dew itu embun

Post on 04-Nov-2015

226 Views

Category:

Documents

0 Downloads

Preview:

Click to see full reader

DESCRIPTION

fix

TRANSCRIPT

  • 4/17/2015 dEwiTueMbun...:ARSITEKTURPASCAMODERN

    http://dewituembun.blogspot.com/2009/08/arsitekturpascamodern.html 1/3

    dEwiTueMbun...

    Minggu,30Agustus2009

    ARSITEKTURPASCAMODERNPENGERTIAN:Merupakanfilsafat,polaberpikir,pokokberpikir,dasarberpikir,ide,gagasan,danteori.Dapatberartisehabismodern,setelahmodern,atausebagaikelanjutanmodern(modernmasihberlangsung terus, tetapi dengan melakukan penyesuaian/adaptasi dengan perkembangan danpembaruanyangterjadidimasakini)Sebagailanggam,didalamArsitekturPascaModernterdapatbeberapalanggam:PostModern(PurnaModern)NeoModern(LateModern)Dekonstruksi

    ArsitekturPostModern

    LatarBelakangDieraarsitekturmodernterdapat2kelompokyangberseberangan.KritikJaneJacobstentanguntuksiapaarsitektur itu(diamengkritikapartementempattinggalnyakarenatidakadafasilitasyangiaperlukan/untukbermainanakanak).PameranyangberjudulArchitecturewithoutArchitect,yangdilakukanolehBenardRudofsky.Kesadaranberarsitekturdanberlingkungan.Kebosananterhadaparsitekturmodern.TransformasiyangterjadipadaPhilipJohnson.Dirobohkannyaapartemen(perumahan)PruittIguediSt.Luis,rancanganMinoruYamasaki(karenatingginytingkatkriminalitas,padahalsebelumnyamendapatAmericaAward).Kecenderunganmanusiamenolehkebelakang.

    PengertianPostModernberusahamerombak konsepmodern yangmemutushubungandenganmasa senidanarsitektur. Diperkenalkan oleh Charles Jencks dalam sebuah seminar di TH Eindhoven Belanda 1970.DisusuldenganterbitnyabukuyangberjudulLanguangeofPostmodernArchitecture. Bukan suatu gejala yang menggantikan Arsitektur Modern, melainkan hanya merupakanperkembanganmutahirdariArsitekturmodern.Yangberbedaadalahpendekatannyayangspecific,local.Merupakangerakanyangmerindukanjatidiriyangmunculdarikarakterlocal.Tidaksekedartempelan,tidakperdulidenganmaterialyangdipasang,tidakmenolakkontras,asaladakesinambunganvisual. Percampuran antara tradisional dengaan nontradisional, perpaduan antara lama dan baru.Sehinggamempunyaistyleyanghybrid(pepaduanduaunsur)dandoublecoding. Memadukan antara Elitisme (golongan elot/minoritas) dengan Populisme (masyarakat umum),dimanakebutuhankeduanyaharusdipenuhi.Bukanlahgerakanrevolusioneryanginginlepasdanmembuangnilainilaimodernism.TidakmemakaisemboyanFormFollowsFunction. Mendefinisikan arsitektur sebagai sebuah bahasa, oleh karena itu arsitektur tidak mewadahimelainkanmengkomunikasikan.Yangdikomunikasikanadalahidentitasregional,identitascultural,atauidentitashistorical.Halhalyangadadimasasilamitudikomunikasikan,sehinggaorangbisamengetahuibahwaarsitekturituhadirsebagaibagiandariperjalanansejarahkemanusiaan.

    dEwituembun...yaphbtuLskaLii...silakanbukakamus

    EnglishIndonesiaandu'llfindtatword^^

    AboutMe

    Name:dEwHome:BaLidabeauTifuLisLandAboutMe:I'mshopaholic...I'mcuTe(he3...bo0ng)dmenmaem...dmeneskrimcokLad...dmenbintang,LangitbiRu,nujaN...dMengratisaN(he3...)lgbrusahamncapaismwaobsesi2quu...Seemycompleteprofile

    PreviousPost

    Warna...warna...danwarna...ARSITEKTURDEKONSTRUKSIPembaruIndonesiayang(di)Hilang(kan)STRUKTURDANKONSTRUKSIBANGUNANCeritakuhariini...TrendAlert!!!

    Archives

    Shoutbox

    Loremipsumdolorsitamet,consectetueradipiscingelit.Duisligulalorem,consequateget,tristiquenec,auctorquis,purus.Vivamusutsem.Fuscealiquamnuncvitaepurus.

    Links

    0 Lainnya BlogBerikut BuatBlog Masuk

  • 4/17/2015 dEwiTueMbun...:ARSITEKTURPASCAMODERN

    http://dewituembun.blogspot.com/2009/08/arsitekturpascamodern.html 2/3

    LanggamdalamArsitekturPostModern:1.Historicism2.StraightRevivalism3.NeoVernacularism4.Contextual5.MetaphorandMetaphysics6.PostModernSpace

    1.HistoricismMerupakanoposisi dari aliran fungsionalisme, bukanhanya sekedar sebuahbangunandenganfungsistatisbelakatapisebuahkaryayangdekoratifdanekspresifdarimasalaluyangbelumtentukalahdenganarsitekturmodern. Bersikerasmenampilkan proporsi dan komponenkomponen bangunan seperti lonic,Doric, danCorinthianyangjelasmengindikasikanberasaldariArsitekturKlasik.Menggunakanornamentdanbentukbentuklama(rumit)sebagaibentukkerinduanakanmasalalu.Masihmenggunakankonsep,dandetailarsitekturklasiksecarautuh.Unsur sejarahdalamperancanganditerapkanpada komposisi, bentuk, bahan, danwarna yangkontrasdenganyangbarutetapimasihdalamkomposisiyangharmonis.Menggubahbangunandengantitiktolakelemenklasik.Tokohyangmemakaialiraniniyaitu:NormanNeuerburg,AeroSaarinen,PhillipJohnson,RobertVenturi,KishoKurokawa,KyonoriKikutake.Contoh:GettyMuseum(19701975)diMalibuCalifornia,rancanganDr.NormanNeuerburg.PengulangankolomCorinthiandanDorik,PilasterRomawi,danporticoberatapyangdiambildariArsitekturKlasikItalia.

    2.StraightRevivalism Berusahamengembalikan kembali ingatanmasa lalu (kebangkitan kembali masa lalu) denganmengeksploitasi sejarah untukmenimbulkan efekefek yang lebihmenarik sehinggamembanguncitarasakeindahanbaru.Kebangkitankembali langgamneoklasikkedalambangunanyangbersifatmonumentaldenganiramakomposisiyangberulangdansimetris. Aliran yang sulit menghilangkan langgam yang sudah ada di masyarakat sejak lama sepertiRenaissance,Gothic,Islamic.MengambilbentukbentukArsitekturKlasikuntukornamentpadasebuahbangunan tapidengansedikitperubahan. Ketika berkembangnya aliran ini ternyata di masyarakat sudah dikenal banyak sekali macamlanggam(misalnyaRenaissance,Gothic,Roman,Islamic,danlainsebagainya)danbahkanbolehdikata sudah sangat mendarah daging, sehingga penganutpenganut aliran ini merasa kesulitanuntuk menghilangkan pemakaian langgamlanggam tersebut. Maka dari itu produkproduk yangterlahirmemilikitingkatelektisismeyangtinggi.Contoh:KantorpusatperusahaantelekomunikasiAT&TdiNewYork,RancanganPhilipJohnson(19801983).Merupakanmonumentpertamaarsitekturpostmodern.Bentuksimetrisyangdiperkuatolehpintudanjendelamasukutamapadasumbutengahmelengkungdibagianatas.Bagianataspadapuncak gedung dibuat semacam gable wall atau fronton yang dominan,membangkitkanmemoriterhadapArsitekturKlasik.Bentuklingkaranyangtidakfungsionalmenggambarkanoposisiterhadapkonsepfungsionalis.

    3.NeoVernacularVernacularartinyabahasasetempatdalamarsitekturistilahiniuntukmenyebutbentukbentukyangmenerapkan unsurunsur budaya, lingkungan termasuk iklim setempat yang diungkapkan dalambentukfisikarsitektural. NeoVernacular adalah arsitektur yang mengambil bentukbentuk arsitektur masa kini denganmengaplikasikanbudayasetempat.Ataudapatdikatakansebagaimenghidupkankembalisuasanaatauelementradisionaldenganmembuatbentukdanpolapolabangunanlocal.Contoh: Hotel Fragrant Hill (19791982), 30 km barat laut Peking. Karya leohMing Pei arsitek AmerikakelahiranCina.Tetapmenggunakanunsurunsurlokalspt:tumbuhan(bambu),batubatupenghiastaman,kolamyangmerupakan cirri tamanCina.Mempertahankan sebuah dinding kuno yang yang sudah adasebelumnyasebagaisymbolpenghubungantarayangbarudgnyanglama.

    4.AdhocKontekstualUrbanisAdhocmerupakankeasikanmenambahkanberbagaikomponenbarupadasuaturancangan. Kontekstual artinya situasi yang tidak memungkinkan sebuah obyek ada di satu tempat tanpamengindahkanobyekobyekyangsudahadaditempatitulebihdahulu.PersoalanyangberkaitandenganAdhocdanKontekstualterjadidiperkotaan.Arsitekturyangkontekstualtidakberdirisendiridanberteriaklihatlahaku!tetapihadirsimpatikdan

    link1link2link3link4

    Poweredby

  • 4/17/2015 dEwiTueMbun...:ARSITEKTURPASCAMODERN

    http://dewituembun.blogspot.com/2009/08/arsitekturpascamodern.html 3/3

    selarasdengantetangganya,lingkungannya.Didalammenciptakanlingkunganyangselarasdansimpatikdapatdilakukandengan:Penyisipan(membuatbangunanbarudiantaraduabangunanyangsudahada).Membuatbangunanbarudisebelahbangunanlama.MembuatduabangunanBarudisebelahkiridankananbangunanlama.Contoh:RumahtinggalRancanganBruceGoff(1957)diNorman,Okahoma.Sebagianbesarkarakteristik tapakmasih tetapdipertahankan.Antarabangunandan lingkungansalingbertautan.Bahanbahanalamisepertibatudankarangdieksposedpadatampilanbangunan.

    5.MethapordanMetafisik Methapormerupakan suatu kiasan atau analogi suatu benda dalam hal ini bangunan, dimanasuatubangunandianalogikanmenyerupaibendabendabaikituberupabentukbentukvisualsepertialam,manusia,hewan,tumbuhtumbuhanataubendabendavisuallainnya.Methaporjugadapatberupasuatuyangnonvisualsepertigagasanatauide.Semuabentukbentuktersebut merupakan bentukbentuk yang fungsional yang diambil sebagai tanda atau symboltertentu.Contoh:SydneyOperaHouse(19561973),Sydney,Australia.KaryaJohnUtzon,Metaphor:kurakura.Metafisikmerupakanhalhaldiluarakalsehatyangdapatmemberikanspirit(bersifatniskala)yangdilatarbelakangiolehbudayasetempat.Contoh: Alam terdiri dari layerlayer seperti sapta petala, triloka. Tidak semua layer dapat dibuka ataudiaktifkanolehmanusia.BatasandidalamberarsitekturtidakhanyaterletakpadalayeryangkasatmatasepertiPerdadankaidahberarsitekturpadaumumnyamaupunteknologi.Ada tempattempatdimanatidakbolehberarsitektur,walaupunsecarateknologi,Perdatidakadamasalah.Bagaimanamewujudkankaryayangmempunyaispirit,berjiwaataumetaksu.

    6.PostModernSpace Arsitektur modern seringkali mengekspose space sebagai subjek utamanya dimana spacemerupakanbagiandarisebuahbentuk.Berusahamengekspresikankebudayaan. Zoning ambigu bersifat irasional dan transformasional dalam hubungan antar bagian ataupunkeseluruhannya.Batasbatasdarispaceseringkalitidakjelasdanseolaholahmemilikiluasyangtakterbatas.Memperlihatkanpembentukanruangdenganmengkomposisikankomponenbangunanitusendiri.Bentuknyamempunyaikarakteristikabstraknamunmasihbersifatrasionaldanlogis.Contoh: Taman tradisional Cina, dimana batasbatas antar taman dibatasioleh sebuah gerbang yangmemilikibentuklingkaranyanghanyamemilikifungsifilosofisdansimbolisdimanabentuklingkaranmenyimbolkan bulan sebagai penyucian diri, dan juga sebagai symbol keberuntungan, selain itugerbangtersebutjugamemilikifungsisebagaitujuanakhir(goal)darijalurpedestriandidalamnya.PiazzadItaliarancanganCharlesMoore(19751980)diNewOrleansAS.MenggambarkanalamdanbudayaItaliaMemasukkanelemenarsitekturmoderndanKlasik.

    Label:Arsitekturpascamodern

    postedbydEw@21.13

    2Comments:

    At25November201205.15, designworldsaid

    daftarpustakanya?thanksinfony

    At25November201205.15, designworldsaid

    daftarpustakanya?niceinfo,thanks

    PoskanKomentar

top related