indonesia semakin dikenal italia

Post on 07-Feb-2017

231 Views

Category:

Documents

0 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

WA\;ANCARA KHUSUS KOI,IPAS, SENIN, 9 NOVEMBER 2015

Indonesia Semakin Dikenal ItaliaJAKARTA, KOIIPAS - Pre-siden I talia Sergio .v-laltare lla me -

Ia-kukan kunjungan kenegaraanke Indonesia 8-lO November. Iniada-lah kunjungan pertama ke-pala negari Italia lie Indonesiasekaligus kunjungan pertama gu-ru besar hukum ini sebagai pre-siden Italia keluar Eropa

Dalam wawancara terh:lis de-ngan Ko mp as, Ivlattarella menga-takan, Indonesia semakin dikenalrakyal Italia berkat anjungan In-donesia yang memukau dalam'Expo di Nlilan, Italia, yang ber-akhir 31 Oktober. Disebutkan,hubungan kedua negara sangatberpotensi unhrk dikembangkan.Be rilut petikan wawancaranya-

Bagaimana ltalia memandangIndonesia?

Citra Indonesia di Italia ada-lah laut yang jernih, alam bebas

tanpa batas, ralq'at yang ramah,seni tekstil yang indah, dan ku-liner yang menarik Citra ini ber-evolusi secara progresif, dan In-donesia semakin dikenal dalammodernitas yang kompleks: ne-gara dengan kesempataa luar bi-as& pertumbuhan ekonomi yangtinggi, multiku-1lur, tempat untukhidup, berinvestasi, dan peluangbagi pertukaran budaya.

Evolusi ini buah dari kece-patan perke mbangan komunika-si, kemudahan dalam bergerakha.l-hal 1'ang cenderung meni-adakm jarak geografis. Sa1'a jugapercaya, perubahan persepsi ten-tang Ind,rnesia tcrkait kemajuanbesar yeng dialami negara Andadan hubungan yang semakin kuatdengan Italia di segaia bidang.

Perubahan persepsi itu juga

sumbangan luar biasa partisipasiIndonesia pada Lrpo di Niilanyang semakin mendekatkarlwar-ga Italia dan Indonesia berkatkehadiran paviliun yang indahdan semua akilitasnya.

,\pa tLjuan kunjLtngan ,\nda?Apa -v-ang bisa clilakukan untukme ningkatkan kerj a sama?

llubungan Indonesia dan Ita-lie sangrrr hrik dun punya potensi\-rng krar biasa. Saya berharapkunjungrur ini ntemberikan kotr-tribusi unlr.rk memperkuatnya.

Rel:rsi Itrlir dlrtr Irr,l,,ttesi:t prt-

nya sejarah panjang. Pada masalaltr, juak geogratis rncnjadi ken-dala r.rterrr. Sekaralg kita dapatnrempr,rkuat clialoq dan n-reng-,,Irtim:r]ken p(,tcn]i mrsing-mrr-sing clalanr hubungan bilateral.

Ilersame kita telah memba-ngtrn brnl'rk iral, tetapi ma.sih

bany'lk 1'lnq bisa dilrkLlkan. (itahrn-rs nrennnllatken selrLruh ja-lul y'ang; nrlrr dan mr:nciplakanpclulrng banr ttntrtk beftcmlt.

ARSIP KEDUBES ]TALIA

Sergio Mattarella

Untuk alasan inilah, dalamperjalanan pertama ke Asia, sayamengadakan larnjungan kenega-raan ke Jakarta dan meresmikanedisi pertama "Dialog Bilatera.lantara Italia dan Indonesia''. 1&h-kil dari institusi, dunia usaha, danbudaya dapat memperdalam hu-bungan ini dengan tujuan ter-utama mendorong dia-log dankeda sama bagi kaum muda, ter-utama bidang pendidikan tinggi.

I I asy arakat Ekonomi ASE,dV(aIEl) akan berdii alihir tahunini. Apa saran Anda berdasarkanpengalaman Uni Eropa?

Lahirnya \IEA adalah peris-tirva luar biasa italia, sebagaisalah satu pendiri Uni Eropamengamati dengaa penuh ha-rapan dan penghargaar rulus.

Wilayah ekonomi bersamaalan menciptakaa kesempatanluar biasa bagi Indonesia dannegara Asia Tenggara, baik dalampeningketan hubungan ekonomi,perdagangan, maupun perdamai-en dan saling mengh3-rgai an-tarnegara di karvasan ini.

Italia tidak melupakan pa(apr-insipny'a Uni Eropa (,rE) Iahirsebagai perjanjian ekonomi ber-dasarkan prinsip kebebasan per-gerakan barang dan manusia. Se-

lanjutnya secara bertahap ber-evolusi menuju institusi sup-ra-nruionel lurg meneungi me-syaraliat )'ar1g beragam hinggadrpet munrlimrti perdmrian.pemba:rgunan, da-n ke{a sama disemr,ra bidang.

Ilal inr buken berarti menolakkllakreL nasit-,n.il rtau bahkartnrelenl-apken perbedaan penda-pxt rnqqot.ln,'a. n-rehinken justrumembentuk metodc- kerja danpcnl eiesaian meselnh bersama.

Tentunva, sa1-e tiriak berniatnrengtt,iuiklrL seburh model ke

A.SL{\. Justm ntemberi kon-tlrnresi jika negar:r-negara y'ang

begilu berbecla seprg'r1i di Eropamanrpri mcnentukirrt kesepakat-rn bcrsernu, penglllntan itu ber-gun;r unLrLk nrcngidr'ntillk.Lsi ja-hn palin5,, sesrui l'arg nrendr,t-

kr.rl-g keiriciup:ln bL'rsalllil Llrrlilnl

damai, dialog politik, dan inte-g5asi ekonomi di kawasan ini.

Perkembangan ini akan men-dukung dialog yang lebih ter-struktur antara Asia dan EroPaserta benua lain. Dengar demi-kian, memberi kontribusi terha-dap perdamaian, kemal<rntran,dan keamanan seluruh dunia-

Bagaimana Italia menghadapigelombang migran dai TimurTengah dan Afrika? Apa yang bisadilakukan untuk mencegahkorban jiwa? Apa pengaruhnyapada kehidupan warga ltalia?

Topik tentang aliran migrasibesar-besaran adalah tantanganyang lua-r biasa dan teramat kom-pleks bagi Itajia dan Eropa- Ita-liatelah menerima banyak peng-ungsi, terutama pada dekade ter-alhia yang telah terintegrasi baikke da-lam masy'arakat dan pasartenaga kerje di negara kami.

Namun, fenomena yang kamihadapi saat ini belum pernahterjadi, dalam hal jurnlah ma-nusia dan kondisi sulit yang di-hadapi negara asa.l mereka. Ita.liasejak arval laisis menetapkanprioritas absolut akan keselamat-an jiwa migan dengan menye-lamatkan mereka dari tengah la-ut, menjamin pendampingan danketibaan mereka di Eropa.

Dengan operasi nasional "NIa-re Nostn:m", kami menyelamat-kan ribuan jirva manusia di LautTengah, dilanjutkan dalam ope-rasi "Triton" bersama LE. Iniberkat dedikasi luar biasa Ang-katan Laut, penjaga pentri, Per-lindungan sipil, dan w'arga biasa.

Setelah keterkejutan arval, LIEmenangani hal ini dengar Pe-mahaman masalah ini tak hanl'adialami negara di perbatasa:r LrE,

tetapi juga negara Eropa lainnyaLE dan anggotanya secara prog-resif telah menerima usulan Ita-lia dan negara-nega,ra angotayang pating terkena dampak.

Kami sepenuhnya menyadarifenomena ini jtLga menga-Idbat-kan gesekan dan kesalahpahan-r-an. Akan tetapi. kami tidak bolehdan tidak dapat berpaling dariprinsip-prir-rsip yang menj adi da-sar konstitusi kami dan mas)'a-raliat kami, yailu menl'e lamirtkanjirva dan menjaga mattabat ma-nusia serta prinsip solidarita-s.

Dalarn kondisi ini, ra\'at it:rliamenunjrLkkau sikap terbuka danmendukung. Hal ini dilaliukendengan pengerLian akan -situasi

1'arg dihadapi pengrrngsi di ne-gara asal dan kesad:Lran bahrvamas)'arrkat yang nlanlpu nrene-rirna orang lain adallh peneea-srnprinsip drsar kanri cialant hidrLpbernrasyarakat.

top related