optimasi windows xp

Click here to load reader

Post on 27-Dec-2015

23 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • 51

    Pagefile

    Saat bekerja, sistem komputer akan memakai memory. Itu jelas sekali! Sering kali sistem komputer membutuhkan RAM lebih dari memory (RAM) fisik yang dimilikinya. Loh kalau begitu, komputer bisa macet dong? Bisa tidak mau bekerja? Jawabnya: tidak juga. Di sinilah peran pagefile dibutuhkan. Jadi, saat memory kehabisan RAM fisik, ia akan berusaha membuat apa yang disebut dengan pagefile. Dengan teknologi pagefile ini, komputer menjadikan sebagian isi disk menjadi memory tambahan. Jadi, memang kehadiran pagefile agak sulit untuk kita tolak Singkat kata, Pagefile dibutuhkan saat komputer kita membutuhkan tambahan RAM. Itu teorinya! Namun, pada kenyataannya dalam bekerja, Windows akan selalu berusaha membuat pagefile secara natural. Artinya, biar memory fisik kita bersisa banyak, Windows tetap akan memakai pagefile dalam bekerja. Menurut beberapa rumor, ada yang bilang bahwa 12 MB Virtual Memory harus selalu ada untuk sistem operasi tanpa mempedulikan jumlah RAM yang ada. Katanya sih karena Windows didesain untuk melakukan dump memory sistem ke pagefile jika terjadi masalah crash (kerewelan sistem). Okelah! Apa pun itu, ini sekadar info saja. Yang jelas Windows tetap akan memakai pagefile, biarpun kita mempunyai memory yang cukup banyak tersisa. Titik / Oke, kita kembali ke permasalahan. Jadi, dapat dikatakan secara kasar bahwa Pagefile adalah file temporer yang ada pada hard disk yang dipakai oleh sistem operasi untuk melakukan pertukaran (swap) dari

  • 52

    memory ke hard disk dalam rangka membebaskan memory dari program yang sedang dijalankan.

    Definisi yang rumit bukan? hahaha Jadi, data program yang tidak muat pada memory komputer, akan disimpan pada file temporer, yang lebih ngepop disebut dengan paging file.

    6.1 Membaca Tab Performance Task Manager

    Untuk dapat menentukan paging file dengan pas, mau tidak mau kita harus mencari tahu berapa memory yang kita pakai, dan berapa banyak yang tersedia pada disk. Dan cara tergampang untuk mengetahui hal itu, kita dapat memakai program yang telah disediakan Windows, yaitu Task Manager.

    Untuk mengaktifkan Task Manager, tekan kombinasi tombol ctrl+alt+del. Atau lakukan klik kanan pada taskbar dan memilih Task Manager. Jendela Task Manager akan tampil. Klik tab Performance.

    Gambar 6.1. Task Manager aktif

  • 53

    Perhatikan gambar di atas. Ada beberapa komponen informasi yang dapat kita cermati. Kita tidak akan detail-detail amat. Pusing dan membosankan. Asal tahu saja, ya? Jika Sampeyan ingin info yang lebih dalam, coba amati sendiri.

    Komponen informasi yang ada pada tab Performance adalah sebagai berikut.

    * CPU Usage

    Grafik yang menunjukkan waktu yang dibutuhkan prosesor dalam bekerja. Ditampilkan dalam persen.

    Jadi, konter ini adalah indikator dari kegiatan prosesor pada saat ini. Jika prosesor kita sedang sibuk bekerja, maka indikator akan naik. Dan dapat dipastikan komputer akan berjalan dengan lambat. Pada contoh adalah 15%. Emm nggak terlalu sibuk

    * CPU Usage History

    Fungsi indikator ini untuk melihat sejarah pemakaian CPU. Ditampilkan dalam bentuk grafik. Tampilan grafik bergantung pada setting-an pada Update speed dalam menu View.

    High = dua kali per detik

    Normal = satu kali per dua detik

    Low = satu kali dalam 4 detik

    Pause = tidak di-update

    * PF Usage

    Jumlah paging file (PF) yang dipakai oleh sistem. Jika komputer mendekati memory maksimum, kita dapat meningkatkan ukuran page file. (Ini yang sebetulnya yang sedang kita bahas.) Pada gambar di atas adalah 153 mb.

  • 54

    * Page File Usage History

    Grafik untuk menunjukkan jumlah dari pagefile yang telah digunakan. Grafik ini juga terpengaruh dengan setting-an update speed pada menu View.

    * Totals

    Bagian ini akan memberikan informasi tentang jumlah total handles, threads, dan processes yang sedang dijalankan oleh komputer.

    * Handles adalah suatu nilai yang dipakai untuk mengidentifikasi secara unik suatu resource, seperti suatu file atau mungkin suatu key registry. Dengan handle ini, suatu program dapat memakainya. Pada contoh ini, handles yang aktif adalah 5074.

    * Threads. Suatu objek dalam suatu proses yang menjalankan instruksi program.

    * Processes. Mewakili suatu executable program yang sedang aktif, seperti Windows Explorer, atau suatu servis Windows. Seperti Task Manager. Pada contoh, processes yang aktif ada 22. Artinya, ada 22 program atau servis yang sedang aktif.

    * Commit Charge (K)

    Pada kelompok Commit Charge akan terdapat beberapa info. Total adalah memory yang dialokasikan untuk program dan sistem operasi. Oleh karena memory dikopi ke paging file, (sering disebut juga dengan nama virtual memory), maka nilai Peak dapat melebihi dari ukuran maksimum memory fisik.

    Nilai total adalah sama dengan yang digambarkan dalam grafik Page File Usage History. Kita akan bahas lebih jauh lagi nanti, tentang masalah ini. Pada contoh, Total adalah 156932, limit 492368, dan peak 173104.

  • 55

    * Physical Memory (K)

    Mewakili total physical memory (disebut juga dengan RAM) yang terpasang pada komputer. Pada contoh adalah 309896.

    Available mewakili jumlah memory bebas yang masih bisa dipakai. Pada contoh adalah 309896.

    System Cache menunjukkan physical memory saat ini yang dipakai untuk map paged (paging file) file yang terbuka (dipakai). Pada contoh adalah 386336.

    * Kernel Memory (K)

    Total adalah memory yang dipakai oleh sistem operasi kernel dan device driver. Pada contoh adalah 48908.

    Paged adalah memory yang dapat dikopi ke paging file, oleh karena itu dapat membebaskan memory fisik. Memory fisik (RAM) yang telah dibebaskan, kemudian dapat dipakai oleh sistem operasi untuk aktivitas lain. Pada contoh adalah 39724.

    Nonpaged adalah memory yang tetap harus ada (resident) di memory fisik dan tak dapat dikopi ke paging file. Pada contoh adalah 9184.

    Itulah sedikit info ringkas dari tab Performance. Singkat saja ya?... Biar bingung, maksudnya hehehe

    6.2 Berapa Besar Ukuran Pagefile yang Ideal?

    Jika sistem komputer memakai memory melebih kapasitas RAM yang ada, artinya sistem telah memakai pagefile. Secara natural, Windows XP akan selalu memakai pagefile standar. Saat kita membuka aplikasi atau membuat data, pagefile biasanya akan dibuat oleh Windows.

    Oleh karena banyaknya aplikasi dan data yang kita buka, jika dengan pagefile standar tersebut komputer masih bekerja terlalu berat, maka saatnya kita membuat pagefile tambahan.

    Untuk menentukan pagefile tambahan yang pas, kita harus melakukan pengawasan pada sistem komputer kita dan melihat berapa banyak RAM

  • 56

    dan virtual memory (pagefile) yang dipakainya. Untuk memantau ke-giatan memory ini, kita tentu saja dapat memanfaatkan task manager. Kita telah belajar membaca task manager bukan?

    Panggillah Task Manager. Klik tab Performance. Kemudian pakai-lah atau lakukan pekerjaan sampeyan yang paling optimal. Misalnya membuka Word, mendengarkan lagu, memakai program-program yang biasa dipakai, dan lain-lain. Pokoknya, pada kondisi full tempur yang biasa kita lakukan.

    Perhatikan ukuran terbesar sistem komputer yang pernah terjadi (dipakai) oleh sistem saat aktivitas optimal kita lakukan. Amati selama beberapa hari bila perlu (1 minggu misalnya).

    Gambar 6.2. Mengamati dengan Task Manager

    Lalu pertanyaannya, bagaimana kita bisa mengetahui ukuran terbesar dari memory yang dipakai? Entahlah saya juga tidak tahu ndak ding nanti saya sampeyan gebukin. Caranya, perhatikan bagian

  • 57

    Commit Charge, bagian inilah yang wajib kita amati untuk menen-tukan pagefile. Akan terdapat tiga info pada bagian ini.

    Jika kita amati, pada bagian ini tampilan datanya dalam K (kilobyte), tidak dalam MB (megabyte). Sebagai pengingat, 1024 K = 1 MB.

    * Total

    Bagian ini akan mengacu ke jumlah total sistem memory. Artinya, memory fisik plus virtual pada saat ini (saat aktivitas kita sedang ber-langsung). Pada gambar terlihat bahwa pemakaian totalnya adalah sebesar 156.932 K (156932/1024 = 153 Mb).

    * Limit

    Bagian ini menunjukkan memory limit sistem atau bahasa bodohnya jumlah RAM ditambah dengan jumlah virtual memory (pagefile) yang telah kita alokasikan. Pada gambar terlihat bahwa datanya adalah sebesar 492.368 K (492368/1024 = 480 Mb).

    * Peak

    Adalah total pemakaian tertinggi dari sistem memory pada saat ini. Jika angka Peak lebih besar daripada Limit, kita dalam masalah kekurangan memory. Kita butuh tambahan virtual memory. Pada gambar terlihat bahwa nilai Peak yang terjadi adalah sebesar 173.104 K (173104/1024 = 169 Mb).

    Jika nilai peak yang dibutuhkan tidak pernah mendekati jumlah memory yang tersedia pada Limit, maka secara teori kita dapat melupakan penambahan pagefile Artinya, jika memory yang ada pada komputer selalu mencukupi kebu-tuhan kita, maka tambahan pagefile yang kita buat akan sia-sia saja karena tidak pernah akan disentuh oleh sistem.

    Untuk amannya (saya sarankan begitu), lebih baik kita tetap mende-finisikan pagefile tambahan. Sekadar untuk berjaga-jaga, eh. siapa tahu Windows akan bekerja ekstra keras dan tiba-tiba membutuhkan tenaga memory cadangan. Ukuran standar aman, yang bisa dipakai adalah 1,5 kali jumlah system memory. Artinya, jika memory komputer

  • 58

    adalah 512 mb, maka ukuran ideal dari page file adalah 1,5 x 512 mb = 768 mb. Jadi, ukuran pagefile yang seharusnya dibuat adalah 768 mb.

    6.3 Swap Ideal?

    Pemakai Linux selalu mengandalkan pada partisi disk yang dikhususkan untuk swap. Dengan cara tersebut, swap tidak pernah mengalami frag-mentasi. Kita pemakai Windows alangkah baiknya jika memakai pen-dekata