14 pebruari 2016

12

Upload: hoangcong

Post on 05-Feb-2017

226 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Keselamatan bukanlah semata-mata sebuah janji bahwa kita akan menikmati kekekalan bersama

Allah, tetapi juga merupakan pengalaman menerima pengampunan, jaminan, pemeliharaan, dan anugerah

dalam hubungan kita dengan-Nya sehari-hari. Dan hal itu memberi rasa aman bagi kita.

2

Karya seni ala “Gembok cinta” di Malang terletak di kawasan yang cukup strategis yaitu di

Jalan Veteran, yang dekat dengan mall dan kampus yang cukup terkenal. Pada karya seni itu terdapat tulisan “Ngalam im in Love” berwarna merah muda dengan bingkai berbentuk hati.

Awalnya, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang, sebagai penggagas gembok cinta ala Paris itu, berharap bisa menjadikannya sebagai obyek penarik wisatawan.

Memang, fenomena gembok cinta lagi marak di dunia. Ribuan orang telah mengaitkan gembok-gembok cinta mereka pada banyak jembatan, pintu gerbang, dan pagar di seluruh dunia, seperti Perancis, Tiongkok, Austria, Republik Ceko, Serbia, Spanyol, Meksiko, Irlandia Utara. Para pasangan mengukir nama mereka pada sebuah gembok dan kemudian menguncikannya di tempat-tempat umum sebagai lambang cinta mereka yang abadi.

RusiaDemikian juga di Rusia. Menurut

penuturan beberapa orang Rusia, gembok memiliki banyak kesamaan sifat dengan cinta. Gembok memiliki sifat sejati. Tidak rapuh. Walaupun diterjang musim dingin, musim semi yang semilir, musim panas yang menyengat, maupun musim gugur penuh hujan, gembok tetap setia dan berfungsi. Tahan terhadap semua cuaca.

Gembok juga mempunyai sifat mengamankan. Manakala sang pemilik telah mengunci rumah, mobil atau almarinya, maka rasa aman akan muncul dalam sanubari. Demikian juga ketika manusia telah menggenggam cinta, maka rasa aman dan damai akan segera dirasakan. Tanpa cinta, maka kehidupan akan menjadi sangat hampa dan tanpa makna.

Selain itu, gembok selalu menautkan dua hal yang berbeda, mengikatnya menjadi satu untuk tidak mudah dibongkar oleh pihak lain. Sekali bersatu, maka keduanya tidak mudah dipisah. Gembok hanya bisa dibuka oleh sang empunya anak kunci.

Agar didapatkan cinta sejati, maka pemilik gembok harus membuang anak kunci. Mereka akan membelakangi sungai lalu melemparnya ke belakang secara bersamaan. Begitu kecemplung di air, hilanglah kesempatan untuk membongkar gembok. Tidak ada alasan untuk membongkar cinta yang telah ditautkan.

AbadiTuhan menunjukkan kepada kita “kasih

abadi” yang sejati secara terbuka di tempat umum. Dia menyatakan kasih-Nya di atas kayu salib saat Dia menyerahkan nyawa-Nya demi pengampunan dosa manusia. Dan Dia terus menunjukkan kasih-Nya kepada kita dari hari ke hari.

Keselamatan bukanlah semata-mata sebuah janji bahwa kita akan menikmati kekekalan bersama Allah, tetapi juga merupakan pengalaman menerima pengampunan, jaminan, pemeliharaan, dan anugerah dalam hubungan kita dengan-Nya sehari-hari. Dan hal itu memberi rasa aman bagi kita.

Kasih Yesus kepada kita merupakan dasar dari tantangan Paulus agar kita “[hidup] di dalam kasih” dengan sesama (Efesus 5:2).

Yang terutama, kasih Allah Bapa tidak hanya memberi rasa aman dengan jaminan keselamatan yang pasti, tetapi juga memampukan kita untuk berlaku sabar dan baik bagi semua orang. Melalui Anak-Nya, Dia telah memberikan kita teladan dan cara terbaik untuk mengasihi satu sama lain, untuk selamanya. Selamat merayakan hari kasih sayang bersama orang-orang terkasih! Tuhan Yesus memberkati. n Ag

3

Siapa Sih yang tidak ingin memiliki tubuh yang Sehat, baik Sehat jaSmani

maupun Sehat rohani?

Yesus berkata dalam Matius 4 ayat 4, "Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah." Roti, tentu berkaitan dengan makanan jasmani, sedangkan Firman Allah

merupakan makanan rohani. Banyak dari kita sering kali mengabaikan betapa pentingnya peranan makanan rohani bagi kesehatan. Ada dua

aspek penting yang harus kita perhatikan mengenai hal ini:

Bersambung ke halaman 94

Bersambung ke halaman 95

15senin

16selasa rabu

tayangan ulang ibadah minggu igmS pusat Pk. 08.00, 11.00, 20.00, 23.00 WIB/ www.mstv.tv

“tak ada Sesal” Pk. 02.00, 05.00, 14.00, 17.00 WIB/ www.mstv.tvpdt. Sukirno tarjadi

tayangan ulang ibadah minggu ii gmS pusat Pk. 08.00, 11.00, 20.00, 23.00 WIB/ www.mstv.tv

(re-run) before 30 Show “Miracles Edition” Pk.10.00 WIB/ www.mstv.tv

”Sukses”Pk. 02.00, 05.00, 14.00, 17.00 WIB/ www.mstv.tvpdt. Sukirno tarjadi

sekarang 8x dalam

sehari !

mawar Sharon Women Pk. 10.00 WIB/ GMS Main Hall

before30 englishPk. 08.00, 11.00, 20.00, 23.00 WIB/ www.mstv.tv

februari

17Rekaman kotbah MSTV dapat dipesan melalui Pustaka Rajawali dengan menghubungi 031.6000.7000 ext. 204 @GMStvwww.mstv.tv

Saksikan MSTV via mobile diiPhone/ iPad, Blackberry & Android:http://mstv.tv

* Tayangan recorded dapat berubah sewaktu-waktu kecuali Live Streaming

recorded at mStV.tV

ibadah live & mStV.tV

mawar Sharon Women Pk. 10.00 WIB/ GMS Main Hall

before30 englishPk. 08.00, 11.00, 20.00, 23.00 WIB/ www.mstv.tv

18kamis

19jumat

20sabtu minggu

21tayangan ulang ibadah minggu iiigmS pusat Pk. 08.00, 11.00, 20.00, 23.00 WIB/ www.mstv.tv

“Attitude” Pk. 02.00, 05.00, 14.00, 17.00 WIB/ www.mstv.tvpdt. Sukirno tarjadi

tayangan ulang ibadah minggu iVgmS pusat Pk. 08.00, 11.00, 20.00, 23.00 WIB / www.mstv.tv

“Iman Hidup”02.00, 05.00, 14.00,17.00 WIB / www.mstv.tvPs. Philip Mantofa

doa malamPk. 19.00 WIB/ www.mstv.tvPdt. Eriel Siregar

(re-run) before 30 Show “Miracles Edition” Pk.19.30 WIB/ www.mstv.tv

before30 englishPk. 08.00 & 11.00 WIB/ www.mstv.tv

(re-run) before 30 Show “Miracles Edition” Pk.15.00 WIB/ www.mstv.tv

army of god teenPk.16.00 WIB/ GMS main hall

Pro-M Revolution Pk.19.00 WIB/ GMS Main Hall

Sunday Service Pk.07.00, Pk.10.00, Pk.16.00, Pk.19.00 WIB / GMS main hall

eaglekidzjadwal lihat di hal. 8

persembahan diakoniadan misidi setiap ibadah

army of god youthPk.13.00 WIB/ GMS main hall

before 30 Show “Miracles Edition” Pk.14.00 WIB / www.mstv.tv

17

Akhir tahun 2014 saya membeli rekaman DVD kotbah akhir tahun yang dibawakan oleh

Pdt. Philip Mantofa tentang “Kerendahan hati mendahului kehormatan”. Saya tertarik dengan visi Tuhan yang didapat oleh gembala kita karena itu selalu berhubungan dengan kehidupan pribadi kita. Saya aminkan setiap firman yang saya dengar.

Sejak awal tahun hingga akhir tahun saya benar-benar merasakan proses kerendahan hati yang Tuhan kerjakan dalam hidup saya. Mulai dari kritik dan tekanan dari pelanggan, keluarga hingga pemimpin rohani begitu menemplak, sehingga saya mengetahui ada benih-benih kesombongan dalam diri saya yang tidak saya sadari sebelumnya.

Saya bersyukur memiliki pemimpin rohani yang mempersiapkan saya sejak awal sehingga tidak kaget ketika mengalami proses-proses ini.

Di dalam kotbahnya, Pdt. Philip juga mengatakan bahwa pintu-pintu berkat akan terbuka di pada tahun 2015, bukan yang terpasang kunci-kunci besar tapi kunci-kunci kecil yang tidak pernah kita sangka. Walaupun produk yang kita hasilkan bagus namun jika tidak mendapat perkenanan Tuhan maka pintu akan selalu tertutup. Ada berkat yang

Tuhan persiapkan di depan meja kita, dengan cuma-cuma. Akan ada pelipat-gandaan!

Sejak awal tahun hingga akhir tahun Tuhan memberikan kejutan-kejutan dalam bisnis kami. Sebagian besar orang mengeluh mengenai turunnya omzet dan lesunya perekonomian. Namun tidak begitu dengan bisnis kami, yang justru terus menuai peningkatan.

Tuhan mendatangkan pesanan dari tempat dan orang yang tidak kami kenal sebelumnya. Ada juga pelanggan potensial yang sudah kami coba dekati selama berbulan-bulan namun gagal, tetapi tiba-tiba Tuhan memakai seorang teman untuk mempertemukan kami dengan pelanggan potensial tersebut.

Tidak sampai di situ, pesanan-pesanan dari pelanggan lain datang tidak ada habisnya hingga kami kewalahan. Alhasil hingga akhir tahun omzet kami meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. Puji Tuhan!

Saya percaya jika Tuhan memberkati karena memiliki tujuan. Diangkat naik bukan untuk memperkaya diri namun untuk memperlebar kerajaan surga dan gerejanya di muka bumi. Segala kemuliaan hanya bagi nama Tuhan. n (Irene, CG Leader P122 Surabaya)

K ESA KS I A N

8

HARI INI SEKALI LAGI ENGKAU MEMBUATKU

TERTEGUN MELIHAT PERLINDUNGAN-MU

DALAM HIDUPKU. KU BERSYUKUR.

Sambungan dari halaman 4

pertama, kuantitas dan frekuensi. "Saya sudah ke gereja setiap hari minggu, saya ini orang percaya dan sudah diselamatkan".

Tunggu dulu. Apakah ini cukup? Jika kita tidak makan, tentu kita akan lapar, lama kelamaan bisa sakit dan pada akhirnya dapat mengalami kematian. Di samping itu, dengan hanya makan seminggu sekali, apakah sudah cukup sehat bagi tubuh kita? Walaupun porsi makanannya sangat banyak, tetapi hal ini tidak baik untuk sistem pencernaan kita.

Sama seperti makanan jasmani, kita perlu makan makanan rohani dengan jumlah yang cukup, secara teratur, kalau tidak, dapat dipastikan kita akan mengalami kematian rohani.

Tuhan menurunkan hujan roti untuk bangsa Israel dalam perjalanan keluar dari Mesir setiap hari, dan mereka harus mengambil secukupnya. Keluaran 16: 4 mengatakan bahwa mereka harus memungut roti itu tiap-tiap hari sebanyak yang diperlukan untuk sehari. Ada yang tidak taat dan mengambil berlebih, dan keesokan harinya roti tersebut menjadi busuk dan berulat.

Ilustrasi ini menggambarkan bahwa kita sebaiknya makan makanan rohani setiap hari, karena Tuhan pasti menyediakan porsi yang baru dan berbeda setiap harinya untuk mencukupi kebutuhan kita pada hari itu.

kedua, kualitas. Sudah makan setiap hari secara teratur tetapi yang dikonsumsi adalah junkfood, sehatkah? Tidak ada

cukup nutrisi yang bisa digunakan untuk pertumbuhan, menyebabkan kita mudah terserang penyakit.

Apakah secara kerohanian sekarang Anda sedang bertumbuh? Atau Anda sedang sakit dan bahkan mengalami kematian? Mungkin kita makan makanan yang salah setiap hari.

Apa yang kita dengar, lihat dan baca setiap hari bagai nutrisi bagi kesehatan rohani kita. Apakah firman-Nya sudah hidup dalam hidup kita? Mungkin kita sudah baca banyak firman, namun jika salah mengartikan juga sia-sia.

Kita harus minta pertolongan Roh Kudus supaya diberi kepekaan dalam membaca dan merenungkan firman-Nya, sehingga apa yang masuk dalam pikiran kita benar-benar nutrisi yang sangat baik dan berguna untuk kita praktekkan dalam hidup sehari-hari.

Sering kali, firman yang kita dengar menjadikan diri sendiri sebagai subyek utama. Kita menggeser posisi Tuhan. Tuhan kita tempatkan seperti Santa Claus yang dapat mengabulkan semua permohonan kita. Padahal nutrisi yang terbaik adalah: bukan kita subyeknya, tetapi Yesus!

Jika kita tidak dapat mengenali siapa Yesus melalui firman yang kita renungkan, maka percuma saja. Kita tidak akan dapat mengasihi Dia, dan menikmati berkat-berkat-Nya.

Bagaimana kuantitas, frekuensi, dan kualitas makanan rohani Anda hari-hari ini? Mari kita sama-sama mengevaluasi, karena ini sangat mempengaruhi kehidupan kerohanian kita. n (Silvy Utomo, Jemaat GMS Surabaya)

Sambungan dar i halaman 4

9

Kami menikah Maret 2015. Dalam keluarga saya, rata-rata bisa memiliki anak dengan

cepat. Saya pun berharap demikian. Bulan April 2015, kami ikut didoakan Pdt. Jusuf bersama pasangan lain yang merindukan keturunan. Namun, setelah menunggu beberapa bulan lamanya, kehamilan itu tidak kunjung datang. Kami sempat periksa ke dokter, dan hasilnya semua baik-baik saja. Saya dan suami tetap percaya bahwa Tuhan punya rencana, dan mensyukuri segala sesuatu yang ada.

Bulan Agustus 2015, kami kembali didoakan Pdt. Jusuf Soetanto di ruang pastoral GMS Surabaya. Beliau berpesan agar kami terus berdoa setiap hari dan bergantung sepenuhnya kepada Tuhan.

Awal Desember 2015, suami sempat dapat mimpi ada seorang anak wanita melihat kepadanya. Di situ ia semakin

yakin bahwa kerinduan akan anak akan segera terjawab. Tanggal 25 Desember 2015, kami tetap melayani di acara perayaan Natal, dan tanggal 29 Desember 2015 sampai 2 Januari 2016 kami berangkat liburan ke luar negeri.

Sepulang dari liburan, istri baru sadar bahwa ia sudah sekian lama terlambat datang bulan. Tanggal 4 Januari 2016 kami periksa ke dokter, dan hasilnya istri saya positif hamil. Segala kemuliaan hanya bagi Tuhan!

Dari pengalaman ini, kami belajar untuk tetap bersyukur kepada Tuhan, apapun yang terjadi. Meski beberapa waktu lamanya kami belum menerima penggenapan janjiNya, namun kami tetap berusaha dan bersyukur atas apa yang kami miliki. n (Edo Manuel Candra & Ailen Onggorahardjo, jemaat GMS Surabaya)

K ESA KS I A N

10

Voltage (Sabtu) Pk. 16.00Keb. AOG Pk. 13.00Ibadah Pemulihan (Jumat) Pk.19.00Sebelah “HERO” Supermarket, KAV.A2 No. 27-32 Jl. Pahlawan Sda. Telp. 8946136, Fax: 8052650

GMS Revival MadiunKeb. Umum I Pk. 07.00Keb. Umum II Pk.17.00Keb. Youth Pk.10.00Eaglekidz (Sabtu) Pk. 16.00Jl. Bogowonto 1Telp: 0351-469869

GMS One Family MalangKeb. Keluarga + ProM I Pk. 07.00 Keb. Anak I Pk. 07.00Keb. Keluarga + ProM II Pk. 10.00Keb. Anak II Pk. 10.00Keb. Keluarga + ProM III Pk. 16.00Keb. Pelajar + Pemuda Pk. 13.00Doa Malam (Rabu) Pk. 18.00Jl. Raya Dieng 19, MalangTelp. 0341-570539

GMS JombangKeb. Umum I Pk. 07.00Keb. Umum II Pk. 16.00Eaglekidz (Rabu) Pk. 16.00Keb. Pelajar & Pemuda Pk.10.00Keb. Pemulihan (Jumat) Pk. 18.30Keb. Pro-M (Sabtu) Pk. 18.00Sekretariat & tempat Ibadah:Kompleks Ruko Cempaka Mas C-8 Jl. Soekarno Hatta, telp.0321-854337

GMS Revival TulungagungDoa Malam (Jumat) Pk. 19.00Keb. Umum I + Anak I Pk. 07.00Keb. Umum II + Anak II Pk. 16.00Keb. Remaja Pk. 10.00Crown Hotel, Venezia Room Lt. 2, Jl. Supriyadi 41, Telp. Kantor 0355-323936

GMS Revival JemberKeb. Umum I Pk. 07.00Keb. Umum II + Pro-M Pk. 10.00Keb. Umum III Pk. 16.00Keb. Youth Pk. 13.00Doa Malam (Jumat) Pk.19.00Jl. Trunojoyo 26, di pertokoan JBCEaglekids I Pk. 07.30Eaglekids II Pk. 17.00Jl. Trunojoyo 26, Jember. Sekretariat: Pertokoan JBC Ruko C2-C3Telp & Fax 0331-425153

GMS KediriKeb. Umum Pk. 16.00Hotel Grand Surya Jl. Dhoho 95, KediriCP: Bp. Sunggana 0888.0152.9750

GMS Miracle YogyakartaIbadah Umum Pk. 10.00Keb. Doa Malam (Jumat) Pk.18.30Keb. Eaglekidz Pk. 10.30Keb. AOG Pk. 13.00Pacific Building lt. 3, Jl. Laksda Adisucipto 157telp.0274-555497, fax.0274-557904CP: Pdp. Arief Wicaksono (08562722328)

GMS Provider SukabumiIbadah Umum & Anak Pk. 10.00Hotel Maxone, JL. Siliwangi No. 90 Kantor & Sekretariat : Pesona Pangrango Blok AG No. 2 Sukabumi

GMS SurabayaKebaktian Umum I Pk. 07.00Kebaktian Umum II Pk. 10.00Kebaktian Umum III Pk. 16.00Kebaktian Umum IV Pk. 19.00Kebaktian Pemuda Pk. 13.00

Kebaktian Anak (Sabtu) Pk. 16.00Auditorium MSCS (Voltage) Kebaktian Anak I Pk. 07.00r.202 (All Stars), Auditorium MSCS 2(Supertrooper + Voltage)Kebaktian Anak II Pk. 10.00r.202 (All Stars), Auditorium MSCS 2(Supertrooper + Voltage)Kebaktian Anak III Pk. 16.00r.202 (All Stars), Auditorium MSCS 2(Supertrooper + Voltage)English Service(MSCS lt.1) Pk. 16.00 Kebaktian Anak IV Pk. 19.00r.202 (All Stars), convention hall (Supertrooper)

Keb. PelajarSabtu Pk. 16.00Jl. Cempaka 18i, Surabaya.

Keb. Profesional MudaSabtu Pk. 19.00Kebaktian Anak (Sabtu) Pk. 19.00Jl. Cempaka 18i, Surabaya.

Bukit Doa “Immanuel” PrigenKeb. Umum Pk. 10.00Bukit Doa Immanuel, Prigen (Tretes)

GMS Unity Surabaya TimurKeb. Umum + Anak 1 Pk. 07.30Keb. Umum + Anak 2 Pk. 10.00Keb. Umum + Anak 3 Pk. 16.00Ruko Klampis Square blok A no. 22-23,Jl. Klampis Jaya SurabayaCp. Melyana (089677931982/081390801878)

GMS House of Victory Surabaya Selatan* Sat. Jemursari, Pondok Tjandra, & RungkutKeb. Umum + Anak Pk. 07.00Jl. Siwalankerto 145Cp. Deky (031-70717173)

GMS Revelation Surabaya Barat Doa Malam (Jumat) Pk. 19.00Keb. Umum + Anak 1 Pk. 07.00Keb. Umum + Anak 2 Pk. 10.00Jl. Raya Sukomanunggal Komplek Pertokoan Satellite Town Square Blok F/ No: 1-6, 22-26Telp. 031-7319854

GMS Denpasar-Bali (The Light) Keb. Umum + Anak I pk. 08.00 WITAKeb. Umum + Anak II pk. 11.00 WITAKeb. Youth pk. 14.00 WITAKeb. Profesional Muda pk. 17.00 WITAKeb. Doa Malam (Jumat) pk. 19.00 WITAJl. Teuku Umar Barat 275,Denpasar, Bali (Sebelum Depo Bangunan) Telp: 0361-8466437

GMS Revival SidoarjoKeb. Umum I + Anak Pk. 07.00Keb. Umum II + Anak Pk. 10.00Keb. Umum III + Anak Pk. 16.00Keb. Umum IV + Pro-M Pk. 19.00

GEREJA MAWAR SHARONJl. Cempaka 24, Surabaya. E-mail: [email protected] TELP.: (031) 60007000 (HUNTING) FAX : (62-31) 5322452 Persembahan Anda untuk Gereja Mawar Sharon dan Bukit Doa Immanuel dapat ditransfer ke: No. Rek. A/C 010.049.700.0 BCA Veteran - Surabaya @gmschurch @GMSWarta gereja mawar sharon

Telp: (0266) 216123Cp : Arsih/Ryan : 08561611930

GMS Amanat Agung Magelang Keb. Umum I Pk. 07.00Keb. Umum II + ProM Pk. 17.00 Keb. Youth Pk. 11.00 Keb. Anak (Sabtu) Pk. 16.00Jl. Gatot Subroto 408CP:Irma (081 3244 32651)Sekret: Jl. Gatot Subroto 36D/ETelp: 0293-314652, 0851 0051 5771 Fax: 0293-3191391

GMS Kemah Kemenangan SalatigaKeb. Umum + Anak Pk. 08.00Keb. AOG 1 Pk. 13.00Keb. AOG 2 Pk. 16.00Jl. Sukowati 62, SalatigaTelp/Fax (0298) 328124, CP: Paulus Eko (085740282010)

GMS Tower of Victory Semarang Keb. Umum + Anak I Pk. 10.00Keb. Umum + Anak II Pk. 16.00Keb. AOG Pk. 13.00Gereja Mawar Sharon “Tower of Victory” Menara Mas Building 3rd floorJl. Majapahit 198Telp. 024-6721318, fax. 024-6720283CP: Monalisa (085713022022)

GMS SoloIbadah Pro-M Pk. 19.00(Sekret: dr. Supomo 77,79)Ibadah Umum I +Anak I Pk. 10.00Ibadah Umum II+ Anak II Pk.16.00Ibadah Youth Pk.13.00Aston Solo Hotel, Ballroom Lt.5Jl. Slamet Riyadi 373 SoloSekret: dr. Supomo 75,77, Telp/ Fax: 0271-723172CP :Daniel S. 089627282614

GMS Favour Jakarta Ibadah Umum I +Anak I Pk. 10.00-12.00Ibadah Umum II+ Anak II Pk. 16.00-18.00Ibadah Youth Pk. 13.00-15.00Voltage (Sabtu) Pk. 13.00 -15.00Central Park Mall, Podomoro City, Gedung TRIBECA Lt. 1Jl. Let. Jend. S. Parman Kav.28, JakBar(Sebelah Mall Taman Anggrek)Telp: 021-56985786 / 87, Fax: 021-56985785

GMS Tentara Tuhan Bandung Keb. Umum + Pro-M Pk. 10.00Keb. Anak Pk. 10.30Keb. Youth Pk. 13.00Meeting Room Royal Palm lt.8Aston Tropicana Hotel BandungPremier Plaza, Jl. Cihampelas 125-120Bandung 40131Sek: Jl. Setrawangi Komp. Setrasari Mall A-6Telp: (022) 87775119

GMS Mercy BalikpapanKeb. Umum I + Anak Pk. 10.00 WITAKeb. Umum II + Anak Pk. 17.00 WITAKeb. Youth Pk. 13.00 WITAJl. Mayjen Sutoyo RT. 44 no. 32 Gunung Malang (ex. gudang YOVA Lama) Telp:0542 - 425937, Fax: 0542-425938

GMS Marvelous BanjarmasinKeb. Umum ( Lt. M2 – R.Lavender, Adelweis) Pk. 10.00 WITAKeb. Anak ( Lt. M2 – R.Jasmine & R.Crysant) Pk. 10.30 WITAKeb. Youth ( Lt.M2 – R. Lavender, Adelweis ) Pk. 13.00 WITAHOTEL G-SIGN, Jl. A. Yani km.4,5Sekret : Jl. A. Yani KM. 3,5 No. B-8, Ruko Tanjung Maya , Seberang Poltabes-Banjarmasin. (0511-325 2888)CP : Yuliana ( 085243551976)

GMS Grace Samarinda Keb. Youth Pk. 13.00 WITAKeb. Umum Pk. 17.00 WITAPlanet Swalayan lt.2, Jl. Rajawali no.8Keb. EagleKidz Pk. 17.00 WITAPlanet Swalayan lt.3, Jl. Rajawali no.8Sekre.: Ruko Citraland BL 17, Jl. DI Panjaitan, Telp. 0541-4100650Cp: Brilli (081808822698)

GMS Glory of God PontianakKeb. Umum (lt.2) Pk. 10.00Keb. Anak Pk. 10.15Ibadah Youth Pk. 14.00Jl. A. Yani, Komplek A. Yani Sentra Bisnis Blok C-12,Megamall, Pontianak. Sekre: lt.1, (0561- 760049)

GMS Restoration AmbonKeb. Umum + Anak Pk. 10.00Keb. Youth Pk.13.00Hotel Swiss-belHOTEL, Jl. Benteng Kapaha, Sekretariat: Jl. Rijali no.26 Belakang Soya (Samping Kredit Plus)Telp. 0911-314570Cp: Erik (085347261119, 081804261119) 0911-3348839

GMS Saparua-MlkKeb. Umum Pk. 09.30 WITKeb. Anak Pk. 16.30 WITJl. Depan Pasar Saparua(Ex BANK Danamon) Cp: James Loimehiapy (0852 4300 8824, Tel/Fax.0931-21487)

GMS Masohi (Maluku Tengah)Keb. Umum Pk. 09.30 WITKeb. Anak Pk. 16.00 WITKeb. Pemuda Pelajar Pk. 13.00 WITJl. Manusela, belakang kantor Kejaksaan Negeri MasohiTelp: 0914-22790CP: Pdp. Rudy Ritiauw 085243078844

GMS Tower of Strength ManadoKeb. Umum I + Anak Pk. 10.00 WITAKeb. AOG Pk. 14.00 WITAKeb. Umum II Pk. 18.00 WITAJl. Wolter Monginsidi, Kompleks Bahu Mall (Samping Apartemen Lagoon) Bahu - Manado 95115, Telp. 0431-831226 Cp : Nain S. (085240163011)

GMS Breakthrough KendariKeb. Umum Pk.17.00 WITAkeb. Anak Pk. 17.15 WITARuko GMS, Jl. H. Supu Yusuf ( depan hotel Plaza Kubra), MandongaCP : Novita (0852 5613 3910)Telp. 0401 - 3128751

GMS BitungKebaktian Umum + Anak Pk. 10.00 WITAKebaktian Youth (Sabtu) Pk. 17.30 WITAJl. Samrat Pakadoodan Ling 3 (Sebelah Yebenlin) Telp: 0438 – 30903

GMS Tondano (HOR)Kebaktian Umum + Anak Pk. 10.00 WITAKebaktian AOG Pk. 17.00 WITAJl. D.I. Panjaitan Ling 1, Taler (Depan Kantor Pos Tondano)Telp: 0431 – 324046

GMS KotamobaguKebaktian Umum + Anak Pk. 10.00 WITAKebaktian Youth (Sabtu) Pk. 17.00 WITAJl. Sutoyo no. 28, (Depan Apotik Kotamobagu)Cp. Gabriel Dimas (08229033390)

GMS God’s Dwelling Place Makassar Keb. Umum + Anak I Pk. 10.00 WITAKeb. Youth Pk. 13.00 WITAKeb. Umum 2 + Pro-M Pk. 17.00 WITAHotel M-Regency eks Eks Hotel Mercure,Jl. Daeng Tompo No. 8, MakassarCp: Galih Chandra (0898 0077 950)Sek.: Jl. Chairil Anwar 30D-F (samping harapan baru Jl. Botolempangan)Telp : 0411-3625749, Fax : 0411-3625751

GMS My Home Medan Keb. Voltage (Sabtu) Pk. 16.30 Keb. Pro-M (Sabtu) Pk. 19.00Keb. Umum I + Anak Pk. 07.00Keb. Umum II + Anak Pk. 10.00Keb. Umum III + Anak Pk. 16.00Keb. Pemuda/ Pelajar Pk. 13.00Keb. AOG Pk. 13.00Sun Plaza, lt. roof, Jl. H. Zainul Arifin 7, Sek: Jl. Gaharu no 27 B Medan, Telp : 061- 4530760

GMS True Vine Pekanbaru Keb. Umum (lt.1) Pk. 09.00 WIBKeb. Youth (lt.1) Pk. 11.30 WIBKeb. Anak (R. VIP A.B.C) Pk. 09.00 WIBdi Restoran Apollo, Jl. Ahmad Yani no.83Sekretariat sementara :Jln. Teuku Umar No. 20-22, Pekanbaru CP: Irawati Santoso (0852 7575 2670), Telp/ Fax: 0761-20019-20121/0761-854816

GMS Lighthouse Palembang Ibadah Umum + Anak Pk. 10.00 WIBHotel Horison Ultima Palembang Lt.3, R. Semeru 1, Jl. Jend. Sudirman 57CP : Paul (081332212471)Ibadah Youth Pk. 14.00 WIBKomp. Ruko Graha Maju MotorJl. Rasyid Nawawi No. 24-26FTelp (0711) 361425 / 366572CP. Theo (081995118283)

GMS LampungKeb. Umum + Anak Pk. 10.00 WIBHotel Marcopolo, Ruang RestaurantJl. Dr. Susilo no. 4, LampungCP: Bp. Eddy Yanto - 085359785588

GMS JambiKeb. Umum + Anak Pk. 10.00 WIBKompleks ruko sentosa A3 - belakang Toko Gloria- Pasar, Jl. Raden Mattaher JambiTelp 0741- 5911180 CP : Edi Riyanto Ong - 0813 3824 7888, Weinna - 0812 6065 6562