salut 01 - mei 2012

39

Upload: ppiprancis

Post on 17-Mar-2016

222 views

Category:

Documents


3 download

DESCRIPTION

Buletin Perhimpunan Pelajar Indonesia Prancis

TRANSCRIPT

Page 1: Salut 01 - Mei 2012
Page 2: Salut 01 - Mei 2012
Page 3: Salut 01 - Mei 2012
Page 4: Salut 01 - Mei 2012

Pelajar Asia, terutama wanita, biasanyacenderung pendiam dan pemalu, takutberbicara. Berbeda dengan karakter pelajarPrancis yang cenderung ekspresif danberani. Mbak mengalami masalah dalam halkarakter semacam itu?

Dari awal dosenku selalu mengingatkan “lupakan dulu kalau kamu orang Indonesia”,hal itu bisa membuat kita merasa jadibagian dari mereka (pelajar Prancis).Kebetulan aku juga dari Sumatra, orangnyanekad, jadi sampai di sini sudah terbiasadengan tantangan. Lagi pula kita yangsekolah di sini artinya kita yang jagoan.Mereka kan cuma jago kandang, hehehe...

Cerdas, akt if dan optimis. Kesan itul ah yang terasa ket ikaberbincang-bincang dengan Arie Fitria,mahasiswi doktorat univer-sité Lyon 2 dan Ec ol e National e des travaux publ ic s de l ’Etat. Di luardugaan, wanita yang hobi memasak dan berorganisasi ini tak mengha-dapi kendal a yang berart i sel ama menuntut il mu di perancis. Sel ainitu, berprestasi di dal am kel as t idak menghal anginya untuk bersosia-l isai. Mahasiswi yang meraih nil ai 17 untuk soutenant mémoire nyaini juga akt if dal am berbagai kegiatan kebudayaan hingga rel igi.Simak obrol an Salut! Dengan bel iau!

Tidak jarang pelajar Indonesia yang berseko-lah di Prancis menghadapi masalah komuni-kasi pada masa-masa awal studi merekakarena kesulitan bahasa, bahkan terkadangmasalah ini bisa membuat kita tertekan.Apakah mbak Arie juga menghadapi halyang sama?

Kebetulan sebelum berangkat ke Prancisaku sudah kursus persiapan di CCF selama 6bulan, setelah itu dapat DELF B2. JadiAlhamdulillah begitu sampai di sini nggakbegitu berat komunikasinya.

ARIE FITRIAARIE FITRIA

Page 5: Salut 01 - Mei 2012

/RENCONTRE

Wah, selain pintar mbak Arie juga nasionalis,ya! Ada pesan atau saran yang ingin disam-paikan untuk pelajar kita yang ingin sekolahdi Prancis, atau bahkan yang sudah ada disini? Kira-kira apa “modal” yang kita perlukanuntuk sekolah di Prancis?

Yang pasti nomor satu adalah bahasa, ituadalah adalah alat utama kita bersekolahatau tinggal di sini. Kalau tidak bisa bahasaPrancis paling tidak bisa berbahasa Inggrismeskipun tidak banyak orang Prancis yangbisa berbahasa Inggris dengan baik. Yang kedua adalah keimanan. Nggak perlu takutmenghadapi apapun, ini kan buminya Allah,Dia dekat dengan kita kalu kita mendekat.Intinya positive thinking...

Di luar aktivitas di kampus, kegiatan apayang mbak Arie lakukan?

Aku senang berorganisasi. Selain sempatjadi Sekjen di PPI Prancis, sampai sekarangaku bergabung di EMF (Etudiants Musul-mans de France), dan ikut pengajiannyaseminggu sekali. Aku juga sempat ikutpameran di KBRI, memamerkan produk-produk dari Lampung. Dan waktu Euro Tourtahun... aku ikut nari... Aku senang mem-promosikan budaya Indonesia ke teman-teman dari negara lain. Menurutku parapelajar Indonesia terutama yang bersekolahdi luar negeri merupakan ujung tombakbudaya bangsa. Mempromosikan budayabangsa juga akan memupuk rasa nasion-alime kita.

Dengar-dengar mbak Arie sempat pulangke Indonesia setelah menyelesaikanMaster-nya, ya? Seusai S3 nanti inginkembali lagi atau bekerja di Prancis?

Iya. Aku sempat kerja di Pemda provinsiLampung selama setahun. Setelah itu akudiminta kembali oleh profesorku untukmeneruskan ke jenjang doktorat. Seperti-nya nanti aku kembali ke Indonesia. Lebihmenarik menerapkan ilmuku di sana

.

“...para pel ajar Indonesiaterutama yang bersekol ahdi luar negeri merupakanujung tombakbudaya bangsa.Mempromosikan budayabangsa jugaakan memupuk rasanasional ime kita“

teks -Isma r ini Indahfoto -Ar ie Fi tria

IAIA

4

Page 6: Salut 01 - Mei 2012

PPI BORDEAUXPert emuan PPI Bo r deaux kemba l i di l angsungkan pada tangga l 18Febr ua r i 2012 bert empat di r umah sa l ah sat u ang gota PPI Bo r -deaux Ebi J una idi dan Desi Novita Sa r i . Bel iau ada l ah do senFakultas Eko no mi Universi tas Indo nesia yang mempunya i pen-ga l aman yang sangat l uas. Tent unya t er utama da l am bidangeko no mi dan memasak, dibukt ikan dengan hidangan makansiang ki ta . Ini t ent unya mengo bat i per j uangan angg ota PPIBo r deaux Isma , Ca ro l ina & Br endan, Meir ina , Al bert dan Fir manda l am menempuh per ja l anan di siang ha r i yang c er ah.

PPI BORDEAUX

5

Page 7: Salut 01 - Mei 2012

/ ACARA

AUX Bincang-bincang ini lahir dari insprasi yangtimbul dari tulisan yang beredar di mediasosial tentang pesan yang disampaikan olehmantan presiden kita, Bapak Prof. B.J Habibiesaat kedatangan beliau ke Garuda Indonesia.Artikel tersebut bercerita tentang visi yangdimiliki Pak Habibie dalam membangunindustri dirgantara Indonesia, investasisumber daya manusia yang telah dilakukandan kehancuran IPTN yang kemudian diikutioleh “terbang”nya sumber daya manusia IPTNke berbagai negara karena ketidaktersediaanpekerjaan yang sesuai dengan kapasitasnya.

teks - A. Gunawanfoto - Ebi Junaidi

Pada kesempatan kali ini PPI Bordeauxmengundang ilmuwan Indonesia di bidangaerospace engineering yang berkerja untukPT.Dirgantara Indonesia (PT.DI) untuk berdis-kusi tentang kondisi Indonesia terkini khusus-nya di bidang Dirgantara dan juga kondisi lainsecara umum. Pak Bambang, Pak Emvemp, PakYunus, Pak NurCholis dan Pak Tauf k merelakanwaktu week-end mereka untuk bertemu kamidi sela-sela kesibukan sebagai perwakilanengineering dari Indonesia dalam rangka kerjasama uji coba terbang pesawat antara PT DIdengan maskapai penerbangan Thalys.

AUX

Page 8: Salut 01 - Mei 2012
Page 9: Salut 01 - Mei 2012
Page 10: Salut 01 - Mei 2012

/TIPS

Beli KualitasMemang menjadi hemat berarti memilih hargamiring, tapi sebenarnya itu berarti spending thebest value for your money. Inget temen-temen,kualitas itu sebanding sama kuantitas, dalamsegi harga dan segi ketahanan produk. Barangberkualitas dipastikan berfungsi lebih baik danbertahan lebih lama. Jadi kita ga perlu tuh,buang waktu bolak-balik ke toko gara-garabarang rusak.

Kenali MerekMembandingkan harga itu baik, tapi itu perluwaktu lebih dan kadang kita ga punya waktulebih. Kalau kita sudah kenal merek-merek yangmurah meriah dan kualitas cihui, kita ga perlulagi deh mikirin kualitas dan boros waktu buatcari-cari dan bandingin barang.

Well, biaya hidup itu tergantung oleh gaya hidup. Semua tergantung dari diri kita sendiri untukmengatur. Nah, menurut saya ini untungnya menjadi anak perantauan : belajar untuk mengaturpengeluaran kita. Hal yg mungkin kecil tapi bisa berguna buat nantinya. Semoga bermanfaat untukteman-teman sekalian !

Jadikan toko pilihanterakhir kamuWeits, memang agak ekstrim tapi sadarkahkalian kalau kebanyakan dari kita pasti langsungtertuju buat membeli dan pergi ke toko kapan-pun kita butuh sesuatu, yang padahal bukansatu-satunya cara untuk mendapat sesuatu.Coba deh tanya diri sendiri , “bisa nggak ketemuyang gratis ?” atau “ada nggak ya kenalan yangmungkin punya dan bisa dipinjam ?”

Buat perencanaanbelanjaSepele, tapi kalau kita sudah merencanakan dariawal dan tau apa yang mau kita beli, kita meng-hemat pengeluaran yang tidak perlu. Selain itu,coba deh do some research, mungkin ada toko-toko yang diskon atau ternyata jual barang yanglebih murah.

SubstitusiTerkadang harga barang yang kita mau nggakcocok dengan kondisi dompet kita, coba deh becreative dan cari alternatif lain, cari barang yangkurang lebih mirip dengan harga yg lebihmurah.

TT?T9

Page 11: Salut 01 - Mei 2012

/PETITE INFO

“Sudah tahu administrasidi Prancis ribet, kok masih

harus l apor diri?”

SUDAHLAPOR DIRI?

Sebagai pelajar Indonesia, tentunya rekan-rekan PPI memiliki semangat yang besaruntuk berkontribusi bagi Indonesia, khusus-nya di bidang akademis. Untuk itu, programknowledge sharing ini dibentuk sebagaimekanisme penyaluran pengetahuanberupa ide-ide kreatif maupun hasil peneli-tian yang bermanfaat bagi kemajuanbangsa. Knowledge sharing dapat berupavideo sederhana maupun tulisan (abstrakjurnal / paper) yang akan dipublikasikanmelalui website PPI dan didistribusikan kemedia nasional yang relevan.

Jika ada diantara teman-teman yang mem-punyai penelitian yang oke untuk kita doku-mentasikan, punya tulisan yang akademisyang ingin kita publikasikan, bisa langsungmenghubungi rekan rekan kita di:

Pusat Kajian: Rushenda Rustam(Alsace, mail to: [email protected]),Ari Sentani (Saint-Nazaire, mail to:[email protected])

Lapor diri kepada Atase Pendidikan di KBRIParis adalah salah satu kewajiban kitasebagai pelajar di Prancis. Jangan protesdulu, sebab baru-baru ini Atase PendidikanKBRI Paris meluncurkan website atdik-paris.org, tempat pelajar yang belummengisi formulir lapor diri di KBRI bisamelakukan lapor diri secara online. Ini tentusaja memudahkan pelajar yang tinggal jauhdari KBRI untuk meng-update data dirinya.

Manfaat yang dapat diperoleh dari melaku-kan lapor diri adalah untuk memudahkanhubungan antara pihak KBRI/Atase Pendidi-kan dengan pelajar, sehingga jika terjadisuatu masalah bisa dibantu pencariansolusinya. Proses ini merupakan satu bentukpemaksimalan pelayanan KBRI kepadakehidupan pelajar Indonesia.

Jadi, jangan lupa lapor diri ya!

KNOWLEDGESHARING

10

Page 12: Salut 01 - Mei 2012
Page 13: Salut 01 - Mei 2012
Page 14: Salut 01 - Mei 2012
Page 15: Salut 01 - Mei 2012
Page 16: Salut 01 - Mei 2012
Page 17: Salut 01 - Mei 2012
Page 18: Salut 01 - Mei 2012
Page 19: Salut 01 - Mei 2012
Page 20: Salut 01 - Mei 2012
Page 21: Salut 01 - Mei 2012
Page 22: Salut 01 - Mei 2012
Page 23: Salut 01 - Mei 2012
Page 24: Salut 01 - Mei 2012
Page 25: Salut 01 - Mei 2012
Page 26: Salut 01 - Mei 2012
Page 27: Salut 01 - Mei 2012
Page 28: Salut 01 - Mei 2012
Page 29: Salut 01 - Mei 2012
Page 30: Salut 01 - Mei 2012
Page 31: Salut 01 - Mei 2012
Page 32: Salut 01 - Mei 2012
Page 33: Salut 01 - Mei 2012
Page 34: Salut 01 - Mei 2012
Page 35: Salut 01 - Mei 2012
Page 36: Salut 01 - Mei 2012
Page 37: Salut 01 - Mei 2012
Page 38: Salut 01 - Mei 2012
Page 39: Salut 01 - Mei 2012