tool manajemen

Download Tool Manajemen

Post on 05-Jan-2016

16 views

Category:

Documents

11 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

manajemen rekayasa industri

TRANSCRIPT

  • Analisa SWOT SWOT adalah singkatan dari Strenghts (kekuatan), Weakness (kelemahan), Oppurtunities (peluang), Threats(ancaman).

    Kekuatan dan kelemahan adalah hal-hal yang berasal dari INTERNAL organisasi, sedangkan Peluang & Ancaman bersal dari EKSTERNAL (Lingkungan)

  • Analisis SWOT adalah metode perencanaan (planning) yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu organisasi.

    Analisa SWOT bisa dianggap sbg metoda analisa yg paling dasar, yg berguna utk melihat suatu topik atau permasalahan dari 4 sisi yg berbeda. Hasil analisa biasanya adalah arahan/rekomendasi utk mempertahankan kekuatan dan menambah keuntungandari peluang yg ada sambil mengurangi kekurangan dan menghindari ancaman.

  • Strengh (kekuatan): adalah situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan dari organisasi (berasal dari internal organisasi)

    Contoh: Mayoritas (75%) dosen bergelar S3 (kuantitatif) Dosen berpengalaman dalam penelitian Dikti (kualitatif)

    Weaknesses (Kelemahan) : adalah kegiatan organisasi yang tidak berjalan dengan baik atau sumber daya yang dibutuhkan oleh organisasi tetapi tidak dimiliki.

    Contoh:Kurang terbinanya komunikasi antar anggota Jaringan yang telah terbangun tidak dimaksimalkan oleh seluruh anggota.

  • Opportunity (kesempatan) : adalah faktor positif yang muncul dari lingkungan (ekstenal) dan memberikan kesempatan bagi organisasi untuk memanfaatkannya.

    Contoh:Masyarakat sedang menyukai hal bersifat reboisasi lingkunganIsu yang diangkat adalah sedang menjadi topik utama

    Threat (ancaman): adalah faktor negatif dari lingkungan (eksternal) yang memberikan hambatan bagi berkembangnya sebuah organisasi

    Contoh:Masyarakat sudah jenuh dengan pilkada

  • Strength:kekuatan finansial yang besar sehingga membuatnya mudah untuk melakukan investasi peralatan telco yang relatif mahal. telah memiliki jaringan dan infrastruktur yang luas mencakup segenap wilayah tanah air sehingga memudahkan untuk melakukan ekspansi dan penetrasi pasar. KASUS TELKOMWeakness:jumlah pekerjanya yang terlampau besar; sehingga kurang efisien dan boros dalam anggaran untuk gaji pegawainya. (sebagai BUMN), Telkom dibebani dengan beragam peraturan dan regulasi yang acap membuat lamban dalam mengambil keputusan strategis. tidak bisa bersikap dinamis dengan perubahan pasar.

  • Opportunities:perkembangan teknologi internet yang sangat pesat di Indonesia. permintaan masyarakat yang tinggi akan akses internet merupakan pasar yang sangat potensial.jumlah penduduk Indonesia yang besar, dan baru sedikit yang telah memiliki akses broadband internet, tentu merupakan peluang pasar yang sangat baik bagi pertumbuhan bisnis Telkom. . KASUS TELKOMThread:teknologi telpon seluler yang telah menggerus pendapatan dalam produk telpon tetap di rumah (fixed phone). Jika kecenderungan ini terus berlanjut, maka pendapatan dari telpon rumah bisa hilang/ lenyapteknologi-teknologi baru yang mulai hadir seperti WIMAX tentu akan mengancam kelangsungan bisnis mereka jika mereka tidak adaptif terhadap kemajuan teknologi itu.

  • Diagram Tulang Ikan (Fishbone)Cause- Effect Diagram : menunjukkan hubungan antara suatu masalah dan kemungkinan penyebabnyaIshikawa DiagramDiagram ini menghasilkan penemuan tentang penyebab masalah, dan salah satu metode perbaikan yang kontinu ke arah yang akan datang

  • Penyusunan Diagram Tulang Ikan Elemen-elemen yang menjadi penyebab :

    Untuk industri barang/produk: man, method, machine, material (4M), lingkungan, dll.Untuk industri jasa: equipment, policies, procedures, people, lingkungan, dll

  • Fishbone diagram

  • Diagram Tulang IkanProblem Kualitas

    MesinPengukuranManusiaProsesLingkunganMaterialKesalahan Pengujian alatSpesifikasi tidak telitiMetode tidak sesuaiPengawasan jelekKurang konsentrasiPelatihan tidak cukupPemasangan salahPeralatan salahKeausan/tuaKerusakan bahan bakuTidak ada spesifikasiMasalah penangan-an materialKetakcukupan rancanganProduk

    Manajemen kualitasTak efektifRancangan proses jelekPengendalian suhu tidak tepatKotor dan berdebu

  • Diagram Tulang Ikan

    Keterlambatan datangnya penumpang

    Keterlambatan awak

    Keterlambatan prosedur check in

    Pengumuman kedatangan buruk

    Pesawat lambat

    Kegagalan mekanik

    Keterlambatan bahan bakar

    Keterlambatan bagasi

    cuaca

    Lain-lain

    Alat/mesin

    Orang

    bahan

    Prosedur

    Keterlambatan penerbangan pesawat

  • IDEF0IDEF0 (Integration DEFinition language 0) merupakan bahasa pemodelan yang menggunakan gambar dengan disertai penjelasan yang komprehensif untuk menjelaskan tahapan/ metodologi pengembangan dari suatu sistem

  • IDEF0 (Integration Definition for Function Modeling)

  • Logical Framework Analysis

  • Metoda taguchi

  • Stream Value Mapping

  • Six SigmaSix Sigma adalah suatu alat manajemen baru yang digunakan untuk mengganti Total Quality Management ( TQM )[1], sangat terfokus terhadap pengendalian kualitas dengan mendalami sistem produksi perusahaan secara keseluruhan. Memiliki tujuan untuk, menghilangkan cacat produksi, memangkas waktu pembuatan produk, dan mehilangkan biaya.[1] Six sigma juga disebut sistem komprehensive - maksudnya adalah strategi, disiplin ilmu, dan alat - untuk mencapai dan mendukung kesuksesan bisnis.[2] Six Sigma disebut strategi karena terfokus pada peningkatan kepuasan pelanggan, disebut disiplin ilmu karena mengikuti model formal,yaitu DMAIC ( Define, Measure, Analyze, Improve, Control )dan alat karena digunakan bersamaan dengan yang lainnya, seperti Diagram Pareto(Pareto Chart) dan Histogram.[2]

  • DMAIC Tool

  • A cause-and-effect diagram, or fishbone diagram, is a chart showing the different categories of problem causes.