pemakaian listrik dalam kehidupan sehari (fisika)

Post on 31-Jan-2016

233 Views

Category:

Documents

0 Downloads

Preview:

Click to see full reader

DESCRIPTION

Pelajaran fisika

TRANSCRIPT

Pemakaian Listrik dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali peralatan yang menggunakan listrik, baik listrik AC maupun listrik DC. Listrik AC dapat kita peroleh dari perusahaan pemasok energi listrik atau dari generator, sedangkan listrik DC dapat kita peroleh dari baterai, aki, maupun generator listrik searah.

1. Pemakaian Listrik AC Kita menggunakan listrik AC untuk mengoperasikan berbagai peralatan, seperti lampu, setrika, televisi, radio, CD/DVD player, pendingin atau pemanas ruangan, lemari es, mesin cuci, dan computer. Coba sebutkan beberapa peralatan rumah tangga yang memanfaatkan listrik AC lainnya!Di gedung-gedung maupun pusat perbelanjaan, listrik AC juga digunakan untuk menggerakkan lift dan escalator. Di bidang pelayanan publik, listrik AC digunakan untuk menggerakkan kereta listrik, penerangan jalan, lampu lalu lintas, mengoperasikan fasilitas jaringan telekomunikasi, dan mengoperasikan berbagai peralatan medis di rumah sakit. Di bidang industri, listrik AC digunakan untuk mengoperasikan mesin-mesin industri, mesin absensi elektrik, serta berbagai fasilitas keamanan dan keselamatan pekerja. Listrik AC sebagian besar dipasok oleh perusahaan penyedia energi listrik yang mengelola stasiun pembangkit listrik. Tegangan listrik sangat tinggi dari stasiun pembangkit ditransmisikan menggunakan kabel ke sejumlah gardu listrik untuk diturunkan tegangannya dan kemudian ditransmisikan ke industri dan rumah tangga. Tegangan ribuan volt dari pembangkit listrik diturunkan menjadi beberapa ratus volt saja. Kamu tentu tahu peralatan yang digunakan untuk menurunkan tegangan itu.

Masyarakat konsumen listrik dikenai biaya atas sejumlah energi listrik yang dipakainya. Konsumen juga dikenai biaya langganan sesuai besar daya yang dipakainya.

2. Pemakaian Listrik DCKita menggunakan listrik DC untuk mengoperasikan berbagai peralatan seperti radio saku, handphone, lampu senter, kamera digital, jam dinding, arloji, kalkulator. Kita menggunakan sumber listrik berupa baterai untuk mengoperasikan peralatan-peralatan itu. Ada dua tipe baterai, yaitu baterai sekali pakai dan baterai yang bisa diisi ulang. Baterai pada radio saku, lampu senter, jam dinding, serta arloji biasanya merupa

kan baterai sekali pakai. Jika energinya habis, kita harus menggantinya dengan yang baru. Baterai jenis ini umumnya bertegangan 1,5 volt.

Baterai pada handphone dan kamera digital biasanya merupakan baterai yang bisa diisi ulang. Jika energinya habis, kita bisa mengisi ulang energinya dengan menggunakan listrik AC. Mengapa pengisian ulang listrik DC justru menggunakan listrik AC? Bagaimanakah caranya?

Pengisian ulang baterai dilakukan menggunakan charger yang sesuai. Pada charger telah terpasang rangkaian elektronik yang berfungsi menyearahkan arus bolak-balik. Dengan kata lain, listrik AC dapat diubah menjadi listrik DC.

top related