18/12/2016 shalom saudara yang dikasihi tuhan, hari ini kita semua bersukacita sebab tepat tanggal 4...

16
SEPTEMBER 2016 Buletin Rayon 3 18/12/2016

Upload: duongnhi

Post on 14-Mar-2019

224 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

SEPTEMBER 2016

Buletin Rayon 3

18/12/2016

DAFTAR ISI

2 Warrior Bride - September 2016 3Warrior Bride - Oktober 2016

PASTOR’S MESSAGE

Salam sejahtera dalam kasih Kristus,

Jemaat Rayon III yang dikasihi TUHAN YESUS, di bulan ini tepatnya tanggal 3 Oktober 2016 kita memasuki tahun baru Ibrani 5777 (Ayin Zayin). Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa Ayin bicara tentang Mata. Sedangkan Zayin (angka 7) paling tidak memiliki 3 (tiga) pengertian yakni :

1. Zayin sebagai angka 7 memiliki arti SABAT atau PERHENTIAN (Kej 2:3) Tahun Ayin Zayin ini angka 7-nya ada 3, berarti “Triple Sabat”. Apa maknanya untuk kita? Memasuki tahun Ayin Zayin TUHAN mau agar kita semua banyak masuk hadirat TUHAN. Banyak masuk menara doa, banyak intim sama TUHAN, banyak bangun hubungan dengan TUHAN. Dan ini tidak bisa terjadi dengan sendirinya. Kita harus kejar hadirat TUHAN dengan sungguh-sungguh. Banyak berdoa, memuji dan menyembah TUHAN, masuk menara doa/rumah doa.

2. Zayin melambangkan PEDANGDua bulan lalu saat berada di Korea, dalam acara konferensi anak muda, Bunda Kristin mendapat sebuah pengelihatan pedang yang sangat besar. Bunda bertanya kepada TUHAN apakah ini Pedang Roh, atau Pedang Pembe-basan? Tetapi TUHAN menjawab bahwa ini adalah PEDANG PEMISAHAN, yang memi-sahkan antara kambing dengan domba.

“Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku da-tang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang.” (Matius 10:34)

Setelah mendapat data dari prophetic research team di Pusat, salah satu arti Zayin adalah Pedang. Yang luar biasa saat MDPJ bulan September kemarin, salah seorang adik rohani Bunda Kristin menyampaikan sebuah konfirmasi dimana dia melihat pedang besar dan TUHAN sampaikan ini pedang pemisahan antara holy (yang kudus) dan unholy (yang tidak kudus). Masuk tahun yg baru ini kita tidak bisa main-main!

“Barangsiapa yang berbuat jahat, biarlah ia terus berbuat jahat; barangsiapa yang cemar, biarlah ia terus cemar; dan barangsiapa yang

GEMBALA RAYON 3

Pdt. Pieter Faraknimella, S. ThPdt. Kristina Faraknimella

3 Pastor’s Message6 Khotbah Gembala Pembina13 Info14 Renungan Khusus20 Resep Masakan22 Banten Youth Revival26 Kalender28 Kegiatan29 Pernikahan31 Jadwal Ibadah Cabang Ranting

Penanggung jawab3

OTP (Office of The Pastor) Rayon 3

Editor Penulisan3

Niko Aldi Putra, S.E.

Asafita Faraknimella, S.Sn.

Penulis3

Pengumuman (Ibu Yuyun)

Banten Youth Revival (Bp. Gunadi)

Renungan Khusus ( Pusat)

Design3

Michelle Joshua Gunardi, S.Sn.

kritik dan [email protected]

Untuk kalangan sendiri

Eksemplar 8.850

daftar isi.

benar, biarlah ia terus berbuat kebenaran; ba-rangsiapa yang kudus, biarlah ia terus mengu-duskan dirinya!” “Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya.” (Wahyu 22:11-12).

Pedang juga berbicara tentang peperangan rohani. Sehubungan dengan menjadi domba, kita berperang melawan 3 musuh : iblis, dunia dan kedagingan. Dan yang paling berat adalah melawan kedagingan/diri kita sendiri. Namun demikian kita harus menang melawan kesombongan, kedagingan, dan ketidaktaatan. TUHAN mau ada kemurnian hati yang luar biasa. TUHAN mau kita punya hati yang murni, sungguh-sungguh, motivasi yang benar, tidak ada dorongan / motivasinya karena uang, ketenaran/popularitas.

3. Zayin berbicara tentang PENUAIANSeperti yg disampaikan oleh Gembala Pembi-na kita, Pdt. DR. Ir. Niko Njotorahardjo, bahwa

kita sedang memasuki penuaian jiwa terbesar dan terakhir sebelum kedatangan TUHAN YESUS yang kedua kali. Mari kita perkuat doa puasa, doa keliling dan menara doa. Kita akan melihat jiwa-jiwa dilepaskan/dibebaskan.

Sebagai persiapan masuk tahun Ayin Zayin, seluruh pengerja Rayon III masuk dalam puasa bersama, mulai dari tanggal 26 September sampai dengan 1 Oktober 2016, dimana kita banyak merendahkan diri dengan sungguh-sungguh untuk memasuki Tahun Ayin Zayin, 3 Oktober 2016 (Rosh HaShanah). Selamat memasuki Tahun Baru 5777 (Ayin Zayin), Mari kita hidup makin kudus, makin intim dengan TUHAN YESUS dan tuai jiwa-jiwa bagi kemuliaan TUHAN.

Maranatha!

5Warrior Bride - April 2016Warrior Bride - November 2015 21

“Sekarang telah tiba keselamatan dan kuasa dan pemerintahan Allah kita, dan

kekuasaan Dia yang diurapi-Nya, karena telah dilemparkan ke bawah pendakwa

saudara-saudara kita, yang mendakwa mereka siang dan malam di hadapan Allah

kita. Dan mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan

KESAKSIAN mereka” Wahyu 12:10

Mari berbagi melalui kesaksian Anda!

KETENTUAN:

Maksimal 1,5 halaman A4 dengan ukuran tulisan 12pt.

Mohon cantumkan data diri (Nama, No. Telp, Cabang/Ranting, Foto Diri)

Kirim ke [email protected]

Pelayanan JemaatBagi Jemaat yang membutuhkan pelayanan jemaat dapat menghubungi cabang/ranting terdekat atau no. telp sekretariat dibawah ini:

Sekretariat Rayon & Induk GBI Modernland & GBI H.O.C Poris Indah021-5529159

GBI BSD, GBI Sutera Niaga 021-5371043

GBI Lippo Karawaci & Mutiara Karawaci 021-5513196

GBI HOG Gading Serpong 021-29324611

SUB RAYON 3A 021-5527537SUB RAYON 3B 021-71107603SUB RAYON 3C 021-5920870SUB RAYON 3D 021-5993308 & 021-5371043SUB RAYON 3E Banten Barat 0254-7232425 / 0254-386179SUB RAYON 3F 021-5516963SUB RAYON 3G 021-5996357

4 Warrior Bride - September 2016

Warrior Bride - Juni 2016

Fokus Utama:Hadirat Tuhan

PengurapanBahasa Roh

6

Shalom Saudara yang dikasihi Tuhan,

Hari ini kita semua bersukacita sebab tepat tanggal 4 September 2016, gereja kita, keluarga besar GBI Jl. Jend. Gatot Subroto genap berusia 28 tahun! Selamat ulang tahun yang ke-28, Tuhan Yesus mem-berkati Saudara berlimpah-limpah-limpah-limpah!

28 tahun yang lalu ibadah yang pertama diadakan di Wisma Karsa Pemuda. Saat itu yang hadir sekitar 400 orang, dan: • dari satu gereja sekarang telah menjadi ±950 gereja, • dari sekitar 400 orang sekarang telah menjadi sekitar 250.000 orang; baik dalam maupun luar negeri.

Kita juga berjejaring dengan 8.000 hamba-hamba Tuhan dari PPHTGD (Persekutuan dan Pelayanan Hamba Tuhan Garis Depan) di mana hampir sekitar 80% denominasi di Indonesia ada didalam perse-kutuan itu. Selain itu, di luar negeri kita berjejaring dengan kegerakan-kegerakan internasional, se-hingga setelah 28 tahun pelayanan gereja ini sudah berdampak kepada jutaan orang di bangsa-bangsa!

Kisah Para Rasul 15:15-18, “Hal itu sesuai dengan ucapan-ucapan para nabi seperti yang

KHOTBAH GEMBALA PEMBINA

tertulis: Kemudian Aku akan kembali dan memban-gunkan kembali pondok Daud yang telah roboh, dan reruntuhannya akan Kubangun kembali dan akan Kuteguhkan, supaya semua orang lain mencari Tuhan dan segala bangsa yang tidak mengenal Allah, yang Kusebut milik-Ku demikianlah firman Tuhan yang melakukan semuanya ini, yang telah diketahui dari sejak semula.”

DNA gereja kita adalah Restorasi Pondok Daud. Saya dipanggil menjadi hamba Tuhan dengan satu tugas khusus, yaitu untuk menjadi alat Tuhan untuk merestorasi Pondok Daud. Apa maksud Tuhan merestorasi Pondok Daud? Supaya semua orang lain mencari Tuhan, dan segala bangsa yang tidak mengenal Allah yang Kusebut milik-Ku, artinya supaya segala bangsa diselamatkan! Supaya terjadi penuaian jiwa yang terbesar! Gereja mempunyai tugas yang diberikan oleh Tuhan untuk menuai jiwa-jiwa melalui Restorasi Pondok Daud.

Inilah yang diucapkan oleh Yakobus di dalam sidang di Yerusalem, yaitu sidang tentang bangsa-bangsa lain selain bangsa Israel yang diselamatkan. Ternyata orang-orang Yahudi itu tidak rela kalau bangsa-bangsa lain turut memperoleh keselamatan sep-erti apa yang mereka dapatkan, sehingga mereka berkata, “Pokoknya bangsa lain kalau mau selamat

“Menjadi Penuai-Penuai

Pdt. Dr. Ir. Niko NjotorahardjoGembala Sidang GBI Jl. Gatot Subroto

7

harus disunat dan harus mengikuti hukum Musa!”. Kemudian Petrus berdiri dan berkata, “Mengapa kamu mau mencobai Allah dengan memberikan kuk kepada mereka (artinya kepada kita)? Satu kuk yang tidak mungkin kita pikul, nenek moyang kita tidak dan kita pun tidak bisa. Mengapa? Sebab kita tahu keselamatan itu bukan karena disunat, bukan karena mengikuti hukum Musa, tetapi karena kasih karunia daripada Tuhan Yesus” (Kisah Para Rasul 15:10-11).

Setelah mereka ramai berdebat, tiba-tiba mereka diam. Kemudian Barnabas dan Paulus berdiri, mere-ka bersaksi bagaimana Tuhan memakai mereka untuk memenangkan orang-orang dari bangsa lain selain dari bangsa Yahudi. Kemudian Yakobus berdiri dan seperti apa yang kita baca tadi dia berkata, “Ini restorasi Pondok Daud, ini adalah penggenapan daripada apa yang terjadi hari-hari ini, yaitu bangsa-bangsa lain selain bangsa Yahudi juga diselamatkan”.

Jadi Restorasi Pondok Daud itu berbicara tentang penuaian jiwa yang terbesar. Saya selalu katakan ‘yang terbesar’, mengapa? Sebab tadinya keselama-tan hanya untuk orang Yahudi, tetapi sekarang untuk bangsa-bangsa lain termasuk Saudara dan saya!

DNA Gereja Kita Adalah Restorasi Pondok DaudHari-hari ini sedang memasuki masa penuaian jiwa yang terbesar dan yang terakhir sebelum Tuhan Yesus datang untuk kali yang kedua. Tuhan ingatkan kembali bahwa DNA Restorasi Pondok Daud itu se-benarnya bukan hanya untuk gereja kita saja, tetapi seharusnya menjadi DNA-nya semua gereja! Dan Tuhan memberikan beberapa konfirmasi-Nya:

1. Tanggal 28 April 2016, melalui Pentecostal Theo-logical Seminary dari Church of God, kita diberikan ‘Chair’, yang namanya Restorasi Pondok Daud. Dulu saya mendapatkan itu secara profetik, tetapi sekarang Tuhan bakukan menjadi sebuah disiplin ilmu dan itu akan diajarkan di seluruh dunia.

2. Chuck Pierce pernah menubuatkan bahwa saya akan dipakai dalam hal healing. Di bulan April 2016, kembali beliau mendapatkan bahwa hari-hari ini bahwa Tabernakel Daud itu sedang dipertontonkan dan dimunculkan di muka bumi ini. Dan ini akan berpengaruh terhadap budaya-budaya agama yang

lain. Dan itu merupakan proto-type untuk gereja masa depan.

3. Bulan Juni 2016, Rev. Jacob Kurien menubuatkan saya dalam MDPJ di SICC. Dia melihat saya sedang membawa obor seperti pelari Olimpiade ke bangsa-bangsa untuk menyalakan api kebangunan rohani di bangsa-bangsa. Dan Tuhan berkata kepada saya, “Pemahaman tentang kebangunan rohani yang kau terima itu tidak akan sama dengan yang diterima oleh orang lain”. Karena itu kadang-kadang saya dikatakan sebagai orang yang kontroversial dan itu tidak apa-apa juga karena memang pemahaman yang saya terima dari Tuhan itu kebanyakan berbeda, tetapi setelah dijelaskan baru mereka mengerti.

4. Tanggal 17 Agustus 2016, Rev. Cindy Jacob datang ke Indonesia dalam acara Impact Conference di Emporium Pluit, dan beliau menubuatkan tentang saya sebagai berikut:“Dan Tuhan katakan, “Engkau akan masuk dalam satu musim yang baru. Aku akan berikan kamu kan-tong anggur yang baru untuk musim yang baru ini karena Tuhan katakan, “Ini waktu penuaian! Ini waktu penuaian!”. Dan Tuhan katakan, “Ini adalah waktu untuk menuai bangsa-bangsa!”. Dan Tuhan katakan, “Aku akan memakai engkau untuk melakukan keg-erakan penanaman gereja yang mencakup seluruh bumi!”. Dan Tuhan katakan, “Pesan pemulihan Pondok Daud akan membuka bangsa-bangsa!”.

Dan Tuhan katakan, “Aku akan memakai engkau untuk mengutus para musisi dan misionaris doa un-tuk pergi ke ujung-ujung bumi dan tempat-tempat dimana mereka injak, mereka akan menanam gereja di situ!”. Dan Tuhan katakan, “Aku sedang memberi-kan peningkatan pengurapan mujizatmu, engkau akan meminta kepada-Ku lebih lagi dan Aku akan berikan lebih. Ini adalah tujuan hidupmu, anak-Ku”. Tuhan katakan, “Sama seperti waktu di zaman Smith Wigglesworth yang meninggalkan warisan apostolik, engkau akan menjadi Rasul Kesembuhan, Rasul Pe-mulihan Pondok Daud” dan Tuhan katakan, “Musim penuaian telah mulai!”. Haleluya!“

TAHAP-TAHAP RESTORASI PONDOK DAUDMari melihat bagaimana cara Tuhan dalam kurun waktu 25 tahun merestorasi doa, pujian dan pe-nyembahan bersama-sama dalam unity siang dan malam. Kita akan membaginya menjadi kurun waktu

di Akhir Zaman!”

Warrior Bride - Oktober 2016 Warrior Bride - Oktober 2016

8

5 tahun-an dari 25 tahun tersebut:

1. Lima Tahun Pertama (1988-1993) Resto-rasi dalam Pujian dan PenyembahanDi lima tahun ini, Tuhan banyak memberikan lagu-lagu baru kepada saya dan dalam setiap setiap kali saya berkhotbah hanya berbicara mengenai puji-pujian dan penyembahan. Banyak orang berkomentar, “Itu apa itu khotbahnya Pak Niko? Dangkal! Muji-nyembah, muji-nyembah…”, tetapi ada embel-embelnya, “Tapi heran ya, kenapa yang datang kok banyak?”.

Saya ingin bersaksi bagaimana Tuhan memberikan kepada saya lagu-lagu baru dan tibalah saatnya saya harus merekam lagu-lagu itu. Pertama kali akan merekam album pertama, tiba-tiba saya kena flu berat. “Waduh, bagaimana ini? Studionya sudah disewa, semua orang sudah siap semua dan saya harus hadir! Di dalam kondisi flu berat, saya bernyanyi dengan suara ‘parau-nya’ luar biasa. Saya berpikir, “Ini hasilnya pasti tidak karu-karuan” Pada waktu kaset itu jadi, saya diminta untuk mendoakan dan saya doakan.

Lalu mereka bertanya, “Pak Niko mau mendengar-kan tidak?”. Saya jawab, “Tidak…tidak”, sebab saya tahu ini pasti jeleknya luar biasa. Tiga bulan setelah itu tiba-tiba saya mendengar orang-orang diluar berkata, “Wah, itu kasetnya Pak Niko yang pertama, banyak membuat kesembuhan. Banyak orang yang bertobat!”.

Setelah itu saya baru mau mendengarkan kasetnya tersebut dan benar suaranya tidak karu-karuan, tetapi ini pelajaran pertama yang Tuhan berikan kepada saya, dan kepada gereja ini:• “Justru di dalam kelemahanmu-lah kuasa-Ku jadi sempurna!”. • “Bukan dengan keperkasaan, bukan dengan kekuatan tetapi oleh Roh-Ku”, kata Tuhan. Kita hanya bergantung kepada Tuhan dan bukan oleh karena keperkasaan, bukan oleh kekuatan, tetapi oleh Roh-Ku, kata Tuhan!Sampai hari ini saya selalu berkata kepada Tuhan, “Tuhan, kalau Engkau tidak menuntun aku, jangan suruh aku bergerak”, seperti kata Musa. Saya tidak bisa apa-apa, kalau bukan Tuhan yang menyuruh saya, saya itu ‘NOL BESAR’! Apa yang saya lakukan itu semua Tuhan karena Tuhan yang menyuruh,

meskipun orang tidak mengerti dan ada yang salah paham, saya tidak peduli.

Di tahun 1993, Tuhan memberikan visi dari Yesaya 54:2-3, “Lapangkanlah tempat kemahmu, dan ben-tangkanlah tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkanlah tali-tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu! Sebab engkau akan mengembang ke kanan dan ke kiri, keturunanmu akan memperoleh tempat bangsa-bangsa, dan akan mendiami kota-kota yang sunyi.”

2. Lima Tahun Kedua (1993-1998) Restorasi dalam Doa, Pujian dan Penyembahan Tuhan memberikan ayat dari Yesaya 56:7-8, “…rumah-Ku akan disebut rumah doa bagi segala bangsa…” dan Tuhan katakan, “Kalau kamu lakukan itu, Aku akan menambahkan jiwa-jiwa yang berto-bat”. Kita mulai dengan doa puasa setiap hari Sabtu. Ini adalah puasa kebersamaan. Setelah itu kita mulai doa keliling, doa peperangan dan lebih menekankan tentang bahasa roh.

Tiba-tiba saat saya membaca buku dari Peter Wagner di situ ada sebuah kalimat, “Penginjilan yang paling efektif dengan cara membuka gereja baru”. Itu menjadi rhema. Saya lalu bertanya, “Tuhan, bagaimana caranya untuk membuka gereja baru?”. Tuhan menjawab, “Kamu kan punya Family Altar (yaitu cell group sekarang namanya ‘COOL’), kamu ambil 5 FA dan jadikan satu gereja. Ambil 7 FA, jadikan gereja, 10 FA jadi gereja! Lakukan itu sebagai kelompok intinya dan nanti akan berkem-bang menjadi gereja.” Itu saya lakukan dan dalam tempo hampir 2 tahun, ada hampir 200 gereja baru ditanam! Waktu itu saya dimaki-maki orang karena itu bukan hanya membuat gempar Jakarta, tetapi seluruh Indonesia gempar!

3. Lima Tahun Ketiga (1998-2003) Doa, Pu-jian dan Penyembahan Dalam UnityDi dalam Yohanes 17:21,22, Tuhan Yesus berdoa, “Supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya du-nia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya

mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu.”Kalau anak-anak-Nya unity, sempurna unity-nya akan terjadi penuaian jiwa besar-besaran!

Tahun 2002, seorang pendoa yaitu Ibu Brigitta, memperoleh satu penglihatan penglihatan di mana saya memakai jas (artinya saya sedang dalam tugas) sedang berada di sebuah stasiun kereta api. Tiba-tiba ada suara, “Change destination! Change destination!”. Saya mengerti bahwa ini pasti akan ada perubahan dalam arah pelayanan saya. Dan ternyata benar! Saat itu Tuhan berkata kepada saya, “Niko, selama ini kamu sombong! Kamu arogan!”. Saya tidak mau berdebat, dan hanya berkata, “Ampuni saya…ampuni saya…ampuni saya, Tuhan. Apa yang harus saya perbuat?” Tuhan berkata, “Ada dua hal yang harus kamu lakukan, yang pertama turunkan nama gerejamu. Yang kedua, kamu datang ke gereja-gereja kepada hamba-hamba Tuhan, kamu minta maaf!”

Secara daging itu tidak mudah, tetapi saya taat! Bertahun-tahun saya lakukan itu sampai akhirnya mereka tahu bahwa itu benar. Roh rekonsiliasi turun antara kita dengan gereja-gereja, dan diantara gereja-gereja mereka dan tiba-tiba roh doa turun atas Indonesia. Saat itu Tuhan berkata kepada be-berapa hamba Tuhan lainnya bahwa Indonesia akan mengalami transformasi!Ternyata unity itu bukan hanya terjadi di gereja-ger-eja, tetapi juga antara kita dengan umat beragama yang lain juga ada unity. Ini penting!

4. Lima Tahun Keempat (2003-2008) Peman-tapan Doa, Pujian dan Penyembahan Dalam Unity• Tahun 2003, NPC (National Prayer Conference) yang pertama diadakan. Rumah-rumah doa dibuka di ratusan kota. Pada waktu itu kita berdoa untuk transformasi Indonesia. Tetapi setelah itu kita dike-jutkan dengan tsunami yang melanda aceh pada 24 Desember 2004 di mana lebih dari 200.000 orang yang meninggal. Lalu disusul dengan tsunami me-landa Nias, gempa bumi di Yogya, bencana alam di kota-kota, akibatnya orang-orang miskin bertambah banyak, tetapi yang jelas setelah kejadian ini banyak orang yang bertobat!• Tahun 2005, kita mulai membangun SICC yang selesai di tahun 2008 dan tempat itu kemudian digunakan sebagai Gedung Serba Guna sampai

dengan hari ini.• Tahun 2006, kita memulai pelayanan kesembuhan yang kita kenal dengan nama Healing Movement Crusade (HMC).

5. Lima Tahun Kelima (2008-2013) Restorasi Doa, Pujian dan Penyembahan Dalam Unity Siang dan MalamIni berbicara tentang doa, pujian dan penyemba-han yang dilakukan secara terus-menerus siang dan malam, 24/7 atau 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu. • Tahun 2010, ditandai dengan berdirinya Menara Doa di lantai 12 SICC Tower, bersamaan dengan Konferensi Dunia mengenai kepedulian terhadap orang-orang miskin (Global Conference On Care) Indonesia. Di tahun ini juga kita mulai masuk dalam pelayanan media TV melalui acara ‘A Time For Heal-ing’ yang ditayangkan di Life Channel. Pelayanan ini sekarang sudah berkembang meliputi RCTI, Indosiar, U Channel dan TV Rusia yaitu TBN Rusia. • Tahun 2011, Konferensi Empowered 21 Asia Pertama di Indonesia. Empowered 21 berbicara tentang Roh Kudus, yaitu tentang apa yang Roh Kudus akan kerjakan ke depan, terutama juga apa yang akan Roh Kudus kerjakan melalui generasi orang-orang muda.• Tahun 2012, Konferensi World Prayer Assembly ke-2 di SICC dengan tema, “A New Wave Is Coming”, Habakuk 2:14, “Sebab bumi akan penuh dengan pengetahuan tentang kemuliaan TUHAN, seperti air yang menutupi dasar laut.” Ini adalah tentang pencurahan Roh Kudus yang luar biasa. Seorang hamba Tuhan yang bernama Leslie W. Keegel pada waktu itu datang dan menubuatkan bahwa WPA ini merupakan proses awal atau tanda akan terjadinya penuaian jiwa besar-besaran. • Tahun 2013, Empowered 21 Asia ke-2 di SICC dan dideklarasikan tentang dimulainya Pentakosta yang ketiga. Pondok Daud dan Pentakosta ketiga itu Tuhan beri-kan melalui kita atau gereja ini. Sejak tahun 2000, ketika saya berada di Jerusalem House of Prayer for All Nations, setiap kali saya diperkenalkan oleh Tom Hess kepada orang lain sebagai pembicara, mereka pasti akan mengatakan, “Ini adalah hamba Tuhan yang mempunyai hati seperti Daud”.

Saya percaya bahwa ada hubungan yang erat antara

9Warrior Bride - Oktober 2016 Warrior Bride - Oktober 2016

akan dapat melakukan kehendak Bapa pada zaman ini dan kita akan menjadi penuai-penuai di akhir zaman ini. Amin!

Khotbah Pdt. DR. Ir. Niko Njotorahardjo, Minggu – 4 September 2016 di JCC, Senayan.

kita dengan kehidupan Daud. Orang Yahudi percaya bahwa kelahiran Daud dan kematiannya itu pada Hari Raya Pentakosta. Oleh karena itu setiap kali saya ke Yerusalem, saya selalu harus pergi ke kamar loteng (Upper room). Upper room ini adalah tempat pertama kalinya Roh Kudus dicurahkan dan itu ada sampai dengan hari ini dan itu yang disebut persis pada Hari Raya Pentakosta. Dan yang luar biasa, dibawah tempat itu terletak makam Daud.

Setelah 25 tahun, akhirnya Tuhan menambahkan pengertian tentang arti daripada Pondok Daud dari kehidupan Daud ini, yaitu: “Prajurit Tuhan yang gagah perkasa yang mempunyai gaya hidup berdoa, memuji dan menyembah Tuhan dan melakukan kehendak Tuhan pada zaman ini.”

Ini adalah sosok Daud. Daud adalah seorang prajurit yang gagah perkasa, selain itu dia juga dikatakan sebagai pemazmur yang disenangi di Israel. Gaya hidupnya adalah berdoa, memuji, dan menyembah bersama-sama siang dan malam. Itu adalah kehidu-pan yang intim dengan Tuhan.

Dan mengenai Daud, Tuhan berkata, “Aku telah menemukan Daud bin Isai, orang yang berkenan dihati-Ku dan yang melakukan kehendak-Ku”. Melakukan kehendak Tuhan yang mana? Alkitab ka-takan bahwa Daud melakukan kehendak Allah pada zamannya. Hari-hari ini Pondok Daud yang Tuhan berikan adalah mereka yang melakukan kehendak Tuhan pada zaman ini.

Ke depan ini apa yang Tuhan mau kita lakukan? Kita sedang memasuki Pentakosta yang ke-3, artinya kita sedang memasuki masa penuaian jiwa yang terbesar dan yang terakhir sebelum Tuhan Yesus datang untuk kali yang kedua. Dan Tuhan mau kita melakukan kehendak Tuhan pada zaman ini, yaitu menjadi penuai-penuai jiwa.

Untuk bisa menjadi penuai-penuai jiwa kita harus menjadi prajurit Tuhan yang gagah perkasa, artinya: 1. Melakukan peperangan rohani dan harus selalu keluar sebagai pemenang.2. Memiliki gaya hidup: berdoa, memuji dan menyembah Tuhan dalam unity siang dan malam, itu berbicara tentang kehidupan yang intim dengan Tuhan. Kalau kita lakukan kedua hal tersebut, maka kita

10 Warrior Bride - Oktober 2016

13

Pengumuman

Puasa Bersama Setiap Hari JUMATuntuk mendukung acara HUT 25 thn & Natal Rayon 3. Seluruh pengerja & aktivis wajib berpuasa. (Puasa hari Sabtu tetap seperti biasanya).

Menara Doa Pengerja Rayon 3diadakan pada Rabu, 26 Oktober 2016 pk. 10.00 WIB di GBI Modernland. Diperuntukan bagi seluruh pengerja dan aktivis. Seluruh fulltimer wajib hadir dan dilanjutkan dengan Fellowship Fulltimer rayon 3.

Doa Pengerja Rayon 3diadakan pada Kamis, 13 Oktober 2016 pk. 19.00 WIB, di GBI Modernland. Seluruh pengerja yang memiliki badge pengerja wajib hadir.

Pertemuan COOL 2+diadakan pada hari Jumat, 14 Oktober 2016, Pkl. 19.00 WIB.

INFO

Rakor seluruh Departemen yang ada dibawah pembinaan Ibu Pdt. Kristina F.diadakan pada hari Jumat 21 Oktober 2016. Pkl.18.00 & Sabtu, 22 Oktober 2016 Pkl. 09.00. Wajib hadir bagi Ka.dept & Waka.Dept. : Anak, JC, Youth, DM, BWR, Diakonia, Pujian & penyembahan, Doa, Pro Army, IT, Media, Pendidikan, BOM.

Warrior Bride - Oktober 2016

Rakor Kasub rayon/gembala cabang/ranting dengan Gembala Rayon diadakan pada hari Jumat –Sabtu 28-29 Oktober 2016. Wajib hadir bagi Kasub/gembala/ kadept.

DoaBapaKami

DoaBapaKami

MATIUS 6:9-13

Karena itu berdoalah demikian:

Bapa kami yang di sorga,

Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah

Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu

di bumi seperti di sorga.

Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang

secukupnya dan ampunilah kami

akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampu-

ni orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah

membawa kami ke dalam

pencobaan, tetapi lepaskanlah kami

dari pada yang jahat.

(Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan

kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya.

Amin.)

RENUNGAN KHUSUS

Salah satu taktik iblis untuk mengalahkan gereja Tuhan ialah melebih-lebihkan kebenaran-kebenaran Firman Tuhan di luar proporsi yang sebenarnya dan mempertentangkannya satu dengan yang lain. Hal ini sudah dilakukan berabad-abad dan bentuk tera-khir yang kita lihat dalam beberapa tahun terakhir ini adalah pengajaran yang menekankan keutamaan Perjanjian Baru dengan mempertentangkannya terhadap Perjanjian Lama. Pengajaran hyper grace bahkan sampai berani mengatakan bahwa apa saja yang diajarkan Tuhan Yesus sebelum kematian dan kebangkitan-Nya di kayu salib; termasuk pengajaran khotbah di bukit; perumpamaan-perumpamaan akhir zaman; perintah baru (Yohanes 13) tidak mengikat dan bukan merupakan standar kehidupan bagi orang yang percaya kepada Tuhan Yesus. Pengajaran seperti ini adalah bidat yang muncul karena beberapa pengajar Firman Tuhan tidak lagi mencintai Firman Tuhan dan memberikan dirinya disesatkan oleh roh-roh penyesat.

1 Timotius 4:1 “Tetapi Roh dengan tegas menga-takan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan.” 2 Tesalonika 2:10-11, dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa karena mereka tidak menerima dan mengasihi kebenaran yang dapat menyelamatkan mereka. Dan itulah sebabnya Allah mendatangkan kesesatan atas mereka, yang menyebabkan mereka percaya akan dusta.

Sebagai orang Kristen kita harus menolak kacamata pandangan seperti ini atas beberapa dasar:

1. KRISTUS DAN FIRMAN-NYA ADALAH SATUBanyak para teolog modern terlalu memilah-milah Firman Tuhan; di dalam hal penerapannya bagi berbagai golongan orang percaya. Hal ini me-mang dapat diterima sampai batas tertentu. Rasul Paulus mengajarkan di dalam 1 Korintus 10:32: “Janganlah kamu menimbulkan syak dalam hati orang, baik orang Yahudi atau orang Yunani, maupun Jemaat Allah”. Memang kelihatannya di dalam hal ini Rasul Paulus membagi penerapan Firman Tuhan yang berlaku bagi orang Yahudi, yang berlaku bagi orang Yunani (Gentiles), maupun yang berlaku bagi jemaat Allah. Tapi jika dilihat di dalam konteksnya hal ini hanya berbicara mengenai perkara makanan dan minuman dan kebebasan dari hukum kosher / halal bangsa Yahudi. Peraturan ini sama sekali tidak berbicara mengenai standar pemuridan yang harus dikenakan oleh setiap orang yang mengaku percaya kepada Kristus. Bahkan di dalam prinsip inipun diajarkan prinsip penyangkalan diri bahwa kebebasan orang Kristen yang diijinkan oleh Tuhan Yesus sekalipun; jika itu menjadi batu sandungan bagi saudara lain yang lebih lemah, maka hal itu tidak boleh dilakukan. Bukan karena hal itu berdosa tetapi kebebasan kita sebagai orang Kristen jangan menyebabkan orang lain tersandung. Sikap Kristus terhadap Hukum Taurat adalah tegas. Ia datang untuk menggenapi Hukum Taurat bukan untuk membatalkan Hukum Taurat.

Matius 5:17-19: “Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota

lebih lagi. Beliau mengatakan bahwa masalah terbe-sar perbedaan antara Perjanjian Lama dengan Per-janjian Baru bukanlah masalah grace (kasih karunia) tetapi masalah race (ras/bangsa). Itulah sebabnya Paulus mengajarkan; oleh karena Kristus kita bangsa-bangsa non-Yahudi dicangkokkan ke dalam perjanjian Abraham dan menjadi anggota bangsa (race) yang terpilih. Bangsa pilihan pertama memiliki korban-korban hewani, bangsa pilihan kedua tidak memiliki korban-korban hewani karena kita telah memiliki satu korban yang sudah menggenapi se-muanya yaitu Kristus. Sekali lagi Rasul Paulus tidak pernah mempertentangkan esensi Hukum Taurat yaitu kasih, kebenaran dan hikmat Allah dengan ajaran Tuhan Yesus maupun ajaran yang disampai-kannya kepada jemaat-jemaat.

Pengajaran kasih karunia overdosis memiliki 3 (tiga) ciri-ciri yang terdapat di dalam pengajaran Marcion-isme, yaitu: 1. Allah Perjanjian Lama berbeda dengan Allah Perjanjian Baru2. Menolak menggunakan Perjanjian lama dalam pengajaran dan kehidupan orang-orang percaya3. Menolak sebagian besar dari Perjanjian Baru terutama keempat Injil. Ajaran Marcionisme adalah bentuk penyesatan yang sudah ditentang oleh seluruh Gereja sejak abad ke-2 Masehi. Jika kita mengikuti ajaran Marcionisme atau yang sekarang muncul dalam wajah hyper grace, bisa membuat kita kehilangan keselamatan.Kita harus mengambil sikap tegas kepada mereka yang terlalu memaksakan pemisahan:• antara apa yang diajarkan Kristus dengan apa yang dilakukan Kristus • antara apa yang diwahyukan di dalam Perjanjian Lama dengan Perjanjian Baru• antara standar yang dituntut Allah di dalam Perjan-jian Lama dengan standar yang dikenakan kepada murid-murid-Nya pada zaman ini. Hal semacam itu adalah melebih-lebihkan Firman Allah, di dalamnya terdapat unsur anti-semitisme (anti bangsa Yahudi) dan anarkisme (anti otoritas) secara terselubung. Kita harus menjunjung tinggi apa yang diajarkan Rasul Paulus di dalam 2 Timotius 3:16, “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran” termasuk apa yang diajarkan sebelum di kayu salib. (AL)

Quote:Allah yang kita sembah di Perjanjian Lama

dan Perjanjian Baru adalah Allah yang sama

atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya de-mikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.” Kita tidak boleh terlalu melebih-lebihkan perbedaan zaman ‘sebelum salib’ dan ‘sesudah salib.’ Jelas ada perbedaan; namun yang harus diperhatikan bahwa perkara seremonial seperti korban bakaran, korban penebusan, peraturan kosher/ halal dan lain-lain, sudah digenapi oleh Kristus. Kristus tidak pernah membatalkan satupun pun dari pengajaran-Nya sebelum kayu salib.

2. PEKERJAAN YANG DILAKUKAN YESUS DAN ALLAH BAPA SAMA-SAMA MENYA-TAKAN KASIH KARUNIA DAN KEBENARAN (YOHANES 1:14)Ketika Musa berhadapan muka dengan muka dengan Tuhan, dia hanya memiliki satu permohonan: ia ingin melihat wajah Allah. Allah tidak mengijinkan hal itu terjadi karena hal itu pastilah akan membunuh Musa, tetapi Allah mengabulkan permintaan Musa untuk melihat sekilas kemuliaan Tuhan ketika Ia me-lewati goa di mana Musa bersembunyi (Keluaran 33:18-20).Di dalam Keluaran 34:6-7 Tuhan menyatakan karakter-Nya sebagai Allah yang panjang sabar, penyayang, berlimpah kasih setia, tetapi tidak luput membalaskan kesalahan dan pelanggaran orang-orang yang bersalah kepada-Nya. DR. Donald A. Hagner di dalam simposium teologis APTS (Asia Pacific Theological Seminary) di Manila pada bulan Januari 2016 dalam paparan teologisnya “Judaism Is A Religion of Grace” menjelaskan karakter Allah di dalam nats tersebut di atas. Allah dinyatakan bukan sebagai Allah yang “schizophrenic” (berkepriba-dian ganda) yaitu di mana kasih karunia-Nya dan kebenaran-Nya adalah hal yang berbeda, tetapi kasih karunia-Nya justru nyata di dalam konteks kebenaran-Nya. Yesus mengajarkan dan mende-monstrasikan kebenaran melalui kasih karunia-Nya, yang Dia demonstrasikan melalui kematian-Nya di atas kayu salib. Ingatlah prinsip ini: kasih karunia harus selalu dipahami di dalam konteks kebenaran.

3. PERJANJIAN BARU ADALAH PERJANJIAN LAMA YANG DIGENAPIDR. Donald A. Hagner juga menegaskan kesinam-bungan (kontinuitas) antara Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Orang-orang Kristen mewarisi segala berkat yang ada di Perjanjian Lama bahkan

14 15Warrior Bride - Oktober 2016 Warrior Bride - Oktober 2016

kristus dan firmannyaadalahsatu

RENUNGAN KHUSUS

16

Steve McVey, salah seorang pengajar hyper grace, dalam bukunya Grace Walk: What You’ve Always Wanted in the Christian Life, menulis: “Saya sangat merekomendasikan supaya Anda meninggalkan nilai-nilai Kristen... Berfokus kepada sistem nilai bukanlah cara Tuhan untuk kita hidupi. Tuhan tidak pernah menawarkan supaya gaya hidup kita diban-gun di atas prinsip benar dan salah.” Selanjutnya dikatakan: “Allah menghendaki hidup kita dibangun di atas pribadi Anak-Nya”.

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa ajaran seperti ini pernah juga keluar dari mulut seorang Dietrich Bonhoeffer (1906-1945), seorang hamba Tuhan yang dihukum mati di tahun 1945 karena me-nentang Hitler. Ia dikenal sebagai orang yang men-inggalkan warisan pengajaran tentang pemuridan yang radikal, yang juga mencetuskan istilah cheap grace (kasih karunia murahan). Salah satu kutipan pengajaran yang terkenal dari Bonhoeffer adalah:

Quote:“Hanya orang percaya yang taat, hanya orang taat yang percaya.”

Akan tetapi pada tahun 1928, sebagai seorang gembala pembantu berusia 20-an, Bonhoeffer dengan agresif mengkhotbahkan pesan-pesan pemuridan yang radikal. Ia mengajarkan: “Kristus tidak memberikan kepada kita rumusan-rumusan etika ... Kekristenan bukanlah tentang seperangkat aturan baru yang lebih baik tentang perilaku... Pesan Kekristenan pada dasarnya bersifat tanpa moral”. Beberapa tahun kemudian, pada 1933 tepatnya, peristiwa bersejarah terjadi di Jerman, Hitler mulai berkuasa. Bersamaan dengan itu, sebagian besar

gereja mulai berkompromi dan mendukung agenda Hitler; bahkan memasang lambang Swastika (lam-bang pemerintahan Nazi di bawah Hitler) di dalam gedung-gedung gereja. Bonhoeffer, yang menyata-kan ketidaksetujuannya terhadap peninggian Hitler, mendapatkan cacian dan olokan dari gereja-gereja yang ada. Peristiwa ini begitu berdampak dalam ke-hidupan Bonhoeffer dan di titik inilah pengajarannya mulai berbalik arah. Ia tidak lagi mengajarkan konsep murid yang hanya sekedar percaya dengan pikiran, akan tetapi murid yang memikul salib dan bersedia menanggung penderitaan karena Kristus.(Kisah ini disarikan dari buku: Discipleship, Dietrich Bonhoeffer Works, Vol. 4; salah satu buku yang pal-ing berpengaruh bagi Kekristenan di abad ke-20)

Banyak pengajar kasih karunia over dosis yang hari-hari ini menawarkan suatu gaya hidup di mana orang hanya perlu berfokus kepada hubungan dengan pribadi Yesus, dan tidak perlu – bahkan dilarang – untuk hidup berdasarkan perintah dan ketetapan Firman-Nya. Orang-orang dikondisikan untuk memilih antara Pribadi Yesus atau Firman Tuhan. Tidak ada opsi untuk memilih keduanya – Pribadi Yesus dan Firman-Nya, seolah-olah kedua hal tersebut bertentangan satu dengan yang lain. Apabila orang memilih untuk hidup berdasarkan nilai dan ketetapan dalam Firman-Nya, maka orang tersebut menjadi legalistik dan pasti hidup menjauh dari hubungan dengan pribadi Yesus. Benarkah de-mikian? Tidak ada yang lebih menyesatkan daripada anggapan seperti itu!

Yohanes 1:1: “Pada mulanya adalah Firman; Fir-man itu bersama sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah”.

17

adalah seorang pendusta dan di dalamnya tidak ada kebenaran. Tetapi barangsiapa menuruti firman-Nya, di dalam orang itu sungguh sudah sempurna kasih Allah; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia” (1 Yohanes 2:3-5). “Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya” (Yohanes 15:10).

1 Yohanes 2:5 dengan jelas menyatakan bahwa kasih Allah (atau kasih kepada Allah, dalam terjema-han NIV) menjadi sempurna ketika kasih itu meng-gerakkan kita ke dalam ketaatan. Kasih kepada Allah sesungguhnya bukan hanya sekedar perasaan, akan tetapi juga sebuah respon moral. Perlu juga ditekan-kan bahwa ketaatan dan respon moral yang diminta Yohanes bukanlah tindakan sesaat. Kata ‘menu-ruti’ pada ayat ini, dalam bahasa aslinya memakai bentuk tata bahasa yang berarti suatu tindakan yang dilakukan terus-menerus. Dengan demikian, ayat ini dapat dibaca seperti ini: “Tetapi barangsiapa terus-menerus menuruti firman-Nya, di dalam orang itu sungguh sempurna kasih (kepada) Allah”.

Kita-lah Yohanes-Yohanes di akhir zaman, yang intim dengan Yesus (Yohanes 13:23,25), yang terus-menerus melakukan perintah-Nya karena kasih (Yohanes 15:10), dan yang tetap takut dan gentar akan Dia (Wahyu 1:17). MARANATHA!

“Firman dan Allah adalah pribadi yang tidak terpi-sahkan. Jika kita mau mengenal Allah maka kita juga harus mengenal Firman-Nya, karena Firman itu adalah Allah sendiri.” (HT)

Sesungguhnya, pribadi Yesus tidak terpisahkan, bahkan identik, dengan Firman-Nya. Apa yang ada di benak Yohanes ketika ia memperkenalkan Firman? Yohanes meminjam sebuah gambaran dari Perjanjian Lama, dimana Firman memiliki kuasa penciptaan (Kejadian 1:3,9, Mazmur 33:6) dan lewat Firman-Nya, Tuhan berkomunikasi secara pribadi dengan umat-Nya (Kejadian 15:1). Bukan suatu kebetulan jika Yohanes yang sama, di dalam Kitab Wahyu menulis tentang hubungan pribadi antara Tuhan dengan ketujuh jemaat-Nya (Wahyu 2-3). Ketujuh jemaat ini tentunya adalah jemaat yang telah ditebus dengan darah-Nya dan diselamatkan hanya oleh kasih karunia lewat iman. Hubungan ini digambarkan terjadi lewat serang-kaian Firman, yang meliputi baik pujian maupun teguran dan bahkan ‘ancaman’ dan ditutup dengan sebuah perintah “Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat” (Wahyu 2:7, 11, 17, 29; 3:6, 13, 22). Bagaimana mungkin para pengajar hyper grace bisa memisahkan hubungan pribadi (dengan Yesus) dari perintah dan ketetapan-Nya? Tidakkah dengan demikian mereka sedang menawarkan sebuah pola hidup anarkis? (Menurut Kamus Merriam-Webster, ‘anarkis’ berarti: “tidak mengikuti atau memiliki hukum atau aturan: liar dan tidak terkendalikan”).

Pada hakikatnya, hubungan pribadi dengan Tuhan terjadi dan dimungkinkan ketika umat Tuhan mer-esponi Firman-Nya, perintah dan ketetapan-Nya. Karena itulah, Yohanes kembali menulis di dalam suratnya: “Dan inilah tandanya, bahwa kita mengenal Allah, yaitu jikalau kita menuruti perintah-perintah-Nya. Barangsiapa berkata: Aku mengenal Dia, tetapi ia tidak menuruti perintah-perintah-Nya, ia

Warrior Bride - Oktober 2016 Warrior Bride - Oktober 2016

Pada Mulanya Adalah Firman

Warrior Bride - Agustus 2016

Punya PERTANYAAN?Kami akan membantu menjawab pertanyaan dan kegelisahan anda. Bila Anda mempunyai pertanyaan dan hal-hal yang mem-bingungkan, silahkan kirim pertanyaan Anda melalui email:[email protected]

18 19Warrior Bride - Agustus 2016

“Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa

berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang

yang sungguh-sungguh mencari Dia.” Ibrani 11:6

Setiap orang pasti menghendaki hidup yang nyaman dan sejahtera. Itulah sebabnya orang-orang bekerja keras untuk mendapatkan uang dan berusaha me-menuhi kebutuhannya sehingga apa yang dicarinya tersebut dapat tercapai. Konsep mengenai Yang Maha Kuasa dan agama ada dalam kehidupan setiap orang. Yang Maha Kuasa biasanya hanya menjadi tempat di mana orang memohon pertolongan. Kesulitan atau masalah adalah titik di mana orang-orang “berdoa.” Ironisnya dalam kekristenan, hal yang sama juga terjadi, yaitu Tuhan dianggap seba-gai Pribadi yang dibutuhkan hanya untuk mengatasi masalah-masalah orang percaya.

Memang Tuhan Yesus rela mati di kayu salib untuk menolong mengatasi masalah manusia, karena ma-nusia tidak dapat mengatasi masalah terbesar yaitu dosa. Tuhan Yesus juga berjanji bahwa orang benar akan dipelihara oleh Tuhan. Namun fokus hubungan orang percaya tidak boleh terletak pada pemenuhan kebutuhan atau kenyamanan jasmaniah semata-mata. Ada yang lebih penting, yaitu kehidupan

rohaninya (Matius 6:25-34).

“… Bukankah hidup itu lebih penting dari pada pakaian?” Matius 6:25

PERGUMULAN DALAM KEHIDUPANDalam menjalani kehidupan rohani, tujuannya adalah menjadi dewasa rohani. Tuhan akan memakai Firman-Nya untuk mendewasakan orang percaya (Yohanes 17:17). Contohnya adalah, Tuhan Yesus mengajar Simon Petrus dan rekan-rekannya dengan Firman selama kurang lebih 3,5 tahun. Tuhan meng-hendaki mereka memiliki sikap yang bersumber pada Firman ketika menjalani kehidupan mereka. Hikmat yang didapat dari firman, itulah yang mem-buat orang percaya dapat mengatasi masalah dan pergumulan hidupnya. Kemenangan atas masalah akan semakin mendewasakan orang percaya. Pandangan Hyper Grace menyatakan bahwa, “jika ada orang Kristen yang bergumul dalam hidupnya, itu artinya belum percaya sungguh-sungguh bahwa ia ada dalam kasih karunia Tuhan.” Ini adalah pan-dangan yang naif. Masalah dan pergumulan hidup adalah realita dunia setelah manusia jatuh ke dalam dosa. Setelah orang menjadi pengikut Kristus pun hal itu adalah kenyataan yang wajar. Yang penting adalah bagaimana sikap orang tersebut menghadapi pergumulan yang dihadapinya.

menyelesaikannya.

2. Hadapi dengan Firman Carilah hikmat Tuhan melalui firman-Nya atas masalah yang dihadapi. Kita akan gagal ketika mer-espon masalah dengan cara kita sendiri.

2 Timotius 3:16, Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelaku-kan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Kitab Ibrani menuliskan bahwa kita perlu sungguh-sungguh mencari Tuhan. Sungguh-sungguh artinya dengan segenap hati, karena menyadari bahwa Tuhan saja yang dapat menolong. Ayub berjumpa dengan Tuhan, sehingga ia mengalami kemenangan.Ayub 42:2, “Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal.”

3. MENGALAMI PEMBAHARUAN PIKIRAN Tuhan dapat mengoreksi hidup kita melalui Firman-Nya disaat kita mengalami masalah. Di situlah pikiran kita perlu mengalami pembaharuan, artinya pe-mikiran yang salah dikoreksi oleh Firman dan ketika kita menyadari dan mau berubah, terjadilah pemba-haruan pikiran. Mazmur 119:105, “Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang jalanku.” Pandangan bahwa orang percaya tidak lagi mengalami pergu-mulan sebagaimana yang disampaikan pengajar Hyper Grace adalah keliru. Pergumulan merupakan bagian kehidupan yang terjadi pada setiap orang. Di dalam Tuhan, justru pergumulan menjadi kesem-patan bagi orang percaya mencari Tuhan lebih sungguh-sungguh. Dengan sikap yang tepat sesuai Firman, pergumulan menjadi salah satu alat dalam pendewasaan rohani. (RD)

Quote:“Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Al-lah; Karena engkaulah yang menolak penge-nalan itu maka Aku menolak engkau menjadi

imam-Ku; dan karena engkau melupakan pengajaran Allahmu, maka Aku juga akan

melupakan anak-anakmu.”Hosea 4:6

KEBAIKAN DARI PERGUMULAN Pandangan Hyper Grace di atas didasari oleh pandangan mereka akan karya Kristus di kayu salib yang sudah selesai menyelamatkan manusia. Adalah kebenaran yang tidak terbantahkan bahwa Tuhan Yesus sudah sempurna menyelamatkan manusia dari dosa. Namun orang yang percaya kepada Tuhan dan dilahirkan baru disebut bayi rohani. Bayi me-merlukan pertumbuhan yang akhirnya akan menuju pada kedewasaan. Di sinilah Tuhan memakai semua sarana untuk pertumbuhan anak-anak-Nya, mis-alnya dalam kasus Ayub, Tuhan mengizinkan Ayub diuji dengan tujuan pertumbuhan rohani Ayub.

Apakah ada kebaikan dibalik pergumulan? Pergu-mulan artinya masalah yang dihadapi seseorang sehingga ia perlu menyediakan waktu, tenaga dan strategi untuk menyelesaikan hal tersebut. Rata-rata orang akan memandang negatif terhadap pergu-mulan. Padahal justru pergumulan yang datang bisa menjadi batu loncatan bagi orang tersebut untuk bertumbuh dalam kerohaniannya. Pemazmur mengatakan, “Bahwa aku tertindas itu baik bagiku, supaya aku belajar ketetapan-ketetapan-Mu.” (Mazmur 119:71). Ayub menjadi lebih mengenal Tuhan setelah mengalami pencobaan dan keluar sebagai pemenang.

Hidup yang berkenan dan berkemenangan bukan berarti tidak adanya pergumulan masalah, tetapi atas anugerah Tuhan berhasil mengatasi setiap pergumulan dan masalah. Pandangan Hyper Grace mengenai kehidupan yang bebas pergumulan, mungkin menyenangkan telinga yang mendengar, namun hal itu keliru. Tuhan memakai pergumulan agar anak-anak-Nya mencari Dia dengan lebih sungguh-sungguh didasarkan pada hubungan dan sikap yang benar.

SIKAP TERHADAP PERGUMULANDalam rangka pertumbuhan rohani, Tuhan akan memberikan Firman-Nya kepada anak-anak-Nya untuk menjadi penuntun untuk pertumbuhan rohan-inya. Pergumulan adalah area di mana Firman yang sudah didengar dan dimengerti itu dipraktekkan. Bagaimana sikap terhadap masalah dan pergumu-lan?

1. Jangan Mencari MasalahKarena kita sudah mengetahui ada sisi baik dari pergumulan dan masalah, tidak berarti alasan bagi kita untuk mencari masalah. Ingat bahwa ketika ada masalah, diperlukan waktu dan tenaga untuk

Warrior Bride - Oktober 2016

RENUNGAN KHUSUS

Mengejar Pengenalan Akan TuhanMengejar Pengenalan Akan Tuhan

20 21Warrior Bride - Agustus 2016Warrior Bride - Oktober 2016

Bayam

RESEP MASAKAN

BayamFaktanya, bayam memiliki berbagai kandungan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh. Berbagai nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam bayam yaitu sumber vitamin A dan K, mangan, folat, magne-sium, serat, kalsium dan protein serta rendah kalori. Berbagai kandungan nutrisi tersebut menjadikan bayam menjadi salah satu makanan bernutrisi leng-kap yang pernah ada di bumi ini. Namun, tak lengkap rasanya tanpa mengetahui berbagai khasiat bayam untuk kesehatan tubuh. Tips kesehatan, berikut ini 8 khasiat mengejutkan bayam bagi tubuh anda :

1. PENCEGAH KANKER YANG EFEKTIF Kanker menjadi salah satu penyakit yang paling menakutkan sekaligus mematikan di seluruh dunia. Mengkonsumsi bayam mampu mencegah penyakit kanker pada tubuh. Kandungan flavanoid dapat mencegah kanker seperti kanker payudara pada wanita serta kanker prostat pada pria.

2. NUTRISI SEMPURNA UNTUK JANTUNG ANDABerbagai gaya hidup yang tidak sehat dapat me-munculkan penyakit jantung dan berpotensi besar terkena serangan jantung. Untuk itu, mulailah den-

gan mengkonsumsi sayuran bayam yang memiliki kandungan vitamin A, C, folat serta magnesium.

3. MENINGKATKAN MEMORI OTAKSeiring bertambahnya usia seseorang, maka kemampuan mengingat sesuatu apapun pasti berkurang. Kandungan nutrisi dalam bayam dapat meningkatkan kemampuan memori dan mengingat otak lebih baik.

4. PENGLIHATAN YANG LEBIH BAIKBayam merupakan sumber vitamin A dan lu-tein (salah satu karotenoid) yang dapat menutrisi organ mata atau penglihatan yang anda miliki dan mencegah penurunan kemampuan penglihatan secara lebih dini sekaligus mencegah katarak.

5. MENYEHATKAN ORGAN PENCERNAANKandungan serat yang tinggi dalam bayam sangat efektif menyehatkan organ pencernaan dan mencegah berbagai gangguan masalah pencernaan lainnya yang mungkin terjadi.

6. MENUTRISI TULANG DAAN SENDIKandungan kalsium dan magnesium dalam bayam

zat besi dalam bayam akan membuat tubuh memiliki energi lebih untuk pekerjaan dan aktivitas anda. (Sumber: http://intips-kesehatan.blogspot.co.id/2013/10/khasiat-mengejutkan-bayam-bagi-tubuh.html)

mampu menguatkan tulang pada tubuh. Sehingga pengeroposan tulang atau osteoporosis dapat di cegah sedini mungkin dengan rutin mengkonsumsi sayuran bayam tersebut.

7. MEMBUAT TUBUH TIDAK MUDAH CAPEK Bayam merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Kandungan

BAHAN-BAHAN:300 gr daun bayam100 gr wortel, iris bulat tipis1 liter air

BUMBU:4 butir bawang merah, iris halus2 siung bawang putih, iris halus3 cm temukunci (jika suka)2 lembar daun salam2 sdt garam1 sdt gula pasir

CARA MEMBUAT:1. Didihkan air, masukkan bawang putih, bawang merah, daun salam dan temukunci.2. Setelah bumbu layu, masukkan wortel dan masak hingga wortel setengah matang.3. Masukkan daun bayam, didihkan kembali seben-tar. Angkat sayur dan sajikan hangat.

Jangan lupa untuk memasak sayur bayam hanya dalam porsi sekali habis saja. Menghangatkan kem-bali sayur bayam sangat tidak disarankan. Karena selain rasanya tidak akan lezat lagi, pemanasan kem-bali akan merubah sayur bayam kaya akan senyawa nitrat yang tidak baik bagi tubuh. Selamat Mencoba!

(Sumber: http://www.bacaresepdulu.com/resep-sayur-bayam/)

TIPS MENGOLAH BAYAM MENJADI MAKANAN YANG BERGIZI UNTUK SELURUH KELUARGA

22 23Warrior Bride - Agustus 2016

Shalom On Fire!!!

Tanggal 27 Agustus 2016 yang lalu, Banten Youth Revival (BYR) merayakan ulang tahunnya yang ke-23 dengan tema “Anak Muda Jadi Teladan”. Tuhan Yesus dahsyat!!! Kira-kira 1750 anak-anak muda dan juga Bapak Ibu Gembala serta Ketua Departemen turut hadir dalam ibadah ini.

Pada kesempatan ini, Bunda Kristina Faraknimella menyampaikan pesan Tuhan untuk anak-anak muda di BYR. Pesannya adalah: Memasuki tahun yang ke-24, kita harus belajar seperti ke-24 tua-tua (Wahyu 4:1-5)

Warrior Bride - Oktober 2016

BANTEN YOUTH REVIVAL

untuk banyak tinggal dekat dengan Tuhan di sekelil-ing Tahta. Ke-24 tua-tua ini menggambarkan umat pemenang dan juga anak-anak muda yang siap jadi teladan.

Caranya:1. Memakai pakaian Putih (Kekudusan) Wahyu 4:4aHidup di dalam kekudusan dan jadi teladan dalam hidup kudus.2. Mahkota emas (Pemurnian,Peremukan) Wahyu 4:4bMiliki respon yang benar saat dalam peremukan, jangan ngomel dan lari dari Tuhan. Waktu tekanan datang, tetap kuat di dalam Tuhan.3. Tersungkur dan melemparkan mahkota (Kerendahan hati) Wahyu 4:10-11Tanggalkan kebisaan, kebanggaan kita dan Andal-kan Tuhan dalam hidup kita.

Setelah itu Bunda Kristina Faraknimella mengajak anak-anak muda yang secara pribadi belum men-erima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat untuk menerima Tuhan. Dan juga Tuhan memulih-kan anak-anak muda yang merasa dirinya tidak ber-

harga. Tuhan Yesus melawat kami dengan luar biasa & KasihNya akan generasi ini sungguh dahsyat.

Biar masuk usia yang ke-24, BYR makin berdampak buat generasi ini, bahkan sampai Banten dan Indo-nesia penuh kemuliaan Tuhan. Ayo turut ambil bagian dalam melayani Tuhan di era penuaian jiwa yang terbesar dan terakhir sebelum kedatanganNya yang kedua kali. ON FIRE!!! #AnakmudajadiTeladan

Review 23rd Anniversary Banten Youth RevivalBanten Youth Revival

Lowongan Kerjasebagai:

TEKNISIBagi saudara yang rindu melayani sebagai fulltimer di bidang/bagian teknik, kami membuka kesempatan untuk bisa melayani bersama kami sebagai fulltimer di GBI Rayon 3, dengan kualifikasi sebagai berikut :1. Menguasai electrical (listrik).2. Minimal lulusan SMK / sederajat.3. Usia maksimal 30 tahun.4. Lahir baru, baptis selam dan memiliki KKJ.5. CV, pas photo 3x4, fotocopy KTP.

Surat lamaran dapat dikirim / diantar langsung (pada jam kerja) ke:

SEKRETARIAT GBI MODERNLANDJl. Honoris Raya, Kota Modernland Tangerang 15117 atau email ke: [email protected]

Info lebih lanjut hubungi : (021) 5529159 (ext. 220) dengan Roy

Tuhan Yesus memberkati!

“Kiranya Engkau memberkati aku ber-limpah-limpah dan memperluas daerahku,

dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada

malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!”

1 Tawarikh 4:10

DoaYabes

25

Warrior Bride - Juli 2016

Mari ambil bagian dalamTaburan untuk

IBADAH HUT 25 TAHUN & IBADAH NATAL BERSAMA GBI RAYON 3

Taburan dapat diberikan melalui:

Transfer ke rek BCA no: 868-0008222an. Susy Wijaya / Elly Chandra

Wajib bagi para seluruh Pengerja dan menghimbau seluruh Jemaat untuk mengambil bagian dalam Puasa setiap Sabtu &

Menara doa minimal 1x dalam seminggu!

Seluruh Pengerja & Jemaat agar berkomitmen BERDOAsetiap hari bagi penuaian jiwa secara besar-besaran.

Alasan kita berdoa : kita sedang memasuki era Pentakosta ke 3, dan merupakan bagian supaya ter-jadinya pelipatgandaan mujizat, serta sebagai anggota keluarga besar Church

of God yang sedang menjalankan program doa World Harvest.

KALENDER

2426

Latihan Pro Army 19.30Training Keyboard 19.00

Menara Doa:Guru PAUD 14.00 Kabid & Wakabid Doa 19.00Youth 19.00

Latihan Per Major Pro Army 19.30

Training Keyboard 19.00

Ibadah UMAS 10.00

Warrior Bride - Oktober 2016

Oktob er 2016

27

Menara Doa Pelayan Jemaat SICC09.30

Menara Doa Anak PAUD 09.00COOL 2+ 19.00

Kordinasi Leader JC 12.00Menara Doa Kids Revival 16.00

Doa Pengerja Rayon 3 19.00

Warrior Bride - Oktober 2016

Tahun Baru Islam1436 Hijriyah

Banten Women Revival 18.00Menara Doa JC 19.00

Menara Doa DM 19.30

Pertemuan Kabid & Wakabid Anak 18.30

Rakor Seluruh Dept. Pembinaan Pdt. Kristina F.

18.00 09.00

Banten Youth Revival 19.00

Menara Doa:ProArmy 19.30 Media 19.30Gembala COOL 19.00

Menara Doa + Dokel 10.00Menara Doa Dept. Musik 19.30

Menara Doa Panitia Natal & HUT Rayon 3 19.00

Rakor Sub Rayon, Cabang, Ranting

KEGIATAN

MENARA DOA

Pemilik badge PENGERJA wajib masuk menara doaminimal sekali seminggu.

PUASA

Satu kali seminggu setiap SABTU.Pengerja & aktivis wajib berpuasa. Jemaat dihimbau berpuasadan berdoa di Rumah Doa.

ON AIR RAYON 3Siaran Radio Rayon 3 di Heartline FM 100.6setiap hari Rabu, Pkl. 21.00 - 22.00 Wibdengan program : Minggu ke 1 : JC ON AIR, minggu ke 2 : Resto Keluarga, minggu ke 3 & 4 : KOMPAK

PELAYANAN IBADAH KANTOR / PABRIK

untuk informasi dapat menghubungi : Pdp. Yohanes Kukuh / Pdp. Rano Sutan( telp. 5529159 ext 147/205)

BUSINESS OFFICE MINISTRY

LIVE STREAM GBI MODERNLANDgbimodernland.org/live & gbimodernland.org/mobile- Setiap hari MINGGU, siaran ulang setiap SENIN & SELASA Pk. 11.00- Ibadah Banten Woman Revival setiap RABU pertama Pk. 18.00- Ibadah UMAS setiap RABU ke-2 Pk. 10.00

PERSEMBAHANPERSEPULUHANBank Permata,TangerangAc: 090.1184.852a/n GBI Modernland

BCA Mahkota Mas, TangerangAc: 8680.312.444a/n GBI Modernland

CIMB Niaga - Kisamaun, TangerangAc: 461.01.00289.000 a/n GBI Modernland

PEMBANGUNAN PANTI ASUHAN / JOMPOBank Permata, TangerangAc: 070.1928.512a/n GBI Modernland

BCA Mahkota Mas TangerangAc: 868.0469.777a/n Kristina Nugraheni/Susy Wijaya

Bidang Pendidikan Yayasan Generasi Penuai

28 Warrior Bride - Oktober 2016 29

PERNIKAHAN

Persyaratan pemberkatan pernikahan: • Fotocopy: akte lahir, kartu keluarga legalisir, surat baptisan selam, KKJ, KTP, surat ganti nama (bila ada), sertifikat KOM 100, sertifikat BPN, KTP orang tua • Surat asli persetujuan orang tua • Surat keterangan belum nikah dari Kelurahan (N1-N4) • 3 lbr. pasfoto berdampingan uk. 4x6 berwarna, latar belakang merah • Mengisi formulir asli (dapat ambil di counter ibadah raya/ sekretariat cabang)

Tambahan untuk peneguhan nikah: • Fotocopy surat kematian suami/ istri (untuk duda/ janda), akte lahir anak, akte nikah • Surat pernyataan suami istri di atas meterai 6000 Semua persyaratan diajukan 3 (tiga) bulan* sebelum tanggal pernikahan ke Sekretariat Rayon 3. Kurang dari 3 (tiga) bulan* akan ditolak. *terhitung dari diterimanya formulir di Sekretariat Rayon

Keberatan dapat disampaikan secara tertulis ke sekretariat GBI Modernland

Christopher Lay & Martha Y.2 Oktober 2016GBI Modernland

Benny Wijaya & Vina Viantina2 Oktober 2016GBI Regency 1

Satya Yosafat & Devi Pramita8 Oktober 2016

GBI Nelayan

Piki & Febrina8 Oktober 2016GBI Regency 2

Yulisman Gea & Seniria Z.9 Oktober 2016GBI Regency 2

Yustin Irawan M. & Katherine15 Oktober 2016GBI Modernland

Ade Wijaya & April Yenny22 Oktober 2016GBI Modernland

Jhon Frendi N. & Regina J. Y.29 Oktober 2016

GBI Prumpung

Agus Sutanto & Shinta M.6 November 2016

GBI Permata Yasmin

Joventus Tamonob & Devi S.6 November 2016GBI Iskandar Muda

Warrior Bride - Oktober 2016

Kevin Putra P. & Luciana A.12 November 2016

GBI Modernland

Stevanus & Lidya Novianti12 November 2016

GBI Modernland

Nova Fembri K. & Herdiana L.13 November 2016

GBI Modernland

Randy Sanjaya & Yunita26 November 2016

GBI Modernland

Alvin Adrian N. & Angeline C. 27 November 2016

GBI Modernland

Citra Hadi T. & Maya S.2 Desember 2016GBI Modernland

Dedi Gunawan & Steviani4 Desember 2016

GBI Arcadia

Dicksen Lawijaya & Ineke S.4 Desember 2016GBI Modernland

Lie Hendry S. & Virnilya T.10 Desember 2016

GBI Arcadia

Billy & Monicke Natasya S. T.11 Desember 2016

GBI Modernland

DNAkita adalah:

Restorasi Pondok Daud:Prajurit-prajurit Tuhan yang gagah perkasa

yang mempunyai gaya hidupDoa, Pujian, Penyembahan

bersama-sama siang dan malam yang melakukan kehendak Bapa pada jaman ini

INDUKGBI Modernland - 07.00, 09.00, 11.00, 13.00, 17.00

INDUK PLUSGBI BSD, Menara Serpong - 07.30, 10.00, 17.00

GBI Lippo - 07.30, 10.00GBI House of Grace - 07.00, 09.00, 11.00

GBI Sutera Niaga 3 - 08.00, 10.00GBI Mutiara Karawaci - 07.30, 10.00

GBI Kampung Sembilan - 10.00GBI Simprug di Poris - 08.00, 10.00

GBI Malabar - 10.00GBI Permata Yasmin - 10.30GBI Salembaran Raya - 10.00

SUB RAYON 3AGBI Jatake - 07.00, 09.00, 17.00

GBI Kampung Melayu - 07.00, 09.00, 11.00GBI Arcadia Daan Mogot - 07.30, 10.00

GBI Iskandar Muda, Neglasari - 07.30, 10.00GBI Nelayan - 07.00, 09.00, 11.00, 17.00GBI Pantai Indah Dadap - 08.00, 10.00

GBI Mustika Tigaraksa - 07.30GBI Citra 8 Citra Garden - 09.00 & 11.00

SUB RAYON 3BGBI Citra Raya - 07.00, 09.00, 17.00

GBI House of Covenant, Poris Indah - 08.00, 10.30GBI Kisamaun - 07.30

GBI Ruko Rembrant (Citra Raya 2) - 07.00, 09.00, 11.00

SUB RAYON 3CGBI Kutabumi - 07.00, 09.30, 17.00

GBI Pasar Kemis (Ruko Bumi Indah) - 06.30, 8.30, 10.30 & 17.00GBI Villa Regency 2 - 06.00, 07.45, 09.30, 11.15, 17.00

GBI Moch. Toha - 07.00, 09.00, 11.00GBI Taman Walet - 09.00

GBI Vireta - 07.30

SUB RAYON 3DGBI Tigaraksa - 07.30, 10.00, 19.00

GBI Kosambi Megah - 07.00, 09.00, 11.00GBI Prumpung (d/h Gn. Sindur) - 07.30, 10.00

SUB RAYON 3EGBI Cilegon Kota - 09.00, 15.00, 17.00

GBI Serang Kota - 07.30, 09.30GBI Anyer - 07.30, 10.00

GBI Serang Kopassus - 09.00, 13.00

SUB RAYON 3FGBI Regency 1 - 07.00, 09.00, 11.00, 17.00

GBI Gelam - 07.00, 09.30GBI Wisma Harapan - 10.00

GBI Duta Garden Square - 10.00

SUB RAYON 3GGBI Taman Adiyasa - 07.00, 09.00

GBI Cikasungka - 07.30GBI Taman Kirana - 10.00

GBI Malimping - 10.00GBI Cikande Permai - 12.00GBI Rangkasbitung - 09.00

OTONOMGBI Grand Permata Niaga - 07.30, 10.00,

15.00, 17.00, 19.00GBI Mall Matahari WTC - 08.00, 10.00, 17.00

GBI Narita Cipondoh - 08.00, 10.00GBI Shinta Griya - 07.30, 10.00

JAWA TENGAH & JAWA TIMURGBI Semarang - 07.30, 10.00, 17.00

GBI Salatiga - 17.00GBI Ungaran - 07.00

GBI Lihope, Ngagel, Surabaya - 08.00GBI Rembang - 07.00, 17.00

GBI Lampion Nayu Timur, Solo - 09.00GBI Kedung Rejo, Wonogiri - 08.00GBI Genukharjo, Wonogiri - 08.00

GBI Perum Cipta Laras, Wonogiri - 08.00, 17.00GBI Wonosari, DIY - 08.00, 17.00

GBI Kopeng, Salatiga - 09.00, 17.00GBI Manyar Kertoarjo - Surabaya - 09.30

SUMATERAGBI STT Sumatra, Medan - 09.00

GBI Gedung Nasional, Tarutung - 10.00GBI W.R. Supratman, Pematang Siantar - 10.00

GBI Tanah Tinggi - Binjai - 10.00GBI Namoriam Pancuran Batu Sumut - 10.00

GBI Balai Raja - Pekanbaru - 10.00

KALIMANTANGBI Borneo Blessing - 09.00

GBI Father’Love – Pontianak - 09.00, 17.00

SULAWESIGBI Battilang Amballong, SulSel - 09.30

GBI Masio Se’pon, SulSel - 09.30GBI HOB, Menado - 07.00, 10.00, 17.00

NIASGBI Charlita, Nias - 09.00

GBI Jl. Anggrek Sukarame, Nias - 10.00GBI Tuho Owo, Nias - 10.30

GBI Maluo, Nias - 11.00GBI Charisma Family, Nias - 08.15

GBI Hiltes I, Nias - 10.30GBI Fadoro Bulusa - 10.30

GBI Helendrawa - 10.30GBI Desa Sorona – Nias - 08.00

GBI Hilikara – Nias - 15.00

PAPUAGBI Lembah Baliem, Wamena - 09.00

GBI Manokwari - 09.00GBI Papua Restoration - 09.30

GBI Papua Transformation - 10.00

LUAR NEGERIGBI Tin Hau, Hongkong - 10.00. 13.00, 16.00, 19.00

GBI Mongkok, Hongkong - 11.00, 14.00GBI Guang Zhou, China - 10.00, 14.00

GBI Chungli, Taiwan - 10.00

Setiap ibadah raya disertai dengan ibadah anak

31

CABANG RANTING

Warrior Bride - Oktober 2016