soal uts fisdas 1 tahun 2013

4
UTS FISDAS I Kerjakan soal dibawah dengan singkat dan jelas ! 1. 2. Percepatan sebuah kelereng yang bergerak dalam sebuah fluida sebanding dengan kuadrat laju kelereng sesuai dengan persamaan a = - 3v 2 (dalam satuan SI) untuk v > 0. Jika kelereng masuk kedalam fluida tersebut dengan laju awal 1,5 m/s. berapa lamakah waktu yang dibutuhkan keleleng tersebut untuk mencapai kelajuannya menjadi setengah kelajuan awalnya? 3. Seorang pemberani akan melakukan sebuah atraksi yaitu melompati sebuah lembah dengan mengendarai sepeda motor, seperti gambar di bawah. Jika dia berharap berada di udara selama 3 detik dan hambatan udara diabaikan. Tentukan: a. Sudut peluncuran yang tepat b. Kelajuan yang tepat saat mulai meluncur c. Sudut yang tepat saat mendarat d. Kelajuan saat mendarat 4. Seorang pemadam kebakaran berada pada jarak d dari sebuah gedung yang terbakar mengarahkan air membentuk sudut i diatas horizontal. Jika kelajuan awal aliran air adalah v i . Tentukanlah tinggi h saat air mengenai api di gedung ? (nyatakan persamaan h dalam variabel d , i dan v i )

Upload: duwi-astuti

Post on 09-Dec-2015

584 views

Category:

Documents


27 download

DESCRIPTION

bisa buat latihan

TRANSCRIPT

UTS FISDAS I

Kerjakan soal dibawah dengan singkat dan jelas !

1.

2. Percepatan sebuah kelereng yang bergerak dalam sebuah fluida sebanding dengan kuadrat laju kelereng sesuai dengan persamaan a = - 3v2 (dalam satuan SI) untuk v > 0. Jika kelereng masuk kedalam fluida tersebut dengan laju awal 1,5 m/s. berapa lamakah waktu yang dibutuhkan keleleng tersebut untuk mencapai kelajuannya menjadi setengah kelajuan awalnya?

3. Seorang pemberani akan melakukan sebuah atraksi yaitu melompati sebuah lembah dengan mengendarai sepeda motor, seperti gambar di bawah. Jika dia berharap berada di udara selama 3 detik dan hambatan udara diabaikan. Tentukan:a. Sudut peluncuran yang tepatb. Kelajuan yang tepat saat mulai meluncurc. Sudut yang tepat saat mendaratd. Kelajuan saat mendarat

4. Seorang pemadam kebakaran berada pada jarak d dari sebuah gedung yang terbakar mengarahkan air membentuk sudut i diatas horizontal. Jika kelajuan awal aliran air adalah vi. Tentukanlah tinggi h saat air mengenai api di gedung ? (nyatakan persamaan h dalam variabel d , i dan vi )

Selalu bekerja dengan jujur akan

Membuat nasib kita mujur di kemudian hari

UTS ULANG FISIKA DASAR 1KELAS FISIKA 2013

Kerjakan soal dibawah dengan singkat dan jelas !1. Diketahui dua buah vector masing-masing A = 3i – 2j dan B = -i - 4j. Hitung

a. A + Bb. A – Bc. |A + B |d. |A – B |

e. Sudut vector antara A + B dan A - B2. Seekor ikan berenang pada bidang horizontal dengan kecepatan awal Vawal= (4i + 1j) m/s dengan acuan posisinya terhadap batu

karang rawal = (10i + 4j)m. Setelah ikan berenang dengan percepatan konstan selama 20 sekon, kecepatanyan menjadi V = (20i – 5j) m/s. tentukanlah:

a. Komponen percepatan ikan pada sumbu x dan sumbu yb. Kemanakah arah percepatan terhadap unit vector i (sudut arah vector terhadap sumbu x positif)c. Dimanakah posisi dan kecepatan ikan tersebut setelah 25 detik dari posisi awal.

3. Sebuah bola dilempar dari sebuah candela rumah susun dengan kecepatan awal 8 m/s membentuk sudut 20o dibawah horizontal. Bola tersebut menumbuk tanah 3 sekon kemudian

a. berapa jauhkah tempat jatuh bola ditanah dari dasal gedung tersebutb. tentukan tinggi candela tempat dimana bola dilemparc. Berapa waktu yang dibutuhkan bola untuk mencapai ketinggian 10 meter dibawah jendela.

4. Seorang pemain ski meluncur meninggalkan trek dengan kelajuan 25 m/s pada sumbu horisontal, seperti terlihat pada gambar di bawah. Sudut kemiringan yang terbentuk antara kecepatan awal dengan bidang pendaratan adalah 35o. Dengan g = 9,8 m/s2 Tentukan :

a. Koordinat dimana pemain ski tersebut mendaratb. Lama pemain ski terbang di udarac. Kecepatan akhir pemain ski sebelum mendarat

5. Diatas sebuah bidang miring dengan kemiringan , sebuah peluru ditembakkan keatas membentuk sudut i terhadap bidang horizontal dengan kelajuan awal vi, seperti terlihat pada gambar dibawah. (dimana i > )

a. Tunjukkan bahwa;

b. Untuk nilai i berapakah akan mengahasilkan d maksimum dan berapakah d maksimumnya

Wong sing temen bakal tinemu

Orang yang bersungguh-sunggu dalam usahanya maka akan tercapai cita-citanya