surya, 16 mei 2009

21

Click here to load reader

Upload: harian-surya

Post on 28-Mar-2016

686 views

Category:

Documents


179 download

DESCRIPTION

- Boediono Naik Kereta Pesing - Akhirnya Prabowo Resmi Dampingi Mega - Oknum Marinir Terkait Pembunuhan Nasrudin - Meri Tewas dalam Posisi Melahirkan

TRANSCRIPT

  • C YM K HARIAN SURYA PAGE 01

    HARIAN SURYAC YM K PAGE 01

    ALAMAT REDAKSI/IKLAN/SIRKULASI : JL RAYA MARGOREJO INDAH D-108 SURABAYA 60238 TELEPON (031) 8419000 www.surya.co.id

    1.000Rp

    GRAMEDIA BOOKSFESTIVAL 2009

    SEDERHANA - Cawapres Boediono terlihat sederhana, tiba di Bandungdengan KA untuk menghadiri acara deklarasi capres dan cawapres ber-pasangan dengan SBY, Jumat (15/5).

    baca halaman 9

    SABTU16 MEI 2009

    NO. 180TAHUN XXIII

    TERBIT 20 HALAMAN

    Perumpamaan BebekDUA siswi mengobrol dengan heboh saat jam istira-hat pertama sekolah. Pak Dargo yang sedang melin-tas langsung mendekat. Hai, dengerin ya, kalau adadua wanita bicara, maka ributnya sama dengan seribu ekorbebek. Jadi, jangan berisik ya, kata Pak Dargo, yang gurubahasa Inggris. Waktu istirahat kedua, pacar Pak Dargo da-tang. Ia bertemu salah satu siswi yang tadi ngobrol. Si siswilalu datang ke kantor guru. Pak Dargo, Pak Dargo, di ruangtamu ada lima ratus ekor bebek mencari Bapak. (Cak Sur)

    SURABAYA SURYAPembantu rumah tangga (PRT) bernama Meri Yance Ma-

    sus, 24, ditemukan tewas membusuk di kamar tidurnya di rumah majikan di Darmahusada Regency No 625, Mul-yorejo, Surabaya, Jumat (15/5) siang. Tragis, di selangkang-an Meri ditemukan kepala bayi menyembul keluar, yang be-lum diketahu jenis kelaminnya.

    Polisi menduga PRT asal Atambua, Nusa Tenggara Timur(NTT), tersebut tewas bersama sang bayi saat akan melahir-kan. Setelah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP),petugas Polsekta Mulyorejo membawa jenazah Meri ke ka-mar mayat Instalasi Kedokteran dan Forensik (IKF) RSU DrSoetomo untuk diautopsi.

    Boediono Naik Kereta Pesing

    JAKARTA - SURYAKasus pembunuhan Nasru-

    din Zulkarnaen, direktur PTPutra Rajawali Banjaran, yangdiduga melibatkan Ketua Komi-si Pemberantasan Korupsi (KPK)nonaktif, Antazari Ashar, terusberkembang. Kini diketahui

    bahwa pistol yang dipakai me-nembak korban ternyata dibelidari oknum Marinir sehargaRp 15 juta, dan diambil di Mar-kas Brimob Kelapa Dua, Depok.

    Perkembangan baru itu di-ungkapkan Minola Sebayang,penasihat hukum Fransiskus

    -salah satu tersangka kasusNasrudin Jumat (15/5). Inibisa diartikan ada dua unsuryang terlibat penjualan senjataitu. Ada oknum AL (AngkatanLaut atau marinir, Red) dan Bri-mob, tegasnya.

    Seperti diberitakan, Nasrudintewas ditembak seusai bermaingolf di Cipondoh, Tangerang,Banten, 14 Maret 2009. Polda

    Metro Jaya telah menahan sem-bilan tersangka, termasukAntasari Azhar, pengusaha SigidHaryo, dan mantan kapolresMetro Jakarta Selatan, KombesPol Williardi Wizar, serta Fran-sikus yang berperan sebagaipemantau keberadaan korbansebelum dibunuh.

    Oknum Marinir Terkait Pembunuhan NasrudinDiduga Menyediakan Pistol

    KE HALAMAN 11

    Meri Tewas dalamPosisi Melahirkan

    Ditemukan di Kamar Tidur oleh Majikan

    KE HALAMAN 11

    DIPERIKSAKetua KPK nonaktif,Antasari Azhar saatmenjalani pemeriksaandi Polda Metro Jaya ter-kait tewasnya NasrudinZulkarnaen, direktur PTPutra Rajawali Banjaran,beberapa waktu lalu.

    ap

    KAWASAN Menteng dikenalsebagai salah satu kawasanmentereng di Ibu Kota DKIJakarta. Kawasan yang relatifhijau dan sejuk karena di-tumbuhi pepohonan itumenjadi pusat hunian bagipara pejabat negara maupunorang-orang penting.

    Kini, ketika pemilihan pres-

    Deklarasi SBY Berboedi Tak Ingin Jadi Ban Serep

    Menteng JadiPusat Pertempuran

    Jelang Pilpres

    SURABAYA - SURYAProgram Komik Kiloan di se-

    luruh toko buku (TB) Grame-dia dan TriMedia di Surabayamerupakan kesempatan lang-ka. Karena itu,warga yang me-ngetahui pro-gram itu tak me-n y i a - n y i a k a nkesempatan is-timewa ini.

    Salah seorangyang memanfaatkan peluangemas itu adalah Dimas Arya.Lelaki berusia 26 tahun itumemborong komik sampai 18kilogram di TB Gramedia Expo,

    iden dan wapres (Pilpres) 2009menjelang, Menteng tak seka-dar menjadi kawasan elite.Menteng beranjak menjadi ka-wasan lautan kompetisi. Ka-wasan ini menjadi pusat aktiv-itas para petarung pilpres.

    Di mulai dari kawasan Sun-da Kelapa. Hanya berjarak be-berapa meter dari masjid ber-

    sejarah, Masjid Sunda Kelapa,terdapat kediaman dinas WakilPresiden Jusuf Kalla (JK)sekaligus ketua umum DPPPartai Golkar yang kini men-jadi capres Partai Golkar. Dibelakang rumah berukuranribuan metertersebut dikon-trak sebuah rumah yang di-jadikan rumah kedua bagi Par-

    tai Golkar, selain Kantor DPP-nya di Slipi, Jakarta Barat.

    Area rumah kontrakan mil-ik mantan Menteri KehutananHasrul Harahap dan rumahdinas wapres itu terletak diantara tiga jalan. Bagian depanrumah membentang di Jalan

    KE HALAMAN 11

    Warga Luar Kota Ikut Buru Komik Kiloan

    surya/sugiharto

    KOMIK KILOAN - TB Gramedia di Surabaya kini sedang menggelarbursa komik Rp 25.000 per kg, Jumat (15/5). KE HALAMAN 11

    MANCHESTER - SURYAHari Sabtu (16/5) sore

    waktu Inggris, Stadion OldTrafford di Kota Manchestersudah di-setting menjadipanggung pesta. SuporterManchester United (MU) siapmerayakan gelar juara. MU

    akan resmi menjadi juaraPremiership 2008/2009 asal-kan tidak kalah saat menja-mu Arsenal, Sabtu (16/5).

    Cukup dengan hasil im-bang, MU akan mengakhiri

    Sudah Siap BerpestaMan.United vs Arsenal

    KE HALAMAN 11

    ESPN-AORA, Sabtu (16/5), Pkl.18.45 WIBafp/andrew yates

    Carlos Tevez

    tribun jabar/gani kurniawan

    Namun, Boediono kembalimembuktikan kesederha-naannya, dengan lebih memi-lih naik kereta api (KA). Itudilakukan ketika Boedionomenuju ke Bandung dariJakarta untuk menghadirideklarasi dirinya sebagaicawapres mendampingi ca-

    pres Susilo Bambang Yudhoyono (SBY),Jumat (15/5) kemarin.

    KA Parahyangan jurusan Jakarta-Ban-dung yang dinaiki Boediono bahkan bukankelas terbagus. KA Parahyangan dengantarif Rp 45.000 per orang untuk rute Jakar-ta-Bandung itu, masih satu kelas di bawahKA Argo Gede yang melayani rute sama.Angkutan itu juga bukan KA yang disedia-kan khusus, tetapi KA reguler. Artinya, diKA itu Boediono berbaur dengan para pe-numpang umum lainnya meski berbedagerbong. Keberangkatannya pun tundukpada jadwal rutin yang sudah ditetapkanoleh pihak PT KA, bukan karena pesananrombongan Boediono.

    Berdasarkan pantauan Surya yang ikutmeliput keberangkatan Boediono ke Ban-dung dari Stasiun Gambir Jakarta pukul

    JAKARTA - SURYASEBETULNYA, dengan posisi-nya sebagai pejabat tinggi dancalon wakil presiden (cawapres)Boediono bisa dengan mudahmendapatkan fasilitas mewahdan kelas satu, termasukdalam hal transportasi.

    KE HALAMAN 11

    Megawati

    Prabowo

    57

    43

    37

    150

    27

    57

    43

    37

    150

    27

    Jusuf KallaSBY

    BoedionoWiranto

    107107

    19.1

    1%3,

    21%

    1818

    95

    26

    95

    26

    PKBPPP

    PANPKS

    PD

    PKBPPP

    PANPKS

    Gol

    kar

    Han

    ura

    Gol

    kar

    Han

    ura

    PD

    PKBPART AI KEBANGKITAN BANGSA

    GOLONGAN KARYA10

    ,18%

    26,7

    9%

    7,68

    %6,

    61%

    4,28

    %

    16,9

    6%

    4,46

    %PDIPPDIP

    GerindraGerindra

    grafis:surya/yusuf

    Kursi

    DPR

    TIGA KONTESTANPILPRES 2009

    PASURUAN SURYAJangankan orang lain, lolos-

    nya Sofyan Effendi sebagaianggota DPRD Kabupaten Pa-suruan untuk masa jabatan2009-2014 juga mengagetkandirinya sendiri. Caleg dari Par-tai Hanura dengan nomor urut3 dari Daerah Pemilihan (Dapil)4 Kabupaten Pasuruan ini,mengaku tidak pede saat di-caleg-kan. Apalagi, ia banyakdigojlok oleh teman-temannya.

    Namun, justru karena dire-mehkan, bujangan berusia 24tahun yang masih duduk di se-mester VII Fakultas Hukum, Uni-versitas Merdeka (Unmer) Pasu-ruan ini merasa tak punyabeban.

    Saya sendiri tidak me-nyangka dapat berhasil masuksebagai anggota DPRD. Saatberjuang saya nothing to lose,tak ada beban meskipun sayatetap berusaha. Ternyata per-

    juangan saya itu berhasil dannasib lagi mujur. Banyak yangmengatakan, saya lolos se-bagai anggota DPRD sepertianak sekolah yang munggahgantungan alias naik kelaskarena dikatrol. Karena mu-jur, kata Sofyan saat ditemuiSurya, Jumat (15/5) malam.Saat ditemui, Sofyan tengahmembawa neneknya berobatdi klinik medis dr Ferry diJl Hasanudin, Kota Pasuruan.

    Putra pertama pasangan

    Cuma Raih 776 Suara, Sofyan Lolos Jadi Anggota DPRDTermuda dan Tersedikit Dapat Suara

    surya/abdus syukur

    SUMRINGAH - Sofyan Effendi diapit ayahnya, H Khusaeri dan ibu-nya, Hj Khusniah saat ditemui Surya, Jumat (15/5) di Pasuruan. KE HALAMAN 11

    Akhirnya Prabowo Resmi Dampingi Mega

  • C YM K HARIAN SURYA PAGE 02

    HARIAN SURYAC YM K PAGE 02

    POLong itikOM

    2 SURYA, SABTU, 16 MEI 2009

    Kilas Politik

    Anas Urbaningrum, Ketua DPP Partai Demokrat,menanggapi protes partai-partai koalisi atas terpilihnyaBoediono sebagai cawapres SBY. ant

    Kadang memilih istritidak harus cantik danpopuler. Yang penting

    adalah tawadlu dan mampumengurus rumah tanggadengan baik, penuh kasihsayang, tulus, setia.

    SURABAYA - SURYAKetegangan dan keributan

    rekapitulasi di berbagai kota/kabupaten di Jatim memangsudah berlalu. Tapi itu tidakotomatis bisa membuat anggo-ta KPU Jatim dan sejumlahKPU kota/kabupaten bisa tidurpulas. Mereka kembali harusmenghadapi barisan parpolyang tidak terima dengan hasilpenghitungan. Bedanya, kali iniKPUD tidak menghadapi mere-ka di kantor KPU, melainkandalam persidangan di Mahka-mah Konstitusi (MK).

    Ada 25 gugatan atas peng-hitungan suara di Jatim yangharus dihadapi KPU Jatim danKPU kota/kabupaten di MK.

    P ASANGAN capres dancawapres Jusuf Kalladan Wiranto dipastikanmengincar keluarga besar TNIdan Polri sebagai salah satu ba-sis pemilih untuk memenang-kan pasangan ini dalam Pilpres8 Juli. Apalagi sebagai purnawi-rawan TNI, nama Wiranto ma-sih bisa dipertarungkan di ka-langan ini.

    Massa pemilih keluargabesar TNI dan Polri ini menja-di salah satu target yang akandirebut oleh pasangan capresdan cawapres Jk dan Windalam Pilpres mendatang,ujar HM Soedjatmiko, wakilketua DPD Hanura Jatim dikantornya, Jumat (15/5).

    Soedjatmiko mengaku be-lum tahu berapa besar suara

    Konsolidasi digelar di Kan-tor DPP Golkar di Slipi Jakar-ta, Jumat (15/5) malam itu,dipimpin Kalla. SaudagarMakassar ini menyampaikanpandangannya tentang kons-telasi politik menjelang pilpres8 Juli.

    Dalam pertemuan tadi, PakJK menyampaikan peta ke-kuatan dan hitungan-hitunganyang telah dilakukan tim JK-Wiranto untuk diketahui frak-si, kata Syamsul Bahri, Sek-retaris FPG, usai pertemuan.

    Ia melanjutkan materi yangdisampaikan JK, di antaranyamengenai posisi partai saat ini,konstelasi partai, serta peluangdan tantangan yang akan diha-dapi ke depan. Seperti apaagar fraksi punya persepsi yangsama sehingga tahu bagaima-na memenangkan JK-Wiranto.Setelah ini, kita harapkan Kor-

    Jatim Sumbang 25 Perkara Pemilu di MKSekarang masih dalam prosesverifikasi di MK. Kami belumtahu, berapa banyak yang nan-ti bisa diregistrasi (diterimauntuk disidangkan), ungkapanggota Najib Hamid, anggotaKPU Jatim, Jumat (15/5).

    Gugatan perkara asal Jatimitu didominasi perkara sengke-ta penghitungan untuk suaraDPRD kota/kabupaten. Jum-lahnya mencapai 19 kasus. Diantaranya satu gugatan dariPDIP untuk penghitungansuara DPRD Ponorogo. PDIPmerasa kehilangan suara se-hingga kalah berebut satu kur-si sisa dengan Hanura. Kasusini cukup mendapat sorotankarena selisihnya sangat tipis,

    hanya empat suara.Gugatan lainnya diajukan

    PKNU untuk suara DPRD Bo-jonegoro. Di sini PKNU merasakehilangan ratusan suara hing-ga mengakibatkan kalah dalamberebut kursi sisa denganPNBK, dengan selisih 80 suara.

    Sementara gugatan untukpenghitungan suara kursiDPRD provinsi tercatat limakasus. Masing-masing diajukanPKB untuk penghitungan Ja-tim IX, PKNU pada Jatim XI,PBB di Jatim XI dan Demokratdi Jatim III dan X. Sementarauntuk gugatan penghitungansuara DPR hanya muncul satuperkara. Satu-satunya gugatanitu diajukan PPP di daerah pe-

    Kalla KumpulkanTulang Pisah

    44 Anggota FPG Janji Menangkan JK-WirantoJAKARTA-SURYAKOALISI Partai Golkar dan Hanura yangmengusung pasangan Jusuf Kalla-Wirantolangsung mengonsolidasikan kekuatannya.Konsolidasi itu dimulai dengan mengumpul-kan 44 anggota Fraksi Partai Golkar (FPG)DPR RI yang terpilih kembali.

    wil, Hubda, menggunakan jari-ngan yang dimiliki untuk men-dukung JK-Win, tuturnya.

    Syamsul mengatakan dari127 anggota FPG hanya 44yang terpilih lagi. Mereka kinidikumpulkan untuk berkon-

    sentrasi pada pemenangan pil-pres, setelah sebelumnyamereka tercerai-berai mengu-rusi diri sendiri dalam pemilulegislatif 9 April. Mereka kinibertugas melakukan pendeka-tan dengan jaringan-jaringanmereka di daerah.

    Dalam pertemuan itu mere-ka berjanji memenangkanpasangan Kalla-Wiranto. Kitamengkonsolidasikan sebanyak44 anggota DPR dari 127 ang-gota DPR asal Partai Golkaryang terpilih kembali untukmemenangkan JK-Win. Sebab,mereka yang sudah terpilihkembali mempunyai jaringanyang kuat di daerahnya. Dan,mereka berjanji akan turun kelapangan untuk memenang-kan capres dan cawapres Par-tai Golkar dan Partai Hanura,papar Wakil Sekjen DPP PartaiGolkar Iskandar Mandji usaipertemuan.

    Seperti diketahui, jalanpasangan Kalla-Wiranto menu-ju pilpres tidak terlalu mulus,khususnya dalam proses terpi-lihnya Kalla sebagai capresGolkar. Kubu mantan ketuaumum Akbar Tandjung menen-tang keras keputusan partai itudan ia didukung sejumlah DPDII yang menganggap Kalla tidakpantas dicalonkan. kcm/ant

    milihan Jatim VIII (Jombang,Mojokerto, Nganjuk, Madiun).

    Gugatan itu nantinya harusdihadapi oleh KPU/KPU dae-rah sesuai tingkatan dan tem-pat terjadinya dugaan kesalah-an hitung. Kalau gugatanuntuk suara DPRD Jatim

    diregistrasi semua, ya berartiada lima yang harus dihadapiKPU Jatim. Tapi detailnya,kami menunggu dulu pembe-ritahuan dari MK, mana-manatempat yang dianggap telahterjadi kesalahan penghitung-an, jelas Najib Hamid. ian

    Golkar-Hanura Jatim Bergerak Dulupotensial yang bisa dikerukdari kalangan ini. Ia hanyameyakinkan bahwa Hanuradan Golkar akan menginten-sifkan gerakan di basis mas-sa ini. Tentu kalangan laintidak kami lupakan. Semuaini akan kita lakukan karenatargetnya Jk-Wiranto harusmenang, katanya.

    Ditanya soal pembentukantim sukses JK-Win untuk JawaTimur, menurut Soedjatmikorapat awal sudah dilakukan,Kamis (14/5) sore di RumahMakan Ria Galeria. DariGolkar, hadir dalam pertemuanitu Sekretaris DPD M Muchtardan pejabat lain seperti, GatotSudjito, Fredy Purnomo, SahatSimanjutak. Sementara dariHanura hadir antara lain HM

    Soedjatmiko dan sejumlahpengurus lainnya. Sedangkanketua DPD Golkar Sunaryodan ketua DPD Hanura DrDossy Iskandar Prasetyo tidakhadir dalam pertemuan awaltersebut.

    Kedua pihak membahasstruktur, penyiapan personeluntuk menempati pos-pospenting dalam tim pemena-ngan. Sedangkan pengisianpersonel dan struktur danpimpinan tim pemenanganakan ditentukan dalam wak-tu dekat. Komposisi personilterdiri dari 50 persend ariGolkar dan 50 persen dariHanura dan ketua tim pe-menang nanti dibicarakanbersama antara kedua par-pol ini, ujarnya. jos

    JAKARTA - SURYABegitu mendapat kepastian Megawati Soekarnoputri

    jadi capres berpasangan dengan Prabowo Subianto, masapendukung Megawati langsung bersorak-sorai.

    Kepastian itu didapat, Jumat (15/5) malam ketikamereka berkumpul di kediaman Megawati di Jl TeukuUmar, Jakarta. Sambil berteriak Megapro... Megapro...massa langsung membentangkan spanduk besar bertu-liskan Megawati-Prabowo, Harapan Baru Indonesia.

    Massa pendukung Megawati Soekarnoputri sejak Ju-mat siang berkumpul di rumah itu untuk menunggu pen-gumuman koalisi dengan Gerindra. Namun, karena ke-pastian dari pemimpin mereka tidak kunjung ada, mere-ka sempat mengalihkan perhatian pada prosesi deklarasipasangan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Boedi-ono di Bandung lewat televisi.

    Sebuah televisi 14 inci yang di salah satu gazebo dihalaman rumah Megawati di Jl Teuku Umar, JakartaPusat, ditonton puluhan pasang mata. Ukuran televisisemungil itu tidak mengurangi intensitas perhatian mere-ka. Sesekali muncul celetukan sinis ketika mereka jar-gon kompetitor SBY Berbudi. Apa maksudnya itu?,lontar salah seorang pria kepada temannya dengan si-nis. Penonton lainnya juga menyeletuk, Kalau Mega-Prabowo, jadinya apa ya?, kata pria yang lain.

    Pertanyaan itu sebenarnya segera terjawab kalau saja pe-rundingan terakhir PDIP-Gerindra di Istana Batu Tulis BogorJumat sore jelas hasilnya. Keterangan pers yang dijanjikanpukul 17.00 WIB kepada wartawan yang sudah menunggusejak pagi diundur menjadi pukul 19.00 WIB. Namun, hinggaberita ini dibuat kepastian tidak juga muncul.

    Sebenarnya sinyal positif sudah muncul sejak siangsetelah Sekjen DPP PDIP Pramono Anung mengungkap-kan telah tercapai kesepakatan bahwa capres adalahMegawati dan Prabowo sebagai cawapres.

    Terkait tawar menawar itu, Ketua Umum Gerindra,Suhardi mengatakan partainya minta jatah menterikoordinator bidang perekonomian. Dengan begitu kamibisa mengawal penuh program ekonomi Prabowo, kataSuhardi.

    Kebekuan di Istana Batu Tulis akhirnya terpecahkan-dengan tercapainya kesepakatan dan tim Megawatimengabarkan kepada wartawan bahwa koalisi diumum-kan malam itu juga pukul 23.30 WIB. kcm/ant/dtc

    Pro-Mega BisaTeriakkan Mega-ProSempat Nonton Deklarasi SBY

    SURABAYA - SURYAKetua PP Muhammadiyah, Dien Syamsuddin menegas-

    kan ormas pimpinannya tidak akan terlibat dukung men-dukung calon dalam pilpres, 9 Juli 2009 mendatang. Mu-hammadiyah tidak boleh lepas dari khittoh sebagai or-ganisasi dakwah dan tidak boleh terlibat politik praktis,jelas Dien Syamsuddin di sela acara pembukaan Raker-nas II Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Muhammadi-yah di Hotel Singgasana Surabaya, Jumat (15/5).

    Tapi sikap tidak berpolitik praktis itu tidak berarti pasif.Artinya, kata Dien, Muhammadiyah tetap tidak akan me-lepas begitu saja suara warganya. Ormas Islam yangsangat berpengaruh ini tetap berkepentingan untuk men-garahkan suara warganya kepa-da salah satu pasangan yangbisa membawa Indonesia lebihbaik. Arahan hanya akan me-muat kriteria-kriteria calon yangideal menurut ukuran Muham-madiyah, kata Dien.

    Kriteria yang akan digodok PPMuhammadiyah tersebut diyaki-ni sudah cukup untuk peganganwarga untuk mengidentifikasipasangan capres yang dike-hendaki. Warga Muhammadi-yah sudah cukup cerdas untukmenangkap isyarat (pasanganyang sesuai kriteria red). WargaMuhammadiyah, tuturnya.

    Apa saja kriteria calon ideal ala Muhammadiyah, Dienbelum merincinya. Menurut Dien kriteria-kriteria itu baruakan dirumuskan sekitar akhir Mei mendatang, denganmenghadirkian para pakar dan pemikir Muhammadiyahdari berbagai disiplin ilmu. Kriteria yang pasti masuk ada-lah mampu mengakhiri masa transisi yang dinilai sudahkebablasan sejak bergulirnya reformasi, sebelas tahunlalu. Muhammadiyah juga menghendaki pasangan yangpunya paradigma ekonomi, pertumbuhan, pemerataan,dan berkeadilan , ungkapnya.

    Ditanya apakah arahan itu akan efektif mengingatwarga Muhammadiyah banyak tersebar di berbagai par-pol. Demi kepentingan organisasi, saya kira warga Mu-hammadiyah akan patuh, kecuali mereka yang memangmenjadi tim sukses pasangan capres, jawabnya.

    Disinggung kehadiran pasangan M Jusuf Kalla-Wirantoyang menemuinya beberapa waktu lalu, Dien mengakuitu sebagai upaya pasangan capres membangun komu-nikasi dengan kelompok-kelompok masyarakat. Apayang dilakukan ini cukup baik dalam konteks mengajakkomunikasi kelompok masyarakat. Gerakan begini sayakira cukup bagus dkembangkan semua pasangan calonpada setiap kelompok masyarakat, tegasnya. Dien me-negaskan komunikasi dengan JK-Wiranto itu sudah ter-bangun lama. Komunikasi yang sama juga dilakukandengan pasangan SBY, Megawati, ataupun Prabowo. Tapikebetulan, baru pasangan JK-Wiranto yang bersilarrah-mi ke Muhammadiyah. ian

    Muhammadiyah akanGiring Suara Umat

    surya/sugiharto

    JAGA PILPRES - Para personel antiteror Intai Amfibi-1 (Taifib-1) Marinir, membebaskan sandera VVIPdari para teroris yang membajak pesawat di Apron PT Merpati Nusantara Airlines, Juanda Surabaya, Ju-mat (15/5). Kegiatan itu merupakan latihan pengamanan Pilpres 2009 dan antisipasi ancaman teroris dilingkungan Bandara Internasional Juanda Surabaya.

    Hadiri Deklarasi SBYBerbudi, Soekarwo DikritikSURABAYA Kehadiran Gubernur Jawa Timur Soekar-wo dalam deklarasi SBY Berbudi di Bandung menuaikritik. Menurut pengajar Ilmu Politik Universitas Air-langga, Airlangga Pribadi, pada saat seperti ini, guber-nur sebagai pejabat birokrasi tidak perlu hadir dalamacara deklarasi capres-cawapres. Ini persoalan koalisidan bukan menjadi tanggung jawab Soekarwo sebagaigubernur, kata Airlangga, Jumat (15/5).

    Menurut Airlangga, kehadiran Soekarwo di Bandungakan menunjukkan sikap keberpihakan politik padapasangan capres dan cawapres tertentu. Padahal, mu-lai sejak terpilih sebagai kepala daerah, seorang peja-bat publik seharusnya tak memiliki keterikatan padaparpol tertentu. Masyarakat pasti otomatis meman-dang beliau sebagai kepala daerah dan bukan sebagaiSoekarwo semata-mata, kata Airlangga.

    Soekarwo sejak pagi tidak ngantor, karena mengha-diri undangan Partai Demokrat ke deklarasi itu. Menu-rut Wagub Jatim Saifullah Yusuf, sebelum ke Bandung,Soekarwo singgah di Jakarta untuk membahas BadanPengembangan Wilayah Jembatan Suramadu (BPWS)dan pembangunan jalan tol di Jawa Timur.

    Waktu pilgub, Pak Karwo dan saya diberangkatkanmenjadi gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur olehPartai Demokrat. Karena itu, jika sekarang beliau ikutdalam deklarasi SBY-Boediono adalah hal yang lum-rah, ujar Saifullah di ruang kerjanya, Jalan Pahlawan,Surabaya. kcm

    surya/ahmad zaimul haq

    TOLAK BOEDIONO - Puluhan massa dari KAMMI KomisariatUnair Surabaya melakukan aksi menolak cawapres Boedi-ono di depan gedung Grahadi Surabaya, Jumat (15/5).

    KPK Kebanjiran UtusanCapres/CawapresJAKARTA - Jelang penutupan pendaftaran, utusancapres-cawapres beramai-ramai ambil formulir Lapo-ran Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) keKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Utusan capres-cawapres yang telah mengambil formulir LHKPN anta-ra lain SBY, Jusuf Kalla, Megawati Soekarnoputri,Wiranto, dan Boediono.

    Utusan Mega yang datang ke KPK pada Jumat(15/5) enggan memberikan komentar. Saya dimintaPak Wiranto untuk mengambil formulir LHKPN sebagaicawapres, kata Kepala Sekretariat Partai Hati NuraniRakyat (Hanura), Slamet Rujito

    Sedangkan utusan SBY datang untuk menyerahkanLHKPN. Lami diutus Pak SBY menyerahkan LHKPNnya, tetapi belum ada totalnya karena harus diverifika-si dulu, kata Rizal Alnukman, asisten pribadi SBY.

    Sementara itu, cawapres pasangan SBY, Boediono jugamengirim utusan untuk menyerahkan LHKPN, Jumat.Iya, mereka lapor harta kekayaan pukul 17.55 dansudah kami terima, kata Direktur LHKPN, MuhammadSigit. Menurutnya, laporan tersebut disampaikan olehdua orang utusan Boediono dari Bank Indonesia. Salahsatunya bernama Beymahmuddin yang bertugas di Koor-dinator Perekonomian Bank Indonesia.

    Waktu pengembalian formulir LHKPN berakhir hariini, Sabtu (16/5). Namun, hingga Jumat siang utusancapres atau cawapres lainnya belum tampak mengam-bil formulir. jbp/cw6

    KPU Terganggu RekomendasiPembentukan DKJAKARTA - Tuntutan Badan Pengawas Pemilu (Ba-waslu) untuk membentuk Dewan Kehormatan (DK)dirasakan mengganggu kerja Komisi Pemilihan Umum(KPU) dalam menyelenggarakan pemilu presiden danwakil presiden (Pilpres) 2009.

    Saya kira iya (mengganggu kinerja), karena kami jugaharus mempersiapkan Pilpres 2009, kata anggota KPUAndi Nurpati Gedung KPU, Jakarta, Jumat (15/5).

    Menurut Andi, urusan KPU tidak hanya mengenai pem-bentukan DK tetapi juga mempersiapkan pilpres dan me-nindaklanjuti berbagai masalah di daerah terkait pemilu.

    Tuntutan Bawaslu untuk membentuk DK sedangdikaji di Biro Hukum KPU dan diperkirakan dalam 3-4hari lagi muncul hasilnya. Tetap kami usahakan (se-gera ditindaklanjuti). Ada dua pilihan, ditindaklanjutiatau tidak, ujar Andi.

    Sebelumnya, Bawaslu merekomendasikan pemben-tukan DK karena KPU diindikasikan melanggar kodeetik terkait pengadaan dan distribusi logistik serta ke-luarnya surat edaran (SE) KPU yang melegalkan peng-gunaan surat suara yang tertukar.

    Terkait SE, Andi mengatakan itu tidak hanya meli-batkan sebagian anggota saja, tetapi semua anggotaKPU karena SE dikeluarkan melalui mekanisme rapatpleno. SE itu rapat pleno yang memutuskan, bukanhanya dua orang, katanya. ant

    Jusuf Kallaantara

    Dien Syamsuddinant

  • C YM K HARIAN SURYA PAGE 03

    HARIAN SURYAC YM K PAGE 03

    SurabayaSURYASABTU16 MEI 20093

    ASDP penyebrangan Ujung-Kamal terkesan tdk profesionaldlm melayani masyarakat.Antrean terjadi tiap hari walaudi hari normal.Kapal penuh tdk sgra d brgkatkan

    +628123174563

    Kami sangat prihatin,ataz kjadian wartawan surya,bwt bonekjgan anarki, blajarlah lbh dwaza.kalah menang uda biasadlm pertandingan.

    +6285852216585

    Saya sngat prihatin dgn kelakuan bonek2 d gresik.sbgaipndkung prsebaya sya ikut malu dgn ulah oknum2 bonektsb.sdh saatx suporter bs dwasa tnpa anarki.

    +6285646682721

    Ass..~Saya guru agama islam SD umur sy 50 thn,apa thn2009 ini sy bisa msuk daftar sertifikasi? Dan apa prosesn-ya hrus mgumpulkn portofolio juga?Trima ksh.

    +6285649198899

    Tolong Pak Camat Pare,jln Arjuna rusak parah,banyak wargayg mengeluhkan,bila d biarkan dpt mengakibatkan kecelakaan.

    +623547849212

    Yth Bpk pemkot SBY,tolong ditindak bagi kelurahan yg terlalumain tarif seenaknya? Terutama kel.Jambangan?masakmau minta surat keterangan warga ditarif 50ribu?

    +623171433766

    Yth. Pak Karwo, tlg jln Tambakmayor sampai jln Tanjung-sari banyak jln lubang dan bergelombang. Sdh lama rusak.

    +6285730178529

    Yth.bpk kepala dinas pendidikan jember.kapan insentif untukguru PAUD mau di cairkan,biasanya kan 3 bulan sekali,sekarang sudah bulan ke 5 ko tidak cair.

    +628155070075

    Kirimane Cak RudiantoJl Bali, Suroboyo

    P ENDIK menehi kodhe nang Pii. Ojok lemot, age ta selak Cak Sureruh.Pii manthuk ambekngringkesi karung. Arek loro katenggarong omahe Cak Sur mum-pung sing duwe omah lunga.

    Eruh omahe Cak Sur kosong, arekloro nglebokna laptop, HP, sepatu,pokoke sembuarang sing isok mlebukarung. Pii nang ngguri. Onok piring seng di-saut, onok parut, suthil, serok, panci bolong,kuabeh mlebu karung. I, sing penting-pentingae. Digawe opo panci bolong? jare Pendik. Ikiisok digawe nandur kembang, jare Pii.

    Tibakno itungane Pendik kleru. Cak Sur gaknginep. Mobile Cak Sur mlebu latar. Yok opo iki,

    Giliran Brandgang Disapu31 Mei Harus Bersih

    SURABAYA - SURYARENCANA Pemkot Surabaya menggusurbangunan di atas jalan alternatif (brand-gang) benar-benar dilaksanakan. Sasaranpertama adalah brandgang di sepanjang JlOpak dan Jl Indragiri.

    RAMAHTAMAH -Wali KotaSurabayaBambang DHberbincangdengan finalisCak dan Ning2009 di rumahdinas walikota, Jumat(15/5). Grandfinal Cak danNing akan ber-langsungmalam ini diHotel Sing-gasana.

    surya/ahmad zaimul haq

    SURABAYA - SURYAFinalis Cak dan Ning telah

    memasuki tahap akhir masakarantina. Pada hari kelima,Jumat (15/5), para juri me-wawancarai para finalis. Hasilinterview ini mempengaruhikemenangan peserta di babakgrand final.

    Menurut Oky Aditya Putra,penanggung jawab acara,wawancara dalam sesi MeetThe Judges itu dilakukan de-ngan sangat tertutup. Bahkan,

    Ganti Wali Kota Bertemu Cak dan Ning

    KE HALAMAN 4

    TIDAK MENELITI, TIDAK NAIK PANGKATDari 385 dosen di UPN Veteran Jatim, baru sekitar 75 persen yang menggelutipenelitian. Padahal tiap tahun dosen harus melakukan penelitian minimal sekali danhasilnya dimuat dalam jurnal ilmiah. Kalau target minimal tak terpenuhi, dia tidakakan naik pangkat, ujar Rektor UPN, Prof Dr Ir Teguh Soedarto MP. uji

    Juri SudahKantongiPara Jago

    surya/ahmad zaimul haq

    PERCANTIK KOTA - Sejumlah petugas dari Dinas Keber-sihan dan Pertamanan Kota Surabaya mengecat tiang lampudi jembatan Jl Yos Sudarso, Kamis (14/5).

    Berdasar surat pemberi-tahuan dari KecamatanGubeng, bangunan di atasbrandgang harus sudah diber-sihkan 18 Mei 2009. Namun,karena keberatan warga, peng-gusuran dipending sampai 31Mei 2009.

    Rencana penggusuran takurung meresahkan warga.Mereka, Jumat (15/5), men-gadu ke DPRD Surabaya.

    Kami minta penggusuran di-tunda sampai Unas selesai.Kasihan anak-anak, ungkapSupardi, penghuni brandgangJl Opak usai hearing denganKomisi C, Jumat (15/6).

    Selain mengusulkan penun-daan, warga juga menuntutdiberi rumah susun (rusun)seperti korban gusuran setrenKali Jagir. Tuntutan warga inimasuk akal karena pemkot

    hanya memberi rusun bagiwarga ber-KTP. Padahal, se-bagian penghuni brandgangtak punya KTP Surabaya.

    Di Jl Opak, dari 55 KK peng-huni brandgang, hanya 15warga yang ber KTP Surabaya.Lainnya berasal dari luar dae-rah. Begitu pula warga Jl In-dragiri, hanya delapan wargayang ber KTP Surabaya.

    Ketua Forum KomunikasiGenerasi Muda Darmo (ForkomGMD) Heru Satria memintaagar pemerintah memberikanrusun bagi semua warga yangdigusur, baik punya KTP mau-pun tidak. Kami tidak meno-lak penertiban, tapi kami min-ta diperlakukan manusiawi.Kami harap ada rumah peng-ganti sebagai tempat berteduh,kata Heru.

    Diakui Heru, dari 15 penghu-ni Jl Opak yang ber KTP Sura-baya hanya enam yang mau

    mengambil kunci rusun. Sisa-nya menolak karena takut di-jadikan kambing hitam untukmenertibkan warga lainnya.

    Kepala Satpol PP Utomo

    yang hadir dalam hearingsanggup mengulur jadwal pe-nertiban hingga 31 Mei 2009.

    surya/musahadah

    TUNGGU WAKTU Rumah warga yang dibangun di atas brand-gang Jl Opak Surabaya sebentar lagi lenyap digusur.

    GRESIK SURYAKemampuan polisi melin-

    dungi rakyat dari kebrutalansuporter Persebaya bisa dira-gukan. Pasalnya, hampir duaminggu ini mereka belum ber-hasil menangkap suporter Per-sebaya yang mengeroyok war-tawan Surya Fatkhul Alamy.Padahal, jumlah pelaku lebihdari 10 orang.

    Akibat pengeroyokan, Fat-khul tak hanya kehilangankunci motor dan helm yangdirampas pelaku. Bibir bawah-nya juga robek ditinju dan pipi

    kiri memar dipukul. Kepalabengkak dikepruk helm. Se-dangkan gigi kanan atas patahditinju para suporter brutal.

    Kanit Kejahatan dan Keke-rasan (Jatanras) Sat ReskrimPolres Gresik Aiptu Sugeng APsaat dikonfirmasi Jumat(15/5) mengatakan, sejauh inipolisi belum berhasil mengi-dentifikasi pengeroyok. Kamimasih berupaya mencari gam-bar atau rekaman video terkaitperistiwa pengeroyokan itu,ungkapnya.

    Beberapa waktu lalu, Ketua

    Yayasan Suporter PersebayaWastomi Suheri menyatakansiap membantu polisi melacakpara suporter yang telahmengeroyok Fatkhul. Dia bah-kan siap menunjukkan sejum-lah rekaman video suporter.Namun, sampai kemarin, polisibelum merespons tawaranWastomi. Ditanya mengenairencana meminta keteranganWastomi, Sugeng berujar, Kamimasih mau berkirim surat.

    Pengamat sepakbola Edy

    Pengeroyok Wartawan Bernapas Lega

    KE HALAMAN 4

    Ndik? Pii gupuh kuabeh.Koen mlebua karung.Koen dadi kucing, aku

    yo mlebu karung. Akudadi kenthang, jarePendik. Arek lorolangsung ngruntelmlebu karung. I, te-men, ojok kleru.Koen dadi kucing,jare Pendik. Iyo,iyo, jare Pii.

    Cak Sur mlebuomah gumun. Katengombe gelas gakonok kabeh. Barengditontok onokkarung loro, Cak Sur

    curiga. Karung sitok disa-dhuki, Opo iki? Mosok Ning Ya nyim-

    pen kenthang? Karung disaduki maneh.Kenthang ta?

    Duduk, iki kucing, jare Pii.Cak Sur mentheleng, Kenthang ta kucing?Koen iku dikandhani iki kucing ngeyel. Sing

    dadi kenthang iku Pendik, jare Pii muring-muring rumangsa gak dipercaya.

    KE HALAMAN 4

    Kucing TaKenthang

    GRESIK - SURYAHampir seratus siswa dito-

    lak mendaftar kelas RSBISMAN 1 Manyar, Gresik,Jumat (15/5). Penyebabnya,nilai rapor SMP tidak memenu-hi syarat. Kelas RSBI men-syaratkan nilai minimal tujuhuntuk lima mata pelajaran.Hari pertama PSB ini, 1.066formulir pendaftaran ludes di-ambil para calon siswa.

    Ratusan calon siswa didam-pingi orang tua mereka ber-jubel di sejumlah SMAN yangmembuka kelas RSBI. Di anta-ranya di SMAN 1 Gresik,

    Peminat RSBI MeluberRatusan Siswa Ditolak Psikotes Dijadwal Ulang

    KE HALAMAN 4

    SMAN 1 Manyar, dan SMAN 1Kebomas. Sayangnya, di anta-ra para siswa ini terpaksa gi-git jari. Itu terjadi saat pendaf-taran di SMAN 1 Manyar, di ka-wasan Perum Pongangan In-dah Kecamatan Manyar.

    Mereka tidak bisa mendaf-tar, karena tidak memenuhipersyaratan, yaitu nilainyakurang, kata Kepala SekolahSMAN 1 Manyar Syaiful Anam,Jumat (15/5). Para siswa itubelum tahu kalau persyaratanmendaftar kelas RSBI salahsatunya nilai lima mata pela-jaran di SMP minimal 7,00. Di

    antara para siswa ini, bahkansempat menangis tersedu-sedu. Tetapi, mau bagaimanalagi, kan syaratnya tidak me-menuhi, ungkap Anam.

    Para siswa itu berasal darisejumlah SMPN di kawasanKota Gresik dan KecamatanManyar. Anam mengaku sem-pat menemui sejumlah orang-tua siswa itu untuk memberi-kan pemahaman. Sebab, mere-ka masih mempunyai kesem-patan dengan mendaftar dikelas reguler. Mereka kan

  • C YM K HARIAN SURYA PAGE 03

    HARIAN SURYAC YM K PAGE 03

    SurabayaSURYASABTU16 MEI 20093

    ASDP penyebrangan Ujung-Kamal terkesan tdk profesionaldlm melayani masyarakat.Antrean terjadi tiap hari walaudi hari normal.Kapal penuh tdk sgra d brgkatkan

    +628123174563

    Kami sangat prihatin,ataz kjadian wartawan surya,bwt bonekjgan anarki, blajarlah lbh dwaza.kalah menang uda biasadlm pertandingan.

    +6285852216585

    Saya sngat prihatin dgn kelakuan bonek2 d gresik.sbgaipndkung prsebaya sya ikut malu dgn ulah oknum2 bonektsb.sdh saatx suporter bs dwasa tnpa anarki.

    +6285646682721

    Ass..~Saya guru agama islam SD umur sy 50 thn,apa thn2009 ini sy bisa msuk daftar sertifikasi? Dan apa prosesn-ya hrus mgumpulkn portofolio juga?Trima ksh.

    +6285649198899

    Tolong Pak Camat Pare,jln Arjuna rusak parah,banyak wargayg mengeluhkan,bila d biarkan dpt mengakibatkan kecelakaan.

    +623547849212

    Yth Bpk pemkot SBY,tolong ditindak bagi kelurahan yg terlalumain tarif seenaknya? Terutama kel.Jambangan?masakmau minta surat keterangan warga ditarif 50ribu?

    +623171433766

    Yth. Pak Karwo, tlg jln Tambakmayor sampai jln Tanjung-sari banyak jln lubang dan bergelombang. Sdh lama rusak.

    +6285730178529

    Yth.bpk kepala dinas pendidikan jember.kapan insentif untukguru PAUD mau di cairkan,biasanya kan 3 bulan sekali,sekarang sudah bulan ke 5 ko tidak cair.

    +628155070075

    Kirimane Cak RudiantoJl Bali, Suroboyo

    P ENDIK menehi kodhe nang Pii. Ojok lemot, age ta selak Cak Sureruh.Pii manthuk ambekngringkesi karung. Arek loro katenggarong omahe Cak Sur mum-pung sing duwe omah lunga.

    Eruh omahe Cak Sur kosong, arekloro nglebokna laptop, HP, sepatu,pokoke sembuarang sing isok mlebukarung. Pii nang ngguri. Onok piring seng di-saut, onok parut, suthil, serok, panci bolong,kuabeh mlebu karung. I, sing penting-pentingae. Digawe opo panci bolong? jare Pendik. Ikiisok digawe nandur kembang, jare Pii.

    Tibakno itungane Pendik kleru. Cak Sur gaknginep. Mobile Cak Sur mlebu latar. Yok opo iki,

    Giliran Brandgang Disapu31 Mei Harus Bersih

    SURABAYA - SURYARENCANA Pemkot Surabaya menggusurbangunan di atas jalan alternatif (brand-gang) benar-benar dilaksanakan. Sasaranpertama adalah brandgang di sepanjang JlOpak dan Jl Indragiri.

    RAMAHTAMAH -Wali KotaSurabayaBambang DHberbincangdengan finalisCak dan Ning2009 di rumahdinas walikota, Jumat(15/5). Grandfinal Cak danNing akan ber-langsungmalam ini diHotel Sing-gasana.

    surya/ahmad zaimul haq

    SURABAYA - SURYAFinalis Cak dan Ning telah

    memasuki tahap akhir masakarantina. Pada hari kelima,Jumat (15/5), para juri me-wawancarai para finalis. Hasilinterview ini mempengaruhikemenangan peserta di babakgrand final.

    Menurut Oky Aditya Putra,penanggung jawab acara,wawancara dalam sesi MeetThe Judges itu dilakukan de-ngan sangat tertutup. Bahkan,

    Ganti Wali Kota Bertemu Cak dan Ning

    KE HALAMAN 4

    TIDAK MENELITI, TIDAK NAIK PANGKATDari 385 dosen di UPN Veteran Jatim, baru sekitar 75 persen yang menggelutipenelitian. Padahal tiap tahun dosen harus melakukan penelitian minimal sekali danhasilnya dimuat dalam jurnal ilmiah. Kalau target minimal tak terpenuhi, dia tidakakan naik pangkat, ujar Rektor UPN, Prof Dr Ir Teguh Soedarto MP. uji

    Juri SudahKantongiPara Jago

    surya/ahmad zaimul haq

    PERCANTIK KOTA - Sejumlah petugas dari Dinas Keber-sihan dan Pertamanan Kota Surabaya mengecat tiang lampudi jembatan Jl Yos Sudarso, Kamis (14/5).

    Berdasar surat pemberi-tahuan dari KecamatanGubeng, bangunan di atasbrandgang harus sudah diber-sihkan 18 Mei 2009. Namun,karena keberatan warga, peng-gusuran dipending sampai 31Mei 2009.

    Rencana penggusuran takurung meresahkan warga.Mereka, Jumat (15/5), men-gadu ke DPRD Surabaya.

    Kami minta penggusuran di-tunda sampai Unas selesai.Kasihan anak-anak, ungkapSupardi, penghuni brandgangJl Opak usai hearing denganKomisi C, Jumat (15/6).

    Selain mengusulkan penun-daan, warga juga menuntutdiberi rumah susun (rusun)seperti korban gusuran setrenKali Jagir. Tuntutan warga inimasuk akal karena pemkot

    hanya memberi rusun bagiwarga ber-KTP. Padahal, se-bagian penghuni brandgangtak punya KTP Surabaya.

    Di Jl Opak, dari 55 KK peng-huni brandgang, hanya 15warga yang ber KTP Surabaya.Lainnya berasal dari luar dae-rah. Begitu pula warga Jl In-dragiri, hanya delapan wargayang ber KTP Surabaya.

    Ketua Forum KomunikasiGenerasi Muda Darmo (ForkomGMD) Heru Satria memintaagar pemerintah memberikanrusun bagi semua warga yangdigusur, baik punya KTP mau-pun tidak. Kami tidak meno-lak penertiban, tapi kami min-ta diperlakukan manusiawi.Kami harap ada rumah peng-ganti sebagai tempat berteduh,kata Heru.

    Diakui Heru, dari 15 penghu-ni Jl Opak yang ber KTP Sura-baya hanya enam yang mau

    mengambil kunci rusun. Sisa-nya menolak karena takut di-jadikan kambing hitam untukmenertibkan warga lainnya.

    Kepala Satpol PP Utomo

    yang hadir dalam hearingsanggup mengulur jadwal pe-nertiban hingga 31 Mei 2009.

    surya/musahadah

    TUNGGU WAKTU Rumah warga yang dibangun di atas brand-gang Jl Opak Surabaya sebentar lagi lenyap digusur.

    GRESIK SURYAKemampuan polisi melin-

    dungi rakyat dari kebrutalansuporter Persebaya bisa dira-gukan. Pasalnya, hampir duaminggu ini mereka belum ber-hasil menangkap suporter Per-sebaya yang mengeroyok war-tawan Surya Fatkhul Alamy.Padahal, jumlah pelaku lebihdari 10 orang.

    Akibat pengeroyokan, Fat-khul tak hanya kehilangankunci motor dan helm yangdirampas pelaku. Bibir bawah-nya juga robek ditinju dan pipi

    kiri memar dipukul. Kepalabengkak dikepruk helm. Se-dangkan gigi kanan atas patahditinju para suporter brutal.

    Kanit Kejahatan dan Keke-rasan (Jatanras) Sat ReskrimPolres Gresik Aiptu Sugeng APsaat dikonfirmasi Jumat(15/5) mengatakan, sejauh inipolisi belum berhasil mengi-dentifikasi pengeroyok. Kamimasih berupaya mencari gam-bar atau rekaman video terkaitperistiwa pengeroyokan itu,ungkapnya.

    Beberapa waktu lalu, Ketua

    Yayasan Suporter PersebayaWastomi Suheri menyatakansiap membantu polisi melacakpara suporter yang telahmengeroyok Fatkhul. Dia bah-kan siap menunjukkan sejum-lah rekaman video suporter.Namun, sampai kemarin, polisibelum merespons tawaranWastomi. Ditanya mengenairencana meminta keteranganWastomi, Sugeng berujar, Kamimasih mau berkirim surat.

    Pengamat sepakbola Edy

    Pengeroyok Wartawan Bernapas Lega

    KE HALAMAN 4

    Ndik? Pii gupuh kuabeh.Koen mlebua karung.Koen dadi kucing, aku

    yo mlebu karung. Akudadi kenthang, jarePendik. Arek lorolangsung ngruntelmlebu karung. I, te-men, ojok kleru.Koen dadi kucing,jare Pendik. Iyo,iyo, jare Pii.

    Cak Sur mlebuomah gumun. Katengombe gelas gakonok kabeh. Barengditontok onokkarung loro, Cak Sur

    curiga. Karung sitok disa-dhuki, Opo iki? Mosok Ning Ya nyim-

    pen kenthang? Karung disaduki maneh.Kenthang ta?

    Duduk, iki kucing, jare Pii.Cak Sur mentheleng, Kenthang ta kucing?Koen iku dikandhani iki kucing ngeyel. Sing

    dadi kenthang iku Pendik, jare Pii muring-muring rumangsa gak dipercaya.

    KE HALAMAN 4

    Kucing TaKenthang

    GRESIK - SURYAHampir seratus siswa dito-

    lak mendaftar kelas RSBISMAN 1 Manyar, Gresik,Jumat (15/5). Penyebabnya,nilai rapor SMP tidak memenu-hi syarat. Kelas RSBI men-syaratkan nilai minimal tujuhuntuk lima mata pelajaran.Hari pertama PSB ini, 1.066formulir pendaftaran ludes di-ambil para calon siswa.

    Ratusan calon siswa didam-pingi orang tua mereka ber-jubel di sejumlah SMAN yangmembuka kelas RSBI. Di anta-ranya di SMAN 1 Gresik,

    Peminat RSBI MeluberRatusan Siswa Ditolak Psikotes Dijadwal Ulang

    KE HALAMAN 4

    SMAN 1 Manyar, dan SMAN 1Kebomas. Sayangnya, di anta-ra para siswa ini terpaksa gi-git jari. Itu terjadi saat pendaf-taran di SMAN 1 Manyar, di ka-wasan Perum Pongangan In-dah Kecamatan Manyar.

    Mereka tidak bisa mendaf-tar, karena tidak memenuhipersyaratan, yaitu nilainyakurang, kata Kepala SekolahSMAN 1 Manyar Syaiful Anam,Jumat (15/5). Para siswa itubelum tahu kalau persyaratanmendaftar kelas RSBI salahsatunya nilai lima mata pela-jaran di SMP minimal 7,00. Di

    antara para siswa ini, bahkansempat menangis tersedu-sedu. Tetapi, mau bagaimanalagi, kan syaratnya tidak me-menuhi, ungkap Anam.

    Para siswa itu berasal darisejumlah SMPN di kawasanKota Gresik dan KecamatanManyar. Anam mengaku sem-pat menemui sejumlah orang-tua siswa itu untuk memberi-kan pemahaman. Sebab, mere-ka masih mempunyai kesem-patan dengan mendaftar dikelas reguler. Mereka kan

  • C YM K HARIAN SURYA PAGE 04

    HARIAN SURYAC YM K PAGE 04

    Surabaya4 SURYA, SABTU, 16 MEI 2009Jl TanjungsariRusak Parah

    Sopir Angkot ProtesNyewa Mobil, DigadaikanSURABAYA - Pelaku penggelapan mobil rental, SriWahyuni Purwani, 28, warga Jl Tembok Gede, dibekukpetugas Polsek Bubutan. Selain Sri, polisi juga men-ciduk dua orang kaki tangannya dan seorangpenadah.Ia kami tangkap di rumahnya, kata KapolsekBubutan AKP I Wayan Winaya, Jumat (15/5).

    Tiga tersangka lainnya yang diamankan adalah, EkoSunarto, 36, warga Jl Tambak Bulak, Tambak Rejo,Waru, Muktiono alias Rafa, 27, warga Jl Nginden Kotadan penadahnya Hasan, 38, warga Bulak Banteng Baru.Dari tangan tersangka, petugas mengamankan barangbukti Kijang LGX silver L 1044 VV milik Heri Purnomo,yang disewa Sri.

    Modusnya, Sri menyewa mobil di rental Memey milikHeri Purnomo Rp 250.000 per harinya. Saat sewa habis,Sri tidak mengembalikannya, tapi minta perpanjanganseminggu. Berikutnya ketika sewa habis, Sri juga tidakmengembalikannya.

    Heri pun melaporkannya ke polisi dan akhirnya Sriditangkap. Polisi juga menangkap Eko Sunarto danMuktiono yang bertugas menggadaikan mobil ke Hasan,warga Bulak Banteng Baru, seharga Rp 20 juta. iit

    DARI HALAMAN 3

    Giliran Brandgang Disapu

    Ada enam kelompok angkotyang mogok, yakni lin T1(Wonokromo-Sawahan-Simo),lin JPM-Perak, RDK (Wilang-un-Dukuh Kupang), IM (PasarAtom-Manukan), BJ (PasarSemut-Manukan) dan lin E(Simo-Sawahan).

    Asmuni, koordinaor aksimengungkapkan, kondisiJalan Tanjungsari mulai dariTambakmayor hingga JayaMix sudah tidak layak dilalui.Hampir seluruh aspalnya

    mengelupas sehingga mem-buat kendaraan yang melintasekstra hati-hati.

    Kondisi ini semakin parahketika hujan. Karena jalan ituberubah menjadi danau dansangat mengganggu kendaraanyang melintas. Banyak penum-pang yang komplain. Selain itukami juga rugi, karena bisamerusak mesin kendaraan.Hasil yang didapat tidak banyakmalah ketambahan memperbai-ki mesin, gerutu Asmuni.

    Kepala Dinas PU Bina Mar-ga dan Pematusan Kota Sura-baya Sri Mulyono saat dikon-firmasi tidak membantah kon-disi jalan itu.

    Jalan tersebut, menurut Srisudah sering diperbaiki, na-mun kembali rusak. Tadi sayasudah perintahkan staf untukmemperbaiki. Semoga sajananti tidak hujan sehinggapasirnya tidak terkena air hu-jan lagi, katanya.

    Untuk perbaikan permanen,Sri menjanjikan 1 Juli 2009sudah bisa dikerjakan. Saat inipihaknya masih proses lelanguntuk menentukan kontraktoryang akan memperbaikinya.Dari 1 km jalan rusak, nanti-nya 500 meter akan dibuat be-ton, dan 500 meter sisanyaakan diaspal.

    Dana yang disiapkan untukperbaikan jalan ini sebesarRp 5 miliar. Pertengahan Juninanti saya harap sudah adapemenang lelang. Kami target-kan pembangunannya hanyamemakan waktu empat bulan,sehingga November 2009sudah jadi, janji Sri. uus

    SURABAYA - SURYAJALAN Tanjungsari, Asemrowo, yang rusakparah membuat para sopir angkutan kota(angkot) marah. Jumat (15/5) pagi, merekamenggelar aksi dengan menempelkanspanduk berisi tuntutan kepada pemkotagar segera memperbaiki jalan Tanjungsari.Spanduk-spanduk itu ditempel di mobilmasing-masing.

    Pengeroyok Wartawan ... DARI HALAMAN 3

    surya/ahmad zaimul haq

    BERDESAKAN - Peserta berebut menaiki motor Honda Beat dalamHonda Beat Challenge di Atrium Royal Plasa Surabaya, Jumat(15/5). Dalam lomba ini yang dinilai adalah motor yang memuatpengendara terbanyak.

    SURABAYA - SURYAPengusutan skandal dana

    Program Penanganan SosialEkonomi Masyarakat (P2SEM)Rp 126 miliar terkesan jalan ditempat. Meski Kejaksaan Ting-gi (Kejati) Jatim telah menahantersangka kunci, yakni Pud-jiarto, sekretaris pribadi man-tan ketua DPRD Jatim,Fathorrasjid, tapi sampai saatini belum ada perkembanganpenyidikan.

    Menurut Kajati Jatim Zul-

    karnain memang ada angga-pan keterlibatan anggota de-wan. Namun, anggapan itu be-lum bisa dibuktikan. Bahkan,kata dia, tertangkapnya Pud-jiarto belum menunjukkanadanya dugaan keterlibatansejumlah anggota dewan.

    Kami ini bergerak dari alatbukti. Kalau ada masyarakatyang tahu mohon dilaporkan,pinta Zulkarnain, di gedungKejati Jatim, Jumat (15/5).

    Sekalipun demikian dia me-

    nolak jika penyidikan P2SEMjalan di tempat atau buntu. Diamenegaskan sampai saat inihasil penyidikan dari seluruhKejari di Jatim sudah menetap-kan tersangka terus-menerus.Yang terakhir penetapan ter-sangka di Banyuwangi danBangkalan, menyusul Sampangdan Sidoarjo dua pekan lalu.

    Namun kata Zulkarnain,dua tersangka ini belum dita-han karena mungkin dianggapskala dugaan korupsinya kecil.Sementara yang terkait de-ngan dugaan keterlibatan ang-gota DPRD Jatim masih dite-lusuri dari tersangka yang di-

    tahan Kejati Jatim. Zulkarnainmengatakan pihaknya masihfokus ke mana uang yang di-terima Pudjiarto itu mengalir.

    Sekadar mengingatkan,Pudjiarto dijebloskan ke RutanMedaeng 5 mei lalu. Dia diang-gap sebagai pengepul proposalusulan sejumlah LSM untukmendapatkan dana P2SEM.Dia mampu mengumpulkan1.600 proposal yang berasaldari 16 kabupaten/kota di Ja-tim. Pudji yang tercatat sebagaiPNS ini bisa merestui pencair-an dana untuk 200 proposal.Namun, setelah cair, dananyadipotong. Nilai total pemotong-

    an dana itu diperkirakan Rp 9miliar.

    Selain Pudji juga ada namaAlimin yang juga ditahan. Priabernama lengkap Mualimin inisama dengan Pudji yaitumengepul proposal. Meskipunmodus yang dilakukan kedua-nya sama, yakni mengumpulkanproposal dari masyarakat, na-mun dalam praktiknya, caramendapatkan uangnya berbeda.

    Mualimin dengan cara markup pengadaan komputer disekolah setingkat SMA,sedangkan Pudji memotongdana ketika uang tersebut di-cairkan. uca

    Kasus P2SEM Buntu

    Yuwono mengatakan, polisiharus bertanggung jawab ter-hadap peristiwa yang menim-pa Fatkul Alamy. Polisi, kata-nya, tidak bisa hanya menya-takan kecolongan. Sebab, soalkekuatan dan biaya, polisisudah mendapat uang daripanpel dalam mengamankanpertandingan, baik di dalammaupun di luar stadion. Apatidak diantisipasi. Kalau ken-yataanya ada kekerasan, poli-si harus bisa menangkap pe-

    laku secepatnya tegas dosenFE Unair ini.

    Yang sudah dilakukan poli-si hanya memberkas parasuporter Persebaya yang ter-tangkap basah menjarah danmerusak beberapa fasilitaspublik. Berkas perkara sudahsiap dikirim ke kejaksaan,tinggal menunggu petunjukBapas (Balai PemasyarakatanKelas 1 Surabaya) karena tigadari empat tersangka bonekmasih berstatus anak-anak.

    Para tersangka adalah WellySidharta, 19, warga Sidotopo

    Kidul, Kiki, 18, warga Jl Si-dotopo, Aris Sahrul Hidayat,17, warga Jl Raya Made Keca-matan Lakarsantri, Surabaya,dan Ahmad Gusti, 16, wargaJl Danakarya, Surabaya.

    Keempat bonek ditahan de-ngan tuduhan melanggar Pasal170 KUHP tentang perusakanbersama-sama, Pasal 363KUHP tentang pencurian, danPasal 406 KUHP tentang peru-sakan bersama-sama. Selainmenyita barang bukti kaus,polisi juga menyita pecahan potbunga yang dirusak pelaku disepanjang Jl dr Wahidin Sudi-rohusodo, Jl RA Kartini, dan JlVeteran Gresik. st3/uca

    UJI EMISI GRATIS - Memperingati Hari Jadi ke-716 Sura-baya, Dinas Perhubungan dan Badan PengendalianLingkungan Hidup Pemkot Surabaya menyelenggarakan ujiemisi gas buang dan perbaikan ringan kendaraan bermo-tor secara gratis. Program bertema Hindari Polusi KurangiEmisi ini akan berlangsung dua hari. Yakni, Selasa (19/5)di Taman Surya dan Kamis (28/5) di Lapangan Dishub &LLAJ Jatim Jln A Yani, mulai pukul 08.00 WIB .(*)

    tidak semua panitia dapatmengikuti acara itu.

    Oky merupakan satu daridua panitia yang diperboleh-kan berada di dalam ruanganwawancara. Namun, tentusaja, finalis yang dijagokanmasing-masing juri tetap dira-hasiakan hingga babak grandfinal yang digelar hari ini (16/5) di Hotel Singgasana.

    Dalam grand final, penilaianpara juri akan diakumulasikandengan penilaian dari panitiaselama masa karantina. Teta-pi, bobot penilaian dari panitiatidak terlalu besar, kata Oky.

    Dalam babak grand finalmalam nanti, juri akan memi-lih empat pasang finalis dariempat belas yang masuk ba-bak final. Empat pasang fina-lis akan mendapat pertanyaanyang menentukan siapa yangterpilih sebagai Cak dan NingSuroboyo 2009.

    Salah satu pertanyaanpenting yang diajukan juri Sa-brot Malioboro adalah bagai-mana pendapat masing-ma-sing finalis mengenai bahasaSuroboyoan sebagai bahasapergaulan sehari-hari. Perta-nyaan kontroversial memangdiajukan untuk mengetahuikreativitas finalis, jelas Oky.

    Rangkaian acara karantinakemarin ditutup dengan ke-

    giatan kunjungan ke kedia-man Wali Kota Surabaya Bam-bang DH pada pukul 19.00WIB. Acara ini sekaligusmenandai kali pertama parafinalis mengikuti prosedur pro-tokoler Pemkot Surabaya.

    Sesi Meet The Judges merupa-kan sesi pembekalan terakhir.

    Sesi selanjutnya yaitu materiorganisasi urung dilakukan.Pembekalan seputar organisasiPaguyuban Cak dan Ning dilaku-kan selepas babak grand finalhari ini. Setiap pekan pada hariSabtu, adalah Hari Paguyubandimana para finalis wajib hadiruntuk mendapatkan pem-bekalan selanjutnya. Materiorganisasi akan dilakukan saatHari Paguyuban. ytz

    Ganti Wali Kota Bertemu ... DARI HALAMAN 3

    Sampai batas waktu itu, war-ga diminta mengemasi barang-barang. Yang akan ditertibkanadalah warga yang sudah me-miliki rusun.

    Utomo berjanji bahwa pen-ertiban akan dilakukan sete-lah seluruh warga keluar darirumah. Jadi mereka yangbongkar sendiri. Kami jugamenyediakan truk untuk pin-dah. Setelah kosong, baru di-tertibkan. Jadi, dibalik, tidak

    seperti kemarin, kata pejabatyang 1 Juni 2009 nanti sudahpensiun ini.

    Terkait permintaan rusun,menurut Utomo, pemkot ha-nya bisa memberikan rusunbagi warga Kota Surabaya.Untuk warga luar Surabayabisa meminta rusun PemprovJatim. Saat ini pemprov pun-ya rusun di daerah Siwalan-kerto yang belum difungsikan.Silakan mengkoordinasikanhal ini ke Kimpraswil Provin-si, kata Utomo.

    tetap bisa mendaftar di kelasreguler awal Juni, urai Anam.

    Kelas RSBI tampaknyamasih menjadi daya tarik bagicalon siswa. Buktinya, haripertama pengambilan formu-lir pendaftaran, total seba-nyak 1.066 formulir ludes.Jumlah itu terbanyak diSMAN 1 Gresik 733 formulir,SMAN 1 Manyar 200 formu-lir, SMAN 1 Kebomas 104 for-mulir.

    Sedangkan sisanya, di

    SMAN 1 Cerme 3 formulir,SMAN 1 Menganti 1 formulir,SMAN 1 Sidayu 25 formulir.Sedangkan kelas RSBI SMAN1 Driyorejo, formulir yang dise-diakan belum ada calon siswayang mengambil alias masihnol.

    Kadiknas Gresik ChusainiMustaz mengatakan, ada ke-mungkinan jadwal tes psikolo-gi dijadwalkan ulang. Itu kare-na membeludaknya pendaftarRSBI yang terkonsentrasi disejumlah SMAN. Di SMAN 1Gresik misalnya, dengan jum-

    lah pengambilan formulir men-capai 700. Jika semua formu-lir itu dikembalikan, maka di-pastikan peserta tes akansejumlah itu. Ada kemungki-nan dijadwal ulang untuk tespsikotesnya. Kan tidak mung-kin melakukan tes psikologidengan jumlah sebanyak itu, ungkap Chusaini, Jumat(15/5).

    Kendati begitu, jumlah for-mulir yang diambil belummenjadi patokan untuk me-nentukan jumlah peserta teskelas RSBI. Sebab bisa jadi, diantara formulir ada yang tidakdikembalikan dengan beragamalasan. Mungkin saja, mere-

    ka mengambil formulir untukberjaga-jaga agar tidak keha-bisan. Kalau di tengah jalanpunya rencana lain, mungkinjuga tidak jadi mendaftar, pa-par Chusaini.

    Ketua Komeisi D (Kesejahte-raan) DPRD Gresik, Syafiqi MZen berharap PSB SMAN RSBIberjalan lancar dan fair, sesuaiketentuan Diknas Gresik. Diawanti-wanti, agar Diknas, se-bagai panitia PSB tetap konsis-ten memberlakukan pagubangku kelas RSBI.

    Tidak menambah ataudikurangi, harap Syafiqi, poli-tisi PKB ini, Jumat (15/5).

    st3

    Peminat RSBI MeluberKetua Komisi C DPRD Kota

    Surabaya Armuji berjanjimengundang KimpraswilProvinsi untuk memfasilitasipermintaan rusun warga.Nanti akan kami usahakanada solusi bagi seluruh war-ga, janjinya.

    Heru Satria juga bertekadmendatangi Dinas Kimpraswiluntuk meminta hal ini. Sela-gi kami masih mengusahakanuntuk dapat rusun, kami me-minta tidak digusur dulu,pinta Heru. uus

    DARI HALAMAN 3

    Sehari Tiga PerampokanSURABAYA Sehari, tiga perampokan terjadi di Sura-baya dan Sidoarjo. Peristiwa pertama menimpa pengusahaemas Ronald Geraldus, 38, saat melintas di Jl ImamBonjol, Surabaya, sekitar pukul 15.30 WIB. Warga DukuhKupang Timur ini kehilangan emas 1,5 kg, setelah dian-cam dua penjahat bersenjata tajam mengendarai motor.

    Kapolresta Surabaya Selatan AKP Lakoni Wira Negaradidampingi Kasat Reskrim Polresta Surabaya Selatan AKPArif Wicaksono mengatakan saat pemeriksaan pihaknyasempat menunjukkan foto buron polisi yang diduga sebagaipelaku. Namun, Ronald masih kesulitan mengenali pelaku.

    Peristiwa kedua menimpa staf SMPN 17 Tenggilis, RiaAndayani, usai mengambil uang di Bank Jatim cabangJagir senilai Rp 30 juta ditambah uang pribadinya Rp 4juta. Perampokan yang melibatkan tiga orang penjahatitu terjadi di Jl Sidosermo IV.

    Sedangkan di Sidoarjo peristiwa serupa menimpa Edipemilik rental dump truk belakang pos polisi perempatanLarangan. Perampok berhasil membawa kabur uangRp 4 juta, kalung 8 gram, cincin 2 gram dan ponsel. rie

    !

    "#$ %&'() %%*+,-'#./0#"( %&'( %%*1+,-2

    3 !"#$%&&&%'! (")($%*+&%%'% ,-$./&&&%'

    !""! #"$#% !""! #"$#%&'(()&'(() !""! #"$#%&'(()

    * ** *+45&0%&&

    /%&&&26-65&0%&'%#75&0%%8! +$$%&%%

    !12)/%'''34,5!-+% !//4*2!-+& !//'3"&34.6!-+ !(7/34.6!-+% !-/6/ !-+%

    !8/3&49 !-+ !//34,5!-+% !$:;//4.6!-+ !

  • C YM K HARIAN SURYA PAGE 05

    HARIAN SURYAC YM K PAGE 05

    !!" "#$%

    &'!

    !"#

    !"#$$$ "$$$ "$$$ $$%

    &&'(

    !"#$

    %

    )*+"%$$)+"$ $%,-.

    %&'!("" ()*+,-)*+"#$$$

    ()*+-.%) )/!/0+

    /012&341

    +)'* )*+ "$$#)+ "$$$$

    1+02)*3405!5*163'*)*!5+

    7 !"#$% #&%' ("%

    *"(#"#" "(+*5*#+6!78-) .696,:*"(#"","+;333'*9*#+7 97578) .-97:,,)-"*! "(".!(+78.) 99-6,99

  • C YM K HARIAN SURYA PAGE 6

    HARIAN SURYAC YM K PAGE 6

    AJBS Tawarkan One Stop ShoppingEkspansi di Gresik Telan Rp 20 Miliar

    SURYA, SABTU, 16 MEI 20096 Ekonomi Bisnis

    Angka pengangguran itumengalami penurunan apabi-la dibandingkan pengangguranAgustus 2008 sebesar 8,39 per-sen dan Februari 2008 sebesar8,46 persen, kata RusmanHeriawan, Kepala BPS, diJakarta, Jumat (15/5).

    Menurut dia, keadaan kete-nagakerjaan di Indonesia padasemester I 2009 umumnyamasih normal, dan belummenggambarkan dampak kri-sis global yang terjadi saat ini.Aktivitas ekonomi menjelangpemilu legislatif (pileg) sedikitbanyak diduga mempengaru-hi penyerapan tenaga kerjapada Februari 2009.

    Berdasarkan data BPS, jum-lah angkatan kerja di Indone-sia pada Februari 2009 men-capai 113,74 juta orang, ber-tambah 1,79 juta orang diban-ding Agustus 2008 yang men-capai 111,95 juta orang, se-dangkan dibanding Februari2008 bertambah 2,26 juta.

    Sementara, penduduk yangbekerja mencapai 104,49 jutaorang, bertambah 1,94 jutaorang dibanding Agustus2008, atau bertambah 2,44juta orang dibanding setahunsebelumnya 102,05 juta orang.

    Disebutkannya, dibandingsetahun yang lalu, hampir se-luruh sektor mengalami pe-ningkatan lapangan kerja, ke-cuali sektor konstruksi yangmengalami penurunan lapa-ngan kerja sebanyak 120.000

    orang dan sektor transportasi,pergudangan dan komunikasiyang menurun 60.000 orang.

    Sektor yang mengalamikenaikan terbesar adalah per-dagangan yaitu naik 1,16 jutaorang, sektor jasa kemasyaraka-tan naik 830.000 orang, dansektor pertanian naik 340.000orang, ujar Rusman.

    Dari data itu, terlihat pen-duduk yang bekerja sebagaiburuh/karyawan mencapai

    Pengangguran TurunJadi 9,26 Juta OrangAktivitas Jelang Pileg Serap Tenaga Kerja

    JAKARTA - SURYABADAN Pusat Statistik (BPS) menyatakantingkat pengangguran terbuka di Indonesiapada Februari 2009 mencapai 9,26 jutaorang atau 8,14 persen dari total angkatankerja.

    D EPUTI Senior BankIndonesia (BI) HartadiA Sarwono mempre-diksi, perekonomian akantetap tumbuh sampai limapersen hingga akhir 2009,jika ekonomi Indonesia bisamerespon positif situasi glo-bal yang mulai membaik.

    Kuarta I 2009 ini tumbuhsekitar 4,6 persen lebih tinggidari prediksi BI yang hanyakisaran 3-4 persen, kata Har-tadi, di Jakarta, Jumat (15/5).

    Indonesia termasuk negaraketiga setelah China dan In-dia yang pertumbuhan eko-nominya masih positif diAsia. Pertumbuhan ini dito-pang oleh pasar domestikyang besar, investasi swasta,serta ekspor yang mulaimembaik. Besarnya pasardomestik bersumber dari be-

    Perekonomian Jatim Lampaui Nasional

    SURABAYA-SURYAPP Muhammadiyah bakal

    mendirikan minimarket di se-luruh wilayah Indonesia. Upa-ya ini untuk memberikan ban-tuan penyaluran hasil produk-si dari usaha jamaah Muham-madiyah, yang sebagian besarmasih berkategori usaha kecilmenengah (UKM).

    Ketua Majelis Ekonomi PPMuhammadiyah DR Anwar Ab-bas mengatakan, saat ini ke-banyakan minimarket yang adaenggan menerima hasil produk-si UKM, terutama yang dihasil-kan oleh jamaah Muhamma-diyah. Akibatnya, banyak hasilproduksi mereka kesulitan me-nemukan pasar yang tepat.

    Kondisi ini harus dicarikansolusi yang tepat di antaranyadengan membuka minimarketsendiri, kata Anwar, dalampembukaan Rapat Kerja Na-sional (Rakernas) II MajelisEkonomi dan KewirausahaanPP Muhammadiyah di Sura-baya, Jumat (15/5).

    Anwar berharap, tahun inirencana pendirian minimarketitu sudah bisa dibahas secarateknis dan dilanjutkan untukproses penentuan lokasinya.Nantinya, tepat pada seabadMuhammadiyah pada 2012,setidaknya ada supermarketkhusus menjual produk hasilusaha Jamaah Muhammadi-yah di Indonesia.

    Bakal Masuk Bisnis MinimarketUpaya Muhammadiyah Salurkan Produk UMKM

    Java Paragon GencarKenalkan Keunikan

    Mudah-mudahan pemikirandan rencana pengembanganekonomi bagi masyarakat Mu-hammdiyah bisa terealisasi.Apalagi sumber daya manusiasangat mencukupi, jika harusmendirikan minimarket atausupermarket, tukas Anwar,yang belum bisa menyebut nilaiinvestasi yang dibutuhkan.

    Ketua Umum Pimpinan PusatMuhammadiyah Din Syamsud-din menambahkan, bukan ha-nya ingin membantu pemasaranproduk usaha, PP Muhammadi-yah juga berupaya mendorongperkembangan usaha UMKM.Terutama permodalan melaluilembaga keuangan mikro (LKM)di tingkat lokal.

    Pasalnya, kebutuhan modalusaha bagi UMKM sangatdiperlukan dan untuk memi-nimalisir gerakan praktek ren-tenir yang keberadaannya di-haramkan oleh agama. Prak-tik lebih banyak merugikandaripada menguntungkan.Kasihan UMKM yang menjadikorban karena mereka harusmembayar bunga pinjamansangat tinggi, kata Din.

    Muhammadiyah telah mem-bentuk Baitul Tamwil Muham-madiyah (BMT) atau sejenis LKMyang dapat dimaksimalkan per-annya untuk membantu UMKM.Sekarang ini, perekonomianSyariah semakin berkembangpesat, sehingga dapat digunakansebagai antitesis dari perekono-mian pasar. aru

    SURABAYA SURYABerupaya fokus pada keung-

    gulan dan image branding,manajemen Java Paragon Hoteldan Residences Surabaya gen-car memperkenalkan keunikanyang dimiliki, yang tidak ada dihotel-hotel lain yaitu berupa out-door venue di lantai 21.

    General Manager Java Para-gon Hotel dan Residences EgonLassman mengatakan, untukmelekatkan image branding itupada masyarakat, saat iniParagon menyediakan bera-gam fasilitas layaknya hotelbintang empat, di antaranyauntuk MICE (Meeting, Incen-tive, Conference, Event).

    Kami berupaya mengenal-kan pada masyarakat bahwaJava Paragon saat ini tidakhanya sebagai apartemen,ujar Egon, didampingi PublicRelation Manager Santi Manu-rung dan tim manajemen lain-nya, saat bersilaturahmi keHarian Surya, Jumat (15/5).

    Kedatangan Egon dan timbermaksud untuk menjaga

    hubungan baik dengan mana-jemen Harian Surya, yangsudah terjalin selama ini. Sekali-gus sebagai ajang memperke-nalkan diri sebagai pimpinanbaru di Surabaya. Rombonganditerima Wakil Pimpinan Redak-si Sunarko, GM Business Stel-la Soedibjo, Redpel Alfred Lande.

    Santi menjelaskan, ada be-berapa fasilitas yang disedia-kan dan saat ini sudah bisadinikmati oleh konsumen. Initerlihat dengan disediakannyaExecutive Floor dan City LightDistro yang siap dipakai.

    Kami siapkan outdoor venuedi lantai 21, di mana kon-sumen bisa menggelar privateparty atau acara pernikahan(wedding) terangnya.

    Jika dilihat dari tingkat hu-nian, Santi mengungkapkan,okupansi hotel sepanjang 2008mencapai 98 persen dari 100kamar yang ada. Hingga akhirtahun nanti, pihaknya ber-harap okupansi akan terus sta-bil, dengan semakin lengkap-nya fasilitas yang ada. sda

    SURABAYA - SURYAPT Anak Jaya Bapak Se-

    jahtera (AJBS) terus bereks-pansi dengan membuka ge-rai ke-10 di Gresik. Investasiuntuk gerai dengan konsepstore AJBS Home Improve-ment Center (HIC) ini men-capai sekitar Rp 20 miliar.

    Managing Director PT AJBSWang Sutrisno mengatakan,meski sudah ada 10 cabangyang beroperasi, yang me-nerapkan konsep store AJBSHIC baru ada dua, yaituAJBS di Jl Ratna, Surabayadan di Jl Kartini, Gresik.

    Sebagian besar masih me-nerapkan konsep lama, ha-nya sebagai toko teknik ban-gunan, jelas Wang, sebelummelihat store AJBS Gresik,Jumat (15/5).

    Menurut dia, berbeda de-ngan toko bangunan biasa,

    konsep AJBS HIC ini mena-warkan sesuatu yang berbe-da yakni one stop shopping. Iniberarti, semua jenis peralatanyang ada hubungan denganbangunan dan rumah terse-dia mulai peralatan teknik,building material, furniture,hingga home dcor.

    Dengan investasi Rp 20miliar, PT AJBS bisa breakevent poin (BEP) sekitar em-pat tahun, tegas Wang.

    Ke depan, pihaknya beren-cana melakukan ekspansi se-rupa di Jakarta dan Den-pasar. Mudah-mudahanawal tahun depan, ekspansibisa direalisasi. Apalagi, kamisudah mempunyai tokoteknik bangunan di Jakarta,sedang di Denpasar kemung-kinan akan membuka geraibaru, jelasnya.

    Terkait dibukanya AJBS

    HIC Gresik, Wang menjelas-kan, gerai seluas 2.000 m2ini merupakan pengembang-an dari store sebelumnyayang berlokasi di Jl Veteranyang berdiri sejak 2003.

    Kami optimistis dengan di-bukanya AJBS HIC di Gresikini, maka target market share10 persen pada tahun ini bisatercapai, paparnya.

    Promotion and AdvertisingManager AJBS Lusy E Pus-pita menambahkan, AJBSHIC Gresik nantinya akanmelayani tak hanya masya-rakat Kota Santri saja, me-lainkan juga wilayahLamongan, Babat, Tuban,dan Bojonegoro.

    Ini terutama yang belumterdapat gerai modern yangmemenuhi semua kebutu-han mereka di satu tempat,pungkas Ratna. sda

    sarnya jumlah penduduk.Di sektor investasi, khusus-

    nya di sektor eksploitasi min-yak dan gas (migas), masihtumbuh sekitar 2,9 miliardolar AS, serta non-migas se-kitar Rp 800 juta dolar AS. Iamencontohkan, proyek-proyek migas masih berjalan,baik proyek pemerintah mau-pun semi pemerintah, sepertipublic private partnership.

    Kabid Neraca Wilayah danAnalisis Statistik Biro PusatStatistik (BPS) Jatim Yos Rus-diansyah menambahkan, per-tumbuhan ekonomi Jatim se-lama triwulan I 2009 yangmencapai 4,48 persen berhasilmengungguli angka pertumbu-han ekonomi nasional periodeyang sama sebesar 4,4 persen.Capaian ini lebih rendahdibandingkan periode sama

    28,91 juta orang (27,67 per-sen), berusaha dibantu buruhtidak tetap 21,64 juta orang(20,71 persen) dan berusaha

    sendiri sejumlah 20,81 jutaorang (19,92 persen).

    Adapun berdasarkan jumlahjam kerja, penduduk yang be-kerja di atas 35 jam per ming-gu mencapai 73,12 juta orang(69,98 persen), sedangkanyang bekerja dengan jumlahjam kerja kurang dari 8 jamper minggu hanya 1,58 jutaorang (1,51 persen).

    Dari segi pendidikan, peker-ja dengan pendidikan SD kebawah mengalami penurunansebanyak 190.000 orang dalamsetahun terakhir (Februari2008Februari 2009). Namun,jumlahnya masih tetap men-dominasi lapangan kerja di In-donesia yaitu 55,43 juta orang(53,05 persen) pada Februari2009, tambahnya. kcm

    2008 yang mencapai 5,99 per-sen, ujar Yos, Jumat (15/5).

    Hampir seluruh sektormengalami perlambatan per-tumbuhan, kecuali sektor kon-struksi, pengangkutan-komu-nikasi, serta sektor jasa yangmasih mengalami percepatan.

    Pengeluaran konsumsi ru-mah tangga pada triwulan Itahun 2009 dibandingkanperiode yang sama 2008meningkat 0,33 persen. Jikadilihat dari pertumbuhandengan triwulan yang samatahun sebelumnya (year onyear) meningkat 9,35 persen.

    Pertumbuhan ini sebagianbesar diakibatkan oleh penge-luaran konsumsi nonmakan-an, terutama kebutuhanmasa kampanye pilgub puta-ran III dan pileg selama triwu-lan I 2009, tutur Yos. ame

    jbp/prasBAYAR KLAIM - PT Asuransi Wahana Tata dan PT Asuransi RamaSatria Wibawa menyerahkan pembayaran klaim asuransi polis in-dustrial Rp 75,25 miliar kepada PT Bank CIMB Niaga Tbk. Pembayaranitu untuk klaim asuransi kebakaran gudang dan pabrik kertas milikPT Lestari Karya Makmur di kawasan industri Waru Gunung KarangPilang, Surabaya. Dirut PT Asuransi Wahana Tata M Th Ratnawatimengatakan, pembayaran klaim ini merupakan wujud nyata komit-men Wahana Tata terhadap nasabah, Jumat (15/5). jbp/pras

    ant

    Rusman Heriawan

    EKSPANSIPT AJBSkembalibereks-pansi de-ngan mem-buka geraike-10 diGresik, Ju-mat (15/5).Gerai yangdibangunmeng-gunakankonsep onestop shop-ping.

    surya/sudarma adi

    surya/kistyarini

    SILATURAHMI - GM Java Paragon Hotel dan Residences EgonLassman bersama jajaran manajemen saat bersilaturahmi di Ha-rian Surya, Jumat (15/5).

    !

    "#$%$&'()*+,-./0(&

    112*34!',5//- !!!!

    6$2##7 89$6&:$$;6$;" #$

    !"#$#%#$##&'#

  • C YM K HARIAN SURYA PAGE 7

    HARIAN SURYAC YM K PAGE 7

    Jawa TimurSURYA, SABTU, 16 MEI 20097

    Rencananya tahun ajaranbaru ini PSB dengan dukung-an sistem online akan dilak-

    sanakan, tapi terpaksa dibatal-kan, ujar Sujarwoto, Plt Ke-pala Dinas Pendidikan Kota

    Kediri, Jumat (15/5).Dijelaskan, pembatalan ini

    karena pengajuan persetujuanpada Wali Kota Kediri, dr Sam-sul Ashar, untuk penunjukkanlangsung pengadaan barangdan jasa PSB sistem online di-tolak.

    Rencananya PSB sistemonline akan dikerjakan bersa-ma pihak ketiga melalui pe-nunjukan langsung, tapi da-lam aturan kalau nilainya diatas Rp 50 juta harus melaluilelang tidak boleh penunjuk-kan langsung, jelasnya.

    Ditanya mengenai alokasianggaran PSB sistem onlinetersebut, Sujarwoto mengakuanggaran yang akan di-gunakan sekitar Rp 125 juta.

    PSB Kota Kediri Rawan CurangTidak Pakai Sistem Online

    KEDIRI - SURYAPENERIMAAN Siswa Baru (PSB) tingkat SMPdan SMA di Kota Kediri, dikhawatirkan ber-langsung tidak transparan dan rawan terjadipermainan. Masalahnya, Dinas Pendidikan(Dindik) batal melaksanakan PSB onlinekarena terkendala persiapan teknis penga-daan barang dan jasa yang harus dilakukanmelalui lelang.

    Pertunjukan Jenglot DibatalkanBOJONEGORO Jenglot bertubuh ular dan berkepalaseperti perempuan yang rencananya dipertontonkan se-cara umum pada Sabtu (16/5) hari ini, terpaksa di-batalkan. Pasalnya, jenglot hasil temuan paranormalMbah Lamidi, warga Desa Ngadiluhur, KecamatanBalen, Bojonegoro itu menghilang meski berbagai ritu-al sudah dilakukan hingga Jumat (15/5).

    Kalau ada yang menganggap keberadaan jenglot inihanya bohong, itu sangat tidak benar. Sebab, sayasendiri bersama Pak Kapolres Bojonegoro dan bebera-pa perwira polres sempat menyaksikan secara langsungkeberadaan jenglot tersebut, kata Hadianto, KadesNgadiluhur kepada Surya, Jumat (15/5).

    Mengenai pembatalan acara pertunjukan secara lang-sung yang rencananya ditempatkan di rumahnya, Hadi-anto mengaku memohon maaf kepada masyarakat umumyang akan menyaksikannya. Tapi bagaimana akan dilak-sanakan kalau jenglotnya sekarang menghilang, ujarnya.

    Dia sudah berkoordinasi dengan aparat terkait ten-tang pembatalan acara tersebut karena jenglotnyangambek setelah difoto dengan cahaya atau blitz danakan dipertontonkan secara umum.

    Sementara Mbah Lamidi dan timnya masih melaku-kan berbagai ritual untuk mengembalikan jenglot yangditemukan di sungai. Mbah Lamidi masih melakukanpuasa dan beberapa ritual lainnya untuk mengembali-kan jenglot tersebut, ungkapnya.

    Hingga Jumat siang sejumlah warga dari luar kotaterus berdatangan untuk menyaksikan secara langsungjenglot berambut panjang warna pirang yang hilang itu.Namun, mereka harus kecewa dan kembali pulangkarena jenglot menghilang dan tak bisa dilihat. st31

    Anak Dihamili Ayah TiriJOMBANG - San,64, warga Dusun Paritan, Desa Sudi-moro, Kecamatan Megaluh, diduga kuat menggauli Lik,35,anak tirinya sendiri hingga hamil. Bahkan, Lik telah mela-hirkan anak yang diduga hasil hubungan dengan San.

    Polisi tidak dapat memproses San, karena ibu kan-dung Lik, yakni Ny Kus,58, justru tidak memper-masalahkan kasus ini. Hanya saja, warga setempatmerasa resah karena kasus bapak menghamili anaktiri ini jelas-jelas melanggar norma agama dan kesusi-laan dan mencemarkan reputasi desa.

    Polisi mengaku tidak bisa berbuat apa-apa karenatidak ada pengaduan dari istri pelaku, ujar Sunan,Kepala Desa Sudimoro, Jumat (15/5).

    Sunan menceritakan, Ny Kus sebelumnya janda ting-gal di Dusun Paritan, Desa Sudimoro. Sekitar tahun2001 lalu, Ny Kus dinikahi San, warga Desa Begen-deng, Kecamatan Jatikalen, Nganjuk. Saat dinikahi, Kussudah memiliki dua anak. Salah satunya Lik, yang ber-status janda dengan satu anak.

    Selama kurang lebih tujuh tahun berselang, tidakada masalah dalam pernikahan San dengan Kus. SaatLik diketahui hamil warga mulai resah, karena saat ituLik berstatus janda.

    Kepala Dusun Puritan Ahmad Subari menambahkan,ketika usia kehamilan Lik memasuki delapan bulan,dia sempat dibawa ayahnya ke Desa Begendeng, Ngan-juk. Ketika ditanya pihak aparat Desa Begendeng, Sanmengaku Lik dihamili pemuda Desa Sudimoro.

    Kapolsek Megaluh AKP Sutikno mengakui sudahmenerima laporan dari warga. Pihaknya sudah me-manggil pihak-pihak yang terkait untuk diminta kete-rangan. Karena tidak ada pengaduan resmi dari istripelaku, kami harus hati-hati melangkah. Kasus ini kamibawa ke Unit PPA (Pelayanan Perempuan dan Anak)Polres Jombang, jelasnya. st8

    MADIUN - SURYASedikitnya 50 jeriken yang

    berisi minyak tanah (mitan)sebanyak 1.170 liter diaman-kan petugas Polres Madiun diJl Raya Madiun - Ponorogo,Desa Kaibon, KecamatanGeger, Kabupaten Madiun,Jumat (15/5).

    Ribuan liter mitan itu diaman-kan dari tangan tersangka Ba-suki Bin Tardi,43, warga Desa/Kecamatan Ngunut, KabupatenTulungagung. Tersangka takdapat menunjukkan surat izinpendistribusian dan pengang-kutan mitan tersebut.

    Kasat Reskrim Polres Madi-un, AKP Muhammad Zainimengatakan, saat ini tersang-ka tidak ditahan tetapi wajiblapor setiap Senin dan Kamis.Sebab, ancaman hukuman

    bagi tersangka hanya 4 tahun.Selain mengamankan ba-

    rang bukti (BB) 50 jeriken isimitan, juga diamankan se-buah kendaraan MitsubishiPickup nopol AG 9053 RB yangdigunakan mengangkut mitan,serta sebuah terpal untukmenutup muatan mitan.Kami hanya memberikan wa-jib lapor. Tersangka kami je-rat dengan pasal 23 ayat 1 dan2 jo pasal 53 UU RI No 22Tahun 2001 tentang minyakdan gas bumi, terang Zainikepada Surya, Kamis (15/5).

    Sementara tersangka kepa-da petugas berencana menjualmitan tersebut ke Tulungagungkarena harganya lebih mahaldibandingkan di Madiun.

    Sebelumnya Polres Ngawijuga mengamankan Guntur

    Susilo Bin Sugiyo,40 wargaDusun/Desa Jaten, Kabupa-ten Karang Anyar, Jateng. Ter-sangka diamankan di jalanraya Ngawi-Solo, tepatnya diDesa Jenggrik, KecamatanKedunggalar karena memba-wa ratusan liter mitan tanpadokumen resmi.

    Kejadian bermula saat ter-sangka sedang melintas dijalan raya Ngawi Solo denganmenggunakan mobil stationberwarna putih bernomerpolisi AD 9214 CG yang di-gunakan mengangkut minyaktanah 29 jeriken atau sekitar860 liter. Petugas langsungmelakukan pengejaran dantersangka tak dapat menun-jukkan surat izin, tandas Ka-sat Reskrim Polres Ngawi, AKPSujarwanto. st14

    Kalau harus melalui proses le-lang waktunya sudah tidakmemungkinkan, karena PSBsudah dimulai kurang dari se-bulan lagi.

    Sedangkan proses lelangpengadaan barang dan jasa,memerlukan waktu lebih darisebulan mulai dari pengumu-man lelang sampai pelaksa-naan tender terbuka dan pe-nentuan pemenangnya.

    Jadi PSB tahun ini, tidakdilengkapi sistem online sepertitahun sebelumnya, ungkap-nya.

    Sebagai penggantinya, Su-jarwoto mengaku sistem onlineakan diserahkan pada masing-masing sekolah yang sudahmemiliki website. Agar orang-

    tua tetap bisa memantau PSBsecara online, meski tidak se-mua sekolah website-nya lan-car diakses.

    Disinggung soal transparan-si PSB jika tidak ada sistemonline, Sujarwoto menegaskanPSB tetap transparan. Kare-na perkembangan nilai danjumlah siswa yang mendaftar,sampai yang diterima bisa di-pantau langsung di sekolahmasing-masing, pungkasnya.

    Secara terpisah Kabid Dik-menjur Dindik Kota Kediri,Heri Siswanto sebelumnyamengatakan, tahun ini PSB diKota Kediri akan meng-gunakan sistem online agartransparan dan mencegahadanya permainan. ais

    surya/sudarmawan

    DIAMANKAN - Sebanyak 50 jeriken berisi 1.170 liter minyak tanah diamankan petugas Polres Ma-diun, Jumat (15/5).

    Polisi Sita Mitan Selundupan

    Dua Punker Manis DigarukKEDIRI Dua punker manis asal Bogor, Jabar, Seli,16dan Ratih,16, diangkut petugas Samapta Polres Kedi-ri, Jumat (15/5). Mereka kedapatan berkeliaran danmengganggu kenyamanan umum di perempatan MasjidAgung An Nur Pare.

    Keduanya digaruk bersama dua punker Fanani,19asal Pare dan Angga,19 asal Jakarta. Mereka digarukpetugas polisi saat beraksi di traffic light Masjid An NurPare. Selain keempat punker tersebut, polisi juga meng-amankan dua pangamen Huda,22 dan Efendi,21 war-ga Jl Merapi Pare.

    Para punker dan pengamen itu tak berkutik saatbelasan petugas polisi menangkapi mereka. Merekasebenarnya hendak kabur saat melihat mobil DalmasPolres Kediri di parkir di pinggir jalan. Baru kali inisaya digaruk polisi. Tiga minggu saya di Kediri, ujarRatih saat diangkut polisi.

    Punker cewek ini digaruk saat tiduran di trotoar jalanraya persis di depan masjid. Mereka langsung digiring kePolres Kediri. Kedua punker cewek asal Bogor itu men-gaku putus dari SMA karena kerap mbolos semenjak ber-gabung dengan komunitas punker. Mereka sampai di Parekarena diajak punker Angga dan Fanani yang asli Pare.Waktu di Jakarta Fanani saya tampung. Giliran kami maindi Kediri, dia yang nampung, kata Angga. k2

    surya/nuraini faiq

    DIGIRING - Dua punker cewek asal Bogor, Seli dan Ratih,saat digelandang polisi dari jalan raya ke Polres Kediri,Jumat (15/5).

    surya/izi hartono

    BABAK BELUR - Totok Syamyuto,44 harus dirawat di ruangUGD Elisabet, Situbondo karena tubuhnya babak belursetelah dianiaya oleh oknum polisi yang mengaku dari PolwilBesuki, Jumat (15/5).

    TUBAN SURYADebu pembuangan produk-

    si pabrik semen PT SemenGresik Tbk di Tuban dikeluh-kan warga sekitar pabrik.Masalahnya, setiap hari war-ga mengisap debu tersebut,sehingga banyak warga yangmengalami sesak napas.

    Sejak dulu kita terus me-ngeluhkan keberadaan debudari pabrik semen. Tapi, buk-tinya sampai saat ini masihsaja terjadi, kata Juri,49, war-ga Dusun Telogoagung, DesaTemandang, Kecamatan Mer-aurak, Tuban, Jumat (15/5).

    Kepada Surya, bapak tigaanak itu mengaku kesal setiapkali harus menahan napasketika pabrik semen mengelu-arkan debunya. Bukan hanyalantai dan atap rumah yangselalu kotor karena debu, kitabernapas di dalam rumah sajasesak rasanya, ungkap priayang bekerja sebagi penjagaponten di United Traktor Se-

    men Gresik (UTSG) ini.Hal senada diungkapkan

    Rukin, Kepala Dusun Telo-gosangen yang mengkhawatir-kan adalah debu pasir besi.Debunya berwarna hitam.Selain membuat sesak napas,mata juga sakit kalau terkena,ungkapnya saat ditemui diBalai Desa Temandang.

    Warga desa yang mengeluh-kan masalah debu di antaranya,Desa Sumberarum, Desa Mli-wang, Kasiman (KecamatanKerek), Desa Temandang, DesaSenori, Sembungrejo, Pongpon-gan, Tobo, Sugihan dan Tlogowa-ru (Kecamatan Merakurak).

    Sementara Kepala Divisi Ko-munikasi PT SG Tbk, SaefudinZuhri saat dikonfirmasi menilaimasalah polusi debu merupa-kan isu kuno yang sering di-hembuskan. Faktanya tidakpernah ada. Sejak pabrik se-men berdiri pengobatan gratissecara berkala terus kita laku-kan, jelasnya. st31

    Warga Keluhkan DebuPabrik Semen Gresik

    POLUSI -Warga seki-tar pabrikSemenGresik men-geluhkanpolusi asapdan debu.

    surya/m taufik

    !"#$%&'

    (

    ) )*+

    "),-*+./-0/120/-0/34*/-004-+/-0-340/-*5-*3

    67),-*+./-*5-*2

    $

    8

    9

    ): )43

    ! "#$

    ! ! "#"#$$

    %&'"

    PINTU KASA NYAMUK

    PINTU HARMONIKA

    ROLLING DOOR

    TRALIS BESI

    !"#$%&'"(&

    &%)#*

    !" !" !"

    #$#$ %& %##$ % !#!"''!"!#!"''!"!#!"''!"

    '('('( "'"'"'

    * +,-..)"(/0 %*123456728./4)67428/.*!*74789.28)266433:4886

    * ;*

  • C YM K HARIAN SURYA PAGE

    HARIAN SURYAC YM K PAGE

    Bengkel kami melayani : Perawatan & Perbaikan Mobil Daihatsu, yang ditangani oleh "Teknisi Ahli Daihatsu"

    Dapatkan SPECIAL DISCOUNT denganGunting Iklan ini, & bawa ke Bengkel Armada.

    Jasa 20%, Part & Oli 5%, &XPDBulan Mei '09

    Alamat : Jl. Raya Rungkut 02 SurabayaHotline : 8420999 , 77439908 , 72744068

    Jam Senin s/d Jum'at 08.00 - 16.00

    Kerja Sabtu 08.00 - 14.00Bengkel Minggu 09.00 - 15.00

    Dapatkan Layanan dan Kualitas Prima dari Kami

    * * * We Care For You Better * * *

    0(,

    SecureSecureKey ShutterKey Shutter

    Jawa TimurSURYA, SABTU, 16 MEI 20098

    Dari penggerebekan di per-kampungan yang berdekatandengan hutan mahoni Larenitu, petugas mengamankandua truk kayu ilegal berisi 350gelondong kayu mahoni hasilpembalakan liar. Sayangnya,tidak ada satu pun tersangkayang berhasil diamankanpetugas.

    Operasi itu melibatkan satupeleton polisi bersenjatalengkap yang langsung menge-pung dusun di pinggir hutanselepas Subuh. Daerah itusudah lama menjadi tempatpenjualan kayu ilegal, kataKabag Ops Polwil BojonegoroAKBP Dwi Supriyono.

    Petugas langsung memerik-sa satu per satu kayu yang adadi pinggir-pinggir jalan dan ru-mah-rumah penduduk di dae-rah tersebut. Hasilnya, tidakada satu pun yang mengan-tongi dokumen. Kayunya lang-sung kita angkut dan diaman-kan ke mapolwil. Tapi sayang,para pelaku sudah pada kabur

    SUMENEP SURYAAiptu Abd Shomad, anggota

    penyidik pada Unit Tindak Pi-dana Tertentu (Tipiter) Sa-treskrim Polres Sumenepnyaris dikeroyok warga DesaLobuk, Kecamatan Bluto, Ju-mat (15/5).

    Pasalnya, polisi senior iniditeriaki maling oleh wargasaat dia bersama seorang re-kannya sesama anggota poli-si akan menyita barang bukti(BB) berupa mesin pemecahbatu. Warga mengira yangbersangkutan gerombolanmaling karena saat menyitabarang bukti dia berpakaianpreman.

    Warga yang marah sempatmelempar batu ke arah kor-ban. Shomad datang ke loka-si mambawa mobil pikap. Na-mun, saat akan mengangkatmesin pemecah batu ke mobil,tiba-tiba puluhan warga seki-tar datang ke lokasi dan ber-teriak ada maling yang akan

    Dua Polisi Nyaris Dikeroyok MassaDiteriaki Maling mencuri mesin pemecah batu.Kontan saja, warga lainnya

    yang mendengar teriakan ma-ling itu menuju ke lokasi me-sin dan tanpa dikomandomereka melempari dua anggo-ta polisi itu dengan batu. Un-tungnya, tak ada batu yangmengenai petugas.

    Untuk menghindari amukmassa, Shomad dan rekannyasempat menjauh dari lokasibarang bukti mesin pemecahbatu sambil meminta bantu-an dari Polsek Bluto dan Pol-res Sumenep. Beberapa menit

    kemudian anggota Polsek Blu-to dan Satreskrim PolresSumenep datang ke lokasi.

    Mengetahui kedatanganrombongan polisi, massa ke-mudian bubar. Namun, polisimenangkap dua orang yangdiduga sebagai provokator yak-ni Junaidi, 35, dan Sutamo,45, keduanya warga Desa Lo-buk, Kecamatan Bluto.

    Kasatreskrim Polres Sume-nep AKP Mualimin saat dikon-firmasi mengakui dua anggo-tanya dilempari batu, tapitidak sampai terkena. st2

    surya/m taufik

    DISITA Barang bukti kayu mahoni curian yang disita dari rumahpenduduk di Dusun Kwangenrejo, Desa Leran, Kecamatan Kali-tidu diamankan di Mapolwil Bojonegoro, Jumat (15/5).

    Dusun Pencuri Kayu Digerebek Semua Pria Dewasa Kabur

    saat tahu ada petugas datang.Tinggal ada beberapa wanitadan anak-anak, ungkapnya.

    Selain mengamankan 350batang kayu mahoni berdiame-ter sekitar 20 cm dan panjangrata-rata 2 sampai 3 meter,petugas juga menyita ratusanbatang kayu tanpa dokumenlainnya yang diduga merupa-kan hasil pembalakan liar. Duatruk yang disiapkan tidak cu-kup, sehingga sebagian kayutetap ditinggal di lokasi.

    Polisi mengaku sudah me-ngantongi nama-nama pelakupembalakan liar dan perdagang-an kayu ilegal di kawasan terse-but. Pelakunya masih dalampengejaran petugas, katanya.

    Informasi yang dihimpunSurya, daerah tersebut sudahlama dikenal sebagai pusatperdagangan kayu ilegal ha-sil pembalakan liar. Pelakunyawarga setempat yang meman-faatkan posisi kampung mere-ka yang berdekatan dengankawasan hutan mahoni.

    Kayu-kayu hasil pembala-kan itu, biasanya disimpan diruang kusus dalam rumahatau di kubur dalam tanahdekat rumah mereka.

    Kadang ada yang meman-faatkan kubangan atau selo-kan untuk menyembunyikankayu hasil curiannya. WargaBojonegoro sudah tahu, kalaupenduduk Kwangenrejo ham-pir semuanya menjadi pem-

    balak kayu, ungkap Rofik,warga setempat.

    Malahan transaksi kayu ile-gal itu biasa dilakukan di ha-laman rumah. Tapi, merekamenunggui dari jarak jauhuntuk menghindari jika sewak-tu-waktu ada razia petugas.Selain dijual dalam bentukgelondongan, sebagian dijualdalam bentuk kayu olahandengan harga murah. st31

    BOJONEGORO SURYAPUSAT peredaran kayu ilegal di KabupatenBojonegoro yang berlokasi di Dusun Kwa-ngenrejo, Desa Leran, Kecamatan Kalitidudigerebek puluhan petugas Polwil Bojone-goro, Jumat (15/5).

    INFORMASI PEMASANGAN IKLAN HUBUNGI:

    ANO - 081 8300133ARSO - 031 71910992

    SURABAYA: 081259142678, (031) 77735759, Apt. Karunia Farma (Menganti), Apt. Pucang, Apt. Dipo, Apt. Kutei, Apt. Rahardjo, Apt. Gubeng, Apt. Demak, Apt. Prayogi, Apt. Podo Jodo, Apt. Mega Farma, Apt. Ambengan, Apt. Semarang, Apt. Berkah, Apt. Joko Tole, Apt. Rukmini; GRESIK : (031) 77421685, 081333417811, Apt. Kebomas, Apt. Sunan Giri, Apt. Gredia, Apt. Bhirawa Anoraga, Apt. Al Wardah; SIDOARJO: (031) 77120299, 081331750505, Apt. Pangestu, Apt. Tujuh, Apt. Kimia Farma, Apt. Delta Waluyo (Krian), Apt. Safi r (Sepanjang); MALANG: (0341) 9037989, (0341) 411077, Apt. Kawi, Apt. Jaya Sehat, Apt. Elrafa, Apt. Sukun Farma, Apt. Sahabat Jaya (Singosari); KEDIRI : (0354) 9122309, 085736310200, Apt. Dhoho, Apt. Murni, Apt. Puspa Wijaya, Apt. Surya, Apt. Tujuh Satu; MOJOKERTO: (0321) 3354775, 081359714667, Apt. Mojokerto, Apt. Talenta, Apt. Srijaya, Apt. Sehat (Mojosari), Apt. Raharjo (Mojosari); JOMBANG: (0321) 8801278, 085852818151, Apt. Gajah Mada, Apt. Pelangkap, Apt. Sugih Waras, Apt. Merdeka, Apt. Kutho Farma.

    Sejuta Manfaat Kedelai HitamSatu-Satunya dan Pertama di Indonesia

    NATURALLEZATBERGIZI

    HITAM ITU INDAH, HITAM ITU SEHAT,HITAM ITU DITUNGGU BANYAK ORANG,

    KEDELAI HITAM tak sepopuler kedelai kuning, namun dibalik kulit gelapnya tersimpan beragam manfaat untuk kesehatan. Menurut Prof Dr Ir Mary Astuti MS, Guru Besar Fakultas Teknologi Perta-nian UGM (alumnus Department of Food Nutrition University Agriculture Jepang) dalam seminar ilmi-ah dengan topik Pengaruh Kandungan Antioksidan Pada Kedelai Hitam untuk Mencegah Penyakit Degeneratif di Surabaya, bahwa Kedelai Hitam selain unggul Anthosianinnya juga mengandung Iso-fl avon dan mineral Fe lebih tinggi dibanding kedelai kuning. Anthosianin Kedelai Hitam berfungsi sebagai antioksidan & meningkatkan ketajaman penglihatan. Isofl avonnya bagus untuk kesehatan kulit, menekan tekanan darah pada wanita menopause, menurunkan kadar kolesterol. Prof Kikuchi dari Tsukuba-Jepang mengatakan bahwa makanan yang berasal dari bahan berwarna hitam lebih bergizi & lebih menyehatkan. Black SOYAKU adalah Pertama dan Satu-satunya

    produk KEDELAI HITAM bubuk di In-donesia yang disem-purnakan dengan

    GINSENG & ROYAL JELLY dan diolah secara alami tanpa BKO (Bahan Kimia Obat).MANFAAT KEDELAI HITAM: Mencegah kanker, diabe-tes, kolesterol jahat (LDL) dan Trigliserida serta meni-ngkatkan kolesterol baik (HDL), hipertensi dan menjaga kesehatan jantung, mencegah peradangan, dll.MANFAAT GINSENG: Meningkatkan daya keta-hanan fi zikal clan mental manusia, meningkatkan keharmonisan seks, menstabilkan fi siologi tubuh, bermanfaat untuk penyakit kehilangan pengingatan (Alzhemers), menguatkan sistem imun, dll.MANFAAT ROYAL JELLY: Menjaga kesehatan tu-buh dan kemampuan seksual, menggantikan sel-sel tubuh yang mati, mengobati penderita leukemia, kanker, aids, prostatitis kronis dan wasir, tukak lambung dan penyakit kulit. ikl

    DEPKES RI P-IRT 606352101171

    DISEMPURNAKAN dengan GINSENG & ROYAL JELLY

    PENGOBATAN TRADISIONAL SHINSHE

    Tuntaskan Infeksi HidungSINSHE ahli dari Tiongkok selama ini dike-nal mampu membantu Anda dalam mengatasi berbagai macam penyakit. Dan kini Shinshe ahli dari Tiongkok hadir di Sura-baya dengan Klinik keseha-tan Shinshe Sari Alam. Shinshe yang berusia hampir 60 tahun itu telah berpe-ngalaman hampir 40 tahun. Ada Shinshe alum-nus Universitas Kedokteran dan Shinshe (perpa-duan) Congsan, ada yang alum-nus Universitas Shinshe Propinsi Quangzhou.

    Praktik pengobatan mereka sangat luar biasa, karena sangat manjur dalam menga-tasi beragam penyakit, seperti infeksi aler-gi hidung, sering bersin, beri ngus, mampet, sinusitis, polip, mimisan, pembengkakan radang tenggorokan yang bersifat akut atau kronis. Terasa ada ganjal di tenggorokan, sakit amandel, dan bengkak hanya satu kali sudah terlihat hasilnya.

    Kepuasan Anda ada lah harapan Klinik kesehatan Shinshe Sari Alam. Bila Anda memiliki keluhan, silakan kunjungi Klinik Kesehatan Shinshe Sari Alam. Jam Praktek Senin-Sabtu pukul 09.00-12.00 dan 14.00-17.30 WIB. Minggu pukul 09.00-12.00 WIB. Klinik Kesehatan Shin-she Sari Alam berlokasi di Jl.Tegalsari No. 95 Surabaya, telp. (031) 545-1955, 9116-7066, 9174-4593. ikl

    Untuk informasi JAWA TIMUR: (031) 71946060/081357875550, SURABAYA/GRESIK/SIDOARJO: (031) 71936248/72033881, MADIUN: (0351) 7636643, PONOROGO: (0352) 7120713, PACITAN: (0357) 5134775, MAGETAN: (0351) 7625944, NGAWI: (0351) 7636643, BLITAR: (0342) 7750062, KEDIRI: (0354) 7156661, TULUNGAGUNG/TRENGGALEK: (0355) 7746182, PROBOLINGGO: (0335) 7647179, PASURUAN: (0343) 7852062, BOJONEGORO: (0353) 7722928, TUBAN: (0356) 7024916, LAMONGAN: (0332) 7711419, JEMBER: (0331) 3415437, LUMAJANG: (0334) 7730554, BANYU-WANGI: (0333) 411300, MALANG: (0341) 9151616, MOJOKERTO/JOMBANG: (0321) 6234579, BANGKALAN: (031) 71133802, SAMPANG: 08123086884, PAMEKASAN: (0324) 7717177, SUMENEP: 0818587329ATAU HUBUNGI APOTEK-APOTEK TERDEKAT DI KOTA ANDA

    APA hubungan antara kejan-tanan dan karir. Mau tahu..? Karir cemerlang tentu didukung dengan stamina prima. Kehidu-pan seksual yang seimbang akan menambah percaya diri. Berani mengambil keputusan

    bijak dan banyak mempunyai inspirasi yang brilian dalam pekerjaan.

    Bila kejantanan loyo pasti kurang percaya diri (PD), minder, depresi, penakut, ce-roboh. Berbagai cara di tem-puh untuk mengemba