laporan tugas besar

Post on 26-Jun-2015

365 Views

Category:

Documents

1 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

LAPORAN PEMROGRAMAN BERBASIS WEB

PEMESANAN TIKET BIOSKOP ONLINE(STAR CINEPLEX JEMBER @BioskopNewKusuma)

Disusun oleh:

SYARIFAH FAJAR WATI (1110651004)

LAILI AMALIA SHOFIANA (1110651055)

FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER

2013

I. Tujuan

Untuk mempermudahkan para customer memperoleh tiket bioskop

Mendapatkan informasi-informasi yang penting tentang film yang sangat bermanfaat bagi para konsumen/customer.

II. Dasar Teori

PHP

PHP (Hypertext Processor) adalah bahasa scripting yang terpasang pada PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.

Keuntungan menggunakan CSS yaitu:

o Dapat di-update dengan cepat dan mudah, karena kita cukup mendefinisikan

sebuah style-sheet global yang berisi aturan-aturan CSS tersebut untuk diterapakan pada seluruh dokumen-dokumen HTML pada halaman situs kita.

o User yang berbeda dapat mempunyai style-sheet yang berbeda pula.

o Ukuran dan kompleksitas document code dapat diperkecil.

Ada 3 macam cara penulisan kode PHP:

o <? echo "ini adalah script PHP"; ?>

o <?php echo "ini juga script PHP";?>

o <script language="php"> echo "script PHP dalam tag HTML"; </script>

PHP mengenal tiga macam tipe data, yaitu:

o Integer

Yang termasuk dalam tipe data ini adalah bilangan bulat.

o Floating point number

Disebut juga bilangan pecahan. Terdapat tanda titik yang merupakan pemisah antara bagian bulat dan pecahan.

o String

Merupakan tipe data berupa teks.

CSS

CSS (Cascading Style Sheets) adalah kumpulan kode-kode yang berurutan dan saling berhubungan untuk mengatur format / tampilan suatu halaman HTML dan merupakan salah satu bahasa pemrograman web untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam.

CSS dapat mengendalikan ukuran gambar, warna bagian tubuh pada teks, warna tabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warnamouse over, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri, kanan, atas, bawah, dan parameter lainnya. CSS adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen. Dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda.

Ada 4 cara memasang CSS ke dalam HTML:

1. Inline CSS

2. Embedded CSS

3. Import CSS file

4. Class dan ID Selector

Ada dua sifat CSS yaitu internal dan eksternal. Jika internal yang dipilih, maka skrip itu dimasukkan secara langsung ke halaman website yang akan didesain. Kalau halaman web yang lain akan didesain dengan model yang sama, maka skrip CSS itu harus dimasukkan lagi ke dalam halaman web yang lain itu.

Sifat yang kedua adalah eksternal di mana skrip CSS dipisahkan dan diletakkan dalam berkas khusus. Nanti, cukup gunakan semacam tautan menuju berkas CSS itu jika halaman web yang didesain akan dibuat seperti model yang ada di skrip tersebut.

Kelebihan

1. Memisahkan desain dengan konten halaman web.

2. Mengatur desain seefisien mungkin.

3. Jika kita ingin mengubah suatu tema halaman web, cukup modifikasi pada css

saja.

4. Menghadirkan sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh HTML.

5. Lebih mudah didownload karena lebih ringan ukuran filenya.

6. Satu CSS dapat digunakan banyak halaman web.

7. dan masih banyak lagi 

Kekurangan

1. Tampilan pada browser berbeda-beda.

2. Kadang juga terdapat browser yang tidak support CSS (browser lama).

3. Harus tahu cara menggunakannya.

4. dibutuhkan waktu lebih lama dalam membuatnya.

5. Belum lagi ada bug/error dalam CSS.

JAVA SCRIPT

JavaScript adalah bahasa yang berbentuk kumpulan skrip yang pada fungsinya berjalan pada suatu dokumen HTML. Bahasa ini merupakan bahasa pemrograman untuk memberikan kemampuan tambahan terhadap HTML yang berjalan pada sisi user/client, bukan pada sisi server.

Adapun kelebihan JavaScript antara lain yaitu :

1. Cepat, karena berada di halaman HTML, dan dapat dicoba di browser.2. Mudah, karena memiliki sediit sintaks.3. Terbuka, (Platform Independent).4. Ukurannya sangat kecil dibandingkan dengan pemrograman Java.

Kekurangan dari bahasa pemrograman JavaScript antara lain yaitu :

1. Tidak dapat membuat program aplikasi secara tersendiri.2. Objek yang dikelola JavaScript sangat terbatas.3. Scriptnya dapat disalin atau di-copykan dari Web browser, sehingga setiap orang dapat menggunakan program JavaScript yang telah kita ciptakan.

JQUERY

jQuery adalah library JavaScript yang sangat ringkas dan sederhana untuk memanipulasi komponen di HTML, menangani even, animasi, dan efek. Slogan jQuery: write less, do more. Yaitu menulis kode lebih sedikit, tetapi melakukan pekerjaan lebih banyak. jQuery merupakan library yang gratis dan open source.

AJAX

AJAX adalah singkatan dari Asynchronous Javascript and XML AJAX dibuat dari serangkaian teknologi dengan kemampuan: Javascript, XML, dan metode komunikasi asinkron antara client dan server. Dalam prosesnya, AJAX menggunakan metode XMLHttpRequest untuk tukar menukar data antara client & server.

Javascript à menangkap isyarat dan menggunakan jalur komunikasi pada server melalui XMLHttpRequest untuk memanggil method yang tersimpan pada server. XML à sebagai mekanisme pengiriman data. Jika javascript telah menerima respon dari server, maka javascript memanipulasi struktur DOM dengan menampilkan data dari server dan diterima client melalui browser.

Di antara berbagai keuntungan AJAX adalah:

Penggunaan bandwidth: Karena konten HTML dari halaman web dilakukan oleh browser itu sendiri (menggunakan JavaScript yang merupakan bahasa pemrograman client-side), maka halaman web yang dibuat menggunakan AJAX dapat di-load relatif lebih cepat.

Pemisahan antara data, format, style, dan fungsi: Keuntungan lain dari AJAX adalah pendekatan AJAX membuat programmer untuk memisahkan antara metode dan format yang digunakan untuk penyampaian informasi melalui web.

AJAX juga memiliki beberapa kerugian, seperti:

Integrasi browser: Karena konten halaman menganut prinsip asinkron, di mana data bisa di-update tanpa halaman di-refresh, maka perubahan tampilan tidak tercatat di bagian history dari browser.

Kekurangan lainnya adalah kesulitan bagi seorang user untuk melakukan bookmark/ favorite pada bagian tertentu dari halaman web.

Waktu respon yang kemungkinan bisa membingungkan user yang tidak berpengalaman menggunakan aplikasi AJAX. Jika setting waktu respon tidak tepat, user bisa mengira halaman yang diaksesnya sedang hang.

III. Hasil Project

Database login user

Database login admin

Dalam login kita menyediakan dua login dimana ada user dan admin.Admin merupakan orang yang sangat mengetahui kerja system secara keseluruhan, bertanggung jawab atas keberjalanan system, pengatur system keamanan dan perawatan data dengan mengatur hak akses system, dan satu-satunya orang yang bertanggung jawab jika terjadi kecurangan pengaksesan data oleh yang tidak berhak.sedangkan untuk USER merupakan orang yang mengakses system dengan ketentuan hak akses khusus.

Tampilan Login user

Untuk masuk ke login user, kita masukkan Email beserta password user,kemudian klik tombol login. Maka akan menampilkan profil dari user.

Tampilan user ke2.

Script Tampilan awal

Script untuk menampilankan HOME

Tampilan HOME berisikan info-info terbaru mengenai artis holywood beserta keuntungan dari

Script untuk menampilkan Cara Pemesanan

Cara pemesanannya melalui sms.

Script menampilkan Theaters(Bioskop)

Script menampilkan Coming Soon

Script menampilkan Tentang Kusuma

Dan ini tampilannya:

IV. Kendala

Pada saat mengerjakan web, kendalanya ada pada saat melakukan searching, pada saat melakukan searching databasenya tidak terkoneksi kedalam web. Kami memberi format ajax pada web tersebut tetapi setelah dijalankan hasilnya tidak keluar.

V. Kesimpulan

Database sangat dibutuhkan dalam pembuatan sebuah situs, karena distribusi data dalam situs tersebut tidak akan berjalan dengan baik tanpa database.

Pembuatan situs ini merupakan salah satu langkah untuk melakukan efisiensi dan penghematan waktu, tenaga dan biaya.

top related