adart maperwastmik gorontalo 2011

Upload: ampm-redyam

Post on 10-Jul-2015

205 views

Category:

Documents


6 download

TRANSCRIPT

ANGGARAN RUMAH TANGGA (ART) LEMBAGA KEMAHASISWAAN SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (STMIK) ICHSAN GORONTALO MUKADIMAH Bahwa pengetahuan merupakan tatanan nilai universal dan paripurna. Untuk itu setiap kegiatan akademik mutlak memiliki Khasanah Intelektual berdasarkan norma dan etika keilmuan sebagai cermin kecerdasan diri menuju kematangan jiwa yang dilandasi dengan kekuatan moral spritual. Perguruan tinggi adalah tempat berkumpulnya kaum Intelektual yang mengkaji dan mengelaborasi berbagai Problem kehidupan masyarakat, maka perguruan tinggi merupakan lembaga pendidikan yang dapat melakukan sebuah pencerahan dan penyadaran berdasarkan tradisi keilmuan yang ada. Mahasiswa dan kejujuran. Kesatuan Integral antara pengetahuan dan perguruan tinggi sebagai wadah pembinaan dan pengembagan khsanah keilmuan serta kemampuan mahasiswa dalam melakukan peran-peran sosialnya tidak terpisahkan antara satu dengan yang lain. Oleh karena itu, maka pola pembinaan dan pengembanagan kemahsiswaan dilembagakan dalam sebuah wadah dengan pedoman-pedoman dan aturan-aturan yang mengacu kearah mengaktualisasikan seluruh potensi mahasiswa. sebagai Intektual muda memiliki kesdaran diri untuk mengejawatahkan peranan sosial yang bersumber dari nialai-nilai kebenaran, keadilan

1

BAB I NAMA, WAKTU, TEMPAT, DAN KEDUDUKAN Pasal 1 Nama 1. organisasi (Lembaga Kemahasiswaan STMIK Ichsan Gorontalo) teerdiri dari Legislatif dan Eksekutif. 2. Lembaga Legislatif diberi nama Majelis Perwakilan Mahasiswa STMIK Ichsan Gorontalo yang disingkat MAPERWA STMIK Ichsan Gorontalo. 3. Lembaga Eksukutif diberi nama Badan Eksekutif Mahasisiswa STMIK Ichsan Gorontalo. 4. Unit kegiatan pada lembaga kemahasiswaaan bernama UKM. 5. Ditingkat jurusan lembaga kemahasiswaan bernama Himpunan Mahasiswa Jurusan disingkat HIMAJU. 6. DItingkat Program studi lembaga kemahasiswaan bernama Kelompok Kajian Mahasiswa ProgramStudi disingkat LKKMPS. Pasal 2 Waktu Lembaga tersebut didirikan di STMIK Ichsan Gorontalo untuk jangka yang tidak tentu. Pasal 3 Tempat Lembaga tersebut berkedudukan diSTMIK Ichsan Gorontalo. Pasal 4 Kedudukan Lembaga tersebut brkedudukan ditingkat perguruan tinggi yang merupakan kelengkapan Non Struktur STMIK Ichsan Gorontalo.

2

BAB II ASAS, TUJUAN, DAN SIFAT PASAL 5 AZAS Lembaga Tersebut Berdasarkan AZAS PANCASILA DAN KEBENARAN ILMIAH Pasal 6 Tujuan Tujuan lembaga kemahasiswaan STMIK Ichsan Gororntalo dalah terbinanya kesadaran intelektual dan spritual Mahasiswa yang turut bertanggung jawab atas terwujudnya statu tatanan masyarakat kampus yang ilmiah dengan menjunjung tinggi Norma dan Nilai-nilai moroalitas Agama dan Pancasila. Pasal 7 Sifat Lembaga kemahasiswaan STMIK Ichsan Gorontalo dala bersifat Independen dalam melaksanakan tugas, fungsi, wewenang dan tanggung jawab. BAB III KEANGGOTAAN DAN KEPENGURUSAN PASAL 8 Keanggotaan Keanggotaan pada lembaga kemahasiswaan STMIK Ichsan Gorontalo adalah mahasiswa STMIK Ichsan Gorontalo yang sah dan terdaftar. Pasal 9 Kepengurusan Majelis Perwakilan Mahasiswa (MAPERWA) 1. Kepengurusan MAPERWA adalah merupakan perwakilan dari jurusan yang ada di STMIK Ichsan Gorontalo.

3

2. kepengurusan MAPERWA terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Ketua Komisi, Sekretaris dan anggota Komisi Serta Fraksi-fraksi. 3. Masa Kepengurusan MAPERWA selama 1 (satu) Tahun masa periode kepengurusan dan ketua tidak dapat di pilih kembali. BAB IV TUGAS, FUNGSI, WEWENANG DAN TANGGUNG JAWAB Pasal 10 Majelis perwakilan mahasiswa (MAPERWA) a. Mengawasi pelaksanaan AD/ART, JUKLAK, GBPK, rekomendasi dan kebijakan organisasi. b. Mendengar dan mengefaluasidan mengesahkan laporan pertanggung jawaban BEM setiap triwulan. c. Mendengar, mengefaluasi dan mengesahkan laporan pertanggung jawaban BEM STMMIK Ichsan Gorontalo pada akhir kepengurusan. MAPERWA mempunyai wewenang : a. Bertindak memberikan teguran dan mengambil keputusan tentang kepengurusan BEM apabila melakukkan pelanggaran AD/ART, JUKLAK, GBPK, rekomendasi dan kebijakan lembaga serta aturan organisasi lainnya. b. Memberikan saran dan usulan, pendapat kepada BEM dalam pengambilan sikap kelembagaan. c. Menolak kebijakan BEM yang melanggar AD/ART organisasi kemahasiswaan. d. Meminta penjelasan kepada BEM apabila ada hal yang dianggap tidak sesuai dengan roda kepengurusan. MAPERWA bertanggung jawab secara moral kepada mahasiswa dan lembaga yang mengutusnya dan selanjutnya menyampaikan laporan kepengurusan secara tertulis dihadapan Musyawarah Mahasiswa (MUSWA).

4

Pasal 11 BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM) BEM mempunyai tugas : a. Melaksanakan ketetapan MAPERWA STMIK Ichsan Gorontalo. b. Menjunjunng tinnggi AD/ART lembaga kemahasiswaan STMIK Ichsan Gorontalo. c. Melaporkan rencana kerja organisasinya kepada MAPERWA STMIK Ichsan Gorontalo. d. Memberikan pertanggung jawaban secara periodik kepada MAPERWA STMIK Ichsan Gorontalo. e. Mewakili Mahasiswa STMIK Ichsan Gorontalo ditingkat Perguruan Tinggi. f. Menjabarkan dan melaksanakan GBPK dalam bentuk program kerja dan amanah MUBES lainnya. BEM mempunyai fungsi : a. Menampung, mengefaluasi dan mennyalurkan aspirasi mahasiswa STMIK Ichsan Gorontalo atas persetujuan MAPERWA. b. Memberikan saran dan usul kepada pimpinan Perguruan Tinggi dan pihak lain sepanjang tidak bertentangan dengan AD/ART dan JUKLAK organisasi. BEM mempunyai wewenang membuat keputusan dan kebijakan organisasi yang berhubungan GBPK dan amanah MUSWA lainnya. BEM bertanggung jawabkepada MAPERWA dan selanjutnya menyampaikan laporan tertulis dihadapan MUSWARAH. Pasal 12 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) 1. Pengurus BEM merupakan utusan dari Jurusan. 1. Kepengurusan BEM terdiri dari ketua umum, Sekretaris Jenderal, Bendahara Umum, Ketua-Ketua Bidang serta anggota. 2. Masa kepengurusan BEM selama 1 (satu) tahun masa kepengurusan dan ketua umum tidak dapat dipilih kembali. BAB V

5

KEANGGOTAAN DAN KEPENGURUSAN UKM/UKK Pasal 13 Pengertian UKM/UKK merupakan organisasi kemahasiswaan yanng menghimpun mahasiswa dalam suatu kegiatan untuk menyalurkan bakat, minat serta kreasi atau hobi. Pasal 14 Keanggotaan 1. Keanggotaan UKM adalah mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa STMIK Ichsan Gorontalo. 2. Kepengurusan UKM/UKK terdiri dari Ketua Umum, sekretaris umum, bendahara umum, ketua-ketua bidang, sekretaris bidang, dan ditambah anggota sesuai dengan kebutuhan. 3. Untuk UKK MENWA disesuakan dengan unitnya melalui koordinasi lembaga. Pasal 15 Kepengurusan 1. Kepengurusan UKM/UKK adalah mahasiswa STMIK Ichsan Gorontalo yang terdaftar dan sah. 2. Kepengurusan UKM/UKK terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, Ketua bidang, sekretaris bidang dan anggota. 3. Untuk menentukan masinng-masing bidang disesuaikan kebutuhan. BAB VI KEUANGAN Keuangan organisasi kemahasiswaan diperoleh dari: 1. Angaran dana kemahasiswaan. 2. Iuran kemahasiswaan. 3. Sumbangan-sumbangan lain yang tidak mengikat. 4. Usaha yang halal dan sah dan tidak bertentaangan dengan AD/ART lembaga kemahasiswaan STMIK Ichsan Gorontalo.

6

BAB VII PERUBAHAN ANGGARAN DASAR (AD) Pasal 17 1. Perubahan anggaran dasar (AD) hanya dapat dilakukan oleh MAPERWA melalui sidang MAPERWA dan dihadiri oleh sekurang-kurangnya 2/3 anggota MAPERWA. 2. Hal-hal yang mendesak akan diatur pada aturan-aturan lainnya. BAB VIII PERUBAHAN ORGANISASI Pasal 18 Perubahan organisasi hanya dapat dilajujan dalam dan atau melalui musyawarah mahasiswa (MUSWA). BAB IX ATURA TAMBAHAN Pasal 19 Hal-hal yang belum diatur dalam Anggaran Dasar (AD) dijabarkan dalam Anggaran Rumah Tangga (ART). BAB X PENUTUP Pasal 20 Anggaran Dasar ini berlaku setelah disahkan melalui Sidang Istimewa MAPERWA STMIK Ichsan Gorontalo. Dengan demikian Anggaran Dasar Rumah Tangga Lembaga Kemahasiswaan STMIK Ichsan Gorontalo maka anggaran dasar inidinyatakan berlaku untuk seterusnya demi jalannya organisasi.

7

ANGGARAN RUMAH TANGGA (ART) LEMBAGA KEMAHASISWAAN SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER STMIK ICHSAN GORONTALO BAB 1 KEANGGOTAAN DAN KEPENGURUSAN MAPERWA (STMIK) ICHSAN GORONTALO Pasal I Keanggotaan 1. Keanggotaan MAPERWA adalah perwakilan dari tiap-tiap jurusan yang dihitung sesuai deengan kursi yang ada dilegislatif. 2. Jumlahkusi yang ada di MAPERWA sebanyak 30 kursi 3. Pemilihan anggota MAPERWA dilakukan sesuai denngan mekanisme yang diatur jurusan dengan penyelenggaran oleh p[anitia dan jurusan. 4. Anggota MAPERWA adalah tidak sedanng menjabat dan atau mengurus pada organisasi lembaga kemahasiswaan STMIK Ichsan Gorontalo . 5. Syarat-Syarat Calon anggota MAPERWA STMIK Ichsan Gorontalo : Warga negara Indonesia. Mahasiswa yang sah dan sebagai mahasiswa STMIK Ichsan Gorontalo. Terpilih melalui mekanisme yang sudah ditetapkan. Pasal 2 Pergantian Antar Waktu (PAW) 1. Proses perganntian antar waktu (PAW) dilakkukan apabila anggota MAPERWA kehilangan hak kepengurusan. 2. Proses Pergantian Antar Waktu anggota MAPERWA dipilih melalui mekanisme yang ditentukan oleh jurusan.

8

Pasal 3 Kepengurusan Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MAPERWA) 1. Ketua MAPERWA terdiri dari : 2. Ketua Umum, Wakil Ketua, Ketua Komisi, Sek Komisai, dan Anggota 3. Komisi-Komisi terdiri dari: a. b. c. d. Komisi A membidangi AD/ART dan JUKLAK / GBPO Komisi B membidangi Rekomendasi / Anggaran. Komisi C membidangi kebijakan lembaga dan organisasi / kpl. Komisi D membidangi anggaran kemahasiswaan. Pasal 4 Ketua MAPERWA 1. Ketua MAPERWA STMIK Ichsan Gorontalo dapat mengangkat Sekretaris MAPERWA (SEKWA) dan membentuk staf sekretariat dan staf bendahara. SEKWA, Staf Sekretariat dan Staf Bendahara diambil dari mahasiswa dan SEKWA, Stef Sekretariat dan Staf Bendahara tidak mempunyai hak suara Sekretariat MAPERWA dalam setiap kegiatan-kegiatan MAPERWA. Staf Sekretariat berkewajiban membuat laporan kegiatan MAPERWA. Staf Bendaharaberkewajiban membuat laporan keuangan kegiatan atau bukan pengurus pada organisasi kemahasisswaan STMIK Ichsan Gorontalo. dalam sidang MAPERWA STMIK Ichsan Gorontalo.

MAPERWA. 2. Ketua MAPERWA diangkat dari dan oleh anggota MAPERWA STMIK Ichsan Gorontalo pada sidang paripurna. 3. Ketua MAPERWA STMIK Ichsan Gorontalo tidak berhak mengatas namakan Institusi dan mengeluarkan keputusan, kecuali hasil keputusan sidang. 4. Ketua MAPERWA bertanggungjawab kepada anggota MAPERWA. Bila ketua MAPERWA tidak melajsanakan tugasnya atau melakukan suatu yang melebihi haknya dapat dimintai pertanggung jawabannya sekurang-kurangnya diusulkan oleh 1/5 anggota MAPERWA.

9

BAB II MEKANISME KERJA KEPENGURUSAN Pasal 5 Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MAPERWA) KETUA A. Kedudukan 1. Berkedudukan sebagai pelaksana tugas tertinggi MAPERWA STMIK Ichsan Gorontalo. 2. Bilamana ketua berhalangan tidak tetap, maka pelaksanaan tugas ketua adalah Wakil Ketua yang Mandatir. 3. Bila manaKetua berhalangan tetap, maka pengurus memilih pelaksana tugas ketua umum melalui forum organisasi. B. Fungsi dan Tanggung Jawab: 1. Ketua berfungsi sebagai perencana, pengkoordinir, penggerak dan pengawwas kegiatan harian organisasi. 2. Ketua bertanggung jawab atas seluruh kegiatan haria organisasi: C. Hak dan Wewenang: 1. Memiliki hak interpelasi, berpendapat, menjawab, menyangga, pengurus dan pimpinan Perguruan Tinggi. 2. Berhak menentukan kepengurusan MAPERWA. 3. Berhak melakukan pembelaan didepan forum organisasi. 4. Berhak memakai nama organisasi baik kedalam maupun keluar Perguruan Tinggi sesuai dengan AD/ART dan JUKLAK organisasi. 5. Berwewenang mengadakan kerjasama dengan organisasi lainnya, baik didalam maupun diluar kampus dengan persetujuan pengurus dan pimpinan Perguruan Tinggi jika dianggap perlu. 6. Berwewenang meminta pertanggung jawaban setiap staf. D. Tugas dan Kewajiban:

10

1. organisasi. 2.

Bertugas sebagai penanggung jawab seluruh kegiatan harian Berkewajiban melaksanakan amanah organisasi sesuai dengan

AD/ART dan amanah organisasi lainnya. WAKIL KETUA A. Kedudukan 1. Berkedudukan mendampingi ketua dalam pelaksanaan tugas-tugsa harian organisasi. 2. Bila Wakil Ketua Berhalangan tidak tetap maka, pelaksanaan tugas adalah Ketua Komisi yang mandataris. 3. Bila Wakil Ketua Berhalangan tetap maka, dapat dipilih Wakil Ketua melalui forum organisasi. B. Fungsi dan Tanggung Jawab 1. Wakil Ketua berfungsi mendampingi dalam perencana, pengkoordinir, penggerak dan pengawas kegiatan harian organisasi. 2. Wakil Ketua mendampingi ketua bertanggung jawab atas seluruh kegiatan harian organisasi. C. Hak dan Wewenang 1. Memiliki hak interpelasi, berpendapat, menjawab, menyangga, pengurus dan pimpinan Perguruan Tinggi. 2. Berhak melakukan pembelaan didepan forum organisasi. 3. Berhak memakai nama baik kedalam maupun keluar Perguruan Tinggi sesuai dengan AD/ART dan JUKLAK organisasi. 4. Berwewenang mengadakan kerjasama dengan organisasi lainnya, baik didalam maupun diluar kampus dengan persetujuan pengurus hdan pimpinan PerguruanTinggi jika dianggap perlu. 5. Berwewenang mendampingi ketua, untuk meminta pertanggung jawaban kepada setiap staf. D. Tugas dan Kewajiban 1. Bertugas sebagai penanggung jawab seluruh kegiatan harian organisasi.

11

2. Berkewajiban melaksanakan amanah organisasi sesuai dengan AD/ART dan amanah organisasi lainnya. KETUA KOMISI AD/ART A. Kedudukan 1. Kedudukan sebagai pelaksana harian organisasi dibidang AD/ART dan Juklak Organisasi. 2. Bila mana ketua Bidang AD/ART dan Juklak Organisasi berhalangan tidak tetap, maka pelaksanaan tugas komisi adalah anggota komisi yang dimandati. 3. Bila mana ketua komisi bidanng AD/ART dan Juklak Organisasi berhalangan tetap, maka pengurus memilih pelaksana tugas ketua melalui forum organisasi. B. Fungsi dan Tanggung jawab 1. Berfungsi sebagai pelaksana harian organisasi bidang AD/ART dan Juklak Organisasi. 2. Bertanggung jawab atas pelaksanaan pengawasan AD/ART dan Juklak Organisasi. C. Hak dan Wewenang 1. Memiliki hak interpelasi, berpendapat, menjawab mwnyanggqa, hal-hal yang berhubungan dengan AD/ART dan Juklak Organisasi. 2. Berhak melakukan pembelaan didepan forum organisasi. 3. Berhak menggantikan Wakil ketua jika berhalangan tidak tetap bila dimandatiris. 4. Berwewenang melakukan pengnawasan kegiatan organisasi bidang AD/ART dan Juklak Organisasi. D. Tugas dan Kewajiban 1. Bertugas melaksanakan, menyelesaikan, mengkoordinir, dan memeriksa kegiatan organisasi dibidanng AD/ART dan Juklak Organisasi. 2. Berkewajiba mempertanggung jawabkan kegiatan organisasi dibidang AD/ART dan Juklak Organisasi kepada ketua. Sekretaris Komisi GBPK dan Rekomendasi A. Kedudukan

12

1. Berkedudukan sebagai pembantu ketua komisi GBPK dan Rekomendasi dalam melaksanakan tugas harian organisasi dibidang GBPK dan Rekomendasi organisasi. 2. Bilamana komisi GBPK dan rekomendasi berhalangan tidak tetap maka pelaksanaan tugas sekretaris komisi adalah anggota komisi yang mandataris. 3. Bilamana komisi GBPK dan rekomendasi berhalangan tidak tetap maka pengurus memilih pelaksana tugas melalui forum organisasi. B. Fungsi dan Tanggung jawab 1. Berfungsi sebagai pelaksana pengawas kegiatan organisasi dibidang GBPK dan Rekomendasi Organisasi. 2. Bertangung jawab atas pelaksanaan dan pengawasan GBPK dan Rekomendasi Organisasi. C. Hak dan Wewenang 1. 2. 3. 4. Memiliki hak interpelasi, berpendapat, menjawab menyanggah, hal-hal Berhak melakukan pembelaan didepan forum organisasi. Berhak menggantikan ketua bila dimandatir. Berwewenang melakukan pengnawasan kegiatan organisasi bidang GBPK yang berhubungan dengan GBPK dan rekomendasi organisasi.

dan Rekomendasi Organisasi. D. Tugas dan Kewajiban 1. Bertugas melaksanakan pengawasan kegiatan organisasi dibidang GBPK dan Rekomendasi Organisasi. 2. Berkewajiban mempertanggung jawabkan kegiatan organisasi dibidang GBPK dan Rekomendasi Organisasi. Sekretaris Komisi GBPK dan Rekomendasi A. Kedudukan melaksanakan tugas harian organisasi dibidang GBPK dan Rekomendasi organisasi. 1. Berkedudukan sebagai pembantu ketua Komisi GBPK dan Rekomendasi dalam

13

2. Bila sekretariat Komisi GBPK dan Rekomendasi berhalangan tidak tetap maka pelaksanaan tugas sekretariat komisi adalah anggota komisiyang mandataris. 3. Bila sekretariat Komisi GBPK dan Rekomendasi berhalangan tidak tetap maka pengurus memilih pelaksanaan tugas melalui forum organisasi. B. Fungsi dan Tanggung Jawab 1. Berfungsi sebagai pembantu ketua komisi GBPK dan Rekomendasi Organisasi dalam melaksanakan dan mengawasi tugas harian administrasi dan kesekretariatan organisasi dibidang GBPK dan Rekomendasi Organisasi 2. Bertanggung jawab atas pelaksanaan dan pengawasan administrasi serta kesekretariatan dibidang GBPK dan Rekomendasi Organisasi. C. Hak dan Kewajiban 1. Memilliki hak interpelasi, berpendapat, menjawab, menyangga dan hal-hal yang berhubungan dengan administrasi dan kesekretariatan dibidang GBPK dan Rekomendasi Organisasi. 2. Berhak melakukan pembelaan didepan Forum organisasi. 3. Berhak melakukan tugas sekretaris MAPERWA bila dimandatir. 4. Berwewenang membantu ketua komisi dibidang GBPK dan Rekomendasi Organisasi. Ketua Komisi Kebijakan Lembaga dan Organisasi A. 1. 2. dimandatir. 3. pengurus. B. Fungsi dan Tanggung Jawab Bila ketua komisi bidang kebijakan lembaga dan organisasi berhalangan tidak tetap maka pengurus memilih pelaksana melalui rapat Kedudukan Berkedudukan sebagai pelaksana harian organisasi dibidang Bila ketua bidang kebijakan lembaga dan organisasi kebijakan lembaga dan organisasi. berhalangan tidak tetap maka pelaksana tugas komisi adalh anggota komisi yang

14

1. Berfungsi sebagai pelaksana pengawasan kegiatan organisasi dibidang kebijakan lembaga dan organisasi. 2. Bertanggungt jawab atas pelaksanaan pengawasan kebijakan lembaga dan organisasi. C. organisasi. 2. Berhak melakukan pembelaan didepan forum organisasi. 3. Berhak menggantikan wakil ketua bila dimandatir. 4. Berwewenang D. melakukan pengawasan kegiatan organisasi dibidang Kebijakan Lembaga Organisasi. Tugas dan Kewajiban 1. Bertugas melaksanakan menyelesaikan, mengkoordinir, dan memeriksa kegiatan organisasi dibidang Kebijakan Lembaga dan Organisasi. 2. Berewajiban bertanggung jawab atas kegiatan organisasi dibidang kebijakan lembaga dan organisasi. Sekretaris Komisi Kebijakan Lembaga dan Organisasi A. Kedudukan 1. Berkedudukan sebagai pembantu komisi kebijakan lembaga dan organisasi dan melakukan tugas harian Administrasi dan Kesekretariatan organisasi dibidang Kebijakan Lembaga dan Organisasi. 2. Bila mana sekretaris komisi Kebijakan Lembaga dan Organisasi berhalangan tidak tetap maka pelaksanaan tugas sekretaris komisi adalah anggota dari komisi Kebijakan Lembaga dan Organisasi. 3. Bila mana sekretaris komisi Kebijakan Lembaga dan Organisasi berhalangan tidak tetap maka pengurus memilih pelaksanaan tugas malalui rapat pengurus. B. Fungsi dan Tanggung Jawab 1. Berfungsi sebagai pembantu katua komisi Kebijakan Lembaga dan Organisasi dalam melaksanakan dan mengawasi tugas Administrasi dan Kesekretariatan Organisasi Bidang Kebijakan Lembaga dan Organisasi Hak dan Wewenang 1. Memiliki hak interpelasi, berpendapat, menjawab kebijakan lembaga dan

15

2. Bertanggung jawab atas pelaksanaan dan pangawasan administrasi dan kesekretariatan dibidang Kebijakan Lembaga dan Organisasi. C. Hak dan Kewajiban 1. Memiliki hak interpelasi, berpendapat, menjawab, menyangga dan hal-hal yang berhubungan dengan administrasi dan kesekretariatan organisasi dibidang Kebijakan Lembaga dan Organisasi. 2. Berhak melakukan pembelaan didepan forum organisasi. 3. Berhak melaksanakan tugas Sekretaris MAPERWA bila dimandataris. 4. Berwewenang membantu ketua komisi Kebijakan Lembaga dan Organisasi dalam mengelola, mengembangkan kegiatan administrasi dan kesekretariatan organisasi dibidang Kebijakan Lembaga dan Organisasi. D. Tugas dan Kewajiban 1. Bertugas membantu ketua komisi Kebijakan Lembaga dan Organisasi dalam melaksanakan, menyelesaikan, mengkoordinir kegiatan adminisrtasi dan kesekretariatan organisasi dibidang Kebijakan Lembaga dan Organisasi. 2. Berkewajiban membantu ketua komisi Kebijakan Lembaga dan Organisasi dalam mempertanggung jawabkan kegiatan administrasi dan kesekretariatan organisasi kepada Sekretaris Jenral. Pasal 6 Anggota Komisi A. Kedudukan Berkedudukan sebagai pembantu ketua komisi dalam melaksanakan tugas harian organisasi masing-masing. B. Fungsi dan Tanggung Jawab 1. 2. Berfungsi sebagai pembantu ketua komisi dalam melaksanakan tugas Bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas harian organisasidikomisi harian organisasi pada komisi masing-masing. masing-masing. C. Hak dan Wewenang

16

1. 2. 3. D. 1. 2.

Memiliki hak interpensi, berpendapat, menjawab, dan menyangga hal-hal Berhak melakukan pembelaan didepan forum organisasi masinng-masing. Berwewenang membantu ketua komisi an sekretaris komisi danmengelola Tugas dan Kewawjiban Bertugas membantu ketua komisi dalam melaksanakan dan menyelesaikan Berkewajiban membantu ketua komisi dalam mempertanggung jawabkaan

yang berhubungtan dengan komisi masing-masing.

serta mengembangkankegiatan organisasi dikomisi masing-masing.

kegiatan organisasi. kegiatan organisasi dikokmisi masing-masing. Pasal 7 Tata Tertib Sidang 1. 2. Mengesahkan agenda sidang MAPERWA dilakukan oleh Tata tertib sidang di susun sesuai denganb kebutuhan sidang pimpinan sidang tersebut. guna lancarnya sidang yang dilaksanakan. Pasal 8 Pembentukan Badan Eksekutif Mahasiswa 1. musyawarah PEMILU 2. lewat PANSUS Pemilu. 3. 4. Ketua BEM adalah tidak sedang menjabat dan atau mengurus Persyaratan ketua BEM : Warga negara Indonesia Mahasiswa ang terdaftar sebagai mahasiswa pada lembaga STMIK Ichsan Gorontalo pada organisasi kemahasiswaan STMIK Ichsan Gorontalo. Tata ertib dan tatacara pemilihan diatur oleh MAPERWA Ketua BEM dipilih langsung oleh seluruh mahasiswa melalui

17

5. pengurus kepada MAPERWA 6. 7.

Ketua BEM terpilih

mengajukan

susunan

Pengurus BEM tidak diperkenankan merangkap BEM adalah lembaga konsultatif dan

jabatan pada organisasi intern mahasiswa pada semua tempat daan tingkat. koordinatif untuk prograam-program jurusan dan UKM-UKM. Pasal 9 Kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Ketua Umum A. 1. 2. B. 1. 2. 3. kegiatan organisasi. Ketua umum bertanggung jawab atas seluruh kegiatan harian organisasi. Fungsi dan Tanggung Jawab Berkedudukan sebagai mandataris MAPERWA STMIK Ichsan Gorontalo Bila mana ketua berhalangan tidak tetap maka pelaksana tugas ketua Bilamana ketua umum berhal;angan tidak tetap maka MAPERWA Kedudukan Ketua umum berfungsi sebagai perencana, pengkoordinir, dan penggerak

umumadalah ketua bidang yang diamandatir. mengadakan pemillihan melalui forumorganisasi untuk memililh ketua yang mandatir. C. 1. 2. 3. 4. 5. bidang. Hak dan Wewenang Memilliki hak interpelasi, berpendapat, menjawab, menyanggah tentang berhak melakukan pembelaan didepan forum organisasi. berhak memakai nama organisasi baik didalam maupun diluar organisasi Berwewenang mengadakan kerjasama dengan organisasi lain baik didalam Berwewenang memintakan pertanggung jawaban kepada ketua-ketua hal-halyang berhubungan dengan organisasi.

institusi sesuai dengan AD/ART organisasi. maupun diluar kampus dengan persetujuan MAPERWA.

18

D. 1. 2.

Tugas dan Kewajiban Bertugas sebagai penanggung jawab seluruh kegiatan harian organisasi. Berkewajiban melaksanakan amanah organisasi sesuai dengan AD/ART

dan amanah organisasi. Sekretaris Jendral A. 1. 2. 3. B. 1. 2. kesekretariatan. C. 1. 2. 3. kesekretariatan. D. 1. 2. Tugas dan Kewajiban Bertugas melaksanakan, menyelesaikan , mengkoordinir dan Berkewajiban menjaga rahasia organisasi dan bertanggung jawab memeriksa adminstrasi dan kesekretariatan organisasi kepada ketua umum. atas kegiatan administrasi dan kesekretariatan organisasi kepada ketua umum. Hak dan Wewenang Memiliki hak interpelasi, berpendapat, menyangga tentang Berhak melakukan pembelaan didepan forum organisasi. Berwewenang untuk merencanakan, mengolah dan hal-hal yang berhuhbungan dengan administrasi dan kesekretariatan. Kedudukan Berkedudukan sebagai pelaksana harian organisasi dibidang Administrasidan kesekretariatan. Bila mana sekretaris jenral berhalangan tidak tetap maka pelaksana tugas Bila mana sekretaris jenral berhalangan tetap maka pengurus memilih Fungsi dan Tanggung Jawab Berfungsi sebagai pelaksana pengawas dan pelaksana Bertanggung jawab atas pelaksanaan administrasi dan administrasi dan kesekretariatan. adalah sekrataris bidang yang mandatir. pelaksana tugas melaluiforum organinasi.

mengembangkan kegiatan organisasi sesuai dengan bidang administrasi dan

19

Bendahara A. 1. keuangan. 2. 3. B. 1. Bila mana bendahara nerhalangan tidak tetap, maka Bila mana bendahara berhalangan tetap, makla pengurus Fungsi dan Tanggung Jawab Berfungsi sebagai pembantu ketua bidang Pemberdayaan Organisasi dalam melaksanakan dan mengawasi tugas harian administrasi dan kesekretariatan dibidang Pemberdayaan Organisasi. 2. C. 1. 2. 3. 4. Bertanggung jawab atas pelaksana dan pengawasan kegiatan Hak dan Wewenang Memiliki hak interpelasi, berpendapat, menyangga tentang hal-hal Berhak melakukan pembelaan didepan forum organisasi. Berhak menggantikan sekretaris jendral bila diaman datir. Berwewenang membantu ketua dibidang Pemberdayaan yang berhuhbungan dengan administrasi dan kesekretariatan. organisasi dibidang Pemberdayaan Organisasi. pelaksana tugas adalah adalah anggota yang mandatir. memilih pelaksana tugas melalui forum organisasi. Kedudukan Berkedudukan sebagai pelaksana harian organisasi dibidang

Organinsasi dalam mengelola dan mengembangkan kegiatan administrasi dan kesekretariatan organisasi dibidang Pemberdayaan Organinsasi D. 1. Tugas dan Kewajiban Bertugas membantu ketua dibidang Pemberdayaan Organinsasi dalam pelaksanaan, menyelessaikan, mengkoordinir, dan memeriksa kegiatan organisasi dibidang Pemberdayaan Organinsasi. 2. Berkewajiban membantu ketua dibidang Pemberdayaan Organinsasi dalam mempertanggung jawabkan kegiatan administrasi dan kesekretariatan organisasi dibidang Pemberdayaan Organinsasi. Ketua Bidang Pengembangan Potensi Mahasiswa.

20

A. 1. 2.

Kedudukan Berkedudukan sebagai pelaksana harian organisasi dibidang Bilamana ketua bidang Pengembangan Potensi Mahasiswa Pengembangan Potensi Mahasiswa. berhalangan tidak tetap maka pelaksana tugas adalah anggota bidang yang mandatir. 3. organisasi. Bila mana ketua bidang Pengembangan Potensi Mahasiswa berhalangan tetap, maka pengurus memillih pelaksana tugas melalui forum

B. 1. 2. C.

Fungsi dan Tanggung Jawab Berfungsio sebagai pelaksana dan pengawas kegiatan organisasi Bnertanggung jawab atas pelaksanaan adn pengwasan kegiatan dibidang bidang Pengembangan Potensi Mahasiswa. organinsaasi dibidang Pengembangan Potensi Mahasiswa.

Hak dan Wewenang 1. 2. 3. bila dimandatir. 4. Berwewenang untuk mengelola dan mengembanngkan kegiatan organisasi dibidang Pengembangan Potensi Mahasiswa. Memiliki hak interpelasi berpendapat, menjawab, menyanggah Berhak melakukan pembelaan didepan forum organisasi. Berhak menggantikan ketua umum jika berhalangan tidak tetap, hal-hal yang berhubungan dengan Bidang Pengembangan Potensi Mahasiswa.

D.

Tugas dan Kewajiban 1. 2. Bertugas melaksanakan, menyelesaikan, mengkoordinir, dan memeriksa Berkewajiban mempertanggung jawabkan kegiatan kegiatan organisasi kegiatan organisasi dibidang Pengembangan Potensi Mahasiswa. dibidang Pengembangan Potensi Mahasiswa kepada ketua umum. Sekretaris Bidang Pengembangan Potensi Mahasiswa. A. Kedudukan

21

1.

Berkedudukan sebagai pembantu katua bidang Pengembangan

Potensi Mahasiswa dalam melaksanakan tugas harian administrasi dan kesekretariatan organisasi bidang Pengembangan Potensi Mahasiswa. 2. 3. B. 1. 2. C. 1. Bila mana sekretaris berhalangan tidak tetap, maka pelaksana Bila mana sekretaris berhalangan tetap, maka pengurus memilih Fungsi dan Tanggung Jawab Berfungsi sebagai pembantu ketua dibidang Pengembangan Bertanggung jawab atas pelaksanaan dan pengawasan kegiatan Hak dan Wewenang Memiliki hak interpelasi berpendapat, menjawab,,menyanggah hal-hal yang berhubungan dengan administrasi dan kesekretariatan di bidang pengembangan potensi mahasiswa. 2. 3. 4. Berhak melakukan pembelaan di depan forum organisisai. Berhak mengantikan Sekretaris Jendral bila dimandatir. Berwewenang untuk membantu ketua di bidang pengembangan Potensi Mahasiswa. organisasi dibidang Pengembangan Potensi Mahasiswa. tugas adalah anggota bidang yang mandatir. pelaksana tugas melalui forum organisasi.

Potensi Mahasiswa dalam mengelola dan mengembangkan kegiatan Administrasi dan Kesekretariatan organisasi di bidang pengembangan potensi Mahasiswa. D. 1. Tugas Dan Tanggung Jawab Bertugas membantu ketua Bidang Pengembangan Potensi Mahasiswa dalam Pelaksanaan, Mengkoodinir, dan Memeriksa Kegiatan Organisasi dibidang Pengembangan Potensi Mahasiswa. 2. Berkewajiban Membantu Ketua dibidang Pengembangan Potensi Mahasiswa Dalam mempertanggung Jawabkan Kegiatan Administrasi dan kesekretariatan organisasi dibidang pengembangan Potensi Mahasiswa kepada Sekretaris Jendral.

22

Ketua Bidang advokasi Dan Hak Asasi Manusia A. 1. 2. yang mandatir. 3. organisasi. B. 1. Fungsi Dan tanggung Jawab Berfungsi sebagai pembantu Ketua bidang Advokasi dan Hak ASASI Manusia (HAM) dalam melaksanakan dan mengawasi tugas harian Administrasi dan kesekretariatan dibidang Advokasi dan Hak Asasi Manusia 2. C. 1. (HAM) . 2. 3. 4. Berhak melakukan pembelaan di depan forum organisasi. Berhak mengatikan sekretaris Jendral bila dimandatir. Berwewenang untuk membantu ketua bidang Advokasi dan Hak Bertanggung Jawab atas pelaksanaan dan pengawasn kegiatan Hak Dan Wewenag Memilki hak interpilsasi berpendapat, menjawab, menyanggah hal-hal yang berhbungan dengan bidang Advokasi dan Hak Asasi Manusia organisasi dibidang Advokasi dan Hak Asasi Manusia. Bila mana ketua bidang Advokasi dan Hak Asasi Manusia (HAM) berhalangan tetap, makapengurus memilih pelaksan tugas melalui forum Kedudukan Berkedudukan Sebagai Pelaksana harian organisasi dibidang Bila mana ketua bidang Advokasi dan Hak Asasi Manusia Advokasi dan Hak Asasi Manusia (HAM). (HAM) Berhalangan tidak tetap maka pelaksana tugas adalah anggota bidang

Asasi Manusia dalam mengelola dan mengembangkan kegiatan Administrasi dan kesekretariatan organisasi dibidang Advokasi dan Hak Asasi Manusia. D. 1. Tugas Dan Tanggung Jawab Bertugas membantu ketua bidang Advokasi dan Hak Asasi dan memriksa Manusia dalam pelaksanaan, menyelesaikan, mengkoodinir, kegiatan organisasi dibidang pemberdayaan organisasi.

23

2. Manusia

Berkewajiban membantu ketua bidang Advokasi Dan Hak Asasi dalam mempertanggng jawabkankegiatan administrasi dan

kesekretariatan organisasi dibidang Advokasi dan Hak Asasi Manusia kepada Sekretaris Jendral. Ketua Bidang Komunikasi Dan Kerja Sama A. 1. 2. 3. B. 1. 2. C. 1. Manusia. 2. organisasi. 3. 4. Berhak mengatikan Mengantikan ketua Umumjika Berwewenang untuk mengelola dan berhalangan tidak tetap, bila dimandatir. mengembangkan kegiatan organisasi dibidang komunikasi dan kerja sama. Berhak melakukan pembelaan di depan forum Kedudukan Berdasarkan sebagai pelaksana harian organisasi dibidang Komunikasi Bila mana ketua bidang komunikasi dan kerja sama berhalangan tidak Bila mana ketua bidang Komuniakasi dan kerja sama berhalangan tetap Fungsi Dan Tanggung Jawab Berfungsi sebagai pelaksana dan pengaws kegiatan Bertanggung jawab atas pelaksanaan dan pengawasan Hak Dan Wewenang Memilki hak interpilsasi berpendapat, menjawab, menyanggah hal-hal yang berhbungan dengan bidang Advokasi dan Hak Asasi organisasi dibidang komunikasi dan kerja sama. kegiatan organisasi dibidang komunikasi dan kerja sama. dan kerja sama. tetap maka pelaksana tugas adalah anggota bidang yang mandatir. maka, pengurus memilih pelaksana tugas melalui forum.

D.

Tugas Dan Tanggung Jawab

24

1. sama. 2.

Bertugas

menyelesaikan,

mengkoodinir, dan memeriksa kegiatan organisasi dibidang Komunikasi dan kerja Berkewajiban mempertanggung

jawabkan kegiatan organisasi dibidang Komunikasi dan kerja sama. Sekretatris Bidang Komunikasi Dan kerja sama A. 1. 2. 3. B. Fungsi Dan Tanggung Jawab 1. Berfungsi sebagai pembantu ketua bidang Komnikasi dan kerja sama dalam melaksanakan dan mengawasi program harian administrasi dan kesekretariatan organisasi dibidang Komunikasi dan kerja sama. 2. Bertanggung jawb atas pelaksanaan dan pengawasan administrasi dan kesekretariatan organissi dibidang Komunikasi dan kerja sama. C. Hak Dan Kewajiban berhbungan dengan bidang Komunikasi dan kerja sama. 2. Berhak melakukan pembelaan di depan forum organisasi. 3. Berhak mengatikan Mengantikan Sekretaris Jendral bila dimandatir. 4. Berwewenang untuk membantu ketua bidang Komunikasi dan kerja sama dalam mempertanggung jawabkan kegiatan administrasi dan kesekretariaratan organisasi dibidang Komunikasi dan kerja sama. 1. Memilki hak interpilsasi berpendapat, menjawab, menyanggah hal-hal yang kerja sama. Bila ketua bidang Komunikasi dan kerja sama berhalangan tidak tetap Bila mana ketua bidang Komunikasi dan kerja sama berhalangan tetap maka pelaksan tugas adalah anggota bidang yang mandatir. maka, pengurus memilih pelaksana tugas melalui forum organisasi. Kedudukan Berfungsi sebagai pelaksana harian organisasi di bidang komunikasi dan

25

Pasal 11 Pembentukan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) 1. Ketua HMJ dipilh oleh seluruh Mahasiswa ditingkat Juruan. 2. Tata tertib dan tata cara pemilhan diatur oleh Jurusan melalui forum organisasi. 3. Ketua HMJ adalah tidak sedang menjabat dan atau pengurus pada organisasi Kemahsiswaan STMIK Ichsan Gorontalo. 4. Persyaratan Ketua HMJ : Warga Negara Indonesia Mahsiswa yang mendaftar dan Sah di STMIK Ichsan Gorontalo Pengurus HMJ tidak diperkenankan merangkap jabatan pada pengurus HMJ adalah lembaga Mahasiswa dan konsolidatif untuk Program-program

organisasi Kemahasiswaan STMIK Ichsan Gorontalo. LKKMPS. Pasal 12 Anggota Bidang A. Kedudukan Berkeduddukan Sebagai Pembantu Ketua Bidang dalam melaksanakan tugas harian organisasi di masing-masing bidang. B. Fungsi dan Tanggung Jawab Berfungsi sebagai Ketua bidang dalam melaksanakan tugas harian Organisasi pada bidang masing-masing. Bertanggung jawab atas Pelaksanaan tugas Organisasi dibidang masing-masing. C. Hak dan Wewenang Memiliki hak interpelasi berpendapat, menjawab,,menyanggah hal-hal yang berhubungan dengan administrasi dan kesekretariatan di bidang pengembangan potensi mahasiswa Berhak melakukan pembelaan didepan forum Organisasi. Berwewenang untuk membantu ketua bidang dalam mempertanggung jawabkan kegiatan administrasi daqn kesekretariatan organisasi dibidang masing-masing.

26

D. Tugas dan Kewajiban Bertugas membantu ketua bidang dalam melaksanakan, menyelesaikan, mengkoordinir dan memeriksa kegiatan administrasi dan kesekretarian organisasi dibidang masing-masing Berkewajiban membantu ketua bidang dalam mempertanggung jawabkan kegiatan administrasi dibidang masing-masing pada ketua umum Pasal 13 Hak dan Kewajiban Pengurus A. Setiap pengurus mempunyai suara dan hak bicara B. Berhak mendapatkan fasilitas dari institusi C. Aktif selama dalam kepengurusan D. Menjaga nama baik organisasi E. Wajib mengutamakan kepentingan organisasi daripada kepentingan pribadi dan golongan F. Setiap pengurus berkewajiban mematuhi dan melaksanakan keputusan MUSWA Pasal 14 Kehilangan Hak Kepengurusan Pengurus MAPERWA /BEM kehilangan hak kepengurusannya bila : 1. 2. 3. 4. organisasi 5. paripirna. Point 2,3,4,5 dinyatakan sah apabila diputuskan dalam sidang Meniggal Dunia Menyelesaikan Studi Mengundurkan diri atas permintaan sendiri Melakukan pelanggaran dan atau pencemaran nama baik

27

Pasal 15 Sanksi A. Majelis Perwakilan Mahasiswa (MAPERWA) 1. 2. 3. 4. Pengurus MAPERWA yang melakukan tugas dan kewajibannya akan Apabila ketua umum melakukan pelanggaran dan atau pencemaran nama Apabila peringatan yang diberikan tidak diindahkan, maka tuntutan Pengurus yang telah dicabut hak kepengurusannya dapat diganti oleh yang diberkan peringatan oleh ketua umum sampai tiga kali baik tulisan maupun lisan. baik organisasi akan diberikan peringatan secara tertulis melalui forum. pencabutan hak kepengurusannya dilakukan melalui sidang paripurna. mengutusnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. B. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) 1. lisan. 2. BEM tidak Apabila dalam pandangan umum MAPERWA ketua umum melakukan tugasnya dan melanggar AD/ART lembaga Pengurus BEM yang melakukan tugas dan kewajibannya akan diberikan peringatan oleh ketua umum sampai tiga kali baik tulisan maupun

kemahasiswaan, maka MAPERWA dapat mengeluarkan MEMORANDUM 1 sampai dengan batas waktu 3 minggu, setelah keputusan ditetapkan BEM harus memperlakukannya, kemudian apabila sesudah batas tersebut BEM masih melakukan kesalahan, maka MAPERWA mengeluarkan MEMORANDUM 2 dengan batas waktu 2 minggu, sesudah keputusan itu maka BEM harus memperbaikinya, maka tuntutan pencabutan hak kepengurusan dilakuakn melalui sidang paripurna dengan memilih ketua umum yang baru. Pasal 16 Pembelaan

28

Pengurus MAPERWA/BEM yang melakukan pelanggaran dan atau pencemaran nama baik organisasi dikenakan sanksi dan masing-masing diberikan kesempatan utnuk melakukan pembelaan diri pada sidang paripurna. Pasal 17 Anggaran 1. 2. BEM pada permulaan masa tugasnya berkewajiban menyusun anggaran Dalam hal dibutukan perubahan anggaran pendapatan BEM berhak

pendapatan BEM yang disetujui MAPERWA. mengadakan perubahan anggaran tersebut dengan persetujuan MAPERWA STMIK Ichsan Gorontalo Pasal 18 Iuran Anggota 1. 2. 3. Iuran anggota dipungut pada permulaan tahun ajaran Besar dan pungutan iuran anggota diserahkan kepada Dana yang diperuntukkan untuk MAPERWA adalah 20%

kebijaksanaan BEM dengan persetujuan MAPERWA. dari iuran anggota yang diperoleh dari BEM. Pasal 19 Sumbangan 1. 2. Dana sumbangan adalah dana yang didapat dari berbagai macam sumber HMJ, UKM/UKK dengan mengatas namakan lembaga kemahasiswaan

diluar lembaga STMIK Ichsan Gorontalo. STMIK Ichsan Gorontalo harus memberi laporan kepada BEM Pasal 20 Dana Hasil Kegiatan 29

1.

Dana hasil kegiatan pada lembaga kemahasiswaan STMIK Ichsan

Gorontalo adalah hasil yang berupa uang atau materi yang dapat diuangkan dari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. 2. Hal-hal megenai peraturan pembagian dan hasil kegiatan yang diperoleh diatur oleh organisasi kemahasiswaan itu sendiri. Pasal 21 Dana Kegiatan HMJ, UKM / UKK 1. UKM / UKK itu sendiri. 2. 3. HMJ, UKM / UKK berhak mengajukan permohonanan dari HMJ, UKM / UKK melaporkan pengunaan dana yang kepada BEM STMIK Ichsan Gorontalo. berasal dari dan BEM kepada BEM STMIK Ichsan Gorontalo. BAB IV SIDANG-SIDANG MAPEWRWA Pasal 22 Sidang Istimewah 1. Sidang Istimewah merupakan sidang khusus untuk pembahasan pembuatan AD/ART kemahasiswaan STMIK Ichsan Gorontalo. 2. Sidang istimewah dinyatakan sah apabila dihadiri oleh 2/3 angota MAPERWA STMIK Ichsan Gorontalo. Pasal 23 Sidang Paripurna 1. Sidang Paripurna merupakan kekuasaan tertinggi dalam MAPERWA STMIK Ichsan Gorontalo. 30 Pendanaan HMJ, UKM / UKK menjada otonomi HMJ,

2. Sidang Paripurna dianggap sah apabila dihadiri oleh 1/2 n + 1 anggota MAPERWA STMIK Ichsan Gorontalo. 3. Sidang paripurna mempunyai Wewenang untuk memilih ketua Ketua MAPERWA, Pengesahan Ketua BEM STMIK Ichsan Gorontalo, membuat keputusan-keputusan selama setahun masa jabatan dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pelaksanaan garis besar kebijaksanaan lembaga kemahasiswaan STMIK Ichsan Gorontalo. Pasal 24 Sidang Komisi 1. Sidang Komisi MAPERWA STMIK Ichsan Gorontalo dipimpin oleh oleh ketua dan sekretaris Komisi. 2. Sdang Komisi MAPERWA diadakan untuk membahas masalah-masalah sesuai dengan bidangnya masing-masing, menetukan rencana kerja, dan menanggapi masalah-masalah sesuai dengan bidanmgnya. Pasal 25 Pleno 1. Pleno dilaksanakan oleh MAPERWA sekali dalam tiga bulan. 2. Pleno MAPERWA dilaksanakan untuk mengevaluasi kepengurunsan BEM dan amanah Organisasi dalam triwulan berlalu. Pasal 26 Rapat Kerja Rapat kerja dilaksanakan oleh pengurus Bem sesuai dengan amanah MUSWA dan rapat dihadiri dari unsur HMJ, UKM, STMIK Ichsan Gorontalo untuk menyusun Program kerja satu periode kepengurusan . Pasal 26 31

Rapat Pengurus Rapat Pengurus dapat dilaksanakn sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan Organisasi demi memperlancar mekanisme kerja, pelaksanaan program dan kegiatan-kegiatan Organisasi lainnya yang ditentukan dalam rapat intern pengurus. Pasal 28 Rapat Koordinasi Rapat Koordinasi dilaksanakan oleh BEM dalam upaya melaksanakan Koordinasi dan Konsultasi antar anggota dan pengurus lembaga Kemahasiswaan dilingkungan STMIK Ichsan Gorontalo. BAB V ATRIBUT Pasal 30 Atribut Organisasi terdiri dari : 1. Lambang Organisasi (MAPERWA / BEM) disesuaikan dengan lembaga institut. 2. Topi dengan Identitas : a. b. c. 3. a. kanan. b. c. sebelah kanan. 4. a. b. Kop Surat Manual : Lambang Organisasi (MAPERWA / BEM) ujung sebelah kanan kertas. Samping kiri kertas lambang Organisasi (MAPERWA / BEM) manual : 32 Lambang Organisasi (MAPERWA / BEM) terpasang Papan nama (MAPERWA / Bem) terpasang dilengan dikantong sebelah kiri depan. Bagian depan lambang Organisasi (MAPERWA / BEM) Sebelah kiri nama pengurus. Sebelah kanan nama lembaga. Jas warna hijau dengan Identitas : Papan nama Pengurus dengan jabatan terpasang sebelah

1. baris Pertama bernama Organisasi (MAPERWA / BEM) 2. baris kedua nama Institut 3. baris ketiga alamat Organisasi 4. ditutup dengan garis tebal dibawah kop surat 5. 6. a. b. c. tulisan hitam. 7. 8. a. b. c. Pin lembaga Kemahasiswaan (MAPERWA / BEM). Cap Organisasi MAPERWA / BEM Berbentuk segi lima dengan berlambang Institut Berdiameter 3 CM Tinta berwarna BAB VI PERUBAHAN ANGGARAN RUMAH TANGGA (ATR) Pasal 31 1. Perubahan anggaran Rumah Tangga (ART) Organisasi hanya dapat Bentuk Surat (dinas) Bendahara (MAPERWA / BEM) Warna Ukuran Tulisan : Sesuai dengan bendera Institut. : 2 x 1,5 M : MAPERWA STMIK Ichsan Gorontalo, warna

dilakukan atas usulan anggran MAPERWA Sekurang-kurangnya 1/5 dari anggaran anggota MAPERWA. 2. Perubahan ART dilakukan melalui mekanisme sidang Istimewah. BAB VII ATURAN TAMBAHAN Pasal 32 Mekanisme Rekrutmen Anggota MAPERWA

33

1.

Perubahan Anggaran Rumah Tangga (ART) Organisasi hanya dapat

dilakukan atas usulan anggota MAPERWA Sekurang-kurangnya 1/5 dari anggota MAPERWA . 2. Perubahan ART dilakukan melalui mekanisme sidang Istimewah.

BAB VII ATURAN TAMBAHAN Pasal 32 Mekanisme Rekrutmen Anggota MAPERWA 1. 2. 3. Jumlah mahasiswa dibagi jumlah kursi yang ada di MAPERWA sama Jumlah mahasiswa jurusan dibagi jumlah 1(satu) kursi sama dengan jumlah Contoh perolehan kursi MAPERWA 4225 Mhs = 1 (satu kursi Jumlah Kursi 25 Kursi = 169 Mhs (satu kursi)

dengan satu kursi. jatah kursi yang diperoleh jurusan.

Total Mahasiswa

Total Jlh Jur A = 1 (satu Kursi Jumlah 1 Kursi

1189 Mhs = 7 kURSI 168 Mhs Pasal 33

34

Hal-hal yang belum diatur dalam ART akan diatur dalam aturan tersendiri yang akan ditetapkan dengan senan tiasa merujuk kepada AD/ART organisasi.

BAB VIII PENUTUP Pasal 34 1. Anggaran Rumah Tangga ini berlaku saetelah disahkan melalui sidang istimewa MAPERWA STMIK Ichsan Gorontalo. 2. Dengan ditetapkan Anggaran Rumah Tangga ini maka anggaran rumah tangga sebelumnya dinyatakan tidak berlaku. Gorontalo, . . . . . PANITIA PENYUSUN (PANSUS) AD/ART STIMK Ichsan Gorontalo 1. Purnama Gandhi Mokoagow (Koordinator) 2. Randi Nayoan 3. Moh.Yuda Pampaile 4. Nilham Kasim () () () ()

35

36