pertumbuhan ikan prof.dr.ir.arief prajitno , ms 22 oktober 2012

23
Definisi: : Pertumbuhan didefinisikan sebagai pertambahan atau perubahan ukuran panjang atau berat dalam suatu waktu tertentu. Ada beberapa macam pertumbhan antara lain: Pertumbuhan Populasi yang didefinisikan sebagai pertambahan jumlah dalam suatu populasi, sedangkan yang dimaksud pertumbuhan autocatalytic adalah pertumbuhan yg terjadi semakin cepat yg disebabkan oleh hasil dari pertumbuhan itu sendiri. PERTUMBUHAN IKAN Prof.Dr.Ir.Arief Prajitno, MS 22 oktober 2012

Upload: wattan

Post on 24-Feb-2016

186 views

Category:

Documents


3 download

DESCRIPTION

- PowerPoint PPT Presentation

TRANSCRIPT

Slide 1

Definisi: :Pertumbuhan didefinisikan sebagai pertambahan atau perubahan ukuran panjang atau berat dalam suatu waktu tertentu. Ada beberapa macam pertumbhan antara lain: Pertumbuhan Populasi yang didefinisikan sebagai pertambahan jumlah dalam suatu populasi, sedangkan yang dimaksud pertumbuhan autocatalytic adalah pertumbuhan yg terjadi semakin cepat yg disebabkan oleh hasil dari pertumbuhan itu sendiri.PERTUMBUHAN IKAN Prof.Dr.Ir.Arief Prajitno, MS22 oktober 2012PERTUMBUHAN

PrOF.Dr.ir.arief prajitno,ms22 oktober 2012

Mengapa pertumbuhan ikan sangat penting diketahui dalam mempelajari Biologi Perikanan, hal yang mendasari ada beberapa alas an antara lain:1.Pertumbuhan mempengaruhi hasil (yaitu, biomassa); panen komoditas komersial2.Pertumbuhan mempengaruhi ukuran tubuh (yaitu, panjang dan ketebalan); 3.Pemancing (rekreasi)4.Ukuran tubuh dan tingkat pertumbuhan yang dapat mempengaruhi risiko untuk predator5.Ukuran mempengaruhi reproduksi:6.Waktu pematangan gonad7.Fekunditas (jumlah telur yang dihasilkan)

Pengukuran.Panjang.dan.Berat.IkanAda beberapa macam pengukuran panjang (Gambar 1) antara.lain.dapat.didefinisikan.sebagai.berikut:Panjang standar (standard length): pengukururan ikan yang dimulai dari ujung (moncong) mulut terdepan sampai pada bagian posterior tulang hypural (dasar sirip ekor). Ukuran ini yang sering digunakan dalam perhitungan dan digunakan sebagai indicator yang paling dapat diandalkan dalam pengukuran panjang karena tidak tergantung pada variasi panjang sirip ekor atau karena sirip rusakBIOLOGI PERIKANANPENGUKURAN PANJANG BERATProf.Dr.Ir.Arief Prajitno, MS .26 november 2012Panjang Fork (Fork length): pengukururan ikan yang dimulai dari ujung (moncong) mulut terdepan sampai pada bagian ujung median sinar (lekuk) sirip ekor. Pengukuran panjang ini sering digunakan dalam pengelolaan ikan di Kanada.Panjang total (total length): pengukururan ikan yang dimulai dari ujung (moncong) mulut terdepan sampai pada batas maksimal sirip ekor. Ukuran umum dalam pengelolaan ikan di Amerika.Prof.Dr.Ir. ARIEF PRAJIT5NO, MSBobot tubuh: penimbangan (weight): berat spesimen (kan) segar basah. Untuk ikan besar biasanya isi perut dikeluarkan dahulu (terutama piscivors).

Gambar 1. Beberapa pengukuran panjang ikan

Prof.Dr.Ir.Arief Prajitno, MS22 oktober 2012Hubungan panjang-berat ikanAda beberapa model pertumbuhan yang berbeda yang dapat menggunakan parameter panjang dan informasi umur dari ikan sampel. Pengukuran berat dan panjang dari ikan dapat memberikan wawasan tentang bagaimana perubahan berat dari ikan yang sedang tumbuh dan berkembang dalam ukuran. Hubungan alometrik antara berat ikan dan panjangnya diperkirakan dengan menggunakan regresi kuadrat terkecil setelah kedua variabel ditransformasikan kedalam bentuk linier menggunakan logaritma alami (ln). Regresi perkiraan koefisien kemudian digunakan untuk parameterisasi persamaan berikut:

Prof.Dr.Ir.Arief Prajitno, MS22 oktober 2012

Dimana W = berat keseluruhan ikan (g), L = panjang total (mm), a dan b = konstanta.Nilai W biasanya telah dihitung dari persamaan linier (basis 10) logaritmik:log W = log a + b log LSebuah grafik log W terhadap log L membentuk garis lurus dengan kemiringan (slope) b dan sumbu Y (log W) dengan intersep log a. Biasanya nilai b mendekati nilai 3,0 untuk semua species

Informasi umur dan panjang ikan dapat dikombinasikan untuk membentuk model pertumbuhan von Bertalanffy yang menunjukkan bagaimana perubahan panjang dari kan semakin besar (tua). Secara teoritis pertumbuhan digambarkan dengan memposisikan model pertumbuhan von Bertalanffy dengan mengamati panjang dan parsial umur. Model ini dinyatakan sebagai:

Dimana L = secara teoritis asimtotik panjang total, k = koefisien pertumbuhan, dan t0 = umur hipotetis panjang pada panjang nol.

HUBUNGAN.PANJANG.BERAT

Prof.Dr.Ir.Arief Prajitno, MS26 november 20129Hubungan yang tepat antara panjang dan berat berbeda diantara jenis ikan menurut bentuk tubuh, dan dalam suatu spesies sesuai dengan kondisi individu ikan. Kondisi kadang-kadang mencerminkan ketersediaan makanan dan pertumbuhan dalam seminggu sebelum pengambilan sampel. tapi, kondisi adalah bervariasi dan dinamis. Individu ikan individual dalam sampel yang sama sangat bervariasi, dan kondisi rata-rata setiap populasi bervariasi secara musiman dan tahunan. Seks dan perkembangan gonad adalah variabel penting lainnya di beberapa spesies, terutama percid. Anehnya, jenis habitat permukaan , kedalaman danau, bukan merupakan prediktor yang dapat diandalkan tentang kondisi ikan.

PENENTUAN UMUR IKANProf.Dr.Ir .Arief Prajitno, MSn

Umur pada masing-masing ikan dihitung berdasarkan jumlah zona buram (opaque zones), spesies 'diasumsikan tanggal lahir, dan kemudian disesuaikan dengan bulan penangkapan. Diasumsikan bahwa tanggal lahir (menetas) untuk kakap merah adalah tanggal 1 Juli sejak pemijahan puncak umumnya terjadi antara bulan Juni dan Agustus baik di Teluk Meksiko dan Samudra Atlantik (Bradley dan Bryan 1975; Collins et al 1996; Manooch et al 1998).Kalender penentuan umur ikan dihitung dengan menggunakan kriteria sebagai berikut. Jika bagian otolith memiliki tepi buram, terlepas dari kapan ikan itu ditangkap, usia kalender menyamai jumlah annuli dihitung pada bagian tersebut. Jika bagian itu memiliki tepi tembus dan tertangkap di atau setelah Mei, usia kalender juga menyamai jumlah annuli dihitung. Namun, jika tepi bagian itu tembus tapi ikan itu ditangkap sebelum Mei, selisih marjinal (MI) atau kode tepi diperlukan untuk menentukan umur kalender. Untuk ikan ini, jika MI tersebut lebih besar dari atau sama dengan setengah dari berbagai MI ((max MI - MI min) / 2) untuk itu usia atau kode tepi adalah sama dengan 3 atau 4, maka usia kalender adalah sama dengan jumlah annuli ditambah satu. Meskipun, jika MI itu kurang dari setengah rentang MI atau kode tepi dicatat sebagai usia kalender 1 atau 2, saat itu hanya sama dengan jumlah annuli.PENENTUAN UMUR IKANProd.Dr.Ir.Arief Prajitno,MS26 november 2012Kalender penentuan umur ikan dihitung dengan menggunakan kriteria sebagai berikut. Jika bagian otolith memiliki tepi buram, terlepas dari kapan ikan itu ditangkap, usia kalender menyamai jumlah annuli dihitung pada bagian tersebut. Jika bagian itu memiliki tepi tembus dan tertangkap di atau setelah Mei, usia kalender juga menyamai jumlah annuli dihitung. Namun, jika tepi bagian itu tembus tapi ikan itu ditangkap sebelum Mei, selisih marjinal (MI) atau kode tepi diperlukan untuk menentukan umur kalender. Untuk ikan ini, jika MI tersebut lebih besar dari atau sama dengan setengah dari berbagai MI ((max MI - MI min) / 2) untuk itu usia atau kode tepi adalah sama dengan 3 atau 4, maka usia kalender adalah sama dengan jumlah annuli ditambah satu. Meskipun, jika MI itu kurang dari setengah rentang MI atau kode tepi dicatat sebagai usia kalender 1 atau 2, saat itu hanya sama dengan jumlah annuli.

PENENTUAN UMUR IKANProf.Dr.Ir. Arief Prajitno, MS26 november 2012Bagian (Fraksi) umur dihitung dengan menambah atau mengurangi sebagian setahun, sesuai dengan bulan menangkap, dari usia kalender. Fraksi dipusatkan pada tanggal sejak kakap merah diasumsikan memiliki tanggal lahir 1 Juli. Sebagai contoh, jika usia kalender adalah 2 dan ikan itu ditangkap pada Oktober, usia pecahan akan menjadi 2,25 tahun.