tugas karya tulis download

Click here to load reader

Upload: ataniaanindita

TRANSCRIPT

Page 1: Tugas Karya TuLis DownLoad

PENGESAHAN

Setelah diperiksa dan diteliti secara cermat,maka laporan perjalanan inidisahkan pada :Hari:

Tanggal :

Page 2: Tugas Karya TuLis DownLoad

MOTTO• Kejujuran Adalah Kunci Kesuksesan

• Bangsa Yang Baik Adalah Bangsa Yang Menghargai Budaya sendiri

• Warnailah Hidup Ini Dengan “Kejujuran”

• Aku Bisa Karena Biasa

ii

Page 3: Tugas Karya TuLis DownLoad

HALAMAN PERSEMBAHAN

Karya Tulis ini saya susun tidak hanya untuk memenuhi syarat menempu Ujian

Akhir Nasional, tetapi juga sebagai sarana untuk menambah wawasan dan pengetahuan

tentang pulau Bali.

Atas selesainya karya tulis ini, kami mengucapkan terimakasih kepada :

1. Allah SWT. Atas berkat rahmat-Nya saya akhirnya dapat menyelesaikan tugas ini.

2. Bapak Drs.H. Supriyadi, M.Pd selaku kepala sekolah SMA Negeri 1 Banjarnegara yang

telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengikuti kegiatan karya wisata ke

pulau Bali.

3. Kedua orang tua saya yang telah mendukung dalam berbagai hal.

4. Ibu H. Estrining Spd. Selaku wali kelas.

5. Ibu Is selaku guru Bahasa Indonesia kami

6. Bapak Dedi selaku mantan guru Bahasa Indonesia kami yang telah memberikan

pengarahan dalam penyusunan karya tulis.

7. Bapak selaku pembimbing yang telah menjaga, mendampingi, dan memotifasi saya

selama penyusunan karya tulis ini.

8. Teman-teman dan keluarga besar SWAT yang selalu ada di samping saya.9. Semua pihak yang telah membantu kami dalam penyusunan karya tulis ini

sehingga karya tulis ini dapat terselesaikan dengan baik

iii

Page 4: Tugas Karya TuLis DownLoad

KATA PENGANTAR

Puja dan Puji syukur saya panjatkan atas kehadirat Allah SWT, yang telah

melimpahkan nikmat rahmat dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan laporan

karya wisata ini, namun hal ini tidak lepas dari bimbingan Bapak dan Ibu guru. Melalui karya

tulis ini saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak dan Ibu guru yang telah

mencurahkan dan membimbing saya dalam penyusunan karya tulis ini.

Dan tidak lupa kami menyampaikan banyak terima kasih kepada:

1. Bapak Drs.H. Supriyadi, M.Pd selaku kepala sekolah SMA Negeri 1 Banjarnegara yang

telah mengijinkan kami dalam melaksanakan karya wisata.

2. Ibu Estrining selaku wali kelas kami yang telah memberikan petunjuk dan bantuan dalam

penyusunan karya tulis ini.

3. Seluruh Bapak, Ibu guru pengajar yang telah membantu dan membimbing kami dalam

penyelesian tugas karya tulis ini

4. Dan semua kawan – kawan yang telah membantu dan mendukung kami dalam

penyelesaian tugas karya tulis ini.

Kami menyadari dengan sepenuh hati bahwa karya tulis ini jauh dari kesempurnaan.

Oleh, karena itu, saran dan berbagai kritik yang bersifat membangun sangat saya harapkan

guna untuk menyempurnakan karya tulis kami.

iv

2. Tujuan

3. Manfaat Penulisan

4. Sistematika

BAB II ISI 1. Waktu dan pelaksanaan A. Pemberangkatan ke pulau BaliB. Perjalanan ke pulau Bali C. Perjalanan ke Bali 2. Tujuan kunjungan

3. Objek wisata

Page 7: Tugas Karya TuLis DownLoad

BAB IPENDAHULUAN

1. LATAR BELAKANG

Seiring dengan perkembangan dunia pariwisata di negara kita terutama objek-

objek wisata yang kaya akan budaya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke menjadi

salah satu alasan diadakan karya wisata. Karya wisata merupakan suatu kegiatan rutin

tahunan yang diselenggarakan oleh sekolah kami. Karya wisata tahun ini, sama dengan tahun

sebelumnya, yaitu mengambil objek – objek wisata di Pulau Bali. Hal ini dikarenakan di sana

banyak terdapat tempat – tempat wisata yang tersohor atau terkenal di Dunia, selain itu di

Pulau Bali juga masih terdapat kebudayaan yang lekat dengan kehidupan masyarakatnya.

Kaitanya dengan karya wisata, kami ditugasi untuk membuat Karya Tulis mengenai

objek – objek wisata yang kami kunjungi di Pulau Bali. Dalam menyusun karya tulis tersebut,

kami memerlukan data – data yang akurat.

2. TUJUAN Tujuan khusus: Untuk memenuhi persyaratan menempuh Ujian Akhir Nasional tahun 2010/2011

Tujuan Umum: Penulis ingin memperkenalkan profile objek-objek wisata yang ada di pulau Bali kepada pembaca Sebagai wawasan tambahan informasi serta menperbanyak pengetahuan. Sebagai perbandingan antara teori di kelas dan kenyataan di Lapangan. Menanamkan rasa Cinta Tanah Air. Mengenal kebudayaan Nusantara. Untuk berlatih menyusun Karya Tulis secara Sistematis Mengenal objek-objek wisata yang terdapat di Pulau Bali

vii

Page 8: Tugas Karya TuLis DownLoad

3. MANFAAT PENULISAN

Sebagai tambahan materi diluar sekolah. Melatih siswa agar dapat mengolah laporan widaya wisata Menambah pembendaharaan pustaka sekolah yang menunjang minat baca siswa agar pengetahuannya lebih luas. Menambah pengalaman pribadi siswa.

5. SISTEMATIK Penulis membuat sistematika laporan sebagai berikut:

1.Pada bab pertama adalah pendahuluan. Dalam bab ini diuraikan tentang latar belakang

pemilihan obje wisata,tujuan penulisan,manfaat penulisan,serta sistematika penulisannya.

2. Pada bab dua menguraikan tentang tempat dan waktu pelaksanaan kunjungan,tujuan

kunjungan serta isi dari pengamatan tentang kilas balik pulau Bali dan objek-objek wisata

yang ada disana,serta seni budayanya.

3. Pada bab tiga penulis mengambil kesimpulan dan saran-saran yang mana merupakan akhur penutuo laporan serta lampiran. BAB II ISI 1. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Karya wisata ini dilaksanakan pada liburan akhir semester tepatnya pada tanggal 21 juni

2009-25 juni 2009. penulis berada di aulau Dewata Bali selama 5 hari dan mrngamati objek

wisata selama 3 hari di pulau Dewata Bali.

A.Pe mberang katan

Pemberangkatan pada hari minggu, tanggal 21 juni pukul 07.30 WIB. Sebelum

pemberangkatan siswa-siswi berkumpul di SMA N 1 Pangkah pukul 06.30 WIB.

Bpk.Drs.Mz.Muttaqien selaku kepala SMA N1Pangkah memberikan pengarahan kepada

siswanya yang akan melakukan karya wisata ke Bali. SMA N 1 Pangkah memberangkatkan 4

viii

Page 9: Tugas Karya TuLis DownLoad

Bus dengan jumlah 196 siswa serta 8 guru pembimbing. Sebelum pemberangkatan kami

berdoa dan dipimpin

oleh Bpk.Ali s. S.Ag. Pada pukul 07.30 WIB siswa mulai perjalanan dengan surya tour semarang. B.PERJALANAN KE PULAU BALI

Pada saat – saat pertama dalam perjalanan kami, semua sangat ceria karena kami belum

merasakan lelah. Masing – masing peserta sibuk dengan kegiatanya sendiri – sendiri ada yang

saling bercanda, bernyanyi,

membaca novel, membaca komik, dan ada juga yang hanya menikmati pemandangan di

luar. Tanpa terasa waktu sudah menunjukkan pukul 12.30 WIB, kami sampai dirumah makan

di Demak. Disana kami makan siang setelah itu sholat dhuhur dan ashar yang dijamak.

Kemudian kami melakukan perjalanan lagi.

Pukul 19.15 WIB kami makan malam. Selesai makan malam,kami melanjutkan

perjalanan. Suasana di dalam bus kembali ramai karena teman – teman telah mendapatkan

dan menikmati makan melam mereka, mereka kembali bergurau dan beryanyi, bahkan

nasehat Bapak dan Ibu guru pendamping untuk segera tidur tidak dihiraukan oleh mereka.

Bus terus melaju dalam kegelapan malam yang dingin, suasana bus tetap ramai. Senin,tanggal 22 juni pukul 04.00 WIB kami sampai pelabuhan ketapang Banyuwangi. Disana suasana penyebrangan sangat padat sekali,sehingga kami dapat menyebrang ke pulau Bali sekitar pukul 09.00 WIB. Dalam perjalanan selama 1 jam kami menyebrang ke pelabuhan Gilimanuk Bali. B. PERJALANAN DI PULAU BALI

Sekitar pukul 12.00 WITA kami makan siang dikota Negara Balu. Kemudian kami

melanjutkan perjalanan di jogger dan pantai kuta. Di sepanjang perjalanan kami mencium

bau dupa dan sesajen. Disepanjang jalan kami melihat patung dewa serta disiap rumah ada

ix

Page 10: Tugas Karya TuLis DownLoad

pura yaitu tempat ibadah bagi umat Hindu- Budha didaerah itu. Selama perjalanan di

Bali,kami dipandu oleh Bli Made Gede. Beliau seorang tour guid. Beliau menjelaskan

tentang Bali dan adat istiadatnya.

Setelah itu kami menuju ke objek wisata Garuda Wisnu Kencana sekitar pukul 19.00

Wita, disana terdapat sebuah patung Garuda dan patung Dewa Wisnu. Pada saat itu di GWK

sedang diadakan pertunjukan Tari. Setelah itu kami menuju hotel Queen Dua.

Selasa,23 juni 2009 pada pukul 07.00 WITA kami makan pagi bersama. Setelah itu

melanjutkan perjalanan untuk melihat tarian Barong khas Bali. Kemudian kami melanjutkan

ke Tanjung Benoa sebuah objek wisata air. Pada pukul 13.00 WITA kami makan siang di

Cahayu. Dalam keadaan kenyang kami melanjutkan perjalanan ke pasar Seni sukowati.

Setelah puas berbelanja kami melanjutkan ke pantai Sanur pukul 17.00 WITA. Tidak

berlama-lama di pantai Sanur kami melanjutkan perjalanan menuju ke hotel untuk

beristirahat.

Rabu,22 juni 2009 pada pukul 07.00 WITA kami makan pagi bersama dan cekOut

untuk pulang kembali ke Tegal. Sebelum pulang k Tegal kami menuju ke Sangeh dan makan

siang di Bedugul sambil berwisata. Setelah puas diBedugul kami melanjutkan perjalanan ke

Tanah Lot. Dan dilanjutkan perjalanan k Gilimanuk untuk pulang ke SMA N 1 pangkah.

Kamis 25 juni 2009 pukul 18.30 WIB kami tiba di SMA tercinta dan para orang tia murid telah menanti kami. 2. TUJUAN KUNJUNGAN A. Sebagai wawasan tanbahan informasi serta memperbanyak pengetahuan B. Untuk memperkenalkan objek-objek wisata dan budaya yang ada dipulau Bali. C. Pembaca mengetahui sedikit tentang pulau Bali dan Seni budaya di Bali dan objek-objek wisata yang ada di Bali.

x

Page 11: Tugas Karya TuLis DownLoad

3. OBJEK WISATA 1. PANTAI SANUR A. SEJARAH PANTAI SANUR

Pantai Sanur terletak di Desa Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan Kotamadya Dati II

Denpasar. Pantai ini terletak di sebelah Timur dan Selatan desa Sanur, yang merupakan tepi

Samudra Indonesia sebelah Selatan Pulau Bali. Tempat itu terkenal sejak dahulu kala,

terutama ketika terjadi perang Puputan Badung pada tanggal 20 September 1906 dimana

Belanda mendaratkan tentaranya di sana. Dalam sejarah Bali Kuno pantai Sanur juga

terkenal, dan masdih ada tugu batu tertulis yang merupakan Prasasti Raja Kasari Warmadewa

yang berkeraton di Singhadwala tahun 917, dimana sekarang terdapat di Blanjong Bagian

Selatan Pantai Sanur. Di kalangan Pariwisata, Pantai Sanur pertama kali diperkenalkan oleh

pelukis Belgia bernama A.J.Le Mayeur bersama istrinya Ni Polok yang menetap di sana sejak

tahun 1937 dan mengadakan pameran lukisan karyanya sendiri.

Pantai Sanur terkenal karena pemandangan dan atmosfir yang indah. Pasir putih yang

menutupi pantai sepanjang Hotel Bali Beach hingga ke Selatan (Pantai Mertasari). Pantai ini

menghadap ke arah timur sehingga akan selalu dapat menikmati keindahan matahari terbit,

dan pada sore hari di daerah pantai akan mendapatkan suasana yang spesifik. Secara umum

Sanur merupakan tempat berlibur yang menginginkan suasana tenang.

Disisi lain pantai Sanur dimanfaatkan oleh masyarakat Hindu setempat dan

masyarakat kota Denpasar untuk menyelenggarakan kegiatan upacara keagamaan dan

upacara adat - budaya setempat. Kondisi ini perlu dilindungi karena pantai Sanur merupakan

kawasan suci. Pantai Padanggalah merupakan teluk yang berpasir hitam,

dan seperti bagian lain dari pantai Sanur, kawasan ini digunakan untuk upacara

xi

Page 12: Tugas Karya TuLis DownLoad

keagamaan. B. LETAK PANTAI SANUR

Pantai Sanur jaraknya 6 Km dari pusat kota Denpasar, dapat dicapai dengan mobil,

sepeda motor atau kendaraan umum yang menghubungkan pantai Sanur dengan Kota

Denoasar. Kendaraan umum sangat ramai mondar-mandir antara Sanur- Denpasar, sehingga

tidak ada kesulitan masalah angkutan. Pantai Sanur sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan

Mancanegara oleh wisatawan Mancanegara maupun Nusantara. Hari Minggu dan hari libur,

tempat itu menjadi pilihan penduduk kota Denpasar untuk rekreasi sambil mandi di laut. Pada

hari bulan Purnama malamnya banyak orang datang santai dan mandi ke sana, sambil melihat

keindahan pantai di malam hari. Selain pantainya Museum Le Mayeur juga banyak menari

minat wisatawan.

C. SUASANA PANTAI SANUR

Pantai Sanur merupakan salah satu pantai yang ada di Bali. Pantai ini merupakan

tempat wisata yang sangat indah, sehingga tidak pernah sepi dari pengunjung baik dari

wisatawan domestic maupun wisatawan mancanegara.

Di Pantai Sanur tersedia berbagai macam fasilitas antara lain Hotel bertaraf Internasional seperti Hotel Grand Bali Beach, Hotel Hyatt, Hotel Sanur Beach, Hotel Sindu Beach dan banyak lagi sepanjang Timur dan Tenggara pantai Sanur. Kios barang kesenian dan Art Shop juga banyak di sana. Akomodasi dan Restourant untuk wisatawan cukup banyak tersedia yang senantiasa siap melayani kepentingan para wisatawan.

Daya tarik Pantai Sanur sebelah Utaranya melingkar seperti setengah lingkaran dan

bagian Selatannya berbelok dari Timur ke Barat, dimana gelombang air lautnya tak begitu

besar dan bila airnya surut terlihatlah batu karang yang membentang berwarna-warni. Pada

hari mendekati bulan mati air lautnya naik dan gelombangnya agak besar. Di sebelah

xii

Page 13: Tugas Karya TuLis DownLoad

Tenggara terlihatlah gugusan pulau Nusa Penida di seberang laut dan di sebelah Timur

kelihatan panorama pantai Selatan Pulau Bali dengan gunungnya. Pemandangan pantai Sanur

juga terlihat indah pada sore hari, karena keadaan air laut biasanya surut dan gelombangnya

merupakan riak kecil. Gugusan pulau Serangan dan bukit batu karang yang menjorok ke laut

di seberang laut terlihat dari Pantai Sanur sebelah Selatan. Panorama pantai Sanur sebelah

Selatan lebih indah dilihat pada pagi hari. Tempat meninjau yang strategis adalah bagian

Timur, di Semawang dan Mertasari. Keadaan udara di sana terasa segar dan bertiup angin

laut yang nyaman. Suasana di sepanjang pantai Sanur terang dan teduh karena penuh dengan

pohon besar. Pantai Sanur baik untuk menikmati matahari terbit (Sun Rise)dan berjemur di

sepanjang pantai yang berpasir putih.

2. BEDUGUL Bedugul Bali, merupakan salah satu objek wisata pilihan di Bali juga. Objek wisata ini terletak di kabupaten Tabanan dan terkenal akan danau dan restorannya.

Suhu udara di Bedugul jauh lebih dingin dibandingkan tempat wisata lainnya di Bali, dengan

suhu kurang lebih 18 drajat celcius, tentu memberikan suasana tersendiri

selama liburan di Bali. Tempat wisata Bali ini mirip dengan yang ditawarkan di

Kintamani. Pernah ke Kintamani??? Tempat ini juga menawarkan suasana perbukitan

dengan suhu sekitar 18 derajat celcius plus danau yang begitu indah.

Bedugul terkenal akan keindahan danau Tamblingan dan andapun bisa

menikmati keindahannya dengan menyewa speedboat atau perahu untuk berkeliling

danau. Objek wisata ini juga merupakan persinggahan untuk mengunjungi objek

wisata lainnya seperti Tanah Lot, Sangeh, Taman Ayun dan tempat wisata lainnya.

Sejarah Bedugul

xiii

Page 14: Tugas Karya TuLis DownLoad

Bedugul berasal dari kata Bedogol. Bedugul ini adalah danau beratan yang

paling dangkal, di daerah danau Bedugul ini banyak terdapat hasil pertanian. Hasil

pertanian disini yang paling banyak dijumpai adalah buah buahan dan sayuran.

Banyak jenis buah-buahan disini diantaranya adalah buah markisa, buah anggur, dan

buah manila.

Bedugul itu sebenernya nama sebuah desa. Namun orang sering salah kaprah

dengan kata Bedugul. Ada yang bilang Bedugul itu nama danau, nama pura sampe

nama pasar. Anggapan itu muncul mungkin karena selain sebagai sebuah desa,

Bedugul juga adalah sebuah kompleks. Dalam sebuah area yang kurang lebih

berdiameter 5 km, ada beberapa macam tempat yang asik buat dikunjungi. Dimulai dari Desa

Bedugul sendiri, Kebon Raya, lalu Danau Beratan (danau terbesar kedua di

bali), Pura Ulun Danu, sampe Pasar Tradisional Candi Kuning.

Kebon Raya yang ada disini lumayan luas. Di sini terdapat beratus-ratus spesies

tumbuhan, mulai dari yang indah-indah kaya bunga rose sampe yang’horo’ and

berduri-duri juga ada.

Danau Beratan juga asik. Selain airnya seger, kita bisa sewa kendaraan air yang bisa

dibawa sendiri ato sekalian dibooking ama sopirnya. Kendaraan airnya sendiri

beragam. Ada perahu dayung, perahu mesin sampe motor boat,

Kondisi Fisik Bangunan Bedugul Secara global bangunan yang terdapa pada danau Bedugul ini adalah bersifat kuno atau bersifat khas zaman dahuu. Danau tersebut tempatnya juga bersih dan tidak kotor. Pembagian-pembagian ruang Bedugul

xiv

Page 15: Tugas Karya TuLis DownLoad

Bangunan-bangunan yang terdapat di Bedugul yaitu kios-kios tempat penjualan oleh-

oleh diantaranya adalah kios buah-buahan, supermarket, tempat bangunan untuk

menikmati danau Bedugul.

Pengunjung, Pembeli di Bedugul Banyak pengunjung yang datang ke danau Bedugul. Turis-turispun banyak yang datang kesana. Disana juga banyak orang yang membeli baju, buah-buahan atau hiasan-hiasan dinding yang tersedia disana. Pengunjung banyak berkunjung kesana kira-kira pada saat hari libur dan study tour sekolah. Sarana Prasarana

Isi dalam danau Bedugul ini salah satunya kapal-kapal laut yang disewakan kepada

pengunjung, adapun supermarket dan kios-kios kecil sebagai tempat pengunjung

membeli oleh-oleh bagi keluarga.

Pedagang

Didaerah danau Bedugul banyak penjual yang menjual berbagai buah-buahan hasil pertanian

disana dan berbagai baju, ukir-ukiran khas Bali, penjual disanapun sangat ramah dan tlaten

melayani pembeli. Barang-barang yang dijual disana amat mahal tetapi kalau kita bisa

menawar mungkin harganya jauh lebih murah dari pada harga semula.

Kelebihan Kelebihan obyek wisata di Danau Bedugul ini adalah kondisi fisik bangunannya yang bersih dan teratur3. TANAH LOT Pura Tanah Lot

'Tanah Lot' adalah sebuah objek wisata di Bali, Indonesia. Di sini ada dua pura yang terletak di di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Sad Kahyangan, yaitu pura-pura yang merupakan sendi-sendi pulau Bali. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut.

Fasilitas

xv

Page 16: Tugas Karya TuLis DownLoad

Dari tempat parkir menuju ke area pura banyak dijumpai art shop dan warung makan atau sekedar kedai minuman. Juga tersedia toilet bersih yang harga sewanya cukup murah untuk kantong wisatawan domestik sekalipun.

Hari Raya Odalan atau hari raya di Pura ini diperingati setiap 210 hari sekali, sama seperti pura-

pura yang lain. Jatuhnya dekat dengan perayaan Galungan dan Kuningan yaitu tepatnya pada Hari Suci Buda

Cemeng Langkir. Saat itu, orang yang sembahyang akan ramai bersembahyang di Pura Ini.

Pantai tanah lot ini tidak berupa pasir tetapi berupa batu-batu karang, sehingga harap berhati-hati karena agak licin dengan lumut dan rumput-rumput lautnya.

Obyek wisata ini sangat cocok dinikmati di kala matahari akan tenggelam atau saat sunset, karena view suset

yang memantul di laut di belakang tanah lot akan menimbulkam pemandangan yang indah sekali dengan tanah

lotnya yang berupa siluet.

Dan disekitar lokasi TanahLot ini juga sudah banyak berdiri resort-resort mahal seperti Le meredien dengan lapangan golf nya.

Dan di sepanjang antara areal parkir dengan obyek wisatanya banyak ditemui penjual cindera mata khas Bali.

Tiket masuknya sangat murah. Jadi jangan sampai mdilewatkan untuk mengunjungi Tanah Lot di kala sunset di

Bali.

BAB III PENUTUP A. KESIMPULAN Berdasarkan pembahasan pada bab sebelumnya dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut : 1. Objek wisata Pantai Sanur terletak± 6 Km dari kota Denpasar, tepatnya di Desa Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan Kotamadya Dati II Denpasar

2. Pantai Sanur pertama kali diperkenalkan oleh pelukis Belgia bernama A.J.Le Mayeur bersama istrinya Ni Polok

yang menetap di sana sejak tahun 1937 dan mengadakan pameran lukisan karyanya sendiri.

3. Suasana di sepanjang pantai Sanur terang dan teduh karena penuh dengan pohon besar. Pantai Sanur baik untuk

menikmati matahari terbit (Sun Rise)dan berjemur di sepanjang pantai yang berpasir putih.

B. KRITIK DAN SARAN Akhirnya dengan rasa syukur kami ucapkan “Alhamdulillah” karena kami dapat menyelesaikan karya tulis ini.

xvi

Page 17: Tugas Karya TuLis DownLoad

Kami menyadari sepenuhnya bahwa penulisan karya tulis ini masih jauh dari sempurna dan memiliki

banyak kekurangan, seperti pepatah “Tiada Gading Yang Tak Retak”. Oleh karena itu kami mengharapkan

kritik dan saran dari berbagai pihak demi kesempurnaan karya tulis ini.