lembar balik diabetes mellitus 2011

Upload: yuzz-fotografy

Post on 20-Jul-2015

1.879 views

Category:

Documents


366 download

TRANSCRIPT

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKes) MUHAMMADIYAH PRODI D III KEPERAWATAN PRINGSEWU LAMPUNG 2012

Diabetes Melitus adalah suatu penyakit dimana kadar glukosa di dalam darah tinggi karena tubuh tidak dapat menghasilkan atau menggunakan insulin secara efektif. Insulin adalah hormon yang dilepaskan oleh pancreas, yang bertanggungjawab dalam mempertahankan kadar gula darah yang normal.

Diabetes Melitus adalah suatu penyakit dimana kadar glukosa di dalam darah tinggi

TANDA DAN GEJALA

Sering merasa haus Sering kencing terutama malam hari Pandangan menjadi kabur Sering merasa lelah tanpa sebab yang jelas Penurunan berat badan Kulit terasa kering Sering menderita sariawan atau infeksi (misalnya bisul) yang sulit sembuh Mati rasa atau kesemutan di kaki dan tangan Mual dan muntah

Sering merasa haus Banyak kencing Berat badan turun Kaki kesemutan Pandangan kabur Mual dan muntah

TIPS DIET BAGI PENDERITA DIABETES1. 2. 3. 4. 5. 6. Konsultasikan porsi makan dan jenis makanan Makanlah secara teratur 3 kali sehari. Makanlah beragam makanan Kurangi makanan yang digoreng & banyak mengandung lemak Batasi gula dan makanan mengandung gula Konsultasikan dengan dokter untuk penggunaan pemanis pengganti gula 7. Batasi asupan garam untuk mengontrol tekanan darah. 8. Hindari minuman yang mengandung alcohol.

TIPS DIET BAGIPENDERITA DIABETES

OLAH RAGA DAN AKTIFITAS FISIK PENDERITA DIABETES1. 2. 3. 4. 5. Olah raga dan aktifitas fisik teratur Konsultasikan jenis olah raga Mulailah olahraga ringan Buat suasana olahraga yang menyenangkan Lakukan aktifitas fisik yang anda sukai.

OLAHRAGA DAN AKTIFITAS FISIK PENDERITA DIABETES

OBAT ANTI DIABETES1. Obat anti diabetes berbentuk tablet atau suntikan (insulin). 2. Makanlah cukup makanan bila mengkonsumsi obat diabetes. 3. Jangan minum obat sembarangan, karena banyak obat akan bereaksi dengan obat diabetes.

OBAT ANTI DIABETES

BAGAIMANA MENGENDALIKAN DIABETES ANDA?Untuk mengontrol diabetes anda, diperlukan keseimbangan antara 3 hal penting berikut ini, yaitu: 1. Diet 2. Olahraga dan aktifitas fisik 3. Obat anti diabetes (pengendali gula darah)

1. Diet 2. Olahraga dan aktifitas fisik 3. Obat anti diabetes (insulin)

1. 1 butir biji avokad dikeringkan setelah itu dijadikan bubuk. 5 gram bubuk avokad diseduh dengan 200 cc air. Pemakaian : Minum ramuan 2 kali sehari. 2. 4 biji rambutan disangrai hingga kering kemudian ditumbuk halus. Setelah itu, bubuk biji rambutan direbus dengan air secukupnya. Pemakaian : Minum selagi hangat, Konsumsi 2 kali sehari 3. 30 gram rambut jagung dan 100 gram batang kangkung direbus dengan air secukupnya. Pemakaian : Minum selagi hangat , Konsumsi 2 kali sehari 4. 2 buah apel , 1 buah avokad, 60 gram labu parang (labu kuning), dan 50 gram nanas dijus kemudian diminum. Pemakaian : Konsumsi 2 kali sehari