10/26/2014 6:01 pm

23
06/14/22 05:58 06/14/22 05:58

Upload: ariana-dyer

Post on 03-Jan-2016

113 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

10/26/2014 6:01 PM. Assalammualaikum……. Sk : memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan KD: mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari. Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-hari. Bahan Kimia Rumah Tangga - PowerPoint PPT Presentation

TRANSCRIPT

Page 1: 10/26/2014 6:01 PM

04/20/23 17:09

04/20/23 17:09

Page 2: 10/26/2014 6:01 PM

Sk: Sk: memahami kegunaan bahan memahami kegunaan bahan kimia kimia dalam kehidupan dalam kehidupanKD: mencari informasi tentang KD: mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan bahan kimia dalam kehidupan sehari-harisehari-hari

Page 3: 10/26/2014 6:01 PM

Bahan Kimia Dalam Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-hariKehidupan Sehari-hari

Bahan Kimia Rumah TanggaBahan Kimia Rumah Tangga

Pengaruh Penggunaan Bahan Pengaruh Penggunaan Bahan Kimia Rumah TanggaKimia Rumah Tangga

Efek Samping Efek Samping PenggunaannyaPenggunaannya

Page 4: 10/26/2014 6:01 PM

Beberapa Gambar Bahan Kimia Beberapa Gambar Bahan Kimia Rumah tanggaRumah tangga

Page 5: 10/26/2014 6:01 PM

Bahan Kimia Rumah TanggaBahan Kimia Rumah Tangga

PembersihPembersih

PemutihPemutih

PewangiPewangi

Pembasmi SeranggaPembasmi Serangga

Page 6: 10/26/2014 6:01 PM

PembersihPembersihBBerfungsi untuk membersihkan erfungsi untuk membersihkan

berbagai benda di rumah tangga dari berbagai benda di rumah tangga dari kotorankotoran..

Adapun Adapun jenis bahan kimia yang dapat jenis bahan kimia yang dapat digunakan sebagai pembersihdigunakan sebagai pembersih antara lain: antara lain:

pembersih badan,pembersih badan,pembersih rambut, pembersih rambut, pembersih motor dan mobil, pembersih motor dan mobil, pembersih piring, pembersih piring, pembersih baju, pembersih baju, pembersih lantaipembersih lantai

Page 7: 10/26/2014 6:01 PM

Pengaruh Penggunaan Bahan Pengaruh Penggunaan Bahan Kimia Kimia PembersihPembersih

Bagaimana pBagaimana pengaruh bahan kimia engaruh bahan kimia yang ada dalam produk pembersih yang ada dalam produk pembersih sehingga bahan kimia tersebut dapat sehingga bahan kimia tersebut dapat membersihkan kotoran?membersihkan kotoran?

Page 8: 10/26/2014 6:01 PM

Efek Samping Penggunaan Bahan Efek Samping Penggunaan Bahan Kimia Rumah Tangga dan Kimia Rumah Tangga dan

PencegahannyaPencegahannya Pada Pemutih Pada Pemutih

MMenimbulkan limbah rumah tangga berupa enimbulkan limbah rumah tangga berupa busa. busa.

Busa yang ditimbulkan sabun dapat diuraikan Busa yang ditimbulkan sabun dapat diuraikan oleh mikroorganisme yang ada dalam tanah, oleh mikroorganisme yang ada dalam tanah, sedangkan busa yang dihasilkan dari detergen sedangkan busa yang dihasilkan dari detergen sulit diuraikan oleh mikroorganisme di dalam sulit diuraikan oleh mikroorganisme di dalam tanahtanah

Page 9: 10/26/2014 6:01 PM

Pencegahannya Pencegahannya

Pencegahan yang dapat dilakukan antara Pencegahan yang dapat dilakukan antara lainlain sebagai berikut.sebagai berikut.

Menggunakan detergen dengan Menggunakan detergen dengan konsentrasi yang encer dan kadar ABS konsentrasi yang encer dan kadar ABS yang rendah.yang rendah.

Menggunakan detergen yang mudah Menggunakan detergen yang mudah terurai, seperti sodium dodesil sulfat terurai, seperti sodium dodesil sulfat (SDS).(SDS).

Menyimpan sabun pada tempat yang Menyimpan sabun pada tempat yang benar sehingga jauh dari jangkauan anak.benar sehingga jauh dari jangkauan anak.

Page 10: 10/26/2014 6:01 PM

PemutihPemutih

• bberfungsi untuk memutihkan pakaian erfungsi untuk memutihkan pakaian putih yang terkena noda yang susah putih yang terkena noda yang susah dibersihkan dengan pembersih biasadibersihkan dengan pembersih biasa

• untuk memutihkan wajah atau tubuh. untuk memutihkan wajah atau tubuh.

Page 11: 10/26/2014 6:01 PM

Pengaruh Bahan Kimia Pengaruh Bahan Kimia pada Produk Pemutihpada Produk Pemutih

BBagaimana pemutih dapat agaimana pemutih dapat menghilangkan kotoran yang menghilangkan kotoran yang membandel pada pakaian putihmembandel pada pakaian putih??

Bahan apa yang terkandung dalam Bahan apa yang terkandung dalam pemutih gigi?pemutih gigi?

Page 12: 10/26/2014 6:01 PM

JawabannyaJawabannya

• Dalam Dalam bahan pemutih mengandung bahan pemutih mengandung hipoklorit Ca(ClOhipoklorit Ca(ClO22) yang biasanya dikenal ) yang biasanya dikenal kaporit, dan larutan pemutih kaporit, dan larutan pemutih mengandung natrium hipoklorit (NaClO).mengandung natrium hipoklorit (NaClO). Bahan pemutih akan mengoksidasi Bahan pemutih akan mengoksidasi kotoran sehingga kotoran tersebut akan kotoran sehingga kotoran tersebut akan larut dalam airlarut dalam air

Page 13: 10/26/2014 6:01 PM

Efek Samping Penggunaan Efek Samping Penggunaan PemutihPemutih

Bahan pemutih pakaian umumnya Bahan pemutih pakaian umumnya mengandung senyawa klorin yang mengandung senyawa klorin yang dapat merusak serat kain dan warna dapat merusak serat kain dan warna pakaian. pakaian.

SSenyawa klorin juga dapat enyawa klorin juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit. menyebabkan iritasi pada kulit.

Bahan pemutih kulit yang mengandung Bahan pemutih kulit yang mengandung merkuri atau raksa yang berlebihan merkuri atau raksa yang berlebihan dapat merusak sistem sarafdapat merusak sistem saraf

Page 14: 10/26/2014 6:01 PM

PencegahannyaPencegahannya

Pencegahan yang dapat dilakukan untuk Pencegahan yang dapat dilakukan untuk dari penggunaan pemutih, antara lain:dari penggunaan pemutih, antara lain:

Hindari penggunaan jenis pemutih Hindari penggunaan jenis pemutih yang mengandung merkuri.yang mengandung merkuri.

Hanya menggunakan produk pemutih Hanya menggunakan produk pemutih jika kotoran atau noda sulit jika kotoran atau noda sulit dihilangkan oleh sabun atau detergen.dihilangkan oleh sabun atau detergen.

Page 15: 10/26/2014 6:01 PM

PewangiPewangi

BerfungsiBerfungsi untuk mengharumkan untuk mengharumkan ruangan atau tubuh. ruangan atau tubuh.

Produk pewangi ada yang Produk pewangi ada yang berbentuk cair, seperti pengharum berbentuk cair, seperti pengharum tubuh, ruangan, dan pakaian.tubuh, ruangan, dan pakaian.

Page 16: 10/26/2014 6:01 PM

Pengaruh Bahan Kimia Pengaruh Bahan Kimia pada Produk Pewangipada Produk Pewangi

• Apa yang kamu lakukan untuk Apa yang kamu lakukan untuk mengharumkan ruangan atau mengharumkan ruangan atau menghilangkan bau apek di lemari menghilangkan bau apek di lemari pakaian? pakaian?

• Pernahkah kamu menggunakan produk Pernahkah kamu menggunakan produk pewangi untuk mengharumkan pewangi untuk mengharumkan badanmu?badanmu?

• Apakah yang menyebabkan bau harum Apakah yang menyebabkan bau harum pada produk pewangi? pada produk pewangi?

Page 17: 10/26/2014 6:01 PM

Efek Samping Penggunaan Efek Samping Penggunaan Produk PewangiProduk Pewangi

Pada kesehatan manusia antara lain Pada kesehatan manusia antara lain mengiritasi mata, hidung, tenggorok, mengiritasi mata, hidung, tenggorok, kulit, mengakibatkan mual, pusing, kulit, mengakibatkan mual, pusing, perdarahan, hilang ingatan, kanker, dan perdarahan, hilang ingatan, kanker, dan tumor, kerusakan hati, menyebabkan tumor, kerusakan hati, menyebabkan iritasi ringan hingga menengah pada iritasi ringan hingga menengah pada paru-paru, termasuk gejala seperti asma. paru-paru, termasuk gejala seperti asma. Bahan pewangi yang mengandung Bahan pewangi yang mengandung chlorofluorocarbon chlorofluorocarbon (CFC) dapat (CFC) dapat menyebabkan lapisan ozon di atmosfer menyebabkan lapisan ozon di atmosfer berlubang. berlubang.

Page 18: 10/26/2014 6:01 PM

PencegahannyaPencegahannya

Pencegahan yang dapat dilakukan Pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari efek samping dari untuk menghindari efek samping dari produk pewangi antara lain:produk pewangi antara lain:

menggunakan bahan pewangi menggunakan bahan pewangi seperlunya, danseperlunya, dan

tidak menggunakan pewangi yang tidak menggunakan pewangi yang mengandung CFC.mengandung CFC.

Page 19: 10/26/2014 6:01 PM

Pembasmi SeranggaPembasmi Serangga• Berfungsi Berfungsi untuk membunuh untuk membunuh

serangga yang merusak atau serangga yang merusak atau mengganggu manusia, seperti mengganggu manusia, seperti nyamuk, lalat, dan kecoa.nyamuk, lalat, dan kecoa. Fungisida

BotaniPestisida Botani

Insektisida

Bakterisida

Rodentisida Antikoagulan

Page 20: 10/26/2014 6:01 PM

Pengaruh Bahan Kimia pada Pengaruh Bahan Kimia pada Produk Pembasmi SeranggaProduk Pembasmi Serangga

Bahan kimia apa saja yang biasa kamu Bahan kimia apa saja yang biasa kamu gunakan untuk membasmi serangga di gunakan untuk membasmi serangga di rumahmu? rumahmu?

Bagaimanakah bentuk dari produk-Bagaimanakah bentuk dari produk-produk pembasmi serangga tersebut?produk pembasmi serangga tersebut?

Page 21: 10/26/2014 6:01 PM

JawabannyaJawabannya

• Biasanya bahan kimia yang Biasanya bahan kimia yang terdapat pada pembasmi serangga terdapat pada pembasmi serangga terdiri atas senyawa karbamat, terdiri atas senyawa karbamat, fosfat, dan klorin.fosfat, dan klorin.

Page 22: 10/26/2014 6:01 PM

Efek Samping Penggunaan Efek Samping Penggunaan Produk Pembasmi Produk Pembasmi

SeranggaSeranggaProduk pembasmi serangga beraerosol Produk pembasmi serangga beraerosol dapat menyebabkan penipisan lapisan ozon dapat menyebabkan penipisan lapisan ozon stratosfer.stratosfer. Penipisan ozon akan meningkatkan jumlah Penipisan ozon akan meningkatkan jumlah penderita penyakit kanker kulit secara penderita penyakit kanker kulit secara signifikan, termasuk melanoma ganas, dan signifikan, termasuk melanoma ganas, dan pengidap katarak. pengidap katarak. DDapat merusakkan produk pertanian. Anti apat merusakkan produk pertanian. Anti nyamuk termasuk kelompok pestisida nyamuk termasuk kelompok pestisida (pembasmi hama), sehingga obat (pembasmi hama), sehingga obat antinyamuk juga mengandung racun.antinyamuk juga mengandung racun.

Page 23: 10/26/2014 6:01 PM

Beberapa Gambar Bahan Beberapa Gambar Bahan Kimia Dalam MakananKimia Dalam Makanan