praktikum sharing file dan folder

Download Praktikum Sharing File Dan Folder

Post on 04-Jan-2016

3 views

Category:

Documents

2 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

sdsdasad

TRANSCRIPT

PRAKTIKUM SHARING FILE DAN FOLDERSOJ

OlehCahyo Adi Putra Kusuma / 04Echi Putri Yulia Pramesti / 21

SMK Telkom MalangTahun Ajaran 2015/2016BAB ILANDASAN TEORI1.1. Sharing FileSharing berarti berbagi data atau informasi dalam bentuk file,gambar,music atau yang lain. Sharing data biasanya digunakan untuk mempermudah kinerja suatu computer yang saling berhubungan dalam suatu jaringan.Tujuan dari sharing ini adalah untuk berbagi akses kepada user lain pada suatu folder anda dan juga bisa memberikan akses kepada semua orang yang ada pada jaringan atau network anda.File sharing juga berarti Penyediaan dan Penerimaan File atau folder melalui sebuah jaringan dengan mengunakan model terpusat atau model peer-to-peer (P2P), file disimpan dan di layani oleh personal computers user. Mereka yang terlibat dalam file sharingmerupakan penyedia file (upload, atau pengirim) dan penerima file (download, penerima).

1.2. Ad HocDefinisi ad hoc network adalah desentraliasi dari jaringan wireless, disebut ad hoc network karena tidak bergantung pada infrastruktur yang sudah ada, seperti router dalam jaringan kabel ataupun Access Point pada jaringan nirkabel.Dalam Ad hoc network, setiap node bertugas dalam merouting data kepada node lain, jadi penentuan node mana yang mengirimkan data dibuat secara dinamis berdasarkan konektivitas dari jaringan itu sendiri.Ad hoc adalah sebuah istilah dari bahasa Latin yang populer dipakai dalam bidang keorganisasian atau penelitian. Istilah ini memiliki arti "dibentuk atau dimaksudkan untuk salah satu tujuan saja" atau sesuatu yang "diimprovisasi".

1.3. WirelessWireless atau disebut nirkabel, adalah teknologi yang menghubungkan dua piranti untuk bertukar data tanpa media kabel. Data dipertukarkan melalui media gelombang cahaya tertentu (seperti teknologi infra merah pada remote TV) atau gelombang radio (seperti bluetooth pada komputer dan ponsel) dengan frekuensi tertentu.Kelebihan teknologi ini adalah mengeliminasi penggunaan kabel, yang bisa cukup menganggu secara estetika, dan juga kerumitan instalasi untuk menghubungkan lebih dari 2 piranti bersamaan. 1.4.

BAB IIPRAKTIKUM

2.1. Persiapan peralatanPeralatan yang perlu dipersiapkan:a) 2 buah Laptop

2.2. PraktikumBerikut langkah-langkah praktikum yang kami lakukana) Masuk ke Control Panel, kemudian klik Network and Internet. Pada window tersebut, masuk ke Network and Sharing Center. Setelah itu, klik Set up a new connection or network.

b) Setelah itu akan muncul window baru, klik Set up a wireless ad hoc (computer-to-computer) network

c) Klik next

d) Isilah kolom yang disediakan sesuai dengan konfigurasi yang diingikan, Network name untuk menamai jaringan ad hoc yang kami buat, Security type pilih WPA2-Personal, Sedangkan untuk Security key digunakan untuk memberi keamanan (password) untuk jaringan ad hoc yang kami buat

e) Setelah itu akan muncul informasi dari konfigurasi network yang kami inginkan, lalu klik Close

f) Pada PC lain (PC - 2) , buka tray icon untuk wifi. Jika konfigurasi yang telah digunakan sukses, maka network yang telah dibuat akan muncul pada jendela tersebut

g) Sekarang, kita buat sebuah folder pada PC - 1 yang nantinya akan kita gunakan untuk sharing (gunakan nama terserah)

h) Setelah itu klik kanan pada folder tersebut, pilih Properties.

i) Pilih tab Sharing, lalu klik Share...

j) Klik Add lalu pilih Everyone, setelah itu akan muncul record baru pada tabel dibawahnya. Ubah Permission Level dari record tersebut menjadi Read/Write. Setelah itu klik Share

k) Lalu klik Done

l) Matikan Firewall pada kedua PC tersebut

m) Hidupkan Network Discovery dan matikan Password pada Control Panel PC 1, lalu klik Save Changes

n) Ubah juga IP Address pada kedua PC tersebut, posisikan kedua PC tersebut pada network

o) Pada PC 2 yang telah terkoneksi pada jaringan yang telah kita buat tadi, buka Network pada Windows Explorer. Jika sudah coba buka host PC 2 (dalam hal ini HERDIANA-PC adalah PC -2)

p) Jika sharing berhasil, maka folder tersebut akan muncul didalam host yang kita buka tadi, selamat

Recommended

View more >