proposal penelitian

Post on 17-Jul-2015

114 Views

Category:

Documents

0 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

PROPOSAL PENELITIANMANAJEMEN WAKTU DALAM USAHA MENGHINDARI PERPANJANGAN WAKTU PELAKSANAAN PADA PROYEK KONSTRUKSI BANGUNAN

BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Manajemen waktu sebagai salah satu roda gigi penting dalam menjamin suatu kualitas proyek sangatlah di butuhkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Proyek-proyek yang di laksanakan bukan tanpa menggunakan manajemen waktu, hanya saja kurangnya perhatian serta kendala-kendala lapangan menyebabkan manajemen waktu tersebut tidak terlaksana dengan baik.

BAB I PENDAHULUANRumusan Masalah Bagaimana sistem organisir dari sebuah manajemen waktu dalam proyek konstruksi? Apa saja kekurangan dalam proyek yang sering kali menjadi penghalang terciptanya manajemen waktu yang baik? Bagaimana usaha memaksimalkan atau menyempurnakan sebuah manajemen waktu agar dapat menghindari perpanjangan waktu proyek?

BAB I PENDAHULUANTujuan Penulisan Untuk mengetahui secara mendalam sebuah sistem manajemen waktu dalam suatu proyek konstruksi. Untuk mengetahui mengapa sistem manajemen waktu jarang terlaksana dengan baik. Untuk mengetahui bagaimana memberikan usaha terbaik untuk memaksimalkan kinerja sebuah manajemen waktu sehingga dapat menghindari terjadinya perpanjangan waktu proyek.

BAB I PENDAHULUANManfaat PenelitianBagi Ilmu Pengetahuan Penelitian ini merupakan analisa pengembangan dari teori yang sudah ada yang di hubungkan dengan kenyataan di lapangan. Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan kajian baru atau bahan untuk pengembangan teori kedepannya. Bagi Pemerintah Dapat menjadi bahan evaluasi sekaligus masukan bagi pemerintah yang seringkali menjadi owner dalam pelaksanaan proyek konstruksi. Evaluasi ini bertujuan untuk mengurangi kekurangan-kekurangan dalam pelaksanaan proyek konstruksi khususnya dari sisi manajemen waktu.

BAB I PENDAHULUANBagi Peneliti Penelitian ini dapat menambah wawasan dan menjadi bekal peneliti dalam menjalani kehidupan dalam lingkungan proyek konstruksi. Bagi Peneliti Selanjutnya Dapat menjadi pedoman untuk kajian yang lebih mendalam untuk penelitian tentang manajemen waktu atau hal-hal yang terkait dengan manajemen waktu dalam sebuah proyek konstruksi.

BAB I PENDAHULUAN

Batasan Masalah Penelitian ini merupakan studi kasus pada kenyataan yang terjadi pada proyek besar maupun kecil yang terlaksana di kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Penelitian hanya di batasi pada system manajemen waktu pada proyek konstruksi bangunan. Penelitian juga di khususkan pada usaha menghindari penambahan waktu pada pelaksanaan proyek konstruksi bangunan.

BAB I PENDAHULUANSistematika PenulisanPendahuluan Bab ini berisi tentang latar belakang, rumusan masalah, tujuan penulisan, manfaat penulisan, batasan masalah, keaslian penelitian dan sistematika penulisan. Tinjauan Pustaka Bab ini berisi tentang tinjauan umum tentang hal-hal yang berhubungan dengan judul serta landasan teori.Metodologi Bab ini berisi tentang metode yang di lakukan dalam peneliyian tersebut. Bab ini mencakup jenis penelitian, lokasi penelitian serta jenis dan sumber data.

BAB II TINJAUAN PUSTAKAManajemen Pengawasan dan Pengendalian Proyek Manajemen biaya Manajemen mutu Manajemen waktu

BAB II TINJAUAN PUSTAKAManajemen Biaya Perencanaan Sumber Daya. Perencanaan sumber daya merupakan proses untuk menentukan sumber daya dalam bentuk fisik (manusia, peralatan, material) dan jumlahnya yang diperlukan untuk melaksanakan aktivitas proyek. Proses ini sangat berkaitan erat dengan proses estimasi biaya. Estimasi Biaya. Estimasi biaya adalah proses untuk memperkirakan biaya dari sumber daya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek. Bila proyek dilaksanakan melalui sebuah kontrak, perlu dibedakan antara perkiraan biaya dengan nilai kontrak. Estimasi biaya melibatkan perhitungan kuantitatif dari biaya-biaya yang muncul untuk menyelesaikan proyek. Sedangkan nilai kontrak merupakan keputusan dari segi bisnis di mana perkiraan biaya yang didapat dari proses estimasi merupakan salah satu pertimbangan dari keputusan yang diambil.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA Penganggaran Biaya. Penganggaran biaya adalah proses membuat alokasi biaya untuk masing-masing aktivitas dari keseluruhan biaya yang muncul pada proses estimasi. Dari proses ini didapatkan cost baseline yang digunakan untuk menilai kinerja proyek. Pengendalian Biaya. Pengendalian biaya dilakukan untuk mendeteksi apakah biaya aktual pelaksanaan proyek menyimpang dari rencana atau tidak. Semua penyebab penyimpangan biaya harus terdokumentasi dengan baik sehingga langkah-langkah perbaikan dapat dilakukan.

BAB II TINJAUAN PUSTAKAManajemen Mutu Pengawasan Terhadap Gambar proyek Pengawasan Pekerjaan Form Work / bekisting Pengawasan Pekerjaan Pembesian Pengawasan Terhadap Mutu Beton Pengawasan Terhadap Pekerjaan Pasangan, Plesteran, dan Acian dinding Pengawasan Terhadap Pekerjaan Pasangan Lantai ( Keramik) Pengawasan Terhadap Pekerjaan Pengecatan Pengawasan Terhadap Pekerjaan Finishing Lainnya

BAB II TINJAUAN PUSTAKA Manajemen Waktu Secara teknis jadwal tersebut dapat dipertanggung jawabkan Di susun berdasarkan perkiraan yang akurat dimana perkiraan waktu, sumber daya, serta biaya dibandikan dengan kegiatan pada proyek sebelumnya Sesuai sumber daya yang tersedia Sesuai penjadwalan proyek lain, yang mempergunakan sumber daya yang sama Fleksibel terhadap perubahan perubahan, misalnya perubahan spesifikasi proyek Mendetail dipakai sebagai alat pengukur hasil yang di capai dan pengendalian kemajuan proyek Dapat menampilkan kegiatan proyek yang kritis.

top related