kendari pos edisi 5 september 2012

Post on 09-Mar-2016

263 Views

Category:

Documents

0 Downloads

Preview:

Click to see full reader

DESCRIPTION

E_Paper Kendari Pos

TRANSCRIPT

Sejak dua tahun lalu, wanita paruh baya ini kerap men-galami nyeri sendi dan sakit kepala, yang membuatnya sulit tidur. Menurut ibu 4 anak ini, untuk men-gatasinya ia minum obat tidur. Namun, ia malah keracunan obat itu dan dirawat di rumah sakit. Setelahdiperiksa dokter, ternyata kolesterol tinggibersemayam di tubuh nenek dua cucu ini.Sekembalinya dari sana, obat resep dokterpun dibelinya. Tak hanya itu. Pijat refleksi danakupuntur dijalaninya. Tertanganikah? “Cukupmeredakan keluhan,” jelas wanita bernama

Nyeri Sendi, Sakit Kepala,dan Susah Tidurnya

Kini Teratasi

Rabu, 5 September 2012 Harga Eceran Rp. 3.500,-

CALL CENTER

Redaksi : 0401-3126515Email: bumianoa@gmail.com

Langganan Koran : 0813 4151 2090Email : sirkulasi_kp@yahoo.com

Iklan : 0853 3553 1111Email: kendariposiklan@yahoo.com

Fax : 0401-3123771

SELEBRITI

Baca manggis di Hal 7

Baca pErsEpsi di Hal 7

Itu Persepsi Ridwan BaeNur Alam :

Baca istri di Hal 7

Raha, kPMajunya Sabaruddin Labamba

sebagai salah satu kandidat calonGubernur Sultra, memantikbanyak tanda tanya. Apalagipartai yang digunakan untukmengusung dirinya adalah PAN,yang juga digunakan oleh NurAlam, Ketua DPW PAN Sultra.

Soal majunya SabaruddinLabamba, Nur Alam menang-gapi santai. “Itu soal yang

biasa. Setiap kader memilikikesempatan yang sama untukmencalonkan diri,” kata NurAlam, di sela-sela menghadirihalal bihalal di Muna.

Terkait siapa yang direko-mendasikan oleh partai sesung-guhnya, kata pasangan SalehLasata itu, akan ada prosesverifikasi yang dilakukan oleh

Istri Bupati Muna Masuk Kabinet Nur AlamRaha, kP

Bupati Muna, LM Baharuddinmemang tidak berpartai. Tetapi,istrinya, Hj Wa Ode Farida ada-lah Ketua Perempuan AmanatNasional (PUAN) KabupatenMuna. PUAN adalah, organisasipenting dan berpengaruh di PartaiAmanat Nasional (PAN), dimana

yang menjabat sebagai KetuaDewan Pimpinan Wilayah (DPW)

Diduga Dalangi Korupsi,Mantan KapolresButon Dipecatkendari, kP

Mabes Polri telah memerintahkanKapolda Sultra Brigjel Pol. Tubagus AnisAngkawijaya untuk memecat mantanKapolres Buton AKBP Heri Susanto.Dirinya terbukti menjadi dalang dalamkasus penggelapan dana gaji 13 dan gajiremunerasi tunjungan kinerja polisi.Bukan hanya itu, mantan anak buah-nya bernama Brigadir Marwa pun akandiberikan sanksi yang sama yaitu peme-catan secara tidak hormat (PTDH).

Dalam sejarah sejak berdirinya PoldaSultra, ini adalah kali pertama seorangKapolda harus mengeluarkan surat pe-mecatan pada pangkat Ajun KomisarisBesar Polisi (AKBP). Konon pemecatanitu sengaja dilakukan dengan tujuanmemberikan contoh kepada personilpolri yang lainnya. Selain itu juga un-tuk menertibkan semua anggota Polridalam berpenampilan dan bersikapprofesionalisme, demi menunjukanperformance dan sosok anggota Polrisebagai pelindung, pengayom danpelayan masyarakat.

Informasi yang berhasil dikumpul-kan, AKBP Heri Susanto sebelumnyatidak akan menjalani periksaan. Namundari keterangan Brigadir Marwa yangsaat itu menjabat sebagai kepala seksikeuangan (kasikeu) di Polres Buton itu,membuat penyidik dari Bidang Pro-pam Polda Sultra curiga. Setelah prosespersidangan dan pemeriksaan selamatiga hari, akhirnya terkuak jika HeriSusanto terlibat dan menjadi dalanghingga dana remunerasi digunakan

bersama Marwa. Hasil persidangan itulah yang

disampaikan kepada Kapolda Sultra.Dari hasil keputusan yang diambiloleh Komisi Sidang Kode Etik Polri diPolda Sultra ini sudah melalui kajianyang mendalam, karena Heri diang-gap tidak profesional dan kurangkedisiplinan yang diterapkan kepadaanggotanya dalam menjalankanjabatannya sebagai pemimpin,sehingga dijatuhkan keputusanPTDH dari Kepolisian NegaraRepublik Indonesia.

Didalam sidang tersebut di-hadirkan 1 orang Saksi yaitu Briga-dir Marwa, da-lam kesaksiannya Marwa mengata-kan bahwa dirinya telah memalsukan tanda tangan Ka-polres, sehingga

Raha, kPKedatangan Gubernur Sultra Nur

Alam ke Muna, dalam rangka meng-hadiri halal bihalal dan pelantikanpengurus Partai Amanat Nasional(PAN) Muna, kemarin, diwarnai aksidemonstrasi. Mereka yang melaku-kan aksi menamakan diri AliansiMasyarakat Muna. Aksi sudah dilaku-kan sejak pukul 07.30 Wita, di gerbangsarana olahraga (SOR) La Ode Pandu,tempat halal bihalal dilaksanakan.

Gubernur Nur Alam datang di Munadengan menggunakan helikopter,sekitar pukul 10.00 Wita. Ketika KetuaDPW PAN Sultra itu tiba, tensi parademonstran langsung meningkat.Para pendemo, memblokir jalanmasuk SOR. Sehingga masyarakatyang menghadiri, harus mengambiljalan memutar arah pasar Laino.

Aksi saling dorong dengan petugaskeamanan sempat terjadi ketikapuluhan massa memblokir jalan danmemaksa masuk ke acara halal biha-lal. Namun Polisi berusaha mence-gat. Lewat dialog yang panjang,beberapa orang dari demonstranberhasil lolos. Namun mereka tidakdapat berbuat apa-apa, ketika beradadalam ruangan aula SOR.

Nurhayat Fariki, Koordinator aksi,menagih janji Gubernur Sultra Nur

Alam yang akan merealisasikanpengaspalan poros Raha-Lakapera.Selama Raha-Lakapera belum dilaku-kan pengaspalan, mereka tidak akanberhenti untuk tetap menyuarakan.“Kami ingin bertemu Gubernur,menagih janji pengaspalan Raha-Lakapera,” ujarnya.

Sejak poros Raha-Lakapera rusak,kata dia, kecelakaan sudah seringterjadi. Di Wakumoro ada dua yangmeninggal karena jalan rusak, tigaorang cacat permanen dan 12 lukaparah. Belum lagi, debu jalananyang dihasilkan, mengganggu ak-tifitas masyarakat. Bahkan, wargasudah banyak yang terkena infeksisaluran pernafasan.

Menanggapi demonstran, NurAlam di hadapan masyarakat yangmenghadiri halal bihalal, mengung-kapkan, saat dirinya dengan SalehLasata diberi amanah menjadiKepala Daerah, hanya 30 persenjalan Nasional dan Provinsi yangteraspal. “Lewat segala daya upaya.Hampir lima tahun kami memerin-tah, sudah 1000 kilometer bentan-gan jalan yang diaspal,” ujarnya.

Khusus Raha-Lakapera, janjiKetua DPW PAN Sultra itu, tahun inipasti akan dilakukan pengaspalan.Tahun ini Pemprov Sultra mengang-

garkan sebesar Rp 20 Miliar, dengansumber dana pinjaman Pusat In-vestasi Pemerintah (PIP). PIP adalahlembaga pinjaman negara dan inisumber penerimaan yang resmi.Contohnya, RS Sultra yang terbesardan memiliki fasilitas paling leng-kap di Indonesia Timur, dibangundengan menggunakan dana PIP.

Transfer dana PIP, kata NurAlam, akan masuk di bulanS e p t e mb e r. D i na s PU sudahmelakukan tender dan telah adapemenangnya. Begitu dananyamasuk dari PIP, akan segera diker-jakan. “Kita bersabar. Awal Oktober,pengaspalan poros Raha-Lakaperasudah bisa jalan,” janjinya.

Bukan saja itu, design pengaspalanporos Raha-Tondasi sudah dilaku-kan dan akan masuk APBD 2013.“Pembahasan APBD 2013, masihsaya yang akan laksanakan. Karenajabatan saya akan berakhir Februari2013,” ujarnya.

Nur Alam juga menyinggung soal in-sident yang terjadi di sesama anggotaDPRD. Bagi Dia, tindakan tersebutmerupakan hal yang memalukan.“Saya sangat sedih, di tengah-tengahmelaksanakan pembangunan, ada

Gubernur Disambut Demo

Kajati Baru PrioritaskanKasus Korupsi

kendari, kP Andi Abdul Karim, SH MH, resmi menjabat Kajati

Sultra. Ia pernah menjadi Asintel Kejati Sultra tahun2005-2007 dan mengungkap berbagai kasus korupsipada masanya, termasuk kasus dugaan korupsi diKanwil Depag Sultra.

“Saya akan tetap melanjutkan kebijakan pimpinansebelumnya. Tidak ada perubahan mendasar. Kec-uali peningkatan penanganan kasus-kasus, terutamapada tindak pidana khusus. Saya akan melakukansidak untuk mengetahui sejauhmana penanganankasus selama ini,” ungkap Andi Abdul Karim. Iaberjanji akan memprioritaskan penanganan kasusdugaan korupsi yang terjadi di Sultra.

Mantan Wakajati Sulsel itu berjanji akan konsistendalam penindakan terhadap kasus dugaan korupsi.Semua personil Adhiyaksa akan dilibatkan dalampenanganan perkara yang masuk ke kejaksaan.Tindakan preventif atau pencegahan masih menjadibagian dari program kerja yang akan dilaksanakan.Namun, ia menilai, masih ada pola tindakan yangakan diambil berdasar situasi. Lalu, bagaimanamenyikapi kemungkinan adanya intervensi dalampenegakan supremasi hukum di Sultra yang biasanyadidesain melalui aksi unjuk rasa?

“Tanpa didemo pun, saya akan ungkap kasus-ka-sus yang terindikasi korupsi, jika memang ada buktikuat. Tapi meskipun didemo setiap hari jika tidakada bukti kuat, saya tidak akan mengangkat kasusitu. Saya tetap objektif dalam penanganan kasus.Jika ada laporan, maka akan dilakukan penelitian,Pulbaket (perngumpulan bahan keterangan, red)dan penyelidikan. Kalau memang ada bukti, akanditindak oleh Aspidsus,” jelas pengganti BambangSetyo Wahyudi itu.(aka)

Gugat CeraiSuami

SecaRa mengejutkan artis dangdut MachichaMuchtar menggugat cerai suami Khalid Mahmudke Pengadilan Agama (PA) Tigaraksa, Tangerang, 24Agustus. Alasan gugat cerai itu lantaran Machichatak tahan diselingkuhi suami.

“Itu (selingkuh) alasan penga-juan ke pengadilan tapi

harus ada pembuk-tian. Kalau enggak ada pembuktianberat, nanti malahenggak bisa ceraisaya,” kata Machi-cha Mochtar diJakarta, Selasa(4/9).(abu)

Bacakorupsi

di Hal 7

Baca dEmo di Hal 7

Machicha Muchtar

Ketua DPW PAN Sultra, NurAlam saat melantik Hj Wa OdeFarida sebagai Ketua PerampuanAmanat Nasional (PUAN) Muna.awaludin usa/kp

awaludin usa/kpAksi unjukrasa menuntut pengaspalan jalan porosRaha-Lakapera. Aksi ini bersamaan dengan kehadiranGubernur Sultra, Nur Alam dalam acara halal bi halal diMuna.

Tubagus Anis Angkawijaya

Rabu, 5 September 20122

Kendari, KPCalon Gu-

bernur danWakil Guber-nur Sultra,Buhari Mattadan AmirulTamim diang-gap pasanganyang sangatideal dan pu-nya potensik e m e n a n -gan. Pasal-nya, selaindikenal oleh

masyarakat Sultra juga keduanya pu-nya pengalaman kepemimpinan yangmatang dalam pemerintahan di daerah,sehingga tidak perlu diragukan.

“Meski sesama kader PPP, saya kiramereka tetap pasangan yang kuat, seh-ingga jangan diragukan. Karena kedua(Muhari-Amirul) merupakan figur Sul-tra yang dinilai sangat ideal dan mampumembangun Sultra lebih baik,” ungkapYusran Silondae, Ketua majelis pertim-bangan wilayah DPW PPP Sultra.

Mantan Wakil Gubernur Sultrayang mendampingi Ali Mazi itu, meya-kinkan bahwa keberhasilan keduapasangan tersebut dalam membangundaerah, tidak bisa dipungkiri. BuhariMatta menjabat dua periode sebagaiBupati Kolaka sedangkan AmirulTamim juga dua periode sebagai wa-likota Baubau, maka dua Kabupaten/Kota itu terbukti sangat maju danberkembang. Mesti keduanya kaderPPP dan didukung sedikit partai,tidak menjadi masalah dalam mere-but kemenangan.

“Saya kira tidak mempengaruhi,walau sesama kader PPP mereka tetapkuat. Karena yang memilih bukan han-ya kander PPP, namun seluruh kom-ponen masyarakat Sultra yang bebasmenentukan pilihannya,” jelas Yusran,juga anggota komisi II DPRD Sultraitu.

Menurutnya, pasangan Buhari-Amirul merupakan keputusan final parpol dalam musyawarah DPW PPP,sehingga itu menjadi mutlak atas per-imbangan figur. Pasalnya, kedua figur itu, merupakan Kader daerah yang te-

lah mewakili wilayahdaratan dan kepu-lauan. “Diharapkanmampu meraih su-ara sebanyak-ban-yaknya karena mer-eka (Buhari-Amirul)telah mewakili selu-ruh masyarakat Sul-tra,” harapnya lagi.(p2/ong)

Yusran Silondae :

Jangan RagukanBM-Amirul

Yusran Silondae

Kendari, KPPada hari kedua pemeriksaan

kesehatan, tampak Calon WakilGubernur pasangan H Ali Mazi,H Wuata Saranani menjalani pe-meriksaan kesehatan di RSUD. Didampingi dua orang kerabat-nya, tokoh masyarakat Tolaki initampak semangat menjalani setiapsesi pemeriksaan.

Sementara itu sekitar pukul 09.30 wita hampir bersamaandengan Wakilnya, Haerul Saleh,Cagub Sultra dari partai Golkar,Ridwan BAE tiba diRSUD Sultrauntuk memeriksakan kesehatan-nya. Pemeriksaan dimulai daripengambilan darah guna keper-luan pemeriksaan laboratorium,dilanjutkan pemeriksaan lainseperti pemeriksaan jantung,THT, mata, tekanan darah, danradiologi.

“Saya cukup puas dengan pe-layanan rumah sakit karena cukupbaik dan profesional serta dokterdan paramedisnya bersikap sangatbersahabat memeriksa saya sejakpukul 09.30 s.d 12.30 wita. Untukpemeriksaan jiwa, terdapat sekitarlima ratus lebih pertanyaan yangharus kami jawab, menurut sayalebih kepada menguji normalitaskejiwaan para calon,” kata RidwanBAE.

Beberapa waktu kemudian,tampak iring-iringan Cagub AliMazi memasuki areal parkirRSUD Sultra, tampak Ali Mazimemasuki salah satu ruanganpemeriksaan dan petugas ru-mah sakit langsung melakukanpengambilan darah.

“Karena kemarin telah men-

jalani pemeriksaan lainnya,maka hari ini saya tinggalmelakukan pemeriksaan labo-ratorium yaitu pengambilandarah. Sebelum pemeriksaansaya harus puasa terlebih da-hulu. Untuk tes kejiwaan sudahdiluar kepala saya, mengingatsudah empat kali tes seperti inisaya lakukan,” ujar Ali Mazi.

Direktur RSUD Sultra, Dr Nurda-jajadin Aboe Kasim mengungkap-kan pada hari kedua pemeriksaankesehatan sudah tiga calon yang

selesai diperiksa yaitu BuhariMatta, Saleh Lasata dan Ali Mazi.

“Hasil pemeriksaan akan kitarekap paling lama 1-2 hari, karenakita akan lihat jangan sampai adatambahan pemeriksaan. Setelahsemua calon memeriksakan kes-ehatannya, baru kami plenokanuntuk selanjutnya hasilnya diberi-kan kepada KPU Sultra,” ungkapNurdajajadin.

Sehubungan adanya calon yangbelum mengantongi surat pen-gantar pemeriksaan kesehatan

dari KPU Sultra yaitu pasanganSabaruddin Labamba-Muh Kasirdan La Ode Asis-HT Jusrin, priayang ramah dengan wartawan inimenandaskan pihaknya masihmenunggu surat pengantar dariKPU. “Kami tidak bisa melaku-kan pemeriksaan pasangan calonjika tidak terdapat surat pengan-tar dari KPU,” tandasnya sambilberucap menurut rumor yangditerima pihak RSUD, Cagub NurAlam akan melakukan pemerik-saan pada hari Kamis. (fas)

Kendari, KPSejak ditetapkan sebagai pasan-

gan calon dari Partai Golkar, tim-timpemenangan Ridwan BAE-HaerulSaleh (ArBAE) gencar melakukankomunikasi internal untuk meme-nangkan pasangan calon. Strukturkepengurusan Partai Golkar hinggadesa, menjadi target tersendiri bagipartai berlambang pohon beringinini untuk merangkul semua anggotakeluarga pengurus, untuk memi-lih pasangan calon Golkar. Dan, itudiakui Ketua Golkar Buton, SjafeiKahar maupun Ketua Golkar Muna,Uking Djassa SH.

“Strategi pemenangan ArBAE diMuna sudah lama kita jalankan danInsya Allah kita optimis bisa me-menangkan beliau, karena itu timyang ada betul-betul kita rapatkanbarisannya. Tim yang dimaksudhingga ke tingkat desa, yang manadi Muna terdapat 236 desa dikali 25orang pengurus per desa ditarget-kan perolehan suara lingkup pen-gurus 5.900 suara, belum termasukanggota keluarga mereka dan parasimpartisan,” ujar Ketua GolkarMuna, Uking Djassa.

Senada, Ketua Golkar Buton, Sja-fei Kahar menjelaskan basis suara

Golkar di Kabupaten Buton dapatdiambil dari perolehan suara pasan-gan Agus-Yaudu (Ayo) di PilkadaButon lalu.

“Minimal kekuatan itu yang kitaberusaha tingkatkan agar lebihmemenangkan pasangan ArBAE.Selain itu suara enam ribuan orangpengurus kabupaten dan kecamatanatau 240 ribu suara, juga berupayakami optimalkan, dengan tetap was-pada pada calon lainnya mengingatterdapat calon incumbent, sehinggaharus bekerja keras paling tidakmengimbangi suaranya,” jelas Sja-fei.(fas)

Golkar Muna dan ButonSiap Menangkan ArBAE

Ridwan-Ali Mazi Sama-sama Periksa Darah

ulfah/kpRidwan BaE saat menjalani tes kesehatan di RSuD Sultra.

3Kendari Pos | Rabu, 5 September 2012

Unaaha, KPWisatawan domestik maupun

mancanegara yang berkunjung keobyek wisata di Kabupaten Konawe,setiap tahun mengalami peningka-tan yang signifikan, antara 15 sam-pai 20 persen. Peningkatan tersebutseiring dengan perolehan penda-patan asli daerah (PAD) di obyek-obyek wisata yang paling ramai di-kunjungi.

“Adanya peningkatan kunjungan,kami harus berbenah diri untukmemberikan pelayanan yang terbaikkepada semua wisatawan. Mereka

harus puas dengan pelayanan kami,terutama di obyek-obyek wisata,”kata Drs M Asri Demora Apt, KadisPemuda Olahraga, Kebudayaan danPariwisata Kabupaten Konawe.

Pernyataan tersebut disampai-kan di hadapan peserta pelatihanpemandu wisata yang profesional diLaika Buu, kantor Dinas PariwisataKonawe, akhir pekan lalu. Pelati-han diikuti 65 orang, yang terdiri pemandu wisata pantai Batu Gong,pantai Soropia, permandian air pa-nas Sonai, Pantai Tekonea Wawoniidan permandian Rundu Podahu,

serta staf teknis lainnya.Menurut Asrin, tujuan pelati-

han dilaksanakan selama satu haripenuh adalah untuk meningkatkanpelayanan kepada wisatawan. Set-iap peserta dilatih berbagai hal, ter-utama dalam berbahasa yang baikdan sopan serta etika, saat mengh-adapi wisatawan.

“Jika dilihat materinya biasasaja, tapi ini sangat penting teruta-ma dalam memberikan penjelasan-penjelasan atau menjawab pertan-yaan wisatawan yang berkunjung,”jelasnya. (din)

RaKsasa elektronika KoresSelatan, Samsung, merilis produkterbarunya Galaxy Note 2 pada pa-meran IFA Technology Trade Show2012 di Berlin, Jerman. Galaxy Note 2 hadir dengan performa yang lebihbertenaga dibanding pendahulunya.

Dikutip dari laman Telegraph,Galaxy Note 2 dibekali layar 5,55 inci Super Amoled HD, S Pen stylus, layarSuper AMOLED dengan aspect ratio16:9, serta menggunakan prosesor Samsung Exynoos quad-core 1,6GHz.

Sementara untuk kapasitas memo-ri disediakan dengan tiga pilihanmemori internal masing-masing16GB, 32GB, dan 64GB.

Perangkat ini juga diselipi RAM2GB, serta sistem operasi teranyar,Android Jelly Bean. Di sisi lain, ke-mampuan lebih produk Samsung ter-baru itu ditopang baterai bertenaga 3.300 mAh serta kamera belakang 8 megapixel.

Sementara untuk kamera depanmemiliki kekuatan 2 megapixel.Hanya saja, Samsung belum mem-beri informasi mengenai harga jualmaupun jadwal rilis secara global.

Untuk memudahkan pengopera-sian, handphone ini dilengkapi den-gan S Pen stylus dengan desain yanglebih panjang dan tebal. Galaxy Note

2 bakal tersedia dalam dua warna,marble white dan titanium gray, akantersedia di pasar Eropa pada Oktobermendatang.

Analis CCS Insight mengatakanbahwa peluncuran perangkat inimerupakan respons yang tepat terh-

adap kritik bahwa Samsung adalahpengikut bukan inovator. ApalagiSamsung baru-baru ini diperintahkanoleh pengadilan AS untuk membayarApple USD 1 miliar atau sekitar Rp 9,5 triliun atas tuduhan pelanggaran hakcipta terhadap iPhone. (jpnn)

PAD Meningkat, Pemandu Wisata DilatihGalaxy Note 2 Diluncurkan

TeRbiTnya surat edaran (SE) BankIndonesia (BI) mengenai pembatasandown payment (DP) atau uang mukakredit pemilikan rumah (KPR) sebesar30 persen harga jual, membuat banyak kalangan sulit memiliki rumah. Melihatkondisi itu, PT Jamsostek terus melaku-kan berbagai upaya meringankan parapesertanya agar memiliki kemampuanmembeli rumah.

“Program itu kami gulirkan mela-lui pinjaman uang muka perumahan(PUMP). Selain itu, kami pun meng-gulirkan program untuk merenovasirumah, yaitu pinjaman renovasi ru-mah (PRR),” jelas Kepala PT Jam-sostek Kantor Wilayah IV Jabar-Ban-ten Enda Ilyas Lubis.

Kata dia, tahun ini, pihaknya men-galokasikan dana PUPM dan PRR cu-kup besar. Secara angka, lanjutnya,nilai total kedua program pinjamanitu mencapai Rp 50 miliar. “Sampai Juli 2012, penyerapan dan penyalu-ran kedua pinjaman itu belum men-capai 50 persen. Yaitu, sekitar Rp20,7 miliar,” sebut Ilyas.

Kondisi ini, berarti pihaknyamasih memiliki alokasi dana PUMPdan PRR yang belum tersalurkan,yaitu sekitar Rp 30 miliar. Karenan-ya, sambung pria berkaca mata terse-but, diharapkan dapat dimanfaatkan

seluruh pekerja, khususnya, yangmenjadi peserta lembaga BUMNyang bergerak dalam bidang jaminansosial tersebut.

“Seluruh peserta Jamsostek dapatmemanfaatkannya. Satu syaratnya,terdaftar sebagai peserta minimal-nya 1 tahun,” jelas Ilyas.

Kedua jenis pinjaman tersebut kataIlyas menjadi bagian program kemi-traan dan bina lingkungan (PKBL).Karena tergabung dalam PKBL,

tingkat suku bunganya pun ringan.“Yaitu sekitar 3 persen per tahun. Jangka waktu kreditnya selama 5 ta-hun, yang berlaku flat,” katanya.

Enda melanjutkan, melihat ting-ginya uang muka perumahan terse-but, pihaknya menaikkan nominalpeminjaman, baik PUMP maupunPRR. Saat ini, sambungnya, nilaipinjaman maksimal menjadi Rp 50 juta. “Sebelumnya, angka maksi-malnya Rp 20 juta,” tukasnya. (hen)

PasaR gadget kategori tablet terusmeningkat. Potensi itu tidak dilewat-kan MLW Telecom. Dengan meng-gandeng Telkomsel, MLW Telecommeluncurkan tablet Speedup terbaruberukuran 7 inch. Gadget ini, diberi nama Speedup Pad Pro.

Telkomsel dan mitranya MLW Tele-com mengklaim produk ini memi-liki fitur terlengkap dan kemampuan akses paling cepat. Kecepatan gadgetberdesain unik ini didukung sistemoperasi android 4.0 ice cream sand-wich dan didukung prosesor 1,4 GHz

Snap Dragon dari Qualcomm.Product and Marketing Director

MLW Telecom, Rahmad Widjaja Saktimenyatakan, hadirnya Speedup PadPro sebagai jawaban atas kebutuhanpasar yang menginginkan tablet yangmemiliki performa yang handal danfitur-fitur yang lengkap.

“Ini sangat sempurna bagi parapenggila gadget yang haus akan ke-cepatan dalam berselencar di duniamaya,” kata Rahmad saat peluncuranSpeedup Pad Pro di Makassar, Senin(3/9) lalu.

Dia mengatakan, pihaknya menyebutproduk ini sebagai tablet tercepat kare-na didudukung koneksi data SPA+ yangmemungkinkan untuk mendownloaddengan kecepatan hingga 14,4 Mbps dan mengupload hingga kecepatan 5,76 Mbps. “Sehingga sangat memanjakanpenggila dunia maya,” tegasnya.

Sementara itu, Head Of Sales andCostumer Care Sulawesi papua Divi-sion, Hendro T Cahyo mengatakanbahwa Telkomsel sangat menyambutbaik dengan hadirnya produk terbaruyang sangat mumpuni ini. (m02/upi)

Telkomsel-MLWTelecom Rilis Tablet Tercepat

Jamsostek Bantu DP Rumah

int/kp

Enda ilyas Lubis

Rabu, 5 September 2012 Langganan Luar Kota Rp. 67.500,-email : bumianoa@gmail.com

Rumbia, KPTiga tim ahli pemerintah ka-

bupaten (Pemkab) Bombana,sudah hampir setahun bertu-gas. Namun keberadaan mere-ka baru disoroti anggota DPRDBombana. Para wakil rakyat diparlemen menilai, kehadirantiga tim ahli itu minim kontri-busi dan jarang masuk kantor.

“Keberadaan tiga tim ahliPemkab Bombana ini perluditinjau ulang. Mereka terimagaji tinggi, tapi sangat jarangmasuk kantor” kritik AhmadYani, anggota DPRD Bombana.

Seharusnya dengan gaji yang

Pasarwajo, KPGerbong jabatan pemerin-

tahan di Kabupaten Buton kem-bali bergerak kemarin. Kali inisedikitnya 177 pejabat yangtergabung dalam esolon II, IIIdan IV dimutasi. Jumlah terse-but terdiri dari 25 esolon II, 61esolon III termasuk 4 orangcamat, dan 91 orang esolon IVtermasuk 1 orang lurah.

Dari jumlah tersebut tercatatsedikitnya 18 orang esolon IInon job. Mereka yang terpen-tal dari jajaran eselon II di-antaranya Kadis KebersihanPertamanan dan PemadamKebakaran Kabupaten Buton,La Hamu digantikan La Madi S.Sos, sebelumnya menjabatsebagai staf di Badan KeluargaBerencana dan Pemberdayaan

Hariman/KPBupati Buton, Samsu Umar abdul Samiun saat melakukan pelantikan para pejabat eselon ii, iii, iV lingkupPemkab Buton, kemarin.

18 Eselon II Buton Non JobDari 117 Pejabatyang Dilantik

Baca Non Job di Hal. 6

tinggi setiap bulan dari APBD,tiga tim ahli itu harus wajibmasuk kantor setiap hari ker-ja. “Jangan nanti ada masalahbaru masuk kantor, selebihnyatidak tampak beraktivitas lagidi Bombana,” sambungnya.

Mantan wakil ketua DPRDBombana 2004-2009 ini men-gaku, dirinya pernah menye-salkan keberadaan tim ahli saatdia mempermasalahkan keles-tarian lingkungan di Bombana.Begitu mendapatkan masalahtidak ada satupun kontribusiyang diutarakan dari salahsatu tenaga ahli dibidang itu.

“Seharusnya hal semacam iniyang mesti dilakukan para ten-aga ahli ini, namun kenyataan-nya tidak dilakukan, jadi per-cuma kan jika ada tim ahli,”kata Yani.

Hal yang sama juga dikritisiWakil Ketua DPRD BombanaJohan Salim. Menurutnya, ke-beradaan tiga tim ahli tersebutperlu dikaji ulang, karena tu-gas pokok dan fungsi (Tupoksi)nya tidak terlalu signifikan un-tuk daerah.

“Pemkab Bombana memangmemiliki banyak persoalan,namun ada atau tidaknya para

tenaga ahli ini, tidak begitu be-rarti apalagi mempengaruhiproses penyelesaian masalah-masalah yang ada. Karena itupengangkatan ketiga tenagaahli ini, harus lebih cermat,selektif, produktif dan didasar-kan pada aturan yang jelaskarena mereka dibiayai da-lam APBD,” tutur Johan, saatpembahasan APBD Perubahan2012, kemarin.

Menanggapi sorotan dewantersebut, Sekda Bombana, DRRustam Supendy yang ikut

Baca Dewan di Hal. 6

Baca Miskin di Hal. 6

Dewan Soroti Keberadaan Tim Ahli

Kendari,KPData Sensus penduduk Badan

Pusat Statistik (BPS) Sultratahun 2010 terungkap bahwadari 2.2 juta penduduk miskinmasyarakat Sultra sebanyak 1.6 juta atau 72 persen tersebardi wilayah pedesaan. Sisanyatersebar di wilayah perkotaan.

Menurut Kepala Bidang sta-tistik Sosial BPS Sultra DaniJaelani, untuk data tahun 2011masih berupa hasil proteksiyang sifatnya estimasi semen-tara, sehingga belum bisa

dipublis serta menunggu kepu-tusan dari BPS Pusat.

“BPS merupakan lembagavertikal, apapun keputusannyaselalu dari pusat. kita didaerahhanya menindak lanjuti saja.Termasuk persoalan data ini.kalau sudah ada pasti kita pub-lis,” ujar kata Dani Jaelani, be-berapa waktu lalu.

Dari jumlah 1.6 juta yangtersebar pada daerah pede-saan 12 kabupaten/kota terse-but, lanjut Dani sebanyak 248ribu berada di daerah pede-saan wilayah Kabupaten Kon-sel. Menuyusul Kolaka seban-yak 238 ribu, Buton ada 234ribu, Muna sebanyak 225 ribu,

Konawe sebanyak 203 ribu,Bombana sebanyak 123 ribu.Kolaka Utara 109 ribu, Waka-tobi ada 82 ribu serta KonaweUtara ada 50 ribu.

“Peringkat tiga terbawah be-rada di Kabupaten Buton Utarasebanyak 48 ribu, Kota Baubau 30 ribu, dan terakhir Kota Kend-ari penduduk miskin pedesaan-nya sebanyak 25 ribu,” jelasnya.

Secara umum, lanjut Danipenyebab tidak berimbangnyajumlah penduduk miskin diwilayah perkotaan dan pede-saan, disebabkan banyak vari-abel. Utamanya menyangkut

72 Persen Penduduk Miskin Ada di DesaWilayah KonselPeringkat atas

6 Kendari Pos | Rabu, 5 September 2012

Non Job...Dewan...

Kendari, KP Tuntutan Praperadilan yang

diajukan Camat Moramo UtaraJames A. Mokke terhadap Peny-idik Polda masih terus berlan-jut, kemarin (4/9) sidang yangkeempat digelar namun sidangyang beragendakan pembuk-tian dari Polda tentang gugatantersebut harus ditunda sampaihari Kamis mendatang.

James A. Mokke melaluikuasa hukumnya Muh.GazaliHafid, MH. mengatakan, pen-etapan James sebagai tersang-ka tidak secara prosedural.Sebab sesuai ketentuan UUsebelum seseorang ditetap-kan sebagai tersangka harus

Andoolo, KPSetelah membuka pendaf-

taran Partai calon pesertapemilu 2014, Komisi PemilihanUmum (KPU) Konawe Sela-tan menggelar sosialisasi, pe-nyuluhan Peraturan KPU ten-tang verifikasi Partai Politik peserta Pemilu DPR dan DPRDtahun 2014. Sosialisasi danpenyuluhan dengan menghad-irkan pemateri dari anggotaKPU Provinsi Sultra Bosman, S.Si, SH, MH tersebut hanyasembilan Partai yang men-jadi peserta. Kesembilan Par-tai itumasing-masing PartaiDemokrat, Golkat, PDIP, PKS,PBB, PPP, Hanura, Gerindradan Nadem.

Ketua KPU Konsel AhmadiSHi, MH mengatakan, sosial-isasi dan penyuluhan KPU ten-tang verifikasi Parpol calon pe-

Kendari,KP Setelah melewati pemba-

hasan yang cukup alot, akh-irnya secercah harapan akanadanya solusi penyelesaianjalan poros Raha-Lakaperamenunjukan titik terang.

Wakil ketua DPRD Sultra,La Pili menjelaskan jika pihakDPRD telah memberikan tigarekomendasi pada pemerintah,khususnya pihak Dinas PU danBappeda dalam upaya penger-jaan dan penyelesaian jalantersebut.

“Secepatnya kita desak pe-merintah karena memangjalan Raha-Lakapera kondis-

Wangiwangi,KPKebutuhan masyarakat akan

pasir di Kabupaten Wakatobisangat tinggi, tak mengheranjika aktivitas penambanganpasir di berbagai tempat jugamenjamur.

Kondisi itu, tentu berpengar-uh negatif terhadap keseim-bangan lingkungan di daerahotorita itu, sehingga jika dibiar-kan berlarut-larut, akan mem-berikan kerusakan lingkunganyang permanen. Terkait itu,Perusahaan Daerah yang akanmenangani kebutuhan pasir diWakatobi bakal dibentuk. Hal

serta Pemilu di Konsel kaliinisangat penting. Mengingat da-lam kegiatan ini ada beberapapersyaratan dan tahapan yangharus diketahui setiap partaipolitik calon peserta Pemi-lu. Mengingat dari pem-bukaan pendaftaran parpol diKPU Konsel, hingga saat inibaru dua Partai yang telah me-nyerahkan dokumen kepengu-rusannya. “Batasnya memangmasih lama, tetapi ini sangatpenting, karena ada beberapahal yang harus dilalui. Untukitulah kami hadirkan dari KPUProvinsi untuk memberikansosialisasi dan penyuluhan,kepada parati calon pesertapemilu,” ujar Ahmadi, saatmembuka kegiatan di salahsatu hotel di Konsel, kemarin.

Ahmadi menjelaskan pen-etapan Partai peserta pemilu

DPR dan DPRD oleh KPU pada9-15 Desember 2012. Selama ku-rung tiga bulan itu, masih yangharus dilalui, diantaranya ver-ifikasi administrasi dan fak-tual serta perbaikan-perbaikanlainnya atas hasil verifikasi.

“Lolosnya partai politik pe-serta pemilu tahun 2014 ini ter-gantung dari verifikasi partai politik di KPU kabupaten/kota.Mengingat ditingkat kabupatentersebut adalah basis partai,”terangnya.

Sementara itu anggota KPUProvinsi Bosman S.Si, SH, MHdalam sosialisasinya mengaku,banyak perbedaan pelaksanaanPemilu 2009 dan akan digelarpada 2014 mendatang. Diantaran-ya penyelenggaran diberikankewenangan untuk menetapkandaerah pemilihan berdasarkanperkembangan kecamatan. (era)

Minim Peserta Sosiasialisasi Verifikasi Parpol di Konsel

Perempuan (BKBPP) Kabu-paten Buton, Kepala Dinas Ke-budayaan dan Pariwisata Asi-sima digantikan Lutfi Hasmar yang semula menjabat sebagaiKadis Nakertrans.

“Mutasi ini berdasarkansurat keputusan Bupati ButonNo. 605 tahun 2012 tentang pen-gangkatan pemindahan danpemberhentian pejabat struk-tur pejabat esolon II,III,IV,”ujar salah seorang staf BKDDKabupaten Buton saat mem-bacakan jajaran pejabat Pem-

rapat mengatakan, Pemkabtetap ingin mempertahankankeberadaan tiga tenaga ahliini dengan alasan kebutuhandaerah.

kab Buton yang dilantik diaula kantor Bupati Buton, ke-marin.

Usai pelantikan, Bupati Bu-ton Umar Samiun menjelas-kan, seremoni pelantikan danpengambilan sumpah pejabatadalah hal yang lumrah terjadidalam manajamen birokrasisebagai refleksi dinamika da-lam tataran pemerintahan. Se-lain itu juga berfungsi selakupenyegaran personil untukmencegah terjadinya kebosan-an maupun kejenuhan affeksiyang dikhawatirkan akan ber-dampak pada rendahnya kin-

erja organisasi SKPD.“Diharapkan dengan muncul-

nya pejabat baru akan mampumembangkitkan semangat danmotifasi baru yang berdampakpada peningkatan kinerja yanglebih baik lagi,” ujarnya.

Umar Samiun menam-bahkan pelantikan pejabatmerupakan suatu ketentuannormatif kepegaiwaian yangharus dilaksanakan terhadappejabat struktural yang men-duduki jabatan baru. Kaikkarena mutasi horisontalyakni pergeseran dari suatujabatan ke jabatan lain yang

setingkat maupun karena mu-tasi vertikal yakni pergeserandari suatu jabatan ke jabatanyang lebih tinggi atau pro-mosi.

“Mutasi seperti ini sema-ta-mata sebagai upaya meng-konsolidasikan organisasipemerintahan daerah. Bukandidasarkan pada kewenan-gan tetapi juga memperhati-kan norma-norma kepegawa-ian yang berlaku, kinerja,kompetensi, integritas, danberbagai aspek manajemensumber daya manusia,” jelasUmar. (m4/m5)

Tiga tim ahli yang diributkananggota DPRD Bombana ituadalah Drs H Tamrin, tim ahlibidang keuangan, Muh Nurung,SH, MH, tim ahli bidang hukumdan pemerintahan serta Prof DR H Gufran Dharma Dirawa,

tim ahli bidang ekonomi danpembangunan. Ketiganya beras-al dari berbagai latar belakangbidang ilmu dan mulai bertugasdi Bombana sejak Tafdil danMasyura menjadi Bupati danWakil Bupati Bombana. (nur)

persoalan tingkat pendidikan,fasilitas perekonomian, akses la-pangan kerja dan pengetahuanteknologi.

“ Di kota, orang akan mudahmengakses informasi sehinggapola pengetahuannya bertam-bah. Hal ini akan berimplikasipada tingkat perolehan peker-

jaan dan pendapatan. Termasukketersediaan fasilitas perekono-mian turun menunjang pen-gurangan kemiskinan diperko-taan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KomisiIV DPRD Sultra Abu Bakar Lagumengatakan bahwa pemerintahmesti memperhatikan kondisiseperti ini sebagai salah saturujukan dalam melakukan pem-

bangunan ekonomi. “Fakta yang tidak bisa

dibantah bahwa pembangunanperekonomian selalu berpusardi perkotaan. Namun hal ituwajar mengingat pusat pemer-intahan ada disitu. Hanyasaja, pembangunan ekonomimasyarakat pedesaan juga ha-rus menjadi prioritas pemerin-tah,” ujarnya. (p6)

Miskin...

inya sudah rusak parah, seh-ingga harus menjadi prioritaspengerjaan,” kata La Pili.

Politisi PKS ini menjelaskanada tiga poin penting dalamrekomendasi yang diberikandewan tersebut. Pertama, men-desak pihak eksekutif untukmemproses secepatnya danapinjaman dari PIP supaya se-cepatnya action (dikerjakan).Kedua, karena ini kondisinyadarurat maka sambil menung-gu dana pinjaman tersebutperlu ada tindakan preventif,utamanya pemeliharaan jalan-jalan yang cukup parah. “Jikaada ruas-ruas jalan yang mem-

butuhkan penyelesaian sece-patnya maka harus diprioritas-kan,” jelasnya.

Rekomendasi ketiga, lanjut-nya, pemerintah tidak bisahanya berharap dari pinjaman.Karena selain prosesnya pan-jang, kepastiannya juga tidakbisa dijamin akan diberikan, se-mentara kenyataan di lapanganmasyarakat butuh secepatnya.

“ Saat rapat kita berikan pi-lihan alternatif pada pemer-intah, sebaiknya disiapkan,dicarikan, dan dipikirkan tam-bahan dana untuk melengkapiruas-ruas jalan rusak terse-but,” jelasnya. (p6)

Dewan Keluarkan Rekomendasi Poros Raha-Lakapera

ini sebagai salah satu upayauntuk memenuhi kebutuhanpasir di daerah itu.

Bupati Wakatobi, Ir Huguamengatakan, aktivitas pe-nambangan pasir di Wakatobiselama ini tidak bisa dihin-dari sebagai akibat dari lajupertumbuhan pembangunandi Wakatobi. Pertumbuhanpembangunan yang ada tentumembutuhkan bahan-bahanpembangunan, salah satunyapasir. Hal itulah yang membuataktivitas pengambilan pasiroleh masyarakat juga cukuppesat. Tentu, kondisi itu tidakbisa dibiarkan terus menerus,tanpa melakukan upaya mela-hirkan solusi terbaik, terhadapaktivitas penambangan pasir

yang dapat member pengaruhburuk terhadap kelangsunganlingkungan.

“Makanya, untuk memenuhikebutuhan pasir di Wakatobi,jalan terbaiknya adalah mela-hirkan Perusahaan Daerahyang bisa menangani keterse-diaan pasir di Wakatobi. Den-gan Perusda itu, akan dibuatmekanismenya, sehinggamasyarakat dapat memperolehpasir yang murah, tanpa men-gorbankan lingkungan yangada di Wakatobi,” ujar bupati.

Menurut Hugua, ,endatang-kan pasir dari luar, denganpengelolaan dalam bentukPerusda, merupakan solusiterbaik untuk menyelamatkanalam Wakatobi dari kerusa-

kan. Perusda yang dibentukini, akan digodok sedemikianrupa sehingga memberikanmanfaat seluas-luasnya bagimasyarakat.

“Yang tidak kalah pentinya,Perdanya harus segera dibuat,demi memberikan perlind-ungan terhadap masyarakatdan alam Wakatobi. KetikaPerda dan Perusda sudah ada,maka kebutuhan pasir untukpembangunan yang dilaku-kan masyarakat, swasta danpemerintah dapat terpenuhi,khususnya masyarakat dapatmengakses pasir dengan hargayang relatif murah. Dan ter-penting kondisi alam Wakatobidapat terjaga dari kerusakan,”jelasnya. (cr1)

berdasarkan pada Surat Per-intah Dimulainya Penyidikan(SPDP). Dimana seharusnyadikeluarkan pada Mei 2012, karena kasus ini mulai disidikpada bulan itu juga. NamunSPDP baru dikeluar pada 28Agustus, setelah James dijadi-kan tersangka dan ditahan diPolda Sultra pada 8 Agustus.“Anehnya, SPDP baru keluar,setelah kejaksaan memper-tanyakannya. Seharusnya pe-limpahan BAP ke kejaksaanbersamaan dengan SPDPnya,tapi ini tidak,” kata Gazali

Mantan anggota DPRD Sul-tra ini menduga, tindakanyang dilakukan penyidik Pol-

da terhadap kliennya adalahkesewenang-wenangan yangberlatar belakang kepentin-gan oknum tertentu tanpapenelitian yang sungguh-sungguh.

“Penyidik juga telahmelakukan kekeliruan baikberkenaan penerapan pasal.Karena menurut hukum keab-sahan tindakan penyidik da-lam penanganan suatu perka-ra adalah legalitas tindakanpenyidik yang harus bertum-pu pada wewenang, prosedur,dan substansi dari kaidah dannorma yang dijabarkan olehpasal-pasal dalam KUHAP,”kata Gazali.

Sebelumnya, Kabid HumasPolda Sultra AKBP Abdul KarimSamandi mengatakan, peneta-pan seseorang sebagai tersang-ka, polisi tidak semenang-me-nang sebelum adanya bukti yangkuat. Jika bukti dianggap cukupselama penyidikan maka peny-idik akan menetapkan sebagaitersangka. “Jadi seperti itulahprosedur penanganan dalampenyelidikan yang dilakukanpihak kepolisian. Jadi dalamprosedur penahanan tidak adayang tergesa-gesa, karena penye-lidikan telah didukung denganbukti-bukti yang cukup.” jelasmantan Kabag Sarpras PoldaSultra ini. (p15)

Penetapan Tersangka Camat Morut Tak Prosedural ?

Perusda Wakatobi Bakal DibentukLayaniKebutuhan Pasir

7Kendari Pos |Rabu, 5 September 2012

Persepsi .......

Magdalena ini 5 Juli 2012. Kar-ena belum menampakkan hasilyang signifikan, warga JalanSwakarya I–Dwikora, KelurahanDemang Lebar Daun, Kecama-tan Ilir Barat I, Kota Palembang,Provinsi Sumatera Selatan, inimencari alternatif. Kebetulan,ia membaca artikel tentangkhasiat kulit buah manggisdi sebuah tabloid. Tertarik, iabeli buah itu, ia rebus kulitnya,lalu ia minum air rebusannya.Selama seminggu ia melaku-kan itu. Namun, karena ribet,asisten manajer di Bank SumselBabel KCP Kertapati, Palem-bang, ini mencari yang praktis.Beruntung, ia mengenal Garciadari koran, lalu mengonsumsikapsul food supplement itu duakali sehari. Apa yang dirasakan-nya? “Kolesterol turun dari 267ke 161 setelah mengonsumsi1 botol. Tidur jadi nyenyaksehingga badan segar dan fit.Nyeri di perut bekas operasipun menghilang,” beber wanita52 tahun ini.

Steinberg, seorang penelitikesehatan, menyatakan, ting-ginya LDL (kolesterol jahat) bisamenyebabkan aterosklerosis.Semakin tinggi LDL, semakinbanyak ia terinfiltrasi ke ar-teri sehingga menumpuk disana. Bila ini dibiarkan terus,tak mustahil terjadi seranganjantung koroner, meski hal inibanyak terjadi pada pria lanjutusia dan berbadan gemuk. Disamping itu, kelebihan LDL bisapula menimbulkan penyakitdiabetes, asam urat, hipertensi,obesitas, dan beberapa penya-kit lainnya. Lalu, apa solusinya?Mengubah pola makan danmeningkatkan kadar HDL(kolesterol baik), hal ini akanmenurunkan kadar LDL. Se-lain itu, banyak mengonsumsiantioksidan juga dapat menu-runkan kadar LDL. Apa sajacontoh antioksidan itu? VitaminC, vitamin B, dan vitamin E ada-lah contoh-contohnya. Namun,kini ada yang lebih efektif. Na-manya xanthone, yang terdapatdalam kulit buah manggis. Zatini merupakan antioksidantingkat tinggi, yang berfungsisebagai pelindung sel padaproses oksidasi dalam tubuh.Bahan aktifnya melindungi seldari serangan radikal bebas, ter-masuk dari serangan kolesterolyang merugikan itu.

Bila ingin mendapatkan in-formasi lengkap tentang khasiatmanggis tersebut, Anda bisamembacanya di buku berjudulKulit Manggis Berkhasiat Ting-gi, yang tersedia di Toko BukuGramedia di seluruh Indonesia.Tapi, apakah untuk mendap-atkan xanthone itu kita perlumengimpornya dari luar negeriatau menggiling kulit manggisdulu untuk kemudian memi-num airnya? Tidak. Sekarang,teknologinya sudah ada di In-donesia. Dan produk itu sudahberedar di apotek-apotek dantoko-toko obat terkemuka dikota Anda, dalam bentuk kapsulekstrak kulit manggis. NamanyaGarcia. Sekali lagi, nama produkitu adalah Garcia, bukan xan-

thone, karena xanthone adalahnama zat yang terkandungdi dalamnya. Untuk konsul-tasi kesehatan, hubungi dokterkami pada jam kerja di teleponbebas pulsa 08001401430 ataudi e-mail purwati-s@centrin.net.id. Bila ingin mendapatkanekstrak kulit manggis pertamadi Indonesia itu, Anda bisamenghubungi distributor kamidi nomor telepon 08124135934.

Atau bisa juga mendapatkannyalangsung di apotek-apotik dikota Anda.

Kendari : Apotik Wua-wuaFarma Jl. MT Haryono, ApotikSaranani Jl. Saranani, ApotikBumi Farma Bundaran Man-donga, Apotik Zafira samp-ing Nusamart Sebelum PLNWuawua, Apotik Surya Komp.Pasar Baru, Apotik PalopoKomp. Pasar Mandonga.

Subdis Unaaha : ApotikWaraka 085241984014, SubdisKolaka: 085231246853, Apo-tik Mekongga, Subdis Kon-sel: 085240687594, SubdisBaubau: Apotik Trikusuma,0402-2821207, Raha: ApotikBinter Farma Jl. Yos Sudarso No. 39 Raha (Dpn Bank BNI Raha),Subdis Kolut: 085231246853.

DICARI SUBDIS TIAP KA-BUPATEN.

Manggis .......

KPU. Pendaftaran calon Gu-bernur itu, tidak terikat. Nantifinalisasinya oleh KPU. “Silah-kan saja mendaftar. Nanti KPUyang umumkan, siapa yanglayak menggunakan PAN,”tukasnya.

Tentang pernyataan RidwanBAE yang menganggap “NurAlam Merasa Kuat”, Nur Alammenilainya bahwa itu persepsiRidwan, bukan Ia yang men-gungkapkan. Dalam urusanpolitik dan kompetensi, tidakboleh ada under estimate. Set-iap kompetitor atau kontestan,memiliki pelung yang sama.

“Bagi saya kita semua lebihbagus menghabiskan en-ergi, dalam rangka melakukansosialisasi dan penguatanmasing-masing di masyarakat.Soal dukungan setiap cagub,itu tidak efektif untuk diper-soalkan. Karena tidak akanada manfaatnya. Justru lebihbaik, memperkuat konsoli-dasi agar bisa jadi pemenang,”urainya.

Dalam pertarungan politik,lanjut Nur Alam, semua punyapelung yang sama. “Sekali lagi,kita tidak boleh menganggapseseorang lebih kuat ataumenganggap lemah. Karenaitu sesungguhnya adalah kele-mahan kita,” ujarnya.

Terkait peluang dirinya, Iaoptimis. Apalagi berdasarkan

hasil survey, hitungannyadiatas 60 persen.

Tidak puas hanya Nur Alamyang menjawab pernyataanRidwan BAE soal “perasaankuat”, Ketua Tim PemenanganNUSA (Nur Alam-Saleh Lasa-ta), H Abdurrahman Shaleh SHMSi juga memberi klarifikasi.Kata anggota DPRD Sultra ini,Nur Alam tidak pernah merasakuat dalam menghadapi Pil-gub. Nur Alam, lanjutnya,hanya merasa bahwa dirinyatidak mungkin bisa meraihkemenangan dengan hanyamengandalkan kekuatan dirisendiri atau dengan dudukberdiam diri. “Nur Alampercaya bahwa kemenanganhanya dapat diraih dengankerja keras dan dengan men-gajak seluruh kekuatan rakyatuntuk bersatu melanjutkanpembangunan,” katanya.

Terkait keputusan Sabarud-din Labamba yang mendaf-tar sebagai Cagub Sultra,sesungguhnya itu adalahinisiatif pengurus-pengurusPAN yang mencoba mengan-tisipasi adanya gejala atauriak-riak politik dari pihak-pihak tertentu yang meng-inginkan Pilgub ditunda ataudimolorkan. “Nur Alam samasekali tidak pernah merasa“pede” apalagi menyebut-nyebut calon gubernur ter-tentu sebagai kandidat yangtidak serius. Tidak pernah kokNur Alam menyebut saudara

Ridwan BAE tidak serius. Apayang dilakukan oleh Nur Alam,seluruhnya adalah bagian darilangkah politik yang lazim da-lam sebuah pentas politik yangfair dan sehat,” kata SekumPAN Sultra ini.

Kesempatan yang sama,Sekretaris Tim PemenanganNUSA, Yusran Taridala mem-protes pernyataan RidwanBAE soal angka PDRB darisuntikan sektor pertanian.“Data PDRB yang disampai-kan Ridwan BAE ke publikitu terbalik. Kontribusi sektorpertanian dalam PDRB Sultrajustru menunjukkan angkatertinggi yakni 32 persen,bukan 1,59 persen. Masajabatan pertama Nur Alamjustru lebih besar pada sek-tor pertanian. Ini terbuktidari penghargaan dari De-partemen Pertanian. NurAlam dinobatkan sebagaisalah satu gubernur di In-donesia yang berhasil men-ingkatkan produksi padinasional selama tiga tahunterakhir dengan persentaserata-rata 5 persen. Jangansalah, Sultra ini masuk uru-tan kedua setelah Bengkulusebagai sentra padi nasionaldengan persentase 21,14persen. Jadi, informasi RidwanBAE itu terbalik-balik. Justrusuntikan dari sektor pertam-bangan hanya 5 persen dalamPDRB,” tutur Yusran Taridala.(awn)

PAN Sultra adalah Nur Alam.Kemarin, di hadapan suaminya,Wa Ode Farida dilantik sebagaiKetua PUAN Muna oleh calon

gubernur Sultra (incumbent),Nur Alam.

Selain melantik Wa OdeFarida, ada satu pernyataanNur Alam yang sangat me-nyenangkan Bupati Muna,LM Baharuddin. Dalam pi-

datonya, Nur Alam tanpa kera-guan sedikitpun menegaskanbahwa PAN Muna dan Sultratetap akan merekomendasikanLM Baharuddin ke periodekedua. “Kedepan, PAN masihakan merekomendasikan LM

Baharuddin untuk maju keperiode ke II,” katanya.

Untuk komposisi pengurusPAN Muna yaitu, Rajab Biku(Ketua), LM IhlasMuhamad(Sekertaris) dan Rinto Julio AnasOmbi (Bendahara).(awn)

Sektor Pertanian Sumbang 32 Persen di PDRB Sultra

Istri .......

PAN Inginkan LM Baharuddin Jadi Bupati 10 Tahun

Mantan Kapolres Buton Dipecat

dengan mudah dana senilai Rp.1,2milyar yang bersumber dari gaji13 dan gaji remunerasi tunjungankinerja polisi dicairkan.

Sayangnya tidak ada satu punpejabat atau perwira tinggi diPolda Sultra yang tahu berapadana yang dihabiskan Heri saatitu. Kabid Humas Polda SultraAKBP Abdul Karim Saman-di pun menyerahkan semuapernyataan kepada Kabid Pro-pam Polda Sultra, Kompol Dar-mawan untuk menjelaskan soalpemecatan Heri. Darmawan takmenjelaskan secara mendetail

soal pemecatan tersebut. Di-rinya hanya menjelaskan jikaHeri Susanto telah menjalanipersidangan selama tiga hari.“Kami hanya menjalankanpemeriksaan kepada Pak Heri,tentang dipecat itu saya tidakberani berkomentar,” katanya,kemarin.

Berapa dana yang diambiloleh mantan Kapolres Butonitu? Darmawan hanya menu-turkan jika soal berapa dan ba-gaimana, proses pemeriksaan-ya di Ditreskrim Polda Sultra.Untuk diketahui Briptu Marwatelah menyalahgunaan danarutin (belanja barang ) PolresButon tahun 2012, penyalah-

gunaan dana pengembaliantunjangan Babinkamtibmasbulan Januari sampai Mei tahun2012 dan penyalahgunaan danapengamanan pemungutan su-ara ulang (PSU) Pilkada Butontahun 2012. Jumlah keseluru-han anggaran rutin Polres Bu-ton yang dicairkan pada bulanJanuari hingga Juni 2012 sebesarRp. 2.419.825.000 dan dari jum-lah anggaran yang dicairkantersebut yang dipergunakansebesar Rp. 357.634.000 sehing-ga terdapat sisa anggaran yangbelum dipergunakan sebesarRp. 2.062.191.000 yang harusdikembalikan ke kas negara.

Terdapat biaya pengembalian

tunjangan Babinkamtibmasbulan Januari hingga Mei 2012sebesar Rp 45 Juta yang belumdisetorkan ke kas negara. Sertaterdapat dana pengamananPSU Buton sebesar Rp 800 jutadana tersebut diterima lang-sung oleh Kasikeu Polres Buton,Brigadir Marwa dari bendaharaPol PP Kabupaten Buton tanpadimasukan ke dalam rekeninghibah Polres Buton. Jumlah ang-garan tersebut yang diperguna-kan untuk pengamanan PSUButon sebanyak Rp 441.895.000sehingga terdapat sisa danasebesar Rp 358.105.000 yangbelum dikembalikan ke kasnegara. (p15/ano)

yang sengaja melakukan trikdan memberikan informasi yangsalah ke publik. Seolah-olah, kitamenghalangi pengaspalan Raha-Lakapera,” ujarnya.

Seharunya, kata mantan WakilKetua DPRD Sultra itu, Eksekutifdan DPRD bersama-sama men-cari uang, untuk membangun

jalan. Karena Eksekutif danDPRD sama-sama membahasdan mengkaji program, yangakan dilaksanakan. “Upayamelakukan kumpul koin, tidakakan ada gunanya. Karena toh,tidak akan bisa membangunjalan,” tukasnya.

Dikonfirmasi, Ketua DPRDSultra, LM Rusman Emba men-gaku pesimis dengan pernyataangubernur itu. Menurut dia, janji

gubernur itu memungkinkanuntuk molor ke sekian kalinya.“Kami di DPRD sebenarnyasangat berkeinginan agar po-ros Raha-Lakapera ini segeradiaspal. Salah satu pemikirankami, sumber dananya bisadiambil dari dana block grand.Tapi, upaya kami ini mendapat-kan benturan yang sangat kuat.Seingat saya, saat ulang tahunSultra di Muna, gubernur juga

pernah berjanji bahwa porosRaha-Lakapera akan diaspalbulan depan. Saat itu bulan April,artinya, kalau janji gubernur ituterbukti, mestinya bulan Meisudah teraspal karena guber-nur menjanjikan bulan depan.Kemudian, sekarang berjanjilagi akan diaspal bulan Oktober.Apakah dari tempo dua bulanporos itu bisa dituntaskan?,” tuturRusman Emba.(awn)

Rusman Emba Pesimis dengan Janji Gubernur

Korupsi .......

Demo .......

I K L A N Kendari Pos | Rabu, 5 September 20128

rabu, 5 september 2012 Langganan Dalam Kota Rp. 65.500,-

Info Pengaduan Sirkulasi

0401 3367613

Kendari, KPWacananya, pemerintah pusat akan

membuka pendaftaran Calon PegawaiNegeri Sipil (CPNS) tahun 2012 seban-yak 14.560 formasi diberbagai daerahdi Indonesia pada tanggal 8 Septembermendatang. Sayangnya, dari jumlah

tersebut, Sultra tidak kebagian jatahsatu pun untuk merekrut pamongdaerah baru. Salah satu penyebabnyakarena alokasi anggaran belanja pega-wai dalam APBD kabupaten/kota mau-pun provinsi di Sultra masih diatas 50persen. Hal itu diungkapkan Plt KepalaBadan Kepegawaian Daerah (BKD)Sultra, Hj. Nur Endang Abbas, M.Si,kemarin (4/9).

“Untuk itulah, Pemprov akan men-gevaluasi rekrutmen pegawai di ka-

Sultra Tak Terima CPNS 2012

penetapan apbD-p molor, pilgub tertunDa ?

Kendari,KPAnggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan

(APBD-P) Sultra tahun 2012 hingga kini belum jugaditetapkan. Padahal melihat waktu produktifitas, tahun ini tinggal menyisakan empat bulan lagi sebelum masukpada pembahasan anggaran 2013. Walaupun pada tahunsebelumnya, pembahasan APBD-P juga memang te-lah “lumrah” molor hingga Agustus sampai September.Bedanya, tahun ini ada satu agenda yang sangat pentingdan butuh perhatian serius karena pendanaannya mas-

Baca penetapan di Hal 10

DPRD SelidikiMafia Mutasi

Kendari, KPIndikasi peran “mafia”

dibalik mutasi pejabat se-jumlah instansi lingkupPemprov Sultra menda-pat perhatian dewan. Pe-mutasian birokrat dalamjabatannya yang tidakprosedural dinilai telahmelanggar aturan. WakilKetua Komisi I DPRD Sul-tra, Yaudu Salam Ajo punmerespon informasi itudan mengaku pihaknya

akan segera melakukan pengecekan kebenaran. Sebel-umnya, LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kend-ari menuding, adanya pejabat yang dimutasi atas usulanmafia. Beberapa pejabat yang tak masuk dalam daftar reshuffle tiba-tiba saja terdaftar dalam SK mutasi yang ditandatangani gubernur.

Yaudu Salam Ajo menyatakan jika ada bukti tak

RSUDMasih Butuh

Rp 250 MKendari, KP

Pembangunan Rumah Sakit UmumDaerah (RSUD) Sultra yang baru, se-bagian telah rampung. Dalam waktudekat ini, akan mulai difungsikan.

Baca rsuD di Hal 10

Baca DprD di Hal 10

Pemprov akan mengevaluasi rekrutmen pegawai di kabupaten/kota

di Sultra yang harusnyadisesuaikan

dengan kebutuhan

Baca suLtra di Hal 10

Yaudu Salam ajo

Kendari, KPTingkat kepatuhan masyarakat

dalam pembayaran pajak kend-araan bermotor (PKB) di Sultra ter-golong tinggi. Penilaian ini dilihatdari parameter hasil razia periodikkendaraan bermotor oleh SistimAdministrasi Manunggal di BawahSatu Atap (Samsat) yang terdiri darigabungan terpadu Polri, Dinas Pen-dapatan Provinsi dan PT. Jasa Ra-harja. Sebanyak 1293 kendaraan ditujuh kabupaten/kota seperti Ken-

dari, Baubau, Buton, Kolaka, Kon-awe, Konsel dan Wakatobi terjaringrazia sampai periode Agustus tahunini. Kabid Pajak Dinas Pendapatandan Aset Daerah Provinsi Sultra,Agus Salim, S.Sos mengatakan jikadibandingkan dengan jumlah kend-araan bermotor di Sultra berdasar-kan data pemilik kendaraan yangmelunasi PKB sampai akhir 2011lalu yang mencapai 203.950, makapresentase warga yang belum melu-nasi pajaknya kurang dari 1 persen.

“Memang masih tersisa lima ka-bupaten yang belum memasukanlaporan, namun jika diestimasi den-gan perbandingan dari tujuh daerahdengan tingkat populasi kendaraantinggi, persentase input rekapitu-lasi hasil razia paling maksimal 2persen lebih,” rincinya.

Agus Salim mengaku, intensitasrazia yang dilakukan secara ter-padu di seluruh wilayah menjadi

Kesadaran Membayar PKB Tinggi

Baca KesaDaran di Hal 11

SuWaRjoNo/KENdaRI PoS

Tahun ini pemerintah pusat membukapendaftaran untuk 14.560 CPNS pada 8 September mendatang. Sayangnya,

di Sultra tak satu pun menerima kuotauntuk merekrut pamong daerah baru.

amal FadlY SENGa/KENdaRI PoS

agenda pembahasan aPBd-P tertunda karena insidenkeributan internal legislatif beberapa waktu lalu.Tampak aksi demonstran juga turut mengganggu

jalannya agenda tersebut. Sampai kini, waktu tepatpembahasan selanjutnya belum ditentukan.

NuRdjajadIN aBoE KaSIm

10 Kendari Pos | Rabu, 5 September 2012Metro

uk dalam lingkup pembahasanAPBD-P tersebut, yakni pemili-han gubernur.

“APBD-P Sultra 2012 tidakjauh beda dengan APBD tahunsebelumnya, sebesar dua tril-iun rupiah. Ada beberapa halyang perlu kami klarifikasi dalam pembahasan tersebut,terutama kaitannya denganhajatan Pilgub. Karena Kami ha-rus memastikan tidak ada ken-dala berarti dalam perhelatandemokrasi tersebut. Utamanyadalam pendanaan baik KPU,

Penetapan... Panwas, maupun kepolisianharus kita pastikan aman danberjalan sesuai rencana atau ta-hapan,” kata Wakil Ketua DPRDSultra, La Pili saat ditemui diruang kerjanya, kemarin.

Sebenarnya APBD-P peru-bahan tersebut sudah bisaditetapkan beberapa waktusebelumnya. Namun karenariak-riak dan dinamika inter-nal anggota DPRD saat rapatpembahasan tersebut sehing-ga masih ditunda sementarawaktu. Bisa dipastikan, jikaanggota DPRD mendahulukanego masing-masing, boleh jadi

APBD-P tersebut akan molorditetapkan. Implikasinya tentubisa ditebak, Pilgub pun ditun-da. Karena berdasarkan ket-erangan seorang komisionerKPU saat rapat bersama beber-apa waktu lalu di sekretariatDPRD Sultra terungkap, danayang dimiliki komisi pemili-han umum saat ini hanya bisasampai pencalonan saja. “Kamibelum tahu kapan pembahas-an APBD-P ini dilanjutkan.Penetapan tersebut masih akandijadwalkan ulang,” tutup Ket-ua Kaukus Lingkungan HidupDPRD Sultra tersebut. (p6)

bupaten/kota di Sultra yangharusnya disesuaikan dengankebutuhan. Meskipun demiki-an, Pemprov masih berupayamendapatkan kuota rekrut-men CPNS 2012. Apalagi ang-garan dana belanja PNS Pem-prov hanya satu persen lebihyakni 51 persen dari besaranAPBD,” argumennya. Endangberalasan, penyebab tinggin-ya alokasi anggaran belanjaPNS karena banyaknya dae-rah di Sultra yang mengalamidan dalam proses pemekaran. Selain itu, rekrutmen pega-

wai di daerah yang asal-asa-lan dan tak sesuai kebutuhanserta pengangkatan pejabattanpa melalui analisa.

Rencananya pertengahanSeptember ini, BKD Provinsiakan turun langsung ke ka-bupaten/kota untuk melaku-kan pembenahan. Jika salahsatu dari tiga kritirea itu takdipenuhi, maka pemerintahdaerah tak mendapat kuotarekrutmen CPNS bahkan un-tuk tahun 2013 mendatang danseterusnya.

Masalah itu membuat pihaklegislatif sangat menyayang-kannya. Wakil Ketua DPRD

Sultra, Muh. Endang menga-takan, tingginya belanja pega-wai memang perlu ditekan.Sebab jika terus seperti itu,maka bisa saja Sultra terancamkekurangan tenaga pegawai dipemerintahan.

Senator Partai Demokrat itujuga tak memungkiri, saat inijumlah PNS di lingkup Pem-prov bahkan di kabupaten/kota sudah memadai. Namuntak semua bidang memilikipegawai yang cukup. Misalnyasaja untuk tenaga pendidikdan kesehatan. “Di daerahmasih ada sekolah kekuranganguru, ada pula Puskesmas yang

minim petugas kesehatannya.Nah, kalau tidak ada formasiuntuk penerimaan CPNS, ten-tunya kekurangan tersebutakan sulit diantisipasi. Selamaini, dalam perekrutan CPNSmemang analisa kebutuhan be-lum berdasar pada kondisi riilkebutuhan pegawai yang ada.Itu menyebabkan terjadinyapenumpukan pegawai di satuwilayah dan sebaliknya, terjadikekurangan di daerah lain. Iniharus menjadi perhatian BKD,agar kedepan perekrutan CPNSdisesuaikan dengan kebutuhanwilayah di Sultra,” tegasnya.(p1/dri/fya)

Sultra...

prosedural dalam pemutasianpejabat, dewan akan melaku-kan penindakan. Politisi mudaPKS itu menyarankan agarBKD cermat dalam melakukanmutasi. “Kami akan melaku-kan pengecekan dan pemang-gilan terhadap pihak terkait.Jika nanti terbukti ada pelang-

garan, kami akan memberikanrekomendasi kepada gubernuruntuk ditindaklanjuti,” tegas-nya.

LIRA juga menyebutkan, ma-salah paling serius terjadi diDinas Kelautan dan Perikanan(DKP) Sultra. Di instansi itudisebutkan ada dua orang yangmenjadi momok menakutkanbagi aparatur negara tersebut

karena merupakan keluargadekat pengurus teras partaidan kolega pejabat pentingBKD Sultra. Namun, saat dida-tangi kemarin, para pegawaiDKP mengaku tak tahu mena-hu dan menampik keberadaandua oknum yang dimaksudLIRA. Kepala DKP Sultra,Askabul, juga bungkam. “Sayatidak mau berkomentar. Saya

kira itu sudah dijelaskan olehorang BKD,” datarnya.

Sebelumnya, Plt Kepala BKDSultra, Hj. Endang Abbas telahmembantah, mutasi tak sertamerta dilakukan, tapi mela-lui evaluasi badan pertimban-gan jabatan dan kepangkatan(Baperjakat). Mekanismenya,memperhatikan usulan kepaladinas. (p4)

DPRD...Anggaran pembangunanRSUD tersebut diproyeksikanmencapai Rp 450 miliar. Na-mun tahun 2012 belum semuadicairkan, sehingga peram-pungannya harus menunggutambahan dalam APBD tahun2013. “Gedung RSUD telahrampung 70 persen, dengan

anggaran yang telah digu-nakan sekitar 200 miliar ru-piah. Tinggal 250 miliar lagiuntuk penyelesaian secarakeseluruhan termaksud alatkesehatan,” jelas dr. Nurd-jajadin Aboe Kasim, DirekturRSUD Sultra.

Ia mengaku, awal Oktober2012 nanti pelayanan kesehatansudah akan dialihkan ke sentra

baru tersebut di Baruga. Fasili-tas seperti tempat tidur pasiendan tenaga medis telah siap.“Untuk instalasi gawat daruratjuga akan dipindahkan. Tapi be-lum tahu apakah yang di RSUDlama akan ditutup total atau tid-ak, kami masih tunggu arahangubernur,” sambung Nurdjaja-din. Sementara untuk poliklinikmasih di RSUD lama. (p2)

RSUD...

Festival Band danDance Sambut HUTKendari Pos DihelatKendari,KP

Tiga hari lagi event akbar berwarnaentertaint menyambut hari jadi ke-17Kendari Pos, koran harian terbesar danterkemuka di Sultra siap dihelat. Segalapersiapan menyambut momen akbartersebut telah dimaksimalkan. Salah sat-unya persiapan Festival Band dan DanceCompetition. Untuk grup band pesertanyabisa diikuti band umum hingga pelajar.

Sedangkan khusus Dance akan diikutipara dancer perwakilan sekolah negerimaupun swasta se-Sultra.

“Hari Jumat (7/9) kita akan adakantechnical meeting bersama semua pesertayang sudah mendaftar. Kita akan men-yamakan persepsi dengan semua pihakterkait hal-hal yang belum dipahami, baikmenyangkut persyaratan maupun lain se-bagainya. Secara umum sudah kita sam-paikan baik melalui media maupun suratresmi, namun supaya lebih dipahami se-mua peserta harus hadir saat pertemuantersebut,” jelas Suwarjono, KoordinatorFestival band, kemarin. Dengan waktuyang tersisa, peserta yang ingin ikut kom-

petisi dance maupun band masih diberikesempatan. Batasnya saat hari H techni-cal meeting, dua hari mendatang. UntukPendaftaran, bisa langsung mendatangikantor Graha Pena (Kendari Pos) ataumenghubungi nomor layanan yang tert-era dalam iklan koran Kendari Pos.

“Jumlah peserta sebenarnya kita bata-si, namun jika pendaftar banyak makakita akan porsikan sesuai kebutuhan.Yang jelas siapa lebih dulu mendaftar, ituyang diprioritaskan. Untuk hadiah, pani-tia telah menyiapkan uang tunai puluhanjuta rupiah untuk juara I,II, dan III plustrofi, sertifikat dan lainnya,” pungkas Jo-jon. (p6)

Kendari, KP100 orang Penyandang Ma-

salah Kesejahteraan Sosial(PMKS) mendapat bantuandana dari pemerintah mela-lui Kementerian Sosial untukmembantu meringankan be-ban mereka. Tiap mereka yangmenjadi korban tindak kek-erasan dalam rumah tanggadan pekerja migran bermasa-lah, tenaga kerja ilegal yangtak mendapat upah di negaratempat bekerja, mendapat ban-tuan sebesar Rp 3,5 juta untukmodal mengembangkan usaha.

Kasi Bantuan Sosial KorbanBencana Sosial Dinsos Sul-tra, Adnan, M.Si mengatakandana bantuan itu diserahkandalam bentuk tunai yang di-

Tiga Hari Lagitransfer langsung ke reken-ing masing-masing penerima.Setelah melalui proses sele-ksi dalam penentuan korbanyang layak berdasarkan krite-ria, maka mereka didampingimembuat proposal rancangananggaran belanja penggu-naan dana usaha nantinya.Selain dana, bantuan untukpara korban juga dilakukandengan program bimbinganseperti motivasi, keterampi-lan dan kejiwaan melibatkanpsikolog, dan psikiater, kese-hatan, tokoh agama termasuktokoh masyarakat.

Adnan merinci 100 orangyang mendapat bantuan tahunini berasal dari tiga wilayah,35 orang korban KDRT di Kota

Kendari dan 70 orang di Siom-pu, Buton. Tahun lalu bantuanserupa disalurkan bagi korbanKDRT dan PMB di Kota Ken-dari dan Muna. Daerah yangmendapat bantuan biasanyaditentukan dari banyaknyalaporan tindak kekerasan danjumlah PMB yang bermasalah.Namun Kabupaten lain jugalayak dan akan diprioritaskanuntuk bantuan selanjutnyaberdasarkan jumlah laporanmasuk.

“Sampai saat ini dananya be-lum dicairkan karena sedangmenunggu pelaksanaan pro-gram bimbingan selesai. Ren-cananya September ini tuntasdan bantuan segera dicairkan,”tandasnya. (p8)

100 PMKS Terima Bantuan

11Kendari Pos | Rabu, 5 September 2012 Metro

formula efektif untuk mendorong danmeningkatkan kesadaran masyarakattentang kewajiban pajak kendaraan ber-motor. “Selain sosialisasi pentingnyapembayaran PKB tepat waktu, kita jugamemang mengintensifkan razia bersamaaparat gabungan Polri dan Perhubun-gan di beberapa titik yang telah diten-tukan sebelumnya. Masyarakat yangterjaring ditahan surat kendaraannyadan diarahkan untuk menyelesaikanadministrasi PKB serta denda jika ada

tunggakan. Mereka pun umumnya lang-sung melunasi dan menyelesaikan pem-bayaran di kantor Samsat setempat,”sambung mantan Kepala UPTD SamsatKonsel itu. Dari hasil razia Juni lalu ditujuh daerah, ada pemasukan dari pelu-nasan PKB sebesar Rp 911 juta rupiahlebih.

Senada dengan itu, Kepala UPTDSamsat Kota Kendari, Dedy Agus Su-santo mengatakan, selain upaya raziayang intensif, pemberlakuan penghapu-san mutasi bagi kendaraan plat non DToleh pemerintah juga turut andil men-

ingkatkan kesadaran masyarakat akankewajiban PKB. “Kebijakan ini mem-permudah masyarakat mengganti platkendaraan jika bermaksud berdomisilitetap di wilayah Sultra. Mereka tidaklagi harus membayar pajak di daerahasal sebelumnya jika STNK sudah di-mutasi,” ujarnya.

Dedy menambahkan persentase per-bandingan jumlah pemilik kendaraaandi Kota Kendari berdasarkan data pe-lunasan PKB dengan hasil razia triwu-lan kedua pada Juli lalu menunjukkanangka relatif sama dengan skala nilai

provinsi. “Di Kendari terdapat 55.146unit kendaran roda dua dan empat yangberoperasi melunasi PKB. Saat swepingkemarin terjaring 800 unit kendaraan.Razia akan terus kita maksimalkan, ren-cananya akan diadakan sweping terpadukembali dalam tahun ini untuk triwu-lan berikutnya,” ungkap Dedy. MantanKTU Samsat Kolaka itu menepis adanyainformasi soal rencana pemutihan pa-jak STNK akhir tahun ini. “Kita sudahpertanyakan kepada gubernur namunbeliau tidak setuju karena tidak men-didik,” tandasnya. (p8)

Kesadaran...

Dicari, 22 Calhaj Kendari, KP

Kementerian Agama (Kemenag) Kendari resmi menggugurkan17 orang calon jamaah haji (Calhaj) pada pendaftaran tahap per-tama. Untuk menggantikan kuota tersisa itu, Kemenag kembalimembuka pendaftaran tahap kedua yang berlangsung sejak tanggal3 hingga 7 September nanti bagi 22 Calhaj. Kepala Kantor KemenagKendari, Muh. Nasir Imran menyatakan, gugurnya 17 orang pen-daftar itu karena hambatan dari Calhaj yang bersangkutan.

“Calhaj yang tak melunasi biaya dan dan pengurusanadministrasi lainnya hingga tanggal 31 Agustus kemarin,terkendala banyak hal. Misalnya yang bersangkutan sudahmeninggal, sedang sakit atau sudah terlalu tua. Hanya satuorang calhaj yang memang kami sendiri tidak dapat telusu-ri,” terangnya saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Saat ini, sebanyak 457 Calhaj yang telah melunasi pembayaran danmelaporkan diri sudah masuk Siskohat. Jumlah ini masih akan ber-tambah sebanyak 22 orang jika melunasi segala biaya pemberangkatanhingga 7 September nanti. Seletah pendaftaran tahap dua rampung,tanggal 7-13 nanti Calhaj akan melakukan manasik kelompok di sem-bilan titik se-Kota Kendari. “Sebenarnya ada 10 titik, karena ada 10 ke-camatan. Namun, Kecamatan Kambu dan Abeli harus digabungkankarena Calhajnya sedikit,” ujar mantan pegawai Kemenag Sultra itu.Nasir juga menambahkan, untuk keberangkatan Calhaj keMakassar nanti, sudah ada satu maskapai penerbangan yangakan bekerjasama dengan mereka. “Kesepakatannya, Calhajmemilih maskapai Sriwijaya Air dengan biaya penerbangan2,3 juta rupiah dan paling murah yang ditawarkan perusahaanpenerbangan,” tutupnya. (p4)

Dianiaya Saat Beli Rokok Kendari, KP

Kasus penganiayaan terjadi di bilangan jalan Sultan Hasa-nudin dan menimpa Hairun Mustafa, warga lorong Kelinci, Ke-lurahan Tipulu, Kendari Barat. Pelakunya, Hamsah alias Ancakini telah mendekam di jeruji besi Mapolsek Kemaraya untukmempertanggungjawabkan perbuatannya. Hairun mengalamiluka memar pada bagian wajah dan kepala. Kapolsek Kemaraya,Iptu Andri Kurniawan melalui Kanitreskrim, Aiptu Supratmanmembenarkan penanganan kasus tersebut.

Kronologis kejadian pada akhir pekan lalu itu bermulaketika Hairun Mustafa hendak membeli rokok di kios milikHamsah, sekitar jam 14.15 Wita. Saat itu, korban ditanyaHamsah dimakan membeli rokok malam sebelumnya. Be-lum sempat menjawab, Hairun langsung dihadiahi puku-lan bertubi-tubi. Sebelumnya pada malam itu telah terjadipencurian di lorong Kelinci dan tudingan dialamtkan padaHairun. Korban yang tak terima perlakuan tersebut lang-sung melaporkan peristiwa yang menimpanya ke MapolsekKemaraya. “Tersangka sudah Kami tahan dan melanggarpasal 351 KUHP tentang penganiayaan dengan ancamandua tahun penjara,” jelas Aiptu Supratman. (p16)

Polisi Prediksi TersangkaLebih Tiga OrangKendari, KP

Penyidik Polres Kendari terus menggali in-formasi dan mencari motif dibalik tewasnyapemuda bernama Sarifudin, warga Angga-lomelai, Kecamatan Abeli, akhir pekan lalu.Kesimpulan sementara, sebelum kejadian, para pelaku dan korban sempat duduk ber-sama menenggak minuman keras. Selain itukepolisian memprediksi pelaku lebih dari tigaorang. Kasatreskrim Polresta Kendari, AKPRofikoh mengatakan, dari keterangan para pelaku yang kini sudah mendekam dijerujibesi terungkap, mereka tak suka dengan uca-pan korban saat asik menghabiskan minumandi lokasi pesta pernikahan saat itu. “Itu salahsatu yang memicu kejadian itu hingga jatuhkorban,” katanya, kemarin.

Namun siapa yang merencanakan pembunu-han itu, pihak penyidik belum mau berkomen-tar banyak karena masih mendalami perkaratersebut. Pengakuan tiga pelaku saat iniberubah-ubah, terlebih sebelum kejadian parapelaku berada dalam pengaruh alkohol. Peny-idik terus berupaya pencari fakta baru agar

proses penyidikan bisa dipercepat. Jika meli-hat pengakuan para tersangka, penyidik bisasaja menetapkan tiga pasal sangkaan, seperti338 KUHP tentang pembunuhan yaitu barangsiapa sengaja menghilangkan jiwa orang lain,karena pembunuhan biasa, dihukum denganpenjara selama-lamanya 15 tahun. Pasal terse-but bisa saja berubah karena ada indikasipembunuhan telah direncanakan. Buktinya,ketiga pelaku saat melakukan penganiayaanhingga korban meninggal, mengunakan to-peng dan membawa pisau. “Ya bisa saja pasalitu berubah karena sudah direncanakan danancamannya lebih berat lagi nantinya,” terangRofikoh.

Selain itu berdasarkan pengakuan para ter-sangka, ketiga pelaku juga akan dijerat pasal170 KUHP tentang penganiayaan secara bersa-ma-sama. Ancaman hukuman lebih dari limatahun. “Selain pisau, Kami masih mencariparang yang digunakan tiga orang pelaku saatkejadian,” pungkasnya. Seperti diberitakansebelumnya, Sarifudin tewas ditangan Awalu-din alias Lasude (21), Rusli alias Uci (18) danLa Ode Sabara alias Hamit (18) dengan tigaluka tikaman pada jantung, paru-paru dan gin-jalnya. Peristiwa itu terjadi pada Minggu (2/9)lalu sekitar pukul 23.45 Wita. (p15/ano)

Ketersinggungan PicuTewasnya Sarifudin

EnrollmentMasih GratisKendari, KP

Tingkat kesadaran warga KotaKendari dalam melengkapi ad-ministrasi kependudakan masihrendah. Buktinya, dari 218.257wajib KTP, sekitar 40 persen war-ga hingga saat ini belum melaku-kan enrollment E-KTP. Padahal,sampai saat ini, rekaman KTPelektronik itu masih dibebaskandari pungutan biaya administrasi.Kadis Catatan Sipil dan Kepend-udukan Kota Kendari, Muh. Rizalmenyayangkan hal itu. Pasalnya,Pemkot Kendari sudah berulang-ulang menginformasikan batasakhir penggunaan KTP manualadalah 31 Desember. Sedangkanuntuk membuat KTP elektronik,butuh waktu cukup lama. Sehing-ga jika warga sengaja mengulurwaktu karena waktu yang diang-gap masih panjang, tentunya yangbersangkutan bisa saja terlambat

memperoleh KTP elektronik ke-tika memasuki tahun 2013.

“Sampai sekarang enrollmentmasih gratis, jadi ini sebenarnyakesempatan bagi warga yang be-lum melakukan rekaman E-KTPuntuk ke kecamatan dan melaku-kan enrollment. Kebanyakan war-ga belum urus karena kesibukan,jadi saya berharap agar admin-istrasi kependudukan itu diurussecepatnya, sebelum memasukitahun 2013,” ungkap Muh. Rizal.Ia menuturkan, dibandingkan E-KTP, pengurusan akte kelahiranjustru lebih banyak setelah ter-bitnya aturan baru pemerintah.Dalam aturan tersebut, aktakelahiran anak usia diatas satutahun hanya boleh diurus mela-lui pengadilan. Sejak aturan itudisosialisasikan, rata-rata wargamenyelesaikan akte lahir anakn-ya sebelum memasuki usia satutahun. “Kalau akte kelahiranmemang gratis. Diatas itu harusdiurus melalui pengadilan,” tan-dasnya. (fya)

40 Persen WargaBelum Urus E-KTP

14 Kendari Pos | Rabu, 5 September 2012

Universitas Jangan Kesampingkan Penelitian

Kendari, KPGuna memelihara kesehatan murid, SD Negeri 12 Ba-

ruga selalu memberi pengawasan pada makanan di kantinsekolah. Selain itu, juga melarang keras murid untuk jajanpada penjual di luar pagar sekolah. “Kami sudah bentuktim untuk pengawasan makanan di kantin. Namun untukjajanan di luar pagar tidak berani memantau, sehinggatiap hari dalam apel pagi, selalu diimbau agar merekatidak jajan di luar kantin,” ungkap Sakita, SPd., panitiapengawas makanan kemarin (4/9).

Pengawasan tersebut, juga atas perintah dari Balai Pen-gawas Obat dan Makanan (POM). Pasalnya, tiap bulanBalai POM selalu mengevaluasi dan memantau dengancara mengambil sampel makanan di kantin sekolah untukdiperiksa kelayakannya. Pihak sekolah juga selalu melaku-kan pengawasan.

“Setiap hari dilakukan pengawasan semua makanan dikantin. Makanan yang dianjurkan tetap memenuhi syaratkesehatan, dan gizinya cukup,” jelas Sakita, juga guruolahraga itu.

Atas pengawasan tersebut, ada jenis makanan dan minu-man yang tidak bisa dijual di kantin, karena dapat memba-hayakan kesehatan murid. Ia beralasan perkembangan otak anak tingkat SD masih sangat besar. Bahkan diduga banyakmakanan yang berformalin, sehingga dapat mengganggukecerdasan dan mental anak. “Untuk makanan ringan danminuman ada juga yang tidak dianjurkan jual di kantin. Na-mun yang diperbolehkan hanya berupa coklat dan minumanteh gelas, termasuk gorong-gorengan serta lebih diprioritaskanjualan makanan jadi seperti nasi,” kata. (p2)

Indonesia Baru Miliki23 Ribu Doktor

Kantin SDN 12Baruga Seleksi Jualan

Basyarun/KPKondisi kantin SDN 12 Baruga yang di padati oleh siswa.

Muh. Nurdin

MencerdasKan kehidupanbangsa melalui penyelenggaraan pen-didikan tinggi merupakan amanatyang tercantum dalam UUD 1945 RI.Pendidikan tinggi sebagai fondasidaya saing bangsa dituntut harusmampu menghasilkan manusia yangberakhlak mulia, berkarakter, cerdas,kreatif, serta mampu menciptakanberbagai inovasi (teknologi maupunseni) yang dapat bermanfaat bagi per-adaban bangsa. Sayangnya, masih adasebagian tenaga pengajar (dosen) be-lum memiliki minat yang tinggi untukmelakukan penelitian. Demikian di-ungkapkan salah seorang calon RektorUniversitas Haluoleo (Unhalu) periode2012-2016, Dr. Muh. Nurdin, M.Sc seka-ligus anggota Majelis Penelitian DitjenDikti Kementerian Pendidikan danKebudayaan yang secara khusus men-dalami permasalahan-permasalahandalam bidang penelitian. Berikut pe-tikan wawancaranya.

apa masalah yang ada pada penye-lenggaran pendidikan tinggi di nega-ra kita?

Dalam penyelenggaraannya, pen-didikan tinggi mengacu pada konsepTridharma Perguruan Tinggi, antara lainpenyelenggaraan pendidikan akademik,penyelenggaraan penelitian, dan penye-lenggaraan pengabdian kepada masyar-akat. Ketiga konsep ini haruslah searahdan sejalan dalam pelaksanaannya. Per-masalahan yang muncul dalam penye-lenggaraan pendidikan tinggi adalahpenyelenggaraan pendidikan akademikmasih dianggap hal terpenting oleh ke-banyakan tenaga pengajar (dosen) baikdi universitas, politeknik, sekolah tinggi,dan sebagainya. Alhasil, penyelenggaraanpenelitian di perguruan tinggi terkesamp-ingkan akibat ketidaksadaran dari tenagapengajar (dosen) tentang tugas dan peranyang harus dijalankan.

Jika dibandingkan dengan pergu-ruan tinggi di luar negeri?

Hal yang sangat disayangkan, walau-pun sebagai motor penggerak kema-juan bangsa, perguruan tinggi kita jauhtertinggal bila dibandingkan denganperguruan tinggi negara maju bahkannegara berkembang sekalipun dalampengembangan penelitian, apalagi jikakita berbicara mengenai hasil-hasil/temuan-temuan riset, perguruan tinggikita sangat jauh tertinggal oleh negara-negara tetangga, sebut saja Malaysia.

di mana peran perguruan tinggikita?

Mungkin inilah pertanyaan mendasaryang perlu dijawab sesegera mungkin.Andai saja kita berpikir lebih jauh lagi,mungkin pemikiran yang akan munculadalah “kok...negara yang kaya akan sum-ber daya alam dan sumber daya manusia,

tidak mampu menghasilkan inovasi?”

apa solusi untuk mengatasi per-masalahan tersebut?

Menyadari permasalahan yang telahdipaparkan, Kementerian Pendidikandan Kebudayaan melalui Dirjen Diktiselaku lembaga yang bertanggungja-wab tentang pendidikan tinggi, tidakhenti-hentinya mengkaji dan mencarisolusi perihal ketertinggalan tersebut.Sebagai bentuk keseriusan, Dirjen Diktimembentuk suatu majelis yaitu MajelisPenelitian yang ditugasi secara khususmendalami permasalahan-permasala-han dalam bidang penelitian, denganmenunjuk (memercayai) orang-orangyang dianggap memiliki kemampuanlebih serta mempunyai pemikiran strat-egis secara holistik tentang penelitianjangka panjang. Alhamdulillah, sayasalah satu yang diberi amanat dan ke-percayaan tersebut.

apa tugas dari Majelis Penelitiantersebut?

Dalam menjalankan tugasnya, Maje-lis Penelitian perlu membuat road mappenelitian baik menengah maupunjangka panjang, yang harus disesuaikandengan Agenda Riset Nasional (ARN).Sehingga perlu ada kajian-kajian baikmelalui diskusi kecil antar anggotamajelis, maupun melalui Focus GroupDiscussion (FGD) bersama perguruantinggi yang dianggap memiliki peranpenting dalam pengembangan riset baiknasional maupun internasional.

Bagaimana peranan Unhalu dalammembantu mewujudkan tugas Maje-lis Penelitian?

Universitas Haluoleo (Unhalu), se-bagai salah satu perguruan tinggiyang dianggap memiliki peran pentingmendapat kepercayaan dari MajelisPenelitian untuk bersama-sama mend-

iskusikan prospek penelitian ke depan,tepatnya akan dilaksanakan pada hariini sampai besok (tanggal 4-5 September2012 red). Hal ini tentu saja merupakankebanggaan tersendiri oleh Unhalukarena dari sekian banyak perguruantinggi, ternyata Unhalu tidaklah dipan-dang sebelah mata. Semua ini berkatpotensi alam Sulawesi Tenggara yangdapat dijadikan sebagai potensi unggu-lan pengembangan riset Unhalu secaranasional bahkan internasional.

Bagaimana prospek dan tantanganpenelitian di Unhalu?

Berbicara mengenai prospek penelitian,Unhalu yang berada di Kendari sebagaiinu kota Provinsi Sulawesi Tenggara den-gan berbagai kekayaan alam unggulan,seperti hasil tambang, perkebunan, per-tanian, perairan, hutan, dan sebagainyatidak boleh terlena. Tantangan Unhaluke depan sangatlah rumit, sehingga dibu-tuhkan komitmen kuat antara lembagariset dengan civitas akademika perihalarah dan pelaksanaan kebijakan Unhaluke depan. Tantangan yang dimaksudadalah Unhalu sebagai perguruan tinggipotensial dalam pengembangan riset ha-rus bisa menjadi bagian dari kemajuanprogram terbaru dari pemerintah dalamsektor pembangunan ekonomi bangsa un-tuk periode 15 tahun ke depan. Programtersebut dikenal dengan sebutan MP3EIatau Masterplan Percepatan dan Perlu-asan Pembangunan Ekonomi Indone-sia. Sehingga dalam penentuan arahdan pelaksanaan kebijakan haruslahpula disesuaikan dengan Rencana Strat-egis Pendidikan Tinggi (Renstra Dikti)tentang Arah Pendidikan Tinggi jangkapanjang. Inilah yang menjadi pekerjaanrumah bagi pemimpin Unhalu saat inidan yang akan datang dimana pemimpinUnhalu ditantang untuk menunjukkankapabilitasnya sebagai kaum intelektu-al kepada bangsa dan negara. (luther)

Kendari, KPSebagai negara yang besar rupanya In-

donesia masih juga tertinggal, termasukrasio jumlah warga negara yang meraihgelar doktor. Wamendikbud Prof. Dr. Ir. H. Musliar Kasim, M.S., mengatakan Indonesia baru memiliki 23 ribu doktor.

Demikian dikatakan di sela-sela sambu-tannya dalam rangka Dies Natalis ke 28UPBJJ UT yang disaksikan seluruh UTdi berbagai provinsi.

Menurutnya, Cina yang juga bukan ne-gara kecil saat ini memiliki 500 ribu dok-tor. Indonesia tahun ini menargetkan ta-

hun 2025 harus memiliki 100 ribu doktor. “Kalau jumlah doktor ini prorsional,

saya kira peningkatan kualitas pen-didikan juga akan tercapai,” ungka-pnya. Ia mengimbau kepada UPBJJUT baik pusat maupun di berbagaidaerah agar meningkatkan dan men-

dorong tenaga pendidik. Apa lagi saatini Dikti menyiapkan 3.000 beasiswasetiap tahun. Sebanyak 2.000 di dalamnegeri, dan 1.000 di luar negeri. Tentuini bisa menjadi kesempatan baik bagisiapa saja yang ingin melanjutkan pen-didikan. (m2)

15Kendari Pos | Rabu, 5 September 2012Kampus

Kendari, KPUnit Program Belajar Jarak Jauh

Universitas Terbuka (UPBJJ-UT)Kendari, akhirnya memiliki gedungbaru yang lebih representatif. Pen-gresmian dilakukan Wamendikbud,Prof. Dr. Ir. H. Musliar Kasim MS.Selain gedung UPBJJ-UT Kendari, juga diresmikan gedung UPBJJ-UT Gorontalo, Majene, Padang,Jayapura dan Bangka Belitung.Pengresmian dilaksanakan secarasimbolis di Jakarta, kemarin (4/9). Pengresmian dilakukan melaluivideo converence, sehingga bisa di-ikuti para pengelola UT di daerahbersangkutan. Khusus untuk ge-dung UPBJJ-UT Kendari, menelandana sebesar Rp 13 miliar.

Acara penggunaan gedung secararesmi dirangkaikan dengan Dies Na-talis Ke-28 UT,yang dihadiri RektorUT, Tian Belawati. Turut hadir parakepala UPBJJ-UT dari sejumlahdaerah yang telah memiliki gedungyang baru. Sambutan Wamendik-bud Prof Dr Ir H Musliar KasimMS, berharap agar UT dapat melak-sanakan tugas-tugas pokoknya.Para pengelola juga diminta untukmengembangkan sekolah di daerah,sehingga bisa meningkatkan angkapartisipasi kasar (APK).

Wagub Sultra, H. Saleh Lasatayang menghadiri peresmian ge-dung UPBJJ-UT tersebut, menga-takan, UT memiliki peran yang cu-kup besar di lingkup pendidikantinggi. UT bisa menjadi lembagapendidikan bukan hanya untukalumni SMA dan sederajat, tetapijuga para pegawai yang inginmelanjutkan pendidikan.

Kepala UPBJJ UT Kendari, Drs.Wawan Ruswanto yang ditemuimengatakan, moment dies natalis

harus dimanfaatkan untuk menin-gkatkan komitmen semua pihak,termasuk staf UT. Dia berharap,UT dapat dijadikan sebagai rumahkedua yang harus dimaknai seba-gai tempat yang nyaman untukmelaksanakan tugas, bukan hanyasekadar tempat kerja.

“Ini amanah. Namun denganikhlas dan komitman yang tinggi,kita bisa melaksakan tanggungjawab dengan enjoy,” katanya.

Menurut Wawan, selama 28 tahunUT berdiri di Kendari, mahasiswan-

ya tersebar di Sultra sudah menca-pai 11.600 orang. Meskipun tidakberkembang pesat seperti di daerah-daerah lain, namun saat ini UT Ken-dari sudah memiliki program pascasarjana dan telah meluluskan 80 ma-hasiswa tahun 2012.

“Adanya gedung baru akansemakin memotivasi kami se-lalu mengedepankan pelayananmasyarakat. Terpenting pula ada-lah memberi pemahaman padamasyarakat tentang lembaga pen-didikan alternatif,’’ katanya. (m2)

Kendari, KPDalam rangka sinergitas penelitian

dan program Masterplan Percepatandan Perluasan Pembangunan Ekono-mi Indonesia (MP3EI) di koridor Sultra2012, Direktorat Jenderal PendidikanTinggi Kemendikbud mengadakanpertemuan majelis penelitian di Audi-torium Unhalu di Kendari.

Pertemuan yang dibuka Prof.Dr.H. Usman Rianse, Rektor Unhaludihadiri Pembantu rektor, dosenfakultas di Unhalu.

Pemerintah telah meluncurkanenam koridor. Di dalam MP3EI ini,ada 135 proyek pembangunan in-frastruktur dan sektor riil telahdimulai, dengan nilai investasi lebihdari Rp 490 triliun. Melalui MP3EI,selain Pulau Jawa dan Sumaterayang relatif sudah lebih berkem-bang, kawasan-kawasan di Kalim-antan, Sulawesi, Papua dan Maluku,serta di Kepulauan Nusa Tenggaramenjadi perhatian utama.

Kendari, KPSebelum event besar tahunan

PT Pertamina, olimpiade sains na-sional (OSN), Pertamina bersamaDikti melalu video converence yangdisalurkan secara nasional daripusat ke 33 provinsi. Unhalu yangditunjuk sebagai tuan rumah setiaptahun untuk wilayah Sultra, jugatak ketinggalan menyaksikan videoconverence. Diikuti puluhan ma-hasiwa, mereka menyimak denganseksama yang berkaitan denganOSN Pertamina 2012.

Dalam video converence yang di-hadiri Dirjen Dikti Djoko Susanto,dan Direktur Pertamina, itu semuaperguruan tinggi yang ditunjuk da-pat menyaksikan secara langsungkonferensi. Ajang tersebut untukmembahas aturan dan tata tertibdalam OSN 2012.

Setiap perguruan tinggi dalamvideo converencennya tampak di-hadiri petinggi universitas terdiridari rektor, dekan atau pembantudekan. Diskusi ini terbuka untukumum di berbagai daerah, sehingga

Indikasi Investasi InsfrastrukturKoridor Sultra untuk jalanan Rp 5triliun, pelabuhan Rp 6 triliun, pow-er energi Rp 25 triliun, bandara, relkereta, telematika Rp 34 triliun, utili-tas air Rp 0,1 triliun. Dalam sambu-tannya Usman Rianse meminta agarpara dosen/peneliti dapat menjadiinsan iptek yang kreatif dan mandiridengan terus bersemangat meleng-kapi kecerdasan intelektual denganjenis kecerdasan lainnya. Kecerdasandimaksud, adalah kecerdasan emo-sional dan kecerdasan sosial.

Melalui kecerdasan-kecerdasaninilah bisa meningkatkan kapasitassebagai seorang dosen dan peneliti.Dengan keterbatasan sarana danprasarana, tingkatkan terus ker-jasama penelitian, baik antar penel-iti maupun antar lembaga litbang.Melalui kerjasama, dapat melaku-kan penelitian secara lebih holistikdan komprehensif.

Para anggota anggota majelis pe-

pusat pun bisa menerima masukandan saran dengan disaksikan pergu-ruan tinggi lain.

Dr. La Ode Ngkoimani, selakuperson in charge (PIC) Sultra ber-harap melalui acara tersebut dapatmeningkatkan pelaksanaan OSNPertamina. Selain itu menjadi ajangsosialisasi bagi semua mahasiswauntuk berkompetisi.

“Semoga melalui kegiatan ini,mahasiswa di Sultra, terutama yangberkompeten bisa menyiapkan diridan merebut peluang dalam OSNPertamina 2012,” ujarnya.

Seperti diketahui, pendaftaranOSN Pertamina tingkat provinsidimulai 1 s.d 20 September untukpengumpulan proposal scient proj-ect secara online. Desk evaluationproject antara 15 s.d 30 September.Tahap penyisihan atau seleksitertulis (teori) science project pada(25/9), kemudian pengumuman ha-sil penyisihan dua kategori ini pada(1/10), dan seleksi tahap final sekali-gus pengumuman pada (8/10).

Selanjutnya seleksi tingkat na-

nelitian yang hadir terdiri dari Prof Dr. dr. Puruhiti, Sp.B mantan RektorUnair, mantan anggota Dewan RisetNasional (DRN) dan dosen Unair.Prof. Dr. Elfindri, SE., MA mantan Koordinator Perguruan Tinggi (Ko-pertis wilayah X), Prof. Dr. AgusSubekti Direktur Penelitian danPengabdian Masyarakat Ditjen Dik-ti Kemdikbud RI, ProfDr. Ir. LilikHendrajaya, M.Sc Mantan RektorITB, Prof. Dr. Andrianto HandojoKetua DRN, BachtiarAlam, Ph.DDirektur Penelitian dan pengabdianmasyarakat, Prof. Ir. Suryo HapsoroTri Utomo mantan Direktur Peneli-tian dan pengabdian masyarakat.

Selain itu, Prof. Terry MartFisikawan UI, Prof. Dr. Ir. Moch Mu-nir, Wakil ketua Komite Percepatandan Perluasan Ekonomi Indone-sia (KP3EI), Prof. Ir. Nizam KetuaKP3EI bidang pengembangan SDMdan IPTEK, Dr. Muh. Nurdin, M.ScDewan Pendidikan Tinggi. (p7)

sional akan dilaksanakan pada 26 s.d 30 November yang akan diikutioleh para juara I tingkat provinsidari berbagai bidang dan satu per-wakilan tim regional (sciense proj-ect). Seleksi ini, hanya ketua timatau yang mewakili saja yang akandiundang.

Persyaratan umum OSN Per-tamina ini bisa diikuti semua ma-hasiswa program S1 semua fakultasminimal sudah berada di semester 3yang dibuktikan dengan kartu ma-hasiswa atau yang lainnya. Belumpernah menjadi pemenang padakompetisi sains tingkat perguruantinggi nasional maupun interna-sional.

Syarat khusus, pemenang kat-egori teori tahun 2008 s.d 2011 tidakdiperbolehkan mengikuti OSN ta-hun 2012. Selain itu, tim scienceproject adalah kelompok yang ter-diri atas 2 s.d 4 orang. Terakhir,setiap tim diwajibkan membuatproject ilmiah berupa karya inovasidan aplied science di bidang greenenergi atau teknologi. (m2)

Majelis Penelitian Bahas MP3EI Koridor Sultra

Jelang OSN, PertaminaGelar Video Converence

wulan/KPRektor Unhalu bersama mahasiswa Unhalu saat berdiskusi mengenai sosialisasi OSN Pertamina 2012.

Gedung UPBJJ-UT KendariTelan Dana Rp 13 Miliar

wulan/kpKepala UT Kendari Wawan Ruswanto bersama Wagub Sultra, Saleh Lasata saatmelepaskan balon sebagai simbol diresmikannya gedung baru UT.

KOMUNIKASI BISNISKendari Pos | Rabu, 5 September 201216 Info Komunikasi Bisnis Hubungi: 0853 3553 1111

Rumah KreatifPertama di KendariMelayani Pekerjaan InteriorRumah Anda

Water Stick, KianDigemari MasyarakatSebagai Terapi AirMinum untuk SegalaMacam Penyakit

Water Stick telah diguna-kan lebih dari 36.500 orangse-Indonesia, Water Stickdiakui sebagai terapi airberteknologi Nano Jepangyang berfungsi menyem-buhkan berbagai penyakitberat seperti; kencing manis(diabetes), tekanan darahtinggi, kolesterol, kanker,

asam urat, batu ginjal, stroke,asma, maag, dapat mencucidarah, membuang racun,dan mencegah kanker/tumor.UNTUK KHASIAT NYATA,gunakan Water Stick sebagaialat olahan air minum sehari-hari karena bisa merubahair minum biasa menjadi airalkalin (basa) sehingga terjagaKESEIMBANGAN ASAMBASA DALAM TUBUH. HargaWater Stick Rp 960 ribu + 1 pchPower Ring (alat terapi Mr.P)dan botol air minum. Pemasa-

ran Villa Ibis Blok B1/5 Ken-dari, CP: Syaiful Tamburaka 085241673992. (adv)

Pijat Refleksi (Pirleks) adalah salah satu pengobatan alternatif yang ampuh, aman,praktis, murah, dan tanpa efek samping. Selainmencegah dan menyembuhkan, juga dapat men-deteksi apakah salah satu organ kita tergangguatau masih sehat. Pengobatan ini menggunakanpenekanan pada titik syaraf ditelapak kaki,

tangan, badan, wajah dan kepala dengan teknikkekuatan jari-jari yang dapat memperlancarsaraf tersumbat dan menormalkan peredarandarah dan fungsi organ tubuh

Di kota Kendari, ada 4 cabang Pijat Refleksi yakni, di Jl. Ir Alala (By Pass) No.147 (sampingdosmering teratai), di belakang Hotel Horison, di JlSao-Sao N0. 289 (depan BTN 1). Dan saat ini cabangbaru telah beroperasi di poros A Yani ( sampingLorong Bahagia) No. 111 A, lepolepo. Selain itu, kiniPijat Refleksi kembali membuka cabang barunya di Bombana, Jl Jend A yani Kelurahan Kasipute(depan Bank Muamalat Bombana). Bandrol pi-jatan mulai dari Rp 35.000 - Rp 45.000/jam. Untuklayanan pijatan panggilan rumah Rp 55.000/jam.CP: 085299674074, 085396946103. (adv)

Sehat ala Pijat Refleksi KeluargaTelah Buka Cabang Bombana

Layanan Sulam Alis dan BibirSalon Prima Kendari

Anda Bertanya, Jasa Raharja MenjawabJawaban SMS di Harian Kendari Pos

Hp No.08529983XXXX

tanya : Mau tanya, Bagaimana prose-durnya kalau mau mengurus asuransijasa Raharja ?

Jawab : Yth. Sdr/i Pemilik Hp No.

08523559XXXX Untuk pengurusan Asuransi/Santunan

Jasa Raharja (JR) dengan cara menghubungiPetugas JR terdekat yang ada di setiap KantorBersama Samsat atau menghubungi Kantor

Cabang Jl.Sam Ratulangi 26 Kendari untukmemperoleh informasi persyaratanPengajuan Santunan.

Persyaratan Pengajuan Santunanmeliputi : Persyaratan Pokok : 1. Laporan dari Instansi yang berwenang

(Kepolisian bagian Laka Lantas)2. Mengisi Formulir Pengajuan Santunan

(Form disediakan oleh JR)

Untuk Korban Luka-Luka Persyaratantambahan:a). Formulir Keterangan Kesehatan yang isi

oleh Rumah Sakit atau Puskesmas(Form disediakan oleh JR)

b). Kartu Identitas Korban (KTP/Surat Ket-erangan Domisili)

c). Melampirkan Kwitansi Asli biaya perawa-tan korban dari Rumah Sakit / Dokteryang merawat korban serta kwitansi asli

pembelian obat dari apotik atas resepdokter.

d). Jika Pembayaran santunan kurang/samadengan Rp.5 Juta,-- maka dibayar tunai& jika Pembayaran lebih dari Rp.5 Juta,--maka dibayar melalui Rekening korbanyang ada di Bank

Dalam hal korban Meninggal Dunia Persyaratan tambahan :a). KTP Ahliwarisb). Surat Nikah (bagi yang sudah menikah)

/akte kelahiran (bagi yang belum me-nikah)

c). Kartu Keluargad). Surat Keterangan Kematian dari Rumah

Sakit ATAU Formulir Keterangan Keseha-

tan Korban (meninggal diisi oleh RumahSakit Form disediakan oleh JR)

e). Form Keterangan AhliWaris diisi olehDesa (Form disediakan oleh JR)

f). Rekening Ahli waris korban yang ada diBank

Dalam hal Cacat tetap : Formulir isian Cacat Tetap diisi oleh Dok-

ter (Form disediakan oleh JR). Jika semua persyaratan telah dilengkapi

maka dibawa ke Petugas JR di Kantor Sam-sat terdekat untuk dicek kelengkapanyakemudian di beri surat pengantar untukdatang ke Kantor Cabang Jl.Sam Ratulangi26 Kendari untuk diproses dan dibayarsantunannya.

Asuransinya Masyarakat IndonesiaJASA RAHARJA

LaiWOi aRCHiNtERiORKENDaRi bergerak dan fokusdibidang desain interior danarsitektur, melayani per-mintaan dan pengerjaan jasadesain interior, aluminiumdan Stainless Steel dengantenaga profesional dan ahliyang sebelumnya telah me-layani banyak pekerjaan diJakarta, Surabaya, dan Kota-kota besar lainnya.

Laiwoi mengerjakan partisi,perkantoran, meja tamu, mejakerja, meja makan, kamar set,

kitchen set, aluminium, danstainless steel. Laiwoi men-gutamakan konsep desain yangnyaman dalam desainnya baik

LAIWOI Konsultan Desain dan Interior BergaransiMelayani KonsultasiDesain Arsitektur danPengadaan Interior

dalam sistem penataan ruangdan sirkulasi manusia, sertamenjaga kualitas dan sikapprofesional dengan menyiapkan

tenaga kerja dari Jakarta, sehing-ga siap mengerjakan pekerjaandesain rumah, kantor, maupuntempat kerja anda dengan tepatwaktu dengan bahan-bahan yangkualitasnya baik sehingga beranimemberikan GARANSI padapekerjaan kami.

Untuk lebih sempurna, fin-ishing pekerjaan dapat beragammenggunakan wallpaper, tacos-it, HPL dan dico. Merk HPL jugadapat bervariasi mulai Taco,Haveel, Artform dan lainnyayang bisa disesuaikan dengankonsep dan dana anda. HubungiJl. A Yani 24F Wua-Wua Kend-ari. (Depan Planet Elektronik)Telp: 0401-3127075, 082132921510,081803281811. (adv)

Pt. SEi KENDaRi, selain bergerak dibi-dang investasi emas, juga bergerak dibidangjasa DESIGN INTERIOR untuk Rumah, Kantor,Toko, Hotel dan lainnya. Rumah kreatif jasadesain interior ini merupakan yang pertamadi Kendari mengusung konsep harga terjang-kau namun dengan kualitas prima yang bisamerubah interior ruangan anda menjadi lebihmewah. Ditempat ini melayani pekerjaanPartisi dengan menggunakan rangka besiholo, meja rapat, meja tamu, meja kerja, mejamakan (sesuai modea) almari, bed set, kitchenset sudah termasuk rak piring, rak sendok danlampu serta asesoris lainnya sesuai anggarandan keinginan anda.

Finishing pekerjaan menggunakan Wallpa-per, Tecosit, HPL dan Dico. Silakan buktikansendiri kualitasnya karena tenaga kerja ahlidibidangnya dari pulau Jawa juga melayanikonsultasi (gratis). Juga disiapkan berbagai

varian Wallpaper mulai dari yang polos, motif bunga, lingkaran, kotak, abstrak, dan lainnyadengan harga mulai dari Rp.50.000/meter. Hub:Jl. A Yani 111 B lepo lepo Kendari. Telp (0401)3196666, 085242347143, 082347447276. (adv)

KEtiKa sebagian besar orang harusbekerja dari pagi hingga sore hari denganmengandalkan penghasilan tetap setiapbulan, maka Robert T Kiyosaki dalambukunya “Cashflow Quadrant” mengan-jurkan agar Anda jangan lagi bekerjauntuk uang, tetapi biarkanlah uang bek-erja untuk Anda. Maka, salah satu yangbisa anda lakukan adalah bergabungpada investasi emas VGMC (Virgin GoldMining Corporation). Kenapa harusVGMC? Selain aman, juga menawarkankeuntungan tiap bulan dalam bentukdeviden. Harga saham CPS VGMC jugaterus naik setiap bulan dan kapanpunAnda juga bisa mengambil kembali uangAnda seutuhnya tanpa harus kehilanganhak (No loss) setelah 45 hari dari tang-gal pengajuan klaim. Keuntungan lainyang Anda peroleh adalah, Anda dapat

melakukan trading onlineserta mendapatkan bonusreferal yang tentu saja me-nambah penghasilan tanpaharus bekerja keras.

Sudah banyak orang yang terbukti sukses di bisnis ini, khususnya para inves-tor VGMC di Kota Kendari. Ingin bergabung, syarat-nya, cukup membeli mini-mal 1 lot saham VGMC (1000 lembar) senilai $US1.650 = Rp. 16.500.000,- (Bulan Agustus). Keuntungan tiap bulan 0.12 oz x $ 1700 = 204 x Rp.9000 = Rp.1.836.000/Bulan. Harga emas tahun ini bisa tem-bus USD 1.800/oz (Kendari Pos, Ekobis22/08/2012). Dengan asumsi 1 lot sahamVGMC menghasilkan Rp.1.944.000/Bulan. Maka berinvestasi saham emasdi VGMC Anda telah menikmati kebe-

basan finansial seutuhnya dan mulai sekarang biarkanlah uang bekerja un-tuk Anda serta jadikan VGMC sebagaisolusi terbaik masalah keuangan Anda.Info lebih lanjut, hub: M. Salim. Call/sms: 085256317273, 081935271692. PINBB: 29D6B812. (adv)

Saatnya Uang Bekerja untuk AndaInvestasi saham emas VGMC

Mikrodermabrasi adalahalat yang sangat efektif dancepat serta tanpa efek sampinguntuk mengatasi kulit kusamdan kasar, luka bekas jerawat,flek, kerutan, pori-pori besar, anti penuaan (awet muda),mengangkat sel-sel kulit mati,mengurangi kadar minyak,dan mencegah pembentukanjerawat. Selain itu, dapat mem-perbaiki aliran darah ferifer,merangsang pembentukankolagen dan elastin, sertamemperbaiki countour kulitsehingga kulit nampak lebih

bersih dan bercahaya.Cara kerja dari mikro-

dermabrasi ini adalah, mengi-kis lapisan terluar dari kulit(stratum corneum) sehinggakulit nampak lebih bersihdan halus, serta merangsanglapisan yang lebih dalam (stra-tum gernativum) sehinggadapat meningkatkan terjadinyaregenerasi sel kulit lebih cepat.

Mikrodermabrasi Berlian Hanya Rp 100.000,-Sudah TermasukSerum Vitamin C,Pemutih dan Masker

Sedangkan lapisan kulit yanglebih dalam terangsang untukmelakukan kegiatan fibro-blastic, hal ini menyebabkanmeningkatnya petumbuhankalogen, menghambat penuaan,merangsang peredaran darahdan menumbuhkan kembalilapisan epidermis dan dermis.

Masa therapy Mikro-dermabrasi berlian dapatdilakukan seminggu sekali,sedangkan untuk perawatancukup sekali sebulan. Segerakunjungi Al-Ishlah OrientalMedical Clinic di Jl. AH Nasu-tion Poros Andounohu - PasarBaru, Telp: 0401-3196576, praktekpukul 09.00 - 19.00 WITA. Bukasetiap hari. Semua keluhan andateratasi secara alami. (adv)

RaBUN jauh merupak-an gangguan yang diang-gap wajar oleh Sebagianmasyarakat. Banyak di antarakita terserang penyakit ini danbisa ditandai dengan memakaikacamata. Beberapa penyebabmata minus adalah jarak yangterlalu dekat dalam membaca,nonton TV ataupun komputer.Selain itu, kebiasaan tidurlarut malam, membaca ditempat gelap, menatap sumbercahaya secara langsung, dankekurangan gizi.

Pada umumnya penderitaminus banyak memakai ka-camata atau operasi lasiksebagai salah satu jalan bagi

penyembuhan. Ada juga yangmenggunakan wortel sebagaiobat penurun minusnya, tapibanyak di antaranya tidak

mendapatkan hasil yang ter-baik. Bagi Anda penderitaminus, baik tua maupun muda,yang lama ataupun baru, kini

Pelopor Pengobatan Mata Dan AmbeienPengobatan India,Krishna

aLiS merupakan bagian dari wajah yangsangat mempengaruhi ekspresi maupun

kepercayaan diri seseorang dalampenampilan. Seiring perkembangan za-man, membuat alis dalam bentuk idealdan alami bukan lagi menjadi hal yangsulit. Dengan sulam alis tidak perlu lagimembuang waktu menggunakan pensilalis. Bangun pagi dengan alis yang sudahindah membingkai wajah dan tak perlukhawatir alis terhapus kena keringatatau air saat mandi.

Sulam alis berbeda dengan tato alis,Sulam alis lebih aman dan alami dimana

proses pengerjaannya menggunakan alatkhusus sehingga hasilnya sangat halusdan tidak kaku, sedangkan tato alis selainkaku juga menggunakan pigmen warnayang berbahaya bagi tubuh. Selain itu,Salon Prima juga melayani Sulam Bibir,bibir lebih indah dan merah tanpa lipstik,sangat cocok bagi anda yang memiliki bibirhitam atau pucat bisa menggunakan jasaini dan dapat bertahan selama tiga tahun.Salon Prima juga melayani tata rias rambutdan kecantikan. Hubungi Salon Prima diKompleks pasar Anduonohu Blok A No.1,Cp: 081245554942. (adv)

tak perlu khawatir karenatelah ada obat buat penyembu-han mata minus Anda.

Krishna, klinik mata dariIndia menggunakan metodeterapi dan herbal mengobatimata minus, miniplus, kat-arak, silinder, buta warna, danlainnya. Krishna juga dapatmengobati ambeien sepertianus berdarah saat BAB, adabenjolan pada anus, panasdan perih saat BAB, BAB ber-darah. Semua diobati tanpaoperasi dan tanpa injeksi.Krishna memberi bukti bukanjanji. Hati-hati penipuan yangmenggandakan Krishna baikdalam bentuk sales peroran-gan maupun pengobatan.Klinik Krishna Jl. A Yani No.24B (depan XL) 081269669308,0401-3907716. (adv)

Kendari Pos | Rabu, 5 September 2012

Baca GALAU di Hal. 18

Baca PON di Hal. 18

DANieLLe Llyod kembalitampil seksi dalam sebuah sesipemotretan. Istri gelandangWolverhampton Wanderers,Jamie O’Hara, ini berpose top-less untuk majalah Closer.

Saat berada di puncak kari-ernya sebagai model ternamaInggris, 5 tahun lalu, Daniellememang kerap tampil buka-bukaan. Setelah melakukanoperasi pengangkatan implanpayudara, wanita 28 tahun inikehilangan kepercayaan diriterutama dengan tubuhnya.

Awal 2012, Danielle harusmelakukan operasi pengangka-tan implan payudara lantarandokter menemukan adanyapembekuan darah. Sebelum-nya, ibu dua anak ini sudahtiga kali menjalani pembe-dahan untuk memperindahbentuk payudaranya. Kini,Danielle sudah menemukankembali kepercayaan dirinya.“Saya merasa sadar diri untukmemamerkan tubuh lagi.Rasanya bagus untuk mening-katkan kepercayaan diri saya,”ujarnya seperti dilansir DailyMail.

Tidak hanya tampil topless,Danielle juga berpose bugil un-tuk majalah tersebut. Menurutwanita penggemar Liverpoolini, sangat sulit baginya bisatampil tanpa busana lagi dihadapan publik.

“Saya tidak ingin terpuruklagi. Saya sudah berjuangkeras untuk berani tampilbugil di depan Jamie, meskip-un dia mengatakan selalumenyukai bentuk tubuh saya,”tuturnya. (one)

GALAU

SPA-JeNSON Button tampil san-gat dominan di Grand Prix Belgia, disirkuit Spa-Francorchamps. Setelahmerebut pole position sehari sebe-lumnya. pembalap McLaren-Mer-cedes tersebut itu melanjutkannyadengan kemenangan, Minggu (2/9).

Kemenangan yang diraih Buttonkemarin relatif mudah. Pembalapasal Inggris tersebut menyelesaikan

44 lap dengan catatan waktu 1 jam, 29 me-nit, dan 08,530 detik.

Button unggulsiginifikan hingga 13,624 detik detik didepan runner-up Se-bastian Vettel (RedBull-Renault). KimiR”ikk”nen (Lotus-Renault) finis pada peringkat ketiga,selisih 25.334 detik dibelakang Button.

Sejak start hingga finis, Button sama sekali tidak pernah tersalip para pesa-ing. Button juga sangat beruntung kar-ena selamat dari tabrakan besar padatikungan pertama di lap pertama.

Tabrakan tersebut membuat empatpembalap langsung menghentikanlomba. Antara lain Fernando Alonso(Ferrari), Lewis Hamilton (McLaren),Romain Grosjean (Lotus-Renault), dan

Sergio Perez (Sauber-Ferrari). Kecelakaan besar bermula saat Gros-

jaean yang start pada di posisi delapanmencoba menyalip Hamilton (gridtujuh). Namun, posisi pembalap asalPrancis tersebut terlalu dekat. Seng-golan tak terhindarkan dan bahkanmembuat mobil Grosjean terlontar ke

Sukses Button Diwarnai Petaka Besar BeraniTampil Topless

Danielle Llyod

Baca SUKSeS di Hal. 18

AFP PHOTO / DANI POZOPenyerang Real Madrid,

Cristiano Ronaldomemperlihatkan raut

wajah dingin dan tanpaekspresi meski ia baru saja

mencetak gol ke gawangGranada. CR7 mencetakdua gol di pertandingan

lanjutan Ligat Spanyol itutapi ia tidak menunjukankegembiraan sama sekali.

AFP PHOTO/TOM GANDOLFINITabrakan hebat di tikungan GP Belgia yang melibatkan

Fernando Alonso (Ferrari), Lewis Hamilton (McLaren), Romain Grosjean (Lotus-Renault), dan Sergio Perez (Sauber-Ferrari).

IMAN/KPLokasi Pemondokan Dayung di Kuansing Riau.

BANYAK yang bertanya-tanya mengapa Cristiano Ronaldo tidak merayakan dua golnya ketika Real Madrid mengalahkan Granada 3-0 diSantiago Bernabeu Senin dini hari lalu. Padahal, dua golnya membuatRonaldo genap mengoleksi 150 gol untuk Real dengan jumlah lagalebih sedikit (149 laga).

Ketika mencetak gol pertamanya pada menit ke-26,Ronaldo malah memperlihatkan muka masam seka-lipun kemudian melambaikan tangan ke arah fansReal. Pemain berjuluk CR7 itu juga bermuka da-tar ketika menjaringkan gol keduanya di menitke-53 dan hanya memberikan telunjuk kirinyakepada Madridistas (sebutan fans Real).

Ada apa dengan Ronaldo-pertanyaan ituseakan tidak sabar diberondongkan para jur-nalis kepada Ronaldo seusai pertandingan dimixed zone Bernabeu. Tak disangka, jawabanpemain 27 tahun tersebut seakan menjadibom yang menggemparkan Bernabue. “Saya sedih. Ini masalah profesion-alisme dan klub tahu alasannya. Itusebabnya saya tidak merayakan gol,” ucap Ronaldo seperti dilansir AS.

Ronaldo menegaskan apabila kes-edihannya tidak akan kaitannyadengan kegagalannya meme-nangi ajang Pemain TerbaikEropa di Monaco akhir bulan lalu (30/8). Ronaldo kalahbersaing dengan Andres Ini-esta, gelandang Barcelona yang juga pemain terbaik Euro 2012. “Sama sekali

Pemondokan Sempit, Atlet Dayung SakitPekan Baru, KP

Semangat besar 58 atlet Dayung Sultra untuk meng-harumkan nama daerah di ajang PON Riau sudah langsung diuji. Be-gitu tiba di arena PON yakni di di Kabupaten Kuan-tan Singingi, Riau, skuad Dayung langsung menghunidua rumah kontrakan sementaramilik warga setempat (rumah transitred), yang telah disiapkan oleh POD-SI Sultra jauh hari sebelumnya.

Hanya saja, kondisi penginapantersebut lumayan sempit, meskimemang jaraknya dari lokasipertandingan hanya 500 meter.Rencananya, para atlet akan me-nempati SMU Plus Kuansing hariini (5/9), yang yang telah disiap-kan oleh panitia PB PON. Pan-

tauan Kendari Pos, kondisirumah kontrakan un-

tuk atlet putri hanyaterdapat dua kamartidur. Artinya, hanyabeberapa atlet sajayang tidur meng-

gunakan kasur. Lain-

nya melantai bersama dua orangpelatihnya.

Kata pelatih Dayung Sultra Ah-mad Haris, kondisi yang ada saatini hanya sebagai tempat persing-gahan atlet, sebaba tuan rumahbaru menanggung kontingen padahari ini.

Semua pembiayaan untuk rumahsinggah itu ditanggung Ketua POD-SI Sultra dibawa H AbdurrahmanSaleh. Katanya, kedatangan lebihawal ini untuk melakukan pengua-saan latihan di danau pertandin-gan. “Semua atlet, melaksanakan

latihan hingga jadwal pertandingandimulai,”ucapnya, dilokasi latihan.

Haris tidak memungkiri, be-berapa masalah timbul pascakedatangan atlet. Diantaranya,kondisi cuaca yang cukup panasmempengaruhi stamina atletnya.Kemudian, pemondokan semen-tara yang sangat sempit sehinggamembuat atlet berdesak-desakanketika tidur. Tapi semua akanberubah ketika kontingen resmipindah, dan proses itu segera ter-

Kendari Pos | Rabu, 5 September 201218

udara dan langsung menghantam mobilAlonso (grid nomor lima).

Perez yang start dari posisi empatjuga harus keluar. Sementara itu, mo-bil Kamui Kobayashi (Sauber-Ferrari)yang start dari gri kedua juga menderitakerusakan. Kobayashi mampu menyele-saikan lomba namun hanya finis pada posisi 13. Untunglah, tidak akan yangterluka dalam kecelakaan tersebut.

Setelah safety car keluar, Button den-gan nyaman menggeber mobil MP4-27miliknya. Namun bintang sesungguhnyadalam race kemarin adalah Vettel. Juaradunia 2010 dan 2011 tersebut mamputerus merangsek dari posisi start ke 10hingga mampu finish nomor dua.

Button dan Vettel sama-sama melaku-kan startegi satu pit stop. Strategi terse-but terbukti jitu, namun memang men-gandung banyak resiko.

Keduanya mampu menghemat peng-gunaan ban agar tidak cepat habis dibawah sinar musim panas Belgia.

“Ini merupakan sirkuit yang sangatspesial. Sebuah kemenangan besar. Ta-hun ini sangat tidak mudah bagi saya.Semoga kemenangan ini berlanjut hing-ga ke Monza pekan depan,” tegas But-ton.

Dengan tambahan 25 poin, Buttonmemiliki 101 poin dan naik ke posisi 6menempel rekan setimnya Hamilton(117 poin). Namun yang paling bahagiatentu saja Vettel.

Tambahan 18 poin membuat pembalapasal Jerman tersebut naik satu tingkatdi peringkat dua menggeser rekan setim-nya Mark Webber. Saat ini Vettel memi-liki poin 140. Hanya berselisih 24 angkadari pemucak klasmen sementara Alon-so yang gagal menambah poin. Setelahdari Spa, Formula 1 berlanjut ke sirkuitAutodromo Nazionale Monza, di Monza

Italia 9 September mendatang. Sementara itu, Fernando Alonso

yang menjadi salah satu korban dalamkecelakaan serius di GP Belgia. TheSpaniard harus mengakahiri balapan diawal lomba. Mobilnya mengalami keru-sakaan setelah dihantam Lotus E20 mi-lik Romain Grosjean. Dalam tayanganulang terlihat, Alonso nyaris tertimpamobil Grosjean yang melayang di udara.Beruntung, Alonso selamat insiden bu-ruk itu.

“Ini tidak disengaja. Tidak ada pem-balap yang ingin insiden tersebut terja-di,” ujar Alonso sepenuhnya memahami,risiko yang timbul dari balapan.

Karena itu, Alonso meminta parapembalap memperhitungkan denganmatang sebelum mengambil keputusansaat balapan berlangsung. Mereka harusrealistis saat berusaha mendahului mo-bil di depannya.

“Saya pikir, Grosjean dan (Lewis)Hamilton dua pembalap agresif saatstart. Namun kali ini, kami berada ditempat dan momen yang salah hinggakami terlibat insiden,” lanjut Alonso di-kutip Autosport.

Grosjean tercatat telah mengalamitujuh kali kecelakaan dalam 12 balapanselepas lampu hijau menyala. “Akhirpekan ini, kami melihat banyak kecela-kaan di GP2 dan GP3. Sekarang di F1.Semuanya berpulang kepada para pem-balap, agar selalu mengedepankan akalsehat dan menaruh respek kepada parapembalap lain,” pesan juara dunia 2005dan 2006 itu.

Untuk menekan angka insiden yangterjadi, Tim Prinsipal Ferrari, StefanoDomenicali meminta Federasi Otomotif Internasional (FIA) menindak pembalapyang sering memicu terjadinya kecela-kaan. Dia menyerahkan semua langkahuntuk menindak tegas para pembalaptersebut kepada FIA. (eh/nur)

Sukses ................Galau ..............

PON ..............wujud setelah rapat yang dilaku-kan antara PODSI.

“Rumah ini kami sangat syu-kuri, karena lokasinya dekat.Tapi, yang membuat kami heranpihak KONI Sultra sebelumnyasudah menjanjikan sebuah ru-mah yang layak untuk Dayung.Tapi, dimana lokasinya itu tidakjelas. Untung saja ketua kamimelakukan antisipasi membi-ayai rumah kontrakan ini lebihawal,”katanya.

Ditempat terpisah, SekretarisPODSI Sultra Firman membenar-kan soal pendanaan awal semuaditanggulangi oleh PODSI. Mu-lai dari proses pembiayaan tiketkeberangkatan, hingga seluruhatletnya tiba dilokasi pertandin-gan. Jika saja ketua PODSI tidakmelakukan tindakan tersebut

tidak ada hubungannya denganIniesta. Saya tidak ingin bicarasoal itu. Banyak hal penting lain-nya yang harus dilakukan. Orang-orang di klub tahu apa yang sayamaksud. Saya tidak bisa bicaralebih banyak lagi,” tutur kaptentimnas Portugal tersebut.

Ronaldo memang belum men-jelaskan dengan gamblang alasandibalik kesedihannya. Tapi, dari

maka bisa dipastikan Dayungakan mengalami masalah besardiajang PON kali ini. KarenaKONI tidak memberikan perha-tian serius.

Atlet SakitBegitu tiba di Riau, beragam

penyakit mulai menyerang atletDayung Sultra. Diantaranya, flu, hipertensi, sakit tulang, lecetdan lemas. Sebabnya, selain ja-rak lokasi pertandingan cukupjauh dari Kota Pekanbaru yangmencapai 179 kilometer, ataudengan jarak tempuh empat jamperjalanan. Kondisi cuaca dankeberadaan penginapan yangsangat sesak.

Salah seorang tim medis SultraRamadhan SKM menuturkan,pasca kedatangan tim medis be-ragam keluhan langsung dilontaroleh atlet. Setelah melakukan pe-meriksaan, terdapat beberapa at-

ucapannya, pemilik rekor transfertermahal dunia (80 juta poundsatau Rp 1,2 triliun) dua kali menye-but Real tahu alasannya. Sayang,manajemen Real belum meresponspernyataan Ronaldo.

Sedangkan entrenador RealJose Mourinho dan agen Ronaldo,Jorge Mendes, terkejut denganpernyataan Ronaldo. “Saya danReal memang tengah mendiskusi-kan kontrak baru (kontrak Ron-aldo habis Juni 2015, Red), tapi

let yang memang dalam kondisitidak fit atau sakit. Langkah awal kata dia, langsung memberikanpengobatan dengan upaya pence-gahan, untuk memulihkan kem-bali kondisi atlet.

“Kami sudah berikan vitamin, antibiotik, anti nyeri, mengukur tekanandarah dan memberikan tindakan fisiot-erapi dengan menggunakan sinar im-fra merah,”terangnya, usai melakukanpemeriksaan terhadap atlet Dayungdilokasi kontrakan, kemarin. Ia men-jelaskan, kesehatan yang baik buatatlet harus disamping istrahat yangcukup, harus ditunjang dengansumber makanan yang bergizi, lalulingkungan tempat tinggal yangnyaman. Ditambah, mengkomsum-si pemberian obat-obatan yang tera-tur dan mematuhi semua arahandari tim medis.

“Kalau saya lihat, atlet ini se-mua memiliki semangat tanding.

Ronaldo juga memiliki agendatersendiri dengan pihak klub,”kata Mendes kepada Marca.

Ya, sebelum kickoff Real kontraGranada, Ronaldo diketahui ber-temu dengan dua petinggi klub,masing-masing presiden FlorentinoPerez dan direktur umum Jose An-gel Sanchez. Pertemuan itu disebutmenjadi ajang curhat Ronaldo. Yangpaling krusial, Ronaldo mengung-kapkan tidak bisa bertahan lebihlama bersama Los Merengues -seb-

Tapi, mereka juga harus ditun-jang dengan pelayanan prima.Atau adanya suplemen, danitu harus dilakukan biar mer-eka bisa kembali fit menghadapi pertandingan,”terangnya.

Tim medis lainnya MuhamadYamin AMd FT juga membenarkanbanyak atlet yang mengeluh sakit.Tapi, pihaknya telah melakukanpencegahan agar penyakit bisateratasi. Ia berharap, seluruh atletbisa mendapatkan perhatian yangmaksimal utamanya tempat ting-gal dan sumber makanan untukmenunjang kebutuhan nutrisi darisetiap atlet.

Untuk diketahui, pasca keda-tangan tim medis Selasa (4/9)langsung didatangi oleh seluruhatlet. Mereka, ramai-ramai men-geluarkan keluhan dari setiappenyakit mau gejala yang sedangdirasakan. (m1)

utan Real-apabila rekan setimnyatidak mendukung penuh dirinya.

Dalam berbagai kesempatan,Ronaldo sebenarnya selalu dipujirekan setimnya. Tapi, tidak du-kungan dari blok penggawa tim-nas Spanyol seperti Iker Casillasatau Xabi Alonso. Sebagai catatan,Ronaldo juga masih menyimpankekecewaan kepada Spanyol kare-na memecundangi Portugal dalamdua ajang major terakhir, PialaDunia 2010 dan Euro 2012. (dns)

Kendari Pos | Rabu, 5 September 2012 19

Jakarta-Asia Pacific De-velopment Summit merupakanforum negara-negara di AsiaPasifik yang mengulas isu-isu pembangunan secara regional.Pada tahun 2012, forum ini akandigelar untuk kedua kalinya di Jakarta.

Pada pertemuan kali ini,yang menjadi sorotan adalah profil kesehatan di kawasan Asia Pasifik, terutama keseha-tan ibu dan anak.

Forum ini juga dibuat untuk mendorong terciptanya kemi-traan sektor publik dan swasta untuk menghasilkan strategiterpadu untuk mempercepatpencapaian tujuan MDGs yang berkaitan dengan kesehatan.

Berbicara di hadapan per-wakilan dari berbagai negara di Asia Pasifik, Wakil Menteri Kesehatan RI, Ali Ghufron Mukti membeberkan pencapa-ian dan kendala yang dihadapi Indonesia.

Ia juga menekankan penting-nya pemahaman kesehatan bagi kaum ibu.

“Perlu disadari bahwa pen-didikan ibu akan sangat mem-pengaruhi status kesehatan ke-luarga dan anak-anak,” kata AliGhufron Mukti, wakil menteri kesehatan RI di hadapan hadirindalam pembukaan Asia Pacific Development Summit 2012 di ho-tel J.W. Marriot Jakarta, Senin (3/9/2012).

Lebih lanjut lagi, Ali Ghufron

menjelaskan bahwa saat ini pemerintah Indonesia sedangberfokus pada peningkatan ke-sadaran kesehatan masyarakat di daerah, mempromosikanpentingnya ASI eksklusif dan mengupayakan pencegahan penularan penyakit.

Dalam sambutannya, Ali Ghufron menjelaskan beberapa masalah yang masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah Indonesia, terutama kemente-rian kesehatan, yaitu kurang-nya persebaran tenaga medis di berbagai daerah di Indone-sia, kurangnya alokasi dana untuk kesehatan hingga masihtingginya angka kematian ibu melahirkan.

“Oleh karena itu, pemerintahkini lebih memfokuskan perha-tiannya terhadap daerah-daerah terpencil serta pelosok dan per-batasan yang kesulitan menda-pat akses kesehatan,” terang AliGhufron.

Selain itu, Ali Ghufron juga menjelaskan program jaminan kesehatan yang telah berjalan se-jak tahun 2008. Ia juga memamer-kan program persalinan gratisyang disebut dengan Jampersal di hadapan para hadirin.

“Sekarang semua ibu hamilbisa melahirkan gratis di RSKelas 3. Hal ini tak hanya ber-laku bagi yang kurang mampu saja, melainkan bagi seluruh ibu hamil di Indonesia,” terangAli Ghufron. (pah)

Jakarta-Sama halnya dengan diabetes atau disfungsiereksi, asam urat merupakansalah satu jenis gangguan kes-ehatan yang banyak diselingi dengan mitos yang terkadang terkesan berlebihan. Padahalsebenarnya gangguan kes-ehatan itu pasti muncul akibathal-hal yang tampaknya sepele seseorang memiliki pola ma-kan yang buruk atau jarang berolahraga.

Oleh karena itu, agar taksalah paham lagi dan bisamelakukan upaya pencegahan hingga penanganan terhadapasam urat, simak 7 mitos ten-tang asam urat dan penjelasan para pakar tentang hal itu sep-erti dilansir dari aarp, Selasa(4/9/2012) berikut ini.

1. asam Urat Hanya BuatOrang Obesitas

Fakta: Setiap orang tak luputdari risiko terkena asam urat,berapapun berat badannya tapi berat badan ekstra akan mening-katkan risikonya, kata John Rev-eille, MD, direktur rheumatologi di University of Texas Health Science Center, Houston.

Asam urat juga sering didapa-ti pada orang-orang yang punya masalah kesehatan yang ada kaitannya dengan berat badan seperti diabetes dan tekanandarah tinggi atau kolesterol.

Meski pendapatan tak ada kaitannya dengan asam urat, tapi gen yang dimiliki seseorang ternyata dapat mempengaruhi pe-luang seseorang untuk menderitaasam urat. Jika orangtua Andapunya asam urat, Anda akan cenderung memilikinya juga.

2. Wanita tak kena asam UratFakta: Baik pria maupun

wanita sama-sama berpeluang untuk menderita penyakit ini meski pria lebih rentan menga-laminya. “Asam urat itu 10 kali lebih umum terjadi pada pria daripada wanita. Angka kejadi-an kasus baru asam urat padapria dan wanita juga cenderung sama yaitu setelah berusia 60 tahun ke atas,” terang HerbertBaraf, MD, profesor ilmu ke-dokteran dari George Washing-ton University Medical Center, Washington, D.C.

3. Selalu Menyerang Jempol kaki

Fakta: Kondisi ini terjadi aki-bat asam urat yang menumpuk di dalam darah dan membentukkristal yang membakar sendi. Asam urat memang seringkalimenyerang jempol kaki terlebih dulu tapi serangan ini juga bisa terjadi di lutut, pergelangan kaki dan tangan.

Pada wanita penderita os-teoarthritis (OA) nyeri asam urat biasanya dimulai di salah satu sendi pada tangan. Meskip-un serangan perdananya hanya berlangsung di satu-dua senditapi dari waktu ke waktu tak tertutup kemungkinan banyak sendi yang akan terkena seran-gan itu. Apalagi jika asam ura-tnya tak kunjung diobati maka dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sendi-senditersebut.

4. Jauh-jauh dari jeroan danalkohol

Fakta: Minuman beralkohol, terutama bir dan jeroan seperti hati serta beberapa jenis ikan teri dan sarden mengandungsenyawa alami bernama purine yang sangat tinggi.

Masalahnya ketika tubuh memecah senyawa ini maka akan tercipta asam urat sehing-ga makanan yang kaya purine dapat meningkatkan risiko se-rangan asam urat. Tapi man-faatnya hanya akan terasa jika Anda menghindari makananini, kalau sebaliknya, risiko terkena asam urat Anda masihtetap ada, kata Reveille.

5. Menyakitkan tapi tak Me-matikan

Fakta: Jangan salah, asamurat memang takkan mem-bunuh Anda secara langsungtapi kondisi ini dapat men-gakibatkan masalah keseha-tan serius yang akhirnya bisa membunuh Anda, ujar Robert Keenan, MD, asisten profesor ilmu kedokteran dari Duke Uni-versity.

Yang perlu diingat adalahasam urat mampu meningkat-kan risiko serangan jantung, stroke hingga menimbulkanresistensi insulin atau hilang-nya kemampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin dalamrangka menurunkan guladarah. Jika tak kunjung dioba-ti, asam urat itu tumbuh men-

jadi gumpalan kristal yang disebut tophi. Tophi ini bisa terinfeksi dan mengancam nyawa penderitanya.

6. tak ada Obat Efektif Fakta: Padahal banyak obat yang mam-

pu menghentikan perkembangan asamurat. Bahkan ada beberapa jenis obat pen-gendali nyeri dan peradangan yang bisa mengurangi penumpukan kristal asamurat dengan cepat.

Salah satunya adalah Colchicine (Col-crys) yang dapat diresepkan untuk men-gobati asam urat akut. Obat yang berasal dari ekstrak tanaman itu telah digunakanuntuk mengobati asam urat selama 2.000tahun, ungkap Reveille. Cepat lambat-nya kinerja Colchicine bergantung pada kondisi penderita, makin cepat dikon-sumsi maka serangan asam uratnya akan teratasi makin cepat.

Steroid berbentuk suntikan juga dapat menangani peradangan akibat asam urat,biasanya dengan mengendalikan rasa ny-eri dan pembengkakan akibat asam uratdalam waktu 24 jam. Selain itu, obat-oba-tan yang diresepkan seperti allopurinol (Lopurin, Zyloprim), febuxostat (Uloric) dan probenecid (Benemid) dapat merin-gankan gejala asam urat dengan mengen-dalikan kadar asam urat dalam darah.

Dua tahun yang lalu, FDA juga baru

saja menyetujui peredaran obat suntik untuk penderita asam urat tingkat lanjut bernama pegloticase (Krystexxa). Obat ini menurunkan kadar asam urat danmengurangi penumpukan kristal asamurat di dalam sendi dan jaringan lunak.

Obat-obatan semacam ini biasanya di-minum 1-2 pil dalam sehari, kata Baraf.

7. Berubah Gaya Hidup PercumaFakta: Perubahan gaya hidup dapat

mengurangi keparahan dan frekuensi se-rangan asam urat. Bagi penderita pemulayang berupaya menurunkan berat badan maka kemungkinan serangannya akan makin sedikit, tandas Reveille.

Salah satunya dengan mengubah asu-pan seperti menghindari protein hewani yang mengandung banyak purine. Seba-gai gantinya, penderita diminta untuk makan sayuran berprotein seperti buncis dan kacang polong.

Sebuah review yang ditampilkan pada jurnal Current Opinion in Rheumatology pada tahun 2010 menekankan bahwa maka-nan kaya protein seperti produk olahan susu (dairy products), kacang-kacangan, buncis, kacang polong dan gandum merupakan ma-kanan yang sehat bagi penderita asam urat karena dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan resistensi insulin yang biasanya menghantui penderita. (ir/ir)

Pendidikan Ibu PengaruhiKesehatan Keluarga

7 Mitos Soal Asam Urat

Kendari Pos | Rabu, 5 September 201220

Jadi Dokter AmanahAlmarhum Orangtua

Statusnya sebagai dokter umum saat ini, tidak mem-buat dokter Diana stagnan. Putri ke tiga pasangan Almarhum Kawi Jaya dan Almarhumah Vivi Rianto inimasih ingin melanjutkan pendidikan sebagai dokterspesialis. Rehabilitas medic menjadi pilihannya, denganalasan spesialis tersebut belum banyak peminat.

“Jurusan ini lebih mengarah ke fisioteraphy dokter yang misalnya kecatatan fisik, pasien habis stroke atau anak-anak yang ada kelainan fisik yang harus direha-bilitasi mendekati manusia normal, doakan mudahanlulus,”harapnya sambil tersenyum.

Sambil terharu, Diana mengaku mendapat dukungandari keluarga terutama ke dua orang tuanya yang telahtiada. Profesi yang disandangnya saat ini dijunjungnya sebagai amanah dari ke dua orangtua.

“Walapun mereka dengan susah payah mengumpulkanuang untuk biaya sekolah, namun akhirnya mereka bisamembuat saya bisa seperti sekarang,”katanya.

Demikian dukungan sang kakak, praktis setelah ibun-danya meninggal, usaha menjahit dilanjutkan oleh kakakpertamanya termasuk keberlanjutan dalam membiayaisekolah Diana. “Namun setelah kakak menikah, dilan-jutkan oleh kakak ke dua saya. Hingga akhirnya sayaselesai kuliah,mereka lah yang mensuport saya. Jadikeluarga adalah segalanya bagi saya, hingga mengantar-kan saya menyelesaikan pendidikan dan akhirnya bisamenjadi seorang dokter,” kenang Diana. (Strilda/Sulis)

Sejak kecil Diana Kawi Jaya berkeinginan menjadi dokter.Cita-cita itu mulai terlihat saat dir-inya tamat sekolah dan melanjutkan di FakultasKedokteran Unhas Makassar. Tapi setelah ibun-danya meninggal cita-cita itu nyaris kandas, tapiDiana tetap yakin bila dirinya mampu mewujud-kan harapan ke dua orang tuanya.

“Orang tua saya hanya memiliki sebuah usahamenjahit yang dikelola secara turun temurun.Dari usaha inilah yang digunakan untuk mem-biayai saya selama menempuh pendidikan dokterdi Fakultas Kedokteran Unhas,”ucap anak ke 3dari 4 bersaudara ini bertutur.

Di keluarganya dan sahabatnya secaraakademik prestasi Diana memang bisadiperhitungkan,ini terlihat dari nilai raportnyayang selalu menjadi juara. Hanya saja hal tersulityang dialaminya saat ibundanya meninggal. “Saatitu saya masih semester dua, bisa dibayangkanseperti apa kondisi ketika itu. Namun hal itubukan kendala. Saya memegang prinsip jika kitamemiliki kemauan pasti Tuhan akan kasih jalan,”ucapnya.

Banyak hal dialami Diana baik saat kuliah atau ketika dirinya sebagai dokter muda. Prosesnyamenjadi dokter pun setelah tamat kuliah tahun2008 berjalan mulus. Diana langsung diterimamagang di RSUD Sultra dan kemudian tahun 2010 terangkat menjadi PNS sebagai dokter di IGDRSUD Sultra.

Selama bekerja di IGD pun tentunya banyakhal dialami Diana,terlebih tempat tersebutmerupakan rujukan pasien dari beberapa kabupaten. Dengan segala keterbatasan yangada, Diana pun harus melayani mereka denganmaksimal. “Walaupun terkadang masih ada yangmengomel,itu resiko,”katanya.

Ada hal yang membuat dokter Diana geli,saatdirinya dipanggil suster,lantaran usianya yangmasih sangat muda untuk menjadi dokterkalaitu. Pelajaran yang dipetiknya selama menjadidokter, bila kesehatan adalah hal utama dalam ke-hidupan. “Tidak ada gunanya kita memiliki uangyang banyak tapi badan kita tidak sehat.Diri kitabukan hanya milik kita sendiri, tapi orang lainjuga menyayangi kita,” ucapnya. (Strilda/Sulis)

Nekad InginMenjadi Dokter

dr Diana Kawi JayaLahir : Kendari, 22 Januari 1985Bekerja : Dokter IGD RSUD Sultra

top related