soal tryout b indo smp 2015

21
15 PEMERINTAH KOTA MATARAM DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA Jl. Majapahit No. 14 Telp. Sekr: 631075, Dikdas: 641362, Dikmen: 633605 PNFI: 649329, Binmudora 640826, Info & Ren : 649119 Fax. 649119 Mataram SOAL UJICOBA UJIAN NASIONAL SMP/MTs KOTA MATARAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Hari, Tanggal : Senin, Februari 2015 Waktu : 120 menit Petunjuk Umum! 1. Isilah identitas Anda pada lembar jawaban yang disediakan! 2. Jumlah soal sebanyak 50 butir, pada setiap butir soal terdapat 4 (empat) pilihan jawaban. 3. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya! 4. Kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang dianggap mudah! 5. Kerjakan pada lembar jawaban yang disediakan dengan bolpoint/pulpen yang bertinta biru atau hitam! 6. Laporkan kepada pengawas, apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap! 7. Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, tabel matematika, atau alat bantu hitung lainnya. 8. Jika telah selesai, periksalah kembali pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian! Petunjuk Khusus! Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada lembar jawaban yang disediakan! 1. Bacalah paragraf berikut ini! Kehadiran taman dalam sebuah hunian sangat penting. Keberadaan taman itu mampu memberikan elemen penyejuk dan penyegar. Seberapa pun luas ukurannya, jika taman ditata apik, tentu akan sedap dipandang mata. Selain itu, tentu saja menambah nilai estetika hunian. Dengan semakin terbatasnya lahan terbuka bukan berarti membuat taman menjadi hal yang mustahil. Kita dapat menyiasati dengan membuat taman di lahan sempit. Kita dapat memanfaatkan tanaman dalam pot. Dengan menyusun pot-pot tanaman akan menciptakan taman yang indah di rumah kita. Gagasan utama paragraf di atas adalah ... . A. Penataan taman yang ditata apik sebagai pemberi penyejuk dan penyegar B. Pembuatan taman di lahan sempit merupakan alternatif C. Pentingnya kehadiran taman dalam sebuah hunian Bahasa Indonesia – Paket 03_2014/2015 UC_UN SMP/MTs Dikpora Kota Mataram

Upload: pragas

Post on 05-Nov-2015

73 views

Category:

Documents


11 download

DESCRIPTION

Soal try out

TRANSCRIPT

PEMERINTAH KOTA MATARAM

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA

Jl. Majapahit No. 14 Telp. Sekr: 631075, Dikdas: 641362, Dikmen: 633605

PNFI: 649329, Binmudora 640826, Info & Ren : 649119 Fax. 649119 Mataram

SOAL UJICOBA UJIAN NASIONAL SMP/MTs KOTA MATARAM

TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Mata Pelajaran:Bahasa Indonesia Hari, Tanggal:Senin, Februari 2015Waktu:120 menit Petunjuk Umum!

1. Isilah identitas Anda pada lembar jawaban yang disediakan!2. Jumlah soal sebanyak 50 butir, pada setiap butir soal terdapat 4 (empat) pilihan jawaban.

3. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya!4. Kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang dianggap mudah!5. Kerjakan pada lembar jawaban yang disediakan dengan bolpoint/pulpen yang bertinta biru atau hitam!6. Laporkan kepada pengawas, apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap!7. Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, tabel matematika, atau alat bantu hitung lainnya.

8. Jika telah selesai, periksalah kembali pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian!

Petunjuk Khusus!

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada lembar jawaban yang disediakan!

1. Bacalah paragraf berikut ini!

Kehadiran taman dalam sebuah hunian sangat penting. Keberadaan taman itu mampu memberikan elemen penyejuk dan penyegar. Seberapa pun luas ukurannya, jika taman ditata apik, tentu akan sedap dipandang mata. Selain itu, tentu saja menambah nilai estetika hunian. Dengan semakin terbatasnya lahan terbuka bukan berarti membuat taman menjadi hal yang mustahil. Kita dapat menyiasati dengan membuat taman di lahan sempit. Kita dapat memanfaatkan tanaman dalam pot. Dengan menyusun pot-pot tanaman akan menciptakan taman yang indah di rumah kita.

Gagasan utama paragraf di atas adalah ... .

A. Penataan taman yang ditata apik sebagai pemberi penyejuk dan penyegar

B. Pembuatan taman di lahan sempit merupakan alternatif

C. Pentingnya kehadiran taman dalam sebuah hunian

D. Pemanfaatan tanaman dalam pot

2. Bacalah paragraf berikut ini!

(1) Di negara maju, kesadaran membaca sebagian rakyatnya sudah berkembang sedemikian rupa. (2) Hal itu menjadikan perpustakaan mempunyai kedudukan dan peranan penting dalam kehidupan masyarakat. (3) Keadaan sebaliknya akan kita temui di negara-negara yang sedang berkembang. (4) Di negara-negara tersebut, kesadaran membaca bagi sebagian besar rakyatnya masih rendah, sehingga kedudukan perpustakaan belum mendapatkan tempat terhormat.

Kalimat utama paragraf di atas terdapat pada kalimat bernomor:

A. (4)

B. (3)

C. (2)

D. (1)

3. Perhatikan dua kutipan berita berikut ini!

Kutipan berita 1:

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) awalnya merilis jumlah korban tewas akibat luncuran awan panas ada delapan orang. Mereka adalah siswa SMA Berastagi dan Kabanjahe. Namun belakangan, muncul informasi jika jumlah korban tewas meningkat menjadi 14 orang.

Kutipan berita 2:

Kepala Pusat data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan jumlah korban tewas akibat terkena sapuan awan panas Gunung Sinabung menjadi 17 orang. Korban ini bertambah usai meninggalnya warga bernama Sehat Sembiring (47).Persamaan informasi kedua kutipan berita di atas adalah ...

A. Korban tewas adalah siswa SMA Berastagi dan Kabanjahe.

B. Jumlah korban tewas sebanyak 17 orang termasuk Sehat Sembiring.

C. Sapuan awan panas Gunung Sinabung memakan korban ratusan orang.

D. Informasi dari BNPB jumlah korban tewas akibat awan panas Gunung Sinabung.

4. Perhatikan kedua kutipan berita berikut ini!

Kutipan berita 1:

Majalah Rolling Stone memilih lagu Bongkar yang dipopulerkan Swami dan Iwan Fals sebagai lagu terbaik sepanjang masa. Lagu besutan Iwan Fals dan Sawung Jabo itu menempati posisi pertama dari 150 lagu. Berkat lirik yang keras dan penuh kritik, Bongkar selalu eksis di setiap zaman. Penghargaan pada Swami diberikan Andi F. Noya, Presiden Direktur Rolling Stone Indonesia dan diterima wakil Iwan Fals yang merupakan personel Swami di kantor Rolling Stone, Kamis, 3 Desember 2009. Iwan dan Sawung Jabo tidak hadir karena sibuk.

Kutipan berita 2:

Karena menempati posisi pertama dari 150 lagu, lirik yang beraroma keras, penuh kritik, dan selalu eksis di setiap zaman, majalah Rolling Stone memilih lagu Bongkar yang dipopulerkan Swami dan Iwan Fals sebagai lagu terbaik sepanjang masa. Penghargaan sebagai lagu terbaik sepanjang masa diberikan di kantor Rolling Stone oleh Andi F. Noya, Presiden Direktur Rolling Stone Indonesia. Penghargaan diterima wakil Iwan Fals yang merupakan personel Swami. Iwan dan Sawung Jabo tidak hadir karena sibuk.

Perbedaan penyajian kedua kutipan berita di atas adalah ... .A. Kutipan berita 1 diawali unsur siapa, sedangkan kutipan 2 diawali unsur mengapa

B. Kutipan berita 1 diawali unsur siapa, sedangkan kutipan 2 diawali unsur bagaimana

C. Kutipan berita 1 diawali unsur mengapa, sedangkan kutipan 2 diawali unsur kapan

D. Kutipan berita 1 diawali unsur mengapa, sedangkan kutipan 2 diawali unsur apa

Bacalah teks biografi di bawah ini untuk soal no. 5 dan 6!

Andrea Hirata Seman Said Harun lahir di Belitung, 24 Oktober 1982, Andrea Hirata sendiri merupakan anak keempat dari pasangan Seman Said Harunayah dan N.A. Masturah. Ia dilahirkan di sebuah desa yang termasuk desa miskin dan letaknya yang cukup terpelosok di Belitung. Tinggal di sebuah desa dengan segala keterbatasan memang cukup mempengaruhi pribadi Andrea sedari kecil. Ia mengaku lebih banyak mendapatkan motivasi dari keadaan di sekelilingnya yang banyak memperlihatkan keperihatinan.

Andrea tumbuh seperti halnya anak-anak kampung lainnya. Dengan segala keterbatasan, Andrea tetap menjadi anak periang yang sesekali berubah menjadi pemikir saat menimba ilmu di sekolah. Selain itu, ia juga kerap memiliki impian dan mimpi-mimpi masa depannya. Seperti yang diceritakannya dalam novel Laskar Pelangi, Andrea kecil bersekolah di sebuah sekolah yang kondisi bangunannya sangat mengenaskan dan hampir roboh, meski begitu, ia tetap semangat belajar. Sekolah yang bernama SD Muhamadiyah tersebut diakui Andrea cukuplah memperihatinkan.

5. Keistimewaan tokoh Andrea Hirata dalam teks biografi di atas adalah ...

A. Andrea Hirata selalu menjadi anak periang.B. Andrea Hirata terpengaruh kehidupan desa miskin.

C. Termotivasi dengan keadaan sekeliling yang memprihatinkan.D. Pribadi Andrea Hirata pernah bersekolah di SD Muhammadiyah yang mengenaskan.

6. Hal yang perlu diteladani dari seorang Andrea Hirata adalah ... .A. terpengaruh dengan kehidupan sekelilingB. hidup dalam keterbatasan sedari kecilC. tumbuh bersama anak-anak kampungD. memiliki impian masa depanPerhatikan iklan berikut ini untuk soal no. 7, 8, dan 9!

MAU DUA GELAR SEKALIGUS?

PROGRAM DUAL DEGREE

BSI NUSA MANDIRI(1) Mendapatkan 2 (dua) gelar sekaligus(2) Masa studi lebih cepat menjadi total 3,5 tahun(3) Pilihan karir yang lebih luas(4) Merebut peluang pekerjaan lebih cepat(5) Total biaya yang dikeluarkan lebih hemat(6) 7. Penjelasan kalimat (5) pada iklan di atas adalah ...

A. Memiliki peluang mendapatkan pekerjaan lebih cepat.

B. Kepastian mendapatkan pekerjaan lebih terjamin.

C. Merebut peluang pekerjaan lebih cepat.

D. Selalu mampu merebut peluang bekerja.

8. Maksud iklan (soal no. 7) di atas adalah ...

A. Program Dual Degree BSI-Nusa Mandiri memberikan dua gelar sekaligus dengan masa studi lebih cepat dan biaya yang lebih hemat. Program ini, memberikan Anda kesempatan berkarir dengan leluasa, dan bekerja lebih cepat.

B. Program Dual Degree BSI-Nusa Mandiri memberikan dua gelar sekaligus dengan masa studi lebih cepat. Dengan program ini, peserta memiliki kesempatan memilih karir dengan leluasa, memiliki peluang mendapatkan pekerjaan lebih cepat, dan biaya yang dikeluarkan lebih hemat.

C. Jika ingin mendapatkan dua gelar sekaligus, ikuti prgram Dual Degree BSI-Nusa Mandiri dengan waktu yang singkat, biaya lebih hemat, berkarir lebih leluasa, dan bekerja lebih cepat.

D. Jika ingin mendapatkan dua gelar sekaligus, ikuti prgram Dual Degree BSI-Nusa Mandiri dengan waktu dan biaya yang lebih hemat.

9. Kalimat fakta pada iklan di atas terdapat pada kalimat nomor ... .

A. (1) dan (2)

B. (1) dan (3)

C. (2) dan (4)

D. (3) dan (5)

10. Bacalah paragraf berikut ini!

Sepeda memiliki magnet bagi banyak orang. Bukan hanya anak-anak yang menggemari sepeda, para remaja, orang dewasa usia produktif hingga orang-orang yang sudah beranjak tua senang bersepeda. Bahkan, kini sepeda sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan.

Simpulan paragraf di atas adalah ...

A. Sepeda digemari oleh berbagai lapisan masyarakat.

B. Sepeda bermanfaat bagi kesehatan masyarakat.

C. Sepeda sebagai alat transportasi modern.

D. Sepeda dapat dijumpai di mana pun.

11. Perhatikan grafik berikut!

SMPN MATARAM

DATA PEKERJAAN ORANG TUA SISWA

(dalam persen)

Pernyataan berikut yang sesuai dengan grafik di atas adalah ... A. Orang tua siswa kelas VIII paling banyak menjadi buruh.

B. Orang tua siswa kelas VII banyak yang menjadi petani.

C. Orang tua siswa kelas IX paling banyak pekerjaannya sebagai PNS.

D. Orang tua siswa yang menjadi TNI di atas 50%.12. Perhatikan tabel berikut ini!

Tabel Sumbangan Siswa

KelasJuliAgustusSeptemberOktober

VII75.000310.000305.000260.000

VIII120.000320.000330.000130.000

IX430.000300.000340.000250.000

Peryataan yang tepat sesuai dengan tabel di atas adalah!

A. Pada bulan Juli, perbedaan sumbangan yang diterima antara kelas VII dan kelas IX sekitar 500%B. Jumlah terbanyak sumbangan yang diterima adalah pada bulan Agustus.C. Kelas VIII selalu menjadi penyumbang terbanyak selama 4 bulan.D. Sumbangan kelas IX pada bulan Oktober lebih banyak daripada siswa kelas VII.

13. Perhatikan bagan bagian tulang tengkorak manusia berikut ini!

Pernyataan yang sesuai dengan isi bagan tersebut adalah ... A. Salah satu tulang dahi merupakan tulang bagian kepala.

B. Salah satu tulang bagian kepala adalah tulang pipi.

C. Tulang bagian muka terdiri atas tulang hidung dan tulang pipi.

D. Tulang pipi dan tulang baji adalah tulang bagian kepala.

14. Perhatikan denah lokasi berikut!

Bila kita dari Cakra akan ke Masjid Al-Falah, rute yang paling cepat ditempuh adalah ...

A. Lewat Jalan Selaparang belok ke Jalan Subali belok ke Jalan Tumpang Sari menuju lokasi.

B. Lewat Jalan Selaparang belok ke Jalan Umar Maya tak begitu jauh sebelah kiri menuju lokasi.

C. Dari pasar Cakra belok ke Jalan Umar Maya belok ke Jalan Tumpang Sari menuju lokasi.

C. Dari pasar Cakra belok ke Jalan Umar Maya, Jalan Chairil Anwar belok menuju lokasi.

15. Bacalah kutipan puisi berikut!

Kekuatan hati yang berpegang janji

Genggamlah tanganku, Cinta

Ku tak akan pergi meninggalkanmu sendiri

Temani hatimu, Cinta.

...

(Sebelum Cahaya Noe/ Letto)

Tema puisi di atas adalah:

A. Kemasyarakatan

B. Keindahan alam

C. Ketuhanan

D. Kekuasaan

16. Perhatikan kutipan puisi berikut!

Orang-orang Miskin

Orang-orang miskin di jalan,

yang tinggal di dalam selokan,

yang kalah di dalam pergulatan,

yang diledek oleh impian,

janganlah mereka ditinggalkan

(karya : W.S. Rendra)Citraan bait pertama pada puisi tersebut adalah ... .

A. penglihatan

B. pendengaran

C. perabaan

D. penciuman

17. Perhatikan puisi berikut!

Buku

Katanya kau gudangnya ilmu

Aku tak tahu

[ ... ]

Dengan wajah berbalut debu

Kau sendiri gudang dalam gudangLarik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah ... .

A. Di lemari bertumpuk-tumpuk

B. Ilmu apa yang tersembunyi

C. Kau termenung di sudut lemariku

D. Buku mana yang akan kubaca

18. Bacalah kutipan cerpen berikut!

Selanjutnya, masalah pengobatan dana perawatan, biar nanti seluruh guru di sini yang memikirkan. tegas Bu Eli. Pak Bon bersikeras tidak mau dibawa ke rumah sakit. Pak Bon memang seorang berpendirian kuat. Meskipun bukan orang kaya, ia tidak mau dibantu begitu saja. Semua guru mengunjunginya, hanya menggelengkan kepala, kagum akan keteguhan Pak Bon.Cara pengarang menggambarkan watak tokoh Pak Bon adalah ... .

A. dialog antar tokoh

B. pelukisan tindakan

C. diceritakan tokoh lain

D. diceritakan pengarang

Bacalah kutipan cerpen berikut, untuk soal nomor 19 dan 20!

1) Perlulah lagi aku buka mulut? Mestikah aku menyembah-nyembah lagi? Mesti berlutut di mukamu? 2) Patient, patient, selamanya patient, istrinya terlantar, tidak malu engkau istrimu sendirian pulang?

3) Tini masuk ke kamar tidur, pintu ditutupnya keras-keras, kedengaran dikunci dari dalam, sebentar lagi kedengaran badan terempas dalam tempat tidur.

4) Sukartono terduduk. Malam itu dia tidur di sofa.

19. Watak tokoh Tini dalam kutipan tersebut ditunjukkan pada nomor ... .

A. 1) B. 2) C. 3) D. 4) 20. Latar tempat pada kutipan tersebut terdapat pada nomor ... .

A. 4) B. 3) C. 2) D. 1) 21. Cermati kutipan cerita berikut ini!

Dengan panjang lebar Ibu menjelaskan, sebenarnya sejak ada dalam kandungan aku telah dijodohkan dengan Raihana yang tak pernah ku kenal. Ibunya Raihana adalah teman karib Ibu waktu nyanteri di pesantren Mangkuyudan, Solo dulu kata Ibu. Kami pernah berjanji, jika di karunia anak berlainan jenis akan besanan untuk memperteguh tali persaudaraan. Karena itu Ibu mohon keikhlasanmu, ucap beliau dengan nada mengiba dalam pergulatan jiwa yang sulit berhari-hari, akhirnya aku pasrah. Aku mengikuti keinginan Ibu.

Konflik yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah ... .

A. bathin

B. sosial C. fisik

D. budaya

Bacalah dua kutipan novel di bawah ini untuk soal no. 22 dan 23!

Kutipan novel 1

Aku terempas. Bagaimana lagi jika yang bersangkut paut tidak menolak. Bagaimana bisa aku yang di luar pagar masuk? Mama dan Papa? Mereka memilih mengangkat bahu. Mama sudah selesai membesarkan kalian. Tidak berarti tanggung jawab habis, karena tugas seseorang Ibu tidak pernah selesai sampai nafas penghabisan. Sekarang Mama hanya bisa menasehati, semua kembali pada kalian, keputusan dan akibat tentu ada kaitannya.Kutipan novel 2

Salahkah aku, bila aku tak dapat menyertai bangsaku dalam adat lembaganya? Selama aku sekolah, mamaku turut menunjang belanjaku. Itu dengan uang yang tidak setahuku pula, Ibuku sudah menggadaikan aku pada mamak itu, artinya, setamat bersekolah, aku bekerja buat pembayaran utang ku itu, Engkau.

22. Perbedaan latar sosial pada kutipan novel di atas adalah ...

A. Novel 1 = tanggung jawab dan kasih sayang seseorang Ibu; Novel 2 = ketidakterbukaan seorang Ibu.

B. Novel 1 = nasib anak yang biaya pendidikannya digadaikan pada orang lain; Novel 2 = nasehat Ibu yang bijak terhadap anak-anaknya.

C. Novel 1 = sikap Ibu yang tidak terbuka sama anaknya; Novel 2 = sikap bijaksana seseorang Ibu terhadap anaknya.

D. Novel 1 = sikap bijak seseorang Ibu menyelesaikan masalah anak-anaknya; Novel 2 = sikap Ibu yang tidak terbuka tentang masalah biaya pendidikan anaknya.

23. Perbedaan penggunaan bahasa pada kutipan novel di atas adalah ...

A. Novel 1 = penggunaan bahasa sehari-hari, mudah dipahami; Novel 2 = penggunaan bahasa baku, tetapi mudah di pahami.

B. Novel 1 = penggunaan bahasa dengan pemakaiyan majas tertentu; Novel 2 = penggunaan bahasa dengan makna tidak sebenarnya.

C. Novel 1 = penggunaan bahasa kalangan remaja; Novel 2 = penggunaan bahasa kalangan dewasa.

D. Novel 1 = penggunaan bahasa yang eksperesif dan komunikatif; Novel 2 = penggunaan bahasa kelise yang berbelit-belit.

Bacalah kutipan drama di bawah ini untuk soal no. 24 dan 25!

Ibu : Sekarang sudah malam, tetapi Bapakmu kok belum pulang juga? (berjalan mondar mandir)

Wiwin: Ditunggu saja Bu.

Ibu : Mana hujan turun dengan deras. Tidak biasanya Bapakmu terlambat seperti ini. Ibu takut jangan ... jangan ... .

Wiwin : Sudah Bu, jangan berpikiran macam-macam, Ibu istirahat saja, biar Wiwin yang menunggu ayah.

24. Latar waktu yang terdapat dalam kutipan drama diatas ... .

A. pagi hari B. malam hari C. sore hari

D. siang hari

25. Konflik yang terdapat dalam drama terebut adalah ...

A. Gelisah menunggu hujan reda.

B. Salah paham Ibu dengan anaknya.

C. Gelisah menunggu suaminya pulang.

D. Anak yang tidak mengerti Ibunya.

26. Bacalah ilustrasi berikut dengan seksama!

Kamis, 15 Januari 2015

Hari ini, lawan sangat bahagia. Lawan tidak pernah menyangka ternyata bisa meraih juara 1 lomba mata pelajaran matematika tingkat kota, padahal pesertanya saat itu sekitar 150 orang. Mulai saat ini, dia akan lebih rajin. Saat ini agar cita-citanya menjadi pakar matematika bisa tercapai.

Catatan buku harian yang paling sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...

A. Kamis, 15 Januari 2015, aku bahagia sekali hari ini, aku dapat mewujudkan cita-citaku sebagai pakar matematika.

B. Kamis, 15 Januari 2015, aku benar-benar bahagia karena meraih juara 1 lomba mata pelajaran matematika tingkat kota. Lawan mampu menyisihkan 150 peserta.

C. Kamis, 15 Januari 2015, aku benar benar bahagia karena meraih juara 1 lomba mata pelajaran matematika tingkat kota. Aku sangat mewujudkan cita-citaku menjadi pakar matematika.

D. Kamis, 15 Januari 2015. Aku sangat bahagia, Ibu guru memujiku karena aku mendapat juara 1 lomba mata pelajaran matematika. Aku berharap kelak bisa menjadi pakar matematika.

27. Bacalah ilustrasi berikut!

Hari ini Dhea terlambat pulang sekolah karena harus mengikuti kegiatan ekstra kurikuler. Lalu Dhea menuliskan pesan singkat untuk Ibunya. Pesan tersebut dititipkan melalui temannya.

Isi pesan singkat yang sesuai berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ...

A. Bu. Saya pulang terlambat karena latihan basket di sekolah.

B. Bu. Nanti tolong di jemput karena saya latihan basket di sekolah.

C. Bu. Jangan marah, ya, hari ini saya pulang terlambat.

D. Bu, doakan saya titip pesan lewat teman-teman kalau saya terlambat pulang.

28. Cermati kalimat-kalimat laporan berikut!

1). Di sana kami disambut oleh puluhan anak-anak yang bekerja sebagai pemulung dan para pejabat setempat.

2). Tepat pukul 08.00 WIB kami bergerak dari sekolah ke permukiman di sekitar pembuangan akhir sampah.

3). Suasana haru meliputi kami hingga derai air mata membasahi pipi.

4). Setelah dilakukan upacara penyambutan, penyerahan sumbangan dilaksanakan secara sederhana.5). Perjalanan panjang pun dilakukan dan pada pukul 10.00 WIB rombongan tiba di lokasi.Susunan paragraf laporan yang padu berdasarkan kalimat-kalimat tersebut adalah ... .

A. 1)-3)-2)-5)-4) B. 2)-5)-1)-4)-3) C. 3)-4)-1)-2)-5) D. 5)-2)-1)-4)-3)29. Cermati ilustrasi berikut!

Sebagai ketua OSIS, kamu ditugasi mengundang pengurus OSIS untuk hadir di ruang rapat pada pukul 14.00 dalam rangka membahas program kerja. Untuk hal tersebut, kamu membuat pengumuman.

Kalimat pengumuman yang sesuai ilustrasi tersebut adalah ...

A. Semua pengurus OSIS harap hadir diruang rapat hari ini untuk membahas program kerja.

B. Pengurus OSIS di minta hadir di ruang rapat pukul 14.00 untuk membahas program kerja.

C. Semua pengusrus OSIS di minta hadir di ruang rapat puku 14.00.

D. Untuk membahas program kerja, pengurus OSIS di harapkan hadir diruang rapat pukul 14.00.

30. Cermati data buku berikut!

Judul : Ekonomi Politik Internasional

Penulis : Yanuar Akbar

Penerbit : Angkasa Bandung

Catatan : 1995

Keunggulan : Membahas secara makro masalah politik ekonomi internasional

Kelemahan : Tidak mengkaitkan dengan gamblang ekonomi negeri sendiri

Paragraf resensi yang sesuai dengan data buku tersebut adalah ...

A. Buku karya Yanuar Akbar yang membahas secara makro masalah politik ekonomi internasional ini, mengupas luas sepak terjang politik ekonomi dunia. Mudah dipahami didukung oleh data yang jelas, tetapi tidak mengaitkan ekonomi negeri sendiri, tapi sangat diminati penggemar ekonomi.

B. Ekonomi politik internasional karya Yanuar Akbar membahas politik ekonomi berbelit-belit dan tidak mengaitkan dengan ekonomi negeri sendiri, terbit pertama tahun 1995, oleh Angkasa Bandung.

C. Yanuar Akbar dalam bukunya ekonomi politik internasional membahas ekonomi negeri sendiri secara gamblang dan mengaitkannya dengan ekonomi internasional secara rinci. D. Dalam bukunya ekonomi politik internasional Yanuar Akbar membahas ekonomi internasional yang dikaitkan dengan keadaan ekonomi negeri sendiri secara gamblang.

31. Cermati penggalan surat pribadi berikut ini!

[] tahun depan kami akan pindah ke Bandung. Aku akan melanjutkan sekolah di SMA dekat rumahmu. Kamu senang bukan? Kita bisa bermain dan belajar lagi.

Kalimat yang tepat untuk mengawali surat tersebut adalah ...

A. Sari, bagaimana keadaanmu di Surabaya?

B. Sari, aku ingin memberitahukan suatu hal,C. Bersama surat ini aku kirimkan berita kepadamu,D. Sari, aku bangga akhirnya aku pindah juga,32. Cermati penggalan surat dinas berikut ini!

Kami mengharapkan kehadiran Saudara, besok pada

hari,tanggal : Rabu, 5 Maret 2014

waktu: 10.00 Wita

tempat: Aula SMP Kayangan 1

[]

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian penutup surat dinas tersebut adalah ...

A. Atas perhatiannya dan kehadirannya diucapkan terima kasih banyak.

B. Terima kasih atas segala perhatian Saudara, terhadap surat ini.

C. Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

D. Kami sangat berterima kasih atas perhatiannya.

33. Perhatikan dengan saksama ilustrasi berikut ini!

Ketika pulang sekolah Budi dengan tenangnya mengayuh sepedanya. Namun tiba-tiba dua sepeda motor terdengar meraung-raung dari arah belakang. Budi pun dengan gesit dan sigap menepi. Budi kaget kedua pengendara motor yang beradu cepat itu adalah teman sekelasnya. Budi berpikir sejenak. Ia bertanya dalam hati, mengapa mereka naik motor sekencang itu? Apakah mereka sudah punya SIM? Budi merasa khawatir dan kecewa. Ia tumpahkan kekecewaannya itu melalui surat pembaca pada mading di sekolahnya.

Isi surat pembaca yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ... A. Sebagai seorang pelajar tingkat SMP saya merasa belum pas kalau saya menggunakan sepeda motor. Di samping badan saya kecil sepeda motor sangat mahal harganya tidak mungkin orang tua saya mampu membelikan. Saya orang yang tidak mampu tetapi saya mempunyai cita-cita yang tinggi karena itu saya selau rajin belajar.

B. Saya seorang pelajar SMP, saya ingin seperti teman-teman yang lain walaupun belum punya Surat Izin Mengemudi sudah punya sepeda motor dan pandai naik sepeda motor. Dengan sepeda motor tentunya saya lebih rajin datang ke sekolah. Semua PR tentu saya akan kerjakan dengan baik, dengan mendatangi teman-teman saya yang pintar untuk belajar.

C. Sebagai seorang pelajar tingkat SMP saya rasa belum waktunya kita menggunakan sepeda motor. Kita belum cukup umur untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi. Melalui mading ini saya ingin menghimbau kepada teman-teman agar senantiasa menaati aturan lalu lintas.

D. Sepeda motor adalah sarana transportasi yang sangat memasyarakat. Hampir setiap rumah tangga memiliki sepeda motor. Mengapa demikian? Karena sepeda motor harganya cukup murah. Apa lagi zaman sekarang orang sangat mudah mendapatkan sepeda motor itu dengan sistem kredit. Itu sebabnya saya ingin menghimbau agar para orang tua membelikan anak-anak mereka sepeda motor.

34. Perhatikan dengan saksama teks berikut ini! Jarang sekali remaja yang mau menuliskan pengalamannya pada buku harian. Padahal, bila remaja mau menuliskan pengalaman yang didapat setiap hari, pengalaman tersebut bisa menjadi dasar menulis baik fiksi maupun non fiksi. Pengalaman yang ditulis pada buku harian, suatu saat dapat dikembangkan menjadi pengalaman baru bagi remaja yang membacanya.

Oleh karena itu, sebagai remaja yang sedang berkembang pikiran dan kemampuannya, jangan disia-siakan pengalaman yang didapat setiap hari. Tulislah pada buku harian walau hanya garis besarnya. Gunakanlah waktu luang untuk membaca dan merenungkan salah satu pengalaman tersebut dan uraikan dalam bentuk fiksi atau nonfiksi.

Rangkuman isi bacaan tersebut yang tepat adalah ... A. Remaja hanya sesekali mau menulis pengalamannya pada buku harian. Padahal remaja mempunyai banyak waktu untuk menulis pengalamannya.

B. Remaja yang menuliskan pengalamannya pada buku harian sudah semakin jarang. Padahal, pikiran dan kemampuan remaja sedang berkembang.

C. Remaja masih jarang yang menuliskan pengalamannya pada buku harian. Padahal, pengalaman yang ditulis, dapat menjadi bahan bacaan bagi remaja yang lain.

D. Remaja masih jarang yang menuliskan pengalamannya pada buku harian. Padahal, pengalaman tersebut bisa menjadi dasar menulis fiksi dan nonfiksi.

35. Cermatilah ilustrasi berikut! Pada hari Minggu, 28 Oktober 2012 diadakan arak-arakan kirab budaya kesenian yang diikuti tiga puluh lima kontingen dari kabupaten/kota di Jawa Tengah dan DIY. Arak-arakan kirab dimulai dari simpang empat Bareng, Klaten Utara, hingga tugu Adipura. Selain mengadakan kirab budaya dalam memperingati HUT Pemkab Klaten, diadakan juga Festival Band Sekolah pukul 08.00 WIB di Monumen Juang GOR Klaten.

Teks berita yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ... A. Minggu, 28 Oktober 2012, tiga puluh lima kontingen dari kabupaten/kota di Jawa Tengah dan DIY mengikuti kirab budaya kesenian unggulan daerah kabupaten/kota se Jawa Tengah dan DIY. Arak-arakan kirab dimulai dari simpang empat Bareng, Klaten Utara, hingga tugu Adipura. Selain mengadakan kirab budaya dalam memperingati HUT Pemkab Klaten, diadakan juga Festival Band Sekolah.

B. Tiga puluh lima kontingen dari kabupaten/kota di Jawa Tengah dan DIY mengikuti kirab budaya kesenian unggulan daerah kabupaten/kota se-Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kirab tersebut diadakan untuk memperingati HUT ke-64 Pemerintah Kabupaten Klaten dan hari Sumpah Pemuda. Selain itu, diadakan juga Festival Sekolah pukul 08.00 WIB.

C. Sebanyak Tiga puluh lima kontingen dari kabupaten/kota di Jawa Tengah dan DIY mengikuti kirab budaya kesenian unggulan daerah kabupaten/kota se-Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta di Klaten pada hari Minggu, 28 Oktober 2012. Arak-arakan kirab dimulai dari simpang empat Bareng, Klaten Utara, hingga tugu Adipura. Selain itu, diadakan juga Festival Band Sekolah pukul 08.00 WIB di Monumen Juang GOR Klaten.

D. Kirab budaya kesenian unggulan daerah kabupaten/kota se-Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta di Klaten diikuti puluh lima kontingen dari kabupaten/kota di Jawa Tengah dan DIY. Arak-arakan kirab dimulai dari simpang empat Bareng, Klaten Utara, hingga tugu Adipura. Selain mengadakan kirab budaya dalam memperingati HUT Pemkab Klaten, diadakan juga Festival Band Sekolah pukul 08.00 WIB di Monumen Juang GOR Klaten.

36. Bacalah ilustrasi berikut!

Untuk meningkatkan kepedulian warganya tentang kesehatan, Bupati Pasuruan membuat sebuah slogan.

Slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ... .

A. Lingkungan hidup besih dambaan kita

B. Gaya hidup bersih cermin perilaku sehat

C. Hijau lingkunganku pasti nyaman hidupku

D. Hidup sehat dengan makan banyak

37. Perhatikan ilustrasi berikut!

Paman Kikuk hendak menjual sebidang tanahnya yang berada di pinggir jalan. Lokasi tanah di Jalan Gajahmada Magelang. Tanah tersebut seluas 1.000 m2. Adapun nomor telepon rumah paman adalah 7721939. Agar tanah yang dijual tersebut cepat laku, ia memasang iklan di koran.

Iklan baris yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ... A. Tanah dijual seluas 1.000 m2. Lokasi pinggir jalan. Lokasi berada di Magelang harga dapat dikompromikan. hub. segera Paman Kikuk.

B. Tanah seluas 1.000 m2 dijual. Pinggir jalan Magelang lokasinya. Hrg. dapat disepakati bersama. hub. 7721939.

C. Dijual tanah, luas 1.000 m2. Lokasi strategis untuk usaha. Hrg. Nego. Peminat serius hub. 7721939.

D. Dijual tanah, luas 1.000 m2. Jln Gajahmada, Magelang. Cocok untuk usaha. Hrg. Nego. Hub. 7721939.

38. Perhatikan petunjuk berikut!

(1) Masukkan semua bahan dalam blender.

(2) Cuci sawo yang telah dikupas di air mengalir.

(3) Kupas buah sawo hingga bersih.

(4) Buang biji yang terdapat dalam sawo.

(5) Blender semua bahan hingga halus.

(6) Potonglah sawo menjadi beberapa bagian.

Langkah-langkah yang benar dalam membuat jus sawo adalah ... .

A. (1)-(3)-(5)-(2)-(4)-(6)

B. (2)-(4)-(6)-(3)-(1)-(5)

C. (3)-(2)-(6)-(4)-(1)-(5)

D. (4)-(1)-(3)-(5)-(2)-(6)

39. Cermatilah petunjuk berikut ini!

Cara Membuat Jus Mangga

(1) Kupas buah mangga yang sudah masak dan lepaskan daging buahnya dari bijinya.

(2) Beri air matang dingin secukupnya

(3) Tambahkan es batu, gula pasir, dan susu secukupnya.

(4) [...].

(5) Hidupkan blender selama tiga menit.

(6) Tuangkan jus mangga ke dalam lima gelas.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah ... A. Siapkan lima gelas yang sudah dicuci bersih.

B. Masukkan semua bahan ke dalam blender.

C. Tambahkan dua sendok makan yoghurt.

D. Tambahkan es krim sebagai pelengkap di atasnya.

40. Bacalah ilustrasi berikut!

Arman merupakan salah satu siswa terpandai di SMP Sudirman. Selain pandai dalam berbagai mata pelajaran di sekolah, ia juga pandai dalam bidang kesenian. Arman kemudian ditunjuk oleh Kepala sekolah untuk memberikan sambutan pada pembukaan acara pentas seni dalam rangka memperingati hari ulang tahun SMP Sudirman yang ke-15.

Paragraf pembuka pidato berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ... A. Tujuan pelaksanaan pentas seni ini untuk memperingati hari ulang tahun SMP Sudirman ke-15. Dengan harapan, seluruh siswa dapat berkreasi sesuai kemampuan dalam acara pentas seni ini.

B. Demikian yang saya sampaikan mohon maaf bila ada salah kata. Semoga acara pementasan seni ini dapat berjalan sesuai dengan harapan kita semua.

C. Marilah kita bersyukur kepada Tuhan, karena kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat pada acara pentas seni dalam rangka memperingati ulang tahun SMP Sudirman ke-15.

D. Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa-siswi SMP Sudirman lebih termotivasi untuk meningkatkan kemampuannya, baik dalam bidang akademis maupun keterampilan lainnya.

41. Perhatikan kutipan teks pidato berikut!

Kemenangan yang diraih teman kita, Jarwo, merupakan kemenangan kita semua. Kemenangan ini, jangan membuat kita cepat berpuas diri. Apalagi membuat kita congkak, angkuh, dan sombong. Ingat bahwa di atas langit masih ada langit. [ ... ] Kami hanya mampu mengucapkan terima kasih kepada teman kita, Jarwo. Semoga kemenangan yang diraihnya dapat disyukuri dengan baik. Hanya itu yang dapat kami sampaikan, mohon maaf apabila tutur kata kami kurang berkenan.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks pidato rumpang tersebut adalah ...

A. Kami akan menganugerahkan barang berharga kepadanya. B. Kami tidak dapat memberikan penghargaan yang layak.

C. Jarwo, telah berjuang mengharumkan nama sekolah kita. D. Perjuangan Jarwo dapat dijadikan contoh untuk kita.

42. Tema karya ilmiah : Perpustakaan digital penunjang kegiatan pembelajaran.

Rumusan masalah karya ilmiah yang tepat berdasarkan tema tersebut adalah ... A. Siapa saja pengurus perpustakaan digital yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran?B. Di mana terdapat perpustakaan digital yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran?C. Mengapa perpustakaan digital sangat diperlukan keberadaannya di sekolah-sekolah?D. Bagaimana peran perpustakaan digital dalam menunjang kegiatan pembelajaran?43. Bacalah simpulan karya ilmiah berikut!

Berdasarkan penelitian, masalah kemacetan lalu lintas pada jam-jam sibuk dapat dikurangi bila pengendara berdisiplin dalam berlalu lintas.

Saran yang tepat berdasarkan simpulan karya ilmiah tersebut adalah

A. Pengendara wajib menyadari pentingnya disiplin berlalu lintas.

B. Sebaiknya sarana jalan raya di perluas sehingga kendaraan lancar.

C. Pemerintah sudah mengupayakan pelebaran sarana angkutan darat.

D. Pemerintah selama ini sudah tertib menjalankan disiplin lalu lintas.

44. Perhatikan data dua buku berikut!

Judul Buku Pengantar Novel IndonesiaPengetahuan Seni Musik

PenulisJacob SumardjoAtan Hamdju, B.A.

PenerbitPT Karya UnipressMutiara Sumber Widya

Tahun Terbit19831990

Kota TerbitJakartaJakarta

Penulisan daftar pustaka yang tepat berdasarkan data dua buku di atas adalah ... .

A. Jacob, Sumardjo. 1983. Pengantar Novel Indonesia. Jakarta: PT Karya Unipress.

Atan, Hamdju. 1990. Pengetahuan Seni Musik. Jakarta: Mutiara Sumber Widya.

B. Sumardjo, Jacob. 1983. Pengantar Novel Indonesia. Jakarta: PT Karya Unipress.

Hamdju, Atan. 1990. Pengetahuan Seni Musik. Jakarta: Mutiara Sumber Widya.

C. Sumardjo, Jacob. Pengantar Novel Indonesia. 1983. Jakarta: PT Karya Unipress.

Atan, Hamdju. 1990. Pengetahuan Seni Musik. Mutiara Sumber Widya: Jakarta.

D. Jacob, Sumardjo. Pengantar Novel Indonesia. 1983. Jakarta: PT Karya Unipress.

Hamdju, Atan. 1990. Pengetahuan Seni Musik. Mutiara Sumber Widya: Jakarta.

45. Sumbangan yang dalam bentuk daripada buku semacam ini layak agar dipertimbangkan.

Kalimat tersebut akan efektif bila dihilangkan kata ... .

A. yang, layak, agar

B. yang, daripada, agar

C. dalam, bentuk, daripada

D. bentuk, daripada, buku

46. Kedelai termasuk bahan pangan yang bisa dibuat berbagai jenis, seperti: tahu, tempe, susu dan lain-lain.

Perbaikan penulisan tanda baca yang tepat untuk kalimat tersebut adalah ...

A. Kedelai termasuk bahan pangan yang bisa dibuat berbagai jenis seperti: tahu, tempe, susu, dan lain-lain.

B. Kedelai termasuk bahan pangan yang bisa dibuat berbagai jenis, seperti tahu, tempe, susu dan lain-lain.

C. Kedelai termasuk bahan pangan yang bisa dibuat berbagai jenis, seperti, tahu, tempe, susu dan lain-lain.

D. Kedelai termasuk bahan pangan yang bisa dibuat berbagai jenis, seperti tahu, tempe, susu, dan lain-lain.

47. Pihak sekolah memberlakukan proses pendaftaran sesuai (1)syarat dan ada (2)ukuran dalam proses (3)pemasukan siswa di sekolah.

Perbaikan kata yang bercetak miring pada kalimat tersebut adalah ... .

A. (1) prosedur, (2) syarat, (3) penerimaan

B. (1) prosedur, (2) kriteria, (3) pendaftaran

C. (1) cara, (2) syarat, (3) pendaftaran

D. (1) cara, (2) kriteria, (3) penerimaan

48. Bacalah pantun rumpang berikut!

Kalau hendak menggulai kerang

Jemur dahulu supaya merekah

[...]

Berlaku jujur dalam bertingkahLarik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ... A. Kalau hendak dihargai orang

B. Mari kita semua bersyukur

C. Sifat jujur modal utama

D. Ingin jadi anak baik

49. Perhatikan kutipan puisi rumpang berikut!

Ombak memecah di tepi pantai Angin terhembus lemah lembut

[...]

Di ruang angkasa awan bergelut

Larik bermajas untuk melengkapi kutipan puisi tersebut agar bermakna utuh adalah ... .

A. Puncak kelapa melambai-lambai

B. Nyiur bergerak ditiup angin

C. Udara begitu terasa dingin

D. Langit hitam dan kelam

50. Perhatikan kutipan naskah drama berikut!

Jali: Hai Pepi!

Pepi: (menoleh kanget dengan suara riang) Hai, ... Apa kabar? Tumben, baru jam sembilan, kok sudah bangun dan sudah ke perpus segala. Jali: [...] (1) Pepi: Biasa, bahan untuk karya tulis, [...] (2) ganti topik! Dialog yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang kutipan drama tersebut adalah ...

A. (1) Hati-hati dong kalau ngomong! (2) Dimarahi.

B. (1) Sehat-sehat saja kok! (2) Dialihkan.

C. (1) Kamu cari apa? (2) disuruh.

D. (1) Sudah dong! (2) Dituliskan.

10.Simpulan paragraf di atas adalah ...

A. Sepeda digemari oleh berbagai lapisan masyarakat.

B. Sepeda bermanfaat bagi kesehatan masyarakat.

C. Sepeda sebagai alat transportasi modern.

D. Sepeda dapat dijumpai di mana pun.

29.Kalimat pengumuman yang sesuai ilustrasi tersebut adalah ...

A. Semua pengurus OSIS harap hadir diruang rapat hari ini untuk membahas program kerja.

B. Pengurus OSIS di minta hadir di ruang rapat pukul 14.00 untuk membahas program kerja.

C. Semua pengusrus OSIS di minta hadir di ruang rapat puku 14.00.

D. Untuk membahas program kerja, pengurus OSIS di harapkan hadir diruang rapat pukul 14.00.33.A. Sebagai seorang pelajar tingkat SMP saya merasa belum pas kalau saya menggunakan sepeda motor. Di samping badan saya kecil sepeda motor sangat mahal harganya tidak mungkin orang tua saya mampu membelikan. Saya orang yang tidak mampu tetapi saya mempunyai cita-cita yang tinggi karena itu saya selau rajin belajar.

35.D. Kirab budaya kesenian unggulan daerah kabupaten/kota se-Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta di Klaten diikuti puluh lima kontingen dari kabupaten/kota di Jawa Tengah dan DIY. Arak-arakan kirab dimulai dari simpang empat Bareng, Klaten Utara, hingga tugu Adipura. Selain mengadakan kirab budaya dalam memperingati HUT Pemkab Klaten, diadakan juga Festival Band Sekolah pukul 08.00 WIB di Monumen Juang GOR Klaten.

48.Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ... A. Kalau hendak dihargai orang

B. Mari kita semua bersyukur

C. Sifat jujur modal utama

D. Ingin jadi anak baik

Jl. Subali

Masjid Kr. Bedil

LOKASI

Masjid Al-Falah

Jl. Umar Maya

Pasar Cakra

Pertokoan Cakra

DENAH LOKASI

Cakra Jl. Selaparang Mayura

Jl. Tumpang SariJl. Tumpang Sari

Jl. Chairil Anwar

Bahasa Indonesia Paket 03_2014/2015

UC_UN SMP/MTs Dikpora Kota Mataram

_1483254690.xlsChart1

102022

255025

301045

452030

KELAS VII

KELAS VIII

KELAS IX

Sheet1

KELAS VIIKELAS VIIIKELAS IX

TNI102022

PNS255025

BURUH301045

TANI452030

To resize chart data range, drag lower right corner of range.