ppt waterbath.pptx

Post on 10-Nov-2015

28 Views

Category:

Documents

5 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

Slide 1

Prinsip Dasar Water bath merupakan alat yang digunakan di laboratorium untuk melaksanakan serologi, aglutinasi, inaktivasi, biomedis, dan farmasi tes dan bahkan sebagai prosedur incubasi pada industri. Pada umumnya mereka menggunakan air, tetapi beberapa water bath menggunakan minyak. Kisaran suhu water bath yang biasanya digunakan antara suhu kamar dan 60 C. Suhu 100 C dapat dipilih, menggunakan penutup dengan karakteristik khusus. water bath yang diproduksi dengan bak dengan kapasitas mulai dari 2 sampai 30 liter.

Dalam diagram tersebut dapat diamati bagian-bagian alat tersebut diantaranya, elektronik kontrol, layar, penutup (opsional aksesori) dan tangki. komponen lainnya dapat diinstal, misalnya termometer dan unit agitasi untuk menjaga suhu konstan.

Panel kontrol memiliki unsur-unsur:1. saklar kontrol on dan off 2. Sebuah tombol Menu untuk memilih parameter operasi ini: Suhu operasi, temperatur alarm, temperatur Skala ( C, F)3. Dua tombol untuk penyesuaian parameter4. Sebuah layar5. Sebuah lampu pilot6. Pilot (2) untuk mengidentifikasi skala suhu ( C, F).

Macam-macam alat berdasarkan media pemanas :Tangas air : media pemanas digunakan air.Tangas uap : media pemanas digunakan uap air,Tangas minyak : media pemanas digunakan minyakTangas pasir : media pemanas digunakan pasir

Jenis Jenis WaterbathWater bath ShakerWater bath Incubator

Prinsip Kerja WaterbathWater bath yang terbuat dari baja dan umumnya ditutupi dengan cat elektrostatik, Water bath memiliki panel eksternal di mana kontrol dapat ditemukan. Mereka juga memiliki tangki terbuat dari bahan tahan karat . Dengan cara ini, panas dipindahkan ke media (air atau minyak) sampai mencapai suhu dipilih dengan alat kontrol (termostat atau serupa).Cara kerja water bath :

1.Air dimasukkan ke dalam bejana2.Atur suhu yang dikehendaki dan hidupkan water bath3. Masukkan benda yang akan dipanaskan ke dalam air (untuk tangas air ) letakkan benda pada salah satu lubang ( untuk tangas uap ), ingat lubang lain yang tidak digunakan tetap ditutup. Beberapa jenis water bath memiliki serangkaian aksesoris seperti sebagai agitasi sistem atau circulators, menghasilkan gerakan perlahan terkontrol dari media pemanas untuk menjaga suhu seragam. Sebuah tabel yang menggambarkan utama jenis pemandian air ditunjukkan di bawah ini.

Prosedur PengoperasianIsi waterbath dengan cairan untuk menjaga suhu konstan (air atau minyak). Pastikan bahwa setelah kontainer dipanaskan ditempatkan, tingkat cairan adalah antara 4 dan 5 cm dari atas tangki. Instal instrumen kontrol yang diperlukan, seperti termometer dan circulators. Gunakan suku cadang tambahan disediakan untuk tujuan ini. Verifikasi posisi bola termometer atau probe termal untuk memastikan bahwa pembacaan benar. Jika air digunakan sebagai pemanasan cairan, pastikan bahwa itu adalah bersih. Beberapa produsen merekomendasikan menambahkan produk yang mencegah pembentukan jamur atau alga.Masukan saklar utama No 1 pada posisi ON (nomor mengidentifikasi kontrol di sini sesuai dengan yang ditampilkan dalam diagram). Beberapa produsen telah memasukkan kontrol dengan mikroprosesor yang memulai rutinitas auto-verifikasi setelah saklar ON adalah diaktifkan. Pilih suhu operasi menggunakan Menu No 2 tombol dan tombol untuk menyesuaikan parameter. Pilih suhu cut-off (di waterbath dengan control ini). Ini adalah kontrol keamanan yang memotong pasokan listrik jika melebihi suhu yang dipilih. Hal ini dipilih juga dengan menggunakan tombol menu dan dikendalikan oleh tombol penyesuaian parameter. Hindari menggunakan waterbath dengan zat ditunjukkan di bawah ini : a) Bleach. b) Cairan dengan kadar klorin yang tinggi. c) Larutan saline lemah seperti natrium klorida, kalsium klorida atau senyawa kromium. d) Konsentrasi kuat dari asam apapun. e) Konsentrasi kuat garam apapun. f) Konsentrasi lemah dari klorida, bromida, iodat, sulfat atau asam kromat. g) Deionisasi air, karena menyebabkan korosi dan perforasi pada stainless steel.

Pemeliharaan Water bath (frekuensi : Bulanan)Matikan dan cabut peralatan.Buang cairan yang digunakan untuk pemanasan.Lepaskan penyebaran jaringan termal yang terletak di bagian bawah tangki.Membongkar circulator dan membersihkan untuk menghilangkan kerak dan potensi ganggang hadir.Bersihkan bagian dalam tangki dengan deterjen ringan.Hindari membengkokkan atau mencolok kontrol suhu pipa kapiler umumnya terletak di bagian bawah tank.Membersihkan bagian luar dan bagian dalam waterbath dengan air bersih.Pemeliharaan Water bath (frekuensi : Harian)Untuk waterbath dengan unit agitasi atau circulator sistem:Lumasi sumbu motor listrik circulator itu.Pasang setetes minyak mineral pada sumbu sehingga pelumas yang baik kondisi dipertahankan antara bantalan motor dan porosnya.Pemeliharaan Water bath (frekuensi : Berkala atau Kuartal)Periksa termometer atau suhu kontrol setiap tiga bulan menggunakan standar dikenal. Jika tidak ada standar acuan adalah tersedia, gunakan campuran es/air atau air mendidih. Perhatikan bahwa termometer atau suhu waterbath kontrol juga harus diperiksa ketika peralatan pertama diinstal setelah membeli.Trouble Shooting

KEAMANAN (SAFETY)

Hindari penggunaan water bath dalam lingkungan yang ada bahan mudah terbakar Selalu menghubungkan perangkat ke outlet listrik dengan grounding untuk melindungi pengguna dan peralatan dari muatan listrik. Gunakan water bath dengan eksklusif dengan cairan. non-korosif atau non-fl ammable Gunakan unsur pelindung pribadi ketika bekerja dengan water bath. Ketika bekerja dengan zat yang menghasilkan uap, letakkan water bath di bawah kap kimia atau pada area yang berventilasi. Ingat bahwa cairan diinkubasi dalam tangki water bath dapat menghasilkan luka bakar jika tangan tidak sengaja ditempatkan di dalamnya.Memperhitungkan bahwa water bath dirancang untuk digunakan dengan cairan di dalam tangki. Hindari penggunaan water bath jika ada kontrol yang tidak bekerja, misalnya kontrol suhu atau batas.

Bacillus, Salmonella sp.,dan E. coli yang berumur 24 jam, masing- masing diambil sebanyak satu ose dan dimasukkan ke dalam erlenmeyer yang berisi 50 ml media Nutrient Broth, kemudian diinkubasi pada suhu 400C selama 12 jam di dalam water bath shaker.

ADCSensor suhuHeaterDriver heaterKomparatorSet SuhuPLNDisplayTerima kasih

top related