pemrosesan file dan konsep manajemen(1)

Post on 01-Nov-2015

17 Views

Category:

Documents

1 Downloads

Preview:

Click to see full reader

DESCRIPTION

Pemrosesan File Dan Konsep Manajemen

TRANSCRIPT

  • PEMROSESAN FILE DAN KONSEPMANAJEMEN DATA

    NAMA KELOMPOK 5:

    AHMAD SULAIMAN (28211102)MUHAMAD FEBRIYADI (28211203)

    RIFQY ADLI (26211194)RIZKI AFRIANSYAH (26211321)

    SUHERMAN (27211898)TITO RIFKI DARMAWAN (28211385)

    FAKULTAS EKONOMI

    UNIVERSITAS GUNADARMA

    2014

    DEPOK

  • PEMROSESAN FILE DAN KONSEPMANAJEMEN DATA

    1.1 Tinjauan Sekilas Tentang Teknologi

    Di era sekarang ini, banyak sekali teknologi yang semakin canggih. Salahsatunya adalah database. Teknologi database merupakan kumpulan informasi yangdisimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksamenggunakan program komputer untuk memperoleh informasi dari basis datatersebut. Dahulu sebelum ada system database , kita bisa bayangkan bagaimanasulit dan repotnya untuk mengelola data yang sedemikian banyaknya. Contoh data,nasabah, data mahasisawa ,data karyawan, data kependudukan, dan data yang lain.Sebuah basis data juga memiliki skema, yang memberi penjelasan terstruktur darijenis fakta yang tersimpan di dalamnya. Skema menggambarkan obyek yangdiwakili suatu basis data, dan hubungan di antara obyek tersebut. Macam-macamperangkat lunak database antara lain dibagi menjadi 2 yaitu :

    1. Pemrograman basis data tingkat tinggi (high level) Microsoft SQLServer, Oracle, Interbase, XBase, Firebird, MySQL, PostgreSQL,Microsoft Access, dBase III, Paradox, FoxPro, Visual FoxPro, Force,Visual dBase,dll.

    2. Pemrograman basis data tingkat rendah (low level) Btrieve dan TsunamiRecord Manager

  • 1.2 Field, Unsur Data, Atribut, dan Elemen- Elemen.

    Istilah- istilah field, unsur data, atribut, dan elemen digunakan secarabergantian untuk menyebutkan blok data terkecil yang disimpan dandigunakan dalam sistem informasi. Field dapat terdiri atas karakter tunggalatau nomor tunggal, atau dapat terdiri dari beberapa karakter atau nomor.

    Contoh- contoh field adalah :

    1. Nama pelanggan

    2. Nomor tunjangan sosial karyawan3. Nomor pesanan pembelian

    Field biasanya secara logis berkaitan dengan field lainnya;pengelompokan logis atas field disebut catatan (record). Record adalahkelompok item data yang terkait dengan entitas tertentu seperti seorangpelanggan, karyawan, vendor, tagihan dan sebagainnya.

    Record-name adalah nama record, seperti vendor atau employee. Entriyang berada dalam tanda kurung adalah nama-nama field individual dalamrecord tersebut

    1. Customer (account_number, name, address, account balance)2. Employee (name, number, age)3. Purchase_order (PO_#, date, amount, vendor, quantity, price)

  • 1.2.1 Okurensi Data

    Struktur catatan (record) memiliki okurensi (occurences), yangjuga disebut instances. Okurensi catatan adalah himpunan spesifiknilai- nilai data untuk catatan.

    1.3 Atribut data

    Bagian mendasar dari calon data yang berguna dalam basis data.Atribut adalah karateristik logis dan relevan dari suatu entitas dan yangmengenai hal apa perusahaan menangkap datanya. Berbagai atribut yangditunjukkan dalam figur1-6 adalah logis karena semuannya berkaitan denganentitas yang sama-piutang usaha. Tiap atribut juga relevan karenaberkontribusi padanilai informasi keseluruhan rangkaian. Sebagai buktinya,tidak adanya suatu atribut yang relevan akan menurangi atau merusak nilaiinformasi dari rangkaian tersebut. Penambahan data yang tidak relevan atautidak logis tidak akan meningkatkan nilai informasi rangkaian tersebut.

    1.4 Panjang Catatan- Tetap dan variabel

    Catatan dalam file dapat memiliki panjang yang tetap atau variabel.Dalam catatan dengan panjang- tetap, baik jumlah field maupun panjang(ukuran karakter) setiap field adalah tetap. Sebagian besar catatan yangdisimpan dalam direct access storage devices (DASDs) adalah catatanpanjang- tetap. Catatan dengan panjang- variable, lebar field dapatdisesuaikan untuk setiap okurensi data. Catatan penjejak adalah perluasan daricatatan master,. Catatan penjejak terpisah dari catatan master dan hanya ditulis

  • sesuai kebutuhan. Dengan menggunakan file piutang dagang akun terbuka,sebagai contoh, catatan master memuat informasi yang umum bagi seluruhakun dan jumlah faktur yang memadai bagi sebagian besar akun, dimanacatatan penjejak memuat lebih banyak faktur. Catatan master harus memilikijumlah yang sama dengan catatan penjejak yang berkaitan sesuai kebutuhan.Catatan penjejak harus segera dituliskan setelah catatan master yangberkaitan.

    Kelompok berulang adalah kelompok field yang berhubungan yangdiulang dalam catatan dengan panjang variabel. Dalam diagram pohon 11.3PART tampak sebagai Induk dari PEMASOK dan LOKASI karena setiapkemunculan PART akan menimbulkan lebih dari satu pemasok atau lokasi.Secara umum, elemen tingkat tertinggi dalam diagram pohon adalh induk;elemen dengan tingkatan lebih rendah yang tampak pada diagram pohonyanng berkaitan dengan (atau bagian dari induk disebut anak.

    1.5 Kunci catatan dan Urutan File

    Kunci atau kunci catatan merupakan unsur data atau kombinasi unsusrdata yang secara unik mengidentifikasi catatan tertentu dalam file. Istilahorder random relatif berkaitan dengan field dimana file tidak disortir.

    2.1 Evolusi Teknologi Database

    Teknologi database berkembang sejalan dengan perkembanganperangkat keras dan perangkat lunak. Pembuatan jaringan dan teknologikomunikasi mengubah skala ekonomi pembuatan database.

  • Periode Kejadian Teknik database yang berkaitan 1960-an Lingkunganmainframe Sistem manajemen database Layanan informasi on-line Sistemfile Manajemen database Manajemen teks 1970-an Expert systemsPemrograman berorientasi- obyek Inferensi dan deduksi Inheritensi danabstraksi 1980-an Sistem hiperteks Asosiasi 1990-an Sistem database intelijenKombinasi teknik- teknik Pengembangan dalam teknologi untuk melakukanmasukan data ke komputer secara umum berperan dalam perkembangandatabase secara pesat. :

    a. Lingkungan Mainframe

    Pada mulanya, masalah utama berkaitan dengan jumlah file yangbesar.

    b. Sistem Manajemen DatabaseLama- kelamaan, perusahaan menghadapi masalah sistem filesederhana. Kesulitan utama termasuk menemukan file yang tepatuntuk informasi yang dibutuhkan, pemborosan karena duplikasi datayang sama dalam file yang berbeda, dan kurangnya standarisasi antarfile.

    c. Layanan Informasi On-line

    Salah satu layanan database tersambung (on-line) terbesar adalahDialog, yang sekarang mencakup ratusan database dan ratusan jutaancatatan. Banyak perusahaan mengumpulkan informasi dari layanan on-line yang harus dikaitkan secara sistematis dengan sistem informasimereka. Ini berhubungan juga dengan kebutuhan baru, manajementeks, yang bersama- sama dengan data grafis dan suara, membutuhkanteknologi yang lebih baik dari yang disediakan sistem database yangtradisional. Sistem multimedia tersebut semakin penting saja masalahini.

  • d. Expert SystemsSistem ahli (expert systems) membantu pengambilan keputusantingkat tinggi dan telah sukses diterapkan dalam beberapa area sepertipengesahaan pemberian pinjaman, penentuan dimana penggalianmineral dilakukan, dan diagnosa pengobatan.

    e. Pemrograman Berorientasi-ObjekPemrograman Berorientasi- Objek meliputi pendefinisian obyek-obyek dari daftar atau kumpulan informasi yang rumit.

    f. Sistem HiperteksSistem hiperteks memungkinkan para pemakai untuk mengambildatabase dengan cara random melalui pemilihan kata- kata kunci.Aplikasi awal hipermedia dalam bisnis sangat berkaitan denganmateri- materi referensi seperti manual kebijakan dan pelatihan.

    g. Sistem Database IntelejenSistem database intelejen merefleksikan kecenderungan penggabunganseluruh teknologi- teknologi terbaru, termasuk yang paling muktahir,ke dalam satu sistem database.

  • 2.2 Perkembangan Evolusi Teknologi Database

    Periode Kejadian Teknik Database YangBerkaitan

    1960-an Lingkungan mainframeSistem manajemen databaseLayanan informasi on-line

    Sistem fileManajemen databaseManajemen teks

    1970-an Expert systemsPemrograman berorientasi-obyek

    Inferensi dan DeduksiInheritansi dan Abstraksi

    1980-an Sistem Hiperteks Asosiasi

    1990-an System database intelijen Kombinasi teknik-teknik

    2.3 Sistem Manajemen Database Dan Arsitekturnya

    Terdapat tiga tingkatan arsitektur yang relevan dengan database danmanajemen database; arsitektur tingkat konseptual, arsitektur tingkat logis, danarsitektur tingkat fisik. Pada tingkat konseptual, database merupakan kumpulanberagam elemen informasi yang akan digunakan untuk tujuan- tujuan yang telahdipilih. Catatan dan field- field dalam database distrukturkan dan diorganisasikandalam beberapa pola logis, sehingga membantu pembentukan struktur data logis.Terdapat tiga jenis struktur data logis yang dapat digunakan untuk mencapai tujuantersebut, yaitu : hirarkis, jaringan, dan relasional.

  • 2.3.1 Arsitektur Konseptual

    Tidak ada satupun pendekatan standar untuk mengembangkan standaruntuk mengembangkan sebuah model data konseptual untuk sebuah sistemtertentu. Model data entity relationship (ER) merupakan salah satu pendekatanyang popiler. Model ER secara sederhana menggambarkan hubungan antarasegmen-segmen yang ada. Dalam model ER istilah entitas lebih banyakdigunakan daripada istilah segmen, dan istilah atribut digunakan untukmenjelaskan field individual atau item data tertentu. Bila ditinjau secara grafismodel ER menggunakan kotak segi empat untuk entitas, elips untuk atribut,dan kotak belah ketupat untuk menggambarkan hubungan/relasi.

    Model konseptual lainnya yang biasa digunakan yaitu teknikpemodelan berorientasi objek (OMT), yang ada awalnya dikembangkan untukpemograman berorientasi tujuan dan diadaptasi untuk pemodelan data olehBlaha, Premerlani, dan Rumbaugh. Pekerjaan ini dilakukan denganmengamati komponen-komponen dalam sistem yang sedang dibuat modelnyasebagai kelas-kelas objek. Dalam metode ini sebuah kelas objek adalahsebuah segmen dan sebuah objek adalah sebuah kejadian tertentu. Sepertihalnya dalam model ER, OMT merupakan hubungan antar segmen.

    Hal paling mendasar dalam hubungan ini disebut pewarisan.Hubungan pewarisan (inheritance) diciptakan ketiaka sebuah kelas objekdibagi ke dalam subkelas.

    2.3.2 Arsitektur Database pada Tingkat Logis

    Hubungan yang timbul antara segmen-segmen dalam databaseditentukan oleh struktur data logika, yang biasa juga disebut skema ataumodeldatabase. Tiga model utama dalam struktur data logika adalah:

  • a. Model Pohon atau HierarkisPada sebuah struktur pohon, setiap lingkaran menunjukkan satu setfield (segmen), setiap lingkaran terhubung ke lingkaran lain padatingkatan berikutnya yang lebih tinggi dalam pohon tersebut.Tingkatan yang paling akhir disebut lingkaran orang tua (parent).Setiap parent memiliki satu atau lebih anak (children), danhubungan antara children dan parent disebut branch. Tampilanpenting dalam model pohon ini adalah sebuah lingkaranchildrentidak dapat memiliki lebih dari satu parent.

    b. Model JaringanStruktur jaringan adalah model yang memungkinkan sebuahsegmen anak memiliki lebih dari satu orang tua. Sebuah jaringanmerupakan sebuah struktur data yang lebih bersifat umum daripadamodel pohon.

    c. Model Data RelasionalModel relasional memandang database sebagai sebuah kumpulantabel dua dimensi daripada sebuah struktur jenis hierarkis ataujaringan. Aturan-aturan tertentu yang disebut bentuknormal menentukan pembuatan sebuah tabel. Proses penerapanaturan-aturan tersebut dinamakan normalisasi.Normalisasi menjadipenting karena tanpa hal tersebut proses pembaruan entri-entridalam tabel dapat menyebabkan permasalahan.

  • Penjelasannya :

    1. Model pohon atau hirarkis. Struktur pohon merupakan representasi langsungproses segmentasi yang telah di jelaskan sebelumnya.Dalam strukturpohon,setiap simpul mewakili himpunan field(misalnya,segmen),dan simpulberkaitan dengan node lain yang tingkatanya lebih tinggi dalam strukturpohon.Simpul yang lebih tinggi disebut simpul induk.Hubungan antara indukdan anak di sebut cabang.

    2. Struktur jaringan Struktur jaringan memungkinkan segmen anak memilikilebih dari satu induk.struktur pohon dan jaringan keduanya diterapkan denganpenunjuk field(field pointer),dengan segmen lintas-hubung,seperti yang akandi bahas lebih jauh dalam bagian berikutnya.

    3. Implementasi struktur-struktur pohon dan jaringan Topik implementasisrtuktur-struktur pohon dan jaringan lebih merupakan bagian dari arsitekturfisik database di bandingkan sebagai arsitektur logis. Dalam organisasidaftar,setiap catatan memuat satu atau lebih ponter (field) yangmengindikasikan alamat catatan logis berikutnya yang memiliki atribut yangsama.Catatan dapat merupakan bagian dari beberapa daftar.Daftar ini disebutorganisasi multydaftar. Dua area aplikasi sistem berdasar penunjuk field yangpaling berkrmbang adalah hiperteks dan jaringan data semantik.

    4. Struktur data relasional Model relasional memandang database sebagaikumpulan dua tabel dimensional dibandingkan sebagai struktur jenis hirarkisatau jaringan.Aturan-aturan tertentu di sebut format-format normal mengaturpembuatan tabel-tabel.ketiga format normal adalah sebagai berikut:Format normal Aturan, Format normal pertama Membagi tabel untukmengeliminasi kelompok berulang, Format normal kedua Membagi tabelsehingga tidak ada kunci yang memntukan nilai field non-kunci. Formatnormal ketiga Membagi tabel sehingga tidak ada field non- kunci yangmenentukan nilai field non- kunci lainnya.

  • 2.3.3 Arsitektur database pada tingkat fisik

    Dalam pembahasan tingkat fisik arsitektur database, kita akanberfokus pada tiga metode akses file: Sekuensial, Terindeks, langsung.

    1. File terakses secara sekuensial

    Dalam file akses sekuensial,catatan-catatan hanya dapat di akses dalamsekuens yang telah di tentukan sebelumnya.organisasi file sekuensialbukan merupakan alat sortir data yang bermanfaat jika hanya terdapatsedikit saja catatan yang akan di akses dalam file yang memuat banyakcatatan.file sekuensial bermanfaat dalam pemrosesan batch,secara normalmengakses seluruh catatan dalam file.kesimpulannya,organisasi filesekuensial bermanfaat jika di butuhkan pemrosesan batch.

    2. File terindeksSetiap atribut dapat di ekstrak dari catatan dalam file utama dan digunakan untuk membuat file baru yang bertujuan menyediakan indeksuntuk file asli.File seperti itu di sebut file terindeks atau fileterinversi.File dikatakan terinversi secara penuh jika ada indeks untukseluruh fieldnya.File sekuensial terindeks adalah file sekuensial yangtersimpan dalam DASD dan di indeks serta di sortir secara fisik dalamfield yang sama.File-file tersebut umumnya berhubungan dengan fileISAM,dimana ISAM berlaku sebagai kontraksi metode akses sekuensialterindeks.Area utama(primer)merupakan bagian dari disk dimana catatan-catatan aktual di tulis.area tambahan merupakan bagian terpisah dari diskyang di lokasikan bagi file untuk memuat tambahan yang di buat,tanpamelakukan pemrosesan ekstensif terhadap file awal.

  • 3. File terakses secara langsung

    File terakses secara langsung memungkinkan catatan-catatan individualdapat di panggil secara cepat tanpa menggunakan indeks.Tranformasirandom merupakan metode penyimpanan dan penempatan catatan dalamfile akses langsung yang di gunakan secara luas.jadi istilah akses randomsering kali di gunakan sebagai sinonim dari akses langsung.

    4. File manual

    pemrosesan file dengan cara yang masih manual, dan cara penyimpananpun maasih menggunakan system penyimpaan di dalam almari filesebagai penyimpanan file, Label disisi luar setiap laci almari menunjukanmap file, Sarana penyimpanan lain yang digunakan untuk menempatkansebuah file kartu atau sejiPenyimpanan dan pemanggilan kembali secaramanual system manual ini menggunakan metode yang sama untukmenyusun record yang ada didalamnya setiap system menata recordsecara urut dengan suatu field kunci.

    5. File computersuatu sarana penyimpanan secara magnetic yang berisikan filling yangdisimpan pada suatu perangkat keras pada suatu computer, Contohnyapenyimpanan pada suatu disket, flashdisk atau kaset Cd

    Penggolongan file menurut isinya :

    File Master Terdiri dari catatan yang relative permanen yangditambahkan dan dihapus secara tidak teratur selamapemeriksaan file, Suatu data induk yang sudah dikelompokan

  • File transaksi adalah suatu proses pengumpulan data daridokumen masing mewakili sebuah transaksi akutansi suatujenis tertentu menjadi suatu kumpulan dokumen jadi file inikumpulan dari suattu record dan menghasilkan sebuah filetransaksi adalah sekumpulan field data yang berhubungandengan dengan sebuah data tersebut / file sumber dari filetersebut

    File backup adalah suatu cadangan dari suatu data atauduplikat dari file lain, digunakan bilamana yang aslinya tiba tiba File master mengalami kerusakan atau hilangnya suatudata file

    Operasi file adalah Sistem akutansi menggunakan computersecara rutin menggunakan proses file computer ada empatpengoperasian yang lazim pada file computer yaitupengupdatean, Maintenance, pensortiran [ short ] danpenggabungan [ Merge ]

    2.3.4 Hubungan ekonomik antar teknik-teknik organisasi file

    Teknik-teknik akses file yang telah di bahas(sekuensial,terindeks,danakses langsung) cocok untuk situasi-situasi yang berbeda.gambar 11.18mengiktisarkan kapan masing-masing teknik organisasi file di gunakan.aspekekonomik pemrosesan file sangat ditentukan oleh rasio aktifitas(jumlahcatatan-catatan yang di akses dibagi dengan jumlah catatan dalam file),danwaktu yang dibutuhkan untuk pemrosesan dan inquiri. Teknik-Teknikorganisasi file Saat terbaik Keterbatasan Sekuensial Rasio aktifitastinggi,seperti dalam pemrosesan batch Tidak memungkinkan untukmengakses catatan tunggal secara cepat Terindeks Rasio aktifitas

  • rendah,ukuran file dari moderat sampai tinggi Pemutakhiran filemembutuhkan pemutakhiran indeks-indeks Sekuensial terindeks File harus diproses dengan pola pemrosesan batch(rasio aktifitas tinggi) dan nonbatch(rasio aktifitas rendah) Sama dengan sekuensial dan terindeks LangsungRasio aktifitas rendah,file berukuran rendah,struktur jaringan,dan strukturpohon Memerlukan kunci-kunci untuk menempatkan catatan-catatan

    2.3.5 Arsitektur fisik,Perangkat keras,dan waktu tanggap

    Dari sisi perangkat keras,waktu tanggap di pengaruhi oleh waktu aksesfisik.ini adalah waktu yang dibutuhkan CPU untuk melakukan pemanggilanblok tunggal data dari disk,yang disebut waktu akses disk.faktor lain yangdapat mempengaruhi waktu tanggap adalah bagaimana catatan data secarafisik didistribusikan dalam disk.Dalam harddisk,data dalam trek atau silinderyang sama dapat di akses tanpa memindahkan alat baca tulis.harus ditekankan bahwa banyak sistem database yang tergantung pada kegiatanmasukan atau keluaran sistem oprasinya.kebutuhan menyimpan file secaraberurutanbergantung pada arsitektur fisik database dan metode akses file yangdigunakannya.

    2.4 Sistem Manajemen Database

    Sistem Manajemen Database atau (DBMS) adalah program komputeryang memampukan seorang pengguna untuk menciptakan dan memperbaharuifile-file, menyeleksi dan memunculkan kembali data, dan menghasilkanberagam output dan laporan-laporan.

  • Seluruh DBMS memiliki tiga atribut umum untuk mengelola &mengorganisasikan data :

    1. DDL (data description language)

    2. DML (data manipulation language)

    3. DQL (Data query language)

    Structured Query Language (SQL) adalah sekumpulan perintah khususyang digunakan untuk mengakses data dalam database relasional. SQLmerupakan sebuah bahasa komputer yang mengikuti standar ANSI (AmericanNasional Standard Institute) yang digunakan dalam manajemen databaserelasional. Dengan SQL, kita dapat mengakses database, menjalankan queryuntuk mengambil data dari database, menambahkan data ke database,menghapus data di dalam database, dan mengubah data di dalam database.Saat ini hampir semua server database yang ada mendukung SQL untukmelakukan manajemen datanya. Terdapat 3 (tiga) jenis perintah SQL, yaituDDL, DML dan DCL.

    2.4.1 DDL (data description language)

    Bahasa yang memiliki kemampuan untuk mendefinisikan data yangberhubungan dengan pembuatan dan penghapusan objek seperti tabel, indeks,bahkan basis datanya sendiri. Misalnya, CREATE, DROP, dan ALTER.Struktur/skema basis data yang menggambarkan/mewakili desain basis datasecara keseluruhan didefinisikan dengan bahasa khusus yang disebut DDL.Dengan bahasa inilah kita dapat membuat tabel baru, membuat indeks,mengubah tabel, menentukan struktur penyimpanan tabel dan sebagainya.

  • Hasil dari kompilasi perintah DDL adalah kumpulan tabel yang disimpandalam file khusus yang disebut Kamus Data.

    Perintah - Keterangan

    CREATE TABLE - Membuat tabel

    CREATE INDEX - Membuat index

    ALTER TABLE - Mengubah struktur tabel

    DROP TABLE - Menghapus tabel

    DROP INDEX - Menghapus index

    GRANT - Memberikan hak akses

    REVOKE - Menghapus hak akses

    2.4.2 DML (data manipulation language)

    Bahasa yang berhubungan dengan proses manipulasi data pada tabel,record. Misalnya, INSERT, UPDATE, SELECT, dan DELETE. DMLMerupakan bentuk bahasa basis data yang berguna untuk melakukanmanipulasi dan pengambilan data pada suatu basis data. Manipulasi data dapatberupa:

    a. Penyisipan/Penambahan data baru ke suatu basis data

    b. Penghapusan data dari suatu basis data

    c. Pengubahan data dari satu basis data

  • Perintah - Keterangan :

    SELECT - Menampilkan record dari tabel atau view

    INSERT - Menyisipkan record ke dalam tabel

    UPDATE - Menghapus record dari tabel

    DELETE - Menghapus record dari tabel

    COMMIT - Menuliskan perubahan ke dalam disk

    ROLLBACK - Membatalkan perubahan yang dilakukan setelahperintah COMMIT terakhir

    2.4.3 DQL (Data query language)

    Bagian inti dari SQL (Structured Query Language) yang mempunyaikemampuan untuk mengatur hak akses terhadap sebuah basis data (database).DCL terbagi dua :

    a. GRANT (Memberikan Hak Akses)

    GRANT priviliges ON tbname TO user;

    Contoh :

    GRANT select, insert, update, delete ON dept TOdbora1;

    Perintah GRANT di atas menunjukkan bahwa user dbora1 diberikanhak akses untuk menampilkan, menambah, memodifikasi dan menghapus datapada table dept.

  • b. REVOKE (Mencabut Hak Akses)

    REVOKE priviliges ON tbname from user;

    Contoh :

    REVOKE insert, update, delete ON dept FROMdbora1;

    Perintah REVOKE di atas menunjukkan bahwa sebagian hak aksesdari dbora1 dicabut kembali. Hak akses yang dicabut adalah hak untukmenambah, memodifikasi dan menghapus data. Sementara user dbora1 masihbisa menampilkan data, karena hak select tidak dicabut.

  • DAFTAR REFERENSI

    Hall, James A, Sistem Informasi Akuntansi, Salemba Empat, Jakarta,2001

    www.Wikipedia.org

    www.elearning.gunadarma.ac.id (ebook)

top related