presentation tugas 11 mei 2015

15
GEOFISIKA JEBAKAN MINERAL 1 APLIKASI SEISMIK REFLEKSI DALAM MENGIDENTIFIKASI CEBAKAN MINERAL Oleh KELOMPOK 3 SULTAN SYAHRI ( 22 ) PUTRI LISA SUGIRI ( 23 ) AQSAL RAMADHAN SHADDAD ( 24 ) ISWANDI INDRIA ( 25 ) ACHMAD ABDI ALMUDATSIR ( 26 ) ANISA FORTUNA MEI ( 29 ) MUHAMAD KARNOHA AMIR ( 30 ) MUH. ZUL AFIEF ( 31 ) MULHADRAMY ( 32 )

Upload: iyrha-auriliand

Post on 15-Jan-2016

25 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

GEOFISIKA CEBAKAN MIINERAL

TRANSCRIPT

Page 1: Presentation TUGAS 11 Mei 2015

GEOFISIKA JEBAKAN MINERAL 1APLIKASI SEISMIK REFLEKSI DALAM MENGIDENTIFIKASI CEBAKAN MINERAL

Oleh

KELOMPOK 3

SULTAN SYAHRI ( 22 )

PUTRI LISA SUGIRI ( 23 )

AQSAL RAMADHAN SHADDAD ( 24 )

ISWANDI INDRIA ( 25 )

ACHMAD ABDI ALMUDATSIR ( 26 )

ANISA FORTUNA MEI ( 29 )

MUHAMAD KARNOHA AMIR ( 30 )

MUH. ZUL AFIEF ( 31 )

MULHADRAMY ( 32 )

Page 2: Presentation TUGAS 11 Mei 2015

LATAR BELAKANG

Geofisika adalah ilmu yang mempelajari bumi dari sifat-sifat fisiknya. Sifat fisik tersebut dapat berupa sifat kelistrikan, kemagnetan, ataupun gelombang yang menjalar akibat sumber gelombang alami yang berupa gempa maupun sumber gelombang buatan. Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari mempelajari sifat-sifat fisik bumi tersebut salah satunya dapat kita gunakan untuk eksplorasi sumber daya mineral, hidrokarbon, dan gas bumi. Salah satu metode yang paling banyak dipakai dalam eksplorasi sumber daya alam terutama hidrokarbon adalah metode seismik. Dalam metode seismik dikenal dengan dua macam yaitu seismik refraksi dan refleksi. Eksplorasi seismik atau eksplorasi dengan menggunakan metode seismik banyak dipakai oleh perusahaan-perusahaan minyak untuk melakukan pemetaan struktur di bawah permukaan bumi untuk bisa melihat kemungkinan adanya jebakan-jebakan minyak berdasarkan interpretasi dari penampang seismiknya

Page 3: Presentation TUGAS 11 Mei 2015

MAKSUD DAN TUJUAN

Adapun maksud presentasi ini adalah untuk memberiakan pengetahuan mengenai aplikasi seismik refleksi dalam mengidentifikasi cebakan mineral.

Adapun tujuan dari presentase ini adalah ini:

1. Agar mahasiswa dapat memahami apa itu gelombang seismik,

2. Agar mahasiswa dapat mengetahui asal muasal gelombang seismik serta kelebihan dan kekurangannya,

3. Agar mahasiswa dapat mengetahui aplikasi dari seismik refleksi ini dalam mengidentifikasi cebakan mineral.

Page 4: Presentation TUGAS 11 Mei 2015

POINT-POINT PEMBAHASAN

Metode Seismik Konsep Gelombang Seismik Jenis Gelombang Seismik Macam-macam Metoda Seismik Kelebihan dan Kekurangan

Seismik Aplikasi Refleksi Dalam

Mengidentifikasi Cebakan Mineral

Page 5: Presentation TUGAS 11 Mei 2015

METODE SEISMIKMetoda seismik adalah salah satu metoda

eksplorasi yang didasarkan pada pengukuran respon gelombang seismik (suara) yang dimasukkan ke dalam tanah dan kemudian direleksikan atau direfraksikan sepanjang perbedaan lapisan tanah atau batas-batas batuan.

Sumber seismik umumnya adalah palu godam (sledgehammer) yang dihantamkan pada pelat besi di atas tanah, benda bermassa besar yang dijatuhkan atau ledakan dinamit.

Konseb Metode SeismikPenyelidikan seismik dilakukan dengan cara

membuat getaran dari suatu sumber getar. Getaran tersebut akan merambat ke segala arah di bawah permukaan sebagai gelombang getar. Gelombang yang datang mengenai lapisan-lapisan batuan akan mengalami pemantulan, pembiasan, dan penyerapan.

Page 6: Presentation TUGAS 11 Mei 2015

JENIS-JENIS GELOMBANG SEISMIK

1. Menurut cara bergetarnya a.Gelombang Primer ( longitudinal ) b.Gelombang Sekunder (transversal/shear wave)2. Menurut tempat menjalarnya, a. Gelombang Rayleigh b. Gelombang Love. c. Gelombang Tabung 3. Menurut bentuk muka gelombang a. Gelombang Bidang b. Gelombang Silinder c. Gelombang Bola d. Gelombang Kerucut

Page 7: Presentation TUGAS 11 Mei 2015

MACAM-MACAM METODE SEISMIK1. Seismik Refraksi (bias)

Metoda seismik refraksi mengukur gelombang datang yang dipantulkan sepanjang formasi geologi di bawah permukaan tanah. Peristiwa refraksi umumnya terjadi pada muka air tanah dan bagian paling atas formasi bantalan batuan cadas.

Grafik waktu datang gelombang pertama seismik pada masing-masing geofon memberikan informasi mengenai kedalaman dan lokasi dari horison-horison geologi ini. Informasi ini kemudian digambarkan dalam suatu penampang silang untuk menunjukkan kedalaman dari muka air tanah dan lapisan pertama dari bantalan batuan cadas.

Page 8: Presentation TUGAS 11 Mei 2015

2. Seismik RefleksiMetoda seismik refleksi mengukur waktu

yang diperlukan suatu impuls suara untuk melaju dari sumber suara, terpantul oleh batas-batas formasi geologi, dan kembali ke permukaan tanah pada suatu geophone.

Refleksi dari suatu horison geologi mirip dengan gema pada suatu muka tebing atau jurang. Metoda seismik refleksi banyak dimanfaatkan untuk keperluan Explorasi perminyakan, penetuan sumber gempa ataupun mendeteksi struktur lapisan tanah. Seismik refleksi hanya mengamati gelombang pantul yang datang dari batas-batas formasi geologi

Page 9: Presentation TUGAS 11 Mei 2015

KELEBIHAN DAN KEKURANG METODA SEISMIK

1. Seismik Refraksi a. Kelebihan

Pengamatan refraksi membutuhkan lokasi sumber dan penerima yang kecil, sehingga relatif murah dalam pengambilan datanya.

Prosesing refraksi relatif simpel dilakukan kecuali proses filtering untuk memperkuat sinyal first berak yang dibaca.

Karena pengambilan data dan lokasi yang cukup kecil, maka pengembangan model untuk interpretasi tidak terlalu sulit dilakukan seperti metode geofisika lainnya.

b. Kelemahan Seismik Refraksi Dalam pengukuran yang regional , Seismik refraksi

membutuhkan offset yang lebih lebar. Seismik bias hanya bekerja jika kecepatan gelombang meningkat

sebagai fungsi kedalaman. Seismik bias biasanya diinterpretasikan dalam bentuk lapisan-

lapisan. Masing-masing lapisan memiliki dip dan topografi. Seismik bias hanya menggunakan waktu tiba sebagai fungsi jarak

(offset). Model yang dibuat didesain untuk menghasilkan waktu jalar teramati.

Page 10: Presentation TUGAS 11 Mei 2015

2. Seismik Refleksi a. Kelebihan

Pengukuran seismik pantul menggunakan offset yang lebih kecil. Seismik pantul dapat bekerja bagaimanapun perubahan

kecepatan sebagai fungsi kedalaman. Seismik pantul lebih mampu melihat struktur yang lebih

kompleks. Seismik pantul merekan dan menggunakan semua medan

gelombang yang terekam. Bawah permukaan dapat tergambar secara langsung dari data

terukur. b. Kelemahan

Karena lokasi sumber dan penerima yang cukup lebar untuk memberikan citra bawah permukaan yang lebih baik, maka biaya akuisisi menjadi lebih mahal.

Prosesing seismik refleksi memerluakn komputer yang lebih mahal, dan sistem data base yang jauh lebih handal.

Karena banyaknya data yang direkam, pengetahuan terhadap database harus kuat, diperlukan juga beberapa asumsi tentang model yang kompleks dan interpretasi membutuhkan personal yang cukup ahli.

Page 11: Presentation TUGAS 11 Mei 2015

APLIKASI SEISMIK REFLEKSI DALAM MENGIDENTIFIKASI CEBAKAN MINERAL

Metode dari seismik refleksi ini ada dua metode yang pertama eksplorasi dangkal yang kedua eksplorasi dalam. Eksplorasi dangkal seperti pencarian terhadap batubara dan bahan galian lain sedangkan eksplorasi dalam yang dilakukan untuk pencarian minyak dan gas.

1. Metode Seismik Refleksi Dangkal

Contoh eksplorasi dangkal yang dilakukan yaitu penyelidikan geofisika untuk batubara yaitu penyelidikan struktur geologi dengan menggunakan metoda seismik refleksi di daerah Bayung Lincir, Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan dan penyelidikan struktur cekungan di daerah Cisasah, Cidadap dan Cibuniasih, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Alat yang digunakan di daerah Bayung Lincir yaitu alat seismik Mc.Seis170, Model 1119, 24 saluran, buatan Jepang

Hasil penyelidikan seismik menunjukan adanya beberapa reflektor sebagai pantulan dari kontak lapisan batuan, pada kedalaman nol sampai 50 meter di bawah permukaan. Perlipatan lapisan batuan nampak terlihat dengan jelas dengan kemiringan maksimum 10o. Struktur patahan dicirikan oleh adanya diskontinuiti reflektor atau offset lapisan batuan. Sistim pengendapan atau lingkungan pengendapan dapat diperkirakan dari pola reflektor yang ditunjukan seperti terlihat pada bagian timur laut dan baratdaya yang menunjukan pola “braided river”

Page 12: Presentation TUGAS 11 Mei 2015

2. Metode Seismik Refleksi DalamDalam eksplorasi gas bumi, seismik refleksi lebih

lazim digunakan dari pada seismik refraksi. Hal tersebut disebabkan karena seismik refleksi mempunyai kelebihan dapat memberikan informasi yang lebih lengkap dan baik mengenai keadaan struktur bawah permukaan. Selain itu, seismik refleksi menghasilkan penetrasi yang lebih dalam dari pada seismik refraksi sehingga akan memberikan informasi yang lebih perlapisan batuan.

Suatu jurnal yang mengangkat judul “Metode Seismik Refleksi Pada Sub-Bottom Profiler Untuk Eksplorasi Minyak Bumi Di Perairan Indonesia” pada jurnal ini dibahas aplikasi metode seismik refleksi dalam eksplorasi minyak dan gas. Jurnal ini juga membahas mengenai aplikasi alat survei Hidrografi Sub-Bottom Profiler untuk mengeksplorasi kandungan minyak bumi pada dasar laut Indonesia secara lebih singkat dan jelas.

Page 13: Presentation TUGAS 11 Mei 2015

Pembahasan dalam jurnal tersebut memulai dari lapisan sedimen dibawah permukaan bumi memiliki sifat fisis yang bervariasi. Salah satunya yaitu tingkat kekerasan sedimen. Tingkat kekerasan sedimen dalam geologi digunakan untuk menandakan kekompakan (cohesiveness ) suatu sedimen yang dinyatakan dalam bentuk compressive fracture strength, yakni tekanan maksimum yang mampu ditahan batuan untuk mempertahankan diri dari rekahan (fracture). Besarnya fracture strength dipengaruhi oleh densitas dan kekompakan sedimen. Sedangkan densitas dan kekompakan sedimen dipengaruhi oleh elastisitas sedimen. Pengukuran elastisitas sedimen menggunakan prinsip metode seismik refleksi sehingga alat ukur yang digunakan ialah Sub-Bottom Profiler.

Metode Seismik refleksi mengukur waktu yang diperlukakn suatu impuls suara untuk menuju sumber suara, terpantul oleh batas-batas antar lapisan sedimen dan kembali ke permukaan tanah pada suatu hydrophone

Page 14: Presentation TUGAS 11 Mei 2015

KESIMPULAN Berdasarkan makalah yang telah dibuat dapat ditarik kesimpulan bahwa metode seismik refleksi ini digolongkan dalam dua macam yaitu seismik dangkal dan seismik dalam. Dimana dalam pembahasannya seismik refleksi dangkal digunakan dalam pencarian atau mengeksplorasi batubara dan beberapa bahan galian, sementara seismik refleksi dalam digunakan dalam pencarian minyak dan gas. salah satu jenis alatnya Sub-Bottom Profiler merupakan alat ukur yang bekerja dengan menggunakan metode seismik refleksi, yakni mengukur waktu yang diperlukakn suatu impuls suara untuk menuju sumber suara, terpantul oleh batas-batas antar lapisan sedimen dan kembali ke permukaan tanah pada suatu hydrophone. Oleh karena itu dapat digunakan untuk mengukur tingkat elastisitas dari lapisan sedimen. Informasi elastisitas sedimen dapat digunakan untuk menentukan struktur material sedimen dasar laut. Dari struktur yang kita peroleh kemudian kita bisa mengetahui kandungan minyak bumi pada dasar laut. Informasi penting yang diberikan Sub-Bottom Profiler ialah informasi kedalaman yang kemudian digunakan sebagai acuan untuk menentukan lokasi pengeboran dan penanaman pipa minyak di dasar laut.

Page 15: Presentation TUGAS 11 Mei 2015

Sekian Dan Terimah Kasih

Wassalamu Alaikum Warahmatulahi Wabarakatuh