prangkt ujian praktek pai 2013

12
LEMBAR PENGESAHAN Telah disahkan untuk digunakan dalam ujian sekolah tahun pelajaran 2012/2013 Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam Jenis Ujian : Praktek Semarang, Februari 2013 Mengesahkan Kepala SMK Negeri 11 Semarang Guru Pengampu Drs. H. Ahmad Ishom, M.Pd Drs. Aswan, M.S.I NIP. 1962121919931007 NIP. 196110101991031006 Mengetahui Pengawas SMK Kota Semarang Dra. Zakiyah Jamilah, M.Pd NIP.

Upload: karimul-wafa-auvenseven

Post on 19-Oct-2015

83 views

Category:

Documents


18 download

DESCRIPTION

sdsadsasdsd

TRANSCRIPT

LEMBAR PENGESAHAN

Telah disahkan untuk digunakan dalam ujian sekolah tahun pelajaran 2012/2013Mata Pelajaran: Pendidikan Agama IslamJenis Ujian: Praktek

Semarang, Februari 2013Mengesahkan Kepala SMK Negeri 11 SemarangGuru Pengampu

Drs. H. Ahmad Ishom, M.PdDrs. Aswan, M.S.INIP. 1962121919931007NIP. 196110101991031006

MengetahuiPengawas SMK Kota Semarang

Dra. Zakiyah Jamilah, M.PdNIP.

PERANGKAT UJIAN SEKOLAH SMK NEGERI 11 SEMARANG TANUN 2012/2013

Mata Pelajaran: Pendidikan Agama IslamJenis Ujian: Praktek

NOPERANGKATKETERANGAN

1Lembar Pengesahan

2Kelengkapan Prangkat

3Kisi-kisi

4Jobsheet/ Materi PAI

5Norma Penilaian

6Kunci Jawaban

Kepala SMK Negeri 11 Semarang Guru Mata Diklat

Drs. H. Ahmad Ishom, M.PdDrs. Aswan, M.S.INIP. 1962121919931007NIP. 196110101991031006

KISI-KISI UJIAN PRAKTEK SEKOLAH SMK NEGERI 11 SEMARANG TANUN 2012/2013

Mata Diklat: Pendidikan Agama IslamKlas: XIIProg. Keahlian: Semua Program

NOKOMPETENSI/SUB KOMPETENSIURAIAN TUGAS/PEKERJAANWAKTU

1Dapat membaca, menulis, memahami ayat-ayat Al-Quran serta mengetahui hukum bacaannya dan mampu mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hariMembaca dengan fasih al-Quran surat:1. QS. Al- Baqarah ayat 302. QS. Al- Mukminun ayat 12- 133. QS. Az- Zariyat ayat 564. QS. An- Nahl ayat 785. QS. Al- Imran ayat 1596. QS. Asy- Syura ayat 387. QS. Al- Fathir ayat 328. QS. Ar- Rum ayat 41-429. QS. Yunus ayat 10110. QS. Al- Baqarah ayat 16410 Menit

2Mampu beribadah dengan baik sesuai dengan tuntunan syariat Islam, baik ibadah wajib, ibadah sunnah, dan mengamalkan sistem muamalat Islam dalam tata kehidupan sehari-hariMelakukan shalat janazah baik untuk mayat laki-laki, perempuan dua dan banyak.1. Niat shalat takbir pertama2. Takbir kedua lalu membaca shalawat3. Takbir ketiga lalu membaca doa yang pertama4. Takbir keempat lalu membaca doa kedua5. Mengucapkan salam10 Menit

3Mampu melafalkan dan mengahafalkan dzikir dan doa sesudah salat fardu dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hariMelafalkan dizikir dan doa sesudah salat Fardhu.a. Dzikir1. Istighfar2. Tahlil3. Ayat kursi4. Tsbih, Tahmid Takbir dan Tahlilb. Doa1. Doa Pembukaan ( membaca Bismillah,alhamdulillah dan shalawat)2. Doa Inti (Orang tua, Keslamatan, Belajar dsb)3. Doa penutup ( diawali doa sapu jagat dan ditutup dengan hamdalah )

5 Menit

Guru Mata Diklat

Drs. Aswan, M.S.I NIP. 196110101991031006PENILAIAN UJIAN PRAKTEK SEKOLAH SMK NEGERI 11 SEMARANG TANUN 2012/2013 Tingkat: Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK )Nama Siswa: Hari/Tgl Ujian: ..

NOASPEK YANG DINILAISKORMAKSIMALSKORPEROLEHAN

1Aspek Al- Quran

a. Lancar dan Tartil20

b. Mahroj dan Fasih20

c. Tajwid20

2Aspek Fikih

a. Bacaan5

b. Gerakan5

c. Kesesuaian bacaan dan gerakan5

d. Tumakninah5

3Aspek Hafalan Dzikir dan Doa

a. Lancar dan Tartil20

Jumlah100

Guru Mata Diklat

Drs. Aswan, M.S.I NIP. 196110101991031006

MATERI PRAKTEK PAISMK NEGERI 11 SEMARANGTAHUN 2012/2013

A. Aspek Al- QuranBacalah ayat-ayat Al- Quran ini dengan tajwid yang benar!1. QS. Al- Baqarah ayat 30 30. Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: "Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."

2. QS. Al- Mukminun ayat 12- 13 12. dan Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah.13. kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim).

3. QS. Az- Zariyat ayat 56 56. dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.

4. QS. An- Nahl ayat 125 125. serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah[845] dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.

5. QS. Al- Imran ayat 159 159. Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu Berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. karena itu ma'afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu[246]. kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, Maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.

6. QS. Asy- Syura ayat 38 38. dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan shalat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarat antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka.

7. QS. Al- Fathir ayat 32 32. kemudian kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang Menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan diantara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan[1260] dengan izin Allah. yang demikian itu adalah karunia yang Amat besar.

8. QS. Ar- Rum ayat 41-42 41. telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).42. Katakanlah: "Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu. kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah)."

9. QS. Yunus ayat 101 101. Katakanlah: "Perhatikanlah apa yaag ada di langit dan di bumi. tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan Rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman".

10. QS. Al- Baqarah ayat 164 164. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.

B. Aspek FiqihCara Shalat Janazah !Shalat janazah tidak disertai dengan rukuk dan sujud, tidak dengan adzan dan iqomat, setelah berdiri maka langsung sbb:1. NiatNiat untuk mayit laki-lakiUshalli alaa hadzal mayyiti arbaa takbiratin fardhu kifayatin mamuman/imaman lillaahitaalaaNiat untuk mayit perempuanUshalli alaa hadzihil mayyitati arbaa takbiratin fardhu kifayatin mamuman/imaman lillaahitaalaa2. Takbir pertama membaca Fatehah3. Takbir kedua membaca shalawat Nabi sawAllahumma shalli alaa (sayyidina) Muhammad Waala ali (sayyidina) Muhammad. Lebih sempurna bila membaca shalawatnya sbb.Allohumma shalli alaa (sayyidina) Muhammad Waala ali (sayyidina) Muhammad kama shallaetaala Ibrahim waalaa aali Ibrahim Filalaminnainnaka Hamiidummajid.4. Takbir ketiga membaca doaDo'a setelah takbir keempat adalah sebagai berikut : () () () ( )Artinya : "Ya Allah, janganlah Engkau rugikan kami dari memperoleh ganjarannya dan jangan pula kami beri fitnah sepeninggalnya, ampunilah kami dan dia ...". (HR . Muslim)Adapun yang lebih lengkap seperti berikut ini: () () () () () () () () () () () () ( ) Artinya: Ya Allah, anugerahilah ia ampunan dan rahmatilah dia, bebaskanlah dia dan maafkanlah, dan muliakanlah kedatangannya, lapangkanlah tempat masuknya, dan sucikanlah ia dengan air dan salju, dan bersihkanlah ia dari kesalahannya sebagaimana kain putih yang dibersihkan dari kotoran, gantilah rumahnya lebih baik dari rumahnya yang dahulu dan gantilah ahli keluarganya dengan yang lebih baik daripada ahli keluarganya yang dahulu dan peliharalah ia dari huru hara kubur dan siksaannya. (H.R. Muslim)5. Takbir keempat membaca doa

Do'a setelah takbir keempat adalah sebagai berikut : () () () ( )Artinya : "Ya Allah, janganlah Engkau rugikan kami dari memperoleh ganjarannya dan jangan pula kami beri fitnah sepeninggalnya, ampunilah kami dan dia ...". (HR . Muslim)6. Kemudian membaca salam

C. Aspek Hafalan Dzikir dan Doa1. Bacaan dzikir

a. Istighfar Astaghfirullahal adzim 3x. AlladziLailaahailla huwal hayyul qayyum waatubu ilaihi

b. TahlilLailahailla wahdahu lasyarikala lahul mulku waghuwaalaa kulli syain qodir.

c. Ayat kursi

d. Tsbih, Tahmid Takbir dan Tahlil

2. DoaDoa Pembukaan ( membaca Bismillah,alhamdulillah dan shalawat)Doa Inti (Orang tua, Keslamatan, Belajar dsb)Doa penutup ( diawali doa sapu jagat dan ditutup dengan hamdalah )

. astaghfirullohal_'adzhiim(a) alladzii la_ ilaha illahuwal'hayyul qoyyuwm(u) wa_atuwbu ilaih(i). . la_ ilaha illallohu wa'hdahula_ syariikalah(u), lahulmulka walahul'hamdu yu'hyii wayumiitu wahuwa 'ala_kulli syai'in(g)qodiir(u). allohumma la_ ma_ ni'alima a'thoit(a), wala_ mu'thiya lima_ mana'ta wala_ yan(g)fa'udzal jaddi min(g)kaljadd(u) . allohumma ajirna minannar(i) .

allohumma an(g)tassala_mu wa min(g)kassala_mu wa ilaika ya'uwdussala_m(u), fa'hayyina_ robbana_ bi_ssala_mu wa adkhilnaljannata da_rossala_mi taba_rokta robbana_ wa ta'a_laita ya_dza_ljala_li wal ikro_m(i). a'uudzu bi_llahiminasy-syaitho_nirrojiim(i) bismillahirro'hmanirro'hiim(i) . . al'hamdulillahirobbil'aalamiin(i) - arro'hmanirro'him(i) - maliki yawmiddiin(i) - iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'iin(u) - ihdinash-shiro_tholmustaqiim(a) - shiro_tholladziina an'amta 'alaihim ghoirilmagh-dhuubi 'alaihim wala_dho_lliin(a) - aamiin(a). .wa ilahukum alahu wa_ 'hidu la_ilaha illahuwal'hayyulqoyyuum(u), la_ta'khudzuhu sinatu wala_naum(u) lahuma_fiissamawa_ti wama_fiil ardh(i) man(g)dzalladzii yasy-fa'u in(g)dahu illa_bi_idz-nih(i) ya'lamuma_ baina aidiihim wama_ kholfahum wala_ yu'hiituuna bisyai in min ilmihi illa_ bima_ sya_'(a) wasi 'akursiyyuhussamawa_ti wal ardh(o) wala_ ya'uuduhu 'hifdzhuhuma_ wahuwal'aliyyul'adzhiim(u). ... (33 ) ilahana_ robbana_ an(g)tamaula_na_ sub'hanalloh(i) sub'hanalloh (33x) ... (33 ) sub'ha_nallohi wabi'hamdihi da 'iman abadan al'hamdulillah(i) al'hamdulillah (33x) ... (33 ) al'hamdulillahi 'ala kulli'ha_linn wafiikulli'halin wabini'mati ya_kariim(u) allohu akbar (33x) ( ) . astaghfirullohal_'adzhiim(a) (), innalloha ghofuururo'hiim(u) ... Afdholudz-Dzakri Fa_'Lam Annahu... (... ) la ilaha illalloh(u) (... ) la ilaha illalloh(u) (... ) la ilaha illalloh(u) ... (33 ) la ilaha illalloh(u) (33X) . la ilaha illallohu mu'hammadurosuulullohi sollallohu 'alaihi wa sallam(a), kalimatu'haqqon 'alaiha_ na'hya_ wa 'alaiha_ namuutu wa biha_ nab'a-tsu in(g)sya_ 'allohu minal aminiin(a).