01. informasi lomba grapic design technology 2013

9
LEMBAR INFOMASI LOMBA KETERAMPILAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TINGKAT NASIONAL 2013 MATA LOMBA GRAPHIC DESIGN TECHNOLOGY LKS SMK 2013 Bidang Lomba Graphic Design Technology 1 LOMBA KETERAMPILAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TINGKAT NASIONAL 2013 MATA LOMBA GRAPHIC DESIGN TECHNOLOGY

Upload: mbah-aca

Post on 25-Nov-2015

11 views

Category:

Documents


3 download

TRANSCRIPT

KISI-KISI DAN PEDOMAN PELAKSANAAN

LEMBAR INFOMASILOMBA KETERAMPILAN SISWASEKOLAH MENENGAH KEJURUANTINGKAT NASIONAL 2013

MATA LOMBA GRAPHIC DESIGN TECHNOLOGYI.PENDAHULUANEra globalisasi memberi dampak ganda yaitu di satu sisi membuka kesempatan kerjasama dan peluang kerja seluas-luasnya antar negara, di sisi lain juga membuka persaingan yang semakin ketat dan tajam di segala bidang pekerjaan.

Untuk menghadapi tantangan tersebut di atas, maka Pemerintah Indonesia harus memperkuat daya saing dan keunggulan kompetitif di semua sektor dengan mengandalkan pada kualitas dan kemampuan sumber daya manusia dengan penguasaan teknologi dan manajemen. Untuk itu Pemerintah selalu berusaha menyiapkan tenaga kerja yang berkompeten dalam bidangnya masing-masing.

Penyelenggaraan Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Tingkat Nasional ke-XXI di Jakarta bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) seluruh Indonesia adalah sebagai wujud nyata salah satu upaya dalam pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan oleh Pemerintah melalui Direktorat Pembinaan SMK-Ditjen Dikmen. II. TUJUAN1. Mendorong SMK untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang mengacu kepada Standar Keterampilan Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang keahlian Graphic Design Technology

2. Untuk memantau peta kualitas dan kemampuan SMK di seluruh Indonesia sesuai dengan Standar Keterampilan Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang keahlian Graphic Design Technology

3. Mempromosikan Keterampilan siswa SMK bidang keahlian Graphic Design Technology kepada dunia industri sebagai calon pengguna tenaga kerja.

4. Memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa untuk berkompetisi secara positif, untuk menumbuhkan kebanggaan pada bidang keahlian yang ditekuninya, juga kebanggan bagi sekolah dan daerah/provinsinya.III.PESERTAPeserta adalah siswa SMK dengan kriteria sebagai berikut :

5. Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

6. Tercatat Siswa tingkat II/III SMK Negeri atau Swasta program keahlian Graphic Design/Persiapan Grafika di Indonesia dalam tahun 2013 (atau program keahlian lainya yang dianggap relevan dengan SKKNI bidang keahlian Graphic Design Technology).

7. Dinyatakan sebagai Pemenang LKS Tingkat Propinsi program keahlian Graphic Design Technology dalam tahun 2013 atau yang ditunjuk oleh Kepala Dinas Pendidikan Propinsi sebagai peserta LKS tingkat Nasional ke-XXI Tahun 2013 mewakili propinsi yang bersangkutan. (dibuktikan melalui surat tugas dari dinas propinsi)8. Setiap propinsi hanya dapat diwakili oleh 1 (satu) orang peserta. IV. MATERI LOMBAA. Lingkup LombaJenis kegiatan yang dilombakan adalah meliputi :1. Tes Teori Wawasan Desain dan Teknologi (90 menit) Soal tes teori bersifat tertutup dengan kisi-kisi mengacu pada SKKNI Bidang Keahlian Desain Grafis sebagai berikut :

KELOMPOK KOMPETENSI UMUM

NoKode UnitJudul Unit Kompetensi

1.TIK.DG01.001.01Menerapkan pengetahuan dasar desain

2.TIK.DG01.002.01Bekerja dalam konteks organisasi desain

3.TIK.DG01.003.01Menerapkan pengetahuan tentang metode grafika

2. Tes Praktik yang terdiri dari 3 Modul yaitu :

a. Modul 1 Desain Poster (150 menit)

b. Modul 2 Desain Kemasan (150 menit)

c. Modul 3 Desain Brosur (150 menit)

Soal tes praktik bersifat tertutup dengan kisi-kisi mengacu pada SKKNI Bidang Keahlian Desain Grafis sebagai berikut : KELOMPOK KOMPETENSI UMUM

NoKode UnitJudul Unit Kompetensi

1.TIK.DG01.004.01Mengoperasikan perangkat lunak desain grafis

KELOMPOK KOMPETENSI INTI

NoKode UnitJudul Unit Kompetensi

1.TIK.DG02.001.01Memaparkan kembali brief teknis spesifikasi kepada pihak lain

2.TIK.DG02.002.01Membentuk dummy

3.TIK.DG02.003.01Mengerjakan final artwork

Untuk persiapan lomba, disediakan bahan latihan berupa simulasi soal praktik (3 modul).

B. Skor dan Bobot Penilaian

Skor dan bobot penilaian ditentukan sebagai berikut :NoJenis SoalKategoriProporsiNilai MaksimalBobot

1TeoriObyektif40%10025%

Subyektif60%

2PraktikObyektif20%100,

terdiri dari :

Modul 1 = 33 Poin; Modul 2 = 34 Poin; Modul 3 = 33 Poin.75%

Subyektif80%

C. Aspek-aspek Penilaian1. Khusus untuk soal praktik (Modul 1 s.d 3), aspek yang dinilai adalah:

Pengetahuan teknis terhadap software dan alat bantu komputer (Obyektif)

Penguasaan koqnitif terhadap teori-teori desain grafis & estetika (Subyektif)2. Rincian kisi-kisi aspek yang dinilai dan jumlah skor maksimal pada tiap aspek untuk Modul 1 s.d 3 adalah:

NO.ASPEK YANG DINILAISKOR MAKS.

Modul 1. Poster

1Kesesuaian Tema11

2Ide11

3Estetika11

Jumlah33

Modul 2. Kemasan

1Kesesuaian Tema12

2Ide11

3Estetika11

Jumlah34

Modul 3. Brosur

1Kesesuaian Tema11

2Ide11

3Estetika11

Jumlah33

V. TIM PENGUJIJumlah Juri sebanyak 3 orang terdiri atas :

NoUnsurJumlah

a.Expert ASC/WSC1 orang

b.Dosen1 orang

c.Profesional1 orang

VI.KRITERIA PEMENANG LOMBAJuara Lomba adalah peserta yang memiliki nilai akhir tertinggi dari seluruh nilai para peserta lomba. Apabila ada juara lomba yang memiliki nilai akhir yang sama maka pertama akan diperhitungkan kecepatan menyelesaikan tugas-tugas. Seandainya setelah diperhitungkan kecepatannya ternyata nilai masih sama maka akan diadakan tes wawancara oleh setiap juri.

Para Juara ditentukan langsung oleh Juri meliputi: Juara I, II, III, Harapan 1 dan 2Selain para juara maka seluruh peserta mendapat sertifikat dari panitia penyelenggara.

VII. PANITIA LOMBAPanitia lomba adalah dari Direktorat Pembinaan SMKVIII.TEMPAT LOMBA

Tempat lomba untuk mata lomba Graphic Design Technology bertempat di Taman Mini Indonesia IndahIX. TATA TERTIB LOMBAPembimbing diharapkan :

1. Memiliki kapasitas sebagai pembimbing bagi peserta lomba baik secara teknis maupun non teknis;

2. Mendampingi peserta pada saat technical meeting;3. Membantu menyelesaikan project tertentu dari modul yang siswa kerjakan;4. Mengisi daftar hadir yang disediakan Panitia;5. Menjaga ketertiban dan ketenangan dalam pelaksanaan lomba;6. Membantu peserta yang dibimbingnya apabila terjadi gangguan kesehatan;7. Tidak membantu peserta pada saat lomba berlangsung selain yang telah ditentukan.Peserta diharapkan :

1. Peserta harus hadir pada saat technical meeting.

2. Peserta harus sudah hadir 15 menit sebelum test dimulai.

3. Wajib mengisi daftar hadir pada saat setiap jenis lomba yang diadakan.

4. Berpakaian kerja yang rapi, diharapkan hanya memakai identitas nomor peserta dari panitia.

5. Tidak diperbolehkan membawa buku/catatan/HP di ruang ujian.

6. Mengerjakan tugas dengan menggunakan pena/ballpoint, tidak dibenarkan menulis dengan pensil.

7. Untuk alasan kesehatan peserta diperbolehkan membawa makanan kecil dan minuman ke dalam ruang ujian.

8. Perlengkapan yang harus disiapkan dan dibawa sendiri oleh peserta :a. Font tambahan koleksi personal peserta (maksimal 5 font) b. Mousepen jika diperlukan

c. Buku Pantone Guide jika diperlukan

d. Alat khusus, misal cutter knife9. Mematuhi tata tertib yang telah ditentukan oleh panitia atau juri, apabila melanggar maka akan dikenakan sanksi.X. PENDAFTARANPendaftaran (konfirmasi untuk berpartisipasi) dengan surat atau faksimili selambat-lambatnya hari . . . . . . , tanggal . . . . . 2013, kepada Panitia LKS Tingkat Nasional melalui :

Sekretariat di Subdit Kelembagaan dan Peserta Didik, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan dengan alamat: Kompleks Depdiknas, Gedung E, Lantai 12, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Telepon 021 5725469XI. PENUTUPHal-hal yang belum tercantum dalam lembar informasi ini akan diinformasikan pada waktu rapat teknis (technical meeting). LKS SMK 2013 Bidang Lomba Graphic Design Technology1

_1305671496.doc