makalah produk bank danamon syariah

Post on 09-Oct-2015

812 Views

Category:

Documents

88 Downloads

Preview:

Click to see full reader

DESCRIPTION

bank danamon

TRANSCRIPT

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat, rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menyelesaikan makalah yang berjudul Produk Bank Danamon. Makalah ini disusun guna memenuhi kelengkapan tugas mata Perbankan Syariah. Dengan tersusunnya makalah ini adalah berkat bantuan dari berbagai pihak. Dengan disusunnya makalah ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada berbagai pihak yang membutuhkannya. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun demi kesempurnaan pembuatan makalah ini untuk masa yang akan datang. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Darussalam, November 2014

Penyusun

BAB IPENDAHULUAN

A. Latar BelakangBank adalah bagian dari sistem keuangan dan sistem pembayaran suatu negara. Bahkan pada era globalisasi sekarang ini, bank juga telah menjadi bagian dari system keuangan dan sistem pembayaran dunia. Mengingat hal yang demikian itu, maka begitu suatu bank telah memperoleh izin berdiri dan beroperasi dari otoritas moneter dari negara yang bersangkutan, bank tersebut menjadi "milik" masyarakat. Oleh karena itu eksistensinya bukan saja hanya harus dijaga oleh para pemilik bank itu sendiri dan pengurusnya, tetapi juga oleh masyarakat nasional dan global.Kepentingan masyarakat untuk menjaga eksistensi suatu bank menjadi sangat penting, lebih-lebih bila diingat bahwa ambruknya suatu bank akan mempunyai akibat rantai atau domino effect, yaitu menular kepada bank-bank yang lain, yang pada gilirannya tidak mustahil dapat sangat mengganggu fungsi sistem keuangan dan system pembayaran dari negara yang bersangkutan. Bank juga merupakan suatu lembaga keuangan yang eksistensinya tergantung mutlak pada kepercayaan dari para nasabahnya yang mempercayakan dana simpanan mereka pada bank. Selain itu, produk yang ditawarkan oleh bank juga sangat berpengaruh. Contohnya seperti produk yang ditawarkan oleh Bank Danamon. Oleh karena itu bank sangat berkepentingan agar kadar kepercayaan masyarakat, yang telah maupun yang akan menyimpan dananya, terpelihara dengan baik dalam tingkat yang tinggi.

B. Rumusan Masalah1. Apa itu Bank ?2. Apa itu Bank Danamon ?3. Produk-produk apa saja yang ditawarkan oleh Bank Danamon?

C. Tujuan 1. Mengetahui Apa yang Dimaksud dengan Bank2. Mengetahui Apa itu Bank Danamon3. Mengetahui Apa Saja produk Bank Danamon

BAB IIPEMBAHASAN

A. Sejarah Berdirinya Bank DanamonBank Danamon didirikan pada tahun 1956 dengan nama PT Bank Kopra Indonesia. Pada tahun 1976 nama bank ini berubah menjadi PT Bank Danamon Indonesia. Bank ini menjadi bank pertama yang memelopori pertukaran mata uang asing pada tahun 1976 dan tercatat sahamnya di bursa sejak tahun 1989.Pada tahun 1997, sebagai akibat dari krisis finansial di Asia, Bank Danamon mengalami kesulitan likuiditas dan akhirnya oleh pemerintah ditaruh di bawah pengawasan BPPN atau Badan Penyehatan Perbankan Nasional (dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan nama IBRA) sebagai Bank yang diambil alih Pemerintah (BTO - Bank Take Over). Pada tahun 1999, pemerintah melalui BPPN melakukan rekapitalisasi Bank Danamon sebesar Rp 32 miliar dalam bentuk Surat Hutang Pemerintah (Government Bonds). Pada tahun yang sama, beberapa bank BTO akhirnya digabung menjadi satu dengan Bank Danamon sebagai salah satu bagian dari rencana restrukturisasi BPPN.Pada tahun 2000, Bank Danamon kembali melebarkan sayapnya dengan menjadi bank utama dalam penggabungan 8 Bank BTO lainnya. Pada saat inilah Bank Danamon mulai muncul sebagai salah satu pilar ekonomi di Indonesia. Pada 3 tahun berikutnya, Bank Danamon mengalami restrukturisasi besar-besaran mulai dari bidang manajemen, sumber daya manusia, organisasi, sistem informasi, anggaran dasar dan logo perusahaan. Usaha keras yang dilakukan ini akhirnya berbuah hasil dalam membentuk pondasi dan infrastruktur bagi Bank Danamon dalam tujuannya untuk meraih pertumbuhan yang maksimal berdasarkan transparansi kerja, tanggung jawab kepada masyarakat, integritas sebagai salah satu pilar ekonomi di Indonesia dan sikap profesional dalam menjalankan tugasnya sebaga salah satu bank terbesar di Indonesia (atau lebih dikenal dengan istilah TRIP).

Pada tahun 2003, Bank Danamon diambil alih mayoritas kepemilikan sahamnya oleh konsorsium Asia Finance Indonesia --- di bawah kendali Temasek Holdings. Dengan hadirnya manajemen baru, maka dicanangkanlah penata ulangan model bisnis dan strategi usaha Bank Danamon dalam usahanya untuk terus melakukan perubahan total dalam disain yang sudah dirancang untuk menjadikan Bank Danamon sebagai salah satu bank nasional terkemuka di Indonesia dan bank pemain utama di kawasan Asia.Sejak tahun 2008, Bank Danamon yang kemudian dikenal dengan nama Danamon mulai menggerakan masyarakat Indonesia lewat kampanye "Untuk Anda, Bisa". Bahkan sejak 2010, Danamon meluncurkan program Semangat Bisa. Musim 1 dari Semangat Bisa ditayangkan oleh Trans 7 serta dipandu oleh Pandji Pragiwaksono dan Musim 2 ditayangkan oleh Global TV serta dipandu oleh Soraya Hylmi.

B. Produk Simpanan Bank DanamonProduk yang ditawarkan oleh Bank Danamon ada 3, yaitu : Tabungan Bisa iB Giro Danamon Syariah iB Deposito Bisa iB

a. Tabungan Bisa iBTabungan Bisa iB adalah produk tabungan dengan menggunakan sistemMudharabah Mutlaqah(Bagi Hasil).

3 Keunggulan Tabungan Bisa iB :

GRATIS cek saldo, tarik tunai dan transfer ke bank lain di ATM BERSAMA, ALTO dan ATM Danamon. Gratis transfer ke bank lain di Danamon Online Banking & Counter teller Gratis biaya Adm bulanan dan bagi hasil berjenjang.

Fasilitas Tabungan BISA iB Layanan ATM 24 jam di lebih dari 1000 ATM Danamon, ATM BERSAMA ,Maestro dan MasterCard Electronik KArtu ATM dapat berfungsi sebagai kartu debit dan dapat di pakai berbelanja di toko/ merchants berlogo mastercard electronic

Layanan Phone Banking 24 jam melalui Danamon Access center (DAC) dan media pelaporan transaksi berbentuk statement atau passbook.

Risiko ProdukRisiko yang melekat pada produk Tabungan BISA iB ini adalah perubahan biaya dan Gross Profit Distribution (pendapatan kotor Bank) yang dapat dilakukan sewaktu-waktu oleh Bank dan akan diinformasikan melalui cabang, website atau media lainya yang dianggap layak oleh Bank.

Pengawasan PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. Unit Usaha Syariah terdaftar dan diawasi oleh Otoratis Jasa Keuangan (OJK).

b. Giro Danamon Syariah iBMerupakan simpanan dana bersdasarkan prinsip wadiah (titipan) dan Mudharabah (bagi hasil) yang penarikanya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan Cek, Bilyet Giro, Sarana perintah bayar lainya atau dengan pemindahbukuan.

Fasilitas Layananan ATM 24 jan melalui lebih dari 1000 ATM Danamon, ATM Bersama, Maestro, ALTO, Cirrus dan MasterCard Electronik. Layanan informasi rekeningdan transaksi dan transaksi 24 jam melalui phone banking Danamon Access Center (DAC) Tidak ada ketentuan Saldo minimum untuk akad Wadiah kecuali untuk akad Mudhrabah. Bebas biaya Administrasi bulanan.

Manfaat Memudahkan Anda dalam pengelolaan arus kas perusahaan. Dengan jaringan cabang Danamon yang luas dan online real time memudahkan transaksi bisnis anda. Didukung teknologi canggih untuh kenyamanan Anda dalam bertransaksi.

c. Deposito Danamon Syariah iB Deposito Danamon Syariah iB merupakan bentuk investasi sesuai syariah dengan prinsip Mudhrabah Mutlaqah. Investasi ini di peruntukan bagi nasabah individu ataupun perusahaan dengan system pilihan waktu berjangka 1, 3, 6, atau 12 bulan.

Fasilitas Layanan informasi perbankan 24 jam melalui Phone Banking Danamon Access Center (DAC). Automatic Roll Over (ARO) Bebas menentukan jangka waktu (1,3,6, atau 12 bulan). Bagi hasil dapat dikreditkan ke rekening di Bank Danamon Syariah, ditambahkan ke pokok Deposito atau di transferke rekening di bank lain.

Manfaat Aman dan fleksibel. Bagi hasil yang kompetitif. Dana dioperasikan kepada sector riilyang menguntungkan dan sesuai prinsip Syariah Membantu perencanaan program investasi NasabahC. Produk Pembiayaan1. Pembiayaan Kopkar Danamon Syariah iB adalah pembiayaan dengan skema Mudharabah (bagi hasil) kepada Koperasi Karyawan (Kopkar) yg selanjutnya akan disalurkan kepada anggota Koperasi Karyawan guna kebutuhan anggotanya dengan jaminan piutang anggota.

Manfaat Pembiayaan Kopkar Danamon Syariah iB bagi Koperasi Karyawan :

1. Tingkat Bagi Hasil yang kompetitif.2. Proses Cepat, Simple dan Mudah.3. Fleksibel, sesuai dengan kebutuhan Kopkar.4. Tersedia layanan dan produk lainnya : Giro Tabungan Cash Management5. Membantu Kopkar untuk menyediakan dana pinjaman bagi para anggotanya.6. Pembiayaan Kopkar Danamon Syariah iB menggunakan Akad Mudharabah yang sudah disesuaikan dengan prinsip Syariah, menjadikan bisnisnya semakin berkah.

2. Pembiayaan BPRS Danamon Syariah iB

Pembiayaan BPRS Danamon Syariah iB adalah pembiayaan modal kerja dengan skema Mudharabah kepada BPRS (Bank Perkreditan Rakyat Syariah) yg selanjutnya akan disalurkan kepada Nasabah BPRS. Pembiayaan ke Nasabah BPRS akan digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti Modal Kerja, Investasi dan Multi Guna dan tidak diperbolehkan untuk transaksi-transaksi yang dilarang Bank Indonesia dan tidak sesuai dengan prinsip Syariah seperti spekulasi, transaksi derivative dan sebagainya.

Kriteria BPRS yang bisa mendapatkan pembiayaan ini disesuaikan dengan kriteria yang ditetapkan oleh Bank Indonesia dan Kebijakan Internal Danamon.Kriteria BPRS yang bisa mendapatkan Pembiayaan BPRS Danamon Syariah iB :1. BPRS berstatus Badan Hukum yang ditunjukkan dengan fotokopi Surat Pendirian BPRS dari Asosiasi BPRS.2. BPRS sudah berdiri minimum 2 tahun.3. Telah lolos screening dari Daftar BI (BI Checking) untuk pemegang saham mayoritas dan Manajemen.4. Tidak pernah mengalami Kalah Kliring karena tidak tersedianya dana.5. Tidak pernah mengalami kelebihan limit kredit (over limit) pada fasilitas kredit di Bank.6. Menjamin dana untuk para deposannya (Program Penjaminan Pemerintah).Manfaat Pembiayaan BPRS Danamon Syariah iB :

Tingkat Bagi Hasil yang kompetitifProses cepat dan mudahMembantu BPRS untuk menyediakan dana pinjaman bagi para NasabahnyaPembiayaan BPRS Danamon Syariah iB menggunakan Akad Mudharabah yang sudah disesuaikan dengan prinsip Syariah, menjadikan bisnisnya semakin berkah.3. Pembiayaan SME Danamon Syariah iBPembiayaan SME Danamon Syariah iB merupakan pembiayaan modal kerja, investasi dan trade finance dengan skema Mudharabah dan Murabahah untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) / Small Medium Enterprise (SME).Manfaat : Membantu perusahaan di segmen SME untuk mengembangkan bisnisnya dengan layanan full banking-relationship serta memberikan Solusi perbankan yang menyeluruh Proses cepat, praktis dan fleksibel Menggunakan Akad Mudharabah dan Murabahah sesuai Syariah untuk keberkahan bisnis AndaFasilitas : Layanan pembiayaan dan pelayanan yang komprehensif, termasuk dengan menyediakan produk Trade Finance Syariah Tersedia layanan Cash Management Syariah, termasuk layanan Internet Banking cash untuk memudahkan penetrasi dan memberikan nilai tambah kepada perusahaan Anda

BAB IIIKESIMPULAN

Bank merupakan suatu lembaga keuangan yang eksistensinya tergantung mutlak pada kepercayaan dari para nasabahnya yang mempercayakan dana simpanan mereka pada bank. Bank Danamon didirikan pada tahun 1956 dengan nama PT Bank Kopra Indonesia. Bank ini menjadi bank pertama yang memelopori pertukaran mata uang asing pada tahun 1976 dan tercatat sahamnya di bursa sejak tahun 1989. Produk yang ditawarkan oleh Bank Danamon ada 3, yaitu Tabungan Bisa iB, Giro Danamon Syariah iB, dan Deposito Bisa iB Tabungan Bisa iB adalah produk tabungan dengan menggunakan sistemMudharabah Mutlaqah(Bagi Hasil). Risiko yang melekat pada produk Tabungan BISA iB ini adalah perubahan biaya dan Gross Profit Distribution (pendapatan kotor Bank) yang dapat dilakukan sewaktu-waktu oleh Bank dan akan diinformasikan melalui cabang, website atau media lainya yang dianggap layak oleh Bank. Giro Danamon Syariah iB merupakan simpanan dana berdasarkan prinsip wadiah (titipan) dan Mudharabah (bagi hasil) yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan Cek, Bilyet Giro, Sarana perintah bayar lainnya atau dengan pemindahbukuan. Deposito Danamon Syariah iB merupakan bentuk investasi sesuai syariah dengan prinsip Mudhrabah Mutlaqah. Investasi ini di peruntukan bagi nasabah individu ataupun perusahaan dengan system pilihan waktu berjangka 1, 3, 6, atau 12 bulan.

DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/Bankhttp://www.danamon.co.id/Home/GrowingYourBusiness/SyariahBanking/SavingsandDeposits/tabid/114/Default.aspxhttp://www.danamon.co.id/Home/GrowingYourBusiness/SyariahBanking/Pembiayaan/PembiayaanSMEDanamonSyariahiB/tabid/336/language/id-ID/Default.aspxBrosur yang diperoleh dari Bank Danamon Syariah, Peuniti, Banda Aceh.

top related