pelajaran sekolah sabat ke-9 triwulan ke-2 2014

10
KRISTUS, HUKUM DAN INJIL Pelajaran 9 untuk 31 Mei 2014 www.gmahktanjungpinang. org Adapted from : www.fustero.es Yohanes 1:17 sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus.

Upload: david-syahputra

Post on 20-Jun-2015

19.727 views

Category:

Spiritual


3 download

DESCRIPTION

Yohanes 1:17 sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus.

TRANSCRIPT

Page 1: Pelajaran Sekolah SABAT ke-9 Triwulan ke-2 2014

KRISTUS, HUKUM DAN

INJIL

Pelajaran 9 untuk 31 Mei 2014www.gmahktanjungpinang.

orgAdapted from : www.fustero.es

Yohanes 1:17 sebab hukum Taurat

diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan

kebenaran datang oleh Yesus Kristus.

Page 2: Pelajaran Sekolah SABAT ke-9 Triwulan ke-2 2014

"Sementara kita harus memimpin orang berdosa kepada Yesus karena Dia-lah satu-satunya yang dapat menghapus dosa, kita juga harus menjelaskan apa itu dosa dan membuat mereka merasa ia harus berhenti melanggar hukum Allah... Bertahun-tahun setelah kematian Kristus, Paulus bertanya, "7:7 Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Apakah hukum Taurat itu dosa? Sekali-kali tidak! Sebaliknya, justru oleh hukum Taurat aku telah mengenal dosa. Karena aku juga tidak tahu apa itu keinginan, kalau hukum Taurat tidak mengatakan: "Jangan mengingini!" "(Roma 7:7). Dengan demikian Paulus meninggikan hukum Allah dan menunjukkan kebijaksanaan ilahi untuk membantu kita mendeteksi dosa dan mengungkap cacat karakter moral. Mengingat hukum adalah cacat yang mengerikan dari dosa "

E.G.W. (Review and Herald, September 27, 1881)

Apa Fungsi Hukum dalam Proses Penginjilan?

FUNGSI HUKUM DALAM INJIL

Page 3: Pelajaran Sekolah SABAT ke-9 Triwulan ke-2 2014

HUKUM DAN INJIL DI ISRAELUlangan 4:5,6 Ingatlah, aku telah mengajarkan ketetapan dan peraturan kepadamu, seperti yang diperintahkan kepadaku oleh TUHAN, Allahku, supaya kamu melakukan yang demikian di dalam negeri, yang akan kamu masuki untuk mendudukinya.Lakukanlah itu dengan setia, sebab itulah yang akan menjadi kebijaksanaanmu dan akal budimu di mata bangsa-bangsa yang pada waktu mendengar segala ketetapan ini akan berkata: Memang bangsa yang besar ini adalah umat yang bijaksana dan berakal budi.Kepatuhan terhadap hukum pada bangsa Israel harus berfungsi sebagai sarana penginjilan bagi bangsa lain untuk mengakui Allah yang benar.

Page 4: Pelajaran Sekolah SABAT ke-9 Triwulan ke-2 2014

HUKUM DAN INJIL BAGI BANGSA NON-YAHUDI

Kisah 10:34,35 Lalu mulailah Petrus berbicara, katanya: "Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang.Setiap orang dari bangsa mana pun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepada-Nya.Roma 1:19

Karena apa yang dapat mereka ketahui tentang Allah nyata bagi mereka, sebab Allah telah menyatakannya kepada mereka.

Page 5: Pelajaran Sekolah SABAT ke-9 Triwulan ke-2 2014

Mengapa setiap manusia memiliki keinginan rohani yang melekat (Pengkhotbah 3:11) meskipun mereka belum pernah mendengar tentang Yesus atau Injil, orang-orang yang tulus hatinya dapat:

1. Mengenal Allah melalui alam (Kisah Para Rasul 17:26-27, Roma 1:20)

2. Melakukan kehendak-Nya, mengikuti perintah dari hukum tertulis di dalam hati mereka (Roma 2:14)Semua ini adalah pekerjaan Roh Kudus bagi bangsa manapun.

Semua umat manusia bertanggung jawab untuk kebenaran yang telah mereka terima.

HUKUM DAN INJIL BAGI BANGSA NON-YAHUDI

Page 6: Pelajaran Sekolah SABAT ke-9 Triwulan ke-2 2014

Yohanes 1:17 “Sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus.Kata “SEBAB" ditambahkan oleh para penerjemah. Yohanes tidak bermaksud untuk menyatakan bahwa Sistem Musa itu buruk, jika dibandingkan dengan sistem yang sekarang dinyatakan melalui Kristus, sistem Musa adalah baik, dan Sistem Kristus adalah lebih baik.

Dalam hidupnya, Yesus memberi kita contoh sempurna dari ketaatan terhadap Hukum (Filipi 2:8, Yohanes 15:10)Yesus adalah Kebenaran (Yohanes 14:6), dan mereka yang memercayai Kebenaran akan menerima anugerah keselamatan (Efesus 2:8) dan kekuatan untuk memelihara hukum (Yohanes 14:15)

Hukum dan Injil dalam Kehidupan KRISTUS

Page 7: Pelajaran Sekolah SABAT ke-9 Triwulan ke-2 2014

Sementara Ia berjalan keliling berbuat baik, dan menyembuhkan semua orang yang dianiaya Setan, Ia menjelaskan kepada umat manusia keadaan hukum Allah dan sifat pekerjaan Nya. Hidup Nya menyaksikan bahwa mungkinlah bagi kita juga untuk menurut hukum Allah.Dengan kemanusiaan Nya, Kristus menjamah manusia; dengan Keilahian Nya Ia berpegang pada takhta Allah. Selaku Anak manusia, Ia memberi kepada kita satu teladan penurutan; selaku Putra Allah, la memberikan kepada kita kuasa untuk menurut.

E.G.W. (The Desire of Ages, cp. 1 pg. 16)

Page 8: Pelajaran Sekolah SABAT ke-9 Triwulan ke-2 2014

HUKUM DAN INJILRoma 6:23 Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita. Efesus 2:1 Kamu dahulu sudah mati karena

pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu..

Roma 6:1,2 Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Bolehkah kita bertekun dalam dosa, supaya semakin bertambah kasih karunia itu? Sekali-kali tidak! Bukankah kita telah mati bagi dosa, bagaimanakah kita masih dapat hidup di dalamnya?

Lalu, apakah Injil membebaskan kita untuk tidak mentaati hukum Taurat?

Seseorang yang hidup dalam dosa hanyalah mayat

berjalan, dan hanya menunggu hari ketika napas terakhir keluar dari tubuhnya (Roma 7:24)

Hukum mengataka

n: "Kau sudah mati"

Injil mengatakan: "Di dalam Yesus, Anda

memiliki hidup."

Page 9: Pelajaran Sekolah SABAT ke-9 Triwulan ke-2 2014

Hukum menunjukka

n kita berbuat dosa dan

menghukum kita

Injil menunjukka

n kepada kita

pengampunan dan

keselamatan

Diselamatkan oleh

Injil, kita dapat hidup

selaras dengan Hukum

Page 10: Pelajaran Sekolah SABAT ke-9 Triwulan ke-2 2014

“El Evangelio de las buenas nuevas no debía ser interpretado como algo que permite que los hombres vivan en continua rebelión contra Dios, transgrediendo su ley justa y santa. Los que pretenden entender las Escrituras, ¿por qué no pueden ver que el requisito de Dios bajo la gracia es exactamente el mismo que impuso en el Edén: perfecta obediencia a su ley? En el juicio Dios preguntará a los que dicen ser cristianos: ¿por qué afirmasteis creer en mi Hijo pero continuasteis transgrediendo mi ley?” E.G.W. (CBA, material suplementario sobre Romanos 3:31)