uts pai pskg 2014

2

Click here to load reader

Upload: muhammad-hernandy

Post on 21-Dec-2015

226 views

Category:

Documents


2 download

DESCRIPTION

jvfuigi

TRANSCRIPT

Page 1: Uts Pai Pskg 2014

SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

FAKULTAS KEDOKTERAN

PROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGI

SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2014/2015

Dosen: dr. Ahmad Husairi, MAg

Penunjuk Soal:

1. Soal berbentuk essay2. Soal dikerjakan di rumah (take home) dan diserahkan 2 minggu berikutnya3. Soal dikerjakan dalam kelompok (kelompok 1-10)4. Tulislah nama kelompok, nama dan NIM anggota kelompok di lembar jawaban

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan lengkap!

Kasus:

Ketika Allah mau menciptakan manusia, terjadilah dialog antara Allah dan malaikat. Malaikat bertanya kepada Allah “Mengapa Engkau mau menjadikan Adam (manusia) sebagai khalifah di muka bumi, padahal manusia itu akan berbuat kerusakan dan menumpahkan darah?” Allah menjawab pertanyaan malaikat tersebut dengan menanyakan nama-nama benda kepada malaikat. Para malaikat tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut. Ketika ditanyakan kepada Nabi Adam, Nabi Adam dapat menjawabnya dengan lancar dan benar.

Soal:

1. Dialog di atas pada dasarnya menceritakan perihal kontradiksi manusia yang diberi tanggung jawab sebagai khalifah di muka bumi untuk menjadi rahmat dan maslahat bagi seluruh alam, tetapi sebaliknya manusia memunyai sifat suka berbuat kerusakan. Bagaimana tanggapan Anda terhadap kontradiksi tersebut?

2. Bagaimanakah peranan akhlak dalam kontradiksi tersebut agar manusia dapat melaksanakan amanah yang dibebankan sebagai khalifah di muka bumi?

3. Jelaskan hubungan potensi manusia pada kasus di atas dengan ilmu pengetahuan!