rahasia sukses menjadi sales atau marketing

Download Rahasia Sukses Menjadi Sales Atau Marketing

Post on 20-Jan-2016

296 views

Category:

Documents

6 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

RAHASIA SUKSES MENJADI SALES ATAU MARKETING

RAHASIA SUKSES MENJADI SALES ATAU MARKETINGKeberhasilan menjual atau memasarkan sebuah produk bukanlah faktor kebetulan semata.tapi ada faktor internalyang menjadi kunci sukses penjualan dan pemasaran tersebut.dan kunci itu sudah mengantarkan banyak tenaga sales/marketing menaiki gerbang kesuksesan.soal materi ,karier,dan kepuasan bathin tentu berjalan beriringan mengikuti kesuksesan itu.

Rekan-rekan pingin tahu rahasia itu??

ternyata rahasia itu adalah sebuah kosakata yang sering kita dengar ya itu...PERCAYA DIRI..!!

ya...percaya diri adalah modal pertama dan utama seorang sales/ marketing menggeluti profesi ini.khususnya bila ingin benar-benar mampu dan sukses dalam menjalankannya.

Dan..ada beberapa faktor yang bisa mendukung seorang sales /wiraniaga menjadi percaya diri.dalam profesinya

#1.mencintai pekerjaan nyaini masuk akal.dengan menyukai atau mencintai pekerjaan nya maka akan tumbuh antusiasme dan kepercayaan diri yang tinggi si sales dalam bekerja.tidak akan percaya diri seorang pemasar atau penjual yang menjalankan profesinya cuma setengah-setengah atau sekedar coba-coba.

#2.jam terbang yang tinggididalam bidang apa pun ,jam terbang akan memperngaruhi tingkatan kemampuan seseorang.semakin handal maka seseorang itu makin percaya diri.begitu pula dalam profesi pemasaran dan penjualan.

3# faktor penampilanpenampilan bisa mendukung seorang sales/marketing percaya diri atau tidak percaya diri.penampilan pula yang pertama kali memberi kesan dibenak calon konsumen/costemer.apa jadinya jika seorang sales khususnya dalam menjual produk yang ekslusive semacam :sales mobil,saham,voluta asing,asuransi atau perbankan,ketika datang ke calaon costumer berpenampilan acak-acakan.baju yang kusut.rambut yang gondrong.dan badan yang bau....tentu sedikitnya akan membuat keraguan dibenak costemer dan sedikit membuat sipenjualnya merasa gak nyaman.lalu menyangkut penampilan,saya bukan nya materialistis ...alangkah bagus nya jika seorang sales pun dijaman yang canggih ini selain mengenakan pakaian yang pantas,juga memakai alat penunjuang seperti mememiki kendaraan pribadi,punya notebook/laptop dan Hp yang gak jadul-jadul amat.tentu akan membuat sisales makin percaya diri dalam berhadapan dengan calon pelanggan.dan jaman telah berubah...kita tidak munapik.orang memanmdang pertama kali kepada kita adalah dari sudut materi dan penampilan dulu...benar gak?

#4.yakin akan produk yang dijualnyamenjadi sales/marketing biar menambah percaya diri,yakini bahwa produk yang dijualnya atau dipasarkan produk is the best..yang terbaik .dan yakini perusahaan tempat berdirinya produk tersebut adalah perusahaan terbaik...dibanding yang lain.

#5.penguasaan pengetahuan produk(produk knowlege)Dengan menguasai produk yang kita pasarakan atau kita jual.maka kita tidak akan gentar dalam menghadapai setiap keluhan dan pertanyaan dari calon pelanggan.sebab...semua sudah dipersiapkan dalam kepala kita yang diisi pengetahuan produk yang telah matang kita kuasai.artinya ini akan membantu seorang sisales/marketing lebih percaya diri

#6.sugesti positifsiapa pun,,,calon pelanggan kita apakah presiden,direktur,owner,atau manager....anggap lah dan sugestikan bahwa kita dalam produk yang kita bawa ..kita ini lebih pintar dari mereka.dengan begitu kita tidak akan genta r,canggung,,,minder..atau segan.sebaliknya dalam menghadapi berbagai tipe orang,akan tetap percaya diri

Dari uraian diatas makin jelas bahwa percaya diri itu sangat penting.dan kepercayaan diri dalam penjulan bagi kebanyakn orang tidak bisa berdiri sendiri tapi ada banyak hal yang bisa mendukungnya.CARA MENJADI SALES YANG PROFESIONALBuat teman-teman yang ingin berkarir dibidang salesman,tapi ingin menjadi salesman yang handal dan profesional berikut saya berikan tipsnya

# penampilanpenampilan cukup berpengaruh dalam menjual .penampilan ibarat pencitraan ( public relation) dari perusahaan tempat anda berkarir sebagai sales.apakah cocok jika anda menawarkan produk asuransi atau perbankan dengan pakaian yang kaya preman pasar?tentu gak singkron kan...beda kalau anda tampil rapih selayak nya Eksekutif muda.tapi gak cocok juga kalau anda menjadi sales dalam menjual produk kaos metal,minuman beralkohol, dengan memakai dasi.,tapi justru dengan tampil layak nya anak metal yang slengean akan lebih cocok...jadi cocokan penampilan anda dengan jenis produk yang anda jual.

#Attitude(sikap)kalau anda bersikap profesional maka andapun akan terlihat profesioanl di mata pelanggan atau prosfek.sikap pun mempengaruhi kepercayaan pelanggan.yang nantinya akan berpengaruh pada meningkat atau tidak nya penjualan anda.ciri sikap yang profesional itu:1.tidak menjelekan atau menjatuhkan produk pesaing(kompetitor)2.bersikap percaya diri ketika presentasi.tidak nampak canggung atau kaku3.tidak berlagak menggurui konsumen4.lebih banyak mendengarkan lalu memberikan solusi dari pada banyak ngomong yang terkesan membualyang akan membuat calon konsumen gak nyaman5.bersikap sopan dan ramah tapi tidak terkesan lugu(kampungan)

#Penguasaan produk knowlege.pahami produk yang anda jual,kelebihannya,kekurangan nya ..seluk beluknya sampai anda paham betul...jadi ketika ada pertanyaan dari calon costemer apa pun pertanyaan nya yang menyangkut produk yang anda jual..anda bisa menjelaskan nya secara mudah...dengan begitu costemer pun akan lebih percaya dan melihat anda seorang yang profesional.

# punya alat bantu penunjangbisa berupa1.kendaraan bisa sepedamotor atau mobil2.handphone ,i pad ,atau note book3.brosur ,flyer ,atau kartu nama4.buku agenda

# Komunikatifciri lain sales profesional adalah punya kemampun komunikasi yang baik.nada dan gaya bahasa yang jelas,tidak a,,,i...u...,bahasa yang membuat konsumen mengerti dengan apa yang anda utarakan.

# ATMdikantor ,anda punya atasan yang tampak profesional.atau di tv...di jalan...menemui sosok yang anda anggap profesional...maka ATM lah.Amati..tiru..dam modifikasi.amati cara dia bersikap,bertindak...dan berbicara ...lalu tiru oleh anda.dan modifikasi sesuai dengan kondisi anda sendiri.

# Bersikap selayaknya costemer service+konsuekwenmaksud nya berikan pelayanan purna jual sebaik- baiknya pada konsumen.dengarkan....keluhan nya lalu berikan solusi atau masukan.lalu ketika ada janji ketemu calon pelanggan misalnya ...alangkah baiknya datang tepat waktu.hindari ngaret.sebeb dengan ngaret anda terkesan tidak profesional dinilai oleh calonpelanggan anda.1.Product knowladgeuntuk menjadikan anda dipercaya maka hal yang paling utama ialah kamu sendiri mengetahui betul produk atau barang yang temen-temen jual. dari manfaat, kelebihan produk anda bahkan kekurangan harus kamu mengerti. bayangkan jika kamu tidak tahu produk yang kamu jual, alangkah tidak percayang konsumen kepada kamu. mengapa harus tahu produk yang kamu jual? sebab kebanyakan dari konsumen percaya dengan apa yang kamu ucapkan. ingat mencari kelemahan pesaing juga perlu!!! yang utama adalah kamu tahu manfaat dari penggunaan barang yang kamu jual.2.empati kepada konsumensalah satu sifat manusia adalah suka pamer dengan apa yang dimiliki. dengan hal ini kamu bisa memanfaatkan konsumen kamu untuk bisa di ajak ngobrol mengenai masalah pribadi, seakan2 dirimu benar2 ikut merasakan dan menjiwai masalah konsumen tsbt. karena dengan itu konsumen akan senang pada kita dan lupa kalau kamu adalah sales, dengan kedekatan itu maka semakin lama konsumen akan merasa gak enak jika akan menolak produk yang anda tawarkan. dan ingat saat anda pertama bertemu dengan konsumen jangan lupa untuk mengucapkan salam dan berjabat tangan untuk memberikan sentuhan keakraban.3.Performancepenampilan pada diri kamu merupakan cermin dari sifat dan sikap dirimu. maka penampilan yang rapi akan membuat orang tertarik untuk berinteraksi dengan kamu. dan juga perkataan yang anda ucapkan harus benar2 dijaga agar tidak ada kata yang meninggung perasaan konsumun. karena konsumen adalah raja.4.Jujurjangan pernah kamu memberikan informasi pada konsumen yang bohong. ungkapkan semua produk yang anda tawarkan dengan sebenar2nya. melebih2kan produk mu itu boleh2 aja. yang kalian harus ingat adalah konsumen kamu adalah modal promosi terbaik. dengan pelayanan yang kalian berikan baik, maka mereka akan mengajak saudara, teman ataupun tetangga untuk membeli dan mencarai produk anda. jadi jangan berfikir keuntungan semata, melainkan kepuasan pelanggan yang paling penting.5.Berfikir positifyang menjadikan konsumen itu jadi atau tidaknya membeli produk anda adalah diri kamu sendiri. jika kamu yakin jadi beli pasti akan jadi. Selalu berfikiran positif dimanapun anda berada.ok. sekianTips menjadi sales yang suksesdari toko blog, yang pastinya banyak tips lain yang anda juga ketahui di Toko Blog selain tips ini sahabat bisa jugabelajar berbisnis onlinedi toko blog atau juga inginbelajar blog dasar.SALES & MARKETING Department(Sebuah gambaran umum)

Make every season a peak season

Sales and Marketing ActivitiesProses sosial / interaksi yang dilakukan oleh perseorangan maupun bersamaan oleh team sales marketing untuk memberikan / melayani kebutuhan tamu baik itu room / kamar, meeting, incentive, convention, exhibition, maupun sarana penunjang hotel yang lain yang bertujuan untuk meningkatkan occupancy / tingkat hunian, total revenue hotel maupun brand image.

Defining MarketingMarketing is a societal process by which individuals and groups obtain what they need and want through creating, offering, and exchanging products and value with others.

Service is MarketingLayanan ( Service ) yang kita lakukan juga sebagai alat pemasaran Service is Marketing sehingga mendapatkan komentar positif tentang interaksi pelanggan dan menghasilkan banyak kata positif dari mulut ke mulut. Dalam hal ini dibutuhkan kejelian mulai dari perekrutan, pelatihan, dan menjaga profesional

Recommended

View more >