22 okt 2014

Upload: chambo-jack

Post on 02-Jun-2018

215 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

  • 8/10/2019 22 okt 2014

    1/1

    pemenggalan kata kar-bo-hid-rat

    pemenggalan kata mik-ro-bi-o-lo-gi

    tahun mulai penggunaan EYDTanggal 16 Agustus 1972

    ciri2 pemerintahan presidensial

    Dikepalai oleh seorang presiden sebagai kepala pemerintahan sekaligus kepalanegara. Kekuasaan eksekutif presiden diangkat berdasarkan demokrasi rakyat dan dipilih langsung oleh mereka atau melalui badan perwakilan rakyat. Presiden memiliki hak prerogratif (hak istimewa) untuk mengangkat dan memberhentikan menteri-menteri yang memimpin departemen dan non-departemen. Menteri-menteri hanya bertanggung jawab kepada kekuasaan eksekutif (bukan kepada kekuasaan legislatif). Kekuasaan eksekutif tidak bertanggung jawab kepada kekuasaan legislatif. Kekuasaan eksekutif tidak dapat dijatuhkan oleh legislatif.

    Tujuan Gerakan Non-Blok ditetapkan dalam KTT I di Beograd pada tahun 1961. Tujuan didirikannya Gerakan Non-Blok adalah :

    1. Mendukung perjuangan dekolonisasi dan memegang teguh perjuangan melawan imperialisme, kolonialisme, neokolonialisme, rasialisme, dan zionisme.2. Wadah perjuangan negara-negara yang sedang berkembang.3. Mengurangi ketegangan antara Blok Barat yang dipimpin Amerika Serikat dan Blok Timur yang dipimpin oleh Uni Soviet.4. Tidak membenarkan usaha penyelesaian sengketa dengan kekerasan senjata.

    Pemenggalan eks-klu-si-vis-me