tugas individu pertemuan 09 (10052016)

11
REKAYASA WEB 0316 Novia Uswatun Nur Indahsari 1511510198 Fakultas Tehnik Informatika Tugas Pertemuan ke-9 (10 Mei 2016)

Upload: novia-uswatun-nur-indahsari

Post on 15-Apr-2017

73 views

Category:

Education


2 download

TRANSCRIPT

Page 1: Tugas individu pertemuan 09 (10052016)

REKAYASA WEB 0316Novia Uswatun Nur Indahsari

1511510198Fakultas Tehnik Informatika

Tugas Pertemuan ke-9 (10 Mei 2016)

Page 2: Tugas individu pertemuan 09 (10052016)

GARUDA AIRPORT ONLINE DATABASE (GAOD)

Dalam usulan aplikasi kali ini saya ingin membuat sebuah aplikasi yang sementara ini diberi nama Garuda Airport Online Database atau disingkat menjadi GAOD.

GAOD adalah ide aplikasi yang berawal dari sebuah ide tentang gabungan data-data informasi mengenai suatu airport-airport yang diterbangakan oleh Maskapai kami yakni Garuda Indonesia.

Alasan dibuatnya aplikasi ini adalah untuk mempermudah peng-aksesan data dari banyak pihak (user) yang dalam hal ini tentunya para pilot, co-pilot, analyst staff dan orang-orang dengan lingkup kerja yang membutuhkan data sebuah airport dalam satu basis/ laman.

Semua ini dikarenakan banyaknya buku manual informasi yang digunakan pada perusahaan dalam hal ini tentunya unit Operation Support. Sehingga jika mencari data bandara (airport) dibutuhkan banyak referensi buku manual seperti BOM, ROM dan Airway Manual Book. Dan itu sangatlah tidak efisiensi mengingat jobdesk yang sangat padat disetiap harinya. Oleh karena itu diharapkan gagasan pembuatan aplikasi ini dapat mempermudah sehingga untuk mengetahui informasi suatu airport sangatlah mudah.

Aplikasi ini tentunya akan selalu terupdate berdasarkan data Berita Acara Bandara, AIP dan juga NOTAM.

Page 3: Tugas individu pertemuan 09 (10052016)

Penjelasan mengenai aplikasi GAOD:1. Penjelasan pertama mengenai halaman awal, jadi untuk masuk

kedalam aplikasi ini dibutuhkan sebuah username dan password, dimana username berdasarkan email corporate dan password yang digunakan adalah password yang sama dengan password email tersebut. Hal ini memang dikarenakan aplikasi ini hanya akan digunakan oleh karyawan Garuda Indonesia saja. Sehingga pihak luar tidak dapat dengan bebas mengakses database ini.

2. Sebelumnya user harus mengajukan permintaan invitation dari pihak admin, setelah di accept baru username dan pass dapat digunakan untuk login dalam aplikasi ini.

3. Pada laman setelah login akan muncul tampilan laman Home. Pada laman ini akan ditampilkan Airport List, ICAO, IATA dan Aircarft List. Dimana Airport List menampilkan nama-nama bandara yang diterbangkan oleh Garuda Indoenesia (GA), sedangkan kolom ICAO untuk mensortir jika user ingin mencari berdasarkan kode ICAO atau 4 letter code. Ada juga IATA yaitu 3 letter code dan juga kemungkinan seorang user yang ingin mencari data berdasarkan aircraft yang dimiliki GA.

4. Jika diklik pada airport yang ingin dibuka maka akan tampil laman airport database, disini adalah inti dari tujuan pembuatan aplikasi ini.

5. Ada juga halaman view user profile dan bisa mengganti user dan password. Hal ini dikarekanan setiap 3 bulan sekali corporate management mewajibkan karyawan mengganti password email.

Page 4: Tugas individu pertemuan 09 (10052016)

Langkah-langkah yang dibutuhkan untuk implementasi:1. Pertama adalah mengumpulkan data-data informasi yang akan

dijadikan database dalam aplikasi, yaitu berupa data-data update dari seluruh Berita Acara Bandara, kemudian manual-manual AIP dari volume I sampai IV, baik itu data airport International maupun Domestic. Bisa juga melalui cek status online di website AIM Indonesia. Selain Berita Acara Bandara dan AIP ada juga NOTAM yang bisa dicek online pada website yang banyak ditemukan di mesin pencari Google.

2. Untuk masalah program rencananya akan menggunakan Bahasa pemograman Java dengan menggunakan NetBeans. Kenapa memilih Java? Karena Java menjadi salah satu bahasa pemrograman terpopuler bukan karena tanpa alasan, tetapi bahasa pemrograman ini memiliki beberapa kelebihan seperti misalnya bisa berjalan di sistem operasi yang berbeda-beda, kemudian bahasa pemrograman ini termasuk kedalam pemrograman OOP (pemrograman berbasis orientasi objek) sehingga programer lebih mudah dalam menyusun program menggunakan bahasa ini.

3. Kenapa menggunakan NetBeans? Selain familiar dengan tools ini, Netbeans juga merupakan sebuah proyek open source code yang mempunyai pengguna yang sangat luas.

4. Pada slide berikutnya akan ditampilkan rancangan desain web aplikasi yang akan saya buat.

Page 5: Tugas individu pertemuan 09 (10052016)

Tampilan Laman Awal

Page 6: Tugas individu pertemuan 09 (10052016)

Tampilan Laman Home

Page 7: Tugas individu pertemuan 09 (10052016)

Tampilan Laman Airport Database

Page 8: Tugas individu pertemuan 09 (10052016)

Tampilan Laman View User Profile

Page 9: Tugas individu pertemuan 09 (10052016)

Tampilan Laman About

Page 10: Tugas individu pertemuan 09 (10052016)

Tampilan Laman Contact Us

Page 11: Tugas individu pertemuan 09 (10052016)