menimbulkan kesenjangan, baik antarkawasan, antarkota, kecamatan dan antarkelompok.

Padahal tujuan dari pembangunan adalah kemakmuran bersama. Pemerataan hasil pembangunan dan pertumbuhan ekonomi yang tinggi untuk menciptakan kemakmuran bersama adalah merupakan tujuan yang ingin dicapai. Sebab tingkat pertumbuhan yang tinggi tanpa disertai pemerataan pembangunan hanyalah menciptakan perekonomian yang lemah dan eksploitasi sumber daya manusia.

Demikian diungkapkan Anggota DPRD Kaltim Veridiana Wang. Politikus PDIP ini mengatakan, pemerataan pembangunan di setiap daerah sangat perlu agar pertumbuhan di segala bidang pun dapat merata.

“Pemerintah harus memperhatikan pembangunan di daerah pedalaman maupun perbatasan. Sebab bagaimanapun juga daerah tersebut masih bagian dari Indonesia dan Kalimantan Timur. Pemerintah juga harus mendengarkan semua aspirasi masyarakat di daerah. Jangan biarkan mereka berteriak-teriak,

sementara pemerintah seakan menutup mata dengan kondisi yang ada. Masyarakat di daerah perbatasan dan pedalaman selama ini merasa tidak mendapatkan keadilan. Jika bicara infrastruktur, jelas ada kesenjangan pembangunan antara kota dan daerah pelosok,” ucapnya.

I a m e l a n j u t k a n anggaran pembangunan untuk pedalaman dan perbatasan masih sangat minim. “Jujur saja masalah anggaran saya katakan minim sekali. Seharusnya pembangunan infrastruktur di perbatasan dan pedalaman sudah bisa di maksimalkan. Namun inilah yang menjadi kendala,” katanya.

Veridiana mencontohkan daerah Mahakam Hulu yang merupakan kabupaten baru di Kalimantan Timur. Kondisinya masih jauh dari pemerataan pembangunan. Masalah transportasi menjadi kendala utama masyarakat di daerah tersebut. “Bayangkan saja untuk menempuh perjalanan ke Makaham Hulu harus mengunakan speed

boat yang biayanya sangat mahal, antara Rp 1 juta hingga 4 juta sekali jalan. Itu semua disebabkan jalan darat tidak bisa dilewati karena kondisinya tidak layak. Belum lagi masalah fasilitas lainnya. Masyarakat di sana hanya bermimpi untuk bisa menikmati listrik yang memadai. Lampu menyala dari pukul 6 sore hingga 12 malam saja,” kata

Veridiana. Melihat kondisi yang ada, anggota parlemen

dari Komisi III ini pun berharap agar pemerintah bisa lebih bijak dalam pemerataan pembangunan di daerah-daerah.

“Pemerintah harus bersikap adil daerah pedalaman dan perbatasan. Kebutuhan pembangunan di Mahakam Hulu saja diperlukan sekitar Rp 800 miliar. Kendala itulah yang membuat pembangunan wilayah perbatasan dan pedalaman Kalimantan masih tersendat,” kritiknya. Andi Wahyudi

pembangunan Belum Merata di pedalaman

40 apakabar April 2014

Page 41: Apakabar april 2014

parlEMENTARIADPRD PROVINSI KALTIM

www.dprd-kaltimprov.go.id

petani perlu mesin pengering padi

Iklim yang tidak bisa diprediksi karena

perubahan alam akibat pemanasan global

membuat kesulitan tersendiri sejumlah

petani di daerah.

pasalnya saat musim hujan biasanya harga gabah akan merosot tajam. Hal ini karena kadar air dalam gabah yang dijual masih terlalu tinggi. untuk itu, petani membutuhkan alat pengering padi supaya bisa mendongkrak harga gabah.

“akibat sering hujan, gabah jadi berkadar air tinggi, sehingga harganya merosot. oleh sebab itu petani membutuhkan alat pengering gabah supaya bisa meningkatkan kualitas padi sehingga harga jualnya bisa bagus. mereka masih menunggu perhatian pemerintah,” kata anggota komisi ii DprD kaltim ali Hamdi.

ali mencontohkan salah satu keluhan warga soal ini mencuat dari petani daerah sebulu, kutai kartanegara, yang seluruhnya meminta pemerintah mengadakan mesin pengering padi

sehingga membantu harga jual gabah mereka.

ia mengatakan jika gabah yang dipanen petani dalam kondisi basah maka itu berarti kadar airnya lebih tinggi dibanding biasanya. Dengan kondisi gabah yang basah, maka tengkulak akan seenaknya memainkan harga gabah.

p r o s e s p e n g e r i n g a n gabah selama ini dilakukan secara manual yakni dengan menggunakan sinar matahari. proses ini telah berlangsung turun- menurun. Dulu kondisi ini tidak pernah ada masalah, karena cuaca bisa diprediksi. namun mulai awal 2014 dengan musim yang tidak menentu membuat petani kesulitan.

politikus pks itu menuturkan jika ada mesin pengering, petani bisa menjemur padi selama 3 hari dengan mesin tersebut. proses pengeringan dengan bantuan mesin akan lebih praktis sehingga petani tidak tergantung cuaca untuk menghasilkan gabah yang bernilai jual tinggi.

“mesin pengering padi ini menunjang produktivitas petani. khususnya untuk mengeringkan hasil

panen mereka saat musim hujan, sehingga petani tetap semangat menanam padi,” ujarnya.

Akbar Pamungkas

april 2014 apakabar 41

Page 42: Apakabar april 2014

“lITTlE pARAdISE” di utara Selebes

“Enjoy Manado” bersama Garuda Indonesia

Dimulai dengan menumpang sebuah mobil dari jasa travel

dengan logo hewan khas Aus-tralia. APAKABAR mengawali

perjalanan bertajuk “Enjoy Manado” bersama Garuda In-donesia. Pada 14 Maret 2014

tepat pukul 11.45 siang dari Sa-marinda menuju Bandara Sep-inggan Balikpapan. Tak hanya APAKABAR, Garuda Indonesia

juga turut mengajak teman-teman dari media lain.

Uniknya tak hanya rekan media cetak dan elektronik saja yang turut serta. Namun ada juga dari blogger, pemilik dari akun twitter publik @

IklanBalikpapan, hingga komunitas film do-

kumenter juga termasuk dalam

r o m b o n g a n . Totalnya ada 14 orang.

Pada pu-kul 17.50

pesawat Garuda

Indo-

nesia dengan nama Bombardier CRJ1000 NextGen GA688 akan mem-bawa kami terbang menuju Manado. Kami akan ditemani satu orang per-wakilan dari Garuda Indonesia. Ecky Lazuardi, selaku Marketing Com-munication Executive Garuda Indo-nesia Branch Office Balikpapan. Na-mun sebelumnya kami diajak untuk menikmati berbagai minuman dan beragam camilan di Lounge Garuda Indonesia.

Hanya anggota Garuda Frequent Flyer (GFF) gold

dan platinum saja yang bisa bersantai di

sana. GFF meru-pakan loyalti program dari Garuda In-

donesia yang dipersembahkan un-

tuk pelanggan setia mereka. Ada empat tingkatan GFF, blue,

silver, gold dan platinum. Semakin sering anda terbang menggunakan Garuda Indonesia maka semakin ce-pat pula anda mencapai GFF tingkat platinum.

Page 43: Apakabar april 2014

Banyak keuntungan dan keistime-waan eksklusif bagi anggota GFF. Dian-taranya konter check-in khusus di air-port, kuota bagasi tambahan, prioritas baggage handling, prioritas wait-list untuk reservasi tiket, akses untuk air-port lounge Garuda Indonesia, dan ber-bagai penawaran menarik dari partner Garuda Indonesia di seluruh dunia.

Tepat pukul 17.50 pesawat Garuda Indonesia lepas landas dari Bandara Sepinggan Balikpapan. Sekitar pukul 19.30 dengan mulus pesawat yang berhasil menyabet penghargaan World Best Economic Class pada tahun 2013 ini sukses mendarat di Bandara Sam Ratulangi Manado.

Kami disambut oleh beberapa per-wakilan dari Garuda Indonesia Mana-do. Salah satunya adalah Karyadi yang merupakan Sales Manager Garuda In-donesia Manado. Selepas dari bandara rombongan menyempatkan mampir ke monumen Yesus memberkati yang ter-letak di salah satu area perumahan elit di Manado.

Sebuah monumen yang mendunia dengan tinggi 30 meter itu ‘terbang’ di atas penopang dengan tinggi sekitar 20 meter. Dengan total tinggi sekitar 50 meter menjadikannya patung Ye-sus tertinggi kedua di dunia setelah Patung Yesus ‘Cristo Redentor’ di Rio de Janeiro, Brasil. Kami tidak begitu beruntung, karena tidak dapat maksi-mal mengabadikan monumen tersebut dengan lensa kamera. Pencahayaan di area monumen tak maksimal.

Lalu restoran sea food dan Chinese food bernama Wahaha menjadi tujuan

pertama kami untuk berwisata kuliner. Ikan-ikan segar dengan rasa pedas, asam, dan manis khas Manado yang tersaji di atas meja. Puas menikmati beragam sajian makanan, Sintesa Pen-insula Hotel satu-satunya hotel bin-tang lima di Manado menjadi tempat bagi kami untuk beristirahat sejenak mengisi tenaga untuk keesokan harin-ya menjelajah pulau-pulau yang ada di wilayah Taman Laut Bunaken.

Hari ke 2

Matahari tanpa segan memancarkan sinarnya. Waktu belum mencapai pukul 07.00 kami harus segera bersiap-siap dan tak lupa untuk sarapan terlebih da-hulu. Pukul 08.00 kami akan berangkat menuju pelabuhan untuk mengarungi lautan menikmati indahnya Taman Laut Bunaken.

Sambil menunggu teman-teman yang lain, saya menuju ke restoran ho-tel menikmati berbagai menu sarapan yang tersedia. Setelah semua rombon-gan selesai sarapan kami berkumpul di lobby hotel. Untuk briefing bersama Da-vid Marco, guide kami untuk perjalanan

kali ini. David begitu dia biasa disapa merupakan Marketing Sales Executive Garuda Indonesia Cabang Manado.

Namun rombongan tidak diperke-nankan untuk diving. Melihat keinda-han bawah laut lebih dari lima meter, karena tak satu pun dari rombongan memiliki lisensi untuk diving, kecuali David. “Saat diving juga diwajibkan untuk tidak sendirian. Karena setengah nyawa kita dipegang oleh teman kita. Saat ada gangguan dibawah laut hanya teman kita yang bisa menolong,” jelas David.

april 2014 apakabar 43

Page 44: Apakabar april 2014

Marina Harbour menjadi tujuan per-tama pagi itu. Dari hotel kami mengi-nap tak sampai 20 menit. Biasanya wisatawan yang ingin menuju Bunaken melalui dermaga ini. Per kapal biasan-ya dipatok sekitar Rp 1,3 juta hingga Rp 2 juta. Dengan kapasitas maksimal 15 orang. “Tapi kita tidak mengguna-kan kapal disini. karena hanya meng-gunakan dua mesin dan kekuatan satu mesinnya 30pk saja. Kita akan menuju Resort Manado Tateli. Di sana ada kapal dengan dua mesin yang satu mesinnya berkekuatan 50pk. Biar bisa lebih ce-pat,” ucap David.

Sesampainya di resort kami bergegas fitting perlengkapan snorkeling yang pas di Minahasa Divers. lalu meluncur ke Manado Tua dengan kapal berkapa-sitas maksimal 25 penumpang. Mesin kapal dengan kecepatan sekitar 11knot meluncur dilaut lepas, menebas om-bak, hingga akhirnya sukses berlabuh di Manado Tua. Lama perjalanan sekitar 40-50 menit tergantung cuaca.

Daerah ini biasa disebut depan gereja. Karena memang letak area un-tuk snorkeling berada persis di depan gereja di Pulau Manado Tua. Memiliki ciri khas sebuah jurang terjal. Bagi pe-mula akan kaget melihatnya. Sedang asik snorkling sebuah jurang yang san-gat dalam akan terlihat. Dinding jurang dipenuhi terumbu karang biasa disebut Wall Of Coral. Bagi pemula tidak dian-jurkan untuk menyelam di bagian ju-rang terjal itu.

Siang itu ombak memang cukup

mengganggu aktifitas kami. Cukup ken-cang. Hanya terdiam diri sekian detik saja kita harus siap dihantam ombak dan larut hingga puluhan meter. Hanya 30 menit di Manado Tua. Kapal kembali meluncur. Menuju kawasan yang biasa disebut “Fukui Point”. Bisa dibilang ini salah satu spot terbaik di Taman Laut Bunaken.

Menikmati keindahan Bunaken tak cukup dengan snorkeling. Harus div-ing di kedalaman lebih dari 10 meter untuk sensasi maksimal. Di area ini de-buran ombak cukup kencang pada saat itu. Namun tak mengurangi semangat kami mengintip kehidupan terumbu karang dan aneka biota laut di sana.

Selanjutnya kami meluncur ke Pulau Bunaken. Mengisi perut dengan aneka makanan khas setempat. Olahan ikan segar, es kelapa muda segar khas daer-ah pantai tak bertahan lama berada di atas meja. Wajah kami pun berseri kem-bali setelah rasa lapar sukses terbunuh. Saat itu langit sedang tak bersahabat. Hujan gerimis mengguyur.

Beranjak dari Bunaken menuju Silad-en. Anak-anak setempat terlihat bebas bermain di dermaga Siladen, sesekali melompatkan diri ke air laut. Berun-tung di Siladen ombak cukup ramah. Kami dapat berenang dengan tenang sambil menikmati hamparan Soft Coral dibawah air. Namun kami harus ber-gegas kembali ke Kota Manado. Kapal yang kami tumpangi tidak dilengkapi lampu. Tidak mendukung untuk per-jalanan dimalam hari. Sehingga paling

telat pukul empat sore kapal harus se-gera kembali ke Resort Manado Tateli.

Sebelum kembali ke hotel, dengan wajah lelah kami singgah di Merciful Building. Pusat penjualan oleh-oleh khas Manado. Wajah rombongan kem-bali bersemangat. Karena ditempat tersebut juga menyediakan sample bagi yang ingin mencicipi sedikit oleh-oleh sesuai dengan selera mas-ing-masing. Camilan, baju kaos, dan beragam souvenir kami borong. Lalu kembali ke hotel untuk membersih-kan diri. Bersiap untuk makan malam bersama.

Restoran “Wong Solo” menjadi tempat makan malam kami. Menunya tak asing lagi. Karena di Samarinda pun juga ada. Namun karena tun-tutan perut lapar, kami pun dengan lahapnya memakan bermacam menu yang sudah kami pesan. Lebih pukul 10 malam kami kembali ke hotel un-tuk berkemas dan beristirahat. Besok pagi kami harus pulang ke Balikpa-pan.

Sekitar pukul 05.00 rombongan sudah lengkap di lobby hotel untuk menuju bandara. Pesawat Garuda Bombardier CJR1000 terbang tepat waktu pukul 06.05. Membawa kami terbang menuju Bandara Sepinggan Balikpapan. Pukul 08.00 kaki kami kembali berdiri diatas tanah Kota Balikpapan. Berpamitan dengan se-mua rombongan. Sekaligus meng-akhiri perjalanan bersama Garuda Indonesia kali ini.(ozan)

44 apakabar April 2014

Page 45: Apakabar april 2014

TERKESAN STYLE BARU ma-nusia laba-laba ala Andrew garfield? sekuel ini wajib Anda tonton, kelan-jutan kisah salah satu tokoh heroik terpopuler sejagat. Kita selalu tahu bahwa pertempuran paling penting bagi Spider-Man (Andrew Garfield) ada dalam dirinya sendiri: Perjuan-gan antara kewajiban dan tanggung jawab Peter Parker sebagai manusia biasa dan sebagai Spider-Man

Dalam The Amazing Spider-Man 2: Rise of Electro, Peter Parker kembali menghadapi konflik besar. Adalah he-bat menjadi Spider-Man. Bagi Peter Parker hidupnya adalah berayun dian-tara pencakar langit, menjadi seorang pahlawan dan menghabiskan waktu-nya bersama Gwen (Emma Stone).

Tapi menjadi Spider-Man bukan tanpa masalah: Hanya Spider-Man yang dapat melindungi warga New York dari penjahat tangguh yang mengancam kota. Dengan muncul-nya Elektro (Jamie Foxx), Peter harus menghadapi musuh yang kekuatan-nya jauh lebih kuat darinya. Dan Saha-batnya, Harry Osborn (Dane DeHaan) telah kembali, dimana Peter segera menyadari bahwa seluruh musuhnya memiliki satu kesamaan: Oscorp.

berikutnya film yang sepertinya terinspirasi sukses film action The Raid. Setrelah bertahun-tahun ber-main diwilayah setan lokal, perfil-man indonesia mulai menggeliat di genre action. tentu saja The raid yang jadi pemicunya. The Guardian, coba dikemas dengan plot cerita yang berbeda, meski terkesan “ala” Holly-wood. bintang “bule” pun dipasang sebagai penegas bahwa film action ini memang direncanakan bergaya

Hollywood action. didukung karak-ter kuat seperti Tio pakusadewo, film ini layak ditonton penggemar actio thriller. Ceritanya, Setelah terbunuh-nya Wisnu, Sarah (Dominique Diyose) istrinya, berusaha mengajarkan ilmu bela diri kepada anak perempuan mer-

kabar M

OV

iE

Ada ‘The Raid’ Versi Hollywood & Kembalinya si burung ‘Blu’ yang kocak di Amazon

eka, Marsya (Belinda Camesi), yang sebenarnya sangat tidak menyukai ilmu bela diri. Hingga suatu saat, Paquita (Sarah Carter) dan kelom-poknya memburu mereka.

Sarah yang meminta bantuan Kapten Roy (Nino Fernandez), saha-bat Wisnu di kepolisian, belakangan mengetahui ternyata mereka juga diburu oleh anak buah Oscar (Tio Pakusadewo). Adegan-adegan yang memicu adrenalin pun terjadi. Dari kebut-kebutan di jalan-jalan utama Jakarta, tembak-tembakan, sampai pertarungan sengit.

Selanjutnya, salah satu deretan film terakhir yang dibintangi Paul walker. Konon film ini terinspirasi The Raid. Damien (Paul Walker) ada-lah detektif yang sedang menyamar dan mendapat tugas untuk masuk dalam perkampungan berbahaya yang disebut Brick Mansions. Misi Damien adalah menumpas pengedar narkoba Tremaine (RZA) yang memi-liki senjata pemusnah massal dan berhasil menyandera walikota. Dite-mani oleh Lino (David Belle), Damien menghadapi berbagai anggota geng yang ada di Brick Mansions.

Sukses diseri perdananya, film keluarga tentang kehidupan bu-rung ini dibuat sekuelnya.

Adalah hutan rimba diluar sana dimana Blu, Jewel dan ketiga anak mereka memutuskan meninggal-kan Rio untuk sementara waktu menuju alam liar Amazon men-cari tahu kebenaran berita bahwa masih adanya sekelompok kakak-tua biru yang hidup disana. (xx1)

april 2014 apakabar 45

Page 46: Apakabar april 2014

adve

rto

rial

Mengingat arti dari sebuah anak-anak dan remaja, tentunya san-gatlah kental dari rasa selalu ingin mencoba

hal baru. Terlebih saat ini mereka juga se-

makin berkembang dan juga cerdas. Berbagai

lomba pun kerap diikuti oleh mereka, baik putra

maupun putri.

Sebut saja lomba yang sangat ban-yak digemari, yakni lomba fashion show yang ditujukan untuk memilih calon model. Lomba yang satu ini seakan menuntut pribadi seorang anak-anak dan remaja agar tampil

lebih percaya diri.Hotel Grand Elty

Singgasana memi-liki acara tahunan lomba fashion show. Pada tahun lalu even yang diadakan ialah bernama Fes-tival Warna-warni. Yang dimana pada tahun lalu selain lomba fashion show juga ada lomba me-warnai.

Dilihat tingginya minat lomba fash-ion show pada tahun lalu. Tahun ini pun kembali diadakan dan kesuksesan lomba fashion show itu pun diraih kembali oleh Grand Elty Singgasana. Acara ini bertema-kan busana pesta malam “The White Party”. Acara yang dihelat pada 22 Maret lalu ini berlangsung meriah.

Sebanyak 61 model turut serta

dalam acara yang terbagi menjadi 3 kategori ini. Usia kategori A dari 3-7 tahun yang diikuti 26 peserta, kategori B dari usia 8-12 tahun diikuti oleh 13 peserta dan kat-egori C usia 13-22 tahun diikuti oleh 22 peserta.

Dimulai pukul 19.30 wita model-model ini pun diberi kesempatan

berlenggak-lenggok mempertunjukkan busananya diatas panggung masing-masing selama 2 menit. Selama per-lombaan berlangsung musik diiringi oleh Dj Ed Yan. Diselingi oleh Jugling perform dan game interaktif disela-sela acara membuat semakin riuh. Apalagi even ini backgroundnya tak mengguna-

HoTEl GRAND ElTY SINGGASANA

pERTAMA! FASHIOn SHOW dengan visual 3d mapping

Page 47: Apakabar april 2014

kan backdrop yang biasa digunakan pada umumnya, melainkan menggunakan kon-sep visual 3D mapping yang pertama di-adakan di Tenggarong.

Setelah catwalk diatas panggung, model-model ini pun dinilai oleh 3 de-wan juri. Yakni Ibnu Farabi (Executive Assistant Manager Hotel Grand Elty Singgasana), Anas Maghfur (Desainer AEMTOBE) dan Lisa Sandra (Majalah APAKABAR).

Acara ini juga bekerja sama dengan event organizer dari Majalah APAK-ABAR. Selain itu juga di sponsori oleh Bank Mandiri, Kalbe, Cerebrofort Gold, Wardah Cosmetic, Red Square, Swara-Maha Radio dan Kaltim Tv.

“Even ini juga kami konsepkan se-mua menang semua senang, jadi pe-serta yang datang dari luar Tenggarong meskipun kalah tidak kecewa, karena setiap peserta kami beri bingkisan dari sponsor saat daftar ulang. Even ini juga sambil menyambut HUT Hotel Grand Elty Singgasana pada 1 Juni nanti,” ucap Kiki selaku ketua penyelenggara. (tian)

BANGGA deretan pemenang di Kategori C berpose pasca menerima hadiah dengan panitia.

april 2014 apakabar 47

Page 48: Apakabar april 2014

SALAH satu bentuk kedekatan terse-but, mengacu berbagai data riset tele-matika yang dihimpun, adalah gadget berbasis sistem operasi Android.

Aktivasi sistem operasi Android pada gawai di seluruh dunia per Juli 2013 lalu mencapai 1,5 juta unit, atau naik ribuan persen dari aktivasi Agustus 2010 sebanyak 200.000 unit.

Situasi ini mendorong penguasaan pasar terus melonjak bahkan domi-nan, sebab lebih dari 80% masyarakat dunia menggunakan Android per kuartal III 2013.

Ini dahsyat, sebab sistem ini pertama kali dibuat tahun 2005 dan resmi diko-mersialkan 22 Oktober 2008 namun sudah memimpin pasar tahun 2011 (simak tabel di bawah).

Tabel 1.1 Pangsa Pasar Ponsel Cerdas Global 2010-2013sumber: Gartner, 2011-2013

Namun bukan soal penguasaan pasar ini yang ingin ditekankan penulis dalam artikel. Akan tetapi, selain soal fenomena gawai yang makin intim dengan kehidupan kita semua, nyatan-ya terdapat berbagai implikasi (cend-erung negatif) kepada kehidupan atas situasi meluasnya gadget ini

Setidaknya, mengacu pada survei Sharing vision akhir tahun lalu kepada 72 responden didapatkan sejumlah ke-luhan dan ketidaknyamanan sebagai bentuk implikasi tersebut (simak tabel 1.2). Penulis meyakini, bahwa kita se-bagai pengguna gawai tercakup dalam berbagai ketidaknyamanan ini.

Tabel 1.2 implikasi yang dirasakan Pengguna Androidsumber: sharing Vision, Januari 2014

Dengan data lanjutan bahwa 5-10% maniak gadget terbiasa menyentuh perangkatnya 100-200 kali dalam se-hari, dan apabila waktu efektif manu-sia beraktivitas 16 jam atau 960 menit sehari, maka orang yang kecanduan

gadget akan menyentuh gadget 4,8 menit sekali!

Bila angka interaksinya selekat itu, dalam opini penulis, maka p e c a n d u gadget akan sulit men-jalani ke-hidupan nya-ta. Jangankan m e l a k u -

kan pekerjaan, untuk diajak ngobrol saja pasti sulit. Kiprah orang-orang semacam ini (dan boleh jadi kita ter-masuk di antaranya) di dunia nyata akan berkurang.

Jika dia dipisahkan dari gadget, maka akan segera muncul rasa ge-lisah dan tidak dapat beraktifitas di dunia nyata. Lantas, jika maniak gawai ini didiamkan terus berlaku seperti ini, maka bukan tidak mung-kin akhirnya menjadi pengidap atten-tion deficit disorder (ADD).

ADD akan membuatnya sulit konsen-trasi, lebih dekat dengan orang jauh, mengabaikan orang terdekat, fokus perhatian sulit muncul dalam waktu lama, sehingga sekalinya dia keting-galan gawai, maka dunia seolah sudah berakhir karena tak ada aktivitas riil

jangandIpERBudAKgadget!Gadget atau gawai (mengacu kamus

besar Bahasa Indo-nesia/kbbi.web.id) adalah perangkat yang paling lekat dalam kehidupan kita sehari-hari, malah boleh jadi

paling dekat bahkan dibandingkan

anggota keluarga kita sendiri.

kab

ar G

aD

GE

T

48 apakabar April 2014

Page 49: Apakabar april 2014

yang bisa dilakukannya dengan nyaman. Maka, mari kembalikan gadget pada fungsi awalnya:

Sebagai alat yang bisa meningkatkan produktivitas kita bersama, bukan malah memperoleh berbagai sisi kontraproduktif darinya.

Berikut sejumlah langkah saran dalam mengembalik-kan fungsi orisional gadget tersebut.

You should have your own personal time! 1. Kita harus prioritaskan waktu pribadi kita di atas kepentingan segalanya, terutama jika kita sudah berada di rumah. Ingatlah ada anak, ada istri, saudara, bahkan orangtua yang harus kita sapa dan ajak bicara. Jangan biarkan semua dari kita asyik sendiri, surfing masing-masing di dunia maya ketika berkumpul. Fisiknya bareng, tidak jiwanya. Tidak ada tegur sapa dan obrolan hangat, gilirannya akan merenggangkan semuanya. Ingat! Di Amerika Serikat, sudah banyak perceraian akibat minimnya komunikasi dan affair bermula dari gadget. Begitu sampai rumah, silahkan cari aktivitas yang bisa mengalihkan perhatian kita mulai dari menonton DvD non stop, bernyanyi, olahraga, dan lainnya. Jangan benamkan hidup kita selamanya di dunia maya, dunia nyata jauh lebih seru jika kita benar-benar meluangkan waktu di atasnya.Jangan biasakan mengakhiri dan memulai hari Anda 2. dengan gawai. Ketika mau tidur, kita ingin cek sta-tus terbaru kolega di akun media sosial, ketika baru bangun pun segera menyimak apakah ada obrolan terbaru dalam medium chatting yang kita miliki. Be-gini terus. Jika kebiasaan ini kita pelihara, dengan sendirinya kita terbiasa mengabaikan hal penting yang dekat dengan kita dan malah memberi perha-tian kepada orang jauh. Bahkan, lama-kelamaan, kita akan memaksakan selalu merespons dunia maya sekalipun tidak tepat misalnya saat sarapan dengan keluarga/menyetir. Jangan sembunyikan kebiasaan kita saat menggu-3. nakan gadget. Jika Anda merasa keluarga atau ses-eorang akan marah dengan kebiasaan kita, itulah pertanda kebiasaan kita memang salah. Kita tahu ke-tika rapat, bos akan marah jika kita tetap asyik den-gan gadget, janganlah curi-curi kesempatan pakai gadget. Kita tahu bahwa atasan kita tidak suka den-gan itu, maka jujurlah pada diri sendiri. Secara perla-han, kebiasaan ini bisa memberikan kita kemampuan memberi tahu orang sekitar, bahwa ada saat-saat ter-tentu jika kita akan telat membalas pesan di gawai, misalnya manakala kita sudah di rumah.

Jadi, mari jaga produktivitas gadget kita secara nyata. Seindah apapun pergaulan di dunia maya, mereka bisa jadi tidak nyata, karenanya segala kebanggaan bisa jadi semu. Bagaimanapun, gadget tidak akan pernah seband-ing dalam menggeser kehidupan nyata kita dengan orang-orang nyata di sekitar kita. (net)

Page 50: Apakabar april 2014

Romantisme Kota BiNtANG

di sebelah timur laut Italia, ada sebuah kota kecil Palmanova yang unik di tengah pertanian hijau. Pada abad-16 kota itu menjadi sebuah

benteng dari serangan Turki dan austria. Jadilah Palmanova kota berbentuk bintang.

kab

ar T

ra

VE

liN

G

Page 51: Apakabar april 2014

ABAD ke-16 silam Kota Palmano-va yang kini modern diawali sebagai benteng kekaisaran venesia dan satu abad berikutnya difungsikan untuk mencegah serangan dari Austria dan Turki selama peperangan. Setelah-nya kota ini tak lagi berpenghuni dan dididirikan kembali tahun 1593.

Kota Palmanova sengaja dibuat bentuk bintang, yang terdiri atas 3 gerbang, dikelilingi sungai dan per-tanian. Ada 9 bentuk seperti panah yang menghubungkan setiap kota. Semua wisatawan dapat masuk ke kota ini, melewati 3 pintu yang di-jaga. Jika dilihat dari ketinggian, je-jeran pemukiman penduduk dan ge-dung lain membentuk lingkaran rapi, sedangkan di pinggirnya ladang nan hijau mengelilingi membentuk bin-tang. Penyempurnaan kota ini butuh waktu sekitar 1 abad. Wow!

Tujuan pembangunan kota itu dipe-runtukkan kepada orang-orang yang berprofesi sebagai pedagang, petani dan juga pengrajin. Setiap jalan dibuat memiliki arti dan fungsi yang maksimal. Semua penghuni kota juga tak boleh sembarangan tinggal, mer-eka harus mengikuti aturan-aturan dan punya tanggung jawab menjaga lahan yang ada di kota itu.

Mulanya saat kota tersebut selesai dibangun tidak ada orang yang mau

tinggal di sana. Padahal pemerin-tah venesia mau memberikan lahan sekaligus segala properti kebutuhan rumah. Sekarang Kota Palmanova berubah menjadi kota modern yang tiap gedungnya ada yang dicat war-na-warni.

Meski dulunya benteng, kota ini tak menyisakan tanda bekas pertempuran. Wisatawan yang ke sana masih bisa melihat jejak sejarah berupa bangu-nan kuno rumah sakit, gedung kebu-tuhan logistik perang sampai tempat penyimpanan barang berharga lain-nya. Tahun 1960 kota ini ditetapkan sebagai monumen nasional di Italia.

Atraksi wisata di kota itu ber-pusat di alun-alun yang populer

dengan nama Piazza Grande, ben-tuknya segi enam, berada di antara gedung-gedung tua. Ada juga gereja dan wisatawan dapat berkunjung museum yang memajang koleksi benda-benda sejarah dan kisah ri-wayat kota. (net)

RAPi : deretan pertokoan yang dicat berwarna-warni dengan konsep dagangan modern, semakin menambah daya tarik kota unik ini. Konsepnya juga unik, khusus area shopping kendaraan dilarang parkir untuk menmabah keleluasaan pejalan kaki.

ALUN-ALUN : Piazza Grande (foto bawah), salah satu tujuanutama turis. selain pusat kota, juga merupakan satu-satunya lokasi gelaran semua even penting kota ini. yang paling terkenal adalah festival wine tahunan.

kabar T

ra

VE

liNG

april 2014 apakabar 51

Page 52: Apakabar april 2014

Kamis, 24 April 2014, masyarakat Palaran - Samarinda boleh ber-

bangga hati, sebab selain kondisi perekonomian dikawasan terse-

but yang terus berkembang pesat telah hadir juga BNI menjadi

salah satu industri perbankan yang turut mendukung pemban-

gunan di Palaran – Samarinda.

sebagai outlet ke-12 di kota samarinda yang diresmikan oleh Wakil Walikota samarinda bpk. Nusyirwan, bNi menempatkan diri sebagai mitra dalam transaksi keuangan bagi masyarakat Palaran dan sekitarnya serta pelaku ekonomi di kawasan tersebut. dengan lokasi yang sangat strategis di Jl. ampera yang merupakan area strategis pengembangan kota samarinda yang saat ini telah berdiri pelabuhan Peti kemas Palaran, ruas jalan tol balikpapan – samarinda dan tahap perampungan Jembatan Mahkota ii.

seperti yang disampaikan Head of Network & services (HNs) bNi Wilayah banjarmasin bpk. amrullah mewakili manajemen bNi dalam sambutannya, bahwa outlet bNi lebih dekat melayani transaksi keuangan masyarakat khususnya di Palaran – samarinda. "alasan kami membuka kantor kas disana agar kami menjadi lebih dekat kepada masyarakat palaran,dan juga kedepannya Palaran akan menjadi kota

satelitnya samarinda. selain itu juga disana banyak terdapat perusahaan-perusahaan besar, maka dari itu kami membuka outlet terbaru kami disana,selain itu target kami membuka kantor kas cabang Palaran ini pada tahun pertama minimal 50 milliar bisa terserap dari nasabah .”ungkap bapak s. teddy Purwoko selaku Pemimpin bidang Operasional.

Wakil Walikota samarinda bpk. Nusyirwan juga memberi dukungan kepada bNi "Mudah-mudahan dengan dibukanya kantor kas ini ekonomi warga palaran dan sekitarnya bisa bertumbuh kemudian menjadi nasabah yang baik". selain tanggapan positif dari bpk Nusyirwan ,kepala kantor kas bapak Garry danurwendo menambahkan harapannya agar masyarakat Palaran terbantu dari segi pelayanan perbankan seperti menabung, mengambil dan kiriman uang dan tidak menutup kemungkinan bahwa bNi juga akan membuka cabang di daerah lain karena tujuannya agar kami bisa lebih dekat kepada masyarakat.

sebagai informasi dapat kami sampaikan bahwa sampai dengan akhir desember 2013 terdapat 129 outlet bNi di seluruh wilayah kalimantan yang terdiri dari 18 kantor Cabang utama, 58 kantor layanan, 40 kantor kas, 2 sentra kredit Menengah, 4 sentra kredit kecil, 1 Consumer & retail loan Center (lNC), 6 bNi layanan Gerak, sedangkan untuk mesin atM sebanyak 804 unit. sedangkan di wilayah

kalimantan timur terdapat 45 outlet yang terdiri dari 6 kantor Cabang utama, 23 kantor layanan, 13 kantor kas, 1 sentra kredit Menengah, 2 sentra kredit kecil, didukung oleh 2 bNi layanan Gerak, dan 330 mesin atM bNi.

Pada tahun 2014, di wilayah kalimantan, bNi akan melakukan penambahan jumlah outlet sebanyak 7 outlet, dimana 4 diantaranya berada di wilayah kalimantan timur yaitu samarinda, balikpapan, bontang dan Nunukan. disamping itu bNi juga merencanakan akan melakukan penambahan atM di tahun 2014 sebanyak 252 diseluruh kalimantan dimana 110 unit atM akan ditempatkan di kalimantan timur dengan rincian 39 di samarinda (terbanyak di kaltim), 26 di balikpapan, 11 di bontang, 8 unit di Nunukan, serta tanjung redeb dan tarakan masing-masing 16 dan 10 unit. dalam rencana bisnis bank tersebut dapat kami informasikan bahwa bNi di tahun 2014 ini juga akan membangun 2 atM yang peruntukannya khusus untuk pengendara sepeda motor yaitu di kota samarinda dan balikpapan.

sebagai tambahan informasi bagi nasabah institusi bisnis, bNi memberikan layanan cash management secara online, trade finance, perdagangan internasional (ekspor/impor) dan remittance/pengiriman uang yang didukung oleh jaringan cabang luar negeri dan 1.637 koresponden di seluruh dunia, baik bank maupun non bank. saham bNi tercatat di bursa efek indonesia (bei) dengan kode bbNi sejak tahun 1996. (dedo)

oUTlET BARU BNI PAlARAN SAMARINDA

lEBIH dEKAT MElAYAnI

Page 53: Apakabar april 2014

OlaHraGa penting dilakukan untuk menjaga vitalitas tubuh. Namun, kebanyakan pekerja kesulitan mendapat waktu yang tepat untuk berolahraga. Mereka biasanya memilih berolahraga dengan terburu-buru pada pagi hari sebelum bekerja, atau berolahraga pada malam hari dengan kelelahan yang telah terakumulasi. Padahal sebenarnya olahraga pun bisa dilakukan sembari duduk di kantor lho. anda tak perlu memaksaka diri untuk berolahraga sepulang dari kantor. tak perlu memaksakan diri melakukannya karena ada olahraga yang bisa dilakukan sembari bekerja di depan meja.

inilah sepuluh cara rahasia untuk menggerakkan tubuh saat bekerja tanpa diketahui oleh atasan.

TerlihaT TeTap bekerjasambi l duduk di kursi , lakukan

peregangan pada kaki. Naikkan kaki dari lantai hingga lutut lurus sempurna dan otot-ototnya berkontraksi. ulangi dan lakukan beberapa kali. dengan pengulangan yang cukup serta tambahan beban dari sepatu, paha pun akan mengencang. kabar baiknya, orang lain tidak akan tahu apa yang terjadi di bawah meja kerja anda!

MeMperindah kakisedang dalam antrean mesin fotokopi?

Jangan hanya berdiri diam dan lakukanlah gerakan olahraga curian. Naikkan jari-jari kaki anda. saat tak ada orang yang melihat, turun dan naikkan selama 30 kali. Jika ada rekan kerja yang memergoki, tahan posisi anda. Jika rutin melakukan gerakan itu, betis akan semakin rupawan, juga terlihat ramping dan seksi ketika menggunakan sepatu hak tinggi.

menegakkan punggunglatihan menegakkan posisi punggung

adalah olahraga yang paling efektif dilakukan saat anda sedang mengenakan kardigan. sembari mengetik laporan, jaga agar punggung tetap lurus, angkat lutut ke atas kursi, dan tahan hingga otot perut tak lagi dapat menahannya.

berpuTar dengan kursiGerakan ini membutuhkan kursi putar dan

hanya bisa dilakukan saat ruangan sedang kosong. angkat kaki dan kemudian usahakan agar kursi berputar dengan melakukan gerakan menendang ke samping. sentakkan kaki agar terjadi momentum yang tepat dan kursi bisa berputar. Perhatikan berapa putaran yang bisa anda buat hingga tubuh lelah. selain sehat, gerakan ini juga menyenangkan lho.

pindah ToileTdibanding berjalan sebentar untuk pergi ke

toilet terdekat, cobalah untuk memilih toilet di lantai lain. Yang paling penting, jangan menggunakan lift atau perpindahan toilet tidak akan ada manfaatnya. setiap tambahan tangga yang dilalui, semakin positif hasil yang didapat.

peregangan Tanganletakkan tangan di atas pangkuan, dengan

satu telapak telungkup di atas telapak yang terbuka. lengan harus membentuk garis lurus

dari siku ke siku. kemudian, geser sedikuit kedua tangan, tekuk jari-jari, dan kunci jari-jari itu. tarik sekuat mungkin tetapi usahakan agar ikatan jari-jari tidak lepas. istirahat dan kemudian ulangi lagi. latihan isometrik ini dapat memperkuat otot pada bahu, dada, bisep, dan trisep tanpa harus meninggalkan meja kerja.

Mendorong lengantempatkan lengan di pangkuan dengan

posisi kedua telapak tangan saling berciuman seperti berdoa. kemudian, dorong kedua lengan secara bersamaan. istirahat dan ulangi beberapa kali. Gerakan ini juga memberikan manfaat pada otot dada, bisep, dan trisep. Jika rutin melakukan gerakan ini, anda mungkin tak lagi membutuhkan kartu anggota fitnes.

MeManfaaTkan Meja kerjauntuk mendapat manfaat lain dari olahraga

isometrik, letakkan telapak di bawah meja dan tekan ke atas. Cara lain, anda bisa meletakkan telapan di atas meja dan kemudian tekan ke bawah. Jika anda mendapat memo pekerjaan tak menyenangkan, selipkan memo itu di telapak dan tekan untuk mendapat tambahan motivasi.

Mengencangkan oToT gluTeussembari duduk, mengencangkan otot

gluteus atau otot bokong tidak mustahil dilakukan. Caranya dengan menyilangkan sebelah kaki tanpa menimpa kaki di yang berada di bawah, kemudian tahan selama beberapa saat. Cara lain bisa dilakukan dengan menekan pantat sekuat mungkin. Meski demikian, jika rekan kerja di belakang anda termasuk orang yang jeli, anda harus lebih waspada.

akTif saaT isTirahaT Makanbanyak waktu yang tersisa saat istirahat

makan siang. Gunakan 40 menit pertama untuk berjalan-jalan ke lingkungan sekitar gedung atau menjelajahi gedung. kemudian, kembalilah ke kantor untuk makan siang sembari menikmati sisa waktu 20 menit.

Olahraga “Curian”

Saat Bekerja

april 2014 apakabar 53

Page 54: Apakabar april 2014

DENGAN BODINYA yang montok, suara berisik dan tampilan yang me-narik membuat motor ini sukses men-curi perhatian jika sedang meluncur di jalan. Bahkan hanya melalui suara mesin dan knalpotnyatanpa melihat wujudnya pun orang dapat mengenali.

Sempat lama tak terdengar, hanya menyisakan kejayaan dimasa lalu na-mun masih tetap digemari. Berbagai versinya pun dikoleksi banyak orang. Berbagai kalangan, tanpa pandang usia.

Dengan tampilan lebih apik, teknolo-gi lebih modern dan tentunya tak berisik lagi, Piaggio mencoba mengu-lang kembali kejayaan vespa. Tak han-ya vespa, Piaggio menghadirkan varian Liberty dan Zip untuk mendampingi motor legendaris tersebut.

Di Samarinda tampilan baru vespa tersebut tentunya berhasil menarik mi-nat penggemar lamanya untuk memi-liki motor asal Italia ini. Tentunya juga menghasilkan banyak penggemar baru.

Secara tak sengaja sebuah wadah berkumpulnya penghobi vespa terben-tuk. “Setelah diler Piaggio resmi dibuka di Samarinda akhir tahun 2011 peng-guna vespa pun mulai menjamur. Dari obrolan iseng beberapa teman saat santai sore, kami terpikir untuk mem-

buat komunitas motor Piaggio. Februari 2012 terbentuklah Piaggio vespa Sa-marinda (Pisa),” papar Billy Hizrawandi ketua dari Pisa.

Billy menambahkan, pada saat itu komunitas ini belum diseriusi. Baru pada tahun 2013 mereka terpikir untuk menetapkan struktur organisasi agar lebih tertata. Setelah itu barulah mulai mengumpulkan anggota baru.

“Permasalahan yang sering kami alami adalah waktu. Sangat sulit men-gumpulkan teman-teman dalam jum-lah banyak untuk berkumpul. Karena

memang sebagian besar anggota Pisa adalah pekerja dengan kesibukan yang padat. Pengusaha hingga karyawan,” ungkap Bagus Hadi yang merupakan wakil ketua Pisa.

Saat berkumpul tentunya tak hanya mengenai vespa saja yang mereka ba-has. “Bola, gadget, politik, hingga ekono-mi juga kita bahas. Karena banyak pen-gusaha tentunya yang kami bahas juga mengenai usaha kami. Mengelola uang atau menginvestasikannya. Yang muda bisa belajar dari senior,” jelas Bagus.

“Mulai tahun ini kami mencoba un-tuk menggelar touring rutin setiap dua bulan sekali. Tujuannya ke kilometer 50 untuk bertemu teman-teman penghobi vespa dari Balikpapan. Tidak menutup kemungkinan akan mencoba ke tem-pat-tempat lainnya,” ujar Bagus.

Bagus juga menjelaskan bahwa Pisa terbuka tak hanya untuk vespa mod-ern saja. “Yang penting motor terse-but masih berbentuk vespa. Yang mau gabung bisa datang langsung ke tem-pat Pisa biasa berkumpul di Indomaret Plus Jalan M Yamin atau ke kafe Double Dipps di Samarinda Square. Setiap Ju-mat dari pukul enam sore. Untuk infor-masi lebih lanjut bisa mention twitter kami di @PISAsmr,” tutup Bagus yang juga penghobi vespa lama ini. (ozan)

Bahas Hobby Sampai Investasi

piaggio Vespa Samarinda (pisa)

kab

ar k

OM

UN

iTa

S

Page 55: Apakabar april 2014

TEMPATNYA tak terlalu besar, bahkan tertutupi oleh kemegahan gedung bisnis yang berada disekelil-ingnya. Tapi, siapa yang mengira jika taman kecil ini, fungsinya begitu penting untuk warga Balikpapan.

Tawa riang anak-anak terdengar ketika berjalan menuju taman yang terletak di pusat kota Balikpapan ini. Awal memasukinya, hiruk pikuk suasana kota yang adem pun mulai terasa dengan ramainya pengunjung yang berada disana.

Banyak anak-anak yang berlari kejar-kejaran. Orang-orang yang bersantai setelah seharian dalam bekerja. Bahkan menjadi wadah ber-kumpul bersama sanak keluarga. Tak sedikit juga tampak sepasang keka-sih yang sedang canda tawa disana.

Pedagang kaki lima yang tersusun rapi di depan taman menandakan betapa tertibnya warga kota ini. Aro-ma makanan yang beraneka ragam dijual disini pun bercampur aduk sedapnya. Banyak menu yang dijual disini, dari snack hingga makanan berat. Semua ditawarkan dengan harga yang ‘santun’ didompet.

Bahkan seperti balon, mainan, hingga permen gulali untuk anak-anak juga tersedia disini. “Jualan disini aman, tidak diburu oleh Sat-pol PP. Yang penting tertib dan jaga kebersihan,” ujar Tati, salah satu pedagang. Ah, andai saja pedagang kakilima di Samarinda tertib seperti mereka, pasti kebersihan dan keku-muhan bisa berkurang menghiasi ibukota provinsi itu.

Taman yang terletak ditengah-tengah kota minyak ini juga ada kolam air di tengahnya, dengan tiang-tiang pipa disisinya yang me-mancurkan air membuat suasana segar. Pepohonan yang mengelilingi membuat udara begitu sejuk, seperti Oase yang terletak di gurun pasir. Memang desainnya tak semegah dan secantik taman-taman kota di kota besar seperti Jakarta dan band-ung. Tetapi, kejelian pemkot Balikpa-pan membaca keinginan warga akan lokasi bersantai keluarga yang mu-rah meriah seperti inilah yang layak diacungi jempol.

“Saya sering kesini untuk mengha-biskan waktu bersama keluarga, saya

suntuk seharian bekerja. Karena itu saya mengajak keluarga saya untuk refreshing disini,” ucap Hery, pengun-jung yang datang bersama istri dan kedua anaknya. Bukan hal istimewa tapi sangat dibutuhkan dengan ban-yak alasan. Itulah taman kota. Nah, bagaimana dengan Samarinda? Ka-pan punya taman kota? (*)

TAMAN BEKAPAI BAlIKPAPAN

“Oase” di Tengah Kota

sANTAi : Jadi salah satu favorit lokasi hiburan keluarga ditengah kota Balikpapan.

KULiNeR : Konon deretan warung kuliner disini adalah yang terlezat dengan harga yang ekonomis.

kabar k

OTa

april 2014 apakabar 55

Page 56: Apakabar april 2014

Timur (NTT) pada 9-11 Mei 2014 mendatang. Dengan tagline “Fun, Friendship, and Fitness”, kegiatan ini akan menggabungkan olahraga dan kegiatan wisata dengan ting-kat kesulitan yang berbeda.

09-11 MEI 2014FESTIvAl JAZZ

INTERNASIoNAl BoRNEoAcara tahunan ini menampilkan

grup jazz dari seluruh dunia yang berkumpul di Miri Resort City. Sekitar 7.000 pemerhati dan peserta yang ter-diri atas warga lokal, orang asing dan pengunjung, diperkirakan hadir pada pagelaran musik menghebohkan ini.

21 MEI 2014EXoTISME GAlUNGAN &

KUNINGAN DI BAlITiang bambu tinggi dihiasi dengan

daun kelapa dan bunga, buah, kue dll ditancapkan pada setiap pintu masuk rumah dan membuat peman-dangan luar biasa di sepanjang jalan desa, melambangkan kemakmuran. Hari Raya Kuningan diperingati se-tiap 210 hari atau 6 bulan dalam kalender Bali, tepatnya pada Sanis-cara Kliwon Wuku Kuningan. (1 bu-lan kalender Bali = 35 hari)Kuningan adalah rangkaian upacara Galungan, 10 hari sebelum Kuningan.

kab

ar E

VE

NT

S

01 MEI-31 2014Jakarta Fashion Food Festival

yang digelar setiap tahun oleh PT Summarecon Agung Tbk akan kem-bali digelar pada bulan Mei 2014 mendatang. Perhelatan akbar fash-ion dan kuliner ini akan bertempat di Sentra Kelapa Gading, Jl. Boule-vard Kelapa Gading Blok M, Jakarta Utara. Ada tiga rangkaian utama penyelenggaraan festival ini, yaitu Fashion Extravaganza, Food Festival, dan Gading Nite Carnival.

01-31 MEI 2014Summarecon Mall Serpong, seperti

tahun-tahun sebelumnya kembali menggelar Downtown Walk Festival pada Mei 2014 mendatang. Festival ini merupakan festival musik yang dikemas dengan berbagai tema dan mendatangkan artis-artis papan atas. Mengusung konsep konser outdoor untuk menghibur para pecinta musik.

02-04 MEI 2014Bersiaplah untuk terhipnotis oleh

lantunan indah musik, lagu, dan tarian, di kemeriahan budaya yang menampilkan Sabah pada puncak pesonanya di Auditorium, Kompleks JKKN Sabah. Ungkapan semangat warga lokal ini akan menyampaikan cerita tentang keragaman negeri yang kaya akan tradisi dan keper-cayaan unik.

08-11 MEI 2014Pemerintah Provinsi Jawa Timur

melalui Dinas Kebudayaan dan Pari-wisata bakal menyelenggarakan Majapahit Travel Fair ( MTF) yang merupakan penyelenggaraan ke 15 di tahun 2014 ini. Di selenggarakan di Grand City Surabaya, event ini su-dah terselenggara sebanyak 15 kali sejak tahun 1999 sampai sekarang (2014), yakni sebuah event Budaya dan Pariwisata yang berskala Inter-nasional.

08-11 MEI 2014BAlI INAFACT 2014

Pameran Investasi, Produk-Jasa Unggulan Kerajinan dan Wisata Nusantara kembali hadir kali kedua perhelatannya, Bali INA-FACT 2014. Berlangsung Mal Bali Galeria Kuta Bali, merupakan pa-meran produk dan jasa unggulan dari sektor investasi, pariwisata, budaya, kerajinan tradisional, in-dustri kreatif, layanan publik, edu-kasi, serta produk dan jasa unggu-lan daerah.

09-11 MEI 2014ASIA PACIFIC HASH 2014

(BAlI & NTT)Kementerian Pariwisata dan

Ekonomi Kreatif akan menghelat Wonderful Adventure Indonesia, yaitu Asia Pacific Hash (Wai-AS-PAC 2014) yang akan diseleng-garakan di Bali dan Nusa Tenggara

YOUR DEStiNAtiONMei 2014

56 apakabar April 2014

Page 57: Apakabar april 2014

Ini adalah Rubrik baru APAKABAR yang mengulas tentang keseha-tan gigi dan mulut yang pandu oleh Drg. Irma Chaerani Halim yang merupakan dokter gigi terkemuka yang juga membuka prakek klinik gigi profesiaonal. Anda bisa menanyakan langsung perihal terkait ke sehatan gigi dan mulut. kirim pertanyaan anda ke imel apakabarme-dia.gmail.com. atau sms ke 085246864168

Klinik GIGI SEHAT

Drg. Irma Chaerani Halimalamat praktek :

Jl. ahmad yani no. 52 samarinda

PerKeMBaNGaN ilmu dan teknologi sekarang semakin maju dan berkembang, dan berimbas pula pada ilmu dan teknologi dibidang kedokteran gigi. dan pada saat ini perkembangan ilmu & teknologi ke-dokteran gigi terpesat pada bidang aesthetic dentistry, yang meliputi Preventive dentistry, Bleeching tech-nology, Veneer, Ceramic restoration, Smile design dan dental Implant.

Kebutuhan masyarakat akan pentingnya nilai estetika pada gigi dan mulut tidak lepas dari pen-garuh tingkat sosial ekonomi dan penghargaan terhadap diri sebagai pribadi. Pada tulisan ini saat ini saya berusaha untuk menjelaskan satu persatu mengenai aesthetic den-tistry, diantaranya:

lain yang umum digunakan pada praktek dokter gigi adalah dengan Bleaching Gel dan Laser Bleaching. Prosedur pemuti-han gigi yang disebut diatas dapat dilaku-kan dirumah (home bleaching) dan di praktekk dokter gigi (in-office bleaching). Walaupun terdapat prosedur prmutihan gigi yang dapat dikerjakan pasien diru-mah tetapi harus tetap dalam penga-wasan dan kontrol oleh dokter gigi yang melakukan perawatannya.

Sebelum melakukan prosedur pe-mutihan gigi sebaiknya masyarakatpun perlu mengetahui apa penyebab pewar-naan pada gigi, yaitu karena :

1. Antibiotik Tetracyclines2.Enamel Hypoplasia3. Flourosis4. Pengaruh usia (makin tua usia maka warna gigipun makin gelap)5. Kebiasaan makan dan minum yang mengandung warna (Teh, Kopi, Syrup, Soft Drink, Wine, dll)6. Merokok7. Kebiasaan menggunakan obat ku-mur tertentu.

Penyebab awal terjadinya peruba-han warna gigi tersebut juga akan mempengaruhi tingkat keberhasi-lan warna gigi menjadi lebih cerah dan putih. apabila gelapnya warna gigi seseorang itu lebih disebab-kan karena faktor eksternal, maka tingkat keberhasilan pemutihan gigi pada umumnya lebih baik daripada yang disebabkan oleh faktor internal (seperti karena tetracycline, enamel Hypoplasia).

Keawetan dari hasil prosedur pe-mutihan gigipun tergantung dari cara pemakaian dan pemeliharaan gigi dan mulut masing-masing. apabila kebiasaan seperti merokok, dan ma-kan minumyang berwarna tetap di-lakukan walaupun gigi telah menjadi putih dan cerah, maka untuk kembali menjadi kusam dan gelap pun akan bisa cepat kembali seperti sebelum dilakukan perawatan.

apabila berencana ataupun telah melakukan prosedur pemutihan gigi sebaiknya selalu berkonsultasi den-gan dokter gigi yang berkompeten.

aeSTHeTIC deNTISTrY

1. Dental Bleachingatau yang lebih dikenal sebagai pe-

mutih gigi, dental Bleaching adalah suatu prosedur umum dalam bidang kesokteran gigi. Prosedur pemutihan gigi harus dilakukan oleh dokter gigi yang berkompeten dan menguasai betul teknik dan metodenya. Terdapat banyak metode yang digunakan da-lam prosedur pemutihan gigi, antara

april 2014 apakabar 57

Page 58: Apakabar april 2014
Page 59: Apakabar april 2014
Page 60: Apakabar april 2014

kunjungi kami di garden hills estate jln. a.W.syahranie, samarinda

hubungi kami di

0812 8383 30000852 4663 08790821 4354 6777

0853 4673 09110852 4698 7906