290703551 leaflet hordeolum ichad

Upload: debbie-yournita

Post on 06-Mar-2016

135 views

Category:

Documents


10 download

DESCRIPTION

hordeolum

TRANSCRIPT

PERAWATAN PAYUDARA PADA IBU SETELAH MELAHIRKAN

RSUD SULTAN SYARIF MOHAMAD ALKADRIE KOTA PONTIANAK

APA ITU HORDEOLUM ?

Hordeolum (Bintitan) adalah radang yang terjadi pada kelenjar minyak di kelopak mata. Biasanya sembuh sendiri dengan diberi kompres hangat.

PENYEBAB

Hordeolum biasanya merupakan infeksi bakteri staphylococcus pada kelenjar minyak (sabasea) kelopak mata.

JENIS HORDEOLUM

Gambaran Hordeolum hampir sama dengan gambaran jerawat. Hordeolum dibagi menjadi Hordeolum internum dan eksternum. Hordeolum internum adalah hordeolum yang menonjol ke arah mata. Hordeolum eksternum memberikan gambaran berupa penonjolan kearah keluar. Hordeolum bisa terbentuk lebih dari 1 hordeolum pada saat yang bersamaan.

TANDA dan GEJALA

a) Pembengkakanb) Nyeri pada kelopak matac) Kalau menunduk rasa sakit bertambahd) Tampak suatu benjolan setempate) Warna kemerahanf) Nyeri tekang) Mata terkadang berairh) Peka terhadap cahaya terang dan penderita merasa ada sesuatu di matanyai) Pembengkakan pada sebagian kelopak mata atau kadang seluruh kelopak membengkakj) Ditengah daerah yang membengkak seringkali bintik kecil yang berwarna kekuningan

internumeksternum

BAGAIMANA MENCEGAHANNYA?

Pencegahan hordeolum dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan wajah dan membiasakan mencuci tangan sebelum menyentuh wajah agar hordeolum tidak mudah berulang, dengan mengusap kelopak mata dengan lembut menggunakan washlap hangat untuk membersihkan ekskresi kelenjar lemak, menjaga kebersihan peralatan make-up mata agar tidak terkontaminasi oleh kuman, dan menggunakan kacamata pelindung jika bepergian di daerah berdebu.

PROGNOSIS

Hordeolum biasanya sembuh spontan dalam waktu 1-2 minggu. Resolusi lebih cepat dengan penggunaan kompres hangat dan ditutup yang bersih. Hordeolum internal terkadang berkembang menjadi chalazion, yang mungkin memerlukan steroid topikal atau intralesi atau bahkan insisi dan kuretase.

Penanganan

Pada umumnya hordeolum dapat sembuh sendiri (self-limited) dalam 1-2 minggu. Namun tak jarang memerlukan pengobatan secara khusus, obat topikal (salep atau tetes mata antibiotik) maupun kombinasi dengan obat antibiotika oral (diminum). Segera ke dokter bila gejala tidak kunjung hilang.