1114-*7& ]&%*4*,)6464114 1114-*7& · 2015. 12. 4. · tentang bagaimana menjadi orang...

13

Upload: others

Post on 24-Nov-2020

5 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: 1114-*7& ]&%*4*,)6464114 1114-*7& · 2015. 12. 4. · tentang bagaimana menjadi orang Kristen sejati. Saat ... teks Alkitab secara eksposisi sehingga pengguna tidak

DAFTAR ISI1. APPS UNTUK BELAJAR ALKITAB

Alkitab Yang Terbuka (AYT)

Tafsiran Alkitab

Kamus Alkitab

Alkitab PEDIA

Peta Alkitab

SABDA Alkitab (Alkitab "Yuku")

2. APPS UNTUK RENUNGAN

Renungan Harian Oswald Chambers (ROC)

Renungan e­SH (Santapan Harian)

Renungan e­RH PSM (Pagi, Siang, Malam)

3. APPS UNTUK PELAYANAN ANAK/REMAJA

Alkitab Yang Terbuka (AYT) Bergambar

3 Seri Komik Kristen

Bible for Kids

Cerita Alkitab Terbuka

Cerita Injil Audio

Kidung

APPPS LIVE 7 | EDISI KHUSUS APPS [DESEMBER 2015]

APPPS LIVE(Aplikasi Pelayanan Proyek Program Sabda)

Page 2: 1114-*7& ]&%*4*,)6464114 1114-*7& · 2015. 12. 4. · tentang bagaimana menjadi orang Kristen sejati. Saat ... teks Alkitab secara eksposisi sehingga pengguna tidak

Halo Sahabat Apps4God,

Tanpa terasa gerakan Apps4God telah berjalan selama lebih dari empat bulan dan banyak halyang telah terjadi untuk mewujudkan visi pelayanan dalam dunia digital ini. Kami memulaiseminar­seminar di gereja, hackathon, sampai pelatihan software untuk menyebarkan gerakanini ke lebih banyak masyarakat Kristen Indonesia.

Perkembangan teknologi telah membawa perubahan ke berbagai aspek kehidupan manusia,termasuk dalam pelayanan. Contohnya, penyampaian Alkitab dari mulut ke mulut, berkembangke media cetak, dan sekarang ke software dan apps Alkitab. Perubahan teknologi ini telahmembuat firman Tuhan tersebar luas, dari pelosok Asia Kecil sampai benua­benua, dari negaraKristen sampai daerah konflik, dari kota­kota sampai rumah­rumah, dan seterusnya.Bagaimana jika perubahan yang serupa terjadi dalam berbagai pelayanan lain, seperti misi, doa,dan lain­lain? Dalam APPPS LIVE edisi spesial ini, redaksi ingin memberi sebuah gambaransederhana tentang penggunaan "aplikasi teknologi untuk Tuhan". Berbagai aplikasi telah danakan terus dikembangkan untuk menolong pelayanan karena media pelayanan kita akan terusberubah, dan akan lebih disempurnakan melalui karya tangan Tuhan sesuai dengan hikmat­Nya.Selamat melayani!

In Christ,

Harjono Honoris Pemimpin Redaksi APPPS LIVE jono@in­christ.net Tentang

Belajar Alkitab adalah hasrat alami seorang Kristen untuk mengenal Allah lebih mendalam melaluifirman­Nya. Dalam perjalanan sejarah dan perkembangan teknologi, sudah banyak buku referensi

EDITORIAL

APPS UNTUK BELAJAR ALKITAB

Page 3: 1114-*7& ]&%*4*,)6464114 1114-*7& · 2015. 12. 4. · tentang bagaimana menjadi orang Kristen sejati. Saat ... teks Alkitab secara eksposisi sehingga pengguna tidak

dan alat­alat yang dibuat untuk mempermudah orang Kristen mempelajari Alkitab. Dalam eradigital saat ini, orang Kristen juga dapat menggunakan teknologi apps untuk mempelajari firmanTuhan secara mendalam.

Alkitab Yang Terbuka (AYT)

Puji Tuhan! Masyarakat Kristen Indonesia semakindiberkati dengan adanya versi Alkitab yang baru, yaituAlkitab Yang Terbuka (AYT). Sekarang, AYT sudah tersediadalam aplikasi SABDA Android yang dapat diunduh secara gratis. AYTmemiliki sifat "SETIA, JELAS, dan RELEVAN":

SETIA pada bahasa aslinya (Ibrani + Yunani), pada sejarahterjemahan Alkitab Indonesia dan Inggris, dan pada bahasaIndonesia modern.

JELAS, karena AYT mudah dibaca, dimengerti, dan didengarkan.

RELEVAN dengan format digital, multimedia, dan sosial media.

Berbagai fitur dalam app AYT dapat membantu Anda untuk belajar firman Tuhan, seperti fitur PopUp "Catatan Kaki/Ayat" yang memberikan catatan atau penjelasan tambahan untuk istilah ataulambang dalam konteks yang dibaca untuk membuka pengertian dan pemahaman pembacamengenai istilah tersebut.

Download Aplikasi AYT

Tafsiran Alkitab

Page 4: 1114-*7& ]&%*4*,)6464114 1114-*7& · 2015. 12. 4. · tentang bagaimana menjadi orang Kristen sejati. Saat ... teks Alkitab secara eksposisi sehingga pengguna tidak

Tafsiran merupakan salah satu bagian dari sistempembelajaran Alkitab (biblical study system) berbasisAndroid yang diluncurkan oleh Yayasan Lembaga SABDA(YLSA) dan Tim Alkitab Android. Aplikasi Tafsiran akanmenolong pengguna mempelajari ayat­ayat Alkitab melalui beberapabahan tafsiran yang alkitabiah dan dapat dipertanggungjawabkan.Aplikasi ini menawarkan pilihan tafsiran kepada para pengguna supayabisa membandingkan pemahaman ayat­ayat Alkitab darisudut pandang para ahli tafsir Alkitab, antara lain Matthew HenryCommentary, Tafsiran Wycliffe, Tafsiran Hagelberg, dll..

Download Aplikasi Tafsiran

Kamus Alkitab

Kamus Alkitab adalah kamus yang LENGKAP yang memuatpenjelasan SETIAP kata/istilah­istilah yang ada dalamAlkitab. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mempelajari RIBUANistilah dari kompilasi 10+ kamus yang saling terintegrasi sehinggapemahaman pengguna mengenai kata, makna, dan fakta­fakta dalamAlkitab akan makin TERBUKA. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fiturLexicon/Nomor Strong yang dapat menolong penggunamempelajari kata Alkitab dalam bahasa aslinya. Kamus Alkitab dapatmenjadi referensi bagi pengguna yang serius dalammempelajari/menggali Alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.

Download Aplikasi Kamus Alkitab

Alkitab PEDIA

Page 5: 1114-*7& ]&%*4*,)6464114 1114-*7& · 2015. 12. 4. · tentang bagaimana menjadi orang Kristen sejati. Saat ... teks Alkitab secara eksposisi sehingga pengguna tidak

Alkitab PEDIA adalah sebuah aplikasi PerpustakaanElektronik Dan Informasi Alkitab (P.E.D.I.A) yang membawapengguna kepada pintu­pintu informasi bagi setiap kitabdan pasal dalam Alkitab. Dengan Alkitab PEDIA, pengguna dapatmelakukan analisis setiap kitab dalam Alkitab dengan informasifakta, latar belakang, garis besar, tujuan, tema­tema kunci, survei,dan ciri khas setiap kitab. Untuk penggalian lebih mendalam, penggunajuga dapat melakukan analisa setiap pasal berdasarkan penjelasansingkat, garis besar, dan judul perikop. Aplikasi ini juga terintegrasidengan Alkitab SABDA atau Alkitab Yuku, sangat mudah digunakan, dan bisa diakses secara offline(tanpa internet).

Download Aplikasi Alkitab PEDIA

Peta Alkitab

"Demikian juga Yusuf pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, kekota Daud yang bernama Betlehem ...." (Luk. 2:4, TB)

Seberapa jauhkah perjalanan Yusuf dari kota Nazaret ke Betlehem,tempat kelahiran Yesus? Kota atau wilayah apa saja yang harus dilaluiAbraham dan keluarganya ketika dipanggil Tuhan untuk keluar darinegaranya menuju Kanaan (Kej. 12:2­9)? Aplikasi Peta Alkitabakan membuat Anda memahami lebih jauh perjalanan tiaptokoh Alkitab.

Aplikasi ini menunjukkan lokasi dan posisi geografis tempat­tempat Alkitab denganpenanda­penanda yang mudah dilihat. Pengguna dapat mengecek lokasi tempat­tempatAlkitab dengan 2 cara: (1) Mengetikkan nama tempat tertentu di kotak pencarian; (2) Membukakitab yang diinginkan, lalu pilih nama tempat yang tercantum dalam kitab tersebut. Misal, kitamembuka kitab Kejadian dan menemukan berbagai nama tempat seperti Babel, Kanaan, Haran,dan lain­lain. Anda bisa memilih nama tempat yang diinginkan, dan setiap tempat pun telahditandai dengan ayat­ayat Alkitab yang mencatat nama tempat tersebut.

Page 6: 1114-*7& ]&%*4*,)6464114 1114-*7& · 2015. 12. 4. · tentang bagaimana menjadi orang Kristen sejati. Saat ... teks Alkitab secara eksposisi sehingga pengguna tidak

Aplikasi yang harus digunakan secara online ini, mudah dipakai dan dipandang mata. Satu catatanlagi, aplikasi ini terintegrasi dengan aplikasi "SABDA Alkitab" dan "Alkitab Yuku" sehingga sembarimembaca Alkitab dalam apps tersebut, tempat­tempat yang tercantum dalam ayat dapat langsungdilihat dan diselidiki. Sangat praktis dan mudah. Selamat menikmati aplikasi Bible Maps!

Download Aplikasi Peta Alkitab

SABDA ALKITAB (Alkitab "Yuku")

Fungsi utama aplikasi Alkitab adalah untuk menyediakanAlkitab digital sehingga teks Alkitab dapat dibaca melaluiapps. Seiring dengan perkembangannya, aplikasi ini kini dilengkapidengan beragam fitur, misalnya fitur "Rencana Baca", yang menolongpengguna mengatur jadwal pembacaan Alkitab secara sistematis. Halini diharapkan dapat menolong pengguna disiplin dalam pembacaanAlkitab. Aplikasi Alkitab juga menyediakan alat­alat yang menolongpenggunanya dalam menandai/belajar Alkitab seperti marker,pembatas buku, dancatatan yang terintegrasi dengan apps studiAlkitab lainnya. Ketika membaca satu ayat, Anda dapat terhubung dengan beberapa aplikasibiblika lain, yaitu Tafsiran, Alkitab PEDIA, Kamus Alkitab, dan Peta Alkitab.

Download Aplikasi Alkitab

"Amat mendukung kegiatan pendalaman Alkitab." (Gusti Pramanatahir, Pengguna Aplikasi Kamus Alkitab)

"Bagus sekali. Sangat berguna untuk pendalaman Firman Tuhan. Semakin mengasihi Firman."

(JE Suprayitna, Pengguna Aplikasi Alkitab PEDIA)

"Sangat membantu dalam mengerti geografi & sejarah dalam Alkitab" (Seto Robby Wibowo, Pengguna Aplikasi Peta Alkitab)

Page 7: 1114-*7& ]&%*4*,)6464114 1114-*7& · 2015. 12. 4. · tentang bagaimana menjadi orang Kristen sejati. Saat ... teks Alkitab secara eksposisi sehingga pengguna tidak

Salah satu cara memelihara hidup rohani kita adalah dengan merenungkan firman Tuhan setiaphari. Saat ini, sudah banyak bahan renungan Alkitab yang dapat menolong kita memaknai ayat­ayat firman Tuhan dengan lebih mendalam. Berikut ini adalah beberapa aplikasi renungan Alkitabyang akan menolong Anda bersaat teduh setiap hari.

Renungan Oswald Chambers (ROC)

Renungan harian "My Utmost For His Highest" adalah karyabesar yang ditulis oleh Oswald Chambers. Renungan harianyang terbit pertama kali pada tahun 1935 ini sangat disukai olehbanyak orang Kristen dari seluruh dunia, dan masuk dalam sepuluhbesar buku Kristen terlaris sepanjang masa. Kini, Anda dapatmembacanya dalam bahasa Indonesia yang telah diterjemahkanoleh M. A. Purba. Jadikan renungan ini sahabat Anda dalammerenungkan firman Tuhan di mana pun dan kapan pun melalui appAndroid Renungan Oswald Chambers (ROC). Aplikasi inidikembangkan oleh Yayasan Lembaga SABDA agar orang Kristen mendapatkan pemahamantentang bagaimana menjadi orang Kristen sejati. Saat Anda mengunduh aplikasi ini, Anda akanlangsung menerima 365 bahan renungan lengkap untuk satu tahun sehingga Anda tidakmemerlukan koneksi internet untuk menggunakan bahan renungan ini setiap hari.

Download Aplikasi ROC

Renungan e­SH (Santapan Harian)

APPS UNTUK RENUNGAN

Page 8: 1114-*7& ]&%*4*,)6464114 1114-*7& · 2015. 12. 4. · tentang bagaimana menjadi orang Kristen sejati. Saat ... teks Alkitab secara eksposisi sehingga pengguna tidak

Aplikasi Renungan e­SH adalah proyek kerja sama antaraYayasan Lembaga SABDA dan Scripture Union Indonesia(SUI) sebagai penyedia bahan. Dalam aplikasi e­SH tersedia 365bahan saat teduh untuk satu tahun dan 6000+ bahan e­SH lainnyayang disusun berdasarkan urutan kitab dalam Alkitab. Dengandemikian, pengguna app e­SH juga dapat melakukan saat teduhberdasar pada kitab (Kejadian ­ Wahyu). Renungan ini membahasteks Alkitab secara eksposisi sehingga pengguna tidak hanyamerenungkan firman Tuhan, tetapi sekaligus belajar firman Tuhansecara mendalam. Dapatkan info mengenai langkah­langkah belajar Alkitab dengan metode BGA(Baca Gali Alkitab). Metode BGA adalah eksegesis yang praktis, memudahkan penggunamengungkap isi perikop dalam Alkitab secara menyeluruh, menemukan intisari Alkitab, danmaknanya. Selamat merenungkan dan belajar firman Tuhan dengan app e­SH.

Download Aplikasi Renungan e­SH

Renungan e­RH PSM (Pagi, Siang, Malam)

Apakah Anda rindu merenungkan firman Tuhan setiapsaat? Bagi Anda pengguna HP Android, dapatkan aplikasirenungan untuk Android Anda: e­Renungan PSM (Pagi,Siang, Malam) dari Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). Aplikasie­RH PSM menyediakan tiga bacaan renungan Kristen (untukrenungan pagi, siang, dan malam) sehingga hari dan waktu Andadapat selalu diisi dengan kebenaran firman Tuhan. e­Renungan PSM inijuga dilengkapi dengan fitur notifikasi yang akan mengingatkan Andauntuk membaca renungan. Di samping itu, Anda juga dapat mengatursendiri waktu renungan pagi, siang, dan malam Anda. Segera dapatkan aplikasi ini di"Play Store" secara gratis! Selamat bertumbuh di dalam pengenalan akan Kristus melalui e­Renungan PSM!

Download Aplikasi e­Renungan PSM

Page 9: 1114-*7& ]&%*4*,)6464114 1114-*7& · 2015. 12. 4. · tentang bagaimana menjadi orang Kristen sejati. Saat ... teks Alkitab secara eksposisi sehingga pengguna tidak

"Sangat memberkati. Renungan Oswald Chambers memang sangat memberkati. Sangatrecommended‐lah. :)"

(Yochan Rayon, Pengguna ROC)

"Sangat baik, Renungannya lengkap. Untuk Pagi, siang dan malam. GB" (Amelia Duka, Pengguna Renungan PSM)

"Felt blessed for learning about the Words of God." (Victoria Tando, Pengguna Renungan e‐SH)

Apakah gereja sudah terbuka untuk melayani generasi digital native dengan teknologi yang sesuaidengan kebutuhan mereka? Mari kita membuka diri terhadap generasi tersebut denganmenawarkan beberapa aplikasi Android yang dapat menolong generasi digital dalam membaca,belajar, dan mendalami Alkitab sesuai dengan zamannya.

AYT Bergambar

Alkitab Yang Terbuka kini hadir dengan 1449gambar/ilustrasi. Generasi digital lebih cepat belajar jika teksdilengkapi dengan grafis/gambar. Karena itulah, app AYT Bergambartersedia untuk menolong generasi digital memahami kisah/narasidalam Alkitab dengan lebih baik. Selain itu, terdapat juga berbagai fiturseperti pop­up catatan atau penjelasan tambahan untukistilah/lambang dalam Alkitab, untuk berbagi ke media sosial, danmasih banyak lagi.

Download Aplikasi Alkitab AYT Bergambar

APPS UNTUK PELAYANAN (ANAK / REMAJA)

Page 10: 1114-*7& ]&%*4*,)6464114 1114-*7& · 2015. 12. 4. · tentang bagaimana menjadi orang Kristen sejati. Saat ... teks Alkitab secara eksposisi sehingga pengguna tidak

3 Seri Komik Kristen

Komik merupakan salah satu bacaan yang disukai anak­anak. Itulah sebabnya,salah satu cara untuk menarik anak/generasi muda membaca Alkitab adalahdengan membuat komik Alkitab. Bukan hanya dalam bentuk cetak, pada era digital ini komikAlkitab pun sudah tersedia dalam aplikasi Android. Yayasan Lembaga SABDA mengembangkantiga aplikasi komik Alkitab, yaitu "Komik Yesus Hidup", "Komik Alkitab Bergambar", dan "KomikKitab Suci". Cerita Alkitab di dalam setiap komik telah diurutkan secara sistematis dandikelompokkan sehingga memudahkan pengguna membaca setiap seri yang ada.

Pada "Komik Yesus Hidup" terdapat 127 halaman berisi kisah kelahiran Yesus sampai kenaikanYesus ke surga, pada "Komik Alkitab Bergambar" terdapat 7 seri cerita yang terdiri dariempat seri dari Perjanjian Lama dan dua seri dari Perjanjian Baru dengan total 800+ halaman, danpada "Komik Kitab Suci" terdapat 8 seri cerita yang terdiri dari kitab Kejadian, Keluaran,Bilangan, Yosua, Hakim­Hakim, Rut, 1 Raja­Raja, dan 2 Raja­Raja. Mari gunakan, baca, dan berbagiinformasi mengenai aplikasi komik­komik ini kepada rekan, keluarga, teman, anak­anak sekolahminggu, dan remaja.

Download Aplikasi Komik Yesus Hidup

Download Aplikasi Komik Alkitab Bergambar

Download Aplikasi Komik Kitab Suci

Page 11: 1114-*7& ]&%*4*,)6464114 1114-*7& · 2015. 12. 4. · tentang bagaimana menjadi orang Kristen sejati. Saat ... teks Alkitab secara eksposisi sehingga pengguna tidak

Bible for Kids

Aplikasi Alkitab untuk anak dari YouVersion dan OneHopememberikan pengalaman berkenalan dan mempelajariAlkitab melalui kisah­kisah besar Alkitab secara interaktifdan dipadukan dengan animasi yang indah. Aplikasi inidirancang agar anak­anak merasa senang dengan Alkitab dan mauterus kembali mengenal Alkitab hingga akhirnya mereka familiardengan firman Tuhan. Fitur navigasi yang mudah, gambar yangberwarna, serta animasi yang bergerak setiap kali disentuh membuattampilan aplikasi ini begitu menarik. Selain itu, juga terdapat info danpengingat aktivitas terakhir yang membantu anak mengingat kembali apa yang telah merekapelajari serta tantangan berupa permainan berhadiah yang pastinya disukai oleh anak­anak.

Download Aplikasi Bible for Kids

Cerita Alkitab Terbuka (CAT)

Nikmati 50 judul cerita Alkitab dari Perjanjian Lama danPerjanjian Baru yang dilengkapi dengan 600 gambarilustrasi. Aplikasi Cerita Alkitab Terbuka akan membuat kegiatanbelajar Alkitab menjadi lebih menyenangkan. Anda dapatmenggunakannya sebagai alat peraga untuk bercerita kepada anak­anak sekolah minggu dan sebagai pelengkap dalam memberikanrenungan atau khotbah. Anda juga dapat membagikan cerita­cerita didalamnya melalui berbagai media sosial yang Anda miliki. Dapatkanaplikasi ini sekarang juga di Play Store dan sebarkan informasi inikepada keluarga dan rekan­rekan Anda!

Download Aplikasi CAT

Cerita Injil Audio (CIA)

Page 12: 1114-*7& ]&%*4*,)6464114 1114-*7& · 2015. 12. 4. · tentang bagaimana menjadi orang Kristen sejati. Saat ... teks Alkitab secara eksposisi sehingga pengguna tidak

Cerita Injil adalah Kabar Baik bagi masyarakat KristenIndonesia. Sekarang, Anda, keluarga dan teman­temandapat menikmati CIA ­­ Cerita Injil Audio ­­ gratis, kapansaja secara offline dalam kompilasi 350+ gambar/cerita­cerita/audio. Aplikasi CIA menyediakan cerita­cerita Alkitabbergambar yang dilengkapi dengan ratusan audio dan ilustrasi,sehingga memudahkan kita mengenal firman Allah dan siapakah TuhanYesus Kristus. Materi dalam app CIA dibagi menjadi tiga bagianbesar, yaitu Cerita Injil Audio, yang berisi cerita Alkitab secararingkas namun padat; Injil yang Hidup, yang berisi kehidupan Yesus Kristus secara sistematisdari kelahiran, kematian, kebangkitan­Nya, sampai kedatangan­Nya yang kedua; dan Seri Lihat,Dengar, dan Hidup, yang berisi firman Tuhan secara topikal, misalnya penciptaan, tokoh­tokohAlkitab, gereja mula­mula, dll.. App CIA dapat digunakan untuk pelayanan segala umur – dari anaksekolah minggu sampai kepada lansia!

Download Aplikasi CIA

Kidung

Menyanyilah bagi Tuhan, kapan pun dan di mana pun Andaberada! Sekarang dengan Aplikasi Kidung, Anda dapatmemuji Tuhan setiap waktu dengan lirik yang tersediasecara offline dalam gawai Anda. Aplikasi ini berisi kumpulanbuku kidung/lagu/pujian Kristen (17 buku lagu) dari berbagaidenominasi gereja, seperti KPPK, NNBT, Buku Ende, dll. Aplikasiini dilengkapi pula dengan audio dari tiga buku kidung yang palingbanyak digunakan beberapa gereja (KJ, PKJ, NKB) sehingga akanmenolong Anda menyanyikan setiap pujian dengan baik. Dapatkanribuan lirik (+ audio) lagu pujian dalam aplikasi ini yang memudahkan Anda untuk memuji Tuhansetiap hari.

Download Aplikasi Kidung

Page 13: 1114-*7& ]&%*4*,)6464114 1114-*7& · 2015. 12. 4. · tentang bagaimana menjadi orang Kristen sejati. Saat ... teks Alkitab secara eksposisi sehingga pengguna tidak

"Aplikasinya sangat bermanfaat untuk anak belajar Alkitab" (Marcel Junior, Pengguna Aplikasi Bible for Kids)

"Membantu para guru‐guru sekolah minggu" (Johni Sallu, Pengguna Aplikasi Cerita Alkitab Terbuka)

"Sangat membantu dalam mempelajari lagu baru" (Francisca Dewi Adu, Pengguna Aplikasi Kidung)

Dari semua aplikasi di atas, aplikasi apa saja yang sudah menjawab kebutuhan pelayanan Anda?Aplikasi apa saja yang masih Anda perlukan untuk pelayanan menggunakan teknologi saat ini?Temukan lebih banyak aplikasi pelayanan lainnya di Apps4God.org atau kirimkan saran danpendapat Anda mengenai pelayanan apps di Indonesia kepada redaksi di [email protected] Yesus memberkati.

APPPS LIVE

*Publikasi APPPS LIVE adalah suara dari gerakan Apps4God, yaitu gerakanyang mengajak orang­orang percaya, baik sebagai pengembang maupunpengguna teknologi, untuk bersama­sama menggumulkan bagaimanamenggunakan teknologi bagi kemuliaan nama Tuhan.

Bergabunglah dengan kami:

Kontak: [email protected]: Hilda, Jono, Tika, dan Santi

Anda menerima publikasi ini karena Andaberlangganan Publikasi APPPS LIVE. Untukberlangganan atau berhenti berlangganankirimkan email ke [email protected].

*Terbit sebulan 2 kali.

Download Versi PDFLihat Versi Web

© 2015 apps4god.org