modul adope photoshop cs5

Download Modul Adope Photoshop Cs5

Post on 16-Apr-2015

1.695 views

Category:

Documents

265 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Buku Ajar Modul Adobe Photoshop CS5

BAB I PENDAHULUAN

A. Pengertian Adobe Photoshop Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak (software) ini biasanya banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader)untuk perangkat lunak pengolah gambar atau foto, dan bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 dan versi yang terakhir (keduabelas) adalah Adobe Photoshop CS5. Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver. Photoshop digunakan untuk memodifikasi gambar atau foto secara profesional baik meliputi modifikasi obyek yang sederhana maupun yang sulit sekalipun. Photoshop merupakan salah satu software yang berguna untuk mengolah gambar berbasis bitmap, yang mempunyai tool dan efek yang lengkap sehingga dapat menghasilkan gambar atau foto yang berkwalitas tinggi Kelengkapan fitur yang ada di dalam Photoshop inilah yang akhirnya membuat software ini banyak digunakan oleh desainer grafis profesional. Dan mungkin juga sampai saat ini masih belum ada software desain grafis lain yang bisa menyamai kelengkapan fitur dalam Photoshop

B. Instalasi Adobe Photoshop CS Pada simulasi penginstalan Adobe Photoshop kali ini, akan di lakukan untuk versi CS5. Adapun Prosesnya adalah sebagai berikut : 1. 2. Carilah letak penyimpanan Adobe Photoshop pada tempat penyimpanan. Kemudian Klik 2 kali pada Master Adobe Photoshope CS5 seperti pada gambar :

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMP Islam Al Abidin Kelas VIII Semester II

1

Buku Ajar Modul Adobe Photoshop CS5

Gambar 1.1. Letak Master Adobe Photoshop 3. Setelah itu program aplikasi Adobe Photoshop akan melakukan pengekstakkan seperti pada gambar :

Gambar 1.2. Pengekstrakan Adobe Photoshop 4. Diamkan sampai selesai dan jangan klik Cancel karena akan membatalkan proses pengektrakkan. Setelah selesai maka akan ada tampilan seperti berikut. Klik Next :

Gambar 1.3. Setup Adobe Photoshop CS5 5. Pada tampilan berikutnya yaitu pilihan untuk tempat penyimpanan Adobe Photoshop CS5. Seperti gambar berikut :

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMP Islam Al Abidin Kelas VIII Semester II

2

Buku Ajar Modul Adobe Photoshop CS5

Gambar 1.4. Setup Adobe Photoshop CS5

6.

Jika sedah menentukan Path untuk penyimpanan Adobe Photoshop, Silahkan Klik Next. Maka aka nada tampilan Ready to Install seperti pada gambar berikut. Klik Install :

Gambar 1.5. Tampilan Ready to Install 7. Setelah Meng-klik Install, maka akan tampil proses instalasi

Gambar 1.6. Proses Instalasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMP Islam Al Abidin Kelas VIII Semester II

3

Buku Ajar Modul Adobe Photoshop CS5 8. Jika Sudah Selesai. Klik Finish

Gambar 1.5. Tampilan Telah selesai Instalasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMP Islam Al Abidin Kelas VIII Semester II

4

Buku Ajar Modul Adobe Photoshop CS5

BAB II PENGENALAN ADOBE PHOTOSHOP CS5

A.

Memulai Adobe Photoshop CS Saat sudah diinstall, Adope Photoshop CS5 bisa langsung diluncurkan dari

komputer dengan memilih Adobe Photoshop CS5 pada desktop dengan cara klik 2x.

Gambar 2.1. Tampilan Desktop Tunggu beberapa saat sampai tampilan Adobe Photoshop terbuka. Seperti pada gambar :

Gambar 2.2. Tampilan Awal Adobe Photoshop

B.

Menggunakan Adobe Photoshop Jika Kita baru pertama kali bekerja dengan menggunakan Adope Photoshop CS, maka tugas pertama yang harus Kita lakukan adalah membuat kanvas baru sebagai lembar kerja Adobe Photoshop CS.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMP Islam Al Abidin Kelas VIII Semester II

5

Buku Ajar Modul Adobe Photoshop CS5 Langkah-langkah membuat kanvas baru adalah : 1. 2. Pilihlah menu File Kemudian pilih New, tunggu beberapa saat sampai jendela New muncul :

Gambar 2.3. Kotak Dialog New 3. Tentukan lebar kanvas yang ingin Kita buat di kotak Width. Sebagai contoh masukkan angka 640. 4. Kemudian tentukan tinggi kanvas di kotak Height. Sebagai contoh ketik angka 480. 5. Di samping kanan kotak Width dan Height, tentukan satuan ukuran untuk angka lebar dan tinggi yang Kita tentukan. Contohnya pilih satuan pixels. 6. Tentukan tingkat ketajaman gambar di bagian Resolution. Sebagai contoh ketiklah angka 72. 7. Di kotak sisi Resolution tentukan satuan tingkat ketajaman gambar. Secara default, pilihannya adalah pixels/inch. 8. Di bagian Color Mode, pilihlah RGB Color jika Kita ingin membuat desain grafis yang berwarna. 9. 10. Tekan tombol OK. Tunggulah beberapa saat sampai Kita melihat sebuah kanvas baru di dalam jendela Adobe Photoshop CS.

Kanvas

Gambar 2.4. Kanvas Baru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMP Islam Al Abidin Kelas VIII Semester II6

11.

Buku Ajar Modul Adobe Photoshop CS5 Dari kanvas yang masih kosong tersebut Kita dapat membat kreasi desain grafis sesuai dengan keinginan Kita. Berikut adalah keterangan dari Kerja / Kanvas Photoshop. Lembar

Gambar 2.5. Lembar Kerja / Kanvas Photoshop

C.

Komponen Lembar Kerja Adobe Photoshop CS Komponen lembar kerja Adope Photoshop CS terdiri dari beberapa bagian seperti dijelaskan pada gambar di atas. Komponen-komponen tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut : 1. Title Bar Title bar terdiri dari control menu box, nama aplikasi yang sedang aktif juga dilengkapi tombol control 2. Menu Bar Menu bar adalah menu yang digunakan untuk membentuk dan mengedit gambar. Masing-masing menu diberi nama yang berbeda untuk membedakan fungsinya secara spesifik. 3. Option Bar Jika Kita memilih salah satu ikon dalam Toolbox, pada option bar ini akan ditampilkan pilihan yang berhubungan dengan ikon yang baru saja Kita pilih. Apabila saat Kita melakukan klik pada salah satu tombol dalam toolbox tidak

menampilkan option bar, aktifkan dengan cara klik Window kemudian klik Option.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMP Islam Al Abidin Kelas VIII Semester II

7

Buku Ajar Modul Adobe Photoshop CS5 4. Toolbox Toolbox adalah tombol yang digunakan untuk membuat dan melakukan editing suatu gambar. Untuk menggunakannya, lakukan dengan cara klik tombol yang dimaksud. Tombol yang dilengkapi anak panah pada sudut kanan bawah menunjukkan bahwa tombol tersebut memiliki tombol lain yang tersembunyi.

Tombol-tombol dalam toolbox mempunyai nama. Untuk menampilkan nama tombol pada toolbox lakukan dengan menempatkan pointer di atas tombol tersebut, lalu klik kanan, maka segera akan tampil tooltip yang menampilkan nama tombol dan shortcut untuk menggunakan tombol tersebut.

Gambar 2.6. Gambar ToolBox

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMP Islam Al Abidin Kelas VIII Semester II

8

Buku Ajar Modul Adobe Photoshop CS5 C. Cara Menggunakan Dan Fungsi ToolBox NO 1. Nama Tool Rectangular Marquee tool 2. Elliptical Marquee tool Cara Menggunakan dan Fungsi Tool Drag gambar dengan tool ini untukmemilih gambar dengan bentuk empat persegi panjang Drag gambar dengan tool ini untuk memilih bagian gambar dengan bentuk ellips 3. Single Row Marquee tool Drag gambar dengan tool ini untuk memilih bagian gambar dengan bentuk baris dengan tinggi satu pixel 4. Move tool Drag gambar terpilih dengan tool ini untuk memindahkannya ke tempat lain 5. Lasso tool Drag gambar dengan tombol ini untuk memilih bagian gambar secara bebas 6. Polygonal Lasso tool Tombol ini digunakan untuk memilih bagian gambar dengan cara melakukan klik pada

bagian-bagian gambar. Dengan pilihan ini akan membentuk sudut banyak 7. Magnetic Lasso tool Klik pada bagian gambar selanjutnya geser pointer pada bagian-bagian yang akan dipilih, lakukan double klik untuk selesai Dengan menggunakan tool ini pointer akan ditarik pada bagian sisi gambar yang paling kuat 8. Magic Wand tool Lakukan klik gambar dengan tool ini untuk memilih bagian elemen warna yang sama 9. Crop tool Dragging gambar yang akan dipotong degan menggunakan tombol ini, kemudian double klik. Hanya bagian gambar yang ada di bagian dalam yang akan digunakan, sementara bagian yang lain akan dibuang 10. Slice tool Tombol ini digunakan untuk mengiris bagian gambar menjadi beberapa bagian 11. Healing Brush tool Gunanya untuk proses pengecatan dengan contoh fill/pattern yang sudah ada untuk memperbaiki bagian gambar yang kurang sempurna. Untuk mengunakannya, lakukan Alt+klik pada bagian fill/pattern yang akan ditiru kemudian lakukan dragging untuk menerapkannya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMP Islam Al Abidin Kelas VIII Semester II

9

Buku Ajar Modul Adobe Photoshop CS5 NO 12. Nama Tool Patch tool Cara Menggunakan dan Fungsi Tool Tool ini digunakan untuk membetulkan bagian daerah gambar yang terpilih dengan menggunakan sample dan pattern 13. Brush tool Tool ini digunakan untuk melakukan proses pewarnaan kuas 14. Pencil tool Tool ini digunakan untuk melakukan pengecatan dengan coretan dengan bagian terpilih secara bebas 15 Clone Stamp tool Tool ini digunakan untuk melakukan proses pengecatan dengan meniru bentuk suatu gambar yang ada. Untuk menggunakan tool ini digunakan Alt+Klik pada gambar yang ingin dicontoh selanjutnya lepas tombol Alt, tempatkan pointer pada suatu tempat di mana hasil clone akan diletakkan kemudian lakukan dragging 16. Pattern Stamp Brush tool Tool