term of reference milad saintek 2014

35
TERM OF REFERENCE 6 th Dies Natalis Senat Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi 2013-2014

Upload: mukti-maulana-sidiq

Post on 02-Oct-2015

43 views

Category:

Documents


1 download

TRANSCRIPT

  • TERM OF REFERENCE6thDies Natalis Senat Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi2013-2014

  • AGENDA KEGIATAN

    No Hari/Tanggal Bentuk kegiatan Tempat1 Senin, 31 April2014 PEMBUKAAN MILADSTC BADMINTON Lapang Bulu Tangkis BARA2 Selasa-Rabu, 1-2April 2014 STC BASKET Lapang basket SMA KifaCibiru3 Jumat-Sabtu, 4-5April 2014 STC BOLA VOLI Lapang voli POLSEKPanyileukan4 Minggu, 6 April2014 STC CATUR Student Center UIN SGD BDGLt.35 Senin-Selasa, 7-8April 2014 STC FUTSAL GOR Futsal RIHTI6 Rabu, 16 April2014 Audisi MOKA SAINTEK 2014 Ruang 3.5 Gd. FakultasSAINTEK7 Selasa, 22 April2014 Audisi SMB 2014 Auditorium UIN SGDBandung8 Kamis, 24 April2014 Final MOKA SAINTEK 2014Final SMB 2014 Auditorium UIN SGDBandung

  • TERM OF REFERENCESTC BADMINTON

    1. Latar belakangDalam rangka memperingati milad Senat Mahasiswa Fakultas (SMF) Sains danTeknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung yang bertepatan padatanggal 24 April 2014. Didalamnya terdapat serangkaian acara-acara yaitu Science Tech Cup(STC) cabang Bulutangkis yang terdapat didalam Saintek Festival (STF). Kegiatan ini umumdigelar dikalangan mahasiswa dan diadakan setiap tahun untuk memeriahkan acara miladtersebut.2. TujuanTujuan diadakannya cabang olah raga Bulutangkis yaitu untuk melihat potensimahasiswa fakultas sains dan teknologi, dan juga untuk menjalin silaturahmi antar mahasiswayang berada dalam lingkungan fakultas sains dan teknologi3. Nama kegiatanAdapun nama dari kegiatan ini yaitu Sains Badminton Cup4. Waktu dan tempatWaktu : Senin, 31 Maret 2014Tempat : Lapang Bulutangkis BARA5. Peserta dan panitiaPeserta dalam kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa dari setiap jurusan diFakultas Sains dan Teknologi.Kepanitiaan dalam kegiatan ini berasal dari pengurus Senat Mahasiswa Sains danTeknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung periode 2013-2014 yangtelah dibentuk untuk mempersiapkan kegiatan ini agar kegiatan ini dapat berjalan denganlancar yaitu sebanyak 39 orang.6. PelaksanaanPertandingan Bulutangkis dilaksanakan tanggal 31 Maret - 1 april 2014. Dalampertandingan ini digunakan Sistem Gugur Two Winning Set (Dua set kemenangan) di tiappertandingan. Setiap jurusan yang ada dilingkungan fakultas sains dan teknologi wajibmengirimkan pemain-pemain untuk mengikuti pertandingan Bulutangkis.

  • PERATURAN PERTANDINGAN STC BADMINTON

    A. Peraturan Umum1. Peraturan PemainPeraturan permainan yang digunakan adalah peraturan permainan PBSI. dan setiap regupeserta dianggap telah mengetahui dan memahaminya.2. Waktu dan TempatWaktu : Senin, 31 Maret 2014Tempat : Lapang Bulutangkis BARA3. Tata Tertiba. Selama pertandingan berlangsung, official yang mendampingi regu harus memakaipakaian rapih.b. Pertandingan akan dimulai pukul 08.00c. Peserta dihimbau menggunakan baju, celana dan sepatu olah raga.d. Peserta dihimbau untuk membawa 1 buah raket atau lebih jika perlu.e. Peserta harus datang setengah jam sebelum pertandingan dimulai.f. Apabila peserta belum hadir pada saat pertandingan akan dimulai, maka panitia akanmemanggil peserta dengan maksimal 03 (tiga) x panggilan dengan toleransi waktu 10menit, apabila melewati batas waktu tersebut maka peserta akan dinyatakan gugur(WO)B. Peraturan Khusus1. Peserta pertandingana. Pemain / peserta pertandingan maksimal adalah angkatan mahasiswa yang aktif.b. Setiap peserta memperlihatkan bukti diri kartu tanda mahasiswa (KTM), ResiPembayaran Semester Genap, surat keterangan aktif kuliah yang asli sertamenyerahkan foto copy nya.2. System pertandingana. Sebelum pertandingan, kedua peserta menjalani undian yang dilakukan oleh wasitdengan lemparan shuttle cock. Pemenang boleh memilih lapangan atau melakukanservis pertama kali.b. System pertandingan yang digunakan adalah system gugur.c. Juara 1,2 dan 3..d. Sistem point yang digunakan adalah Rally Point. Satu set terdiri dari 21 pointe. Selama turnament berlangsung tidak diperbolehkan dilakukan pergantian pemain3. Petugas Teknis Pertandingan (Wasit, Komisi Teknik, dan Petugas Meja)

  • (1)Wasit terdiri dari wasit, yang dibantu oleh Hakim Garis yang terdiri dari :a. Komisi Teknik / pengawas Pertandinganb. Pengamat / Operator Waktu Pertandinganc. Pencatat Angka dan Pembantu Pancatat Angkad. Pengamat / Hakim Garis Ie. Pengamat / Hakim Garis IIPara Wasit mempunyai kekuasaan penuh untuk membuat keputusan ataspelanggaran peraturan yang telah ditentukan, baik yang terjadi didalam lapanganpermainan maupun diluar lapangan permainan.(2) Kekuasaan ini dimulai saat mereka tiba dilapangan, yaitu 20 menit sebelumpertandingan dimulai sesuai dengan jadwal pertandingan.(3) Para Wasit selama kegiatan kejuaraan dan dalam memimpin petandingan diharuskanuntuk tidak berhubungan dalam bentuk apapun dengan salah satu organisasi pesertadilapangan.(4)Wasit yang memimpin pertandingan mempunyai wewenang untuk memberhentikanpertandingan bila situasi menghendaki demikian dan memastikan bahwa suatu regukehilangan hak bertanding, jika regu tersebut menolak untuk bermain setelahdiinstruksikan oleh Wasit I atau bila karena aksi protes regu tersebut, mencegahpertandingan dimainkan.(5) Setelah berkonsultasi dengan Komisi Teknik dan atau Petugas Meja,wasit selalumenetukan keputusan akhir.(6)Komisi Teknik / Pengawas Pertandingan adalah Pejabat yang ditunjuk dan situgaskanoleh Panitia untuk tugas sebagai berikut :a. Selalu ada ditempat pertandingan. Tugas utamanya selama pertandingan mengawasiPencatat skor angka dan membantu Hakim Garis I dan Hakim Garis II dalammemimpin pertandingan agar berjalan dengan lancar.b. Bersama dengan Wasit mengadakan pemeriksaan terhadap keadaan lapangan dankelengkapan peralatan pertandingan.c. Mengadakan koordinasi dengan pimpinan Panitia pelaksana tentang penugasanPetugas Meja pertandingan.d. Mengadakan pemeriksaan terhadap daftar dan jumlah pemain, apakah sesuaidengan daftar yang telah disyah dalam technical meeting.e. Mencatat semua peristiwa yang penting sebagia laporan.

  • f. Meneliti catatan angka hasil pertandingan dalam Blangko Angka (Scoringsheet)untuk disahkan oleh Wasit.g. Dalam situasi khusus, Komisi Teknik membantu menangani dan menyelesaikanpengaduan dan atau protes dari Pelatih Utama (Head Coach) Tim yang bertandingyang tidak dapat dinyelesaikan oleh Wasit. Dalam hubungan ini Komisi Teknik harusmenyusun bukti-bukti peristiwa terjadinya keributan atau kejadian lainnya forceMajeur yang mengganggu pertandingan.(7)Wasit dan para pembantunya harus memimpin pertandingan sesuia dengan peraturandan interpretasi PBSI.4. Sanksi terhadap pembuat onar dan pemogokkan.a. Apabila menurut pengamatan serta pertimbangan dari pengawas pertandingan adapemain atau official membuat keonaran, maka terhadap yang bersangkutan dikenakansanksi, regunya dinyatakan kalah Diskualifikasi.b. STC Antar jurusan se-fakultas SAINTEK ini pada dasarnya tidak boleh dihentikankarenasuatu pemogokkan.c. Apabila karena suatu sebab, sehingga pertandingan berhenti, wasit akan memberikanwaktu paling lama 5 menit kepada kapten regu yang sedang bertanding. Jika waktu 5menit tesebut sudah dilalui dan regu yang dimaksud masih tetap tidakbersediamelanjutkan pertandingan, maka regu tersebut dinyatakan kalah karenapembangkangan terhadapkeputusan wasit dan regu tersebut dianggap melakukanpemogokkan dan dinyatakan kalah / diskualifikasi.5. Sanksi terhadap pelaku penganiayaan dan perkelahiana. Seorang pemain melakukan penganiayaan terhadap pemain lawan atau official lawan,wasit berhak mengeluarkan pemain tersebut dari pertandingan, yang secara otomatisdikenakan larangan bermain pada sisa pertandingan selanjutnya.b. Apabila peristiwa penganiayaan mengakibatkan terjadinya baku hantam secara masalantar pemain kedua regu, maka terhadap kedua pemain yang menjadi sumberpenyebabnya, wasit berhak mengeluarkan kedua pemain dari pertandingan dan secaraotomatis dikenakan larangan untuk bermain pada sisa pertandingan berikutnya.c. Pemukulan yang dilakukan pemain terhadap wasit dan petugas pertandingan akanmengakibatkan dicoretnya pemain tersebut dari keseluruhan pertandingan.d. Pemukulan yang dilakukan secara bermai-ramai terhadap wasit dan petugaspertandingan yang dilakukan oleh pemain dan official regu peserta akan dikenakansanksi (diskualifikasi) dari pertandingan tersebut dan tidak diperbolehkan bermainpada sisa pertandingan berikutnya.

  • e. Jika karena pertandingan tersebut salah satu pihak menyatakan sikapnya untuk tidakbersedia melanjutkan pertandingan, maka regu tersebut dianggap melakukanpemogokkan dan dinyatakan kalah Diskualifikasi.f. Apabila official dan regu melakukan penganiayaan, maka yang bersangkutan dihukumdengan dikenakan larangan untuk menjadi pimpinan regu pada seluruh sisapertandingan.6. Sanksi terhadap regu yang tidak hadira. Regu yang tidak dapat hadir ke tempat pertandingan yang sudah ditentukan tanpamemberi alasan yang tidak dapat diterima oleh pengawas pertandingan dapat dianggapsama dengan melakukan pemogokkan.b. Jika tindakan tersebut dilakukan oleh regu sampai 2 kali, dapat dikenakan diskualifikasidan tidak dapat diperbolehkan mengikuti sisa seluruh pertandingan.c. Dalam keadaan seperti pada butir (b) diatas dan atau sesuatu regu mengundurkan diripada saat pertandingan belum berakhir, maka perhitungan angka yang diperoleh danatau diperoleh lawannya dianggap tidak ada atau dibatalkan.7. Protesa. Protes dapat di ajukan secara tertulis 30 menit setelah pertandingan selesai, disertaiuang Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah) pada pengawas pertandingan.b. Keputusan komisi disiplin adalah mutlak.8. Kok Pertandingan dan LatihanKok yang dipakai dalam pertandingan STC Antar Jurusan SAINTEK adalah bola yang telahdisetujui dan disahkan oleh Panitia Pelaksana.9. Aturan Tambahana. Pemain dan official dilarang keras mengeluarkan kata-kata tidak sopan.b. Pemain tidak diperkenankan memakai aksesoris seperti anting, cincin, gelang, jamtangan, kalung, dan tidak diperkenankan memiliki kuku jari yang panjang.c. Pemain dan official dilarang keras membawa dan menggunakan senjata tajam/benda-benda yang dapat melukai orang lain dan diri sendiri, serta obat-obatan Psikotropika.10. Pemalsuan usia dan kelengkapan persyaratanApabila dalam libama Antar Fakultas se-UIN SGD Bandung ini terdapat tim atau pemainyang terbukti memalsukan dokumen kelengkapan persyaratan atau usia sebelumpertandingan berlangsung maka hanya pemain yang bersangkutan saja yangdidiskualifikasi. Dan apabila terbukti atau ketahuan setelah tim tersebut melaksanakanpertandingan maka tim tersebut akan didskualifikasi dan nilai kemenangan yang diperoleh

  • akan diberikan kepada tim lawannya, secara otomatis tim tersebut menduduki rangkingterakhir.11. PenutupHal-hal lain yang tidak atau belum diatur dalam peraturan pertandingan ini akanditetapkan kemudian oleh pihak panitia pelaksana.

  • TERM OF REFERENCESTC BOLA VOLI

    1. Latar belakangDalam rangka memperingati ulang tahun Senat Mahasiswa Fakultas Sains Dan Teknologi (SMF-ST) UIN SGD Bandung yang ke-6 yang didalamnya terdapat serangkaian kegiatan yang akanmemeriahkan acara ulang tahun Senat Mahasiswa Fakultas Sains Dan Teknologi (SMF-ST) ataulebih dikenal dengan milad saintek. Salah satu dari rangkaian acaranya yaitu Science Tech Cupyang merupakan serangkaian pertandingan olah raga yang diselenggarakan oleh panitia miladsaintek. Cabang olah raga yang diselenggarakan yaitu catur, voli, basket, badminton dan futsal.Cabang-cabang olah raga tersebut merupakan cabang olah raga yang umum digelar dikalanganmahasiswa.2. TujuanTujuan diadakannya cabang olah raga voli yaitu dapat memererat tali silaturahmi, solidaritasdan sportifitas mahasiswa di fakultas sains dan teknologi3. Nama kegiatanAdapun nama dari kegiatan ini yaitu Science Tech Cup Cabang Bola Voli4. Waktu dan tempatWaktu : Jumat-Sabtu, 4-5 April 2014Tempat : lapang voli polsek panyileukan5. Peserta dan panitiaPeserta dalam kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi.Kepanitiaan dalam kegiatan ini berasal dari pengurus Senat Mahasiswa Sains dan TeknologiUniversitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung periode 2013-2014 yang telah dibentukuntuk mempersiapkan kegiatan ini agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar yaitusebanyak 39 orang.6. PelaksanaanPertandingan voli dilaksanakan tanggal 4-5 april 2014 yang sebelumnya dilakukan technicalmeeting terlebih dahulu. Adapun aturan-aturan dalam pertandingan voli science tech cup 2014terlampir.Dalam pertandingan ini dipergunakan sistem kompetisi. Pada babak penyisihan TwoWinning Set (dua set kemenangan) sedangkan pada babak Semi Final menggunakan Sistem

    Gugur dengan menggunakan sistem Three Winning Set (tiga set kemenangan).Setiap jurusan yang ada dilingkungan fakultas sains dan teknologi wajib mengirimkan pemain-pemain untuk mengikuti pertandingan voli dan hadir pada saat technical meeting.

  • PERATURAN PERTANDINGAN STC BOLA VOLI

    1. Ketentuan umum Setiap jurusan dari fakultas sains dan teknologi diperbolehkan mengirim minimal 6 orangpemain dan maksimal 12 orang pemain. Setiap anggota tim yang bertanding harus berasal dari jurusan yang sama. Fasilitas pertandingan seperti bola, net, dan lain sebagainya yang dipergunakan adalah yangdisediakan oleh panitia. Bola untuk pemanasan regu menggunakan bola sendiri dan bukan bolayang disediakan panitia. Setiap tim wajib menyediakan 1 orang kapten tim dan 3 orang official. Libero tidak bolehsebagai kapten tim.

    2. Ketentuan pemainPemain yang dapat mengikuti pertandingan adalah mahasiswa yang masih terdaftar sebagaimahasiswa yang masih aktif diperkuliahan dan terdaftar dalam formulir yang diserahkankepada panitia.3. Ketentuan pertandingan Dalam pertandingan ini dipergunakan sistem kompetisi. Pada babak penyisihan TwoWinning Set (dua set kemenangan) sedangkan pada babak Semi Final menggunakan SISTEMGUGUR dengan menggunakan sistem Three Winning Set (tiga set kemenangan). Satu set dimenangkan oleh tim yang pertama mendapatkan angka 25. Pada keadaan 24-24,permainan dilanjutkan hingga mencapai selisih dua angka (26-24; 27-25) dan seterusnya. Jatah time out setiap tim 2 kali dan technical time out 2 kali otomatis yaitu apabila mencapaiangka 8 dan 16. Kepada tim-tim yang pertandingannya tertunda, jika pertandingan tertunda lebih dari 4 jamkarena gangguan keamanan, alam dsb, maka skor kembali 0-0. Panitia akan meminta kaptentim untuk berunding jadwal lanjutan pertandingan yang tertunda. Tim yang pada gilirannya tidak hadir di lapangan dengan alasan apapun juga dalam waktu 15menit dari jadwal pertandingan, maka dinyatakan WO. Pertandingan hanya dapat dimulai jika tim yang akan bertanding minimal memiliki 6 orangpemain yang terdaftar dan sudah hadir di lapangan. Jika dalam pertandingan ada tim yang hanya memiliki 6 pemain dan salah satunya cidera beratdan tidak ada cadangan maka tim tersebut diizinkan untuk tetap bermain dengan komposisi 5pemain dilapangan.

  • Pemain yang cidera ringan dilapangan diberikan waktu untuk memulihkan cideranya selama 5menit dilapangan. Jadwal pertandingan yang tercantum dalam buku acara menjadi dasar pegangan untukdimulainya suatu pertandingan. Bila terjadi gangguan ataupun halangan, dan sebagainya, maka Panitia berhak menunda,memindahkan, dan menghentikan pertandingan dan reli diulangi kembali. Penentuan ranking dalam setiap pool ditentukan oleh :Hasil, Nilai, Menang ( 2 ), Kalah 1, W.O ( 0 ) Untuk pemenang W.O akan mendapatkan point 25 dan tim yang W.O akan dinyatakan kalahdan kehilangan pertandingan dengan hasil 0-2 dan point 0-25 untuk setiap set.

    4. Ketentuan berpakaian Peserta diwajibkan memakai kaos tim seragam (kecuali libero), celana pendek/training, kaoskaki dan sepatu olahraga Baju kaos pemain harus diberi nomor dari 1 sampai 18. Nomor harus ditempatkan pada bajukaos ditengah depan dan tengah belakang. Nomor pemain untuk setiap pertandingan harus sama sesuai dengan nomor yang terdaftarpada pertandingan pertama. Pemain yang berpakaian tidak sesuai dengan ketentuan di atas tidak diperbolehkan untukturun dalam pertandingan. Untuk setiap kapten tim wajib menggunakan tanda kapten. (boleh Plaster dsb.)

    5. Ketentuan perwasitan Panitia pelaksana pertandingan menunjuk wasit dan hakim garis untuk memimpinpertandingan dilapangan. Keputusan wasit dan hakim garis adalah mutlak.

    6. Ketentuan peserta dan sanksi Seluruh pemain diharuskan menjunjung tinggi sportivitas dan diharuskan menjaga tingkahlaku sesuai dengan norma-norma kesopanan. Para peserta harus sudah berada dilapangan pertandingan selambat-lambatnya 30 menitsebelum pertandingan dimulai. Para peserta bertanggung jawab mengetahui waktu dan dimana harus bertanding. Peserta yang belum gilirannnya untuk bertanding tidak diperkenankan masuk ke lapangan. Apabila dalam masa pertandingan ada pemain yang tidak memenuhi syarat yang telahditetapkan, maka regu tersebut dinyatakan GUGUR. Bagi pemain, official yang memulai, memancing atau memprovokasikan lawan sehinggamemyebabkan terjadinya suatu keributan dan perkelahian, atau telibat secara langsung dalam

  • suatu keributan atau perkelahian, baik antar pemain maupun antar tim peserta secarakeseluruhan dengan alasan apapun, maka panitia akan memberikan sanksi tidak bolehbermain atau didiskualifikasi. Sanksi yang diberlakukan di atas diputuskan oleh panitia pelaksana SCIENCE TECH CUP 2014cabang bola voli dengan koordinasi panitia pusat SCIENCE TECH CUP 2014 denganmempertimbangkan situasi dan kondisi. Bila pada saat turnamen berlangsung, terbukti bahwa ada pemain yang bukan peserta yangsah untuk bermain, maka tim yang bersangkutan akan di kenakan sanksi berupa diskualifikasidan dicoret dari kompetisi. Tim yang tidak hadir dalam technical meeting dianggap menyetujui peraturan yang telahdisepakati.

    7. Ketentuan protes Protes hanya bisa dilakukan terhadap keabsahan peserta. Protes Harus dilakukan secara tertulis paling lambat 15 Menit setelah pertandingan selesaidilaksanakan dengan mtembusan kepada regu yang diprotes. Protes harus diajukan searatertulis oleh manajer tim atau kapten tim. Apabila ada pihak-pihak tertentu yang ingin mengajukan protes kepada pihak panitiamengenai kemungkinan pelanggaran yang dilakukan oleh suatu tim dan tim tersebut terbuktimelakukan pelanggaran maka tim tersebut akan didiskualifikasi. Pengajuan bukti dilakukan selambat-lambatnya sebelum babak/pertandingan yangbersangkutan diprotes. Diterima atau tidaknya suatu protes yang diajukan akan disampiakan secara lisan maupuntertulis oleh wasit melaui ketua pertandingan kepada kapten regu yang mengajukan.

    8. Ketentuan lain Technical meeting dilaksanakan pada waktu dan tempat yang akan ditentukan kemudian. Hal-hal yang belum diatur dalam peraturan ini, akan diputuskan oleh panitia pelaksanaSCIENCE TECH CUP 2014 cabang bola voli dan keputusan tersebut tidakdapat diganggu gugat. Pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan yang tercantum di muka akan mengakibatkandiskualifikasi. Penelitian ulang mengenai persyaratan atlet akan dilaksanan setiap mulai pertandingan olehpanitia.

    9. PenutupHal-hal yang belum tercantum dalam peraturan dan ketentuan ini, akan diatur kemudian dandisesuaikan dengan kebutuhan

  • TERM OF REFERENCESTC BASKET

    1. Latar belakangDalam rangka memperingati ulang tahun Senat Mahasiswa Fakultas Sains Dan Teknologi (SMF-ST) UIN SGD Bandung yang ke-6 yang didalamnya terdapat serangkaian kegiatan yang akanmemeriahkan acara ulang tahun Senat Mahasiswa Fakultas Sains Dan Teknologi (SMF-ST) ataulebih dikenal dengan milad saintek. Salah satu dari rangkaian acaranya yaitu Science Tech Cupyang merupakan serangkaian pertandingan olah raga yang diselenggarakan oleh panitia miladsaintek. Cabang olah raga yang diselenggarakan yaitu catur, voli, basket, badminton dan futsal.Cabang-cabang olah raga tersebut merupakan cabang olah raga yang umum digelar dikalanganmahasiswa.2. TujuanTujuan diadakannya cabang olah raga Basket yaitu dapat mempererat tali silaturahmi,solidaritas dan sportifitas mahasiswa di fakultas sains dan teknologi3. Nama kegiatanAdapun nama dari kegiatan ini yaitu Science Tech Cup Cabang Bola Basket4. Waktu dan tempatWaktu : Selasa-Rabu, 1-2 April 2014Tempat : lapang Basket SMA Kifa5. Peserta dan panitiaPeserta dalam kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa setiap jurusan di Fakultas Sains danTeknologi.Kepanitiaan dalam kegiatan ini berasal dari pengurus Senat Mahasiswa Sains dan TeknologiUniversitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung periode 2013-2014 yang telah dibentukuntuk mempersiapkan kegiatan ini agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar yaitusebanyak 39 orang.6. PelaksanaanPertandingan basket dilaksanakan tanggal 1-2 april 2014 yang sebelumnya dilakukan technicalmeeting terlebih dahulu. Adapun aturan-aturan dalam pertandingan voli science tech cup 2014terlampir.Dalam pertandingan ini dipergunakan sistem kompetisi. Pada babak penyisihan TwoWinning Set (dua set kemenangan) sedangkan pada babak Semi Final menggunakan Sistem

    Gugur dengan menggunakan sistem Three Winning Set (tiga set kemenangan).Setiap jurusan yang ada dilingkungan fakultas sains dan teknologi wajib mengirimkan pemain-pemain untuk mengikuti pertandingan basket dan hadir pada saat technical meeting.

  • PERATURAN PERTANDINGAN STC BASKET

    A. Peraturan Umum1. Peraturan PemainPeraturan permainan yang digunakan adalah peraturan permainan FIBA / PERBASI tahun2004. dan setiap regu peserta dianggap telah mengetahui dan memahaminya.2. Waktu dan TempatSTC antar JURUSAN se-FAKULTAS SAINTEK akan dilaksanakan pada tanggal 10 Maret 2009 sd14 April 2009 bertempat dilapangan basket KIFFA.3. Tata Tertiba. Selama pertandingan berlangsung, official yang mendampingi regu harus memakaipakaian rapih.b. Jumlah pemain dan official yang boleh berada dibangku cadangan/pemain (bench)adalah 15 orang, terdiri dari 12 orang pemain dan 3 orang official.

    B. Peraturan Khusus1. Peserta pertandingana. Pemain / peserta pertandingan maksimal adalah angkatan mahasiswa yang aktif.b. Setiap peserta memperlihatkan bukti diri kartu tanda mahasiswa (KTM), ResiPembayaran Semester Genap, surat keterangan aktif kuliah yang asli sertamenyerahkan foto copy nya.2. System pertandingana. System pertandingan yang digunakan adalah system gugur.b. Waktu pertandingan penyisihan adalah 4 x 10 menit semi bersih, sedangkan untuk finalmenggunakan waktu 4 x 10 bersih.c. Kostum

    Setiap peserta diwajibkan menyediakan minimal 2 (Dua) set kostum dengan warnaterang dan gelap. Bernomor punggung dan dada 4 s/d 18.d. Petugas Teknis Pertandingan (Wasit, Komisi Teknik, dan Petugas Meja)1) Wasit terdiri dari wasit I dan Wasit II, yang dibantu oleh petugas meja yang terdiridari :a. Komisi Teknik / pengawas Pertandinganb. Pengamat / Operator Waktu Pertandinganc. Pencatat Angka dan Pembantu Pancatat Angkad. Pengamat / Operator 24 Detik

  • e. Pengamat / Operator Alternating Possesion2) Para Wasit mempunyai kekuasaan penuh untuk membuat keputusan ataspelanggaranperaturan yang telah ditentukan, baik yang terjadi didalam lapanganpermainan maupun diluar lapangan permainan.3) Kekuasaan ini dimulai saat mereka tiba dilapangan, yaitu 20 menit sebelumpertandingan dimulai sesuai dengan jadwal pertandingan.4) Para Wasit selama kegiatan kejuaraan dan dalam memimpin petandingandiharuskan untuk tidak berhubungan dalam bentuk apapun dengan salah satuorganisasi peserta dilapangan.5) Wasit yang memimpin pertandingan mempunyai wewenang untukmemberhentikan pertandingan bila situasi menghendaki demikian danmemastikan bahwa suatu regu kehilangan hak bertanding, jika regu tersebutmenolak untuk bermain setelah diinstruksikan oleh Wasit I atau bila karena aksiprotes regu tersebut, mencegah pertandingan dimainkan.6) Setelah berkonsultasi dengan Komisi Teknik dan atau Petugas Meja,wasit selalumenetukan keputusan akhir.7) Komisi Teknik / Pengawas Pertandingan adalah Pejabat yang ditunjuk dansitugaskan oleh Panitia untuk tugas sebagai berikut :i. Selalu ada ditempat pertandingan. Tugas utamanya selama pertandinganmengawasi Petugas Meja dan membantu Wasit I dan Wasit II dalammemimpin pertandingan agar berjalan dengan lancar.ii. Bersama dengan Wasit mengadakan pemeriksaan terhadap keadaanlapangan dan kelengkapan peralatan pertandingan.iii. Mengadakan koordinasi dengan pimpinan Panitia pelaksana tentangpenugasan Petugas Meja pertandingan.iv. Mengadakan pemeriksaan terhadap daftar dan jumlah pemain, apakahsesuai dengan daftar yang telah disyah dalam technical meeting.v. Mencatat semua peristiwa yang penting sebagia laporan.vi. Meneliti catatan angka hasil pertandingan dalam Blangko Angka(Scoringsheet) untuk disahkan oleh Wasit.vii. Dalam situasi khusus, Komisi Teknik membantu menangani danmenyelesaikan pengaduan dan atau protes dari Pelatih Utama (HeadCoach) Tim yang bertanding yang tidak dapat dinyelesaikan oleh Wasit.Dalam hubungan ini Komisi Teknik harus menyusun bukti-bukti peristiwa

  • terjadinya keributan atau kejadian lainnya force Majeur yangmengganggu pertandingan.8) Petugas Meja adalah petugas yang telah mengetahui dan memahami peraturanpermainan dan pertandingan bola basket. Tugas utamanya adalah membantuWasit I dan Wasit IIdalam memimpin pertandingan agar berjalan dengan lancar.9) Petugas Meja ditunjuk dan ditugaskan oleh panitia pelaksana.10)Wasit dan para pembantunya harus memimpin pertandingan sesuia denganperaturan dan interpretasiPerbasi dan FIBA yang mengacu pada peraturan resmiFIBA.e. Sanksi terhadap pembuat onar dan pemogokkan. Apabila menurut pengamatan serta pertimbangan dari pengawas pertandingan adapemain atau official membuat keonaran, maka terhadap yang bersangkutandikenakan sanksi, regunya dinyatakan kalah Diskualifikasi. STC Antar jurusan se-fakultas SAINTEK ini pada dasarnya tidak boleh dihentikankarena suatu pemogokkan. Apabila karena suatu sebab, sehingga pertandingan berhenti, wasit akanmemberikan waktu paling lama 5 menit kepada kapten regu yang sedangbertanding. Jika waktu 5 menit tesebut sudah dilalui dan regu yang dimaksud masihtetap tidak bersediamelanjutkan pertandingan, maka regu tersebut dinyatakankalah karena pembangkangan terhadapkeputusan wasit dan regu tersebut dianggapmelakukan pemogokkan dan dinyatakan kalah / diskualifikasi. Sanksi terhadap pelaku penganiayaan dan perkelahian. Seorang pemain melakukan penganiayaan terhadap pemain lawan atau officiallawan, wasit berhak mengeluarkan pemain tersebut dari pertandingan, yang secaraotomatis dikenakan larangan bermain pada sisa pertandingan selanjutnya. Apabila peristiwa penganiayaan mengakibatkan terjadinya baku hantam secaramasal antar pemain kedua regu, maka terhadap kedua pemain yang menjadi sumberpenyebabnya, wasit berhak mengeluarkan kedua pemain dari pertandingan dansecara otomatis dikenakan larangan untuk bermain pada sisa pertandinganberikutnya. Pemukulan yang dilakukan pemain terhadap wasit dan petugas pertandingan akanmengakibatkan dicoretnya pemain tersebut dari keseluruhan pertandingan. Pemukulan yang dilakukan secara bermai-ramai terhadap wasit dan petugaspertandingan yang dilakukan oleh pemain dan official regu peserta akan dikenakan

  • sanksi (diskualifikasi) dari pertandingan tersebut dan tidak diperbolehkan bermainpada sisa pertandingan berikutnya. Jika karena pertandingan tersebut salah satu pihak menyatakan sikapnya untuktidak bersedia melanjutkan pertandingan, maka regu tersebut dianggap melakukanpemogokkan dan dinyatakan kalah Diskualifikasi. Apabila official dan regu melakukan penganiayaan, maka yang bersangkutandihukum dengan dikenakan larangan untuk menjadi pimpinan regu pada seluruhsisa pertandingan.f. Sanksi terhadap regu yang tidak hadir Regu yang tidak dapat hadir ke tempat pertandingan yang sudah ditentukan tanpamemberi alasan yang tidak dapat diterima oleh pengawas pertandingan dapatdianggap sama dengan melakukan pemogokkan. Jika tindakan tersebut dilakukan oleh regu sampai 2 kali, dapat dikenakandiskualifikasi dan tidak dapat diperbolehkan mengikuti sisa seluruh pertandingan. Dalam keadaan seperti pada butir (b) diatas dan atau sesuatu regu mengundurkandiri pada saat pertandingan belum berakhir, maka perhitungan angka yangdiperoleh dan atau diperoleh lawannya dianggap tidak ada atau dibatalkan. Bila suatu regu pada saat jam pertandingan dimulai belum hadir akan ditunggu 15menit dari jam pertandingan. Apabila dalam waktu lebih dari 15 menit regu yangterlambat sudah hadir sebagian yaitu minimal 5 orang pemain maka pertandingandapat dimulai. Apabila lebih dari 15 menit belum hadir maka regu tersebut dianggapmengundurkan diri.g. GangguanApabila terjadi gangguan yang mengakibatkan pertandingan terpaksa dihentikan makapenyelesaian gangguan tersebut ditunggu sampai. Jika setelah 30 menit gangguan tidakdapat diatasi maka : Apabila gangguan terjadi pada quarter I atau sebelumnya, pertandingan akandiulang seluruhnya. Apabila gangguan terjadi pada quarter II s/d III maka pertandingan akan diteruskandengan sisa waktu yang tersedia. Apabila gangguan terjadi pada quarter IV maka pertandingandianggap selesai danskor dianggap sah. Apabila gangguan terjadi pada babak tambahan setelah menit ke 3, makapertandingan dianggap selesai dan skor dianggap dah. Bila terjadi skornya sama,maka pertadingan babak tambahan akan diulang seluruhnya dan skor diteruskan.

  • h. Protes Protes dapat di ajukan secara tertulis 30 menit setelah pertandingan selesai, disertaiuang Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah) pada pengawas pertandingan. Keputusan komisi disiplin adalah mutlak.i. Bola Pertandingan dan LatihanBola yang dipakai dalam pertandingan STC Antar Jurusan SAINTEK adalah bola yangtelah disetujui dan disahkan oleh Panitia Pelaksana.j. Aturan Tambahan Pemain dan official dilarang keras mengeluarkan kata-kata tidak sopan. Pemain tidak diperkenankan memakai aksesoris seperti anting, cincin, gelang, jamtangan, kalung, dan tidak diperkenankan memiliki kuku jari yang panjang. Pemain dan official dilarang keras membawa dan menggunakan senjatatajam/benda-benda yang dapat melukai orang lain dan diri sendiri, serta obat-obatan Psikotropika.k. Pemalsuan usia dan kelengkapan persyaratanApabila dalam libama Antar Fakultas se-UIN SGD Bandung ini terdapat tim atau pemainyang terbukti memalsukan dokumen kelengkapan persyaratan atau usia sebelumpertandingan berlangsung maka hanya pemain yang bersangkutan saja yangdidiskualifikasi. Dan apabila terbukti atau ketahuan setelah tim tersebut melaksanakanpertandingan maka tim tersebut akan didskualifikasi dan nilai kemenangan yangdiperoleh akan diberikan kepada tim lawannya, secara otomatis tim tersebutmenduduki rangking terakhir.l. PenutupHal-hal lain yang tidak atau belum diatur dalam peraturan pertandingan ini akanditetapkan kemudian oleh pihak panitia pelaksana.

  • TERM OF REFERENCESTC CATUR

    1. Latar belakangDalam rangka memperingati ulang tahun Senat Mahasiswa Fakultas Sains Dan Teknologi (SMF-ST) UIN SGD Bandung yang ke-6 yang didalamnya terdapat serangkaian kegiatan yang akanmemeriahkan acara ulang tahun Senat Mahasiswa Fakultas Sains Dan Teknologi (SMF-ST) ataulebih dikenal dengan milad saintek. Salah satu dari rangkaian acaranya yaitu Science Tech Cupyang merupakan serangkaian pertandingan olah raga yang diselenggarakan oleh panitia miladsaintek. Cabang olah raga yang diselenggarakan yaitu catur, voli, basket, badminton dan futsal.Cabang-cabang olah raga tersebut merupakan cabang olah raga yang umum digelar dikalanganmahasiswa.2. TujuanTujuan diadakannya cabang olah raga catur yaitu dapat mempererat tali silaturahmi,solidaritas dan sportifitas mahasiswa di fakultas sains dan teknologi.3. Nama kegiatanAdapun nama dari kegiatan ini yaitu Science Tech Cup Cabang Catur4. Waktu dan tempatWaktu : Minggu, 6 April 2014, Pkl. 08.00 WIB s/d selesaiTempat : Student Center UIN Sunan Gunung Djati Bandung5. Peserta dan panitiaPeserta dalam kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi.Kepanitiaan dalam kegiatan ini berasal dari pengurus Senat Mahasiswa Sains dan TeknologiUniversitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung periode 2013-2014 yang telah dibentukuntuk mempersiapkan kegiatan ini agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar yaitusebanyak 39 orang.6. PelaksanaanPertandingan catur dilaksanakan tanggal 6 april 2014 yang sebelumnya dilakukan technicalmeeting terlebih dahulu. Adapun aturan-aturan dalam pertandingan catur science tech cup2014 terlampir.Dalam pertandingan ini dipergunakan sistem Grup yaitu delegasi 3 orang dari tiap-tiapHimpunan Mahasiswa Jurusan di Fakultas Sains dan Teknologi.Setiap jurusan yang ada dilingkungan fakultas sains dan teknologi wajib mengirimkan pemain-pemain untuk mengikuti pertandingan catur dan hadir pada saat technical meeting.

  • PERATURAN PERTANDINGAN CATUR

    1. Ketentuan umum Setiap jurusan dari fakultas sains dan teknologi wajib mengirimkan 3 orang pemain. Setiap anggota tim yang bertanding harus berasal dari jurusan yang sama. Fasilitas pertandingan seperti papan catur dan lain sebagainya yang dipergunakan adalah yangdisediakan oleh panitia.

    2. Ketentuan pemain Pemain yang dapat mengikuti pertandingan adalah mahasiswa yang masih terdaftar sebagaimahasiswa yang masih aktif diperkuliahan dan terdaftar dalam formulir yang diserahkankepada panitia. Para pemain diharapkan tidak berperilaku buruk yang dapat menyebabkan olah raga caturternoda. Para pemain tidak diperkenankan meninggalkan tempat pertandingan tanpa ijin dari Wasit.Definisi dari tempat pertandingan adalah ruangan main yang ditetapkan oleh Wasit. Pemainyang giliran melangkah tidak dperkenankan meninggalkan tempat pertandingan tanpa seijinWasit. Selama permainan berlangsung, para pemain dilarang memanfaatkan catatan-catatan, sumberinformasi, petunjuk, atau menganalisa partainya pada papan catur lain

    3. Ketentuan pertandingan Dalam pertandingan ini dipergunakan sistem grup, yaitu setiap jurusan dari fakultas sains danteknologi wajib mengirimkan 3 orang pemain Sistem penilaian yaitu jika dari delegasi tiap HMJ 2 orang atau lebih menang, maka gruptersebut berhak masuk ke babak selanjutnya Tata cara permainan atau aturan permainan catur sesuai dengan Peraturan Permainan CaturFIDE, yang disahkan pada Kongres FIDE ke-79 diDresden (Jerman), November 2008, mulaiberlaku pada tanggal 1 Juli 2009. Waktu yang disediakan dalam 1 kali pertandingan yaitu 1 jam, jika dalam 1 jam masih belumselesai, maka permainan tetap diakhiri dan penilaian di hitung dari sisa caturnya denganketentuan sbb:- Patih = 50 poin- Kuncung = 30 poin- Banteng = 40 poin- Kuda = 20 poin- Pion = 10 poin

  • Dalam permainannya, peserta diberi waktu untuk berfikir paling lama 3 menit. Jika diantara delegasi tidak bisa hadir, maka delegasi bisa diganti dengan persetujuan panitia /peserta. Jadwal pertandingan yang tercantum dalam buku acara menjadi dasar pegangan untukdimulainya suatu pertandingan.

    4. Ketentuan berpakaianPeserta diwajibkan memakai pakaian yang sopan.5. Ketentuan perwasitan Panitia pelaksana pertandingan menunjuk wasit untuk memimpin pertandingan. Keputusan wasit adalah mutlak.

    6. Ketentuan peserta dan sanksi Seluruh pemain diharuskan menjunjung tinggi sportivitas dan diharuskan menjaga tingkahlaku sesuai dengan norma-norma kesopanan. Para peserta harus sudah berada di tempat selambat-lambatnya 30 menit sebelumpertandingan dimulai. Para peserta bertanggung jawab mengetahui waktu dan dimana harus bertanding. Peserta yang belum gilirannnya untuk bertanding tidak diperkenankan masuk ke dalamruangan. Apabila dalam masa pertandingan ada pemain yang tidak memenuhi syarat yang telahditetapkan, maka regu tersebut dinyatakan GUGUR. Bagi pemain, official yang memulai, memancing atau memprovokasikan lawan sehinggamemyebabkan terjadinya suatu keributan dan perkelahian, atau telibat secara langsung dalamsuatu keributan atau perkelahian, baik antar pemain maupun antar grup peserta secarakeseluruhan dengan alasan apapun, maka panitia akan memberikan sanksi tidak bolehbermain atau didiskualifikasi. Sanksi yang diberlakukan di atas diputuskan oleh panitia pelaksana SCIENCE TECH CUP 2014cabang catur dengan koordinasi panitia pusat SCIENCE TECH CUP 2014 denganmempertimbangkan situasi dan kondisi. Bila pada saat turnamen berlangsung, terbukti bahwa ada pemain yang bukan peserta yangsah untuk bermain, maka tim yang bersangkutan akan di kenakan sanksi berupa diskualifikasidan dicoret dari kompetisi. Grup yang tidak hadir dalam technical meeting dianggap menyetujui peraturan yang telahdisepakati.

    7. Ketentuan protes Protes hanya bisa dilakukan terhadap keabsahan peserta.

  • Protes harus dilakukan secara tertulis paling lambat 15 Menit setelah pertandingan selesaidilaksanakan dengan tembusan kepada grup yang diprotes. Protes harus diajukan searatertulis oleh pemain anggota grup. Apabila ada pihak-pihak tertentu yang ingin mengajukan protes kepada pihak panitiamengenai kemungkinan pelanggaran yang dilakukan oleh suatu grup dan grup tersebutterbukti melakukan pelanggaran maka grup tersebut akan didiskualifikasi. Pengajuan bukti dilakukan selambat-lambatnya sebelum babak/pertandingan yangbersangkutan diprotes. Diterima atau tidaknya suatu protes yang diajukan akan disampiakan secara lisan maupuntertulis oleh wasit melaui ketua pertandingan kepada pemain anggota grup yang mengajukan.

    8. Ketentuan lain Technical meeting dilaksanakan pada waktu dan tempat yang akan ditentukan kemudian. Hal-hal yang belum diatur dalam peraturan ini, akan diputuskan oleh panitia pelaksanaSCIENCE TECH CUP 2014 cabang catur dan keputusan tersebut tidak dapat diganggu gugat. Pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan yang tercantum di muka akan mengakibatkandiskualifikasi. Penelitian ulang mengenai persyaratan atlet akan dilaksanan setiap mulai pertandingan olehpanitia.

    9. PenutupHal-hal yang belum tercantum dalam peraturan dan ketentuan ini, akan diatur kemudian dandisesuaikan dengan kebutuhan.

  • TERM OF REFERENCEFUTSAL SAINTEK CUP

    1. Latar BelakangDalam rangka memperingati milad Senat Mahasiswa Fakultas (SMF) Sains danTeknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung,yang bertepatan padatanggal 24 April. Kami Bidang Minat dan Bakat SMF Sains dan Teknologi UIN Sunan GunungDjati Bandung periode2013-2014 akan mengadakan turnamen Futsal antar HimpunanMahasiswa jurusan se-Fakultas Sains dan Teknologi. Acara turnamen futsal tersebutmerupakan salah satu serangkaian acara milad untuk memperingati hari jadi SenatMahasiswa Fakultas (SMF) Sains dan Teknologi yang di harapkan dapat menjadikanMahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi yang memiliki sifat sportifitas,tanggung jawab dankerjasama yang bersatu seirama. Kegiatan ini kami lakukan sebagai bentuk keseimbanganantara pengembangan berfikir,kreatif, sosialisasi dan kekuatan fisik. Dimana keempat elementersebut merupakan hal yang harus dimiliki oleh Mahasiswa.2. Nama dan Tema KegiatanKegiatan ini bernama Futsal Saintek Cup yang merupakan salah satu serangkaian acara darikegiatan Milad Saintek dengan tema Sportifitas Seirama dalam Kesatuan.3. Tempat PelaksanaanKegiatan ini bertempat di Gedung Olahraga (GOR) Futsal Rihti yang terletak Jl Desa cipadungdi Sekitar kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung.4. Waktu dan tempat kegiatanKegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin Selasa, 7 8 April 2014 di GOR FUTSAL RIHTI.5. Manfaata. Menjalin silaturahmi dan kekeluargaan antar civitas akademik Fakultas Sains danTeknologi.b. Menggali bakat dan potensi dari Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi6. Penerima ManfaatMahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung Fakultas Sains dan Teknologi7. Ketentuan Perlombaan

    a. Sistem Perlombaani. Sistem yang di gunakannadalah FIFAii. SistemGugur (knock out)b. Jumlah Pemaini. Maksimal 10 orang /tim (Putra).ii. 5 PemainInti, 5 PemainCadangan.

  • c. Perlengkapan pemain:i. Kaos olahraga (satu tim harus menggunakan baju yang sama,dan nomorpunggung ).ii. Kaos kaki panjang,iii. Diwajibkan menggunakan dacker (pelindung tulang kering),iv. Sepatu olahraga/sepatu futsal.d. Alokasi PertandinganSetiap Pertandingan dialokasikan waktu 15 menit x 2.e. Perolehan JuaraJuara I,II dan III

  • PERATURANFUTSAL SAINTEK CUP 2013/2014 (FSC)Dalam rangka memperingati milad Senat Mahasiswa Fakultas (SMF) Sains dan TeknologiUniversitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung,yang bertepatan pada tanggal 24 April.Kami Bidang Minat dan Bakat SMF Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung periode2013-2014 akan mengadakan turnamen Futsal antar Himpunan Mahasiswa jurusan se-Fakultas Sainsdan Teknologi. Acara turnamen futsal tersebut merupakan salah satu serangkaian acara milad untukmemperingati hari jadi Senat Mahasiswa Fakultas (SMF) Sains dan Teknologi yang di harapkan dapatmenjadikan Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi yang memiliki sifat sportifitas,tanggung jawabdan kerjasama yang bersatu seirama.Sebagai bagian dari mewujudkan misi di atas, SENAT MAHASISWA FAKULTAS SAINS danTEKNOLOGI menyelenggarakan Turnamen Futsal Saintek cup 2014 memperebutkan Piala

    Saintek cup. Turnamen Futsal Saintek Cup 2014 merupakan ajang rekreasi dan silaturahmi paramahasiswa dengan memanfaatkan kecintaan terhadap olahraga futsal yang menjadi bagian daribudaya masyarakat Indonesia.1. Waktu dan tempatWaktu : Senin, 7 April 2014, 08.00 s/d Selesai WIBSelasa,8 April 2014, 08.00 s/d Selesai WIBTempat : Lapangan futsal Rihti,Jl desa cipadung2. Ketentuan TimSeluruh pemain yang didaftarkan dalam sebuah tim harus merupakan Mahasiswa AktifUIN fakultas SAINS dan TEKNOLOGI BandungKetentuan lain:

    Quota tiap jurusan 2 tim Satu tim maksimal 10 pemain Setiap pemain hanya diperbolehkan membela 1 tim sajaPanitia berhak mendiskualifikasi suatu tim atas pelanggaran terhadap ketentuan tim yangtelah disebut di atas.

    3. Pendaftaran Tim Mengisi biodata setiap pemain Foto kopi KTM Kontak TIM (nama lengkap dan nomor hp yang bisa dihubungi).4. Peraturan Umum4.1. Format turnamen yang digunakan adalah sitem gugur (knock out).

  • 4.2. Jumlah pemain yang bertanding di atas lapangan dalam satu tim adalah 5 orang(termasuk penjaga gawang). Dan setiap tim maksimal memiliki 10 pemain (termasukpenjaga gawang).4.3. Jumlah minimum pemain di setiap babak untuk memulai suatu pertandingan minimal4 orang (termasuk penjaga gawang). Jika jumlah pemain kurang dari 4 orang, makatim tersebut dinyatakan kalah dengan skor 5 0.4.4. Waktu pertandingan adalah 2 x 15 menit dengan istirahat selama 5 menit.4.5. Setiap tim wajib hadir 30 menit sebelum pertandingan dimulai untuk mendaftarulang dengan menyerahkan kartu identitas pemain dan offisial.4.6. Sesuai dengan ketentuan turnamen sistem gugur, jika pertandingan berakhir seri,maka akan dilanjutkan dengan adu penalty.4.7. Setiap pemain dalam satu tim wajib menggunakan kostum sebagai berikut: Seragam sepakbola (kaos + celana) dengan nomor punggung yang berbedauntuk setiap pemain. Sepatu olahraga futsal / sepatu olah raga tidak ber-pull.4.8. Peraturan teknis permainan mengacu pada peraturan Futsal standard FIFA yangsudah diadopsi oleh PSSI.4.9. Setiap tim wajib hadir (undangan untuk 2 orang) pada saat Technical Meeting yangakan diselenggarakan pada tanggal 26 Maaret 2014. Tim yang tidak mengirimkanwakilnya ke Technical Meeting, dianggap menyetujui semua hasil keputusanTechnical Meeting. Agenda Technical Meeting tersebut yaitu penjelasan umumFUTSAL SAINTEK CUP, format turnamen, pengundian tim (matchup), peraturanpertandingan, dan peraturan permainan futsal.4.10. Perwakilan tim pada saat Technical Meeting diwajibkan untuk membawa:

    Foto copy KTM Daftar anggota tim (pemain dan offisial)4.11. Panitia berhak mendiskualifikasi suatu tim jika tim/pemain tersebut terbuktimelanggar ketentuan-ketentuan turnamen baik yang sudah disebutkan di atas.4.12. Wasit akan disediakan. Wasit memiliki wewenang penuh di pertandigan, dankeputusan wasit tidak bisa diganggu gugat.4.13. Penghitungan Pelanggaran akan dicatat di meja panitita.4.14. Panitia berhak menyempurnakan peraturan pertandingan dan permainan,disesuaikan dengan kondisi serta alokasi waktu dan tempat yang tersedia.4.15. Tim akan dipanggil 10 menit sebelum pertandingan dimulai. Jika tim yang dipanggilterlambat lebih dari 10 menit, tim akan dinyatakan kalah dengan skor 5-0.

  • 4.16. Jika ada halangan yang membuat satu tim terlambat, diharapkan menginformasikanpanitia 60 menit sebelum pertandingan.4.17. Offisial wajib memberikan uang jaminan sebeum pertandingan kepada panitiasebesar Rp 50.0004.18. Semua keputusan yang diambil oleh panitia baik sebelum maupun pada saatpelaksanaan FUTSAL SENAT CUP 2014 adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugatdidasarkan pada hasil keputusan Technical Meeting.5. Waktu dan skor5.1. Gol dihitung masuk bila seluruh bagian bola melewati garis gawang.5.2. Waktu pertandingn 2 x 15 menit.5.3. Waktu tidak ada perhentian setelah mulai pertandingan hingga akhir pertandingan (cedera/protes, pergantian pemain, dan time out tidak ada perhentian waktu)5.4. Waktu istirahat 5 menit setelah bunyi selesainya babak pertama.5.5. Apabila score goal kedua tim sama, maka akan dilanjutkan dengan adu penalti.6. Pelanggaran6.1. Kartu6.1.1. Apabila salah satu pemain mendapat 2 kartu kuning, maka pemain tersebut tidakdapat main dipertandingan selanjutnya. (dimana kartu kuning di kantongpemain tersebut di reset).6.1.2. Apabila salah satu pemain mendapat 2 kartu kuning dalam 1 pertandingan, makapemain tersebut langsung keluar dari lapangan dan tidak diperbolehkan mainkembali pada pertandingan yang sama dan 1 pertandingan berikutnya.6.1.3. Apabila salah satu pemain mendapat kartu merah dalam 1 pertandingan, makapemain tersebut langsung keluar dari lapangan dan tidak boleh main kembalipada pertandingan yang sama dan 2 pertandingan berikutnya. (kartu merahdikantong pemain tersebut direset).6.1.4. Apabila ada 1 tim mendapat sanksi point 2 dan 3, pemain yang mendapat sanksidapat diganti setelah 3 menit dengan orang yang berbeda.6.1.5. Kartu kuning denda Rp.10.000 dan kartu merah denda Rp.15,0006.2. Tendangan Bebas6.2.1. Tendangan bebas lagsung terjadi apabila:

    Melakukan pelanggaran yang berbahaya menurut wasit. Bola terkena tangan pemain selain kipper.

  • Dengan sengaja menyentuh bola dengan tangan selain kipper (sanksi:KARTU KUNING) Menendang, menabrak, mendorong, menarik pemain lain, Melakukan sliding tackling yang berbahaya (sanksi : KARTU MERAH) Membuat pelanggaran dari belakang lawan. Pelanggaran dilakukan di wilayah lawan.6.2.2. Tendangan bebas tidak langsung terjadi apabila: Mendorong pemain menggunakan bahu/badan tanpa memegang bola. Kipper menangkap bola menggunakan tangan setelah di umpan balik olehpemain timnya sendiri sebelum melewati wilayah lawan. Pelanggaran dilakukan di wilayah sendiri.

    6.3. Technical foul6.3.1. Kata-kata kasar dan tindakan offensive terhadap wasit (SANKSI : KARTUMERAH)6.3.2. Memicu perkelahian saat pertandingan berlangsung (SANKSI : KARTU MERAHdan TIM yang berkelahi langsung didiskualifikasi)6.4. Penalti titik pertama6.4.1. Pemain yang dilanggar di kotak penaltiakan mendapatkan tendangan penalty.6.4.2. Semua pemain kecuali kipper dan penendang penalty diharuskan berdiribelakang bola dan di luar kotak pinalti.6.4.3. Kipper tidak diperbolehkan melewati garis gawang sebelum bola ditendang.Penalty di ulang, jika hal sama dilakukan kedua kalinya kipper akanmendapatkan kartu kuning.6.5. Penalti titik kedua6.5.1. Bagi tim yang melakukan 6 kali pelanggaran dalam satui babak,akan dikenakanpenalty titik kedua (Second pinalty). pelanggaran berikutnya akan dikenakansanksi yang sama.6.5.2. Akumulasi pelanggaran di babak berikutnya akan direset.6.6. Bola luar6.6.1. Kick in/ corner Ketika bola keluar dari garis samping, bola harus ditaruh di bawah dansejajar dengan garis. Bola ditahan dengan ti tangan dan di tendang.

  • Ketika menendang kick in/ corner kaki harus berada di belakang garis,jika kaki menginjak garis dan melewati garis maka bola akan diberikankepada tim lawan. Waktu yang diberikan untuk kick in/corner 5 detik.6.6.2. Goal kick Jika bola keluar di balakang garis gawang, kipper diharuskan melemparbola menggunkan tangan. Bola tidak boleh ditendang oleh kipper Kipper tidak boleh menyentuh bola dengan tangan di luar kotak penalty. Waktu yang di berikan mengambil goal kick adalah 5 detik.6.7. Pergantian pemain

    Jumlah pergantian bebas selama pertandingan (sesuai dengan data tim yangsudah didata oleh panitia) Waktu tidak akan diberhentikan saat pergantian pemain. Masuknya pemain pengganti harus di tengah lapangan (tempat/garis yang sudahdisediakan panitia), dan pemain yang akan diganti harus keluar terlebih dahulusebelum pemain pengganti masuk. Jika tidak pemain pengganti dikenakan kartukuning. Pemain pengganti harus lapor kepada panitia terlebih dahulu sebelummelakukan pergantian pemain.

  • PEMILIHAN MOJANG JAJAKA SAINTEK 2014

    1. LatarBelakangDalam rangka memperingati milad Senat Mahasiswa Fakultas (SMF) Sains danTeknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, yang bertepatan padatanggal 24 April. Kami Bidang Minat dan Bakat SMF Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung DjatiBandung periode 2013-2014 akan mengadakan ajang Mojang Jajaka di tingkat Fakultas Sainsdan Teknologi UIN Sunan Gunung Djadi Bandung. Acara Ajang Mojang Jajaka ini merupakansalah satu serangkaian acara milad untuk memperingati hari jadi Senat Mahasiswa Fakultas(SMF) Sains dan Teknologi yang di harapkan dapat menjadikan Mahasiswa Fakultas Sains danTeknologi yang memiliki sifat kepedulian terhadap akademik, minat dan bakat begitupun denganpengabdian kepada Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung2. Nama dan Tema KegiatanKegiatan ini bernama MOJANG JAJAKA yang merupakan salah satu serangkaian acara darikegiatan Milad Saintek dengan tema SHOW YOUR TALLENT, SHOW YOUR INTELLIGENT COMETO BE A BRILLIANT3. Tempat PelaksanaanKegiatan ini bertempat Aula kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung4. Waktu kegiatanKegiatan ini dilaksanakan dalam dua waktu, pada hari Rabu, 16 April 2014 untuk audisi danpada hari Kamis, 24 April 2014 sebagai finalnya.5. Tempat KegiatanTempat pelaksanaan kegiatan akan dilaksanakan di AULA UIN SUNAN GUNUNG DJATIBANDUNG.6. Ketentuan Perlombaan

    a. Sistem Penilaian Sistem yang di gunakan adalah tes wawancara dengan mengambil tema soal yang telahdisediakan, penilaian pengetahuan dan unjuk kabisa. Bakat yang akan ditampilkan terdiri dari menyanyi, drama, sulap, melukis, dakwah,kerajinan tangan. Seni lainnya dapat dikoordinasikan dengan panitia.

    b. Teknis Penilaian Tahap wawancara dengan menggambil tema soal kemudian diberi pertanyaan oleh juridan dijawab selama 3 menit/orang. Bahasa yang dapat digunakan dalam menjawab soal bisa dengan menggunakan bahasaIndonesia, bahasa Inggris, bahasa Sunda dan bahasa Arab.

  • Tes Unjuk Kabisa. Peserta dapat menunjukan bakat yang dimiliki untuk ditampilkan.Waktu Unjuk Kabisa ini selama 5 menit dan 5 menit untuk komentar dari Dewan Juri.c. Jumlah peserta10 orang terdiri dari 5 Putra dan 5 Putri dimana meraka hasil perserta seleksi audisi pada testulis dan tes baca Al-quran.d. Perlengkapan pesertaPeserta diwajibkan menggunakan pakaian adat :

    Jajaka : menggunakan pakaian adat Sunda. Mojang : menggunakan kebaya sartika beserta hijab (menutupi aurat) dan tidak terlaluketat.

    e. Perolehan JuaraJuara MOJANG JAJAKA ini hanya diberikan kepada sepasang peserta yang memenangkankompetisi, diantaranya 1 peserta Mojang dan 1 peserta Jajaka.

  • SAINTEK MENCARI BAKAT1. Latar BelakangDalam rangka memperingati ulang tahun Mahasiswa Fakultas (SMF) Sains dan TeknologiUniversitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung,yang bertepatan pada tanggal 24April. Kami SMF Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung periode 2013-2014 akanmengadakan serangkaian acara dalam memperingati hari jadi Senat Mahasiswa Fakultas (SMF)Sains dan Teknologi yang di harapkan dapat memberikan mahasiswa fakultas sains danteknologi sifat sosial yang tinggi dan memberikan peluang unjuk gigi bagi yang memiliki talentadalam berkesenian.Ini kami lakukan sebagai bentuk pemberdayaan bakat yang dimiliki banyak orang dalamberkesenian guna menanamkan solideritas dan menyambung tali silaturahim antar kelompok.2. Nama dan Tema KegiatanKegiatan ini bernama Sainstek Mencari Bakat (SMB) dengan tema, Art Is Freedom3. TempatTempat pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium UIN Sunan Gunung Djati Bandung.4. Waktu Keluaran Kegiatan

    Jenis kegiatan Tanggal TempatPembukan Pendaftaran 10 Maret 2014 Fakultas Sains danTeknologiTechmeet 19 April 2014 KondisionalAudisi Saintek MencariBakat 21 April 2014 Auditorium UIN SunanGunung Djati BandungAcaraPuncak/Final/Penutupan 24 April 2014 Auditorium UIN SunanGunung Djati Bandung

    5. Panitia dan PesertaKepanitiaan dalam kegiatan ini berasal dari pengurus Senat Mahasiswa Sains danTeknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung periode 2013-2014 yang telahdibentuk untuk mempersiapkan kegiatan ini agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar yaitusebanyak 39 orang.

  • Peserta dalam kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi maupunMahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan umum.6. Manfaata. Menjalin kekeluargaan antar civitas akademik Fakultas Sains dan Teknologi.b. Menggali bakat dan potensi yang tersembunyi dari Mahasiswa Fakultas Sains danTeknologi7. Penerima Manfaat

    1. Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi2. Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung3. Masyarakat umum

  • BIAYA PENDAFTARAN

    1. Pemilihan Mojang Jajaka : Rp. 35.000/orang2. SAINTEK Mencari Bakat : Rp. 70.000-90.000/tim/peserta3. STC : Rp. 300.000/tim (paket)- STC BADMINTON 1 group (Tunggal Putra-i dan Ganda Campuran)- STC BOLA VOLI 1 tim- STC BASKET 1 tim- STC CATUR 1 group- STC FUTSAL 2 tim

  • INFORMASI PENTING1. Setiap peserta wajib melakukan registrasi dan mengisi formulir serta menyerahkan persaratanyang telah ditentukan panitia.2. Setiap peserta wajib mengikuti technical meeting dan melakukan heregistrasi (pendataan ulangpeserta).3. Apabila terdapat hal yang kurang dipahami dapat menghubungi contact person sebagai berikut.INFORMASI KONTAKBagian Umum Acara : Ujang (08562286630), Siti R (085722724293), Fitri (087828761903)STC BADMINTON : Hanif (08562005877 / 08984843126)STC BASKET : Ramadhan (082126916406), Trisna (081221677743)STC BOLA VOLI : Nina (085697428128)STC CATUR : Wildan (089662238402)STC FUTSAL : Robi (08562223775)SAINTEK MENCARI BAKAT : Grace (087726460972), Deni (089638764292)MOJANG-JAJAKA SAINTEK : Fitriyani Elia (089638371421)