33406331 rusun presentasi rumha susun konteks hukum

7
Kajian Teoritis PENGERTIAN Teori Tentang Rumah Susun No.16 UU tahun 1985 tentang rumah susun, pasal 1 ayat 1, Rumah Susun adalah bangunan gedung bertingkat yang dibangun dalam suatu lingkungan yang terbagi dalam bagian-bagian yang distrukturkan secara fungsional dalam arah horisontal maupun vertikal dan merupakan satuan-satuan yang masing-masing dapat dimiliki dan digunakan secara terpisah terutama untuk tempat hunian yang dilengkapi dengan bagian bersama, benda bersama dan tanah bersama Satuan rumah susun, bagian bersama, benda bersama dan tanah bersama 1. Satuan rumah susun adalah rumah susun yang tujuan digunakan sebagai tempat hunian. 2. Bagian bersama adalah bagian rumah susun yang dimiliki secara tidak terpisah untuk pemakaian bersama. 3. Benda bersama adalah benda yang bukan merupakan bagian rumah susun tetapi yang dimiliki secara tidak terpisah untuk pemakaian bersama. 4. Tanah bersama adalah sebidang tanah yang digunakan atas dasar hak bersama secara tidak terpisah Yang diatasnya berdiri rumah susun dan ditetapkan batasnya dalam persyaratan ijin bangunan. Jadi rumah susun merupakan suatu pengertian yuridis arti bangunan gedung bertingkat yang senantiasa mengandung sistem kepemilikan perseorangan dan hak bersama, yang penggunaannya bersifat hunian atau bukan hunian. Secara mandiri ataupun terpadu sebagai satu kesatuan sistem pembangunan

Upload: malik-nasution

Post on 29-Dec-2015

9 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

jjj

TRANSCRIPT

Page 1: 33406331 Rusun Presentasi Rumha Susun Konteks Hukum

Kajia

nTeo

ritis

PENGERTIAN

Teori Tentang Rumah Susun

No.16 UU tahun 1985 tentang rumah susun, pasal 1 ayat 1,

Rumah Susun adalah bangunan gedung bertingkat yang dibangun dalam suatu lingkungan yang terbagi dalam bagian-bagian yang distrukturkan secara fungsional dalam arah horisontal maupun vertikal dan merupakan satuan-satuan yang masing-masing dapat dimiliki dan digunakan secara terpisah terutama untuk tempat hunian yang dilengkapi dengan bagian bersama, benda bersama dan tanah bersama

Satuan rumah susun, bagian bersama, benda bersama dan tanah bersama

1. Satuan rumah susun adalah rumah susun yang tujuan digunakan sebagai tempat hunian.

2. Bagian bersama adalah bagian rumah susun yang dimiliki secara tidak terpisah untuk pemakaian bersama.

3. Benda bersama adalah benda yang bukan merupakan bagian rumah susun tetapi yang dimiliki secara tidak terpisah untuk pemakaian bersama.

4. Tanah bersama adalah sebidang tanah yang digunakan atas dasar hak bersama secara tidak terpisahYang diatasnya berdiri rumah susun dan ditetapkan batasnya dalam persyaratan ijin bangunan.

Jadi rumah susun merupakan suatu pengertian yuridis arti bangunan gedung bertingkat yang senantiasa mengandung sistem kepemilikan perseorangan dan hak bersama, yang penggunaannya bersifat hunian atau bukan hunian. Secara mandiri ataupun terpadu sebagai satu kesatuan sistem pembangunan

Page 2: 33406331 Rusun Presentasi Rumha Susun Konteks Hukum

Kajia

nTeo

ritis

Tujuan Pembangunan Rumah Susun

Tujuan Khusus Pembangunan Rumah Susun :untuk mengendalikan lajunya pembangunan rumah-rumah biasa yang banyak memakan lahan.

Sasaran Penghuni Rumah Susun:• Masyarakat yang terkena langsung proyek peremajaan dan pembangunan• Masyarakat sekitar yang berada dalam lingkup kumuh yang segera akan

dibebaskan• Target jual ditujukan pada masyarakat berpenghasilan menengah kebawah,

dengan penghasilan antara Rp. 600.000 sampai Rp. 1.500.000

UU No. 16 tahun 1985 Tentang Rumah Susun, Tujuan Pembangunan Rumah Susun adalah:

Memenuhi kebutuhan perumahan yang layak bagi rakyat, terutama bagi golongan masyarakat yang berpenghasilan menengan kebawah, yang menjamin kepastian hukum dalam pemanfaatannya.Meningkatkan daya guna dan hasil guna tanah didaerah perkotaan dengan memperhatikan kelestarian sumber daya alam dan menciptakan lingkungan permukiman yang lengkap, serasi dan seimbang.

Page 3: 33406331 Rusun Presentasi Rumha Susun Konteks Hukum

Kajia

nTeo

ritis

Tujuan Pembangunan Rumah Susun

Persyaratan Teknis Pembangunan Rumah Susun

1. Ruang; memenuhi fungsi utamanya sebagai tempat tinggal sehari-hari, tempat usaha atau fungsi ganda.

2. Struktur, komponen dan bahan bangunan; memperhatikan prinsip koordinasi modular dan syarat konstruksi

3. Kelengkapan rumah susun; dilengkapi dengan alat transportasi bangunan, pintu dan tangga darurat kebakaran, alat dan sistem alarm kebakaran, penangkal petir, jaringan air bersih, , saluranpembuangan air hujan, saluran pembuangan air limbah, tempat sampah tempat jemuran, kelengkapan pemeliharaan bangunan, jaringan listrik, generator listrik, gas.

4. Kepadatan dan tata letak bangunan; memperhitungkan (KDB), (KLB), ketinggian dan kedalaman bangunan serta penggunaan tanah untuk mencapai optimasi daya guna dan hasil guna tanah..

Page 4: 33406331 Rusun Presentasi Rumha Susun Konteks Hukum

Kajia

nTeo

ritis

Tujuan Pembangunan Rumah Susun5. Satuan rumah susun

Mempunyai ukuran yang standar minimum 18 m2 dengan lebar muka minimal 3 m- Dapat terdiri dari satu ruang utama (ruang tidur)dan ruang lain (ruang

penunjang)didalam dan/atau diluar ruang utama.- Dilengkapi dengan sistem penghawaan dan pencahayaan buatan yang cukup,

sistem evakuasi penghuni yang menjamin kelancaran dan kemudahan, sistem penyediaan daya listrik yang cukup dan menerus, serta sistem pemompaan air secara otomatis.

- Batas pemilikan satuan rumah susun dapat berupa ruang tertutup dan/atau sebagian terbuka dan/atau ruang terbuka.

6. Benda bersamaBenda bersama dapat berupa prasarana lingkungan dan fasilitas lingkungan.

7. Bagian BersamaBagian bersama dapat berupa ruang untuk umum, struktur dan kelengkapan rumah susun, prasarana lingkungan dan fasilitas lingkungan yang menyatu dengan bangunan rumah susun.

8. Prasarana lingkunganPrasarana lingkungan berupa jalan setapak, jalan kendaraan sebagai penghubung antar bangunan rumah susun atau keluar lingkungan rumah susun, tempat parkir dan/atau tempat penyimpanan barang, utilitas umum yang terdiri dari jaringan air limbah, jaringan sampah, jaringan pemadam kebakaran, jaringan listrik, jaringan gas, jaringan telepon dan alat komunikasi lainnya.

9. Fasilitas lingkunganLingkungan rumah susun harus dilengkapi fasilitas perniagaan dan perbelanjaan, lapangan terbuka, pendidikan, kesehatan, peribadatan, fasilitas pemerintah dan pelayanan umum serta pemakaman dan pertamanan.

Page 5: 33406331 Rusun Presentasi Rumha Susun Konteks Hukum

Kajia

nTeo

ritis

Teritorialitas Attitude di Rumah Susun

TERITORIALITAS

Menurut Victor Hugo, (Sommmer, Robert, Personal Space : The Behavioral Basisof Design, Pretince Hall Inc, New Jersey, 1969)“ Every man a property owner, no one master”, Yang dapat diartikan bahwa setiap orang memiliki daerah pribadi.

Menurut Edwart T. Hall dalam buku The Hidden Dimension, 1966 “…. Behaviour by which an organisn characteristically lays claim to an area and defend it against member of its species.” , teritorialitas adalah perilaku pengakuan suatu daerah oleh individu yang akan dilindungi dari gangguan dari individu lainGary T. Moore, Environment Behaviour Studies dalam buku Introduction to Architecture(1979) menyatakan 5 yang berkenaan dengan objek-objek, tempat-tempat, wilayah geografis yang ukuran luasnya tidak tertentu dan karateristik teritori sebagai berikut:1. Teritori mempunyai bentuk misalnya benda, mainan, kursi, kamar, rumah

sampai Negara.2. Teritori menyangkut masalah kepemilikan/ kendali terhadap penggunaan suatu

tempat/ objek. 3. Pemilik teritori akan memberikan identitas dirinya dengan menggunakan

simbol-simbol ataupun benda-benda sebagai tanda.4. Teritori dapat dikuasai, dimiliki atau dikendalikan oleh seorang individu ataupun

kelompok-kelompok.5. Teritori berhubungan dengan kepuasan terhadap kebutuhan/ dorongan atas

status.

Page 6: 33406331 Rusun Presentasi Rumha Susun Konteks Hukum

Kajia

nTeo

ritis

Teritorialitas Attitude di Rumah Susun

Teritori umum terbagi dalam 3 tipe:a. Yang dapat disewa. Kendalinya terjadi pada waktu

penggunaannya, jika waktunya sudah habis, maka pemakaiannya harus berhenti.

b. Secara bergantian, dalam hal ini menyangkut aturan pakainya, yaitu merupakan akses terhadap tujuan misalnya bergantian menggunakan lapangan olah raga dan sebagainya.

c. Ruang terpakai, menyangkut daerah sekeliling, yang secara sementara dianggap di bawah kendalinya (seperti pada rumah susun)

Page 7: 33406331 Rusun Presentasi Rumha Susun Konteks Hukum

Terima kasih