23 pebruari 2014

12
1

Upload: dinhhanh

Post on 13-Jan-2017

223 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: 23 Pebruari 2014

1

Page 2: 23 Pebruari 2014

2

U pah Minimum Regional adalah sua-tu standar minimum yang digunakan oleh para pengusaha atau pelaku industri untuk

memberikan upah kepada pegawai, karyawan atau buruh di dalam lingkungan usaha atau kerjanya.

Pemerintah mengatur pengupahan melalui Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 05/Men/1989 tanggal 29 Mei 1989 tentang Upah Minimum.

Penetapan upah dilaksanakan setiap tahun melalui proses yang panjang. Mula-mula Dewan

Pengupahan Daerah (DPD) yang terdiri dari para birokrat, akademisi, buruh dan pengusaha mengadakan rapat,

membentuk tim survei dan turun ke lapangan mencari tahu harga sejumlah kebutuhan yang dibutuhkan oleh pegawai, karyawan dan buruh. Setelah survei dilakukan di sejumlah

kota dalam provinsi tersebut yang dianggap representatif, diperoleh angka Kebutuhan Hidup Layak (KHL). Komponen

kebutuhan hidup layak digunakan sebagai dasar penentuan upah minimum berdasarkan kebutuhan hidup pekerja. Meski

demikian, banyak orang protes karena menganggap penetapan itu tidak adil.

Bagaimana dengan upah yang kita terima ketika memutuskan mengikut Tuhan? Apa definisi keadilan bagi orang

percaya?

Keadilan Allah“Dan orang membagi-bagi mereka dengan membuang undi

tanpa mengadakan perbedaan, sebab ada “pemimpin-pemimpin kudus” dan “pemimpin-pemimpin Allah”, baik di antara keturunan Eleazar

maupun di antara keturunan Itamar.” (I Tawarikh 24:5).Harun sudah dipilih dan ditunjuk Tuhan dengan jabatan imam,

maka seluruh keturunan Harun juga mewarisi keimamatannya. Anak laki-laki Harun, yang berada pada urutan sebagai imam adalah Nadab

dan Abihu, tetapi karena ketidaktaatan, yaitu membawa api asing masuk ke dalam ibadah di Tabernakel, maka Tuhan membunuh mereka. Urutan berikutnya jatuh kepada adik mereka, yaitu Eleazar dan Itamar.

Daud memberikan jabatan imam besar sesuai dengan aturan tentang keturunan. Dan semua keturunan Harun, termasuk Eleazar dan Itamar tetap menjadi orang-orang yang berhak menerima jabatan imam besar.

JUSTICE

Page 3: 23 Pebruari 2014

3

Untuk tetap memberikan kehor-matan atas keturunan keduanya, maka Daud membagi tugas imam dalam 2 bagian, yaitu: pertama-tama, pemimpin-pemimpin kudus yang bertanggung jawab atas segala hal tentang ibadah. Kedua, pemimpin-pemimpin Allah yang bertanggung jawab untuk mengajar dan menghakimi Israel dengan hukum Tuhan.

Dan siapa dari keturunan Ha-run, yang akan memegang jabatan-jabatan itu, ditentukan melalui undian, yang menggambarkan bahwa Daud memberikan keputusan itu kepada Tuhan. Jadi, orang-orang ditempatkan sesuai dengan hasil undian tersebut. Dengan keputusan itu, maka seluruh keturunan Harun tetap berada dalam jabatan yang terhormat.

KeadilanKeadilan adalah kata kunci

untuk memasuki kedamaian dalam hidup. Dengan keadilan maka semua orang mendapatkan bagian yang sesuai dengan keadaannya. Untuk dapat bersikap adil, maka kita harus memandang manusia itu sebagai ciptaan Tuhan yang berharga dan mulia.

Tuhan adalah Allah yang adil karena keadilan adalah sifatNya. Sebagai hamba, anak dan umat tebusanNya, kita juga harus mengenakan keadilan sebagai sifat kita.

Untuk menetapkan suatu yang adil, Daud tidak bertindak semena-mena berdasarkan otoritasnya, tapi dia membawanya kepada Tuhan, Sang

Sumber Keadilan. Daud melihat Tuhan sebagai penentu dari jabatan para imam yang melayaniNya. Dari situlah ibadah bisa dilakukan dengan dan dalam damai sejahtera.

Dalam cerita pekerja-pekerja di seorang pengusaha anggur, sekilas kita melihat sang pengusaha kurang profesional karena semua orang yang bekerja dibayar secara sama. Namun kita dapat menerima penjelasannya demikian :

Pertama, ukuran keadilan Allah berbeda dengan ukuran keadilan manusia. Konsep manusia selalu melihat yang adil itu satu orang dapat satu, maka yang lain juga dapat satu, atau kalau diprosentase maka pembagian untuk dua orang masing-masing harus 50%, sehingga menjadi 100%.

Kedua, otoritas dalam pem-bagian upah memang ada pada sang pengusaha, bukan si pekerja. Jika kita protes, di sanalah muncul iri hati dan perselisihan. Sang Tuan berhak atas kesepakatan yang dibuat sebelumnya dengan si pekerja, ia berhak untuk memberikan apa yang pantas dan perlu kita peroleh.

“Tetapi engkau hai manu-sia Allah, jauhilah semuanya itu, kejarlah keadilan.....” (1Titus 6:11).

“Dan orang akan berkata: “Sesungguhnya ada pahala bagi orang benar, sesungguhnya ada Allah yang memberi keadilan di bumi.” (Mazmur 58:12). n (Pdt. Samuel Handoko)

JUSTICE

Page 4: 23 Pebruari 2014

4

J angan kira pohon rindang tak bisa tumbuh di gurun pasir. Pengecualian selalu ada. Inilah pohon yang bisa hidup sendirian tengah gurun pasir tandus dan panas,

berkilometer-kilometer jauhnya dari sumber air (yang diketahui) serta vegetasi lainnya. Pohon itu dinamai Sharajat Al Hayat, yang berarti “Pohon Kehidupan”, yang adanya di Bahrain dan merupakan salah satu fenomena alam paling luar biasa.

Pohon kehidupan tersebut terletak 2 kilometer dari Jabal ad Dukhan, sebuah bukit pasir tertinggi (15 meteran). Misteri tentang bagaimana bisa pohon ajaib itu hidup dalam kondisi seperti itu telah membuatnya menjadi legenda di Bahrain.

Keajaiban alam ini konon sudah berusia 400 tahun dan membuat bingung para ilmuwan sampai sekarang. Meski mereka telah mengembangkan beberapa teori, tetap belum ada konklusi final alias masih teka-teki. Ada yang bilang akar-akarnya menyebar sangat mendalam dan dengan jangkauan luas hingga mencapai sumber air yang tak diketahui keberadaannya, tetapi belum ada yang bisa membuktikan.

Bahkan, warga setempat pun memiliki penjelasan berbeda-beda soal rahasia di balik keberadaannya. Namun, sebagian besar berdasarkan kepercayaan yang mereka anut. Ada yang percaya bahwa di situlah lokasi sebenarnya dari Taman Firdaus, Tamah Eden, sedangkan suku Badui di sana yakin pohon itu telah diberkati Enki, Dewa Air. Apapun penjelasannya, Sharajat Al Hayat terus tumbuh berkembang selama empat abad.

Akar yang dalam“Yang jatuh di tanah yang berbatu-batu itu ialah orang,

yang setelah mendengar firman itu, menerimanya dengan gembira, tetapi mereka itu tidak berakar, mereka percaya sebentar saja dan dalam masa pencobaan mereka murtad.” (Lukas 8:13)

Seringkali kita mendengar Firman Tuhan dan berse-

Page 5: 23 Pebruari 2014

5

treeof

mangat karenanya, tetapi sayang, kita tidak mengijinkannya untuk mengubah kita. Kita bertindak dangkal. Kita bereaksi secara emosi-onal. Kita berpindah secara impulsif. Tapi tidak meluangkan waktu untuk membiarkannya meresap dalam hati dan hidup kita.

Apakah Anda benar-benar ingin menjadi seperti itu? Tidak! Anda ingin menjadi orang yang dalam, bukan dangkal. Anda ingin menjadi orang dengan akar spiritual yang mendalam sehingga ketika resesi datang dan berlangsung beberapa tahun, Anda tetap dapat menghasilkan buah. Ketika angin topan datang menerpa dan seseorang dalam keluarga Anda jatuh sakit atau meninggal, masalah itu tidak meniup Anda pergi, karena Anda punya akar yang dalam.

Bagaimana Anda mengembangkan akar spiritual yang dalam? Ada dua cara: meluangkan waktu bersama Tuhan secara rutin setiap hari dan meluangkan waktu untuk bersekutu bersama orang percaya lainnya sekali dalam seminggu.

Kelompok kecilIni bukan himbauan atau saran, tetapi

perintah! Anda harus menghabiskan waktu sendiri bersama Tuhan, dan Anda harus menghabiskan waktu dengan orang percaya lainnya.

Jika Anda tidak menghabiskan waktu de-ngan Tuhan setiap hari, Anda akan mengering

dan terbang ketika tekanan datang. Anda tidak akan mampu mengatasinya. Anda harus meluangkan waktu untuk mendengarkan Tuhan selama bersekutu dengan Tuhan. Anda harus duduk dan diam. Anda harus membaca Alkitab dan berbicara dengan Tuhan. Mainkan musik. Jika Anda ingin membuat jurnal, lakukan itu. Apapun yang diperlukan untuk menjaga fokus pada Tuhan, lakukanlah!

Anda juga harus punya kelompok kecil yang mengadakan persekutuan setiap minggu. Tidak ada yang memiliki perspektif yang lengkap tentang kehidupan. Setiap orang dari kita memiliki “titik buta” (blind spot). Orang-orang dalam kelompok kecil Anda dapat melihat hal-hal lain dalam hidup Anda, yang Anda sendiri tidak dapat lihat. Itulah mengapa kita, sesama orang percaya, saling membutuhkan! Anda belajar dari orang-orang dalam kelompok kecil Anda saat kalian saling mendukung satu sama lain. Dua hal ini akan membuat akar Anda masuk lebih dalam, sehingga Anda dapat hidup dan berbuah meski di tengah padang gurun. n Ag/

Page 6: 23 Pebruari 2014

6

Rekaman kotbah MSTV dapat dipesan melalui Pustaka Rajawali dengan menghubungi 031 5451335 ext. 204 @GMStvwww.mstv.tv

Saksikan MSTV via mobile diiPhone/ iPad, Blackberry & Android:http://mstv.tv

24Mawar SharonWomen *Pk.10.00 / GMS main hallIbu Julita Manik(Jakarta)

The SummitBusiness Talk *Spesial Valentine Edition“Pasanganku, Partner bisniskuPk.18.30 / GMS main hallBp. Adrian & Ibu Lely Sarwono

senin

feb

ruar

i25

selasa

26rabu

27Tayangan Ulang Ibadah Minggu IGMS Pusat Pk. 02.00, 05.00, 08.00, 11.00, 14.00, 17.00, 20.00, 23.00 / www.mstv.tv

(Re-run) Before 30 Show “Miracles Edition” Pk.10.00 / www.mstv.tv

Tayangan Ulang Ibadah Minggu II GMS Pusat Pk. 02.00, 05.00, 08.00, 11.00, 14.00, 17.00, 20.00, 23.00 / www.mstv.tv

* live at MSTV

sekarang 8x dalam

sehari !

Page 7: 23 Pebruari 2014

7

27kamis

28jumat

01sabtu

02minggu

“Ketaatan Radikal” Pk. 02.00, 05.00, 08.00, 11.00, 14.00, 17.00, 20.00, 23.00 / www.mstv.tvPdt. Philip Mantofa

“Dasar Membangun Keluarga” Pk. 02.00, 05.00, 08.00, 11.00, 14.00, 17.00, 20.00, 23.00 / www.mstv.tvPdt. Sukirno Tarjadi

Doa Malam *Pk.19.00 / GMS main hallPdt. Djajadi Sutanto

(Re-run) Before 30 Show “Miracles Edition” Pk.19.30 / www.mstv.tv

(Re-run) Before 30 Show “Miracles Edition” Pk.15.00 / www.mstv.

Army of God Pelajar *Pk.16.00 / GMS main hall

Pro-M Revolution *Pk.19.00 / GMS main hall

Sunday Service *Pk.07.00 Pk.10.00 Pk.16.00 Pk.19.00 GMS main hall

Mitra DoaSeusai ibadah 1 s/d 4,Chapel

Army of God Pemuda *Pk.13.00 / GMS main hall

Perpuluhandi setiap ibadah

Before 30 Show “Miracles Edition” Pk.13.30 / www.mstv.tv

Page 8: 23 Pebruari 2014

8

GMS Revelation (Wiyung & Sukomanunggal)Doa Malam (Jumat) Pk. 19.00Keb. Umum + Anak 1 Pk. 07.00Keb. Umum + Anak 2 Pk. 10.00Jl. Raya Sukomanunggal Komplek Pertokoan Satellite Town Square Blok F/ No: 1-6, 22-26

GMS MadiunKeb. Umum I Pk.17.00Keb. Youth Pk.10.00Hotel Kartika Abadi lt. 1, Jl. Pahlawan 54Sekretariat:Jl. Hercules K-17, Bumi AntariksaTelp: 0351-466135

GMS SidoarjoKeb. Umum I + Anak Pk. 07.00Keb. Umum II + Anak Pk. 10.00Keb. Umum III + Anak Pk. 16.00Voltage Pk. 16.00Keb. AOG Pk. 13.00Keb. Pro-M + Anak (Sabtu) Pk. 19.00Ibadah Pemulihan (Jumat) Pk.19.00Sebelah “HERO” Supermarket, KAV.A2 No. 27-32 Jl. Pahlawan Sda. Telp. 8946136, Fax: 8052650

GMS MalangKeb. Keluarga + ProM I Pk. 07.00 Keb. Anak I Pk. 07.00Keb. Keluarga + ProM II Pk. 10.00Keb. Anak II Pk. 10.00Keb. Pelajar + Pemuda Pk. 13.00Doa Malam (Rabu) Pk. 18.00Jl. Raya Dieng 19, MalangTelp. 0341-570539

GMS BD “Immanuel” PrigenKeb. Umum Pk. 10.00Bukit Doa Immanuel, Prigen (Tretes)

GMS JombangKeb. Umum I + Anak I Pk. 07.00Keb. Umum II + Anak II Pk. 17.00Keb. Pelajar & Pemuda Pk.10.00Keb. Pemulihan (Jumat) Pk. 18.30Keb. Pro-M (Sabtu) Pk. 18.00Sekretariat & tempat Ibadah:Kompleks Ruko Cempaka Mas C-8 Jl. Soekarno Hatta, telp.0321-854337CP: Andri (085854522223)

GMS Tulungagung (Revival)Doa Malam (Jumat) Pk. 19.00Keb. Umum I + Anak I Pk. 07.00Keb. Umum II Pk. 16.00Keb. Anak II Pk. 17.45Keb. Remaja Pk. 11.30Jl. KH. Agus Salim No.11 A-17, Pert. Belga, Tulungagung. telp.0355. 328873

GMS JemberKeb. Umum I Pk. 07.00Keb. Umum II + Pro-M Pk. 10.00Keb. Umum III Pk. 17.00Keb. Youth Pk. 13.00Doa Malam (Jumat) Pk.19.00Jl. Trunojoyo 26, di pertokoan JBCEaglekids I Pk. 07.30Eaglekids II Pk. 17.00Jl. Trunojoyo 26, Jember. Sekretariat: Pertokoan JBC Ruko C2-C3Telp & Fax 0331-425153

GMS SurabayaKebaktian Umum I Pk. 07.00Kebaktian Umum II Pk. 10.00Kebaktian Umum III Pk. 16.00Kebaktian Umum IV Pk. 19.00Kebaktian Pemuda Pk. 13.00

Kebaktian Anak I Pk. 07.00r.202 (All Stars), Auditorium MSCS 2(Supertrooper + Voltage)Kebaktian Anak II Pk. 10.00r.202 (All Stars), Auditorium MSCS 2(Supertrooper + Voltage)Kebaktian Anak III Pk. 16.00r.202 (All Stars), Auditorium MSCS 2(Supertrooper + Voltage)English Service(MSCS lt.1) Pk. 16.00 Kebaktian Anak IV Pk. 19.00r.202 (All Stars), convention hall (Supertrooper)

Keb. PelajarSabtu Pk. 16.00Jl. Cempaka 18i, Surabaya.

Keb. Profesional MudaSabtu Pk. 19.00Kebaktian Anak (Sabtu) Pk. 19.00Jl. Cempaka 18i, Surabaya.

GMS Timur (Unity)Keb. Umum + Anak 1 Pk. 07.30Keb. Umum + Anak 2 Pk. 10.00Keb. Umum + Anak 3 Pk. 16.00Ruko Klampis Square blok A no. 22-23,Jl. Klampis Jaya Surabaya

GMS Selatan (House of Victory)* Sat. Jemursari, Pondok Tjandra, & RungkutKeb. Umum + Anak Pk. 07.00Sebelah Bank Mandiri,Jl. Jemursari 81

GEREJA MAWAR SHARONJl. Cempaka 24, Surabaya. E-mail: [email protected] TELP.: (031) 5451335 (HUNTING) FAX : (62-31) 5322452 Persembahan Anda untuk Gereja Mawar Sharon dan Bukit Doa Immanuel dapat ditransfer ke: No. Rek. A/C 010.049.700.0 BCA Veteran - Surabaya @gmschurch @GMSWarta gereja mawar sharon

Page 9: 23 Pebruari 2014

9

GMS YogyakartaIbadah Umum Pk. 10.00Keb. Doa Malam (Jumat) Pk.18.30Keb. Eaglekidz Pk. 10.30Keb. AOG Pk. 13.00Pacific Building lt. 3, Jl. Laksda Adisucipto 157telp.0274-555497, fax.0274-557904CP: Pdp. Arief Wicaksono (08562722328)

GMS Magelang (Amanat Agung) Keb. Umum I Pk. 07.00Keb. Umum II Pk. 17.00 Keb. Youth Pk. 11.00 Keb. Anak (Sabtu) Pk. 16.00Keb. Pro-m (Sabtu) Pk. 19.00Jl. Gatot Subroto 408CP:Irma (0857 24250982)Sekret: Jl. Gatot Subroto 36D/ETelp: 0293-5515771 Fax: 0293-313017

GMS Salatiga (Double K)Keb. Umum + Anak Pk. 08.00Keb. AOG Pk. 16.00Jl. Sukowati 62, SalatigaTelp/Fax (0298) 328124, CP: Paulus Eko (085727615597)

GMS Semarang (Tower of Victory) Keb. Umum + Anak I Pk. 08.00Keb. Umum + Anak II Pk. 17.00Keb. AOG Pk. 13.00Gereja Mawar Sharon “Tower of Victory” Menara Mas Building 3rd floorJl. Majapahit 198Telp. 024-6721318, fax. 024-6720283CP: Bevi (08995585032)

GMS Bandung (Double T) Keb. Umum + Pro-M Pk. 10.00Keb. Anak Pk. 10.30Keb. Youth Pk. 13.00Meeting Room Royal Palm lt.8Aston Tropicana Hotel BandungPremier Plaza, Jl. Cihampelas 125-120Bandung 40131Sek: Jl. Setrawangi Komp. Setrasari Mall A-6Telp: (022) 87775119

GMS Jakarta (Favour)Ibadah Umum I +Anak I Pk. 10.00-12.00Ibadah Umum II+ Anak II Pk. 16.00-18.00Ibadah Youth Pk. 13.00-15.00Central Park Mall, Podomoro City, Gedung TRIBECA Lt. 1Jl. Let. Jend. S. Parman Kav.28, JakBar(Sebelah Mall Taman Anggrek)Telp: 021-56985786 / 87, Fax: 021-56985785

GMS SoloIbadah Umum I +Anak I Pk. 10.00Ibadah Umum II+ Anak II Pk.16.00Ibadah Youth Pk.13.00Hall lt. 2 Apotik Budi Sehat, Jl.S. Parman( Depan SD Kalam Kudus-Pasar Legi)Sekret: Jl. Adi Sucipto Ruko Manahan blok-B, Telp/ Fax: 0271-7655422CP :Hery Suwanto 085729869999Iwan Hartono +62817725770

GMS ManadoKeb. Umum I + Anak Pk. 10.00 WITAKeb. AOG Pk. 14.00 WITAKeb. Umum II Pk. 18.00 WITAHotel Arya Duta lt. 6, ManadoSkrt: Jl. Diponegoro no.121, TelingTelp/Fax: 0431 – 863877Cp : Monalisa.B (0852-5581-4775)

GMS BitungKebaktian Umum + Anak Pk. 10.00 WITAKebaktian Youth (Sabtu) Pk. 17.30 WITAJl. Samrat Pakadoodan Ling 3 (Sebelah Yebenlin)Telp: 0438 – 30903

GMS Tondano (HOR)Kebaktian Umum + Anak Pk. 10.00 WITAKebaktian AOG Pk. 17.00 WITAJl. D.I. Panjaitan Ling 1, Taler (Depan Kantor Pos Tondano)Telp: 0431 – 324046

GMS KotamobaguKebaktian Umum + Anak Pk. 10.00 WITAKebaktian Youth (Sabtu) Pk. 17.00 WITAJl. Sutoyo no. 28, (Depan Apotik Kotamobagu)

GMS Banjarmasin (Marvelous)Keb. Umum (lt.3) Pk. 10.00 WITAKeb. Anak (lt.1) Pk. 10.30 WITAHotel “PALM”, Jl. S. Parman 189Sekret: Jl. Mahat Kasan 52, Simpang Gatot VICP: Yuliana (0511) 3262458

GMS Pekanbaru Keb. Umum (lt.1) Pk. 10.00 WIBKeb. Youth (lt.1) Pk. 13.30 WIBKeb. Anak (R. VIP A.B.C) Pk. 10.00 WIBdi Restoran Apollo, Jl. Ahmad Yani no.83Sekretariat sementara :Jln. Teuku Umar No. 20-22, Pekanbaru CP: Irawati Santoso (0852 7575 2670), Telp/ Fax: 0761-20019-20121/0761-854816

GMS Makassar (God’s Dwelling Place)Keb. Umum + Anak I Pk. 10.00 WITAKeb. Youth Pk. 13.00 WITAKeb. Umum 2 + Pro-M Pk. 17.00 WITAJl. Chairil Anwar 30D-F (samping harapan baru Jl. Botolempangan)Telp : 0411-3625749, Fax : 0411-3625751Cp: Neltje (082187924935)

GMS Palembang (Lighthouse) Ibadah Umum I + Anak I : Pk. 07.00 WIBIbadah Umum II + Anak II : Pk. 10.00 WIBIbadah Youth : Pk. 14.00 WIBKomp. Ruko Graha Maju MotorJl. Rasyid Nawawi No. 24-26FTelp (0711) 361425 / 366572CP : Santi (081312207900) Paul (081332212471)

GMS Pontianak (Glory of God)Keb. Umum I (lt.2) Pk. 10.00Keb. Umum II (lt.2) Pk. 18.00Keb. Anak (lt.3) Pk. 10.30Student Celebration Pk. 13.30Jl. A. Yani, Komplek A. Yani

Sentra Bisnis Blok C-12,Megamall, Pontianak. Sekre: lt.1, (0561- 760049)

GMS LampungKeb. Umum Pk. 10.00 WIBHotel Marcopolo, Ruang RestaurantJl. Dr. Susilo no. 4, LampungCP: Bp. Eddy Yanto - 085359785588

GMS Ambon (Restoration)Keb. Umum + Anak Pk. 09.00Keb. Youth Pk.13.00Hotel Swizbel, Jl. Benteng Kapaha, Sekretariat: Jl. Rijali no.26 (Belakang Soya, Samping Kredit Plus)Telp. 0911-314570Cp: Christian Loupatty (085254901242) 0911-3348839

GMS Saparua-MlkKeb. Umum Pk. 09.00 WITKeb. Pelajar Pk. 13.30 WITKeb. Anak Pk. 16.00 WITPorto Haria Saparua Cp: Steven Lasamahu (0852 4376 8324)

GMS Masohi (Mlk Tengah)Keb. Umum Pk. 09.30 WITKeb. Anak Pk. 16.00 WITKeb. Pemuda Pelajar Pk. 13.00 WITJl. Manusella, belakang kantor Kejaksaan Negeri MasohiTelp: 0914-21163CP: Pdp. Rudy Ritiauw 085243536620

GMS Medan (MY Home)Keb. PRO-M (Sabtu) Pk. 19.00Keb. Umum I + Anak Pk. 08.30Keb. Umum II + Anak Pk. 11.00Keb. Umum III + Anak Pk. 17.30Keb. Pemuda/ Pelajar Pk. 14.00Sun Plaza, lt. roof, Jl. H. Zainul Arifin 7, Telp. 061-4501295, fax. 061-4501296

GMS Samarinda (Grace) Keb. Youth (Sabtu) Pk. 17.00 WITACitraland BL 17, Jl. DI PanjaitanKeb. Umum Pk. 17.00 WITAR. Serbaguna “The Pavilion”(sebelah Pisa Cafe), Jl. Muso Salim 28Sekre.: Ruko Citraland BL 17, Jl. DI Panjaitan, Telp. 0541-7283438Cp: Brilli (081808822698)

GMS Balikpapan (Mercy)Keb. Umum I + Anak Pk. 10.00 WITAKeb. Umum II + Anak Pk. 17.00 WITAKeb. Youth Pk. 13.00 WITAJl. Mayjen Sutoyo RT. 44 no. 32 Gunung Malang (ex. gudang YOVA Lama) CP: Charles: 081545917777Telp:0542 - 425937, Fax: 0542-425938

GMS Denpasar-Bali (The Light) Keb. Umum + Anak Pk. 09.00 WITAKeb. Pro-M + Youth Pk. 17.00 WITADoa Malam (Jumat) Pk. 19.00 WITAJl. Teuku Umar Barat 275,Denpasar, Bali (Sebelum Depo Bangunan) Telp: 0361-8466437

Page 10: 23 Pebruari 2014

10

EX

AM

PLE

LEA

D

Gary Carter, seorang atlet bisbol terkemuka, adalah pengikut Yesus. Sepanjang 19 tahun karirnya, ia memperoleh kekuatan

dan ketahanan dari imannya di dalam Allah untuk bertanding hari demi hari. Dalam artikel di surat kabar Wall Street Journal, tak lama setelah Carter meninggal karena kanker otak di usia 57 tahun, penulis Andrew Klavan menceritakan bagaimana Carter telah mempengaruhi hidupnya.

Di akhir dekade 1980-an, Klavan mengalami depresi yang mendalam hingga ia terus berpikir untuk bunuh diri. Lalu ia mendengar Carter diwawancarai setelah suatu pertandingan. Si penangkap bola yang sudah veteran ini menolong timnya New York Mets meraih kemenangan dengan usahanya berlari kencang pada saat-saat penting dalam pertandingan itu. Carter pun ditanya bagaimana ia dapat melakukannya, mengingat lututnya sedang sakit. Klavan mendengarnya kira-kira seperti ini: “Terkadang Anda harus bermain di tengah rasa sakit.” Teladan sederhana itu menolong Klavan keluar dari depresinya. Ia merasa dikuatkan dan kembali menemukan harapan, hingga ia pun menjadi pengikut Kristus.

“Sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu” (Yohanes 13:15)

Demikian juga dengan kita, orang percaya di dalam Tuhan. Tuhan senantiasa mendorong kita untuk menunjukkan keteladanan dan tidak hanya menerangkan. Dengan kata lain, jangan terangkan kepada orang lain apa yang Anda lakukan, tetapi tunjukkanlah bagaimana Anda melakukannya.

Salah satu alasan kita lebih suka mene-rangkan daripada menunjukkan adalah karena menerangkan itu lebih mudah dan cepat. Menun-jukkan bagaimana melakukan sesuatu sangatlah memakan waktu dan memeras tenaga. Namun, menunjukkan itu terbukti lebih efektif.

Selama beribu-ribu tahun, bangsa Yahudi hanya memiliki hukum yang menerangkan kepa-da mereka apa yang harus dan apa yang tidak boleh dilakukan. Namun Yesus Kristus datang dan menunjukkan kepada mereka bagaimana menjalani hidup menurut apa yang telah dikatakan Allah selama itu. Yesus tidak hanya berkata, “Rendahkanlah dirimu” tetapi Dia juga “merendahkan diriNya” (Filipi 2:8). Dia tidak hanya mengatakan, “Kasihilah Allahmu dan sesamamu” tetapi Dia juga menunjukkan kasih lewat perbuatanNya (Yohanes 15:12). Dia tidak hanya mengatakan, “Ampunilah sesamamu” tetapi Dia juga mengampuni kita (Kolose 3:13). n Ag/

BY

Page 11: 23 Pebruari 2014

PLANBACK TO THE

11

P ada tanggal 1 April 2013, saya mengajukan surat pengunduran diri kepada

atasan tempat saya bekerja selama 3 tahun. Pergumulan yang cukup berat, tapi Tuhan mengingatkan bahwa tempat itu

sudah menjadi “zona nyaman” bagi saya, dan sudah waktunya bagi saya untuk bekerja di tempat lain.

Setelah diberi wejangan dan didoakan oleh atasan, 2 minggu kemudian saya resmi mengundurkan diri. Pada ibadah hari Minggu pagi, saya mendapat

banyak peneguhan dari Tuhan melalui kotbah Pdt. Philip. Tuhan berbicara dengan jelas, bahwa keputusan saya untuk mengundurkan diri sudah tepat dan saya harus terus berjalan. Sebelumnya saya sempat kuatir tidak bisa “survive” (bertahan hidup)setelah pengunduran diri itu. Tapi Tuhan ingatkan lagi, bahwa Dia akan mengirim “Koresh” di luar sana untuk menjadi pelanggan saya di tempat yang baru.

Selain itu, saya tidak tahu mengapa, kotbah Pdt. Philip yang mengatakan, “Dibutuhkan 4 bulan oleh umatNya untuk menuju ke Yerusalem” terus terngiang-ngiang di pikiran saya.

Singkat cerita, sebulan kemudian saya bekerja di perusahaan yang baru. Awalnya, saya merasa sulit dan sedikit merasa putus asa dengan target yang diberikan. Namun, dengan cara yang tidak masuk akal, saya selalu mendapat pertolongan Tuhan pada waktu yang tepat sehingga bisa menutup target setiap bulan. Sampai akhirnya saya bisa melalui masa percobaan selama 3 bulan.

Setelah menjadi pegawai tetap, Tuhan terus mengirimkan “Koresh” menjadi pelanggan saya. Lalu, ketika diadakan penilaian kepegawaian oleh perusahaan secara nasional, kira-kira bulan Oktober 2013 lalu, saya berhasil menutup target tahunan dengan pencapaian lebih dari 150%. Oleh anugerah Tuhan juga, saya menerima

sebuah penghargaan dari perusahaan. Semoga dari sedikit kesaksian yang saya bagikan, dapat menjadi

setitik semangat untuk orang lain untuk tetap percaya bahwa Tuhan masih bekerja dan terus bekerja dengan caraNya, dan percaya

saja bahwa Ia ada dan Ia tidak akan pernah meninggalkan kita. Tuhan Yesus memberkati. n (Kesaksian Dessy

Anggraini, jemaat GMS Surabaya)

Page 12: 23 Pebruari 2014

12