proposal phbi kec. narmada, lobar 2012

10
PEMERINTAH KABUPATEN LOMBOK BARAT KECAMATAN NARMADA Jl. Suranadi No. 43, Telp (0370) 671142 Narmada Kode Pos 83371 Bismillahirrahmaanirrahiim Puji syukur kami panjatkan ke hadlirat Allah swt, yang telah melimpahkan taufiq serta hidayah-Nya sehingga kita tetap dalam keadaan iman dan Islam sampai saat ini. Shalawat dan salam juga tidak lupa kami haturkan ke haribaan nabi junjungan alam Nabi Muhammad saw yang telah mengemban risalah Islam yang sampai kita terima saat ini. PHBI Kecamatan Narmada adalah salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari perkembangan dan semaraknya kegiatan keagamaan khususnya Agama Islam di Kecamatan Narmada. Hal ini terlihat dari berbagai kegiatan yang diprogramkan dan yang sudah dilaksanakan tahun-tahun sebelumnya, dan menurut kami bahwa kegiatan tersebut sangat berdampak positif terhadap semaraknya kegiatan dan semangat keagamaan masyarakat Narmada. Dari kegiatan yang sudah dilaksanakan tahun 1432 H kemarin kami berpendapat bahwa kegiatan tersebut sangat sukses dan dengan harapan yang tetap dijaga oleh masyarakat pada umumnya dan panitia pelaksana pada khususnya, kami mengharapkan kegiatan serupa harus tetap dilaksanakan tahun ini dengan kualitas dan kuantitas kegiatan yang lebih baik lagi. Ucapan terimakasih dan penghargaan yang tiada terhingga kami sampaikan kepada semua fihak yang telah membantu dan mensukseskan seluruh kegiatan yang dilaksakanan oleh PHBI tahun kemarin, dengan harapan dukungan tersebut juga tetap diberikan untuk pelaksanaan kegiatan serupa di tahun ini. Kepada Panitia Pelaksana Tahun 1433 H ini, kami mengamanahkan untuk melaksanakan hal tersebut untuk tetap dipertahankan dan untuk ditingkatkan.

Upload: abdul-manan

Post on 30-Jul-2015

234 views

Category:

Documents


8 download

DESCRIPTION

PHBI 1433 H

TRANSCRIPT

Page 1: Proposal PHBI Kec. Narmada, LOBAR 2012

PEMERINTAH KABUPATEN LOMBOK BARAT

KECAMATAN NARMADAJl. Suranadi No. 43, Telp (0370) 671142

Narmada Kode Pos 83371

Bismillahirrahmaanirrahiim

Puji syukur kami panjatkan ke hadlirat Allah swt, yang telah melimpahkan taufiq serta hidayah-Nya sehingga kita tetap dalam keadaan iman dan Islam sampai saat ini. Shalawat dan salam juga tidak lupa kami haturkan ke haribaan nabi junjungan alam Nabi Muhammad saw yang telah mengemban risalah Islam yang sampai kita terima saat ini.

PHBI Kecamatan Narmada adalah salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari perkembangan dan semaraknya kegiatan keagamaan khususnya Agama Islam di Kecamatan Narmada. Hal ini terlihat dari berbagai kegiatan yang diprogramkan dan yang sudah dilaksanakan tahun-tahun sebelumnya, dan menurut kami bahwa kegiatan tersebut sangat berdampak positif terhadap semaraknya kegiatan dan semangat keagamaan masyarakat Narmada.

Dari kegiatan yang sudah dilaksanakan tahun 1432 H kemarin kami berpendapat bahwa kegiatan tersebut sangat sukses dan dengan harapan yang tetap dijaga oleh masyarakat pada umumnya dan panitia pelaksana pada khususnya, kami mengharapkan kegiatan serupa harus tetap dilaksanakan tahun ini dengan kualitas dan kuantitas kegiatan yang lebih baik lagi.

Ucapan terimakasih dan penghargaan yang tiada terhingga kami sampaikan kepada semua fihak yang telah membantu dan mensukseskan seluruh kegiatan yang dilaksakanan oleh PHBI tahun kemarin, dengan harapan dukungan tersebut juga tetap diberikan untuk pelaksanaan kegiatan serupa di tahun ini.

Kepada Panitia Pelaksana Tahun 1433 H ini, kami mengamanahkan untuk melaksanakan hal tersebut untuk tetap dipertahankan dan untuk ditingkatkan.

Atas semua kekurangan yang terjadi kami harapkan bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi dan pertimbangan untuk pelaksanaan kegiatan pada tahun ini.

Dan semoga Allah swt mencatat segala apa yang diusahakan sebagai suatu catatan amal ibadah di sisi-Nya. Amiin yaa rabbal ‘alamiin

Narmada, 1 Juni 2012 Camat Narmada,

ABDUL MANAN, S. Sos.NIP. 19650212 198611 1 001

Page 2: Proposal PHBI Kec. Narmada, LOBAR 2012

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT Sang Pencipta Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, semoga Allah SWT berkenan memberi perlindungan kepada bangsa dan negara kita ini dari segala musibah dan bencana. Sholawat serta salam semoga tercurah kepada sang pemersatu umat, Nabi Besar Muhammad SAW, beserta keluarganya, sahabat sampai kepada kita umatnya yang berada pada jalur hidayah sampai akhir zaman.

Semangat kebangkitan umat Islam pada hekekatnya adalah suatu upaya untuk meningkatkan kualitas pribadi-pribadi muslim

yang mampu menyesuaikan kehidupannya dengan ajaran Islam serta mampu merealisasikan wajah Islam sebagai Rahmatan Lil Alamiin (rahmat bagi seluruh alam).

Saat ini kita hidup dalam sebuah negara yang sudah hampir lebih separuh abad merdeka, dengan kekhasan kehidupan beragama umat Islam yang jauh lebih baik dari pada masa sebelum kemerdekaan. Semua kenikmatan ini tidak lepas dari peran pejuang kemerdekaan negara kita tercinta, semoga Allah swt menerima segala amal ibadah mereka semua.

Page 3: Proposal PHBI Kec. Narmada, LOBAR 2012

Menumbuhkan kembali semangat kebangkitan umat Islam Indonesia

Terciptanya “Syiarul Islam Wa Izzul Muslimin”

Membina mental, kemandirian, taqwa dan istiqomah

Bermunajat (solusi dengan do’a) kepada Allah SWT agar bangsa

Indonesia terlepas dari segala kesulitan yang sangat kompleks ini.

Al-Qur’an

Al-Hadits

Pancasila sebagai Falsafah Negara Republik Indonesia

UUD 1945

Musyawarah Awal Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Narmada,

pada tanggal 08 Mei 2012 dan tanggal 12 Mei 2012 di Sekretariat

Panitia

Page 4: Proposal PHBI Kec. Narmada, LOBAR 2012

Pelaksanaan kegiatan PHBI tahun sekarang ini didasari atas dasar meningkatnya minat masyarakat untuk mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan yang ada di Kecamatan Narmada, ini merupakan suatu modal berharga untuk melaksanakan kegiatan serupa di tahun 2012 yang didasari atas dasar upaya untuk meningkatan kegiatan baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Keberhasilan yang telah dicapai pada tahun lalu diantaranya:1. Lomba Pawai Ta'arruf

Peserta pawai ta'arruf pada tahun 2011 diperkirakan mencapai 6.448 orang peserta dari 74 kontingen dan diharapkan pada tahun ini lebih ditingkatkan jumlahnya. Hal tersebut terlihat pada gambar berikut.

2. Lomba Tadarrus Al-Qur'anLomba tadarrus al-Qur'an diikuti oleh 65 peserta yang terbagi menjadi 13

kelompok dari masing-masing desa se-Kecamatan Narmada dan diharapkan tahun ini peserta berasal dari masing-masing desa untuk mengikuti lomba tersebut dengan kategori lomba pada tahun ini dengan kategori tingkat remaja.

Page 5: Proposal PHBI Kec. Narmada, LOBAR 2012

3. Festival Rebana QasidahFestival rebana qasidah diikuti oleh 81 orang peserta yang terbagi

menjadi 9 kelompok rebana qasidah dan diharapkan keseluruhan desa dari Kecamatan Narmada untuk diikuti.

4. Lomba TakbiranLomba takbiran diikuti oleh 13 desa yang terbagi menjadi 17 regu dengan

jumlah kendaraan mencapai 52 kendaraan roda empat atau lebih dan kendaraan roda dua ± 750 dan diperkirakan peserta mencapai lebih dari 3.000 orang dengan harapan pada tahun ini kualitas dan kuantitas pelaksanaan kegiatan lebih ditingkatkan. Hal tersebut tergambar pada foto-foto kegiatan sebagai berikut.

Page 6: Proposal PHBI Kec. Narmada, LOBAR 2012

“DENGAN MENYAMBUT RAMADHAN, KITA JADIKAN SEBAGAI MOMENTUM

MENINGKATKAN SEMANGAT KE-ISLAMAN MASYARAKAT DAN PERAN GENERASI

MUDA UNTUK MENYONGSONG LOMBOK BARAT BANGKIT DAN MENUJU

MASYARAKAT NTB YANG BERIMAN DAN BERDAYA SAING”

1. Pawai Ta’arruf menyambut bulan suci Ramadhan2. Lomba Tadarrus Al-Qur’an Tingkat Remaja (SMP/MTs, SMA/MA)3. Festival Qasidah Modern Tigkat Umum4. Pildacil Tingkat TK/RA, SD/MI, SMP/MTs5. Puitisasi Tingkat Remaja (SD/SMP/SMA/Sederajat)6. Lomba Takbiran

Pelaksanaan dari kegiatan ini dibentuk melalui rapat antara, Muspika Kecamatan Narmada, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Narmada, Kepala UPTD Dikbud Kecamatan Narmada, Kepala Desa Se-Kecamatan Narmada, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Narmada

1. Waktu Pelaksanaan Kegiatan Ini dilaksanakan dari tanggal tanggal 19 Juli s/d. 18 Agustus 2012 dengan rincian kegiatan sebagai berikut :a. Pawai Ta’arruf Menyambut Bulan Suci Ramadhan : tanggal 19 Juli 2012

Page 7: Proposal PHBI Kec. Narmada, LOBAR 2012

b. Lomba Tadarrus Al-Qur’an dan Puitisasi tk Remaja : tanggal 1-5 Agustus 2012

c. Pildacil Kategori A B C : tanggal 7-11 agustus 2012d. Festival Qasidah Modern : tanggal 12-15 Agustus 2012e. Lomba Takbiran : tanggal 18 Agustus 2012*

* Disesuaikan dengan pengumuman pemerintah mengenai tanggal 1 Syawal 1433 H2. Tempat Pelaksanaan Kegiatan sebagai berikut :

a. Pawai Ta’arruf dilaksanakan mulai dari Lapangan Umum Narmada dan Finish di depan Taman Narmada

b. Lomba Tadarrus Al-Qur’an, Pildacil, Puitisasi dipusatkan di Masjid Jami’ Nurul Jihad Narmada

c. Lomba Festival Qasidah Modern dipusatkan di Terminal Barat Narmada

Pelaksanaan Lomba Takbiran akan dimusyawarahkan lebih lanjut dengan mempertimbangkan beberapa kemungkinan dengan berbagai pihak terkait, demi menjaga keamanan dan keselamatan peserta

1. Pembiayaan seluruhnya menghabiskan dana sebesar Rp. 88.841.500,- (Delapan Puluh Delapan Juta Delapan Ratus Empat Puluh Satu Ribu Lima Ratus Rupiah) dengan rincian anggaran terlampir

2. Sumber dana meliputia. Bantuan Instansi Pemerintahb. Sumbangan yang halal dan tidak mengikatc. Hal-hal lain yang belum terdapat dalam proposal ini akan diatur

kemudian sesuai dengan kondisi yang ada.

Dengan memohon ridha dan maunah dari Allah swt, semoga proposal sederhana ini dapat menggugah semangat kita kembali untuk membangkitkan semangat/ghirah ke-Islaman masyarakat dan generasi muda untuk menyongsong Lombok Barat Bangkit dan menuju masyarakat NTB yang Beriman dan Berdaya Saing.

Demikian proposal sederhana kami susun, dan atas bantuan semua pihak tidak lupa kami haturkan terima kasih

Page 8: Proposal PHBI Kec. Narmada, LOBAR 2012

Narmada, 1 Juni 2012 Panitia;

Ketua, Sekretaris,

ABDUL MANAN, SP HABIBULLAH, A. Ma.

Mengetahui;Camat Narmada,

ABDUL MANAN, S. Sos.NIP. 19650212 198611 1 001