deskripsi dongkong crips

Post on 22-Nov-2015

10 Views

Category:

Documents

1 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

DONGKONG CRIPS

Deskripsi keripikKeripik merupakan salah satu jenis makanan ringan yang paling digemari oleh semua orang. Sebagai camilan favorit, keripik dikenal memiliki rasa yang gurih, renyah, dan enak dinikmati dalam beragam suasana. Keripik yang banyak di pasaran biasanya terbuat dari buah-buah, tempe, dan sayuran. Akan tetapi, sayuran yang sering digunakan adalah bayam.

Deskripsi Dongkong CripsDongkong crips adalah keripik yang terbuat dari daun singkong dengan berbagai aneka rasa pedas (level 1-5).

Latar belakang pembuatan dongkong cripsTanaman singkong banyak ditemukan di daerah pedesaan. Apabila telah mencapai umurnya, singkong akan dipanen. Sedangkan daun singkong, terutama yang telah tua akan menjadi limbah yang tidak dimanfaatkan.Satu batang pohon singkong memiliki jumlah daun yang cukup banyak, mencapai 30 hingga 40 lembar. Selama ini, daun singkong baru dimanfaatkan sebagai sayuran atau pakan ternak. Sehingga untuk mengoptimalkan pemanfaatan daun singkong, maka dibuatlah produk cemilan sehat yang menggugah selera yaitu keripik daun singkong.

Sasaran dipasaranHal baru dalam pembuatan keripik daun singkong ini adalah dengan penambahan rasa pedas mulai level 1-5 (agak pedas-sangat pedas). Di era sekarang, rasa pedas banyak diminati oleh semua kalangan sehingga dengan penambahan rasa ini membuat keripik daun singkong diharapkan banyak diminati oleh konsumen.

Cara Pembuatan dongkong cripsBahan : Daun singkong Tepung beras secukupnya Tepung terigu secukupnya Kemiri 50 gr Bawang putih 5 siung Gula 50 gr Garam secukupnya Telur ayam 0,25 kg Kelapa 1 butir Minyak goreng 1,5 kg Bumbu rasa pedasAlat : Kompor Wajan Baskom Sendok Panci Penjepit makanan Pemarut kelapa Pisau Serok PlastikProsedur kerja : Cuci daun singkong dengan air hingga bersih Kukus atau rebus sampai matang Tumpuk setiap helai daun sampai 3-4 tumpukan dan dimemarkan sampai merekat merekat satu sama lain Siapkan adonan yang terdiri dari : irisan daun jeruk parut, telur ayam kocok dan tepung beras, tepung terigu dan aduk adonan sampai merata Setelah itu masukkan santan, lalu aduk lagi sampai merata. Jika perlu tambahkan air secukupnya Panaskan minyak dalam wajan, masukkan tumpukan daun yang telah dimemarkan kedalam adonan. Setelah matang, angkat dan tiriskan hingga dingin Tambahkan taburan bumbu rasa pedas sesuai levelnya dan kemas dalam plastik tebal dan dilabeli

top related